Ini Cara Hipnoterapis Klinis Atasi Kasus Homoseks dan Lesbi

007546900_1411110834-homo1.jpg

Banyak yang berpandangan bahwa homoseks atau lesbian disebabkan oleh faktor genetik atau bawaan sejak lahir. Benarkah demikian? Bila benar adalah faktor genetik maka tidak ada lagi yang bisa dilakukan untuk mengubah situasi ini.

Dari pengalaman klinis kami menangani banyak kasus homoseks dan lesbian ternyata mayoritas penyebabnya bukan karena faktor genetik namun lebih karena faktor psikis. Banyak klien yang berhasil dibantu mengatasi masalah mereka dengan hipnoterapi klinis.

Saya sengaja tidak menggunakan kalimat ?penyimpangan seksual? karena menghindari kesan menghakimi. Perilaku seksual, dalam hemat saya, adalah tanggung jawab dan pilihan tiap individu. Dan apapun yang menjadi keputusan dan pilihan sepenuhnya adalah hak masing-masing dan perlu dihargai. Sebagai terapis, saya tidak dalam posisi membenarkan atau menyalahkan. Posisi saya netral dan hanya bertugas membantu klien mengatasi masalah mereka.

Dalam artikel ini yang dimaksud dengan perilaku seksual yang tidak biasa adalah homoseksual dan lesbian. Homoseksual, dalam pemahaman umum, adalah pria yang suka/cinta atau melakukan hubungan seks dengan sesama pria. Menurut KBBI, homoseks adalah hubungan seks dengan pasangan sejenis, bisa pria dengan pria atau wanita dengan wanita. Sedangkan lesbian adalah wanita yang mencintai atau merasakan rangsangan seksual sesama jenisnya atau wanita homoseks. Untuk kondisi di mana hubungan yang melibatkan dua insan dengan jenis kelamin berbeda disebut dengan heteroseksual.

Saya teringat beberapa waktu lalu seorang klien pria, usia sekitar, 30 tahun, datang ke saya minta diterapi. Klien ini mengaku homoseks dan ia datang atas permintaan tantenya agar saya ?betulkan? dan kembali menjadi pria ?normal?.

Saya tentu tidak serta merta melakukan terapi. Melalui wawancara mendalam saya akhirnya tahu bahwa ia memutuskan menjadi homoseks karena alasan tertentu. Ia juga nyaman menjalani hidup sebagai homoseks.

Usai mendengar ceritanya saya bertanya, ?Apa yang ingin saya bantu??

?Apakah saya perlu berubah menjadi laki-laki normal yang suka dengan perempuan, bukannya menyukai sesama pria seperti yang sekarang saya jalani?? ia balik bertanya.

?Apakah Anda ingin menjadi pria normal seperti yang Anda sebutkan tadi?? tanya saya.

?Tidak. Saya nyaman dengan hidup seperti ini, sebagai homo? jawabnya tegas.

?Bila Anda sudah nyaman dan merasa tidak perlu berubah maka saya tidak perlu melakukan apapun? jawab saya.

Saya beberapa kali menangani kasus homoseks. Sedangkan untuk kasus lesbian jarang. Mungkin karena saya terapis pria sehingga wanita agak kurang nyaman bila mendiskusikan kondisi mereka dengan saya.

Ada asumsi yang salah di masyarakat yang menyatakan bahwa homoseks atau lesbian ini adalah karena faktor bawaan sejak lahir. Benar, bisa saja seseorang menjadi homoseks atau lesbian karena faktor genetik namun seringkali, dari pengalaman klinis kami, lebih disebabkan oleh pengaruh proses tumbuh kembang dan pengalaman traumatik seperti pelecehan seksual waktu kecil.

Dalam beberapa kasus homoseksual yang pernah saya tangani, setiap kali sebelum melakukan terapi saya selalu minta klien untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Biasanya dokter akan melakukan serangkaian tes untuk memastikan bahwa secara fisik ia benar-benar pria. Bila secara fisik ia adalah pria maka saya dapat membantu dengan hipnoterapi klinis.

Berikut ini adalah beberapa contoh kasus yang pernah kami tangani. Saya tidak menjelaskan teknik yang digunakan untuk membantu klien-klien ini karena akan sangat teknis. Demi menjaga kerahasiaan dan privasi saya mengganti nama klien yang diceritakan di artikel ini.

Semua Wanita Jahat

Budi, mahasiswa berusia 20 tahun, datang ke saya karena ingin menjadi kembali normal. Menurutnya, kondisinya tidak normal karena ia adalah homoseks. Sebelum memutuskan menjalin relasi dengan beberapa pria, Budi pernah mencoba menjalin relasi dengan wanita namun gagal. Masa pacarannya, dengan beberapa wanita itu, hanya sekitar satu hingga tiga bulan. Walau ia sangat suka dengan pacarnya, demikian pula sebaliknya, namun tanpa alasan yang jelas hubungan mereka putus di tengah jalan. Ini terjadi beberapa kali.

Masih dari hasil wawancara diketahui bahwa saat menjalin relasi dengan sesama pria, dan terutama saat berhubungan seks Budi berperan sebagai wanita. Temuan ini sangat penting karena menunjukkan ia sebagai penerima bukan pemberi. Dan ia sebenarnya tidak menikmati hubungan seks yang dilakukan dengan pasangan prianya. Yang ia butuhkan adalah perhatian dan kasih sayang.

Melalui hipnoanalisis mendalam didapatkan temuan menarik. Saat masih kecil, sekitar usia lima tahun, Budi sempat mendapat perlakukan cukup kasar dari Ibunya. Saat Budi melakukan kesalahan yang sebenarnya sepele, si Ibu marah besar, memukul, dan mencakar wajah Budi.

Dalam kondisi yang takut sekali saat itu Budi berkata, ?Memang perempuan itu jahat.? Kalimat ini tampak biasa saja, namun implikasinya sangatlah luar biasa. Apalagi bila diucapkan saat dalam kondisi emosi yang intens.

Kalimat ?Memang perempuan itu jahat? adalah satu bentuk generalisasi dan menjadi program pikiran atau kepercayaan yang mengarahkan hidup Budi. Program ini yang membuat Budi tidak bisa menjalin relasi dengan wanita hingga akhirnya ia memutuskan menjalin relasi dengan pria.

Saat pengalaman traumatik ini berhasil diselesaikan di pikiran bawah sadarnya, dorongan untuk berhubungan dengan pria langsung berhenti.

Saya Malu Menjadi Wanita

Seorang klien wanita usia 35 tahun, sebut saja sebagai Ani, tertarik pada sesama wanita karena ia merasa lebih nyaman menjadi seorang pria. Ia benci menjadi seorang wanita, padahal secara fisik ia wanita tulen, bisa hamil, dan sudah punya anak.

Melalui proses pencarian di pikiran bawah sadarnya ditemukan bahwa ia mengalami penolakan oleh ayahnya sejak dalam kandungan. Saat itu ayahnya berkata pada ibunya, ?Saya mau anak kita berikut ini laki. Saya tidak mau kalau ini perempuan.?

Saat Ani lahir, dan ternyata adalah perempuan, ayahnya menolak untuk melihatnya. Ayahnya juga tidak mau menimangnya. Demikianlah penolakan ini berlanjut hingga ke masa remajanya. Ayahnya berulang kali menyampaikan pada Ani bahwa sebenarnya ia berharap Ani adalah anak laki, bukan perempuan.

Sikap dan perilaku ayahnya juga mendorong Ani untuk tumbuh besar menjadi ?laki-laki?. Ayahnya sama sekali tidak memberi penghargaan bila Ani berhasil mencapai prestasi tertentu di bidang yang biasa dilakukan anak perempuan, misalnya menari, menyanyi, melukis. Namun, saat Ani berhasil juara di bidang yang biasa dilakukan anak laki, misalnya lomba tarik tambang, karate, panjat dinding, maka ayahnya memberi penghargaan secara luar biasa.

Ternyata dorongan Ani untuk suka pada sesama wanita didorong oleh satu Bagian Diri yang ingin menonjol dan menjadi pria agar mendapat penghargaan, pengakuan, dan penerimaan dari ayahnya. Kerinduan inilah yang selama ini mendorong ia untuk terus berusaha menjadi pria dengan segala karakternya.

Saat pengalaman traumatik yang berasal dari penolakan si ayah berhasil diatasi, Ani akhirnya bisa menerima dirinya seutuhnya dan justru merasa sangat bersyukur dan bahagia menjadi seorang wanita. Ia juga bisa memahami dan memaafkan ayahnya dengan tulus dan ikhlas.

Saya Mau dengan Pria tapi Takut

Satu klien lagi, Rita, 27 tahun, mengaku sulit bila menjalin relasi dengan pria. Ada perasaan takut yang tidak jelas asalnya setiap kali ia menjalin relasi dengan pria. Ia lebih nyaman bila berhubungan dengan wanita, termasuk dalam hal seks. Dari hasil wawancara diketahui bahwa tidak ada pengalaman traumatik yang membuat Rita sulit menjalin relasi dengan pria dan lebih nyaman dengan wanita. Rita pertama kali berhubungan seks dengan sesama wanita, teman kosnya, saat ia masih SMA.

Namun, dari hasil penggalian di pikiran bawah sadarnya ditemukan hal menarik. Rita, saat masih kecil, usia sekitar 6 tahun, beberapa kali mengalami pelecehan seksual oleh pembantu pria yang bekerja di rumahnya. Secara sadar, setelah dewasa, Rita tidak lagi ingat kejadian ini. Rupanya, pikiran bawah sadar Rita secara sengaja menyembunyikan pengalaman traumatik ini sehingga Rita mengalami amnesia.

Perasaan takut pada pria karena pernah mengalami pelecehan seksual waktu kecil dan juga kenikmatan yang ia dapat saat berhubungan dengan teman satu kosnya telah mendorong Rita untuk menjadi seorang lesbian.

Saat emosi pada dua pengalaman ini berhasil diselesaikan maka Rita tidak lagi takut dengan pria dan tidak lagi tertarik pada wanita. Ia kini merasa nyaman dan aman menjalin relasi dengan pria.

Pada beberapa kasus lain, ada klien pria atau wanita yang melakukan seks bebas, umumnya dengan pria atau wanita yang lebih tua, demi mendapatkan kasih sayang dan perhatian dari seseorang yang dipandang bisa mengganti ayah atau ibunya. Klien ini pada masa kecilnya sering diabaikan atau tidak mendapat kasih sayang yang cukup.

Kesimpulannya, bila homoseks dan lesbian bukan disebabkan oleh faktor fisik maka dapat dibantu dengan hipnoterapi klinis, dengan catatan klien bersedia menjalani sesi konseling dan atau terapi atas kesadarannya sendiri. Bila klien datang karena permintaan orang lain, misalnya keluarga, maka hasilnya tidak akan pernah bisa maksimal.

DR. Adi W. Gunawan, CCH.

President of Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology

Indonesia Leading Expert in Mind Technology

President of Asosiasi Hipnoterapi Klinis Indonesia (AHKI)

www.AdiWGunawan.com

Facebook : Adi W Gunawan

Twitter : @adiwgunawan

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Waspadai Penipuan `Undangan Bimbingan Pelaksanaan JKN`

Waspadai Penipuan `Undangan Bimbingan Pelaksanaan JKN`

Kementerian Kesehatan RI menerima laporan dari para penggiat bidang klinik dan perumahsakitan swasta tentang penipuan bermotif kegiatan pertemuan atau bimbingan teknis yang ditujukan kepada para pimpinan dan tenaga medis di berbagai klinik selaku fasilitas kesehatan tingkat pertama.Surat palsu bernomor SU-157/BIMTEK/PUSPEMJAMKES/2014 tersebut berisi undangan mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional tahun 2014, yang disebutkan akan diselenggarakan pada 29-30 Januari 2014 pukul 09.00-15.00 WIB di Lemeredium Hotel, Mangga Dua Jakarta Pusat.Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Pusat Pembiayaan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, drg. Usman Sumantri, M.Sc., menyatakan bahwa hal tersebut tidak benar. Untuk itu, masyarakat diminta untuk lebih teliti dan berhati-hati. Pihak Kemenkes akan segera menindaklanjuti permasalahan ini .?Dimohon perhatian dan membantu untuk menyebarluaskan informasi adanya penipuan oleh oknum yang mengatasnamakan Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan (Puspemjamkes) Kemenkes RI?, tandas drg. Usman Sumantri lewat surel ke redaksi Liputan6.com, Jumat (24/1/2014).Secara sepintas, adanya logo dan Kop Kementerian Kesehatan pad [...]

Perempuan Muda Lebih Rentan Bunuh Diri

Perempuan Muda Lebih Rentan Bunuh Diri

Menderita serangan panik dan merasa dirinya rendah kerap membuat perempuan muda lebih rentan bunuh diri ketimbang laki-laki seusianya. Hal ini terungkap dari hasil penelitian yang dilakukan The Prince Trust.Penelitian itu menemukan bahwa 54 persen perempuan remaja berusia 16 sampai 25 tahun telah mengalami perasaan benci akan dirinya sendiri, dengan satu dari enam orang tersebut dianjurkan untuk rutin mengonsumsi obat anti depresi.Trut juga memperingatkan, efek berbahaya dari pengangguran dalam jangka waktu yang cukup panjang, akan berdampak buruk bagi mental generasi muda.Pernyataan ini bukan tanpa sebab. Sebelumnya, para peneliti itu melakukan sebuah survei dan mendapatkan hasil, satu dari tiga remaja, baik perempuan maupun laki-laki, berusia 16 sampai 25 tahun memilih untuk bunuh diri ketika menganggur.Berdasarkan hasil dari wawancara terhadap 2.161 orang, menunjukan perempuan muda dua kali lebih mungkin untuk bunuh diri, ketika dihadapkan dengan situasi seperti ini.Dikutip dari laman Daily Mail, Kamis (2/1/2013) dikatakan bahwa perempuan muda lebih mungkin menderita masalah kesejahteraan hidup ketimbang laki-laki, yang membuatnya lebih mudah stres, senantiasa cemas, dan lebih r [...]

Bayi Perempuan RW Sehat, SS Belum Juga Diperiksa Polisi

Bayi Perempuan RW Sehat, SS Belum Juga Diperiksa Polisi

Bayi cantik lahir dari rahim RW, korban kasus asusila penyair Sitok Srengenge, dalam keadaan sehat pada Jumat 31 Januari 2014, pukul 21:15 WIB. Setelah lebih dari dua pekan, bagaimana keadaan ibu dan sang bayi tersebut? "Bayinya alhamdulillah sehat. Ibunya juga sehat. RW senang sekali begitu mengetahui anaknya lahir dalam keadaan sehat, dan sampai hari ini semuanya sehat-sehat saja," kata Ifa Kasuma, salah satu dari tim kuasa RW, saat diwawancarai Health Liputan6.com, Jakarta, Sabtu (8/2/2014) Bayi mungil yang belum diketahui namanya itu, tambah Ifa, memiliki pipi yang tembam, badan yang sedikit gemuk, dan raut wajah yang menggemaskan. Dan bayi itu, benar-benar dirawat RW dengan penuh kasih sayang dan perhatian. "Anaknya RW itu benar-benar cantik dan menggemaskan. RW terlihat senang mengasuh buah hatinya itu," kata Ifa menjelaskan. Selaku kuasa hukum RW, Ifa memang belum mengetahui siapa nama bayi cantik yang diperkirakan berzodiak Aquarius itu. Sepertinya, nama lengkap sang bayi baru diketahui saat prosesi akekahan yang akan dilaksanakan beberapa hari ke depan. "Kita sendiri belum tahu. Sepertinya baru akan mengetahui nama sang bayi saat akekahan. Saya sendiri penasaran," kata Ifa [...]

Pusat Lever dan Jantung, RS Pertamedika Resmi Beroperasi

Pusat Lever dan Jantung, RS Pertamedika Resmi Beroperasi

Rumah Sakit Pertamedika yang diklaim sebagai pusat lever dan jantung kini resmi dibuka. Bertempat di kawasan Sentul, Bogor, keberadaan rumah sakit ini menjawab permintaan masyarakat akan kebutuhan layanan lever terpadu di Indonesia. "Penyakit lever sendiri masalahnya adalah goals-nya yang bisa membuat komplikasi serius dari sirosis hingga transplantasi hati. Maka itu, dari 80 dokter, ada 20 dokter yang konsen di bidang lever dan jantung," kata Presiden Direktur RS Pertamedika Sentul City, Dr. Dany Amrul Ichdan, SE, MSc saat ditemui di RS Pertamedika yang beralamatkan di Jl. MH. Thamrin Kav. 57 Sentul City, Bogor, Senin (20/1/2014).Direktur Operasional RS Pertamedika, dr. Kamelia Faisal, MARS menerangkan, adanya rumah sakit ini juga menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan yang terpadu dan memadai di bidang penyakit lever. Dengan menggandeng ahli lever dan jantung dari Jepang dan Korea, diharapkan layanan akan makin menjawab kebutuhan masyarakat dan terjadi juga transfer ilmu dari dokter asing ke dokter Indonesia."Berdasarkan data dari WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), populasi penderita lever itu ada 15 persen di dunia. Tapi 3 persennya menjadi kronis dan sampai sirosis (peradang [...]

5 Penyebab Sariawan Mudah Muncul

5 Penyebab Sariawan Mudah Muncul

Makan dan berbicara menjadi hambatan bila kita mengalami sariawan. Bisul kecil yang sangat menyakitkan dan menjengkelkan ini berkembang di jaringan lunak mulut yang dapat muncul di bawah lidah, dalam pipi, bibir, atau di dasar gusi.Ketua Departemen Obstetri dan Ginekologi di Hackensack University Medical Center di New Jersey, Dr Manny Alvarez mengatakan, dokter sendiri tidak mengetahui persis apa yang menyebabkan seseorang mengalami sariawan. Tapi, ada beberapa faktor yang turut memengaruhi munculnya kondisi tak mengenakkan ini. Di antaranya; Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, Gizi buruk atau kekurangan vitamin, Luka ringan di mulut, Hormon, Penggunaan beberapa pasta gigi atau mencuci mulut yang mengandung sodium lauryl sulfate. Manny melanjutkan, sariawan bukanlah penyakit menular. Dan biasanya, sariawan akan mengecil dan hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu satu sampai dua minggu. Dilansir dari laman FoxNews, Senin (9/6/2014), dokter gigi sekaligus pemilik Klinik Peremajaan Kesehatan Gigi dan Mulut di New York, Dr Gerry Curatola mengatakan, untuk mengurangi sariawan, seseorang dapat melakukannya dengan rutin mengonsumsi vitamin B12 dan folat."Ini dapat dite [...]

Indonesia Berada di Urutan ke-5 untuk Jumlah Diabetesi

Indonesia Berada di Urutan ke-5 untuk Jumlah Diabetesi

Jumlah penyandang diabetes meningkatkan, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan populasi diabetes terbesar kelima di dunia, menanjak dari peringkat tujuh pada 2013.Data terbaru yang dikeluarkan oleh Federasi Diabetes Internasional (IDF), sebanyak 9,1 juta jiwa masyarakat Indonesia hidup dengan diabetes. Ini membuktikan bahwa pandemik diabetes dikhawatirkan melanda Indonesia lebih cepat dari perkiraan. Apabila terjadi, maka bonus demografik Indonesia yang diprediksikan terjadi pada 2030, justru dapat berbalik menjadi masyarakat dan ekonomi."Seiring dengan meningkatnya ekonomi suatu negara dan kehidupan modern di daerah urban, epidemi diabetes makin meningkat. Dengan itu, kami ingin tingkatkan kesadaran masyarakat terhadap ancaman diabetes, termasuk di Indonesia," kata Direktur PT. Novo Nordik, Sandeep Sur di Jakarta, ditulis Jumat (14/11/2014)Urbanisasi dan meningkatnya ekonomi perkotaan, lanjut dia, diidentifikasi sebagai dua kontributor yang menyebabkan peningkatan diabetes di Indonesia. Sebab, pada 2035 sebanyak 14,1 juta masyarakat Indonesia diprediksikan akan menyandang diabetes, dengan dua pertiga tinggal di perkotaan dan sisanya tinggal di pedesaan.Melihat peningkatan kes [...]

3 Cara Hentikan Kebiasaan Gigit Kuku

3 Cara Hentikan Kebiasaan Gigit Kuku

Baik anak kecil maupun besar banyak yang memiliki kebiasaan buruk menggigit kuku. Kebiasaan ini bermula saat kecil yang terus berlanjut hingga dewasa. Sayangnya, mereka yang gemar menggigit kuku tidak sadar hal ini menjadi kebiasaan. Biasanya menggigit kuku sebagai upaya untuk mengatasi rasa stres, bosan, frustrasi ataupun kesendirian. Bagi Anda maupun anak yang gemar melakukan kebiasaan ini segara dihentikna. Kuku menyimpan bakteri yang bisa masuk ke tubuh, selain itu menggigit kuku juga menyebabkan jari tangan lecet. Berikut tiga cara atasi kebiasaan gigit kuku seperti dilansir laman Boldsky pada Selasa (2/12/2014). 1. Rutin merawat kukuKuku yang rutin dipotong membuat Anda akan kesulitan menggigit kuku. Beda halnya dnegan kuku yang panjang. Bagi perempuan, bisa juga merawat kuku dengan mengecatnya. 2. Biarkan mulut dan tangan sibukAjak tangan dan mulut selalu sibuk sehingga lupa dengan kebiasaan menggigit kuku. Untuk mulut, coba mulai suka mengonsumsi permen karet. Untuk tangan, coba saja hobi baru seperti merajut yang akan membuat tangan selalu sibuk. 3. Tutupi kuku dengan perbanPasti ada salah satu kuku yang digemari untuk digigit. Pada kuku tersebut berikan perban pad [...]

Top 5 Health: Penyebab Wajah Terlihat Lelah Paling Disuka

Top 5 Health: Penyebab Wajah Terlihat Lelah Paling Disuka

Wajah terlihat lelah tentu saja kurang enak dipandang. Wajah kelihatan lelah bukan karena tidak pakai make up atau kurang tidur. Tapi tahukah Anda ternyata wajah lelah yang kadang terjadi pada diri itu karena kebiasaan kita sehari-hari terutama pola makan. Ada lho, makanan-makanan yang justru bikin wajah tampak lelah.Artikel penyebab wajah tampak lelah ini paling disukai pembaca health.liputan6.com edisi Sabtu 13 September 2014. Berikut 5 artikel yang masuk top 5 health: 4 Hal yang Bikin Wajah Tampak LelahAda 4 hal tak terduga yang mungkin tanpa Anda sadari menyumbang wajah terlihat lelah. Dan yang mengejutkan lagi, ternyata ini adalah pola hidup yang kerap dilakukan sehari-hari.Cara Ketahui Potensi Anak Sedari KecilSedari kecil kegemaran dan minat anak sudah mulai terlihat namun tak sedikit orang tua yang tak mampu meraba apa potensi si anak. Salah meraba potensi anak akan membuatnya tak akan berkembang sesuai potensi yang dimilikinya.Tetap Langsing dengan SarapanSarapan akan membuat metabolisme dalam tubuh berjalan dengan baik. Sarapan membuat porsi makan pada siang hari tak berlebihan. Jadi kalau ingin tetap langsing, jangan lupakan sarapan.Mengenali 3 Tanda DepresiMengenali [...]

Sakit Perut di Kala Menstruasi, Makan Pepaya

Sakit Perut di Kala Menstruasi, Makan Pepaya

Selain kaya vitamin A, C dan B, serat, magnesium, potasium dan sebagainya, buah yang banyak dijumpai di Indonesia ini juga ternyata bermanfaat dalam mengatasi sakit perut akibat menstruasi.Seperti dikutip Boldsky, Senin (13/10/2014) pepaya bermanfaat merangsang produksi estrogen sehingga bisa menormalisasi siklus dan mengatasi nyeri akibat menstruasi. Meski begitu, disarankan untuk mengonsumsi pepaya hijau.Selain mengatasi nyeri akibat menstruasi, pepaya juga bermanfaat untuk meredakan sembelit karena kandungan serat yang sangat tinggi. Dan terpenting, mengonsumsi pepaya secara rutin dapat mencegah masalah kardiovaskular. Pepaya dipercaya memiliki antioksidan, vitamin dan fitonutrien sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan diabetes. Melalui konsentrasi pro-vitamin A karotenoid fitonutrien, pepaya membantu mencegah oksidasi kolesterol yang menempel dan menumpuk di dinding pembuluh darah, dan kemudian membentuk plak berbahaya yang akhirnya dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Oleh sebab itu, tak heran bila pepaya masuk salah satu buah tersehat di dunia yang dicetuskan oleh lembaga non-profit, Whfoods. [...]

Dampak Buruk Masturbasi Ekstrem

Dampak Buruk Masturbasi Ekstrem

Aktivitas seksual berupa perangsangan pada alat kelamin untuk mendapatkan kenikmatan seksual yang dilakukan sendiri yang disebut masturbasi merupakan perilaku normal. Namun ketika Anda melakukannya setiap hari apalagi dalam beberapa kali untuk mendapatkan kesenangan tentu sudah mencapai tahap masturbasi berlebihan atau ekstrim seperti diungkapkan dalam laman Ask Men seperti dilansir pada Jumat (3/10/2014). Masturbasi berlebihan dapat merangsang asetilkolin atau fungsi saraf parasimpatik. Hal ini dapat mengakibatkan produksi hormon seks dan neurotransmitter berlebih yang menyebabkan perubahan besar kimia tubuh.Hal ini ditunjukkan dengan adanya perubahan fisik pada tubuh diantaranya kelelahan, rambut rontok, penglihatan kabur, testis menjadi nyeri. Masturbasi yang berlebihan membuat tekanan pada hati dan fungsi sistem saraf yang bisa menyebabkan kelelahan seksual termasuk pada anak muda. Hal ini menyebabkan impotensi atau disfungsi ereksi pada usia yang seharusnyat tidak terjadi. Selain itu, masturbasi berlebihan mampu menimbulkan kebocoran mani dimana sperma bisa keluar tanpa ereksi. Hal ini menandkan baha saraf yang menjaga katup ejakulasi melemah karena penggunaan yang berleb [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *