Imunisasi DPT: Manfaat dan Efek Sampingnya

imunisasi-DPT-manfaat-dan-efek-sampingnya-alodokter.jpg

DPT adalah singkatan dari difteri, pertusis, dan tetanus. Imunisasi DPT adalah salah satu jenis bentuk vaksinasi yang wajib diberikan kepada balita.

Penyakit difteri, pertusis, dan tetanus adalah tiga penyakit berbeda yang masing-masing memiliki risiko tinggi dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, pemberian imunisasi DPT sebaiknya tidak dilewatkan.

Sebelum memberikan imunisasi ini kepada anak Anda, sebaiknya diketahui lebih lanjut informasi seputar pemberian imunisasi dan efek sampingnya.

Difteri merupakan penyakit pada selaput lendir pada hidung serta tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini dapat menimbulkan lapisan tebal berwarna abu-abu pada tenggorokan sehingga dapat membuat anak sulit makan dan bernapas. Bila infeksi tidak diobati, toksin yang dihasilkan oleh bakteri bisa menyebabkan lumpuh dan gagal jantung jika dibiarkan.

Sedangkan pertusis yang lebih dikenal batuk rejan adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan dan menyebabkan batuk parah. Jika anak di bawah satu tahun terkena penyakit ini, kemungkinan dapat terjadi pneumonia, kerusakan otak, kejang, bahkan kematian.

Sementara tetanus merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kelumpuhan, kejang, serta kekakuan otot. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri. Berbeda dengan difteri dan pertusis yang menular, tetanus tidak ditularkan dari orang ke orang.

Pemberian Imunisasi DPT

Imunisasi DPTpada anak-anak diberikan sebanyak lima kali sejak anak berusia 2 bulan hingga 6 tahun. Tiga pemberian pertama pada usia 2 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan. Pemberian yang ke-4 adalah pada usia 18-24 bulan dan pemberian yang terakhir pada usia 5 tahun. Dosis yang diberikan yakni satu kali suntikan setiap jadwal imunisasi. Setelahnya, dianjurkan untuk melakukan booster TD (imunisasi ulang Tetanus Difteri) tiap 10 tahun.

Perhatikan beberapa kondisi anak Anda sebelum memberikan imunisasi. Jika anak Anda mengalami sakit parah pada saat tiba jadwal imunisasi, maka sebaiknya Anda tunggu hingga keadaan anak membaik. Jangan berikan imunisasi selanjutnya jika anak Anda memiliki kondisi seperti:

  • Setelah 7 hari mendapatkan suntikan, anak mengalami gangguan pada sistem saraf atau otak.
  • Muncul alergi yang cukup mengancam nyawa setelah anak mendapatkan imunisasi.

Segera periksakan ke dokter bila setelah imunisasi, anak Anda mengalami:

  • Demam di atas 400
  • Anak tidak berhenti menangis setidaknya selama 3 jam
  • Anak mengalami kejang atau pingsan.

Jika ditemukan bahwa anak Anda menunjukkan reaksi yang buruk terhadap vaksin pertusis, biasanya dokter akan memberikan imunisasi TD dan menghentikan pemberian imunisasi DPT.

Efek Samping DPT

Efek samping dari imunisasi DPT yang dapat muncul antara lain:

  • Demam ringan
  • Bengkak pada bagian suntikan
  • Kulit pada bagian suntikan menjadi merah dan sakit
  • Anak terlihat lelah
  • Anak menjadi rewel

Efek samping tersebut biasanya akan terjadi pada satu hingga tiga hari setelah pemberian vaksin. Sebaiknya gunakan ibuprofen atau acetaminophen (parasetamol) untuk meredakan demam anak Anda. Hindari obat yang mengandung aspirin karena pada sebagian kasus menyebabkan gangguan kesehatan yang bisa mengancam nyawa anak, yaitu kerusakan hati dan otak. Walau sangat jarang terjadi, pemberian vaksinasi DPT dapat menimbulkan kejang, koma, dan kerusakan otak.

Dengan memberikan imunisasi yang lengkap pada anak maka Anda telah memberikan perlindungan kepada anak dari beberapa penyakit berbahaya. Ingat baik-baik kapan jadwal imunisasi anak Anda dan konsultasikan kepada dokter jika anak Anda menunjukkan gejala-gejala yang mengkhawatirkan setelah pemberian imunisasi.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ganti Soda dengan Air Putih Bisa Turunkan Risiko Terkena Diabetes

Ganti Soda dengan Air Putih Bisa Turunkan Risiko Terkena Diabetes

Minuman bersoda dan jus buah dingin memang sangat menyegarkan. Namun mengganti minuman manis tersebut dengan air mineral bisa berakibat baik bagi tubuh, salah satunya menurunkan risiko terkena diabetes.Menurut penelitian yang diprakarsai oleh peneliti dari Harvard School of Public Health, rajin meminum air mineral dapat bantu mencegah terjadinya gangguan metabolisme dalam tubuh. Namun, hasil tersebut baru bisa didapat jika Anda benar-benar mengganti minuman manis itu, bukan hanya sekedar meminum air mineral lebih banyak.Kesimpulan tersebut didapat dari penelitian terhadap kebiasaan minum dari 83 ribu wanita selama satu dekade (10 tahun). Seiring berjalannya waktu, 2.700 wanita mulai memiliki kemungkinan terkena diabetes.Wanita yang minum minuman bersoda dan jus buatan memiliki risiko diabetes lebih tinggi, sekitar 10 persen lebih tinggi untuk setiap gelas yang dikonsumsi setiap hari. Tim peneliti memperkirakan bahwa jika wanita mengganti satu gelas minuman bersoda atau jus buah buatan dengan satu gelas air putih, maka risiko diabetes akan turun sekitar 7 hingga 8 persen."Kenyataanya adalah jus buah mengandung jumlah kalori yang sama dengan gula sebagai minuman ringan. Meskipun p [...]

Mengerikan, Waxing Bikini Bisa Picu Herpes

Mengerikan, Waxing Bikini Bisa Picu Herpes

Waxing bikini sudah menjadi bagian dari lifestyle. Tren cukur bulu di area kemaluan ini pun semakin banyak diminati oleh wanita. Apakah Anda salah satunya?Menghilangkan bulu di area sensitif ini biasanya menggunakan lilin atau wax. Proses menghilangkan bulu-bulu yang mengganggu ini pun tak lama, bahkan kurang dari dua jam.Tapi ternyata, seiring dengan meningkatnya pengguna waxing bikini, peningkatan penyakit infeksi kulit pun terus meningkat. Dikutip dari The Sun, baru-baru ini di Amerika Serikat, seorang wanita dilarikan ke rumah sakit karena mengalami infeksi kulit dan demam yang tinggi. Setelah ditelusuri, hal ini terjadi setelah ia melakukan waxing bikini.Tak hanya itu saja, ada beberapa penyakit lainnya yang kemungkinan terjadi setelah melakukan bikini waxing, di antaranya herpes, kurap, serta selulitis. Mengerikan!Herpes merupakan infeksi jangka panjang yang bersifat kronis. Penyakit ini menyebabkan rasa gatal pada alat kelamin. Hati-hatilah, virus herpes bisa masuk ke dalam tubuh Anda melalui luka di kulit yang rusak.Kalau kurap, bentuknya itu seperti cincin. Biasanya menciptakan ruam merah di kulit. Penyakit ini diakibatkan oleh jamur. Bahanya, penyakit ini bisa menular. [...]

Makan Serangga Dapat Mencegah Kegemukan Badan

Makan Serangga Dapat Mencegah Kegemukan Badan

Baru-baru ini sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Badan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) menunjukkan bahwa konsumsi serangga memberikan efek kesehatan yang baik. Sumber nutrisi di dalam serangga ternyata baik bagi kesehatan dan dapat membantu mencegah obesitas. Belahan dunia Afrika dan Asia merupakan wilayah percontohan yang telah menunjukkan bahwa konsumsi serangga tidak berbahaya. Serangga seperti belalang, rayap semut telah diolah sedemikian rupa oleh bangsa Afrika dan Asia menjadi makanan yang garing dan renyah serta bernutrisi tinggi. Di beberapa negara Asia dan Afrika, serangga memang merupakan makanan ringan tradisional yang umum dijual di pinggir jalan sebagai makanan cemilan pinggir jalan yang gurih dan terjangkau. Dan percaya atau tidak, ternyata serangga dilaporkan oleh Organisasi Makanan dan Pangan Perserikatan Bangsa-Bangsa (Food and Agriculture Organization of The United Nations, FAO UN) sebagai sumber nutrisi protein setinggi daging sapi dan menyehatkan. Berikut penjelasannya: Serangga Ternyata Berprotein Tinggi Organisasi Makanan dan Pangan Perserikatan Bangsa-Bangsa (Food and Agriculture Organization of The United Nations, FAO UN) melaporkan ba [...]

Mengeluh karena Takut Gemuk Itu Normal

Mengeluh karena Takut Gemuk Itu Normal

Banyak wanita yang sering mengeluh karena berat badannya. Walau kebiasaan itu terdengar menyebalkan, menurut penelitian khawatir akan gemuk merupakan hal normal bagi wanita.Dikutip dari detikhealth, penelitian yang dilakukan oleh Brigham Young University menjelaskan bahwa otak wanita memang takut gemuk. Kesimpulan tersebut didapat dari pemindaian otak dilakukan dengan teknologi Magnetic Resonance Imaging (MRI).Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences edisi Mei 2010, melibatkan sekelompok wanita dengan berat badan normal dan tidak mengalami gangguan pola makan. Sebelum otaknya di/scan/, mereka disuruh melihat foto seorang wanita tak dikenal yang mengalami kelebihan berat badan.Hasil dari scan, foto tersebut telah mengaktifkan bagian otak yang memproses identitas dan refleksi diri. Para peserta penelitian menjadi gelisah dan membayangkan tubuhnya bisa menjadi seperti dalam foto tersebut.Dapat dikatakan bahwa hasil penelitian itu didapat dengan cara yang tak disengaja. Para peneliti sebenarnya sedang mengerjakan proyek untuk mengatasi gangguan makan dengan memindai otak. Pada wanita dengan gangguan makan anorexia dan bulimia, melihat foto wani [...]

10 Cara Cepat Langsing Kembali Setelah Melahirkan

10 Cara Cepat Langsing Kembali Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan hampir sebagian besar wanita berharap dapat kembali ke bentuk tubuh semula dan menurunkan berat badan. Hampir sebagian besar wanita pasca melahirkan kehilangan setengah berat badan saat hamil dalam waktu 6 minggu setelah melahirkan. Sisanya akan perlahan-lahan turun dalam bulan-bulan berikutnya. Diet sehat yang disertai olahraga dapat membantu Anda menurunkan berat badan Tubuh Anda membutuhkan waktu untuk penyembuhan setelah melahirkan. Bila Anda langsung menurunkan berat badan proses penyembuhan akan berlangsung lebih lama. Setidaknya beri jangka waktu 6 minggu sebelum program penurunan berat badan, bagi Anda yang menyusui disarankan menunggu hingga bayi Anda berusia setidaknya 2 bulan. Terlalu cepat menurunkan berat badan dapat mempengaruhi produksi air susu ibu. Menyusui dapat membantu membakar kalori dalam tubuh sehingga Anda akan takjub melihat penurunan berat badan Anda saat menyusui. Penurunan berat badan yang ideal setelah melahirkan adalah 1.5 pons atau sekitar 680 gr per minggu. Penurunan dengan jumlah tersebut tidak akan mempengaruhi produksi ASI. Anda dapat mengikutinya dengan cara mengurangi 500 kalori asupan Anda per hari. Tentunya Anda disarankan b [...]

10 Alasan Kesehatan Konsumsi Tempe

10 Alasan Kesehatan Konsumsi Tempe

Sebagai orang Indonesia pasti Anda tak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Tempe merupakan salah satu jenis makanan yang paling sering kita temui di Indonesia. Coba Anda perhatikan, hampir di setiap rumah makan Indonesia Anda akan menemukan tempe. Mulai dari tempe goreng, orak-arik, bacem dan lain sebagainya. Bahkan saat ini tempe sudah mendunia dan di konsumsi oleh orang-orang di berbagai negara. Tempe merupakan makanan berbahan dasar kedelai yang kaya akan gizi. Sudah sejak lama tempe diketahui sebagai salah satu sumber protein. Karena prosesnya yang menggunakan fermentasi maka tempe juga mengandung probiotik yang baik bagi kesehatan saluran pencernaan. Dalam 100 gram tempe terkandung: protein 20,8 gram, lemak 8,8 g, serat 1,4 g, kalsium 155 mg, fosfor 326 mg, zat besi 4 mg, vitamin B1 0,19 mg, vitamin B2 0,11 mg, vitamin B6 0,22 mg, asam folat 52 �g, selenium 8,8 �g, zinc 1,81 mg, isoflavon 53 mg dan karoten 34 mg. Selain enak dan gurih, tempe ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain: Selain enak dan gurih, tempe ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, antara l [...]

4 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Saat Menstruasi

4 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Saat Menstruasi

Wanita memiliki beraneka keluhan ketika menstruasi mulai dari sakit pinggang, mood tidak beraturan, hingga tubuh merasa lemas dan tak bersemangat. Bahkan beberapa wanita merasakan sakit perut yang tidak tertahankan ketika menstruasi.Konsultan Nutrisi, Ria Amelia, mengatakan bahwa gejala tersebut bisa disebabkan oleh asupan makanan yang dikonsumsi ketika sedang haid. Oleh sebab itu, perhatikan pola makan Anda sehari-hari terutama saat sedang menstruasi. Berikut empat jenis asupan yang sebaiknya dihindari saat haid.1. KopiRia mengatakan bahwa salah satu minuman yang perlu dihindari ketika datang bulan adalah kopi. Kopi kaya akan kafein yang bisa membuat tubuh mudah dehidrasi. Ketika sedang menstruasi daya tahan tubuh juga menurun, jika mengonsumsi kafein maka bisa membuat tubuh semakin lemas."Kafein bisa membuat tubuh mudah dehidrasi dan menyempitkan pembuluh darah. Minuman yang mengandung kafein juga bisa membuat sakit kepala," tutur Ria saat berbincang di acara peluncuran media sosial, Hawa, di Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/8/2015).2. GorenganMakanan yang mengandung banyak lemak seperti gorengan juga sebaiknya dihindari saat datang 'tamu' bulanan. Makanan yang [...]

Kerja Dalam Keadaan Sakit Bisa Buat Otak Rusak

Kerja Dalam Keadaan Sakit Bisa Buat Otak Rusak

Otak merupakan organ tubuh yang paling vital dan penting bagi kelangsungan hidup manusia. Seperti yang dikutip dari detikhealth, otak manusia terdiri lebih dari 100 miliar saraf yang masing-masing terkait dengan 10 ribu saraf lain. Otak adalah organ tubuh vital yang merupakan pusat pengendali sistem saraf pusat.Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.Untuk itulah otak perlu dijaga dan dirawat, jika tidak penyakit-penyakit yang merusak otak pun bisa terjadi. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui sembilan kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat otak menjadi rusak lalu cobalah untuk menghindarinya.1. Tidak sarapanOrang yang tidak sarapan akan memiliki kadar gula darah yang rendah dan memicu ketidakcukupan nutrisi pada otak, padahal otak butuh nutrisi yang cukup untuk tetap bisa bekerja. Akibat kurang suplai nutrisi terutama glukosa, akhirnya kemampuan otak pun cepat menurun.2. MerokokSemua orang tahu merokok it [...]

Oksigenasi Bisa Membantu Menyembuhkan Penyakit dan Luka

Oksigenasi Bisa Membantu Menyembuhkan Penyakit dan Luka

Dalam dunia medis, oksigenasi biasa digunakan untuk mendeskripsikan pengobatan pasien dengan memakai oksigen. Pemberian oksigen dapat dilakukan melalui alat bantu pernapasan dan di dalam ruangan beroksigen dengan tekanan kuat. Terapi ini diperlukan jika kandungan oksigen dalam tubuh berada di bawah batas normal. Normalnya, kadar oksigen dalam darah yang dibutuhkan oleh tubuh agar berfungsi optimal berkisar 95-100 persen. Jika kadar oksigen darah mereka di bawah kisaran 80 persen, bisa berakibat fatal. Fungsi dua organ paling penting dalam tubuh, yaitu jantung dan otak, bisa terganggu. Kondisi yang Membutuhkan Oksigenasi Beberapa penyakit dan kondisi medis membutuhkan prosedur oksigenasi melalui alat bantu napas seperti kanula (selang) hidung dan masker oksigen. Hipoksemia Jika seseorang memiliki saturasi oksigen dalam darahnya di bawah 90 persen, maka dia sudah bisa dikategorikan menderita hipoksemia. Salah satu tanda seseorang mengalami hipoksemia adalah sesak napas. Hal ini disebabkan oleh tidak mencukupinya oksigen dalam darah untuk didistribusikan ke sel-sel dan jaringan seluruh tubuh. Untuk menentukan apakah seseorang terkena hipoksemia atau tidak, dokter dapat melakukan pe [...]

12 Tes Kesehatan Wajib Bagi Wanita

12 Tes Kesehatan Wajib Bagi Wanita

Tahukah Anda banyak penyakit yang diam-diam menggerogoti tubuh tanpa pernah menimbulkan gejala, terutama bagi wanita? Meskipun merasa sehat, belum tentu Anda aman dari penyakit.Untuk itu, sangat penting melakukan beberapa tes kesehatan. Apa saja yang perlu diperiksa? Berikut adalah jenis-jenis tes kesehatan yang wajib di lakukan bagi wanita: 1) Pemeriksaan Klinis PayudaraPemeriksaan klinis payudara adalah pemeriksaan yang dilakukan dokter untuk mengetahui adanya perubahan atau kelainan pada payudara. Menurut American Cancer Society Susan G. Komen, setiap wanita wajib menjalani pemeriksaan ini. Bagi wanita usia 20 -39 tahun sebaiknya menjalani pemeriksaan klinis payudara minimal tiga tahun sekali. Sedangkan bagi wanita berusia 40 tahun keatas, pemeriksaan klinis payudara harus dilakukan setidaknya sekali dalam 1 tahun. 2) MamografiMamografi adalah pemeriksaan payudara menggunakan sinar X yang dapat mendeteksi kelainan pada payudara dengan akurat. Susan menyarankan, wanita di atas usia 40 dan yang mungkin punya riwayat kanker payudara dalam keluarga wajib melakukan tes mamografi setidaknya sekali dalam satu atau dua tahun. 3) Pemeriksaan Kadar KolestrolUntuk mencegah penyakit jan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *