Ingin Diet & Tubuh Sehat? Pilih Kacang Ini untuk Camilan

womenyogurt362.jpg

Kacang merupakan alternatif camilan sehat ketika Anda sedang ingin mengudap makanan ringan, tapi tetap memedulikan kesehatan dan berat badan ideal. Meskipun terbilang sehat, kacang tetap memiliki lemak serta kalori dan Anda sebaiknya tidak mengonsumsinya berlebihan. Selain itu tidak semua jenis kacang baik untuk diet dan menjaga kesehatan, apalagi bila sudah dicampur dengan gula, tepung atau garam.

Untuk itu sebelum mulai kalap ngemil kacang-kacangan, ketahui dulu jenis apa yang baik dan kurang sehat bagi tubuh, seperti yang dikutip dari Health.

1. Kacang Terbaik untuk Diet
Semua kacang memiliki jumlah kalori yang hampir sama per ons-nya. Dalam jumlah yang cukup, semua jenis kacang seharusnya baik untuk dikonsumsi saat diet sehat atau penurunan berat badan. “Kacang merupakan kombinasi asam lemak omega-3, protein dan serat yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengontrol nafsu makan,” ujar Judy Caplan, RD, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

Tapi ada beberapa jenis kacang yang kalorinya lebih rendah dibandingkan kacang lain. Misalnya saja kacang almond, dalam 1 ons (23 butir) hanya terdapat 160 kalori dan mengandung 6 gram protein serta 14 gram lemak. Begitu juga dengan kacang mede (16-18 butir) dan pistachio (49 butir). Tapi hindari kacang yang digoreng atau dipanggang menggunakan minyak, butter atau mentega dalam suhu tinggi. Karena panas bisa merusak enzim dan nutrisinya.

2. Kacang dengan Kalori Tertinggi
Kacang macadamia dan pecan memiliki kalori paling banyak di antara kacang-kacang lainnya. Dalam 1 ons macadamia (10-12 butir) dan pecan (18-20 butir), terkandung hingga 200 kalori. Tapi kandungan proteinnya paling rendah (2-3 gram) sementara lemaknya juga paling tinggi (21-20 gram). Meski begitu, dua jenis kacang ini masih bisa dijadikan pilihan camilan sehat apabila dikonsumsi dalam jumlah sedikit, maksimal segenggam tangan. Pilih kacang yang masih mentah. Tidak dipanggang, digoreng atau diasinkan agar nutrisi tetap terjaga dan kalorinya tidak bertambah banyak.

3. Kacang yang Sehat untuk Jantung
Walnut atau kacang kenari memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang paling banyak, serta tinggi alpha linoleic acid (ALA) yang baik bagi jantung. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ALA cukup efektif mengurangi peradangan dan oksidasi pada pembuluh darah setelah mengonsumsi makanan berlemak. California Walnut Commission menyarankan konsumsi walnut sekitar delapan butir sehari untuk mendapatkan manfaat maksimal.

4. Kacang untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Pria
Kacang Brazil dan pecan termasuk jenis yang baik untuk menjaga kesehatan organ genital pria. Kacang Brazil kaya akan selenium, mineral yang mampu mencegah kanker prostat. Tapi terlalu banyak asupan selenium bisa meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Oleh sebab itu konsumsinya perlu sangat dibatasi, cukup satu butir per hari. Satu ons kacang Brazil (6 butir) mengandung 190 kalori, 19 gram lemak dan 4 gram protein.

Sedangkan kacang pecan merupakan sumber beta-sitosterol, zat yang membantu meredakan gejala benign prostatic hyperplasia atau pembesaran prostat. Satu ons kacang ini mengandung 200 kalori, jadi sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsinya.

5. Pencegahan Penyakit
Rendah kalori dan berkalsium lebih tinggi dari kacang lainnya, menjadikan almond kacang yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu juga kaya akan serat dan vitamin E. Seperti diketahui, vitamin E merupakan antikoksidan yang membantu memerangi peradangan berbahaya dan penyakit yang kerap timbul karena proses penuaan. Almond baik dinikmati secara mentah, dipanggang atau dimakan bersama dark chocolate.

(hst/eny)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Perkembangan Gigi & Mulut Anak

Perkembangan Gigi & Mulut Anak

Oleh: drg. Arni Maharani Masa pertumbuhan dan perkembangan anak adalah masa dimana tubuh anak membutuhkan tidak hanya nutrisi yang baik tetapi juga perawatan dan pemeliharan yang tepat. Dalam masa ini tentu saja orangtua harus memberikan perhatian guna mendukung proses tumbuh kembang anak dapat optimal. Gigi dan mulut adalah bagian dari kesatuan gigi dan wajah (dentofasial) yang pertumbuhannya melalui beberapa fase dan berkaitan erat dengan pola makan anak. Usia 0-6 bulanPada bayi baru lahir makanannya berbentuk cair yaitu ASI. Perlu diperhatikan selama proses pemberian ASI; hindarilah aktivitas menyusui hingga bayi tertidur. Paparan ASI di dalam mulut bayi yang tertidur berpotensi menimbulkan karies dan gangguan gigi lainnya. Reflek menghisap pada bayi baru lahir adalah suatu upaya untuk mendapatkan makanan bagi bayi berupa ASI, aktivitas menghisap ASI memerlukan energi yang jauh lebih besar dibandingkan dengan minum susu dalam botol dot, yaitu 60 kali lebih besar, dimana kekuatan ini berpengaruh pada pertumbuhan rahang bawah. Usia 6-12 bulan (1 tahun)Pada bayi berusia diatas 6 bulan, maka sudah bisa diperkenalkan oleh makanan padat yang lembut. Untuk diperhatikan, [...]

Awas! Obat Jerawat Bisa Picu Risiko Infeksi Mata

Awas! Obat Jerawat Bisa Picu Risiko Infeksi Mata

Kehadiran jerawat memang sangat mengganggu penampilan. Oleh karena itu banyak orang yang menggunakan obat-obatan kimia untuk mengatasinya. Namun tahukah Anda bahwa obat jerawat bisa memicu risiko terkena infeksi mata?Menurut sebuah penelitian terbaru, remaja yang biasa menggunakan obat jerawat isotretinoin berdosis tinggi atau dikenal dengan merek Accutane telah mengalami dua kali infeksi mata. Dua penyakit mata itu termasuk, konjungtivitis (mata merah) dan stye (infeksi kelenjar di tepi atau di bawah kelopak mata).Studi tersebut diprakarsai oleh peneliti dari Israel dengan mengumpulkan data dari hampir 15.000 remaja dan orang dewasa yang menggunakan isotretinoin untuk mengobati jerawat. Dalam studi tersebut, peneliti membandingkan kebiasaan mereka dengan koresponden yang tidak menggunakan obat jerawat dan tak memiliki jerawat.Dalam waktu satu tahun sejak awal pengobatan, hampir 14 persen pada mereka yang menggunakan obat jerawat mengalami gejala infeksi mata dan mata kering. Hasil itu dibandingkan dengan hampir 10 persen orang yang berjerawat tapi tidak menggunakan obat dan sekitar 7 persen yang tidak memiliki jerawat sama sekali.Dibandingkan dengan mereka yang bebas jerawat, o [...]

Tips Agar Coklat Tidak Mengganggu Diet

Tips Agar Coklat Tidak Mengganggu Diet

Kerap kali ketika menjalani diet kita lemah terhadap godaan makanan manis seperti coklat, es krim, kue, dan lainnya. Di sini kita tidak akan membicarakan tentang bagaimana kita membodohi diri sendiri dengan menganggap wortel kecil adalah sebatang coklat, tapi lebih kepada hal-hal nyata yang bisa dilakukan. Elizabeth Somer, MA, RD, penulis buku 10 Habits That Mess Up a Woman?s Diet memberikan salah satu nasehatnya, yaitu ?Dump the fat-free desserts.? (Tinggalkan Pencuci Mulut yang Bebas Lemak.? Spmer meneyebutkan bahwasanya sebagian besar makanan pencuci mulut bebas lemak memiliki tingkat kalori yang sama dengan makanan pencuci mulut lainnya yang bukan bebas lemak. Bahkan jika pencuci mulut tersebut memiliki kalori yang rendah, Anda juga tidak diijinkan untuk memakannya dalam porsi yang besar. Berikut ini adalah tips-tips bagi Anda yang sedang berdiet agar tetap dapat menikmati coklat, karamel, dan makanan manis lainnya di hari kasih sayang dengan orang terkasih. Jika coklat yang Anda inginkan, maka coklatlah yang akan Anda makan. Caranya, potong kecil-kecil buah yang Anda suka, contoh yang paling bagus adalah stroberi, pisang, nanas, ataupun melon. Lalu celupkan potongan terse [...]

Ini Pentingnya Rajin Minum Air Perasan Lemon Tiap Pagi

Ini Pentingnya Rajin Minum Air Perasan Lemon Tiap Pagi

Banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk meminum air hangat dengan perasan jeruk lemon sesaat setelah bangun tidur. Meskipun rasanya asam, buah lemon merupakan makanan yang sifatnya basa, yang dapat menjaga keseimbangan pH tubuh agar terjaga kesehatannya serta terhindar dari berbagai penyakit. Ini beberapa alasan lainnya kenapa Anda disarankan untuk meminum air lemon hangat di pagi hari.1. Tonik untuk LiverPraktisi food combining, Erikar Lebang mengatakan, air dengan perasan lemon di pagi hari sangat baik untuk menjaga kesehatan liver. Setelah semalaman bekerja untuk menyaring racun-racun di dalam tubuh yang berasal dari makanan tidak sehat, liver membutuhkan tonik untuk mempertahankan fungsi kerjanya. Pagi hari merupakan waktu paling tepat untuk memberi 'hadiah' pada liver, tapi pastikan Anda tidak mengonsumsi apapun 20 menit sebelum atau setelah meminumnya.2. Mengganti Cairan ElektrolitSaat malam hari, tubuh kekurangan cairan selama lebih kurang 6-7 jam. Itulah sebabnya kita kerap merasa lemas saat bangun di pagi harinya. Meminum air putih saja tidak cukup, Anda perlu menggantinya dengan cairan elektrolit. Ketimbang minum minuman kemasan yang mengandung elektrolit, akan l [...]

Jantung Sehat dengan Cukup 2000 Langkah Sehari

Jantung Sehat dengan Cukup 2000 Langkah Sehari

Berjalan kaki terbukti dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung. Baru?baru ini para peneliti menemukan berapa banyaknya langkah berjalan yang dibutuhkan untuk membuat Anda lebih sehat dalam hal ini adalah kesehatan jantung. Bahkan dengan berjalan pun, para penderita diabetes dapat mengurangi risiko penyakit jantung atau stroke sebanyak 8%. Kenapa harus 2.000? Penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal Lancet, menemukan bahwa orang dengan gejala awal diabetes, bila menambah langkah berjalan hingga 2,000 langkah dalam sehari atau sama dengan 20 menit jalan dengan kecepatan sedang, dapat membantu mengurangi risiko terkena kelainan pada jantung. Apa buktinya? Penelitian ini melihat 9,306 orang dewasa dari 40 negara yang mengikuti percobaan yang dinamakan NAVIGATOR. Dalam penelitian ini para peneliti melihat hubungan antara jumlah langkah dan risiko terjadinya gangguan penyakit hati pada tahun tersebut termasuk menghitung faktor risiko lain. Orang yang melakukan jalan kaki sedikitnya sebanyak 2000 langkah sehari, ternyata menunjukkan penurunan 10% angka risiko terjadi gangguan jantung di tahun berikutnya. Oleh karena itu, penemuan ini merupakan penemuan yang sangat b [...]

5 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

5 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

Demi menjaga kesehatan dan berat badan, olahraga tetap penting untuk dilakukan saat bulan puasa. Namun sebagian orang memang banyak yang memilih untuk rehat sejenak dari latihan-latihan berat atau menunggu sampai setelah waktu berbuka. Sebenarnya olahraga di siang hari tidak dilarang. Tapi bagi Anda yang sekiranya tak kuat melakukannya, ada beberapa aktivitas yang cukup bisa menggantikan olahraga. Berikut adalah lima kegiatannya:1. BowlingBowling termasuk salah bentuk olahraga. Namun olahraga ini tidak terlalu melelahkan bahkan menyenangkan sehingga cocok dilakukan ketika berpuasa. Anda bisa melakukan kegiatan ini bersama teman atau keluarga sambil menunggu waktu berbuka. Cara ini juga bisa dijadikan salah satu alternatif kegiatan berbuka puasa bersama yang tidak membosankan.2. BerkebunBagi Anda yang jarang mengurus sendiri kebun di rumah, mungkin bulan puasa adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Bisa saja Anda jadi gemar berkebun setelah mencoba. Menyirami atau memotong tanaman bisa menjadi olahraga ringan yang bisa Anda lakukan pada pagi hari ketika badan belum terasa terlalu lemas.3. MemasakBanyak keluarga yang menyediakan hidangan spesial pada saat bulan puasa. Meski A [...]

Jumlah Garam yang Aman Dikonsumsi Tubuh

Jumlah Garam yang Aman Dikonsumsi Tubuh

Selain berfungsi menambah rasa pada makanan, garam juga berguna untuk memaksimalkan kerja saraf dan otot. Namun, mengonsumsi secara berlebihan juga bisa memberikan dampak buruk. Lalu berapa jumlah garam yang aman dikonsumsi?Seperti yang dikutip Lifemojo, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi garam terlalu banyak berakibat buruk pada kesehatan. Salah satu di antaranya, kadar garam berlebih dapat meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi (hipertensi) dan bagi para penderita osteoporosis dianjurkan untuk lebih sedikit saat mengonsumsi garam.Berdasarkan ukuran rata-rata manusia, orang dewasa membutuhkan paling banyak 4,2 gram dan minimal 1,5 gram per harinya. Sedangkan pemerintah mengimbau agar orang dewasa mengonsumsi 6 gram dan untuk anak-anak, kurang dari 6 gram.Tetapi pada kenyataannya, konsumsi garam rata-rata pada orang dewasa bisa mencapai dua kali lipatnya, 10 hingga 12 gram. Hal ini masih menjadi perdebatan bagi beberapa pihak, menurut organisasi pro-garam setiap tubuh yang sehat akan memproses garam yang dibutuhkan dan sisanya akan dibuang oleh ginjal.Untuk menghindari kelebihan garam dalam tubuh, biasakan untuk menghindari atau paling tidak mengontrol mak [...]

Waspadai 6 Dampak Buruk Smartphone Pada Kesehatan (Bag.1)

Waspadai 6 Dampak Buruk Smartphone Pada Kesehatan (Bag.1)

Secara tidak sadar kehidupan manusia kini sangat bergantung dengan smartphone. Alat komunikasi canggih itu hampir tidak pernah terlepas dari tangan. Bahkan tidak sedikit dari Anda yang dapat melihatnya lebih dari 150 kali dalam sehari. Namun tahukah Anda jika smartphone dapat mempengaruhi kesehatan tubuh mulai dari mata hingga tulang belakang? Inilah bagian pertama dari enam dampak buruk smartphone yang perlu diwaspadai seperti dikutip dari Daily Mail.1. Merusak mataApakah Anda pernah merasakan mata kering setelah memakai smartphone? Hal itu disebabkan karena Anda terlalu lama fokus pada benda kecil dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika terus dibiarkan bisa berdampak pada peradangan dan infeksi mata.Sebaiknya smartphone juga dijauhkan dari anak-anak karena menurut Allon Barsam, konsultan bedah mata di Luton & Dunstable University Hospital, Inggris, gadget tersebut dapat meningkatkan potensi terkena mata rabun. Psikolog Dr. Aric Sigman juga menyarankan untuk tidak memperbolehkan anak berusia 3-7 tahun bermain game dengan layar kecil selama lebih dari setengah jam sehari.Selain itu menurut penelitian, penggunaan smartphone juga dapat menyebabkan Presbyopia yaitu ketidakmamp [...]

Vaksin untuk Mencegah Flu

Vaksin untuk Mencegah Flu

Kebanyakan orang berpikir bahwa influenza merupakan penyakit yang ringan. Namun sebenarnya influenza juga bisa menyebabkan penyakit serius dan bahkan kematian, terutama pada anak-anak dan orang tua. Vaksin flu sangat efektif untuk mencegah penyakit influenza dan komplikasinya. The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan agar setiap orang mendapatkan vaksin influenza setiap 6 bulan atau 1 tahun. Mengapa kita perlu melakukan vaksin flu setiap tahun? Setiap tahun vaksin influenza yang baru dikeluarkan, disesuaikan dengan jenis virusnya. Virus tersebut dapat berevolusi dengan sangat cepat, yang artinya vaksin influenza tahun lalu mungkin tidak dapat melindungi Anda dari virus influenza pada tahun ini. Setelah vaksinasi, sistem imun tubuh akan memproduksi antibodi yang melindungi tubuh dari virus yang terdapat dalam vaksin. Selain itu, kadar antibodi dalam tubuh semakin lama akan semakin turun, maka dari itu diperlukan vaksin flu setiap tahun. Bagaimana cara pemberian vaksin flu? Halaman berikut penjelasan selengkapnya. Vaksin untuk Mencegah Flu Vaksin flu diberikan melalui dua cara, yaitu: Suntikan Vaksin biasanya disuntikkan pada otot [...]

Lumpuh Karena Sindrom Guillain Barre

Lumpuh Karena Sindrom Guillain Barre

Bulan Mei adalah bulan kepedulian terhadap Guillain Barre Syndrome (GBS). Sebenarnya penyakit apa itu? Guillain Barre Syndrome atau Sindrom Guillain Barre namanya diambil dari nama dokter berkebangsaan Perancis penemu penyakit ini yaitu dokter Jean-Alexander Barr dan Georges Charles Guillain. GBS merupakan penyakit autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang bagian dari sistem saraf tepi. Autoimun artinya sel-sel pertahanan tubuh kita menyerang jaringan/ organ tubuh kita sendiri. Biasanya sel-sel sistem kekebalan tubuh hanya menyerang bahan asing dan organisme. Penyebab yang pasti untuk penyakit ini sampai saat ini belum diketahui,tetapi pada banyak kasus sering disebabkan oleh infeksi viral. Virus yang paling sering menyebabkan penyakit ini adalah Cytomegalovirus (CMV), HIV, Measles dan Herpes Simplex Virus. Sedangkan untuk penyebab bakteri paling sering oleh Campylobacter jejuni. Sindrom Guillain Barre adalah contoh paling klasik dari penyakit autoimun. Bisa jadi contoh paling gampang bagaimana penyakit autoimun bisa terjadi. Lebih Jauh Tentang Guillain Barre Syndrome Bulan Mei adalah bulan kepedulian terhadap Guillain Barre Syndrome (GBS). Sebenarnya penyakit [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *