Ingin Sehat, Dian Pelangi Ikuti Yoga Tanpa Ritual Agama

photo237.jpg

Yoga merupakan salah satu latihan favorit yang sering dilakukan oleh wanita untuk merasa lebih rileks dan melenturkan tubuh. Yoga merupakan salah satu latihan favorit yang sering dilakukan oleh wanita untuk merasa lebih rileks dan melenturkan tubuh. Seiring berjalannya waktu, gerakan yoga semakin beragam mulai dari latihan pernapasan hingga kini yang digemari banyak wanita maupun pria adalah acroyoga.

Meskipun digemari banyak orang termasuk para hijabers, tapi ada beberapa yoga yang terkait dengan agama sehingga gerakan dalam latihan tersebut diharamkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dalam fatwa yang dikeluarkan pada 2009, ada sejumlah keputusan terkait yoga yang ditelurkan dalam ijtima ulama itu, yakni:

1. Yoga yang murni ritual dan spiritual agama lain, hukum melakukannya bagi orang Islam adalah haram.
2. Yoga yang mengandung meditasi dan mantra atau spiritual dan ritual ajaran agama lain hukumnya haram, sebagai langkah preventif (sadd al-dzari’ah).
3. Yoga yang murni olahraga pernafasan untuk kepentingan kesehatan hukumnya mubah (boleh).

Melihat hal itu, desainer busana muslim yang baru-baru ini menjalani latihan yoga, Dian Pelangi, mengatakan bahwa semuanya kembali ke niat masing-masing. Namun ia mengaku tidak pernah melakukan latihan yoga yang ada mantra atau ritual agama apa pun. Biasanya hanya melakukan tarik dan buang napas semata.

Selain itu, gerakan yoga menurut wanita 23 tahun ini sudah semakin modern. Bahkan acroyoga yang kini sedang digemari merupakan perpaduan antara gerakan akrobat dan yoga. Jadi tidak terkait dengan ritual keagamaan yang dilarang dalam Islam. Dian pun telah melakukan riset terlebih dahulu sebelum menjalani olaharaga yoga.

“Sebelum belajar acroyoga aku sudah riset juga sih dalam Islam yoga ini boleh apa nggak, kalau niatnya olahraga ya nggak apa-apa menurutku, tergantung niatnya saja sih,” tutur Dian saat dihubungi Wolipop, Jumat (24/12/2014).

Lebih lanjut Dian mengatakan kalau ia kini sedang menekuni acroyoga seminggu tiga kali bersama suaminya, Tito Haris. Wanita berdarah Palembang itu mengatakan melakukan latihan yoga di rumah bukan mengikuti kelas untuk alasan kenyamanan karena ia mengenakan jilbab.

Pelatih yoga pribadi yang dipilihnya pun wanita bukan pria agar lebih maksimal saat melakukan latihan. Menurutnya penting bagi muslimah saat ingin acroyoga memilih pelatih yang juga wanita karena gerakan-gerakannya akan banyak bersentuhan.

“Trainer dalam yoga ini juga aku perhatikan banget karena aku berhijab ya. Aku inginnya yang memang muhrim sama aku karena kita akan banyak bersentuhan,” tambah wanita lulusan sekolah mode ESMOD Jakarta itu.

Meskipun baru dua sampai tiga kali latihan acro yoga tapi Dian sudah mendapatkan banyak manfaatnya seperti otot perut lebih kencang, kaki dan tangan semakin kuat, dan terutama tidak mudah kelelehan. Jadi menurutnya olahraga yoga bagus dilakukan secara rutin.

(aln/aln)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Pertanyaan-Pertanyaan Ibu Hamil Saat Berpuasa

Pertanyaan-Pertanyaan Ibu Hamil Saat Berpuasa

Amankah, Efek apa dan Tanda-tanda apa yang perlu diketahui saat ibu hamil berpuasa?. Berikut beberapa pertanyaan yang sering muncul seputar puasa dan kehamilan. Apakah puasa aman untuk bayiku? Belum ada penelitian yang dapat menjawab pertanyaan ini. Pertanyaan ini sepenuhnya merupakan jawaban dari Anda, Bila Anda merasa sanggup untuk melakukan ibadah puasa, tentu saja boleh. namun selalu ingat, apabila Anda semakin lemas dan merasa badan semakin tidak enak, menurut teori sebaiknya tidak melakukan puasa. Terutama bila udara sedang panas sebab dapat memicu dehidrasi. Apa efek dari puasa terhadap bayiku? Beberapa studi menunjukkan bahwa puasa tidak ada efek pada janin, namun ada beberapa penelitian yang mengatakan dapat mempengaruhi kecerdasan bayi saat dewasa, namun ini belum dapat dipastikan. Ada beberapa teori yang kita dapat lihat dari penelitian : Tidak ada perbedaan pada skor APGAR pada bayi dengan ibu yang puasa atau tidak. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa pada ibu yang puasa (terutama pada trimester pertama) mempengaruhi berat badan bayi, namun studi lain mengatakan bahwa perbedaan hanya sedikit. Ada yang menyebutkan dapat mempengaruhi pertumbu [...]

7 Cara Medis Agar Mata Tetap Fresh

7 Cara Medis Agar Mata Tetap Fresh

Aktivitas keseharian seringkali membuat performa mata menjadi menurun. Dari membaca, paparan layar monitor TV dan komputer, paparan debu, silaunya matahari dan sederet paparan lainnya yang dapat menurunkan kemampuan performa mata. Mata menjadi cepat lelah, penglihatan mengabur, dan lain sebagainya. Bagaimana mengatasinya? Ikut tips-tips sehat berikut ini: Istirahatkan Mata dari Komputer Selama 20 detik Terus melihat layar komputer atau layar digital apapun tidak dapat merusak mata Anda, namun dapat membuat mata Anda menjadi lelah dan kering. Saat kita melihat layar, mata akan berkedip lebih banyak. Oleh karena itu ikuti teknik 20/20/20 ini, setiap 20 menit lihat paling tidak 20 kaki (6 meter) jauhnya selama 20 detik. Jangan lupa untuk meletakkan layar 25 inci (60 cm) dibawah pandangan mata. Gunakan Kacamata Hitam Radiasi sinar ultraviolet dapat merusak mata seperti merusak kulit. Efeknya dapat menumpuk sehingga dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti katarak, luka pada kornea, bahkan kanker dari kelopak mata. Maka dari itu saat Anda sedang berada diluar usahakan menggunakan kacamata hitam atau kontak lens yang dapat menghalangi 99% hingga 100% dari sinar UV-A dan UV [...]

Cincin Ini Dapat Mengatasi Masalah Mendengkur

Cincin Ini Dapat Mengatasi Masalah Mendengkur

Sebuah riset menunjukkan, pasangan yang kerap mendengkur menjadi salah satu alasan utama pasangan bertengkar. Tidak sedikit suami atau istri yang sulit tidur karena pasangannya mendengkur. Karena pasangannya mendengkur, istri atau suami jadi kehilangan banyak waktu tidur dan hal tersebut berdampak pada mood seseorang. Kini masalah mendengkur bisa diatasi hanya dengan menggunakan cincin. Sebuah cincin bernama 'Goodnight Anti Snoring Ring' diklaim dapat mengatasi masalah mendengkur. Cincin seharga �29.99 atau sekitar Rp 500 ribuan tersebut berbahan metal. Cincin digunakan di jari kelingking. Bagaimana cara kerjanya? Dikutip Daily Mail, cincin tersebut menggunakan cara kerja yang berprinsip dari China. Ujung-ujungnya menekan sendi di sekitar jari kelingking yang berfungsi untuk meningkatkan arus energi. Tekanan cincin tersebut juga menstimulasi sistem saraf pusat, yang mempengaruhi tenggorokan dan otot laring, mengurangi ,mengurangi pembengkakan sinus dan mengurangi hidung tersumbat. Cincin tersebut membantu mengatasi masalah mendengkur hingga 85 persen.(kik/kik) [...]

Seputar Tato yang Perlu Anda Ketahui

Seputar Tato yang Perlu Anda Ketahui

Seiring dengan perkembangan jaman, semakin marak kita melihat orang-orang yang memiliki tato di tubuh. Ada beberapa jenis tato yang sekarang ada di dunia, ada tato untuk kecantikan seperti tato alis dan tato bibir. Ada juga tato adat, biasanya digunakan untuk pertanda dalam suatu adat tertentu. Ada tato professional, tato yang sering dilakukan oleh banyak orang, yaitu tato yang digambar oleh seniman tato. Tato merupakan suatu tanda atau desain yang dibuat pada kulit Anda dengan pigmen-pigmen yang dimasukkan melalui tusukan pada lapisan atas kulit. Biasanya para seniman tato menggunakan mesin yang serupa dengan mesin jahit dengan 1 atau lebih jarum untuk menusuk kulit. Pada setiap tusukan, jarum-jarum tersebut akan memasukkan tetesan tinta. Proses tersebut berlangsung tanpa dilakukan anestesi sehingga dapat menimbulkan perdarahan dan rasa nyeri. Tahukah Anda, sebenarnya ada risiko dan konsekuensi kesehatan tubuh yang dapat ditimbulkan jika melakukan pembuatan tato? Efek Samping dari Membuat Tato Berikut terlampir juga beberapa efek samping dari tato : Infeksi: Pada keadaan yang sangat buruk, misalnya menggunakan jarum bekas, Anda bisa memiliki resiko tertul [...]

4 Tips Puasa Penderita Maag

4 Tips Puasa Penderita Maag

Maag atau sering disebut sebagai gastritis merupakan suatu proses peradangan atau inflamasi pada dinding yang melapisi lambung. Komplikasi dari maag dapat menyebabkan suatu penyakit luka pada lambung yang disebut sebagai Ulkus Gaster. Ulkus gaster ini disebabkan oleh ketidakseimbangan antara produksi asam lambung dengan mekanisme pertahanan dinding lambung. Apabila terjadi maag, maka dapat timbul beberapa gejala seperti perasaan tidak enak pada bagian perut sebelah kiri, mual, kembung, muntah, perasaan penuh dan sesak serta terkadang nyeri perut. Beberapa tindakan dapat menyebabkan peningkatan asam lambung yang berujung pada maag ketika berpuasa, diantaranya seperti langsung tidur tepat setelah sahur, merokok sesaat setelah berbuka puasa atau mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang banyak saat buka puasa. Para individu yang menderita maag diharapkan untuk berbuka puasa dengan jumlah yang sedikit namun sering, seperti mengkonsumsi makanan yang ringan terdahulu saat berbuka puasa. Saat berbukaatau sahur puasa coba hindari minuman yang mengandung kopi dan soda, serta hindari minuman yang terlalu manis sebab akan memicu rasa haus. Bila maag sudah berat, dapat juga konsumsi o [...]

Gigi Sensitif Bisa ‘Mati’ Jika Terlalu Lama Diabaikan

Gigi Sensitif Bisa ‘Mati’ Jika Terlalu Lama Diabaikan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran, bekerjasama dengan Pepsodent dan Synovate, 65 persen masyarakat Indonesia memiliki gigi sensitif. Namun banyak yang kurang mempedulikan masalah tersebut karena dianggap tidak berbahaya.Setengah dari responden yang menderita gigi sensitif mengaku tidak melakukan tindakan apapun untuk menanggulangi masalah ini. Hanya sekitar 19 persen orang yang sudah memeriksakan ke dokter gigi dan 6 persen yang cukup peduli untuk menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.Padahal, jika gigi sensitif dibiarkan terus menerus tanpa ada perawatan, akibatnya bisa fatal. "Gigi bisa mati," ucap Drg. Zaura Rini Anggraini MDS., saat acara peluncuran dua varian terbaru Pepsodent Sensitive Expert di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jl. Garnisun Dalam, Semanggi, Jakarta, Rabu (5/06/2013).Gigi sensitif umumnya disebabkan karena dentin (batas antara gigi dan gusi di bawah email) yang terbuka. Ketika dentin terbuka, rangsangan dari makanan/minuman asam, panas, dingin atau manis akan langsung mengenai pulpa (berbentuk seperti ruangan pada gigi, berisi pembuluh darah dan syaraf-syaraf). "Kalau pulpa terus-terusan dirangsang a [...]

3 Faktor Risiko Kanker Payudara

3 Faktor Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling umum menyerang wanita. Namun bukan berarti bahwa setiap benjolan payudara berarti kanker payudara. Karena ada beberapa penyakit lain yang dapat menyebabkan keluhan benjol pada daerah payudara. Karena itu, mari kita mengenal lebih jauh kanker payudara! Apa itu kanker payudara? Kanker payudara adalah perkembangan jaringan kanker dari jaringan payudara, khususnya lapisan yang melapisi saluran susu. Jaringan payudara pada kanker payudara dapat bertumbuh secara tidak normal, dan tidak dapat dikontrol oleh tubuh. Pada tahap lanjut, jaringan payudara ini dapat menyebar ke berbagai bagian tubuh lain diluar payudara. Terdapat berbagai faktor risiko kanker payudara, antara lain dijelaskan di halaman selanjutnya: Terdapat berbagai faktor risiko kanker payudara, antara lain dijelaskan di halaman selanjutnya: Pola Makan Kanker payudara berhubungan dengan pola makan yang tinggi lemak, kegemukan dan konsumsi alkohol. Meskipun demikian, terdapat beberapa makanan yang sifatnya mencegah kanker payudara. Merokok Individu yang merokok memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara. Genetik Genetik juga dapat m [...]

Apa Itu Antibiotik?

Apa Itu Antibiotik?

Sejak ditemukan pada tahun 1927 oleh Alexander Fleming dan digunakan pertama kali pada tahun 1940-an, antibiotik telah membawa perubahan besar pada pelayanan kesehatan dan penyembuhkan infeksi bakterial. Tak heran jika antibiotik menjadi golongan obat yang paling banyak digunakan di dunia, termasuk Indonesia. Kata ?antibiotik? mengacu pada bahan alam yang dihasilkan oleh jamur dan mikroorganisme lain yang dapat membunuh bakteri. Kini, antibiotik dapat berupa bahan sintetis (tidak dihasilkan oleh mikroorganisme) yang juga membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri. Meski antibiotik memiliki banyak manfaat, pemakaiannya yang tidak rasional sering kali terjadi di mana-mana. Ditandai dengan penggunaan obat yang terlalu banyak atau tidak sesuai dosis, lama konsumsi tidak tepat, peresepan obat yang tidak sesuai diagnosis, serta pengobatan sendiri dengan obat yang seharusnya menggunakan resep dokter. Contohnya, penggunaan antibiotik di masyarakat masih tinggi untuk beberapa gejala umum seperti batuk, pilek, demam, yang bukan disebabkan oleh infeksi bakteri. Padahal, gejala tersebut mungkin diakibatkan oleh infeksi virus yang sebenarnya cukup diatasi dengan istirahat, asupan nutrisi yang [...]

Sedekat Inilah Pestisida dengan Kita

Sedekat Inilah Pestisida dengan Kita

Dalam mengendalikan hama, pestisida sering dijadikan senjata utama. Maklum, produk ini memang didedikasikan untuk membunuh atau mengusir hama. Selain membunuh atau mengusir hama, pestisida juga memiliki peran penting dalam mencegah dan mengontrol pertumbuhan hama. Hama sendiri sering diartikan sebagai makhluk hidup yang kehadirannya tidak diinginkan atau merusak tanaman, hewan, dan manusia. Hama ini termasuk serangga, tikus, jamur, dan tanaman liar. Karena berfungsi mengendalikan hama, pestisida diduga dapat berdampak kepada kesehatan masyarakat. Banyak sumber penyakit yang bisa diberantas oleh pestisida, salah satunya adalah nyamuk. Selain itu, pestisida juga berperan penting dalam mengamankan pertanian dari kerusakan akibat hama. Yang harus dipahami adalah potensi pestisida yang bisa menjadi racun bagi organisme lain, selain hama. Bahkan manusia pun bisa dirugikan oleh pemakaian pestisida. Oleh karena itu, prosedur penggunaan, penyimpanan, serta pembuangannya harus diperhatikan. Pestisida di Tengah Kehidupan Manusia Pemakaian pestisida sudah sangat biasa dalam kehidupan kita. Sayur-sayuran dan buah-buahan adalah contoh yang paling dekat dalam kehidupan. Bahan makanan pokok, sep [...]

5 Rahasia Sehat di Balik Manisnya Cokelat

5 Rahasia Sehat di Balik Manisnya Cokelat

Selama ini mungkin Anda selalu berusaha untuk menghindari konsumsi cokelat karena takut berat badan bertambah. Tetapi pada kenyataanya, dibalik rasanya yang nikmat, cokelat justru banyak memberikan manfaat baik untuk tubuh. Berikut enam alasan mengapa cokelat baik untuk kesehatan, seperti yang dikutip dari Beliefnet.1. Menurunkan tingkat kolesterolSebuah studi di Jepang menunjukkan bahwa meminum bahan dasar cokelat, biji kokoa alami dapat memperbaiki tingkat koleksterol Anda. Orang yang meminum cokelat dua kali sehari selama beberapa minggu dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol bail (HDL).2. Menurunkan tekanan darahSebuah penelitian pada tahun 2007 di Jerman mengungkapkan bahwa memakan seperempat ons dark chocolate atau cokelat hitam, setiap hari selama 18 minggu bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik tanpa meningkatkn berat badan. Baru-baru ini para ilmuwan di Yale University juga melaporkan bahwa mengonsumsi satu chocolate bar cokelat hitam atau dua cangkir bubuk cokelat dapat mengurangi tekanan darah dan memperbaiki fungsi pembuluh darah pada orang dewasa yang memiliki masalah kelebihan berat badan.3. Meningkatkan sirkulasi darahMem [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *