Ingin Sehat, Dian Pelangi Ikuti Yoga Tanpa Ritual Agama

photo237.jpg

Yoga merupakan salah satu latihan favorit yang sering dilakukan oleh wanita untuk merasa lebih rileks dan melenturkan tubuh. Yoga merupakan salah satu latihan favorit yang sering dilakukan oleh wanita untuk merasa lebih rileks dan melenturkan tubuh. Seiring berjalannya waktu, gerakan yoga semakin beragam mulai dari latihan pernapasan hingga kini yang digemari banyak wanita maupun pria adalah acroyoga.

Meskipun digemari banyak orang termasuk para hijabers, tapi ada beberapa yoga yang terkait dengan agama sehingga gerakan dalam latihan tersebut diharamkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dalam fatwa yang dikeluarkan pada 2009, ada sejumlah keputusan terkait yoga yang ditelurkan dalam ijtima ulama itu, yakni:

1. Yoga yang murni ritual dan spiritual agama lain, hukum melakukannya bagi orang Islam adalah haram.
2. Yoga yang mengandung meditasi dan mantra atau spiritual dan ritual ajaran agama lain hukumnya haram, sebagai langkah preventif (sadd al-dzari’ah).
3. Yoga yang murni olahraga pernafasan untuk kepentingan kesehatan hukumnya mubah (boleh).

Melihat hal itu, desainer busana muslim yang baru-baru ini menjalani latihan yoga, Dian Pelangi, mengatakan bahwa semuanya kembali ke niat masing-masing. Namun ia mengaku tidak pernah melakukan latihan yoga yang ada mantra atau ritual agama apa pun. Biasanya hanya melakukan tarik dan buang napas semata.

Selain itu, gerakan yoga menurut wanita 23 tahun ini sudah semakin modern. Bahkan acroyoga yang kini sedang digemari merupakan perpaduan antara gerakan akrobat dan yoga. Jadi tidak terkait dengan ritual keagamaan yang dilarang dalam Islam. Dian pun telah melakukan riset terlebih dahulu sebelum menjalani olaharaga yoga.

“Sebelum belajar acroyoga aku sudah riset juga sih dalam Islam yoga ini boleh apa nggak, kalau niatnya olahraga ya nggak apa-apa menurutku, tergantung niatnya saja sih,” tutur Dian saat dihubungi Wolipop, Jumat (24/12/2014).

Lebih lanjut Dian mengatakan kalau ia kini sedang menekuni acroyoga seminggu tiga kali bersama suaminya, Tito Haris. Wanita berdarah Palembang itu mengatakan melakukan latihan yoga di rumah bukan mengikuti kelas untuk alasan kenyamanan karena ia mengenakan jilbab.

Pelatih yoga pribadi yang dipilihnya pun wanita bukan pria agar lebih maksimal saat melakukan latihan. Menurutnya penting bagi muslimah saat ingin acroyoga memilih pelatih yang juga wanita karena gerakan-gerakannya akan banyak bersentuhan.

“Trainer dalam yoga ini juga aku perhatikan banget karena aku berhijab ya. Aku inginnya yang memang muhrim sama aku karena kita akan banyak bersentuhan,” tambah wanita lulusan sekolah mode ESMOD Jakarta itu.

Meskipun baru dua sampai tiga kali latihan acro yoga tapi Dian sudah mendapatkan banyak manfaatnya seperti otot perut lebih kencang, kaki dan tangan semakin kuat, dan terutama tidak mudah kelelehan. Jadi menurutnya olahraga yoga bagus dilakukan secara rutin.

(aln/aln)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ukuran Vagina dan Kepuasan Bercinta

Ukuran Vagina dan Kepuasan Bercinta

Tidak jarang ukuran organ reproduksi menimbulkan kekhawatiran bagi sebagian pasangan suami-istri. Padahal asumsi tersebut belum tentu benar. Meski ukuran organ reproduksi sering kali menjadi masalah bagi pria, ternyata tidak sedikit wanita yang juga khawatir dengan ukuran vaginanya, terlebih lagi wanita yang pernah melahirkan. Tidak sedikit dari mereka yang takut bahwa ukuran vagina mereka akan memengaruhi kepuasan saat melakukan hubungan seks. Ukuran Vagina Organ-organ seksual wanita dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu bagian luar dan bagian dalam. Bagian luar disebut dengan vulva. Bagian luar antara lain klitoris, labia atau bibir bagian dalam dan luar vagina. Sedangkan bagian dalam termasuk ovarium, rahim, vagina. Vagina bagian dalam berbentuk seperti tabung dengan panjang sekitar 8 cm dan menjadi 10-12 cm ketika terangsang, tabung ini mengarah ke leher rahim. Struktur vagina sendiri sangat elastis dan mudah merenggang untuk menyesuaikan ukuran penis atau pada saat melahirkan. Hal ini dikarenakan dinding vagina memiliki ukuran yang serupa dengan lambung. Jika Anda baru saja melahirkan secara normal, Anda pasti akan merasa sedikit nyeri pada bagian vagina. Vagina juga [...]

Jangan Abaikan Kaku di Pagi Hari

Jangan Abaikan Kaku di Pagi Hari

Pernahkah Anda bangun di pagi hari dan dilanda nyeri dan kekakuan yang luar biasa? Kekakuan ini biasanya terjadi dalam rentang 30 menit sampai satu jam, kemudian Anda merasa semuanya mulai baik-baik saja? Waspadalah. Kekakuan pada sendi terutama pada pagi hari mengerucutkan kita kepada dua penyakit yang akhir-akhir ini meningkat angka kejadiannya, yakni: Rheumatoid arthritis atau dikenal luas dengan rematik, dan satu lagi adalah; Ankylosing spondylitis. Nah, khusus ankylosing spondylitis sangat jarang diketahui masyarakat luas. Sama seperti rheumatoid arthritis, ankylosing spondylitis juga tak ubahnya adalah penyakit auto-imun yang menyerang persendian, terutama persendian panggul dan tulang belakang. Apa itu Ankylosing Spondylitis? Ankylosing Spondylitis adalah: Apa itu Ankylosing Spondylitis? Ankylosing Spondylitis Adalah: Peradangan pada persendian ini jika berlangsung secara kronik atau jangka panjang seringkali menimbulkan kerusakan yang permanen, yang dikenal dengan bamboo spine, atau tulang belakang yang seperti bambu. Dikatakan demikian karena si penderita tak lagi leluasa dalam menggerakan batang tubuhnya, kaku seperti bambu. Penyakit [...]

Ini Dia Efek Tidur Yang Terlalu Lama dan Terlalu Singkat

Ini Dia Efek Tidur Yang Terlalu Lama dan Terlalu Singkat

Waktu istirahat merupkan waktu yang sangat dibutuhkan oleh semua orang. Tidur merupakan kegiatan yang dapatdibilang penting karena juga dapat berfungsi untuk mengembalikan sumber energi dalam tubuh. Tidur juga dapat mengurangi stress akibat terlalu banyaknya aktifitas yang dilakukan oleh otot-otot dan organ tubuh. Jika seseorang tidak melakukan istirahat atau tidur makan akan menimbulkan penyakit karena kinerja organ dalam tubuh bekerja secara terus menerus. Hal ini juga sangat tidak disarankan untuk dilakukan karena dapat merusak sistem kerja tubuh. Namun pada keseharian manusia kegiatan tidur banyak dilakukan dengan tidak mempedulikan kapan dan berapa lama mereka harus melakukan tidur yang menimbulkan dampak baik pada tubuhnya sehingga tidak menimbulkan penyakit. Terkadang pada kalangan masyarakat menganggap bahwa kegiatan tidur dilakukan saat seseorang merasa kelelahan atau mengantuk, namun pada sebagaian orang melakukan tidur pada jangka waktu yang cukup lama dan pada waktu yang sembarangan. Hal ini biasanya diakibatkan dari kurangnya kegiatan yang sedang dilakukan. Dan sebaliknya, untuk orang yang memiliki kegiatan yang padat biasanya juga kurang memperhatikan jam lama tidur [...]

Tak Hanya Wortel, 5 Makanan Ini Juga Bisa Menyehatkan Mata

Tak Hanya Wortel, 5 Makanan Ini Juga Bisa Menyehatkan Mata

Mata merupakan salah satu indera manusia yang memiliki peranan penting. Karena tanpanya, kita tidak bisa melihat apapun. Untuk menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun yang paling mudah adalah dengan mengonsumsi makanan yang diklaim mampu membantu fungsi penglihatan agar tetap bekerja sesuai dengan fungsinya. Apa saja?1. Sayuran HijauSayuran hijau kaya akan lutein, yaitu nutrisi penting yang berguna untuk kesehatan mata terutama lensa dan retina. Lutein juga berfungsi menyerap dan melindungi bahaya sinar ultraviolet. Jenis sayuran hijau yang banyak mengandung lutein adalah bayam kale. Di dalamnya mengandung lutein sebanyak 11.4 miligram per 100 gram. Dengan mengonsumsi sebanyak 80 gram kale, kandungan luteinnya setara dengan 41 buah jeruk dan 71 butir telur. Cara mengonsumsi yang paling baik adalah direbus atau dibuat salad.2. BuahRetina mata memerlukan vitamin A untuk penglihatan di malam hari. Konsumsilah buah-buahan berwarna seperti mangga dan pepaya. Buah-buahan ini merupakan sumber dari betakaroten, yaitu zat gizi di dalam tubuh yang dapat berubah menjadi vitamin A.Vitamin A juga bisa ditemukan di dalam keju, telur, minyak ikan, susu, dan yoghurt. A [...]

Alkohol Lebih Berbahaya Bagi Wanita Dibanding Pria

Alkohol Lebih Berbahaya Bagi Wanita Dibanding Pria

Bagi wanita yang gemar mengonsumsi alkohol, sebaiknya berhati-hatilah. Menurut beberapa penelitian,alkohol ternyata lebih banyak memberikan efek negatif pada wanita dibandingkan pria.Seperti yang dikutip dari howstuffworks, wanita lebih rentan mengalami masalah kesehatan serius seperti kerusakan otak, hati, penyakit jantung dan kanker. Selain itu wanita akan lebih mudah mabuk ketimbang pria saat meminum alkohol.Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Psychiatry, Daniel Hommer dan koleganya menemukan bukti yang menjelaskan adanya hubungan lansung antara kerusakan otak dengan kebiasan minum wanita. Bukti ini tidak dipengaruhi dengan banyak atau sedikitnya takaran alkohol yang dikonsumsi.Berdasarkan penelitian tersebut diketahui bahwa alkohol secara perlahan menyebabkan kerusakan organ tubuh sedari awal pengonsumsian. Wanita yang meminum alkohol mulai dari usia 20 atau 25 tahun, kemungkinan akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas sederhana dan pengendalian impuls di usia 30 tahun."Ini merupakan bukti pertama kalinya, bahwa ada bagian otak yang tidak bisa melakukan tugasnya seperti berpikir. Hal ini lebih terpengaruh pada pecandu alkohol wanita diba [...]

7 Cara Unik Redakan Stres, Makan Seledri Sampai Lepas Sepatu

7 Cara Unik Redakan Stres, Makan Seledri Sampai Lepas Sepatu

Stres bisa membuat seseorang panik, tidak mampu berkata-kata bahkan tidak tahu harus berbuat apa. Apa pun yang dilakukan terasa salah dan terkadang membuat kita bersikap agresif atau mungkin tidak ingin melakukan apa pun. Tubuh sebenarnya didesain untuk kembali ke keadaan normal setelah mengalami stres. Namun yang menjadi masalah, bagi kita yang hidup di era modern ini, seringkali 'serangan' stres hadir setiap waktu dan ketika tubuh mulai pulih dari stres, ada saja pemicu lain yang datang. Kabar baiknya, stres ringan bisa cepat diatasi dengan cara yang terbilang mudah. Ini beberapa teknik unik untuk segera menyingkirkan stres, seperti dikutip dari Daily Mail. 1. Cuci Tangan dengan Air Hangat Stres bisa diatasi dengan berendam air hangat, karena air hangat cukup efektif membuat tubuh dan pikiran lebih relaks. Tapi jika stres melanda saat di kantor, tentunya Anda tidak bisa langsung 'kabur' ke rumah untuk berendam air hangat. Ternyata efek relaksasi dengan air hangat juga bisa dirasakan cukup dengan mencuci tangan. Pergilah ke toilet lalu cuci tangan Anda dengan air hangat. Efeknya cukup bisa menenangkan sementara waktu meskipun tidak seefektif ketika Anda mandi. 2. Bersena [...]

Sakit Hati karena Kebanyakan Makan & Minum Bir

Sakit Hati karena Kebanyakan Makan & Minum Bir

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Anda sedang frustasi patah hati? Atau cuma pingin cicip sedikit alkohol di akhir hari kesibukan Anda? Kami sarankan jauhkan diri Anda dari minuman bir, wine, atau minuman alkohol lainnya. Atau bagi Anda yang melarikan stres ke kegiatan makan, sebaiknya hindari jua. Karena salah-salah Anda malah semakin sakit hati. Jangan salah tangkap, sakit hati memang benar-benar bisa terjadi pada orang pecandu alkohol. Sakit hati disini adalah gangguan hati berupa hati berlemak (fatty liver). Lemak dalam jumlah sedikit di liver (hati) merupakan hal yang normal. Namun bila jumlah lemak mengambil 5% - 10% berat dari liver Anda, maka kemungkinan besar Anda memiliki kondisi yang dinamakan Fatty Liver. Dimana perlemakan ini dapat disebabkan oleh alkohol ataupun untuk sebagian kasus, non-alkohol. Bila berlanjut, penyakit ini dapat menimbulkan beberapa kondisi yang serius hingga kematian. Penyakit Fatty Liver bila dilihat dari penyebabnya dapat dibagi menjadi 2 yaitu : Alcoholic Liver Disease/ Penyakit Hati akibat Alkohol (ALD)Selama 15 juta orang di Amerika mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dan sebanyak 90%-100% timbul penyakit ALD. Fatty liber dapat muncul setela [...]

Ingin Sehat & Bahagia? Bangunlah Lebih Pagi

Ingin Sehat & Bahagia? Bangunlah Lebih Pagi

Memiliki tubuh yang sehat bukan berarti harus mengonsumsi vitamin mahal dan makanan organik. Menurut penelitian, hanya dengan bangun pagi Anda bisa lebih sehat dan bahagia pada keesokan harinya.Roehampton University melakukan penelitian yang melibatkan 1.100 pria dan wanita. Dalam penelitian tersebut, peneliti menanyai kebiasaan tidur dan riwayat kesehatan mereka.Sebanyak 13 persen dari mereka merupakan orang yang gemar bangun sebelum pukul 7 pagi selama hari kerja dan pada akhir pekan mereka tetap tak mau bangun siang. Sedangkan 6 persen dari mereka merupakan orang yang bangun tidur sebelum pukul 9 pagi dan tidur pada hari Sabtu dan Minggu. Sisanya, 81 persen responden yang melakukan keduanya.Hasil penelitian mengungkapkan, bahwa orang yang bangun lebih pagi cenderung lebih sehat ketimbang mereka yang bangun siang hari. Selain itu, peneliti mengatakan bahwa bangun pagi juga membuat orang terhindar dari depresi dan kecemasan.Mereka yang bangun pagi tentu memiliki lebih banyak waktu untuk sarapan. Menurut konferensi British Psychological Society, sarapan yang selalu dikaitkan dengan kelangsingan, terbukti berpengaruh pada kestabilan berat badan seseorang.Peneliti Dr Jorge Huber m [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *