Ini Dia Perbedaan dan Persamaan KIS dan BPJS

rieke%2Bblusukan%2Bbogor.jpg

Pada hari ke-14 menjabat sebagai Presiden Indonesi ke-7, Jokowi bagi-bagi kartu sakti. Senin (03/11/2014), Jokowi meluncurkan 3 macam kartu. Salah satu kartu yang diluncurkan adalah Kartu Indonesia Sehat (KIS). Kehadiran KIS ini cukup membingungkan masyarakat lantaran saat ini telah berlaku program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Menanggapi hal ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menegaskan bahwa KIS dan kartu JKN yang dikelola BPJS Kesehatan memang serupa, tetapi tidak akan tumpang tindih. Kartu ini memiliki prinsip yang sama, yaitu memberikan bantuan bagi rakyat miskin yang ingin berobat. Hanya saja, KIS memiliki kelebihan dari segi pelayanan.

“BPJS itu undang-undang. Karena ada anggarannya untuk membantu lebih banyak ke masyarakat,” papar JK. Jadi KIS merupakan inisiatif pemerintah Jokowi-JK, sementara kartu JKN yang dikelola BPJS adalah amanah undang-undang.

Di Kantor Pusat Pos Indonesia, Jakarta, Jokowi pun mengatakan bahwa pemerintah melalui Kementerian Kesehatan akan melakukan perbaikan manajemen rumah sakit demi mencegah kesulitan berobat.

KIS merupakan langkah awal Jokowi membenahi pelayanan di rumah sakit. Untuk sementara, KIS diberikan kepada 4.451.508 individu, yang merupakan kepala dan anggota keluarga dari 1 juta keluarga kurang mampu dan tersebar di 19 Kabupaten/Kota di 9 provinsi. Peluncuran tersebut diperkirakan akan selesai pada pertengahan Desember 2014.

Menanggapi berita mengenai 2 kartu ini, anggota Fraksi PPP DPR RI Okky Asokawati mengatakan bahwa kita perlu mencermati perbedaan KIS dengan BPJS Kesehatan. Disebutkan bahwa KIS memberikan pelayanan yang tidak diberikan oleh BPJS Kesehatan seperti pemakaian KIS tidak mengenal tempat dan bisa digunakan di mana saja.

KIS adalah program jaminan kesehatan untuk warga kurang mampu, sedangkan BPJS adalah lembaga atau Badan Pengelola-nya. KIS menyasar masyarakat miskin dan rentan miskin, bentuknya berupa kartu kesehatan yang dananya disubdisi oleh pemerintah melalui APBN. Sementara itu, kartu Jaminan Sosial Nasional (JKN) yang juga dikelola BPJS, lebih menjurus pada iuran yang harus dibayarkan per bulannya oleh peserta mandiri.

Masih bingung dengan persamaan dan perbedaan antara KIS dan kartu JKN yang dikelola BPJS? Berikut rangkumannya:

Persamaan:

1. Berprinsip memberikan bantuan bagi rakyat miskin yang ingin berobat.

2. Bentuknya berupa kartu untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan fasilitas kesehatan.

Perbedaan:

1. KIS adalah program jaminan kesehatan untuk warga kurang mampu, sedangkan BPJS merupakan Badan Pengelola-nya.

2. KIS terbatas hanya untuk rakyat miskin dan kurang mampu, sedangkan kartu Jaminan Kesehatan Nasional yang juga dikelola BPJS wajib dimiliki warga negara Indonesia baik mampu ataupun kurang mampu. Sebagai catatan, masyarakat kurang mampu telah ditanggung pemerintah sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang berjumlah 86,4 juta jiwa.

3. Wilayah pemakaian KIS bebas dan BPJS terbatas.

KIS merupakan kartu yang dapat digunakan di klinik, puskesmas, dan rumah sakit mana pun yang tersebar di seluruh Indonesia. Pemakaian kartu JKN yang dikelola BPJS hanya terbatas di wilayah yang didaftarkan. Seperti contoh, apabila Anda mendaftarkan klinik di wilayah Jakarta maka kartu JKN yang dikelola BPJS hanya bisa di klinik atau Puskesmas yang telah ditentukan di Jakarta.

4. Pemakaian KIS bisa untuk segala perawatan kesehatan, baik untuk pencegahan maupun pengobatan. Sedangkan dalam praktiknya, kartu JKN yang dikelola BPJS hanya bisa dipakai ketika Anda benar-benar sedang sakit atau dirawat.

5. KIS merupakan kartu kesehatan yang disubdisi oleh pemerintah, masyarakat cukup mendaftar tanpa mengeluarkan biaya. Sebagai kartu jaminan kesehatan, ketika mendaftar kartu JKN yang dikelola BPJS terdapat biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya. (Jazaul Aufa/Igw).

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Terapi Ozon, Mencegah dan Mengurangi Risiko Penyakit

Terapi Ozon, Mencegah dan Mengurangi Risiko Penyakit

Sejumlah cara bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh sehat. Salah satunya adalah dengan terapi ozon. Tentu, cara ini akan berjalan maksimal bila Anda mampu menjaga dan merawat diri sendiri dengan sebaik-baiknya.Ozon yang selama ini dikenal berada di udara bebas dengan konsentrasi kecil, dan merupakan komponen udara segar yang terjadi secara alami, sebagai hasil reaksi antara sinar ultraviolet dari matahari sebelum mencapai bumi, dapat dijadikan cara untuk membuat manusia terhindar dari penyakit berbahaya. Seperti penyakit jantung, diabetes, kegemukkan, dan penuaan dini.Konsultan Kesehatan dari Ozone Therapy Standmed (Stanford Medical) Center, Abidin Siman, MBA menjelaskan, terapi yang berkembang pesat di Jerman ini adalah tekhnologi terapi yang memasukkan oksigen dan ozon gas ke dalam tubuh pasien. Besaran dosis yang akan dimasukkan, harus sesuai kebutuhan dan tak boleh lebih. "Dan itu (proses memasukannya) tidaklah gampang. Karena, gas ozon itu `kan terbentuk secara alami, dan bagaimana di dalam terapi ini kita bisa mengatur oksigen itu," kata Abidin saat diwawancara Health Liputan6.com di Stanford Medical Center, Jalan Hang Lekir Nomor 9, Kebayoran Baru, Jakarta, Senin (19/5/2014 [...]

Pria Berwajah Lebar Lebih Sukses?

Pria Berwajah Lebar Lebih Sukses?

Ini bukan sekedar ucapan pria yang memilik wajah bentuk bulat atau kotak. Kesimpulan ini berdasarkan penelitan para ahli Amerika Serikat yang diterbitkan dalam jurnal online The Leadership Quarterly bahwa pria berwajah lebar seperti pesepakbola Wayne Rooney, mendapatkan lebih banyak uang dibanding mereka yang berwajah tirus. Peneliti mengklaim bahwa pria berwajah lebar lebih mampu berbohong dan melakukan trik, namun mampu memimpin perusahaan untuk mendapatkan laba besar. "Studi ini menunjukkan pria berwajah lebar bisa jadi berkat dan kutukan dalam satu waktu di bidang bisnis," University of California Professor Michael Haselhuhn. Sayangnya kemampuan pria berwajah lebar tak selalu baik, menurut penelitian seperti dikutip Daily Mail, Minggu (27/7/2014) pria berwajah lebar gagal dalam melakukan negosiasi bisnis. Tak disebutkan lebih lanjut faktor apa yang membuat pria berwajah lebar lebih sukses dalam memimpin dan tak cakap bernegosiasi. Hasil lain pun ditemukan yang hanya melihat dari kemampuan diri tanpa bentuk wajah, dimana pria yang atraktif lebih mampu bernegosiasi dalam kesepakatan di bidang properti. Studi ini juga menunjukkan pria berwajah lebar, seperti mantan presiden AS [...]

Kantung Zakar Sebesar Semangka, Pria ini Butuh Dana Operasi

Kantung Zakar Sebesar Semangka, Pria ini Butuh Dana Operasi

Akibat penyakit limfedema skrotum (pembengkakan pada kantung buah zakar) yang dideritanya, kondisi Tyrone Bowd semakin membuatnya putus asa. Masalahnya, saat ini kelamin Bowd sudah lebih besar dari semangka dan mencapai lututnya. Hal ini menempatkan hidupnya pada risiko infeksi dan penyakit lain. "Jika mereka tidak bisa menyembuhkan saya, saya hanya ingin mati sehingga ibu tidak perlu mengurusiku lagi," kata Tyrone, seperti ditulis News, Senin (31/3/2014). Ahli urologi dari Rumah Sakit Ipswich mengatakan bahwa dia akan mencoba bedah rekonstruksi di Australia karena di AS tidak memiliki peralatan yang diperlukan untuk memonitor sistem limfatik selama operasi. Bowd telah menghubungi Dr Joel Gelman, ahli bedah AS. Tapi kini masalahnya biaya pengobatan di rumah sakit California terlalu tinggi, dan mencapai Rp 1 Miliar lebih. Limfedema skrotum merupakan pembengkakan kelamin pria yang tidak menyakitkan, tapi ini adalah pertanda ada masalah pada sistem limfatik yang bertugas agar cairan limfa ?yang mengumpulkan virus, bakteri, dan keluaran tubuh- tidak mengering. Limfedema juga menjadi peringatan bahwa ada kemungkinan Anda mengalami gagal jantung atau mengalami sirosis hati. [...]

Erika, Bocah 6 Tahun Derita Tumor di Mulutnya

Erika, Bocah 6 Tahun Derita Tumor di Mulutnya

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus merasa prihatin terhadap penderitaan Erika (6), yang menderita tumor di mulut dan kini masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Raden Mattaher, Jambi. "Saya ikut prihatin dengan nasib Erika. Saya akan membantu biaya ke Jakarta dan karena Erika anak dari keluarga kurang mampu, biaya operasi di Jakarta akan ditanggung oleh BPJS," kata Gubernur saat menjenguk Erika di ruang rawat inap dr Endang Sedianingsih RSU Raden Mattaher seperti dikutip dari Antara, Kamis (2/1/2014). Erika, warga RT 29 Kelurahan Pandan Jaya Blok A Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur saat dijenguk gubernur, ditemani oleh kedua orang tuanya. Erika terkulai lemah karena tidak bisa makan, dan tumor di mulutnya semakin membesar, hanya mendapat makanan dari selang infus yang dipasang di tangannya. Sulek, ayah Erika mengatakan anaknya sudah 12 hari dirawat di RSU Raden Matther sejak 18 Desember, Erika dirawat di RSU Sabak. Selama dirawat, anaknya menjalani pemeriksaan darah dan lainnya untuk pemulihan kesehatan, tetapi karena peralatan kurang lengkap, pihak RSU Raden Mattaher merujuk Erika ke rumah sakit di Jakarta. Dokter Riyadi yang menangani Erika menyatakan agar Erika men [...]

Bayi Dianggap Penipu Pintar Karena Tangisan Palsunya

Bayi Dianggap Penipu Pintar Karena Tangisan Palsunya

Tangisan bayi diketahui sebagai bentuk untuk mengingatkan orangtuanya bahwa dia saat itu tengah tertekan. Tapi tahukah Anda, tangisan bayi juga ada yang palsu, demi menarik perhatian orangtuanya, bukan karena dia tertekan?Para ilmuwan menemukan bahwa bayi juga memiliki tangisan palsu. Itu dilakukan para bayi untuk menarik perhatian orangtuanya, terlebih bila ia memiliki saudara yang waktu lahirnya tak terlalu jauh darinya.Dari hasil penelitian yang dilakukan para peneliti di Jepang, dikatakan bahwa bayi adalah sosok penipu pintar. Hasil ini terungkap setelah peneliti itu mempelajari dua bentuk dari tangisan bayi.Peneliti dari University of the Sacred Heart, Tokyo, Jepang, Hiroko Nakayama mengatakan, salah satu bayi memalsukan tangisannya setelah anak-anak itu melakukan syuting selama satu jam yang dilakukan dua kali dalam sebulan, selama setengah tahun.The British Psychological Society melaporkan, para peniliti mencari keberadaan emosi dari para bayi di menit-menit sebelum dan sesudah bayi itu menangis. Lalu, para peneliti menemukan bahwa ada bayi yang marah dengan menunjukkan mimik meringis, membuat suara-suara gaduh, dan memperlihatkan wajah kesedihan.Dilansir dari laman Daily Ma [...]

Sejauh Mana Publik Boleh Tahu Kehidupan Pribadi Para Capres?

Sejauh Mana Publik Boleh Tahu Kehidupan Pribadi Para Capres?

Sebagai calon pemimpin negeri sudah sepatutnya kedua calon presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto (62) dan Joko Widodo (53) untuk lebih terbuka dan memperlihatkan jati diri sebenarnya. Jangan sampai apa yang mereka perlihatkan pada khalayak saat ini, hanya topeng yang menutupi wajah asli sebenarnya.Memang, setiap individu di muka bumi ini memiliki sejarah hidup atau masa lalu yang mungkin tidak ingin diketahui oleh orang lain. Pun dengan kedua sosok yang disegani ini. Tapi, sebagai orang yang akan memimpin bangsa ini, ada tuntutan dari masyarakat untuk mengetahui apa yang pernah terjadi oleh keduanya di masa lalu.Psikolog Klinis sekaligus pemilik Kasandra Associates, Kasandra Putranto mengatakan, masyarakat sudah sepatutnya mengetahui seperti apa rekam jejak dari kedua sosok ini. Layaknya saat memilih orang yang akan dipekerjakan di rumah sendiri, apa mau kita mempekerjakan orang yang memiliki rekam jejak buruk di masa lalu?"Misalnya kita mau mencari pengasuh buat anak. Pastinya kita melihat rekam jejaknya, dong. Apa iya kita mau kalau calon pengasuh anak kita adalah mantan narapidana yang pernah terlibat terhadap kekerasan anak?," kata Kasandra saat berbincang dengan Health [...]

Baru 141 dari 3.363 Produk Rokok yang Pasang Peringatan Bergambar

Baru 141 dari 3.363 Produk Rokok yang Pasang Peringatan Bergambar

Selama dua hari, pemantauan pemasangan peringatan bergambar di bungkus rokok di seluruh pelosok Indonesia dilakukan BPOM. Hasilnya, masih banyak ditemukan merek rokok yang belum menaati peraturan yang telah diberlakukan. Dari 3.363 merek rokok, baru 141 merek rokok yang mencantumkan gambar seram di bagian depan dan belakang bungkus rokoknya. Demikian laporan yang disampaikan Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia, Dr Roy A. Sparringa, M. App, Sc di Aula Gedung C BPOM, Jalan Percetakan Negara Nomor 23, Jakarta Pusat, Kamis (26/6/2014). "Dari 2.270 item, yang sudah memasang peringatan kesehatan bergambar dan tertulis adalah 305 item atau sebesar 13,44 persen. Yang terdiri dari 141 merek dari 28 industri atau importir," kata Roy. Sejak 24 sampai 25 Juni 2014, Badan POM beserta Balai Besar atau Balai POM di seluruh Indonesia telah melakukan pengawasan untuk melihat penerapan peraturan kesehatan bergambar terhadap 167 sarana produksi, importir, distribusi, dan retail. "Produksi ada 32 sarana, importir 2 sarana, distributor atau agen 27 sarana, dan retail 106 sarana," kata Roy menambahkan. Penerapan peringatan kesehatan bergambar dan tertulis ini berlaku [...]

RS Pusat Otak Akhirnya Diresmikan Presiden SBY

RS Pusat Otak Akhirnya Diresmikan Presiden SBY

Akhirnya Indonesia resmi memiliki rumah sakit nasional khusus menangani otak dan saraf. Senin pagi (14/7/2014), sekitar pukul 10.40 WIB, Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudoyhono.Mengenakan baju warna hijau, Presiden SBY menekan tombol dan menandatangani prasasti sebagai tanda resminya RS PON beroperasi sebagai rumah sakit nasional otak pertama di Indonesia. Pada peresmian tersebut SBY didampingi Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi dan Direktur RS PON.Para pejabat Kementerian Kesehatan, pejabat dan pegawai RS PON, pegawai BPJS, dan para undangan yang hadir bertepuk tangan atas kehadiran rumah sakit yang berdiri di atas lahan 11.955 meter persegi."Atas nama negara dan pribadi saya mengucap selamat kepada semua pihak yang telah membangun RS PON," tutur Presiden SBY sebelum simbolisasi peresmian.Pada kesempatan tersebut SBY pun mengungkapkan harapannya agar Rumah Sakit PON bisa menjadi rumah sakit berkelas internasional. Agar tak tertinggal kualitasnya dari negara maju lainnya.Meski peresmian baru dilakukan sekarang, RS PON sudah beroperasi sejak awal 2014. RS ini sudah melayani rawat inap dan rawat jalan pasien class 3, VIP dan VVIP. Ter [...]

Alasan Anda Tak Boleh Konsumsi Daging Merah Terlalu Sering

Alasan Anda Tak Boleh Konsumsi Daging Merah Terlalu Sering

Mengonsumsi daging merah seperti daging sapi, domba dan babi mungkin dapat menjadi bagian dari diet yang sehat karena merupakan sumber protein yang baik dan vitamin dan mineral serta zat besi dan seng. Tetapi bukti menunjukkan konsumsi berlebihan daging merah dan olahan berisiko kanker usus dan kompikasi cacing pita.Mengutip NHS, Jumat (20/6/2014), definisi daging merah meliputi daging sapi, daging domba, babi, daging sapi muda, daging rusa, kambing. Tapi tidak termasuk daging kalkun, bebek, angsa, burung, ayam, kelinci dan daging olahan termasuk sosis, bacon, ham, salami dan pate. Batas HarianAgar terhindar dari penyakit, dianjurkan untuk tidak melebihi batas konsumsi maksimal yakni 90 gram daging merah atau daging olahan per hari. 90 gram itu setara dengan tiga iris tipis potongan daging sapi panggang, domba atau babi. Sedangkan bagi Anda yang memiliki risiko penyakit lain, dianjurkan untuk mengonsumsi daging tidak lebi dari 70 gram per hari. Lantas bagaimana dengan batasan konsumsi daging untuk anak-anak?Anak-anak tidak perlu mengonsumsi daging sebanyak orang dewasa. Dan jumlah atau takarannya disesuaikan dengan usia dan ukuran tubuhnya. Gejala infeksi cacing pitaSel [...]

Alami Kondisi Langka, Bayi Ini Lahir dengan 3 Tangan

Alami Kondisi Langka, Bayi Ini Lahir dengan 3 Tangan

Seorang bayi laki-laki yang lahir di India belum lama ini memiliki kondisi langka. Dia menderita Polymelia yang menyebabkannya kelebihan organ tubuh. Seperti disadur dari Dailymail, Selasa (30/12/2014), bayi tersebut lahir di Rumah Sakit Sipil Ahmedabad di Gujarat, India dengan kondisi tangan kanan yang normal tapi tangan kirinya dua.Menurut dokter yang menanganinya, penyakit ini terjadi ketika sel-sel dalam rahim bergerak abnormal selama perkembangan embrio. Biasanya embrio membentuk kembar siam. Tapi dalam kasus ini, satu kembar berhenti tumbuh dan menyisakan satu anggota badan yang kini melekat pada bayi tersebut.Selain kelainan organ, situs Ahmedabad juga melaporkan kalau bayi mungil ini juga tidak memiliki ginjal dan satu buah zakarnya berada di perut. Kepala bedah anak di rumah sakit setempat, Dr Rakesh Joshi mengatakan kalau saat ini bayi ini sedang melakukan perawatan intensif untuk menghilangkan satu tangannya dan dilanjutkan dengan fisioterapi. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *