Ichthyosis Lamellar: Bersisik Seperti Ikan, Mengelupas Mirip Ular

044735400_1411978200-a1.jpg

Ichthyosis lamellar adalah penyakit yang membuat manusia bersisik seperti ikan dan mengelupas seperti ular. Penyakit ini merupakan sebuah warisan yang diturunkan oleh keluarga penderita. Sampai saat ini belum ada cara bagaimana memutus warisan tersebut.

Ichthyosis Lamellar merupakan penyakit kulit langka yang bisa dibilang `penyakit abadi`. Karena, sampai saat ini juga belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut.

Berikut penjelasan tentang penyakit Ichthyosis lamellar seperti dilansir dari Mayo Clinic dan emedicine, seperti ditulis Selasa (30/9/2014):

Deskripsi

Ichthyosis Lamellar adalah salah satu penyakit kulit yang sangat langka. Penyakit ini merupakan kelainan di mana seorang bayi lahir ditutupi dengan membran yang transparan untuk memperlihatkan bercak-bercak kulit bersisik merah dengan berbagai ukuran di sebagian tubuh atau bahkan sekujur tubuh sang bayi.

Penyakit ini adalah kelompok penyakit heterogen genetik akibat kelainan proses protein di jaringan kulit tanduk (keratinisasi) pada kulit resesif autosomal.

Kelainan kulit ini juga biasa dikenal dengan red man syndrome, yang membuat sebagian atau sekujur kulit tubuhnya bersisik, mengelupas dan merah. Penderita Ichthyosis Lamellar ini bisa mengalami pergantian kulit yang ekstrem setiap 41 jam atau dua hari sekali.

Gejala umum pada penderita Ichthyosis Lamellar antara lain:

– Kulit merah dan tipis

– Alis jarang

– Pertumbuhan kuku berlebihan

– Kulit sangat kering disertai rasa gatal yang tak tertahankan dan bersisik seperti ikan yang dikarenakan kulit sangat kering

– Kulit dapat mengelupas seperti ular.

Gejala penyakit ini hadir dari saat kelahiran dan akan berlangsung sepanjang hidup.

Penyebab

Ichthyosis Lamellar ini merupakan penyakit yang berasal secara genetik, yaitu dari gangguan gen resesif autosomal yang berarti gen cacat terletak pada autosom. Dikarenakan penyakit ini merupakan `warisan keluarga`. Ichthyosis Lamellar umumnya timbul sejak lahir dan akan menetap hingga dewasa.

Penyakit ini dikaitkan dengan kekurangan enzim transglutaminase keratinosit. Selain itu Ichthyosis Lamellar juga diakibatkan oleh mutasi transglutaminase-1 (TGM1) pada kromoson 14q11serta genABCA12 , dan CYP4F22. TGM1 ini berperan dalam produksi suatu protein yang dibutuhkan untuk pembentukan lapisan terluar kulit (cornified cell envelope).

Mutasinya gen-gen tersebut menyebabkan adanya peningkatan produksi sel-sel di lapisan luar epidermis dan stratum corneum. Sehingga kulit lebih tebal dan fungsi normal dari kulit rusak.

Pengobatan

Sampai saat ini obat untuk penyembuhan Ichthyosis Lamellar belum ditemukan. Dokter biasanya hanya akan memberikan krim, gel atau salep untuk membantu melembabkan dan memperhalus sisik yang ada pada tubuh. Namun bila keadaan kulit sudah terlalu parah, dokter akan menyuntikkan retinoid guna memperlambat pertumbuhan sel kulit.

Di balik membaiknya keadaan kulit, retinoid memiliki efek samping seperti peradangan pada mata, bibir, dan rambut rontok.

Dikarenakan penyakit ini belum bisa disembuhkan secara sempurna, oleh karena itu upaya melembapkan dan melemaskan kulit perlu dilakukan setiap hari agar kulit tak semakin parah.

Emollients adalah salah satu zat yang melembutkan dan menenangkan kulit. Zat ini berfungsi untuk memperbaiki kekeringan dan skala dari kulit.

Selain Emollients, penderita dianjurkan memperbanyak mengkonsumsi makanan sumber protein, vitamin A, dan vitamin C, sayuran dan buah lainnya. Karena, keberadaan protein penting dalam menjaga fungsi barier kulit yang efektif.

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan dan dihindarkan oleh penderita Ichthyosis Lamellar:

– Tidak boleh mandi dengan air panas

– Gunakan sabun yang mengandung PH balance dengan banyak pelembap.

– Basuh kulit dengan air dan aplikasikan pelembap/ salep ke seluruh tubuh sesering mungkin.

– Oleskan salep yang mengandung Kloramfenikol basa dan Hidrokortison Asetat sesuai anjuran dokter.

– Selalu perhatikan kelembapan kulit. Jangan sampai keringnya kulit mengganggu indera mata atau telinga dikarenakan gesekan.

(Nadina Sabilla/Igw)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Replika Janin Dalam Kandungan Kini Bisa Anda Dapatkan

Replika Janin Dalam Kandungan Kini Bisa Anda Dapatkan

Melihat janin bergerak di dalam perut melalui layar USG (ultrasonografi) mungkin sudah biasa, tapi kini sebuah perusahaan membuat patung janin 4 dimensi agar ibu hamil dapat memiliki janin yang ada di dalam kandungannya sebelum melahirkan.Perusahaan berbasis teknologi di California ini mengaku, mengubah model janin dalam bentuk nyata bukanlah tujuan utama perusahaan."Tujuan utama kami adalah untuk membawa senyum wajah orangtua, kakek-nenek dan anggota keluarga lainnya ketika mengingat hari lahirnya," tulis laman perusahaan Indiegogo, seperti dilansir Nydailynews, Minggu (19/1/2014).Yang menarik, meskipun patung janin ini bukan ada untuk pertama kalinya, tapi patung janin ini telah digunakan untuk produk prenatal. Dan lagi, tak hanya patung janin dalam perut ibu hamil yang dijual tapi juga patung janin selebriti seperti Kim Kardashian dan lainnya.Patung-patung janin ini juga disebutkan tersedia dalam tiga ukuran. Ukuran 8 inci seharga Rp 7 juta, ukuran setengah 4 inci seharga Rp 4 jutaan dan untuk ukuran mini 2 inci seharga kurang lebih Rp 2 jutaan. Dan yang terpenting, jenis kelamin bayi harus jelas. (Fit/Igw) [...]

Indonesia Siap Bantu Arab Bikin Vaksin Penangkal Virus MERS

Indonesia Siap Bantu Arab Bikin Vaksin Penangkal Virus MERS

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi optimis Indonesia bisa membuat vaksin korona seperti halnya vaksin flu burung. Menurut Menkes, saat ini Kementerian Kesehatan sedang berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk membicarakan pembuatan vaksin korona yang diharapkan dapat mencegah penularan virus korona di Arab Saudi. "Indonesia sudah punya pengalaman mengatasi flu burung. Jadi kita harap kita bisa bantu mereka karena Indonesia mampu membuat vaksin," ujar Menkes di Kantor Kementerian Kesehatan, Jumat (2/5/2014). Sebelumnya, berbagai negara seperti China dan Hongkong dikabarkan telah menemukan vaksin untuk membangun sistem antibodi pada penderita virus korona. Belum lama ini bahkan perusahaan biofarmasi dari University of Maryland mengklaim bisa menetralisir antibodi dan menutup penyebaran virus korona di tubuh meski baru diujicobakan pada tikus. Meski berbagai negara menawarkan percobaan vaksin korona, tapi pemerintah Arab Saudi masih menganggap vaksin perlu diteliti lebih lanjut karena penularan virus sendiri hingga kini belum jelas. [...]

Jumlah Perceraian Pasutri di Indonesia 333 Ribu per Tahun

Jumlah Perceraian Pasutri di Indonesia 333 Ribu per Tahun

Tak ada pasangan suami istri yang ingin bercerai. Tapi, di Indonesia jumlah perceraian cukup tinggi yakni 333 ribu per tahunnya. Angka ini muncul menyusul adanya revisi Undang-undang (UU) Pernikahan yang mencantumkan batas usia pernikahan 16 tahun pada perempuan.Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh mempertanyakan revisi UU itu mengingat usia 16 tahun masuk dalam usia sekolah sehingga akan berdampak pada masa depan seorang perempuan. Menurutnya, pernikahan memerlukan tiga perspektif yakni kematangan dari sisi fisik, psikologis, dan dari sisi ekonomi. "Tapi kalau usia 16 tahun kan masih SMA kelas 1, paling tidak nunggu sampai lulus lah usia 19 tahun. Karena pernikahan perlu komitmen untuk memberikan pengasuhan kepada anaknya, dan banyak implikasinya kalau menikah terlalu muda," kata Nuh di Kantor Bappenas, Jakarta, Rabu (26/3/2014). Pernikahan dini (muda), menurut Nuh, dapat memicu peningkatan jumlah perceraian. Setiap tahun tercatat ribuan kasus perceraian yang terdaftar di pengadilan. "Angka perceraian sekarang 333 ribu per tahun. Artis paling 10 orang. Itu disebabkan karena kematangan dia dalam berkeluarga belum cukup," cetusnya. Terkait dampaknya terhadap bonus demogr [...]

Sebelum Diwisuda, Jacci Beri ASI untuk si Buah Hati

Sebelum Diwisuda, Jacci Beri ASI untuk si Buah Hati

Jacci Sharkey begitu bangga kepada pihak kampus yang telah mengizinkan dia untuk memberikan air susu ibu (ASI) kepada sang buah selama menempuh pendidikan di University of the Sunshine Coast.Maka itu, saat pihak kampus berniat mengunggah foto Jacci tengah menyusui anak laki-lakinya bernama Alek yang berusia enam minggu, wanita 24 tahun ini memberi izin dan tak merasa keberatan. Sebab, selama tiga tahun menempuh pendidikan di salah satu universitas terbaik yang ada di Brisbane Utara, Australia, Jacci mengaku, tidak pernah sekali pun pihak kampus melarangnya untuk memberikan ASI kepada anak pertamanya, Ari (20 bulan) dan Alek (6 minggu)."Dengan foto yang menakjubkan ini, kami ingin mengirim pesan kepada siapa pun bahwa Jacci Sharkey telah menjadi inspirasi untuk kami," kata juru bicara kampus. Dalam foto yang telah mendapatkan 195.000 `jempol` dari para pengguna Facebook, dan mendapatkan `share` sebanyak 6.000 kali, Jacci dengan bangga mengucapkan terimakasih kepada University of the Sunshine Coast, yang telah memberikan izin, sehingga dia pun mampu mengurus kedua buah hati, tanpa takut ketinggalan banyak materi di kampus."Saya ingin menunjukan kepada para ibu bahwa mereka dapat men [...]

Biopsi Setelah Periksa Payudara, Perlukah?

Biopsi Setelah Periksa Payudara, Perlukah?

Semua benjolan mencurigakan setelah diperiksa melalui Mammografi (MMG) atau Ultrasonografi (USG) biasanya akan diperiksa melalui prosedur biopsi. Namun seberapa penting prosedur biopsi dalam pemeriksaan kecurigaan kanker payudara?Ahli Bedah Konsultan Payudara RS Mitra Kemayoran, Dr. Alfiah Amiruddin MD, MS mengatakan, biopsi perlu dilakukan untuk menghilangkan rasa ketidakpastian pasien. Meskipun beberapa penelitian yang dilakukan sebelumnya menunjukkan 80 persen dari hasil biopsi ternyata negatif atau tidak ditemukan sel kanker."Biopsi terbagi dua, terbuka dan tertutup. Terbuka maksudnya tidak ada bekas luka atau sayatan. Sedangkan tertutup tidak ada sayatan, luka minimal dan tanpa nyeri sehingga nyaman bagi pasien," kata Alfiah saat temu media di RS Mitra Keluarga Kemayoran, Jakarta, dan ditulis Rabu (4/6/2014).Alfiah menerangkan, biopsi juga terbagi menjadi tumor teraba (Palpabe) dan tidak teraba (Non-Palpabe). Untuk tumor teraba, prosedur dilakukan dengan dua cara. Pertama, dengan open surgery (operasi terbuka) seperti frozen section yang kini sudah banyak ditinggalkan karena selain biaya yang mahal, pasien akan dibuat cemas karena harus dibius total. Kedua, closed (Needle) ata [...]

2 Alasan Kenapa Mesti Konsumsi Makanan Pedas

2 Alasan Kenapa Mesti Konsumsi Makanan Pedas

Cabai, lada, dan paprika mudah ditemukan di pasar. Tak hanya membuat masakan jadi lebih terasa nikmat dan pedas, ternyata ada manfaat kesehatan yang bisa dipetik dengan mengonsumsi masakan berbumbu dapur pedas. Dilansir dari Time, Jumat (1/8/2014) ini alasan Anda agar mengonsumsi masakan pedas. 1. Mengurangi risiko tumorBisa jadi Anda tak menyangka, bahwa taburan lada pada makanan Anda bisa menjauhkan dari risiko tumor. Dalam studi yang dipublikasikan The Journal of Clinical Investigation menemukan fakta bahwa senyawa kimia pedas pada lada, paprika dan cabai dapat mengaktifkan reseptor sel pada lapisan usus sehingga menciptakan reaksi yang mengurangi risiko tumor berkembang. Capsaicin, senyawa yang ditemukan pada cabai dan paprika, selain digunakan sebagai analgesik yang membuat saraf tak bisa merasakan nyeri ternyata bisa membantu mematikan reseptor aktif yang memacu pertumbuhan tumor. Tikus yang diberikan capsaicin dapat mengurangi tumor serta memperpanjang kesempatan hidup pada tikus terutama juga diberikan obat antiinflamasi. 2. Membantu menurunkan berat badanMakanan pedas dapat meningkatkan rasa kenyang. Jika ingin tubuh membakar kalori lebih banyak peneliti dari U [...]

Cara Hadirkan Suasana Romantis Saat Hujan

Cara Hadirkan Suasana Romantis Saat Hujan

Saat hujan datang, bisa jadi banyak yang tidak suka karena menghambat aktivitas dan perjalanan. Namun bagi pasangan yang sedang jatuh cinta dan berduaan di suatu tempat yang nyaman, hujan bisa membantu memunculkan suasana syahdu. Hujan dapat menghadirkan momen romantis dan kedekatan yang lebih intim karena kondisi udara yang dingin.Berikut ini tips menghadirkan suasana romantis saat hujan turun, dikutip Boldsky, Senin (13/1/2014), yaitu:1. Udara dingin saat hujan dapat dimanfaatkan untuk memberikan si dia perhatian. Masakan makanan yang dapat menghangatkan tubuhnya, hal ini membuat Anda semakin dekat dengan pasangan. Saat memberikan makanan hangat tersebut ucapkan beberapa kalimat manis yang semakin membuat suasana romantis seperti sayang kamu.2. Saat hujan turun, tidak sedikit yang berteduh. Bila pergi dengan pasangan saat berteduh bisa dimanfaatkan untuk lebih mengenalnya. Berbicara sembari menggengam tangannya bisa menghadirkan suasana hangat. Ketika berpergian dengan mobil, biasanya kondisi hujan membuat jalanan menjadi macet. Waktu ini bisa dimanfaatkan untuk lebih banyak berbicara dengan pasangan sembari menyalakan musik romantis.3. Hujan kadang membuat orang emosi. Sebagai [...]

Korban Perkosaan Kerap Dapat Perilaku Diskriminasi

Korban Perkosaan Kerap Dapat Perilaku Diskriminasi

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH tak terima bila korban kejahatan seksual, dalam hal ini wanita, justru didiskriminasi dan disalahkan habis-habisan. Sedangkan pelaku, dianggap biasa saja."Di sini kebanyakan seperti itu. Yang jadi korban, justru dia yang disalahkan. Dia yang dibilang genitlah, dibilang ganjen, dan dibilang dialah yang menggoda," kata Menkes belum lama ini, ditulis Health Liputan6.com pada Sabtu (12/7/2014)Tindakan seperti ini yang harus dihilangkan di Indonesia. Kita, sebagai individu, diminta untuk lebih terbuka, dan tidak menilai seseorang dengan pandangan sebelah mata. "Bahkan ada korban perkosaan yang dikeluarkan dari sekolah. Itu kan bukan salahnya dia," kata Menkes menambahkan.Masyarakat juga harus tahu bahwa dampak dari kejahatan seksual, dapat membuat korban mengalami stress traumatic disorder (STD). Ia akan semakin stres dan tertekan, ketika ia dipojokkan dan tidak mendapatkan dukungan.Memang, lanjut Menkes, dampak lain dari kejahatan seksual adalah korban akan menghadapi diskriminasi, eksploitasi dan stigmatisasi di lingkungan masyarakat."Ini dapat dihindari, bila masyarakat sadar, dan tidak sembarangan dalam menilai," kata [...]

Hati-hati Kerap Batal di Minggu Pertama Puasa

Hati-hati Kerap Batal di Minggu Pertama Puasa

Minggu pertama puasa Ramadan merupakan masa-masa terberat bagi sebagian orang yang melaksanakannya. Diare, menjadi penyebab terbesar tidak sedikitnya orang yang batal menjalankan ibadah puasa di minggu pertama pelaksanaannya. Diare pada saat berpuasa, umumnya timbul di pagi hari.Demikian pemaparan Ketua Persatuan Ahli Penyakit Dalam Indonesia, Dr Ari Fahrial Syam dalam keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis pada Sabtu (28/6/2014)Menurut Dr Ari, penyebab utama diare adalah konsumsi makanan yang tidak tepat. Baik saat sahur, maupun berbuka. Makanan terlalu pedas dan asam, menjadi pencetus terjadinya diare."Belum lagi makanan yang dicurigai sudah tercemar dan tetap dikonsumsi, menjadi penyebab kenapa pasien yang batal tersebut mengalami diare," kata Dr Ari.Maka itu, Dr Ari menyarankan, agar kita pintar dalam memilih menu apa saja yang layak untuk dikonsumsi selama berpuasa. Jangan sampai, karena salah salah dalam memilih menu, Anda batal berpuasa dan harus menggantinya setelah puasa usai.Selain diare, tambah Dr Ari, nyeri ulu hati merupakan kondisi yang sering dikelukan oleh pasien yang sedang berpuasa di awal-awal waktu pelaksanaannya. Nyeri ulu hati memang ti [...]

Remaja Hamil di Luar Nikah dan Pemakai Narkoba Berkurang

Remaja Hamil di Luar Nikah dan Pemakai Narkoba Berkurang

Pemerintah London, Inggris, tampaknya tengah berbahagia melihat fenomena yang terjadi di kalangan remajanya. Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir terjadi penurunan yang cukup signifikan pada remaja yang mencoba ganja atau obat-obatan terlarang. Tak hanya itu, penurunan pun terjadi pada kehamilan remaja perempuan di sana. Padahal, hal seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya.Selain ketersedian kontrasepsi implan dan suntikan jangka panjang, sejumlah analisa percaya bahwa kehamilan remaja mengalami penurunan, karena mereka mulai tersadar betapa pentingnya pendidikan di masa depan. Itulah yang membuat mereka mulai terpikir untuk menyelesaikan pendidikannya agar dapat mencapai karir yang diinginkan. Sedangkan masyarakat percaya bahwa kondisi ini terjadi karena munculnya media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Path, yang membuat jutaan remaja lebih banyak menghabiskan waktu di dalam kamar, ketimbang harus berkerumun di jalanan.Dilansir dari laman Daily Mail, Jumat (25/7/2014) temuan ini didasarkan pada kuesioner yang diisi oleh 5.000 orang murid berusia antara 11 sampai 15 tahun, yang dilakukan selama pelajaran sekolah tengah berlangsung. Survei ini sengaja dirancang sedemikia [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *