Ikan untuk Mencegah Alzheimer

Mencegah_Alzheimer.jpg

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan ikan secara teratur mungkin memiliki resiko yang lebih rendah untuk dapat terjangkit penyakit Alzheimer. Orang tua yang makan ikan panggang atau kukus setidaknya sekali seminggu dapat meningkatkan kesehatan otak mereka. Dalam sebuah studi baru, scan pencitraan menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi ikan secara teratur cenderung memiliki lebih sedikit sel-sel otak mati di area otak yang bertanggung jawab untuk mengingat memori jangka pendek. Misalnya, untuk mengingat nomor telepon yang baru saja didengar.

?Dan orang-orang yang mengkonsumsi ikan, baik panggang ataupun kukus secara mingguan dan tidak kehilangan sel-sel otak memiliki kemungkinan yang sangat rendah untuk bisa terserang penyakit Alzheimer, atau gangguan mental ringan.? Kata Cyrus Raji, MD, PhD, dari University of Pittsburgh School of Medicine seperti dilansir dari WebMD pada hari jumat 30 Desember 2011.

Beberapa studi telah mengaitkan, sebuah diet yang kaya akan ikan dengan berkurangnya resiko terserang penyakit Alzheimer. Manfaat ini diduga berasal dari asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan. Meskipun penelitian dari suplemen minyak ikan memiliki hasil yang mengecewakan terhadap orang-orang yang sudah terjangkit penyakit Alzheimer.

?studi baru ini adalah yang pertama untuk membangun hubungan langsung antara mengkonsumsi ikan, struktur otak, dan resiko penyakit Alzheimer,? kata Raji. ?lebih banyak ikan, lebih banyak otak, sedikit Alzheimer.? Kata Raji pada WebMD. Raji mempresentasikan temuannya disini, di pertemuan tahunan Radiological Society of North America.

Sebanyak 5,1 juta warga Amerika mungkin memiliki penyakit Alzheimer, sebuah penyakit yang tidak bisa disembuhkan, sebuah penyakit progresif otak yang perlahan menghancurkan ingatan. Orang-orang dengan gangguan mental ringan memiliki kehilangan memori lebih besar dari yang diharapkan pada penuaan normal, tetapi pada tingkat yang lebih rendah daripada Alzheimer.

Penelitian ini melibatkan 260 orang, dengan usia rata-rata 71 tahun, yang tidak memiliki masalah dengan ingatan pada 1989-1990. Semua peserta mengisi kuesionair yang menanyakan berapa banyak ikan yang mereka makan, dan bagaimana mereka mempersiapkannya. Ada 164 orang yang makan ikan setidaknya mingguan. Kebanyakan dari merekan makan ikan 1-4 kali seminggu.

Scan pencitraan otak diambil pada awal studi dan rata-rata sekitar tujuh tahun kemudian. ?apa yang kami temukan,? kata Raji, ?jika anda tidak makan ikan, sel-sel otak akan mati, dan penyakit Alzheimer akan berkembang hingga 47% atau gangguan ringan selama lima tahun ke depan.?

Di sisi lain, hanya 3% orang yang makan ikan setiap minggu dan sel-sel otak orang tersebut telah terlindungi dari penyakit Alzheimer atau gangguan ringan.

Para peneliti mencoba untuk memperhitungkan faktor risiko lain pada hilangnya ingatan yang dapat mempengaruhi hasil penelitian, termasuk usia, jenis kelamin, pendidikan, obesitas, dan aktivitas fisik. Namun, hasil penelitian yang menyatakan hubungan keterkaitan antara ikan, volume otak, dan demensia adalah tetap, tidak berubah. Tapi, adalah mungkin bahwa faktor gaya hidup lainnya, seperti makan sedikit daging, bisa juga memberikan kontribusi kepada hubungan keterkaitan antara mengkonsumsi ikan dan kesehatan otak.

William Thies, PhD, kepala dari petugas medis dan ilmiah Asosiasi Alzheimer, mengatakan temuan itu mendukung rekomendasi kelompok untuk makan diet yang kaya akan ikan air dingin yang mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat. Ikan ini termasuk ikan halibut, makarel, salmon, trout, dan tuna. “Tapi itu masih belum jelas berapa banyak ikan yang harus [dimakan] memiliki manfaat terdeteksi,” katanya pada WebMD.

Tidak semua ikan itu sehat, kata Raji. Beberapa ikan mengandung racun yang bisa meningkatkan risiko demensia. Dan ikan goreng tidak memiliki manfaat untuk melestarikan memori, katanya. Environmental Protection Agency merekomendasikan bahwa wanita hamil, ibu menyusui, dan anak-anak menghindari makan ikan hiu, swordfish, king mackerel, atau tilefish dan membatasi tuna albacore sampai 6 ons per minggu karena kekhawatiran tentang tingkat merkuri yang terkamdung di dalam ikan ini.

Temuan ini dipresentasikan pada sebuah konferensi medis. Temuan ini harus dianggap sebagai awal karena temuan ini belum menjalani “peer review” proses, di mana para ahli di luar meneliti data sebelum dipublikasikan ke dalam sebuah jurnal medis.[BA]

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kenapa Bisa Terjadi Gatal pada Kemaluan?

Kenapa Bisa Terjadi Gatal pada Kemaluan?

Rasa gatal bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Jika Anda mengalami gatal pada kemaluan atau pada alat kelamin, pasti akan terasa sangat mengganggu. Sering kali gatal kemaluan disebabkan oleh iritasi yang akan sembuh dengan sendirinya jika penyebab dihilangkan, namun ada juga gatal pada kemaluan, baik gatal vagina atau gatal penis, yang membutuhkan pengobatan lebih lanjut. Lalu apa sebenarnya yang dapat memicu kondisi ini? Mencari tahu Penyebabnya Gatal pada kemaluan wanita dan pria secara umum tidak terlalu berbeda, kecuali untuk beberapa penyebab tertentu. Wanita Gatal pada kemaluan wanita bisa mejadi ciri-ciri dari terjadinya infeksi jamur, bakteri, atau kondisi lainnya. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab gatal: Krim atau cairan pembilas vagina. Tingkat estrogen yang tidak stabil pada wanita menjelang haid. Pembalut saat haid. Alat kontrasepsi vaginal. Bahan kimia dari sabun atau produk pembersih tubuh lain. Penyakit menular seksual seperti kutil atau infeksi kutu. Kudis. Kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis. Deterjen. Kertas toilet. Stres. Pria Tidak jarang gatal pada kemaluan pria diikuti oleh gejala-gejal lain, seperti rasa terbakar atau rasa tidak nyama [...]

Wow, Obat Agar Awet Muda Telah Ditemukan

Wow, Obat Agar Awet Muda Telah Ditemukan

Kabar bahagia bagi Anda yang ingin selalu tampak muda. Para peneliti dari Durham University mengklaim telah menemukan obat yang bisa memperlambat penuaan, dengan kata lain, obat awet muda.Seperti yang dikutip dari Daily Mail, para peneliti tersebut percaya bahwa obat yang telah mereka temukan itu dapat membuat orang tetap sehat walau dalam usia senja. Obat ini juga diklaim dapat atasi kondisi kelainan pada anak yang tumbuh tua sebelum waktunya.Ketua peneliti, Chris Hutchison mengatakan, "Temuan ini merupakan tahap awal, tetapi mereka menunjukkan adanya potensi untuk membantu orang agar hidup nyaman dan terhindar dari penyakit ketika mereka berusia 70 atau 80 hingga seterusnya."Hutchison juga menggunakan obat ini untuk memperlambat penuaan sel-sel pada anak-anak yang mengalami Progeria Progresif -- sebuah kelainan genetik yang menyebabkan anak-anak tua sebelum waktunya. Anak-anak dengan progeria, juga dikenal sebagai progeria Gilford Hutchinson-sindrom (HGPS), biasanya tampak normal saat lahir.Pada 12 bulan setelah kelahiran, gejala seperti perubahan kulit dan rambut rontok, mulai muncul. Harapan hidup rata-rata untuk seorang anak dengan progeria adalah 13 tahun, tetapi beberapa [...]

6 Kebiasaan Wajib di Pagi Hari Agar Semangat Seharian

6 Kebiasaan Wajib di Pagi Hari Agar Semangat Seharian

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat Anda semangat menghadapi hari. Misalnya dengan melakukan beberapa hal ini. Seperti yang dikutip dari Times of India, berikut enam kebiasaan di pagi hari yang wajib dilakukan agar selalu fokus dan semangat.1. Melihat Warna TerangPara ahli mengatakan, warna terang dapat membuat mata lebih segar dan 'melek' ketika Anda bangun tidur di pagi hari. Anda akan merasakan adanya peningkatan energi secara tiba-tiba, yang membuat semangat sepanjang hari.Sebagai rekomendasi, cobalah menaruh benda seperti lampu meja, sarung bantal, atau bingkai foto berwarna oranye di samping tempat tidur. Untuk pilihan lainnya, Anda bisa memakai busana berwarna fuschia atau meminum jus jeruk saat sarapan.2. Hindari Menekan Tombol 'Snooze'Semakin sering Anda menekan tombol tunda pada alarm, maka Anda akan semakin tak bersemangat. Hal ini dikarenakan, ketika menekan tombol 'snooze' otak menyadari fakta bahwa Anda bisa tidur 5 menit lagi, sehingga otak cenderung masuk ke dalam mode tidur lelap, sekali lagi. Inilah yang membuat Anda lesu dan menguap sepanjang hari.3. Visualisasi Jadwal SeharianMenggambarkan rencana di benak, akan membuat Anda lebih fokus dan berse [...]

Wanita Berperut Buncit Berisiko Mudah Migrain

Wanita Berperut Buncit Berisiko Mudah Migrain

Tahukah Anda bahwa orang yang memiliki lemak berlebih pada perutnya memiliki kemungkinan terkena migrain lebih mudah ketimbang mereka yang berperut rata? Penelitian yang dilakukan terhadap 22.211 anak muda dan orang dewasa di Amerika Serikat menunjukkan, orang yang memiliki berat badan berlebih atau perut buncit ternyata berisiko lebih tinggi terkena penyakit migrain.Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang lebih mudah terkena migrain, yaitu usia, jenis kelamin dan bagaimana cara tubuh mendistribusikan lemak. Orang yang berusia 20 sampai 50 tahun dan memiliki lingkar pinggang yang besar, cenderung lebih mudah terkena migrain dibandingkan dengan orang yang memiliki lingkar pinggang kecil.Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah, wanita yang memiliki lemak berlebih di bagian perut memiliki risiko terkena migrain sebesar 37 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak, yaitu sebesar 29 persen. Sedangkan pada pria berusia 20 sampai 55 tahun dengan lemak berlebih di perut sebesar 20 persen, dibandingkan dengan yang tidak sebesar 16 persen.Bagi wanita dan pria yang berusia di atas 55 tahun, total lemak tubuhnya sudah tidak dapat dihubungkan lagi dengan migrain. Kare [...]

Ini Caranya Agar Tulang Tidak Cepat Keropos

Ini Caranya Agar Tulang Tidak Cepat Keropos

Dengan adanya peningkatan kejadian osteoporosis, pencegahan tentunya akan menjadi tindakan yang efektif dan terbaik untuk mengatasi osteoporosis. Osteoporosis merupakan penipisan jaringan tulang dan hilangnya kepadatan tulang yang dapat berkembang dari waktu ke waktu.Sebagian besar wanita di seluruh negara telah atau sedang mengalami osteoporosis. Bahkan di Amerika sekitar 10 juta wanita saat ini telah mengalami osteoporosis dan 34 juta wanita lainnya berisiko osteoporosis.Osteoporosis adalah jenis yang paling umum dari penyakit tulang. Osteoporosis terjadi ketika tubuh gagal untuk membentuk tulang baru yang cukup, ketika tulang tua telah terlalu banyak dihancurkan oleh tubuh.Penyebab utama osteoporosis adalah penurunan estrogen pada wanita pada saat menopause dan penurunan testosteron pada pria.Kalsium dan fosfat adalah dua mineral yang penting untuk pembentukan tulang normal. Sepanjang usia masih muda, tubuh menggunakan mineral tersebut untuk menghasilkan mineral tulang.Jika tubuh tidak mendapatkan cukup kalsium atau jika tubuh tidak menyerap kalsium yang cukup, maka produksi tulang dan jaringan tulang dapat terganggu.Ketika usia semakin tua, kalsium dan fosfat dapat diserap k [...]

Ini Bentuk Tato yang Paling Banyak Buat Wanita Menyesal Setelah Dibuat

Ini Bentuk Tato yang Paling Banyak Buat Wanita Menyesal Setelah Dibuat

Bagi sebagian orang, tato dianggap sebagai sebuah karya seni dan aksesori yang membuat penampilan lebih menarik. Tidak hanya kalangan selebriti dan seniman, orang awam pun kini banyak yang menghiasi tubuhnya dengan seni tato.Menurut polling yang diadakan Harris Interactive, tercatat satu dari lima orang dewasa di Amerika Serikat memiliki setidaknya satu tato di tubuhnya. Berdasarkan polling tersebut, diketahui wanita cenderung lebih tertarik membuat tato ketimbang pria, dengan perbandingan 23 persen vs 19 persen.Sebanyak 86 persen orang tidak pernah menyesal telah merajah tubuhnya dengan tato, namun 14 persennya mengaku menyesal. Keinginan untuk menghapus tato permanen pun meningkat di negeri Paman Sam itu, terlihat dari makin banyaknya klinik kecantikan kulit dan dermatologis yang menawarkan layanan penghapusan tato.Menariknya, ada suatu kecenderungan dari penghapusan tato ini. Menurut Ava Shamban, M.D., seorang dermatologis yang berpraktik di Santa Monisa, California, ada beberapa jenis tato yang cukup banyak ingin dihapus para kliennya terutama wanita. Apa itu?Ava mengatakan, jenis tato paling populer untuk dihapus adalah tato yang berhubungan dengan mantan pasangan. Dikutip [...]

Hindari Makanan Ini Jika Anda Alergi Kacang

Hindari Makanan Ini Jika Anda Alergi Kacang

Jika tes alergi menunjukkan bahwa Anda memiliki alergi terhadap kacang tanah dan kacang pohon, dokter akan memberikan panduan mengenai apa yang harus dilakukan. Satu-satunya cara untuk mengatasi alergi kacang adalah dengan menghindarinya. Menghindari kacang berarti tidak hanya dengan tidak mengkonsumsi kacang, tetapi juga tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kacang di dalamnya. Cara terbaik untuk mengetahui makanan yang tidak mengandung kacang adalah dengan membaca label komposisi kandungan makanan tersebut. Berikut adalah contoh dari kidshealth.org mengenai beberapa makanan yang memiliki resiko tinggi bagi seseorang yang memiliki alergi kacang. Kue dan Makanan yang Dipanggang. Meskipun makanan yang dipanggang tidak memiliki kandungan kacang, ada kemungkinan makanan tersebut memiliki kontak dengan kacang melalui kontaminasi silang. Kecuali jika Anda mengetahui dengan pasti apa saja yang terkandung di dalam makanan tersebut, makanan apa saja yang pernah ada di dalam panggangan, dan dimana makanan tersebut dibuat, maka akan lebih baik untuk menghindari makanan yang dipanggang yang terdapat di toko-toko. Permen. Permen yang diproduksi oleh industri kecil atau [...]

7 Tempat dengan Penduduk Paling Sehat di Dunia

7 Tempat dengan Penduduk Paling Sehat di Dunia

Budaya dan geografis setiap negara tentu berbeda. Ternyata dua hal tersebut ikut memengaruhi cara hidup mereka. Di beberapa tempat dan negara, ditemukan orang-orang yang hidup lebih dari seratus tahun karena lingkungan alam yang bebas dari polusi, serta kebiasaan mereka menjalani hidup sehat. Ini dia 7 negara dan daerah dengan gaya hidup paling sehat, seperti dikutip dari Care2. 1. Islandia Negara ini memiliki populasi yang tidak begitu banyak, udaranya pun baik dan bebas polusi. Menurut penelitian, mereka mempunyai catatan angka kematian bayi terendah, yaitu 2 diantara 1.000 bayi. Seperti namanya, Islandia adalah negara yang iklimnya dingin. Ternyata alasan mereka masuk ke dalam kategori negara sehat karena penduduknya lebih sering bekerja di luar rumah dan pergi berolahraga di gym. Majalah Forbes menobatkan Islandia sebagai negara paling sehat di dunia. 2. Jepang Kalau mendengar namanya, pasti yang kita bayangkan adalah Sushi, makanan tradisional yang bahan bakunya dari ikan-ikan mentah yang diolah secara sederhana dan bergizi untuk dimakan. Selain itu, Jepang merupakan negara pengonsumsi ikan tertinggi di dunia, begitu juga dengan kedelai dan rumput laut. Cara orang Jep [...]

Obat Baru Bagi Penyandang Diabetes

Obat Baru Bagi Penyandang Diabetes

Prof. dr. Robert Toto, MD, dari University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas, telah melakukan penelitian yang melahirkan sebuah obat anti-inflamasi baru bagi diabetesein tipe-2. Lebih lanjut diketahui obat tersebut dapat pula meningkatkan fungsi ginjal. "Pada diabetes, fungsi ginjal cenderung memburuk dari waktu ke waktu, tidak ada studi sebelumnya yang telah menunjukkan peningkatan fungsi ginjal oleh setiap terapi atau pengobatan yang dilakukan pengidap diabetes atau pengidap ginjal kronis. Hal ini membuat penelitannya sangat menarik," terang profesor Toto, kedokteran internal. Penelitian melibatkan 227 diabetesein tipe 2 serta penyakit ginjal kronis. Dengan pemantauan penuh selama 56 minggu, empat minggu setelah peneliti berhenti memberikan obat, pengukuran menunjukkan bahwa diabetesein terus mempertahankan hasil yang lebih tinggi dari fungsi ginjal yang membaik dibandingkan dengan pengukuran dasar yang diambil pada awal penelitian. Dan seterusnya hasil penelitian telah dilaporkan di New England Journal of Medicine. ?Tipe 2 adalah bentuk paling umum dari diabetes, penyebab utama gagal ginjal pada diabetes untuk hampir setengah dari semua kasus baru stadium akhir pen [...]

Ini Kata Pakar Nutrisi Tentang Khasiat Honey Lemon Shot untuk Kesehatan

Ini Kata Pakar Nutrisi Tentang Khasiat Honey Lemon Shot untuk Kesehatan

Minum campuran lemon dan madu murni, atau istilah populernya honey lemon shot kini sedang diterapkan banyak orang untuk memelihara kesehatan tubuh. Dipopulerkan di Instagram dengan hashtag #honeylemonshot oleh lifestyle blogger dan fotografer Andra Alodita, minuman ini diklaim bisa membantu menurunkan berat badan, menjaga bentuk tubuh tetap ideal hingga mencegah kanker. Benarkah khasiatnya sehebat itu?Di mata pakar kesehatan, lemon memang sehat bagi tubuh karena mengandung asam sitrat dan vitamin C yang tinggi. Asam sitrat (asam yang terdapat dalam kelompok buah citrus) baik untuk membuat air seni menjadi lebih basa."Ketika air seni bersifat asam maka memudahkan terjadinya batu saluran kemih. Kalau basa bisa mencegahnya," jelas pakar nutrisi dr. Johannes Chandrawinata, SpKG, saat diwawancara Wolipop melalui telepon, Rabu (20/8/2014).Ketika diminum pada pagi hari bersama air hangat, lemon dapat menjaga keseimbangan pH tubuh agar terjaga kesehatannya serta terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu juga membantu menjaga kesehatan liver dan sebagai tonik bagi tubuh setelah tidur berjam-jam di malam harinya."Air lemon efeknya seperti 'listrik' buat tubuh. Membuat tubuh jadi lebih [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *