Ini Dia Dampak dari Minuman Berenergi Berlebihan

bahaya-minuman-berenergi.jpg

Minuman berenergi sudah dikenal luas di Indonesia. Untuk memperolehnya pun tidak sulit, hingga warung-warung minuman kecil juga menyediakannya untuk para pekerja sebelum atau selagi mereka melakukan aktivitasnya. Promosi yang dilancarkan produsennya cukup gencar, dengan menyasar usia produktif sebagai targetnya. Sayangnya, belum cukup banyak edukasi dan penjelasan mengenai batasan untuk mengonsumsinya. Salah-salah, nyawa bisa melayang! Pahami efek samping konsumsi berlebihan minuman berenergi tersebut dalam penjelasan berikut ini.

Tahukah Anda apa kandungan dari sebuah minuman berenergi? Umumnya, minuman berenergi memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Kebanyakan minuman energi mengandung 100-200 mg kafein. Di dalam tubuh, kafein menyebabkan terlepasnya hormon yang memberikan kondisi ?waspada? dan ?terjaga?, serta mempengaruhi pusat kebahagiaan di otak. Dari kafein inilah orang-orang yang mengonsumsi minuman berenergi mendapatkan perasaan awas, segar, dan berstamina.

Sayangnya, masalah terbesar penggunaan minuman berenergi yaitu orang-orang seringkali menyalahgunakannya. Tidak jarang minuman ini dikonsumsi dalam jumlah yang besar dalam sekali waktu. Misalnya untuk ?mempersiapkan? diri sebelum bekerja berat, seseorang meminumnya lebih dari satu kali. Maka kandungan kafein yang dikonsumsi akan sangat meningkat dan dapat menyebabkan munculnya efek samping, terutama bagi orang-orang yang menderita tekanan darah tinggi atau gangguan panik.

Berikut adalah macam-macam efek samping yang dapat muncul akibat mengonsumsi minuman energi ber-kafein terlalu banyak di halaman selanjutnya:

Ini Dia Dampak dari Minuman Berenergi Berlebihan

Berikut adalah macam-macam efek samping yang dapat muncul akibat mengonsumsi minuman energi ber-kafein terlalu banyak:

  1. Meningkatnya denyut jantung (dada terasa berdebar kencang, beberapa bisa mengeluhkan sesak nafas)
  2. Meningkatnya tekanan darah (dapat menyebabkan nyeri dada, keluhan pusing)
  3. Kekurangan cairan
  4. Gangguan siklus tidur (sulit tidur)
  5. Gangguan tingkah laku
  6. Paling berat bisa menyebabkan kejang, stroke, dan kematian mendadak

Masalah lain pada kafein yaitu tidak hanya bersifat adiktif (menyebabkan ketagihan), kafein juga dapat menyebabkan efek stimulan dan diuretik. Efek stimulan memang dapat menyebabkan kondisi ?terjaga?, namun memberikan ancaman serangan panik, dada berdebar, dan sulit tidur jika berlebihan.

Sedangkan efek diuretik berarti kafein mempengaruhi kerja ginjal dan menyebabkan pengeluaran kencing yang lebih banyak. Dalam kondisi dimana seseorang memiliki ancaman dehidrasi (kekurangan cairan), jika ia mengonsumsi banyak kafein maka cairan yang dikeluarkan dari tubuhnya juga akan semakin bertambah dan ia akan benar-benar mengalami kekurangan cairan. Hal ini terlihat pada saat seseorang yang mengonsumsi banyak minuman berenergi sebelum berolahraga, ia memiliki risiko lebih besar untuk mengalami dehidrasi hingga dapat terjadi kematian. Salah satu kasus yang terkenal adalah kematian seorang remaja Irlandia berusia 18 tahun yang meninggal di lapangan basket, setelah sebelumnya meminum 4 kaleng minuman berenergi. Oleh karena itu, berbahaya jika Anda meminum terlalu banyak minuman berenergi sebelum melakukan kegiatan yang menyebabkan pengeluaran banyak keringat!

Bahkan bila dikonsumsi dalam jumlah yang sangat banyak, efek yang terjadi justru kebalikannya. Mood Anda akan menjadi begitu sensitif dan akibatnya Anda sangat mudah merasa terganggu. Hal ini justru adalah efek yang menyebabkan pekerjaan Anda menjadi tidak lancar, bukan?

Oleh sebab itu, sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi minuman berenergi dengan berhati-hati. Selain itu orang-orang yang memiliki risiko gangguan jantung, hati, ginjal saat disarankan untuk menghindari mengonsumsi minuman berenergi.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ini Kebiasaan Salah Saat Menyeduh yang Buat Teh Jadi Tidak Sehat

Ini Kebiasaan Salah Saat Menyeduh yang Buat Teh Jadi Tidak Sehat

Kebiasaan orang Indonesia dalam menyajikan teh umumnya diseduh dengan air yang masih mendidih dan didiamkan lama. Bahkan ada yang membiarkan daun teh atau teh celup di dalam teko seharian hingga airnya habis. Cara penyajian seperti itu ternyata keliru, dan sayangnya, masih belum banyak orang tahu.Dijelaskan pakar teh Ratna Somantri, teh seharusnya diseduh dengan air panas yang suhunya di bawah 100 derajat Celcius. Penyeduhannya pun tidak boleh terlalu lama, rata-rata hanya 2-3 menit per sajian."Kalau daun tehnya terlalu lama tidak diangkat, bisa mengeluarkan zat-zat yang kurang baik," ujar Ratna, saat berbincang dengan Wolipop di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (17/04/2014).Seperti dikutip dari BBC Health, teh yang terlalu lama diseduh akan menyebabkan semakin banyaknya kafein yang keluar dari serbuk teh yang lalu berpindah ke cangkir. Proses pengeluaran kafein itu akan semakian banyak dalam minuman akhir yang terlalu lama diseduh. Sebagai contoh, teh yang diseduh selama 5 menit kafein yang keluar akan semakin banyak dibanding teh yang diseduh 3 menit.Kafein bertindak sebagai stimulan ke jantung dan juga sistem saraf pusat. Selain itu kafein juga dapat meningkatkan tekanan da [...]

Manfaat Rutin Minum Teh Hijau: Turunkan Berat Badan Hingga Awet Muda

Manfaat Rutin Minum Teh Hijau: Turunkan Berat Badan Hingga Awet Muda

Sebagian orang suka mengonsumsi teh setiap pagi. Beberapa dari mereka bahkan ada yang minum teh tiga kali dalam sehari. Pilih teh yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang bagus diminum setiap hari. Berikut manfaat teh hijau yang bisa membantu menurunkan berat badan hingga menjaga kulit agar tetap awet muda.1. Turunkan Berat BadanMenurut konsultan diet Wolipop, Dr. Phaidon Toruan, teh hijau bukan merupakan obat kurus tapi membantu proses pembakaran lemak. "Teh hijau secara umum memiliki empat fungsi, fat burner saat olahraga, fat blocker yang artinya ngeblok lemak, dan penstabil gula darah," tutur Dr. Phaidon.2. Menjaga Kesehatan TubuhMenurut studi yang dilakukan di Jepang pada tahun 1994, orang yang mengonsumsi lima cangkir teh hijau atau lebih setiap harinya, memiliki risiko kematian lebih rendah pada usia muda daripada yang sama sekali tidak minum teh hijau. Survei tersebut dilakukan terhadap lebih dari 40.000 orang. Ini berarti teh hijau mampu menjaga tubuh tetap sehat dan kuat.3. Meningkatkan Kinerja AndaTeh hijau dapat meningkatkan fungsi kognitif. Anda bisa lebih baik saat menghafal dan bekerja. Kandung epigallocatech [...]

Jangan Cuma Jadi Taburan Sup, Ini Segudang Manfaat Jika Rutin Makan Seledri

Jangan Cuma Jadi Taburan Sup, Ini Segudang Manfaat Jika Rutin Makan Seledri

Seledri mungkin bukan makanan favorit banyak orang. Sayuran hijau ini juga kurang populer dalam pembahasan tentang makanan sehat karena hanya dianggap sebagai bahan pelengkap atau tambahan dalam makanan. Seledri memang lebih sering digunakan untuk taburan pada makanan berkuah seperti sup, bakso atau soto. Terkadang juga dijadikan campuran dalam salad sayuran.Banyak yang belum tahu kalau tanaman berbentuk batangan ini ternyata punya manfaat yang hebat bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara rutin. Dijadikan campuran salad, dimakan bersama selai kacang atau dibuat jus, seledri sudah selayaknya masuk dalam menu diet harian Anda. Kenapa? Ini alasannya yang dihimpun Wolipop dari berbagai sumber.1. Membantu Turunkan Berat BadanSatu batang penuh seledri hanya mengandung 10 kalori sehingga aman dikonsumsi bersama bahan lainnya. Anda bisa menikmatinya dengan saus mayonnaise, Thousand Islands, selai kacang, minyak zaitun, salsa atau jenis dressing lainnya. Makanan ini bisa jadi pengganti camilan manis atau asin yang mengenyangkan tanpa menambah asupan kalori berlebihan.2. Mengurangi KolesterolSeledri mengandung butylphthalide, zat yang memberi aroma dan rasa yang khas. Sebagian orang tid [...]

Seputar Tato yang Perlu Anda Ketahui

Seputar Tato yang Perlu Anda Ketahui

Seiring dengan perkembangan jaman, semakin marak kita melihat orang-orang yang memiliki tato di tubuh. Ada beberapa jenis tato yang sekarang ada di dunia, ada tato untuk kecantikan seperti tato alis dan tato bibir. Ada juga tato adat, biasanya digunakan untuk pertanda dalam suatu adat tertentu. Ada tato professional, tato yang sering dilakukan oleh banyak orang, yaitu tato yang digambar oleh seniman tato. Tato merupakan suatu tanda atau desain yang dibuat pada kulit Anda dengan pigmen-pigmen yang dimasukkan melalui tusukan pada lapisan atas kulit. Biasanya para seniman tato menggunakan mesin yang serupa dengan mesin jahit dengan 1 atau lebih jarum untuk menusuk kulit. Pada setiap tusukan, jarum-jarum tersebut akan memasukkan tetesan tinta. Proses tersebut berlangsung tanpa dilakukan anestesi sehingga dapat menimbulkan perdarahan dan rasa nyeri. Tahukah Anda, sebenarnya ada risiko dan konsekuensi kesehatan tubuh yang dapat ditimbulkan jika melakukan pembuatan tato? Efek Samping dari Membuat Tato Berikut terlampir juga beberapa efek samping dari tato : Infeksi: Pada keadaan yang sangat buruk, misalnya menggunakan jarum bekas, Anda bisa memiliki resiko tertul [...]

Jaga Kesehatan Jantung Anda dengan 7 Cara Ini

Jaga Kesehatan Jantung Anda dengan 7 Cara Ini

Mengonsumsi makanan kemasan ternyata tidak hanya berbahaya, tetapi juga memiliki efek yang buruk pada kesehatan dalam jangka panjang. Itulah mengapa Anda harus menjaga asupan makanan dan olahraga secara teratur. Hal ini penting untuk menjaga jantung Anda agar tetap sehat. Sebab, jantung adalah salah satu bagian yang paling menonjol dan sensitif dari dalam tubuh manusia.Jantung juga memainkan peran utama dalam memasok darah segar ke seluruh tubuh yang membuat kita sehat dan normal. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengikuti rutinitas sehat tertentu untuk menjaga jantung kita sehat. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang bisa membantu Anda menjaga kesehatan jantung, seperti dikutip dari Boldsky.Kesehatan Fisik:1. Olahraga TeraturBerolahraga secara teratur adalah salah satu hal paling dasar yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan latihan yang rutin, tentunya dapat membuang lemak ekstra yang disimpan dalam tubuh, terutama di sekitar garis pinggang. Ini juga dapat membantu mencegah penyakit jantung.2. Menjaga Berat BadanTak sedikit orang mencoba mengurangi berat badan mereka dengan asumsi bahwa kelebihan berat badan mengarah ke penyakit ja [...]

5 Langkah Menjadi Lebih Sehat dalam 10 Hari

5 Langkah Menjadi Lebih Sehat dalam 10 Hari

Setiap orang tentu ingin memiliki tubuh yang sehat. Mengontrol pikiran agar tidak stres, menjaga asupan makanan dan berolahraga merupakan beberapa cara untuk membantu fisik dan mental menjadi lebih sehat. Seseorang tidak bisa menjadi sehat secara instan karena pola hidup sehat biasanya baru dirasakan hasilnya dalam jangka panjang. Namun Anda bisa jadi lebih sehat dalam 10 hari dengan mengikuti langkah-langkah ini. Yang perlu diingat, jalani gaya hidup sehat ini untuk seterusnya. Bukan karena iseng-iseng. Simak tipsnya, seperti yang dikutip dari Health Me Up. 1. Pola DietJaga asupan makanan dan atur pola makan. Pilih makanan yang tidak terlalu berbeda dengan apa yang biasa dikonsumsi. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:- Atur porsi makan secukupnya, tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit. - Kurangi konsumsi garam karena terlalu banyak garam bisa menyebabkan hipertensi dan penumpukan cairan di dalam tubuh.- Hindari gorengan. Makanan yang digoreng umumnya mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang jika dikonsumsi berlebihan bisa berbahaya bagi jantung. Belum lagi lemak yang tinggi bisa membuat Anda lebih cepat lemas. - Kurangi konsumsi junk food karena men [...]

Penyebab Kaki Bengkak dan Cara Mudah Mengatasinya

Penyebab Kaki Bengkak dan Cara Mudah Mengatasinya

Pembengkakan pada kaki membuat kita sulit beraktivitas. Ketahui apa saja penyebabnya demi menghindari terganggunya aktifitas Anda. Dalam ilmu medis, kaki bengkak biasanya disebabkan oleh edema atau adanya penumpukan cairan pada tubuh, tepatnya di kaki. Pembengkakan pada kaki dipengaruhi oleh kondisi kesehatan seseorang. Penderita penyakit ginjal dan jantung umumnya akan mengalami pembengkakan kaki. Berikut beberapa hal yang menyebabkan kaki bengkak: Limfedema. Kondisi medis akibat gangguan pada pembuluh getah bening yang menghambat peredaran cairan pada kaki. Akibatnya cairan menumpuk dan membuat kaki bengkak. Cedera. Pembengkakan pada kaki bisa terjadi karena cedera pada kaki dan pergelangan kaki. Ketika pergelangan kaki cedera atau salah melangkah, ligamen (sebuah pita fleksibel yang menghubungkan tulang dengan tulang) akan merenggang melampaui batas normal. Hal tersebut menyebabkan kaki bengkak. Kehamilan. Kaki bengkak pada wanita hamil adalah hal yang normal. Hal ini terjadi karena pembuluh darah besar di pangkal paha menerima tekanan dari bayi dalam kandungan yang tubuhnya kian membesar. Itu sebabnya di bulan-bulan terakhir kehamilan umumnya akan terjadi pembengkakan kaki. N [...]

7 Cara Terhindar dari Naiknya Asam Lambung

7 Cara Terhindar dari Naiknya Asam Lambung

Naiknya asam lambungatau dalam medis GERD atau gastroesophageal reflux disease, merupakan suatu kondisi dimana terjadinya regurgitasi (regurgitasi adalah naiknya makanan dari kerongkongan atau lambung tanpa disertai oleh rasa mual maupun kontraksi otot perut yang sangat kuat -Red) balik ke dalam tenggorokan sebagian cairan atau makanan yang bercampur dengan asam lambung. Penyebabnya antara lain makan terlalu banyak, obesitas ataupun kehamilan. Hal ini biasanya ditandai dengan gejala-gejala seperti rasa terbakar dalam dada, mual, muntah atau rasa "asam" di dalam mulut. Bagaimana tipsnya agar terhindar dari GERD? 1. Tips Terhindar Asam Lambung: Mengunyah Permen Karet Ternyata permen karet tidak hanya membantu masalah bau mulut, tapi sekaligus dapat membantu Anda dalam masalah GERD. Pada esensinya bukan permen karetnya yang berkhasiat dalam menurunkan level asam lambung, tapi sebetulnya adalah aktivitas mengunyah yang Anda lakukan selama permen karet di mulut Anda. Hal ini dikarenakan dengan mengunyah permen karet, maka akan meningkatkan produksi air liur (alkaline saliva) yang dapat berfungsi untuk menetralisir asam lambung dan menekan risiko kejadian regurgita [...]

Tidur Pulas Itu Sehat

Tidur Pulas Itu Sehat

Menikmati tidur pulas itu sehat, dan tentunya segar setelah bangun sangat diperlukan untuk kesehatan dan stamina tubuh. Karena salah satu kebutuhan manusia yang paling penting adalah mengistirahatkan tubuh dengan cara tidur yang cukup setelah melakukan aktivitas seharian. Tidur sangatlah penting untuk kesehatan. Karena dengan tidur kita bisa memulihkan kondisi agar esok hari bisa kembali fit dan segar. Selama tidur, tubuh juga meremajakan kulit. Bersyukur orang-orang yang memiliki jam tidur normal dan pulas. Banyak orang yang mengalami gangguan tidur atau susah tidur. Bahkan, banyak yang memiliki pola tidur buruk sampai menderita insomnia. Kurang tidur akan membuat seseorang lelah, kulit tampak kusam, lingkaran hitam dibawah mata, mata sembab dan menimbulkan tanda-tanda penuan dini pada kulit. Agar tidur pulas dan sehat, ada beberapa tips yang dapat kita lakukan, diantaranya; Gelapkan ruang tidur. Pastikan ruang kamar tidur ada gelap sebelum tidur. Karena faktor lampu menyala saat tidur juga akan mengganggu. Sinar yang dihasilkan oleh lampu membuat kulit dan mata tetep terjaga. Biasakan tidur dan bangun secara teratur. Tidak teraturnya jadwal tidur ini yang membuat dan mempeng [...]

Jadwal Kerja Tak Tetap Bisa Kurangi Daya Kerja Otak

Jadwal Kerja Tak Tetap Bisa Kurangi Daya Kerja Otak

Idealnya, waktu bekerja di kantor dimulai dari pukul 08:00 hingga 17:00. Tetapi lain halnya jika Anda bekerja di tempat-tempat yang membutuhkan pelayanan 24 jam, misalnya rumah sakit, dinas pemadam kebakaran atau call center. Beberapa jenis pekerjaan mengharuskan karyawannya untuk bekerja dengan jadwal bergilir di pagi hari atau malam hari.Menurut para ilmuwan, memiliki pekerjaan dengan jadwal yang digilir ternyata dapat menumpulkan sistem kerja otak dan mengurangi kemampuan intelektual seperti pemahaman, analisa dan pemecahan masalah. Hal ini dikemukakan dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Occupational and Environmental Medicine. Jurnal tersebut memaparkan, sistem jam kerja shift akan mengurangi jam tidur sehingga membuat otak berusia enam tahun lebih tua.Penelitian ini juga dikaitkan dengan penyakit demensia, yaitu penurunan fungsional otak yang disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak karena waktu tidur yang terganggu. Akibatnya, orang jadi mudah lupa atau mengalami kepikunan.Dalam jurnal tersebut, dijelaskan bahwa jam internal alami yang dimiliki tubuh telah dirancang secara otomatis untuk beraktivitas di pagi hari dan beristirahat di malam hari. Apabila [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *