Ini Dia Dampak dari Minuman Berenergi Berlebihan

bahaya-minuman-berenergi.jpg

Minuman berenergi sudah dikenal luas di Indonesia. Untuk memperolehnya pun tidak sulit, hingga warung-warung minuman kecil juga menyediakannya untuk para pekerja sebelum atau selagi mereka melakukan aktivitasnya. Promosi yang dilancarkan produsennya cukup gencar, dengan menyasar usia produktif sebagai targetnya. Sayangnya, belum cukup banyak edukasi dan penjelasan mengenai batasan untuk mengonsumsinya. Salah-salah, nyawa bisa melayang! Pahami efek samping konsumsi berlebihan minuman berenergi tersebut dalam penjelasan berikut ini.

Tahukah Anda apa kandungan dari sebuah minuman berenergi? Umumnya, minuman berenergi memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Kebanyakan minuman energi mengandung 100-200 mg kafein. Di dalam tubuh, kafein menyebabkan terlepasnya hormon yang memberikan kondisi ?waspada? dan ?terjaga?, serta mempengaruhi pusat kebahagiaan di otak. Dari kafein inilah orang-orang yang mengonsumsi minuman berenergi mendapatkan perasaan awas, segar, dan berstamina.

Sayangnya, masalah terbesar penggunaan minuman berenergi yaitu orang-orang seringkali menyalahgunakannya. Tidak jarang minuman ini dikonsumsi dalam jumlah yang besar dalam sekali waktu. Misalnya untuk ?mempersiapkan? diri sebelum bekerja berat, seseorang meminumnya lebih dari satu kali. Maka kandungan kafein yang dikonsumsi akan sangat meningkat dan dapat menyebabkan munculnya efek samping, terutama bagi orang-orang yang menderita tekanan darah tinggi atau gangguan panik.

Berikut adalah macam-macam efek samping yang dapat muncul akibat mengonsumsi minuman energi ber-kafein terlalu banyak di halaman selanjutnya:

Ini Dia Dampak dari Minuman Berenergi Berlebihan

Berikut adalah macam-macam efek samping yang dapat muncul akibat mengonsumsi minuman energi ber-kafein terlalu banyak:

  1. Meningkatnya denyut jantung (dada terasa berdebar kencang, beberapa bisa mengeluhkan sesak nafas)
  2. Meningkatnya tekanan darah (dapat menyebabkan nyeri dada, keluhan pusing)
  3. Kekurangan cairan
  4. Gangguan siklus tidur (sulit tidur)
  5. Gangguan tingkah laku
  6. Paling berat bisa menyebabkan kejang, stroke, dan kematian mendadak

Masalah lain pada kafein yaitu tidak hanya bersifat adiktif (menyebabkan ketagihan), kafein juga dapat menyebabkan efek stimulan dan diuretik. Efek stimulan memang dapat menyebabkan kondisi ?terjaga?, namun memberikan ancaman serangan panik, dada berdebar, dan sulit tidur jika berlebihan.

Sedangkan efek diuretik berarti kafein mempengaruhi kerja ginjal dan menyebabkan pengeluaran kencing yang lebih banyak. Dalam kondisi dimana seseorang memiliki ancaman dehidrasi (kekurangan cairan), jika ia mengonsumsi banyak kafein maka cairan yang dikeluarkan dari tubuhnya juga akan semakin bertambah dan ia akan benar-benar mengalami kekurangan cairan. Hal ini terlihat pada saat seseorang yang mengonsumsi banyak minuman berenergi sebelum berolahraga, ia memiliki risiko lebih besar untuk mengalami dehidrasi hingga dapat terjadi kematian. Salah satu kasus yang terkenal adalah kematian seorang remaja Irlandia berusia 18 tahun yang meninggal di lapangan basket, setelah sebelumnya meminum 4 kaleng minuman berenergi. Oleh karena itu, berbahaya jika Anda meminum terlalu banyak minuman berenergi sebelum melakukan kegiatan yang menyebabkan pengeluaran banyak keringat!

Bahkan bila dikonsumsi dalam jumlah yang sangat banyak, efek yang terjadi justru kebalikannya. Mood Anda akan menjadi begitu sensitif dan akibatnya Anda sangat mudah merasa terganggu. Hal ini justru adalah efek yang menyebabkan pekerjaan Anda menjadi tidak lancar, bukan?

Oleh sebab itu, sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi minuman berenergi dengan berhati-hati. Selain itu orang-orang yang memiliki risiko gangguan jantung, hati, ginjal saat disarankan untuk menghindari mengonsumsi minuman berenergi.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Jamur Kuku

Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Jamur Kuku

Jika Anda memiliki titik putih atau kuning di ujung kuku jari atau kuku ibu jari, bisa jadi itu adalah jamur kuku atau dalam bahasa medis disebut onikomikosis. Jika infeksi makin menyebar, kuku bisa berubah warna, menebal, dan hancur di bagian ujungnya. Jamur kuku biasanya menginfeksi bahan keras pembentuk kuku. Infeksi ini sendiri bisa menyebar ke seluruh kuku, termasuk landasan, lempeng, dan akar kuku. Kenali Penyebab Jamur Kuku Penyebab gangguan pada kuku ini adalah jamur dermatofit. Selain itu, jamur ragi (candida) kadang-kadang ikut bertanggung jawab atas terjadinya onikomikosis. Saat kondisi kuku hangat dan lembap, jamur dengan senang hati akan menjadikan kuku Anda sebagai habitatnya. Jamur kuku sering menyerang kuku jari kaki dibandingkan jari tangan. Hal ini karena jari kaki biasa berada dalam kondisi yang membuat jamur mudah tumbuh, seperti gelap, hangat, dan lembap. Selain itu, jari kaki memiliki aliran darah yang lebih sedikit dibandingkan dengan jari tangan. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh tidak bisa mendeteksi adanya masalah dan tidak bisa menghentikan infeksi yang terjadi di daerah tersebut dengan cepat. Beberapa tindakan yang memengaruhi mudahnya jamur kuku [...]

Ini Penyebab Anda Sering Lemas & Lelah Saat Bangun Tidur

Ini Penyebab Anda Sering Lemas & Lelah Saat Bangun Tidur

Tidak sedikit orang yang merasa tubuhnya lemas lunglai saat bagun pagi. Ada pula yang sulit sekali bangkit dari tempat tidur meskipun sudah dibangunkan alarm. Begitu bangun, bukannya merasa segar Anda malah kelelahan dan mata terasa berat. Jika ini yang sering dialami, kemungkinan ada yang salah dengan kebiasaan Anda sebelum tidur. Ketahui penyebab dan cari solusinya, dengan menyimak tips yang diberikan Pop Sugar.1. Kamar Kurang Sinar MatahariJangan menggunakan tirai dari bahan yang mem-block sinar matahari ke kamar Anda. Jika ruangan terlalu gelap, ritme sirkadian Anda akan sulit membedakan antara siang dan malam sehingga tubuh lebih sulit terbangun dari tidur di pagi hari. Pastikan kamar tidur Anda mendapat cukup sinar matahari yang 'menyelinap' masuk lewat jendela sehingga memberi sinyal pada otak untuk memberitahu bahwa ini saatnya untuk bangun.2. Tidak Pernah OlahragaOlahraga membantu tidur lebih nyenyak dan tubuh terasa lebih segar saat bangun di keesokan paginya. Olahraga juga bisa meredakan stres dan membangkitkan mood positif Anda, dan menghasilkan tidur yang lelap dan tenang. Jenis olahraga yang cocok untuk meningkatkan kualitas tidur diantaranya yoga, stretching atau [...]

Memperkenalkan Berenang pada Bayi

Memperkenalkan Berenang pada Bayi

Oleh: dr. Sophia B. Hage Akhir-akhir ini mulai bermunculan tempat yang menawarkan fasilitas bagi bayi untuk berenang. Sewajarnya, bersamaan dengan hal tersebut muncul kekhawatiran pada ibu-ibu mengenai risiko yang terkait dan waktu yang paling tepat bagi bayi tercinta untuk melakukan kegiatan dalam air. Pertama, harus dibedakan antara belajar berenang (belajar napas, gaya bebas, dsb) dengan memperkenalkan air. Pada bayi istilah yang lebih tepat digunakan adalah memperkenalkan air, bukan berenang karena pada usia kurang dari 4 tahun perkembangan motorik bayi belum sesuai untuk mulai belajar berenang. Tetapi ini bukan berarti bayi tidak boleh diperkenalkan dengan air dan kolam renang. Hanya saja, bentuk kegiatan ini tidak bertujuan untuk membuat bayi dapat berenang, tetapi hanya untuk memperkenalkan bayi terhadap lingkungan baru dan yang baru. Salah satu penelitian yang dilakukan tahun 2010 di Norwegia menunjukkan bahwa bayi-bayi yang mulai melakukan air pada usia 2-3 bulan terbukti mengalami kemajuan dalam keseimbangan (balance) dan kemampuan menggenggam serta memegang (grasping skills) yang lebih baik dibandingkan bayi-bayi yang tidak melakukan air. Beberapa literatur mengatakan pe [...]

APMB Pastikan Produk Susunya Aman

APMB Pastikan Produk Susunya Aman

Adanya kabar tentang beredarnya susu formula yang berbakteri Enterobacter Sakazakii di Indonesia memang membuat masyarakat resah, terutama para ibu yang memiliki balita yang mengonsumsi susu formula. Hal ini pun dirasakan oleh David Tobing, pengacara publik yang mempunyai dua balita yang juga mengonsumsi susu formula. Hingga kini, David masih menunggu Menteri Kesehatan (Menkes), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk mengumumkan nama-nama produsen susu formula yang mengandung Enterobacter Sakazakii. Namun, untuk mengatasi keresahan masyarakat, Asosiasi Produsen Makanan Bayi (APMB) bisa memastikan hingga saat ini, produk susu yang bernaung di bawah mereka terbebas dari bakteri yang membahayakan manusia. Public Relation APMB, Yenny Fatmawati memastikan, bahwa berbagai merek susu yang diproduksi perusahannya telah melalui proses standar mutu yang sangat ketat sesuai aturan pemerintah dan BPOM. Jadi, produk mereka yang saat ini beredar di masyarakat memang aman untuk dikonsumsi oleh bayi. Bagi APMB, keamanan makanan dan higienitas merupakan faktor yang utama dalam produksi makanan bayi. Meski riset tentang adanya berbakteri Enterobacter Sakazaki [...]

Mencegah Kehamilan dengan Vasektomi

Mencegah Kehamilan dengan Vasektomi

Seorang wanita dapat hamil jika sperma dari pria membuahi salah satu sel telurnya. Kontrasepsi, jenis apapun, bertujuan untuk mencegah terjadinya hal ini. Salah satu bentuk dari kontrasepsi untuk pria adalah vasektomi atau prosedur sterilisasi pria. Jadi pada prinsipnya vasektomi dilakukan oleh pria. Dimana dari langkah vasektomi diharapkan air mani yang keluar ketika ejakulasi tidak lagi mengandung sperma. Dengan demikian hasil dari hubungan seksual kecil kemungkinannya untuk terjadi kehamilan. Meskipun hubungan seksual dilakukan tanpa kondom dan ejakulasi terjadi di dalam liang vagina. Ingin tahu lebih jauh mengenai vasektomi? Berikut adalah penjelasan proseduralnya: Apa itu Vasektomi? Vasektomi merupakan suatu prosedur medis yang bertujuan untuk memberhentikan sperma masuk ke dalam cairan mani. Sehingga sewaktu seorang pria ejakulasi, cairan mani nya tidak mengandung sperma dan sel telur wanita tidak dapat dibuahi. Bagaimana Prosedur Vasektomi? Vasektomi merupakan prosedur pembedahan minor di bawah anestesi lokal dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Tuba atau saluran yang membawa sperma dari testis ke penis dipotong, diblok ataupun diikat. Biasany [...]

Alasan Mengapa Anda Cepat Merasa Lelah Saat Musim Hujan

Alasan Mengapa Anda Cepat Merasa Lelah Saat Musim Hujan

Ada kondisi kesehatan yang membuat seseorang menjadi galau dan tak bersemangat akibat datangnya hujan. Seasonal Affective Disorder (SAD) adalah jenis depresi ringan yang terjadi pada waktu yang sama setiap tahun. Gejalanya, penderita bisa merasakan energi yang berkurang dan moody pada musim-musim tertentu.Kasus SAD lebih banyak dijumpai di negara dengan empat musim. Meskipun demikian, kemungkinan SAD dialami penduduk di negara dua musim juga masih terbuka lebar. Di negara empat musim, gejala gangguan ini biasanya muncul selama akhir musim gugur atau awal musim dingin. Gejala ini kemudian hilang ketika hari menjadi lebih cerah seperti pada musim semi dan musim panas.Namun ternyata, cuaca tidak hanya dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorag, tetapi juga dengan kondisi fisiknya. Cuaca hujan juga bisa membuat orang cepat merasa lelah. Kok bisa? Seperti yang dikutip dari ehow, berikut beberapa alasannya.1. Mempengaruhi PenglihatanSaat hujan, langit berubah menjadi hitam dan mendung. Pagi dan siang pun bisa terlihat seperti sore atau bahkan, malam hari. Hal ini mempengaruhi respon biologis manusia untuk menutup mata. Jam internal tubuh mengira bahwa malam telah tiba dan ini adalah [...]

Stent Arteri Koroner

Stent Arteri Koroner

Sekilas mengenai Penyakit Jantung Koroner (PJK) PJK merupakan pembunuh utama di dunia dengan 16,7 juta kematian setiap tahunnya. PJK adalah keadaan dimana terdapat plak yang menyumbat di dalam pembuluh darah arteri. Hal ini menyebabkan suplai darah ke jantung berkurang. Plak adalah gabungan lemak, kolesterol, kalsium, dan bahan lain di dalam darah. Walaupun laki-laki sering dikaitkan dengan PJK namun wanita menopause juga berisiko terserang penyakit tersebut. Di kalangan laki-laki, faktor risiko utams PJK adalah merokok. Selain itu faktor risiko lainnya adalah usia lanjut, kurang berolahraga, riwayat keluarga PJK, dan sakit kronik (kolesterol, obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes melitus). Angioplasti dan bedah pintas koroner (CABG) atau bypass merupakan terapi standar untuk penanganan plak arteri. DEFINISI STENT Apa yang dimaksudstent arteri koroner? Stent (berbentuk cincin) arteri koroner adalah kawat stainless steel berbentuk tabung yang digunakan untuk membuka pembuluh darah arteri koroner yang tersumbat di dalam prosedur angioplasti. Stent tersebut dikecilkan hingga diameter terkecil dimana di dalamnya terdapat kateter balon. Stent dan balon tersebut akan diarahkan ke area [...]

Tips Agar Tidak Cepat Lelah Selama Merayakan Lebaran

Tips Agar Tidak Cepat Lelah Selama Merayakan Lebaran

Lemah, lesu, mudah ngantuk di siang hari dan cepat lelah merupakan tanda-tanda Anda kurang energi. Lelah bisa disebabkan karena banyak hal, seperti kurang tidur, anemia, diet yang salah atau terlalu banyak mengonsumsi gula. Banyak dari Anda yang berusaha meningkatkan energi dengan mengkonsumsi kafein. Padahal kafein bukan cara sehat untuk mengatasi rasa lelah. Dilansir dari berbagai sumber, ini dia cara mengatasi lelah dengan meningkatkan energi. Tetap BerolahragaMenurut Healthbeat, sebuah media publikasi yang dimiliki oleh Harvard Medical school menyatakan bahwa hormone pinefrin dan norepinefrin yang dihasilkan selama dan setelah berolahraga adalah cara alami untuk mendapatkan energi tambahan. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk pergi ke gym, jalan cepat bisa menjadi solusinya.Minum Banyak Air PutihDengan banyaknya kandungan air putih dalam tubuh akan membantu Anda menjadi lebih semangat untuk menghadapi hari-hari yang padat kegiatan. Mayo Clinic, sebuah klinik ternama di Minnesota ini menyarankan kepada seluruh pasiennya untuk minum sedikitnya 8 gelas perhari, dan jika Anda yang berkegiatan disuhu yang lebih panas maka dibutuhkan lebih dari 8 gelas air putih setiap harinya.Ma [...]

Ini Bahayanya Memainkan Smartphone dengan Kepala Selalu Tertunduk

Ini Bahayanya Memainkan Smartphone dengan Kepala Selalu Tertunduk

Di era internet dan dunia digital, banyak orang yang kini tak bisa lepas dari smartphone mereka. Browsing, chatting online, ber-social media atau belanja online seakan sudah menjadi 'makanan' sehari-hari yang tidak mungkin terlewatkan.Perubahan perilaku manusia yang kini ketergantungan dengan smartphone, tablet atau aneka gadget lainnya ternyata berimbas buruk pada kesehatan tubuh terutama tulang. Hasil studi yang dimuat dalam jurnal Surgical Technology International mengungkapkan bahwa menatap smartphone terus menerus bisa menambah beban tekanan hingga 27 kg pada tulang belakang. Hal itu terjadi karena saat menatap atau memainkan smartphone, kepala cenderung menunduk dan semakin rendah atau tajam derajat kemiringannya, beban yang harus ditopang tulang belakang akan semakin besar.Menurut studi tersebut seperti dikutip dari Women's Health, orang rata-rata menghabiskan waktu dua hingga empat jam sehari 'membenamkan' kepala mereka pada smartphone. Kepala menunduk, leher menekuk dan bahu serta punggung yang menyerong ke depan menjadi postur yang paling umum pada pemakai smartphone. Postur seperti inilah yang bisa menimbulkan dampak negatif pada leher dan punggung Anda.Kepala orang d [...]

Waspada! Kosmetik Lama Anda Bisa Jadi Sarang Bakteri Mematikan

Waspada! Kosmetik Lama Anda Bisa Jadi Sarang Bakteri Mematikan

Ladies, kapan terakhir kali Anda membongkar tas kosmetik dan menyortir peralatan makeup yang lama tak terpakai? Sebagian wanita punya kebiasaan membeli kosmetik baru meskipun koleksi alat makeup lama masih cukup banyak. Alhasil karena terlalu lama tidak dipakai, kosmetik pun jadi kedaluwarsa.Meski begitu, masih ada saja yang menyimpan bahkan menggunakannya tanpa sadar akan bahaya yang mengintai. Sebuah tes laboratorium yang dilakukan di London ini mungkin akan membuat para wanita segera menyingkirkan peralatan kosmetiknya yang sudah tak layak pakai. Produk makeup yang sudah lama ternyata menyimpan bakteri berbahaya, salah satunya bakteri penyebab meningitis (radang selaput otak) yang mematikan yaitu enterococcus faecils.Para peneliti dari London Metropolitan University telah memeriksa lima produk kosmetik seperti blush-on, foundation dan lip gloss dan menemukan bahwa mereka menyimpan banyak bakteri berbahaya.Selain enterococcus faecalis, peralatan kosmetik kedaluwarsa juga menyimpan bakteri berbahaya lainnya yaitu eubacterium yang bisa menyebabkan bacterial vaginosis (ketidakseimbangan flora dan bakteri pada Miss V) dan aeronoma, penyebab gastroenteritis dan infeksi pada luka. T [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *