Ini Khasiat Utama Jahe untuk Pengobatan Tubuh

jahe.jpg

Jahe tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu dan penyedap masakan. Sejak dulu, rempah-rempah dengan nama latin Zingiber Officinale ini telah banyak digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit. Di Indonesia sendiri, jahe juga kerap dimanfaatkan sebagai obat dan kini masyarakat Eropa pun mulai menggunakannya.

Mengonsumsinya bisa dilakukan dengan beragam cara; baik dimakan saat masih segar maupun dikeringkan. Jahe juga bisa dikonsumsi sebagai campuran dalam teh atau dalam bentuk kapsul serta pil suplemen. Rempah yang memiliki sensasi menghangatkan ini dipercaya bisa meredakan peradangan, heartburn, infeksi pernapasan, bronkhitis dan radang sendi. Namun khasiat yang paling terkenal dari jahe adalah menghilangkan rasa mual dan mengobati gangguan pencernaan.

Senyawa kimia alami yang terkandung dalam jahe dipercaya ampuh bekerja langsung ke perut untuk mengatasi mual sekaligus mencegah muntah, bahkan bisa meningkatkan kemampuan otak dan sistem syaraf. Khasiat jahe sebagai penyembuh pun telah terbukti secara ilmiah.

Seperti dikutip dari ABC Australia, studi menunjukkan bahwa jahe bisa membantu mengurangi rasa mual yang kerap terjadi pada wanita hamil. American College of Obstetricians and Gynecologists telah merekomendasikan, jahe bisa digunakan sebagai alternatif penghilang mual dan muntah selama kehamilan, mengingat wanita hamil sangat berisiko bila mengonsumsi obat-obatan kimia yang bisa menyebabkan keguguran atau cacat pada bayi.

Sejumlah penelitian juga mengungkapkan bahwa jahe pun bermanfaat meredakan mual pada kondisi lainnya, bukan hanya saat kehamilan. Beberapa kondisi yang bisa diatasi dengan konsumsi jahe adalah mual karena mabuk kendaraan, mabuk di pagi hari, juga mual setelah kemoterapi atau pasca operasi.

Meskipun alami, penggunaan jahe untuk pengobatan sebaiknya tetap dibatasi. Konsumsi yang berlebihan bisa menimbulkan sejumlah efek samping seperti heartburn, bengkak bahkan iritasi pada lambung.

Jahe yang dioleskan langsung ke kulit juga kemungkinan bisa menimbulkan iritasi seperti kemerahan atau bengkak. Sebaiknya konsumsi jahe tak lebih dari 10 gram per hari, atau sekitar empat ruas.

(hst/kik)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Do’s & Don’ts Saat Memakai Lensa Kontak

Do’s & Don’ts Saat Memakai Lensa Kontak

Lensa kontak banyak menjadi pilihan wanita yang bosan atau tak suka dengan penggunaan kacamata. Sayangnya, penelitian terbaru menemukan banyak pengguna lensa kontak yang malas mengikuti aturan dan cara pemakaian yang tepat. Seperti yang dikutip dari Webmd, sebanyak 80 persen orang tahu betul mengenai aturan dan cara pemakaian lensa kontak dengan benar. Tetapi hanya dua persen yang benar-benar melakukan aturan tersebut. Dan kurang dari satu persen yang mau mencuci tangan mereka sebelum memakai lensa kontak, menggunakan cairan pembersih khusus dan tidak mengenakan lensa kontak terlalu sering. Survei yang diterbitkan dalam jurnal 'Optometry and Vision Science' itu, dilakukan pada pasien yang menjalani pemeriksaan mata dalam praktek swasta atau universitas. Sebagian besar, yaitu 85 persen dari peserta survei telah merasa menepati petunjuk pemakaian lensa kontak, tetapi hanya 0,4 persen yang mengikuti semua petunjuk. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa sebagian besar pemakai lensa kontak tahu apa yang harus mereka lakukan untuk menghindari komplikasi. Namun, sedikit yang benar-benar mengikuti semua rekomendasi. Komplikasi yang paling sering dilaporkan oleh pemakai lensa kontak [...]

Jangan Anggap Remeh Batuk Berdarah!

Jangan Anggap Remeh Batuk Berdarah!

Batuk berdarah (hemoptisis) bisa menjadi pertanda adanya penyakit serius. Darah yang keluar saat batuk berasal dari saluran napas atau paru-paru. Biasanya darah disertai oleh gelembung udara dan lendir, dan berwarna merah cerah. Batuk berdarah dapat disebabkan oleh infeksi paru-paru (tuberkulosis, pneumonia, bronkitis), kanker, trauma, gagal jantung kongestif, dan penyakit autoimun. Batuk berdarah berbeda dengan perdarahan dari mulut, tenggorokan, atau saluran cerna. Maka dari itu, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk menentukan sumber perdarahannya, terutama jika disertai gejala berikut ini, selengkapnya di halaman selanjutnya: Jangan Anggap Remeh Batuk Berdarah! Gejala yang Menandakan Anda Wajib ke Dokter: Jumlah darah lebih dari satu sendok makan. Nyeri dada, demam, sesak napas, penurunan berat badan, dan kehilangan nafsu makan. Ada perdarahan pada urin dan tinja. Untuk mendiagnosis, dokter akan melakukan wawancara medis secara menyeluruh, pemeriksaan fisik, dan beberapa pemeriksaan seperti pemeriksaan dahak dan darah, rontgen dada, bronkoskopi, atau CT scan. Sebaiknya tidak menunda-nunda untuk memeriksakan diri ke dokter. Batuk berdarah [...]

6 Kondisi Rambut yang Menandakan Kesehatan Tubuh Anda Bermasalah

6 Kondisi Rambut yang Menandakan Kesehatan Tubuh Anda Bermasalah

Masalah yang terjadi pada rambut seperti rontok, lepek dan berketombe tidak selalu terkait dengan kurangnya Anda merawat rambut atau menggunakan sampo yang kurang tepat. Bisa jadi, itu cara tubuh untuk memberitahu ada yang salah dengan kondisi Anda. Misalnya kekurangan nutrisi atau problem kesehatan yang lebih serius. Kenali beberapa kondisi rambut untuk mengetahui masalah kesehatan sebenarnya yang terjadi pada tubuh berikut ini, seperti dikutip dari Times of India.1. Rambut Kering dan RapuhTerlepas dari kurangnya penggunaan kondisioner atau pemilihan sampo yang salah, rambut kering, rapuh dan mudah rontok bisa jadi tanda awal tubuh Anda kekurangan sejumlah nutrisi penting. Beberapa diantaranya kekurangan protein, vitamin A, zinc dan lemak sehat. Rambut kering yang tak kunjung lembab juga kemungkinan merupakan tanda adanya masalah pada keseimbangan hormon tiroid.2. Rambut Terlalu Berminyak dan LepekAnda sudah menggunakan sampo yang bisa mengurangi produksi sebum di kulit kepala, tapi rambut tetap saja berminyak hingga lepek? Kemungkinan tubuh kekurangan zinc, asam folat dan vitamin B6. Perbanyak konsumsi bayam, protein hewani seperti daging, telur atau ikan, alpukat, asparagus d [...]

5 Risiko Miliki Tubuh Terlalu Kurus Seperti Angelina Jolie

5 Risiko Miliki Tubuh Terlalu Kurus Seperti Angelina Jolie

Aktris Angelina Jolie memiliki tubuh yang sangat kurus. Menurut salah satu bintang film 'Unbroken' yang disutradarainya, Jolie kerap mengurangi makan demi merasa senasib sepenanggungan dengan para aktor layar lebarnya yang berperan sebagai tawanan perang. Tubuh kurus istri Brad Pitt ini bukan pertamakalinya menjadi sorotan. Sebelumnya pada 2012, seorang ahli gizi menyebutkan Jolie kurang gizi karena tubuhnya yang terlalu kurus.Seorang ahli kesehatan, Dr Drew Pinsky yang menjadi salah satu narasumber dalam acara talkshow The View yang tayang di ABC mengingatkan kaum wanita bahwa tidak harus menganggap aktris seperti Jolie sebagai wujud dari kecantikan yang ideal. Apalagi jika cantiknya tersebut diukur dari bentuk tubuh yang kurus.Dr Drew menyimpulkan bahwa aktris cantik kelahiran 4 Juli 1975 tersebut mengalami kekurangan gizi. "Dia kekurangan gizi. Aku hanya melihat kondisi kekurangan gizi," ujarnya. Dalam acara TV tersebut, Dr Drew juga menyebut makin kurusnya Angelina Jolie 'membahayakan'. Memiliki tubuh kurus seperti Jolie memang membahayakan. Sudah banyak riset yang menyebutkan risiko kesehatan ketika memiliki tubuh kurus ini. Penelitian yang dilakukan Dr. Joel Ray asal Kanad [...]

10 Mitos Kehamilan Terkait Makanan

10 Mitos Kehamilan Terkait Makanan

Kehamilan adalah keajaiban Tuhan. Sang Pencipta menyapa kita lewat proses kehamilan dan perkembangan janin yang sangat rumit dan mencengangkan. Berita kehamilan pastinya membawa kemeriahan tersendiri dalam keluarga. Namun, seringkali, seiring antusiasme keluarga dan orang terdekat terhadap kehamilan, berkembanglah mitos-mitos seputar kehamilan. Banyak sekali mitos-mitos mengenai kehamilan yang beredar di masyarakat. Kali ini, kita akan membahas mitos-mitos seputar kehamilan yang berkaitan dengan asupan makanan Ibu Hamil. Pasalnya, justru lebih banyak pendapat yang menyesatkan dan mitos salah yang berlawanan dengan fakta kesehatan ibu hamil dan makanannya. Apa saja mitos makanan selama kehamilan yang sering beredar? Mitos 1: Makan yang Banyak Selagi Hamil Karena Untuk 2 Orang Ini merupakan mitos yang menjebak. Ibu hamil memang perlu memperhatikan asupan makanannya, namun tidak boleh berlebihan. Asupan makanan dan berat badan Ibu dan janin tetap harus dikontrol agar bayi tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Peningkatan berat badan ibu hamil dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) normal berkisar antara 12-15 kg, sedangkan bagi mereka dengan IMT lebih atau obesitas [...]

Baca Ini Jika Anda Sering Nyeri Sendi

Baca Ini Jika Anda Sering Nyeri Sendi

Nyeri sendi dapat menghalangi kegiatan Anda sehari-hari. Ketika nyeri muncul, Anda perlu segera mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya untuk ditangani segera sehingga Anda dapat kembali beraktivitas. Lokasi nyeri sendi yang paling sering dikeluhkan adalah pada daerah jari, bahu, ataupun lutut. Nyeri sendi dapat merupakan manifestasi adanya radang sendi (arthritis) seperti: osteoarthritis atau rheumatoid arthritis, cedera, penyakit autoimun yang memicu radang sendi, maupun keganasan (kanker). Untuk memudahkan, berikut adalah faktor-faktor penyebab yang sering ditemui, selengkapnya di halaman selanjutnya: Baca Ini Jika Anda Sering Nyeri Sendi 1. Nyeri bahu Inflamasi (peradangan) otot atau sendi Tendonitis: peradangan pada tendon rotator cuff, dan dapat disebabkan oleh gerakan repetitif berlebihan yang melibatkan gerakan lengan di atas kepala. Bursitis: peradangan pada bursa (bantalan sendi untuk mengurangi gesekan antar tulang, otot, kulit). Sering kali juga disebabkan gerakan repetitif berlebihan yang melibatkan gerakan lengan di atas kepala. Frozen Shoulder atau Adhesive Capsulitis: Umumnya bahu tidak mampu bergerak sama sekali. Kapsul bahu menge [...]

Cokelat Lebih Sehat Ketimbang Jus Buah

Cokelat Lebih Sehat Ketimbang Jus Buah

Siapa bilang cokelat tidak terlalu bermanfaat bagi kesehatan maupun penampilan? Nyatanya, sebuah studi mengungkapkan bahwa cokelat ternyata lebih sehat ketimbang jus buah.Penelitian dari Hershey Centre for Health & Nutrition di Amerika mengungkapkan bahwa dark chocolate dalam bentuk bubuk mengandung lebih banyak anti-oksidan dan polifenol, yang dipercaya dapat melindungi tubuh dari kanker dan serangan jantung. Berdasarkan laporan dari jurnal Chemistry Central, cokelat juga dapat mecegah kerusakan sel-sel sehat.Dalam studi tesebut, peneliti melakukan percobaan dengan membandingkan satu porsi dark chocolate, biji cokelat dengan jus buah yang dipercaya kaya akan kandungan oksigennya seperti acai berry, cranberry dan buah pome. Hasilnya, dark chocolate dan biji cokelat memiliki kandungan anti-oksidan dan flavanol yang lebih tinggi dari pada jus buah tersebut.Anti oksidan yang terkandung di biji cokelat dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah penyakit-penyakit seperti kanker dan sakit jantung koroner. Senyawa tersebut juga bisa mencegah penuaan. Sedangkan flavanol, meningkatkan fungsi arteri dan mengurangi stres pada jantung.Dengan adanya hasil peneltian ini, bukan berarti [...]

Sehatnya Berjalan Kaki

Sehatnya Berjalan Kaki

Sehatnya berjalan kaki di pagi hari maupun di sore hari. Berjalan kaki juga membuat tubuh menjadi bugar dan fit. Namun, sekarang ini dengan kesibukan orang-orang perkotaan yang sulit mendapatkan waktu luang untuk bekerja dengan alasan yang sama yaitu sibuk. Kini, tidak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga dengan alasan sibuk. Para ahli kesehatan telah menemukan olahraga yang murah, meriah, ringan dan tidak perlu membuang banyak waktu sekaligus amat bermanfaat bagi kesehatan, yaitu berjalan kaki. American Journal of Kidney Diseases dan Duke University Medical Center, dalam penelitian terbarunya, menyatakan bahwa berjalan kaki 30 menit sehari bisa mencegah metabolik sindrom (faktor risiko terhadap penyakit jantung, diabetes, dan troke termasuk obesitas di bagian perut, serta tekanan darah tinggi. Secara singkat, mereka menyatakan bahwa berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari, yang dilakukan secara teratur setiap hari bisa membuat badan kita sehat, antaranya; Mengurangi bahaya risiko terkena kanker payudara sebesar 10-30 persen Membuat tidur lebih nyenyak karena tubuh akan terasa nyaman setelah digerakan (namun jangan dilakukan 2jam sebelum tidur) Membuat kita merasa lebih [...]

Menyusui: Gol Kemenangan Bagi Kehidupan

Menyusui: Gol Kemenangan Bagi Kehidupan

Setiap tahunnya minggu pertama di bulan Agustus selalu diperingati sebagai Pekan ASI Sedunia. Tahun ini pekan ASI sedunia mengangkat tema ?Menyusui: Gol Kemenangan Bagi Kehidupan?. Berdasarkan data World Health Organization (WHO), jutaan bayi meninggal setiap tahunnya di Asia Tenggara disebabkan oleh penyakit-penyakit yang sering terjadi pada masa kanak-kanak seperti diare dan pneumonia. Hal tersebut sebenarnya dapat dicegah dengan pemberian ASI eksklusif. Pekan ASI Sedunia bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kekuatan ASI dalam menurunkan risiko kematian bayi baru lahir dan balita akibat penyakit-penyakit tersebut sehingga dapat membantu tercapainya salah satu target Tujuan Pembanguan Milenium/Millennium Development Goal?s (MDG?s) yaitu untuk menurunkan angka kematian anak hingga 2/3 pada tahun 2015. Menurut Anthony Lake, Executive Director of the UN Children?s Fund (UNICEF), ?Pemberian ASI pada satu jam pertama setelah melahirkan dapat mencegah satu dari lima penyebab kematian yang tidak diinginkan atau mencegah kematian 500.000 anak setiap tahunnya.? Air susu ibu (ASI) merupakan nutrisi terbaik bagi bayi dan balita yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan [...]

4 Makanan untuk Turunkan Kolesterol

4 Makanan untuk Turunkan Kolesterol

? Hasil pemeriksaan kesehatan menyebutkan Anda memiliki masalah kolesterol? Pastinya kemudian akan terpikirkan bagaimana cara untuk menjaga makan. Simak empat makanan berikut ini yang dapat membantu usaha Anda menyusun menu diet menurunkan kolesterol Anda. 1. Oatmeal dan makanan tinggi serat Oatmeal mengandung seratyang mudah dicerna yang dapat membantu menurunkan LDL atau kolesterol ?jahat?. Serat yang mudah dicerna ini juga dapat ditemukan pada apel, pir dan buah prune. Makanan yang tinggi serat dapat menurunkan penyerapan kolesterol ke dalam peredaran darah. Dengan mengonsumsi 5 hingga 10gram serat sehari maka dapat membantu menurunkan kolesterol total dan LDL Anda. Klik next untuk tahu berbagai makanan lainnya. 4 Makanan untuk Turunkan Kolesterol 2. Ikan dan asam lemak omega 3 Mengkonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 dapat menurunkan tekanan darah dan risiko penimbunan plak yang dapat berujung pada serangan jantung, stroke dan kematian.American Heart Association merekomendasikan untuk mengkonsumsi setidaknya 2 porsi ikan dalam satu minggu. Asam lemak omega 3 tertinggi dapat ditemukan pada ikan: Mackarel Sarden Salmon Tuna Nam [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *