Imunisasi DPT: Manfaat dan Efek Sampingnya

imunisasi-DPT-manfaat-dan-efek-sampingnya-alodokter.jpg

DPT adalah singkatan dari difteri, pertusis, dan tetanus. Imunisasi DPT adalah salah satu jenis bentuk vaksinasi yang wajib diberikan kepada balita.

Penyakit difteri, pertusis, dan tetanus adalah tiga penyakit berbeda yang masing-masing memiliki risiko tinggi dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, pemberian imunisasi DPT sebaiknya tidak dilewatkan.

Sebelum memberikan imunisasi ini kepada anak Anda, sebaiknya diketahui lebih lanjut informasi seputar pemberian imunisasi dan efek sampingnya.

Difteri merupakan penyakit pada selaput lendir pada hidung serta tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini dapat menimbulkan lapisan tebal berwarna abu-abu pada tenggorokan sehingga dapat membuat anak sulit makan dan bernapas. Bila infeksi tidak diobati, toksin yang dihasilkan oleh bakteri bisa menyebabkan lumpuh dan gagal jantung jika dibiarkan.

Sedangkan pertusis yang lebih dikenal batuk rejan adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan dan menyebabkan batuk parah. Jika anak di bawah satu tahun terkena penyakit ini, kemungkinan dapat terjadi pneumonia, kerusakan otak, kejang, bahkan kematian.

Sementara tetanus merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kelumpuhan, kejang, serta kekakuan otot. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri. Berbeda dengan difteri dan pertusis yang menular, tetanus tidak ditularkan dari orang ke orang.

Pemberian Imunisasi DPT

Imunisasi DPTpada anak-anak diberikan sebanyak lima kali sejak anak berusia 2 bulan hingga 6 tahun. Tiga pemberian pertama pada usia 2 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan. Pemberian yang ke-4 adalah pada usia 18-24 bulan dan pemberian yang terakhir pada usia 5 tahun. Dosis yang diberikan yakni satu kali suntikan setiap jadwal imunisasi. Setelahnya, dianjurkan untuk melakukan booster TD (imunisasi ulang Tetanus Difteri) tiap 10 tahun.

Perhatikan beberapa kondisi anak Anda sebelum memberikan imunisasi. Jika anak Anda mengalami sakit parah pada saat tiba jadwal imunisasi, maka sebaiknya Anda tunggu hingga keadaan anak membaik. Jangan berikan imunisasi selanjutnya jika anak Anda memiliki kondisi seperti:

  • Setelah 7 hari mendapatkan suntikan, anak mengalami gangguan pada sistem saraf atau otak.
  • Muncul alergi yang cukup mengancam nyawa setelah anak mendapatkan imunisasi.

Segera periksakan ke dokter bila setelah imunisasi, anak Anda mengalami:

  • Demam di atas 400
  • Anak tidak berhenti menangis setidaknya selama 3 jam
  • Anak mengalami kejang atau pingsan.

Jika ditemukan bahwa anak Anda menunjukkan reaksi yang buruk terhadap vaksin pertusis, biasanya dokter akan memberikan imunisasi TD dan menghentikan pemberian imunisasi DPT.

Efek Samping DPT

Efek samping dari imunisasi DPT yang dapat muncul antara lain:

  • Demam ringan
  • Bengkak pada bagian suntikan
  • Kulit pada bagian suntikan menjadi merah dan sakit
  • Anak terlihat lelah
  • Anak menjadi rewel

Efek samping tersebut biasanya akan terjadi pada satu hingga tiga hari setelah pemberian vaksin. Sebaiknya gunakan ibuprofen atau acetaminophen (parasetamol) untuk meredakan demam anak Anda. Hindari obat yang mengandung aspirin karena pada sebagian kasus menyebabkan gangguan kesehatan yang bisa mengancam nyawa anak, yaitu kerusakan hati dan otak. Walau sangat jarang terjadi, pemberian vaksinasi DPT dapat menimbulkan kejang, koma, dan kerusakan otak.

Dengan memberikan imunisasi yang lengkap pada anak maka Anda telah memberikan perlindungan kepada anak dari beberapa penyakit berbahaya. Ingat baik-baik kapan jadwal imunisasi anak Anda dan konsultasikan kepada dokter jika anak Anda menunjukkan gejala-gejala yang mengkhawatirkan setelah pemberian imunisasi.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ngorok Menurunkan Produktivitas Kerja

Ngorok Menurunkan Produktivitas Kerja

Seluruh perusahaan di dunia kini memiliki isu baru yang mengancaman penurunan profit tahunannya. Isu bermuara pada sektor penurunan produktivitas kinerja karyawan yang diakibatkan gangguan pola tidur oleh pernapasan (sleep apnea). Hal ini mengemuka pada sebuah presentasi dari program SLEEP 2011, 25thAnnual Meeting of the Associated Professional Sleep Societies, LLC (APSS) yang dilangsungkan di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat, Senin (13/06) lalu. Dimana para penelitian menyarankan kepada perusahaan-perusahaan besar agar bisa menyelamatkan jutaan dolar dalam hal produktivitas yang hilang dengan memperhatikan karyawan yang memiliki risiko terkena sleep apnea. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa perusahaan besar di Florida bisa menghemat sekitar 136 juta dolar dalam produktivitas kerja karyawan. Lebih dari 10 tahun penelitian menyarankan, agar karyawan berisiko sleep apnea untuk mengambil langkah pengobatan dengan Continuous Positive Airway Pressure (SPAP) terapi. Menurut Dr. Clelia Lima, seorang perawat keluarga praktisi di Universitas Nursing Central Florida di Orlando, bahwa definisi kinerja seperti sering mengantuk yang berlebihan, cepat marah, kurang konsentrasi dan vitali [...]

4 Manfaat Kesehatan Yang Didapat Jika Tidur Bersama Suami

4 Manfaat Kesehatan Yang Didapat Jika Tidur Bersama Suami

Ada beberapa pasangan menikah yang ternyata tidak tidur bersama. Alasannya bisa bervariasi misalnya, karena kebiasaan mendengkur, ingin menonton televisi atau sering lembur kerja.Pasangan yang tidak tidur bersama dapat kehilangan banyak hal. Mulai dari ciuman, kedekatan fisik hingga manfaat kesehatan tubuh. Seperti yang dikutip dari iMom, berikut empat efek positif tidur bersama suami.1. Mengurangi StresMenurut laporan dari Wall Street Journal, tidur bersama pasangan yang memiliki hubungan sehat dapat menurunkan kadar kortisol. Seperti yang diketahui, kortisol biasa disebut sebagai hormon stres. Para peneliti dari University of Pittsburgh di Amerika meyakini bahwa tidur bersama suami bisa membantu menurunkan kadar hormon kortisol, yang kemudian mendorong rasa aman dan keselamatan2. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit JantungKenaikan kortisol dalam jangka panjang terkait dengan peningkatan sitokin--protein yang terlibat dalam peradangan yang bisa memicu penyakit jantung, depresi, dan gangguan auto-imun. Tidur bersama mempunyai efek protektif dengan menurunkan level dari protein tersebut.3. Meningkatkan Hormon CintaSelain itu, oksitosin atau yang biasa disebut hormon cinta, juga ik [...]

Secangkir Teh Dapat Tingkatkan Kinerja Otak

Secangkir Teh Dapat Tingkatkan Kinerja Otak

Selain menyenangkan untuk diminum saat makan atau santai, teh juga memiliki manfaat untuk tubuh. Salah satunya, teh bermanfaat untuk kinerja otak.Seperti dikutip Daily Mail, terdapat studi yang menyatakan bahwa meminum teh dapat meningkatkan kinerja otak. Pada studi tersebut, peneliti Belanda mencari tahu pengaruh kandungan yang ada di dalam teh dengan kesiapan mental 44 responden. Setelah diteliti terungkap, kandungan dalam teh seperti asam amino atau L-theanine (biasa ditemukan dalam teh hijau) dan kafein, bisa meningkatkan kemampuan berpikir seseorang. Mereka yang meminum teh, setelah menit ke-20 dan ke-70, akurasinya dalam melakukan tugas yang berbeda-beda menjadi lebih baik.Dalam penelitian juga disebutkan bahwa teh yang diminum responden berumur di bawah 40 tahun, dapat mengurangi kelelahan. Hasil studi memperlihatkan bahwa selain meningkatkan kinerja otak, teh juga dapat meningkatkan kewaspadaan seseorang yang rajin mengonsumsinya.(eny/eny) [...]

Alergi Jagung dan Peningkatan Jumlah Sel Darah Putih

Alergi Jagung dan Peningkatan Jumlah Sel Darah Putih

Jagung mengandung sejumlah kecil protein yang dapat memicu reaksi alergi. Jika Anda memiliki alergi terhadap jagung dan tidak menghindari konsumsi jagung dalam segala bentuknya, Anda dapat memiliki jumlah sel darah putih yang tinggi. Tubuh Anda memproduksi beberapa jenis sel darah putih, termasuk eosinofil, sejenis sel darah putih yang meningkat saat Anda memiliki reaksi alergi. Jika Anda memiliki alergi jagung, bicarakan dengan dokter tentang bagaimana mengontrol gejala dan jumlah sel darah putih. Mendiagnosis Alergi Jagung. Alergi jagung memang tidak umum, dan hanya mempengaruhi sekitar 0,016 persen orang Amerika, menurut Asosiasi Pabrik gula Jagung, seperti dilansir dari livestrong, rabu (01/02/2012). Ruam dan asma adalah gejala paling umum dari alergi jagung. Dokter Anda biasanya dapat mendiagnosis alergi makanan melalui tes alergi dan dengan gejala lain, seperti gatal-gatal, ruam, sesak napas atau gejala pencernaan tanpa melakukan tes jumlah sel darah putih. Jika dokter meminta Anda untuk melakukan tes jumlah darah putih, mungkin dikarenakan dokter menemukan jumlah eosinofil yang tinggi. Ketika jumlah eosinofil meningkat, yang disebut juga dengan eosinofilia, dapat membantu me [...]

Perawatan Pasca Melahirkan

Perawatan Pasca Melahirkan

Pada saat pasca kehamilan, ibu akan mengalami perubahan fisik di bagian kulit maupun di bagian alat reproduksi. Untuk itu, ibu memerlukan perawatan pasca melahirkan selama enam minggu atau 40 hari. Perawatan ini bisa dilakukan oleh ibu sesegera mungkin. Adapun beberapa hal yang perlu ibu perhatikan saat berada di masa pasca kehamilan, antara lain: Perawatan Payudara Hindari pembengkakan payudara pada masa pasca kehamilan, caranya adalah memenuhi kebutuhan bayi dengan memberikan ASI sedini mungkin dan sesuai kebutuhan bayi. Usahakan untuk tidak menggunakan bra yang menekan atau sempit. Apabila payudara terasa sakit, pijat ringan bagian payudara yang sakit dengan menggunakan breast oil dan air hangat. Pemijatan menggunakan breast oil ini juga berguna untuk merangsang kelancaran ASI dan merawat payudara ibu. Perhatikan Rahim Penciutan rahim terjadi pada hari pertama sampai hari ke-9 setelah melahirkan. Hal ini dapat diketahui dengan meraba bagian bulat agak keras di bawah pusat. Pada hari ke-10 sampai 14, rahim tidak teraba lagi. Penciutan rahim dibantu oleh oksitosin, yaitu hormon yang mengontraksikan otot-otot rahim yang keluar saat menyusui. Penciutan rahim ini terjadi kar [...]

6 Tips Mencukur yang Sehat

6 Tips Mencukur yang Sehat

Apakah Anda tahu? Salah teknik mencukur dapat mengakibatkan beberapa kondisi medis yang membahayakan? Dari iritasi kulit, sampai ke infeksi bakteri dapat terjadi pada kulit Anda. Anda dapat meninjau lebih jauh mengenai bahaya dan risiko apa saja jika teknik mencukur Anda kurang tepat di artikel yang kami tulis berikut ini, Inilah Akibatnya Jika Teknik Mencukur Anda Salah. Untuk mendapatkan proses cukur yang tepat teknik dan baik secara kesehatan, Inilah beberapa tips mencukur sehat: Sebelum mencukur, basuhlah wajah Anda dengan air hangat atau gunakan handuk yang telah dicelup di air hangat untuk membantu melembutkan janggut dan kumis Anda. Atau opsi lainnya Anda dapat mencukur selagi berada di shower air panas. Gunakan shaving gel (shaving cream dapat menyumbat pori-pori) dan biarkan selama sekitar 3 menit, baru mulai mencukur. Hal ini akan membantu melembutkan dan melunakkan rambut Cara Mencukur yang Sehat Berikut ini adalah cara mencukur yang baik dan benar lainnya: Selalu gunakan pisau cukur yang tajam dan bersih. Jika Anda menggunakan pisau cukur yang disposable, gantilah secara reguler setelah 3 atau 4 kali mencukur. Jika Anda selalu mengalami iritasi k [...]

Penelitian Terbaru Bagi Penderita Hemophilia B

Penelitian Terbaru Bagi Penderita Hemophilia B

Penelitian terbaru kerjasama para peneliti di Inggris dan Amerika menemukan hasil yang sangat menjanjikan bagi penderita hemophilia. Hemophilia merupakan keadaan dimana tubuh seseorang mengalami cacat genetika pada kromosom X atau autosom mereka yang menyebabkan kekurangan faktor 8, 9 dan 11 dalam pembekuan darah. Sehingga proses pembekuan darah penderita tidak secepat manusia normal lainnya apabila terluka. Bahkan untuk beberapa penderita hemophilia berat bisa mengalami pendarahan tiba-tiba yang apabila tidak segera dihentikan, dapat berakibat fatal hingga kematian. Umumnya penderita hemophilia terjadi karena kerusakan kromosom X dalam gen. Dan karena pria hanya memiliki satu kromosom X dalam tubuhnya, menjadikan mereka sebagai mayoritas penderita berdasarkan keturunan. Meskipun umumnya penderita disebabkan oleh keturunan, namun ternyata 30% hemophilia didunia juga terjadi begitu saja tanpa diketahui sebabnya. Hingga kini, pengobatan yang biasa diberikan kepada penderita hanyalah melalui suntikan tambahan faktor 8 atau transfusi rutin kriopresipitat-AHF bagi penderita Hemophilia A, tambahan faktor 9 atau transfusi plasma beku segar bagi penderita Hemophilia B dan tambahan suntikan [...]

Benarkah Daun Jintan Dapat Melancarkan ASI?

Benarkah Daun Jintan Dapat Melancarkan ASI?

Setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik dan bermanfaat untuk buah hatinya. Mengingat bahwa ASI memberikan banyak manfaat berlimpah baik bagi Ibu maupun bayi, maka memberikan ASI dalam tahun-tahun pertama kehidupan si kecil menjadi suatu komitmen penting bagi orangtua. World Health Organization (WHO) merekomendasikan pemberian ASI sejak dini (inisiasi menyusui dini) dimulai dalam 1 jam pertama setelah kelahiran dan diteruskan secara eksklusif sampai bayi berusia 4 bulan. Makanan pendamping ASI dapat mulai dapat diberikan ketika anak berusia 4-6 bulan dan mulai mantap diberikan mulai usia 6 bulan. Pemberian ASI direkomendasikan untuk terus diberikan sampai usia 2 tahun. Sayangnya, tidak banyak Ibu yang dapat mengikuti rekomendasi tersebut karena produksi ASI yang kurang. Untuk itulah petugas kesehatan dan kelompok pendukung yang tepat diperlukan Ibu untuk bisa membantu Ibu tetap dapat menyusui sesuai rekomendasi. Selain beberapa tips yang dapat Ibu lakukan, tenaga kesehatan atau budaya masyarakat setempat juga biasanya memiliki rekomendasi bahan herbal tertentu yang dipercaya dapat memperlancar produksi ASI. Salah satunya adalah daun bangun-bangun (jintan) yang telah digu [...]

5 Makanan untuk Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

5 Makanan untuk Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

Cuaca tidak menentu seringkali membuat daya tahan tubuh menurun dan mudah terserang penyakit. Suplemen atau tablet vitamin memang bisa menjadi solusi instan untuk memperkuat sistem imun tubuh, tapi ada cara lain yang lebih aman dan alami. Beberapa jenis makanan terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan nutrisinya. Ini dia makanan yang wajib Anda konsumsi tiap hari di tengah cuaca ekstrem, seperti dikutip dari Times of India.1. Bawang PutihEfek menguntungkan bawang putih tidak hanya menambah rasa pada makanan. Bawang putih telah lama digunakan sebagai penguat sistem imun karena kandungan nutrisinya, anti-jamur dan antiseptik. Penelitian menunjukkan, jika dimakan mentah, bawang putih mampu memberikan perlindungan terhadap penyakit pilek, batuk dan infeksi pada dada. Ini dikarenakan bawang putih merupakan sumber tinggi vitamin (C, B1, dan B6), mineral (fosfat dan zat besi) dan sulfoksida yang dikenal akan kemampuan antibakterinya.2. Ikan BerlemakAsam lemak omega 3 yang banyak ditemukan terutama pada ikan laut seperti salmon, tuna dan mackarel adalah penguat imunitas penting yang membantu menjaga kebugaran tubuh secara keseluruhan. Disarankan bagi untuk mengonsum [...]

Kelainan Bayi, Ini Cara Mencegahnya

Kelainan Bayi, Ini Cara Mencegahnya

Oleh: dr. Alvin Nursalim Kelainan bawaan lahir atau dalam istilah media dikenal dengan kelainan kongenital. Kelainan kongenital menyerang 1 dari 33 anak, dan diperkirakan 270.000 bayi meninggal dalam 28 hari pertama kehidupan mereka akibat kelainan kongenital. Apa saja tiga jenis kelainan kongenital yang umum ditemui? Apa saja hal yang dapat kita lakukan untuk mencegahnya? 1. Gangguan Jantung kongenital Jantung yang sehat harus terdiri dari 4 ruangan yang terpisah dan dibatasi oleh empat katub jantung. Dalam keadaan yang tidak normal, ruangan jantung bisa saling terhubung oleh lubang pada dinding pemisah jantung atau bocornya katub jantung. Hal ini akan menyebabkan jantung tidak dapat memompa darah secara maksimal, sehingga darah tidak sampai pada organ-organ tubuh dengan baik. Anak akan mengeluh cepat lelah, lemas atau terlihat kebiruan akibat kurangnya oksigen yang sampai ke jaringan tubuh. 2. Defek tabung saraf (neural tube defect) Defek tabung saraf merupakan kelainan akibat penutupan yang tidak sempurna dari sum-sum tulang dan otak. Hal ini dapat menyebabkan bagian dari sum-sum tulang atau otak tidak dilapisi oleh kulit atau tulang tengkorak dan menonjol dari luar tubuh. Pen [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *