Imunisasi DPT: Manfaat dan Efek Sampingnya

imunisasi-DPT-manfaat-dan-efek-sampingnya-alodokter.jpg

DPT adalah singkatan dari difteri, pertusis, dan tetanus. Imunisasi DPT adalah salah satu jenis bentuk vaksinasi yang wajib diberikan kepada balita.

Penyakit difteri, pertusis, dan tetanus adalah tiga penyakit berbeda yang masing-masing memiliki risiko tinggi dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, pemberian imunisasi DPT sebaiknya tidak dilewatkan.

Sebelum memberikan imunisasi ini kepada anak Anda, sebaiknya diketahui lebih lanjut informasi seputar pemberian imunisasi dan efek sampingnya.

Difteri merupakan penyakit pada selaput lendir pada hidung serta tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini dapat menimbulkan lapisan tebal berwarna abu-abu pada tenggorokan sehingga dapat membuat anak sulit makan dan bernapas. Bila infeksi tidak diobati, toksin yang dihasilkan oleh bakteri bisa menyebabkan lumpuh dan gagal jantung jika dibiarkan.

Sedangkan pertusis yang lebih dikenal batuk rejan adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan dan menyebabkan batuk parah. Jika anak di bawah satu tahun terkena penyakit ini, kemungkinan dapat terjadi pneumonia, kerusakan otak, kejang, bahkan kematian.

Sementara tetanus merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kelumpuhan, kejang, serta kekakuan otot. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri. Berbeda dengan difteri dan pertusis yang menular, tetanus tidak ditularkan dari orang ke orang.

Pemberian Imunisasi DPT

Imunisasi DPTpada anak-anak diberikan sebanyak lima kali sejak anak berusia 2 bulan hingga 6 tahun. Tiga pemberian pertama pada usia 2 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan. Pemberian yang ke-4 adalah pada usia 18-24 bulan dan pemberian yang terakhir pada usia 5 tahun. Dosis yang diberikan yakni satu kali suntikan setiap jadwal imunisasi. Setelahnya, dianjurkan untuk melakukan booster TD (imunisasi ulang Tetanus Difteri) tiap 10 tahun.

Perhatikan beberapa kondisi anak Anda sebelum memberikan imunisasi. Jika anak Anda mengalami sakit parah pada saat tiba jadwal imunisasi, maka sebaiknya Anda tunggu hingga keadaan anak membaik. Jangan berikan imunisasi selanjutnya jika anak Anda memiliki kondisi seperti:

  • Setelah 7 hari mendapatkan suntikan, anak mengalami gangguan pada sistem saraf atau otak.
  • Muncul alergi yang cukup mengancam nyawa setelah anak mendapatkan imunisasi.

Segera periksakan ke dokter bila setelah imunisasi, anak Anda mengalami:

  • Demam di atas 400
  • Anak tidak berhenti menangis setidaknya selama 3 jam
  • Anak mengalami kejang atau pingsan.

Jika ditemukan bahwa anak Anda menunjukkan reaksi yang buruk terhadap vaksin pertusis, biasanya dokter akan memberikan imunisasi TD dan menghentikan pemberian imunisasi DPT.

Efek Samping DPT

Efek samping dari imunisasi DPT yang dapat muncul antara lain:

  • Demam ringan
  • Bengkak pada bagian suntikan
  • Kulit pada bagian suntikan menjadi merah dan sakit
  • Anak terlihat lelah
  • Anak menjadi rewel

Efek samping tersebut biasanya akan terjadi pada satu hingga tiga hari setelah pemberian vaksin. Sebaiknya gunakan ibuprofen atau acetaminophen (parasetamol) untuk meredakan demam anak Anda. Hindari obat yang mengandung aspirin karena pada sebagian kasus menyebabkan gangguan kesehatan yang bisa mengancam nyawa anak, yaitu kerusakan hati dan otak. Walau sangat jarang terjadi, pemberian vaksinasi DPT dapat menimbulkan kejang, koma, dan kerusakan otak.

Dengan memberikan imunisasi yang lengkap pada anak maka Anda telah memberikan perlindungan kepada anak dari beberapa penyakit berbahaya. Ingat baik-baik kapan jadwal imunisasi anak Anda dan konsultasikan kepada dokter jika anak Anda menunjukkan gejala-gejala yang mengkhawatirkan setelah pemberian imunisasi.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kehamilan Kosong atau Blighted Ovum

Kehamilan Kosong atau Blighted Ovum

Blighted ovum (BO) atau disebut kehamilan kosong. Terjadi ketika sel telur berhasil dibuahi namun tidak berkembang menjadi embrio. Sel tetap membentuk kantung janin (gestational sac) namun konsepsi (pembuahan) tidak berkembang menjadi sebuah embrio. Hasil konsepsi akan terus tertanam di dalam rahim dan memberikan sinyal kepada otak bahwa terdapat konsepsi di dalam rahim sehingga hormon kehamilan tetap akan dihasilkan dan kehamilan akan terus berkembang menjadi kehamilan biasa, ibu hamil merasa benar ? benar hamil dengan ditambah adanya hasil test pack yang positif. Pada kehamilan normal perkembangan janin dapat terlihat pada pemeriksaan USG transvaginal sekitar umur 5-6 minggu, sedangkan pada pemeriksaan USG abdomen terlihat pada usia kehamilan 6-7 minggu. Diagnosa Kehamilan kosong akan terdeteksi jika pada saat kehamilan 8 minggu dilakukan pemeriksaan USG abdomen dan di dalam kantung janin tidak terdapat embrio atau tidak adanya detak jantung janin pada saat pemeriksaan Doppler. Jika hasil USG di usia 8 minggu sudah terdeteksi dan tidak ditemukan adanya perdarahan pervaginal, biasanya dokter akan memberikan pilihan untuk menunggu beberapa hari atau minggu untuk mengulang pemeriks [...]

Jangan Sembarangan Minum Obat

Jangan Sembarangan Minum Obat

Apabila kita sakit adalah merupakam salah satu alasan kita minum obat untuk mengatasinya. Meskipun begitu kita harus berhati-hati terhadap obat-obatan yang kita minum karena obat-obatan tetap merupakan bahan kimia yang dapat mempengaruhi fungsi tubuh, terutama hati. Hati, salah satu fungsinya adalah detoksifikasi terhadap semua zat yang bersifat racun agar tidak terjadi penumpukan zat-zat berbahaya dalam tubuh yang berasal dari luar seperti obat atau herbal tertentu. Organ Hati memiliki system enzim pada mikrosomnya yang dapat melakukan biotransformasi ( dari obat ) sehingga terbentuk metabolit yang mudah larut dalam air dan dapat dikeluarkan melalui urin atau empedu. Oleh karena itu, tingkat kerusakan hati itu sangat besar karena obat. Tingkat kerusakan hati karena obat sangat luas, mulai dari perubahan yang reversibel ( perubahan sementara) sampai pada nekrosis (kematian jaringan ) hati yang fatal. Istilah obat yang dapat menyebabkan kerusakan hati disebut?drug induced liver injury? sedangkan efeknya disebut hepatotoksik. Kemungkinan terjadinya hepatotoksik karena obat dapat disebabkan oleh karena mekanisme kerja obat, dosis obat, lamanya pemakaian. Mi [...]

Atasi Masalah Pencernaan dengan Lidah Buaya

Atasi Masalah Pencernaan dengan Lidah Buaya

Jika biasanya manfaat lidah buaya selalu identik dengan perawatan dan kecantikan tubuh, ternyata tidak hanya itu saja. Tanaman berlendir ini juga memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh.Seperti yang dikutip dari abcarticledirectory, jus lidah buaya juga dapat digunakan untuk merawat masalah pencernaan seperti masalah usus dan sindrom radang perut. Jus tersebut juga dapat meningkatkan stabilitas dari sistem kekebalan tubuh Anda dan mengurangi masalah pernafasan.Tidak hanya itu, lidah buaya juga dapat mengatur jumlah asam lambung, membantu penyerapan nutrisi lebih efisien pada tubuh dan menghilangkan zat-zat beracun dari dalam tubuh melalui sistem pembuangan. Orang yang meminum jus lidah buaya juga dapat membantu membangun jaringan dari organ-organ pencernaan, baik jaringan usus kecil, usus besar dan perut.Selain berguna untuk masalah pencernaan, buku Prescription for Herbal Healing menyatakan bahwa penelitian juga menunjukkan bahwa jus lidah buaya dapat menyembuhkan maag. Hal ini membuat peneliti benar-benar merekomendasikan lidah buaya untuk obat anti-maag.Dr James F. Balch, penulis buku Prescription for Natural Cures menyarankan untuk minum seperempat cangkir jus lidah [...]

5 Cara yang Efektif Menghilangkan Bau Kaki

5 Cara yang Efektif Menghilangkan Bau Kaki

Aroma tidak sedap yang timbul dari kaki tentunya membuat Anda tidak percaya diri. Sebenarnya, dari mana bau kaki berasal? Menurut podiatrist (ahli penyakit kaki) Josep Stern, orang rata-rata memiliki masing-masing 120 ribu kelenjar keringat di kedua telapak kakinya.Seperti keringat lain pada tubuh, keringat di kaki sebenarnya tidak berbau. Tapi akibat keringat yang berlebihan, kelenjar keringat bisa berreaksi terhadap bakteri (yang biasanya menempel pada sel-sel kulit mati), lalu dilepaskan ke udara dan membuat kaki berbau. Jika Anda termasuk penderita masalah bau kaki, ada lima cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan, atau paling tidak menguranginya, seperti dikutip dari Canadian Living.1. Kenakan kaus kaki terbuat dari katun yang mudah menyerap keringat. Sebelum memakai kaus kaki, taburkan dulu telapak kaki dengan talc untuk mencegah keluarnya keringat berlebih dan menjaga kaki tetap kering. Fokuskan pemakaian bedak tabur pada sela-sela jari kaki.2. Semprotkan bagian dalam sepatu dengan deodorizer untuk meminimalisir bau. Jika sepatu Anda boleh dicuci, bersihkan menggunakan air panas untuk membunuh bakteri. Dokter Naturopati Meghan Walker menganjurkan untuk memasukkan mas [...]

Pria Berumur Masih Bisa Melakukan Sunat Dewasa

Pria Berumur Masih Bisa Melakukan Sunat Dewasa

Di Indonesia, biasanya sunat dilakukan karena alasan agama saat anak laki-laki menginjak usia bangku sekolah dasar. Namun, pria berumur yang belum melakukannya masih bisa menjalani sunat, entah karena alasan agama atau kesehatan. Adapun, prosedur sunat dewasa dan kanak-kanak umumnya sama. Sunat merupakan metode pengangkatan kulit yang menutupi kepala penis. Salah satu manfaatnya adalah bisa mengurangi risiko tertular penyakit menular seksual. Manfaat lain yang mungkin bisa Anda dapatkan dari sunat antara lain: Penis jadi lebih mudah dibersihkan. Mengurangi risiko terkena infeksi saluran kemih. Mencegah terjadi fimosis atau ketidakmampuan untuk menarik kembali kulit penis atau kulup. Mencegah balanitis atau peradangan kepala penis. Mengurangi risiko terjadinya kanker serviks pada pasangan wanita. Proteksi terhadap kanker penis. Jadi, tidak ada kata terlambat untuk mencegah diri dari benih-benih penyakit dengan melakukan sunat dewasa. Prosedur Sunat Dewasa Sebelum menjalani sunat, dokter mungkin akan memberikan obat untuk membantu Anda rileks sejam sebelum prosedur dimulai. Prosedur sunat memakan waktu sekitar 10-15 menit. Dokter akan menyuntikkan obat bius lokal, regional atau u [...]

Normalkah Kentut 20 Kali Dalam Sehari?

Normalkah Kentut 20 Kali Dalam Sehari?

Kentut atau gas atau dalam medis dikenal dengan istilah ?flatus?, serta sendawa serta kembung merupakan hal yang wajar dan tentu pernah kita alami. Gas dihasilkan oleh lambung dan usus kita ketika makanan dipecah sehingga menghasilkan energi. Terjadinya kentut dan sendawa seringkali berbenturan dengan kebiasaan bermasyarakat, acapkali menjadi hal yang memalukan. Kembung merupakan suatu perasaan penuh di perut yang sering menimbulkan perasaan tidak nyaman. Mengubah pola makan dan minum Anda dapat mengurangi gas dan menghilangkan rasa tidak nayman karena terjadi penumpukan gas. Bersendawa merupakan suatu proses dimana kita mengeluarkan udara dari lambung atau kerongkongan melalui mulut. Bersendawa sebanyak 3 hingga 4 kali setelah mengkonsumsi makanan merupakan proses yang wajar sering disebabkan karena kita menelan udara. Beberapa penyebab sendawa lainny adalah keadaan cemas, atau beberapa penyakit seperti adanya luka pada lambung atau ada masalah di kandung emepedu. Semua orang pada normalnya akan kentut, namun ada beberapa orang yang dapat kentut lebih banyak. Pada normalnya Anda dapat kentut sebanyal 6 hingga 20 kali dalam sehari. Beberapa penyebab kentut dan kembung, diantaranya [...]

Jakarta Tenggelam Sampahnya Sendiri

Jakarta Tenggelam Sampahnya Sendiri

? Diperkirakan 2016 Jakarta akan tenggelam karena sampahnya sendiri. Jika dalam sehari Jakarta memproduksi sampah sebanyak 600.000 ton, hanya dengan luasan area 154,11km2, kurang lebih dalam setahun Jakarta tenggelam sedalam +10meter. Menurut penelitian yang dilakukan Institut Pertanian Bogor, menyatakan, bukan hanya Jakarta saja. Hampir seluruh dunia mempunyai masalah dengan sampah. Contohnya saja, puntung rokok apabila dibuang dalam air tawar butuh 1 tahun untuk dapat terurai dan butuh 2 tahun di dalam air asin. Masalah sampah memang pasti tidak ada habisnya. Karena itu diperlukannya kerja sama semua masyarakat dan pengusaha untuk meminimalisir sampah, dengan cara; Karena itu diperlukannya kerja sama semua masyarakat dan pengusaha untuk meminimalisir sampah, dengan cara; 1. Reduce / Mengurangi Sampah bisa dikurangi dengan cara mengurangi pemakaian sampah yang tidak bisa didaur ulang. 2. Reuse / Digunakan kembali Dengan menggunakan atau memanfaatkan kembali barang-barang yang dapat diolah kembali, penggunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan, tidak menggunakan kantong-kantong plastik. Karena plastik sangat sulit diurai kembali. 3. Recycle / Daur Ulang Satu l [...]

4 Masalah Kesehatan saat Bermudik

4 Masalah Kesehatan saat Bermudik

Oleh: dr. Jessica Florencia Setelah hampir menyelesaikan ibadah puasa Ramadan, banyak dari kita akan mulai merencanakan dan menyiapkan perayaan Idul Fitri. Salah satu kegiatan yang tidak dapat disingkirkan dari rutinitas Idul Fitri, terutama bagi para perantau adalah bermudik. Beramai-ramai menempuh perjalanan pulang ke daerah asal merupakan ajang silaturahmi yang perlu dipersiapkan dengan baik. Karena, alih-alih bisa sampai di tempat bermudik dengan selamat, para pemudik bisa mengalami gangguan kesehatan dan gagal merayakan Idul Fitri dengan nyaman. Berikut ini beberapa penyakit yang perlu diwaspadai saat bermudik: 1. Keracunan makanan Bermudik menuju kampung halaman yang agak jauh biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka, biasanya bagi para pemudik harus makan di tempat-tempat makan yang dilewati di sepanjang rute perjalanan atau di dalam kendaraan bermudik (kapal laut, pesawat terbang). Para pemudik harus berhati-hati untuk memperhatikan makanan yang dimakannya agar dapat terhindar dari keracunan makanan. Makanan dengan bau yang sudah tidak enak, warna yang tidak segar, rasa yang aneh harus dihindari. Bekal makanan yang dicurigai basi juga sebaiknya dibuang dan [...]

Ini Akibatnya Minum Antibiotik Sembarangan

Ini Akibatnya Minum Antibiotik Sembarangan

Sejak ditemukannya antibiotik pada tahun 1940, muncul harapan baru untuk menurunkan angka kejadian penyakit infeksi. Namun saat ini, penggunaan antibiotik justru menimbulkan masalah kesehatan di dunia yang terus berkembang. Lebih dari 133 juta kasus pasien yang mendapat antibiotik setiap tahunnya dan diperkirakan sekitar 50% dari kasus tersebut sebenarnya tidak memerlukan antibiotik. World Health Organization (WHO) menyebut resistensi antibiotik sebagai ancaman terbesar bagi kesehatan di seluruh dunia saat ini. Apa itu resistensi antibitiotik? Berikut penjelasannya: Apa itu resistensi antibitiotik? Berikut penjelasannya: Resistensi antibiotik adalah suatu keadaan dimana mikroorganisme yang seharusnya sensitif terhadap antibiotik menjadi kebal terhadap antibiotik tersebut. Pada saat hal ini terjadi, fungsi antibiotik untuk membunuh bakteri atau menghentikan tumbuh kembang bakteri menjadi tidak berguna. Apa penyebabnya? Berikut penjelasannya: Menggunakan antibiotik yang sebenarnya tidak dibutuhkan atau tidak sesuai indikasi. Dosis, waktu dan cara penggunaan yang tidak tepat Apa akibatnya? Anda akan terkena infeksi lebih lama Kemungkinan mendapat komplikasi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *