Ikan untuk Mencegah Alzheimer

Mencegah_Alzheimer.jpg

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan ikan secara teratur mungkin memiliki resiko yang lebih rendah untuk dapat terjangkit penyakit Alzheimer. Orang tua yang makan ikan panggang atau kukus setidaknya sekali seminggu dapat meningkatkan kesehatan otak mereka. Dalam sebuah studi baru, scan pencitraan menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi ikan secara teratur cenderung memiliki lebih sedikit sel-sel otak mati di area otak yang bertanggung jawab untuk mengingat memori jangka pendek. Misalnya, untuk mengingat nomor telepon yang baru saja didengar.

?Dan orang-orang yang mengkonsumsi ikan, baik panggang ataupun kukus secara mingguan dan tidak kehilangan sel-sel otak memiliki kemungkinan yang sangat rendah untuk bisa terserang penyakit Alzheimer, atau gangguan mental ringan.? Kata Cyrus Raji, MD, PhD, dari University of Pittsburgh School of Medicine seperti dilansir dari WebMD pada hari jumat 30 Desember 2011.

Beberapa studi telah mengaitkan, sebuah diet yang kaya akan ikan dengan berkurangnya resiko terserang penyakit Alzheimer. Manfaat ini diduga berasal dari asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan. Meskipun penelitian dari suplemen minyak ikan memiliki hasil yang mengecewakan terhadap orang-orang yang sudah terjangkit penyakit Alzheimer.

?studi baru ini adalah yang pertama untuk membangun hubungan langsung antara mengkonsumsi ikan, struktur otak, dan resiko penyakit Alzheimer,? kata Raji. ?lebih banyak ikan, lebih banyak otak, sedikit Alzheimer.? Kata Raji pada WebMD. Raji mempresentasikan temuannya disini, di pertemuan tahunan Radiological Society of North America.

Sebanyak 5,1 juta warga Amerika mungkin memiliki penyakit Alzheimer, sebuah penyakit yang tidak bisa disembuhkan, sebuah penyakit progresif otak yang perlahan menghancurkan ingatan. Orang-orang dengan gangguan mental ringan memiliki kehilangan memori lebih besar dari yang diharapkan pada penuaan normal, tetapi pada tingkat yang lebih rendah daripada Alzheimer.

Penelitian ini melibatkan 260 orang, dengan usia rata-rata 71 tahun, yang tidak memiliki masalah dengan ingatan pada 1989-1990. Semua peserta mengisi kuesionair yang menanyakan berapa banyak ikan yang mereka makan, dan bagaimana mereka mempersiapkannya. Ada 164 orang yang makan ikan setidaknya mingguan. Kebanyakan dari merekan makan ikan 1-4 kali seminggu.

Scan pencitraan otak diambil pada awal studi dan rata-rata sekitar tujuh tahun kemudian. ?apa yang kami temukan,? kata Raji, ?jika anda tidak makan ikan, sel-sel otak akan mati, dan penyakit Alzheimer akan berkembang hingga 47% atau gangguan ringan selama lima tahun ke depan.?

Di sisi lain, hanya 3% orang yang makan ikan setiap minggu dan sel-sel otak orang tersebut telah terlindungi dari penyakit Alzheimer atau gangguan ringan.

Para peneliti mencoba untuk memperhitungkan faktor risiko lain pada hilangnya ingatan yang dapat mempengaruhi hasil penelitian, termasuk usia, jenis kelamin, pendidikan, obesitas, dan aktivitas fisik. Namun, hasil penelitian yang menyatakan hubungan keterkaitan antara ikan, volume otak, dan demensia adalah tetap, tidak berubah. Tapi, adalah mungkin bahwa faktor gaya hidup lainnya, seperti makan sedikit daging, bisa juga memberikan kontribusi kepada hubungan keterkaitan antara mengkonsumsi ikan dan kesehatan otak.

William Thies, PhD, kepala dari petugas medis dan ilmiah Asosiasi Alzheimer, mengatakan temuan itu mendukung rekomendasi kelompok untuk makan diet yang kaya akan ikan air dingin yang mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat. Ikan ini termasuk ikan halibut, makarel, salmon, trout, dan tuna. “Tapi itu masih belum jelas berapa banyak ikan yang harus [dimakan] memiliki manfaat terdeteksi,” katanya pada WebMD.

Tidak semua ikan itu sehat, kata Raji. Beberapa ikan mengandung racun yang bisa meningkatkan risiko demensia. Dan ikan goreng tidak memiliki manfaat untuk melestarikan memori, katanya. Environmental Protection Agency merekomendasikan bahwa wanita hamil, ibu menyusui, dan anak-anak menghindari makan ikan hiu, swordfish, king mackerel, atau tilefish dan membatasi tuna albacore sampai 6 ons per minggu karena kekhawatiran tentang tingkat merkuri yang terkamdung di dalam ikan ini.

Temuan ini dipresentasikan pada sebuah konferensi medis. Temuan ini harus dianggap sebagai awal karena temuan ini belum menjalani “peer review” proses, di mana para ahli di luar meneliti data sebelum dipublikasikan ke dalam sebuah jurnal medis.[BA]

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tidak Selalu 8 Jam Sehari, Ini Durasi Tidur yang Tepat Sesuai Usia

Tidak Selalu 8 Jam Sehari, Ini Durasi Tidur yang Tepat Sesuai Usia

Manusia menggunakan sekitar sepertiga hidupnya untuk tidur. Selain makanan, air dan udara, tidur juga merupakan elemen penting bagi manusia untuk bertahan hidup. Lamanya waktu tidur seseorang amat berpengaruh dan menjadi indikator seberapa sehat kondisi tubuhnya. Sayangnya masih banyak yang belum paham tentang arti tidur yang berkualitas.Tidur nyenyak semalaman, dan tubuh terasa segar saat bangun di pagi harinya menandakan Anda sudah mendapatkan tidur berkualitas. Durasi tidur pun tak sama bagi setiap orang dan itu bisa dipengaruhi oleh usia.Studi terbaru yang dilakukan para ahli di National Sleep Foundation (NSF), Amerika Serikat menunjukkan, anak-anak usia 4 bulan hingga 17 tahun sebaiknya mendapatkan jam tidur lebih banyak dari orang dewasa. Penelitian ini juga mengungkap fakta terbaru soal durasi tidur yang lebih tepat ketimbang studi-studi sebelumnya.Untuk mengetahui berapa lama sebenarnya seseorang harus tidur di malam harinya, tim peneliti yang terdiri dari 18 spesialis di bidang kesehatan tidur, anatomi manusia, ahli pediatri, ahli syaraf, pakar ilmu kesehatan usia lanjut dan ahli kandungan membentuk sebuah panel. Selama dua tahun, mereka mengamati dan menganalisa demi m [...]

5 Hal yang Dapat Anda Diskusikan Saat Datang ke Dokter

5 Hal yang Dapat Anda Diskusikan Saat Datang ke Dokter

Kunjungan ke dokter biasanya terdiri dari wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan. Kunjungan ke dokter dapat menjadi lebih menyenangkan jika terjalin komunikasi yang baik, untuk itu Anda dapat mendiskusikan beberapa hal yang ingin Anda ketahui dengan dokter. Selain itu, dengan terjalinnya komunikasi yang baik, maka juga turut berperan dalam proses penanganan kondisi untuk hal yang Anda keluhkan. Semakin informatif Anda mengenai kondisi yang Anda keluhan, maka akan semakin mudah dokter untuk melakukan diagnosa (pemeriksaan), anamnesis (proses mengkompilasi informasi riwayat pasien oleh dokter) dan bahkan prognosis. Guna terselenggaranya komunikasi yang tepat sasaran nan efektif, simak 5 hal yang dapat Anda diskusikan ketika Anda berkunjung ke dokter berikut ini: 5 Hal yang Dapat Anda Diskusikan Saat Datang ke Dokter Kunjungan ke dokter biasanya terdiri dari wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan. Kunjungan ke dokter dapat menjadi lebih menyenangkan jika terjalin komunikasi yang baik, untuk itu Anda dapat mendiskusikan beberapa hal yang ingin Anda ketahui dengan dokter. Selain itu, den [...]

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Bawang putih merupakan salah satu bahan bumbu masakan yang digunakan di seluruh dunia untuk menambah cita rasa makanan. Bawang putih yang dikenal memiliki bau tajam ini ternyata sering digunakan untuk pengobatan sejak ratusan tahun yang lalu. Pada saat perang dunia ke-1, para prajurit menggunakan bawang putih sebagai antiseptik untuk mencegah infeksi, membersihkan luka sampai mengobati disentri. Beberapa Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh Manusia Berdasarkan hal tersebut maka mulai banyak ilmuwan yang meneliti manfaat dari bawang putih ini. Bawang putih kaya akan vitamin B6, mangan, selenium, vitamin c, dan mineral lainnya. Kandungan Allicin/sulfur dalam bawang putih dipercaya sebagai zat kimia yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, zat ini juga yang menimbulkan bau tajam pada bawang putih. Berikut ini adalah manfaat bawang putih untuk kesehatan: Berikut ini adalah manfaat bawang putih untuk kesehatan: 1, Menurunkan risiko penyakit jantung dan hipertensi Bawang putih merupakan salah satu herbal yang sering disebut untuk mencegah penyakit jantung, hipertensi aterosklerosis. Sebuah penelitian yang dilakukan selama 4 tahun menun [...]

Jangan Malas Cuci Piring, Pekerjaan Rumah Ini Ternyata Bisa Redakan Stres

Jangan Malas Cuci Piring, Pekerjaan Rumah Ini Ternyata Bisa Redakan Stres

Mencuci piring merupakan pekerjaan rumah tangga yang bisa dibilang cukup melelahkan. Yang membuat tugas ini berat, karena seringkali piring-piring kotor tak segera dicuci sehingga menumpuk di bak cucian.Akibatnya, Anda pun jadi malas cuci piring. Padahal tugas rumah tangga ini bisa membantu mengatasi stres. Hal itu diungkapkan oleh sejumlah peneliti yang mengklaim bahwa pekerjaan rumah tangga sehari-hari bisa bermanfaat bagi kesehatan mental.Studi dari Florida State University seperti dikutip dari Daily Mail, menemukan bahwa orang yang mencuci piring secara serius dan hanya fokus pada apa yang dikerjakannya, tingkat stres dan kegelisahannya lebih rendah. Para peneliti pun merekomendasikan kalau cuci piring bisa digunakan sebagai terapi untuk meningkatkan kesehatan mental dan emosional.Dalam laporannya, peneliti menuliskan bahwa, "Fokus saat cuci piring akan membuat membuat pikiran lebih tenang, meningkatkan aspek-aspek positif, mengurangi pemikiran-pemikiran negatif dan membuat proses cuci piring jadi tidak terlalu melelahkan."Menurut Psychology Today, mencuci piring menempatkan otak pada tahap aktif, waktu dan tempat dimana Anda berada sekarang. Saat berada dalam kondisi terseb [...]

Cara Agar Tetap Makan Sehat Saat Liburan

Cara Agar Tetap Makan Sehat Saat Liburan

Banyak wanita yang sering tergoda dengan makanan tidak sehat saat hari libur atau akhir pekan. Mereka memanfaatkan waktu bermalas-malasan tersebut untuk mengonsumsi semua jenis makanan termasuk junk food. Aneka makanan yang digoreng dan manis-manis menjadi menu utama yang dicari ketika liburan.Makanan tidak sehat dengan sedikit nutrisi diketahui merupakan salah satu penyebab stres dan depresi. Hal itu disebutkan dalam studi terkini yang dimuat di The British Journal of Psychiatry. Para pakar epidemiologi Inggris dan Prancis telah melakukan analisis makanan dan mood 3.486 partisipan pria dan wanita."Terdapat hubungan yang erat antara jenis makanan dengan gejala depresi. Partisipan yang sering mengonsumsi makanan olahan atau makanan junk food cenderung mengalami gejala stres dan depresi dibanding partisipan yang mengonsumsi makanan alami," ujar salah satu peneliti, Tasnime Akbaraly.Oleh karena itu sebaiknya jauhi junk food mulai saat ini. Hindari mengonsumsinya secara berlebihan walaupun di hari libur. Berikut cara tetap menjaga pola makan sehat ketika sedang tidak bekerja:1. Sediakan Aneka Ragam Sayuran di RumahCobalah menyediakan bahan makanan berwarna-warni seperti brokoli, wor [...]

Kelainan Bayi, Ini Cara Mencegahnya

Kelainan Bayi, Ini Cara Mencegahnya

Oleh: dr. Alvin Nursalim Kelainan bawaan lahir atau dalam istilah media dikenal dengan kelainan kongenital. Kelainan kongenital menyerang 1 dari 33 anak, dan diperkirakan 270.000 bayi meninggal dalam 28 hari pertama kehidupan mereka akibat kelainan kongenital. Apa saja tiga jenis kelainan kongenital yang umum ditemui? Apa saja hal yang dapat kita lakukan untuk mencegahnya? 1. Gangguan Jantung kongenital Jantung yang sehat harus terdiri dari 4 ruangan yang terpisah dan dibatasi oleh empat katub jantung. Dalam keadaan yang tidak normal, ruangan jantung bisa saling terhubung oleh lubang pada dinding pemisah jantung atau bocornya katub jantung. Hal ini akan menyebabkan jantung tidak dapat memompa darah secara maksimal, sehingga darah tidak sampai pada organ-organ tubuh dengan baik. Anak akan mengeluh cepat lelah, lemas atau terlihat kebiruan akibat kurangnya oksigen yang sampai ke jaringan tubuh. 2. Defek tabung saraf (neural tube defect) Defek tabung saraf merupakan kelainan akibat penutupan yang tidak sempurna dari sum-sum tulang dan otak. Hal ini dapat menyebabkan bagian dari sum-sum tulang atau otak tidak dilapisi oleh kulit atau tulang tengkorak dan menonjol dari luar tubuh. Pen [...]

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Sakit Tenggorokan

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Sakit Tenggorokan

Cuaca dingin sangat mempengaruhi kesehatan yang menyebabkan flu. Setelah perubahan musim, akan muncul gejala gatal dan sakit pada tenggorokan yang disertai batuk. Biasanya, banyak orang yang mencegah dan mengobatinya dengan minum teh herbal atau sirup batuk. Akan tetapi, ada cara untuk mengatasi sakit tenggorokan dengan menghindari makanan tertentu agar tidak semakin parah. Ini dia, seperti yang dilansir dari Boldsky.Makanan AsamBuah jeruk, jus lemon, permen karet yang mengandung asam manis dapat memicu gatal ketika Anda sakit tenggorokan. Jangan pula Anda memakan makanan yang mengandung cuka atau vinegar, makanan jenis tersebut akan memperparah rasa sakit dikerongkongan pada saat menelan.Makanan PedasBanyak yang berasumsi bahwa makanan pedas dapat membantu menyingkirkan rasa gatal dan batuk yang disebabkan sakit tenggorokan. Sebaiknya Anda berhenti sementara untuk mengonsumsi makanan pedas seperti cabai, cengkeh, lada, pala, paprika dan rempah-rempah lainnya. Makanan pedas hanya memperburuk rasa sakit pada tenggorokan.Produk SusuJika ada kerabat yang menyarankan Anda untuk meminum segelas susu panas untuk menyembuhkan nyeri pada tenggorokan, jangan Anda minum. Banyak orang yang [...]

Belanja = Olahraga, Bisa Bakar 385 Kalori

Belanja = Olahraga, Bisa Bakar 385 Kalori

Memiliki hobi berbelanja tidak selamanya buruk. Berjalan-jalan serta menghabiskan waktu di toko atau pusat perbelanjaan ternyata dapat membakar kalori hingga 385 kalori. Wow!Rata-rata wanita Inggris berjalan lebih dari 150 mil setahun hanya untuk kegiatan belanja. Sebuah department store di Inggris mencoba melakukan survei terhadap 10 orang wanita dan pria untuk mengetahui berapa kalori yang dikeluarkan saat kegiatan belanja.Dengan menggunakan alat penghitung kalori pedometer, diketahui bahwa rata-rata wanita menghabiskan waktu minimal 2,5 jam untuk belanja sedangkan pria hanya 50 menit. Seperti dikutip Telegraph, waktu belanja 2,5 jam sama dengan berjalan kaki sejauh 3 mil sedangkan 50 menit sama dengan 1,5 mil.Meski demikian, banyak orang yang tidak menyadari efek kesehatan yang akan mereka dapat ketika memutuskan untuk berbelanja. Menurut hasil survei, 63 persen partisipan tidak menganggap belanja sama menyehatkannya dengan olahraga.Rata-rata orang berjalan kaki sebanyak 7.300 langkah setiap harinya, padahal jumlah langkah yang direkomendasikan oleh NHS agar tetap sehat adalah 10.000 langkah setiap hari. Hampir semua wanita menganut prinsip berbelanja 'shop till drop', yaitu [...]

Ini Alasan Wanita Lebih Sehat Ketimbang Pria

Ini Alasan Wanita Lebih Sehat Ketimbang Pria

Menjadi seorang wanita tidaklah mudah, namun wanita memiliki beberapa keuntungan yang tak didapat pria. Misalnya wanita memiliki umur yang lebih panjang daripada pria. Penelitian juga menunjukkan bahwa pria lebih mudah terkena beberapa penyakit dibawah ini daripada wanita. Penyakit apa saja?1. Penyakit ParkinsonBerdasarkan analisa dari tujuh penelitian, peneliti dari University of Virginia School of Medicine melaporkan bahwa pria 1,5 kali lebih mungkin terkena penyakit parkinson bila dibandingkan wanita. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neurology di tahun 2004, alasannya karena hormon esterogen bantu melindungi tubuh dari gangguan neurodegeneratif.2. Kanker HatiSeperti yang dikutip myhealthnewsdaily, wanita jarang mengidap karsinoma hepatoseluler, jenis kanker hati paling umum. Tingkat kejadia pada pria tiga kali lebih tinggi, menurut laporan 2010 oleh U.S. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Bologna di Italia juga mencapai kesimpulan yang serupa. Hasil dari penelitian yang mereka temukan menjelaskan bahwa wanita yang mengidap kanker hati dapat hidup lebih lama ketimbang pria yang juga mengidap [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *