Ibu Hamil di Trimester Tiga Tak Boleh Lakukan 10 Hal Ini

ibu-hamil-140204b.jpg

Selama sembilan bulan wanita menanti kelahiran bayinya. Sepanjang bulan itu kaum ibu sangat memperhatikan apa yang dia makan dan apa yang dikerjakan untuk memastikan bayinya sehat.

Tentu saja, selama sembilan itu kaum ibu diliputi rasa cemas dan khawatir, apalagi jika itu kehamilan pertama. Pada akhir trimester kedua, kebanyakan mereka mengesampingkan semuanya dan sangat siap menggendong bayinya.

Pada trimester terakhir disebut-sebut menjadi waktu yang paling melelahkan dalam kehamilan. Janin sudah bergerak lebih rendah di perut wanita sehingga menyebabkan banyak organ internalnya mengatur ulang untuk mengakomodasi janin.

Ada beberapa hal yang perlu wanita hindari ketika kehamilan memasuki trimester ketiga seperti dikutip Boldsky, Selasa (4/2/2014):

1. Sauna dan mandi uap

Ada banyak wanita yang menikmati sauna dan mandi uap. Tapi, ini adalah salah satu yang harus wanita hindari di trimester ketiga kehamilannya karena menyebabkan suhu tubuh internal berubah.

2. Bercinta

Jika Anda mengalami kehamilan yang normal dan tak berisiko persalinan prematur, Anda bisa menikmati sesi intim dengan suami Anda sampai melahirkan. Tapi, jika berisiko atau Anda meras alelah, berhubungan intim tak boleh dilakukan di trimester ketiga kehamilan.

3. Angkat beban berat

Mengangkat beban berat yang bisa menyebabkan ketegangan di punggung bawah tak boleh dilakukan pada trimester ketiga.

Terutama ibu yang hamil kedua dengan balita harus berhati-hati ketika menggendong anaknya dan lebih baik menyerahkan tugas tersebut ke orang lain.

4. Olahraga

Olahraga seperti bola, basket tak boleh dilakukan saat masuk ke trimester ketiga. Olahraga ini bisa menyebabkan cedera perut dan pertumbuhan janin.

5. Makanan berat

Makanan berat merupakan hal yang harus dihindari selama trimester ketiga karena pada masa ini bayi sangat rendah di perut dan pencernaan menjadi sulit. Saat ini Anda direkomendasikan makanan ringan secara berkala.

6. High heels

Wanita memang terlihat seksi dan menarik dengan sepatu hak tinggi. Tapi ini adalah sesuatu yang harus dihindari selama trimester ketiga karena bisa menyebabkan nyeri punggung. Pada masa ini, sepatu bertumit datar lebih disukai.

7. Olahraga petualangan

Ski air, scuba diving, surfing, dan olahraga petualangan lainnya juga tak boleh dilakukan saat trimester ketiga. Olahraga tersebut bisa menimbulkan dampak negatif yang besar untuk kehamilan Anda.

8. Naik pesawat

Naik pesawat yang membawa Anda di ketinggian tak boleh dilakukan di trimester ketiga. Di dataran tinggi, oksigen langka dan bernapas menjadi sulit. Ini bisa menyebabkan janin jadi sesak napas.

9. Olahraga berat

Wanita hamil disarankan olahraga teratur selama kehamilan. Tapi, berolahraga berat bisa menyebabkan kelelahan.

10. Pekerjaan rumah tangga yang berat

Selama trimester ketiga, wajar jika wanita mengalami lelah sepanjang waktu. Lakukan semua pekerjaan rumah tangga sendiri merupakan hal yang harus dihindari selama trimester ketiga. Anda tak perlu ragu meminta bantuan orang lain.

(Mel/Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Konsumsi Avokad Setelah Makan Siang Cegah Ngemil Berlebihan

Konsumsi Avokad Setelah Makan Siang Cegah Ngemil Berlebihan

Kekenyangan setelah jam makan siang membuat tidak nyaman dan memicu Anda untuk ngemil makanan tidak sehat. Untuk mencegah ini, cobalah konsumsi setengah porsi buah avokad atau alpukat setelah makan siang. Peneliti mengatakan konsumsi setengah porsi buah alpukat saat makan siang dapat meningkatkan perasaan kenyang, dan mengurangi godaan untuk ngemil di antara waktu makan tersebut.Peneliti telah melakukan survei dan membandingkan antara orang yang makan setengah porsi buah alpukat dan yang tidak mengonsumsinya sama sekali. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana konsumsi alpukat dapat memengaruhi rasa kenyang, gula darah, dan respons insulin.Ahli Gizi dari Loma Linda University, California sekaligus pemimpin studi ini, Dr. Joan Sabate menjelaskan kenyang merupakan faktor penting dalam menghindari seseorang mengalami kenaikan berat badan. Sebab, orang-orang yang merasa tidak puas ketika makan siang, cenderung memilih untuk ngemil."Menambahkan setengah porsi alpukat dapat meningkatkan kalori dan asupan karbohidrat saat makan siang, ini tidak ada peningkatan kadar gula darah," kata Joan seperti dikutip Daily Mail, Jumat (10/1/2013)Dilanjutkan Joan, ini tandanya buah alpukat berpotensi dala [...]

Diet Jus Buah Disalahkan Ahli Kesehatan

Diet Jus Buah Disalahkan Ahli Kesehatan

Adanya penelitian terbaru mengenai manfaat segelas jus buah, ternyata banyak membuat perubahan kebiasaan hidup sehat. Contohnya saja, dulu kita mengenal bahwa minum jus buah itu menyehatkan. Tapi sekarang, ahli kesehatan menilai, minum jus tidak boleh dikonsumsi lebih dari satu gelas sehari. Selain karena kandungan gula yang tinggi pada buah, kebiasaan masyarakat Indonesia yang minum jus ditambah gula dapat meningkatakkan risiko diabetes di usia dewasa. Para ahli kesehatan di Inggris bahkan menyebut jus buah yang dikonsumsi saat diet hanyalah sebagai bom waktu yang bisa meledak kapan saja. Dalam arti, jus buah dapat membuat remaja berusia 11-19 tahun mengonsumsi 42 persen gula lebih banyak dari yang direkomendasikan. Sedangkan usia dewasa yang sering mengonsumsi jus, berisiko mengalami diabetes dan stroke. Hasil penelitian tersebut dilakukan oleh National Diet and Nutrition Survey. Ilmuwan menemukan, anak-anak berusia 10 tahun kebawah kebanyakan telah melebihi batas konsumsi harian gula yang direkomendasikan sebesar 34 persen. Sumber utamanya seperti gula, jus buah, minuman ringan, sereal bar, biskuit dan kue. Survei yang melibatkan 4.000 orang dewasa dan anak-anak antara 200 [...]

Puasa, Waktu Terbaik Langsingkan Tubuh dengan Totok Perut

Puasa, Waktu Terbaik Langsingkan Tubuh dengan Totok Perut

Jangan pernah menyerah untuk memiliki bentuk badan yang ideal. Menjelang bulan Ramadhan, ketika tubuh berpuasa lebih dari 12 jam, ternyata ini merupakan waktu yang tepat untuk membuat tubuh lebih ramping. Seperti diungkapkan Founder Totok Perut Kamaratih, Ratih Dewanti, berpuasa semestinya menjadi kesempatan besar untuk menurunkan berat badan bagi penderita obesitas. Ini karena High Human Growth Hormone (HGH) akan lebih sering aktif."Kita kan puasa sekitar 12 jam lebih, saat HGH aktif, olahraga sebelum berbuka bisa membantu penurunan berat badan lebih cepat. Dua kali lebih cepat pembakarannya dibanding saat tidak puasa," kata Ratih saat diwawancarai Liputan6.com, Selasa (10/6/2014).Selain itu, wanita 55 tahun yang memiliki berat 60 kilogram tersebut juga mengatakan trik agar mudah langsing di bulan Ramadhan yaitu olahraga pada pukul 4 sore, saat berbuka minum dengan air hangat dan minum atau makan setelah shalat maghrib. Sedangkan totok perut disarankan dilakukan saat puasa untuk mempertahankan berat badan. [...]

Mau Coba Diet Kentang?

Mau Coba Diet Kentang?

Sumber karbohidrat yang dianggap makanan pengganti nasi terbaik, kentang diklaim bisa membantu menurunkan berat badan. Benarkah? Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition ini menunjukkan, kentang memiliki indeks glikemik tinggi yang bisa membantu menurunkan berat badan. Begitu juga dengan peneliti dari University of California di Davis dan Illinois Institute of Technology. Peneliti menugaskan 90 pria dan wanita gemuk untuk mengikuti salah satu dari tiga diet: 1. Mengurangi kalori tetapi tidak boleh mengonsumsi makanan berglisemik tinggi 2. Mengurangi kalori tapi tidak boleh mengonsumsi makanan berglisemik tinggi 3. Tidak membatasi konsumsi kalori atau makanan berglisemik tinggi GI. Para peneliti kemudian memberi ketiga kelompok, kentang dan resep sehat untuk mereka ikuti, ketiga kelompok itu juga diiinstruksikan untuk makan 5-7 porsi kentang per minggu. Pada akhir masa studi (12 minggu), ketiga kelompok kehilangan berat badan, dan peneliti menemukan bahwa kentang secara otomatis mengurangi asupan kalori dan mereka kehilangan berat badan. Seperti dikutip Womenshealth, Jumat (24/10/2014) peneliti menduga, kandungan kentang yang terdiri dari 4,7 [...]

Diet ala Hotasi Nababan: Turun 14 Kg dengan Jinakkan Enzim Perut

Diet ala Hotasi Nababan: Turun 14 Kg dengan Jinakkan Enzim Perut

Mantan Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines Hotasi Nababan kini terlihat lebih ramping dan segar. Hotasi ternyata melakukan diet. Namun yang beda, diet yang ia lakukan dengan cara menjinakkan enzim perut.Menurutnya enzim-enzim di perutlah yang membuat otak mengambil keputusan apa yang akan dimakan dan tidak. Alhasil, jika enzim ini sudah bisa ditata maka otak pun tidak rakus untuk selalu makan dan makan.Untuk mengawalinya, Hotasi mengubah enzim di perut selama 2 minggu. Selama 2 minggu pertama itu, Hotasi tak makan nasi dan teman-temannya alias makanan yang manis dan gurih-gurih. Ia hanya makan makanan yang tanpa rasa alias hambar dan karbohidrat dalam bentuk direbus.Yang dimakan Hotasi dalam 2 minggu pertama adalah roti gandum, singkong rebus, kentang rebus, sayuran segar, dan banyak minum air putih. Ia tidak membatasi jam makan, saat perut lapar makanan-makanan itu dimakannya. Selama 2 minggu pertama itu juga Hotasi hanya mengatur pola makan tanpa melakukan olahraga.Hasilnya, perutnya jadi mengecil dan berat badannya mulai turun. Satu lagi, enzim di perutnya tak lagi membuat otak minta makan makanan yang berlemak dan manis lagi. Karena dengan enzim yang bisa dijinakkan, p [...]

Jus Apel Sama Buruknya dengan Minuman Bersoda Lain

Jus Apel Sama Buruknya dengan Minuman Bersoda Lain

Tahukah Anda bahwa minuman seperti jus apel dan yoghurt yang dikatakan bebas lemak dan sehat ternyata sama buruknya dengan minuman bersoda? Suatu survei menemukan, segelas jus apel mengandung 7 sendok gula, sama seperti tiga porsi donat Krispy Kreme. Sedangkan yoghurt bebas lemak mengandung gula dengan takaran sama dengan seporsi es krim. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan agar asupan gula tidak lebih dari enam sendok setiap hari. Bila dalam sehari kita hanya mengonsumsi segelas jus apel, maka sebenarnya gula yang masuk ke dalam tubuh sudah berlebih. Mungkin langsing akan didapat, tetapi Anda berisiko diabetes.Fatalnya, jus apel dan yoghurt yang disebut bebas lemak kerap diberikan pada anaknya oleh ibu untuk bekal sekolah. Mereka tidak menyadari, terlalu banyak gula dapat menyebabkan kerusakan permanen. Jika sudah seperti ini, maka orangtua harus mulai waspada. Sebab, kelebihan gula dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe dua, dua kali lipat dari orang biasanya. Kelebihan gula juga dapat menyebabkan kerusakan gigi hingga menyebabkan ompong pada anak.Chief Medical Officer asal London, Inggris, Sally Davies, meminta para orangtua agar menjaga supaya a [...]

Makanan dan Minuman Harian yang Bisa Bikin Gemuk

Makanan dan Minuman Harian yang Bisa Bikin Gemuk

Makan menjadi kebutuhan hidup setiap individu. Sejumlah makanan bisa bermanfaat untuk kesehatan. Tapi, menurut para ahli gizi terkadang orang tak menyadari ada beberapa makanan yang bisa membahayakan. Contohnya saja, mengonsumsi sejumlah makanan tertentu tanpa disadari bisa menambah banyak kalori yang tak diperlukan.Berikut beberapa jenis makanan yang bisa menambah berat badan Anda seperti dilansir GeniusBeauty, Sabtu (29/3/2014):1. KopiKopi sendiri tak mengandung kalori. Selain itu, minuman ini memiliki banyak sifat yang luar biasa. Namun, berbagai perasa bisa mengubah minuman pagi ini menjadi produk yang berbahaya.Pernahkah Anda bertanya-tanya berapa banyak kandungan krim dan gula dalam secangkir kopi? Minuman yang ditawarkan di coffe shop terkadang mengandung setengah dari kalori harian orang dewasa (satu gelas besar).2. SupMakanan ini sering direkomendasikan sebagai asupan makanan. Ini benar tapi hanya pada sup tertentu.Sup tradisional buatan sendiri biasanya mengandung banyak kalori dan lemak.Ahli Gizi percaya bahwa sup murni atau sup dengan susu merupakan musuh dari diet pelangsing. Hidangan ini cukup berlemak dan mengandung lebih dari 300 kalori per porsi. Apalagi jika sup d [...]

Diet Tak Cuma Perbaiki Penampilan Tapi Bikin Jantung Sehat

Diet Tak Cuma Perbaiki Penampilan Tapi Bikin Jantung Sehat

Alasan sejumlah orang melakukan diet biasanya memperbaiki penampilan. Padahal, diet bisa melakukan lebih, membuat jantung lebih sehat. Mengutip laman Prevention, Jumat (26/12/2014), sebuah penelitian yang diterbitkan dalam PLoS Medicine mengungkapkan bahwa penurunan berat badan sangat berdampak besar bagi kesehatan. "Kami menguji penanda metabolik seperti gula darah, kolesterol, dan kadar hormon pada hampir 1.500 pria dan wanita berusia antara 16 dan 39 yang mengalami kelebihan berat badan serta normal," kata penulis studi yang juga kepala epidemiologi molekuler di Finlandia University of Oulu.Peter Wurtz, Ph. Enam tahun kemudian, pemeriksaan tes laboratorium diperiksa lagi. Hasilnya, mereka yang kehilangan hanya beberapa kilogram (antara 3 dan 10 persen dari total berat mereka, atau sekitar 2-6 kilogram) selama jangka waktu tersebut memiliki penurunan pada kolesterol, tekanan darah, sensitivitas insulin, peradangan, fungsi hati, dan kolesterol, yang semuanya menurunkan risiko penyakit jantung. Sebaliknya, mereka yang berat badannya naik, mengalami faktor risiko tinggi penyakit."Semakin Anda kehilangan berat badan maka semakin banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Apalagi jika [...]

Puasa Agar Langsing, OCD & Hypnoslimming Sama?

Puasa Agar Langsing, OCD & Hypnoslimming Sama?

Masih ingat dengan diet yang jadi kontroverial ala mentalis Deddy Corbuzier pada Agustus 2013 lalu? Ya, dalam Obsessive Corbuzier's Diet (OCD) kita dianjurkan untuk berpuasa tapi boleh makan apa saja serta berolahraga ketika berpuasa.Dalam Hypnoslimming, ternyata pola diet OCD hampir sama. Bedanya, sebelum diet, pelaku diet disarankan melakukan teknik clearing atau membersihkan pikiran dari segala macam stres.Seperti disampaikan Pakar Hypnoslimming Tony Cia Cht, CI, GMH, MHRt saat ditemui di acara seminar Kamaratih belum lama ini. Ia menyampaikan, Hypnoslimming merupakan seni dalam mengendalikan pikiran seseorang agar bisa langsing tanpa suplemen dan sebagainya.Cara dietnya sebenarnya cukup mengandalkan pikiran manusia. Karena menurut Tony, pikiranlah yang memengaruhi tubuhnya. "Hypnoslimming mengajarkan peserta untuk rileks. Saat rileks, saya kasih program untuk membuat mereka lebih langsing dan motivasi diet."Pada prakteknya, dalam Hypnoslimming dikenalkan pula High Human Growth Hormone (HGH). Hormon ini merupakan hormon peremajaan yang diproduksi sel aktif saat perut kosong. Hormon ini berfungsi untuk memaksimalkan peningkatan metabolisme tubuh saat berolahraga sehingga pelaku [...]

4 Cara Mudah Langsing Lebih Cepat

4 Cara Mudah Langsing Lebih Cepat

Untuk memangkas lemak dalam tubuh selain mengaurangi asupan makanan dan membakar kalori ada empat hal lagi yang tak kalah penting. Empat cara ini membuat Anda tak perlu usaha berlebih untuk dapatkan bentuk tubuh ideal. Dilansir dari Women's Health, Kamis (167/9/2014) lakukan empat hal ini untuk tubuh langsing. 1. Angkat beban"Semakin sedikit otot, semakin lambat metabolisme tubuh Anda," terang trainer Tia Falcone dari Amerika Serikat. Oleh karena itu, tambahkan latihan angkat beban yang membantu tubuh membentuk otot.Selain membuat tubuh kuat dan kencang, angkat beban memengaruhi hormon yang membantu tubuh membakar lemak setelah berolahraga. 2. Perbanyak konsumsi proteinMakanan tinggi protein membantu tubuh untuk mencerna dan membuat metabolisme lebih cepat terang ahli nutrisi Esther Blum, MD. Dapatkan makanan tinggi protein dari telur, ikan , bayam, kentang, jagung dan lainnya. 3. Tidur cukupJangan remehkan kekuatan tidur karena berperan penting membantu tubuh bermatabolisme dengan baik. " Jika Anda tidak cukup tidur, seluruh sistem tubuh berjalan tak baik," terang pelatih olahraga Jennifer Cohen. Pastikan dapat tidur nyenyak tujuh jam setiap malamnya. 4. Minum airMinum ban [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *