Ini Dia Biang Kerok Nyeri Ulu Hati

ulu-hati-maag-sakit-perut.jpg

Apakah Anda sering mengeluh nyeri pada ulu hati? Nyeri ini dirasakan seperti nyeri panas dan rasa terbakar yang timbul pada daerah perut tengah Anda yang dapat menyebar ke leher.

Nyeri itu dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti penyakit maag dan penyakit GERD. Dua penyakit ini tidak bisa disepelekan, pasalnya GERD jika dibiarkan dapat menjerumuskan Anda ke penyakit kanker esofagus. (Baca: Sering Asam Lambung, Awas Bisa Kanker!)

Namun jangan khawatir, berikut ini ada beberapa info yang bermanfaat bagi Anda mengenai apa-apa saja yang menyebabkan nyeri ulu hati yang ada.

Nah, bagaimana cara mencegah nyeri ulu hati?

Cobalah untuk menghindari cara makan atau makanan yang ditulis dibawah ini.

Ini Dia Biang Kerok Ulu Hati

Apakah Anda sering mengeluh nyeri pada ulu hati? Nyeri ini dirasakan seperti nyeri panas dan rasa terbakar yang timbul pada daerah perut tengah Anda yang dapat menyebar ke leher.

Nyeri itu dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti penyakit maag dan penyakit GERD. Dua penyakit ini tidak bisa disepelekan, pasalnya GERD jika dibiarkan dapat menjerumuskan Anda ke penyakit kanker esofagus. (Baca: Sering Asam Lambung, Awas Bisa Kanker!)

Namun jangan khawatir, berikut ini ada beberapa info yang bermanfaat bagi Anda mengenai apa-apa saja yang menyebabkan nyeri ulu hati yang ada.

Nah, bagaimana cara mencegah nyeri ulu hati?

Cobalah untuk menghindari cara makan atau makanan yang ditulis dibawah ini.

1. Jangan Terlalu Banyak Makan

Selain jenis makanan yang Anda konsumsi, coba pikirkan jumlah yang Anda konsumsi. Konsumsi makanan yang banyak juga dapat memicu timbulnya nyeri ulu hati. Coba makan dengan porsi yang lebih kecil. (Baca: 6 Makanan Pencegah Perut Kembung)

Makan sekaligus banyak dalam satu kali makan lebih berisiko menyebabkan kegemukan dibandingkan makan dalam porsi kecil namun dengan interval waktu yang tertib.

Obesitas dapat meningkatkan tekanan dalam perut dan menyebabkan isi lambung naik ke tenggorokan. Makanan dalam porsi besar juga dapat meningkatkan tekanan perut dan menyebabkan hal yang sama.

2. Jangan Makan Tergesa-Gesa

Apakah Anda sering makan cepat-cepat? Mengkonsumsi makanan secara tergesa-gesa dapat memicu terjadinya nyeri ulu hati.

Cobalah untuk pelan-pelan saat Anda mengkonsumsi makanan. Tidak salahnya untuk menikmati sebuah hidangan yang tidak lain merupakan sebuah sesuatu hal yang dapat Anda syukuri.

Kunyah baik-baik makanan yang ada, hindari juga untuk mengunyah makan dalam satu suapan yang besar.

3. Hindari Makanan Berlemak

Makanan yang tinggi akan lemak dapat tinggal dalam lambung lebih lama, dan semakin lama makanan berada dalam lambung maka dapat menimbulkan rasa tidak nyaman yang lama.

Bila Anda mengkonsumsi makanan tinggi lemak yang banyak (seperti ayam goreng atau kentang goreng) hal ini yang dpaat memicu timbulnya nyeri ulu hati. (Baca: Awas Gagal Ereksi Karena Kebanyakan Makan)

4. Hindari Makanan Dengan Asam Tinggi

Hindari makanan-makanan yang memiliki kandungan asam tinggi seperti:

  • tomat
  • buah citrus
  • jeruk
  • lemon
  • anggur

Pasalnya makanan-makanan tersebut dapat memicu nyeri ulu hati terutama bila Anda mengkonsumsi makanan ini dengan perut kosong. (Baca: 6 Makanan yang Memperparah Maag)

5. Hindari Minuman yang dapat Memicu Nyeri Ulu Hati

Hindari beberapa jenis minuman seperti:

  • kopi
  • teh yang mengandung kafein
  • minuman bersoda
  • minuman alkohol.

Minuman yang mengandung kafein dapat meningkatkan asam lambung dan minuman alkohol dapat merelaksasi pintu kerongkongan yang dapat memicu naiknya asam lambung ke atas yang menyebabkan timbulnya nyeri ulu hati. Untuk menghindari hal ini coba konsumsi minuman seperti susu dan air putih.

6. Waspada Coklat

Sekalipun cokelat hadir dengan banyak manfaat untuk kesehatan, Anda harus mewaspadai kandungan kafein yang kerap ikut hadir di cokelat.

Pasalnya, kafein yang terdapat di cokelat dapat mencetus nyeri ulu hati.

Namun bagi Anda penggila cokelat, cobalah untuk mengkonsumsi coklat dalam porsi yang sedikit dengan membatasi porsi yang ada.

7. Hindari Makanan Pedas

Hal ini tidak dapat dipungkiri lagi, hindarilah makanan pedas bagi Anda yang memiliki riwayat asam lambung. Pasalnya, makanan pedas dapat memicu GERD yang memiliki gejala nyeri ulu hati. Terutama hindari makanan yang memiliki lada dan rasa pedas yang siap mendatangkan ngilu nyeri ulu hati.

(EA)

Baca juga:
6 Cara Bangun Mood Seks
Migraine Sering Kambuh, Gimana Solusinya?
10 Mitos Kehamilan Terkait Makanan

Ditulis oleh:
dr. Dewi Ema Anindia
Anggota Redaksi Medis

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ternyata, Stres Bisa Berikan 5 Manfaat Kesehatan Ini

Ternyata, Stres Bisa Berikan 5 Manfaat Kesehatan Ini

Stres seringkali dihubungkan dengan bertambahnya berat badan, kerontokan rambut hingga serangan jantung. Tapi, stres tidak selamanya berakibat buruk. Stres pun bisa meningkatkan kesehatan seseorang."Stres merupakan hal yang sangat menyehatkan, karena memberikan energi yang Anda butuhkan untuk menjalani hidup. Tanpa itu Anda tidak akan memiliki energi yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan," ujar Jacob Teitelbaum, MD, direktur medis dari Fibromyalgia and Fatigue Centers, seperti yang dikutip dari Prevention internasional.Perasaan cemas memicu reaksi untuk melepaskan kortisol dan adrenalin agar yang dapat mendorong Anda untuk bereaksi, misalnya bergerak cepat ketika akan ditabrak mobil. Rasa cemas juga dapat meningkatkan imunitas. Berikut lima manfaat kesehatan yang bisa didapat dari stres.1. Stres Bisa Bantu Mencegah Pilek & FluJika Anda merasakan tekanan 'deadline' dalam jangka waktu pendek, tubuh akan bekerja lebih lama untuk membuat Anda merasa nyaman dan tetap sehat. Hal itu karena stres membantu sistem kekebalan tubuh dengan cara mengatur kelenjar adrenal -- kelenjar yang dapat menyeimbangkan sistem imun."Kelenjar itu dapat bantu memproduksi kortisol, anti-inflamasi da [...]

Kentut Bau, Sehatkah?

Kentut Bau, Sehatkah?

Tidak tidak sedikit kasus sakit hati yang terjadi dilatarbelakangi oleh kejadian kentut yang terlepas (atau dilepas dengan sengaja). Aromanya yang kurang sedap juga tidak jarang menjadi pemicu pertumpahan fitnah dalam pergaulan. Kehadirannya sering membuat onar ?kesehatan? lingkungan sosial, namun apakah kehadirannya senantiasa menjadi biang kerok kesehatan tubuh juga? Simak lebih jauh disini. Kentut dalam bahasa medis dikenal dengan istilah Flatulensi. Proses ini adalah keluarnya gas dari saluran pencernaan manusia. Keluarnya gas dari anus manusia dapat disebabkan oleh berbagai hal, misal produksi sampingan dari makanan yang Anda konsumsi atau efek dari pengobatan. Bagaimana proses terjadinya kentut? Dalam keadaan normal, manusia akan menelan sejumlah udara ketika menelan makanan. Udara ini dapat terakumulasi di dalam saluran pencernaan. Kumpulan udara ini perlu dikeluarkan dari dalam saluran pencernaan melalui flatulensi atau cegukan. Bau yang khas dari flatulensi berasal dari komponen sulfur yang tekandung dalam gas yang dikeluarkan tubuh. (Baca: Menghilangkan Kembung) Apa penyebab kentut? Berikut penjelasannya: Apa Penyebab Kentut? Berikut Penjelasannya: [...]

5 Penyebab Gangguan Ereksi

5 Penyebab Gangguan Ereksi

Disfungsi ereksi terjadi ketika seorang pria megalami masalah untuk mempertahankan ereksi yang konsisten dan berulang. Bila tidak dilakukan terapi maka DE akan menyebabkan kesulitan dalam berhubungan seksual. Kejadian ini dilaporkan pada 1 diantara 5 pria dan angkanya bertambah dengan usia. Ada banyak sekali masalah seksual pada pria seperti libido yang rendah dan gangguan ejakulasi. Namun DE disebut sebagai gangguan untuk mencapai atau mempertahankan ereksi. Pria dengan gangguan ereksi biasanya memiliki libido yang sehat namun kesulitan untuk mencapai ereksi. Gangguan ereksi akan semakin sering terjadi dengan meningkatnya usia pada pria,biasanya pada usia 40-70 tahun. Sebelum kita membahas hal apa saja yang menjadi penyebab disfungsi ereksi, ada baiknya kita mengenali lebih dulu dan mendalam mengenai disfungsi ereksi berikut ini: Gejala dari gangguan ereksi termasuk: Ereksi yang terlalu lembek untuk hubungan seksual Ereksi yang terlalu sebentar untuk hubungan seksual Kesulitan mencapai ereksi Kenapa hal ini bisa terjadi? Ereksi terjadi saat adanya peningkatan suplai darah ke organ yang dinamakan corpora cavernosa. Hal ini menyebabkan penis membesar dan [...]

Ingin Bebas Stres? Cukupi Zat Besi!

Ingin Bebas Stres? Cukupi Zat Besi!

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani Menurut studi terbaru yang dilakukan oleh Sunnybrook Research Institute, Universitas Toronto dan dipublikasikan pada jurnal Biological Psychiatry, kadar zat besi yang rendah di dalam darah memiliki hubungan dengan depresi. Studi ini menganalisa konsentrasi zat besi dalam darah pada 1643 pasien depresi dan 804 pasien non-depresi yang diambil dari 17 penelitian. Berdasarkan penelitian ini, sebagian besar pasien depresi memiliki kadar zat besi yang lebih rendah dibandingkan pasien non-depresi. Semakin rendah kadar zat besi maka semakin berat derajat depresi. Meskipun studi ini tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat secara langsung, hubungan antara kadar zat besi dan depresi dapat dijelaskan secara ilmiah. Zat besi dibutuhkan untuk oksigenasi dan produksi energi pada parenkim otak, serta sintesis neuro-transmiter dan myelin (serat syaraf). Zat besi juga memiliki efek sebagai antioksidan, yang menjaga keseimbangan fungsi endokrin, sistem imun, dan fungsi kognitif. Selain itu, zat besi juga memegang peranan penting dalam mengatur sirkuit glutamatergik kortikal dan hipokampus yang mengatur afektif / perilaku. Depresi dapat menyerang siapa saja dan pada usia [...]

Inilah Tes Pendeteksi Kanker Serviks

Inilah Tes Pendeteksi Kanker Serviks

Oleh: dr. Virgi Saputra Skrining Kanker ServiksPemeriksaan skrining bertujuan untuk menyaring, jadi bukan untuk diagnosa pasti. Jadi sifatnya harus mudah, terpercaya, dan efektif biaya (cost-effective). Ada 2 tes yang terbukti efektif untuk keperluan skrining kanker serviks: 1. Pap Smear.Pemeriksaan pap smear bertujuan untuk mendeteksi perubahan sel yang dapat berkembang menjadi kanker apabila tidak ditangani dengan semestinya. Tes ini dapat mengenali tahap pra-kanker. Pada tahap pra-kanker sel serviks sudah menunjukkan perubahan yang dapat dilihat di bawah mikroskop dengan pewarnaan Papanicolaou. Pemeriksaan ini dapat dilakukan di poliklinik atau praktek pribadi dokter. Saat melakukan pap smear, dokter akan memasukkan alat dari logam yang disebut spekulum untuk melebarkan liang vagina. Hal ini membantu dokter mengamati vagina dan serviks, lalu mengambil sejumlah sel dan lendir di serviks dan sekitarnya. Bahan ini akan ditaruh di atas kaca obyek (pap smear konvensional) atau di dalam cairan (Liquid Based Cytology/LBC) untuk diperiksa di laboratorium3. LBC adalah metode perbaikan dari pap smear konvensional dimana seluruh sel yang didapat dimasukkan ke dalam cairan sehingga tidak ad [...]

6 Makanan untuk Mencegah Dehidrasi

6 Makanan untuk Mencegah Dehidrasi

Ketika Anda sedang haus, segelas penuh minuman dingin sangat menggoda. Ternyata, tidak hanya minuman yang bisa jadi alternatif untuk merehidrasi tubuh saat kekurangan cairan, tapi juga makanan.?Buah dan sayuran mengandung 90 persen air. Meskipun tidak cukup besar kadar airnya untuk tubuh kita, tapi menjadi sumber yang baik saat sedang butuh cairan,? ungkap Roberta Anding, seorang juru bicara Akademi Gizi dan Diet, serta direktur nutrisi olahraga di Texas Children's Hospital.Seperti yang dilansir dari The Huffington Post, berikut ini enam makanan dengan kadar air tinggi yang baik untuk membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh.1.SemangkaSemangka mempunyai tingkat hidrasi yang tinggi, sekitar 92 persen air. Selain itu, semangka juga mengandung nutrisi beta karoten (nutrisi yang akan menjadi vitamin A), likopen, dan vitamin C. Buah merah dan segar ini kaya elektrolit natrium dan kalium sehingga dapat dijadikan pengganti cairan tubuh setelah olahraga.2.KetimunSebagian besar kandungan dari ketimun adalah air. Ketimun juga mengandung vitamin C dan dapat membuat kulit lebih cerah. Kandungan serat makanan di dalamnya dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga melancarkan prose [...]

Gejala Diabetes Bisa Terlihat di Mulut

Gejala Diabetes Bisa Terlihat di Mulut

Pada beberapa kasus penderita diabetes ditemukan setelah memeriksakan diri ke dokter gigi, karena mengalami gangguan dalam rongga mulut. Beberapa gejala diabetes melitus bermanifestasi dalam rongga mulut, dan yang sering dikeluhkan oleh pasien adalah gigi goyang, rongga mulut terasa kering, bau mulut tidak sedap dan sulit menelan. Manifestasi penyakit ini didalam rongga mulut ditemukan pada penderita diabetes meilitus yang sudah lanjut, karena hampir tidak ada perbedaan antara penderita dengan yang tidak menderita diabetes melitus pada fase awal. Gejala-gejala yang timbul seiring dengan perjalanan penyakit ini dapat terjadi sendiri-sendiri atau bersamaan, gejala tersebut meliputi peningkatan lubang pada gigi, peradangan jaringan pendukung gigi (periodotitis) yang menyebabkan gigi-gigi menjadi goyang, gusi mudah berdarah, produksi air liur berkurang, lichen planus, kandidiasis atau jamur, sensasi rongga mulut seperti terbakar, gangguan dalam penelanan dan gangguan pengecapan. Mukosa yang pucat dan rasa sakit yang menyeluruh pada gigi tanpa adanya rangsangan (odontalgia) yang disertai perubahan warna merupakan gambaran klinis rongga mulut pada penderita diabetes yang tidak terkontr [...]

Mendukung Istri Saat Hamil Dengan Pijatan

Mendukung Istri Saat Hamil Dengan Pijatan

Oleh: dr. Sophia B. Hage Saat hamil seorang perempuan mengalami banyak perubahan baik secara fisik maupun mental. Dari segi fisik akan mulai timbul keluhan seperti nyeri punggung, nyeri perut atau kembung, leher kaku atau pegal, bahkan kaki bengkak. Melakukan relaksasi dengan beristirahat atau tiduran atau berendam di bak mandi tentu membantu, tetapi tentunya tidak ada yang lebih baik daripada dipijat atau disayang oleh suami bukan? Justru saat-saat seperti inilah yang akan memperkuat hubungan suami-istri dan peran seorang suami siaga tentunya akan membuat istri makin bangga akan suami. Lalu adakah hal-hal tertentu yang harus diketahui oleh suami sebelum memijat istri? Simak beberapa tips berikut ini: Pastikan dokter memperbolehkan istri Anda untuk dipijat saat hamil. Pada umumnya, melakukan pemijatan di luar wilayah perut saat sedang hamil tidak akan menimbulkan bahaya. Akan tetapi, pada beberapa keadaan tertentu, misalnya varises atau pemasangan pen yang menyebabkan pemijatan tidak boleh dilakukan. Pastikan kamar atau ruangan yang dipakai untuk memijat cukup hangat dan nyaman. Tidak ada salahnya mematikan lampu utama dan menyalakan lambu baca, serta memasang lagu yang menen [...]

Kebiasaan Sehari-hari yang Buat Gigi Cepat Rapuh dan Keropos

Kebiasaan Sehari-hari yang Buat Gigi Cepat Rapuh dan Keropos

Gigi rapuh dan keropos tidak hanya disebabkan oleh malasnya Anda menggosok gigi atau hobi mengonsumsi makanan manis dan lengket. Ada beberapa kebiasaan yang juga bisa membuat gigi rapuh. Ini lima kebiasaan yang harus dihindari, jika Anda ingin miliki gigi kuat sampai tua.1. Menyikat Gigi Terlalu KerasSebagian orang menganggap kebersihan gigi berawal dari seberapa sering kita menyikat gigi. Hal itu benar, tapi menyikat gigi yang dilakukan lebih dari 2 kali dalam sehari tidak baik untuk kesehatan gigi kita."Saya sudah bertemu dengan orang-orang yang memiliki kebiasaan sikat gigi 20 kali dalam sehari," kata Dr. Sally Cram, ahli gigi di Washington D.C., seperti dikutip dari She knows. Terlalu sering menyikat gigi tidak akan membuat gigi Anda bersih lebih lama. Justru akan melukai gusi dan mengikis enamel gigi. Menyikat hanya perlu dua kali sehari dan yang terpenting, adalah cara Anda melakukannya. Gosoklah dengan gerakan memutar mulai dari bagian depan, samping, dalam dan geraham. Lalu gunakan dental floss untuk membersihkan sisa-sisa makanan di antara celah gigi selama dua menit.2. Terlalu Sering Memutihkan GigiAgar gigi terlihat lebih putih biasanya kita memutihkan kulit dengan me [...]

Bahaya Mouthwash Bagi Kesehatan Mulut & Gigi

Bahaya Mouthwash Bagi Kesehatan Mulut & Gigi

Berkumur dengan mouthwash setelah menyikat gigi memang menimbulkan sensasi lebih bersih dan segar di mulut. Tapi dibalik itu, mouthwash bisa menimbulkan dampak berbahaya bagi gigi dan mulut.Beberapa bahan yang terkandung dalam mouthwash punya efek merugikan untuk gigi dan gusi jika tidak digunakan dengan benar. Menurut Robin Seymour, profesor perbaikan masalah gigi dari Newcastle University, saat ini banyak produk mouthwash yang mengandung alkohol hingga 26 persen per satu kemasan. Alkohol bekerja sebagai agen 'pembawa' yang mengoptimalkan fungsi menthol, eucalyptol dan thymol untuk menembus lapisan luar gigi dan menyingkirkan plak.Kedengarannya memang tidak berbahaya, tapi alkohol bisa menyebabkan kekeringan di mulut dan menghilangkan 'mucus' suatu zat yang menjaga mulut tetap basah dan lembab. Mulut yang kering menimbulkan bau nafas tak sedap dan sensasi 'menggigit' saat berkumur.Dikutip dari Daily Mail, mouthwash yang mengandung alkohol juga sering disebut-sebut sebagai penyebab meningkatnya risiko kanker mulut. Hasil penelitian yang diterbitkan Dental Journal of Australia melaporkan bahwa ethanol (sejenis alkohol) dalam mouthwash bisa memicu peningkatan zat-zat berbahaya yan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *