Ingin Panjang Umur? Tiru Kebiasaan Makan Orang Jepang

121340_eatingfish362.jpg

Jepang merupakan negara dengan penduduk yang memiliki tingkat harapan hidup tinggi. Pria Jepang rata-rata hidup hingga usia 78 tahun, sementara wanita hingga 85 tahun. Bahkan wanita tertua di dunia yang masih hidup, juga berasal dari Jepang. Ia adalah Misao Okawa, yang pada Maret nanti akan memasuki usia 117 tahun.

Tidak hanya panjang umur, penduduk Jepang juga memiliki tingkat obesitas yang rendah. Populasi penduduk yang kegemukan atau obesitas hanya 3,5 persen, dan risiko terkena kanker serta penyakit jantung juga rendah. Padahal, Jepang memiliki tingkat polusi udara cukup tinggi, mereka juga rentan terkena stres dan hobi merokok serta minum minuman keras. Lalu kenapa orang Jepang banyak yang panjang umur? Rahasianya ada pada diet mereka. Jika Anda ingin sehat sampai tua, tidak ada salahnya jika meniru cara makan orang Jepang berikut ini.

1. Kontrol Makan
Orang-orang di wilayah Nanago dan Okinawa rata-rata memiliki harapan hidup paling tinggi di Jepang, dan risiko terkena penyakit saat mereka menua cenderung rendah. Ternyata orang-orang di dua daerah ini memiliki prinsip; berhenti makan sebelum kenyang. Logikanya, jika Anda stop makan tepat sebelum perut merasa kenyang, Anda akan menyadari bahwa sebenarnya makanan yang masih tersisa di piring tidak perlu dihabiskan. Dengan cara ini, Anda akan lebih sedikit mengonsumsi makanan, tetap langsing dan sehat.

2. Makan Perlahan
Saat makan, ada jeda antara perut yang sudah kenyang dan sinyal penghantar rasa kenyang itu ke otak. Para ahli percaya, dibutuhkan waktu 20 menit untuk otak mencerna sinyal bahwa seseorang sudah kenyang. Maka ketika orang makan terlalu cepat, tubuh tidak punya cukup waktu untuk mengirimkan sinyal kenyang ke otak sehingga Anda akan terus makan sampai habis dan mengonsumsi kalori lebih dari yang dibutuhkan.

3. Makan di Piring Kecil
Makanan Jepang umumnya disajikan dalam perangkat makan berukuran kecil, misalnya piring, mangkok serta gelas. Dengan cara ini, Anda akan mengonsumsi lebih sedikit kalori dan asupan makan lebih terkontrol.

4. Banyak Makan Sayuran
Orang Jepang mengonsumsi banyak varian sayuran dan biji-bijian. Mereka makan sayuran yang tumbuh di tanah maupun laut. Rumput laut merupakan salah satu tanaman yang banyak mereka konsumsi. Keunggulan dari tanaman laut adalah rendah kalori, tinggi serat dan kaya akan mineral. Rumput laut misalnya, mengandung banyak iodin, protein, vitamin A, C dan B12.

5. Makan Ikan
Sebagian besar orang di Jepang makan ikan setiap hari. Seperti dikutip dari Health Me Up, penduduk Jepang rata-rata mengonsumsi ikan 80 hingga 100 gram per hari. Kebanyakan dalam bentuk sushi.

Ikan kaya akan omega-3 yang merupakan asam lemak tak jenuh ganda. Jenis lemak ini baik untuk menjaga kesehatan otak, jantung serta kecantikan kulit. Ikan juga mengandung DHA, EPA dan PUFA. Tiga nutrisi ini berkhasiat meningkatkan kemampuan kognitif, mengurangi risiko radang sendi, menjaga kesehatan mental, membantu perkembangan motorik pada anak dan mencegah berbagai penyakit seperti serangan jantung dan kanker.

6. Konsumsi Kedelai
Orang Jepang senang makan tofu, ngemil edamame dan banyak menggunakan soyu (bumbu terbuat dari fermentasi kedelai) dalam pembuatan masakannya. Jika dikonsumsi dalam jumlah cukup, kedelai merupakan sumber protein yang lebih sehat ketimbang daging merah karena hanya mengandung sedikit lemak jenuh. Asalkan tidak berlebihan, konsumsi makanan olahan kedelai membantu mencegah kanker payudara dan penyakit jantung.

7. Minum Teh Hijau
Orang Jepang punya kebiasaan minum teh hijau yang baik untuk kesehatan. Teh hijau memiliki banyak khasiat, terutama mencegah perkembangan sel kanker berkat kandungan antioksidan yang tinggi. Salah satu jenis antioksidan yang terkandung dalam teh hijau, polifenol, bisa melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan pembentukan sel tubuh abnormal.

(hst/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Risiko Tindik di Kemaluan

Risiko Tindik di Kemaluan

Berkembangnya pergaulan dan fashion di kalangan remaja mendorong timbulnya banyak tren baru yang tidak biasa. Contohnya adalah tindik. Dulu tindik hanya dilakukan oleh kaum hawa dan hanya dilakukan pada daun telinga. Namun sekarang sudah tidak mengherankan lagi jika kita menemukan adanya kaum pria yag juga melakukan tindik di daun telinga. Bahkan, zaman sekarang tindik yang dilakukan pun tidak melulu hanya dilakukan pada daun telinga, namun juga di tempat-tempat lain seperti hidung, bibir, lidah, atau bahkan daerah-daerah yang tidak lazim seperti kemaluan dan puting payudara. Saat akan melakukan tindik, Anda tentunya harus memikirkan risiko yang dapat timbul akibat tindikan tersebut. Sebut diantaranya efek samping yang paling sering terjadi karena penindikan yaitu infeksi dan reaksi alergi. Namun demikian, ada beberapa cara untuk mencegah kejadian risko yang ada dialami, yakni dengan melakukan tindakan sebagai berikut: Hal yang Diperhatikan Sebelum Penindikan Pastikan Anda melakukan beberapa hal berikut ini sebelum melakukan tindik: Saat akan melakukan penindikan, pastikan Anda sudah memilih tempat yang tepat untuk tindik tersebut. Pastikan tempat akan dila [...]

6 Info Mudik Sehat Tanpa Nyeri Punggung

6 Info Mudik Sehat Tanpa Nyeri Punggung

Oleh: dr. Jessica Florencia Pada saat bermudik, duduk terlalu lama di dalam kendaraan dapat menyebabkan nyeri punggung. Hal ini tentu menyebabkan rasa tidak nyaman. Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan beberapa latihan fisik yang dapat dilakukan saat duduk untuk mengurangi risiko terjadi nyeri punggung. No. Gerakan Cara Melakukan Gambar 1. Gerakan Postur Dasar Duduk di bagian depan kursi, tarik perut ke dalam dan regangkan pinggang 2. Gerakan Peregangan Perut dan Pinggang Regangkan punggung secara maksimal, lalu bungkukkan badan untuk melepaskan ketegangan 3. Gerakan Melihat Pusar Bungkukkan punggung sebanyak mungkin, lalu tarik perlahan perut ke dalam dan lihat ke arah pusar. Ulangi kegiatan ini. 4. Gerakan Menunduk Lipat siku dan lebarkan tungkai. Menggunakan berat kepala, turunkan kepala seperti gerakan membungkuk sambil membuang napas 5. Gerakan Peregangan Punggung Regangkan punggung perlahan, seperti anjing meluruskan punggungnya. Pada saat yang bersamaan, tarik napas panjang dan naikkan dinding [...]

Bolehkah Mengonsumsi Sirop Batuk Saat Menyusui?

Bolehkah Mengonsumsi Sirop Batuk Saat Menyusui?

Banyak sekali pantangan untuk ibu menyusui, salah satunya adalah harus membatasi asupan gula, garam, lemak, dan makanan olahan. Namun, apakah hal itu berlaku bagi sirop batuk? Sirop batuk diklasifikasi sebagai antitusif yang dapat mengendurkan lendir dan dahak di tenggorokan maupun paru-paru. Anda dapat membelinya di apotek tanpa resep dokter. Kandungan aktif yang biasa terdapat pada sirop batuk, antara lain codeine, benzonatate, pseudoephedrine atau carbetapentane. Dua substansi lainnya, guaifenesin and dextromethorphan, dinilai aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Lalu, bagaimana dengan kandungan lainnya? Adakah kandungan pada obat batuk yang membahayakan bagi ibu menyusui? Berikut adalah dua kandungan pada obat batuk yang harus dihindari oleh ibu menyusui: Codeine Beberapa sirop batuk mengandung codeine. Codeine dapat dengan mudah dikeluarkan melalui air susu. Sebagian wanita memetabolisme codeine dengan stabil, sehingga hanya sedikit codeine yang mengontaminasi air susu mereka. Namun, beberapa wanita memiliki masalah dalam memetabolisme codeine dan hal tersebut dapat menghasilkan konsentrasi morfin dalam darah yang bisa membahayakan bayi. Benzonatate Benzonatate adalah bent [...]

Manfaat Menyusui Bagi Ibu dan Bayi

Manfaat Menyusui Bagi Ibu dan Bayi

Sudah tidak sedikit tulisan yang menyampaikan betapa pentingnya Air susu ibu (ASI) bagi kesehatan tubuh. Baik itu bagi bayi maupun ibu. Namun ketahuilah, ASI adalah hadiah dan makanan terbaik bagi bayi, terutama pada 6 bulan pertama kehidupan. Setelah 6 bulan, diperlukan makanan tambahan untuk membantu tumbuh kembang bayi. Susu formula sekali pun tidak dapat menggantikan kehebatan ASI. Menyusui memiliki banyak manfaat kesehatan baik bagi ibu maupun bayi. Apa saja manfaatnya? Klik ?next? untuk selanjutnya. Manfaat Bagi Ibu: Berikut ini adalah manfaat menyusui bagi ibu: Hormon oksitosin yang dikeluarkan saat menyusui dapat mengembalikan Ukuran rahim lebih cepat dan mencegah perdarahan pasca melahirkan. Mengurangi risiko terkena kanker payudara dan kanker ovarium Tidak membutuhkan susu biasa dan bisa menghemat uang karena tidak perlu membeli susu formula. Memperkuat hubungan emosional dengan bayi Membantu menurunkan berat badan karena menyusui dapat membakar sekitar 500 kalori setiap harinya ASI eksklusif bisa menjadi kontrasepsi alami untuk mencegah kehamilan, disebut sebagai metode amenorealaktasi (MAL) Men [...]

Tetap Sehat Selama Long Weekend

Tetap Sehat Selama Long Weekend

Oleh: dr. Jessica Florencia Tanggal merah menjelang pas di akhir pekan, liburan akan terasa lebih panjang dari biasanya. Tapi sayangnya, hujan dan angin serta suhu dingin sedang senantiasa menyertai kita. Yuk simak tips berikut ini: Musim liburan segera menjelang. Saatnya tiba untuk melepaskan diri dari kepenatan dan rutinitas harian. Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan Anda selama liburan baik Anda bepergian atau hanya sekedar menikmati waktu libur dengan bersantai. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan agar tetap sehat selama liburan: Jangan korupsi waktu tidur AndaMeskipun Anda berlibur, namun jangan habiskan waktu Anda untuk tidur terlalu larut atau hanya tidur beberapa jam saja. Gunakan waktu ini untuk beristirahat dengan layak, bersantai dan jangan membebani diri dengan aktivitas-aktivitas yang akan mengganggu waktu tidur Anda. Perhatikan apa yang Anda makanWaktu libur bukan berarti Anda dapat mengkonsumsi semua jenis makanan. Ini akan membuat Anda kehilangan kontrol. Tetaplah mengkonsumsi makanan sehat, sertakan sayur dan buah. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dan batasi makanan berlemak. Camilan instan juga sebaiknya tidak d [...]

5 Makanan & Minuman yang Bisa Cegah Kanker Payudara

5 Makanan & Minuman yang Bisa Cegah Kanker Payudara

Satu dari 10 wanita diperkirakan menderita kanker payudara, yang disebabkan oleh gaya hidup modern. Untuk menghindarinya, mulailah membiasakan diri menjaga kesehatan payudara dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat.Menjaga payudara agar tetap sehat bukanlah hal yang sulit. Cukup dengan mengonsumsi lima makanan yang kaya nutrisi ini, maka Anda pun akan mendapatkan payudara yang sehat. Seperti yang dikutip dari eatingwell, ini dia makanan dan minuman yang penting bagi kesehatan payudara Anda.1. BrokoliMenurut penelitian dari University of Michigan, Sulforafana, yaitu senyawa dalam brokoli dapat mengurangi jumlah sel induk kanker payudara (yang menyebabkan kanker menyebar dan kambuh) pada tikus. Para peneliti juga menyarankan agar mengonsumsi brokoli mentah, karena memasak atau merebusnya hanya akan membuat kandungan Sulforafana rusak.2. Ikan SalmonRutin mengonsumsi suplemen minyak ikan selama minimal 10 tahun dapat memperkecil risiko terkena karsinoma duktal --jenis yang paling umum dari kanker payudara--, menurut penelitian yang dilakukan oleh Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention. Lemak omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan dipercaya bisa mengurangi peradanga [...]

Awas, Kurang Tidur Bisa Sebabkan Serangan Jantung

Awas, Kurang Tidur Bisa Sebabkan Serangan Jantung

Orang dengan penyakit jantung atau penyakit yang menahun, sebaiknya memerhatikan waktu tidurnya. Pastikan Anda tidur cukup; tidak kurang juga tidak berlebihan. Menurut jurnal European Heart, tidur kurang dari enam jam sehari bisa meningkatkan risiko kematian akibat serangan jantung atau stroke.Orang yang menderita penyakit jangka lama, contohnya penyakit jantung cenderung mudah lelah. Jadi jika Anda terbiasa tidur lebih dari 9 jam dalam semalam, sebaiknya mulai waspada.Francesco Cappuccio dari University of Warwick Medical School, seperti dikutip dari times of india mengatakan, "Tidur terlalu larut dan bangun di pagi hari berdampak buruk bagi kesehatan. Jadi Anda harus memperbaiki kebiasaan itu sekarang juga."Dilansir Daily Mail, sebuah penelitian menemukan mereka yang tidur kurang dari enam jam, lebih besar 50% terkena risiko serangan jantung dan 15% menderita stroke. Penyebabnya, kurang tidur bisa menurunkan level leptin dalam darah; yang efeknya sama seperti kita merasa tidak kenyang setelah makan.Di waktu yang sama, tingkat ghrelin dalam tubuh justru meningkat. Ghrelin adalah hormon yang meningkatkan selera makan, sehingga seseorang akan merasa sangat lapar setelah bangun ti [...]

Apakah Wi-Fi Berdampak Negatif pada Kesehatan Si Kecil?

Apakah Wi-Fi Berdampak Negatif pada Kesehatan Si Kecil?

Apakah Wi-Fi Berdampak Negatif pada Kesehatan Si Kecil? (health)Koneksi internet tanpa kabal atai Wi-Fi sudah menjadi salah satu fasilitas 'wajib' di beberapa sekolah. Tetapi Wi-Fi disebut-sebut memiliki efek radiasi terhadap terhadap kesehatan anak-anak. Benarkah?Seperti yang dikutip dari Ezine Article, belakangan ini semakin banyak asosiasi medis, dokter dan ilmuwan yang merasa khawatir dengan adanya Wi-Fi di sekolah-sekolah. Menurut mereka, beberapa anak mengalami sakit kepala, kelelahan, mual, nyeri di dada, memiliki masalah pada penglihatan dan alami gangguan tidur.Selain itu, ada pula peningkatkan gangguan kesehatan lain seperti ADHD, alergi, asma. Kesemua masalah kesehatan tersebut dialami anak-anak setelah sekolah mereka menyediakan fasilitas Wi-Fi. Gejala itu terjadi karena intensitas gelombang mikro dalam satu ruang kelas di Sekolah County Simcoe ternyata empat kali lebih kuat dari menara ponsel.Mengapa anak-anak? Berdasarkan ilmuwan, sistem saraf dan otak anak masih dalam tahap berkembang, hal itulah yang jadi alasan mengapa anak-anak lebih rentan terhadap radiasi Wi-Fi, ketimbang orang dewasa. Kesimpulan itu juga diamini oleh Dr. Barrie Trower, seorang fisikawan dari [...]

Kuning Telur Bisa Menaikkan Kolesterol, Mitos Atau Fakta?

Kuning Telur Bisa Menaikkan Kolesterol, Mitos Atau Fakta?

Ada banyak mitos yang berdear mengenai makanan yang dikonsumsi tiap harinya. Ada beberapa makanan dengan reputasi buruk dan baik namun tak sesuai kenyataan. Berikut empat mitos tersebut, seperti yang dikutip dari Huffingtonpost.1. Keju tidak baik bagi kesehatanJawabannya tergantung dari keju jenis apa yang Anda konsumsi. Ada keju kemasan, keju olahan, dan ada juga keju Eropa dan keju tradisional dari sapi pemakan rumput. Keju Eropa atau keju tradisional dari sapi yang memakan rumput memiliki kadar lemak omega-3 (anti-inflamasi) yang lebih tinggi yang baik untuk Anda.Keju merupakan sumber protein dan kalsium yang baik. Tetapi, keju yang dihasilkan dari sapi yang diberi hormon pertumbuhan dan antibiotik, malah dapat mengganggu kesehatan. Sesuai dengan mitos, keju ini sebaiknya dihindari.2. Telur membuat kolesterol Anda naikYang menarik dari mitos ini adalah banyak orang menghindari makan kuning telur telur, tetapi tetap memakan kue kering kemasan. Penelitian jangka panjang tidak menemukan hubungan antara konsumsi telur dan penyakit jantung.Penelitian menemukan bahwa lemak trans yang digunakan untuk memperpanjang jangka waktu makanan, memiliki hubungan dengan penyakit jantung. Jadi [...]

Tanda-tanda Ketidaknormalan Cairan Vagina

Tanda-tanda Ketidaknormalan Cairan Vagina

Cairan vagina yang sehat tidak berwarna atau berbau tajam. Cairan vagina sebenarnya berperan penting dalam menjaga kebersihan organ intim dengan membawa keluar sel mati dan bakteri dari vagina dan leher rahim. Cairan ini bisa jadi meningkat dan mengeluarkan bau berbeda di masa menyusui, ovulasi, atau saat terangsang secara seksual. Namun yang perlu diwaspadai adalah ketika terjadi perubahan warna, volume, serta aroma yang ditimbulkan. Lebih lanjut dari itu, patut juga diperhatikan jika diiringi oleh kondisi-kondisi lain, seperti rasa gatal, nyeri, dan pendarahan. Mengenali Ciri-ciri dan Penyebabnya Semua perubahan pada cairan vagina dapat mengindikasikan adanya infeksi vagina. Waspadai jika: Terjadi perubahan pada warna cairan vagina misalnya dari yang biasanya putih menjadi kuning kehijauan. Mendadak cairan vagina menjadi berbau tidak sedap atau tajam. Volume cairan vagina mendadak meningkat. Keluarnya cairan vagina diiringi gejala lain, seperti rasa gatal atau nyeri pada bagian kemaluan atau perut. Terjadi pendarahan di luar masa menstruasi. Infeksi yang menyebabkan perubahan cairan vagina umumnya terjadi akibat ketidakseimbangan bakteri pada vagina. Penyebab secara spesifi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *