Ikan untuk Mencegah Alzheimer

Mencegah_Alzheimer.jpg

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan ikan secara teratur mungkin memiliki resiko yang lebih rendah untuk dapat terjangkit penyakit Alzheimer. Orang tua yang makan ikan panggang atau kukus setidaknya sekali seminggu dapat meningkatkan kesehatan otak mereka. Dalam sebuah studi baru, scan pencitraan menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi ikan secara teratur cenderung memiliki lebih sedikit sel-sel otak mati di area otak yang bertanggung jawab untuk mengingat memori jangka pendek. Misalnya, untuk mengingat nomor telepon yang baru saja didengar.

?Dan orang-orang yang mengkonsumsi ikan, baik panggang ataupun kukus secara mingguan dan tidak kehilangan sel-sel otak memiliki kemungkinan yang sangat rendah untuk bisa terserang penyakit Alzheimer, atau gangguan mental ringan.? Kata Cyrus Raji, MD, PhD, dari University of Pittsburgh School of Medicine seperti dilansir dari WebMD pada hari jumat 30 Desember 2011.

Beberapa studi telah mengaitkan, sebuah diet yang kaya akan ikan dengan berkurangnya resiko terserang penyakit Alzheimer. Manfaat ini diduga berasal dari asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan. Meskipun penelitian dari suplemen minyak ikan memiliki hasil yang mengecewakan terhadap orang-orang yang sudah terjangkit penyakit Alzheimer.

?studi baru ini adalah yang pertama untuk membangun hubungan langsung antara mengkonsumsi ikan, struktur otak, dan resiko penyakit Alzheimer,? kata Raji. ?lebih banyak ikan, lebih banyak otak, sedikit Alzheimer.? Kata Raji pada WebMD. Raji mempresentasikan temuannya disini, di pertemuan tahunan Radiological Society of North America.

Sebanyak 5,1 juta warga Amerika mungkin memiliki penyakit Alzheimer, sebuah penyakit yang tidak bisa disembuhkan, sebuah penyakit progresif otak yang perlahan menghancurkan ingatan. Orang-orang dengan gangguan mental ringan memiliki kehilangan memori lebih besar dari yang diharapkan pada penuaan normal, tetapi pada tingkat yang lebih rendah daripada Alzheimer.

Penelitian ini melibatkan 260 orang, dengan usia rata-rata 71 tahun, yang tidak memiliki masalah dengan ingatan pada 1989-1990. Semua peserta mengisi kuesionair yang menanyakan berapa banyak ikan yang mereka makan, dan bagaimana mereka mempersiapkannya. Ada 164 orang yang makan ikan setidaknya mingguan. Kebanyakan dari merekan makan ikan 1-4 kali seminggu.

Scan pencitraan otak diambil pada awal studi dan rata-rata sekitar tujuh tahun kemudian. ?apa yang kami temukan,? kata Raji, ?jika anda tidak makan ikan, sel-sel otak akan mati, dan penyakit Alzheimer akan berkembang hingga 47% atau gangguan ringan selama lima tahun ke depan.?

Di sisi lain, hanya 3% orang yang makan ikan setiap minggu dan sel-sel otak orang tersebut telah terlindungi dari penyakit Alzheimer atau gangguan ringan.

Para peneliti mencoba untuk memperhitungkan faktor risiko lain pada hilangnya ingatan yang dapat mempengaruhi hasil penelitian, termasuk usia, jenis kelamin, pendidikan, obesitas, dan aktivitas fisik. Namun, hasil penelitian yang menyatakan hubungan keterkaitan antara ikan, volume otak, dan demensia adalah tetap, tidak berubah. Tapi, adalah mungkin bahwa faktor gaya hidup lainnya, seperti makan sedikit daging, bisa juga memberikan kontribusi kepada hubungan keterkaitan antara mengkonsumsi ikan dan kesehatan otak.

William Thies, PhD, kepala dari petugas medis dan ilmiah Asosiasi Alzheimer, mengatakan temuan itu mendukung rekomendasi kelompok untuk makan diet yang kaya akan ikan air dingin yang mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat. Ikan ini termasuk ikan halibut, makarel, salmon, trout, dan tuna. “Tapi itu masih belum jelas berapa banyak ikan yang harus [dimakan] memiliki manfaat terdeteksi,” katanya pada WebMD.

Tidak semua ikan itu sehat, kata Raji. Beberapa ikan mengandung racun yang bisa meningkatkan risiko demensia. Dan ikan goreng tidak memiliki manfaat untuk melestarikan memori, katanya. Environmental Protection Agency merekomendasikan bahwa wanita hamil, ibu menyusui, dan anak-anak menghindari makan ikan hiu, swordfish, king mackerel, atau tilefish dan membatasi tuna albacore sampai 6 ons per minggu karena kekhawatiran tentang tingkat merkuri yang terkamdung di dalam ikan ini.

Temuan ini dipresentasikan pada sebuah konferensi medis. Temuan ini harus dianggap sebagai awal karena temuan ini belum menjalani “peer review” proses, di mana para ahli di luar meneliti data sebelum dipublikasikan ke dalam sebuah jurnal medis.[BA]

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Disadari atau Tidak, Limbah Ada di Sekitar Kita dan Bisa Berbahaya

Disadari atau Tidak, Limbah Ada di Sekitar Kita dan Bisa Berbahaya

Limbah domestik organik mengalami fermentasi di mana mikroba patogen dapat berkembang biak dan menjadi ancaman serius bagi kesehatan lingkungan terutama kesehatan manusia di sekitarnya. Limbah yang mungkin berbahaya selalu ada di sekitar kita. Mulai dari limbah udara atau polusi, limbah di air, hingga tanah. Misalnya ketika kita melewati atau bahkan tinggal di sekitar lokasi pembuangan akhir sampah, kita mungkin hanya akan terganggu oleh baunya yang tidak sedap dan menganggapnya enteng. Padahal tanpa disadari, terdapat bahaya yang diam-diam mengintai kesehatan tubuh. Limbah dan Dampaknya Ada beragam macam limbah, mulai dari udara hingga air yang dapat berdampak pada kesehatan. Berikut ini adalah beberapa jenis limbah dan dampaknya bagi kesehatan. Dampak limbah udara Limbah udara dapat menyebabkan polusi udara dan hal ini bisa berbahaya bagi kesehatan. Asap dan partikulat merupakan dua jenis polusi udara yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Terutama partikulat, karena bentuknya yang berupa partikel halus sulit terlihat oleh mata telanjang. Dan tanpa disadari, partikulat dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya. Partikulat berasal dari knalpot mesin diesel, pembakaran kayu, da [...]

Jangan Makan Telur Mentah!

Jangan Makan Telur Mentah!

Hampir semua orang menyukai telur. Selain karena rasanya yang lezat dan ekonomis, telur juga kaya akan nutrisi. Ada berbagai cara memasak telur seperti direbus, digoreng, dicampur dengan bahan makanan lain, bahkan ada pula yang mengkonsumsi telur dalam bentuk mentah untuk alasan kesehatan. Pada sebagian kalangan masih besar anggapan bahwa telur yang dimakan mentah lebih memiliki nutrisi daripada yang sudah diproses. Anggapan ini sebenarnya menyimpan bahaya kesehatan lebih jauh. Pasalnya, mengkonsumsi telur mentah justru memiliki risiko kesehatan lebih besar daripada manfaat kesehatan yang didapat? Kenapa mengkonsumsi telur mentah tidak dianjurkan? Kenapa Mengkonsumsi Telur Mentah Tidak Dianjurkan? Makanan yang dibuat dari telur mentah atau setengah matang dapat menyebabkan keracunan makanan karena bakteri yang terkandung dalam telur, yaitu bakteri Salmonella enteriditis. Memang tidak semua telur mengandung bakteri Salmonella, namun mencegah lebih baik daripada mengobati. Bakteri ini dapat mudah berkembang terutama pada telur yang dibiarkan pada suhu ruangan selama beberapa hari (tidak dimasukkan ke dalam lemari pendingin). Siapa yang [...]

Ini Dia Dampak dari Minuman Berenergi Berlebihan

Ini Dia Dampak dari Minuman Berenergi Berlebihan

Minuman berenergi sudah dikenal luas di Indonesia. Untuk memperolehnya pun tidak sulit, hingga warung-warung minuman kecil juga menyediakannya untuk para pekerja sebelum atau selagi mereka melakukan aktivitasnya. Promosi yang dilancarkan produsennya cukup gencar, dengan menyasar usia produktif sebagai targetnya. Sayangnya, belum cukup banyak edukasi dan penjelasan mengenai batasan untuk mengonsumsinya. Salah-salah, nyawa bisa melayang! Pahami efek samping konsumsi berlebihan minuman berenergi tersebut dalam penjelasan berikut ini. Tahukah Anda apa kandungan dari sebuah minuman berenergi? Umumnya, minuman berenergi memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Kebanyakan minuman energi mengandung 100-200 mg kafein. Di dalam tubuh, kafein menyebabkan terlepasnya hormon yang memberikan kondisi ?waspada? dan ?terjaga?, serta mempengaruhi pusat kebahagiaan di otak. Dari kafein inilah orang-orang yang mengonsumsi minuman berenergi mendapatkan perasaan awas, segar, dan berstamina. Sayangnya, masalah terbesar penggunaan minuman berenergi yaitu orang-orang seringkali menyalahgunakannya. Tidak jarang minuman ini dikonsumsi dalam jumlah yang besar dalam sekali waktu. Misalnya untuk ?mempersiap [...]

Cahaya Infra Merah Dalam Pengobatan Kanker

Cahaya Infra Merah Dalam Pengobatan Kanker

Sebuah penelitian di National Cancer Institute, Maryland, Amerika Serikat menemukan cara mengobati penderita kanker dengan membuat obat senyawa antibodi yang mampu menempel hanya pada protein dipermukaan sel kanker menggunakan cahaya infra merah. Hal ini merupakan suatu penemuan baru dimana pengobatan dapat ditargetkan secara langsung tanpa merusak jaringan sehat lain di sekitarnya. Seperti yang ketahui, bahwa semua cara penanganan dan pengobatan kanker saat ini masih memiliki efek samping yang cukup beresiko terhadap kesehatan tubuh lainnya baik itu dengan cara menghancurkan sel kanker menggunakan pemaparan radiasi, operasi pengangkatan tumor kanker, hingga penggunaan obat-obatan dalam membunuh sel kanker dari dalam. Meskipun penelitian menggunakan antibodi dan cahaya infra merah baru berhasil diterapkan pada tikus percobaan di laboratorium, namun penelitian menemukan bahwa ukuran tumor sel kanker dapat mengecil secara signifikan dan mampu mematikan sel kanker yang telah ditentukan. Dengan demikian secara langsung meminimalisir kerusakan pada sel normal. Menjadikan cara ini sebagai salah satu terapan yang sangat berpotensial dalam mengobati kanker. Untuk itu penelitian yang di pub [...]

Hindari Makanan Ini Jika Anda Alergi Kacang

Hindari Makanan Ini Jika Anda Alergi Kacang

Jika tes alergi menunjukkan bahwa Anda memiliki alergi terhadap kacang tanah dan kacang pohon, dokter akan memberikan panduan mengenai apa yang harus dilakukan. Satu-satunya cara untuk mengatasi alergi kacang adalah dengan menghindarinya. Menghindari kacang berarti tidak hanya dengan tidak mengkonsumsi kacang, tetapi juga tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kacang di dalamnya. Cara terbaik untuk mengetahui makanan yang tidak mengandung kacang adalah dengan membaca label komposisi kandungan makanan tersebut. Berikut adalah contoh dari kidshealth.org mengenai beberapa makanan yang memiliki resiko tinggi bagi seseorang yang memiliki alergi kacang. Kue dan Makanan yang Dipanggang. Meskipun makanan yang dipanggang tidak memiliki kandungan kacang, ada kemungkinan makanan tersebut memiliki kontak dengan kacang melalui kontaminasi silang. Kecuali jika Anda mengetahui dengan pasti apa saja yang terkandung di dalam makanan tersebut, makanan apa saja yang pernah ada di dalam panggangan, dan dimana makanan tersebut dibuat, maka akan lebih baik untuk menghindari makanan yang dipanggang yang terdapat di toko-toko. Permen. Permen yang diproduksi oleh industri kecil atau [...]

5 Tanda Berbahaya Ketika Masa Kehamilan

5 Tanda Berbahaya Ketika Masa Kehamilan

Kata orang, perjuangan ibu itu tiada taranya, sungguh memang, proses kehamilan dan persalinan bukan hal yang mudah, dan bukan sekedar sukar, rangkaian proses ini seringkali harus mengancam nyawa sang ibu, salah satunya adalah ketika kehamilan disertai dengan pre-eklampsia dan eklampsia. (Baca: Waspada Tekanan Darah Tinggi di Masa Kehamilan) Pre-eklampsia adalah keadaan hamil yang disertai dengan beberapa tanda berikut: Tekanan darah yang tinggi (lebih dari 140/90 mmHg) Bengkak pada bagian-bagian tubuh secara menyeluruh (jika urin diperiksa akan menunjukkan terdapat protein dalam jumlah besar pada urin) nyeri kepala mulai dari sedang sampai hebat (tergantung derajat pre eklampsia ringan atau berat) nyeri pada ulu hati penglihatan yang terganggu (biasanya dikeluhkan sebagai pandangan yang kabur dan berbayang) Sampai hari ini sebab dari pre-eklampsia ini masih diperdebatkan, hanya saja beberapa orang dapat kita waspadai untuk masuk dalam keadaan ini, yakni mereka yang memiliki berat badan berlebih dan riwayat tekanan darah tinggi pada keluarga, juga pada mereka yang pada kehamilan sebelumnya menderita pre-eklampsia. Lalu apa yang dimaksud dengan eklampsia? Eklampsia adal [...]

Hati-hati! 7 Hal ‘Sepele’ yang Menyebabkan Tubuh Bungkuk

Hati-hati! 7 Hal ‘Sepele’ yang Menyebabkan Tubuh Bungkuk

Postur tubuh bungkuk atau cenderung miring ke kanan/kiri membuat penampilan seseorang kurang menarik. Mereka yang memiliki masalah postur ini kerap dianggap sebagai seseorang yang tidak percaya diri, malas atau tidak punya gairah hidup.Anggapan tersebut belum tentu benar. Namun tubuh bungkuk atau postur yang kurang sempurna memang perlu ditangani dengan serius. Apabila dibiarkan terlalu lama ke dokter ahli tulang dan fisioterapi, bisa mengganggu kesehatan dalam jangka panjang. Seperti punggung dan leher yang sakit atau nyeri di pinggang. Sebelum memperbaikinya, Anda perlu tahu beberapa penyebab postur tubuh bungkuk agar mendapatkan penanganan yang tepat. Fisioterapis Dr. Tina Mahendakar memaparkannya, seperti dikutip dari Times of India.1. Sering Menahan Rasa SakitKetika merasakan sakit di otot punggung, leher atau bagian tubuh manapun, Anda cenderung akan membentuk posisi melingkar atau meringkuk untuk menahan rasa sakit. Jika dilakukan terus menerus dalam jangka panjang, bisa menjadi kebiasaan. Saat merasakan sakit di perut, kepala atau bagian lainnya, usdahakan tidak menahannya dengan cara meringkuk. Tapi terlentang. Segera konsultasikan ke dokter apabila rasa sakit tak kunju [...]

Inilah Salah Satu Penyebab Pria Tergila-gila Pada Payudara

Inilah Salah Satu Penyebab Pria Tergila-gila Pada Payudara

Salah satu bagian tubuh wanita yang mengundang perhatian pria kepada wanita adalah payudara. Bahkan, dalam suatu penelitian, pria cenderung menatap payudara dan pinggang lebih lama ketimbang wajah pada pandangan pertama ataupun ketika berbicara kepada lawan bicara yang berlawanan jenis kelamin. Mengapa pria sangat tertarik dengan payudara wanita? Apakah karena faktor pergaulan yang kelewat vulgar? Apakah karena budaya? Atau dikarenakan tidak lain adalah panggilan alamiah yang termuncul dari pria? Berikut penjelasannya: Dalam bukunya yang berjudul The Chemistry Between Us: Love, Sex, and the Science of Attraction, Larry Young dan Brian Alexander mencoba menggali alasan-alasan di balik kekaguman pria terhadap payudara wanita. Mereka mengatakan bahwa ketertarikan tersebut muncul karena pengaruh hormon yang dilepaskan saat menyusui ketika para pria masih bayi. Alasan Ilmiah Pria Terobsesi Payudara Wanita Ketika seorang wanita melahirkan, bayi akan terlibat dalam beberapa manipulasi yang cukup rumit pada payudara ibunya. Proses ini mampu mengirimkan sinyal di sepanjang saraf dan otak serta memicu pelepasan hormon oksitosin di hipotalamus otak. Oksitosin ini pada ak [...]

4 Cara Efektif Lawan Stres di Pagi Hari yang Bisa Ganggu Pekerjaan

4 Cara Efektif Lawan Stres di Pagi Hari yang Bisa Ganggu Pekerjaan

Sering lupa menaruh dompet atau kunci mobil saat akan berangkat kerja, yang menyebabkan Anda telat datang ke kantor? Atau selalu terburu-buru mengawali hari karena bangun terlalu siang akibat sulit tidur di malam hari? Itu berarti Anda sedang mengalami morning stress, atau stres di pagi hari.Retailer peralatan rumah tangga IKEA telah mengadakan survei di Inggris yang menunjukkan kalau 2/3 orang merasa stres saat tidur dan bangun di keesokan paginya. Stres di malam hari, sebagian besar disebabkan oleh sulitnya tidur terlelap dan khawatir bagaimana menjalani aktivitas di hari esok.Stres, dalam tahap seringan apa pun memang bisa mengganggu aktivitas harian. Kinerja di kantor pun bisa menurun begitu juga produktivitas kerja. Jika Anda sering mengalami hal yang sama seperti tersebut di atas, besar kemungkinan Anda juga menderita stres meskipun masih dalam tahap ringan. Namun jangan khawatir, Anda bisa menangkal datangnya stres di pagi hari dengan cara-cara berikut:1. Atur Suhu Ruangan Sebelum TidurSeperti dikutip dari Female First, temperatur ruangan yang paling tepat untuk membuat tidur jadi lebih nyenyak di malam hari adalah antara 18 sampai 22 derajat Celcius. Lebih rendah atau ti [...]

Bagaimana Stres Bermula & Dampaknya Pada Gejala Fisik

Bagaimana Stres Bermula & Dampaknya Pada Gejala Fisik

Oleh: dr. Andri, SpKJ Jakarta, PeduliSehat.info-- Apa yang terjadi pada orang yang mengalami stres yang kronik adalah perubahan pada sistem otaknya terutama di Hipotalamus yang berhubungan dengan sistem hormonal otak dan sistem saraf otonom. Ketika stres tidak diadaptasi baik oleh otak, maka hipotalamus akan mengaktifkan sistem hormonal otak yang melibatkan jaras Hipotalamus Pituitary Adrenal (HPA-Axis) yang produk akhirnya adalah hormon stres yang bernama Kortisol. Hormon ini mempunyai fungsi membalikkan keadaan normal fisiologis dari tubuh. Hormon kortisol ini akan membuat peningkatan gula darah, peningkatan denyut jantung, menurunkan produksi antibodi serta meningkatkan asam lemak dalam darah. Sedangkan lewat jalur saraf otonom, stres yang kronik akan memicu sistem saraf untuk meningkatkan tekanan darah, mengurangi produksi saliva (ludah), menghentikan kerja lambung, meningkatkan kerja paru-paru sehingga bernapas lebih cepat dan dalam serta meningkatkan asupan oksigen. Keadaan ini jika terjadi secara kronis bisa berakibat pada melemahnya fungsi-fungsi organ tubuh walaupun tidak selalu sampai mengalami kerusakan organ. Pasien biasanya datang ke dokter pada saat keadaan mulai meng [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *