Ini Dia Perbedaan dan Persamaan KIS dan BPJS

rieke%2Bblusukan%2Bbogor.jpg

Pada hari ke-14 menjabat sebagai Presiden Indonesi ke-7, Jokowi bagi-bagi kartu sakti. Senin (03/11/2014), Jokowi meluncurkan 3 macam kartu. Salah satu kartu yang diluncurkan adalah Kartu Indonesia Sehat (KIS). Kehadiran KIS ini cukup membingungkan masyarakat lantaran saat ini telah berlaku program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Menanggapi hal ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menegaskan bahwa KIS dan kartu JKN yang dikelola BPJS Kesehatan memang serupa, tetapi tidak akan tumpang tindih. Kartu ini memiliki prinsip yang sama, yaitu memberikan bantuan bagi rakyat miskin yang ingin berobat. Hanya saja, KIS memiliki kelebihan dari segi pelayanan.

“BPJS itu undang-undang. Karena ada anggarannya untuk membantu lebih banyak ke masyarakat,” papar JK. Jadi KIS merupakan inisiatif pemerintah Jokowi-JK, sementara kartu JKN yang dikelola BPJS adalah amanah undang-undang.

Di Kantor Pusat Pos Indonesia, Jakarta, Jokowi pun mengatakan bahwa pemerintah melalui Kementerian Kesehatan akan melakukan perbaikan manajemen rumah sakit demi mencegah kesulitan berobat.

KIS merupakan langkah awal Jokowi membenahi pelayanan di rumah sakit. Untuk sementara, KIS diberikan kepada 4.451.508 individu, yang merupakan kepala dan anggota keluarga dari 1 juta keluarga kurang mampu dan tersebar di 19 Kabupaten/Kota di 9 provinsi. Peluncuran tersebut diperkirakan akan selesai pada pertengahan Desember 2014.

Menanggapi berita mengenai 2 kartu ini, anggota Fraksi PPP DPR RI Okky Asokawati mengatakan bahwa kita perlu mencermati perbedaan KIS dengan BPJS Kesehatan. Disebutkan bahwa KIS memberikan pelayanan yang tidak diberikan oleh BPJS Kesehatan seperti pemakaian KIS tidak mengenal tempat dan bisa digunakan di mana saja.

KIS adalah program jaminan kesehatan untuk warga kurang mampu, sedangkan BPJS adalah lembaga atau Badan Pengelola-nya. KIS menyasar masyarakat miskin dan rentan miskin, bentuknya berupa kartu kesehatan yang dananya disubdisi oleh pemerintah melalui APBN. Sementara itu, kartu Jaminan Sosial Nasional (JKN) yang juga dikelola BPJS, lebih menjurus pada iuran yang harus dibayarkan per bulannya oleh peserta mandiri.

Masih bingung dengan persamaan dan perbedaan antara KIS dan kartu JKN yang dikelola BPJS? Berikut rangkumannya:

Persamaan:

1. Berprinsip memberikan bantuan bagi rakyat miskin yang ingin berobat.

2. Bentuknya berupa kartu untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan fasilitas kesehatan.

Perbedaan:

1. KIS adalah program jaminan kesehatan untuk warga kurang mampu, sedangkan BPJS merupakan Badan Pengelola-nya.

2. KIS terbatas hanya untuk rakyat miskin dan kurang mampu, sedangkan kartu Jaminan Kesehatan Nasional yang juga dikelola BPJS wajib dimiliki warga negara Indonesia baik mampu ataupun kurang mampu. Sebagai catatan, masyarakat kurang mampu telah ditanggung pemerintah sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang berjumlah 86,4 juta jiwa.

3. Wilayah pemakaian KIS bebas dan BPJS terbatas.

KIS merupakan kartu yang dapat digunakan di klinik, puskesmas, dan rumah sakit mana pun yang tersebar di seluruh Indonesia. Pemakaian kartu JKN yang dikelola BPJS hanya terbatas di wilayah yang didaftarkan. Seperti contoh, apabila Anda mendaftarkan klinik di wilayah Jakarta maka kartu JKN yang dikelola BPJS hanya bisa di klinik atau Puskesmas yang telah ditentukan di Jakarta.

4. Pemakaian KIS bisa untuk segala perawatan kesehatan, baik untuk pencegahan maupun pengobatan. Sedangkan dalam praktiknya, kartu JKN yang dikelola BPJS hanya bisa dipakai ketika Anda benar-benar sedang sakit atau dirawat.

5. KIS merupakan kartu kesehatan yang disubdisi oleh pemerintah, masyarakat cukup mendaftar tanpa mengeluarkan biaya. Sebagai kartu jaminan kesehatan, ketika mendaftar kartu JKN yang dikelola BPJS terdapat biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya. (Jazaul Aufa/Igw).

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cesar Millan Bakal Tunjukkan Cara Atasi 20 Masalah Anjing

Cesar Millan Bakal Tunjukkan Cara Atasi 20 Masalah Anjing

Pakar perilaku anjing terkenal di dunia, Cesar Millan, akan singgah di Jakarta pada 26 April 2014. Dalam show tersebut Millan akan berbagi ilmu tentang membaca bahasa tubuh anjing, membentuk perilaku anjing, dan menaklukan anjing yang nakal.Pertunjukan yang dipromotori Sorak Gemilang entertainment dan Asia Live Entertainment ini diyakini dapat mengatasi masalah-masalah yang dihadapi manusia seputar perilaku anjing.Dalam pertunjukan yang berlokasi di Kota Casablanka, Jakarta, Millan akan mengatasi 20 masalah anjing yang mewakili semua masalah anjing di Indonesia. "Kami mengajak para pemilik anjing yang bermasalah untuk ikut berpartisipasi dalam acara ini. Akan dipilih 20 anjing yang beruntung untuk diatasi masalahnya oleh Caesar Millan, caranya pengunjung yang telah memiliki tiket cukup follow twitter soraya gemilang entertainment dan asia live entertainment. Mention masalahnya dan akan dipilih oleh Millan sendiri," kata Regina dari Sorak Gemilang Entertainment, ditulis Kamis (20/3/2014).Sang promotor acara sangat yakin permasalahan seputar perilaku anjing akan mudah diatasi bila sang pemilik mengetahui dengan benar cara berbicara dengan mereka. "Saya yakin seminar yang dibawakan C [...]

Top 5 Health: Tips Bentuk Payudara Ideal Terpopuler

Top 5 Health: Tips Bentuk Payudara Ideal Terpopuler

Memiliki payudara dengan ukuran ideal merupakan dambaan semua wanita, karena dipercaya dapat menaikan kepercayaan dirinya. Jika Anda ingin meningkatkan ukuran payudara secara alami tanpa harus menanggung rasa sakit karena operasi, ada sejumlah latihan sederhana yang dapat Anda masukan ke dalam rutinitas sehari-hari. Nah, tips dalam membentuk payudara ideal ini ternyata paling banyak disimak pembaca Liputan6.com edisi Selasa (4/10/2014). Selain itu, jangan ketinggalan artikel lainnya seperti berikut:1. Agar Payudara Tampak Indah dan Ideal, Coba 5 Cara IniMemiliki payudara dengan ukuran ideal merupakan dambaan semua wanita, karena dipercaya dapat menaikan kepercayaan dirinya. Jika Anda ingin meningkatkan ukuran payudara secara alami tanpa harus menanggung rasa sakit karena operasi, ada sejumlah latihan sederhana yang dapat Anda masukan ke dalam rutinitas sehari-hari.2. Ini Dia Manfaat Dahsyat Kulit Bawang Merah, Jangan Buang YaKulit terluar bawang merah maupun bawang bombai pasti Anda buang kan saat menggunakannya sebagai bumbu masak? Dianggap kotor dan tak berguna tak heran umumnya masyarakat membuang bagian tersebut. Bahkan menurut data studi tahun 2011 di Eropa limbah bawang mera [...]

Ini Dia Alasan Kenapa Banyak Wanita Enggan Mamografi

Ini Dia Alasan Kenapa Banyak Wanita Enggan Mamografi

Para pakar kesehatan sadar betul bahwa sesuatu yang dijepit memang tidak mengenakkan, sehingga mereka tahu alasan yang membuat sedikit sekali perempuan mau melakukan mamografi secara rutin."Terkadang mereka merasa dipermalukan oleh situasi, membuat mereka akhirnya tidak enak dan nyaman. Maka itu, sedikit sekali yang mau mammografi, dan jumlah penderita kanker payudara semakin bertambah," kata Aru W. Sudoyo, MD, FINASIM, FACP dari Rumah Sakit Kanker Dharmais.Mamografi merupakan pemeriksaan khusus payudara untuk mendeteksi keberadaan tumor atau kanker payudara. Pemeriksaan ini dianjurkan bagi mereka berusia 20 sampai 30 tahun agar dapat mendeteksi secara dini kemungkinan timbulnya tumor atau kanker payudara.Untuk pemeriksaannya sendiri, ada yang menganjurkan satu tahun sekali, dan ada pula yang dua tahun sekali. Bagaimana pun, kata Aru, di sela-sela waktu melakukan mamografi, disarankan untuk melakukan pemeriksaan sendiri yang juga dilakukan secara rutin."Takutnya, di sela mamografi sekarang ke mamografi yang selanjutnya, justru sel-sel yang tidak diharapkan berkembang. Agar ini tak terjadi, harus melakukan pemeriksaan lainnya," kata Aru dalam diskusi yang diadakan oleh GE Healthcar [...]

Bocah Berhati Mulia yang Bikin Ayahnya Terkaget-kaget

Bocah Berhati Mulia yang Bikin Ayahnya Terkaget-kaget

Bocah ini memiliki hati yang mulia. Diam-diam ia selalu memberikan makan anjing-anjing liar yang tak terawat di jalanan. Namun, tindakannya itu tanpa sepengetahuan orangtuanya.Sang ayah selama dua minggu dibuat penasaran karena putranya itu selalu meninggalkan rumahnya di Filipina dengan tas ranselnya. Suatu hari, sang ayah mengikuti putranya karena ia ingin tahu apa yang dilakukan anaknya itu di jalanan.Penglihatan mata ayah itu terpaku di sebuah sisi jalan dan melihat sekelompok anjing liar berdatangan ke arah putranya.Putranya itu mengatakan, ia memberi makan anjing-anjing yang terlihat seperti terinfeksi kudis, penyakit kulit yang disebabkan tungau parasit.Seperti dikutip Metro, Senin (24/2/2014), ayah yang tak disebutkan namanya itu mengaku merasa jijik ketika melihat binatang-binatang tersebut. Namun, anaknya membuatnya merasa malu dan mengubah perspektifnya."Dia tak memiliki prasangka dan paranoia seperti saya. Saya kagum ketika melihat anjing kecil zombie itu tos lagi dan lagi," katanya.Ayah yang bangga dengan putranya tersebut kini menyediakan makanan anjing untuk anaknya dan berharap mengobati kondisi kulit anjing tersebut serta membawa pulang mereka.Ia menambahkan, anakn [...]

Gerai Fastfood Ini akan Ditutup karena Ada di Rumah Sakit

Gerai Fastfood Ini akan Ditutup karena Ada di Rumah Sakit

Sebuah gerai cepat saji Burger King yang sudah 20 tahun berada di dalam Rumah Sakit Umum Southampton, Inggris akan segera ditutup. Burger King dianggap oleh para pengkritik tidak memenuhi standar kesehatan sehingga sebaiknya tidak berada di rumah sakit. Penutupan akan dilakukan pada tahun depan, setelah bertahun-bertahun diprotes politisi serta organisasi kesehatan. "Keputusan ini untuk memastikan bahwa rumah sakit mendukung lingkungan yang sehat. Selain itu, Burger King akan habis masa kontrak kami tidak berencana memperpanjang kontrak," terang jurub bicara RSU Southampton seperti dikutip laman Daily Mail, Senin (24/11/2014). Hal ini pun mendapat dukungan dari banyak pihak seperti dokter Hillary Jones. "Mari kita atasi obesitas dan pastikan rumah sakit jadi tempat untuk bisa mendapatkan makanan sehat," ucapnya. "Saya rasa gerai cepat saji memiliki tempat tersendiri untuk menjual makanan, namun rumah sakit bukan tempat tepat Burger King berada," ungkap salah satu anggota parlemen yang memerangi obesitas MP Rob Flello. [...]

Tanpa Disadari, Kita Kerap Abai pada Beragam Gejala Kanker

Tanpa Disadari, Kita Kerap Abai pada Beragam Gejala Kanker

Didorong rasa takut berlebihan membuat kita seringkali mengabaikan gejala dari beragam jenis kanker. Hasil survei terbaru yang didanai oleh Cancer Research United Kingdom pun menemukan hasil sama, yaitu banyak orang mengabaikan tanda-tanda peringatan dari potensi kanker.Penelitian yang melibatkan 1.700 orang di Inggris mengharuskan para responden untuk mengisi kuesioner kesehatan yang berisikan daftar dari 17 gejala kanker, dengan 10 di antaranya merupakan gejala kanker potensial.Ada pun gejala-gejala tersebut antara lain; batuk yang terjadi secara terus menerus, perubahan signifikan di dalam usus atau kandung kemih, luka yang tidak kunjung sembuh, dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan begitu saja.Peneliti Senior di University College London, Inggris, Dr Katriina Whitaker, mengatakan, "Kebanyakan orang yang berpotensi tetapi tidak memiliki kanker, tapi beberapa di antaranya menemukan kalau mereka menderita penyakit lain, dan mendapatkan manfaat dari pemeriksaan awal."Maka itu, penting bagi siapa saja untuk mengetahui gejala-gejala yang ada di dalam tubuh, dan jangan pernah menunda untuk memeriksakan diri ke dokter. Melansir laman Health Me Up, Jumat (5/12/2014), dar [...]

Agus Purwadianto, Satu Nama Calon Menteri Kesehatan

Agus Purwadianto, Satu Nama Calon Menteri Kesehatan

Satu nama lagi berhembus kencang yang dikabarkan bakal menempati posisi Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada era Jokowi-JK, yaitu Prof. Dr. dr. Agus Purwadianto, DFM., S.H., M.Si.Sp.F(K).Pria berkacamata yang saat ini menduduki jabatan sebagai Plt Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, resmi bersaing dengan sejumlah nama besar lainnya. Seperti Prof. DR. dr. Akmal Taher, SpU (K), Prof. Dr. Zubairi Djoerban, SpPD, KHOM, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc.,PhD, dan yang terakhir adalah Dr. dr. Fachmi Idris. Mkes.Menurut Dr. Zaenal Abidin, MH. Kes, sosok pria lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada 1979 dan Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada 1997, dinilai cukup pantas untuk menggantikan posisi dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH sebagai Menteri Kesehatan. Sama seperti penilaiannya terhadap Fachmi Idris, semua keputusan dikembalikan lagi kepada Jokowi."Dia juga dokter yang bagus. Semua tergantung Pak Jokowi maunya seperti apa. Kalau memang maunya yang seperti dr. Agus, ya silahkan saja," kata Dr. Zaenal saat dihubungi Health-Liputan6.com, Rabu (22/10/2014) sore.Bagi Ketua Ikatan Dokter Indonesia (I [...]

Makanan Ini Terlihat Sehat Tapi Bahayakan Diabetesi

Makanan Ini Terlihat Sehat Tapi Bahayakan Diabetesi

Selain mengonsumsi makanan manis, sejumlah makanan yang dinilai sehat belum tentu baik dikonsumsi penderita diabetes. Seperti misalnya, jus buah. Bagi orang sehat, mungkin jus buah bisa bermanfaat bagi kesehatan. Tapi gula pada buah yang disebut fruktosa dapat membuat gula darah penderita darah naik. Selain itu, laman Boldsky, Jumat (8/8/2014) menuliskan sejumlah makanan sehat lain yang bahaya bila dikonsumsi penderita diabetes:1. Pisang Buah yang mengandung banyak karbohidrat ini ternyata tidak baik dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, kadar fruktosa yang tinggi pada pisang matang dapat membuat lonjakan gula darah.2. Kismis Buah-buahan kering juga tidak baik untuk penderita diabetes. Kismis secara khusus mengandung banyak gula yang dapat menaikan gula darah Anda.3. Roti Roti putih memiliki serat yang sangat sedikit. Penderita diabetes harus membatasi asupan karbohidrat dari roti ini.4. Ubi Jalar Selama dikonsumsi dalam batas aman, sebenarnya ubi jalar aman dikonsumsi penderita diabetes. Namun jika dikonsumsi sebagai makanan utama dan pengganti nasi, hal ini cukup membahayakan. 5. Kacang-kacanganKacang-kacangan mungkin tidak manis atau bergula tetapi dosis ekstra pati da [...]

Ini Dia 6 Masalah Penting Soal Perlindungan Anak

Ini Dia 6 Masalah Penting Soal Perlindungan Anak

Masalah yang dihadapi anak-anak tak sedikit. Karena itu, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bersama rekan-rekannya memfokuskan diri pada enam masalah yang perlu penanganan dan perhatian lebih."Setelah berdiskusi, kami dengan sepenuh hati mengedepankan kepentingan terbaik bagi anak Indonesia dan berkomitmen mewujudkan Indonesia Ramah Anak. Gerakan Semesta Perlindungan Anak berupaya membedah beberapa isu perlindungan anak untuk segera mendapatkan perhatian dan penanganan," kata Ketua KPAI, Dr. Asrorun Niam Sholeh., MA saat ditemui di kantor KPAI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (12/3/2014).Keenam masalah tersebut yaitu:1. Pelaksanaan Kampanye Ramah Anak"Menyambut pesta demokrasi 2014 kami khawatir ada pelanggaran yang melibatkan anak dalam aktivitas kampanye dan politik," kata Asrorun.2. Pengawasan Persiapan Pemberlakuan Undang-Undang Sistem Peradilan Anak"UU tentang sistem peradilan pidana anak akan diberlakukan tahun ini, namub pada tataran praktis dukungan perangkat teknis terhadap peemberlakuan UU SPAA masih minim," kata Asrorun.3. Pengawasan Pemenuhan Hak Anak Minoritas dan Hak Agama Anak"Potret anak-anak minoritas cukup merisaukan. Diskriminasi dalam pemenuhan hak-hak agama [...]

15 Award untuk Pimpinan Gerakan Pramuka Bidang Kesehatan

15 Award untuk Pimpinan Gerakan Pramuka Bidang Kesehatan

Menteri Kesehatan Republik Indonesia sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Nasional Satuan Karya Pramuka Bakti Husada, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, memberikan 15 penghargaan kepada 15 orang Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional. Satuan Karya Pramuka Bakti Husada adalah salah satu jenis Satuan Karya Pramuka yang merupakan wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang kesehatan yang dapat diterapkan pada pada diri, keluarga, lingkungan, dan mengembangkan lapanagn pekerjaan di bidang kewirausahaan. "Jadi, Saka Bakti Husada adalah gerakan Pramuka di dalam bidang kesehatan. Di dalamnya terdapat sejumlah Krida tentang segala macam yang berkaitan di bidang kesehatan," kata Nafsiah Mboi di Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kuningan, Jakarta, Senin (22/9/2014) Dalam kesempatan yang juga dihadiri Kwartir Nasional Adyaksa Dault, Menkes memberikan 15 penghargaan dalam bentuk lencana kepada; 1. dr. Anung Sugihantono, M.Kes (Lencana Darmabakti).2. dr. Supriyantoro, Sp.P MARS3. dr. Ratna Rosita, MOH4. dr. Asjikin Iman Hidayat Dachlan, MHA5. dr. Yudi Prayudha6. dr. Untung Suseno Sutarjo, M. Kes7. dr. H. Andi Muhadir, MPH8. dr. Desak Made [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *