Idap Penyakit Langka, Ibu Ini Tak Bisa Meluapkan Emosi

lemes.jpg

Seorang wanita hidup dengan kondisi yang langka dan menyedihkan. Setiap kali ia berusaha mengutarakan emosinya seperti tertawa, bahagia, takut hingga marah yang kuat, seketika ia langsung pingsan.

Kelly Timson, 25 tahun yang berasal dari Ashford, Inggris mengidap cataplexy, sebuah kondisi medis langka dimana tubuhnya akan pingsan akibat emosi yang kuat seperti bahagia, terkejut, marah hingga cinta.

Itulah sebabnya ia tidak diperbolehkan menonton acara komedi atau bersenang-senang dengan teman-teman di club. Ia bahkan pernah jatuh pingsan hanya karena melihat kedua anaknya, Charlie (5) dan Ronnie (2) sedang bermain dengan penuh kasih sayang.

Dalam sehari, Kelly biasanya mendapat serangan cataplexy sebanyak 20 kali. Yang berbahaya adalah saat ia pingsan di tempat-tempat yang tidak aman, seperti tangga maupun dapur. “Aku kehilangan banyak waktuku akibat tertidur saat makan, aku juga tidak bisa pergi ke restoran dengan kekasihku. sangat memalukan,” ujarnya kepada Dailymail.

Selain cataplexy, ia juga mengidap narcolepsy, dimana ia seringkali tertidur saat beraktivitas. Ia mengakui saat terkena serangan itu, ia tetap bisa melihat dan mendengar namun tubuhnya tak bisa digerakkan sedikitpun. Hal ini bisa berlangsung dalam hitungan menit hingga jam.

Kelly sadar ia mengidap kelainan ini saat berusia 16 tahun, saat sedang menonton TV dan tiba-tiba pingsan padahal sebelumnya ia sudah tidur siang. Saat melahirkan di usia 19 tahun, ia ingin menggendong bayinya, namun sebentar saja ia langsung lemas dan tertidur. “Aku khawatir akan menyakiti bayiku,” tambahnya.

Kelainan ini dirasakan Kelly semakin memburuk dari masa ke masa. Dimulai saat remaja ia sudah mengidap narcolepsy dan di tahun 2007, ia juga mengidap cataplexy. Alhasil, Kelly sering lupa apa yang ia alami di hari sebelumnya.

Pernah suatu saat Kelly merasa hidupnya akan berakhir saat dirinya pingsan dan hidungnya terhimpit sofa. Ia tidak bisa bernapas dan tidak bisa berbuat apa-apa untuk menggerakkan tubuhnya. Kekhawatiran Kelly kini lebih besar, yakni takut menurunkan penyakitnya kepada anaknya.

Hingga saat ini, ia diminta untuk selalu diawasi oleh keluarga terdekatnya. Iapun mencoba beberapa pengobatan alternatif dan mencari momen dimana ia bisa sembuh dan tertawa terbahak-bahak sepuasnya.

(fer/eya)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Rahasia Sehat di Balik Manisnya Cokelat

5 Rahasia Sehat di Balik Manisnya Cokelat

Selama ini mungkin Anda selalu berusaha untuk menghindari konsumsi cokelat karena takut berat badan bertambah. Tetapi pada kenyataanya, dibalik rasanya yang nikmat, cokelat justru banyak memberikan manfaat baik untuk tubuh. Berikut enam alasan mengapa cokelat baik untuk kesehatan, seperti yang dikutip dari Beliefnet.1. Menurunkan tingkat kolesterolSebuah studi di Jepang menunjukkan bahwa meminum bahan dasar cokelat, biji kokoa alami dapat memperbaiki tingkat koleksterol Anda. Orang yang meminum cokelat dua kali sehari selama beberapa minggu dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol bail (HDL).2. Menurunkan tekanan darahSebuah penelitian pada tahun 2007 di Jerman mengungkapkan bahwa memakan seperempat ons dark chocolate atau cokelat hitam, setiap hari selama 18 minggu bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik tanpa meningkatkn berat badan. Baru-baru ini para ilmuwan di Yale University juga melaporkan bahwa mengonsumsi satu chocolate bar cokelat hitam atau dua cangkir bubuk cokelat dapat mengurangi tekanan darah dan memperbaiki fungsi pembuluh darah pada orang dewasa yang memiliki masalah kelebihan berat badan.3. Meningkatkan sirkulasi darahMem [...]

Penyebab Mata Pedih dan Menangis Saat Mengiris Bawang Merah

Penyebab Mata Pedih dan Menangis Saat Mengiris Bawang Merah

Kegiatan masak-memasak di dapur biasanya tak pernah luput dari mengiris bawang merah. Ya, bawang merah merupakan salah satu bahan yang hampir tak pernah ketinggalan dalam berbagai resep makanan. Namun mengiris bawang punya tantangan tersendiri, terutama bagi para wanita muda yang baru mulai belajar memasak.Bagi sebagian orang mengiris bawang memang bukan perkara mudah. Saat mengiris, seringkali mata akan terasa pedih dan mengeluarkan air mata. Kenapa bawang bisa membuat kita menangis?Ketika diiris, sel-sel pada bawang akan pecah dan mengeluarkan enzim yang memproduksi gas yang disebut propanethial sulphoxide. Ketika tersebut mengenai mata, gas akan bereaksi dengan air mata dan memproduksi asam bernama sulphuric acid dalam kadar ringan. Otak kemudian mengirimkan sinyal ke kelenjar air mata untuk menghasilkan lebih banyak cairan agar gas dan zat asam keluar dari mata, karena dianggap sebagai benda asing. Lebih lama dan lebih banyak bawang yang diiris, akan semakin banyak gas yang dilepaskan dan makin bercucuran juga air mata Anda. Irwin Goldman, profesor ilmu perkebunan dari University of Wisconsin-Madison menerangkan, reaksi kimia tersebut merupakan upaya tanaman bawang untuk men [...]

5 Makanan untuk Hilangkan Insomnia

5 Makanan untuk Hilangkan Insomnia

Penyakit sulit tidur atau insomia biasanya diakibatkan karena stres dan depresi. Tentunya insomnia dapat berdampak buruk pada tubuh. Apalagi, jika keesokan harinya Anda menjalani aktivitas yang padat, ketika jam tidur berantakan, tubuh menjadi tidak segar, wajah pun tampak lesu.Kini, Anda dapat mengatasi masalah insomnia dengan mencoba berbagai makanan berikut ini. Dilansir dari SheKnows, pakar diet dan ahli gizi holistik di New York City dan pendiri EatDrinkandbeGorgeous.com, Esther B. Horn, akan memberikan tipsnya.KalkunDaging kalkun dapat memproduksi zat yang dapat membuat tubuh rileks dan nyaman. "Daging Turki kaya akan asam amino triptophan yang membantu Anda untuk tidur tenang dan nyenyak. Triptophan sendiri tidak membuat Anda mengantuk," ujar Horn.PisangPisang mengandung melatonin dan triptophan (yang diubah menjadi serotonin) yang dapat membuat Anda tertidur. Buah ini juga mengandung magnesium yang membantu Anda meredakan ketegangan fisik. "Melatonin adalah hormon yang memberi sinyal pada otak bahwa sudah waktunya tubuh untuk istirahat," jelas Horn.Susu"Susu hangat adalah sumber triptophan yang memberi efek menenangkan dan membantu Anda untuk santai," terang Horn.Namun, [...]

Inilah Wanita Tertua di Dunia Berusia 127 Tahun

Inilah Wanita Tertua di Dunia Berusia 127 Tahun

Leandra Beccera Lumbreras, begitulah nama wanita asal Meksiko yang mengklaim sebagai wanita tertua di dunia itu. Leandra baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-127.Seperti dikutip CNN Meksiko, Leandra mengaku usianya mencapai 27 tahun saat Perang Dunia 1 pecah. Dan ketika Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy tewas ditembak, usianya sudah 75 tahun. Dan saat Tembok Berlin roboh, umurnya sudah 100 tahun.Usia 127 tahun menurut teman dan keluarga dicapai Leandra pada Minggu (31/8/2014). Artinya wanita tersebut lahir pada 31 Agustus 1887. Sayangnya pencapaian dari Leandra ini tidak bisa dicatat secara resmi di Guinness Book of Records karena tak memiliki akte kelahiran yang bisa menjadi bukti resmi mengenai usianya. Akte kelahirannya hilang saat dia pindah rumah 40 tahun lalu.Hidup panjang umur, Leandra sudah melihat banyak hal dalam hidupnya. Hal itu termasuk menyaksikan bagaimana lima anak dan beberapa cucunya meninggal lebih dulu darinya. Saat ini dia memiliki 73 cicit dan 55 piut (keturunan setelah cicit).Apa resep panjang umur Leandra? Menurut keluarganya, wanita yang tinggal di Zapopan, Meksiko ini selalu makan sehat, ngemil cokelat dan cukup tidur. Hingga dua tahun lalu [...]

Vaksin Penyebab Autisme?

Vaksin Penyebab Autisme?

Oleh: dr. Nadia Octavia Autisme merupakan suatu kondisi gangguan otak dimana terdapat kesulitan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Kebanyakan penyandang autisme mengalami kesulitan dalam menjalin relasi dengan orang lain. Gejala biasanya timbul sebelum anak berusia kurang dari 3 tahun: Terdapat gangguan keterlambatan belajar berbicara atau bahkan tidak bisa berbicara sama sekali Melakukan kegiatan ataupun perilaku yang berulang-ulang (repetitive) dan obsesif. Misalnya: melakukan suatu gerakan tubuh yang berulang dan akan kecewa dan marah jika rutinitas tersebut diubah. Tidak dapat melakukan kontak mata dengan lawan bicara Cenderung menarik diri dan lebih suka bermain sendiri. Autisme cenderung bersifat genetik dan diturunkan. Meskipun dasar genetik masih kurang jelas, namun diduga dikarenakan adanya mutasi genetik. Selain itu, terdapat beberapa kontroversi terkait dengan kondisi lingkungan, misalnya: logam berat, pestisida, dan yang paling menjadi momok adalah vaksin. Salah satu kandungan pada vaksin yang telah diteliti secara spesifik adalah thimerosal, yang sebelumnya pernah digunakan sebagai bahan pengawet pada beberapa jenis vaksin. Thimerosal merup [...]

Menunda Pekerjaan & Marah-marah Baik untuk Kesehatan

Menunda Pekerjaan & Marah-marah Baik untuk Kesehatan

Punya pola hidup buruk bisa mengganggu kesehatan Anda. Tapi ternyata tidak semua kebiasaan buruk itu berdampak negatif. Dikutip dari Woman?s Day, terdapat beberapa kebiasaan yang bisa Anda lakukan sesekali untuk meningkatkan mood dan kesehatan. Rutinitas buruk seperti apa yang justru menyehatkan?1. Minum Ekstra Kopi Dalam SehariMeminum kopi lebih dari secangkir dalam satu hari tidak dianjurkan. Hal itu bisa membuat tubuh kurang beristirahat. Namun, minum ekstra kopi mampu memperbaiki mood saat Anda membutuhkannya. Sebuah studi dari Archives of Internal Medicine menyatakan bahwa wanita yang minum 2 hingga 3 cangkir kopi setiap hari memiliki risiko depresi 15% lebih rendah.?Kafein membantu mengaktifkan zat dopamin dan serotonin yang mengubah suasana hati,? tutur Alberto Ascherio, M.D., seorang profesor epidemiologi dan nutrisi di Harvard School of Public Health. Penelitian terbaru juga mengatakan kalau kopi kaya antioksidan dan senyawa lain yang sehat serta melindungi tubuh dari kanker.2. Berpikiran NegatifPikiran dapat mempengaruhi aktivitas Anda. Penelitian menunjukan bahwa kunci dari kebahagiaan adalah positif thinking. Tapi, sebuah studi baru dalam Jurnal Psikologi Kepribadian [...]

Apa itu Penyakit Drakula?

Apa itu Penyakit Drakula?

Anda pasti sudah akrab dengan sosok drakula, bukan? Sudah tidak terhitung drama, film atau lagu yang terinspirasi dari sosok drakula. Tokoh ini digambarkan sebagai sosok yang membutuhkan darah untuk kelangsungan hidupnya dan takut akan sinar matahari. Namun apakah Anda pernah mendengar istilah ?Penyakit Drakula?? Apa itu pernyakit drakula? Porfiria atau dikenal juga dengan sebutan penyakit drakula adalah sebuah penyakit keturunan yang langka. Penyakit ini menyebabkan gangguan produksi bagian dari sel darah merah, yaitu heme dan porfirin. Kunci dasar dari penyakit ini adalah kegagalan produksi heme dan menyebabkan akumulasi dari porfirin, prekursor dari heme. Porfirin inilah yang dapat menyebabkan berbagai gejala pada penyakit porfiria. Kata porfiria sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti warna ungu. Apa gejala dari penyakit ini? Penyakit ini dapat menyebabkan berbagai gejala, mulai dari kulit sampai saraf. Kulit. Porfiria dapat menyebabkan sensitivitas kulit meningkat sehingga mudah melepuh ketika terkena matahari. Hal ini disebabkan karena adanya deposit porfiria yang berlebihan pada kulit. Gejala inilah yang menyebabkan penyakit ini dikenal dengan istilah ?Penyakit [...]

4 Tips Puasa Penderita Maag

4 Tips Puasa Penderita Maag

Maag atau sering disebut sebagai gastritis merupakan suatu proses peradangan atau inflamasi pada dinding yang melapisi lambung. Komplikasi dari maag dapat menyebabkan suatu penyakit luka pada lambung yang disebut sebagai Ulkus Gaster. Ulkus gaster ini disebabkan oleh ketidakseimbangan antara produksi asam lambung dengan mekanisme pertahanan dinding lambung. Apabila terjadi maag, maka dapat timbul beberapa gejala seperti perasaan tidak enak pada bagian perut sebelah kiri, mual, kembung, muntah, perasaan penuh dan sesak serta terkadang nyeri perut. Beberapa tindakan dapat menyebabkan peningkatan asam lambung yang berujung pada maag ketika berpuasa, diantaranya seperti langsung tidur tepat setelah sahur, merokok sesaat setelah berbuka puasa atau mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang banyak saat buka puasa. Para individu yang menderita maag diharapkan untuk berbuka puasa dengan jumlah yang sedikit namun sering, seperti mengkonsumsi makanan yang ringan terdahulu saat berbuka puasa. Saat berbukaatau sahur puasa coba hindari minuman yang mengandung kopi dan soda, serta hindari minuman yang terlalu manis sebab akan memicu rasa haus. Bila maag sudah berat, dapat juga konsumsi o [...]

7 Fakta dan Mitos tentang Batuk

7 Fakta dan Mitos tentang Batuk

Batuk dan pilek merupakan penyebab tersering seseorang berobat ke dokter. Sebagian besar batuk memang tidak berbahaya namun bisa sangat mengganggu. Ada banyak sekali mitos tentang batuk yang beredar di masyarakat, bahkan sering kali menimbulkan kesalahpahaman. Berikut ini adalah beberapa fakta dan mitos tentang batuk yang harus Anda ketahui: 1. Mitos: Semua batuk disebabkan oleh infeksi. Fakta: Tidak semua batuk disebabkan oleh infeksi. Batuk juga bisa disebabkan oleh alergi, adanya benda asing di saluran napas, gastro esophageal reflux disease (GERD), atau gagal jantung. 2. Mitos: Antibiotik membuat batuk lebih cepat sembuh. Fakta: Sebagian besar batuk disebabkan oleh infeksi virus, artinya pemberian antibiotik tidak akan berpengaruh apa pun. Antibiotik hanya diberikan jika batuk memang disebabkan oleh bakteri. Penggunaan antibiotik yang tidak sesuai bisa sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kuman menjadi kebal (resisten). Berikut fakta pelurusan mitos seputar batuk lainnya selengkapnya di halaman selanjutnya. 7 Fakta dan Mitos tentang Batuk 3. Mitos: Batuk lama pasti disebabkan oleh tuberkulosis (TBC). Fakta: Ada banyak penyebab batuk kronis atau batuk [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *