Ibu Hamil di Trimester Tiga Tak Boleh Lakukan 10 Hal Ini

ibu-hamil-140204b.jpg

Selama sembilan bulan wanita menanti kelahiran bayinya. Sepanjang bulan itu kaum ibu sangat memperhatikan apa yang dia makan dan apa yang dikerjakan untuk memastikan bayinya sehat.

Tentu saja, selama sembilan itu kaum ibu diliputi rasa cemas dan khawatir, apalagi jika itu kehamilan pertama. Pada akhir trimester kedua, kebanyakan mereka mengesampingkan semuanya dan sangat siap menggendong bayinya.

Pada trimester terakhir disebut-sebut menjadi waktu yang paling melelahkan dalam kehamilan. Janin sudah bergerak lebih rendah di perut wanita sehingga menyebabkan banyak organ internalnya mengatur ulang untuk mengakomodasi janin.

Ada beberapa hal yang perlu wanita hindari ketika kehamilan memasuki trimester ketiga seperti dikutip Boldsky, Selasa (4/2/2014):

1. Sauna dan mandi uap

Ada banyak wanita yang menikmati sauna dan mandi uap. Tapi, ini adalah salah satu yang harus wanita hindari di trimester ketiga kehamilannya karena menyebabkan suhu tubuh internal berubah.

2. Bercinta

Jika Anda mengalami kehamilan yang normal dan tak berisiko persalinan prematur, Anda bisa menikmati sesi intim dengan suami Anda sampai melahirkan. Tapi, jika berisiko atau Anda meras alelah, berhubungan intim tak boleh dilakukan di trimester ketiga kehamilan.

3. Angkat beban berat

Mengangkat beban berat yang bisa menyebabkan ketegangan di punggung bawah tak boleh dilakukan pada trimester ketiga.

Terutama ibu yang hamil kedua dengan balita harus berhati-hati ketika menggendong anaknya dan lebih baik menyerahkan tugas tersebut ke orang lain.

4. Olahraga

Olahraga seperti bola, basket tak boleh dilakukan saat masuk ke trimester ketiga. Olahraga ini bisa menyebabkan cedera perut dan pertumbuhan janin.

5. Makanan berat

Makanan berat merupakan hal yang harus dihindari selama trimester ketiga karena pada masa ini bayi sangat rendah di perut dan pencernaan menjadi sulit. Saat ini Anda direkomendasikan makanan ringan secara berkala.

6. High heels

Wanita memang terlihat seksi dan menarik dengan sepatu hak tinggi. Tapi ini adalah sesuatu yang harus dihindari selama trimester ketiga karena bisa menyebabkan nyeri punggung. Pada masa ini, sepatu bertumit datar lebih disukai.

7. Olahraga petualangan

Ski air, scuba diving, surfing, dan olahraga petualangan lainnya juga tak boleh dilakukan saat trimester ketiga. Olahraga tersebut bisa menimbulkan dampak negatif yang besar untuk kehamilan Anda.

8. Naik pesawat

Naik pesawat yang membawa Anda di ketinggian tak boleh dilakukan di trimester ketiga. Di dataran tinggi, oksigen langka dan bernapas menjadi sulit. Ini bisa menyebabkan janin jadi sesak napas.

9. Olahraga berat

Wanita hamil disarankan olahraga teratur selama kehamilan. Tapi, berolahraga berat bisa menyebabkan kelelahan.

10. Pekerjaan rumah tangga yang berat

Selama trimester ketiga, wajar jika wanita mengalami lelah sepanjang waktu. Lakukan semua pekerjaan rumah tangga sendiri merupakan hal yang harus dihindari selama trimester ketiga. Anda tak perlu ragu meminta bantuan orang lain.

(Mel/Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Kampus Paksa Mahasiswi Yale Gemukkan Badan karena Kekurusan

Kampus Paksa Mahasiswi Yale Gemukkan Badan karena Kekurusan

PeduliSehat.info, New Jersey Mahasiswi Yale University, Frances Chan memiliki tubuh yang kurus. Beratnya saja hanya 40 kilogram (kg) dengan tinggi 157 sentimeter (cm). Karena saking kurusnya, kampus mengancam akan mengeluarkannya karena ia diduga memiliki gangguan makan.Gadis dari New Jersey itu mengaku, ancaman tersebut memaksanya makan Cheetos, kue, junk food, dan es krim. Ia juga memilih menggunakan elevator dibanding menaiki tangga agar berat badannya bertambah. Menurut Chan, berat badannya sejak SMA memang 40 kg dan seluruh keluarganya memang kurus. Tapi, sejak Desember, ia terpaksa menimbang setiap minggu dan mendatangi seorang profesional kesehatan mental dan ahli gizi karena sekolah meyakini ia memiliki gangguan makan.Meskipun Chan sudah berusaha keras, ia hanya berhasil menaikkan berat badan 0,9 kg. Tapi, perguruan tinggi yang terletak di New Haven, Coenncticut, tak puas dan bahkan membiarkannya ketika orangtuanya mengirim catatan medis anaknya dan dokter sudah menelepon ke kampus. "Rasanya benar-benar buruk dengan ketidakberdayaan ini," kata Chan.Berawal dari BenjolanChan mengatakan, pertempuran dengan berat badannya dimulai pada September 2013, ketika ia melihat ada benj [...]

Benarkah Korset Bikin Langsing Kim Kardashian?

Benarkah Korset Bikin Langsing Kim Kardashian?

Kalau Anda sadari, ada hal menarik yang membuat sosialita, Kim Kardashian memiliki pinggang kecil walaupun baru beberapa bulan melahirkan. Ya, dia sering menggunakan korset. Pakaian yang biasanya sering digunakan sebagai dalaman pakaian ini sering digunakan ibu North West ini. Banyak yang beranggapan, korset bisa menjaga bentuk tubuh tidak melar setelah melahirkan, benarkah? pelatih fitnes sekaligus dokter kandungan Michele Olson, PhD mengatakan korset ternyata tidak membantu pembakaran lemak. "Korset tidak bisa membakar lemak. Lemak perut memang dapat menyebabkan penyakit jantung, tapi dalam hal ini korset terlalu ketat bisa menghambat pernapasan, sirkulasi darah, dan pencernaan," katanya, seperti dilansir Fitnessmagazine, Sabtu (8/11/2014). Anggota fitnes lainnya yang juga dokter kandungan, Jennifer Ashton, MD, juga menampiknya. "Apa pun yang Anda kenakan, tidak akan menembus beberapa lapisan lemak dalam perut Anda," katanya. "Ada kemungkinan bahwa lemak itu bergeser, tapi tidak hilang. Menggunakannya setelah melahirkan biasanya berguna untuk kenyamanan dan penampilan," katanya.Intinya, lanjut Jennifer, bila Anda ingin pinggang langsing, lakukan diet dan olahraga untuk membak [...]

Hati-hati Pilih Kudapan Saat Nonton Piala Dunia

Hati-hati Pilih Kudapan Saat Nonton Piala Dunia

Penggemar sepakbola hati-hati dengan asupan makanan Anda saat menyaksikan laga akbar Piala Dunia 2014 di Brasil. Maklum, makanan jenis ini pasti tidak akan lepas dan bakal menjadi teman setia saat menonton pertandingan di televisi. Departemen Diet dan Layanan Makanan di Rumah Sakit Kuala Lumpur Ridzoni Sulaiman mengatakan, asupan makanan yang tak sehat bisa terus-merenus kita konsumsi selama Laga Akbar Bola Dunia digelar. Umumnya penggemar bola ditemani camilan dengan kadar kalori yang tinggi, ditemani minuman karbonasi yang kaya gula. "Pertandingan akan digelar pada dinihari (karena perbedaan waktu dengan Brasil), yang membuat tak sehat karena kita jadi kurang aktif dan biasanya tidur lagi usai menonton (pertandingan)," kata Sulaiman seperti dilansir Bernama, Kamis (12/6/2014). Sulaiman yang juga Presiden Malaysian Dietitians Association menyarankan apabila tetap mengemil saat menonton, cobalah memilih makanan yang rendah lemak, rendah kalori dan gula, seperti yoghurt atau buah-buahan atau jagung (tanpa mentega). Profesor Azhar Mat Easa dari Fakultas Teknologi Industri di Universiti Sains Malaysia menganjurkan apabila menonton pertandingan di restoran pilihlah makanan yang seh [...]

Sedot Lemak Bisa Akibatkan Kematian?

Sedot Lemak Bisa Akibatkan Kematian?

Ada bermacam cara menghilangkan lemak tubuh. Mulai dari yang alami seperti olahraga dan diet sampai melakukan operasi seperti sedot lemak. Tapi sebenarnya amankah prosedur sedot lemak mengingat banyak orang melakukannya. Menanggapi hal tersebut, Ahli diet, Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK mengungkapkan, sedot lemak memang efektif membuang lemak berlebih di beberapa daerah tubuh tertentu. Tapi bukan dilakukan pada perut karena dapat berisiko kematian. "Sedot lemak atau liposuction merupakan prosedur pengambilan lemak dibawah kulit atau subkutan. Tapi ada yang perlu diperhatikan, lemak yang diambil tidak boleh yang berada di bawah kulit perut karena dapat menimbulkan inflamasi. Lemak perut itu menutupi usus hati, hanya bisa dihilangkan dengan olahraga dan mengurangi makan," katanya, seperti ditulis Jumat (11/7/2014). Pengambilan lemak subkutan sendiri, kata Samuel, memang cenderung dilakukan wanita untuk mengubah penampilan. Sehingga sedot lemak hanya boleh dilakukan di kulit lengan atau paha. Begitu juga dengan jumlah lemak yang boleh diambil, tidak lebih dari 5 kilogram. "Dokter bedah itu hanya bisa sedot lemak sampai 5 kilogram. Kalau ada yang mengklaim bisa lebih dari itu, pas [...]

Diet yang Tepat dan Efektif Menurut Adrian Maulana

Diet yang Tepat dan Efektif Menurut Adrian Maulana

Diet bagi Adrian Maulana adalah manajemen makan dan bagaimana cara mengatur setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh. Bukan tidak makan sama sekali, dan hanya mau mengonsumsi buah-buahan dan sayuran saja. Diet, kata Adrian, bila sampai membuat tubuh menjadi lemas, loyo, dan membuat muka terlihat kusam, menandakan bahwa ada yang salah dengan konsep diet yang dijalani itu. "Apalagi bila diet membuat si pelaku merasa tersiksa, berarti konsepnya yang harus diperhatikan. Kenapa? Karena menurut saya, diet yang baik adalah pola hidup yang dapat dijalani sepanjang hidup kita," kata Adrian kepada Health-Liputan6.com di Jakarta ditulis Sabtu (27/9/2014) Suami Dessy Ilsanty mengatakan bahwa dirinya telah menjalani diet selama belasan tahun. Setiap pagi, dirinya rutin mengonsumsi oat dan putih telur. Sedangkan pada siang hari, barulah memasukan karbohidrat berupa nasi ke dalam tubuhnya. "Malam hari, saya mengonsumsi lauk pauknya saja dan buah-buahan," kata Adrian. Pola diet yang seperti ini, terang Adrian, membuat tubuhnya senantiasa sehat dan bugar. Adrian mengaku, dirinya bukanlah sosok orang yang seringkali sakit dan harus menjalani perawatan di rumah sakit. "Saya juga kan ingin hidup panja [...]

Raih Tubuh Langsing Ideal dengan Rutin Minum Susu Kedelai

Raih Tubuh Langsing Ideal dengan Rutin Minum Susu Kedelai

Susu kedelai yang sarat akan nutrisi merupakan minuman favorit bagi para vegetarian dan individu yang menderita intoleransi laktosa. Jumlah kalori dari susu kedelai yang relatif rendah, juga sangat cocok dikonsumsi bagi individu yang tengah menjalani program penurunan berat badan.Susu kedelai secara alami bebas lemak, dan 100 ml susu kedelai hanya mengandung 54 kalori. Peningkatan kalori baru akan terjadi, bila susu kedelai diberi rasa cokelat atau stroberi.Susu kedelai memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh kita, mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menaikan kadar kolesterol baik (HDL). Secangkir susu kedelai mengandung 7 gram protein, 8 gram karbohidrat dan 1 gram serat sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung kita.Bila susu kedelai yang merupakan sumber terbaik dari vitamin A, vitamin D, dan kalsium dikonsumsi secara rutin, dapat mencegah dan mengobati kanker prostat, dan dapat mengurangi gejala menopause.Dikutip dari Health Me Up, Sabtu (18/10/2014), meski susu kedelai dianggap pengganti paling sehat dari susu jenis lainnya, tidak semua orang dapat mengonsumsinya. [...]

Kenapa di Malam Hari Anda Disarankan Makan Sedikit Saja?

Kenapa di Malam Hari Anda Disarankan Makan Sedikit Saja?

Demi berat badan ideal, kita dianjurkan untuk menghentikan kegiatan makan sebelum pukul 08.00 malam. Alasannya, pada pukul 08.00 malam sampai pukul 04.00 pagi merupakan fase penyerapan makanan yang telah dimakan sebelumnya. Pada fase ini, tubuh menyerap zat-zat gizi yang bermanfaat untuk digunakan sebagai energi kehidupan, bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh, termasuk merestorasi sel-sel yang telah mati. "Agar fase ini berjalan baik, maka organ pencernaan tidak boleh melakukan pekerjaan berat dengan mencerna makanan berat (makanan utama)," kata Penulis Buku berjudul 'Solusi Sehat Islami', dokter Muhammad Suwardi ditulis Health Liputan6.com pada Selasa (22/7/2014) Menurut Suwardi, pada malam hari, kadar melatonin akan meningkat. Hormon ini dikeluarkan oleh tubuh di malam hari untuk memperlambat pencernaan. "Apabila Anda makan banyak di malam hari, maka tubuh tidak dapat mencerna secara efisien. Dampaknya, Anda akan merasa kekenyangan, dan tubuh menjadi kekurangan energi. Sebab, makanan yang masuk dalam tubuh akan diubah menjadi lemak," kata Suwardi. Maka itu, penulis buku sekaligus Ketua Forum Kajian Islam dan Kedokteran Indonesia menyarankan, agar di malam hari, makanlah s [...]

Perempuan yang Senang Makan Buah & Sayuran Jantungnya Sehat

Perempuan yang Senang Makan Buah & Sayuran Jantungnya Sehat

Kaum Hawa yang senang makan buah-buahan dan sayur-sayuran berbahagialah karena jantung Anda sehat. Sebuah penelitian menemukan, makan buah-buahan bisa mengurangi berkembangnya plak di arteri mereka pada 20 tahun kemudian dibandingkan yang jarang makan buah-buahan di masa dewasanya.Penumpukan plak bisa menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Anehnya, temuan ini tak menunjukkan manfaat yang sama pada pria."Temuan ini mengonfirmasi konsep bahwa perkembangakn plak merupakan proses seumur hidup dan proses itu bisa diperlambat dengan diet sehat di usia muda," kata Ahli Jantung di Minneapolis Heart Institute di Amerika Serikat, Michael D. Miedema, seperti dilansir Health.India, Senin (31/3/2014).Penelitian ini dilakukan terhadap 2.508 peserta dan dilihat hubungan antara asupan buah dan sayuran pada orang dewasa dengan kalsifikasi arteri koroner pada 20 tahun kemudian.Hasilnya, perempuan yang mengonsumsi delapan hingga sembilan porsi buah dan sayuran dalams ehari untuk diet 2.000 kalori di usia 20 tahunan sebanyak 40 persen lebih rendah memiliki kalsifikasi plak di arteri pada usia 40 tahun.Buah-buahan seperti apel, pisang, dan delima tinggi kandungan warna kuning dan m [...]

Manfaatnya Makan Perlahan dan Menikmati Proses Mengunyah

Manfaatnya Makan Perlahan dan Menikmati Proses Mengunyah

Makan secara perlahan dipercaya dapat menurunkan berat badan. Sebab, dengan cara itu, kita lebih fokus dan konsentrasi pada makanan yang disantapnya sekaligus bisa menikmati makanan.Banyak penelitian mengatakan bahwa trik ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan dan dapat membantu seseorang mengurangi 150 sampai 200 kalori per hari.Seperti dikutip Health Me Up, Sabtu (25/1/2014), semakin lama seseorang mengunyah makanan maka reaksi otak menangkap rasa kenyang dapat berlangsung makin cepat. Selain itu, makan secara perlahan juga dapat membantu Anda terbebas dari masalah pencernaan dan membuat perut tidak kembung.Proses lambat itu juga memungkinkan terbentuknya enzim yang berfungsi membuat makanan menjadi lebih lembut baik saat di mulut dengan enzim lipase atau pun enzim-enzim lain yang ada di kerongkongan, lambung dan usus. Aroma dan rasa lapar dengan kunyahan yang lambat membantu tubuh mengolah makan dengan baik dan membuat yang makan bisa mengontrol dirinya terhadap apa yang dimakan.Selama ini seseorang tidak terlalu memerhatikan kecepatan makannya. Bahkan cenderung makan cepat-cepat. Tapi, bila kebiasaan ini dubah, dapat membantu Anda yang berkeinginan menurunkan berat bad [...]

Resep Menu dari Bahan Selada Air

Resep Menu dari Bahan Selada Air

Karena sayuran ini berwarna hijau, dapat diragamkan dengan sayuran hijau lainnya seperti bayam dan kangkung, yang sudah banyak digemari. Jika tidak suka menyantapnya secara segar, dapat di-blanching lebih dulu, agar bau langu hilang.Banyak resep yang dapat dibuat dengan menggunakan selada air, sesuai dengan kebiasaan tiap-tiap daerah di Indonesia. Berikut resep dari ahli gizi kuliner, Toeti Sunardi Selada Air Dressing KacangUntuk 5 porsi (1 porsi = 204 kalori)Bahan:250 gram selada air, dipotong daunnya100 gram ketimun, diiris halus panjang1 butir telur rebus, diirisBahan Dressing Kacang:5 sendok makan mayones siap pakai2 sendok makan saus tomat2 sendok makan air masak100 gram pindakas (selai kacang)1 butir kuning telur rebus1/2 sendok teh garam1 sendok makan air jeruk lemon1 sendok makan gula pasirCara membuat:1. Buat dressing kacang. Campur mayones dengan saus tomat, sisihkan. Campur air dengan pindakas dan kuning telur rebus, aduk rata. Campur adonan mayones dengan adonan pindakas, aduk, beri garam, air jeruk lemon, dan gula. Aduk rata, sisihkan.2. Selada air di-blanching (direbus dengan air mendidih selama 3 menit), angkat, rendam dalam air es, tiriskan.3. Atur dalam [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *