Ini Dia Perbedaan dan Persamaan KIS dan BPJS

rieke%2Bblusukan%2Bbogor.jpg

Pada hari ke-14 menjabat sebagai Presiden Indonesi ke-7, Jokowi bagi-bagi kartu sakti. Senin (03/11/2014), Jokowi meluncurkan 3 macam kartu. Salah satu kartu yang diluncurkan adalah Kartu Indonesia Sehat (KIS). Kehadiran KIS ini cukup membingungkan masyarakat lantaran saat ini telah berlaku program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Menanggapi hal ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menegaskan bahwa KIS dan kartu JKN yang dikelola BPJS Kesehatan memang serupa, tetapi tidak akan tumpang tindih. Kartu ini memiliki prinsip yang sama, yaitu memberikan bantuan bagi rakyat miskin yang ingin berobat. Hanya saja, KIS memiliki kelebihan dari segi pelayanan.

“BPJS itu undang-undang. Karena ada anggarannya untuk membantu lebih banyak ke masyarakat,” papar JK. Jadi KIS merupakan inisiatif pemerintah Jokowi-JK, sementara kartu JKN yang dikelola BPJS adalah amanah undang-undang.

Di Kantor Pusat Pos Indonesia, Jakarta, Jokowi pun mengatakan bahwa pemerintah melalui Kementerian Kesehatan akan melakukan perbaikan manajemen rumah sakit demi mencegah kesulitan berobat.

KIS merupakan langkah awal Jokowi membenahi pelayanan di rumah sakit. Untuk sementara, KIS diberikan kepada 4.451.508 individu, yang merupakan kepala dan anggota keluarga dari 1 juta keluarga kurang mampu dan tersebar di 19 Kabupaten/Kota di 9 provinsi. Peluncuran tersebut diperkirakan akan selesai pada pertengahan Desember 2014.

Menanggapi berita mengenai 2 kartu ini, anggota Fraksi PPP DPR RI Okky Asokawati mengatakan bahwa kita perlu mencermati perbedaan KIS dengan BPJS Kesehatan. Disebutkan bahwa KIS memberikan pelayanan yang tidak diberikan oleh BPJS Kesehatan seperti pemakaian KIS tidak mengenal tempat dan bisa digunakan di mana saja.

KIS adalah program jaminan kesehatan untuk warga kurang mampu, sedangkan BPJS adalah lembaga atau Badan Pengelola-nya. KIS menyasar masyarakat miskin dan rentan miskin, bentuknya berupa kartu kesehatan yang dananya disubdisi oleh pemerintah melalui APBN. Sementara itu, kartu Jaminan Sosial Nasional (JKN) yang juga dikelola BPJS, lebih menjurus pada iuran yang harus dibayarkan per bulannya oleh peserta mandiri.

Masih bingung dengan persamaan dan perbedaan antara KIS dan kartu JKN yang dikelola BPJS? Berikut rangkumannya:

Persamaan:

1. Berprinsip memberikan bantuan bagi rakyat miskin yang ingin berobat.

2. Bentuknya berupa kartu untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan fasilitas kesehatan.

Perbedaan:

1. KIS adalah program jaminan kesehatan untuk warga kurang mampu, sedangkan BPJS merupakan Badan Pengelola-nya.

2. KIS terbatas hanya untuk rakyat miskin dan kurang mampu, sedangkan kartu Jaminan Kesehatan Nasional yang juga dikelola BPJS wajib dimiliki warga negara Indonesia baik mampu ataupun kurang mampu. Sebagai catatan, masyarakat kurang mampu telah ditanggung pemerintah sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang berjumlah 86,4 juta jiwa.

3. Wilayah pemakaian KIS bebas dan BPJS terbatas.

KIS merupakan kartu yang dapat digunakan di klinik, puskesmas, dan rumah sakit mana pun yang tersebar di seluruh Indonesia. Pemakaian kartu JKN yang dikelola BPJS hanya terbatas di wilayah yang didaftarkan. Seperti contoh, apabila Anda mendaftarkan klinik di wilayah Jakarta maka kartu JKN yang dikelola BPJS hanya bisa di klinik atau Puskesmas yang telah ditentukan di Jakarta.

4. Pemakaian KIS bisa untuk segala perawatan kesehatan, baik untuk pencegahan maupun pengobatan. Sedangkan dalam praktiknya, kartu JKN yang dikelola BPJS hanya bisa dipakai ketika Anda benar-benar sedang sakit atau dirawat.

5. KIS merupakan kartu kesehatan yang disubdisi oleh pemerintah, masyarakat cukup mendaftar tanpa mengeluarkan biaya. Sebagai kartu jaminan kesehatan, ketika mendaftar kartu JKN yang dikelola BPJS terdapat biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya. (Jazaul Aufa/Igw).

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
3 Masalah Program JKN yang Akan Dibahas TNI/Polri

3 Masalah Program JKN yang Akan Dibahas TNI/Polri

Menanggapi berbagai keluhan terhadap program jaminan kesehatan baru atau JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yang ditetapkan pemerintah, Petinggi TNI dan Polri hari ini dan esok akan melakukan evaluasi terkait program tersebut.Seperti disampaikan Kapusdokes (Kepala Pusat Kedokteran Kesehatan) Polri, Brigjen Arthur Tampi, Selasa (28/1/2014), ada tiga hal utama yang akan dibahas dalam evaluasi tersebut, seperti berikut:1. KepersertaanTerkait kepersertaan, Arthur menerangkan bahwa setiap anggota bisa dengan mudah mendaftar. Anggota yang belum memiliki kartu BPJS Kesehatan bisa menunjukkan KTA. Tapi evaluasi menuju lebih baik akan terus diupayakan.2. Fasilitas Kesehatan"Sebenarnya ada keuntungan dan kemudahan bagi anggota terutama di RS Pemerintah atau RSUD. Jelas di RS TNI pun kami juga sudah melayani masyarakat umum, semua difasilitasi dan tidak ada yang ditolak," jelas Arthur, Selasa (28/1/2014).3. MekanismeArthur menjelaskan, pihaknya terus mengupayakan layanan kesehatan yang terbaik. "Bagaimanapun ini program pemerintah dan belum ada negara yang berhasil," tambahnya.Seperti diketahui, saat ini fasilitas kesehatan tingkat 1 milik TNI ada sebanyak 779 dan fasilitas kesehatan lanjutan ( [...]

Cek Tanda-tanda Obesitas pada Anak

Cek Tanda-tanda Obesitas pada Anak

Obesitas atau kegemukan memang masih menjadi masalah bukan hanya pada orang dewasa tapi juga anak-anak. Hal ini diperparah dengan mindset orangtua yang masih menganggap anak gemuk lebih sehat dan lucu. Sementara anak kurus tidak lucu dan penyakitan.Padahal obesitas terkait dengan berbagai penyakit seperti jantung, diabetes juga stroke. Untuk mengetahi tanda-tanda obesitas pada anak, Spesialis Anak Subspesialis Nutrisi Metabolik RSAB Harapan Kita, dr Laila Hayati, M.Gizi, SpGK membantu menjelaskannya untuk Anda, sebagai berikut ini:1. Lebih tinggiDibanding anak seusianya, menurut Laila, anak obesitas cenderung lebih tinggi perawakannya dengan anak lain. 2. Anak laki-laki tapi payudaranya lebih besarTak seperti anak laki-laki lain, anak yang obesitas memiliki payudara lebih besar.3. Tungkai bengkokkebanyakan anak obesitas, tungkainya bengkok. Laila menjelaskan, ini akibat tulang yang masih tumbuh pada anak belum maksimal tapi sudah harus menahan beban berat. "Berat dan tinggi anak tidak seimbang."4. Kelamin anak laki-laki lebih kecilAnak laki-laki yang obesitas cenderung memiliki alat kelamin yang lebih kecil karena jaringan lemaknya banyak sehingga alat kelaminnya cenderung tenggela [...]

Sperma Para Vegetarian Kurang Berkualitas?

Sperma Para Vegetarian Kurang Berkualitas?

Seorang vegetarian memiliki kualitas sperma lebih rendah daripada mereka yang bukan, demikian hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Fertility and Sterility seperti yang dilansir dari Question More, Kamis (30/10/2014). "Kami menemukan bahwa vegetarian dan diet vegan terkait dengan lebih rendahnya sperma dibanding dengan mereka yang memakan daging," kata Eliza Orzylowska, kepala penelitian. Seorang vegetarian memiliki konsentrasi sperma lebih rendah 30 persen. Saat orang biasa memiliki 70 juta sperma per milimeter air mani, sedangkan seorang vegetarian hanya menghasilkan 50 juta per milimeter. Menurut Orzylowska, hal ini terjadi karena konsumsi kedelai. Sebab, dalam studi sebelumnya, ditemukan bahwa konsumsi kedelai dapat menyusutkan jumlah sel sperma karena mengandung phyto-estrogen yang dapat menghambat produksi sperma. Selain itu, penyebab lainnya adalah kurangnya vitamin B12 yang dapat membantu mempertahankan jumlah sel sperma. Vitamin B12 sendiri dapat ditemukan pada daging sapi dan ikan. [...]

Minuman Bersoda, Apa Sih Itu?

Minuman Bersoda, Apa Sih Itu?

Sudah banyak orang mengetahui jenis dari minuman bersoda (karbonasi). Hanya saja, orang tidak mengetahui apa itu karbonasi.Dosen dan Peneliti Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, FATETA, Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS menjelaskan bahwa karbonasi merupakan proses dari karbon dioksida (CO2) yang dimasukkan ke dalam cairan dengan tekanan yang cukup tinggi."Dengan adanya proses karbondioksida ini menghasilkan gelembung dalam minuman dengan rasa yang mengigit dan krenyes. Kalau air berkarbonasi itu dikocok dan tutupnya dibuka, soda menghilang, minuman itu hanya cairan biasa berisikan pemanis," kata dia menjelaskan dalam diskusi media `Kupas Fakta Tentang Karbonasi Dalam Minuman Bersama Asrim`di Kembang Goela, Jakarta, Rabu (2/4/2014)Selain itu, kata dia, CO2 yang dimasukan ke dalam cairan, memiliki keterikatan secara permanen. Karena, ketika tutup botol minuman kita buka, akan terdengar suara letupan kecil."Letupan itu pertanda bahwa CO2 yang ada dalam botol itu lepas ke udara," kata dia menjelaskan.CO2 yang digunakan pada proses karbonasi, pada dasarnya sama dengan gas alam yang dikeluarkan saat bernapas dan dihirup oleh tanaman saat proses respirasi.Pe [...]

Agar Tak Grogi Tampil di Depan Umum, Coba Lakukan Ini!

Agar Tak Grogi Tampil di Depan Umum, Coba Lakukan Ini!

Anda tipe orang yang grogi ketika tampil di depan umum? Agar lebih percaya diri cobalah teknik ini. Anda cukup membayangkan apa yang Anda inginkan terjadi di panggung sebelum tampil."Kita bayangkan dulu, nanti saya tampil seperti ini. Tampil di ruangan ini, audien seperti itu. Semua gambaran itu coba dibayangkan, divisualisasikan di kepala kita. Saya maunya orang-orang itu menyambut saya bagimana. Saat mulai memasuki panggung, energi yang terasa di lingkungan akan jauh lebih baik. Kita lebih tenang karena sudah tahu apa yang terjadi," kata Master Trainer Neuro Associative Conditioning (NAC) Arief Adinoto saat berbincang-bincang di Redaksi Liputan6.com, di Gedung SCTV Tower, Jakarta, dan ditulis Kamis (30/1/2014).Menurut pria yang akrab disapa Kak Arief itu, teknik visualisasi ini juga bisa dilakukan ketika seseorang ingin minta maaf tapi terbentur gengsi. "Ada satu cara sebelum kita bisa melakukannya secara langsung dan bertemu orangnya langsung. Kita lakukan di alam bawah sadar. Itu akan menenangkan ego kita," ujar Arief.Inilah yang juga disebut dengan telepati. "Kita kirim dulu telepatinya supaya ketika akhirnya kita mesti bertemu, kita berani memulai (memaafkan), dan kita sudah [...]

Tenteng Belanjaan Berat Rentan Timbulkan Gangguan Saraf

Tenteng Belanjaan Berat Rentan Timbulkan Gangguan Saraf

Perhatian bagi sejumlah ibu yang gemar menenteng belanjaan berat dan merasa kesemutan setelahnya di bagian tangan. Menurut Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI), Pusat dan Konsultan Neurologis, Prof. Dr. dr. Moh Hasan Machfoed, Sp.S (K), M.S kebiasaan tersebut bisa mengakibatkan kerusakan saraf yang disebut Carpal Tunnel Syndrome (CTS). "CTS bukan hanya terjadi pada pekerja yang terpapar getaran di tangan seperti mengetik di komputer tapi juga kebiasaan menenteng belanjaan yang berat. CTS terjadi karena adanya tekanan di tangan sehingga ujung jari biasanya kesemutan," kata Hasan, saat media workshop 'Waspadai Gaya Hidup Berisiko Neuropati' di FX Sudirman, Jakarta, ditulis Jumat (6/6/2014). Hasan mengatakan, meski kerusakan saraf bakal terjadi pada orang yang sering membawa belanjaan berat, butuh waktu lama untuk bisa menyebabkan gangguan serius. Namun, bila tidak segera dicegah, jalan lain untuk sembuh hanya operasi. Di sisi lain, Ketua Kelompok Studi Neurofisiologi dan Saraf Tepi PERDOSSI Pusat yang juga konsultan neurologi dari Departemen Neurologi FKUI-RSCM, Dr. Manfaluthy Hakim, Sp. S (K) menerangkan, Carpal Tunnel Syndrome (CTS) disebabkan oleh g [...]

Tips Sederhana bagi Wanita yang Ingin Hamil

Tips Sederhana bagi Wanita yang Ingin Hamil

Selain mendatangi dokter dan meminum vitamin, tips sederhana ini bisa membantu Anda mempersiapkan diri secara fisik dan mental sebelum menyambut kedatangan anggota baru di keluarga Anda seperti dikutip Magforwomen, Selasa (14/1/2014): 1. Check-upSebelum hamil, cara terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan Anda cukup sehat untuk membawa kehidupan baru di dalam diri Anda.Selama kunjungan prakehamilan, sejumlah tes dan pemeriksaan seperti papsmear, STD, dan tes skrining lainnya, tes darah, tes tiroid, serta tes AIDS bisa dilakukan bersama dengan pemeriksaan berat badan, payudara, serta perut.Check up prenatal juga membantu Anda mengetahui riwayat kesehatan Anda serta menjauhi obat-obatan yang tak diperlukan lagi. 2. Minum tablet asam folatMinum pil asam folat menurunkan kemungkinan cacat lahir seperti spina bifida. Minum asam folat 400 mcg setiap harinya biasanya direkomendasikan dokter, setidaknya satu bulan sebelum Anda hamil dan selama trimester pertama Anda.Akan lebih baik meminum asam folat sesuai saran dokter Anda. Vitamin A juga penting bagi tubuh sebelum kehamilan. Jadi, jika Anda minum multivitamin, pastikan Anda memeriksa label konten. Terlalu banyak minu [...]

Siapa Berani Tegur Anggota Dewan Saat Merokok di DPR?

Siapa Berani Tegur Anggota Dewan Saat Merokok di DPR?

Citra buruk Indonesia karena fenomena baby smooker membuat Pemerintah Indonesia malu. Pemerintah berupaya membuat berbagai macam regulasi untuk mengatasi keadaan ini."Selain regulasi dan sejumlah peraturan, pembinaan pun kita berikan. Tapi di sisi lain, kita secara bersama-sama harus menaatinya. Bila ada yang melanggar, harus ditegur. Berani?," kata Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH di Blitz Megaplex Audiotorium 6, Pacifik Place, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (10/10/2014)Kepada sejumlah wartawan yang menemuinya dalam peluncuran iklan layanan masyarakat 'Berhenti Menikmati Rokok Sebelum Rokok Menikmatimu', Menkes bertanya berapa banyak di antara wartawan yang hadir punya nyali untuk menegur para anggota dewan perwakilan rakyat yang merokok di gedung MPR/DPR. Karena saat ini, asap rokok di gedung parlemen tersebut mengepul kencang."Bau rokok di sana tidak karuan. Berapa dari kalian yang berani menegur? Kalau saya berani menegur," kata Menkes.Menurut Menkes, selama masyarakat permisif (sifat cuek) maka Indonesia tidak akan maju, dan masalah rokok ini masih menjadi permasalahan terbesar."Citra itu memang sengaja diciptakan oleh industri rokok. [...]

Menkes Angkat Bicara soal PHK di PT Sampoerna

Menkes Angkat Bicara soal PHK di PT Sampoerna

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi angkat bicara menanggapai adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 4.900 karyawan salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia, PT HM Sampoerna Tbk (HMSP)."Saya tergelitik Sampoerna PHK karyawannya. Selama ini kita disalahkan, dia bilang kita penyebab kerugiannya. Tapi mereka PHK diam-diam saja," kata Menkes saat memberikan sambutan di acara Indonesian Conference on Tobacco or Health (ICTOH), Jumat (30/5/2014).Menkes beranggapan, perusahaan rokok tersebut melakukan PHK karena ingin mendapatkan keuntungan lebih besar. "Market menunjukan rokok kretek mesin lebih laku daripada rokok kretek linting," tegas Menkes.Sebelumnya, PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 4.900 karyawannya yang berada di Jember dan Lumajang. Pemutusan hubungan kerja itu dilakukan, seiring dengan ditutupnya dua pabrik yang berlokasi di daerah tersebut pada 31 Mei 2014. [...]

Ini Ruginya Jadi si Pemalu

Ini Ruginya Jadi si Pemalu

Ada banyak alasan dibalik sifat pemalu seseorang mulai dari ketakutan terlihat tak sempurna hingga terlihat jelek. Daripada terkungkung atas ketakutan tersebut lebih baik dobrak batasan untuk mengetahui sesuatu dalam diri Anda yang lebih hebat. "Pertama dan utama ruginya jadi orang pemalu adalah potensi diri tak dapat terlihat. Padahal jika ia mencoba melakukan hal-hal baru ia bisa mengetahui kemampuan sehingga bisa mengembangkannya," terang management dan fasilitator Image Management, F. Salika Pratama saat bertandang ke redaksi Liputan6.com pada Senin (17/11/2014). Menurutnya, ada banyak orang yang sebenarnya tak memiliki potensi besar namun berhasil sukses karena terus belajar. "Oleh karena itu sayang sekali bukan, jika hanya gara-gara malu tak berani menunjukkan potensi," tambahnya. Ia pun menyarankan untuk memulai menyingkirkan rasa malu pada level sederhana. Misalnya pada saat meeting dalam kelompok kecil mulai tunjukkan pendapat Anda. "Tak perlu pendapat yang berat-berat, yang ringan saja. Nanti kalau sulit-sulit, ditanya kembali dan tak bisa jawab bisa minder," jelasnya. Baca Juga Tips Buat si Pribadi Pemalu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *