Hubungan Seksual pada Masa Kehamilan

hamil-seks.jpg

Tidak sedikit pertanyaan yang bermunculan seputar permasalahan berhubungan seksual pada saat kehamilan. Apakah aman berhubungan seks pada saat istri hamil? Apakah berhubungan seks pada saat hamil dapat membahayakan kandungan? Haruskah menggunakan kondom? Atau bahkan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Pada prinsipnya berhubungan seksual pada saat masa kehamilan aman dilakukan, namun demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dicermati. Sebelum membahas lebih jauh, berikut paparannya mengapa berhubungan seks selama masa kehamilan bisa dikatakan aman.

Hubungan Seksual Pada Saat Masa Kehamilan

Tidak sedikit pertanyaan yang bermunculan seputar permasalahan berhubungan seksual pada saat kehamilan. Apakah aman berhubungan seks pada saat istri hamil? Apakah berhubungan seks pada saat hamil dapat membahayakan kandungan? Haruskah menggunakan kondom? Atau bahkan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Pada prinsipnya berhubungan seksual pada saat masa kehamilan aman dilakukan, namun demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dicermati. Sebelum membahas lebih jauh, berikut paparannya mengapa berhubungan seks selama masa kehamilan bisa dikatakan aman.

Apakah Aman Berhubungan Seks Sewaktu Hamil?

Selama Anda tidak memiliki masalah selama kehamilan, maka Anda boleh melakukan hubungan seksual.

Namun para wanita hamil memiliki fluktuasi hormonal, seringkali mual dan mudah lelah sehingga tidak ada keinginan untukberhubungan seksual.

Apakah berhubungan seks dapat membahayakan kandungan?

Bayi Anda dilindungi oleh cairan amnion yang terdapat pada rahim dan otot-otot rahim yang kuat. Aktivitas seksual tidak akan mempengaruhi perkembangan bayi Anda.

Pentingkah Menggunakan Kondom?

Paparan terhadap penyakit menular seksual selama kehamilan dapat meningkatkan risiko infeksi yang membahayakan kehamilan Anda.

Gunakan kondom jika pasangan Anda memiliki penyakit menular seksual ataupun berisiko tinggi terpapar penyakit menular seksual.

Benarkah orgasme dapat menyebabkan bayi lahir prematur?

Orgasme dapat menyebabkan kontraksi rahim, tetapi kontraksi ini berbeda dari kontraksi yang Anda alami sewaktu akan melahirkan.

Orgasme sendiri tidak akan meningkatkan risiko persalinan prematur ataupun bayi dengan berat badan lahir rendah.

Kapankah sebaiknya menghindari berhubungan seks?

Anda dianjurkan menghindari hubungan seks jika:

  • Memiliki riwayat persalinan prematur (sebelum waktunya) atau memiliki bayi lahir prematur

  • Pernah atau sering mengalami perdarahan per vagina

  • Terdapat perembesan air ketuban

  • Memiliki inkompetensi serviks (serviks terbuka sebelum waktunya)

  • Plasenta menutupi sebagian atau keseluruhan kanal serviks (plasenta previa)

Setelah Saya Melahirkan, Kapankah Saya Boleh Berhubungan Seks?

Baik Anda melahirkan secara normal ataupun melalui operasi caesar, tubuh Anda membutuhkan waktu untuk pulih seperti sediakala. Para ahli menganjurkan agar Anda setidaknya menunggu 4-6 minggu pasca melahirkan untuk berhubungan seksual. Hal ini untuk membiarkan serviks menutup kembali dan robekan ataupun jahitan pasca melahirkan sembuh sempurna.

Pada intinya senantiasa konsultasikanlah kepada dokter Anda mengenai rencana aktivitas Anda selama kehamilan. di laman website kami.[](NO)

Baca juga:
6 Cara Menahan Nafsu Seks
Ketika Harus Mengatakan Tidak Pada Hubungan Seks

Ditulis oleh
dr. Nadia Octavia
Anggota Dewan Redaksi Medis
PeduliSehat.info

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Langkah Periksa Payudara

5 Langkah Periksa Payudara

Kanker Payudara seringkali tidak memberikan gejala pada awalnya. Untuk itu, sangat penting bagi para wanita yang sudah memasuki usia 20 tahun untuk mulai memeriksakan payudara sendiri sehingga setiap wanita mengetahui dengan persis kondisi payudara mereka yang normal dan dapat mengetahui dengan cepat setiap perubahan yang terjadi. Pemeriksaan payudara dapat dilakukan dalam 3 posisi, yaitu: Di depan kaca Saat sedang mandi Saat berbaring Langkah-langkah pemeriksaan payudara yang perlu dilakukan antara lain adalah: 5 Langkah Periksa Payudara 1. Di depan kaca, perhatikanlah adanya perubahan warna kulit, permukaan kulit, pembengkakan, ?lesung pipit?, atau perubahan pada puting susu. Gambar 1Sumber gambar: Copyright � 2002 McKesson Health Solutions, LLC 5 Langkah Periksa Payudara 2. Perhatikan payudara di depan kaca dalam posisi kedua lengan di samping, kedua lengan di pinggang, dan kedua lengan diangkat ke atas. Perhatikan dengan seksama bila ada perubahan yang terjadi hanya di salah satu payudara. Gambar 2Sumber gambar: Copyright � 2002 McKesson Health Solutions, LLC 5 Langkah Periksa [...]

Sebelum Mencoba Yoga, Pahami Dulu Sejarah Asal-Usulnya

Sebelum Mencoba Yoga, Pahami Dulu Sejarah Asal-Usulnya

Penelitian tentang yoga dilakukan lebih dari satu abad. Meski begitu masih banyak misteri yang belum terkuak tentang awal hadirnya yoga. Yang diketahui publik, yoga berasal dari India sekitar lima ribu tahun lalu.Sampai sekarang, banyak sarjana barat berpikir yoga berasal jauh sebelum itu, barangkali sekitar 500 Silam Masehi. Itu adalah masa Buddha Gautama, sang pendiri agama Buddha.Namun kemudian, di awal tahun 1920-an, para arkeolog mengejutkan dunia dengan penemuan yang disebut sebagai peradaban budaya Indus. Sebuah peradaban di atas lahan seluas 300 ribu mil persegi.Itu adalah peradaban terbesar di awal zaman kuno. Di bawah reruntuhan kota-kota besar Mohenjo Daro dan Harappa, mesin eskavator menemukan gambar ukiran tokoh menyerupai yogi pada cap batu.Banyak temuan lain yang menunjukkan keberlangsungan menakjubkan antara peradaban tersebut, dan kemudian antara masyarakat dan budaya Hindu.Tidak ada yang primitif dari peradaban yang saat ini disebut sebagai Indus-Sarasvati ini, dinamai dari dua sungai besar mengalir di India bagian Timur.Populasi Indus-Sarasvati adalah peradaban yang menikmati bangunan bertingkat, sistem pembuangan limbah modern yang tak bisa ditandingi mulai d [...]

Benarkah Spa Vagina Ratus Dapat Meningkatkan Performa Ranjang?

Benarkah Spa Vagina Ratus Dapat Meningkatkan Performa Ranjang?

Pernah dengar tentang ?ratus?? Spa vagina yang konon diturunkan dari jaman Majapahit dengan teknik penguapan ini memang diperkaya mempunyai banyak manfaat oleh beberapa kalangan.Tapi benarkah tindakan menguapi daerah kewanitaan dengan menggunakan ramuan tradisional ini bisa memberikan dampak positif pada kesehatan? Bahkan di beberapa penyelenggaraan praktiknya, ratus spa vagina diklaim dapat membuat vagina mampu berperforma meningkatkan kebahagiaan rumah tangga dan semakin mudah memuaskan suami. Mungkin tidak. Hingga saat ini tidak ada satu pun jurnal medis yang membenarkan mitos ini menjadi sebuah fakta. Bahkan beberapa ahli kebidanan dan kandungan melarang pasiennya melakukan terapi ratus. Lebih jauh, dari sudut pandang medis ditemukan kekhawatiran dampak dari proses ratus yang ada. Berikut adalah efek samping dari ratus yang dapat membahayakan kesehatan: Dampak dari Ratus: Berikut adalah efek samping dari ratus yang dapat membahayakan kesehatan: 1. Luka Bakar Uap panas yang digunakan dapat mengakibatkan luka bakar di daerah sensitif, terutama bagi mereka yang memiliki dasar kulit peka. 2. Jamur Jamur merupakan organisme yang menyukai tempat hangat dan l [...]

Penyebab dan Solusi Mengatasi Kulit Jari Tangan Mengelupas

Penyebab dan Solusi Mengatasi Kulit Jari Tangan Mengelupas

Adakah sebagian dari Anda yang mengalami pengelupasan kulit jari dengan sendirinya? Pengelupasan kulit jari tangan ini sudah lumrah dan umum dialami oleh sebagian besar orang. Pada area ujung sekitar jari memang merupakan area yang sensitif, jika tidak dirawat dengan baik, maka kulit jari tangan mengelupas pada Anda. Penyebab kulit jari tangan mengelupas ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya: 1. Eksim 2. Sunburn atau paparan sinar matahari yang begitu intens 3. Psoriasis merupakan kelainan kulit yang menyebabkan pengganti atau pembaharuan pada kulit. 4. Suhu rendah atau dingin yang begitu ekstrem yang menyebabkan pengerutan pada kulit serta pengelupasan 5. Penggunaan bahan kimia 6. Pencucian tangan yang terkalu sering 7. Alergi, kekurangan vitamin B, diabetes dan lain lain. Gejala kulit jari tangan mengelupas umumnya di derita oleh sebagian besar orang. Namun bagi beberapa orang yang menderita gangguan kulit, misalnya eksim dan psoriasis akan mengalami pengelupasan secara terus menerus, sehingga menyebabkan kondisi kulit lebih sensitif. Selanjutnya ketika mencuci dengan menggunakan sabun yang keras atau obat salep akan menyebabkan kulit sekitar ujung jari menjadi [...]

Apel Hingga Tomat, Ini 10 Makanan yang Bisa Mencegah Depresi

Apel Hingga Tomat, Ini 10 Makanan yang Bisa Mencegah Depresi

Depresi adalah suatu kondisi yang lebih dari perasaan sedih, lelah setelah beraktivitas, hilang semangat, malas beraktivitas, dan gangguan pola tidur. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya kehilangan pekerjaan, ditinggal orang yang dicintai, atau baru saja menghadapi bencana.Jika terus dibiarkan, dampaknya akan sangat merugikan tubuh. Berbagai penyakit seperti bisa datang kapan saja. Namun jangan khawatir, ada cara mudah menghindari depresi yang bisa dilakukan melalui menyantap beberapa makanan tertentu. Apa saja?1. Sayuran HijauJenis sayuran seperti bayam dan kale ternyata dapat membantu mencegah timbulnya depresi. Dijelaskan oleh Dr. Joel Fuhrman dalam bukunya 'Eat to Live', sayuran hijau membantu untuk mencegah dan melindung tubuh dari bahaya sel-sel kanker.Menurut sebuah penelitian, beberapa depresi juga memiliki keterkaitan dengan penyakit radang otak. Dengan mengonsumsi sayuran hijau tersebut membantu menghindari terjadinya radang otak karena mengandung vitamin A, C, E, K, serta kandungan mineral di dalamnya.2. ApelMengonsumsi apel minimal satu buah setiap harinya dapat membantuk mencegah timbulnya depresi. Sama seperti stroberi dan rasberi, apel juga dipe [...]

Memilah Langkah Mencegah Perut Begah

Memilah Langkah Mencegah Perut Begah

Perut begah setelah mengonsumsi makanan tertentu memang membuat tidak nyaman. Meski pada umumnya kondisi ini tidak berisiko, namun perut begah yang terasa secara terus?menerus dapat menjadi gejala penyakit berbahaya. Perut begah umumnya disebabkan oleh angin yang tertelan atau gas yang terbentuk saat proses mencerna makanan. Pengidap gangguan ini sering merasa perutnya begah, terutama setelah acara makan besar atau setelah acara perayaan tertentu yang membuat frekuensi dan porsi makan kita bertambah. Untuk mencegah kondisi ini, biasakan untuk membatasi makanan berlemak, serta mulai mengonsumsi makanan kaya serat dan prebiotik. Angin yang tertelan ini dapat terjadi karena beberapa penyebab. Berikut kelompok penyebabnya beserta solusi yang dapat diterapkan. Konstipasi Jika konstipasi atau sembelit adalah masalah yang menjadi penyebab Anda merasakan perut begah, cobalah untuk: Mengonsumsi banyak cairan dan makanan kaya serat. Lebih banyak bergerak aktif, seperti berjalan kaki 20-30 menit tiap hari dapat memperlancar kerja usus. Intoleransi makanan Intoleransi terhadap makanan tertentu dapat menyebabkan perut begah ketika ada gas dari makanan yang terjebak dalam perut, usus ti [...]

4 Penyebab Kematian Mendadak Usia Muda

4 Penyebab Kematian Mendadak Usia Muda

Oleh: dr. Jessica Florencia Apakah Anda pernah dikejutkan dengan berita duka kematian seseorang yang begitu tiba-tiba dalam usia muda? Kematian mendadak memang tidak sering ditemui, namun kejadiannya makin sering ditemukan baik pada usia tua maupun pada usia yang semakin muda. Beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan kematian mendadak pada usia muda yang perlu diwaspadai adalah: 1. Henti JantungKematian mendadak karena henti jantung dapat diakibatkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah: Adanya masalah pada pembuluh darah jantung baik penyumbatan maupun pembuluh darah jantung yang tidak normal Otot jantung yang menebal sehingga membuat proses pompa darah jantung menjadi sangat sulit. Adanya masalah irama jantung yang diturunkan secara genetik 2. Pecahnya Pembuluh Darah Pecahnya pembuluh darah terutama dapat disebabkan karena beberapa hal: Pelebaran pembuluh darah dan menipisnya dinding pembuluh darah, dalam dunia medis disebut dengan aneurisma. Kondisi ini dapat terjadi di pembuluh darah besar seperti di pembuluh utama jantung atau di pembuluh darah otak atau ginjal. Tekanan darah yang terlalu tinggi dan tidak terkontrol dapat menyebab [...]

6 Gejala Penis Anda Bermasalah

6 Gejala Penis Anda Bermasalah

Acapkali terdapat beberapa kondisi dan gejala yang menjadi kekhawatiran kaum pria mengenai kesehatan penisnya. Walau tidak semuanya kondisi yang tidak wajar berujung pada kondisi yang berbahaya, tetap saja perubahan kondisi sedikit dari penis yang dinilai kewajaran perlu diwaspadai. Apa sajakah gejala-gejala yang perlu diwasapadai? Simak paparannya berikut ini: 1. Perdarahan saat berkemih atau ejakulasi Jika Anda mengalami kondisi ini, bisa jadi merupakan sebuah gejala dari infeksi saluran kemih ataupun gangguan prostat. Meskipun demikian, gejala ini merupakan indikasi yang pantas disepelekan. Segera periksa ke dokter, atau lebih jauh dokter spesialis bedah urologi. 2. Benjolan, Kutil, Lesi Kulit atau Kemerahan pada Penis atau Area Genital Bila Anda menemukan kutil, luka, atau sekedar bercak kemerahan di penis atau sekitar area genital Anda, besar kemungkinan Anda mengalami gejala penyakit infeksi menular seks. Terlebih lagi jika Anda merasakan gejala ini ketika belum lama melakukan aktivitas seksual tanpa pengaman. Benjolan atau bintik. Terutama di area-area yang terkait dengan aktivitas hubungan seksual, seperti di daerah kemaluan, mulut dan rongga mulut, d [...]

Hargai Kesehatan Gigi dan Mulut Sebagaimana Menghargai Diri Sendiri

Hargai Kesehatan Gigi dan Mulut Sebagaimana Menghargai Diri Sendiri

Rutinitas menggosok gigi, membersihkan rongga mulut menggunakan obat kumur, dan menggunakan benang gigi ternyata belum cukup untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Agar memastikan gigi dan mulut tetap sehat, Anda perlu melakukan gaya hidup sehat terkait pola makan dan disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter gigi secara teratur. Mulut, Awal Kesehatan Seluruh Tubuh Mulut adalah gerbang menuju tubuh bagian dalam yang lain. Oleh karena itu, kesehatan mulut dapat berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Di seluruh bagian tubuh manusia umumnya terdapat banyak bakteri yang sebagian besar tidak berbahaya, begitu pula di dalam mulut. Keadaan mulut dan gigi yang sehat dengan sendirinya efektif dalam mencegah bakteri berkembang secara berlebihan dengan adanya pertahanan alami tubuh yang stabil. Menggosok gigi dan menggunakan benang gigi secara teratur sangat mendukung terciptanya kondisi ini. Keadaan mulut dan gigi yang tidak terawat memberikan bakteri di dalam mulut keleluasaan untuk berkembang biak sehingga memungkinkan terjadinya penyakit gusi dan kerusakan gigi. Selain itu, mengonsumsi obat-obatan antihistamin, pereda nyeri, dan dekongestan turut berkontribusi kepada berkurangnya produk [...]

Ayo Awali Hidup Sehat dengan Berjanji Pada Diri Sendiri

Ayo Awali Hidup Sehat dengan Berjanji Pada Diri Sendiri

Ingin hidup sehat memang mudah jika sekadar diucapkan. Jika mau resolusi hidup lebih sehat itu tercapai, mulailah dengan berjanji pada diri sendiri agar niat tersebut bisa terlaksana seterusnya.Ahli nutrisi dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK, mengatakan tidak perlu membuat janji yang sulit untuk mulai hidup sehat. Ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengawali ikrar Anda tersebut yaitu dengan mengonsumsi buah."Buah itu bukan hanya mengandung vitamin dan mineral, tapi juga serat, air dan elektrolit, antioksidan dan phytochemical (zat warna yang melekat di kulit buah)," jelas dr. Samuel.Berbagai kandungan dalam buah tersebut bisa membantu Anda mencegah berbagai penyakit seperti kanker dan serangan jantung serta penuaan. Antioksidan yang ada di dalam buah menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab munculnya berbagai masalah kesehatan tersebut. Agar manfaat buah maksimal disarankan mengonsumsi 10 jenis buah setiap harinya.Selain makan buah, tentunya ada banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk lebih sehat dan bugar. Seperti melakukan aktivitas fisik dan istirahat yang cukup.Dalam rangka mendorong semua orang memiliki hidup yang lebih sehat ini, Buavita pun mengadakan kampanye 'Be [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *