Ini Dia Perbedaan dan Persamaan KIS dan BPJS

rieke%2Bblusukan%2Bbogor.jpg

Pada hari ke-14 menjabat sebagai Presiden Indonesi ke-7, Jokowi bagi-bagi kartu sakti. Senin (03/11/2014), Jokowi meluncurkan 3 macam kartu. Salah satu kartu yang diluncurkan adalah Kartu Indonesia Sehat (KIS). Kehadiran KIS ini cukup membingungkan masyarakat lantaran saat ini telah berlaku program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Menanggapi hal ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menegaskan bahwa KIS dan kartu JKN yang dikelola BPJS Kesehatan memang serupa, tetapi tidak akan tumpang tindih. Kartu ini memiliki prinsip yang sama, yaitu memberikan bantuan bagi rakyat miskin yang ingin berobat. Hanya saja, KIS memiliki kelebihan dari segi pelayanan.

“BPJS itu undang-undang. Karena ada anggarannya untuk membantu lebih banyak ke masyarakat,” papar JK. Jadi KIS merupakan inisiatif pemerintah Jokowi-JK, sementara kartu JKN yang dikelola BPJS adalah amanah undang-undang.

Di Kantor Pusat Pos Indonesia, Jakarta, Jokowi pun mengatakan bahwa pemerintah melalui Kementerian Kesehatan akan melakukan perbaikan manajemen rumah sakit demi mencegah kesulitan berobat.

KIS merupakan langkah awal Jokowi membenahi pelayanan di rumah sakit. Untuk sementara, KIS diberikan kepada 4.451.508 individu, yang merupakan kepala dan anggota keluarga dari 1 juta keluarga kurang mampu dan tersebar di 19 Kabupaten/Kota di 9 provinsi. Peluncuran tersebut diperkirakan akan selesai pada pertengahan Desember 2014.

Menanggapi berita mengenai 2 kartu ini, anggota Fraksi PPP DPR RI Okky Asokawati mengatakan bahwa kita perlu mencermati perbedaan KIS dengan BPJS Kesehatan. Disebutkan bahwa KIS memberikan pelayanan yang tidak diberikan oleh BPJS Kesehatan seperti pemakaian KIS tidak mengenal tempat dan bisa digunakan di mana saja.

KIS adalah program jaminan kesehatan untuk warga kurang mampu, sedangkan BPJS adalah lembaga atau Badan Pengelola-nya. KIS menyasar masyarakat miskin dan rentan miskin, bentuknya berupa kartu kesehatan yang dananya disubdisi oleh pemerintah melalui APBN. Sementara itu, kartu Jaminan Sosial Nasional (JKN) yang juga dikelola BPJS, lebih menjurus pada iuran yang harus dibayarkan per bulannya oleh peserta mandiri.

Masih bingung dengan persamaan dan perbedaan antara KIS dan kartu JKN yang dikelola BPJS? Berikut rangkumannya:

Persamaan:

1. Berprinsip memberikan bantuan bagi rakyat miskin yang ingin berobat.

2. Bentuknya berupa kartu untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan fasilitas kesehatan.

Perbedaan:

1. KIS adalah program jaminan kesehatan untuk warga kurang mampu, sedangkan BPJS merupakan Badan Pengelola-nya.

2. KIS terbatas hanya untuk rakyat miskin dan kurang mampu, sedangkan kartu Jaminan Kesehatan Nasional yang juga dikelola BPJS wajib dimiliki warga negara Indonesia baik mampu ataupun kurang mampu. Sebagai catatan, masyarakat kurang mampu telah ditanggung pemerintah sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang berjumlah 86,4 juta jiwa.

3. Wilayah pemakaian KIS bebas dan BPJS terbatas.

KIS merupakan kartu yang dapat digunakan di klinik, puskesmas, dan rumah sakit mana pun yang tersebar di seluruh Indonesia. Pemakaian kartu JKN yang dikelola BPJS hanya terbatas di wilayah yang didaftarkan. Seperti contoh, apabila Anda mendaftarkan klinik di wilayah Jakarta maka kartu JKN yang dikelola BPJS hanya bisa di klinik atau Puskesmas yang telah ditentukan di Jakarta.

4. Pemakaian KIS bisa untuk segala perawatan kesehatan, baik untuk pencegahan maupun pengobatan. Sedangkan dalam praktiknya, kartu JKN yang dikelola BPJS hanya bisa dipakai ketika Anda benar-benar sedang sakit atau dirawat.

5. KIS merupakan kartu kesehatan yang disubdisi oleh pemerintah, masyarakat cukup mendaftar tanpa mengeluarkan biaya. Sebagai kartu jaminan kesehatan, ketika mendaftar kartu JKN yang dikelola BPJS terdapat biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya. (Jazaul Aufa/Igw).

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tolak Iklan Rokok, Pemkot Padang Panjang Sempat Bangkrut?

Tolak Iklan Rokok, Pemkot Padang Panjang Sempat Bangkrut?

PeduliSehat.info, Padang Pemberlakuan Kawasan Tanpa Asap Rokok (KTAR) dan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kota Padang Panjang, Sumatra Barat (Sumbar), memang telah lama diketok palu. Tapi sejak Peraturan Daerah tahun 2009 itu berlaku, iklan rokok tidak diterima.Lantas benarkah Pemerintah Daerah sempat mengalami kerugian akan hal tersebut? Wakil Walikota Padang Panjang, Sumbar, Mawardi, mengakui bahwa saat itu Pendapatan Asli Daerah (PAD) turun cukup tajam. Maklum, biaya iklan rokok di kawasan berbukit ini cukup menambah PAD lebih 20 persen tahun itu."Saat itu, PAD setahun kami mencapai Rp 100 juta. Tapi karena larangan iklan rokok menurun hingga Rp 75 juta," kata Mawardi pada wartawan saat kunjungan bersama Kementerian Kesehatan di Padang Panjang, Sumatera Barat, ditulis Kamis (22/5/2014).Meski begitu, kata Mawardi, Pemkot tidak mengalami kerugian atau merasa goyah menjalani Peraturan Daerah yang berlaku. "Setelah itu kami mendapat bantuan dari Kementerian Kesehatan lebih dari Rp 1 miliar. Dan sejak itu pula iklan lainnya seperti provider telepon dan susu semakin banyak.""Menjadi daerah yang menolak iklan rokok untuk pertama kalinya memang bukan hal yang mudah. Enam bulan pertama seja [...]

Trik Tutupi Tahi Lalat dengan Kosmetik

Trik Tutupi Tahi Lalat dengan Kosmetik

Beberapa wanita menganggap tahi lalatnya merupakan tanda kecantikan dan bangga dengannya. Tapi, tak setiap tahi lalat atau noda hitam terlihat menarik.Ketika wanita bertanya-tanya bagaimana menutupi tahi lalat dengan makeup, solusi terbaiknya dengan teknik makeup concealer termasuk concealer tato.Berikut cara membuat riasan sempurna untuk menyembunyikan tahi lalat dengan langkah sederhana seperti dikutip Becomegorgeous, Jumat (6/2/2014):1. Mempersiapkan penutup yang baikApakah Anda berencana menggunakan foundation biasa atau concealer atau mencoba produk yang heavy duty, bahkan ada yang didesain untuk menutupi tato. Sangat penting mempersiapkan makeup wajah dengan cara yang benar.Setelah membersihkan dan melembabkan wajah Anda (sebaiknya dengan produk SPF yang tepat), Anda juga harus mempertimbangkan menggunakan toner dan primer. Toner bisa membersihkan kulit dengan benar dan mencegah penumpukan sel kulit mati serta kotoran di pori-pori Anda. Ini mungkin belum dihapus sepenuhnya dengan pembersih wajah Anda.Menggunakan foundation dan concealer primer juga merupakan ide yang baik karena menutupi tahi lalat yang mungkin membutuhkan produk sedikit lebih banyak dibandingkan yang sering [...]

BKKBN Rangkul Anak Muda untuk Jadi Konselor

BKKBN Rangkul Anak Muda untuk Jadi Konselor

Demi terselenggaranya pembangunan nasional yang berkualitas, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menguatkan jaringananak muda dalam membentuk pemuda berkualitas yang siap bersaing dengan pemuda asing. "Semua program tentang kesehatan seperti kesehatan reproduksi termasuk KB, saat ini mengarah kepada konseling grup yang dipilih dari anak-anak muda berbakat agar terjadi pendekatan emosional. Sasarannya 9 juta murid SMA, SMK dan Aliyah. Dan 62 juta mahasiswa baik negeri atau swasta," kata Fasli dis ela-sela acara seminar Hari Kependudukan Sedunia di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (14/7/2014). Fasli juga mengatakan, pendekatan melalui anak muda ini juga termasuk penyuluhan terkait bahaya narkoba, HIV AIDS dan mengerti kematangan usia perkawinan serta kehamilan. Nanti, katanya, beberapa anak muda terpilih yang memiliki kemampuan lebih juga akan menjadi konselor. "Peran pemuda harus jelas. Tantangan ke depan di bidang kesehatan saja mencakup banyak hal seperti kurang dan kelebihan gizi, kebiasaan merokok dan penyakit degeneratif," tukasnya. [...]

Kisruh Program BPJS Kesehatan

Kisruh Program BPJS Kesehatan

Pemberlakuan BPJS Kesehatan sejak tanggal 1 Januari 2014 telah menimbulkan kekhawatiran bagi tenaga kesehatan mengenai metode pembayaran jasa mereka dengan menggunakan sistem kapitasi dan INA-CBGs yang dinilai memiliki kelemahan. Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zaenal Abidin secara terang-terangan mengatakan sistem kapitasi yang hendak diterapkan bagi para dokter di layanan kesehatan primer (puskesmas) bisa membuat para dokter "tekor" (rugi) atau berkurang pendapatannya akibat bertambahnya jumlah pasien. "Biaya kapitasi dan INA-CBGs yang terlalu kecil berisiko menyebabkan dokter 'tekor'. Kalau sudah begitu dokter tidak mampu lagi memenui kebutuhan sehari-hari," kata Zaenal. Tarif kapitasi dihitung berdasarkan jumlah peserta terdaftar tanpa memperhitungkan jenis dan jumlah pelayanan kesehatan yang diberikan. Pemerintah menetapkan tarif kapitasi untuk layanan primer (puskesmas) sebesar Rp3-6 ribu, untuk layanan klinik pratama dan praktek dokter sebesar Rp8-10 ribu serta Rp2 ribu untuk praktek dokter gigi mandiri namun Zaenal mengatakan jumlah tersebut masih sangat kurang apalagi jika jumlah masyarakat yang terdaftar sangat sedikit misalnya di daerah. "Yang say [...]

Perkasanya RS Apung Jelajahi Wilayah Barat Hingga Timur Indonesia

Perkasanya RS Apung Jelajahi Wilayah Barat Hingga Timur Indonesia

Siapa sangka, kapal pinisi ukuran kecil yang berfungsi sebagai rumah sakit apung ini mampu perkasa mengarungi nusantara membawa misi melayani pasien ke tempat-tempat terpencil. Pelayaran perdana dimulai dari 16 Maret 2013 berhasil melayani ribuan pelayanan medis. Pelayanan medis pertama di atas RSA yang bernama dr. Lie Dharmawan ini dimulai dari Kepulauan Seribu, dilanjutkan ke Belitung, lalu Kalimantan Barat. Lalu mulai bergerak ke Bali dan Lombok kemudian ke arah timur menuju Mailili, Pulau Kei hingga Papua. "Indonesia sudah kami jelajah mulai dari barat hingga timur. Adalah sesuatu yang tidak mungkin untuk mendatangi 17.000 kepulauan di indonesia. Namun kami sudah menjelajahi ke lima pulau besar," terang dr. Lie A. Dharmawan penggagas doctorSHARE yang juga membawahi aksi RSA ini kepada Health-Liputan6.com beberapa saat lalu dalam perayaan ulang tahun doctorSHARE. Banyaknya tempat yang disinggahi RSA membuat ribuan orang mendapatkan pelayanan medis. Berdasarkan data doctorSHARE tercatat, 331 ibu hamil melakukan USG di atas kapal ini, lalu 147 pembedahan mayor dan 313 bedah minor. Tak ketinggalan pengobatan umum dilakukan terhadap 7.312 orang. Ada juga penyuluhan kesehatan terh [...]

7 Rahasia Tertawa, Salah Satunya Fakta Tikus Bisa Tertawa

7 Rahasia Tertawa, Salah Satunya Fakta Tikus Bisa Tertawa

Tertawa merupakan sebuah ekspresi yang biasa terjadi saat kita merespon fenomena lucu. Tertawa juga dianggap memiliki banyak kegunaan seperti menurunkan stres dan meningkatkan sirkulasi darah. Berikut 7 hal yang mungkin tidak Anda ketahui mengenai tertawa selain untuk kesehatan seperti dilansir dari BBC pada Senin (27/10/2014). 1. Tikus Juga Tertawa Anda mungkin mengira bahwa tertawa hanya dapat dilakukan oleh manusia. Anda salah. Ternyata, tertawa juga dilakukan oleh hewan seperti simpanse, anjing, bahkan tikus. Sama seperti manusia, tikus dapat tertawa ketika mereka sedang bermain bersama sesamanya. 2. Kelucuan Bukan atu-satunya Sebab Tertawa Robert Privine, psikolog dari University of Maryland mengatakan bahwa tertawa bersama teman dekat tidak selalu disebabkan oleh sesuatu yang lucu, melainkan lebih merupakan perilaku sosial yang menunjukkan bahwa Anda saling memahami. 3. Subjektivitas dalam Tertawa Apakah Anda pernah menonton acara lawak? Mengapa Anda bisa tertawa terpingkal-pingkal mendengar lawakan mereka? Salah satu penelitian menunjukkan bahwa otak Anda akan merespon tawa lebih cepat jika Anda tahu yang membuat Anda tertawa adalah seorang komedian. 4. Tertawa [...]

Meditasi 8 Minggu Bikin Ingatan Lebih Cling

Meditasi 8 Minggu Bikin Ingatan Lebih Cling

Di Indonesia meditasi masih belum jadi kebiasaan, bahkan masih banyak yang menganggap ini aktivitas aneh. Namun jangan remehkan manfaatnya, menurut studi terbaru cukup dengan berlatih meditasi selama delapan minggu mampu meningkatkan ingatan. Caranya cukup dengan mempraktekkan teknik meditasi sederhana lewat pernapasan. Hal ini kaan membantu membangun materi abu-abu di otak menjadi lebih padat. Sehingga mampu meningkatkan ingatan serta emosi yang mengatur kasih sayang. "Meditasi adalah latihan mental. Sehingga mampu membangun bagian tertentu dari otak agar tumbuh. Ini seperti membangun otot," terang neuroscientist dari Harvard dokter Sara Lazar seperti dilansir Daily Mail pada Selasa (11/11/2014). Meditasi juga dianggap sebagai pelepasan diri dari pikiran yang mengobrol serta merakan apa yang terjadi pada tubuh. Cukup dengan latihan pernapasan meditasi setengah jam setiap hari selama delapan minggu akan terlihat hasilnya. Peningkatan memori tersebut diketahui lewat hasil MRI. [...]

Diabetesi Mesti Rajin Rawat Gusi, Kalau Nggak Bahaya

Diabetesi Mesti Rajin Rawat Gusi, Kalau Nggak Bahaya

Penderita diabetes (diabetesi) harus rajin merawat gusi sebab rentan terkena infeksi akibat pertumbuhan bakteri mulut, kata drg Sandra Olivia, MARS, SpPerio. "Penderita diabetes harus dua sampai tiga kali lebih rajin merawat gusi karena bila ada infeksi penyembuhannya lebih lama daripada orang sehat," kata staf pengajar Departemen Periodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesiadi Jakarta, ditulis Sabtu (1/11/2014). Sandra menjelaskan bahwa jaringan gusi penderita diabetes lebih rentan terhadap infeksi karena sirkulasi glukosa dalam tubuh terganggu. Selain itu, kadar glukosa yang tinggi dalam air liur penderita diabetes juga mendorong pertumbuhan bakteri mulut yang menyebabkan penyakit gusi. Ia mengatakan kebersihan mulut yang buruk juga merupakan faktor utama penyebab penyakit gusi. "Ini berlaku untuk semua orang, tapi orang diabetes harus lebih rajin lagi membersihkan mulut," kata dia. Dia menjelaskan beberapa ciri-ciri perubahan kondisi mulut penderita diabetes, di antaranya mulut terasa kering, ada sensasi mulut terbakar dan aliran ludah berkurang. "Risiko karies atau gigi berlubang semakin besar pada penderita diabetes," ujarnya. Sandra menyarankan agar pender [...]

5 Alasan Kuat Kenapa Roti Putih Tak Menyehatkan

5 Alasan Kuat Kenapa Roti Putih Tak Menyehatkan

Ahli diet mungkin sering menekankan bahwa roti putih tidak baik untuk kesehatan Anda. Beberapa dari Anda juga mungkin tahu kalau roti gandum lebih baik untuk menjaga kesehatan. Berikut ini, ada 5 alasan mengapa roti putih dikatakan tidak sehat, seperti dilansir Healthmeup, Kamis (21/8/2014): 1. Serat Seharusnya, serat pada makanan bisa membuat Anda tetap kenyang dalam waktu yang lama. Tapi tidak seperti roti gandum, roti putih terbuat dari tepung halus yang diproses. Itulah yang menyebabkan makan roti putih akan membuat Anda tidak kenyang.2. Dapat meningkatkan kadar gula darah Hampir sama seperti nasi putih, roti putih merupakan makanan dengan tingkat indeks glisemik tinggi yang membuat orang lebih rentan terhadap penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, obesitas dan lain-lain. 3. Tidak memiliki nutrisi Selama prosesnya, tepung putih menanggalkan serat dan nutrisi lain seperti vitamin B6 dan E, magnesium, asam folat, seng dan kromium. Hal ini membuat roti putih kekurangan nutrisi yang membuatnya tidak sehat.4. Sulit untuk mencerna Roti putih juga mengandung gluten yang membuatnya sulit untuk dicerna. Selain itu, roti tidak memiliki alami enzim yang dibutuhkan pankr [...]

Kandungan ASI Buat Bayi Laki-laki dan Perempuan Beda?

Kandungan ASI Buat Bayi Laki-laki dan Perempuan Beda?

Seorang ibu akan mengeluarkan Air Susu Ibu (ASI) usai melahirkan. Namun, ASI itu memiliki kandungan yang berbeda jika itu anak perempuan atau laki-laki."Ibu memproduksi resep biologis yang berbeda untuk putra dan putri," kata Katie Hinde, Ahli Biologi Evolusi di Harvard University seperti dikutip dari Emirates247, Minggu (16/2/2014).Pada studi manusia, monyet, dan mamalia lainnya ditemukan perbedaan baik isi dan kualitas ASI yang dihasilkan.Pada ASI untuk anak pertama laki-laki biasanya sangat kaya, yang mengandung lemak dan protein yang tinggi. Sebaliknya, susu untuk anak perempuan kurang kaya tapi lebih dari yang di kandungan anak laki-laki. Termasuk lebih tinggi dalam kandungan kalsium pembentuk tulang.Ada banyak teori mengapa hal itu terjadi. Hinde menjelaskan misalnya monyet menghasilkan lebih banyak kalsium dalam susu untuk anak-anak perempuannya. "Ini bisa dalam rangka adaptif yang memungkinkan induknya memberikan lebih banyak susu untuk anak-anak perempuannya yang akan mempercepat perkembangannya dan memungkinkan mereka mulai berkembang biak di usia dini," kata Hinde.Berbeda dengan lelaki (jantan) yang tak perlu mencapai kematangan seksual secepat perempuan.Dr Hinde juga me [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *