Hubungan Seksual pada Masa Kehamilan

hamil-seks.jpg

Tidak sedikit pertanyaan yang bermunculan seputar permasalahan berhubungan seksual pada saat kehamilan. Apakah aman berhubungan seks pada saat istri hamil? Apakah berhubungan seks pada saat hamil dapat membahayakan kandungan? Haruskah menggunakan kondom? Atau bahkan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Pada prinsipnya berhubungan seksual pada saat masa kehamilan aman dilakukan, namun demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dicermati. Sebelum membahas lebih jauh, berikut paparannya mengapa berhubungan seks selama masa kehamilan bisa dikatakan aman.

Hubungan Seksual Pada Saat Masa Kehamilan

Tidak sedikit pertanyaan yang bermunculan seputar permasalahan berhubungan seksual pada saat kehamilan. Apakah aman berhubungan seks pada saat istri hamil? Apakah berhubungan seks pada saat hamil dapat membahayakan kandungan? Haruskah menggunakan kondom? Atau bahkan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Pada prinsipnya berhubungan seksual pada saat masa kehamilan aman dilakukan, namun demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dicermati. Sebelum membahas lebih jauh, berikut paparannya mengapa berhubungan seks selama masa kehamilan bisa dikatakan aman.

Apakah Aman Berhubungan Seks Sewaktu Hamil?

Selama Anda tidak memiliki masalah selama kehamilan, maka Anda boleh melakukan hubungan seksual.

Namun para wanita hamil memiliki fluktuasi hormonal, seringkali mual dan mudah lelah sehingga tidak ada keinginan untukberhubungan seksual.

Apakah berhubungan seks dapat membahayakan kandungan?

Bayi Anda dilindungi oleh cairan amnion yang terdapat pada rahim dan otot-otot rahim yang kuat. Aktivitas seksual tidak akan mempengaruhi perkembangan bayi Anda.

Pentingkah Menggunakan Kondom?

Paparan terhadap penyakit menular seksual selama kehamilan dapat meningkatkan risiko infeksi yang membahayakan kehamilan Anda.

Gunakan kondom jika pasangan Anda memiliki penyakit menular seksual ataupun berisiko tinggi terpapar penyakit menular seksual.

Benarkah orgasme dapat menyebabkan bayi lahir prematur?

Orgasme dapat menyebabkan kontraksi rahim, tetapi kontraksi ini berbeda dari kontraksi yang Anda alami sewaktu akan melahirkan.

Orgasme sendiri tidak akan meningkatkan risiko persalinan prematur ataupun bayi dengan berat badan lahir rendah.

Kapankah sebaiknya menghindari berhubungan seks?

Anda dianjurkan menghindari hubungan seks jika:

  • Memiliki riwayat persalinan prematur (sebelum waktunya) atau memiliki bayi lahir prematur

  • Pernah atau sering mengalami perdarahan per vagina

  • Terdapat perembesan air ketuban

  • Memiliki inkompetensi serviks (serviks terbuka sebelum waktunya)

  • Plasenta menutupi sebagian atau keseluruhan kanal serviks (plasenta previa)

Setelah Saya Melahirkan, Kapankah Saya Boleh Berhubungan Seks?

Baik Anda melahirkan secara normal ataupun melalui operasi caesar, tubuh Anda membutuhkan waktu untuk pulih seperti sediakala. Para ahli menganjurkan agar Anda setidaknya menunggu 4-6 minggu pasca melahirkan untuk berhubungan seksual. Hal ini untuk membiarkan serviks menutup kembali dan robekan ataupun jahitan pasca melahirkan sembuh sempurna.

Pada intinya senantiasa konsultasikanlah kepada dokter Anda mengenai rencana aktivitas Anda selama kehamilan. di laman website kami.[](NO)

Baca juga:
6 Cara Menahan Nafsu Seks
Ketika Harus Mengatakan Tidak Pada Hubungan Seks

Ditulis oleh
dr. Nadia Octavia
Anggota Dewan Redaksi Medis
PeduliSehat.info

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Tips Berpuasa Diabetes

6 Tips Berpuasa Diabetes

Oleh: dr. Nadia Octavia Benarkah penyandang diabetes dapat melakukan puasa? Jawabnya tentu adalah iya. Namun tidak sembarang berpuasa, terdapat beberapa anjuran kondisi yang sebaiknya diikuti. Berikut ini adalah beberapa tips berpuasa khusus bagi penyandang diabetes. Monitor kadar gula darah secara rutin Saat berpuasa, penderita diabetes dianjurkan untuk melakukan pengecekan gula darah beberapa kali dalam sehari terutama bagi penderita diabetes tipe 1 atau diabetes tipe 2 yang menggunakan insulin. Nutrisi Tingkatkan asupan cairan setelah berbuka puasa Hindari konsumsi makanan berlebih yang tinggi karbohidrat dan lemak saat berbuka puasa karena proses pencernaan dan penyerapan makanan lebih lambat saat berpuasa Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks (misalnya: nasi atau roti) saat sahur Makan sahur sebaiknya dilakukan sedekat mungkin dengan waktu imsak Olahraga Aktivitas fisik normal sebaiknya tetap dilakukan saat berpuasa. Namun, olahraga yang berlebih dapat meningkatkan rIsiko hipoglikemia. Sholat tarawih yang dilakukan setelah berbuka puasa juga dapat menjadi bagian dari aktivitas fisik rutin. Berhenti berpuasa jika: Terjadi kondisi hi [...]

4 Tips Puasa Penderita Maag

4 Tips Puasa Penderita Maag

Maag atau sering disebut sebagai gastritis merupakan suatu proses peradangan atau inflamasi pada dinding yang melapisi lambung. Komplikasi dari maag dapat menyebabkan suatu penyakit luka pada lambung yang disebut sebagai Ulkus Gaster. Ulkus gaster ini disebabkan oleh ketidakseimbangan antara produksi asam lambung dengan mekanisme pertahanan dinding lambung. Apabila terjadi maag, maka dapat timbul beberapa gejala seperti perasaan tidak enak pada bagian perut sebelah kiri, mual, kembung, muntah, perasaan penuh dan sesak serta terkadang nyeri perut. Beberapa tindakan dapat menyebabkan peningkatan asam lambung yang berujung pada maag ketika berpuasa, diantaranya seperti langsung tidur tepat setelah sahur, merokok sesaat setelah berbuka puasa atau mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang banyak saat buka puasa. Para individu yang menderita maag diharapkan untuk berbuka puasa dengan jumlah yang sedikit namun sering, seperti mengkonsumsi makanan yang ringan terdahulu saat berbuka puasa. Saat berbukaatau sahur puasa coba hindari minuman yang mengandung kopi dan soda, serta hindari minuman yang terlalu manis sebab akan memicu rasa haus. Bila maag sudah berat, dapat juga konsumsi o [...]

Serangan Jantung Mengintai Orang Pemarah

Serangan Jantung Mengintai Orang Pemarah

Ada pepatah mengatakan bahwa jangan suka cepat marah, karena Anda akan lebih cepat tua. Jika ditelaah dari segi medis, hal ini bisa jadi ada benarnya. Jika Anda marah, akan terjadi peningkatan berbagai senyawa pro-inflamasi dan terjadi pengaktifan saraf simpatis. Senyawa ini akan meningkatkan risiko Anda terkena berbagai penyakit jika berlangsung secara terus menerus. Penelitian terakhir juga menyatakan hubungan antara kemarahan dan kejadian serangan jantung. (Baca: Stroke Dapat Dicegah dengan Menahan Marah) Apa saja bahaya marah? Penelitian terbaru menyatakan bahwa orang-orang yang suka marah memiliki risiko lebih tinggi mengalami serangan jantung. Tidak hanya serangan jantung, pemarah juga memiliki peningkatan risiko terkena stroke dalam beberapa jam pasca kemarahan. Dalam waktu dua jam setelah seorang marah, terjadi peningkatan kejadian serangan jantung sebesar lima kali dan peningkatan stroke sebesar empat kali. Selain itu pada pemarah juga terjadi peningkatan terjadinya gangguan irama jantung. Penelitian ini menekankan bahwa episode marah berulang dapat meningkatkan risiko seorang mengalami serangan jantung. Pada orang yang marah hanya dengan frekuensi satu kali dalam satu bu [...]

Anak-anak Sering Terkena Jenis Penyakit Kulit Ini

Anak-anak Sering Terkena Jenis Penyakit Kulit Ini

Penyakit kulit bisa diderita oleh siapa saja, tidak peduli mereka dewasa atau anak-anak. Ruam dan gatal-gatal yang biasa diderita anak-anak biasanya terkait oleh respons akibat faktor lingkungan dan makanan. Selain itu, anak-anak yang terutama masih bayi atau balita lebih cenderung memiliki penyakit kulit karena kebiasaan sehari-hari mereka memakai popok. Beberapa masalah kulit lainnya berisiko diderita oleh anak-anak karena mereka bersentuhan dengan anak lain yang sudah memiliki gangguan kulit oleh karena kuman tertentu. Tentu saja, ada juga penyakit kulit yang bersifat keturunan dan jenis ini biasanya permanen. Penyakit Kulit yang Umum Diderita Anak-anak Meski kemungkinan jenis penyakit kulit yang diderita anak bisa sama dengan yang diderita orang dewasa, ada sebagian jenis yang kebanyakan mengenai anak-anak. Beberapa penyakit di bawah ini adalah contohnya. Eksim Eksim yang bernama medis dermatitis atopik ini merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan kulit merah dan gatal. Meski sering terjadi pada anak-anak, namun bukan berarti orang dewasa terbebas dari penyakit ini. Eksim adalah jenis penyakit kulit jangka lama (kronik) dan cenderung kambuh secara tiba-tiba, namun kemud [...]

Tanda-Tanda Anak Kekurangan Nutrisi dari Susu

Tanda-Tanda Anak Kekurangan Nutrisi dari Susu

Kalsium dan vitamin D memiliki peran penting bagi pertumbuhan serta perkembangan anak. Kedua asupan tersebut dapat diperoleh dari susu dan produk olahan susu lainnya. Jika anak kurang asupan makanan disertai minimnya asupan susu, hal tersebut bisa menimbulkan gangguan nutrisi dan meningkatkan risiko terjadinya riketsia. Riketsia merupakan penyakit yang dapat menyebabkan tulang menjadi lunak, sehingga anak menjadi kesulitan untuk tumbuh tinggi, kesulitan untuk menekuk kaki, serta mengalami kelemahan pada bagian otot. Ikuti panduan nutrisi ini, sebagai rekomendasi asupan susu sesuai dengan kategori umur: Anak usia 2-3 tahun disarankan minum 2 gelas susu (473 ml) dalam sehari Anak usia 4-8 tahun disarankan minum 2 gelas susu (591 ml) dalam sehari Anak usia 9 tahun ke atas disarankan minum 3 gelas susu (710 ml) dalam sehari Kalsium Kalsium merupakan zat terpenting untuk mempertahankan kekuatan tulang dan mengontrol otot serta saraf di dalam tubuh. Tanda-tanda anak kekurangan kalsium di dalam tubuh adalah badan terasa lemas, kaku otot, nafsu makan menurun, serta mengalami gangguan irama jantung. Asupan kalsium per hari yang dianjurkan untuk anak berusia 1-3 tahun adalah s [...]

Ingin Membuat Susu Nabati Sendiri? Perhatikan 4 Hal Ini

Ingin Membuat Susu Nabati Sendiri? Perhatikan 4 Hal Ini

Susu yang diolah dari kacang atau yang biasa disebut dengan sari nabati menjadi salah satu cairan pengganti susu hewani yang banyak dikonsumsi orang, terutama untuk mereka yang memiliki intoleransi laktosa. Untuk membuatnya pun bisa dilakukan di rumah. Cukup dengan merendam kacang dengan air selama semalam, kemudian diblender dan disaring sehingga hasilnya bertekstur encer dan menyerupai susu cair.Meski proses pembuatan sari nabati ini bisa dilakukan sendiri, namun menurut ahli gizi Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja?1. Perhatikan Pemilihan KacangSebelum memulai proses pembuatan sari nabati, ada baiknya untuk memperhatikan kondisi dan bentuk kacang saat memilihnya. Karena pada beberapa jenis kacang tertentu, ada banyak bakteri di dalamnya."Pilih biji kacang yang masih utuh, jangan yang sudah rusak. Kalau yang busuk sudah pasti harus disingkirkan. Jangan pilih biji yang telah berubah warna juga. Menyortir dengan teliti di awal lebih bagus," ujar Rita saat dihubungi Wolipop, Rabu, (18/11/2015).Baca Juga : 50 Foto Before-After Selebriti yang Operasi Plastik2. Proses PembuatanPerhatikan pula saat proses pembuatan sari nabati tersebut berla [...]

Mengenal Lebih Jauh Tentang Mata Minus

Mengenal Lebih Jauh Tentang Mata Minus

Mata minus atau rabun jauh memiliki istilah medis miopia. Kondisi ini menyebabkan Anda kesulitan melihat benda jarak jauh. Sinar yang direfleksikan dari sebuah objek masuk ke mata melalui kornea, kemudian difokuskan oleh lensa mata ke retina. Pada mata normal, lensa mata dan kornea membiaskan cahaya yang masuk sehingga bayangan objek difokuskan tepat di retina. Sedangkan pada mata minus, cahaya yang masuk tidak fokus di retina, namun jauh di depannya. Hal ini dapat disebabkan oleh karena kornea terlalu cembung atau panjang bola mata yang terlalu besar. Sehingga jika Anda memiliki mata minus, pada saat melihat objek dari jarak jauh, objek akan terlihat tidak fokus. Besarnya keparahan mata minus ditandai dengan ukuran dioptri (D). Berdasarkan tingkat keparahannya, mata minus terbagi tiga, yaitu miopia rendah (minus 0.5D hingga minus 3D), sedang (minus 3D hingga 6D), dan berat (di atas 6D). Gejala Mata Minus Perhatikan beberapa gejala mata minus di bawah ini. Jika Anda mengalami beberapa gejala ini, mungkin Anda perlu memeriksakan mata ke dokter. Kesulitan saat melihat sesuatu dari jarak jauh namun jelas saat melihat jarak dekat Memicingkan mata saat melihat sesuatu Kesulitan meli [...]

Benarkah Ekstrak Kulit Manggis Menyehatkan?

Benarkah Ekstrak Kulit Manggis Menyehatkan?

Saat ini kita sering melihat dan mendengar tentang ekstrak kulit manggis dan khasiatnya dari berbagai media. Mungkin Anda akan bertanya, apa benar kulit manggis itu memiliki khasiat yang didukung fakta medis? Apakah sebenarnya ekstrak kulit manggis tersebut? Amankah bila kita mengonsumsinya? Untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan tersebut, berikut ini adalah ulasan medis mengenai kulit manggis dan penelusuran dasar penelitiannya yang ditemui. Mari kita mengenal lebih jauh ekstrak kulit manggis di berbagai belahan dunia. Bagian kulit buah, daging buah, daun, dan kulit akar manggis telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional. Khususnya bagian kulit buah, yang telah digunakan sejak lama dalam dunia pengobatan tradisional untuk: mengencerkan dahak, pengobatan radang kandung kemih (Cystitis), diare, disentri, demam, serta pengobatan untuk penyakit kulit seperti eksim dan pruritus. Di Amerika Serikat, manggis umumnya dikonsumsi dalam bentuk jus, atau dalam bentuk kapsul atau tablet oral, dan sering dikombinasikan dengan ekstrak herbal lainnya. Di Asia, bagian kulit manggis sering digunakan sebagai bahan minuman teh. Bagaimana di Asia [...]

Makanan Pedas Bisa Bantu Sehatkan Jantung

Makanan Pedas Bisa Bantu Sehatkan Jantung

Tidak selamanya makanan pedas berdampak negatif bagi tubuh. Menurut penelitian, banyak ragam cabai yang ternyata dapat menurunkan darah tinggi dan membuat jantung sehat.Para peneliti mengatakan bahwa senyawa yang terdapat dalam cabai cayennes, jalapenos dan jenis cabai lainnya dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi kolesterol. Peneliti juga menemukan bahwa cabai memiliki potensi besar untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung.Penelitian yang dilakukan di Chinese University of Hong Kong tersebut fokus pada zat yang dikenal sebagai 'Capsaicinoids'. Zat yang memberikan rasa pedas itu ternyata berfungsi untuk mencegah pembekuandarah."Kami sekarang mengetahui lebih detail dan jelas mengenai efek terdalamnya yang dapat mempengaruhi kolesterol dan kesehatan pembuluh darah. Penelitian ini memberikan informasi tersebut," ujar salah satupeneliti Dr Zhen-Yu Chen, seperti yang dikutip dari Daily Mail.Kesimpulan itu didapat dari pengujian terhadap dua kelompok hamster yang melakukan diet kolesterol tinggi. Salah satu kelompok hamster diberi makanan yang mengandung banyak mengandung Capsaicinoids,sedangkan kelompok hamster lainnya diberi makanan tanpa mengandung Capsaicinoids.Pene [...]

Menangis Saat Nonton Film Melodrama Justru Buat Anda Lebih Bahagia

Menangis Saat Nonton Film Melodrama Justru Buat Anda Lebih Bahagia

Film-film melodrama seringkali membuat para penontonnya menangis tersedu-sedu. Tidak ada yang menyangka, kalau film bertema sedih ternyata justru bisa mendatangkan rasa bahagia.Penelitian yang dilakukan di Belanda menemukan bahwa mood seseorang bisa berubah setelah menangis saat menonton film drama melankolis. Hal itu terbukti lewat percobaan terhadap 60 responden.Para responden diminta menonton dua judul film; 'La Vita e Bella' dan 'Hachi: A Dog's Tale'. Setiap responden kemudian harus mendeskripsikan perasaan mereka saat mulai dan setelah nonton kedua film tersebut.Sekitar 60 persen responden menangis saat menonton 'Hachi: A Dog's Tale', film tentang kesetiaan anjing terhadap majikannya yang diangkat dari kisah nyata. Sementara 'La Vita e Bella' atau dikenal juga dengan 'Life Is Beautiful' berhasil membuat 45 persen responden menangis. Responden wanita dilaporkan lebih menangis tersedu-sedu dan frekuensinya juga lebih sering ketimbang responden pria.Poin menarik dari hasil studi ini adalah perasaan para responden setlah menangis. Mereka yang menangis saat film berlangsung, merasa lebih bahagia secara signifikan selama 90 menit setelah filmnya berakhir.Dr Asmir Gracanin, peneli [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *