Ingin Panjang Umur? Tiru Kebiasaan Makan Orang Jepang

121340_eatingfish362.jpg

Jepang merupakan negara dengan penduduk yang memiliki tingkat harapan hidup tinggi. Pria Jepang rata-rata hidup hingga usia 78 tahun, sementara wanita hingga 85 tahun. Bahkan wanita tertua di dunia yang masih hidup, juga berasal dari Jepang. Ia adalah Misao Okawa, yang pada Maret nanti akan memasuki usia 117 tahun.

Tidak hanya panjang umur, penduduk Jepang juga memiliki tingkat obesitas yang rendah. Populasi penduduk yang kegemukan atau obesitas hanya 3,5 persen, dan risiko terkena kanker serta penyakit jantung juga rendah. Padahal, Jepang memiliki tingkat polusi udara cukup tinggi, mereka juga rentan terkena stres dan hobi merokok serta minum minuman keras. Lalu kenapa orang Jepang banyak yang panjang umur? Rahasianya ada pada diet mereka. Jika Anda ingin sehat sampai tua, tidak ada salahnya jika meniru cara makan orang Jepang berikut ini.

1. Kontrol Makan
Orang-orang di wilayah Nanago dan Okinawa rata-rata memiliki harapan hidup paling tinggi di Jepang, dan risiko terkena penyakit saat mereka menua cenderung rendah. Ternyata orang-orang di dua daerah ini memiliki prinsip; berhenti makan sebelum kenyang. Logikanya, jika Anda stop makan tepat sebelum perut merasa kenyang, Anda akan menyadari bahwa sebenarnya makanan yang masih tersisa di piring tidak perlu dihabiskan. Dengan cara ini, Anda akan lebih sedikit mengonsumsi makanan, tetap langsing dan sehat.

2. Makan Perlahan
Saat makan, ada jeda antara perut yang sudah kenyang dan sinyal penghantar rasa kenyang itu ke otak. Para ahli percaya, dibutuhkan waktu 20 menit untuk otak mencerna sinyal bahwa seseorang sudah kenyang. Maka ketika orang makan terlalu cepat, tubuh tidak punya cukup waktu untuk mengirimkan sinyal kenyang ke otak sehingga Anda akan terus makan sampai habis dan mengonsumsi kalori lebih dari yang dibutuhkan.

3. Makan di Piring Kecil
Makanan Jepang umumnya disajikan dalam perangkat makan berukuran kecil, misalnya piring, mangkok serta gelas. Dengan cara ini, Anda akan mengonsumsi lebih sedikit kalori dan asupan makan lebih terkontrol.

4. Banyak Makan Sayuran
Orang Jepang mengonsumsi banyak varian sayuran dan biji-bijian. Mereka makan sayuran yang tumbuh di tanah maupun laut. Rumput laut merupakan salah satu tanaman yang banyak mereka konsumsi. Keunggulan dari tanaman laut adalah rendah kalori, tinggi serat dan kaya akan mineral. Rumput laut misalnya, mengandung banyak iodin, protein, vitamin A, C dan B12.

5. Makan Ikan
Sebagian besar orang di Jepang makan ikan setiap hari. Seperti dikutip dari Health Me Up, penduduk Jepang rata-rata mengonsumsi ikan 80 hingga 100 gram per hari. Kebanyakan dalam bentuk sushi.

Ikan kaya akan omega-3 yang merupakan asam lemak tak jenuh ganda. Jenis lemak ini baik untuk menjaga kesehatan otak, jantung serta kecantikan kulit. Ikan juga mengandung DHA, EPA dan PUFA. Tiga nutrisi ini berkhasiat meningkatkan kemampuan kognitif, mengurangi risiko radang sendi, menjaga kesehatan mental, membantu perkembangan motorik pada anak dan mencegah berbagai penyakit seperti serangan jantung dan kanker.

6. Konsumsi Kedelai
Orang Jepang senang makan tofu, ngemil edamame dan banyak menggunakan soyu (bumbu terbuat dari fermentasi kedelai) dalam pembuatan masakannya. Jika dikonsumsi dalam jumlah cukup, kedelai merupakan sumber protein yang lebih sehat ketimbang daging merah karena hanya mengandung sedikit lemak jenuh. Asalkan tidak berlebihan, konsumsi makanan olahan kedelai membantu mencegah kanker payudara dan penyakit jantung.

7. Minum Teh Hijau
Orang Jepang punya kebiasaan minum teh hijau yang baik untuk kesehatan. Teh hijau memiliki banyak khasiat, terutama mencegah perkembangan sel kanker berkat kandungan antioksidan yang tinggi. Salah satu jenis antioksidan yang terkandung dalam teh hijau, polifenol, bisa melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan pembentukan sel tubuh abnormal.

(hst/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Waspada! Keputihan Bisa Terjadi Karena Penyakit Menular Seksual dari Suami

Waspada! Keputihan Bisa Terjadi Karena Penyakit Menular Seksual dari Suami

Menjaga dan merawat organ intim kewanitaan merupakan suatu keharusan yang wajib untuk dilakukan baik sebelum menikah ataupun setelah menikah. Untuk itu diperlukan pengetahuan yang tepat dalam menjaganya karena salah-salah bisa menyebabkan masalah seputar daerah kewanitaan, salah satunya keputihan.Bagi wanita yang telah menikah, keputihan bisa berdampak negatif kepada aktivitas seksual. Menurut spesialis kebidanan dan penyakit kandungan, dr. M. Rezha Faisal, SpOG, keputihan menyebabkan peradangan di mulut rahim atau dinding vagina yang menyebabkan rasa nyeri dan panas ketika berhubungan seksual. Tentunya, keputihan wanita juga dirasakan oleh pria yang menjadi tidak nyaman ketika berhubungan."Keluhannya yang lain juga dari suami yang merasa tidak enak dan tidak nyaman ketika melakukan kontak seksual karena merasa terlalu basah. Biasanya juga aromanya tidak sedap," tutur dokter lulusan Universitas Sriwijaya ini ketika ditemui Wolipop pada Rabu (27/08/2014) lal, di kediamannya di kawasan Bekasi Barat.Dr. Rezha menambahkan, keluhan lain yang sering dialami ketika berhubungan seksual adalah timbulnya rasa sakit, perih, panas dan gatal. Apabila timbul kondisi seperti ini, maka segerala [...]

Redakan Radang Sendi dengan Aerobik

Redakan Radang Sendi dengan Aerobik

Berjalan kaki pada pagi hari, terutama jika disertai udara yang segar, amatlah baik untuk kesehatan jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya. Bagi penderita radang sendi, rutinitas berjalan kaki dapat membantu mengurangi nyeri pada sendi. Selain berjalan kaki, masih banyak jenis olahraga lain yang sangat bermanfaat untuk penderita radang sendi. Berikut di antaranya: 1. Latihan aerobik. Aktivitas ini melibatkan kelompok otot besar tubuh, dengan cara repetitif dan berirama. Latihan aerobik memperbaiki fungsi jantung, paru-paru, otot, serta sirkulasi darah. Khusus untuk penderita radang sendi, latihan ini membantu kontrol berat badan, perbaikan mood, kualitas tidur, dan vitalitas tubuh. Latihan aerobik yang dapat dilakukan penderita radang sendi adalah latihan yang bersifat low impact, antara lain: Berjalan kaki, di luar maupun di dalam ruangan dengan treadmill. Bersepeda, di luar maupun di dalam ruangan dengan sepeda statis. Dansa aerobik. Olahraga air, seperti berenang atau hidroterapi. Rekomendasi waktu latihan aerobik adalah sekitar 150 menit sehari (waktu total dalam seminggu, dapat dibagi dalam beberapa periode waktu atau hari), dengan intensitas sedang, setiap minggunya. 2 [...]

7 Info Mudik Berkendara Sehat

7 Info Mudik Berkendara Sehat

Oleh: dr. Jessica Florencia Menjelang Idul Fitri, kesibukan untuk mempersiapkan hari Raya tentu semakin padat. Selain mempersiapkan makanan untuk silaturahmi di hari Raya, para perantau tentu juga mempersiapkan diri untuk pulang ke kampung halaman atau bermudik. Salah satu pilihan untuk bermudik adalah dengan mengendarai mobil sendiri. Mengendarai mobil sendiri dalam jangka waktu yang cukup panjang dapat menjadi berbahaya jika kesehatan fisik pengemudi tidak baik. Untuk itu, jika Anda ingin mengemudi, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Pastikan bahu, lengan serta kaki Anda dalam keadaan yang fit. Tidak terlalu pegal, tidak sedang nyeri atau kaku. Hal ini penting karena dalam mengendalikan setir kendaraan dibutuhkan kondisi otot, tulang dan persendian yang optimal. Apalagi untuk menyetir jarak jauh. Pastikan tidak ada masalah dengan penglihatan Anda. Penglihatan yang baik sangat diperlukan apalagi untuk menyetir di malam hari. Untuk itu pastikan penglihatan Anda tidak terganggu. Jika Anda menggunakan kacamata, pastikan bahwa ukuran koreksi penglihatan Anda sudah baik dan terbaru. Pastikan tidak ada masalah dengan pendengaran Anda.Pas [...]

Brokoli & Pisang Raja Menyehatkan Usus

Brokoli & Pisang Raja Menyehatkan Usus

- Sebuah penelitian terbaru di Inggris mengemukakan, ternyata sayuran brokoli dan pisang raja memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan usus. Serat dari brokoli dan juga pisang raja telah diteliti dapat meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap infeksi perut, khususnya bagi penderita penyakit Chron. Jika Anda sering merasakan gejala seperti diare dan juga sakit perut, segera cek ke dokter Anda, siapa tahu Anda terkena penyakit radang usus atau Chron?s disease. Penyakit ini diderita oleh 1 dari 1000 orang, diduga penyebabnya adalah karena aspek lingkungan dan juga genetik. Penyakit ini biasanya terjadi di negara maju, di mana diet dilakukan dengan rendah akan serat dan tinggi akan makanan olahan. Ahli gastrologi, Dr. Barry Campbell dari University of Liverpool Para penelliti di University of Liverpool menemukan bahwa serat dari brokoli dan pisang raja memang mempunyai manfaat untuk kesehatan usus. Sedangkan makanan olahan yang melalui proses manufaktur mempunyai efek sebaliknya terhadap usus. Menurut Dr. Barry Campbell dari University of Liverpool, penelitian ini menunjukkan perbedaan dari komponen makanan diet yang mempunyai efek kuat dalam hal p [...]

Saran Medis untuk Solusi Ketombe Membandel

Saran Medis untuk Solusi Ketombe Membandel

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang sering dikeluhkan setelah rambut rontok. Dalam dunia kedokteran, ketombe dikenal sebagai dermatitis seboroik. Dermatitis seboroik tidak hanya mengenai rambut, namun dapat juga mengenai area tubuh yang memiliki kadar sebum (minyak) tinggi lainnya seperti telinga, wajah, dada, dan lipatan kulit seperti ketiak. Seboroik yang menyerang kulit kepala bermanifestasi sebagai ketombe yang tebal, putih, dan terlokalisasi. Kulit kepala juga bisa terasa gatal dan kemerahan. Sedangkan pada wajah, biasanya berwarna merah kecoklatan, kering, terutama di daerah sekitar alis dan lipatan hidung. Apa penyebabnya? Seboroik merupakan suatu reaksi peradangan yang berkaitan dengan proliferasi kulit normal yang disebabkan oleh jamur Pityrosposrum ovale. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi, yaitu: Kulit berminyak Stres Defisiensi imun (HIV) Kelelahan Kebersihan kulit kepala kurang terjaga Ketombe bukanlah penyakit menular dan akan menyebabkan kerontokan rambut jika tidak segera diobati. Bagaimana cara mengatasinya? Shampo anti ketombe Gunakan shampoo anti ketombe yang memiliki kandungan ketokonazol, sele [...]

Taruh Ponsel di Pinggang Bisa Sebabkan Osteoporosis

Taruh Ponsel di Pinggang Bisa Sebabkan Osteoporosis

Apakah Anda termasuk orang yang gemar menaruh ponsel di pinggang? Jika ya, sebaiknya tinggalkan kebiasaan tersebut. Menurut sebuah penelitian, kebiasaan menaruh ponsel di pinggang bisa berakibat buruk bagi kesehatan tulang Anda.Dikutip dari Times of India, orang yang sering menaruh ponselnya di ikat pinggang sebelah kanan dapat mengurangi kandungan mineral tulang atau Bone Mineral Content (BMC). Sedangkan di sebelah kiri, bisa mempengaruhi kepadatan tulang atau Bone Mineral Density (BMD). BMC dan BMD adalah suatu pemeriksaan kuantitatif untuk mengukur kandungan mineral tulang. Pemeriksaan ini membantu untuk mengetahui apakah seseorang mengalami osteoporosis atau tidak.Dr. Sravi dari National University di Cuyo, Mendoza, melakukan tes dual-energy x-ray absorptiometry untuk mengukur BMC dan BMD pada pinggul kanan dan kiri responden yang sehat. Tes dilakukan pada 24 responden yang tidak menggunakan ponsel dan 24 yang menaruh ponsel pada ikat pinggang sebelah kanan selama satu tahun.Rata-rata kadar BMC dan BMD pada pinggul tidak terlalu berbeda di antara kedua kelompok responden tersebut. Namun, kelompok yang tidak menggunakan ponsel memiliki kadar mineral lebih tinggi pada tulang [...]

Meneropong Anatomi Penis

Meneropong Anatomi Penis

Apakah pria perlu mengkhawatirkan ukuran penisnya? Bagaimana ereksi terjadi? Kenapa penis mengalami ereksi saat bangun tidur di pagi hari? Mengenali anatomi dan cara kerja penis dapat membuat kita menemukan jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut. Penis memiliki dua peran utama. Selain berperan sebagai organ seksual, penis juga berfungsi sebagai jalan keluarnya urine dari tubuh pria. Mengenali Bagian Penis Fungsi vital penis membuat semua pria seharusnya mengenali bagian-bagian organ ini dengan baik sehingga dapat menjaga kesehatannya. Secara umum, penis terdiri dari beberapa bagian. Kepala penis. Pada ujung kepala, terdapat celah kecil atau bukaan uretra untuk urine dan air mani keluar. Pada penis yang tidak disunat, kepalanya ditutupi oleh kulup. Batang penis. Saat lahir, semua batang penis tertutup oleh kulit luar atau kulup. Pada sebagian pria di Indonesia, kulup ini kemudian akan disunat atas alasan kesehatan, agama, atau budaya. Sistem dan kerja penis tidak akan berubah setelah menjalani sunat. Penis yang tidak disunat lebih berisiko mengalami fimosis, yaitu kondisi ketika kulup atau kulit luar tidak dapat ditarik dari kepala penis. Korpus kavernosum: jaringan yang berada d [...]

3 Makanan untuk Tingkatkan Semangat & Energi di Pagi Hari

3 Makanan untuk Tingkatkan Semangat & Energi di Pagi Hari

Sarapan sangat penting untuk menyediakan energi dan konsentrasi sepanjang hari. Oleh karena itu pemilihan makanan sangat penting untuk diperhatikan agar Anda lebih semangat dan siap hadapi hari.Banyak ahli yang mengatakan bahwa waktu makan yang paling penting adalah sarapan. Sarapan sehat akan memberikan kekuatan otak yang membuat Anda berenergi sepanjang hari. Dilansir Livestrong, berikut beberapa makanan yang dapat meningkatkan energi di pagi hari.1. Makanan Tinggi SeratSerat adalah bagian penting dari sarapan sehat karena dapat mengisi dan memberi Anda energi selama berjam-jam. Makanan yang tinggi serat misalnya oatmeal, roti gandum, buah kering dan kismis untuk sereal peningkat asupan serat.2. Makanan Tinggi ProteinProtein bekerja dengan mengatur gula darah sehingga dapat mempertahankan energi sepanjang pagi. Makanan tinggi protein misalnya telur, produk susu seperti yoghurt, susu rendah lemak dan keju rendah lemak, roti dengan selai kacang, sosis yang tidak diawetkan, ayam atau ham.3. Buah-buahanBuah adalah pilihan yang baik untuk sarapan karena memberikan sesuatu yang manis dan juga memberi energi. Buah juga membuat sarapan makin mudah karena ada begitu banyak pilihan yang [...]

Sulit Terlelap Semalam? Warna Ini Efektif untuk Tidur Lebih Nyenyak

Sulit Terlelap Semalam? Warna Ini Efektif untuk Tidur Lebih Nyenyak

Sering sulit tidur di malam hari? Coba cat kamar tidur Anda dengan warna biru. Sebuah penelitian menunjukkan, tidur di dalam kamar yang didekorasi serba biru akan memudahkan orang untuk terlelap. Rata-rata, orang yang tidur di ruangan biru bisa mendapatkan tidur yang berkualitas hingga 7 jam 52 menit setiap malamnya.Terapi warna untuk membantu lebih mudah tidur memang bukan hal yang baru. Namun penelitian terbaru mengungkapkan bahwa ada warna-warna tertentu yang benar-benar efektif. Para peneliti juga menemukan penyebab mengapa sebuah warna punya pengaruh yang cukup besar terhadap kualitas tidur seseorang."Hasil penelitian ini menakjubkan, karena memang ada reseptor yang dinamakan sel ganglion di bagian retina mata yang paling sensitif terhadap warna biru," ujar Chris Iszikowski, pakar masalah tidur di Edinburgh Sleep Centre, seperti dikutip dari Female First. Ia menguraikan lagi, "Reseptor ini mengirimkan informasi ke bagian terdalam pada otak yang mengontrol ritme tubuh selama 24 jam penuh, dan memengaruhi mood dan bagaimana kita beraktivitas sepanjang hari. Interaksi antara cahaya, tidur dan kondisi saat tubuh terjaga sangat penting."Menurut Suzy Chiazzari, konsultan untuk Co [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *