Ikan untuk Mencegah Alzheimer

Mencegah_Alzheimer.jpg

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan ikan secara teratur mungkin memiliki resiko yang lebih rendah untuk dapat terjangkit penyakit Alzheimer. Orang tua yang makan ikan panggang atau kukus setidaknya sekali seminggu dapat meningkatkan kesehatan otak mereka. Dalam sebuah studi baru, scan pencitraan menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi ikan secara teratur cenderung memiliki lebih sedikit sel-sel otak mati di area otak yang bertanggung jawab untuk mengingat memori jangka pendek. Misalnya, untuk mengingat nomor telepon yang baru saja didengar.

?Dan orang-orang yang mengkonsumsi ikan, baik panggang ataupun kukus secara mingguan dan tidak kehilangan sel-sel otak memiliki kemungkinan yang sangat rendah untuk bisa terserang penyakit Alzheimer, atau gangguan mental ringan.? Kata Cyrus Raji, MD, PhD, dari University of Pittsburgh School of Medicine seperti dilansir dari WebMD pada hari jumat 30 Desember 2011.

Beberapa studi telah mengaitkan, sebuah diet yang kaya akan ikan dengan berkurangnya resiko terserang penyakit Alzheimer. Manfaat ini diduga berasal dari asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan. Meskipun penelitian dari suplemen minyak ikan memiliki hasil yang mengecewakan terhadap orang-orang yang sudah terjangkit penyakit Alzheimer.

?studi baru ini adalah yang pertama untuk membangun hubungan langsung antara mengkonsumsi ikan, struktur otak, dan resiko penyakit Alzheimer,? kata Raji. ?lebih banyak ikan, lebih banyak otak, sedikit Alzheimer.? Kata Raji pada WebMD. Raji mempresentasikan temuannya disini, di pertemuan tahunan Radiological Society of North America.

Sebanyak 5,1 juta warga Amerika mungkin memiliki penyakit Alzheimer, sebuah penyakit yang tidak bisa disembuhkan, sebuah penyakit progresif otak yang perlahan menghancurkan ingatan. Orang-orang dengan gangguan mental ringan memiliki kehilangan memori lebih besar dari yang diharapkan pada penuaan normal, tetapi pada tingkat yang lebih rendah daripada Alzheimer.

Penelitian ini melibatkan 260 orang, dengan usia rata-rata 71 tahun, yang tidak memiliki masalah dengan ingatan pada 1989-1990. Semua peserta mengisi kuesionair yang menanyakan berapa banyak ikan yang mereka makan, dan bagaimana mereka mempersiapkannya. Ada 164 orang yang makan ikan setidaknya mingguan. Kebanyakan dari merekan makan ikan 1-4 kali seminggu.

Scan pencitraan otak diambil pada awal studi dan rata-rata sekitar tujuh tahun kemudian. ?apa yang kami temukan,? kata Raji, ?jika anda tidak makan ikan, sel-sel otak akan mati, dan penyakit Alzheimer akan berkembang hingga 47% atau gangguan ringan selama lima tahun ke depan.?

Di sisi lain, hanya 3% orang yang makan ikan setiap minggu dan sel-sel otak orang tersebut telah terlindungi dari penyakit Alzheimer atau gangguan ringan.

Para peneliti mencoba untuk memperhitungkan faktor risiko lain pada hilangnya ingatan yang dapat mempengaruhi hasil penelitian, termasuk usia, jenis kelamin, pendidikan, obesitas, dan aktivitas fisik. Namun, hasil penelitian yang menyatakan hubungan keterkaitan antara ikan, volume otak, dan demensia adalah tetap, tidak berubah. Tapi, adalah mungkin bahwa faktor gaya hidup lainnya, seperti makan sedikit daging, bisa juga memberikan kontribusi kepada hubungan keterkaitan antara mengkonsumsi ikan dan kesehatan otak.

William Thies, PhD, kepala dari petugas medis dan ilmiah Asosiasi Alzheimer, mengatakan temuan itu mendukung rekomendasi kelompok untuk makan diet yang kaya akan ikan air dingin yang mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat. Ikan ini termasuk ikan halibut, makarel, salmon, trout, dan tuna. “Tapi itu masih belum jelas berapa banyak ikan yang harus [dimakan] memiliki manfaat terdeteksi,” katanya pada WebMD.

Tidak semua ikan itu sehat, kata Raji. Beberapa ikan mengandung racun yang bisa meningkatkan risiko demensia. Dan ikan goreng tidak memiliki manfaat untuk melestarikan memori, katanya. Environmental Protection Agency merekomendasikan bahwa wanita hamil, ibu menyusui, dan anak-anak menghindari makan ikan hiu, swordfish, king mackerel, atau tilefish dan membatasi tuna albacore sampai 6 ons per minggu karena kekhawatiran tentang tingkat merkuri yang terkamdung di dalam ikan ini.

Temuan ini dipresentasikan pada sebuah konferensi medis. Temuan ini harus dianggap sebagai awal karena temuan ini belum menjalani “peer review” proses, di mana para ahli di luar meneliti data sebelum dipublikasikan ke dalam sebuah jurnal medis.[BA]

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Hilangkan Bulu dengan Waxing

5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Hilangkan Bulu dengan Waxing

Waxing merupakan metode penghilangan rambut tubuh yang cukup populer di samping shaving. Metode ini mampu mengangkat rambut-rambut halus hingga ke akarnya sehingga kulit tampak bersih, mulus dan tidak cepat tumbuh kembali.Melakukan waxing, terutama bikini wax sebaiknya tidak dilakukan sembarangan dan harus dengan terapis profesional di tempat perawatan khusus. Hal ini untuk mencegah kulit terkena infeksi karena peralatan yang tidak higienis. Selain itu perawatan sebelum waxing ternyata juga tak kalah penting. Lainey Everett, terapis kecantikan dari Charles Worthington, salon ternama di Inggris memaparkan perawatan yang harus dilakukan sebelum waxing seperti dikutip dari Daily Mail.1. Eksfoliasi KulitLakukan pengelupasan kulit ringan sebelum waxing. Gunakan produk berformula lembut yang tidak mengiritasi kulit, misalnya menggunakan krim scrub dengan butiran halus. Mengelupas kulit akan membuat rambut yang terperangkap di bawah sel kulit mati lebih mudah terangkat ketika di-wax.Semakin tipis lapisan kulit mati, akan lebih mudah lilin wax terangkat dari kulit dan hasilnya pun lebih bersih. Anda juga tidak terlalu merasakan sakit ketika lilin wax dilepas. Setelah waxing, tetap lakuk [...]

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Perparah Maag

Bila Anda sering merasa perih pada perut kiri atas terutama bila telat makan, mungkin Anda menderita penyakit maag. Penyakit maag terjadi akibat produksi asam lambung berlebihan sehingga asam lambung tersebut akan melukai dinding lambung, Tingginya asam lambung ini yang menyebabkan penderita akan merasa perih pada bagian lambungnya. Produksi asam lambung ini dapat meningkat terutama jika dipicu oleh: kondisi stres, telat makan dan mengkonsumsi makanan-makanan tertentu yang dapat meningkatkan produksi asam lambung. Nah. bagi penderita maag, seyogyanya wajib untuk mengetahui makanan-makanan yang sebaiknya dihindari dan yang baik untuk dikonsumsi. Karena beberapa makanan dan minuman pada kenyataannya terbukti ada yang dapat meningkatkan asam lambung sekaligus dapat memperparah kondisi penyakit maag Anda. Berikut 6 jenis makanan-makanan yang memperparah maag: 1. Makanan yang Banyak Mengandung Gas: Jika Anda memiliki riwayat maag, maka berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang tidak direkomendasikan untuk Anda karena diyakini menyebabkan produksi gas berlebih di dalam organ pencernaan, antara lain: lemak hewani, sawi, kol, nang [...]

Awas! Mendengkur Bisa Sebabkan Kematian Akibat Kanker

Awas! Mendengkur Bisa Sebabkan Kematian Akibat Kanker

Bagi Anda atau memiliki anggota keluarga yang punya kebiasaan mendengkur, ada baiknya berhati-hati. Menurut penelitian, mendengkur bisa sebabkan kematian akibat kanker.Penelitian menemukan, pendengkur dalam skala ringan lebih beresiko 0,1 kali meninggal karena kanker dibandingkan mereka yang tidak mendengkur. Sedangkan untuk pendengkur skala menengah, lebih beresiko 2 kali meninggal karena kanker, dan 4,8 kali lebih berisiko bagi mereka yang memiliki masalah mendengkur akut.Hasil penelitian tersebut diketahui berdasarkan data dari penelitian yang dilakukan terhadap 1.522 orang selama 22 tahun. Sebelumnya ada penelitian pada tikus yang menunjukkan bahwa kekurangan oksigen yang disebabkan oleh dengkuran dapat memicu pertumbuhan tumor."Bukti yang konsisten diperlihatkan dari penelitian terhadap hewan dan bukti baru terhadap manusia ini sangat menarik. Penelitian ini adalah penelitian pertama yang menunjukkan terdapat hubungan antara pola pernapasan teratur ketika tidur (SDB) dan peningkatan resiko kematian karena kanker berdasarkan sampel dalam populasi, " ujar Dr Javier Nieto, salah satu peneliti di Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat, Wisconsin University.Nieto menambahk [...]

Makanan & Minuman yang Sering Menyebabkan Sakit Tenggorokan

Makanan & Minuman yang Sering Menyebabkan Sakit Tenggorokan

Makan dan minum merupakan aktivitas yang sangat penting bagi makhluk hidup. Bisa dibilang, makan dan minum adalah aktivitas mendasar yang menjamin kelangsungan hidup suatu spesies. Namun, tanpa disadari, seringkali kita melakukan kebiasaan yang kurang baik untuk kesehatan. Kebiasaan makan dan minum yang kurang baik dapat menimbulkan risiko kesehatan seperti GERD (Gastroesofageal Reflux Disease). GERD (Gastroesofageal Reflux Disease) merupakan kelainan yang terjadi akibat asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan perasaan tidak nyaman di leher. Kelainan ini sering disalahartikan dengan sakit tenggorokan maupun keluhan lainnya. Kebiasaan makan atau minum apa saja yang dapat berbahaya untuk tubuh? 1. Minum alkohol Meminum alkohol lebih dari 60 gram per hari akan meningkatkan risiko kanker mulut dan kanker tenggorokan. Selain itu, konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko terjadinya naiknya asam lambung ke tenggorokan (GERD). Sebab alkohol memiliki efek spesifik seperti meningkatkan produksi asam lambung dan menurunkan tekanan katup antara lambung dan tenggorokan sehingga cairan lebih mudah naik. 2. Merokok atau mengkonsumsi tembakau Apabila kebiasaan konsumsi alkohol dibareng [...]

Memahami Sisi Kesehatan dari Transgender

Memahami Sisi Kesehatan dari Transgender

Transgender tidak disebut sebagai gangguan mental jika tidak sampai menimbulkan depresi hingga ketidakmampuan melakukan kegiatan sehari-hari. Namun risiko kesehatan fisik tetap dapat mengintai. Gender merujuk pada refleksi manusia terhadap dirinya sendiri, yang terbentuk dari konstruksi peran sosial, aktivitas, tingkah laku, dan lingkungan. Transgender adalah orang-orang yang merasa bahwa identitas gender ataupun orientasi seksualnya tidak sesuai dengan jenis kelaminnya saat lahir. Kaum transgender ini dapat diidentifikasi menjadi banyak jenis seperti heteroseksual, homoseksual, biseksual, aseksual, dan sebagainya. Transgender pada umumnya tidak dikategorikan sebagai gangguan mental. Namun ada kalanya kaum transgender lebih berisiko mengidap gangguan mental karena konflik dalam dirinya sendiri tentang identitas gendernya, juga tekanan sosial. Orang transgender dapat mengalami gangguan identitas gender/ gender identity disorder (GID) jika menjadi transgender membuatnya menjadi tertekan, depresi, atau menjadi tidak mampu beraktivitas sehari-hari seperti bekerja dan membangun hubungan dengan orang lain. Meski demikian, gangguan ini umumnya bersifat sementara dan dapat disembuhkan d [...]

Pendidikan Seksual pada Anak, Apa Saja dan Seberapa Penting?

Pendidikan Seksual pada Anak, Apa Saja dan Seberapa Penting?

Kebanyakan orang tua merasa takut bahwa pendidikan seksual pada anak akan membuat anak terjerumus dalam hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, apakah demikian? Kamus Besar Bahasa Indonesia, memberi 2 pemaknaan terhadap kata ?seksual?. Salah satunya adalah ?berkenaan dengan seks (jenis kelamin)?. Bila kita pikirkan lebih jauh, maka intisari dari pendidikan seksual pada anak adalah untuk mengajarkan anak mengenai jenis kelaminnya, mengenal diri sendiri lebih jauh dan bagaimana melindungi dan menjaga diri sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tujuannya sebenanrnya untuk kepentingan anak sendiri. Pernahkan kita memikirkan bahwa dengan memberikan pengetahuan dan bimbingan yang baik dan benar, pendidikan seksual sebenarnya malah dapat melindungi anak dari kerusakan fisik dan mental di masa depan? Hal ini merupakan satu hal yang perlu kita renungkan dan pikirkan matang-matang, terutama terkait dengan makin berkembangnya kengerian akan pelecehan seksual pada anak. Pendidikan Seksual pada Anak, Apa Saja dan Seberapa Penting? Martin A. Finkel Karena sekitar 40% korban pelecehan seksual anak berada pada usia di bawah 6 tahun dan 20%nya berusia d [...]

Merokok Terkait Dengan Risiko Psoriasis Lebih Tinggi

Merokok Terkait Dengan Risiko Psoriasis Lebih Tinggi

Menambahkan ke dalam daftar konsekuensi kesehatan yang mungkin dari merokok, sebuah studi besar menunjukkan bahwa perokok memiliki peningkatan risiko terserang kondisi kulit kronis psoriasis. Orang dengan psoriasis memiliki ciri-ciri kulit yang tebal, merah, kulit bersisik yang sering gatal atau sakit. Para ahli percaya penyakit ini disebabkan oleh serangan yang abnormal pada sistem kekebalan tubuh yang terdapat dalam sel-sel tubuh. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa perokok lebih rentan terhadap psoriasis, mungkin karena kebiasaan merokok dapat mempengaruhi aktivitas kekebalan tubuh. Tapi kebanyakan mempelajari orang hanya pada satu titik waktu saja, yang membuat sulit untuk memastikan bahwa merokok menyebabkan psoriasis. Jadi untuk studi baru, para peneliti menggunakan data dari tiga besar, studi ini dilakukan oleh para profesional kesehatan di AS. Dari hampir 186.000 pria dan wanita yang dipantau selama 12 sampai 20 tahun, 2.410 orang positif terkena psoriasis selama kurun waktu tersebut. Dan resiko lebih besar pada perokok dan mantan perokok. Orang-orang yang adalah perokok pada saat ini, ketika awal studi tersebut memiliki resiko hampir dua kali lebih mungkin untuk dapat [...]

Haruskah Kita Minum Multivitamin?

Haruskah Kita Minum Multivitamin?

Vitamin adalah senyawa organik yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil untuk melakukan berbagai proses metabolisme. Sumber terbaik untuk mendapatkan vitamin adalah dari makanan yang bervariasi. Pada beberapa kasus, terdapat individu yang memerlukan suplemen untuk mengoreksi kekurangan beberapa vitamin dan mineral, di antaranya: Wanita yang berencana untuk hamil, sedang hamil atau menyusui Beberapa vegetarian Orang yang sering mengonsumsi alkohol Perokok Pengguna narkoba Orang tua di atas 50 tahun Orang yang sedang menderita penyakit Bagi sebagian orang, suplemen vitamin dan mineral dapat bermanfaat. Namun jika Anda sedang berada dalam kondisi kesehatan yang baik, saat ini masih terbatas penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi suplemen makanan akan meningkatkan kesehatan Anda secara signifikan. Ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal berikut sebelum mengonsumsi suplemen makanan: 1. Apakah saya benar-benar membutuhkannya? Kebutuhan gizi harus dipenuhi dengan cara mengonsumsi makanan yang bervariasi. Suplemen vitamin atau mineral atau makanan yang difortifikasi dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang tidak cukup diperoleh dari makanan. Pada be [...]

Kafein Mencegah Kanker Kulit

Kafein Mencegah Kanker Kulit

Berita menggembirakan bagi penggemar kopi. Dalam sebuah studi epidemiologiyang menyertakan sedikitnya 93ribu wanita memperlihatkan bahwa meminum kopi dapat menurunkan risiko terkena kanker kulit. Riset lainnya menghasilkan ungkapan senada, dimana timbul dugaan terdapat dua tindakan konsumsi kafein yang dapat menekan risiko paparan kanker kulit, yakni dengan meminum kopi ataupun preparat topikal. Hasil temuan yang telah diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology pada Februari 2009 ini tidak hanya membawa berita gembira bagi para penggemar kopi, namun juga para penderita rosacea yang kerap kali diiringi dengan gejala sensasi panas pada muka dan kulit yang kemerahan. Dimana kafein sudah disolusikan menjadi materi yang berarti dalam mengatasi gejala tersebut dalam bentuk preparat topikal. Meskipun angka penderita rosacea di tanah air termasuk kategori langka, temuan ini telah memberikan harapan baru terapi pengobatan penyakit tersebut di luar negeri. Di samping hal tersebut, kafein yang sudah dikenal sebagai stimulasi mood di pagi hari ini memperoleh posisi baru sebagai manfaat zat anti-karsinogenik.[](DA) [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *