Ibu Hamil Makan Pisang, Ini yang Akan Terjadi

pisang.jpg

Kakek nenek biasanya memberikan tips yang membingungkan ketika Anda menghadapi sesuatu. Contohnya saja, ketika cegukan, Anda diminta makan sesendok gula karena akan menyembuhkannya. Anda mungkin beranggapan itu hanya mitos dan omong kosong.

Biasanya tips-tips itu mitos tapi tak selalu. Ada beberapa yang bisa dijelaskan dengan ilmu pengetahuan. Berikut beberapa tips aneh dari kakek nenek namun bisa dijelaskan dengan ilmu pengetahuan seperti dilansir Cracked, Jumat (30/5/2014):

1. Mulas saat hamil bayi Anda berambut

Mitos:

Dongeng lama yang biasa terdengar adalah apabila ibu mengalami mulas selama kehamilan, ia akan melahirkan anak yang berbulu. Rasa sakit di perut itu karena anak mencoba mencakar mencoba jalan keluar.

Ilmu pengetahuan:

Sebuah kelompok di Johns Hopkins University melakukan penelitian untuk membuktikannya. Tapi, dalam penelitian tanpa sengaja mereka menemukan kebenaran.

Studi yang diikuti 64 wanita hamil, sebanyak 78 persen melaporkan mengalami mulas selama kehamilan. Ketika ibu ini melahirkan, menurut saksi anak mereka berambut.

Dari penelitian itu, 28 ibu yang dilaporkan mengalami sakit perut parah, 23 bayi berambut. Di sisi lain, 12 ibu yang tak mulas dan 10 di antaranya memiliki anak yang sedikit rambut atau tanpa rambut. Yang perlu dicatat, rambut di tubuh bukan disebabkan sakit perut.

2. Makan pisang lahirkan bayi laki-laki

Mitos:

Apabila Anda sedang hamil, ibu Anda memberikan banyak nasihat agar bayi Anda sehat. Lantas bagaimana Anda mengetahui bayi itu lelaki atau perempuan? Apabila Anda mencoba memiliki anak lelaki, Anda harus menambahkan lebih banyak pisang di dalam diet Anda.

Ilmu pengetahuan:

Para sarjana di Oxford University bekerja sama dengan Exeter untuk menyelesaikan perdebatan tersebut dan menyimpulkan bahwa pisang memang membuat anak laki-laki.

Pada penelitian terhadap 740 perempuan hamil, mereka menemukan wanita yang mengonsumsi lebih banyak kalori dalam pembuahan dan khususnya lebih banyak makan pisang cenderung memiliki anak laki-laki.

Mereka juga menemukan, melewatkan sarapan memberikan kemungkinan yang lebih besar memiliki bayi perempuan.

Para peneliti meyakini ini ada hubungannya dengan tingginya kalium di pisang. Namun, yang perlu diingat diet tinggi pisang hanya meningkatkan angka kelahiran bayi laki-laki sebesar 55 persen.

3. Jika punya masalah, tidur akan membantu

Mitos:

Setiap kali Anda panik dengan keputusan hidup yang lebih besar, salah satu nasihat dari teman adalah Anda harus tidur dulu. Ini seolah-olah jawaban akan datang dalam mimpi. Tapi, dari nasihat itu terlihat tidur memberikan waktu untuk berpikir bebas.

Ilmu pengetahuan:

Para peneliti di Lancaster University mengetes dengan memberikan masalah kepada tiga kelompok. Satu kelompok diizinkan tidur dengan masalah, yang lain dibuat terbangun dan memikirkan masalah. Dan kelompok ketiga dipaksa memecahkan masalah sesegera mungkin.

Peneliti kemudian menemukan bahwa mereka yang tidur dan memiliki masalah yang paling sulit jauh lebih baik setelahnya dibandingkan kelompok lainnya.

Peneliti menduga responden yang tak diizinkan berpikir terlalu sibuk menangis dan berusaha.

Menurut peneliti, tidur memungkinkan Anda mengakses informasi ke masalah awal. “Dengan kata lain, ketika Anda terbangun dan fokus, Anda mendedikasikan untuk mengamatinya dibandingkan yang tak memiliki kesempatan untuk melihat.”

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Imlek ala Orang Korea yang Bernama Seollal

Imlek ala Orang Korea yang Bernama Seollal

Tidak hanya masyarakat keturunan Tionghoa atau yang berada di Asia merasakan sukacitaImlek pada hari ini, Jumat (31/1/2014). Masyarakat Korea pun merayakan hal sama. Hari ini merupakan tahun baru juga untuk mereka.Tahun baru Korea lebih dikenal dengan Seollal yaitu salah satu hari libur kalender tradisional Korea yang sama pentingnya dengan hari Chueseok.Dikutip dari Beyondhallyu, Jumat (31/1/2014) meskipun asal-usulnya tidak jelas, banyak yang mengatakan ritual ini dikenal sejak abad keenam selama periode tiga kerajaan Korea kuno ketika kalender lunar pertama kali diadopsi.Sebelum dan sesudah Seollal, pemerintah Korea menetapkan sebagai hari libur bersama. Makna tahun baru Korea sama dengan China yaitu berkumpul bersama keluarga dan melakukan ritual leluhur. Di pagi hari pertama Seollal, masyarakat Korea bersiap dan berdandan menggunakan Seolbim atau baju baru yang memang disiapkan untuk tahun baru.Beberapa orang pun akan menggunakan hanbok yaitu pakaian tradisional Korea. Setelah keluarga berkumpul lalu mulai melakukan ritual leluhur. Penghormatan kepada nenek moyang dan memberikan beberapa sajian menjadi ritual awal.Menurut kepercayaan Korea, roh para leluhur akan kembali untuk [...]

Rokok Istana yang Khusus Beredar di Istana Presiden Menuai Kritik

Rokok Istana yang Khusus Beredar di Istana Presiden Menuai Kritik

Pernah melihat rokok eksklusif yang didesain khusus untuk istana presiden? Meski bukan barang baru di pemerintah, rokok khusus ini memiliki logo burung Garuda Indonesia dan bertuliskan Istana Presiden. Menanggapi rokok tersebut, Sosiolog dari Universitas Indonesia, Imam Prasodjo mengaku kecewa dan mengecap hal tersebut sebagai pembiaran dan pengkhianatan kaum intelektual. Sebab undang-undang Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan jelas menuliskan bahwa rokok mengandung zat adiktif."Sejumlah jurnal jelas menulis bahwa asap rokok mengandung 4000 bahan kimia, 69 diantaranya menyebabkan kanker paru, penyakit jantung dan penyakit pernapasan. Jadi bagaimana bisa istana memiliki rokok khusus kalau bukan namanya pembiaran. Ini merusak generasi penerus," tegasnya. Selain menyasar pejabat istana, Imam juga pernah mengkritik rokok partai dan rokok Kostrad yang sempat heboh beberapa tahun silam. Menurutnya, hal tersebut tidak pantas dilakukan sebab rokok bukan hanya merugikan perokok tapi orang lain yang menghisap asapnya. Berikut penampakan rokok-rokok khusus istana yang berhasil didokumentasikan Imam: 1. Rokok Mild-Sampoerna 2. Rokok Surya Filter 3. Rokok Djarum 4. Rokok Dj [...]

Tanda Perkawinan yang Membahagiakan

Tanda Perkawinan yang Membahagiakan

PeduliSehat.info, Minnesota Istri yang bahagia dengan pernikahannya bisa dilihat dari tidurnya. Sebuah penelitian menemukan, pasangan suami istri (pasutri) cenderung tidur nyenyak apabila mereka puas dengan kehidupan pernikahan yang dijalani"Bagi kebanyakan orang dewasa, tidur merupakan perilaku pasangan di ranjang," kata Heather Gunn dari University of Pittsburgh.Menurutnya, bagaimana pasangan tidur itu dipengaruhi dan memengaruhi sebuah hubungan.Pada penelitian ini, sebanyak 46 pasangan yang menikah diminta menilai tentang hubungannya dan memberikan data kebiasaan tidur selama 10 hari. Penelitian ini dipresentasikan dalam pertemuan tahunan Associated Professional Sleep Societies di Minneapolis seperti dilansir Today, Senin (9/6/2014).Salah satu alasan Anda bisa nyenyak di malam hari karena sampah di otak secara efektif dibersihkan. Tapi, menurut Centers for Disease Control and Prevention 50 sampai 70 juta orang dewasa Amerika Serikat mengalami masalah tidur. Apabila pernikahan bahagia dan masih belum mengerti mengapa Anda sulitr tidur, mungkin ada alasan lain. [...]

Cukai Rokok Indonesia Masih Jauh dari Standar Global

Cukai Rokok Indonesia Masih Jauh dari Standar Global

Cukai rokok di Indonesia terbilang masih rendah dan jauh dari standar. Itu semua berkaca dari Undang-undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan dan Peraturan Pemerintah nomor 109 tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau bagi kesehatan. "Berdasarkan undang-undang Nomor 39 tahun 2007 tentang Cukai, batas maksimum cukai rokok 57 persen dari harga jual eceran rokok. Sedangkan di tingkat global, standar cukai rokok 65 persen," kata Menteri Kesehatan RI Nafsiah Mboi saat ditemui dalam puncak acara `Hari Tanpa Tembakau Sedunia` di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (2/6/2014).Menkes menerangkan, salah satu roadmap Kementerian Industri 2015 yakni meningkatkan anggaran negara melalui cukai rokok. Tapi saat ini pemerintah baru menerima 46 persen cukai rokok dari harga eceran rokok. "Jauh dari batas maksimum UU cukai yang seharusnya 57 persen dari harga jual eceran rokok dan standar cukai rokok dunia," jelasnya.Dengan peningkatan cukai rokok, lanjut Menkes, tingkat konsumsi rokok akan menurun sehingga berdampak pada penurunan prevalensi perokok dan menurunnya kejadian penyakit tidak menular seperti jantung dan kanker.Di sisi lain, per [...]

Menkes Diminta Perhatikan Nasib ODHA

Menkes Diminta Perhatikan Nasib ODHA

Menteri Kesehatan (Menkes) yang baru ditunjuk Presiden Joko Widodo, Prof Nila Moeloek diminta memperhatikan nasib para Orang Dengan HIV/Aids (Odha), terutama peningkatan pelayanan kesehatan secara memadai. Salah satu ODHA di Kota Manado, Hermin, Jumat, meminta pelayanan dasar kesehatan seperti pengobatan ARV secara memadai, pemberian nutrisi serta pemberian pelatihan harus diutamakan. Hal lain yang penting adalah menghapus stigma bahwa ODHA selalu "terpinggirkan" secara sosial di tengah masyarakat. "Kami tahu Menkes yang baru punya program-program penting tentang ODHA, sehingga diharapkan semuanya berjalan dengan baik," katanya. Senada disampaikan Pengelola Program Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Provinsi Sulawesi Utara, Jone Oroh, bahwa pelayanan kesehatan menjadi hal penting harus diperhatikan pemerintah bagi para Odha. Menkes yang baru, Nila Moeloek diminta untuk meneruskan program-program penting lainnya dari Menkes lama Nafsiah Mboi, yakni memonitoring pelaksanaan kegiatan di daerah, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan para Odha dan cara pencegahan bagi orang lainnya. "Hal penting lainnya, dapat menyinergikan kegiatan-kegiatan penting bersama dengan KPA baik di tingkat [...]

5 Makanan yang Membahayakan bagi Kucing

5 Makanan yang Membahayakan bagi Kucing

Makanan untuk hewan peliharaan seperti kucing sebaiknya diperhatikan dengan baik agar tidak berdampak buruk untuk kesehatan mereka. Ada beberapa makanan yang perlu dihindari karena bisa berisiko mematikan untuk kucing, dikutip Womanitely, Jumat (21/3/2014):1. TulangMakanan yang satu ini kerap diberikan pemilik kucing, padahal tulang dianggap paling berbahaya untuk kesehatan kucing. Walaupun tidak beracun, tulang dapat menyebabkan luka pada usus kucing. Selain itu risiko tersedak kemungkinan ada sehingga membuat pernapasan kucing bermasalah. Selain itu masalah pencernaan juga bisa terjadi, risiko diare dan muntah terjadi bila tulang melukai usus kucing.2. SusuMinuman ini tidak asing untuk kucing, namun sebaiknya perlu dihindari untuk mencegah gangguan pencernaan. Kucing tidak toleran terhadap laktosa ketika mereka tumbuh dewasa. Ketidakmampuan memecah laktosa dari produk susu membuat kucing mudah menderita diare. Diare dapat menyebabkan kucing dehidrasi atau kekurangan cairan. Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya menghidari krim atau susu yang mengandung laktosa.3. KismisCamilan manis ini memang lezat bila dicampurkan dalam kue. Namun untuk kucing, kismis merupakan racun yang berba [...]

Keluhan JKN di Jakarta Sudah Mulai Berkurang?

Keluhan JKN di Jakarta Sudah Mulai Berkurang?

Memasuki bulan kedua penerapan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Dinas Kesehatan DKI Jakarta menilai keluhan masyarakat terhadap sistem jaminan kesehatan terbaru ini mulai berkurang.Meski begitu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dien Emmawati saat diwawancarai Liputan6.com, Jumat (21/2/2014) tidak menampik kalau sebagian besar rumah sakit di Jakarta masih mengalami masalah salah satunya kekurangan tempat tidur."Ini kan transisi, ada beberapa hal yang kadang-kadang bilang kalau rumah sakit bikin nyusahin. Nyatanya ngak seperti itu. Yang layanan primer, sudah dilakukan beberapa perbaikan. Misalnya, dulu masalah rontgen, ECG (electrocardiogram), USG (ultrasonografi) nggak dapat, sekarang sudah kita lakukan. Kemudian layanan lanjutan juga keluhannya nggak sebanyak dulu," kata Dien.Sedangkan untuk masalah keluhan rumah sakit seperti adanya penolakan, menurut Dien di beberapa rumah sakit memang masih kekurangan tempat tidur. Tapi ia mengatakan hal ini juga karena pasien tidak mau dipindah atau dirujuk ke rumah sakit lain."Rumah sakit penuh, tempat tidur kurang, iya, kita akui. Baru ada 1.204 tempat tidur. Tapi sebentar lagi kita punya RS Pasar Minggu dengan 400 tempat tidur, [...]

Dua Cara Dapatkan Perut Rata Ketika Usia Tua

Dua Cara Dapatkan Perut Rata Ketika Usia Tua

Untuk mendapatkan perut rata, berat badan ideal, sehat, dan ukuran pinggang yang normal di usia tua, sangat dianjurkan untuk menggabungkan olahraga angkat beban dan aerobik selama melakukan aktivitas fisik.Para pakar di bidang olahraga mengatakan bahwa latihan beban jauh lebih efektif untuk menjaga perut senantiasa rata, ketimbang hanya melakukan aerobik (berjalan atau bersepeda) ketika berusia tua.Frank Hu, Peneliti dari Harvard School of Public Health, mengatakan, "Kami ingin menggarisbawahi bahwa melakukan latihan beban dapat mengurangi obesitas di perut, terutama di kalangan orang tua." Pria yang rutin melakukan latihan beban selama 20 menit, lanjut Frank, kemungkinan untuk mengalami peningkatan lemak perut karena usia sangatlah kecil. "Bila dibandingkan dengan pria yang menghabiskan waktu yang sama untuk latihan aerobik," kata dia menjelaskan seperti dikutip Daily Mail, Rabu (24/12/2014)Tapi, dari penelitian yang mereka lakukan selama beberapa tahun diketahui kalau menggabungkan latihan beban dengan aerobik akan menghasilkan sesuatu yang optimal. [...]

Petugas Kebersihan Tak Miliki `Sense of Children`

Petugas Kebersihan Tak Miliki `Sense of Children`

Pelecehan yang dialami bocah AK (6), murid taman kanak-kanak di Jakarta International School (JIS) menjadi pembelajaran bagi sekolah lain untuk membedakan antara petugas kebersihan dan suster dari para murid."Sekolah harus bisa bedakan petugas cleaning service dan nurse. Petugas cleaning service, tidak memiliki sense of the belonging dan sense of the children. Inilah yang harus digarisbawahi," kata Sekretaris Komisi Perlidungan Anak Indonesia (KPAI) kepada Health Liputan6.com di JIS, Kawasan Pondok Indah, Jakarta, Kamis (17/4/2014)Bila ada sekolah yang ingin mengajarkan para murid, khususnya usia kanak-kanak, untuk lebih mandiri pergi ke toilet, usahakan tidak memberi wewenang ke petugas kebersihan untuk menolong anak itu.Bagaimana pun, perlakuan yang akan didapat oleh anak itu, berbeda ketika itu diberikan oleh susternya sendiri.Seperti diberitakan sebelumnya, seorang bocah Indo Belanda menjadi korban tindak asusila yang dilakukan oleh petugas kebersihan dari sekolah elit itu. Saat kejadian, bocah AK dilepas seorang diri ke toilet, tanpa ditemani satu orang pun. [...]

Wine, ‘Resep Obat’ Pasien di Prancis

Wine, ‘Resep Obat’ Pasien di Prancis

Salah satu rumah sakit di Prancis bagian tengah, akan menawarkan wine atau anggur merah kepada pasien yang sakit parah ditemani satu orang yang dicintai untuk membantu mereka lebih rileks dan bebas berbicara. Tentu saja, pemberian wine akan diawasi secara medis. "Setelah menjalani pengobatan yang berat selama berbulan-bulan atau berminggu-minggu dan karena hidup begitu berharga, kami memutuskan untuk membuat keadaan baik-baik saja," tutur Dr Virginie Guastella menjelaskan alasan pemberian wine kepada pasien yang sudah mendekati ajal seperti dilansir NY Daily News, Kamis (7/8/2014). Untuk diketahui, minum wine adalah budaya masyarakat Prancis. "Pemberian vin atau wine Prancis diharapkan bisa jadi upaya untuk mengembalikan rasa rindu, keinginan dan kesenangan," tambah dr Guastella. Selain vin, champagne dan wiski juga akan jadi menu 'obat' rumah sakit. Untuk diketahui, minum wine adalah budaya masyarakat Prancis. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *