Imunisasi DPT: Manfaat dan Efek Sampingnya

imunisasi-DPT-manfaat-dan-efek-sampingnya-alodokter.jpg

DPT adalah singkatan dari difteri, pertusis, dan tetanus. Imunisasi DPT adalah salah satu jenis bentuk vaksinasi yang wajib diberikan kepada balita.

Penyakit difteri, pertusis, dan tetanus adalah tiga penyakit berbeda yang masing-masing memiliki risiko tinggi dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, pemberian imunisasi DPT sebaiknya tidak dilewatkan.

Sebelum memberikan imunisasi ini kepada anak Anda, sebaiknya diketahui lebih lanjut informasi seputar pemberian imunisasi dan efek sampingnya.

Difteri merupakan penyakit pada selaput lendir pada hidung serta tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini dapat menimbulkan lapisan tebal berwarna abu-abu pada tenggorokan sehingga dapat membuat anak sulit makan dan bernapas. Bila infeksi tidak diobati, toksin yang dihasilkan oleh bakteri bisa menyebabkan lumpuh dan gagal jantung jika dibiarkan.

Sedangkan pertusis yang lebih dikenal batuk rejan adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan dan menyebabkan batuk parah. Jika anak di bawah satu tahun terkena penyakit ini, kemungkinan dapat terjadi pneumonia, kerusakan otak, kejang, bahkan kematian.

Sementara tetanus merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kelumpuhan, kejang, serta kekakuan otot. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri. Berbeda dengan difteri dan pertusis yang menular, tetanus tidak ditularkan dari orang ke orang.

Pemberian Imunisasi DPT

Imunisasi DPTpada anak-anak diberikan sebanyak lima kali sejak anak berusia 2 bulan hingga 6 tahun. Tiga pemberian pertama pada usia 2 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan. Pemberian yang ke-4 adalah pada usia 18-24 bulan dan pemberian yang terakhir pada usia 5 tahun. Dosis yang diberikan yakni satu kali suntikan setiap jadwal imunisasi. Setelahnya, dianjurkan untuk melakukan booster TD (imunisasi ulang Tetanus Difteri) tiap 10 tahun.

Perhatikan beberapa kondisi anak Anda sebelum memberikan imunisasi. Jika anak Anda mengalami sakit parah pada saat tiba jadwal imunisasi, maka sebaiknya Anda tunggu hingga keadaan anak membaik. Jangan berikan imunisasi selanjutnya jika anak Anda memiliki kondisi seperti:

  • Setelah 7 hari mendapatkan suntikan, anak mengalami gangguan pada sistem saraf atau otak.
  • Muncul alergi yang cukup mengancam nyawa setelah anak mendapatkan imunisasi.

Segera periksakan ke dokter bila setelah imunisasi, anak Anda mengalami:

  • Demam di atas 400
  • Anak tidak berhenti menangis setidaknya selama 3 jam
  • Anak mengalami kejang atau pingsan.

Jika ditemukan bahwa anak Anda menunjukkan reaksi yang buruk terhadap vaksin pertusis, biasanya dokter akan memberikan imunisasi TD dan menghentikan pemberian imunisasi DPT.

Efek Samping DPT

Efek samping dari imunisasi DPT yang dapat muncul antara lain:

  • Demam ringan
  • Bengkak pada bagian suntikan
  • Kulit pada bagian suntikan menjadi merah dan sakit
  • Anak terlihat lelah
  • Anak menjadi rewel

Efek samping tersebut biasanya akan terjadi pada satu hingga tiga hari setelah pemberian vaksin. Sebaiknya gunakan ibuprofen atau acetaminophen (parasetamol) untuk meredakan demam anak Anda. Hindari obat yang mengandung aspirin karena pada sebagian kasus menyebabkan gangguan kesehatan yang bisa mengancam nyawa anak, yaitu kerusakan hati dan otak. Walau sangat jarang terjadi, pemberian vaksinasi DPT dapat menimbulkan kejang, koma, dan kerusakan otak.

Dengan memberikan imunisasi yang lengkap pada anak maka Anda telah memberikan perlindungan kepada anak dari beberapa penyakit berbahaya. Ingat baik-baik kapan jadwal imunisasi anak Anda dan konsultasikan kepada dokter jika anak Anda menunjukkan gejala-gejala yang mengkhawatirkan setelah pemberian imunisasi.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Perawatan Kemoterapi dan Efek Sampingnya

Perawatan Kemoterapi dan Efek Sampingnya

Kemoterapi atau biasa disebut kemo dikenal sebagai pengobatan kanker. Kemoterapi memiliki ragam manfaat dalam memerangi sel-sel kanker. Meski demikian, metode pengobatan ini juga memiliki efek samping yang tidak sedikit. Kemoterapi mungkin diberikan selama rawat inap di rumah sakit atau klinik sebagai bagian dari pengobatan rawat jalan, meski kemoterapi juga dapat dilakukan di rumah. Namun proses pengobatan kemoterapi harus tetap diawasi oleh dokter dan perawat untuk mengamati kemungkinan efek samping atau adanya keputusan diperlukannya penggantian dengan obat-obatan. Memerangi Sel-sel Berbahaya Kemoterapi merupakan salah satu jenis pengobatan yang digunakan untuk menghancurkan sel kanker yang berbahaya bagi tubuh. Cara kerjanya adalah dengan menghentikan atau memperlambat pertumbuhan sel kanker yang berkembang dan membelah diri dengan cepat. Tergantung kepada jenis kanker dan sudah sampai di stadium berapa, kemoterapi dapat bermanfaat untuk: Meringankan gejala. Kemoterapi dapat memperkecil tumor yang mengakibatkan rasa sakit. Mengendalikan. Kemoterapi dapat mencegah penyebaran, memperlambat pertumbuhan, sekaligus menghancurkan sel kanker yang berkembang ke bagian tubuh yang l [...]

4 Bahaya Kesehatan Akibat Sulit Tidur

4 Bahaya Kesehatan Akibat Sulit Tidur

Tidur yang berkualitas merupakan kunci utama untuk dapat berpikir jernih dan merasa rileks. Kurangnya waktu tidur bisa buat Anda merasa letih dan sensitif, bahkan berisiko mengalami masalah kesehatan. Seperti yang dikutip dari ehow, berikut empat bahaya yang timbul akibat kebiasaan sulit tidur.1. Kewaspadaan Mental dan Kemampuan KognitifDalam jangka pendek, kurang tidur dapat mengurangi kewaspadaan mental. Menurut WebMD, hilangnya 90 menit waktu tidur dapat menurunkan kewaspadaan mental sebesar 32 persen. Jika kewaspadaan berkurang, dapat menyebabkan seseorang mengalami kecelakaan saat beraktivitas. Menurut National Highway Traffic Safety Commission, 100 ribu kecelakaan mobil terjadi akibat kurangnya kewaspadaan mental karena kurang waktu tidur.2. Kulitas HidupKurang tidur bisa mengurangi kualitas hidup, sehingga sulit bagi Anda untuk menikmati kegiatan sehari-hari. Jika kurang waspada dan mudah merasa lelah, Anda mungkin tidak dapat terlibat dalah aktivitas keluarga seperti travelling atau bermain dengan si kecil. Kebiasaan itu juga dapat merusak waktu tidur pasangan dan memaksa Anda untuk tidak tidur bersama. Sulit tidur juga bisa membaut seseorang merasa murung, tertekan, teg [...]

Inilah Makanan yang Dapat Menyebabkan Anda Bunuh Diri

Inilah Makanan yang Dapat Menyebabkan Anda Bunuh Diri

Rasa cemas dan depresi tinggi dalam diri seseorang mampu mendorongnya untuk melakukan bunuh diri. Kecemasan dan depresi tersebut dapat timbul karena adanya faktor hormonal, salah satunya yang ditimbulkan oleh hormon tiroid. Hormon ini memiliki pengaruh terhadap tingkat energi, perasaan, dan berat badan. Kondisi tiroid yang terlalu aktif dalam memproduksi hormon yang disebut hyperthyroidism atau hipertiroid dapat menyebabkan beberapa kondisi jiwa yang: kecemasan, perasaan mudah marah, tubuh gemetar, gangguan penglihatan, sulit tidur, haid tidak teratur, dan penurunan berat badan. Sedangkan, kondisi tiroid yang lemah atau yang disebut hypothyroidism atau hipotiroid dapat menimbulkan: kelelahan, kelebihan berat badan, mudah lupa, dan menstruasi yang banyak . Beberapa efek yang ditimbulkan karena ketidakseimbangan tersebut seperti mudah marah, kelelahan, perubahan berat badan, kecemasan, dan sulit tidur adalah beberapa hal yang dapat mengindikasikan adanya depresi. Keadaan ini ternyata dapat dipicu oleh asupan yang kita makan. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang berpotensi mengganggu keseimbangan hormon tiroid: Makanan Pemicu Depre [...]

Jarak 2 Tahun Antar Anak Tingkatkan Kecerdasan Otak Bayi

Jarak 2 Tahun Antar Anak Tingkatkan Kecerdasan Otak Bayi

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam the Journal of Human Resources mengungkapkan hubungan jarak 2 tahun kelahiran anak pertama dan kedua mampu meningkatkan kecerdasan otak anak. Meskipun hal ini sangat berpengaruh pada kasus jarak antara anak pertama dan kedua, namun jarak antar anak pada keluarga besar juga turut terlihat memberikan manfaat serupa pada perkembangan otak anak-anak. Penelitian yang dilakukan oleh seorang ekonomis Kasey Buckles dari Notre Dame University, Amerika Serikat ini memberikan tinjauan pada hasil statistik perkembangan kecerdasan otak anak secara optimal jika terdapat jarak antar anak dengan rentang 2 tahun, serta tidak memberikan pengaruh yang sama pada jarak antar anak lebih apalagi kurang dari itu. Perhitungan ini terlihat dari perbandingan akan membagi waktu kepada anak akan lebih beresiko apabila anak belum mencapai usia 1 tahun dimana perkembangannya belum sempurna. Usia 2 tahun sudah dapat dianggap menjadi saat dimana otak anak sudah dapat diajak berkomunikasi secara langsung. Bahkan perhitungan ini juga sangat tepat diterapkan dalam keluarga dengan ekonomi menengah kebawah dibandingkan dengan keluarga dari keluarga ekonomi kelas atas dimana [...]

Gejala Pembesaran Prostat

Gejala Pembesaran Prostat

Oleh: dr. Adithia Kwee Pembesaran prostat jinak merupakan penyakit pada pria tua dan jarang ditemukan pada usia yang kurang dari 40 tahun. Keadaan ini dialami oleh 50% pria yang berusia 60 tahun dan kurang lebih 80% pria yang berusia 80 tahun. Meskipun banyak ditemukan pembesaran prostat yang muncul secara progresif, tidak sedikit juga yang muncul secara agresif (ganas). Oleh karena itu pemeriksaan rutin pada rentang usia rentan penting sekali dilakukan. Lebih ideal lagi jika Anda juga dapat mencermati gejala-gejala pembesaran prostat yang muncul untuk kemudian disikapi dengan melakukan langkah pemeriksaan ke dokter secepatnya guna mendapatkan kepastian hasil yang menyeluruh. Dari gejalanya, pembesaran prostat terbagi dua kategori; A. Gejala Obstruksi Gejala obstruksi adalah ditemukannya kondisi penyumbatan pada saluran kencing. Gejala obstruksi terjadi karena otot pada kandung kemih gagal berkontraksi cukup kuat atau gagal berkontraksi cukup lama sehingga kontraksi terputus?putus. B. Gejala Iritasi Gejala iritasi terjadi karena pengosongan yang tidak sempurna pada saat berkemih, pembesaran prostat menyebabkan rangsangan pada kandung kemih sehingga kandung kemih sering berkontraksi [...]

Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pap Smear

Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pap Smear

Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker terganas nomor dua yang menyerang kaum wanita. Sayangnya, masih banyak wanita, khususnya di Indonesia, yang tidak rutin memeriksakan diri dengan melakukan pap smear. Pap smear merupakan sebuah tes yang dapat memeriksa keadaan sel-sel pada serviks (leher rahim) dan vagina. Dengan pemeriksaan rutin, perubahan sel-sel yang mungkin bisa berkembang menjadi kanker atau sudah menjadi kanker bisa terdeteksi. Prosedur Pemeriksaan Kanker Serviks Untuk memeriksa kanker serviks, dokter menggunakan alat bernama spekulum yang dimasukkan ke dalam mulut vagina. Alat ini bisa memperluas lapang pandang dengan membuka mulut vagina sehingga area serviks dan vagina bisa diperiksa lebih teliti. Setelah itu, sampel sel-sel pada serviks akan diambil memakai spatula (seperti sendok kecil bertangkai panjang) plastik dan sikat kecil. Sel-sel tersebut kemudian dikirim ke laboratorium untuk diuji. Tes ini biasanya memakan waktu sekitar lima menit. Selama prosedur, Anda tidak perlu tegang karena kebanyakan wanita tidak merasakan rasa sakit saat melakukan pap smear. Saat melakukan pap smear, dokter bisa juga mengkombinasikannya dengan tes human papillomavirus (H [...]

Gejala Stroke Pada Anak

Gejala Stroke Pada Anak

Stroke merupakan penyakit yang menakutkan bagi orang berusia lanjut. Terutama yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, kencing manis, ataupun penyakit jantung. Namun siapa sangka ternyata penyakit stroke tidak memilih usia. Usia muda bahkan anak-anak pun ternyata bisa terkena stroke. (Baca: 5 Gejala Stroke) Stroke diartikan sebagai berkurangnya asupan darah ke otak secara tiba-tiba, baik itu disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak ataupun karena sumbatan. Begitu pula dengan stroke yang dialami oleh anak-anak. Gejala Stroke Pada Anak Umumnya, pencetus stroke pada orang berusia dewasa atau lebih tua adalah: Faktor tekanan darah tinggi Kadar lemak darah (kolesterol LDL) tinggi Penyakit kencing manis (diabetes) Penyakit jantung Berbeda halnya dengan stroke pada anak. Pada anak, kondisi yang sering mencetus terjadinya stroke yaitu: Kelainan kongenital (bawaan) pembuluh darah sehingga rapuh dan mudah pecah Kelainan jantung bawaan, atau Karena gumpalan darah karena penyakit darah seperti penyakit sel sabit. Gejala stroke yang dialami oleh anak-anak sama seperti yang dialami oleh orang dewasa, antara lain: Tiba-tiba lemas pada [...]

4 Tips Tubuh Oke dengan ASI Melimpah

4 Tips Tubuh Oke dengan ASI Melimpah

Oleh: dr. Alvin Nursalim Wanita selalu ingin tampil cantik, begitu juga wanita setelah melahirkan. Ketika Anda melihat diri anda di cermin, anda mungkin berpikir untuk segera melakukan diet. ?Tubuhku dulu langsing sekarang melar?, mungkin itu yang terngiang di pikiran Anda. Namun tentu Anda harus tetap berkomitmen untuk memberikan ASI eksklusif pada bayi Anda. Pola diet yang salah tak pelak dapat menyebabkan penurunan produksi ASI. Namun Anda tidak perlu khawatir, ada cara untuk membuat tubuh langsing namun ASI tetap melimpah. Kuncinya adalah pada jenis makanan yang Anda makan! Mari kita simak apa saja bahan makanan yang sehat, yang tidak hanya baik untuk tubuh wanita, namun juga baik untuk ASI si kecil. Karbohidrat kompleksAnda tentu sudah akrab dengan berbagai bentuk karbohidrat. Namun apa yang dimaksud dengan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks dapat menjadi sumber energi yang baik dan mempertahankan kadar gula lebih stabil. Karena itu, jenis karbohidrat ini baik untuk anda yang ingin menjaga pola makan yang sehat. Contoh dari karbohidrat komplek adalah nasi merah, ubi, singkong dan oat. Sedangkan hal ini tidak anda jumpai pada karbohidrat sederhana, seperti nasi dan [...]

Alasan Mengapa Anda Cepat Merasa Lelah Saat Musim Hujan

Alasan Mengapa Anda Cepat Merasa Lelah Saat Musim Hujan

Ada kondisi kesehatan yang membuat seseorang menjadi galau dan tak bersemangat akibat datangnya hujan. Seasonal Affective Disorder (SAD) adalah jenis depresi ringan yang terjadi pada waktu yang sama setiap tahun. Gejalanya, penderita bisa merasakan energi yang berkurang dan moody pada musim-musim tertentu.Kasus SAD lebih banyak dijumpai di negara dengan empat musim. Meskipun demikian, kemungkinan SAD dialami penduduk di negara dua musim juga masih terbuka lebar. Di negara empat musim, gejala gangguan ini biasanya muncul selama akhir musim gugur atau awal musim dingin. Gejala ini kemudian hilang ketika hari menjadi lebih cerah seperti pada musim semi dan musim panas.Namun ternyata, cuaca tidak hanya dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorag, tetapi juga dengan kondisi fisiknya. Cuaca hujan juga bisa membuat orang cepat merasa lelah. Kok bisa? Seperti yang dikutip dari ehow, berikut beberapa alasannya.1. Mempengaruhi PenglihatanSaat hujan, langit berubah menjadi hitam dan mendung. Pagi dan siang pun bisa terlihat seperti sore atau bahkan, malam hari. Hal ini mempengaruhi respon biologis manusia untuk menutup mata. Jam internal tubuh mengira bahwa malam telah tiba dan ini adalah [...]

P3K Akibat Abu Vulkanik

P3K Akibat Abu Vulkanik

Material abu asap vulkanik yang keluar dari gunung berapi memiliki potensi bahaya kesehatan pernapasan. Materi mikro yang berterbangan di udara ini sangat mudah untuk bisa masuk ke dalam saluran pernapasan manusia dan membawa dampak fatal jika tidak ada pertolongan pertama ataupun lanjutan pada korban. Berikut ada beberapa hal yang dapat dilakukan jika terpapar abu vulkanik, antara lain: MATA: JANGAN MENGGOSOK MATA. Jangan sekali-sekali menggosok / mengucek mata yang kemasukkan abu vulkanik. Jika dilakukan akan membawa potensi kepada risiko infeksi. Coba pejamkan mata beberapa saat, tindakan ini adalah berusaha mengandalkan pembersih alami yang dimiliki mata terhadap benda asing, yakni air mata CARI TEMPAT BERSIH / AMANSebelum mencoba cara kedua, yakni mengalirkan air bersih / obat tetes mata, pastikan Anda berdiri pada area yang tidak dilewati abu / kotoran di udara. BASUH DENGAN AIR BERSIH / OBAT TETES MATA.Jika tindakan ini masih tidak berhasil, celupkan mata ke dalam air bersih dan steril agar hanyut keluar. BAWA KE DOKTERBawa segera penderita / korban jika keluhan berlanjut untuk membawa perawatan khusus. PERNAPASAN CARI [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *