Ichthyosis Lamellar: Bersisik Seperti Ikan, Mengelupas Mirip Ular

044735400_1411978200-a1.jpg

Ichthyosis lamellar adalah penyakit yang membuat manusia bersisik seperti ikan dan mengelupas seperti ular. Penyakit ini merupakan sebuah warisan yang diturunkan oleh keluarga penderita. Sampai saat ini belum ada cara bagaimana memutus warisan tersebut.

Ichthyosis Lamellar merupakan penyakit kulit langka yang bisa dibilang `penyakit abadi`. Karena, sampai saat ini juga belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut.

Berikut penjelasan tentang penyakit Ichthyosis lamellar seperti dilansir dari Mayo Clinic dan emedicine, seperti ditulis Selasa (30/9/2014):

Deskripsi

Ichthyosis Lamellar adalah salah satu penyakit kulit yang sangat langka. Penyakit ini merupakan kelainan di mana seorang bayi lahir ditutupi dengan membran yang transparan untuk memperlihatkan bercak-bercak kulit bersisik merah dengan berbagai ukuran di sebagian tubuh atau bahkan sekujur tubuh sang bayi.

Penyakit ini adalah kelompok penyakit heterogen genetik akibat kelainan proses protein di jaringan kulit tanduk (keratinisasi) pada kulit resesif autosomal.

Kelainan kulit ini juga biasa dikenal dengan red man syndrome, yang membuat sebagian atau sekujur kulit tubuhnya bersisik, mengelupas dan merah. Penderita Ichthyosis Lamellar ini bisa mengalami pergantian kulit yang ekstrem setiap 41 jam atau dua hari sekali.

Gejala umum pada penderita Ichthyosis Lamellar antara lain:

– Kulit merah dan tipis

– Alis jarang

– Pertumbuhan kuku berlebihan

– Kulit sangat kering disertai rasa gatal yang tak tertahankan dan bersisik seperti ikan yang dikarenakan kulit sangat kering

– Kulit dapat mengelupas seperti ular.

Gejala penyakit ini hadir dari saat kelahiran dan akan berlangsung sepanjang hidup.

Penyebab

Ichthyosis Lamellar ini merupakan penyakit yang berasal secara genetik, yaitu dari gangguan gen resesif autosomal yang berarti gen cacat terletak pada autosom. Dikarenakan penyakit ini merupakan `warisan keluarga`. Ichthyosis Lamellar umumnya timbul sejak lahir dan akan menetap hingga dewasa.

Penyakit ini dikaitkan dengan kekurangan enzim transglutaminase keratinosit. Selain itu Ichthyosis Lamellar juga diakibatkan oleh mutasi transglutaminase-1 (TGM1) pada kromoson 14q11serta genABCA12 , dan CYP4F22. TGM1 ini berperan dalam produksi suatu protein yang dibutuhkan untuk pembentukan lapisan terluar kulit (cornified cell envelope).

Mutasinya gen-gen tersebut menyebabkan adanya peningkatan produksi sel-sel di lapisan luar epidermis dan stratum corneum. Sehingga kulit lebih tebal dan fungsi normal dari kulit rusak.

Pengobatan

Sampai saat ini obat untuk penyembuhan Ichthyosis Lamellar belum ditemukan. Dokter biasanya hanya akan memberikan krim, gel atau salep untuk membantu melembabkan dan memperhalus sisik yang ada pada tubuh. Namun bila keadaan kulit sudah terlalu parah, dokter akan menyuntikkan retinoid guna memperlambat pertumbuhan sel kulit.

Di balik membaiknya keadaan kulit, retinoid memiliki efek samping seperti peradangan pada mata, bibir, dan rambut rontok.

Dikarenakan penyakit ini belum bisa disembuhkan secara sempurna, oleh karena itu upaya melembapkan dan melemaskan kulit perlu dilakukan setiap hari agar kulit tak semakin parah.

Emollients adalah salah satu zat yang melembutkan dan menenangkan kulit. Zat ini berfungsi untuk memperbaiki kekeringan dan skala dari kulit.

Selain Emollients, penderita dianjurkan memperbanyak mengkonsumsi makanan sumber protein, vitamin A, dan vitamin C, sayuran dan buah lainnya. Karena, keberadaan protein penting dalam menjaga fungsi barier kulit yang efektif.

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan dan dihindarkan oleh penderita Ichthyosis Lamellar:

– Tidak boleh mandi dengan air panas

– Gunakan sabun yang mengandung PH balance dengan banyak pelembap.

– Basuh kulit dengan air dan aplikasikan pelembap/ salep ke seluruh tubuh sesering mungkin.

– Oleskan salep yang mengandung Kloramfenikol basa dan Hidrokortison Asetat sesuai anjuran dokter.

– Selalu perhatikan kelembapan kulit. Jangan sampai keringnya kulit mengganggu indera mata atau telinga dikarenakan gesekan.

(Nadina Sabilla/Igw)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Bagian Tubuh yang Paling Diperhatikan Pria dan Wanita

Bagian Tubuh yang Paling Diperhatikan Pria dan Wanita

Bagian tubuh mana yang menjadi perhatian perempuan dan pria? Ternyata kedua jenis kelamin ini sama-sama sangat memperhatikan perutnya.Buktinya, 69 persen perempuan mengaku perut menjadi obsesi tubuhnya. Selanjutnya 40 persen wanita mengaku kulit, 39 persen paha, 32 persen rambut, 29 persen selulit, dan 29 persen bokongnya. Sebaliknya pria, yang paling dikhawatirkan 52 persen perut, diikuti oleh penipisan rambut (24 persen), dan kemudian masalah kulit (23 persen).Demikian hasil dari survei yang dilakukan The Today Show dan AOL terhadap 2.000 perempuan dewasa dan 200 remaja seperti dikutip Dailymail, Selasa (25/2/2014). Pada survei tersebut, juga terungkap wanita bisa menghabiskan waktunya 55 menit sehari untuk penampilannya. Ini setara dengan dua minggu dalam setahun.Jumlah tersebut hampir dua kali lipat dibandingkan pria yang menghabiskan 4,5 jam per minggunya demi penampilannya, sedangkan wanita 6,4 jam. Jumlah ini akan berbeda pada remaja yang lebih tinggi, yakni 7,7 jam per minggu demi penampilannya.Dalam temuan itu juga terungkap, 60 persen perempuan dewasa berpikiran negatif tentang dirinya setidaknya sekali dalam seminggu, dibandingkan 36 persen pria. Lagi-lagi, jumlah terse [...]

Jelang Tahun Baru, Permintaan Kondom Meningkat 100 Persen

Jelang Tahun Baru, Permintaan Kondom Meningkat 100 Persen

Menjelang tahun baru 2015, permintaan alat kontrasepsi jenis kondom di Bengkulu meningkat 100 persen. Permintaan paling mencolok terjadi di kawasan bekas Lokalisasi RT 8 Kelurahan Sumber Jaya Kota Bengkulu. Jika pada hari biasa permintaan kondom hanya 3.500 kondom, menjelang tahun baru ini, mencapai 7.000 kondom. Ketua Yayasan KantorInformasi Pusat dan Adiksi (KIPAS) Bengkulu Merli Yuwanda mengatakan, selain di kawasan lokalisasi,permintaan juga datang dari para pelajar, angkanya bahkan mencapai 40 persen dari tota kebutuhan kondom se Provinsi Bengkulu. "Pendataan jangkauan petugas KIPAS di lapangan, peningkatan kebutuhan 100 persen di kawasan lokalisasi dan kawasan rawan prostitusi, mirisnya, 40 persen dari total itu justru untuk memenuhi kebutuhan para pelajar," ujar Merli di Bengkulu (22/12/2014). Data kipas menyebutkan, kebutuhan kondom setiap bulan dari Januari hingga november berada pada kisaran 3.500 kondon, memasuki bulan desember naik menjadi 6.000 kondom. khusus tahun baru permintaan meningkat menjadi 7.000 kondom. "Setiap bulan kami mensuplay kondom ke kawasan lokalisasi dan melakukan layanan cek kesehatan gratis sambil melakukan pembinaan kemanusiaan. tujuannya [...]

Ini Cara Memutihkan Kulit Dengan Bahan Alami

Ini Cara Memutihkan Kulit Dengan Bahan Alami

Bagi sebagian perempuan, kulit putih merupakan salah satu tanda kecantikan. Untuk itu, para perempuan melakukan berbagai cara untuk memiliki kulit yang putih, apalagi menggunakan bahan alami. Berikut beberapa cara memutihkan kulit seperti dilansir dari Top 10 Home Remedies, Rabu (15/10/2014). Perbanyak Air Putih Air putih membantu meningkatkan kelembaban kulit. Untuk itu, minumlah setidaknya 8 gelas per hari agar asupan cairan tubuh tidak kurang dan selalu terjaga. Dengan pola hidup seperti ini, Anda akan merasakan bahwa kulit Anda mulai lembab, cerah dan awet muda. Perbanyak Makan Ini Selain air putih, banyak sekali asupan lain yang dapat membantu memutihkan kulit Anda dari dalam. Diantara makanan yang dapat memutihkan kulit adalah wortel, pepaya, tomat, kiwi, bayam, strawberry, teh hijau dan kacang kedelai. Makanan-makanan ini berperan dalam kesehatan kulit karena memiliki kandungan vitamin A dan C. Gunakan Juga Obat Luar Ini Selain mengkonsumsi makanan di atas, ada juga beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk obat luaran. Cara menggunakan bahan ini adalah dengan mengoleskannya langsung pada kulit Anda. Diantara obat luaran yang dapat memutihkan kulit adalah [...]

Salah Satu Penumpang MH17 yang Tewas, Tokoh Peneliti AIDS

Salah Satu Penumpang MH17 yang Tewas, Tokoh Peneliti AIDS

PeduliSehat.info, Amsterdam Tidak hanya masyarakat awam, lebih dari seratus aktivis dan peneliti AIDS pun menjadi menjadi korban jatuhnya pesawat Malaysia Airline MH17 akibat tertembak rudal di perbatasan Rusia dan Ukraina kemarin malam. Rencanya aktivis dan peneliti AIDS akan menghadiri Konferensi AIDS Internasional yang akan dilaksanakan pada 20 hingga 25 Juli 2014 di Melbourne, Australia. Namun, siapa yang menduga, jika pertemuan itu harus dibatalkan. Mantan Presiden the International AIDS Society, Joep Lange ini menjadi salah satu korban dari 259 nyawa yang ada di dalamnya.Mendengar kabar duka itu, Kepala Perusahaan Pasokan Obat Non Profit yang bekerja dengan Global Fund dan Pemerintah Amerika Serikat di Afrika, serta Amerika Latin, Jonatan Quick bersedih. Di mata Jonathan, Joep adalah sosok dari perubahan dalam pengobatan HIV/AIDS."Saya ingat pernah bertemu dengannya pada 1990-an. Dia benar-benar mendorong adanya pengobatan untuk penyakit itu," kata Jonathan seperti dikutip The Australian, pada Jumat (18/7/2014)Kematian yang merenggut nyawa dari sosok sangat yang sangat berjasa tersebut, membuat minggu para penanti kehadirannya menjadi kelam dan gelap. Bagaimana mungkin, Joep [...]

4 Kebiasaan Baik Penghalau Kanker

4 Kebiasaan Baik Penghalau Kanker

Meski belum jelas benar apa sebenarnya yang menyebabkan seseorang menderita kanker, ada baiknya kita menjalani hal-hal yang menyehatkan dan aman bagi diri kita seperti dikutip dari Womansday, Sabtu (4/1/2014), yaitu:1. Periksa Kadar Vitamin Dbeberapa penelitian menunjukan vitamin D yang terbaik ada pada sinar matahari, untuk itu mulailah berani dengan sinar matahari. Asupan vitamin D dapat membantu diri mencegah kanker, kebiasaan yang satu ini perlu diterapkan di keluarga.2. Batasi Konsumsi DagingPenelitian dari Loma Linda University di California mengatakan vegetarian memiliki risiko yang lebih rendah terkena kanker. Para peneliti menyarankan untuk mulai membatasi konsumsi daging atau produk hewani, hal ini untuk menurunkan risiko kanker. Bila sulit menerapkan berhenti makan daging setidaknya cukup konsumsi daging satu kalid alam seminggu.3. Menjaga Berat BadanDirektur Program Kanker Perempuan di City of Hope Comprehensive Cancer Center di Duarte, CA, Joanne Mortimer, MD mengatakan menjaga berat badan sangatlah penting untuk mencegah kanker. "Ovarium berhenti memproduksi estrogen setelah menopause namun karena lemak yang dikonsumsi akan menghasilkan estrogen. Dan wanita yang obesi [...]

Penderita Kanker Sebaiknya Tak Sembarangan Berobat

Penderita Kanker Sebaiknya Tak Sembarangan Berobat

Ada banyak mitos yang beredar seputar kanker di masyarakat, salah satunya tentang pengobatan. Padahal, penderita kanker sebaiknya tak sembarangan mencari pengobatan.Demikian disampaikan Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Prof. Dr. Dr. Akmal Tajer, Sp. U (K) saat diwawancarai tim Health Liputan6.com, Selasa (4/2/2014) usai acara pembukaan World Cancer Day di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo."Pengobatan itu dipilih yang sudah teruji dari penelitiannya. Jangan sembarangan pilih pengobatan. Kalaupun memilih pengobatan alternatif itu hanya komplementer saja pelengkap, misalnya minuman herbal untuk menghangatkan itu tidak apa. Tapi tetap menjalani pengobatan medis," kata Prof. Akmal.Menurut Prof. Akmal di antara mitos-mitos yang berkembang, ada 4 mitos mengenai kanker di dunia yang harus ditepis.1. Kita tidak perlu membicarakan kankerFaktanya : 'Kanker bukan hal yang tabu untuk dibicarakan. Dengan mengerti kanker, kita dapat melakukan pencegahan dan membantu orang di sekitar kita untuk memahami kanker'2. Kanker Tidak Memiliki Tanda dan GejalaFaktanya: 'Pada hampir semua kanker terdaoat tanda dan gejala yang khas, bila kita teliti dan memperhatikan'3. Tidak Ada [...]

Kondisi Saat Tidak Boleh Banyak Minum

Kondisi Saat Tidak Boleh Banyak Minum

Meskipun batas mininum konsumsi air pada orang sehat telah ditetapkan. Tapi ada beberapa kondisi penyakit yang tidak dibolehkan untuk minum terlalu banyak.Seperti diungkapkan para pakar kesehatan dalam buku ?Air Bagi Kesehatan? edisi kedua tahun 2012 yang disusun oleh pakar gizi seperti DR. Dr. Budi Iman Santoso, Sp.OG (K), Prof. DR. Ir. Hardinsyah, MS, DR. Dr. Parlindungan Siregar, Sp.PD-KGH, dan Dr. Sudung O. Pardede, Sp.A (K) bahwa ada beberapa kondisi yang tidak membolehkan seseorang minum air terlalu banyak seperti: 1. Adanya peningkatan hormon ADH yang otonom pada SIADH (Syndrome of Inappropriate ADH Secretion) 2. Penyakit ginjal kronik Pada penyakit ini, kata ketiga ahli, pemberian air akan menyebabkan osmolalitas urin lebih rendah dari osmolalitas plasma. Hal ini akan mempercepat penurunan laju filtrasi glomerulus (LFG) atau dengan kata lain akan mempercepat penurunan fungsi ginjal. 3. Gagal jantung 4. Kadar albumin dalam serum rendah 5. Lansia Asupan air yang berlebih juga tidak dianjurkan untuk usia lanjut. Pada penelitian yang dilakukan Siregar dkk, asupan air lebih dari 1.500 mL/24 jam potensial menimbulkan hiponatremia (kadar natrium darah yang rendah) pada usia [...]

Studi: Obesitas Perpendek Umur Hingga 8 Tahun

Studi: Obesitas Perpendek Umur Hingga 8 Tahun

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Lancet Diabetes & Endocrinology menghitung risiko kematian akibat kondisi seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, yang berhubungan dengan kelebihan berat badan dan obesitas. Hasilnya, mengejutkan. Mereka yang mengabaikan bahaya diabetes bisa memotong usianya hingga 8 tahun. Diberitakan Telegraph, Jumat (5/12/2014), peneliti menemukan bahwa obesitas memotong potensi untuk menjalani delapan tahun hidup normal. Peneliti menyontohkan, orang yang sangat gemuk di usia 20-an, bisa memiliki kesehatan yang buruk di awal usia 50-an dan meninggal di usia 71 tahun dimana orang sehat rata-rata meninggal pada usia 79 tahun."Pola ini jelas. Semakin muda seseorang obesitas, maka semakin besar dampak buruk yang bisa mereka alami. Perhitungan ini harusnya bisa mengubah pola makan yang lebih sehat dan aktivitas fisik secara teratur," ujar Profesor Kedokteran di McGill, Paul Grover. Di sisi lain, BBC melaporkan, Jurnal medis Lancet merilis daftar negara-negara dengan tingkat obesitas tertinggi di dunia dan Indonesia ternyata berada di peringkat 10. [...]

Narsis, Ruth Pilih `Live Tweet` Selama Melahirkan

Narsis, Ruth Pilih `Live Tweet` Selama Melahirkan

Ibu satu ini bisa dikatakan wanita `narsis`. Bagaimana tidak? Melalui jejaring sosial, Facebook dan Twitter, ia berbagi foto dirinya yang akan segera melahirkan seorang bayi.Ruth Iorio namanya. Tanpa sungkan dan malu, ia berbagi foto saat merasakan sakit sekaligus gembira ketika akan menyambut sang jabang bayi. Dia bertekad untuk berbagi cerita tentang kelahiran anak pertamanya kepada teman, keluarga, dan siapa pun orang yang menjadi temannya di media sosial.Pada 25 Desember 2013, sehari sebelum kelahiran anaknya sekaligus di hari Natal, Ruth memosting sebuah kabar yang mengungkapkan bahwa dirinya tengah mengalami kontraksi. Tak lama setelah memosting berupa kata-kata di jejaring sosial itu, Ruth pun memasang sebuah foto yang memperlihatkan dirinya sedang duduk di atas sofa berwarna merah, sambil menahan rasa sakit. Di sebelahnya, terlihat wanita berambut gimbal dan berkulit hitam duduk menemani."She is one of only four black midwives in the state of California, and is heavily involved in training brithworkers of color #ruthshomebirth," tulis Ruth di akun Facebook pribadinya, seperti tertera di laman Huffingtonpost, Jumat (10/1/2013).Dari beberapa foto yang diposting di Facebook, t [...]

Agar Makan Opor Saat Lebaran Tak Berakibat Buruk

Agar Makan Opor Saat Lebaran Tak Berakibat Buruk

Usai sebulan berpuasa, akhirnya bebas sepuasnya makan seperti biasa. Malah makanan yang disajikan saat Lebaran sunnguh menggugah selera. Namun perlu diingat, usai makan opor ayam maupun sambel goreng ati serta menu lain khas Lebaran untuk tetap makan makanan sumber serat terbaik seperti sayur dan buah. Makanan berserat punya peranan penting untuk tubuh lebih dari Anda kira. Menurut dr. Phaidon L. Toruan M.M dan dr Widya Murni, MARS dalam buku Rahasia Terkini Awet Sehat menjelaskan pentingya serat seperti ditulis Health Liputan6.com Senin, (28/7/2014). 1. Bebas gendutSerat sebenarnya adalah karbohidrat yang tak mampu dicerna oleh manusia. Makanan kaya serat memperlambat pelepasan karbohidrat sehingga tubuh akan efisien mengolah energi. Energi akan digunakan dan bukan malah disimpan yang membuat seseorang gendut. 2. Menyapu sampah di ususBuah dan sayur yang kaya serat berfungsi untuk "menyapu" makanan membusuk yang ada di usus, misalnya daging merah. Selain itu, makanan berserat memabtu tubuh membuang bakteri dan virus yang tidak diperlukan tubuh. Sehingga imunitas seseorang jadi baik jauh dari penyakit. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *