Ini Pentingnya Vaksin Kanker Serviks

ini-pentingnya-vaksin-kanker-serviks-alodokter.jpg

Kanker serviks salah satu penyakit yang menakutkan. Salah satu cara untuk menekan risiko terkena penyakit tersebut adalah dengan memberikan vaksin kanker serviks.

Kanker serviks sebagian besar disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui hubungan seksual yaitu human papillomavirus (HPV). Vaksin kanker serviks merupakan salah satu upaya untuk mencegah penularan virus tersebut.

Infeksi HPV pada wanita bisa menyebabkan pertumbuhan sel pada serviks yang abnormal. Pada sebagian wanita, gangguan tersebut kemudian dapat berkembang menjadi kanker serviks.

Untuk wanita, pemberian vaksin kanker serviks direkomendasikan sebanyak tiga dosis dalam tiga kali pemakaian. Vaksin pertama diberikan pada masa remaja yaitu 11-12 tahun, kemudian vaksin kedua diberikan satu atau dua bulan setelah vaksin pertama. Lalu, vaksin ketiga diberikan 6 bulan setelah vaksin pertama.

Ketiga dosis vaksin tersebut diyakini sebagai perlindungan jangka panjang dari infeksi HPV. Jika saat remaja dosis vaksin belum lengkap, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk melengkapi dosis vaksin.

Tidak hanya wanita, pria pun dapat memperoleh manfaat dari vaksin HPV. Bagi kaum pria, virus HPV juga dapat menyebabkan kutil kelamin, kanker anus serta kanker tenggorokan, selain dari kanker serviks.

Golongan pria yang direkomendasikan untuk memperoleh vaksin HPV yaitu pria yang berhubungan intim dengan sesama pria ataupun yang memiliki gangguan imunitas dan berusia 26 tahun atau lebih muda.

Jenis Vaksin

Virus HPV memiliki beragam jenis. Sekitar 40 persen dari seluruh jenis HPV dapat menyebabkan infeksi di daerah kelamin. Di samping itu, beberapa jenis tertentu dapat memicu kanker serviks.

Berikut ini beberapa jenis vaksin HPV yang kini dapat dimanfaatkan, yaitu:

  • Jenis pertama yaitu Cervarix. Umumnya digunakan untuk mencegah kanker serviks dan pra Vaksin jenis ini akan mencegah infeksi HPV-16 dan HPV-18 yang secara umum sebagai penyebab kanker.Vaksin HPV ini ditujukan hanya untuk wanita.
  • Jenis kedua yaitu Gardasil. Digunakan untuk mencegah kanker dan pra kanker serviks, vulva, vagina dan anus. Selain mencegah infeksi yang disebabkan HPV-16, HPV-18, juga menangkal infeksi HPV-6 dan HPV-11 sebagai penyebab kutil kelamin. Untuk laki-laki, penggunaan vaksin ini dapat dilakukan pada usia 9-26 tahun.
  • Jenis terakhir yaitu Gardasil 9. Cakupan pencegahan infeksi HPV dari vaksin ini lebih luas dari Gardasil sebelumnya, yaitu termasuk HPV-31, HPV-33, HPV-45, HPV-52, dan HPV-58 yang terkait erat sebagai penyebab kanker serviks. Untuk laki-laki, Gardasil 9 dapat digunakan untuk usia 9-15 tahun.

Efek Samping

Efek samping vaksinasi HPV umumnya terjadi sementara dan tergolong ringan. Beberapa efek yang sering dikeluhkan seperti bengkak, nyeri dan kemerahan di sekitar lokasi suntikan serta sakit kepala.

Selain itu efek samping yang tidak terlalu sering ditemukan yaitu berupa demam, mual dan rasa sakit di sekitar lengan, tangan atau kaki hingga munculnya ruam merah yang gatal. Kemudian, ada pula efek sangat jarang terjadi yaitu terhambatnya saluran pernapasan dan kesulitan bernapas.

Meski terbilang sangat jarang terjadi, vaksin HPV juga kemungkinan dapat memicu reaksi alergi yang parah atau dikenal dengan alergi anafilaksis yang mengancam keselamatan jiwa.

Konsultasikan dengan dokter sebelum Anda memutuskan untuk memperoleh vaksin kanker serviks. Minta informasi lengkap guna membuat pertimbangan yang tepat mengenai manfaat yang dapat diperoleh dan risiko efek samping yang ada.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Remaja Penderita Kanker Usus Ini Berhasil Kumpulkan Rp 19 M untuk Amal

Remaja Penderita Kanker Usus Ini Berhasil Kumpulkan Rp 19 M untuk Amal

Stephen Sutton dikenal sebagai remaja yang tidak pantang menyerah meskipun kini menderita kanker usus dan sudah tahap kritis. Melalui blognya, Stephen menulis berbagai pengalaman menarik dan berhasil mengumpulkan uang Rp 19 miliar untuk amal.Stephen didiagnosa menderita kanker usus saat usianya 15 tahun. Sejak saat itu ia memutuskan mengumpulkan dana untuk disumbangkan pada Teenage Cancer Trust. Remaja yang kini berusia 19 tahun itu mengumpulkan dana dengan menuliskan berbagai kisahnya di Facebook dan blog stephensstory. Di blognya tersebut tertulis daftar hal yang ingin dilakukan Stephen sebelum dia meninggal. Tulisan tersebut dibuatnya selain untuk mencari dana amal untuk sesama penderita kanker, juga untuk memotivasi orang lain menikmati hidup seperti dirinya.Dari tulisannya tersebut terlihat Stephen cukup aktif. Meski menderita kanker yang hingga kini belum dapat disembuhkan, dia telah melakukan banyak hal menarik seperti bermain drum di depan 90 ribu orang, memeluk gajah dan mentato tubuhnya.Tulisan-tulisan Stephen tersebut menggerakkan banyak orang untuk beramal. Sampai saat ini pria berkacamata itu berhasil mengumpulkan 1 juta poundsterling atau sekitar Rp 19 miliar.Kini [...]

Apa Saja Penyebab Sakit Kepala Bagian Depan?

Apa Saja Penyebab Sakit Kepala Bagian Depan?

Sakit kepala dapat terasa di berbagai lokasi kepala. Salah satu yang kerap dikeluhkan adalah sakit kepala bagian depan. Untuk mengatasi dengan tuntas, sebaiknya Anda mencari tahu penyebab sakit kepala bagian depan yang Anda alami. Ada beberapa kemungkinan penyebab sakit kepala bagian depan, antara lain: Sinusitis Salah satu penyebab yang paling umum dari sakit kepala bagian depan adalah sinusitis. Gejala lain yang mungkin dirasakan, seperti sakit di sekitar wajah atau gigi. Tidak jarang wajah terasa sakit saat ditekan, terutama di bagian bawah mata atau di samping hidung. Sinusitis akut umumnya dipicu oleh pilek atau alergi, sementara sinusitis kronis biasanya berasal dari sinusitis akut yang tidak ditangani dengan tepat, alergi, ataupun penggunaan obat dekongestan yang berlebihan. Sakit kepala tegang (tension headache) Sakit kepala tegang sering dikeluhkan di kepala bagian depan atau bisa juga pada bagian samping kepala. Saat otot pada kepala dan leher mengencang, kemudian pembuluh darah kepala melebar, saat itulah dirasakan sakit kepala tegang. Sakit kepala tegang digambarkan sebagaimana sakit saat ditekan atau diremas dengan sangat kencang. Ada kemungkinan rasa sakit berpindah [...]

95% Orang Tidak Cuci Tangan dengan Benar Setelah dari Toilet

95% Orang Tidak Cuci Tangan dengan Benar Setelah dari Toilet

Mencuci tangan setelah dari toilet sangat penting dilakukan untuk mencegah penyebaran bakteri atau kuman penyebab penyakit. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan kebiasaan sehat ini.Menurut hasil studi terbaru, hanya 5 persen orang yang mencuci tangan dengan benar dan cukup lama untuk membunuh kuman penyebab infeksi, setelah menggunakan toilet atau kamar mandi. Artinya, ada 95 orang yang tidak mencuci tangannya dengan tepat. Sementara 33 persen cuci tangan, tapi tidak menggunakan sabun dan 10 persen responden bahkan tidak membersihkannya sama sekali.Studi yang dilakukan dengan mengobservasi perilaku 3.749 orang di toilet umum ini juga menemukan, wanita lebih peduli terhadap kebersihan tangan mereka ketimbang pria. Ada 15 persen pria yang tidak mencuci tangannya setelah dari kamar mandi. Sedangkan wanita hanya 7 persen.Carl Borchgrevink, associate professor of hospitality business dari Michigan State University yang memimpin penelitian mengatakan kalau penemuan ini cukup mengejutkan. Sebab dalam penelitian sebelumnya menunjukkan kalau kesadaran orang untuk menjaga kebersihan tangannya meningkat.Para peneliti yang mengadakan observasi di toilet yang terdapat di bar, restoran at [...]

6 Penyebab Utama Haid Tidak Teratur

6 Penyebab Utama Haid Tidak Teratur

Terlambat datang bulan atau haid tidak teratur kerap dialami wanita. Selain karena kehamilan, penyebab telatnya menstruasi juga bisa bermacam-macam. Ada yang hanya merupakan gangguan hormon ringan ada pula yang patut diwaspadai karena merupakan pertanda adanya penyakit serius.1. Penurunan Berat Badan yang DrastisBerat badan yang turun drastis dalam waktu singkat bisa berakibat pada telatnya menstruasi. Kondisi gangguan pola makan serius seperti anoreksia dan bulimia adalah penyebab utama orang mengalami penurunan berat badan drastis dan terlambat datang bulan.2. StresDokter spesialis kandungan Alyssa Dweck, M.D., seperti dikutip dari Women's Health menjelaskan bahwa hypothalamus, salah saut bagian dari otak sangat terpengaruh oleh stres. Hypothalamus adalah tempat bernaungnya banyak hormon yang mengatur periode haid. Jadi ketika stres mengganggu kinerja hypothalamus maka produksi hormon pun jadi tak seimbang.3. Gangguan Pada Kelenjar TiroidKelenjar tiroid yang terdapat pada leher berfungsi mengatur metabolisme tubuh Anda. Kelenjar ini juga berinteraksi dengan banyak sistem tubuh yang lain agar berjalan dengan semestinya. Tapi ketika terjadi ketidakseimbangan pada tiroid, baik it [...]

Kalap Santap Makanan Saat Buka Puasa, Waspadai Akibat yang Ditimbulkan Ini

Kalap Santap Makanan Saat Buka Puasa, Waspadai Akibat yang Ditimbulkan Ini

Selain sebagai kewajiban beribadah bagi umat Islam, puasa sebulan penuh sebenarnya merupakan salah satu cara detoksifikasi. Tubuh 'diistirahatkan' dari makan berlebihan yang tinggi kalori serta lemak, sehingga sistem pencernaan menjadi lebih baik. Selain untuk kesehatan, puasa juga bisa membantu turunkan berat badan berlebih.Namun kenyataan yang terjadi, justru banyak orang yang berat badannya bertambah bahkan berpotensi mengalami berbagai gangguan kesehatan mulai dari yang ringan hingga serius. Penyebabnya, tidak lain karena pola makan ketika berpuasa cenderung tidak sehat.Umumnya orang Indonesia lebih memilih berbuka dengan gorengan ketimbang buah segar, kolak ketimbang kurma, es campur daripada air putih bahkan sebagian membatalkan puasanya dengan sepiring nasi lengkap dengan lauknya. Belum lagi berbagai jenis es, makanan manis atau makanan dengan kandungan garam dan gula tinggi. Menjelang Hari Raya, pola makan bisa semakin tidak terkontrol. Ketupat, opor ayam, sambal goreng hati, gulai, rendang, semua makanan berlemak dan berkolesterol tinggi yang tersaji di meja. Jarang kita menemukan lalapan, sayur bening atau sajian sayuran lain saat Lebaran. Jangan lewatkan juga kue-kue [...]

Indonesia Siaga H7N9

Indonesia Siaga H7N9

Indonesia Siaga H7N9 Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Pemerintah Indonesia sudah siap siaga mencegah peredaran virus flu burung H7N9. Saat ditemui usai membuka Hari Kesehatan Dunia, Minggu, 7 April 2013, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengatakan bahwa koordinasi antara Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian dan pemerintah daerah sudah dilakukan. Menurut beliau, infeksi virus ini lebih mematikan dibandingkan dengan virus yang sudah beredar sebelumnya. Dinas kesehatan daerah telah diinstruksikan untuk waspada bila ada unggas yang mati. Kehebohan ini bermula dari Cina di mana virus ini sudah menginfeksi 18 orang (yang dikonfirmasi dengan pemeriksaan laboratorium), 6 diantaranya meninggal dunia, 10 sakit berat, dan 2 kasus ringan. Delapan dari kasus-kasus tersebut ditemukan di Propinsi Shanghai, enam dari Proponsi Jiangsu, tiga dari Propinsi Zhejiang, dan satu dari Propinsi Ahui. Lebih dari 530 orang yang berkontak dekat dengan pasien-pasien ini dimonitor ketat. Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa hingga tanggal 6 April 2013, terdapat 18 kasus infeksi influenza A H7N9 di Cina yang telah dikonfirmasi dengan pemeriksaan laboratorium, termasuk 6 [...]

Riset: Mencoba Baju Renang Bisa Picu Stres & Bad Mood

Riset: Mencoba Baju Renang Bisa Picu Stres & Bad Mood

Apakah Anda pernah merasa ketika sedang mencoba baju renang dan seketika merasa bad mood? Jika ya, Anda tidak sendirian. Menurut riset, berbelanja baju renang bisa merusak suasana hati wanita.Membayangkan dan melihat diri sendiri mengenakan baju renang dapat meningkatkan 'self-objectification'. Istilah yang digunakan oleh psikolog untuk menjelaskan perilaku seseorang yang lebih memikirkan pendapat orang lain dan mengabaikan pendapat diri sendiri."Self-objectification memiliki berbagai konsekuensi negatif --selalu khawatir dengan bagaimana Anda melihat, merasa mau terhadap tubuh sendiri dan terkait pada gangguan makanan serta depresi," ujar salah satu peneliti Marika Tiggemann, seorang psikolog di Flinders University, Australia.Dalam penelitiannya, Marika Tiggemann menguji 120 wanita yang belum lulus kuliah dengan cara membaca skenario dan berimajinasi di dalamnya. Setelah itu, para peserta penelitian diminta untuk mengisi kuesioner yang dirancang untuk mengukur suasana hati serta perasaan mengenai tubuh mereka.Pada skenario pertama, para wanita diminta untuk membayangkan diri mereka ketika mencoba baju renang di dalam ruang ganti. Dalam skenario kedua, para wanita diminta membay [...]

Cuci Darah untuk Mengatasi Gagal Ginjal

Cuci Darah untuk Mengatasi Gagal Ginjal

Sejatinya tubuh kita secara alami didesain untuk mampu melakukan cuci darah secara otomatis. Namun jika diperlukan, proses cuci darah dengan bantuan alat medis bisa dilakukan. Saat ini cuci darah identik dengan proses medis untuk menghilangkan kelebihan kotoran dan air di dalam darah. Dalam proses alami, ginjal adalah organ yang bertanggung jawab dalam melakukan hal ini. Kenapa Membutuhkan Cuci Darah? Penyaringan darah adalah tugas ginjal. Pada penderita penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal, fungsi ginjal ini tidak dapat dilakukan secara optimal. Karena ginjal gagal untuk melakukan pembersihan, terjadilah penumpukan limbah dan cairan pada darah. Kondisi ini berisiko membahayakan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Seseorang yang kehilangan fungsi ginjalnya antara 85-90 persen wajib melakukan cuci darah agar terhindar dari beragam komplikasi yang fatal. Tentu saja dibutuhkan penilaian dari dokter dan serangkaian tes medis untuk menentukan mengenai wajib atau tidaknya seseorang melakukan cuci darah. Level kreatinin dan ureum pada darah adalah dua hal yang akan dijadikan tolok ukur keputusan dokter. Demikian juga pemeriksaan urine. ?Creatinine clearance? pada urine sebagai tola [...]

Pembedahan Invasif Minimal Harapan Baru Bagi Penderita Jantung

Pembedahan Invasif Minimal Harapan Baru Bagi Penderita Jantung

RSUD dr.Soetomo, Surabaya pada Maret 2012 lalu telah mensukseskan operasi jantung invasif minimal secara perdana di Indonesia kepada dua pasiennya. Dimana hal tersebut merupakan titik cerah harapan baru bagi penderita jantung. Karena bagi pasien yang tidak ingin mendapatkan sayatan panjang di tubuhnya, metode pembedahan ini dapat menjadi alternatif pilihan baru yang inovatif. Metode operasi yang juga disebut dengan video-assisted thoracoscopy endoscopic cardiac surgery (operasi bedah jantung endoskopik) itu telah sukses mengoperasi jantung Tafif Rusilawati dan Mohammad Hasan. Proses operasi tersebut pun merupakan hasil kerjasama RSUD dr. Soetomo dengan tim RS Yodak Shanghai, China. Metode operasi jantung yang paling populer saat ini adalah dengan melakukan pola sayatan standar bedah jantung yang harus membuka tulang dada. Termasuk penggunaan mesin jantung-paru yang lazim disebut heart lung machine (HLM) saat operasi jantung terbuka. Berbeda dengan prosedur pembedahan operasi jantung yang saat ini populer, operasi jantung invasif minimal yang dilakukan tidak memerlukan sayatan besar hingga membelah tulang dada. Cukup melakukan dengan membuat tiga lubang di tubuh untuk membuka akses [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *