Idap Penyakit Langka, Ibu Ini Tak Bisa Meluapkan Emosi

lemes.jpg

Seorang wanita hidup dengan kondisi yang langka dan menyedihkan. Setiap kali ia berusaha mengutarakan emosinya seperti tertawa, bahagia, takut hingga marah yang kuat, seketika ia langsung pingsan.

Kelly Timson, 25 tahun yang berasal dari Ashford, Inggris mengidap cataplexy, sebuah kondisi medis langka dimana tubuhnya akan pingsan akibat emosi yang kuat seperti bahagia, terkejut, marah hingga cinta.

Itulah sebabnya ia tidak diperbolehkan menonton acara komedi atau bersenang-senang dengan teman-teman di club. Ia bahkan pernah jatuh pingsan hanya karena melihat kedua anaknya, Charlie (5) dan Ronnie (2) sedang bermain dengan penuh kasih sayang.

Dalam sehari, Kelly biasanya mendapat serangan cataplexy sebanyak 20 kali. Yang berbahaya adalah saat ia pingsan di tempat-tempat yang tidak aman, seperti tangga maupun dapur. “Aku kehilangan banyak waktuku akibat tertidur saat makan, aku juga tidak bisa pergi ke restoran dengan kekasihku. sangat memalukan,” ujarnya kepada Dailymail.

Selain cataplexy, ia juga mengidap narcolepsy, dimana ia seringkali tertidur saat beraktivitas. Ia mengakui saat terkena serangan itu, ia tetap bisa melihat dan mendengar namun tubuhnya tak bisa digerakkan sedikitpun. Hal ini bisa berlangsung dalam hitungan menit hingga jam.

Kelly sadar ia mengidap kelainan ini saat berusia 16 tahun, saat sedang menonton TV dan tiba-tiba pingsan padahal sebelumnya ia sudah tidur siang. Saat melahirkan di usia 19 tahun, ia ingin menggendong bayinya, namun sebentar saja ia langsung lemas dan tertidur. “Aku khawatir akan menyakiti bayiku,” tambahnya.

Kelainan ini dirasakan Kelly semakin memburuk dari masa ke masa. Dimulai saat remaja ia sudah mengidap narcolepsy dan di tahun 2007, ia juga mengidap cataplexy. Alhasil, Kelly sering lupa apa yang ia alami di hari sebelumnya.

Pernah suatu saat Kelly merasa hidupnya akan berakhir saat dirinya pingsan dan hidungnya terhimpit sofa. Ia tidak bisa bernapas dan tidak bisa berbuat apa-apa untuk menggerakkan tubuhnya. Kekhawatiran Kelly kini lebih besar, yakni takut menurunkan penyakitnya kepada anaknya.

Hingga saat ini, ia diminta untuk selalu diawasi oleh keluarga terdekatnya. Iapun mencoba beberapa pengobatan alternatif dan mencari momen dimana ia bisa sembuh dan tertawa terbahak-bahak sepuasnya.

(fer/eya)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Menimbang Kelebihan dan Kekurangan Suntik KB

Menimbang Kelebihan dan Kekurangan Suntik KB

Suntik KB adalah salah satu metode kontrasepsi yang biasa digunakan untuk menunda kehamilan. Namun seperti metode kontrasepsi lainnya, suntik KB memiliki beberapa kekurangan dan tidak disarankan bagi wanita yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Suntik KB adalah kontrasepsi hormonal yang disuntikkan pada bagian tertentu tubuh seperti lengan atas, paha, atau bokong. Setelah disuntikkan, kadar hormon akan meningkat dan kemudian menurun secara bertahap hingga suntikan selanjutnya. Di Indonesia, berdasarkan jangka waktu, terdapat dua jenis suntik KB yang paling umum digunakan, yaitu suntik KB 1 bulan dan suntik KB 3 bulan. Suntikan KB 3 bulan mengandung hormon progestin, sementara suntikan KB 1 bulan mengandung kombinasi hormon progestin dan hormon estrogen, dengan kadar progestin yang lebih rendah. Suntik KB 1 Bulan Sesuai namanya, KB ini disuntikkan tiap 30 hari sekali. Suntik KB ini bekerja dengan menghentikan pelepasan sel-sel telur dari rahim dan juga membuat cairan vagina menebal sehingga mencegah sperma bertemu dengan sel telur. Selain itu suntikan ini juga mempertipis dinding rahim sehingga mempersulit implantasi sel telur. Jika tidak terlambat diberikan, suntikan KB bula [...]

Ketahui Tanda Awal Penyakit Jantung

Ketahui Tanda Awal Penyakit Jantung

Pada Hari Jantung Sedunia yang jatuh pada 29 September lalu, pakar kesehatan menekankan bahwa 80% angka kematian dini karena penyakit jantung dan pembuluh darah dapat dihindari apabila empat faktor risiko utamanya dapat dikendalikan, antara lain merokok, diet yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, dan konsumsi alkohol (Depkes, 2014). Selain melakukan pengendalian faktor risiko, masyarakat perlu memahami tanda dan gejala awal penyakit jantung agar dapat dilakukan deteksi dan penanganan sejak dini. Tidak seperti gambaran sakit jantung yang banyak diketahui saat ini, penyakit jantung memiliki onset gejala yang lambat, dan sering kali tidak disadari oleh penderitanya. Dan ketika gejala timbul, umumnya kerusakan yang terjadi sudah cukup berat. Berbagai jenis penyakit jantung dapat memberikan gambaran gejala yang serupa. Seperti pada serangan jantung, penyakit jantung koroner, maupun gagal jantung. Walaupun begitu, penanganan masing-masing penyakit berbeda-beda. Orang yang pernah mengalami serangan jantung sebelumnya juga mungkin akan mengalami gejala yang berbeda pada serangan kedua. Tanda awal serangan jantung dapat bermanifestasi sebagai satu gejala atau kombinasi diantaranya. U [...]

Penyebab & Cara Kurangi Bau Mulut Saat Berpuasa

Penyebab & Cara Kurangi Bau Mulut Saat Berpuasa

Saat berpuasa, masalah bau mulut sering terjadi dan terkadang membuat seseorang menjadi tidak percaya diri ketika berbicara. Sebelum mencari tahu cara untuk meminimalisir bau mulut, Anda perlu tahu kenapa napas cenderung berbau tak sedap saat berpuasa.Dijelaskan praktisi gaya hidup sehat dr. Phaidon L. Toruan, saat berpuasa otomatis kita kurang mengonsumsi karbohidrat dan cadangan makanan dalam tubuh berkurang. Karena kekurangan karbohidrat, tubuh akan membakar lemak sebagai energi."Proses pemecahan lemak tinggi menghasilkan ketone. Zat inilah yang yang membuat bau. Memang tidak ada cara untuk menghilangkannya tapi bisa diminalisir," terang dr. Phaidon saat dihubungi wolipop lewat telepon, Rabu (18/07/2012).Untuk mengurangi bau napas tak sedap selama berpuasa, penulis buku 'Fat Loss Not Weight Loss' ini menganjurkan untuk perbanyak konsumsi buah-buahan saat sahur, atau bisa juga sayuran yang memiliki aroma khas seperti kemangi. Semakin banyak memakan buah dan sayur akan membuat gula darah stabil dan pemecahan lemak berkurang sehingga pelepasan ketone pun tak berlebihan.Selain itu masih ada beberapa cara lainnya yang bisa Anda santap saat sahur untuk menjaga napas tetap segar sel [...]

Ini Dia Ragam Rehabilitasi Medik

Ini Dia Ragam Rehabilitasi Medik

Rehabilitasi adalah kegiatan medis yang dilakukan guna mengembalikan fungsi tubuh yang mengalami masalah. Rehabilitasi dilakukan pada pasien yang memiliki gangguan baik fisik maupun mental dengan tujuan untuk mengembalikan fungsi yang rusak. Ada beragam jenis rehabilitasi dan masing-masing disesuaikan dengan tujuan dan penyebabnya masing-masing. Beragam Jenis Rehabilitasi Berikut ini adalah beberapa penyakit atau gangguan medis yang memerlukan rehabilitasi medik. Rehabilitasi pada penderita masalah jantung Pada pasien dengan masalah jantung, tingkat kegiatan rehabilitasi akan dimulai dengan aktivitas ringan seperti berpindah tempat dari tempat tidur ke kursi, atau sekadar bangun dari posisi tidur ke posisi duduk. Kemudian ditingkatkan pada pertemuan kedua atau ketiga ketika pasien sudah mulai merasa nyaman dengan kegiatan sebelumnya. Misalnya pasien mulai mengganti pakaian tanpa dibantu, berdandan, atau berjalan kaki dengan jarak pendek. Jika pada saat aktivitas mulai meningkat dan pasien merasa kelelahan, maka pasien akan dianjurkan untuk berhenti. Kemudian dokter akan melakukan evaluasi guna menentukan kegiatan apa yang cocok. Rehabilitasi ini dilakukan pada pasien pasca opera [...]

Tidak Makan Daging Bisa Terhindar dari Kanker, Mitos atau Fakta?

Tidak Makan Daging Bisa Terhindar dari Kanker, Mitos atau Fakta?

Apa tujuan seseorang menjadi vegetarian? Kebanyakan orang menghindari makan daging dan beralih ke sayuran untuk mendapatkan hidup yang sehat. Salah satunya untuk terhindari dari penyakit kanker.Sejumlah pendapat memang menyatakan bahwa konsumsi sayuran dan buah, atau bahan-bahan lain yang berasal dari nabati lebih sehat ketimbang hewani. Tapi benarkah tidak makan daging sama sekali bisa mencegah kanker?Menurut Ketua Cancer Council Australia Kathy Chapman, diet berbabis nabati seperti buah, sayuran dan gandum utuh memang bisa melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker tertentu. Namun belum ada bukti pasti bahwa menghindari semua makanan yang terbuat dari daging akan mengurangi risiko terkena kanker."Kami di Cancer Council jelas menyarankan orang untuk banyak makan buah dan sayuran. Jika Anda ingin menjalani diet vegetarian maka Anda harus memastikan bahan-bahannya memang sehat. Tapi jika tujuannya untuk menurunkan risiko kanker, itu tidak selalu," terang Kathy yang juga anggota komite nutrisi dan aktivitas fisik Australia, seperti dikutip dari ABC Australia.Jika tujuannya untuk hidup sehat maka mengonsumsi banyak sayur dan buah adalah hal yang tepat. Namun sekali lagi Kathy mene [...]

Pantang 4 Makan Ini Jika Anda Sakit Tenggorokan

Pantang 4 Makan Ini Jika Anda Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan terjadi ketika tenggorokan meradang dan timbul iritasi. Rasa nyeri dapat disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan karena virus dan bakteri, atau bisa juga ditimbulkan oleh demam, polusi, dan asap rokok. Kondisi dapat memburuk jika Anda mengonsumsi jenis-jenis makanan tertentu. Apa saja makanan-makanan tersebut? Berikut rinciannya: 1. Makanan berlemak Tahanlah diri Anda untuk tidak menyantap makanan tinggi lemak seperti daging merah, produk susu tinggi lemak, kue panggang, dan makanan goreng. Menurut ahli gizi Ilyse Schapir, makanan berlemak lebih sulit untuk dicerna dan dapat menekan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda ingin makan daging, pilihlah daging tanpa lemak seperti kalkun, ikan, dan ayam. Jenis makanan lainnya yang harus dihindari: Jenis makanan lainnya yang harus dihindari: 2. Makanan asam Hindari dulu makanan asam seperti jeruk, limau, dan lemon karena dapat menimbulkan iritasi dan memperburuk sakit tenggorokan. Sebagai gantinya, konsumsilah buah-buahan yang menenangkan tenggorokan seperti pisang, melon, kiwi, dan persik. Jangan khawatir kekurangan vitamin C, karena Anda masih dapat mengonsumsi kale dan paprika merah sebagai alter [...]

Jangan Sepelekan Biang Keringat

Jangan Sepelekan Biang Keringat

Gangguan kesehatan kulit yang sering dialami oleh bayi adalah biang keringat atau biasa disebut dalam istilah medis dengan miliaria. Tersumbatnya kelenjar keringat pada permukaan kulit menjadi penyebab utamanya. Berbeda dengan orang dewasa, fungsi kelenjar keringat pada bayi memang belum sempurna. Gejala biang keringat meliputi munculnya bintil-bintil kecil berwarna merah yang kadang-kadang berisi air, dengan atau tidak disertai kulit yang tampak kemerahan. Biang keringat rasanya gatal dan menimbulkan rasa tidak nyaman serta terkadang kulit terasa panas. Biasanya, biang keringat muncul pada bagian tubuh yang terlipat dan banyak berkeringat seperti ketiak, lipatan siku dan leher, paha dan lain-lain. Bila bayi terkena biang keringat, lakukan hal-hal berikut ini: Bila bayi terkena biang keringat, lakukan hal-hal berikut ini: Jagalah kulit anak agar selalu kering Pakai topi dan payung jika akan bepergian keluar Jangan biarkan anak menggaruk biang keringat karena hal tersebut akan membuat kulit iritasi dan infeksi Gunakan sabun antiseptik bila kulit mengalami infeksi Pilih bahan pakaian yang mudah menyerap, seperti katun [...]

Mau Bebas Kanker Prostat? Sunat!

Mau Bebas Kanker Prostat? Sunat!

Perdebatan mengenai sirkumsisi (sunat) terus berlangsung terutama di negara-negara barat. Prosedur sirkumsisi merupakan suatu prosedur yang pada umumnya dilakukan karena alasan agama, namun pada tahun 2007 WHO (World Health Organization) menyatakan bahwa 1/3 pria di Amerika melakukan sirkumsisi bukan karena alasan agama. ? Mengapa terjadi fenomena ini? Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Jonathan Wright dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Amerika menyebutkan bahwa sirkumsisi melindungi pria dari penyakit kanker prostat. Studi ini menunjukkan bahwa pria yang disirkumsisi sebelum pertama kali melakukan hubungan seksual memiliki resiko terkena kanker prostat lebih kecil sebanyak 15% dibandingkan yang tidak disirkumsisi. ? Apa buktinya? Dokter Wright meneliti 3.399 pria yang terbagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama menderita penyakit dan kelompok kedua tidak menderita penyakit kanker prostat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar subjek dalam kelompok dari kelompok pertama sudah disirkumsisi sebelum melakukan hubungan seksual pertama kalinya. Mau Bebas Kanker Prostat? Sunat! ? Bagaimana prosesnya? Ternyata ada beberapa kuman yang dapat [...]

Kecanduan, Wanita Ini Makan 1/2 Ton Masker untuk Wajah

Kecanduan, Wanita Ini Makan 1/2 Ton Masker untuk Wajah

Masker biasanya digunakan wanita untuk membuat wajah lebih halus dan bebas jerawat. Namun tidak dengan wanita asal California ini. Dia justru kecanduan memakan masker. Sudah 1/2 ton masker dimakannya.Masker biasanya digunakan wanita untuk membuat wajah lebih halus dan bebas jerawat. Namun tidak dengan wanita asal California ini. Dia justru kecanduan memakan masker. Wanita bernama Natasha itu kecanduan memakan masker wajah sejak tujuh tahun lalu. Jika dihitung, sudah sekitar 1/2 ton masker dimakannya dari dulu hingga sekarang.Kecanduan Natasha makan masker ini terungkap dalam salah satu episode acara yang tayang di TLC, 'My Strange Addiction'. Tampil dalam acara tersebut, wanita 40 tahun menjelaskan kenapa dia suka makan masker."Rasanya luar biasa, seperti batu-batuan bahas dan itu selalu membuatku senang. Aku memang orang yang menyukai bau-bauan tanah," katanya seperti dikutip Daily Mail.Setiap harinya Natasha mengonsumsi setoples masker. Dia seringkali mengganti konsumsi makanannya dengan masker wajah tersebut. Terkadang, dia juga ngemil masker wajah dengan mencelupkan keripik kentang ke dalam larutan masker."Baunya aku suka dan teksturnya di mulutku. Kasarnya pasir yang beruba [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *