Ini Pentingnya Vaksin Kanker Serviks

ini-pentingnya-vaksin-kanker-serviks-alodokter.jpg

Kanker serviks salah satu penyakit yang menakutkan. Salah satu cara untuk menekan risiko terkena penyakit tersebut adalah dengan memberikan vaksin kanker serviks.

Kanker serviks sebagian besar disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui hubungan seksual yaitu human papillomavirus (HPV). Vaksin kanker serviks merupakan salah satu upaya untuk mencegah penularan virus tersebut.

Infeksi HPV pada wanita bisa menyebabkan pertumbuhan sel pada serviks yang abnormal. Pada sebagian wanita, gangguan tersebut kemudian dapat berkembang menjadi kanker serviks.

Untuk wanita, pemberian vaksin kanker serviks direkomendasikan sebanyak tiga dosis dalam tiga kali pemakaian. Vaksin pertama diberikan pada masa remaja yaitu 11-12 tahun, kemudian vaksin kedua diberikan satu atau dua bulan setelah vaksin pertama. Lalu, vaksin ketiga diberikan 6 bulan setelah vaksin pertama.

Ketiga dosis vaksin tersebut diyakini sebagai perlindungan jangka panjang dari infeksi HPV. Jika saat remaja dosis vaksin belum lengkap, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk melengkapi dosis vaksin.

Tidak hanya wanita, pria pun dapat memperoleh manfaat dari vaksin HPV. Bagi kaum pria, virus HPV juga dapat menyebabkan kutil kelamin, kanker anus serta kanker tenggorokan, selain dari kanker serviks.

Golongan pria yang direkomendasikan untuk memperoleh vaksin HPV yaitu pria yang berhubungan intim dengan sesama pria ataupun yang memiliki gangguan imunitas dan berusia 26 tahun atau lebih muda.

Jenis Vaksin

Virus HPV memiliki beragam jenis. Sekitar 40 persen dari seluruh jenis HPV dapat menyebabkan infeksi di daerah kelamin. Di samping itu, beberapa jenis tertentu dapat memicu kanker serviks.

Berikut ini beberapa jenis vaksin HPV yang kini dapat dimanfaatkan, yaitu:

  • Jenis pertama yaitu Cervarix. Umumnya digunakan untuk mencegah kanker serviks dan pra Vaksin jenis ini akan mencegah infeksi HPV-16 dan HPV-18 yang secara umum sebagai penyebab kanker.Vaksin HPV ini ditujukan hanya untuk wanita.
  • Jenis kedua yaitu Gardasil. Digunakan untuk mencegah kanker dan pra kanker serviks, vulva, vagina dan anus. Selain mencegah infeksi yang disebabkan HPV-16, HPV-18, juga menangkal infeksi HPV-6 dan HPV-11 sebagai penyebab kutil kelamin. Untuk laki-laki, penggunaan vaksin ini dapat dilakukan pada usia 9-26 tahun.
  • Jenis terakhir yaitu Gardasil 9. Cakupan pencegahan infeksi HPV dari vaksin ini lebih luas dari Gardasil sebelumnya, yaitu termasuk HPV-31, HPV-33, HPV-45, HPV-52, dan HPV-58 yang terkait erat sebagai penyebab kanker serviks. Untuk laki-laki, Gardasil 9 dapat digunakan untuk usia 9-15 tahun.

Efek Samping

Efek samping vaksinasi HPV umumnya terjadi sementara dan tergolong ringan. Beberapa efek yang sering dikeluhkan seperti bengkak, nyeri dan kemerahan di sekitar lokasi suntikan serta sakit kepala.

Selain itu efek samping yang tidak terlalu sering ditemukan yaitu berupa demam, mual dan rasa sakit di sekitar lengan, tangan atau kaki hingga munculnya ruam merah yang gatal. Kemudian, ada pula efek sangat jarang terjadi yaitu terhambatnya saluran pernapasan dan kesulitan bernapas.

Meski terbilang sangat jarang terjadi, vaksin HPV juga kemungkinan dapat memicu reaksi alergi yang parah atau dikenal dengan alergi anafilaksis yang mengancam keselamatan jiwa.

Konsultasikan dengan dokter sebelum Anda memutuskan untuk memperoleh vaksin kanker serviks. Minta informasi lengkap guna membuat pertimbangan yang tepat mengenai manfaat yang dapat diperoleh dan risiko efek samping yang ada.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Awas! Perawatan Salon Bisa Tularkan Penyakit Kulit

Awas! Perawatan Salon Bisa Tularkan Penyakit Kulit

Semua wanita pasti senang mengunjungi salon kecantikan untuk melakukan perawatan tubuh. Tetapi tahukah Anda bahwa salon juga bisa jadi tempat yang membahayakan kesehatan?Seperti yang dikutip dari ourvanity, iritasi, jerawat, kulit kemerahan dan infeksi merupakan risiko kesehatan yang umum didapat dari salon kecantikan. Walau begitu, bukan berarti Anda tak bisa menyiasati hal tersebut. Seperti yang dikutip dari ourvanity, ada baiknya jika Anda mengetahui bahaya di balik salon kecantikan dan cara menghindarinya.1. Manicure & Pedicure SalonMenicure merupakan salah satu perawatan kecantikan dengan risiko bahaya kesehatan paling tinggi. Bakteri, jamur, bahkan penyakit Hepatitis C bisa tertular lewat penggunaan peralatan manicure atau pedicure yang tidak steril atau terapis yang ceroboh.Untuk menghindari hal itu, perhatikan dengan seksama peralatan manikur yang digunakan. Sebelum memulai manicure atau pedicure, pastikan terapis Anda mensterilkan peralatannya di depan mata Anda. Jika tak juga yakin dengan kebersihannya, membawa peralatan manicure atau pedicure sendiri merupakan pilihan yang bijak.2. Hairdressing SalonSalon untuk rambut juga berpontensi memberikan risiko terhadap ke [...]

Minum Teh Ini Bisa Kurangi Sakit Gigi

Minum Teh Ini Bisa Kurangi Sakit Gigi

Sakit gigi bisa jadi merupakan tanda-tanda terkena radang gusi, abses, gigi bolong atau penyakit periodontal (peradangan atau infeksi pada jaringan penyangga gigi). Hanya doter gigi berlisensi yang dapat memberikan diagnosa akurat serta saran pengobatan.Namun jika Anda sedang pergi berlibur dan tidak mungkin menemui dokter gigi langganan, minum teh herbal tanpa gula pun bisa menjadi solusi alternatif. Seperti yang dikutip dari Livestrong, berikut tiga pilihan teh herbal yang bisa kurangi rasa nyeri saat sakit gigi.1. Teh CengkehTeh ini dikenal memiliki aroma yang kuat dan kaya rasa. Menurut National Institutes of Health (NIH), teh cengkeh dapat berguna secara efektif sebagai krim Benzokain --obat yang digunakan untuk meredakan nyeri dan gatal-gatal yang disebabkan luka bakar, gigitan atau sengatan serangga, racun tanaman, luka kecil atau goresan, untuk menghilangkan sakit gigi. NIH juga menjelaskan bahwa teh cengkeh juga memiliki sifat eugenol, sebuah unsur kimia yang mampu membuat kulit mati rasa, mengurangi peradangan, menghentikan rasa sakit dan membunuh bakteri menular.Meskipun tidak dijelaskan berapa dosis yang tepat, tetapi menyeduh satu sendok teh cengkeh denga satu cangk [...]

3 Trik Unik Membuat Tubuh Cepat Mengantuk dan Tidur Nyenyak Secara Alami

3 Trik Unik Membuat Tubuh Cepat Mengantuk dan Tidur Nyenyak Secara Alami

Susu panas, teh chamomile dan makan kangkung dipercaya bisa membantu tubuh relaks dan lebih mudah tertidur nyenyak. Tapi pada sejumlah orang, cara-cara tersebut tidaklah cukup.Berdasarkan survei dari Crampex, tablet pereda kram otot, di Inggris sendiri ada 86 persen orang yang mengalami gangguan tidur. Penggunaan obat-obatan memang bisa membantu seseorang lebih cepat tidur namun jika dikonsumsi terus-menerus bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Selain dengan obat atau konsumsi makanan/minuman tertentu, sebenarnya ada cara mudah yang bisa membantu Anda tertidur. Ini tiga cara yang bisa dicoba, seperti dikutip dari Mirror.1. Bernapas dengan Hidung Sebelah KiriIni merupakan metode yoga yang diyakini bisa menurunkan tekanan darah dan membuat Anda lebih tenang. Terapis holistik Peter Smith menganjurkan untuk bernapas melalui lubang hidung sebelah kiri."Tidurlah dengan posisi miring ke kiri, lalu tutup lubang hidung sebelah kanan. Perlahan, ambil napas dalam-dalam melalui lubang kiri hidung," ujar Peter.Penulis buku 'Sleep Better With Natural Therapies' ini mengatakan, teknik tersebut efektif dilakukan apabila Anda sulit tidur karena suhu kamar yang terlalu panas atau wanita dengan ko [...]

Mari Kita Telusuri Proses Pembentukan Urine

Mari Kita Telusuri Proses Pembentukan Urine

Proses pembentukan urine di dalam tubuh melibatkan beberapa organ. Kita akan bahas secara terperinci, berikut manfaatnya bagi tubuh juga. Zat-zat sisa atau produk sampingan dari metabolisme butuh dikeluarkan oleh tubuh melalui pengeluaran urine dan tinja. Proses pengeluaran urine dari tubuh disebut urinasi. Urine berbentuk cairan, berasal dari hasil penyaringan darah oleh ginjal dan dikeluarkan tubuh melalui uretra. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa tahap proses pembentukan urine yang sebaiknya Anda ketahui agar paham mengapa minum air begitu penting bagi tubuh Anda. Proses Pembentukan Urine Pada sistem urine terdapat beberapa organ dalam tubuh kita yang berperan yaitu: Ginjal. Ada dua buah ginjal di dalam tubuh, yaitu ginjal kanan dan kiri. Masing-masing berada di setiap sisi tulang belakang. Ginjal memiliki bentuk seperti kacang merah dan memiliki ukuran sebesar kepalan tangan. Di dalam ginjal setidaknya terdapat satu juta nefron yang berfungsi untuk menyaring darah dan membuat limbah hasil penyaringan tersebut. Ureter. Ureter ini berbentuk tabung atau selang yang menghubungkan masing-masing ginjal dengan kedua sisi kandung kemih. Pada orang dewasa, ureter [...]

Ingin Ramping dan Seksi di Usia 40-an? Ini Tips Jitunya

Ingin Ramping dan Seksi di Usia 40-an? Ini Tips Jitunya

Di usia 40 atau 50 ke atas, metabolisme tubuh wanita umumnya akan melambat. Pembakaran lemak tak lagi semudah dulu, menguruskan tubuh yang menggemuk pun jadi lebih sulit. Perut, lengan, bokong dan paha biasanya menjadi bagian tubuh yang paling terlihat perubahannya jelas usia paruh baya.Belum lagi perubahan hormon, di mana hormon estrogen berkurang dan kortisol yang menyebabkan stres justru bertambah. Tapi kenapa ada beberapa wanita yang tetap memiliki tubuh ramping, seksi dan kencang seolah tak termakan usia? Supermodel seperti Naomi Campbell, Cindy Crawford dan Christie Brinkley misalnya, ketiganya masih tampil menarik dengan tubuh yang ideal. Ternyata ada beberapa kesamaan dalam menjalani gaya hidup yang bisa menghasilkan tampilan tubuh seperti sekarang. Ini rahasianya, yang dihimpun Wolipop dari berbagai sumber.1. Tingkatkan Metabolisme TubuhSeiring menuanya usia, tubuh mulai kehilangan massa otot sehingga tampak kendur. Pakar fitnes Denise Austin, seperti dilansir Livestrong menjelaskan bahwa otot mampu membakar 6 hingga 10 kalori per pon. Jadi ketika massa otot berkurang maka kemampuan tubuh untuk memangkas kalori berlebih juga menurun drastis. Oleh karena itu jagalah mass [...]

Obat Bius, si Penghilang Rasa Sakit

Obat Bius, si Penghilang Rasa Sakit

Apa yang terjadi jika para ahli di bidang kesehatan tidak menemukan obat bius? Pastinya, kita akan mendengar jeritan kesakitan para pasien dari balik pintu ruang medis. Dalam bidang kesehatan, pembiusan disebut dengan anestesi, yang berarti ?tanpa sensasi?. Tujuan obat bius adalah membuat mati rasa area tubuh tertentu atau bahkan membuat Anda tidak sadarkan diri (tertidur). Dengan mengaplikasikan obat bius, dokter bisa leluasa melakukan tindakan medis yang melibatkan peralatan tajam dan bagian tubuh tanpa menyakiti Anda. Bagaimana Cara Kerja Obat Bius? Pembiusan yang membuat seseorang menjadi tidak sadar disebut dengan bius umum. Bius lokal dan regional dilakukan pada area tertentu di tubuh dan tidak menyebabkan hilangnya kesadaran. Pada pembiusan umum, obat bius bekerja dengan cara menghentikan sinyal saraf yang membuat Anda sadar dan terjaga agar tidak sampai ke otak. Hasilnya, Anda akan tidak sadarkan diri sehingga tidak akan merasa sakit saat dokter menjalani tindakan medis atau istilah lainnya. Obat ini juga bisa mengatur pernapasan, peredaran dan tekanan darah serta denyut dan irama jantung. Setelah efek obat bius menghilang, sinyal saraf akan menjalankan fungsinya seperti [...]

4  Makanan Sederhana untuk Jantung

4 Makanan Sederhana untuk Jantung

Jantung adalah organ tubuh yang penting untuk aliran nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Perannya vital untuk memastikan setiap sel di dalam tubuh kita dapat berfungsi dengan optimal. Untuk itu, kesehatannya harus dijaga dengan baik. Masalah kesehatan jantung sangat banyak terkait dengan kadar kolesterol dalam darah, tekanan darah yang tinggi, stres dan cemas berlebihan. Untuk itu, faktor-faktor tersebut harus dikendalikan dengan baik setiap saat. Berikut ini adalah 4 makanan sederhana yang dapat membantu mengatasi stres, mengendalikan tekanan darah dan kolesterol sehingga kesehatan jantung dapat terjaga. 4 Makanan Bebas Penyakit Jantung dan Stres 1. Pisang Sebuah pisang mengandung 105 kalori dan 14 gram gula.Kandungan nutrisi ini cukup untuk menjadi sumber energi sementara dan memberi rasa kenyang. Sedangkan kandungan vitamin B6-nya dapat membantu sel otak untuk memproduksi serotonin yang dapat membantu mengatasi rasa cemas dan stres. 2. Kismis Satu genggam kismis mengandung 1gram serat dan 212mg kalium yang cukup untuk kebutuhan sehari dan membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan polifeno di dalam [...]

Indonesia Ranking 3 Penderita Kusta Terbanyak di Dunia

Indonesia Ranking 3 Penderita Kusta Terbanyak di Dunia

Oleh dr. Alvin Nursalim Indonesia menempati urutan ketiga terbanyak penderita kusta di dunia. Dengan jumlah penderita sebanyak 18,994 orang di tahun 2012, mengikuti Brazil di urutan kedua yang memiliki angka penderita sebanyak 33.303 orang pada tahun 2012, dan India di urutan pertama dunia yang berjumlah 134,752 penderita. Demikian data yang dipaparkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) edisi terakhirnya (2013). Mendengar kata Kusta, bagai momok tersendiri di telinga sebagian masyarakat. Padahal layaknya manusia lainnya, penyandang Kusta juga memerlukan perhatian dan pengobatan yang layak. Bulan Januari kembali mengingatkan kita akan pentingnya merangkul dan mengani kasus Kusta dengan baik, karena pada tanggal 27 Januari diperingati sebagai hari Kusta sedunia. Mari kita kenal lebih jauh tentang penyakit satu ini. Apa itu penyakit Kusta?Kusta adalah penyakit yang disbebkan oleh infeksi Mycobacterium leprae. Kusta menyerang berbagai bagian tubuh, diantaranya saraf, dan kulit. Nama lain dari penyakit ini adalah Lepra atau Morbus Hansen. Kusta umumnya ditemukan pada negara berkembang, seperti Indonesia. Apa saja gejala dari penyakit Kusta?Kusta terkenal sebagai penyakit yang paling ditakuti [...]

Perut Instan Rata dengan Tummy Tuck

Perut Instan Rata dengan Tummy Tuck

Tummy tuck atau dalam dunia medis disebut juga dengan abdominoplasty, merupakan suatu tindakan bedah untuk meratakan perut dengan mengeluarkan lemak dan kulit yang berlebih serta mengencangkan otot-otot dinding perut. Berbeda dengan operasi sedot lemak (liposuction), meskipun Anda dapat melakukan kedua operasi bersamaan tersebut dalam satu tindakan operasi sekaligus. Tummy tuck sendiri dibagi menjadi 2 jenis: Complete abdominoplasty Dokter akan memotong abdomen Anda dan memberikan kontur pada kulit, jaringan dan otot Anda. Tindakan bedah ini juga termasuk memindahkan pusar Anda dan Anda akan menggunakan drainase selama beberapa hari pasca operasi. Partial or mini abdominoplasty Mini abdominoplasty sering dilakukan pada orang yang memiliki deposit lemak yang terlokasir di perut bagian bawah, di bawah pusar. (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); .iht-1 { background: url(http://klikdokter.com/assets/healthtools/ht_4.gif) no-repeat 0px 0px; width: 105px; float: left; text-align: center; padding-top: 105px; background-si [...]

Selain Untuk Kesehatan Mata, Ini Dia Manfaat Lain Wortel

Selain Untuk Kesehatan Mata, Ini Dia Manfaat Lain Wortel

Selama ini yang kita ketahui manfaat wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Tapi ternyata tidak hanya itu saja. Seperti yang dikutip dari ehow, berikut ini enam manfaat lain dari rajin mengonsumsi wortel.1. Terhindar dari Risiko Penyakit JantungWortel memiliki banyak kandungan vitamin A, kalori, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor dan beta karoten. Zat yang terakhir itu mampu memberikan perlindungan terhadap kanker, penyakit jantung, dan perkembangan rheumatoid sebanyak 70 persen.2. Bantu Melawan Efek Buruk PolusiTeh hijau bukanlah saru-satunya panganan yang mengandung antioksidan. Wortel pun juga mengandung zat yang berfungsi untuk melawan radikal bebas dalm tubuh, yang dapat mencegah penyakit jantung dan kanker, menurunkan tekanan darah dan memperlambat efek penuaan.3. Turunkan KolesterolSebuah penelitian di Harvard University berhasil mengungkapkan bahwa seseorang yang setidaknya memakan wortel 6 buah dalam satu minggu dapat menurunkan resiko kolesterol dari pada yang hanya mengkonsumsi 1 buah saja sebulan.4. Mengurangi Risiko Kanker PayudaraPenelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, Amerika Serikat menyebutkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karot [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *