Idap Penyakit Langka, Ibu Ini Tak Bisa Meluapkan Emosi

lemes.jpg

Seorang wanita hidup dengan kondisi yang langka dan menyedihkan. Setiap kali ia berusaha mengutarakan emosinya seperti tertawa, bahagia, takut hingga marah yang kuat, seketika ia langsung pingsan.

Kelly Timson, 25 tahun yang berasal dari Ashford, Inggris mengidap cataplexy, sebuah kondisi medis langka dimana tubuhnya akan pingsan akibat emosi yang kuat seperti bahagia, terkejut, marah hingga cinta.

Itulah sebabnya ia tidak diperbolehkan menonton acara komedi atau bersenang-senang dengan teman-teman di club. Ia bahkan pernah jatuh pingsan hanya karena melihat kedua anaknya, Charlie (5) dan Ronnie (2) sedang bermain dengan penuh kasih sayang.

Dalam sehari, Kelly biasanya mendapat serangan cataplexy sebanyak 20 kali. Yang berbahaya adalah saat ia pingsan di tempat-tempat yang tidak aman, seperti tangga maupun dapur. “Aku kehilangan banyak waktuku akibat tertidur saat makan, aku juga tidak bisa pergi ke restoran dengan kekasihku. sangat memalukan,” ujarnya kepada Dailymail.

Selain cataplexy, ia juga mengidap narcolepsy, dimana ia seringkali tertidur saat beraktivitas. Ia mengakui saat terkena serangan itu, ia tetap bisa melihat dan mendengar namun tubuhnya tak bisa digerakkan sedikitpun. Hal ini bisa berlangsung dalam hitungan menit hingga jam.

Kelly sadar ia mengidap kelainan ini saat berusia 16 tahun, saat sedang menonton TV dan tiba-tiba pingsan padahal sebelumnya ia sudah tidur siang. Saat melahirkan di usia 19 tahun, ia ingin menggendong bayinya, namun sebentar saja ia langsung lemas dan tertidur. “Aku khawatir akan menyakiti bayiku,” tambahnya.

Kelainan ini dirasakan Kelly semakin memburuk dari masa ke masa. Dimulai saat remaja ia sudah mengidap narcolepsy dan di tahun 2007, ia juga mengidap cataplexy. Alhasil, Kelly sering lupa apa yang ia alami di hari sebelumnya.

Pernah suatu saat Kelly merasa hidupnya akan berakhir saat dirinya pingsan dan hidungnya terhimpit sofa. Ia tidak bisa bernapas dan tidak bisa berbuat apa-apa untuk menggerakkan tubuhnya. Kekhawatiran Kelly kini lebih besar, yakni takut menurunkan penyakitnya kepada anaknya.

Hingga saat ini, ia diminta untuk selalu diawasi oleh keluarga terdekatnya. Iapun mencoba beberapa pengobatan alternatif dan mencari momen dimana ia bisa sembuh dan tertawa terbahak-bahak sepuasnya.

(fer/eya)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Memahami Karakteristik Golongan Darah A, B, AB, dan O

Memahami Karakteristik Golongan Darah A, B, AB, dan O

Golongan darah tiap individu tidak sama. Perbedaan golongan darah dikelompokkan kepada tipe A, B, AB, atau O. Status rhesus (Rh) darah pun bisa tergolong negatif atau positif. Perbedaan-perbedaan tersebut perlu diperhatikan dalam penggunaan darah di dunia medis. Baik bagi Anda untuk mengetahui karakteristik tersebut, mengingat darah memiliki peranan penting pada tubuh. Golongan darah seseorang ditentukan berdasarkan ada atau tidaknya zat antigen pada sel darah merah dan plasma darah . Antigen berfungsi seperti tanda pengenalan sel tubuh Anda. Ini supaya tubuh bisa membedakan sel tubuh sendiri dari sel yang berasal dari luar tubuh. Jika sel dengan antigen berlawanan masuk ke dalam tubuh, maka sistem kekebalan tubuh akan mulai perlawanan terhadap sel yang dianggap asing tersebut dan memproduksi antibodi. Ada dua teknik yang kerap dipakai untuk mengelompokkan darah, yaitu menggunakan sistem ABO dan rhesus (Rh). Kedua sistem ini bisa sangat membantu jika Anda ingin melakukan transfusi darah. Melalui sistem ABO, Anda bisa mengetahui golongan darah Anda, apakah A, B, AB atau O. Jika Anda memiliki golongan darah A, maka Anda memiliki antigen A pada sel darah merah dan memproduksi antib [...]

4 Tips Turunkan Kolesterol Jahat yang Bisa Dilakukan Sehari-hari

4 Tips Turunkan Kolesterol Jahat yang Bisa Dilakukan Sehari-hari

Kolesterol sangat penting bagi tubuh jika masih dalam kadar yang sesuai, namun jika terlalu banyak justru dapat menyebabkan penyakit-penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung, stroke dan lainnya. Untuk mengatasi kadar kolesterol yang tinggi, tips-tips dari Health Me Up berikut dapat Anda coba:1. Berhenti MerokokJika Anda seorang perokok, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik dan waktu yang sama meningkatkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, perokok juga dapat mengalami jantung berdebar yang dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka secara keseluruhan.2. Banyak BerolahragaOlahraga adalah solusi terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol yang cukup tinggi. Para ahli menyatakan, olahraga selama 40-60 menit perhari akan membantu mengurangi kadar kolesterol jahat sekitar 5-10% dan meningkatkan kolesterol baik hingga 3-6%. Untuk itu, lakukan aktivitas fisik yang intens seperti jogging, aerobik, pilates, latihan cardio atau latihan yang lainnya secara rutin. Minimal tiga kali seminggu.3. Perhatikan Konsumsi MakananUntuk mengurangi kolesterol, Anda harus mulai menjaga asupan makanan. Kurangi makanan yang mengandung lemak jenu [...]

Kenapa Pusing Setelah Olahraga?

Kenapa Pusing Setelah Olahraga?

Pernahkah Anda mengeluh sakit kepala setelah olahraga? Bukankah seharusnya olahraga mengurangi sakit kepala? Kenapa bisa sakit kepala setelah olahraga? Apakah itu gejala penyakit? Atau sesuatu yang normal? Berikut penjelasannya. Nyeri kepala yang muncul setelah olahraga disebut sebagai effort migraine atau exercise related migraine. Pada saat olahraga terjadi pelebaran pembuluh darah yang dapat menyebabkan teregangnya saraf dan menghasilkan nyeri. Jika hal ini terjadi, bukan berarti Anda harus berhenti olahraga. Effort migraine biasanya disebabkan oleh olahraga yang terlalu berlebihan atau olahraga ekstrim. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah sakit kepala setelah berolahraga: Tips Mencegah Pusing Setelah Olahraga Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah sakit kepala setelah berolahraga: 1. Pemanasan Pemanasan penting untuk mencegah sakit kepala pasca olahraga karena membuat tubuh bekerja secara bertahap. 2. Mulai dari intensitas ringan Jangan lakukan olahraga intensitas tinggi secara mendadak, selalu mulai dari intensitas ringan kemudian bertahap naik. Olahraga angkat beban merupakan salah satu [...]

Statin Dapat Mencegah Glaukoma

Statin Dapat Mencegah Glaukoma

Berdasarkan sebuah studi terbaru, konsumsi obat anti kolesterol yang disebut statin dapat menurunkan risiko berkembangnya glaukoma sebanyak 8%. Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Ophthalmology bulan Oktober 2012 berdasarkan klaim yang dibuat oleh 300,000 pasien dengan kolesterol tinggi yang mengkonsumsi statin selama minimal 2 tahun. Peneliti Dr. Joshua Stein mengatakan bahwa statin dapat memperbaiki aliran darah ke struktur dan jaringan pada mata, termasuk saraf mata, dan mengurangi tekanan dalam mata. Stein merupakan asisten profesor dalam bidang oftalmologi di Kellogg Eye Center, University of Michigan. Namun, beliau mengingatkan bahwa hubungan tersebut baru terlihat pada pasien-pasien yang didiagnosis memiliki kadar kolesterol darah yang tinggi, dan tidak diketahui apakah statin memiliki efek mengurangi risiko glaukoma pada pasien dengan kadar kolesterol yang normal. ?Walaupun terlihat menjanjikan, kami ingin memastikan temuan ini sebelum kami dapat menyarankan dokter untuk mengubah tatalaksana pasien dengan glaukoma,? ujar Stein. ?Statin diketahui sebagai obat yang relatif aman, namun terdapat beberapa efek samping yang diasosiasikan dengan penggunaannya, dan kita perlu me [...]

Limfoma, Ketika Sel Pertahanan Tubuh Menjadi Ganas

Limfoma, Ketika Sel Pertahanan Tubuh Menjadi Ganas

Setiap manusia memiliki sel pertahanan tubuh yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari penyakit. Sel darah yang berfungsi untuk melakukan hal ini adalah limfosit. Namun, apabila sel darah ini berkembang dengan tidak normal maka akan menyebabkan gangguan pada sistem tubuh manusia. Apa itu limfoma? Limfoma adalah keganasan pada kelenjar getah bening, yang berisi sel-sel yang berperan dalam imunitas tubuh, seperti sel B, sel T dan histiosit. Limfoma terbagi menjadi dua yaitu yaitu Hodgkin's Disease/penyakit Hodgkin (PH) dan Non-Hodgkin Lymphoma/limfoma non Hodgkin (LNH). Keduanya dibedakan berdasarkan temuan pada pemeriksaan patologi anatomi dari jaringan hasil biopsi. Apa yang menyebabkan limfoma? Apa yang Menyebabkan Limfoma? Peneliti masih berusaha untuk mencari penyebab dari keganasan ini. Namun ada beberapa faktor risiko dalam terjadinya limfoma. Beberapa faktor risiko tersebut diantaranya adalah: umur (limfoma non Hodgkin ditemukan umumnya pada usia di atas 60 tahun), bahan kimia dan radiasi, penyakit autoimun, dan infeksi. Apa saja gejala limfoma? Terdapat beberapa gejala dari limfoma. Berikut adalah gejala limfoma yang umum ditemui: � Li [...]

Wow, Obat Agar Awet Muda Telah Ditemukan

Wow, Obat Agar Awet Muda Telah Ditemukan

Kabar bahagia bagi Anda yang ingin selalu tampak muda. Para peneliti dari Durham University mengklaim telah menemukan obat yang bisa memperlambat penuaan, dengan kata lain, obat awet muda.Seperti yang dikutip dari Daily Mail, para peneliti tersebut percaya bahwa obat yang telah mereka temukan itu dapat membuat orang tetap sehat walau dalam usia senja. Obat ini juga diklaim dapat atasi kondisi kelainan pada anak yang tumbuh tua sebelum waktunya.Ketua peneliti, Chris Hutchison mengatakan, "Temuan ini merupakan tahap awal, tetapi mereka menunjukkan adanya potensi untuk membantu orang agar hidup nyaman dan terhindar dari penyakit ketika mereka berusia 70 atau 80 hingga seterusnya."Hutchison juga menggunakan obat ini untuk memperlambat penuaan sel-sel pada anak-anak yang mengalami Progeria Progresif -- sebuah kelainan genetik yang menyebabkan anak-anak tua sebelum waktunya. Anak-anak dengan progeria, juga dikenal sebagai progeria Gilford Hutchinson-sindrom (HGPS), biasanya tampak normal saat lahir.Pada 12 bulan setelah kelahiran, gejala seperti perubahan kulit dan rambut rontok, mulai muncul. Harapan hidup rata-rata untuk seorang anak dengan progeria adalah 13 tahun, tetapi beberapa [...]

Kapan Harus Mengonsumsi Obat Telat Datang Bulan?

Kapan Harus Mengonsumsi Obat Telat Datang Bulan?

Jika Anda mengalami gangguan menstruasi, jangan buru-buru mengonsumsi obat datang bulan. Ketahui dulu penyebabnya. Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa terjadi pada tiap wanita. Salah satu cara untuk mengatasinya dengan mengonsumsi obat datang bulan. Namun, sebelum Anda mengonsumsinya, ada baiknya mengetahui apa penyebabnya agar Anda dapat memilih obat apa yang tepat. Umumnya wanita mengalami siklus menstruasi sekitar 11-13 kali dalam setahun. Namun jika Anda mengalami telat datang bulan, frekuensi siklus menstruasi Anda akan lebih sedikit. Penyebab Telat Datang Bulan dan Cara Mengatasinya Penyebab telat datang bulan yang dialami tiap wanita berbeda-beda. Ada yang terjadi karena hal normal, namun ada pula yang mengalami keterlambatan akibat efek samping kontrasepsi dan juga karena kondisi kesehatan. Berikut beberapa penyebab beserta cara mengatasinya: Stres. Kondisi ini bisa memengaruhi hormon Anda, mengubah rutinitas harian tubuh Anda serta berdampak pada bagian otak yang bertugas mengatur siklus menstruasi. Selain itu, stres juga bisa memicu penurunan atau kenaikan berat badan secara tiba-tiba yang dapat berdampak pada siklus menstruasi Anda. Memiliki berat badan yang tida [...]

Apa Dampak Jika Anak Vegetarian?

Apa Dampak Jika Anak Vegetarian?

Oleh: dr. Aditiha Kwee Bila banyak orang dewasa yang beralih menjadi seorang vegetarian, bukan berarti anak-anak tidak bisa menjadi vegetarian. Saat ini anak-anak pun sudah mulai dibiasakan untuk menjadi vegetarian karena menjadi vegetarian terbukti akan memperpanjang angka harapan hidup dan menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit. Anak dengan vegetarian badannya akan lebih kecil dibanding dengan anak yang bukan vegetarian, namun seiring bertambahnya usia si anak, dia akan mencapai ukuran anak-anak seusianya. Karena anak-anak masih dalam proses tumbuh kembang, maka terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan karena menjadi vegetarian berarti akan kekurangan beberapa nutrient yang hanya terdapat pada makanan hewani, seperti zat besi, vitamin D, vitamin B12, dan lemak.. Bayi dengan usia lebih dari 4-6 bulan harus mendapat suplemen zat besi. Suplemen vitamin D dibutuhkan oleh anak usia di bawah 1 tahun. Suplemen vitamin B12 juga akan dibutuhkan si anak. Anak usia di bawah 2 tahun akan membutuhkan ekstra lemak untuk perkembangan otak dan sarafnya, oleh karena itu janganlah memberikan susu rendah lemak kepada si anak. Seorang vegetarian akan mendapatkan banyak asupan serat. Namun, [...]

Mengapa Anda tidak Dianjurkan Minum Alkohol?

Mengapa Anda tidak Dianjurkan Minum Alkohol?

Minuman beralkohol begitu digemari di belahan bumi manapun, termasuk di tanah air kita ini. Mulai dari kelas atas, menengah, hingga kelas bawah semuanya ingin merasakan nikamatnya minum alkohol. Tak mengherankan jika kemudian kita lihat di surat kabar tak sedikit mereka yang tewas karena mengkonsumsi miras oplosan, dimana jenis alkohol yang berbahaya bagi tubuh dicampur sedemikian rupa dan disulap menjadi minuman berharga murah, yang bisa dibeli siapa saja, namun dampak sesudahnya? Anda tahu jawabannya. Meskipun digemari Anda mungkin sering mendengar larangan dokter untuk tidak mengkonsumsi alkohol, terutama ketika Anda sedang berobat. Kali ini kami akan menjelaskan alasan dibalik larangan dokter yang bukan tanpa tujuan ini. Ketika kita sakit, kita acap kali harus mengkonsumsi obat-obatan. Bahaya Alkohol Pada Kesehatan Obat yang kita minum, sebagian besar harus melalui organ hati untuk melalui sejumlah proses metabolisme, hasil akhirnya adalah substansi racun yang berbahaya bagi tubuh dan harus dikeluarkan kembali lewat ginjal, dalam bentuk kencing. Dalam proses metabolisme di hati, peranan dari substansi yang bernama glutation sangat penting dalam pembentu [...]

Kerja Lembur Bisa Tingkatkan Risiko Sakit Jantung

Kerja Lembur Bisa Tingkatkan Risiko Sakit Jantung

Banyak anggapan yang mengatakan bahwa kerja lembur atau overtime seringkali memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Nampaknya hal tesebut benar adanya, kerja berlebihan bisa merusak kesehatan Anda dalam jangka panjang.Seperti yang dikutip dari Health, orang yang bekerja rata-rata 11 jam atau lebih dalam sehari memeiliki risiko 67 persen lebih tinggi menderita serangan jantung atau bahkan kematian dibandingkan orang yang bekerja standar, tujuh hingga delapan jam sehari. Menurut sebuah studi terbaru dari Annals of Internal Medicine, mereka yang bekerja antara 10 hingga 11 jam memiliki risiko 45 pesen lebih tinggi."Jadwal kerja mungkin seringkali diabaikan dan kurang dimanfaatkan sebagai tanda atau peringatan dini untuk penyakit jantung," ujar Mika Kivimaki, seorang profesor epidemiologi dan kesehatan masyarakat di University College London.Lamanya waktu bekerja mungkin tidak secara langsung memberikan dampak negatif pada kesehatan. Menurut para ahli, serangan jantung bisa saja terjadi karena gaya hidup yang salah. Orang yang lembur biasanya cenderung untuk memakan makanan yang tak sehat, tidak aktif akibat duduk terlalu lama untuk mengerjakan pekerjaannya, kurang tidur dan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *