Idap Penyakit Langka, Ibu Ini Tak Bisa Meluapkan Emosi

lemes.jpg

Seorang wanita hidup dengan kondisi yang langka dan menyedihkan. Setiap kali ia berusaha mengutarakan emosinya seperti tertawa, bahagia, takut hingga marah yang kuat, seketika ia langsung pingsan.

Kelly Timson, 25 tahun yang berasal dari Ashford, Inggris mengidap cataplexy, sebuah kondisi medis langka dimana tubuhnya akan pingsan akibat emosi yang kuat seperti bahagia, terkejut, marah hingga cinta.

Itulah sebabnya ia tidak diperbolehkan menonton acara komedi atau bersenang-senang dengan teman-teman di club. Ia bahkan pernah jatuh pingsan hanya karena melihat kedua anaknya, Charlie (5) dan Ronnie (2) sedang bermain dengan penuh kasih sayang.

Dalam sehari, Kelly biasanya mendapat serangan cataplexy sebanyak 20 kali. Yang berbahaya adalah saat ia pingsan di tempat-tempat yang tidak aman, seperti tangga maupun dapur. “Aku kehilangan banyak waktuku akibat tertidur saat makan, aku juga tidak bisa pergi ke restoran dengan kekasihku. sangat memalukan,” ujarnya kepada Dailymail.

Selain cataplexy, ia juga mengidap narcolepsy, dimana ia seringkali tertidur saat beraktivitas. Ia mengakui saat terkena serangan itu, ia tetap bisa melihat dan mendengar namun tubuhnya tak bisa digerakkan sedikitpun. Hal ini bisa berlangsung dalam hitungan menit hingga jam.

Kelly sadar ia mengidap kelainan ini saat berusia 16 tahun, saat sedang menonton TV dan tiba-tiba pingsan padahal sebelumnya ia sudah tidur siang. Saat melahirkan di usia 19 tahun, ia ingin menggendong bayinya, namun sebentar saja ia langsung lemas dan tertidur. “Aku khawatir akan menyakiti bayiku,” tambahnya.

Kelainan ini dirasakan Kelly semakin memburuk dari masa ke masa. Dimulai saat remaja ia sudah mengidap narcolepsy dan di tahun 2007, ia juga mengidap cataplexy. Alhasil, Kelly sering lupa apa yang ia alami di hari sebelumnya.

Pernah suatu saat Kelly merasa hidupnya akan berakhir saat dirinya pingsan dan hidungnya terhimpit sofa. Ia tidak bisa bernapas dan tidak bisa berbuat apa-apa untuk menggerakkan tubuhnya. Kekhawatiran Kelly kini lebih besar, yakni takut menurunkan penyakitnya kepada anaknya.

Hingga saat ini, ia diminta untuk selalu diawasi oleh keluarga terdekatnya. Iapun mencoba beberapa pengobatan alternatif dan mencari momen dimana ia bisa sembuh dan tertawa terbahak-bahak sepuasnya.

(fer/eya)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Lakukan 5 Hal yang Menyehatkan Ini Agar Selalu Bisa Awet Muda

Lakukan 5 Hal yang Menyehatkan Ini Agar Selalu Bisa Awet Muda

Terlihat muda dan cantik adalah impian setiap wanita yang berusia 30 tahun keatas. Sebab di umur 30, kulit mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan. Keriput, garis-garis halus di bawah mata, kusam dan kulit longgar adalah gejala yang umum dari tanda penuaan tersebut.Anda dapat mencoba menerapkan krim wajah bermerek dengan harga yang mahal untuk melawan penuaan atau bisa juga melakukan pemijatan wajah di salon. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa kebiasaan yang mudah dan menyehatkan, tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk selalu bisa awet muda dan terlihat cantik? Anda harus memiliki gaya hidup yang sehat dengan melakukan kebiasaan yang baik ini. Apa saja? Simaklah di sini, seperti dikutip dari Bold Sky.1. Konsumsi Makanan yang SehatAda banyak makanan sehat yang bisa membantu kulit Anda lebih bersinar dan terlihat sempurna. Anda juga bisa memilih untuk diet detox kulit untuk membersihkan kulit, membuang racun dari tubuh dan juga melawan penuaan. Makanan yang kaya akan vitamin A, C, E, dan B12 benar-benar baik untuk kulit Anda. Asparagus, telur, kangkung, peterseli, dandelion, bayam, sayuran laut, brokoli, kubis, biji labu dan wortel adalah beberapa makanan yang juga bisa memb [...]

Ini Dia 5 Hal yang Bisa Buat Orang Bahagia

Ini Dia 5 Hal yang Bisa Buat Orang Bahagia

Uang dan pernikahan, dua hal itu tampaknya kerapkali menimbulkan masalah bagi banyak orang. Namun menurut penelitian, uang dan pernikahan justru bisa membuat seseorang lebih sering tersenyum. Seperti yang dikutip dari Shape, berikut beberapa hal lain yang juga bisa memberikan kebahagiaan.1. UangBerdasarkan penelitian di 2010 yang dipublikasikan pada 'Proceedings of the National Academy of Sciences', level kebahagiaan seseorang akan meningkat bersamaan dengan meningkatnya uang yang didapat. Selain itu, Michael Norton, seorang profesor di Harvard Business School mengatakan bahwa uang yang dibelanjakan bukan untuk diri sendiri, melainkan orang lain juga akan mendatangkan kebahagiaan. 2. MeditasiBeberapa studi menemukan adanya korelasi antara meditasi secara teratur dengan perubahan fisik di otak yang mirip ketika seseorang mengonsumsi obat anti-depresan. Orang yang bermeditas tidak hanya bisa lebih bahagia dari orang lain, tetapi penelitian menunjukkan bahwa otak mereka bisa membuat stres berkurang. Cukup 20 menit waktu meditasi secara rutin, Anda sudah bisa merasakan manfaatnya.3. Istri Lebih Kurus dari SuamiDalam sebuat penelitian 2011, para ilmuwan di Tennessee, Amerika mengungk [...]

Manfaat Aktivitas Fisik Yang Dilakukan Anak-Anak

Manfaat Aktivitas Fisik Yang Dilakukan Anak-Anak

Banyak penelitian yang telah membuktikan tentang beberapa manfaat dari adanya aktivitas fisik yang dilakukan anak-anak. Namun, tentu tidak mudah bagi Anda untuk mengajak anak beraktivitas fisik, sementara berbagai permainan online semakin marak dimainkan oleh anak-anak. Studi terbaru menemukan bahwa dengan menawarkan berbagai permainan aktif dalam waktu luang anak dapat meningkatkan aktivitas fisik anak-anak saat ini, tetapi strategi tersebut perlu disesuaikan menurut jenis kelamin mereka. Penelitian ini melibatkan sebelas grup, masing-masing grup terdiri dari anak-anak berusia 10 sampai 11 tahun dari 4 sekolah dasar di Bristol, UK. Fokus penelitian ini adalah; 1) persepsi ?bermain? bagi anak-anak, 2) berapa banyak dari permainan mereka yang termasuk permainan aktif, 3) konteks dari permainan aktif anak-anak. Peneliti menemukan persepsi anak tentang bentuk permainan seperti apa yang mereka mainkan pada umumnya, dan pengelompokkan perilaku aktif dan pasif secara fisik. Anak-anak yang berusia 10 sampai 11 tahun melaporkan bahwa mereka sering terlibat dalam permainan aktif yang diajarkan oleh generasi mereka sebelumnya, dan yang ternilai bermanfaat secara fisik dan juga sosial. Rowan [...]

Ketagihan, Wanita Ini Suka Makan dan Minum Saus Tomat Berbotol-botol

Ketagihan, Wanita Ini Suka Makan dan Minum Saus Tomat Berbotol-botol

Saus tomat merupakan bumbu penyedap untuk membuat makanan terasa lebih lezat. Bagi beberapa orang kehadiran saus tomat saat makan adalah hal wajib, tapi mungkin belum ada yang seobsesif wanita satu ini.Melissa Ibbitson telah 'kecanduan' saus tomat dan tidak bisa sehari saja absen mengonsumsinya. Setidaknya dalam sehari, wanita berusia 19 tahun ini harus makan saus tomat sebanyak tiga kali. Ia juga selalu menambahkan banyak saus tomat ke dalam setiap makanannya dan tidak akan mau masuk ke restoran yang tidak memiliki banyak stok saus berwarna merah itu. Melissa yang seorang mahasiswa teologi mengaku sudah cukup lama menggemari saus tomat. Namun ia baru mulai ketagihan saus tomat dalam empat tahun belakangan ini dan bisa menghabiskan tiga botol hanya dalam satu minggu. "Aku mulai makan saus tomat saat masih kecil dan pertamakali makan di McDonalds. Aku tidak ingat bagaimana itu bisa jadi semacam obsesi tapi sekarang aku tidak bisa hidup tanpa saus tomat," kata Melissa, seperti dikutip dari Daily Mail.Melissa juga menceritakan kalau teman-temannya kerap merasa malu saat makan bersama dengannya, sebab dia selalu meminta sedikitnya 12 sachet saus tomat untuk satu menu makanan. Wanita [...]

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Perparah Maag

Bila Anda sering merasa perih pada perut kiri atas terutama bila telat makan, mungkin Anda menderita penyakit maag. Penyakit maag terjadi akibat produksi asam lambung berlebihan sehingga asam lambung tersebut akan melukai dinding lambung, Tingginya asam lambung ini yang menyebabkan penderita akan merasa perih pada bagian lambungnya. Produksi asam lambung ini dapat meningkat terutama jika dipicu oleh: kondisi stres, telat makan dan mengkonsumsi makanan-makanan tertentu yang dapat meningkatkan produksi asam lambung. Nah. bagi penderita maag, seyogyanya wajib untuk mengetahui makanan-makanan yang sebaiknya dihindari dan yang baik untuk dikonsumsi. Karena beberapa makanan dan minuman pada kenyataannya terbukti ada yang dapat meningkatkan asam lambung sekaligus dapat memperparah kondisi penyakit maag Anda. Berikut 6 jenis makanan-makanan yang memperparah maag: 1. Makanan yang Banyak Mengandung Gas: Jika Anda memiliki riwayat maag, maka berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang tidak direkomendasikan untuk Anda karena diyakini menyebabkan produksi gas berlebih di dalam organ pencernaan, antara lain: lemak hewani, sawi, kol, nang [...]

Kenyataan Mengenai Propolis

Kenyataan Mengenai Propolis

Propolis adalah semacam getah yang dikumpulkan oleh lebah madu dari berbagai pohon, aliran getah, atau sumber botani lainnya. Getah ini digunakan untuk menutupi celah kecil di sarang lebah. Sejak tahun 350 SM hingga kini, propolis dipercaya sebagai obat herba yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Begitu pula dengan klaim produsen yang mengatakan ?si Kecil? ini ampuh menyembuhkan berbagai penyakit serius seperti kanker. Benarkah demikian? Pada era modern saat ini, pengobatan tradisional seperti propolis dipercaya oleh masyarakat. Namun jika diteliti dari segi medis, propolis belum sepenuhnya terbukti ampuh dalam menangani kondisi medis. Pro dan kontra pun terjadi. Mereka yang kontra mengatakan komposisi propolis belum bisa dipastikan karena bergantung kepada letak geografis, musim, dan spesies lebah. Hal demikian membuat komposisi propolis sulit untuk diteliti mengenai keamanan dan kemanjurannya secara medis. Sementara yang pro mengatakan bahwa propolis adalah obat yang ampuh karena melihat dari eksistensinya selama ribuan tahun. Selain itu, belum pula ditemukan efek samping yang parah atau sering terjadi akibat penggunaan propolis. Tidak mudah untuk mempertahankan keberadaa [...]

Refleksi Kepergian Ibu Kartini: Jangan Anggap Remeh Antenatal Care

Refleksi Kepergian Ibu Kartini: Jangan Anggap Remeh Antenatal Care

Tanggal 21 April diperingati dengan Hari Kartini, sebuah momentum mengenai pentingnya kehadiran perempuan berikut atribut hak-haknya. Ibu Kartini meninggal dunia ketika melalui proses melahirkan. Memang tidak dapat dipungkiri, angka kematian ibu melahirkan dan bayi di Indonesia masih tinggi. (Baca: Inilah Penyebab Masih Tingginya Angka Kematian Ibu Hamil dan Melahirkan) Anda yang rajin mengikuti perkembangan berita, pasti tahu dengan pasti salah satu topik yang marak dibicarakan dalam dunia kesehatan Indonesia adalah tingginya angka kematian ibu dan bayi. Saking tingginya angka kematian ini, pemerintah pun mencoba segala cara dan gencar berusaha mencari jalan keluar. Sebenarnya kematian ibu dan bayi dapat kita hindari dengan melakukan hal-hal yang sederhana, dengan setia mengikuti antenatal care misalnya. (Baca: KB & Pencegahan Kematian Ibu Hamil dan Melahirkan) Antenatal Care atau ANC adalah rangkaian pemeriksaan yang dilakukan pada ibu dan janin dengan tujuan memberikan kesejahteraan, baik untuk ibu dan si calon bayi, sayangnya kesadaran masyarakat untuk mengikuti program kesehatan ini masih minim, padahal dampak positif yang didapat sangatlah besar. Seorang ibu hamil disar [...]

4 Manfaat Kesehatan Yang Didapat Jika Tidur Bersama Suami

4 Manfaat Kesehatan Yang Didapat Jika Tidur Bersama Suami

Ada beberapa pasangan menikah yang ternyata tidak tidur bersama. Alasannya bisa bervariasi misalnya, karena kebiasaan mendengkur, ingin menonton televisi atau sering lembur kerja.Pasangan yang tidak tidur bersama dapat kehilangan banyak hal. Mulai dari ciuman, kedekatan fisik hingga manfaat kesehatan tubuh. Seperti yang dikutip dari iMom, berikut empat efek positif tidur bersama suami.1. Mengurangi StresMenurut laporan dari Wall Street Journal, tidur bersama pasangan yang memiliki hubungan sehat dapat menurunkan kadar kortisol. Seperti yang diketahui, kortisol biasa disebut sebagai hormon stres. Para peneliti dari University of Pittsburgh di Amerika meyakini bahwa tidur bersama suami bisa membantu menurunkan kadar hormon kortisol, yang kemudian mendorong rasa aman dan keselamatan2. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit JantungKenaikan kortisol dalam jangka panjang terkait dengan peningkatan sitokin--protein yang terlibat dalam peradangan yang bisa memicu penyakit jantung, depresi, dan gangguan auto-imun. Tidur bersama mempunyai efek protektif dengan menurunkan level dari protein tersebut.3. Meningkatkan Hormon CintaSelain itu, oksitosin atau yang biasa disebut hormon cinta, juga ik [...]

Datang ke Jakarta, Miss Universe Portugal 2014 Cerita Tentang Usaha Stop Merokok

Datang ke Jakarta, Miss Universe Portugal 2014 Cerita Tentang Usaha Stop Merokok

Tidak ada kata terlambat untuk hidup sehat, begitulah prinsip dari Miss Universe Portugal 2014 Patricia da Silva. Sudah setahun ini Patricia berusaha berhenti merokok setelah sebelumnya selama bertahun-tahun tak bisa lepas dari nikotin.?"Aku berhasil setelah membaca sebuah buku tentang cara berhenti merokok," kata Patricia saat ditemui di pembukaan pusat kebugaran khusus wanita Vivafit di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (21/10/2014).Sayangnya Patricia tidak ingat persis judul buku yang dibacanya. Buku tersebut dibacanya sudah lebih dari setahun lalu. Dalam dua minggu setelah membaca buku tersebut dia berhasil mengendalikan dirinya ketika muncul keinginan untuk merokok."Semuanya itu ada di pikiran kita. Jadi ketika keinginan merokok itu datang lagi, kita harus kuat. Cari hal lain untuk mengalihkannya," ujar mahasiswi kedokteran di University of Bern, Swiss itu.Patricia sadar untuk berhenti merokok setelah bertahun-tahun menghirup asap yang bisa mematikan itu karena kekasihnya. Diakuinya kekasihnya bukanlah seorang perokok. Pria itu pun kerap menasihatinya untuk stop merokok."Dia bilang aku bau dan kulitku tidak sehat," ucapnya mengingat perkataan sang kekasih.Kini sete [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *