Ingin Diet & Tubuh Sehat? Pilih Kacang Ini untuk Camilan

womenyogurt362.jpg

Kacang merupakan alternatif camilan sehat ketika Anda sedang ingin mengudap makanan ringan, tapi tetap memedulikan kesehatan dan berat badan ideal. Meskipun terbilang sehat, kacang tetap memiliki lemak serta kalori dan Anda sebaiknya tidak mengonsumsinya berlebihan. Selain itu tidak semua jenis kacang baik untuk diet dan menjaga kesehatan, apalagi bila sudah dicampur dengan gula, tepung atau garam.

Untuk itu sebelum mulai kalap ngemil kacang-kacangan, ketahui dulu jenis apa yang baik dan kurang sehat bagi tubuh, seperti yang dikutip dari Health.

1. Kacang Terbaik untuk Diet
Semua kacang memiliki jumlah kalori yang hampir sama per ons-nya. Dalam jumlah yang cukup, semua jenis kacang seharusnya baik untuk dikonsumsi saat diet sehat atau penurunan berat badan. “Kacang merupakan kombinasi asam lemak omega-3, protein dan serat yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengontrol nafsu makan,” ujar Judy Caplan, RD, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

Tapi ada beberapa jenis kacang yang kalorinya lebih rendah dibandingkan kacang lain. Misalnya saja kacang almond, dalam 1 ons (23 butir) hanya terdapat 160 kalori dan mengandung 6 gram protein serta 14 gram lemak. Begitu juga dengan kacang mede (16-18 butir) dan pistachio (49 butir). Tapi hindari kacang yang digoreng atau dipanggang menggunakan minyak, butter atau mentega dalam suhu tinggi. Karena panas bisa merusak enzim dan nutrisinya.

2. Kacang dengan Kalori Tertinggi
Kacang macadamia dan pecan memiliki kalori paling banyak di antara kacang-kacang lainnya. Dalam 1 ons macadamia (10-12 butir) dan pecan (18-20 butir), terkandung hingga 200 kalori. Tapi kandungan proteinnya paling rendah (2-3 gram) sementara lemaknya juga paling tinggi (21-20 gram). Meski begitu, dua jenis kacang ini masih bisa dijadikan pilihan camilan sehat apabila dikonsumsi dalam jumlah sedikit, maksimal segenggam tangan. Pilih kacang yang masih mentah. Tidak dipanggang, digoreng atau diasinkan agar nutrisi tetap terjaga dan kalorinya tidak bertambah banyak.

3. Kacang yang Sehat untuk Jantung
Walnut atau kacang kenari memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang paling banyak, serta tinggi alpha linoleic acid (ALA) yang baik bagi jantung. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ALA cukup efektif mengurangi peradangan dan oksidasi pada pembuluh darah setelah mengonsumsi makanan berlemak. California Walnut Commission menyarankan konsumsi walnut sekitar delapan butir sehari untuk mendapatkan manfaat maksimal.

4. Kacang untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Pria
Kacang Brazil dan pecan termasuk jenis yang baik untuk menjaga kesehatan organ genital pria. Kacang Brazil kaya akan selenium, mineral yang mampu mencegah kanker prostat. Tapi terlalu banyak asupan selenium bisa meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Oleh sebab itu konsumsinya perlu sangat dibatasi, cukup satu butir per hari. Satu ons kacang Brazil (6 butir) mengandung 190 kalori, 19 gram lemak dan 4 gram protein.

Sedangkan kacang pecan merupakan sumber beta-sitosterol, zat yang membantu meredakan gejala benign prostatic hyperplasia atau pembesaran prostat. Satu ons kacang ini mengandung 200 kalori, jadi sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsinya.

5. Pencegahan Penyakit
Rendah kalori dan berkalsium lebih tinggi dari kacang lainnya, menjadikan almond kacang yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu juga kaya akan serat dan vitamin E. Seperti diketahui, vitamin E merupakan antikoksidan yang membantu memerangi peradangan berbahaya dan penyakit yang kerap timbul karena proses penuaan. Almond baik dinikmati secara mentah, dipanggang atau dimakan bersama dark chocolate.

(hst/eny)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ini Penyebab Vagina Kering dan Cara Mengatasinya

Ini Penyebab Vagina Kering dan Cara Mengatasinya

Salah satu masalah kewanitaan yang paling umum dialami selain keputihan adalah merasa kering di daerah kewanitaan. Kekeringan ini biasanya dialami oleh wanita yang sudah mengalami menopause. Menopause adalah berhentinya siklus menstruasi secara fisiologis yang dipengaruhi oleh tingkat usia seorang wanita.Pada wanita yang belum mengalami menopause, kulit dan jaringan di sekitar vagina akan terasa kenyal dan lembab. Hal ini dipengaruhi oleh cairan dan lendir yang dibuat oleh kelenjar di leher rahim. Kelenjar ini dipengaruhi oleh estrogen, yaitu hormon wanita yang dapat mempengaruhi jaringan di sekitar vagina sehingga menyebabkan lapisan vagina menjadi lebih tebal dan elastis.Dengan adanya hormon estrogen di dalam tubuh, membuat produksi lendir ini akan lebih optimal sehingga vagina terasa licin atau basah. Hormon estrogen juga merangsang sel-sel yang melapisi vagina untuk menghasilkan glikogen, yaitu suatu senyawa yang memicu adanya bakteri menguntungkan yang melindungi vagina dari infeksi.Menurut Dr. M. Rezha Faisal, SpOG selaku spesialis kebidanan dan kandungan, wanita yang sudah menopause akan mengalami berkurangnya hormon estrogen secara otomatis. Akibatnya, produksi lendir ju [...]

Jus Buah Bisa Tingkatkan Risiko Kanker?

Jus Buah Bisa Tingkatkan Risiko Kanker?

Anggapan bahwa jus buah baik untuk kesehatan tubuh tampaknya perlu dipertanyakan lagi. Menurut penelitian terbaru, jus buah justru berisiko meningkatkan penyakit kanker tertentu.Seperti yang dikutip dari Times of India, para ilmuwan Australia menjelaskan bahwa pada kenyataannya, jus buah yang sudah melalui proses dan hadir dalam bentuk kemasan, sudah tidak lagi mengandung nutrisi yang berfungsi memerangi tumor.Dalam penelitian tersebut, peneliti ingin mengetahui bagaimana perbedaan keefektifan antara buah, sayur dan jus dalam fungsinya terhadap kanker usus. Para peneliti memeriksa 2.200 orang dewasa yang melakukan diet dengan melihat kebiasaan makan mereka tiap harinya.Hasilnya tidak terlalu mengejutkan. Peneliti menemukan bahwa kebiasaan memakan apel, kecambah, kembang kol dan brokoli tiap hari dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit kanker tersebut.Namun, mereka yang mengonsumsi banyak jus buah justru memiliki risiko yang sangat tinggi. Penelitian melaporkan, mereka yang meminum jus buah tiga kali dalam sehari punya kemungkinan lebih besar terkena kanker kolon dan rektum --kanker yang menyerang usus besar dan rektum.Peneliti percaya bahwa yang menyebabkan hal itu adalah [...]

Penyebab Utama Gigi Terasa Ngilu Setiap Kali Minum Air Es

Penyebab Utama Gigi Terasa Ngilu Setiap Kali Minum Air Es

Sering merasakan nyeri atau ngilu menusuk pada gigi setiap kali mengonsumsi makanan/minuman panas, dingin atau terlalu asam? Bisa jadi pertanda gigi Anda sensitif.Gigi sensitif atau dentine hypersensitivity adalah rasa nyeri yang timbul akibat terbukanya lapisan dentin (batas antara gigi dan gusi) di bawah email gigi. Dengan terbukanya dentin, maka rangsangan dari makanan atau minuman akan langsung menuju syaraf dan menyebabkan nyeri. Ada beberapa faktor yang membuat gigi sensitif, dan umumnya karena kebiasaan menggosok gigi atau pemilihan sikat gigi yang salah."Gosok gigi terlalu kuat yang menekan gigi dan gusi, juga penggunaan sikat gigi yang bulunya terlalu keras dan kaku adalah beberapa penyebab gigi sensitif," ujar Drg. Zaura Rini Anggraini MDS., saat acara peluncuran dua varian terbaru Pepsodent Sensitive Expert di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jl. Garnisun Dalam, Semanggi, Jakarta Selatan, Rabu (5/06/2013).Menggosok terlalu kuat akan membuat dentin gigi terbuka, juga membuat email gigi mengalami penipisan. Hal yang sama juga terjadi apabila Anda menggunakan sikat gigi yang terlalu kaku.Selain itu, peradangan gusi yang diakibatkan karang gigi juga bisa menyebabkan terja [...]

Ingin Seks Hot? Lakukan Olahraga Ini!

Ingin Seks Hot? Lakukan Olahraga Ini!

Sudah bukan rahasia lagi bahwa olahraga teratur dapat bermanfaat bagi kesehatan dan meningkatkan kebugaran. Akan tetapi, masih banyak yang belum menyadari manfaat satu ini, yaitu meningkatkan kualitas kehidupan seksual Anda. Ada dua cara bagaimana olahraga yang teratur dapat membuat kehidupan seksual Anda lebih berkualitas, yaitu: Tingkat kebugaran yang baik. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang-oran yang masih berenang di usia 60 tahun memiliki kualitas kehidupan seksual yang serupa dengan kondisi saat mereka masih berusia 40 tahun. Bahkan penelitian lain menyebutkan bahwa laki-laki dan perempuan yang berusia di atas 55 tahun dan memiliki tingkat kebugaran yang baik melaporkan tingkat aktivitas seksual yang tinggi. Terlepas dari banyaknya faktor yang mempengaruhi tingkat aktivitas seksual seseorang, faktanya beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang bugar dan aktif memiliki kehidupan seks yang lebih baik daripada mereka yang tidak aktif. Hal ini tidak mengejutkan sebab tingkat kebugaran yang baik berarti ketahanan jantung paru, kekuatan serta ketahanan otot pun tentunya berada di tingkat yang baik. Semua aspek tersebut akan membuat stamina seseorang menja [...]

Kurang Minum Air Bisa Buat Wanita Bad Mood

Kurang Minum Air Bisa Buat Wanita Bad Mood

Apakah Anda sering mengalami bad mood atau suasana hati buruk? Jika ya, mungkin Anda kurang banyak minum air. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dehidrasi bisa buat wanita mengalami bad mood.Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition melibatkan 25 wanita dengan kondisi hidrasi yang berbeda-beda. Hasilnya ditemukan bahwa wanita yang sedikit minum air putih cenderung mudah mengalami gejala-gejala kelelahan seperti sakit kepala dan hilangnya konsentrasi.Seperti yang dikutip dari Times, beberapa gejala itulah yang pada akhirnya memengaruhi suasana hati. Dalam penelitian ini efeknya muncul bahkan pada kondisi dehidrasi paling ringan yakni saat cairan tubuh hanya berkurang 1 persen.Meskipun pria tidak ikut serta ke dalam objek penelitiannya, ada kemungkinan berlaku hasil yang sama. Jadi jika Anda merasa letih, kesal dan sensitif, cobalah untuk meminum air mineral dingin atau minuman lain yang menyegarkan. Namun, hindari mengonsumsi minuman beralkohol dan mengandung kafein karena bersifat diuretik --mengurangi cairan tubuh."Makin pekat warna urin, itu tandanya seseorang sedang kekurangan cairan dan harus segera minum. Agar tidak mudah dehidrasi, pilih air putih [...]

Tahapan Rehabilitasi Narkoba

Tahapan Rehabilitasi Narkoba

Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) menunjukkan tren yang semakin meningkat di Indonesia. Rehabilitasi narkoba merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan para pengguna dari belenggu narkoba. Untuk itu ada beberapa tahapan rehabilitasi narkoba yang perlu dilakukan. Data yang diperoleh dari survei Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Pusat Penelitian Kesehatan UI tahun 2008 mengungkap, angka prevalensi pengguna narkoba sekitar 1,9% dari seluruh penduduk Indonesia, dengan kisaran usia 10 sampai 60 tahun. Hanya dalam tiga tahun kemudian, angka prevalensi meningkat menjadi 2,2%. Yang berarti sekitar 4 juta penduduk Indonesia tercatat sebagai penyalahguna narkoba. Penyalahgunaan narkoba sebagian besar diawali dengan upaya coba-coba dalam lingkungan sosial. Semakin lama pemakaian, maka risiko kecanduan semakin tinggi. Jika terus dilanjutkan, maka dosis narkoba yang digunakan juga akan semakin besar untuk mencapai kondisi yang diinginkan (teler). Hingga pada titik tak mampu melewatkan satu hari tanpa narkoba. Beberapa gejala yang menandakan seseorang sudah dalam tahap kecanduan antara lain keinginan untuk mengonsumsi narkoba setiap hari atau beberapa kali dalam [...]

4 Sebab Dokter Anjurkan Kelahiran dengan Operasi Sesar

4 Sebab Dokter Anjurkan Kelahiran dengan Operasi Sesar

Dokter spesialis kebidanan seringkali diberi label komersil oleh pasiennya, pasien menganggap sang dokter dengan mudah memutuskan operasi sesar (seksio sesarea) untuk melahirkan bayi pasien karena honor yang lebih besar, masyarakat awam pun semakin menjadi-jadi membicarakan hal ini, sudah bukan cerita baru memang, namun, benarkah dokter kebidanan meraup keuntungan dengan menipu pasiennya? Sebelum Anda menjadi hakim jadi-jadian, mari simak ulasan berikut ini. Pada sebagian besar proses persalinan, persalinan terjadi secara spontan, artinya si bayi lahir lewat jalan lahir alamiah ibu, lalu muncul di mulut vagina (persalinan spontan pervaginam : persalinan spontan yang terjadi melalui vagina), sementara pada beberapa kasus yang lain, persalinan melalui operasi sesar menjadi pilihan dokter, persalinan ini dikenal dengan persalinan perabdominam (per-abdomen: melalui perut ibu). Kita semua tahu biaya untuk operasi sesar berkali-kali lipat lebih mahal daripada persalinan spontan, hal inilah yang kemudian menjadi bahan pembicaraan yang seringkali merusak citra dokter spesialis kebidanan. Dunia medis punya syarat nya sendiri sehingga seorang ibu diputuskan tidak dapat melahirkan spontan m [...]

Cara Alami Hilangkan Sakit Tenggorokan

Cara Alami Hilangkan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan seringkali dialami banyak orang terlebih dalam situasi cuaca yang kurang menentu ini. Pagi terik, siang bisa hujan lebat. Atau sebaliknya, hujan lebat di pagi hari, terik di siang hari. Meskipun tidak melulu salah cuaca, sakit tenggorokan acapkali gejala tubuh sedang mengalami infeksi karena daya tahan tubuh menurun. Salah satu kiat mengatasi sakit tenggorokan adalah berkumur (gargling). Berkumur atau gargling yang dimaksud berbeda dengan berkumur yang umum. Bukanlah berkumur yang sama ketika kita menyikat gigi. Tapi berkumur dengan mendongakkan kepala keatas dan dengan mulut terbuka, teknik gargling ini merupakan salah satu cara yang sederhana dan efektif untuk membunuh kuman dan mengurangi sakit tenggorokan. Berikut adalah cara-cara alami yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. 1. Cara Alami Hilangkan Sakit Tenggorokan Air Garam Cara yang cukup kuno ini mungkin sudah sering Anda dengar. Cobalah dengan mencampurkan 1/4 sdt garam di dalam segelas air. Gunakan air hangat dan jangan gunakan air dingin karena kurang efektif. Kumur-kumur dan jangan ditelan. Berkumurlah dengan menengadahkan kepala dan arahkan air di kerongkongan lalu biarkan [...]

Sikap Indonesia Terhadap Ancaman Ebola

Sikap Indonesia Terhadap Ancaman Ebola

Saat ini dunia internasional sedang dihebohkan dengan adanya wabah virus ebola. Berdasarkan data World Health Organization (WHO) sejak Maret 2014 hingga tanggal 1 Agustus 2014 telah tercatat 1603 kasus ebola dengan 887 orang meninggal. WHO menyebutnya sebagai wabah terburuk sepanjang masa. Bank Dunia telah mengalokasikan dana sebesar Rp. 2,3 triliun untuk membantu negara-negara di Afrika barat yang sedang berjuang melawan wabah ebola. Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat (31/7) mengeluarkan peringatan "Level 3" untuk menghindari perjalanan ke negara-negara Afrika Barat- Guinea, Liberia dan Sierra Leone- berkaitan dengan wabah Ebola. Pemerintah Korea Selatan pun telah mengeluarkan larangan berpergian ke wilayah Afrika bagi warganya. Indonesia turut menaruh perhatian terhadap mewabahnya virus ebola. Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi (4/8), mengatakan pemerintah Indonesia telah mengeluarkan peringatan perjalanan bagi orang-orang yang berencana pergi ke kawasan Afrika khususnya Sierra Leone, Liberia, Guinea dan Nigeria terkait wabah virus ebola. (Baca: Ebola Tidak Hanya Menular Lewat Seks) Hingga saat ini belum ada data mengenai warga Indonesia yang terjangkit [...]

Apakah Diabetes Bisa Sembuh?

Apakah Diabetes Bisa Sembuh?

Diabetes melitus adalah suatu kumpulan aspek gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan insulin baik yang sifatnya absolut maupun relatif. Insulin sendiri adalah hormon yang membawa glukosa dari darah masuk se dalam sel-sel tubuh dan dihasilkan oleh sel-sel beta di pankreas. Penegakan diabetes melitus dilakukan apabila setelah dilakukan pemeriksaan kadar gula darah ternyata ditemui memiliki kadar gula darah sewaktu ?200 mg/dL dan kadar gula darah puasa ?126 mg/dL. Pemeriksaan gula darah sangat penting untuk mengontrol pengendalian gula darah diabetes dan pencegahan terhadap kondisi diabetes. Pemeriksaan gula darah dapat menyaring apakah seseorang termasuk kedalam kelompok pre diabetes atau bukan. Kondisi prediabetes dapat dicegah untuk menjadi diabetes. Prediabetes ditandai dengan kadar gula darah sewaktu 100-199 mg/dL dan kadar gula darah puasa 100-125 mg/dL. Perlu Anda ketahui bahwa diabetes dapat dicegah dengan berbagai pola hidup sehat. Namun diabetes adalah kondisi menahun yang tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dikendalikan/dikontrol dengan obat anti diabetes. Jenis diabetes yaitu : Diabetes melit [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *