Ini Dia Dampak dari Minuman Berenergi Berlebihan

bahaya-minuman-berenergi.jpg

Minuman berenergi sudah dikenal luas di Indonesia. Untuk memperolehnya pun tidak sulit, hingga warung-warung minuman kecil juga menyediakannya untuk para pekerja sebelum atau selagi mereka melakukan aktivitasnya. Promosi yang dilancarkan produsennya cukup gencar, dengan menyasar usia produktif sebagai targetnya. Sayangnya, belum cukup banyak edukasi dan penjelasan mengenai batasan untuk mengonsumsinya. Salah-salah, nyawa bisa melayang! Pahami efek samping konsumsi berlebihan minuman berenergi tersebut dalam penjelasan berikut ini.

Tahukah Anda apa kandungan dari sebuah minuman berenergi? Umumnya, minuman berenergi memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Kebanyakan minuman energi mengandung 100-200 mg kafein. Di dalam tubuh, kafein menyebabkan terlepasnya hormon yang memberikan kondisi ?waspada? dan ?terjaga?, serta mempengaruhi pusat kebahagiaan di otak. Dari kafein inilah orang-orang yang mengonsumsi minuman berenergi mendapatkan perasaan awas, segar, dan berstamina.

Sayangnya, masalah terbesar penggunaan minuman berenergi yaitu orang-orang seringkali menyalahgunakannya. Tidak jarang minuman ini dikonsumsi dalam jumlah yang besar dalam sekali waktu. Misalnya untuk ?mempersiapkan? diri sebelum bekerja berat, seseorang meminumnya lebih dari satu kali. Maka kandungan kafein yang dikonsumsi akan sangat meningkat dan dapat menyebabkan munculnya efek samping, terutama bagi orang-orang yang menderita tekanan darah tinggi atau gangguan panik.

Berikut adalah macam-macam efek samping yang dapat muncul akibat mengonsumsi minuman energi ber-kafein terlalu banyak di halaman selanjutnya:

Ini Dia Dampak dari Minuman Berenergi Berlebihan

Berikut adalah macam-macam efek samping yang dapat muncul akibat mengonsumsi minuman energi ber-kafein terlalu banyak:

  1. Meningkatnya denyut jantung (dada terasa berdebar kencang, beberapa bisa mengeluhkan sesak nafas)
  2. Meningkatnya tekanan darah (dapat menyebabkan nyeri dada, keluhan pusing)
  3. Kekurangan cairan
  4. Gangguan siklus tidur (sulit tidur)
  5. Gangguan tingkah laku
  6. Paling berat bisa menyebabkan kejang, stroke, dan kematian mendadak

Masalah lain pada kafein yaitu tidak hanya bersifat adiktif (menyebabkan ketagihan), kafein juga dapat menyebabkan efek stimulan dan diuretik. Efek stimulan memang dapat menyebabkan kondisi ?terjaga?, namun memberikan ancaman serangan panik, dada berdebar, dan sulit tidur jika berlebihan.

Sedangkan efek diuretik berarti kafein mempengaruhi kerja ginjal dan menyebabkan pengeluaran kencing yang lebih banyak. Dalam kondisi dimana seseorang memiliki ancaman dehidrasi (kekurangan cairan), jika ia mengonsumsi banyak kafein maka cairan yang dikeluarkan dari tubuhnya juga akan semakin bertambah dan ia akan benar-benar mengalami kekurangan cairan. Hal ini terlihat pada saat seseorang yang mengonsumsi banyak minuman berenergi sebelum berolahraga, ia memiliki risiko lebih besar untuk mengalami dehidrasi hingga dapat terjadi kematian. Salah satu kasus yang terkenal adalah kematian seorang remaja Irlandia berusia 18 tahun yang meninggal di lapangan basket, setelah sebelumnya meminum 4 kaleng minuman berenergi. Oleh karena itu, berbahaya jika Anda meminum terlalu banyak minuman berenergi sebelum melakukan kegiatan yang menyebabkan pengeluaran banyak keringat!

Bahkan bila dikonsumsi dalam jumlah yang sangat banyak, efek yang terjadi justru kebalikannya. Mood Anda akan menjadi begitu sensitif dan akibatnya Anda sangat mudah merasa terganggu. Hal ini justru adalah efek yang menyebabkan pekerjaan Anda menjadi tidak lancar, bukan?

Oleh sebab itu, sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi minuman berenergi dengan berhati-hati. Selain itu orang-orang yang memiliki risiko gangguan jantung, hati, ginjal saat disarankan untuk menghindari mengonsumsi minuman berenergi.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cantik Sehat dengan Olahraga

Cantik Sehat dengan Olahraga

Apakah alasan Anda untuk berolahraga adalah untuk menurunkan berat badan, mengencangkan paha, membuat perut menjadi rata? Apakah alasan Anda untuk berolahraga adalah untuk mencegah penyakit seperti penyakit jantung atau diabetes? Atau alasan Anda untuk berolahraga untuk cantik sehat? Tidak ada yang salah dari semua alasan di atas. Apapun motivasi Anda untuk memulai berolahraga, pada akhirnya Anda akan mendapatkan banyak manfaat. Tidak hanya tubuh bugar, tapi juga penampilan tubuh yang cantik sehat. Bagaimana bisa olahraga menyebabkan tubuh cantik sehat? Menjawab pertanyaan tersebut memerlukan penjelasan sebagai berikut: 1. Jika Anda Berolahraga, Kulit Menjadi Cantik Sehat Bercahaya Lupakan sejenak body lotion atau krim wajah yang mahal. Jadikan olahraga sebagai senjata ampuh untuk menutrisi dan merevitalisasi sel-sel kulit. Olahraga dapat membuat pompa jantung menjadi lebih baik dan meningkatkan sirkulasi ke kulit Anda. Kulit Anda akan menerima darah yang kaya akan oksigen dan dapat berfungsi untuk memperbaiki sel-sel kulit. Hasilnya tentu adalah kulit yang cantik sehat dan bersinar. 2. Ketika Anda Berolahraga, Anda Menunda Proses Penuaan Anda ingin kulit awet muda yang cantik seha [...]

Bagaimana Stres Bermula & Dampaknya Pada Gejala Fisik

Bagaimana Stres Bermula & Dampaknya Pada Gejala Fisik

Oleh: dr. Andri, SpKJ Jakarta, PeduliSehat.info-- Apa yang terjadi pada orang yang mengalami stres yang kronik adalah perubahan pada sistem otaknya terutama di Hipotalamus yang berhubungan dengan sistem hormonal otak dan sistem saraf otonom. Ketika stres tidak diadaptasi baik oleh otak, maka hipotalamus akan mengaktifkan sistem hormonal otak yang melibatkan jaras Hipotalamus Pituitary Adrenal (HPA-Axis) yang produk akhirnya adalah hormon stres yang bernama Kortisol. Hormon ini mempunyai fungsi membalikkan keadaan normal fisiologis dari tubuh. Hormon kortisol ini akan membuat peningkatan gula darah, peningkatan denyut jantung, menurunkan produksi antibodi serta meningkatkan asam lemak dalam darah. Sedangkan lewat jalur saraf otonom, stres yang kronik akan memicu sistem saraf untuk meningkatkan tekanan darah, mengurangi produksi saliva (ludah), menghentikan kerja lambung, meningkatkan kerja paru-paru sehingga bernapas lebih cepat dan dalam serta meningkatkan asupan oksigen. Keadaan ini jika terjadi secara kronis bisa berakibat pada melemahnya fungsi-fungsi organ tubuh walaupun tidak selalu sampai mengalami kerusakan organ. Pasien biasanya datang ke dokter pada saat keadaan mulai meng [...]

Manfaat Jus Mangga Untuk Bantu Program Diet Anda

Manfaat Jus Mangga Untuk Bantu Program Diet Anda

Mangga adalah buah yang mengandung vitamin C, vitamin A dan 25 jenis karotenoid untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kuat. Kandungan nutrisinya menjadi salah satu alternatif untuk tetap menjaga kondisi tubuh. Selain manfaat kesehatan, jus mangga juga dapat membantu program diet yang sedang Anda jalani. Dilansir dari healthmeup berikut manfaat jus mangga bagi kesehatan.1. Jangan Ditambah GulaPenting untuk memahami berapa besar kandungan gizi yang ada pada mangga. Sebuah mangga berukuran sedang menghasilkan sekitar satu cangkir jus buah mangga yang mengandung 100 kalori, tiga gram serat, 23 gram gula alami, vitamin dan mineral. Oleh karena itu, jus mangga yang dikonsumsi secara alami tanpa tambahan gula sudah dapat meningkatkan nilai gizi.2. Mendukung Performa Kardio AndaMengonsumsi segelas jus mangga setiap hari dapat memenuhi asupan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Ia mengandung 60 sampai 100 persen vitamin C dan sekitar 40 sampai 50 persen vitamin A dalam tubuh Anda. Vitamin yang diperoleh dari jus mangga ini bermanfaat untuk gigi dan gusi, kesehatan mata, neurologis dan penyerapan nutrisi yang lebih baik. Fungsi lain yang dikandung oleh jus mangga adalah 20 persen [...]

Langkah Alternatif Obat Sakit Gigi di Rumah

Langkah Alternatif Obat Sakit Gigi di Rumah

Sakit gigi dapat dikatakan sebagai penyakit yang umum menimpa segala jenis usia, dari sakit yang ringan hingga berat. Jika hanya sakit gigi ringan, Anda mungkin dapat menanganinya sendiri di rumah dengan obat sakit gigi. Sakit gigi biasanya disebabkan oleh kerusakan gigi. Sisa makanan, terutama yang mengandung gula, terjebak di sela-sela gigi dan menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya bakteri. Bakteri-bakteri tersebut kemudian membentuk plak lengket yang menempel di permukaan gigi. Zat asam yang diproduksi oleh bakteri pada plak dapat menggerogoti lapisan luar gigi dan membentuk rongga pada gigi. Gejala awal kerusakan gigi antara lain sensasi nyeri ketika mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, sangat dingin, atau sangat panas. Umumnya, sakit pada gigi dapat ditangani dengan antibiotik dan obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen. Namun pada beberapa kasus, dokter gigi mungkin akan menyuntik area di sekitar gigi untuk mengurangi rasa sakit. Selain kerusakan gigi, sakit gigi dapat disebabkan oleh beragam kondisi berikut. Tumbuh gigi. Gigi bengkak bernanah. Infeksi pada gusi atau akar gigi. Keretakan pada gigi atau akar gigi secara tiba-tiba. Infeksi sinusitis ya [...]

Cegah Dehidrasi Hingga Sembelit, Ini 10 Manfaat Mengonsumsi Timun

Cegah Dehidrasi Hingga Sembelit, Ini 10 Manfaat Mengonsumsi Timun

Timun menjadi salah satu makanan yang kerap kali dikonsumsi sebagai hidangan salad ataupun menjadi pemanis dalam sajian masakan. Tetapi ternyata timun tak hanya berfungsi sebagai pelengkap makanan saja, ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa dirasakan saat mengonsumsi timun. Apa saja? 1. Mencegah DehidrasiSalah satu manfaat mengonsumsi timun adalah untuk mencegah dehidrasi. Timun memiliki 95.2 persen kadar air atau 150 ml air dari 142 gr penyajian. Hal itu berarti sebanyak 26 persen asupan air di dalam tubuh setiap harinya sudah terpenuhi.2. Kesehatan JantungTimun mengandung potassium sebanyak 152gr setiap penyajian yang dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian menunjukkan, mengonsumsi timun dalam porsi yang tepat bisa menurunkan potensi penyakit stroke dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.3. Melindungi OtakSuatu zat bernama fisetin yang terdapat di dalam timun berguna sebagai anti pembengkakan di dalam tubuh. Ternyata, fisetin juga memiliki peranan penting untuk melindungi kesehatan otak karena kemampuannya mengurangi dampak negatif dari penyakit otak yang disebabkan oleh berkurangnya fungsi otak dan masalah usia. Maka dari itu, timun juga bi [...]

Perhatikan! Ini Kondisi Kuku yang Menunjukkan Ada Penyakit di Tubuh Anda

Perhatikan! Ini Kondisi Kuku yang Menunjukkan Ada Penyakit di Tubuh Anda

Saat memotong kuku atau manikur-pedikur, sering-seringlah memperhatikan kuku Anda. Adakah perubahan? Misalnya kuku jadi lebih pucat dari biasanya atau tampak menguning dan menebal? Kuku bisa menjadi 'alat' alami untuk mendeteksi adanya masalah kesehatan. Seperti dikutip dari Shape, ini enam penampakan kuku yang bisa memprediksi kondisi tubuh Anda.1. PucatJika kuku terlihat putih pucat, kemungkinan Anda menderita anemia. Dijelaskan Dr. Shilpi Agarwal, M.D., dokter pengobatan holistik dari Los Angeles, "Anemia terjadi akibat kekurangan zat besi yang menyebabkan asupan oksigen di dalam darah terhambat. Sehingga jaringan kulit menjadi pucat, terutama kulit di bawah kuku."Dalam kondisi yang lebih serius, kuku pucat juga bisa menjadi tanda-tanda awal diabetes atau penyakit liver. Jika didiagnosa lebih awal, diabetes bisa dikontrol. Hindari konsumsi makanan olahan atau yang mengandung banyak gula dan karbohidrat. Ganti pola makan Anda dengan memperbanyak serat dari sayuran, buah dan gandum utuh.2. Menguning atau MenebalKuku yang menguning atau menebal umumnya disebabkan karena infeksi jamur yang sudah menyebar ke seluruh kuku. Pengobatan topikal (dioles dengan krim atau salep) biasanya [...]

6 Penyebab Kerusakan Rambut

6 Penyebab Kerusakan Rambut

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani Rambut adalah mahkota perempuan, setiap perempuan pasti menginginkan rambut yang sehat dan berkilau. Rambut kering, kusam, rapuh, bercabang, sulit diatur, dan rontok adalah masalah yang sering dikeluhkan dan seringkali menyebabkan stres dan tidak percaya diri. Saat ini, banyak bermunculan produk-produk perawatan rambut, namun sebelumnya Anda harus mengetahui apa yang menyebabkan rambut Anda rusak. Menghindari pemicu kerusakan selalu lebih baik daripada mengobati. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. GenetikRambut rontok dan rambut berwaran putih/beruban pada usia mudabukan berarti hanya disebabkan oleh kondisi rambut yang rusak, mungkin saja Anda memiliki riwayat keluarga dengan kebotakan/uban. Sinar MatahariTerlalu sering terpapar sinar matahari dapat membuat rambut Anda kering, kusam dan rapuh. Jika Anda memiliki rambut yang tipis, risiko sunburn pada kulit kepala akan meningkat. Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda terpapar sinar matahari dalam waktu lama, sebaiknya gunakan penutup kepala/topi. Produk perawatan rambut yang mengandung sunscreen belum terbukti efektif mencegah paparan sinar matahar [...]

4 Jenis Sakit Kepala dan Cara Mengatasinya

4 Jenis Sakit Kepala dan Cara Mengatasinya

Hampir setiap orang pernah mengalami sakit kepala baik yang ringan sampai nyeri yang luar biasa. Ada berbagai jenis sakit kepala, dan tentu saja cara menghadapinya pun berbeda.Jangan sampai Anda salah mengenali jenisnya, dan melakukan pengobatan yang tak tepat. Bukannya sembuh, bisa jadi justru bertambah parah. Berikut adalah jenis sakit kepala dan cara mengatasinya yang dilansir dari Health.1. Sakit Kepala Tegang (Tension)Sakit kepala jenis ini paling umum dialami oleh setiap orang. Sakit kepala ini umumnya dakibatkan oleh ketegangan otot dibagian kepala, bahu dan belakang leher.Gejala: Sakit kepala tegang diawali dengan rasa sakit yang akut pada titik pemicu, nyeri dan sakit pada otot di area leher dan pundak.Penyebab: Ketegangan otot ini bisa disebabkan oleh posisi tubuh yang kurang nyaman, stres dan juga kelelahan.Pengobatan: Anda bisa mengkonsumsi obat penghilang nyeri yang dijual bebas dipasaran, tentunya dengan dosis yang dianjurkan. Misalnya Aspirin, Ibuprofen, dan Naproxen. Atau mulailah untuk melakukan meditasi, gerakan yoga ringan, dan banyak istirahat.2. Sakit Kepala MigrenSakit kepala migren sering digambarkan sebagai salah satu jenis sakit kepala yang hebat, berden [...]

Penyebab Mata Berair dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mata Berair dan Cara Mengatasinya

Ketika mengedip, kelenjar pada kelopak mata akan memproduksi sedikit air mata guna melembapkan indera penglihatan Anda dan menyingkirkan benda-benda asing darinya. Produksi air mata menjadi lebih banyak ketika Anda menguap, tertawa terbahak-bahak atau menangis. Tapi, ada beberapa orang yang mungkin mengalami mata berair secara terus-menerus. Selain cairan yang mengandung garam (air mata), kelenjar lain pada kelopak mata juga memproduksi minyak. Zat ini dapat mencegah air mata menguap terlalu cepat. Mata berair dapat terjadi ketika kelenjar yang memproduksi minyak tidak bekerja dengan semestinya. Hal ini membuat air mata cepat menguap dan menjadikannya lebih cepat mengering. Mata kering inilah yang merangsang produksi air mata secara berlebih sehingga menyebabkan mata berair. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh: Faktor cuaca atau lingkungan di sekitar mata, seperti asap, angina, atau sinar yang terlalu terang. Mata lelah. Tersumbatnya saluran air mata. Ada benda asing atau bahan kimia di mata. Flu. Alergi. Radang kelopak mata. Konjungtivitis. Infeksi salah satu bagian mata. Bulu mata tumbuh ke dalam. Pengaruh obat-obatan. Gangguan tiroid. Sinusitis kronis. Terapi radiasi Tumor. [...]

Mau Bebas Kanker Prostat? Sunat!

Mau Bebas Kanker Prostat? Sunat!

Perdebatan mengenai sirkumsisi (sunat) terus berlangsung terutama di negara-negara barat. Prosedur sirkumsisi merupakan suatu prosedur yang pada umumnya dilakukan karena alasan agama, namun pada tahun 2007 WHO (World Health Organization) menyatakan bahwa 1/3 pria di Amerika melakukan sirkumsisi bukan karena alasan agama. ? Mengapa terjadi fenomena ini? Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Jonathan Wright dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Amerika menyebutkan bahwa sirkumsisi melindungi pria dari penyakit kanker prostat. Studi ini menunjukkan bahwa pria yang disirkumsisi sebelum pertama kali melakukan hubungan seksual memiliki resiko terkena kanker prostat lebih kecil sebanyak 15% dibandingkan yang tidak disirkumsisi. ? Apa buktinya? Dokter Wright meneliti 3.399 pria yang terbagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama menderita penyakit dan kelompok kedua tidak menderita penyakit kanker prostat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar subjek dalam kelompok dari kelompok pertama sudah disirkumsisi sebelum melakukan hubungan seksual pertama kalinya. Mau Bebas Kanker Prostat? Sunat! ? Bagaimana prosesnya? Ternyata ada beberapa kuman yang dapat [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *