Ingin Sehat, Dian Pelangi Ikuti Yoga Tanpa Ritual Agama

photo237.jpg

Yoga merupakan salah satu latihan favorit yang sering dilakukan oleh wanita untuk merasa lebih rileks dan melenturkan tubuh. Yoga merupakan salah satu latihan favorit yang sering dilakukan oleh wanita untuk merasa lebih rileks dan melenturkan tubuh. Seiring berjalannya waktu, gerakan yoga semakin beragam mulai dari latihan pernapasan hingga kini yang digemari banyak wanita maupun pria adalah acroyoga.

Meskipun digemari banyak orang termasuk para hijabers, tapi ada beberapa yoga yang terkait dengan agama sehingga gerakan dalam latihan tersebut diharamkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dalam fatwa yang dikeluarkan pada 2009, ada sejumlah keputusan terkait yoga yang ditelurkan dalam ijtima ulama itu, yakni:

1. Yoga yang murni ritual dan spiritual agama lain, hukum melakukannya bagi orang Islam adalah haram.
2. Yoga yang mengandung meditasi dan mantra atau spiritual dan ritual ajaran agama lain hukumnya haram, sebagai langkah preventif (sadd al-dzari’ah).
3. Yoga yang murni olahraga pernafasan untuk kepentingan kesehatan hukumnya mubah (boleh).

Melihat hal itu, desainer busana muslim yang baru-baru ini menjalani latihan yoga, Dian Pelangi, mengatakan bahwa semuanya kembali ke niat masing-masing. Namun ia mengaku tidak pernah melakukan latihan yoga yang ada mantra atau ritual agama apa pun. Biasanya hanya melakukan tarik dan buang napas semata.

Selain itu, gerakan yoga menurut wanita 23 tahun ini sudah semakin modern. Bahkan acroyoga yang kini sedang digemari merupakan perpaduan antara gerakan akrobat dan yoga. Jadi tidak terkait dengan ritual keagamaan yang dilarang dalam Islam. Dian pun telah melakukan riset terlebih dahulu sebelum menjalani olaharaga yoga.

“Sebelum belajar acroyoga aku sudah riset juga sih dalam Islam yoga ini boleh apa nggak, kalau niatnya olahraga ya nggak apa-apa menurutku, tergantung niatnya saja sih,” tutur Dian saat dihubungi Wolipop, Jumat (24/12/2014).

Lebih lanjut Dian mengatakan kalau ia kini sedang menekuni acroyoga seminggu tiga kali bersama suaminya, Tito Haris. Wanita berdarah Palembang itu mengatakan melakukan latihan yoga di rumah bukan mengikuti kelas untuk alasan kenyamanan karena ia mengenakan jilbab.

Pelatih yoga pribadi yang dipilihnya pun wanita bukan pria agar lebih maksimal saat melakukan latihan. Menurutnya penting bagi muslimah saat ingin acroyoga memilih pelatih yang juga wanita karena gerakan-gerakannya akan banyak bersentuhan.

“Trainer dalam yoga ini juga aku perhatikan banget karena aku berhijab ya. Aku inginnya yang memang muhrim sama aku karena kita akan banyak bersentuhan,” tambah wanita lulusan sekolah mode ESMOD Jakarta itu.

Meskipun baru dua sampai tiga kali latihan acro yoga tapi Dian sudah mendapatkan banyak manfaatnya seperti otot perut lebih kencang, kaki dan tangan semakin kuat, dan terutama tidak mudah kelelehan. Jadi menurutnya olahraga yoga bagus dilakukan secara rutin.

(aln/aln)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tips Memilih Bantal yang Tepat Sesuai Kebiasaan Tidur

Tips Memilih Bantal yang Tepat Sesuai Kebiasaan Tidur

Setiap orang memiliki kebiasaan tidur yang berbeda-beda, ada yang lebih suka tidur telentang, tengkurap, menyamping atau meringkuk. Agar kualitas tidur lebih baik, diperlukan jenis bantal tertentu yang bisa mengakomodasi saat seseorang tidur dengan posisi tertentu.Menurut Joseph Ojile, M.D., pendiri dan managing director Clayton Sleep Institute di St. Louis, Missouri, posisi tidur bisa menentukan bantal seperti apa yang paling tepat untuk Anda. "Anda membutuhkan bantal yang bisa menopang kepala tetap dalam posisi netral, dan itu bisa diketahui dengan mengenali gaya tidur Anda," ujar Joseph.Joseph pun memberikan tips memilih bantal yang tepat sesuai kebiasaan tidur Anda, seperti dikutip dari Women's Health Mag.1. Tidur TelentangOrang yang terbiasa tidur telentang memerlukan bantal yang tipis dan agak datar agar kepala lebih sejajar dengan tubuh. Memakai bantal yang terlalu tebal dan tinggi bisa membuat tulang pada tengkuk dan tulang belakang tertekan, sehingga akan terasa sakit saat bangun di pagi harinya. Selain itu tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari tubuh akan membuat postur kurang sempurna dan jadi bungkuk.2. Punya AlergiPilihlah bahan dari material sintetis, bu [...]

Cara Menjaga Kadar Kolesterol Tubuh Tetap Stabil

Cara Menjaga Kadar Kolesterol Tubuh Tetap Stabil

Kolesterol adalah zat lemak yang menyediakan energi bagi sel-sel tubuh Anda, yang diproduksi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Kolesterol sangat penting bagi tubuh jika masih dalam kadar yang sesuai, namun terlalu banyak kolesterol justru dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular seperti jantung, stroke dan lainnya. Oleh karena itu untuk membantu Anda tetap sehat, perhatikan kadar kolesterol dengan tujuh tips yang dikutip dari Health Me Up berikut ini:1. Berhenti MerokokMenghentikan kebiasaan merokok adalah metode yang penting dalam mengurangi tingkat kolesterol Anda. Kandungan dalam rokok dapat mengakibatkan lapisan dalam arteri, atau endothelium semakin rusak. Karsinogen dan karbon mono-oksida yang terdapat dalam asap rokok dalam arteri menjadi lebih rentan terhadap kejang, sehingga menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah.Merokok juga dapat menurunkan kadar kolesterol lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik, dan di waktu yang bersamaan meningkatkan kadar kolesterol Low-Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol buruk. Selain itu, perokok juga dapat mengalami palpitasi jantung yang dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka secara [...]

7 Tips Menjaga Kesuburan

7 Tips Menjaga Kesuburan

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Usia merupakan faktor penting bila akan membahas mengenai kehamilan, terutama bagi wanita, namun ada beberapa hal yang Anda dapat lakukan untuk menjaga ferilitas Anda. Dibawah ini merupakan 7 tips menjaga kesuburan yang diberikan oleh Profesor William Ledger seorang profesor ahli kandungan dari University of Sheffield. 1. Usia dan Fertilitas Usia memang sangat penting dalam membahas kesuburan. Di jaman sekarang banyak yang menunda kehamilan, namun sebenarnya fertilitas menurun dengan meningkatnya usia. Pria dan wanita sangat subur pada usia 20 tahun-an. Terutama pada wanita, kesuburan akan menurun saat usia meningkat, dan menurun cepat setelah usia 35 tahun. Penyebabnya ada banyak, namun penyebab paling sering adalah kualitas dari telur yang dikeluarkan oleh indung telur. Kesuburan pria juga menurun dengan menambahnya usia terutama di usia 40 tahun namun banyak pria yang masih dapat memiliki anak diatas usia 50 tahun. 2. Hindari PMS (Penyakit Menular Seksual) Penyakit menular seksual seperti chlamydia dan gonorrhea dapat merusak tuba falopi seorang wanita, yang mengakibatkan sulit menjadi hamil. 3. Hindari merokok Wanita yang merokok 20 batang sehari [...]

Payudara Membengkak & Tanda-tanda Lainnya Saat PMS

Payudara Membengkak & Tanda-tanda Lainnya Saat PMS

Hampir semua wanita mengalami Premenstrual Syndrome atau PMS sebelum menstruasi. Namun yang dinamakan PMS biasa terjadi berturut-turut setiap bulan sebelum haid seperti yang dijelaskan di sini. Beragam gejala dialami oleh para wanita, seperti apa?Saat dikutip dari detikhealth kemarin, dokter dari departemen psikiatri Fakultas Kesehatan Unversitas Indonesia, Sylvia D Elvira, gejala yang terjadi saat masa PMS umumnya ditandai dengan payudara mengencang, kepala pusing, serta merasa kembung. Ada pula faktor psikologis yang timbul ketika PMS, misalnya sedih, putus asa, cemas, tegang, dan mudah tersinggung. Namun, jika Anda merasakan lima gejala psikis tersebut berarti termasuk mengalami PMS yang parah. "Jika perempuan mengalami kelima gejala tersebut maka sudah masuk ke PMS parah yang disebut dengan Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD)," jelas Sylvia.PMDD merupakan gejala berat yang terjadi sebelum 'datang bulan'. Dokter Mary M. Gallenberg, M.D. dari situs Mayo Clinic mengatakan, PMDD juga menimbulkan gejala bisa menyebabkan suasana hati menjadi kacau yang akan membuat pekerjaan berantakan."PMDD membuat suasana hati lebih ekstrim yang dapat mengganggu pekerjaan serta membuat hubung [...]

Cara Mencegah Kanker dengan Banyak Bergerak

Cara Mencegah Kanker dengan Banyak Bergerak

Tubuh yang bergerak secara aktif terbukti bisa mengurangi risiko kanker. Awal tahun 2014, World Health Organization (WHO) mencatat bahwa kurangnya aktivitas fisik adalah penyebab keempat tertinggi kematian di dunia. Duduk terus-menerus selama berjam-jam tiap hari adalah faktor risiko utama penyebab penyakit-penyakit tidak menular, seperti sakit jantung, diabetes, dan kanker. Sekitar 3,2 juta orang di seluruh dunia meninggal tiap tahun karena kurang aktif bergerak. Kurangnya aktivitas luar rumah di kota-kota besar, umumnya disebabkan oleh tingginya polusi udara akibat asap kendaraan, padatnya lalu lintas, kekhawatiran terhadap tindak kriminal, dan kurangnya sarana untuk berjalan seperti trotoar atau taman. Aktif bergerak tidak selalu harus diartikan berolahraga. Aktivitas fisik bisa berupa pergerakan tubuh yang memerlukan energi, seperti halnya bermain, berjalan-jalan, membersihkan rumah. Aktivitas Fisik sebagai Cara Mencegah Kanker Selain membuat tubuh tetap sehat, aktivitas fisik dapat mengurangi risiko penyakit. Orang yang tidak aktif bergerak memiliki peluang risiko 20-30 persen lebih tinggi untuk meninggal karena penyakit tidak menular seperti kanker jika dibandingkan dengan [...]

Serba-serbi Operasi Wasir

Serba-serbi Operasi Wasir

Pada beberapa kasus, penyakit wasir bisa ditangani dengan cara mengatur pola makan, menjaga kebersihan, dan mengubah kebiasaan BAB. Tapi bila sudah parah, penderita wasir harus menjalani tindakan operasi. Jenis-jenis operasi wasir Wasir yang sudah membengkak besar menyebabkan nyeri yang luar biasa dan perdarahan terus menerus. Bila kondisi ini terjadi, dianjurkan untuk dilakukan tindakan operasi. Ada beberapa pilihan operasi wasir yang bisa dipertimbangkan: 1. Hemoroidektomi Selama operasi hemoroidektomi, dokter akan membuat potongan kecil di sekitar anus untuk mengangkat benjolan wasir. Hemoroidektomi adalah operasi kecil yang memerlukan bius separuh badan dan biasanya pasien bisa pulang selesai operasi. Operasi hemomroidektomi akan menghilangkan nyeri, pembengkakan, dan rasa gatal yang disebabkan wasir. Tapi karena prosedurnya memerlukan jahitan, akan ada rasa tidak nyaman di daerah anus dalam jangka beberapa waktu. 2. PPH (Procedure for Prolapse and Hemorrhoids) PPH adalah prosedur minimal invasif untuk mengobati wasir internal yang tidak dapat lagi ditangani oleh pengelolaan konservatif atau terapi non-operatif. Seringkali prosedur ini perlu dilakukan pada penderita dengan pro [...]

Roger Danuarta; Fenomena Artis & Narkoba

Roger Danuarta; Fenomena Artis & Narkoba

Berita artis terjerat narkoba kembali muncul di permukaan. Fenomena pemakaian narkoba memang bukan fenomena baru di kalangan artis. Alasan memilih narkotika mungkin bisa sedikit saya bagi buat pembaca sekalian. Euforia dan ?Ectasy? Salah satu narkoba yang ditemukan sebagai barang bukti adalah ?shabu-shabu?. Shabu-shabu murni berbentuk kristal putih. Merupakan golongan obat stimulan jenis Metamphetamine yang satu derivat turunan dengan Amphetamine yang terkandung dalam pil Ekstasi. Banyak orang menggunakan zat ini untuk mendapatkan efek psikologis . Efek yang paling diinginkan adalah perasaan euforia sampai ecstasy (senang yang sangat berlebihan). Obat ini juga menimbulkan efek meningkatnya kepercayaan diri, harga diri dan peningkatan libido. Pemakai shabu-shabu bisa tampil penuh percaya diri tanpa ada perasaan malu sedikit pun dan menjadi orang yang berbeda kepribadian dari sebelumnya. Salah satu yang mungkin menarik banyak orang untuk memakai zat ini adalah pemakaian zat ini tidak dibarengi dengan efek sedasi atau menurunnya kesadaran akibat zat tersebut. Tidak seperti pemakai heroin atau ganja, pemakai shabu dapat membuat dirinya untuk tetap membuat terjaga dan konsentrasi. Selai [...]

Minum Air Putih Lebih Banyak Agar Tidak Haus Saat Puasa, Benar atau Salah?

Minum Air Putih Lebih Banyak Agar Tidak Haus Saat Puasa, Benar atau Salah?

Saat menjalankan ibadah puasa, yang umumnya menjadi tantangan adalah menahan rasa haus. Hal tersebut wajar, karena orang cenderung lebih cepat merasakan haus ketimbang lapar. Dari situ muncullah anjuran untuk memperbanyak minum saat sahur maupun berbuka agar puasa tidak lemas.Ternyata menurut para pakar nutrisi, minum lebih banyak air dari bulan-bulan biasanya tidak terlalu diperlukan. Dokter Gizi Johannes Chandrawinata, SpKG mengatakan bahwa ketika berpuasa, aktivitas fisik juga biasanya menurun dan itu menyebabkan kebutuhan akan cairan tubuh pun berkurang."Nggak perlu memperbanyak asupan air. Sebaiknya makan seimbang saja," ucapnya, saat dihubungi Wolipop melalui telepon, Kamis (10/7/2014).Dokter yang praktik di Melinda Hospital, Bandung ini menyarankan untuk minum minimal dua liter air sehari secara bertahap, mulai dari buka puasa sampai imsak. Ketika berbuka sebaiknya minum dua gelas air putih. Sehabis salat Maghrib dan makan berat, dianjurkan meminum empat gelas air putih."Pas makan malam, habis tarawih juga minum segelas lagi. Tapi jangan banyak minum menjelang tidur nanti malah nggak bisa tidur karena sebentar-sebentar buang air kecil," ujar dr. Johannes.Ketika sahur air [...]

Bermimpi Bisa Bantu Obati Rasa Kesal & Sedih

Bermimpi Bisa Bantu Obati Rasa Kesal & Sedih

Ketika seseorang mengalami hal yang tidak menyenangkan, biasanya ia menjadi sulit tidur. Namun menurut penelitian, tidur dan bermimpi bisa bantu menghilangkan kenangan buruk tersebut.Menurut penelitian yang dilakukan University of California di Berkeley, saat seseorang bermimpi di malam hari, otak akan mengaktifkan saraf-saraf tertentu untuk meredakan ketegangan pikiran. Para peneliti mengatakan bahwa proses ini akan membuat kenangan buruk menjadi berkurang dan tak lagi menjadi beban pikiran.Reaksi yang memicu perubahan aktivitas sistem saraf di otak itu terjadi dalam fase Rapid Eye Movement (REM), ketika mimpi mulai terbentuk. Begitu bangun, orang tersebut memang tidak akan pernah menyadari apa yang terjadi di otaknya selama tertidur.Aktivitas sistem saraf selama tidur itu akan membuat otak lebih mampu mengelola emosi, sehingga kenangan-kenangan buruk itu tidak akan jadi pikiran lagi. Mungkin tidak benar-benar hilang, namun setidaknya pikiran bisa fokus ke hal lain yang lebih berguna."Kita bangun keesokan harinya, dan pengalaman-pengalaman buruk itu telah menjadi lebih baik dalam kekuatan emosionalnya. Kita merasa lebih baik, merasa bisa mengatasi," ujar peneliti Matthew Walker [...]

Kawat Gigi Tidak Menyebabkan Bau Mulut

Kawat Gigi Tidak Menyebabkan Bau Mulut

Kawat gigi sering dianggap sebagai penyebab bau mulut, namun sebenarnya yang menjadi penyebab kondisi tersebut adalah kurang terjaganya kebersihan dalam mulut dan gigi. Tentu tidak ada yang senang ketika disebut memiliki bau mulut atau halitosis. Kondisi ini ditandai dengan aroma tidak sedap dari mulut ketika seseorang berbicara atau membuka mulut. Dapat timbul sesekali atau terus-menerus. Pentingnya Menjaga Kebersihan Sebagai alat bantu perawatan gigi, bahan yang digunakan sebagai kawat gigi sendiri tidak menimbulkan bau yang mengganggu. Sebagian besar kawat gigi terbuat dari bahan logam, plastik, atau keramik yang diperuntukkan khusus bagi orang dewasa. Jelas bahwa bahan-bahan tersebut tidak meninggalkan bau khas. Yang kemudian membuat kawat gigi berpotensi menjadi pemicu bau mulut adalah akibat proses pembersihan gigi dan mulut yang tidak sempurna. Hal ini membuat makin banyaknya sisa makanan yang tertinggal di bagian kawat gigi yang kemudian menjadi penyebab bau mulut. Untuk membersihkan sisa makanan tersebut, Anda harus teliti membersihkan seluruh bagian dari kawat gigi dan permukaan gigi. Sebaiknya sikat gigi tiap setelah makan. Pengguna kawat gigi dapat menggunakan sikat gi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *