Ingin Sehat, Dian Pelangi Ikuti Yoga Tanpa Ritual Agama

photo237.jpg

Yoga merupakan salah satu latihan favorit yang sering dilakukan oleh wanita untuk merasa lebih rileks dan melenturkan tubuh. Yoga merupakan salah satu latihan favorit yang sering dilakukan oleh wanita untuk merasa lebih rileks dan melenturkan tubuh. Seiring berjalannya waktu, gerakan yoga semakin beragam mulai dari latihan pernapasan hingga kini yang digemari banyak wanita maupun pria adalah acroyoga.

Meskipun digemari banyak orang termasuk para hijabers, tapi ada beberapa yoga yang terkait dengan agama sehingga gerakan dalam latihan tersebut diharamkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dalam fatwa yang dikeluarkan pada 2009, ada sejumlah keputusan terkait yoga yang ditelurkan dalam ijtima ulama itu, yakni:

1. Yoga yang murni ritual dan spiritual agama lain, hukum melakukannya bagi orang Islam adalah haram.
2. Yoga yang mengandung meditasi dan mantra atau spiritual dan ritual ajaran agama lain hukumnya haram, sebagai langkah preventif (sadd al-dzari’ah).
3. Yoga yang murni olahraga pernafasan untuk kepentingan kesehatan hukumnya mubah (boleh).

Melihat hal itu, desainer busana muslim yang baru-baru ini menjalani latihan yoga, Dian Pelangi, mengatakan bahwa semuanya kembali ke niat masing-masing. Namun ia mengaku tidak pernah melakukan latihan yoga yang ada mantra atau ritual agama apa pun. Biasanya hanya melakukan tarik dan buang napas semata.

Selain itu, gerakan yoga menurut wanita 23 tahun ini sudah semakin modern. Bahkan acroyoga yang kini sedang digemari merupakan perpaduan antara gerakan akrobat dan yoga. Jadi tidak terkait dengan ritual keagamaan yang dilarang dalam Islam. Dian pun telah melakukan riset terlebih dahulu sebelum menjalani olaharaga yoga.

“Sebelum belajar acroyoga aku sudah riset juga sih dalam Islam yoga ini boleh apa nggak, kalau niatnya olahraga ya nggak apa-apa menurutku, tergantung niatnya saja sih,” tutur Dian saat dihubungi Wolipop, Jumat (24/12/2014).

Lebih lanjut Dian mengatakan kalau ia kini sedang menekuni acroyoga seminggu tiga kali bersama suaminya, Tito Haris. Wanita berdarah Palembang itu mengatakan melakukan latihan yoga di rumah bukan mengikuti kelas untuk alasan kenyamanan karena ia mengenakan jilbab.

Pelatih yoga pribadi yang dipilihnya pun wanita bukan pria agar lebih maksimal saat melakukan latihan. Menurutnya penting bagi muslimah saat ingin acroyoga memilih pelatih yang juga wanita karena gerakan-gerakannya akan banyak bersentuhan.

“Trainer dalam yoga ini juga aku perhatikan banget karena aku berhijab ya. Aku inginnya yang memang muhrim sama aku karena kita akan banyak bersentuhan,” tambah wanita lulusan sekolah mode ESMOD Jakarta itu.

Meskipun baru dua sampai tiga kali latihan acro yoga tapi Dian sudah mendapatkan banyak manfaatnya seperti otot perut lebih kencang, kaki dan tangan semakin kuat, dan terutama tidak mudah kelelehan. Jadi menurutnya olahraga yoga bagus dilakukan secara rutin.

(aln/aln)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Manfaat Puasa bagi Kesehatan

4 Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Oleh: dr. Jessica Florencia Bulan Suci Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang dinanti-nantikan seluruh umat muslim di dunia. Mulai dari subuh hingga magrib, seluruh umat muslim menahan lapar dan haus sebagai ibadah kepada Yang Maha Kuasa. Puasa Ramadhan sendiri dapat memberikan dampak kesehatan yang sangat beragam. Namun, bahaya pun mengintai jika puasa tidak dilakukan dengan sehat dan benar. Terutama jika konsumsi makanan saat sahur dan berbukatidak diwaspadai. Beberapa manfaat berpuasa yang baik bagi kesehatan adalah: 1. Penurunan kadar kolesterol dalam darah. Ketika berpuasa, tubuh tidak hanya menggunakan glukosa sebagai sumber energi tubuh melainkan juga menggunakan lemak. Lemak tubuh yang dibakar dari penyimpanannya akan berpengaruh terhadap penurunan profil lipid tubuh. 2. Penurunan berat badan yang baik. Selain bermanfaat bagi kontrol tekanan darah dan kendali kadar gula darah bagi penderita diabetes, seiring dengan terbakarnya lemak tubuh maka akan terjadi juga penurunan berat badan yang akan berpengaruh secara keseluruhan terhadap tekanan daran dan kadar gula darah tubuh. 3. Proses detoksifikasi. Karena lemak tubuh terpakai maka sisa-sisa zat buangan atau racun y [...]

3 Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

3 Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh seseorang berpengaruh terhadap rentan atau tidaknya seseorang untuk terjangkit sebuah penyakit. Daya tahan tubuh kita akan menjadi benteng pertahanan pertama jika ada kuman yang masuk ke tubuh kita. Semakin tinggi daya tahan tubuhnya, maka kemungkinan untuk terinfeksi akan semakin kecil. Sebaliknya jika daya tahan tubuh seseorang sedang turun, maka akan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu sangat penting untuk selalu meningkatkan daya tahan tubuh kita. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dapat dimulai dari hal yang setiap hari kita lakukan, antara lain: Daya Tahan Tubuh Kiat menambah daya tahan tubuh: 1. Tidur Cukupkan dan jagalah pola tidur Hindari begadang sebisa mungkin, apalagi jika Anda wanita. Orang dewasa dianjurkan untuk tidur 7- 8 jam setiap harinya. 2. Kurangi pikiran mencekam atau stres Hidup ini terlalu sebentar untuk Anda sibukkan dengan pikiran-pikiran negatif. Waktu yang Anda habiskan untuk berserius-ria, sebaiknya seimbang dengan waktu relaksasi Anda. Perbanyaklah berkumpul bersama orang-orang yang menyenangkan dan dapat memberikan energi positif pada diri anda sehingga dapat membantu mengurangi stres Anda. 3. Supl [...]

Mengenal Sakit Punggung

Mengenal Sakit Punggung

Sakit punggung merupakan masalah yang sangat lazim. Sampai dengan sembilan dari sepuluh orang dapat diperkirakan menderita sakit atau nyeri punggung pada suatu waktu dalam hidupnya. Namun hanya segelintir orang yang mencari pengobatan. Sakit punggung seringkali mereda melalui istirahat atau tanpa melalui pengobatan. Beberapa orang mencoba untuk mengabaikan rasa sakitnya atau belajar untuk hidup dengan rasa sakit tersebut. Rasa sakit dapat melibatkan seluruh bagian punggung, namun yang paling sering mengalami sakit dan nyeri adalah punggung bagian bawah. Salah satu alasan utamanya adalah bahwa punggung bagian belakang menanggung beban tubuh lebih besar dibandingkan bagian punggung lainnya, dan karenanya lebih mengalami tekanan disepanjang hari. Berikutnya akan kami jelaskan jenis-jenis sakit punggung dan penyebab kemunculannya. Mengenal Sakit Punggung Ada dua jenis sakit punggung, yaitu sakit punggung akut dan sakit punggung kronik. Jenis sakit punggung ini berlangsung selama 6-8 minggu. Kondisinya ditandai oleh sakit yang pedih atau ngilu, yang dengan mudah dapat diketahui titik sumber sakitnya oleh penderita dan biasanya terasa di punggung bagian bawah. Ras [...]

Ini Penyebab Jerawat di Dagu dan Rahang Tak Juga Hilang

Ini Penyebab Jerawat di Dagu dan Rahang Tak Juga Hilang

Jerawat di dagu dan rahang tidak juga hilang meskipun sudah diobati dan rajin membersihkan wajah? Bisa jadi penyebabnya tidak hanya karena faktor luar, tapi juga dari dalam tubuh.Penyebab jerawat di dagu dan rahang umumnya dikarenakan stres dan pola makan yang tidak sehat. Ketika stres, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak hormon androgen yang bisa mengganggu produksi kelenjar minyak di daerah dagu dan sekitarnya. Kelebihan minyak akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori dan kotoran pun lebih mudah menempel di permukaan kulit sehingga menimbulkan jerawat.Orang yang mengalami stres juga umumnya selalu merasa berada dalam tekanan. Produksi hormon androgen pun terus berlangsung dan akhirnya memperparah timbulnya jerawat. Amy Wechsler, M.D., dokter spesialis kulit sekaligus psikolog menyarankan untuk menenangkan diri ketika Anda stres. Untuk mengurangi stres, ada teknik pernapasan yang perlu dilakukan dan caranya pun cukup mudah."Tariklah napas dalam-dalam melalui hidung dan keluarkan lewat mulut. Fokus dengan cara Anda bernapas bisa menurunkan kecemasan dan detak jantung," ujar Amy, seperti dikutip dari Women's Health.Selain stres, pola makan yang tidak sehat juga bisa menjadi p [...]

Marshanda Gangguan Bipolar?

Marshanda Gangguan Bipolar?

Anda tentu mengenal sosok Charlie Caplin, mendiang pelawak pantomim ini ternyata mengidap gangguan bipolar. Tak luput pemberitaan tokoh selebritas di Indonesia mengenai Marshanda yang diisukan memiliki gangguan bipolar. Benarkah demikian? Apa itu gangguan bipolar? Apakah sama dengan gangguan jiwa yang awam kenali? Apakah dapat mengganggu aktivitas dan masa depan yang bersangkutan? Apa itu Gangguan Bipolar? Gangguan bipolar adalah gangguan jiwa dimana seseorang mengalami episode depresi dan episode manik secara bergantian. Episode manik diartikan sebagai episode dimana terdapat peningkatan mood secara tidak wajar, bicara tanpa henti dan tak kenal lelah, dari luar tampak seperti ceria yang berlebihan. Gangguan bipolar termasuk ke dalam gangguan mood, mengapa hal ini perlu kita soroti? Karena secara diam-diam gangguan ini mungkin saja diderita oleh orang terdekat kita tanpa kita sadar. Mulailah memahami perbedaan sedih dan depresi, juga ceria dan manik, apalagi ketika seseorang mengalami kedua hal tersebut secara bergantian dalam kurun waktu minggu sampai bulan. Hal yang dikhawatirkan dari penderita gangguan ini adalah timbulnya ide bunuh diri saat episode d [...]

Tips Menyusui untuk Ibu Bekerja

Tips Menyusui untuk Ibu Bekerja

Ibu yang bekerja pasti tetap ingin dapat memberikan yang terbaik bagi buah hatinya. Meskipun harus bekerja, ibu masih tetap dapat memberikan ASI bagi bayi Ibu. Pada bulan-bulan pertama kehidupan, seorang bayi butuh menyusui sebanyak 8-12 kali dalam 24 jam. Untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut maka Ibu yang bekerja harus memompa ASI sekitar 2-3 kali sehari dalam 8 jam bekerja. Ketika memompa ASI, pastikanlah bahwa kebersihan tangan dan tempat menyimpan ASI terjaga dengan benar. Jangan lupa untuk memberikan label tanggal agar pemberian ASI dapat disesuaikan dengan memberikan ASI yang lebih lama terlebih dahulu. Agar sukses memompa ASI, usahakanlah agar Ibu: Carilah tempat yang nyaman dan tenang untuk memompa ASI Tetaplah rileks dan merasa nyaman Lakukan pemijatan pada payudara untuk merangsang refleks oksitosin Lakukan pemijatan puting payudara untuk merangsang refleks oksitosin Pikirkanlah tentang bayi Anda dan kasih sayang Anda padanya untuk membuat Ibu lebih percaya diri dan nyaman Setelah memompa ASI, Ibu juga perlu memastikan agar penyimpanan ASI jangan sampai merusak ASI. Bagaimanakah penyimpanan ASI yang baik dan benar? Penyimpanan ASI ASI d [...]

Hati-Hati, Ciuman Bisa Menularkan Herpes!

Hati-Hati, Ciuman Bisa Menularkan Herpes!

Apakah Anda pernah mendengar penyakit Herpes simpleks ? Penyakit herpes simpleks adalah salah satu penyakit menular seksual yang umum ditemui saat ini. Ternyata terdapat berbagai metode penularan herpes simpleks. Bahkan sekedar ciuman dapat menularkan virus herpes simpleks ini. Nah, penasaran bagaimana virus ini bisa tertular melalui ciuman? Yuk kita pelajari lebih dalam tentang virus ini. Apa itu penyakit herpes? Berikut penjelasannya: Apa itu penyakit herpes? Penyakit herpes yang umumnya dikenal dapat dibagi menjadi dua jenis penyakit. Penyakit herpes dapat dibagi menjadi herpes zooster (yang lebih dikenal dengan cacar air) dan herpes simpleks. Kedua penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, namun dengan jenis virus yang berbeda. Herpes zooster disebabkan oleh virus varicela zoster, sedangkan herpes simpleks disebabkan oleh Herpes Simplex Virus . Banyak yang memiliki pemahaman yang salah tentang kedua jenis virus ini. Penyakit yang menjadi pembahasan artikel ini adalah herpes simplex virus, yang merupakan penyakit yang dapat ditularkan seacra seksual. Apa gejala yang dialami pasien dengan herpes simpleks? Berikut penjelasannya: [...]

5 Tips Mengatasi Cantengan

5 Tips Mengatasi Cantengan

Mengalami cantengan pada kuku dapat sangat menjengkelkan karena dapat mengganggu aktivitas dan mempengaruhi penampilan. Bila Anda mengalami cantengan (paronikia) maka terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menunjang penyembuhan dan mencegah kekambuhan: Merendam kuku dalam air hangat 3-4 kali sehari selama 5-10 menit, sampai gejala menghilang. Jangan lupa untuk mengeringkan kuku setelah merendamnya. Memastikan agar daerah kuku dan sekitarnya selalu kering dan bersih. Jangan menggunakan produk-produk yang dapat mengiritasi (sabun dengan parfum, cat kuku, pembersih cat kuku). Hindari terjadinya trauma (tersandung batu/meja). Hindari manipulasi pada daerah kuku dan sekitarnya (manikur, menggunting sendiri daerah yang infeksi). Jika cantengan tidak kunjung membaik setelah penanganan diatas, berikut langkah penanganannya: Hal yang Dapat Dilakukan Jika Cantengan Tidak Kunjung Membaik Jika cantengan Anda tidak membaik juga dalam beberapa hari dan infeksi semakin parah, maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter. Dokter mungkin perlu melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah ada penyebab lain seperti jamur atau alergi. Pembedaha [...]

12 Tes Kesehatan Wajib Bagi Wanita

12 Tes Kesehatan Wajib Bagi Wanita

Tahukah Anda banyak penyakit yang diam-diam menggerogoti tubuh tanpa pernah menimbulkan gejala, terutama bagi wanita? Meskipun merasa sehat, belum tentu Anda aman dari penyakit.Untuk itu, sangat penting melakukan beberapa tes kesehatan. Apa saja yang perlu diperiksa? Berikut adalah jenis-jenis tes kesehatan yang wajib di lakukan bagi wanita: 1) Pemeriksaan Klinis PayudaraPemeriksaan klinis payudara adalah pemeriksaan yang dilakukan dokter untuk mengetahui adanya perubahan atau kelainan pada payudara. Menurut American Cancer Society Susan G. Komen, setiap wanita wajib menjalani pemeriksaan ini. Bagi wanita usia 20 -39 tahun sebaiknya menjalani pemeriksaan klinis payudara minimal tiga tahun sekali. Sedangkan bagi wanita berusia 40 tahun keatas, pemeriksaan klinis payudara harus dilakukan setidaknya sekali dalam 1 tahun. 2) MamografiMamografi adalah pemeriksaan payudara menggunakan sinar X yang dapat mendeteksi kelainan pada payudara dengan akurat. Susan menyarankan, wanita di atas usia 40 dan yang mungkin punya riwayat kanker payudara dalam keluarga wajib melakukan tes mamografi setidaknya sekali dalam satu atau dua tahun. 3) Pemeriksaan Kadar KolestrolUntuk mencegah penyakit jan [...]

Buah Alpukat Ternyata Berkolesterol!

Buah Alpukat Ternyata Berkolesterol!

Oleh: dr. Adithia Kwee Siapa yang tidak mengenal buah alpukat? Buah ini termasuk buah yang banyak disukai karena tekstrunya yang lembut dan rasanya yang khas. Selain rasanya yang enak, alpukat juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi yaitu berupa kolesterol. Mendengar bahwa kolesterol tinggi terkandung dalam alpukat sering membuat orang menjadi ragu untuk mengkonsumsi buah ini karena takut akan meningkatkan kadar kolesterol darahnya, terutama orang-orang yang memang sudah memiliki riwayat penyakit kolesterol. Sebenarnya tidak ada yang perlu ditakutkan mengkonsumsi alpukat. Kolesterol yang terdapat dalam buah ini justru merupakan kolesterol baik yaitu HDL yang berfungsi untuk membantu meluruhkan kolesterol jahat yaitu LDL dari dinding pembuluh darah dan membawanya ke hati untuk dihancurkan. Kolesterol baik ini dapat pula membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Kolestrerol jahat (LDL) dan trigliserida sering membentuk plak pada dinding pembuluh darah yang nantinya lama-kelamaan dapat menyumbat pembuluh darah tersebut sehingga mengkonsumsi alpukat secara tidak langsung dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke. Jadi, jangan takut mengkonsumsi alpukat [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *