Ibu Hamil di Trimester Tiga Tak Boleh Lakukan 10 Hal Ini

ibu-hamil-140204b.jpg

Selama sembilan bulan wanita menanti kelahiran bayinya. Sepanjang bulan itu kaum ibu sangat memperhatikan apa yang dia makan dan apa yang dikerjakan untuk memastikan bayinya sehat.

Tentu saja, selama sembilan itu kaum ibu diliputi rasa cemas dan khawatir, apalagi jika itu kehamilan pertama. Pada akhir trimester kedua, kebanyakan mereka mengesampingkan semuanya dan sangat siap menggendong bayinya.

Pada trimester terakhir disebut-sebut menjadi waktu yang paling melelahkan dalam kehamilan. Janin sudah bergerak lebih rendah di perut wanita sehingga menyebabkan banyak organ internalnya mengatur ulang untuk mengakomodasi janin.

Ada beberapa hal yang perlu wanita hindari ketika kehamilan memasuki trimester ketiga seperti dikutip Boldsky, Selasa (4/2/2014):

1. Sauna dan mandi uap

Ada banyak wanita yang menikmati sauna dan mandi uap. Tapi, ini adalah salah satu yang harus wanita hindari di trimester ketiga kehamilannya karena menyebabkan suhu tubuh internal berubah.

2. Bercinta

Jika Anda mengalami kehamilan yang normal dan tak berisiko persalinan prematur, Anda bisa menikmati sesi intim dengan suami Anda sampai melahirkan. Tapi, jika berisiko atau Anda meras alelah, berhubungan intim tak boleh dilakukan di trimester ketiga kehamilan.

3. Angkat beban berat

Mengangkat beban berat yang bisa menyebabkan ketegangan di punggung bawah tak boleh dilakukan pada trimester ketiga.

Terutama ibu yang hamil kedua dengan balita harus berhati-hati ketika menggendong anaknya dan lebih baik menyerahkan tugas tersebut ke orang lain.

4. Olahraga

Olahraga seperti bola, basket tak boleh dilakukan saat masuk ke trimester ketiga. Olahraga ini bisa menyebabkan cedera perut dan pertumbuhan janin.

5. Makanan berat

Makanan berat merupakan hal yang harus dihindari selama trimester ketiga karena pada masa ini bayi sangat rendah di perut dan pencernaan menjadi sulit. Saat ini Anda direkomendasikan makanan ringan secara berkala.

6. High heels

Wanita memang terlihat seksi dan menarik dengan sepatu hak tinggi. Tapi ini adalah sesuatu yang harus dihindari selama trimester ketiga karena bisa menyebabkan nyeri punggung. Pada masa ini, sepatu bertumit datar lebih disukai.

7. Olahraga petualangan

Ski air, scuba diving, surfing, dan olahraga petualangan lainnya juga tak boleh dilakukan saat trimester ketiga. Olahraga tersebut bisa menimbulkan dampak negatif yang besar untuk kehamilan Anda.

8. Naik pesawat

Naik pesawat yang membawa Anda di ketinggian tak boleh dilakukan di trimester ketiga. Di dataran tinggi, oksigen langka dan bernapas menjadi sulit. Ini bisa menyebabkan janin jadi sesak napas.

9. Olahraga berat

Wanita hamil disarankan olahraga teratur selama kehamilan. Tapi, berolahraga berat bisa menyebabkan kelelahan.

10. Pekerjaan rumah tangga yang berat

Selama trimester ketiga, wajar jika wanita mengalami lelah sepanjang waktu. Lakukan semua pekerjaan rumah tangga sendiri merupakan hal yang harus dihindari selama trimester ketiga. Anda tak perlu ragu meminta bantuan orang lain.

(Mel/Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Wanita Hamil Kok Jadi Banyak Jerawatnya?

Wanita Hamil Kok Jadi Banyak Jerawatnya?

Wanita hamil akan tersenyum ketika melihat perutnya di depan kaca. Tapi, wajah tersebut akan berubah terkejut saat menemukan banyak benjolan merah kecil di wajah atau tubuhnya.Ya, itulah jerawat yang sering membuat remaja merasa tak percaya diri. Memang, saat hamil waktunya wanita bersuka cita, tapi jerawat tak bisa dihindari. Wanita hamil yang mengalami kondisi tersebut diperkirakan sekitar 50 persen pada trimester pertama.Demikian disampaikan Dokter Kandungan di Kokilaben Dhirubhai Ambani Hospital, Mumbai, Dr Shantala Vadeyar, dalam situs Health.India, Kamis (13/2/2014).Saat kehamilan, jerawat bisa ringan, sedang, dan berat. Lantas apa yang menyebabkan jerawat pada ibu hamil?Ketika hamil, jerawat merupakan hasil dari meningkatnya hormon di sistem tubuh Anda, yang pada gilirannya meningkatkan produksi minyak alami di kulit.Hormon yang meningkat memicu kelenjar sebaceous yang memproduksi lebih banyak minyak atau sebum (kelenjar minyak) di kulit Anda. Sebum ini dikombinasikan dengan sel-sel mati, kotoran, dan debu yang menutup pori-pori di kulit Anda sehingga menciptakan lingkungan untuk berkembang biaknya bakteri.Inilah yang menyebabkan peradangan dan kulit berjerawat.Apa yang Bisa [...]

Resep Menu dari Bahan Selada Air

Resep Menu dari Bahan Selada Air

Karena sayuran ini berwarna hijau, dapat diragamkan dengan sayuran hijau lainnya seperti bayam dan kangkung, yang sudah banyak digemari. Jika tidak suka menyantapnya secara segar, dapat di-blanching lebih dulu, agar bau langu hilang.Banyak resep yang dapat dibuat dengan menggunakan selada air, sesuai dengan kebiasaan tiap-tiap daerah di Indonesia. Berikut resep dari ahli gizi kuliner, Toeti Sunardi Selada Air Dressing KacangUntuk 5 porsi (1 porsi = 204 kalori)Bahan:250 gram selada air, dipotong daunnya100 gram ketimun, diiris halus panjang1 butir telur rebus, diirisBahan Dressing Kacang:5 sendok makan mayones siap pakai2 sendok makan saus tomat2 sendok makan air masak100 gram pindakas (selai kacang)1 butir kuning telur rebus1/2 sendok teh garam1 sendok makan air jeruk lemon1 sendok makan gula pasirCara membuat:1. Buat dressing kacang. Campur mayones dengan saus tomat, sisihkan. Campur air dengan pindakas dan kuning telur rebus, aduk rata. Campur adonan mayones dengan adonan pindakas, aduk, beri garam, air jeruk lemon, dan gula. Aduk rata, sisihkan.2. Selada air di-blanching (direbus dengan air mendidih selama 3 menit), angkat, rendam dalam air es, tiriskan.3. Atur dalam [...]

Lakukan Hal Mudah Ini di Pagi Hari Agar Tetap Langsing

Lakukan Hal Mudah Ini di Pagi Hari Agar Tetap Langsing

Siapa bilang menurunkan berat badan selalu mesti dengan latihan fisik yang berat. Sebuah studi baru dari Northwestern University Feinberg School of Medicine, yang diterbitkan dalam Jurnal PLoS ONE menemukan, bangun dan berjemur diri di bawah siraman cahaya matahari di pagi hari dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Seperti ditulis Womenshealth, Sabtu (5/4/2014) peneliti meminta 54 peserta yang rata-rata berusia 30 tahun. Peserta diminta memakai monitor di pergelangan tangan yang dilacak peneliti selama tujuh hari berturut-turut. Peserta juga diminta menjaga makanan dan merekam asupan kalori termasuk apakah mereka terkena sinar matahari pagi atau tidak. Ternyata, orang-orang yang mendapat lebih banyak cahaya pagi memiliki BMI lebih rendah daripada yang kurang mendapat sinar matahari. Jadi, mengapa orang yang terpapar sinar matahari pagi berhubungan dengan penurunan berat badan? Peneliti menerangkan dua alasan. Pertama, cahaya pagi dapat menyinkronkan jam internal tubuh Anda, yang berarti bahwa Anda mungkin memiliki jadwal tidur alami dan mantap. Jadwal tidur yang stabil membantu metabolisme berjalan lebih efisien dan membantu penurunan berat badan. Alasan kedua, secara a [...]

Yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Bila Ogah Minum Susu

Yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Bila Ogah Minum Susu

Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi susu untuk memenuhi asupan nutrisinya. Namun, ada juga wanita yang enggan melakukannya. Jika sudah seperti ini, apa yang harus dilakukan?Hal pertama yang harus dilakukan adalah memberi informasi lebih lanjut tentang manfaat dari susu kehamilan itu sendiri. Selanjutnya, tanyakan pada calon ibu itu bagaimana kecukupan makannya selama ini."Tanyakan pada wanita itu, bagaimana komposisi makannya per hari? Jika kurang dari ketentuan yang sebenarnya, maka ada baiknya untuk mengonsumsi susu kehamilan," kata Dokter Spesialis Kandungan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Dr. Febriansyah Darus, SpOG(K) menjelaskan 'Kesiapan Nutrisi Serta Dukungan Tepat Sejak Persiapan Kehamilan Penting Untuk Kesehatan Masa Depan' di Rumah Imam Bonjol, Jalan Imam Bonjol No. 66, Menteng, Jakarta, ditulis Selasa (25/2/2014)Selama masa kehamilan, ada beberapa mitos yang berkembang, seperti wanita hamil diharuskan untuk makan dua kali lebih banyak dari biasanya. Padahal, mitos itu salah sama sekali. Benarnya, variasikan makanan yang masuk dengan jumlah yang wajar. "Makanan yang masuk tidak harus dalam jumlah banyak, tapi harus memvariasikan makannya. Sehingga k [...]

4 Bahan yang Bikin Salad Jadi Tak Sehat

4 Bahan yang Bikin Salad Jadi Tak Sehat

Salad umumnya mengandung sayur-sayuran dan buah-buahan. Seharusnya makanan ini sehat tapi bisa menjadi lebih buruk dari cheesecake yang kalorinya supertinggi. Situs GeniusBeauty, Kamis (27/3/2014), melaporkan salad menjadi tidak sehat karena mengandung salah satu dari beberapa bahan ini:1. MayonesMembahas bahaya dari mayones saat ini seperti mengkritik si pirang dengan kebodohan dan kekanak-kanakannya. Tapi, penggunaan mayones tak hanya sebagai saus, tapi juga sebagai pengganti universal untuk setiap makanan. Saus itu berarti beberapa sendok teh di pinggir piring. Apabila Anda menggunakan banyak mayones, kalori yang terkandung di dalamnya meningkat sekitar tiga atau empat kali. Bahkan jika Anda hanya menggunakan kubis dan wortel dalam salad Anda.2. KentangKebiasaan menambahkan kentang rebus atau goreng di salad bisa berpengaruh ke kesehatan Anda. Kentang mengandung indeks glikemik yang tinggi.3. KejuAnda bisa memarut keju, memotongnya menjadi dadu, atau mencairkannya dalam saus salad. Anda bisa melakukan apapun yang Anda inginkan tapi ada sesuatu yang harus Anda tahu. 100 Gram keju mengandung 400 kalori. Padahal, orang sering menambahkan keju dalam jumlah besar.Pilih keju rendah le [...]

5 Makanan Penimbul Bahagia

5 Makanan Penimbul Bahagia

Agar kita merasa bahagia, tak hanya status pikiran yang bisa kita atur, tubuh fisik juga bisa diberi tambahan zat seperti dopamin dalam dosis yang cukup besar. Hormon ini akan meningkatkan mood, serta meningkatkan kesehatan mental, juga rasa bahagia.Dikutip Health Me Up, Senin (19/5/2014), berikut beberapa makanan yang dapat membantu Anda menyuplai dopamin agar Anda bahagia secara alami.BrokoliBrokoli mengandung protein yang penting dalam meningkatkan metabolisme dan merangsang penurunan berat badan. Asam asmino yang merupakan protein, mampu meningkatkan suasana hati Anda.BitMengonsumsi buah bit secara rutin, mampu meningkatkan zat besi dalam tubuh. Dalam hal merangsang rasa bahagia, bit mengandung asam amino, betaine yang merupakan antidepresan dan merangsang produksi dopamin.WortelWortel mengandung vitamin A, C, E, K, kalium, thiamin, niacin, vitamin B6, folat dan mangan. Vitamin dan mineral ini bertanggung jawab untuk memperlambat terjadinya penuaan, serta menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, wortel juga dapat meningkatkan kesehatan gigi dan hari, dan mencegah infeksi.Vitamin E hadir yang ada di dalam wortel mampu mengurangi radikal bebas yang merusak sel-sel o [...]

Ingin Langsing? Perpanjang Durasi Tidur di Akhir Pekan

Ingin Langsing? Perpanjang Durasi Tidur di Akhir Pekan

Memperpanjang durasi tidur di akhir pekan tidak hanya mampu membuat kita merasa jauh lebih rileks. Selain itu, juga dapat menurunkan bobot tubuh kita. Kok bisa?Para peneliti telah menemukan bahwa menambahkan waktu tidur, bahkan hanya 90 menit, dapat mengalahkan rasa lapar dan hasrat untuk mengonsumsi makanan berlemak.Dalam sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari University of Chicago didapatkan hasil bahwa orang dewasa muda yang mengalami kelebihan berat badan, dan beranjak untuk tidur lebih awal atau tinggal di tempat tidur lebih lama, mengalami penurunan nafsu makan sebanyak 14 persen. Dan sebanyak 62 persen tidak berkeingan untuk mengonsumsi camilan asin atau manis.Dengan adanya penemuan ini diharapkan dapat membantu memerangi epidemi obesitas di Inggris. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan, tidur dengan waktu yang terlalu sedikit, menyebabkan masalah berat badan, dan memengaruhi keseimbangan hormon yang membantu untuk menjaga nafsu makan.Sebelum menemukan hasil itu, para peneliti terlebih dulu mempelajari sepuluh orang pria dan wanita yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, serta memiliki usia antara 21 sampai 40 tahun dan memiliki waktu tidur rata-rata e [...]

4 Cara Hindari Lapar Waktu Tengah Malam

4 Cara Hindari Lapar Waktu Tengah Malam

Masalah terbesar yang dihadapi oleh para pelaku diet, yang sedang berjuang dengan berat badannya adalah menahan rasa lapar di tengah malam. Walaupun sudah makan sehat di pagi, siang, dan malam hari, bukan berarti lepas dari rasa lapar yang terjadi di tengah malam tidak akan terjadi.Jika Anda menghadapi masalah in, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengalihkan itu semua, seperti dikutip Health Me Up, Rabu (19/3/2014) Alihkan perhatian AndaAnda juga bisa melakukan cara lain, yaitu dengan menelepon sahabat atau pacar.Tunda makan malamRasa lapar di tengah malam terjadi karena adanya celah panjang di antara waktu makan malam dan tidur Anda. Untuk itu, jika Anda merasa ingin tidur lebih larut, undurlah waktu makan malam yang biasa Anda lakukan. Bila biasanya Anda makan malam pada pukul 18:00 karena tidur di pukul 22:00, maka dapat menggantinya dengan makan pada pukul 19:30 dan tidur di pukul 23:30.Dengan begitu, kesenjangan waktu antara makan malam dan tidur tidak terlalu jauh.Sikat gigiMenyikat gigi setelah makan malam tidak hanya membantu melindungi gigi Anda, tapi juga ampuh menangkal setiap keinginan Anda untuk mengemil. Dengan mulut yang sudah bersih, sayang rasanya [...]

Diet Rendah Lemak Belum Tentu Sehatkan Jantung

Diet Rendah Lemak Belum Tentu Sehatkan Jantung

Seorang pakar kesehatan jantung baru-baru ini membuat pernyataan mengejutkan. Dalam sebuah kesempatan, ia menyatakan bahwa diet rendah lemak belum tentu menyehatkan jantung. Beliau adalah pakar jantung dan kardiovaskular (pembuluh darah) ternama yang juga peneliti jantung di Amerika Serikat, dr James DiNicolantonio. Dalam tulisannya yang diterbitkan di Jurnal Open Heart, ia mengatakan bahwa diet rendah lemak yang saat ini banyak dilakukan demi kesehatan jantung sama sekali tidak berdasar. "Tidak ada bukti yang pasti bahwa diet rendah lemak memiliki efek positif pada kesehatan. Memang, literatur menunjukkan kurangnya efek (baik atau buruk) dari pengurangan asupan lemak," kata dr DiNicolantonio. Sebaliknya, dr DiNicolantonio justru memperingatkan penyebab buruknya kesehatan adalah diet tinggi karbohidrat dan gula. Ia juga menyampaikan, lemak menyebabkan penyakit jantung didasarkan pada studi tahun 1950-an yang menggunakan data dari enam negara. Kurang setuju dengan pendapat dr DiNicolantonio, Profesor bidang nutrisi dari Aberdeen?s Robert Gordon University, Brian Ratcliffe justru mengatakan bahwa diet rendah lemak masih menjadi rekomendasi kesehatan. "DiNicolantonio bahkan tidak [...]

Sedang Menyusui Kok Hamil, Harus Bagaimana?

Sedang Menyusui Kok Hamil, Harus Bagaimana?

Kaum ibu yang memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif kerap tak menyadari dirinya tengah berbadan dua lagi. Mungkin ini disebabkan menstruasi yang berhenti dalam beberapa bulan. Akibatnya, sang ibu kewalahan mengatur kebutuhan gizi untuk buah hati yang telah dilahirkan dan yang ada di dalam kandungannya.Menurut Dokter Spesialis Kandungan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Dr. Febriansyah Darus, SpOG(K), kebutuhan gizi yang harus diterapkan sama saja seperti kehamilan biasanya, tanpa harus ada yang diistimewakan."Kebobolan setelah melahirkan itu memang wajar. Untuk memenuhi kebutuhan gizinya, sama saja seperti yang sebelumnya. Tak perlu ada yang diisitimewakan," kata Febriansyah menjelaskan dalam acara 'Kesiapan Nutrisi Serta Dukungan Tepat Sejak Persiapan Kehamilan Penting Untuk Kesehatan Masa Depan' di Rumah Imam Bonjol, Jalan Imam Bonjol No. 66, Menteng, Jakarta, ditulis Selasa (25/2/2014)Namun, yang harus diperhatikan adalah berat badan ibu yang masih belum turun secara maksimal. Itulah yang harus turut diperhatikan juga. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *