Imunisasi DPT: Manfaat dan Efek Sampingnya

imunisasi-DPT-manfaat-dan-efek-sampingnya-alodokter.jpg

DPT adalah singkatan dari difteri, pertusis, dan tetanus. Imunisasi DPT adalah salah satu jenis bentuk vaksinasi yang wajib diberikan kepada balita.

Penyakit difteri, pertusis, dan tetanus adalah tiga penyakit berbeda yang masing-masing memiliki risiko tinggi dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, pemberian imunisasi DPT sebaiknya tidak dilewatkan.

Sebelum memberikan imunisasi ini kepada anak Anda, sebaiknya diketahui lebih lanjut informasi seputar pemberian imunisasi dan efek sampingnya.

Difteri merupakan penyakit pada selaput lendir pada hidung serta tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini dapat menimbulkan lapisan tebal berwarna abu-abu pada tenggorokan sehingga dapat membuat anak sulit makan dan bernapas. Bila infeksi tidak diobati, toksin yang dihasilkan oleh bakteri bisa menyebabkan lumpuh dan gagal jantung jika dibiarkan.

Sedangkan pertusis yang lebih dikenal batuk rejan adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan dan menyebabkan batuk parah. Jika anak di bawah satu tahun terkena penyakit ini, kemungkinan dapat terjadi pneumonia, kerusakan otak, kejang, bahkan kematian.

Sementara tetanus merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kelumpuhan, kejang, serta kekakuan otot. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri. Berbeda dengan difteri dan pertusis yang menular, tetanus tidak ditularkan dari orang ke orang.

Pemberian Imunisasi DPT

Imunisasi DPTpada anak-anak diberikan sebanyak lima kali sejak anak berusia 2 bulan hingga 6 tahun. Tiga pemberian pertama pada usia 2 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan. Pemberian yang ke-4 adalah pada usia 18-24 bulan dan pemberian yang terakhir pada usia 5 tahun. Dosis yang diberikan yakni satu kali suntikan setiap jadwal imunisasi. Setelahnya, dianjurkan untuk melakukan booster TD (imunisasi ulang Tetanus Difteri) tiap 10 tahun.

Perhatikan beberapa kondisi anak Anda sebelum memberikan imunisasi. Jika anak Anda mengalami sakit parah pada saat tiba jadwal imunisasi, maka sebaiknya Anda tunggu hingga keadaan anak membaik. Jangan berikan imunisasi selanjutnya jika anak Anda memiliki kondisi seperti:

  • Setelah 7 hari mendapatkan suntikan, anak mengalami gangguan pada sistem saraf atau otak.
  • Muncul alergi yang cukup mengancam nyawa setelah anak mendapatkan imunisasi.

Segera periksakan ke dokter bila setelah imunisasi, anak Anda mengalami:

  • Demam di atas 400
  • Anak tidak berhenti menangis setidaknya selama 3 jam
  • Anak mengalami kejang atau pingsan.

Jika ditemukan bahwa anak Anda menunjukkan reaksi yang buruk terhadap vaksin pertusis, biasanya dokter akan memberikan imunisasi TD dan menghentikan pemberian imunisasi DPT.

Efek Samping DPT

Efek samping dari imunisasi DPT yang dapat muncul antara lain:

  • Demam ringan
  • Bengkak pada bagian suntikan
  • Kulit pada bagian suntikan menjadi merah dan sakit
  • Anak terlihat lelah
  • Anak menjadi rewel

Efek samping tersebut biasanya akan terjadi pada satu hingga tiga hari setelah pemberian vaksin. Sebaiknya gunakan ibuprofen atau acetaminophen (parasetamol) untuk meredakan demam anak Anda. Hindari obat yang mengandung aspirin karena pada sebagian kasus menyebabkan gangguan kesehatan yang bisa mengancam nyawa anak, yaitu kerusakan hati dan otak. Walau sangat jarang terjadi, pemberian vaksinasi DPT dapat menimbulkan kejang, koma, dan kerusakan otak.

Dengan memberikan imunisasi yang lengkap pada anak maka Anda telah memberikan perlindungan kepada anak dari beberapa penyakit berbahaya. Ingat baik-baik kapan jadwal imunisasi anak Anda dan konsultasikan kepada dokter jika anak Anda menunjukkan gejala-gejala yang mengkhawatirkan setelah pemberian imunisasi.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Manfaat Teh Hijau Bagi Pengguna Kawat Gigi

Manfaat Teh Hijau Bagi Pengguna Kawat Gigi

Oleh: drg. Martha Mozartha Jika Anda sedang menjalani perawatan orthodontik (kawat gigi/behel), rajin berkumur dengan teh hijau sepertinya dapat membantu Anda terhindar dari peradangan gusi. Suatu penelitian yang dipublikasikan pada seminar ilmiah KPPIKG 2013 baru-baru ini membuktikan bahwa berkumur dengan teh hijau dapat menurunkan kadar aspartat aminotransferase (AST) pada pasien orthodontik. AST adalah suatu enzim yang dapat ditemukan di sel darah merah, hati, jantung, jaringan otot dan ginjal. Dahulu AST dikenal sebagai SGOT (serum glutamic oxaloacetic transaminase). Jika terjadi peradangan pada jaringan tubuh, kadar AST yang dilepas akan meningkat. Peradangan pada jaringan periodontal (penyangga gigi meliputi gusi dan tulang) dapat terjadi pada pasien orthodontik. Hal ini umumnya terjadi karena adanya bracket (behel) pada gigi menyulitkan pembersihan gigi, sehingga plak (kotoran gigi) menumpuk dan menyebabkan gusi meradang. Selain itu, pergerakan gigi geligi yang dipasangkan kawat pada pasien orthodontik juga dapat menyebabkan peradangan pada jaringan periodontal. Peradangan pada jaringan penyangga gigi pasien orthodontik dapat dievaluasi dengan memeriksa kadar AST pada cairan [...]

Infeksi Cacing Pita di Tubuh Manusia Bisa Timbul Tanpa Disadari

Infeksi Cacing Pita di Tubuh Manusia Bisa Timbul Tanpa Disadari

Cacing pita dapat masuk ke dalam tubuh siapa saja, kemudian menyebabkan infeksi. Kenali gejala-gejala infeksi cacing pita dan cara mengatasinya. Cacing pita juga dikenal dengan nama cestodes. Tubuhnya bertekstur rata, menyerupai pita dan memiliki ruas-ruas pada tubuhnya. Panjang cacing pita dewasa bisa mencapai 9 meter. Mengonsumsi makanan atau air yang mengandung larva atau telur cacing pita merupakan penyebab terjadinya infeksi cacing pita. Telur cacing pita yang masuk ke dalam sistem pencernaan dapat menetas sehingga menyebabkan infeksi usus. Sementara itu, jika telur cacing pita berhasil keluar dari saluran pencernaan, dapat memasuki jaringan tubuh atau organ lain sehingga menyebabkan infeksi yang bersifat invasif. Mengenali Gejala Umumnya infeksi usus akibat cacing pita tergolong ringan. Meski demikian, infeksi yang bersifat invasif karena cacing pita bermigrasi keluar saluran pencernaan, dapat memicu komplikasi yang lebih berbahaya. Seringkali orang yang terkena infeksi usus akibat cacing pita tidak merasakan gejala apa pun. Beberapa gejala yang dapat terjadi ketika mengalami infeksi usus antara lain mual, sakit perut, lemah, kehilangan nafsu makan, diare, turun berat badan [...]

Menabung Kalsium Untuk Kesehatan Tulang

Menabung Kalsium Untuk Kesehatan Tulang

Menabung kalsium untuk kesehatan tulang sangatlah penting untuk masa depan nanti. Asupan kalsium mempengaruhi pencapaian massa tulang puncak dan juga zat ini mampu dengan baik mempertahankan kerangka tulang sepanjang hidup. Kalsium adalah zat gizi yang penting, yang melibatkan sangat banyak proses metabolisis dan memberikan kekuatan mekanis pada tulang. Sebanyak 90 persen beban tubuh menempel dan disanggah oleh tulang. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Tulang yang menjadi pilar utama tubuh juga berfungsi melindungi jantung, paru-paru, otak dan organ lainnya dari luka akibat benturan. Apalagi ada fakta yang menyebutkan bahwa pertumbuhan dan perkembangan tulang hanya terjadi sampai usaia 20 tahun, sedangkan mulai usia 30 tahun proses pertumbuhan tulang akan menurun, kalah dengan proses perusakannya. Fakta inilah yang sering ditekankan oleh para ahli medis kesehatan tulang agar kita serius menjaga kesehatan tulang, salah satunya dengan cara menabung kalsium sejak dini. Tulang merupakan jaringan yang hidup sangat dinamis dan akan selalu mengalami proses perusakan serta pembentukan kembali. Berkurangnya pembentukan massa tulang juga dipengaruhi oleh [...]

Waspadai Kebiasaan Anak Tidur Mengorok

Waspadai Kebiasaan Anak Tidur Mengorok

Ada baiknya bila orangtua mulai memerhatikan anak Anda pada saat tidur. Tidur mengorok pada anak anak belum tentu berarti anak tertidur pulas. Justru sebaliknya, hal ini perlu menjadi perhatian khusus karena dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya; Tertutupnya jalan napas, Kelainan di sistem saraf pusat, Karena terdapatnya kelemahan otot-otot pernapasan. Inilah penyebab berbahaya tersering anak mengorok saat tidur. Waspadai Kebiasaan Anak Tidur Mengorok Penyebab tersering mengorok pada anak yaitu tertutupnya jalan napas akibat pembesaran tonsil (amandel). Pada anak-anak dengan tonsillitis kronik, tonsil akan membesar hingga dapat menutupi jalan napas. Hal ini dapat mengakibatkan beberapa hal dari yang ringan seperti tersedak, hingga yang terberatnya yakni kematian. Dampak pada anak yang tidur mengorok: Menurunnya kemampuan berkonsentrasi Anak yang mengalami gangguan tidur, biasanya sering terbangun saat malam hari karena sesak. Terkadang walau tidak sampai terbangun, namun kualitas tidur si kecil tidak maksimal sehingga pada saat siang hari akan terasa mengantuk. Hal ini secara tidak langsung akan berdampak terhadap banyak hal, se [...]

Benarkah Batuk Pilek Karena Kehujanan?

Benarkah Batuk Pilek Karena Kehujanan?

?Dok, saya kemarin naik sepeda motor tidak pakai jaket, jadi flu deh..? ?Dok, anak saya flu nih, karena kemarin main hujan-hujanan dan berenang terlalu lama.." Demikian adalah beberapa keluhan yang sering muncul di ruang praktik dokter. Apakah flu disebabkan oleh hal-hal tersebut? Sebelum mengulik lebih lanjut, kita terlebih dahulu perlu memahami apa itu flu atau keluhan batuk, pilek, demam yang sering kita dan anak-anak alami. Keluhan Batuk, Pilek, Demam sebenarnya perlu dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu Selesma (Common Cold) dan Influenza. Yang pertama lebih ringan daripada yang kedua. Keduanya meskipun memiliki gejala yang hampir sama namun merupakan penyakit yang berbeda. Keduanya disebabkan oleh virus dan ditularkan lewat udara atau kontak langsung lewat droplet saat seseorang bersin, batuk, pilek. Selesma (Common Cold) merupakan batuk pilek yang sering terjadi dan biasanya disebabkan oleh Rhinovirus atau Cold virus lainnya yang jumlahnya ratusan. Penyakit ini termasuk ringan. Biasanya gejalanya adalah batuk, pilek, hidung tersumbat, bersin, dapat disertai demam ringan atau tidak. Penyakit ini biasanya dapat sembuh sendiri dan tidak berlangsung lama. Istirahat dan asupan cairan [...]

Memahami Karakteristik Golongan Darah A, B, AB, dan O

Memahami Karakteristik Golongan Darah A, B, AB, dan O

Golongan darah tiap individu tidak sama. Perbedaan golongan darah dikelompokkan kepada tipe A, B, AB, atau O. Status rhesus (Rh) darah pun bisa tergolong negatif atau positif. Perbedaan-perbedaan tersebut perlu diperhatikan dalam penggunaan darah di dunia medis. Baik bagi Anda untuk mengetahui karakteristik tersebut, mengingat darah memiliki peranan penting pada tubuh. Golongan darah seseorang ditentukan berdasarkan ada atau tidaknya zat antigen pada sel darah merah dan plasma darah . Antigen berfungsi seperti tanda pengenalan sel tubuh Anda. Ini supaya tubuh bisa membedakan sel tubuh sendiri dari sel yang berasal dari luar tubuh. Jika sel dengan antigen berlawanan masuk ke dalam tubuh, maka sistem kekebalan tubuh akan mulai perlawanan terhadap sel yang dianggap asing tersebut dan memproduksi antibodi. Ada dua teknik yang kerap dipakai untuk mengelompokkan darah, yaitu menggunakan sistem ABO dan rhesus (Rh). Kedua sistem ini bisa sangat membantu jika Anda ingin melakukan transfusi darah. Melalui sistem ABO, Anda bisa mengetahui golongan darah Anda, apakah A, B, AB atau O. Jika Anda memiliki golongan darah A, maka Anda memiliki antigen A pada sel darah merah dan memproduksi antib [...]

6 Cara untuk Mencegah Kram pada Kaki

6 Cara untuk Mencegah Kram pada Kaki

Kram atau yang biasa disebut kejang otot bisa terjadi kapan dan di mana saja, termasuk jari-jari kaki. Untuk mencegahnya terjadi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar peredaran darah di jemari kaki menjadi lebih lancar dan tidak mudah alami kram.Kram biasanya terjadi karena ukuran sepatu yang terlalu ketat atau kebiasaan sering berolahraga di atas permukaan yang keras tanpa alas kaki. Ketidakseimbangan cairan dan mineral tubuh juga bisa memicu terjadinya kram otot pada jemari kaki. Seperti yang dikutip dari detikhealth, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kram pada jari kaki.1. Pilih sepatu yang longgarSepatu yang terlalu ketat di bagian ujung membuat jari kaki sering mengalami tekanan saat melangkah, apalagi saat berjinjit. Akibatnya aliran darah di tempat itu kurang lancar sehingga jari mudah kram.2. Jauhi Hak TinggiKalaupun terpaksa harus mengenakan hak tinggi, sesekali lepaskan agar jari kaki punya kesempatan untuk istirahat. Sekalipun ukurannya longgar, bentuk sepatu hak tinggi menyebabkan jari selalu menekuk sehingga aliran darah tidak lancar.3. Cukupi Kebutuhan Mineral TubuhSalah satu pemicu kram pada jari kaki adalah kekurangan mineral teru [...]

Disukai Pecinta Gaya Hidup Sehat, Ini Kekurangan dari Susu Almond

Disukai Pecinta Gaya Hidup Sehat, Ini Kekurangan dari Susu Almond

Susu nabati yang terbuat dari kacang-kacangan seperti almond, walnut, hazelnut, dan mete kini banyak dikonsumsi oleh orang-orang sebagai bagian dari gaya hidup sehat yang dianutnya. Susu pengganti produk hewani yang sebenarnya bernama sari nabati ini dipercaya rendah lemak dan bebas kolestrol sehingga aman dikonsumsi terutama untuk penderita penyakit jantung atau stroke.Meski baik dikonsumsi, rupanya sari nabati ini memiliki beberapa kelemahan meskipun tidak terlalu berbahaya untuk kesehatan dan harus lebih diperhatikan lagi dalam mengonsumsinya. Berikut enam di antaranya :1. Menimbulkan KembungDipaparkan oleh Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, sari nabati yang terdapat pada kacang-kacangan mengandung serat yang lebih tinggi dibandingkan susu hewani. Sehingga terkadang menimbulkan reaksi di tubuh seperti timbulnya gas dan perut kembut. Untuk orang-orang yang memiliki masalah pada pencernaannya, sebaiknya perhatikanlah asupannya.2. Mengandung Zat AntinutrisiLulusan S-2 Universitas Gadjah Mada ini memaparkan, salah satu kelemahan sari nabati adalah masih mengandung zat antinutrisi, yakni zat yang tidak bisa dicernah oleh tubuh. "Seperti kacang kedelai di dalamnya ada anti tripsin dan asa [...]

Apa Saja Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Probiotik?

Apa Saja Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Probiotik?

Selama ini probiotik dikenal manfaatnya sebagai penetral mikoroorganisme di dalam perut. Tapi nyatanya probiotik memiliki beragam manfaat lain terhadap tubuh. Apa saja?Seperti yang dikutip dari sheknows, probiotik adalah mikroorganisme (termasuk ragi) yang baik dan dapat meningkatkan kesehatan seseorang. Probiotik ditemukan dalam beberapa jenis makanan tertentu, termasuk makanan fermentasi. Dalam tubuh manusia sendiri, terdapat bakteri baik dan buruk, untuk itu diperlukan keseimbangan untuk kesehatan yang optimal. Menambahkan sejumlah probiotik dalam tubuh dan menu makan Anda, akan memberikan banyak manfaat, termasuk meningkatkan fungsi usus dan membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh.Peneliti di International University di Barcelona Spanyol juga berhasil menemukan efek probiotik pada radang gusi, bau mulut dan perkembangan rongga mulut. Probiotik menunjukkan hasil yang positif, untuk meningkatkan kesehatan mulut baik dikonsumsi sendiri atau sebagai bagian dari formula."Orang-orang yang mengonsumsi susu probiotik selama 7 bulan menunjukkan penurunan gigi berlubang. Kami juga telah mengamati ketika probiotik diberikan langsung ke gusi. Hal tersebut memang menunjukkan penur [...]

Inilah 5 Biang Kerok Sering Lemas-lemas

Inilah 5 Biang Kerok Sering Lemas-lemas

Ketika Anda merasa lemas, Anda seringkali menyalahkan ?kekurangan tidur? sebagai biang keladi utama. Bila sudah begitu, Anda lebih memilih untuk minum kopi demi membuat tubuh ketimbang mengetahui penyebab pasti di belakangnya. Padahal, dengan memahami titik permasalahan, Anda bisa mengatasi lemas-lemas dengan mudah bahkan Anda tak perlu minum kopi setiap hari untuk membuat tubuh berenergi. Jadi, apa saja penyebab yang bisa membuat seseorang sering lemas? 1. Dehidrasi Menurut studi yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition pada tahun 2012, penurunan kadar air di dalam tubuh sebanyak 1,5% akan mengakibatkan kekacauan mood. Solusi: Minumlah lebih banyak. Singkiran aturan 8 gelas sehari, karena kebutuhan hidrasi seseorang bervariasi berdasarkan cuaca dan aktivitas. 2. Kekurangan B12 Tubuh Anda membutuhkan vitamin B12 untuk memproduksi sel-sel darah merah dan menjaga neuron berfungsi dengan baik. Ketika Anda kekurangan vitamin tersebut, tubuh pun akan cepat lemas. Solusi: Jika Anda merasa lemas disertai dengan cepat lupa, kaki gelisah dan kesemutan, mungkin penyebabnya adalah karena kekurangan B12. Tanyakan kepada dokter atau ahli gizi untuk melakukan tes darah. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *