Ini Dia Perbedaan dan Persamaan KIS dan BPJS

rieke%2Bblusukan%2Bbogor.jpg

Pada hari ke-14 menjabat sebagai Presiden Indonesi ke-7, Jokowi bagi-bagi kartu sakti. Senin (03/11/2014), Jokowi meluncurkan 3 macam kartu. Salah satu kartu yang diluncurkan adalah Kartu Indonesia Sehat (KIS). Kehadiran KIS ini cukup membingungkan masyarakat lantaran saat ini telah berlaku program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Menanggapi hal ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menegaskan bahwa KIS dan kartu JKN yang dikelola BPJS Kesehatan memang serupa, tetapi tidak akan tumpang tindih. Kartu ini memiliki prinsip yang sama, yaitu memberikan bantuan bagi rakyat miskin yang ingin berobat. Hanya saja, KIS memiliki kelebihan dari segi pelayanan.

“BPJS itu undang-undang. Karena ada anggarannya untuk membantu lebih banyak ke masyarakat,” papar JK. Jadi KIS merupakan inisiatif pemerintah Jokowi-JK, sementara kartu JKN yang dikelola BPJS adalah amanah undang-undang.

Di Kantor Pusat Pos Indonesia, Jakarta, Jokowi pun mengatakan bahwa pemerintah melalui Kementerian Kesehatan akan melakukan perbaikan manajemen rumah sakit demi mencegah kesulitan berobat.

KIS merupakan langkah awal Jokowi membenahi pelayanan di rumah sakit. Untuk sementara, KIS diberikan kepada 4.451.508 individu, yang merupakan kepala dan anggota keluarga dari 1 juta keluarga kurang mampu dan tersebar di 19 Kabupaten/Kota di 9 provinsi. Peluncuran tersebut diperkirakan akan selesai pada pertengahan Desember 2014.

Menanggapi berita mengenai 2 kartu ini, anggota Fraksi PPP DPR RI Okky Asokawati mengatakan bahwa kita perlu mencermati perbedaan KIS dengan BPJS Kesehatan. Disebutkan bahwa KIS memberikan pelayanan yang tidak diberikan oleh BPJS Kesehatan seperti pemakaian KIS tidak mengenal tempat dan bisa digunakan di mana saja.

KIS adalah program jaminan kesehatan untuk warga kurang mampu, sedangkan BPJS adalah lembaga atau Badan Pengelola-nya. KIS menyasar masyarakat miskin dan rentan miskin, bentuknya berupa kartu kesehatan yang dananya disubdisi oleh pemerintah melalui APBN. Sementara itu, kartu Jaminan Sosial Nasional (JKN) yang juga dikelola BPJS, lebih menjurus pada iuran yang harus dibayarkan per bulannya oleh peserta mandiri.

Masih bingung dengan persamaan dan perbedaan antara KIS dan kartu JKN yang dikelola BPJS? Berikut rangkumannya:

Persamaan:

1. Berprinsip memberikan bantuan bagi rakyat miskin yang ingin berobat.

2. Bentuknya berupa kartu untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan fasilitas kesehatan.

Perbedaan:

1. KIS adalah program jaminan kesehatan untuk warga kurang mampu, sedangkan BPJS merupakan Badan Pengelola-nya.

2. KIS terbatas hanya untuk rakyat miskin dan kurang mampu, sedangkan kartu Jaminan Kesehatan Nasional yang juga dikelola BPJS wajib dimiliki warga negara Indonesia baik mampu ataupun kurang mampu. Sebagai catatan, masyarakat kurang mampu telah ditanggung pemerintah sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang berjumlah 86,4 juta jiwa.

3. Wilayah pemakaian KIS bebas dan BPJS terbatas.

KIS merupakan kartu yang dapat digunakan di klinik, puskesmas, dan rumah sakit mana pun yang tersebar di seluruh Indonesia. Pemakaian kartu JKN yang dikelola BPJS hanya terbatas di wilayah yang didaftarkan. Seperti contoh, apabila Anda mendaftarkan klinik di wilayah Jakarta maka kartu JKN yang dikelola BPJS hanya bisa di klinik atau Puskesmas yang telah ditentukan di Jakarta.

4. Pemakaian KIS bisa untuk segala perawatan kesehatan, baik untuk pencegahan maupun pengobatan. Sedangkan dalam praktiknya, kartu JKN yang dikelola BPJS hanya bisa dipakai ketika Anda benar-benar sedang sakit atau dirawat.

5. KIS merupakan kartu kesehatan yang disubdisi oleh pemerintah, masyarakat cukup mendaftar tanpa mengeluarkan biaya. Sebagai kartu jaminan kesehatan, ketika mendaftar kartu JKN yang dikelola BPJS terdapat biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya. (Jazaul Aufa/Igw).

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Daftar Makanan untuk Wujudkan Resolusi Sehat di 2014

Daftar Makanan untuk Wujudkan Resolusi Sehat di 2014

Banyak resolusi kesehatan yang mungkin sudah Anda catatkan untuk diwujudkan pada tahun ini. Baik itu menurunkan berat badan, menjadi lebih bugar, mengurangi stres, dan mendapatkan tidur lebih banyak lagi.Ahli Gizi dan Diet yang berbasis di Los Angeles, Patricia Banna mengatakan bila ingin resolusi itu terwujud, maka yang harus diperhatikan pertama kali adalah asupan makanan dan minuman yang akan dimasukkan ke dalam tubuh.Dikutip dari laman Fox News, Kamis (15/1/2014), Patricia membeberkan daftar makanan dan minuman yang dapat membantu Anda mewujudkan resolusi di tahun 2014.1. AvokadJika menurunkan berat badan adalah mimpi Anda di tahun ini, maka masukanlah makanan dengan lemak sehat ke dalam menu diet Anda. Paling aman konsumsilah alpukat."Seperlima dari avokad Hass memiliki 50 kalori, dan itu topping terbaik daripada Anda mencampurkan mentega atau mayones ke dalam makanan Anda," kata Patricia menjelaskan.2. Air kelapaNah, bila resolusi Anda adalah ingin hidup lebih sehat dan bugar, hindarilah untuk mengonsumsi minuman bersoda dan yang manis, setelah berolahraga.Patrcia menyarankan untuk menggantikan minuman itu dengan air kelapa saja.Secara alami buah kelapa memiliki kalori yang c [...]

Macam Gaya `Eyeliner` Agar Mata Makin Cantik

Macam Gaya `Eyeliner` Agar Mata Makin Cantik

Eyeliner menjadi perlengkapan kosmetik yang memberikan keajaiban di mata Anda. Ada berbagai variasi warna, bentuk, dan tekstur eyeliner. Dengan sapuan eyeliner, tampilan wanita berubah dan mata tampil lebih cantik.Meski ampuh mengubah tampilan wanita, eyeliner juga dengan mudah merusak tampilan Anda. Tapi, jika Anda bosan dengan riasan mata Anda dan ingin mencoba gaya eyeliner yang berbeda, atau Anda masih pemula, bisa melihat gaya eyeliner yang berbeda berikut ini dan belajar mempraktikkannya seperti dikutip dari BecomeGorgeous, Kamis (6/2/2014): 1. Tips Buat PemulaJika Anda seorang pemula di dunia eyeliner, Anda bisa memulainya dengan eyeliner pensil atau eyeliner kohl dan serutannya. Teknik yang Anda lakukan tentu yang paling mudah dari semua gaya yakni di atas garis bulu mata.Mulailah menggambarkan garis dari sudut dalam mata Anda sampai sudut luar. Untuk memastikan tangan Anda tak bergoyang dan Anda mendapatkan garis yang lurus sempurna di atas garis bulu mata Anda. Tempatkan siku Anda dengan tepat dan di permukaan yang stabil. Lalu tarik ke surut luar mata Anda dengan bebas.Setelah menggambar garis hitam yang tipis pertama kalinya, Anda mungkin ingin membuatnya lebih menonj [...]

Simpan Makanan di Kulkas, Perhatikan Ini

Simpan Makanan di Kulkas, Perhatikan Ini

Dua kebiasaan buruk sejumlah wanita kala ditinggal pembantu rumah tangga (PRT) mudik ke kampung halaman adalah menyimpan banyak makanan ke dalam kulkas atau menyimpan makanan di meja makan pada suhu kamar dalam waktu yang lama. Sehingga pada saat dikonsumsi, lupa untuk dipanaskan kembali atau makanan tersebut sudah rusak. Ketika menyimpan makanan di dalam kulkas, Dr Ari Fahrial Syam menganjurkan untuk menjauhkan letak makanan yang matang dengan yang mentah, sehingga makanan yang matang tidak terkonsumsi dengan bakteri yang kebetulan hidup pada makanan yang mentah tersebut. Makanan yang terlalu lamam di suhu kamar pun, cenderung mengalami kontaminasi."Yang menjadi masalah, kadang kala tidak semua kuman yang mencemari makanan tersebut menyebabkan perubahan bau dan bentuk dari makanan tersebut," kata Ari dalam keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com melalui surat elektronik pada Senin (4/8/2014)Maka itu, tambah Ari, proses pemanasan makanan baik secara langsung atau menggunakan microwave, harus tetap dilakukan pada saat makanan tersebut dikonsumsi kembali. "Sehingga, kejadian keracunan makanan yang kerap terjadi selama lebaran tidak terjadi," kata dia menambahkan.Dokter [...]

Anak Perokok Pasif Berisiko Alami Serangan Jantung

Anak Perokok Pasif Berisiko Alami Serangan Jantung

Anak-anak yang hidup dengan orangtua perokok aktif berisiko mengalami kerusakan permanen pada pembuluh darahnya. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa paparan asap rokok yang berasal dari kedua orangtua mengarah pada penebalan dinding arteri anak, yang berisiko pada serangan jantung dan stroke di kemudian hari.Penelitian ini melibatkan 2.401 anak-anak dari Finlandia dan 1.375 anak di Australia, berusia antara tiga sampai 18 tahun. Saat melakukan survei tersebut, para peneliti mengajukan pertanyaan tentang kebiasaan merokok kedua orangtua dan para peneliti menggunakan ultrasound untuk mengukur ketebalan dinding arteri anak-anak setelah dia mencapai usia dewasa.Studi ini merupakan penelitian pertama yang melibatkan anak dan orang dewasa, untuk meneliti adanya hubungan antara paparan asap rokok dari orangtua, dan peningkatan karotid intima media atau pengukuran ketebalan terdalam dua lapisan dinding arteri saat anak itu dewasa."Studi kami menunjukkan bahwa paparan asap rokok pasif pada anak menyebabkan terjadinya kerusakan langsung dan permanen pada struktur arterinya," kata salah seorang peneliti di Epidemiologi Kardiovaskular di Menzies Research Institute di Tasmania dan University of [...]

Menkes : Indonesia Masih Aman dari Virus MERS CoV

Menkes : Indonesia Masih Aman dari Virus MERS CoV

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menyatakan hingga kini Indonesia masih bebas dari virus Sindrom Pernapasan Timur Tengah atau "Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus/MERS-CoV" yang mulai menyebar di 15 negara di dunia. Kasus MERS-CoV yang semula terjadi di Jeddah, kemudian meluas ke Mekah, Madinah, dan saat ini sudah menyebar ke 15 negara, dipastikan hingga saat ini belum masuk ke Indonesia, kata Menteri Kesehatan seusai meresmikan peluncuran pengelolaan dan pemanfaatan dana kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada fasilitas kesehatan tingkat pertama milik pemerintah daerah di Puskesmas Desa Sukajadi, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, seperti dikutip dari Antara, Senin (12/5/2014). Dia menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap 47 masyarakat dari sejumlah daerah di Sumatera, Jawa, dan Bali, yang diduga terserang virus yang dapat menyebar dengan cepat dan menyebabkan kematian atau suspek MERS-CoV itu, ternyata hasilnya negatif. Sementara ini dari hasil pemeriksaan terhadap masyarakat yang suspek MERS-CoV tersebut, negara ini masih aman dari virus tersebut. "Kita masih menunggu hasil diagnosis atau pemeriksaan dari empat pasien te [...]

Senyum Terpaksa Bisakah Membahagiakan?

Senyum Terpaksa Bisakah Membahagiakan?

Senyuman sering dikaitkan dengan perasaan bahagia. Tapi senyuman tak selalu menunjukkan bahwa seseorang sedang bahagia dan sebaliknya. Lantas mengapa orang tersenyum?Dr Nakia Gordon, Asisten Profesor Psikologi dan Ahli Emosidi Marquette University, menjelaskan, neuroscience saja tak bisa mengetahui asal senyum itu."Data neuroimaging (gambar otak saat aktif) memberitahu kita bagaimana ekspresi emosi yang dirasakan. Ia tak memberitahu kita mengapa kita tersenyum (lawan dari mengerutkan kening)," kata Dr Gordon seperti dilansir MedicalDaily, Senin (14/4/2014).Beberapa ahli mengatakan, jawabannya terletak pada psikologi evolusioner, yakni cabang dari psikologi yang berusaha memahami setiap aspek perilaku manusia sebagai hasil dari trial dan error. Untuk seorang psikolog evolusioner, senyuman menjadi alat sosial yang digunakan untuk mencapai tujuan khusus.Marianne LaFrance , seorang psikolog eksperimental di Yale dan penulis buku Lip Service mengatakan, ada perbedaan antara senyuman yang datang dari jiwa, senyuman yang tak disengaja, dan yang dilakukan dengan sadar. LaFrance menjelaskan, sebelumnya Guillaume-Benjamin Duchenne, yang hidup semasa Darwin melakukan eksperimen yang melihat [...]

Rokok Saja Dilarang, Kenapa Miras Boleh Jadi Sponsor Kegiatan Olahraga?

Rokok Saja Dilarang, Kenapa Miras Boleh Jadi Sponsor Kegiatan Olahraga?

Beragam cara ditempuh Fahira Idris demi menyelematkan bangsa Indonesia dari bahaya minuman keras (miras). Salah satunya mendorong pemerintah agar dibuatkan Undang-undang dan Peraturan Daerah (Perda) tentang miras.Namun, satu yang disesalkan Fahira, yaitu mengapa kegiatan olahraga yang ada di Indonesia, masih saja disponsori oleh industri minuman alkohol terkenal. Sebab, rokok saja dilarang untuk menyesponsori ajang olahraga, apalagi minuman keras?"Bagaimana bisa, klub sepakbola seperti Arema Malang disponsori oleh merek minuman keras? Rokok saja dilarang, masa ini minuman beralkohol. Yang benar saja," kata Fahira Idris selaku Ketua Gerakan Nasional Anti Miras (GeNAM) saat peluncuran buku perdananya berjuduk 'Say: No, Thanks' di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (3/3/2014)Sama halnya dengan rokok, minuman keras akan dianggap sesuatu yang keren karena secara terang-terangan menjadi sponsor di kegiatan olahraga, dalam hal ini sepak bola. Maka itu, Fahira akan terus berjuang agar Pemerintah memerhatikan hal ini."Minuman keras itu kunci, kunci untuk maksiat, dan hal-hal tidak mengenakkan lainnya. Untuk itu, saya akan terus berjuang memintah kepada Pemerintah untuk memerhatikan h [...]

Alami penyakit Langka, Bocah Ini Sumbang 1.000 Mainan

Alami penyakit Langka, Bocah Ini Sumbang 1.000 Mainan

Memiliki penyakit langka, sepertinya tidak menjadi halangan bagi Casey Abrams (11) untuk berbuat baik pada sesama. Bagaimana tidak, dengan tulus dia menyumbangkan 1.000 mainan untuk pasien di Mattel Children Hospital UCLA. Seperti diberitakan Foxnews, Kamis (25/12/2014), Casey diketahui memiliki penyakit usus langka, progresif dan degeneratif yang membuatnya bolak-balik RS sejak lahir. Meski kondisinya juga mengkhawatirkan, namun sejak usianya 6 tahun Casey memutuskan untuk membantu anak-anak lain. Dia pikir, anak-anak di RS senasib dengannya karena tidak bisa merayakan Natal bersama keluarga besar di rumah. "Saya melakukannya karena saya tahu bagaimana rasanya berada di rumah sakit saat Natal, dan saya ingin membawa mereka sukacita, kata Casey saat diwawancarai sebuah stasiun televisi. [...]

Menkes Minta 3 RS Segera Akreditasi Internasional

Menkes Minta 3 RS Segera Akreditasi Internasional

Dalam kunjungannya ke tiga Rumah Sakit, RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, RS Ibu dan Anak Harapan Kita dan RS Kanker Dharmais, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menegaskan bahwa ketiga Rumah Sakit tersebut harus segera terakreditasi secara internasional."Saya lihat banyak kerjasama internasional. Tapi kapan akreditasi internasional? Walaupun saya bukan menteri lagi, saya akan hantui kalian," kata Menkes di sela-sela sambutannya di aula RS Jantung Harapan Kita, Jakarta, Senin (8/9/2014).Menkes pun lantas menanyakan kepada ketiga Direktur RS tersebut. Kapan kesiapan mereka untuk melakukan akreditasi internasional."2015 ya? Semua menyaksikan kalau ketiga RS ini Insya Allah akan akreditasi internasional. Akreditasi ini bukti kalau kita memberikan layanan keselamatan pasien dan mutu yang baik sehingga dihargai di negara lain. Kita harus siap suatu saat mutu kita sama dengan RS di negara lain," tegasnyaMenkes juga berharap bahwa ketiga Rumah Sakit ini juga akan menjadi rumah sakit rujukan nasional yang menjadi center of excellence di bidang unggulannya. [...]

Orang Dewasa pun Boleh Minum Susu Khusus untuk Remaja

Orang Dewasa pun Boleh Minum Susu Khusus untuk Remaja

Masih ada sejumlah ibu di Indonesia yang membelikan susu tergantung dari usia anak-anaknya. Ketika berusia 12 tahun, ibu akan memberikannya susu yang tergolong untuk anak-anak. Sedangkan ketika anak berusia 13 tahun, ibu akan memberikannya susu khusus untuk remaja. Perlukah pemberian susu seperti ini?Ahli Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Ahmad Syafiq, PhD mengatakan, sebenarnya perbedaan jenis-jenis itu hanya sedikit. Kalau kita mengingat zaman dulu, tidak ada perbedaan yang mencolok di antara banyaknya jenis susu seperti saat ini."Dulu tidak ada perbedaan itu. Susu ya, susu saja. Jadi sebenarnya, jangan terlalu segmented juga," kata dia menerangkan dalam acara `Gerakan Nusantara 2014: Program Edukasi Gizi Anak Usia Sekolah` di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jl. Sudirman, Jakarta, ditulis Jumat (6/6/2014)Lebih lanjut Ahmad menjelaskan, kurang lebih kandungan yang ada di dalam seporsi susu untuk anak, remaja, dan orangtua berbeda tipis. Bila orangtua ingin meminum susu remaja, tidak masalah, karena tidak akan berefek apa-apa."Saya misalnya, minum susu untuk remaja. Ya, walaupun tidak bisa jadi remaja lagi. Memang, ada tambahan-tambahan yang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *