Ini Dia Biang Kerok Nyeri Ulu Hati

ulu-hati-maag-sakit-perut.jpg

Apakah Anda sering mengeluh nyeri pada ulu hati? Nyeri ini dirasakan seperti nyeri panas dan rasa terbakar yang timbul pada daerah perut tengah Anda yang dapat menyebar ke leher.

Nyeri itu dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti penyakit maag dan penyakit GERD. Dua penyakit ini tidak bisa disepelekan, pasalnya GERD jika dibiarkan dapat menjerumuskan Anda ke penyakit kanker esofagus. (Baca: Sering Asam Lambung, Awas Bisa Kanker!)

Namun jangan khawatir, berikut ini ada beberapa info yang bermanfaat bagi Anda mengenai apa-apa saja yang menyebabkan nyeri ulu hati yang ada.

Nah, bagaimana cara mencegah nyeri ulu hati?

Cobalah untuk menghindari cara makan atau makanan yang ditulis dibawah ini.

Ini Dia Biang Kerok Ulu Hati

Apakah Anda sering mengeluh nyeri pada ulu hati? Nyeri ini dirasakan seperti nyeri panas dan rasa terbakar yang timbul pada daerah perut tengah Anda yang dapat menyebar ke leher.

Nyeri itu dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti penyakit maag dan penyakit GERD. Dua penyakit ini tidak bisa disepelekan, pasalnya GERD jika dibiarkan dapat menjerumuskan Anda ke penyakit kanker esofagus. (Baca: Sering Asam Lambung, Awas Bisa Kanker!)

Namun jangan khawatir, berikut ini ada beberapa info yang bermanfaat bagi Anda mengenai apa-apa saja yang menyebabkan nyeri ulu hati yang ada.

Nah, bagaimana cara mencegah nyeri ulu hati?

Cobalah untuk menghindari cara makan atau makanan yang ditulis dibawah ini.

1. Jangan Terlalu Banyak Makan

Selain jenis makanan yang Anda konsumsi, coba pikirkan jumlah yang Anda konsumsi. Konsumsi makanan yang banyak juga dapat memicu timbulnya nyeri ulu hati. Coba makan dengan porsi yang lebih kecil. (Baca: 6 Makanan Pencegah Perut Kembung)

Makan sekaligus banyak dalam satu kali makan lebih berisiko menyebabkan kegemukan dibandingkan makan dalam porsi kecil namun dengan interval waktu yang tertib.

Obesitas dapat meningkatkan tekanan dalam perut dan menyebabkan isi lambung naik ke tenggorokan. Makanan dalam porsi besar juga dapat meningkatkan tekanan perut dan menyebabkan hal yang sama.

2. Jangan Makan Tergesa-Gesa

Apakah Anda sering makan cepat-cepat? Mengkonsumsi makanan secara tergesa-gesa dapat memicu terjadinya nyeri ulu hati.

Cobalah untuk pelan-pelan saat Anda mengkonsumsi makanan. Tidak salahnya untuk menikmati sebuah hidangan yang tidak lain merupakan sebuah sesuatu hal yang dapat Anda syukuri.

Kunyah baik-baik makanan yang ada, hindari juga untuk mengunyah makan dalam satu suapan yang besar.

3. Hindari Makanan Berlemak

Makanan yang tinggi akan lemak dapat tinggal dalam lambung lebih lama, dan semakin lama makanan berada dalam lambung maka dapat menimbulkan rasa tidak nyaman yang lama.

Bila Anda mengkonsumsi makanan tinggi lemak yang banyak (seperti ayam goreng atau kentang goreng) hal ini yang dpaat memicu timbulnya nyeri ulu hati. (Baca: Awas Gagal Ereksi Karena Kebanyakan Makan)

4. Hindari Makanan Dengan Asam Tinggi

Hindari makanan-makanan yang memiliki kandungan asam tinggi seperti:

  • tomat
  • buah citrus
  • jeruk
  • lemon
  • anggur

Pasalnya makanan-makanan tersebut dapat memicu nyeri ulu hati terutama bila Anda mengkonsumsi makanan ini dengan perut kosong. (Baca: 6 Makanan yang Memperparah Maag)

5. Hindari Minuman yang dapat Memicu Nyeri Ulu Hati

Hindari beberapa jenis minuman seperti:

  • kopi
  • teh yang mengandung kafein
  • minuman bersoda
  • minuman alkohol.

Minuman yang mengandung kafein dapat meningkatkan asam lambung dan minuman alkohol dapat merelaksasi pintu kerongkongan yang dapat memicu naiknya asam lambung ke atas yang menyebabkan timbulnya nyeri ulu hati. Untuk menghindari hal ini coba konsumsi minuman seperti susu dan air putih.

6. Waspada Coklat

Sekalipun cokelat hadir dengan banyak manfaat untuk kesehatan, Anda harus mewaspadai kandungan kafein yang kerap ikut hadir di cokelat.

Pasalnya, kafein yang terdapat di cokelat dapat mencetus nyeri ulu hati.

Namun bagi Anda penggila cokelat, cobalah untuk mengkonsumsi coklat dalam porsi yang sedikit dengan membatasi porsi yang ada.

7. Hindari Makanan Pedas

Hal ini tidak dapat dipungkiri lagi, hindarilah makanan pedas bagi Anda yang memiliki riwayat asam lambung. Pasalnya, makanan pedas dapat memicu GERD yang memiliki gejala nyeri ulu hati. Terutama hindari makanan yang memiliki lada dan rasa pedas yang siap mendatangkan ngilu nyeri ulu hati.

(EA)

Baca juga:
6 Cara Bangun Mood Seks
Migraine Sering Kambuh, Gimana Solusinya?
10 Mitos Kehamilan Terkait Makanan

Ditulis oleh:
dr. Dewi Ema Anindia
Anggota Redaksi Medis

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ingin Kulit Cerah? Coba 5 Makanan Ini

Ingin Kulit Cerah? Coba 5 Makanan Ini

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kulit yang sehat adalah dengan mengonsumsi menu yang bergizi. Namun beberapa jenis makanan mengandung zat gizi lebih tinggi yang penting untuk kulit, sehingga sangat baik apabila disertakan dalam menu sehari-hari. Berikut di antaranya: 1. Sayuran hijau Contoh makanan yang dimaksud adalah bayam, selada, kale, daun pepaya, kubis, kangkung, sawi hijau, dan sayuran berdaun hijau lainnya. Zat gizi yang terkandung dalam sayuran hijau dan bermanfaat bagi kulit di antaranya vitamin B, C, dan E, serta asam lemak omega-3. Kadar antioksidan yang dimiliki bayam lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya. Antioksidan berperan melindungi dan mengurangi efek kerusakan kulit akibat radikal bebas dan sinar matahari. 2. Buah-buahan Contohnya buah berwarna kuning, oranye, dan merah seperti jeruk, wortel, tomat, alpukat, nanas, dan beri. Kandungan gizi yang terkandung seperti vitamin C berperan sebagai antioksidan dalam melawan radikal bebas, sehingga membantu menjaga kulit tetap elastis dan mencegah penuaan. Sertakan 1 porsi buah dalam menu makan Anda. Penyajian dalam bentuk buah potong lebih baik dibandingkan dengan bentuk jus, karena kandungan serat y [...]

Ini Bentuk Sentuhan yang Bisa Kurangi Rasa Sakit

Ini Bentuk Sentuhan yang Bisa Kurangi Rasa Sakit

Sentuhan bisa membantu meringankan rasa sakit pada luka, bengkak atau sakit lainnya secara fisik. Penelitian terbaru menemukan, mengelus-elus secara lembut kulit yang berjarak satu atau dua inci dari area yang terluka bisa mengurangi intensitas rasa sakit.Efek ini ditimbulkan dari serat-serat syaraf di permukaan kulit yang memroses rangsangan sentuhan antara bagian yang disentuh dan yang sakit, sehingga berfungsi seperti analgesik alami. Penemuan ini didapat setelah dilakukan percobaan kepada beberapa sukarelawan.Partisipan penelitian ditutup matanya dan diminta memakai headphone. Gunanya untuk menahan sensor lain yang mungkin mengganggu respon partisipan terhadap rasa sakit. Kemudian laser ditembakkan ke bagian lengan untuk menimbulkan rasa sakit pada partisipan.Pada beberapa partisipan, selain disinari laser, mereka juga diberi stimulasi sentuhan menggunakan kuas nilon di dekat area yang dilaser, berjarak 1 cm. Hasilnya menunjukkan, ketika penyinaran laser dan sentuhan dilakukan secara terus menerus dan bersamaan, partisipan tidak merasakan sakit yang menusuk atau tajam. Sementara pada kelompok yang hanya disinari laser, rasa sakitnya 93 persen lebih tinggi. Tapi ketika diberi [...]

Hati-hati Saat Melakukan 5 Perawatan Kecantikan Ini

Hati-hati Saat Melakukan 5 Perawatan Kecantikan Ini

Semua wanita pasti senang mengunjungi salon kecantikan untuk melakukan perawatan tubuh. Tetapi tahukah Anda bahwa salon juga bisa jadi tempat yang membahayakan kesehatan?Seperti yang dikutip dari huffingtonpost, terdapat beberapa perawatan kecantikan yang bisa menyebabkan masalah serius pada kesehatan. Misalnya, infeksi jamur, selulitis --penyebaran infeksi bakteri ke dalam kulit dan jaringan di bawah kulit-- bahkan risiko terkena kanker. Sebelum Anda panik, ketahui dulu lima perawatan yang berbahaya dan cara menghindarinya.1. Ear Candle atau Terapi Lilin untuk TelingaPenumpukan kotoran di telinga yang berlebihan bisa menyebabkan ketidaknyamanan. Itu sebabnya telinga harus rutin dibersihkan. Salah satunya dengan ear candle, yang dianggap bisa membersihkan dan dipercaya bisa meningkatkan pendengaran.Sayangnya, para ahli justru memberi peringatan bahwa ear candle bisa berbahaya dan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Seperti luka bakar, perforasi atau lubang pada gendang telinga dan penyumbatan di saluran telinga.Beberapa ahli kesehatan pun menyarankan agar tidak lagi melakukan ear candle untuk membersihkan telinga. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan cairan peroksida [...]

Seperti Apa Kondisi Hipersensitivitas?

Seperti Apa Kondisi Hipersensitivitas?

Jika sistem kekebalan tubuh menimbulkan berbagai macam reaksi yang tidak diinginkan atau hipersensitivitas, Anda harus waspada karena bisa merusak tubuh bahkan berakibat fatal. Sejatinya fungsi sistem kekebalan tubuh adalah untuk melindungi tubuh dari penyakit dan unsur-unsur yang berpotensi berbahaya untuk tubuh. Namun ada juga kondisi di mana sistem kekebalan tubuh keliru dan bereaksi berlebihan sehingga menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan. Hal ini disebut hipersensitivitas. Reaksi yang tak dikehendaki tersebut bisa saja merusak tubuh, membuat tak nyaman bahkan berakibat fatal. Hipersensitivitas meliputi alergi ringan, anafilaksis, hingga kondisi autoimun. Untuk hipersensitivitas terjadi, tubuh pertama akan terpapar unsur penyebab reaksi tersebut atau yang dikenal dengan istilah antigen. Setelah terjadi kontak antara tubuh dan antigen, sistem kekebalan tubuh kemudian bereaksi Secara umum hipersensitivitas dibagi menjadi empat tipe, yaitu: Reaksi hipersensitivitas tipe 1 Tipe ini sama dengan alergi dan biasa disebut reaksi hipersensitivitas langsung atau segera. Reaksi hipersensitivitas tipe 1 melibatkan sejenis antibodi yang disebut imunoglobulin E (IgE). Senyawa IgE ters [...]

Keterampilan Perawatan Anak yang Sederhana Dapat Mengurangi Angka Kematian Anak di Indonesia

Keterampilan Perawatan Anak yang Sederhana Dapat Mengurangi Angka Kematian Anak di Indonesia

Menurut statistik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), kurangnya pengetahuan akan perawatan kesehatan yang paling dasar dan kurangnya sistem sanitasi berpengaruh terhadap tingginya angka kematian pada kalangan anak-anak di bawah usia lima tahun di Indonesia. Menurut Countdown 2015, sebuah kolaborasi global untuk mencapai tujuan pembangunan milenium yang berhubungan dengan kesehatan, sebanyak 151,000 anak-anak di Indonesia meninggal sebelum mereka berusia 5 tahun pada tahun 2010. Sekitar 35 kematian dari 1000 kelahiran. Berikut adalah penyebab anak di bawah lima tahun meninggal pada tahun 2010, pneumonia yang menyumbang 14 persen dari kematian, kelahiran prematur menyebabkan 21 persen, luka 6 persen, campak dan diare masing-masing 5 persen, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Badan ini mencatat bahwa 48 persen kematian anak terjadi pada 28 hari kehidupan pertama mereka. ?Gizi buruk dan kurangnya air bersih merupakan kontributor yang esensial pada angka kematian anak di Indonesia,? ujar Isni Ahmad, seorang juru bicara LSM, Plan International, sebuah organisasi internasional pengembangan masyarakat dan kemanusiaan yang berpusat pada anak, di Indonesia. ?Upaya untuk mencegah kematia [...]

Kacang Kenari Cegah Risiko Kanker Payudara

Kacang Kenari Cegah Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh wanita karena bisa sebabkan kematian jika telat mendiagnosa. Untuk mencegah risikonya, mengonsumsi kacang kenari adalah salah satu solusinya.Kacang kenari memang tidak terlalu populer bila dibandingkan jenis makanan lainnya yang disebut-sebut sebagai makanan anti kanker seperti kedelai atau tomat. Namun penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kacang kenari secara rutin bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol sehat (HDL) dalam tubuh.Tidak hanya itu, kenari juga diketahui sangat baik untuk mencegah dan memperlambat perkembangan kanker payudara. Kenari sangat unik dibandingkan kacang-kacangan lainnya karena satu-satunya kacang yang mengandung asam alpha-linolenic, salah satu tipe asam lemak omega 3 dengan kandungan yang paling banyak, seperti dikutip dari Health.Sumber alpha-linolenic lainnya bisa didapat dari kedelai, biji rami, ikan laut dan beberapa sayuran hijau. Namun kandungannya hanya sedikit dan tidak ada yang melebihi kenari.Dalam studinya, peneliti ingin mengetahui pengaruh konsumsi kenari terhadap perkembangan kanker payudara pada tikus percobaan. Kandungan yang terdapat dalam ken [...]

Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan

Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan

Beberapa dekade terakhir oatmeal semakin popular untuk dijadikan bagian asupan sehari-hari. Hal ini bukan tanpa alasan, selain rasanya yang enak, oatmeal juga memiliki manfaat kesehatan yang sudah terbukti. Mari kita lihat apa saja manfaat kesehatan dari oatmeal. Apa itu oatmeal? Oatmeal adalah makanan yang diolah dari biji-bijian dan memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan. Sejarah oatmeal sudah tercatat cukup panjang, khususnya dari daratan Eropa. Oatmeal tercatat berkembang di daerah Skotlandia, dimana tanaman ini cocok tumbuh di daerah tersebut. Berbagai jenis makanan turunan oatmeal juga ditemukan di daerah tersebut. Apa saja manfaat oatmeal bagi kesehatan? Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan Apa saja manfaat oatmeal bagi kesehatan? � Menurunkan kolesterol Oatmeal dapat menurunkan kolesterol dengan menurunkan absorpsi kolesterol jahat atau kolesterol LDL. Hal ini dikarenakan oatmeal mengandung serat larut yang dapat menurunkan absorbsi kolesterol ini. � Menurunkan risiko tekanan darah tinggi Konsumsi oatmeal secara teratur juga dapat mengurangi risiko seorang terkena tekanan darah tinggi. Penurunan kejadian tekanan darah [...]

Kini Harga Obat Kanker Lebih Terjangkau Karena Diproduksi Dalam Negeri

Kini Harga Obat Kanker Lebih Terjangkau Karena Diproduksi Dalam Negeri

Sebuah titik cerah di dunia kesehatan Indonesia kembali terbit, setelah sejak 2014 PT. Kalbe Farma telah resmi mengoperasikan pabrik obat kanker di kawasan Pulogadung, Jakarta. Demikiannya hal ini berdampak pada lebih terjangkaunya harga obat kanker di Indonesia. Sebagaimana disampaikan Michael Buyung Nugroho, Direktur PT. Kalbe Farma Tbk., "Dengan adanya pabrik tersebut, harga obat kanker dapat ditekan sampai dengan 40 persen," pada kesempatan jumpa pers di Kalbe Oncology Forum Sabtu (2/5/2015). Usaha produksi mandiri ini dapat terealisasi setelah Kalbe melakukan transfer teknologi dengan Samyang Pharmaceutical, Korea Selatan. Dengan produk obat kanker yang telah tersedia untuk kemoterapi dan terapi penunjang kemo, serta nutrisi untuk pasien, Kalbe memberikan harapan pada dunia kesehatan Indonesia, pada khususnya onkologi. Pasalnya, kanker telah lama menjadi momok yang diderita masyarakat Indonesia. Sebagaimana terlansir dari data Jamkesmas pada tahun 2012, pengobatan kanker telah menghabiskan Rp.144,7 miliar. Demikiannya kehadiran obat kanker dengan harga yang lebih terjangkau dapat membantu meringankan beban biaya rakyat Indonesia dalam mengupayakan penanganan penyakit kanker. O [...]

Benarkah Cuaca yang Berubah-ubah Membuat Kita Mudah Sakit?

Benarkah Cuaca yang Berubah-ubah Membuat Kita Mudah Sakit?

Setiap kali terserang suatu penyakit, orang cenderung punya sesuatu untuk disalahkan. ?Ini pasti gara-gara makanan yang kubeli kemarin?, ?ini pasti aku tertular si Bayu?. Salah satu kambing hitam yang paling sering dilibatkan adalah cuaca. ?Cuaca nya tak menentu sih, makanya aku sakit?. Benarkah cuaca yang berubah-ubah membuat kita sakit? Saat ini, aturan musim panas dan musim hujan tidak berlaku lagi, setidaknya di negara kita ini. Kadang di siang hari begitu teriknya sampai-sampai kita bercucuran keringat, tetapi menjelang malam hujan serta merta menerjang, bahkan sampai mengakibatkan banjir. Begitu seterusnya, cuaca berubah-ubah tanpa kejelasan, fenomena ini disebut anomali cuaca. (Baca: Sehat di Musim Pancaroba). Perubahan suhu mengakibatkan penurunan kondisi tubuh yang tiba-tiba, belum lagi jika banyak uap dari debu yang kering yang mudah terbawa udara, perubahan ini diikuti bakteri dan virus yang menyebar dengan leluasa. Akibatnya, ketika sistem pertahanan tubuh kita turun ditambah dengan agen infeksius yang merajarela, otomatis kita mudah terserang penyakit. (Baca: Peningkatan Suhu Iklim Potensi Penyakit ISPA Melonjak). Lalu adakah yang bisa kita lakukan? Tentunya ada, mis [...]

5 Manfaat yang Didapat dari Bersepeda

5 Manfaat yang Didapat dari Bersepeda

Bersepeda tidak hanya bisa membuat berat badan ideal saja. Ada beberapa manfaat baik yang didapat oleh tubuh dengan cara bersepeda. Apa saja?Bersepeda dengan sepeda statis atau sepeda biasa merupakan salah satu latihan kardio yang baik. Namun, seperti yang dikutip dari ezinearticle, ada beberapa manfaat bersepeda lain yang bisa Anda dapatkan.1. Jantung sehatDengan bersepeda, detak jantung akan meningkat dan nafas menjadi berat, tetapi bukan berarti kehabisan nafas. Hal ini justru meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas dan penyakit jantung. Latihan kardio seperti ini diperkirakan dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 22 persen.2. Mengurang obesitasBersepeda juga bisa dinilai sebagai kegiatan aerobik yang dapat bantu membakar kalori hingga 300 kalori tiap 30 menit. Olahraga ini terbukti sangat efektif dalam program penurunan badan, jika Anda terus bersepeda minimal lima kali dalam semingggu.3. Meningkatkan moodBeberapa penelitian menujukkan bahwa bersepeda terbukti efektif dalam mengurangi stres dan depresi. Selain itu, kegiatan ini juga bisa bantu tingkatkan rasa percaya diri dan buat anda lebih mengh [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *