Ibu Hamil di Trimester Tiga Tak Boleh Lakukan 10 Hal Ini

ibu-hamil-140204b.jpg

Selama sembilan bulan wanita menanti kelahiran bayinya. Sepanjang bulan itu kaum ibu sangat memperhatikan apa yang dia makan dan apa yang dikerjakan untuk memastikan bayinya sehat.

Tentu saja, selama sembilan itu kaum ibu diliputi rasa cemas dan khawatir, apalagi jika itu kehamilan pertama. Pada akhir trimester kedua, kebanyakan mereka mengesampingkan semuanya dan sangat siap menggendong bayinya.

Pada trimester terakhir disebut-sebut menjadi waktu yang paling melelahkan dalam kehamilan. Janin sudah bergerak lebih rendah di perut wanita sehingga menyebabkan banyak organ internalnya mengatur ulang untuk mengakomodasi janin.

Ada beberapa hal yang perlu wanita hindari ketika kehamilan memasuki trimester ketiga seperti dikutip Boldsky, Selasa (4/2/2014):

1. Sauna dan mandi uap

Ada banyak wanita yang menikmati sauna dan mandi uap. Tapi, ini adalah salah satu yang harus wanita hindari di trimester ketiga kehamilannya karena menyebabkan suhu tubuh internal berubah.

2. Bercinta

Jika Anda mengalami kehamilan yang normal dan tak berisiko persalinan prematur, Anda bisa menikmati sesi intim dengan suami Anda sampai melahirkan. Tapi, jika berisiko atau Anda meras alelah, berhubungan intim tak boleh dilakukan di trimester ketiga kehamilan.

3. Angkat beban berat

Mengangkat beban berat yang bisa menyebabkan ketegangan di punggung bawah tak boleh dilakukan pada trimester ketiga.

Terutama ibu yang hamil kedua dengan balita harus berhati-hati ketika menggendong anaknya dan lebih baik menyerahkan tugas tersebut ke orang lain.

4. Olahraga

Olahraga seperti bola, basket tak boleh dilakukan saat masuk ke trimester ketiga. Olahraga ini bisa menyebabkan cedera perut dan pertumbuhan janin.

5. Makanan berat

Makanan berat merupakan hal yang harus dihindari selama trimester ketiga karena pada masa ini bayi sangat rendah di perut dan pencernaan menjadi sulit. Saat ini Anda direkomendasikan makanan ringan secara berkala.

6. High heels

Wanita memang terlihat seksi dan menarik dengan sepatu hak tinggi. Tapi ini adalah sesuatu yang harus dihindari selama trimester ketiga karena bisa menyebabkan nyeri punggung. Pada masa ini, sepatu bertumit datar lebih disukai.

7. Olahraga petualangan

Ski air, scuba diving, surfing, dan olahraga petualangan lainnya juga tak boleh dilakukan saat trimester ketiga. Olahraga tersebut bisa menimbulkan dampak negatif yang besar untuk kehamilan Anda.

8. Naik pesawat

Naik pesawat yang membawa Anda di ketinggian tak boleh dilakukan di trimester ketiga. Di dataran tinggi, oksigen langka dan bernapas menjadi sulit. Ini bisa menyebabkan janin jadi sesak napas.

9. Olahraga berat

Wanita hamil disarankan olahraga teratur selama kehamilan. Tapi, berolahraga berat bisa menyebabkan kelelahan.

10. Pekerjaan rumah tangga yang berat

Selama trimester ketiga, wajar jika wanita mengalami lelah sepanjang waktu. Lakukan semua pekerjaan rumah tangga sendiri merupakan hal yang harus dihindari selama trimester ketiga. Anda tak perlu ragu meminta bantuan orang lain.

(Mel/Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Satu Lagi Penyebab Anda Mudah Gagal dalam Berdiet

Satu Lagi Penyebab Anda Mudah Gagal dalam Berdiet

Banyak cara bisa jadi Anda tempuh agar badan makin langsing. Namun tidak juga berhasil. Kalau sudah demikian halnya, cobalah curigai hormon Anda.Menurut asisten profesor kedokteran di Emory University School of Medicine, Christiane Northrup, MD seperti dikutip WebMD mengungkapkan, kegemukan bisa terjadi akibat ketidakseimbangan hormon. Misalnya estrogen tinggi, testosteron rendah, DHEA (hormon dari kelenjar adrenal) rendah, insulin tinggi dan kortisol yang tinggi. "Sebuah tanda utama dari ketidakseimbangan hormon adalah ketidakmampuan untuk menurunkan berat badan tidak peduli seberapa keras Anda diet atau berolahraga. Wanita sangat dipengaruhi oleh fluktuasi hormon, dan kadang-kadang sampai ke titik benar-benar kewalahan. Maka itu penting dalam mengubah gaya hidup sehat dan mencegah stres," ungkapnya. Sementara itu, hormon, seperti ditulis laman Lifehack, Senin (30/6/2014) merupakan bahan kimia yang dikeluarkan oleh kelenjar yang berjalan melalui sistem peredaran darah. Bentuknya yang halus dan bisa rusak jika tidak ditangani dengan hati-hati dapat menciptakan sejumlah masalah kesehatan. Dan pemicunya bisa dari stres, kebiasaan makan yang tidak sehat, obat-obatan dan kehamilan. [...]

Cara Turunkan Berat Badan dalam Seminggu

Cara Turunkan Berat Badan dalam Seminggu

Memiliki berat badan ideal merupakan impian banyak orang. Tidak sedikit yang memilih untuk menghindari makanan tertentu dan ada juga yang berolahraga mati-matian. Namun terkadang usaha tersebut tidak mencapai target yang diinginkan. Ingin berat badan turun dalam satu minggu? Coba cara yang satu ini seperti dikutip Boldsky, Jumat (11/4/2014) :Hari PertamaAwali hari dengan buah-buahan yang mengandung banyak air. Jangan biarkan tubuh merasakan dehidrasi. Selain buah, konsumsi air secukupnya.Hari KeduaLakukan diet sayuran secara ketat, konsumsi sayuran (salad) berbagai jenis dan warna sayur. Hindari makanan yang mengandung minyak, konsumsi air secukupnya. Tambahkan kentang sebagai pengganti nasi, imbangi dengan minum air kurang lebih delapan gelas.Hari KetigaCampurkan menu sayuran dan buah konsumsi tiga kali dalam satu hari. Hari ketiga ini sebaiknya menghindari kentang atau pisang sama sekali. Sekali lagi cukupkan minum air kurang lebih delapan gelas.Hari KeempatDi hari ini, Anda hanya boleh mengonsumsi pisang dan susu. Kreatif Anda di hari ini diuji, konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung pisang dan susu namun hindari minyak.Hari KelimaHari ini Anda diperbolehkan mengonsumsi [...]

5 Cara Atur Nafsu Makan

5 Cara Atur Nafsu Makan

Tak sedikit orang yang nafsu makannya tak terbendung. Saat melihat nasi goreng langsung ingin makan padahal baru saja makan mi ayam. Sebenarnya ingin mengontrol nafsu makan, namun kenapa sulit ya? Agar nafsu makan normal, kebiasaan sehat berikut bisa membantu Anda mendapatkan berat badan ideal seperti dikutip laman Fox News, Rabu (16/7/2014) 1. Bayangkan olahraga seperti bermainUsai olahraga, nafsu makan pasti tak terbendung rasanya ingin makan apa saja. Sebuah studi yang dilakukan oleh Cornell University meminta dua kelompok untuk berjalan kaki. Kelompok yang diberi tahu bahwa mereka sudah berjalan kaki sejauh dua kilometer makan 35% lebih banyak puding cokelat dan 124% permen cokelat dibandingkan kelompok pertama yang hanya diberi tahu mereka berjalan-jalan. 2. Tidur cukupKurang tidur memicu tubuh memberikan rasa lapar di otak serta meningkatkan keinginan untuk makan junk food. Studi lain dari University of Texas Southwestern Medical Center menemukan bukti bahwa kurang tidur memicu makan berlebihan dan meningkatkan berat badan.Kurang tidur juga dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan lain termasuk melemahnya sistem kekebalan tubuhm meningkatkan risiko diabetes tipe 2 [...]

Lezatnya Kepompong dan Ulat Pohon Mahoni Melebihi Daging Ayam

Lezatnya Kepompong dan Ulat Pohon Mahoni Melebihi Daging Ayam

Bagi sebagian orang, enthung, ungker (Jawa) atau kepompong ulat mungkin terlihat menjijikkan. Namun, rupanya kepompong yang bisa kita dapati di beberapa pohon seperti jati, mahoni, randu, atau kelapa berasa lezat dan gurih bila kita jadikan lauk. Di beberapa daerah dan desa, bahan makanan ini bisa menjadi sumber protein alternatif selain ayam, daging sapi, dan ikan. Setidaknya itu yang ditemukan dan diteliti oleh para mahasiswa dan peneliti dari Universitas Negeri Yogyakarta. Sayangnya, tidak setiap musim bahan makanan yang dibilang ekstrem ini tidak selalu tersedia alias ada. Bahan makanan ini bisa jadi alternatif untuk diet Anda karena tinggi protein dan rendah kalori. Penelitian dengan sampel 20 biji kepompong ulat Cricula trifenestrata ( 10 biji basah dan 10 biji kering ) yang diambil dari pohon avokad yang ada Di desa Binangun, Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Dari penelitian ini didapatkan hasil kadar protein kepompong ulat Cricula trifenestrata pada berat basah 19,59 persen, berat kering 58,346 persen sedangkan kadar lemak pada kepompong ulat Cricula trifenestrata pada berat basah 0,1362 persen, berat kering 0,7 [...]

Gemuk Saat Hamil Bisa Berlanjut Lho!

Gemuk Saat Hamil Bisa Berlanjut Lho!

Wanita yang saat hamil memiliki berat badan berlebih bisa keterusan lho. Kebanyakan calon ibu berpikir mengonsumsi makanan harus dengan jumlah lebih dari biasanya atau dua porsi, satu untuk ibu dan satu lagi untuk sang buah hati. Pemikiran tersebut yang menurut peneliti dari Penn State College of Medicine sering sekali menjadi penyebab calon ibu menderita obesitas. Para peneliti tersebut memperingatkan selama kehamilan sebaiknya juga menjaga berat badan. "Masalah berat badan itu berdampak pada jangka panjang, bisa keterusan atau berlanjut menderita obesitas dan ada risiko kelahiran prematur. Untuk itu sebaiknya rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan dan ahli gizi," kata Pemimpin Studi, Profesor Kedokterdan dan Ilmu Kesehatan masyarakat di Penn State College of Medicine, Cynthia Chuang, dikutip Health, Senin (3/3/2014). Para peneliti melibatkan 29 wanita yang telah melahirkan dengan berat badan yang berlebih. Semuanya diberi pertanyaan seputar kebiasaan mereka setelah melahirkan mulai dari morning sickness, olahraga dan pola makan. Setengah dari peserta penelitian tersebut memiliki pemikiran yang sama yaitu mengonsumsi makanan dengan jumlah lebih banyak. "Secara keseluruha [...]

Diet Dash Cegah Tekanan Darah Melonjak

Diet Dash Cegah Tekanan Darah Melonjak

Tidak memiliki gejala yang berakibat pada kematian membuat penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi begitu menakutkan. Beragam cara pun dijalani, agar kita terhindar dari kondisi ini. Salah satunya dengan diet dash.Spesialis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Rumah Sakit Mayapada Jakarta, dr. Ika K Dhanudiroto, SpPJ menjelaskan, diet dash memang dianjurkan untuk dilakukan terlebih bagi para penderita hipertensi. Dengan diet ini, pasien akan mampu menurunkan tekanan darah menjadi normal, dan jauh dari risiko akan mengalaminya."Diet ini tidak hanya fokus pada satu elemen saja, tapi semuanya diperhatikan. Mulai dari karbohidrat, vitamin, sampai mineral," kata Ika menjelaskan dalam seminar bertajuk `Jakarta Cardiovascular Summit 2014`, The Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Sabtu (17/5/2014)Pelaku diet dash, lanjut Ika, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan buah-buahan, sayuran, rendah lemak, dengan biji-bijian. Bahkan, pelaku diharus untuk mengonsumsi 4 sampai 5 porsi buah dan sayur setiap harinya.Dengan begitu, jumlah serat dalam tubuh akan sangat besar, dan lemak yang masuk ke dalam tubuh pun akan rendah. "Untuk memenuhinya, karbohidratnya lebih fokus pada gandum, [...]

Karbohidrat Bikin Panjang Umur?

Karbohidrat Bikin Panjang Umur?

Sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Sidney, Australia menyebutkan bahwa mengonsumsi karbohidrat tinggi dan rendah protein bisa memperpanjang usia. Dilansir dari laman News, Senin (10/3/2014), karbohidrat yang diketahui dapat mempercepat proses penggemukan ternyata bisa memperlama usia lima puluh persen lebih panjang. Meski penelitian ini baru diujicobakan pada tikus, tapi penulis studi, Profesor David Le Couteur mengatakan bahwa umur tikus yang kelebihan berat badan kemudian diberi makanan berkarbohidrat tinggi dan rendah protein hidupnya cenderung lebih lama dibanding yang melakukan diet rendah karbohidrat dan lemak. "Hasil penelitian kami menunjukkan diet vegetarian lebih baik walaupun penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cell Metabolism, menunjukkan bahwa umur dapat diperpanjang dengan memanipulasi makronutrient (karbohidrat, lemak, protein) dalam makanan," kata Profesor Le Couteur. Yang menarik, ketika Le Couteur ditanya apakah manusia lebih memilih langsing atau hidup lebih lama, Ia menjawab bahwa tujuan evolusi adalah tumbuh dan berkembang biak, bukan untuk hidup lebih lama. "Diet protein tinggi mungkin lebih berguna untuk pertumbuhan dan reproduksi. Stu [...]

Makan Pisang Mentah Jika Ingin Langsing

Makan Pisang Mentah Jika Ingin Langsing

Penelitian yang dilakukan profesor emeritus biokimia di Liverpool John Moores University, Rodney Bilton cukup mengejutkan. Beliau menghabiskan 15 tahun untuk mencari tahu apa saja makanan apa yang tepat untuk menjadi langsing dan sehat. Dan salah satunya ternyata pisang mentah.Mengutip laman Dailymail, Kamis (17/7/2014), pisang mentah yang berwana kehijauan disebut Prof Rodney memiliki kandungan serat yang tinggi dan resisten pati (Resistant Starch) yang lolos dari proses pencernaan di usus halus dan masuk ke usus besar. "Serat pada pisang mentah ini tidak diserap oleh usus kecil melainkan diserap lambat oleh tubuh bersama bakteri di usus besar untuk memberikan energi yang lama," kata Rodney.Resisten pati,kata Rodney merupakan jenis karbohidrat tidak seperti karbohidrat lainnya. Karena tidak menyebabkan gula darah meningkat jadi aman bagi penderita diabetes dan tidak mudah lapar.Selain itu, katanya, pisang mentah juga memiliki keuntungan pelangsing lain seperti merangsang pelepasan hormon, glukagon, yang membuat pembakaran lemak."Resisten pati merupakan komponen penting dalam mengelola berat badan dan gula darah, serta membantu bakteri sehat tumbuh di usus besar. Nilai tambahnya, [...]

4 Alasan Lemon Tea Mampu Turunkan Berat Badan

4 Alasan Lemon Tea Mampu Turunkan Berat Badan

Lemon tea merupakan minuman rendah kalori yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Selain itu, phytochemical yang terkandung di dalam lemon tea pun dapat membantu Anda terhindari dari penyakit jantung, diabetes, kanker, dan osteoporosis. Berikut sejumlah alasan lemon tea dapat membantu Anda menurunkan berat badan, seperti dikutip Health Me Up, Selasa (21/10/2014) 1. Kandungan vitamin CVitamin C yang terkandung di dalam lemon tea berkhasiat menghambat kortisol dalam tubuh. Bila kortisol dihambat, maka keinginan Anda untuk mengemil tidak akan terjadi, karena Anda tidak mengalami stres. Bagaimana juga, stres adalah kunci utama yang membuat nafsu makan Anda membuncah. 2. DetoksKandungan asam sitrat membantu proses pencernaan lebih baik, dan mendetoksifikasi ginjal dan hati. Asam sitrat juga dapat menetralkan keasaman dalam saluran pencernaan. Bila pencernaan dalam keadaan baik, maka Anda terhindar dari perut kembung dan sembelit. 3. Singkirkan lemakKombinasi lemon dan teh hijau berefek pada tubuh yang mampu menyerap cahetins tiga kali lebih cepat ke dalam aliran darah. Cachetins mampu menghilangkan lemak dalam perut. 4. Minim asupan kaloriTanpa ditamba [...]

Diet Panjang Umur, Ada 20 Langkah

Diet Panjang Umur, Ada 20 Langkah

Diet Panjang Umur Dalam bukunya berjudul The Real Age Diet: Make Yourself Younger with What You Eat, gerontologis dari University of Chicago, Dr. Michael F. Roizen, menyebutkan bila Anda ingin awet muda, ikuti beberapa petunjuk ini: 1. Menyantap setidaknya empat porsi buah sehari. Beraneka vitamin dan mineral, juga serat ada dalam buah-buahan. 2. Gunakan makanan pengganti. Sedikitnya ada tiga makanan pengganti untuk bahan makanan yang Anda asup setiap hari. Misalnya, bila hari ini Anda menggunakan margarin, gantilah dengan minyak zaitun. Begitu seterusnya. 3. Konsumsilah ikan sedikitnya tiga kali seminggu. Sebagian besar ikan mengandung omega 3. Bahan ini sangat bagus untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kemampuan otak. Omega 3 membantu menstabilkan jantung, mencegah kanker usus, menjaga kesehatan payudara, serta meningkatkan sistem imun. Ikan tuna, salmon, trout, makarel, sarden, adalah yang disarankan. Konsumsi ikan 13 ons per minggu bisa membuat umur 1,6 sampai 3,4 tahun lebih muda. 4. Makan teratur setiap hari. Jangan anggap dengan tidak makan misalnya di pagi hari, Anda terus sehat. Tubuh justru akan minta lebih banyak di malam hari. Lantas gemuklah [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *