Ibu Hamil di Trimester Tiga Tak Boleh Lakukan 10 Hal Ini

ibu-hamil-140204b.jpg

Selama sembilan bulan wanita menanti kelahiran bayinya. Sepanjang bulan itu kaum ibu sangat memperhatikan apa yang dia makan dan apa yang dikerjakan untuk memastikan bayinya sehat.

Tentu saja, selama sembilan itu kaum ibu diliputi rasa cemas dan khawatir, apalagi jika itu kehamilan pertama. Pada akhir trimester kedua, kebanyakan mereka mengesampingkan semuanya dan sangat siap menggendong bayinya.

Pada trimester terakhir disebut-sebut menjadi waktu yang paling melelahkan dalam kehamilan. Janin sudah bergerak lebih rendah di perut wanita sehingga menyebabkan banyak organ internalnya mengatur ulang untuk mengakomodasi janin.

Ada beberapa hal yang perlu wanita hindari ketika kehamilan memasuki trimester ketiga seperti dikutip Boldsky, Selasa (4/2/2014):

1. Sauna dan mandi uap

Ada banyak wanita yang menikmati sauna dan mandi uap. Tapi, ini adalah salah satu yang harus wanita hindari di trimester ketiga kehamilannya karena menyebabkan suhu tubuh internal berubah.

2. Bercinta

Jika Anda mengalami kehamilan yang normal dan tak berisiko persalinan prematur, Anda bisa menikmati sesi intim dengan suami Anda sampai melahirkan. Tapi, jika berisiko atau Anda meras alelah, berhubungan intim tak boleh dilakukan di trimester ketiga kehamilan.

3. Angkat beban berat

Mengangkat beban berat yang bisa menyebabkan ketegangan di punggung bawah tak boleh dilakukan pada trimester ketiga.

Terutama ibu yang hamil kedua dengan balita harus berhati-hati ketika menggendong anaknya dan lebih baik menyerahkan tugas tersebut ke orang lain.

4. Olahraga

Olahraga seperti bola, basket tak boleh dilakukan saat masuk ke trimester ketiga. Olahraga ini bisa menyebabkan cedera perut dan pertumbuhan janin.

5. Makanan berat

Makanan berat merupakan hal yang harus dihindari selama trimester ketiga karena pada masa ini bayi sangat rendah di perut dan pencernaan menjadi sulit. Saat ini Anda direkomendasikan makanan ringan secara berkala.

6. High heels

Wanita memang terlihat seksi dan menarik dengan sepatu hak tinggi. Tapi ini adalah sesuatu yang harus dihindari selama trimester ketiga karena bisa menyebabkan nyeri punggung. Pada masa ini, sepatu bertumit datar lebih disukai.

7. Olahraga petualangan

Ski air, scuba diving, surfing, dan olahraga petualangan lainnya juga tak boleh dilakukan saat trimester ketiga. Olahraga tersebut bisa menimbulkan dampak negatif yang besar untuk kehamilan Anda.

8. Naik pesawat

Naik pesawat yang membawa Anda di ketinggian tak boleh dilakukan di trimester ketiga. Di dataran tinggi, oksigen langka dan bernapas menjadi sulit. Ini bisa menyebabkan janin jadi sesak napas.

9. Olahraga berat

Wanita hamil disarankan olahraga teratur selama kehamilan. Tapi, berolahraga berat bisa menyebabkan kelelahan.

10. Pekerjaan rumah tangga yang berat

Selama trimester ketiga, wajar jika wanita mengalami lelah sepanjang waktu. Lakukan semua pekerjaan rumah tangga sendiri merupakan hal yang harus dihindari selama trimester ketiga. Anda tak perlu ragu meminta bantuan orang lain.

(Mel/Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cegah Stroke dengan Makan Dada Ayam atau Salmon

Cegah Stroke dengan Makan Dada Ayam atau Salmon

Stroke bisa mematikan. Untuk mencegahnya, cobalah mengonsumsi setidaknya satu dada ayam atau fillet salmon dalam sehari atau sebesar 20 gram. Menurut ilmuwan cara tersebut bisa mengurangi risiko stroke sebesar 20 persen.Setiap 20 gram ekstra protein yang dimakan per harinya akan mengurangi risiko stroke sekitar 26 persen."Satu penjelasan mungkin protein menurunkan tekanan darah," kata Dr Xinfeng Liu, dari Nanjing University School of Medicine.Ikan mengandung asam lemak Omega-3 dan beberapa unsur gizi lainnya, termasuk protein yang bisa melindungi dari stroke.Tapi, temuan yang dipublikasikan dalam Jurnal Neurology itu tak mendukung banyak konsumsi daging merah dihubungkan dengan besarnya risiko stroke. Tapi, protein hewani tampaknya lebih protektif dibanding protein nabati."Hasil ini menunjukkan bahwa risiko stroke bisa dikurangi dengan mengganti daging merah dengan sumber protein lain," kata Dr Liu seperti dilansir Mailonline, Sabtu (14/6/2014).Peneliti menganalisis tujuh studi tentang diet yang melibatkan total 254.489 orang dan memantau kemajuannya rata-rata selama 14 tahun. Hasilnya, responden yang makan protein lebih banyak 20 persen lebih kecil kemungkinannya menderita stroke [...]

Langsing dan Cantik Dengan Diet Madu

Langsing dan Cantik Dengan Diet Madu

Menurut sebuah penelitian, madu tidak hanya dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan saja, melainkan juga untuk menurunkan berat badan. Bahkan disebutkan, hanya dengan rutin mengonsumsi madu selama tiga minggu, bobot tubuh pun berkurang.Pencetus diet madu, Mike Mclness, menemukan bahwa atlet yang mengonsumsi makanan kaya fruktosa seperti madu akan lebih banyak banyak membakar lemak, dan mengalami peningkatan kadar stamina dalam tubuh. Madu bertindak sebagai bahan baka untuk membuat hati menghasilkan glukosa. Glukosa ini membuat kadar gula otak tinggi dan memaksanya untuk melepaskan hormon pembakaran lemak.Untuk mendapatkan manfaat dari diet madu, cukup mengganti asupan gula dengan madu sepanjang hari. Selain itu, Anda juga harus mengonsumsi tiga sendok madu dengan air panas setiap malam sebelum tidur. Mike menganjurkan untuk kita mengombinasikan ini dengan latihan tiga kali dalam seminggu, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal."Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme di otak yang menyebabkan kecanduan gula bisa meutup sepenuhnya," kata Mike seperti dilansir laman Health Me Up, Sabtu (28/6/2014)Sedangkan cara kerjanya, Mike mengatakan, Anda harus mengonsumsi madu sebe [...]

4 Cara Mudah Langsing Lebih Cepat

4 Cara Mudah Langsing Lebih Cepat

Untuk memangkas lemak dalam tubuh selain mengaurangi asupan makanan dan membakar kalori ada empat hal lagi yang tak kalah penting. Empat cara ini membuat Anda tak perlu usaha berlebih untuk dapatkan bentuk tubuh ideal. Dilansir dari Women's Health, Kamis (167/9/2014) lakukan empat hal ini untuk tubuh langsing. 1. Angkat beban"Semakin sedikit otot, semakin lambat metabolisme tubuh Anda," terang trainer Tia Falcone dari Amerika Serikat. Oleh karena itu, tambahkan latihan angkat beban yang membantu tubuh membentuk otot.Selain membuat tubuh kuat dan kencang, angkat beban memengaruhi hormon yang membantu tubuh membakar lemak setelah berolahraga. 2. Perbanyak konsumsi proteinMakanan tinggi protein membantu tubuh untuk mencerna dan membuat metabolisme lebih cepat terang ahli nutrisi Esther Blum, MD. Dapatkan makanan tinggi protein dari telur, ikan , bayam, kentang, jagung dan lainnya. 3. Tidur cukupJangan remehkan kekuatan tidur karena berperan penting membantu tubuh bermatabolisme dengan baik. " Jika Anda tidak cukup tidur, seluruh sistem tubuh berjalan tak baik," terang pelatih olahraga Jennifer Cohen. Pastikan dapat tidur nyenyak tujuh jam setiap malamnya. 4. Minum airMinum ban [...]

4 Bahan yang Bikin Salad Jadi Tak Sehat

4 Bahan yang Bikin Salad Jadi Tak Sehat

Salad umumnya mengandung sayur-sayuran dan buah-buahan. Seharusnya makanan ini sehat tapi bisa menjadi lebih buruk dari cheesecake yang kalorinya supertinggi. Situs GeniusBeauty, Kamis (27/3/2014), melaporkan salad menjadi tidak sehat karena mengandung salah satu dari beberapa bahan ini:1. MayonesMembahas bahaya dari mayones saat ini seperti mengkritik si pirang dengan kebodohan dan kekanak-kanakannya. Tapi, penggunaan mayones tak hanya sebagai saus, tapi juga sebagai pengganti universal untuk setiap makanan. Saus itu berarti beberapa sendok teh di pinggir piring. Apabila Anda menggunakan banyak mayones, kalori yang terkandung di dalamnya meningkat sekitar tiga atau empat kali. Bahkan jika Anda hanya menggunakan kubis dan wortel dalam salad Anda.2. KentangKebiasaan menambahkan kentang rebus atau goreng di salad bisa berpengaruh ke kesehatan Anda. Kentang mengandung indeks glikemik yang tinggi.3. KejuAnda bisa memarut keju, memotongnya menjadi dadu, atau mencairkannya dalam saus salad. Anda bisa melakukan apapun yang Anda inginkan tapi ada sesuatu yang harus Anda tahu. 100 Gram keju mengandung 400 kalori. Padahal, orang sering menambahkan keju dalam jumlah besar.Pilih keju rendah le [...]

Minuman Terbaik Agar Cepat Langsing

Minuman Terbaik Agar Cepat Langsing

Anda para penggemar teh, mungkin boleh berbangga hati. Coba saja lirik ukuran pinggang Anda sebab belum lama ini, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan, peminum teh yang rutin olahraga, ukuran pinggangnya jauh lebih ramping.Seperti dikutip laman Prevention, Jumat (27/6/2014), peneliti Belanda menemukan bahan alami efektif katekin pada teh dan kafein yang dapat membantu pembakaran kalori. Senyawa ini juga dapat meningkatkan oksidasi lemak (pemecahan lemak) dalam tubuh."Minum 1-2 cangkir teh (tanpa gula) setiap hari telah terbukti meningkatkan mood dan mengurangi risiko beberapa penyakit termasuk kanker, osteoporosis, tekanan darah tinggi dan diabetes. Tidak peduli jenis teh yang Anda sukai, teh hijau, putih atau teh oolong memiliki senyawa yang sama untuk membantu menurunkan berat badan," kata ahli gizi dari Friedman School of Nutrition Science, Prof. Jeffrey Blumberg, PhD.Tapi jangan senang dulu, Jeffrey juga menekankan intensitas olahraga yang harus dilakukan saat ingin diet. "Hasilnya akan berbeda bila diet minum teh tidak diimbangi dengan olahraga." [...]

Mau Langsing? Hindari 5 Kebiasaan Berikut

Mau Langsing? Hindari 5 Kebiasaan Berikut

Bingung mendapati mengapa berat badan Anda tak kunjung turun? Coba cek kebiasaan makan malam Anda. Karena ada beberapa kebiasaan yang membuat Anda tanpa disadari membuat berat badan sulit turun bahkan membuat timbangan terus ke arah kanan. Dilansir dari Women's Health dilansir pada Senin (27/10/2014) hindari lima kebiasaan berikut demi dapatkan tubuh langsing. 1. Menu makan paling besarMalam hari merupakan saat santai, tidak seperti sarapan yang berangkat tergesa-gesa ke kantor atau tempat aktivitas lain atau mepetnya waktu siang hari di tengah padatnya aktivitas. Sehingga malam hari merupakan waktu makan dengan waktu panjang yang membuat Anda bisa makan sesuka hati. Akibatnya, tubuh sulit mencerna dan memroses banyaknya makanan yang masuk ke tubuh, ungkap ahli gizi Jaime Mass, RD. Makanan yang tidak bisa dicerna akan diubah menjadi asam lemak yang menyebabkan berat badan bertambah. 2. Makan tepat sebelum tidurMakan sebelum tidur akan membuat sulit tidur. "Tidur sangat penting untuk metabolisme tubuh mulai dari mengatur kadar gula darah serta keseimbangan hormin yang tepat," ujar Mass. 3. Minum kopiMinum minuman bersoda maupun berkafein bisa mengacaukan jam tidur Anda sehin [...]

Cara Ortu Bujuk Anak Agar Mau Diet

Cara Ortu Bujuk Anak Agar Mau Diet

Membujuk anak obesitas agar mau menurunkan beratnya bisa jadi topik sensitif bagi orangtua. Meski anak tahu harus menurunkan beratnya, tapi tak banyak orangtua yang mengetahui cara yang tepat. Belum lagi menurut psikolog Wilmington, sejumlah orangtua tidak tahu apa yang harus dilakukan bila anak mereka mengalami obesitas. Selain itu, Peneliti di University of Minnesota Medical School, Jerica Berge, PhD juga mengatakan, orangtua berperan besar bukan hanya menjaga tumbuh kembangnya tapi juga kesehatannya. "Sangat penting bagi orangtua memahami obrolan yang tepat agar anak hidup sehat dengan menurunkan berat tanpa ada paksaan." Lantas bagaimana cara mudah bicara pada anak agar makan sehat dan lebih banyak bergerak? Mengutip laman Everydayhealth, Rabu (4/6/2014) The Academy of Nutrition and Dietetics menawarkan beberapa tips agar orangtua tidak salah bicara pada anak, sebagai berikut: 1. Sajikan makanan seimbang dan temukan cara untuk menghabiskan makanan tersebut dengan menyenangkan.2. Miliki waktu aktif bersama-sama3. Jangan pernah menghukum, mengancam, atau memaksa anak makan dengan menyuapinya.4. Tanyakan pada dokter anak, ide-ide positif untuk kesehatannya. 5. Pujilah anak bila [...]

4 Fakta, Madu Tak Lebih Baik dari Gula

4 Fakta, Madu Tak Lebih Baik dari Gula

Tidak sedikit individu yang beranggapan bahwa mengonsumsi madu jauh lebih baik ketimbang gula. Padahal, madu tidak selalu lebih baik dari gula. Jadi, diharapkan untuk hati-hati dalam mengonsumsi madu.Dengan anggapan bahwa akan terhindar dari penyakit yang diakibatkan oleh makanan atau minuman manis, banyak orang kerap tidak sungkan mengonsumsi madu jalan jumlah yang cukup banyak. Di bawah ini, Pakar Gizi dari London, Inggris, Ian Marber menjelaskan alasan tidak selamanya madu lebih baik dari gula, seperti dikutip Daily Mail, Senin (27/10/2014) :1. Kalori cukup tinggiIan menjelaskan, satu sendok teh madu alami mengandung 22 kalori, sedangkan satu sendok teh gula pasir hanya 16 kalori. Ian juga menyayangkan sikap individu yang selalu berlebihan dalam mengonsumsi segala sesuatu yang dianggap `rendah lemak`. 2.Kehilangan banyak mineralMadu yang banyak dijual si swalayan adalah madu yang sudah melewati penyaringan dan sudah dipanaskan. Menurut Ian, bila madu sudah melewati proses seperti ini, maka madu telah kehilangan banyak kalori. 3. Tidak baik untuk gigiDokter Gigi dari London Smile Clinic, Dr Joe Bansal, mengatakan, pada September 2014 suatu penelitian baru ditemukan terkait den [...]

Berat Badan Naik Turun Bikin Anda Mudah Sakit

Berat Badan Naik Turun Bikin Anda Mudah Sakit

Pernah tahu efek yoyo dalam diet? Ya, efek yoyo atau weight cycling merupakan suatu kondisi ketika penyandang obesitas seringkali mengalami penurunan dan peningkatan kembali berat badan. Kondisi ini ternyata lebih membahayakan dan berisiko lebih besar terhadap penyakit kardiovaskular dibanding penyandang obesitas yang berat badannya langsung turun dalam sekali program.Tak hanya itu, dalam penelitian yang dilakukan pakar gizi Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK tersebut disebutkan, efek yoyo ini juga terbukti meningkatkan risiko inflamasi atau peradangan pada pembuluh darah dan stres oksidatif. "Penurunan berat badan (BB) dengan cara diet dan olahraga merupakan strategi dasar dalam penanganan obesitas. Tapi penyandang obesitas seringkali mengalami penurunan dan peningkatan kembali BB yang dikenal sebagai weight cycling (WC). Kenapa saya milih weight cycling? karena banyak pasien saya yang datang, hari ini program, nanti turun 10-20 kilogram. Ketemu lagi 1-2 tahun beratnya sudah lebih dari 20 kilogram. Atas dasar itu, saya gali literatur dan mau buktikan apakah weight cycling lebih berbahaya," ungkap Samuel saat diwawancarai wartawan di acara pengukuhan program doktor di Fakultas Kedokt [...]

Benarkah Korset Bikin Langsing Kim Kardashian?

Benarkah Korset Bikin Langsing Kim Kardashian?

Kalau Anda sadari, ada hal menarik yang membuat sosialita, Kim Kardashian memiliki pinggang kecil walaupun baru beberapa bulan melahirkan. Ya, dia sering menggunakan korset. Pakaian yang biasanya sering digunakan sebagai dalaman pakaian ini sering digunakan ibu North West ini. Banyak yang beranggapan, korset bisa menjaga bentuk tubuh tidak melar setelah melahirkan, benarkah? pelatih fitnes sekaligus dokter kandungan Michele Olson, PhD mengatakan korset ternyata tidak membantu pembakaran lemak. "Korset tidak bisa membakar lemak. Lemak perut memang dapat menyebabkan penyakit jantung, tapi dalam hal ini korset terlalu ketat bisa menghambat pernapasan, sirkulasi darah, dan pencernaan," katanya, seperti dilansir Fitnessmagazine, Sabtu (8/11/2014). Anggota fitnes lainnya yang juga dokter kandungan, Jennifer Ashton, MD, juga menampiknya. "Apa pun yang Anda kenakan, tidak akan menembus beberapa lapisan lemak dalam perut Anda," katanya. "Ada kemungkinan bahwa lemak itu bergeser, tapi tidak hilang. Menggunakannya setelah melahirkan biasanya berguna untuk kenyamanan dan penampilan," katanya.Intinya, lanjut Jennifer, bila Anda ingin pinggang langsing, lakukan diet dan olahraga untuk membak [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *