Ini Dia Herbal Alami untuk Radang Tenggorokan

Obat-Radang-Tenggorokan-Herbal.jpg

Sakit tenggorokan merupakan keluhan yang paling umum ditemukan sehari-hari. Radang tengggorokan dapat disebabkan infeksi bakteri, virus, maupun alergi.

Tidak jarang bahwa saran pemberian antibiotik adalah salah satu pengobatan yang dipilih ketika keluhan radang tenggorokan muncul. Apakah ini tepat? Belum tentu.

Apabila penyebab radang disebabkan oleh infeksi bakteri, pemilihan terapi dengan antibiotik merupakan cara terbaik.

Namun apabila radang tenggorokan bukan disebabkan oleh bakteri, maka antibiotik tidak diperlukan. Infeksi virus pada umumnya gejala bisa berkurang dengan sendirinya dengan daya tahan tubuh yang baik.

Untuk itu, bagaimana mengatasi gejala radang ini? Beberapa bahan herbal berikut ini bisa mengurangi gejala nyeri pada tenggorokan dan mencegah terjadinya radang tenggorokan, antara lain, selengkapnya di halaman selanjutnya:

Ini Dia Herbal Alami untuk Radang Tenggorokan

Berikut beberapa bahan herbal yang dimaksud, antara lain:

  1. Jahe

Jahe memiliki efek antiperadangan sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang timbul ketika terjadi peradangan pada tenggorokan.

  1. Kencur

Atau lebih dikenal dengan curcuma zedoaria, juga memiliki efek antiperadangan yang dapat mengurangi rasa nyeri tenggorokan.

  1. Omega3

Omega-3 banyak terkandung di dalam salmon. Omega-3 memiliki efek antiperadangan sehingga dapat mengurangi nyeri tenggorokan.

  1. Echinacea angustifolia

Tanaman ini juga memiliki efek antiperadangan sehingga akan mengurangi rasa nyeri

  1. Alternanthera sessilis

Tanaman ini banyak digunakan di Bangladesh sebagai obat herbal. Tidak hanya di Bangladesh, tanaman ini pun bisa dijumpai di negara Asia lain seperti Indonesia. Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan nama kremah atau kremo dalam bahasa Jawa dan tolod dalam bahasa Sunda. Tanaman ini memiliki salah satu efek anti peradangan sehingga akan mengurangi nyeri tenggorokan

  1. Vitamin D

Vitamin D dapat meningkatkan jumlah sel T dan interleukin. Sel T merupakan sel yang berperan dalam sistem imun. Sedangkan interleukin merupakan glikoprotein yang diproduksi oleh sel darah putih yang juga berperan dalam sistem imun. Sumber vitamin D antara lain jamur, telur, dan minyak ikan.

  1. Vitamin A

Vitamin A juga memiliki peran penting dalam sistem imun diantaranya meningkatkan respon imunitas usus dan meningkatkan sel T. Sumber vitamin A antara lain wortel, hati sapi, kuning telur, dan susu.

  1. Zink

Zink akan menurunkan angka kejadian terkena radang tenggorokan setiap tahun. Pemberian zink pada anak setiap hari 10 mg dan 15 mg akan menurunkan kejadian radang tenggorokan.

  1. Probiotik

Pemberian probiotik akan membantu mencegah terjadinya infeksi saluran napas.

  1. Ginseng

Konsumsi ginseng akan menurunkan terjadinya influenza dan radang tenggorokan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Menelaah Kebenaran Manfaat Suntik Vitamin C

Menelaah Kebenaran Manfaat Suntik Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat merupakan salah satu bagian esensial yang dibutuhkan tubuh. Vitamin C diduga bermanfaat sebagai antioksidan yang bertugas melindungi kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan radikal bebas. Asupan vitamin C ke dalam tubuh bisa melalui konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan vitamin C, suplemen, maupun bisa juga dengan suntik vitamin C. Cairan asam askorbat atau vitamin C yang digunakan untuk penyuntikan berwarna jernih kekuningan. Terdapat beberapa metode penyuntikan vitamin C pada tubuh, yaitu intramuskular atau melalui otot, penyuntikan di bawah kulit atau subkutan, atau penyuntikan melalui pembuluh darah atau intravena. Dosis rata-rata harian asam askorbat yang disuntikkan untuk orang dewasa adalah 70-150 mg. Bagi orang-orang yang kekurangan vitamin C, dianjurkan menggunakan dosis harian sebanyak 300 mg hingga 1 gram. Tapi ada juga orang dewasa yang disuntikkan vitamin C sebanyak 6 gram tanpa mengalami gejala keracunan. Apa pun dosis atau prosedurnya, disarankan untuk melalui pemeriksaan dan pertimbangan dari seorang ahli gizi terlebih dahulu. Manfaat Suntik Vitamin C Sebenarnya, manfaat suntik vitamin C belum terbukti sepenuhnya, sehingga masi [...]

Bayi Yang Rentan Autisme

Bayi Yang Rentan Autisme

Sebuah penelitian terbaru di University of Pennsylvania School of Nursing, Amerika Serikat mengemukakan terdapat hubungan rendahnya berat badan bayi baru lahir dengan potensi kondisi autisme. Penelitian yang diterbitkan di Journal Pediatric, Amerika Serikat. itu, mengamati relevansi antara anak yang lahir dalam keadaan berat badan rendah dengan angka penderita autis. Penelitian ini dilakukan terhadap 862 anak di New Jersey dengan berat badan rendah sejak lahir hingga berusia 21 tahun. Mereka yang lahir dengan berat badan mulai dari 0.5 Kg ? 2 Kg terbukti positif autis 5% dibandingakan resiko anak lahir ukuran normal akan autism yang hanya sebesar 1%. Penemuan ini dianggap signifikan dengan hasil evaluasi gangguan spektrum autism (ASD/Autism Spectrum Disorder), dimana hal tersebut senada dengan penemuan sebelumnya yang menunjukkan hubungan rendahnya tingkat berat badan bayi baru lahir yang mempengaruhi perkembangan motorik dan masalah kognitif pada tubuh. Meskipun penelitian ini tidak menjadikan kurangnya berat badan saat lahir sebagai penyebab autisme secara langsung, namun Professor Jennifer Pinto-Martin selaku direktur bagian pusat autisme University Pennsylvania School of Nursin [...]

Keuntungan Makan Wortel Tiap Hari, Jantung Sehat dan Kulit Cantik

Keuntungan Makan Wortel Tiap Hari, Jantung Sehat dan Kulit Cantik

Wortel tidak hanya bermanfaat menjaga kesehatan mata. Sayuran berwarna oranye dengan tekstur renyah ini juga memiliki khasiat yang hebat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mulai dari kecantikan kulit hingga membantu mempercepat penyembuhan luka. Ini berbagai manfaat dengan rajin mengonsumsi wortel, yang dikutip dari Times of India.1. Mencegah PenuaanWortel kaya akan beta-karoten, salah satu jenis antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Beta-karoten juga dapat membuat rona wajah terlihat lebih berkilau dan memancarkan rona oranye yang sehat. Selain itu, wortel juga kaya vitamin A yang berfungsi memeliharan kesehatan kulit, rambut serta kuku.2. Mencegah Penyakit JantungSelain beta-karoten, wortel juga mengandung alpha-karoten dan lutein; tiga antioksidan ini berkhasiat melawan kolesterol jahat penyebab penyakit jantung. Wortel bersifat fibrous, yaitu memiliki serat yang bekerja layaknya spons yang menyerap kelebihan kolesterol dalam tubuh.Baca Juga: 50 Inspirasi Baju Lebaran 2015 3. Menyehatkan GigiRajin mengunyah wortel bisa meningkatkan kesehatan gigi. Tekstur wortel yang renyah, akan membantu gigi membersihkan sendiri sisa-sisa makanan yang tertingg [...]

Obat Kumur dan Bau Mulut

Obat Kumur dan Bau Mulut

Apakah obat kumur ampuh melawan bau mulut? Bisa mengurangi, tapi efeknya hanya sementara. Sebaiknya ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan dan jangan berlebihan. Obat kumur digunakan sebagai pelengkap dalam upaya membersihkan gigi dan mulut secara optimal, namun bila digunakan secara berlebihan malah berpotensi untuk mengganggu flora normal dalam mulut. Sebaiknya gunakan setelah menyikat gigi, dan untuk hasil yang lebih baik setelah itu gunakan benang gigi atau dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi yang sulit dibersihkan secara optimal oleh sikat gigi. [...]

Muda Merokok, Tua Rematik

Muda Merokok, Tua Rematik

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Perempuan Perokok Rentan Terkena Artritis Reumatoid. Bertambah lagi satu alasan bagi perempuan untuk tidak menghisap rokok. Merokok, bahkan hanya beberapa batang per hari, meningkatkan risiko seorang perempuan menderita artritis reumatoid sebanyak dua kali lipat. Kesimpulan ini didapatkan dari sebuah penelitian berskala besar yang melibatkan sekitar 30,000 perempuan selama kurun waktu 7 tahun dan dimuat dalam jurnal Arthritis Research & Therapy. Merokok memang sudah diktahui sebagai salah satu faktor risiko arthritis rheumatoid. Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa risikonya dapat meningkat dua kali lipat bahkan bila seorang perempuan hanya menghisap 1 ? 7 batang rokok per hari. Risiko ini juga tetap ada walaupun ia sudah 15 tahun berhenti merokok. Selain itu ditemukan juga hubungannya dengan lama merokok. Perempuan yang sudah merokok selama 1?25 tahun 1,6 kali lebih mungkin terkena artritis reumatoid.Penelitian yang dilakukan oleh Karolinska Institute di Stockholm Swedia ini menganalisis 34.101 perempuan berusia 54 ? 89 tahun yang juga menjadi bagian dari penelitian Swedish Mammography Cohort. Selama diteliti, sejak 1 Januari 2003 hingga 31 Des [...]

Tips Memilih Alat Kontrasepsi

Tips Memilih Alat Kontrasepsi

Merencanakan keluarga sejahtera dapat dimulai dengan memilih dan menggunakan alat kontrasepsi yang tepat. Kontrasepsi adalah metode atau alat yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Ada berbagai jenis kontrasepsi, masing-masing dengan manfaat dan kekurangannya masing-masing. Mempelajari semua jenisnya membuat Anda dapat menentukan mana yang paling tepat untuk Anda. Kontrasepsi Temporer Kontrasepsi yang bersifat sementara ini bertujuan menunda kehamilan atau mengatur jarak antarkehamilan. Jenis kontrasepsi ini dapat digunakan jika Anda belum ingin memiliki anak dalam jangka waktu tertentu, dan dilepas jika Anda telah siap memiliki anak kembali. Metode ini dapat diterapkan dalam berbagai bentuk, yaitu: Pil Keluarga Berencana (KB) Kontrasepsi berbentuk pil ini bekerja menggunakan hormon progestin dengan atau tanpa hormon estrogen, untuk mencegah ovulasi. Kontrasepsi ini berfungsi dengan efektif jika dikonsumsi secara teratur. Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan pil KB sama sekali tidak berdampak buruk pada kesuburan wanita di masa yang akan datang. Terdapat dua jenis pil KB: Pil kombinasi: Merupakan pil yang mengandung hormon estrogen dan progestero [...]

Risiko Berbahaya di Balik Seks Anal

Risiko Berbahaya di Balik Seks Anal

Seks anal kadang dilakukan untuk kesenangan ataupun menghindari kehamilan. Padahal selain risikonya yang berlipat ganda, dengan cara ini kehamilan dapat tetap terjadi. Seks anal adalah aktivitas seksual di area anal (bokong) yang umumnya meliputi: penetrasi penis ke anus, penetrasi jari atau mainan seks seperti vibrator ke anus, ataupun seks oral yang dilakukan dengan menstimulasi anus menggunakan mulut atau lidah. Penyakit Menular Seksual hingga Pendarahan Anus adalah organ tubuh yang sangat sensitif karena sarat dengan ujung saraf sehingga dapat menjadi area stimulasi seks yang menyenangkan. Namun kesenangan ini tidak sepadan dengan risiko yang terkandung. Berikut beberapa di antaranya: Penetrasi dan seks oral pada anus meningkatkan risiko penularan penyakit menular seksual. Dibandingkan aktifitas seksual lainnya, aktifitas seksual yang melibatkan penetrasi ke anus mempunyai risiko tertinggi dalam risiko penularan penyakit menular seksual, seperti HIV, herpes kelamin, kutil kelamin, klamidia, hepatitis B, gonore, dan sifilis. Orang yang melakukan seks melalui anal 30 kali lebih berisiko terkena HIV dibanding yang melakukan penetrasi melalui vagina. Paparan human papillomavirus [...]

Strategi Cerdas Menghindari Bahaya Suntik Putih

Strategi Cerdas Menghindari Bahaya Suntik Putih

Di Indonesia, produk maupun perawatan yang menjanjikan hasil kulit putih pasti akan banyak diburu. Suntik putih adalah salah satu opsi yang kerap dipilih untuk mendapatkannya. Metode pemutihan kulit yang dilakukan adalah dengan menyuntikkan cairan khusus ke pembuluh darah Anda. Mengingat cara kerjanya yang memasukkan zat asing ke dalam tubuh, maka Anda tidak boleh sembarangan dalam melakukannya. Menelaah Komposisi Cairan yang Digunakan untuk Suntik Putih Cairan ini mengandung vitamin C dan kerap dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya, seperti glutathione atau kolagen. Vitamin C. Zat ini memiliki banyak manfaat, antara lain mencerahkan kulit dan kaya akan antioksidan untuk meningkatkan produksi kolagen. Vitamin C bisa membantu agar kulit terlihat lebih muda serta menghilangkan bekas luka. Glutathione. Zat ini sebenarnya diproduksi secara alami di dalam tubuh. Namun seiring pertambahan usia, produksi glutathione pada tubuh menurun. Keberadaannya pada tubuh bisa menghambat produksi melanin. Makin banyak melanin, maka makin gelap warna kulit Anda. Tidak hanya itu, glutathione juga memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Kolagen. Pada ca [...]

Apa Saja Syarat Donor Darah?

Apa Saja Syarat Donor Darah?

Donor darah merupakan kegiatan ketika Anda bersedia memberikan darah kepada seseorang secara sukarela. Darah Anda bisa sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan banyak darah saat operasi, terluka, atau memiliki penyakit tertentu, seperti anemia, leukimia, atau thalasemia. Apakah hati Anda terketuk ingin menyumbangkan darah kepada mereka yang membutuhkan transfusi darah? Sayangnya tidak semua orang bisa mendonorkan darahnya. Berikut ini beberapa syarat yang harus Anda ketahui untuk bisa menjadi pendonor. Persyaratan dasar untuk ikut serta dalam kegiatan donor darah di Indonesia adalah pendonor berusia 17 hingga 65 tahun usia. Berat badan minimal adalah 45 kg dengan tekanan darah sistole 100-170 dan diastole 70-100 serta memiliki kadar hemoglobin sekitar 12,5-17 g/dl. Setelah hal di atas telah dipenuhi, maka Anda harus lulus syarat berikutnya, yaitu memiliki tubuh sehat secara jasmani. Hal ini penting mengingat darah Anda akan masuk ke dalam tubuh seseorang. Jika Anda memiliki penyakit menular, maka bisa memengaruhi kondisi kesehatan penerima. Berikut ini adalah faktor-faktor berdasarkan ketentuan dari PMI yang membuat seseorang tidak bisa menjadi pendonor darah: Tidak diizinkan [...]

Keluhan Mata Gatal Akibat Alergi

Keluhan Mata Gatal Akibat Alergi

Mata gatal merupakan gejala paling umum dari alergi mata. Mata terasa gatal ketika terpapar benda-benda kecil seperti debu, kotoran, tungau, dan bulu hewan yang bisa memicu reaksi alergi. Dalam dunia kedokteran, ini diistilahkan sebagai alergi okular atau alergi konjungtivitis. Sebenarnya benda-benda kecil penyebab alergi tersebut tidak berbahaya. Namun, ketika benda kecil itu menyentuh selaput lendir pelapis bagian putih mata (konjungtiva), sistem kekebalan tubuh akan keliru mengenalinya. Sistem imun kemudian bereaksi dengan membuat antibodi yang menyebabkan mata melepaskan zat histamin dan senyawa kimia lain. Hal inilah yang membuat mata menjadi gatal, merah, dan berair. Gejala lainnya yaitu mata terasa sakit atau terbakar, sensitif terhadap cahaya, dan bengkak. Gejala alergi mata dapat langsung terasa ketika mata bersentuhan dengan alergen atau pemicu alergi. Namun, bisa juga gejalanya baru muncul setelah dua hingga empat hari. Jenis Alergi Mata Alergi mata atau alergi konjungtivitis dibagi menjadi beberapa jenis berikut. Konjungtivitis papilari raksasa, merupakan komplikasi dari penggunaan lensa kontak yang kurang bersih. Jika Anda penyuka lensa kontak, sebaiknya gunakan le [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *