Ini Dia Biang Kerok Nyeri Ulu Hati

ulu-hati-maag-sakit-perut.jpg

Apakah Anda sering mengeluh nyeri pada ulu hati? Nyeri ini dirasakan seperti nyeri panas dan rasa terbakar yang timbul pada daerah perut tengah Anda yang dapat menyebar ke leher.

Nyeri itu dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti penyakit maag dan penyakit GERD. Dua penyakit ini tidak bisa disepelekan, pasalnya GERD jika dibiarkan dapat menjerumuskan Anda ke penyakit kanker esofagus. (Baca: Sering Asam Lambung, Awas Bisa Kanker!)

Namun jangan khawatir, berikut ini ada beberapa info yang bermanfaat bagi Anda mengenai apa-apa saja yang menyebabkan nyeri ulu hati yang ada.

Nah, bagaimana cara mencegah nyeri ulu hati?

Cobalah untuk menghindari cara makan atau makanan yang ditulis dibawah ini.

Ini Dia Biang Kerok Ulu Hati

Apakah Anda sering mengeluh nyeri pada ulu hati? Nyeri ini dirasakan seperti nyeri panas dan rasa terbakar yang timbul pada daerah perut tengah Anda yang dapat menyebar ke leher.

Nyeri itu dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti penyakit maag dan penyakit GERD. Dua penyakit ini tidak bisa disepelekan, pasalnya GERD jika dibiarkan dapat menjerumuskan Anda ke penyakit kanker esofagus. (Baca: Sering Asam Lambung, Awas Bisa Kanker!)

Namun jangan khawatir, berikut ini ada beberapa info yang bermanfaat bagi Anda mengenai apa-apa saja yang menyebabkan nyeri ulu hati yang ada.

Nah, bagaimana cara mencegah nyeri ulu hati?

Cobalah untuk menghindari cara makan atau makanan yang ditulis dibawah ini.

1. Jangan Terlalu Banyak Makan

Selain jenis makanan yang Anda konsumsi, coba pikirkan jumlah yang Anda konsumsi. Konsumsi makanan yang banyak juga dapat memicu timbulnya nyeri ulu hati. Coba makan dengan porsi yang lebih kecil. (Baca: 6 Makanan Pencegah Perut Kembung)

Makan sekaligus banyak dalam satu kali makan lebih berisiko menyebabkan kegemukan dibandingkan makan dalam porsi kecil namun dengan interval waktu yang tertib.

Obesitas dapat meningkatkan tekanan dalam perut dan menyebabkan isi lambung naik ke tenggorokan. Makanan dalam porsi besar juga dapat meningkatkan tekanan perut dan menyebabkan hal yang sama.

2. Jangan Makan Tergesa-Gesa

Apakah Anda sering makan cepat-cepat? Mengkonsumsi makanan secara tergesa-gesa dapat memicu terjadinya nyeri ulu hati.

Cobalah untuk pelan-pelan saat Anda mengkonsumsi makanan. Tidak salahnya untuk menikmati sebuah hidangan yang tidak lain merupakan sebuah sesuatu hal yang dapat Anda syukuri.

Kunyah baik-baik makanan yang ada, hindari juga untuk mengunyah makan dalam satu suapan yang besar.

3. Hindari Makanan Berlemak

Makanan yang tinggi akan lemak dapat tinggal dalam lambung lebih lama, dan semakin lama makanan berada dalam lambung maka dapat menimbulkan rasa tidak nyaman yang lama.

Bila Anda mengkonsumsi makanan tinggi lemak yang banyak (seperti ayam goreng atau kentang goreng) hal ini yang dpaat memicu timbulnya nyeri ulu hati. (Baca: Awas Gagal Ereksi Karena Kebanyakan Makan)

4. Hindari Makanan Dengan Asam Tinggi

Hindari makanan-makanan yang memiliki kandungan asam tinggi seperti:

  • tomat
  • buah citrus
  • jeruk
  • lemon
  • anggur

Pasalnya makanan-makanan tersebut dapat memicu nyeri ulu hati terutama bila Anda mengkonsumsi makanan ini dengan perut kosong. (Baca: 6 Makanan yang Memperparah Maag)

5. Hindari Minuman yang dapat Memicu Nyeri Ulu Hati

Hindari beberapa jenis minuman seperti:

  • kopi
  • teh yang mengandung kafein
  • minuman bersoda
  • minuman alkohol.

Minuman yang mengandung kafein dapat meningkatkan asam lambung dan minuman alkohol dapat merelaksasi pintu kerongkongan yang dapat memicu naiknya asam lambung ke atas yang menyebabkan timbulnya nyeri ulu hati. Untuk menghindari hal ini coba konsumsi minuman seperti susu dan air putih.

6. Waspada Coklat

Sekalipun cokelat hadir dengan banyak manfaat untuk kesehatan, Anda harus mewaspadai kandungan kafein yang kerap ikut hadir di cokelat.

Pasalnya, kafein yang terdapat di cokelat dapat mencetus nyeri ulu hati.

Namun bagi Anda penggila cokelat, cobalah untuk mengkonsumsi coklat dalam porsi yang sedikit dengan membatasi porsi yang ada.

7. Hindari Makanan Pedas

Hal ini tidak dapat dipungkiri lagi, hindarilah makanan pedas bagi Anda yang memiliki riwayat asam lambung. Pasalnya, makanan pedas dapat memicu GERD yang memiliki gejala nyeri ulu hati. Terutama hindari makanan yang memiliki lada dan rasa pedas yang siap mendatangkan ngilu nyeri ulu hati.

(EA)

Baca juga:
6 Cara Bangun Mood Seks
Migraine Sering Kambuh, Gimana Solusinya?
10 Mitos Kehamilan Terkait Makanan

Ditulis oleh:
dr. Dewi Ema Anindia
Anggota Redaksi Medis

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara yang Benar Makan & Masak Sayuran, Stroberi dan Tomat

Cara yang Benar Makan & Masak Sayuran, Stroberi dan Tomat

Anda biasa memasak sayur bayam dengan merebusnya? Atau akrab dengan terbiasa memotong buah untuk disantap? Sebaiknya mulai merubah kebiasaan tersebut, karena jika demikian Anda selama ini memasak dan makan dengan cara yang salah. (Baca: 5 Kebiasaan Makan di Restoran yang Menyebabkan Kegemukan) Simak beberapa cara memasak dan makan yang sebaiknya dianjurkan secara kesehatan berikut ini: Cara yang Benar Memasak Sayuran Kesalahan Anda : Merebus / Microwave Cara yang Benar : Kukus Mengkukus merupakan cara yang tepat untuk membantu mempertahankan nutrisi anti-kanker yang ada di dalam brokoli sesuai dengan penelitian dari University of Illinois. Sulforaphane (kandungan anti-kanker) ada dalam jumlah yang tinggi di sayuran brokoli, kol, kubis, dan argula. Enzim myrosinase merupakan enzim yang penting untuk mencerna kandungan diatas dapat hilang bila metode masak yang dilakukan salah. (Baca: Mengolah Makanan Sehat yang Benar) Mengkukus dengan panas yang rendah tidak dapat merusak myrosinase. Baiknya adalah mengkukus brokoli menggunakan keranjang 3 -4 menit saja untuk memicu keluarnya kandungan anti-kanker tersebut. Cara yang Benar Makan Strawb [...]

Jangan Anggap Sepele Cegukan!

Jangan Anggap Sepele Cegukan!

Apakah yang terjadi sewaktu cegukan? Cegukan atau hiccup terjadi ketika adanya spasme (ketegangan otot) pada kontraksi diafragma, yaitu suatu otot yang memisahkan rongga dada dan rongga perut. Spasme ini menyebabkan pengambilan nafas seketika berhenti dengan tertutupnya pita suara (glottis). Penutupan inilah yang menyebabkan karakteristik suara cegukan. Apa yang menyebabkan cegukan? Lambung yang penuh dapat menyebabkan terjadinya cegukan yang akan hilang dengan sendirinya. Lambung yang penuh dapat disebabkan oleh: Makan terlalu banyak & terlalu cepat Mengonsumsi terlalu banyak alkohol Merokok Perubahan seketika pada temperatur lambung, misalnya minum terlalu panas kemudian terlalu dingin Stress emosional Selain itu, cegukan dapat merupakan suatu tanda adanya suatu penyakit, misalnya: diabetes, penyakit ginjal kronis, gangguan elektrolit, deviasi septum, stroke, meningitis, ensefalitis, laringitis, dan lain - lain. Berapa lama cegukan biasanya berlangsung? Halaman berikut selengkapnya: Berapa lama cegukan biasanya berlangsung? Berapa lama cegukan biasanya berlangsung? Halaman berikut selengkapnya: Cegukan biasanya berhenti dalam waktu beberapa menit h [...]

Iklan Underwear David Beckham Picu Pria Lakukan Operasi Pembesaran Mr Happy

Iklan Underwear David Beckham Picu Pria Lakukan Operasi Pembesaran Mr Happy

Menjadi brand ambassador pakaian dalam, David Beckham tidak hanya meningkatkan penjualan produk yang diiklankannya. Tapi juga permintaan operasi pembesaran Mr. Happy, atau disebut juga dengan penoplasty. Sejak Beckham membintangi iklan pakaian dalam Armani dan H&M, sedikitnya ada ratusan orang di Inggris setiap tahunnya yang melakukan operasi untuk menambah ukuran penis menjadi 1-2 inchi lebih besar. Kepada situs The Sun, Dr Roberto Viel mengklaim telah mengoperasi lima pasien dalam seminggu di kliniknya, Harley Street."Di abad ini, memiliki penis besar telah menjadi semacam simbol status. Tapi baru sekarang ini pria bisa melakukan hal tersebut (pembesaran penis). Jika memang ada solusi, kenapa tidak digunakan?" ujar Dr Roberto.Ahli bedah plastik ini mengaku punya banyak klien dari berbagai kalangan dan profesi yang telah membesarkan penisnya. Mulai dari tukang bangunan, ahli mekanik hingga kalangan eksekutif dan politisi dengan rentang usia antara 20 sampai 70 tahun."Klien saya lebih banyak yang berusia 30-40 tahun, tapi ada juga beberapa yang 20 dan 70 tahun yang ingin operasi penoplastyGambar pria yang mengenakan boxer dengan Mr Happy yang 'menyembul' memang sedikit banya [...]

Mencegah Bau Mulut

Mencegah Bau Mulut

Bau mulut bisa menyerang siapa saja. Bau mulut dapat terjadi secara permanen atau sementara. Gangguan ini memberikan dampak atau citra yang negatif bagi penderitanya. Apalagi jika bau mulut tersebut kronis atau dalam bahasa kedokteran disebut sebagai halitosis. Bau mulut biasanya disebabkan oleh pembusukan partikel makanan atau sisa-sisa makan dalam mulut serta bakteri dalam mulut. Adapun penyebab bau mulut, bisa dikarenakan gangguan perut, penyakit, mulut kering, rokok atau kopi dan alkohol, makanan beraroma, tonsilitis, atau karena bakteri di dalam mulut. Berikut tips untuk mengatasi bau mulut, diantaranya; 1. Sikat gigi setelah makan Pastikan menyikat gigi minimal dua kali sehari. Menyikat gigi dapat membersihkan sisa makanan dan bakteri yang menyebabkan mulut berbau. 2. Menyikat lidah Membersihkan lidah secara rutin seperti menyikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dapat membersihkan bakteri dan sisa makanan penyebab bau mulut. 3. Membersihkan gigi palsu Jika menggunakan gigi palsu sebaiknya dibersikan sama seperti membersihkan gigi normal. Karena gigi palsu juga bisa menyebabkan bau mulut karena kotor. 4. Minum air putih sebanyak mungkin Untuk menjaga mulut tetap basah da [...]

Merokok Saat Hamil, Janin Akan Sakit Jantung!

Merokok Saat Hamil, Janin Akan Sakit Jantung!

Sekitar 0,8% bayi lahir dengan kelainan jantung. Sebagian besar kelainan jantung disebabkan oleh gangguan pada saat awal pembentukan dan perkembangan jantung janin. Enam minggu pertama kehamilan merupakan saat pembentukan jantung. Pembuluh darah utama yang mengalirkan darah ke dan dari jantung juga mengalami pembentukan saat masa kandungan ini. Penyakit jantung bawaan (PJB) jika tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan masalah emosi, sosial dan finansial di kemudian hari. Hingga saat ini dokter dan peneliti masih melakukan investigasi penyebab PJB. Meskipun dipikirkan bahwa genetik atau faktor keturunan berperan menimbulkan kelainan jantung, hanya beberapa gen yang ditemukan berhubungan dengan kelainan jantung. Konsumsi obat-obatan dan infeksi saat kehamilan dapat menyebabkan kelainan jantung. Pengaruh lingkungan seperti merokok juga mempengaruhi timbulnya kelainan jantung. Berikut adalah beberapa faktor risiko PJB: Pengaruh Rokok & Kesehatan Jantung Janin Pengaruh lingkungan seperti merokok juga mempengaruhi timbulnya kelainan jantung. Berikut adalah beberapa faktor risiko PJB: Riwayat Keluarga: Memiliki anak dengan riwayat PJB sebelumnya meningka [...]

Perut Instan Rata dengan Tummy Tuck

Perut Instan Rata dengan Tummy Tuck

Tummy tuck atau dalam dunia medis disebut juga dengan abdominoplasty, merupakan suatu tindakan bedah untuk meratakan perut dengan mengeluarkan lemak dan kulit yang berlebih serta mengencangkan otot-otot dinding perut. Berbeda dengan operasi sedot lemak (liposuction), meskipun Anda dapat melakukan kedua operasi bersamaan tersebut dalam satu tindakan operasi sekaligus. Tummy tuck sendiri dibagi menjadi 2 jenis: Complete abdominoplasty Dokter akan memotong abdomen Anda dan memberikan kontur pada kulit, jaringan dan otot Anda. Tindakan bedah ini juga termasuk memindahkan pusar Anda dan Anda akan menggunakan drainase selama beberapa hari pasca operasi. Partial or mini abdominoplasty Mini abdominoplasty sering dilakukan pada orang yang memiliki deposit lemak yang terlokasir di perut bagian bawah, di bawah pusar. (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); .iht-1 { background: url(http://klikdokter.com/assets/healthtools/ht_4.gif) no-repeat 0px 0px; width: 105px; float: left; text-align: center; padding-top: 105px; background-si [...]

Inilah Alasannya Kenapa Anda Wajib Tahu Siklus Haid

Inilah Alasannya Kenapa Anda Wajib Tahu Siklus Haid

Siklus menstruasi adalah serangkaian perubahan yang dialami tubuh wanita untuk mempersiapkan kehamilan. Setiap sebulan sekali, rahim membuat lapisan baru (edometrium) untuk bersiap-siap menerima sel telur yang dibuahi. Ketika tidak ada sel telur yang dibuahi untuk memulai kehamilan, maka lapisan baru tersebut akan meluruh. Kondisi inilah yang disebut dengan menstruasi. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, dengan durasi rata-rata 28 hari. Siklus dihitung mulai dari hari pertama perdarahan sampai hari pertama perdarahan di bulan berikutnya. Anak perempuan biasanya memulai periode menstruasi pada usia 11 hingga 14 tahun. Frekuensi menstruasi pada wanita akan menurun di usia 39 hingga 51 tahun. Wanita yang berada di kisaran 40-an tahun dan remaja mungkin mengalami siklus yang lebih panjang atau banyak berubah. Jika Anda remaja, maka siklus Anda seharusnya menjadi stabil seiring waktu. Namun jika usia Anda mendekati menopause, maka siklus Anda mungkin akan menjadi lebih panjang, hingga berhenti. Konsultasi dengan dokter bila ada perubahan besar dalam siklus menstruasi Anda. Apa yang Mengendalikan Siklus Menstruasi? Berikut penjelasannya: Apa yan [...]

Tak hanya Redakan Pilek dan Pegal, Ini 6 Kegunaan Lain Balsem Gosok

Tak hanya Redakan Pilek dan Pegal, Ini 6 Kegunaan Lain Balsem Gosok

Balsem gosok kerap digunakan untuk meredakan berbagai gangguan kesehatan ringan. Mulai dari tenggorokan gatal, pilek, sakit perut, mual, sakit kepala juga pegal-pegal. Kandungan menthol-nya pun bermanfaat melegakan hidung tersumbat hingga menghilangkan gatal karena digigit serangga.Ternyata balsem atau yang juga dikenal dengan sebutan vapour rub ini memiliki fungsi lain. Ini enam kegunaan lain balsem yang terbuat dari campuran menthol, camphor, minyak eucalyptus, minyak daun cedar, minyak nutmeg dan thymol ini.1. Mengusir NyamukMengusir nyamuk tak harus selalu menggunakan obat semprotk pembasmi nyamuk yang berbahaya bagi pernapasan karena kandungan bahan kimianya. Anda bisa terhindar dari gigitan nyamuk dengan mengoleskan balsem di beberapa area tubuh. Oleskan pada leher, tangan, kaki serta bagian tubuh lain yang tak tertutup pakaian dengan balsem gosok. Nyamuk benci dengan aroma yang menyengat, salah satunya menthol. Dengan aroma menthol di tubuh Anda, serangga penghisap darah itu pun akan enggan mendekat. Vapour rub juga bisa meringankan gatal dan bentol akibat gigitan nyamuk. Caranya cukup dengan mengoleskan balsem ke area yang tergigit.2. Merawat Jamur pada Jari KakiKarena t [...]

Proses dan Risiko Transplantasi Jantung

Proses dan Risiko Transplantasi Jantung

Transplantasi jantung adalah usaha pamungkas jika semua pengobatan penyakit jantung yang dilakukan pasien tidak memberikan hasil. Proses ini adalah usaha terakhir dalam memperbaiki kesehatan pasien. Prosedur ini termasuk langkah yang aman selama tetap menjalani pemeriksaan secara rutin. Maka dari itu, calon pasien harus mengetahui segala sesuatu yang akan dia hadapi. Seperti Apa Prosesnya? Transplantasi jantung sendiri adalah proses mengganti jantung yang sudah tidak bekerja secara optimal dengan jantung yang lebih baik dari orang yang baru meninggal. Meski terdengar kompleks, operasi transplantasi jantung perlu dilakukan demi keselamatan dan peningkatan kualitas hidup pasien. Secara garis besar, berikut tahapan melakukan transplantasi jantung: Menemukan donor yang tepat Bukan perkara mudah menemukan donor yang tepat. Biasanya donor jantung berasal dari orang yang baru meninggal, namun kondisi jantungnya baik. misalnya karena kecelakaan lalu lintas, atau karena kerusakan otak dimana organ-organ lain masih prima. Perpindahan jantung dari donor kepada penerima tidak boleh lebih dari enam jam. Mengangkat jantung pasien penerima donor Setelah donor yang tepat diperoleh, maka saatnya [...]

9 Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat!

9 Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat!

Mata adalah jendela dunia. Dengan mata, berbagai aktivitas kita dapat dilakukan dengan lebih mudah. Untuk itu, menjaga kesehatan mata harusnya menjadi priorits utama kita. Apalagi jika kita sering bekerja dengan layar digital dalam waktu cukup lama. Praktikkanlah beberapa tips di bawah ini untuk senantiasa menjaga kesehatan mata Anda! 1. Sering bekerja dengan komputer? Sering melihat layar digital dalam waktu lama? Sering bekerja di depan layar digital dapat membuat mata Anda cepat lelah dan kering. Untuk itu Anda dapat mempraktikkan aturan 20-20-20 yang telah disepakati oleh para ahli sebagai cara untuk menjaga mata tidak terlalu ?tersiksa?. Setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat ke kejauhan sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. (Baca: 7 Cara Medis Menjaga Mata Tetap Fresh) Gunakan layar penggelap dan aturlah kecerahan layar digital Anda sehingga tidak terlalu memberatkan mata Anda. 2. Gunakan kacamata surya! Radiasi sinar matahari dapat menyebabkan katarak pada mata berkembang lebih cepat. Untuk itu, jika Anda berada di luar ruangan, gunakanlah kacamata surya yang melindungi Anda dari UV-A dan UV-B. Topi atau paying juga dapat membantu melindungi mata Anda [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *