Ini Pentingnya Vaksin Kanker Serviks

ini-pentingnya-vaksin-kanker-serviks-alodokter.jpg

Kanker serviks salah satu penyakit yang menakutkan. Salah satu cara untuk menekan risiko terkena penyakit tersebut adalah dengan memberikan vaksin kanker serviks.

Kanker serviks sebagian besar disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui hubungan seksual yaitu human papillomavirus (HPV). Vaksin kanker serviks merupakan salah satu upaya untuk mencegah penularan virus tersebut.

Infeksi HPV pada wanita bisa menyebabkan pertumbuhan sel pada serviks yang abnormal. Pada sebagian wanita, gangguan tersebut kemudian dapat berkembang menjadi kanker serviks.

Untuk wanita, pemberian vaksin kanker serviks direkomendasikan sebanyak tiga dosis dalam tiga kali pemakaian. Vaksin pertama diberikan pada masa remaja yaitu 11-12 tahun, kemudian vaksin kedua diberikan satu atau dua bulan setelah vaksin pertama. Lalu, vaksin ketiga diberikan 6 bulan setelah vaksin pertama.

Ketiga dosis vaksin tersebut diyakini sebagai perlindungan jangka panjang dari infeksi HPV. Jika saat remaja dosis vaksin belum lengkap, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk melengkapi dosis vaksin.

Tidak hanya wanita, pria pun dapat memperoleh manfaat dari vaksin HPV. Bagi kaum pria, virus HPV juga dapat menyebabkan kutil kelamin, kanker anus serta kanker tenggorokan, selain dari kanker serviks.

Golongan pria yang direkomendasikan untuk memperoleh vaksin HPV yaitu pria yang berhubungan intim dengan sesama pria ataupun yang memiliki gangguan imunitas dan berusia 26 tahun atau lebih muda.

Jenis Vaksin

Virus HPV memiliki beragam jenis. Sekitar 40 persen dari seluruh jenis HPV dapat menyebabkan infeksi di daerah kelamin. Di samping itu, beberapa jenis tertentu dapat memicu kanker serviks.

Berikut ini beberapa jenis vaksin HPV yang kini dapat dimanfaatkan, yaitu:

  • Jenis pertama yaitu Cervarix. Umumnya digunakan untuk mencegah kanker serviks dan pra Vaksin jenis ini akan mencegah infeksi HPV-16 dan HPV-18 yang secara umum sebagai penyebab kanker.Vaksin HPV ini ditujukan hanya untuk wanita.
  • Jenis kedua yaitu Gardasil. Digunakan untuk mencegah kanker dan pra kanker serviks, vulva, vagina dan anus. Selain mencegah infeksi yang disebabkan HPV-16, HPV-18, juga menangkal infeksi HPV-6 dan HPV-11 sebagai penyebab kutil kelamin. Untuk laki-laki, penggunaan vaksin ini dapat dilakukan pada usia 9-26 tahun.
  • Jenis terakhir yaitu Gardasil 9. Cakupan pencegahan infeksi HPV dari vaksin ini lebih luas dari Gardasil sebelumnya, yaitu termasuk HPV-31, HPV-33, HPV-45, HPV-52, dan HPV-58 yang terkait erat sebagai penyebab kanker serviks. Untuk laki-laki, Gardasil 9 dapat digunakan untuk usia 9-15 tahun.

Efek Samping

Efek samping vaksinasi HPV umumnya terjadi sementara dan tergolong ringan. Beberapa efek yang sering dikeluhkan seperti bengkak, nyeri dan kemerahan di sekitar lokasi suntikan serta sakit kepala.

Selain itu efek samping yang tidak terlalu sering ditemukan yaitu berupa demam, mual dan rasa sakit di sekitar lengan, tangan atau kaki hingga munculnya ruam merah yang gatal. Kemudian, ada pula efek sangat jarang terjadi yaitu terhambatnya saluran pernapasan dan kesulitan bernapas.

Meski terbilang sangat jarang terjadi, vaksin HPV juga kemungkinan dapat memicu reaksi alergi yang parah atau dikenal dengan alergi anafilaksis yang mengancam keselamatan jiwa.

Konsultasikan dengan dokter sebelum Anda memutuskan untuk memperoleh vaksin kanker serviks. Minta informasi lengkap guna membuat pertimbangan yang tepat mengenai manfaat yang dapat diperoleh dan risiko efek samping yang ada.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mengatasi Jerawat Saat Kehamilan

Mengatasi Jerawat Saat Kehamilan

Kehamilan merupakan suatu kondisi yang spesial bagi setiap wanita. Selain kegembiraan karena kehamilan, terkadang ada berbagai kondisi tambahan yang dapat memperberat dan menyulitkan kehamilan seorang wanita. Kehamilan memang mempengaruhi seluruh kondisi tubuh, termasuk kulit. Salah satu yang paling sering dikeluhkan oleh Ibu hamil adalah jerawat. (Baca: Cara Mengobat Jerawat) Dalam keadaan tanpa kehamilan saja, jerawat merupakan masalah yang cukup mengganggu bagi seorang wanita. Apalagi pada saat kehamilan, ketika seluruh bagan tubuh terpengaruhi. Meskipun sebenarnya merupakan hal yang wajar terjadi, namun kondisi kulit berjerawat dapat sangat mempengaruhi kondisi psikis Ibu hamil. Seringkali berbagai usaha dilakukan untuk dapat mengendalikan kemunculan jerawat di kulit. Namun, pada saat kehamilan, berbagai usaha ini perlu lebih diperhatikan karena tidak setiap penanganan jerawat aman untuk janin di dalam kandungan. (Baca: Cara Mengobat Jerawat) Jerawat dalam Kehamilan Jerawat dalam kehamilan seringkali muncul pada 3 bulan pertama usia kehamilan. Hal ini disebabkan karena pengaruh perubahan hormon Ibu hamil sehingga terjadi peningkatan produksi minyak pada ku [...]

Minum Pil Anti Botak, Pria Ini Malah Jadi Transgender

Minum Pil Anti Botak, Pria Ini Malah Jadi Transgender

Seorang transgender bernama Mandi baru-baru ini menceritakan kisahnya kepada acara bincang-bincang bersama Anderson Cooper. Malangnya nasib pria ini, akibat minum pil anti botak, hormon tubuhnya malah menjadi feminin dan membuatnya jadi kewanita-wanitaan.Awalnya, ayah satu anak bernama William McKee ini hanya ingin mencegah kebotakan rambutnya. Berprofesi sebagai insinyur piranti lunak, dirinya kerap stres dan rambutnya membotak lebih cepat, terlebih karena keturunannya banyak yang mengalami hal ini.Pria berusia 38 tahun asal Tampa, Florida itupun mulai mengonsumsi obat generik Propecia bernama finastride yang berfungsi untuk menunda efek kebotakan akibat faktor keturunan. Namun seiring waktu berjalan, perubahan yang lebih besar pada tubuhnya telah terjadi.Setelah beberapa bulan mengonsumsi pil tersebut, ia merasa tubuhnya menjadi lebih feminin. Ia juga mengaku saat memesan pil tersebut via internet, ia hanya tahu kalau obat yang dibuat di India itu layak dikonsumsi oleh asosiasi obat-obatan Amerika."Aku mengalami depresi akut, dan memasuki tahun 2011, pernikahanku berakhir. Aku hidup sendirian," ujar William yang kini ganti nama menjadi Mandi. "Aku merasakan gejala perubahan me [...]

Gigi Sensitif Bisa ‘Mati’ Jika Terlalu Lama Diabaikan

Gigi Sensitif Bisa ‘Mati’ Jika Terlalu Lama Diabaikan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran, bekerjasama dengan Pepsodent dan Synovate, 65 persen masyarakat Indonesia memiliki gigi sensitif. Namun banyak yang kurang mempedulikan masalah tersebut karena dianggap tidak berbahaya.Setengah dari responden yang menderita gigi sensitif mengaku tidak melakukan tindakan apapun untuk menanggulangi masalah ini. Hanya sekitar 19 persen orang yang sudah memeriksakan ke dokter gigi dan 6 persen yang cukup peduli untuk menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.Padahal, jika gigi sensitif dibiarkan terus menerus tanpa ada perawatan, akibatnya bisa fatal. "Gigi bisa mati," ucap Drg. Zaura Rini Anggraini MDS., saat acara peluncuran dua varian terbaru Pepsodent Sensitive Expert di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jl. Garnisun Dalam, Semanggi, Jakarta, Rabu (5/06/2013).Gigi sensitif umumnya disebabkan karena dentin (batas antara gigi dan gusi di bawah email) yang terbuka. Ketika dentin terbuka, rangsangan dari makanan/minuman asam, panas, dingin atau manis akan langsung mengenai pulpa (berbentuk seperti ruangan pada gigi, berisi pembuluh darah dan syaraf-syaraf). "Kalau pulpa terus-terusan dirangsang a [...]

Benarkah Meremas Payudara Dapat Meringankan Risiko Kanker Payudara?

Benarkah Meremas Payudara Dapat Meringankan Risiko Kanker Payudara?

Kanker payudara masih menjadi monster yang menakutkan bagi perempuan. Di antara banyak pengobatan yang hadir untuk mencegahnya, sebuah penelitian di UC Berkeley dan Lawrence Berkeley National Laboratory mengungkapkan bahwa meremas atau memijat payudara dapat mencegah kanker. Mengapa bisa demikian? Gautham Venugopalan, salah satu ilmuwan terlibat dalam penelitian tersebut, mengatakan, ?Tekanan fisik dapat mempengaruhi tubuh. Ketika kita mengangkat beban, otot kita menjadi lebih besar. Gaya gravitasi sangat penting untuk menjaga tulang kita kuat. Di sini kami menunjukkan bahwa tekanan fisik dapat memainkan peran dalam pertumbuhan sel kanker.? Memijat Payudara dan Risiko Kanker Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan juga memasukkan sel kanker payudara ganas pada silikon. Mereka kemudian mencoba menekan dan meremas silikon berisi sel kanker ganas. Setelah beberapa lama, sel kanker yang mendapatkan tekanan fisik mulai tumbuh secara normal dan tidak ganas. Mereka pun menjelaskan bahwa kegiatan meremas dan memijat payudara mungkin tak bisa dikembangkan menjadi bentuk terapi. Meski begitu, penemuan ini memberikan petunjuk baru untuk melacak molekul dan struktur sel [...]

Apakah Suplemen Herbal Aman?

Apakah Suplemen Herbal Aman?

Oleh: dr. Nadia Octavia Banyak beredar di pasaran produk suplemen yang menawarkan pilihan untuk kebutuhan nutrisi tubuh. Diantaranya adalah produk-produk suplemen yang mengklaim sebagai murni berbahan aktif herbal. Amankah suplemen obat herbal bagi tubuh kita? Berikut adalah aturan yang dikeluarkan oleh FDA (Food and Drugs Association) tentang pemilihan suplemen herbal yang aman: Perusahaan yang memproduksi suplemen tersebut harus dapat memberikan bukti pendukung riset ilmiah yang membuktikan bahwa bahan-bahan yang terkandung dalam suplemen tersebut memang bermanfaat bagi kesehatan. Perusahaan harus mengikuti regulasi yang ditetapkan agar suplemen yang diproses memenuhi kualitas standar, tidak mengandung bahan yang terkontaminasi seperti timbal atau pestisida dan bahan yang diproses sesuai standar dan jumlah yang tepat. Berhati-hatilah dalam penggabungan konsumsi suplemen herbal dengan obat-obatan dari resep dokter karena dapat berpotensi membahayakan tubuh dan bahkan dapat mengancam jiwa. Oleh karena itu, selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen obat herbal. Bagaimana mengetahui kandungan yang ada di dalam suplemen herbal? Berikut a [...]

Ini Manfaat Berhenti Mendengkur Bagi Pria

Ini Manfaat Berhenti Mendengkur Bagi Pria

Mendengkur bisa dialami oleh siapapun. Namun bagi pria yang berhasil menghentikan kebiasaan ini, peneliti mengklaim bahwa ia akan memiliki kehidupan seks yang menyenangkan.Banyak penelitian yang mengatakan bahwa mendengkur dapat merusak kehidupan seksual bahkan kehidupan pernikahan. Menurut penelitian terbaru pun, gara-gara masalah itu, 1 dari 9 pasangan sampai harus pisah ranjang. Baca berita selengkapnya di sini. Namun kebiasan mendengkur tidak hanya merugikan pasangan saja. Orang yang mendengkur biasanya akan mengeluarkan suara serak, mendesis dan mendengus saat bernapas selama tidur. Gangguan tidur ini dilaporkan banyak merusak kehidupan seksual pria serta kesulitan melakukan foreplay.Peneliti mengungkapkan bahwa pria yang berhenti mendengkur punya manfaat bagus, yakni bisa membantu kehidupan seksualnya karena meningkatkan kekuatan ereksi."Semua jaringan di tubuh butuh oksigen agar bisa menjadi sehat dan jaringan penis termasuk salah satu yang sangat sensitif. Ketika seseorang mendengkur maka kondisi ini akan merampas oksigen yang dibutuhkan oleh penis," ujar Dr J. Stephen Jones, MD, FACS seorang urologis dari Cleveland Clinic, seperti dikutip dari Menshealth.Kurangnya asupa [...]

6 Gangguan Kesehatan yang Bisa Disembuhkan dengan Cara Alami

6 Gangguan Kesehatan yang Bisa Disembuhkan dengan Cara Alami

Saat mengalami gangguan kesehatan ringan seperti radang tenggorokan atau diare, Anda tak harus langsung lari ke dokter atau minum obat. Ada berbagai cara alami yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama. Ini tipsnya, seperti dikutip dari She Knows.1. JerawatJika jerawat Anda tergolong ringan, atau hanya muncul ketika menjelang haid maka tidak perlu ke dokter kulit atau membeli produk perawatan kecantikan mahal untuk menghilangkannnya. Cukup dengan tea tree oil. Minyak ini mengandung antibakteri dan antiseptik alami yang sama efektifnya dengan benzoyl peroxide --bahan yang sering digunakan untuk pengobatan jerawat. Hanya saja risiko iritasi dari tea tree oil lebih kecil. Carilah produk yang mengandung lima hingga 10 persen tea tree oil di dalamnya. Bisa di toko herbal, organik atau toko kosmetik.2. Napas Tak SedapNapas berbau tak sedap tidak hanya membuat tak percaya diri, tapi juga stres. Menggosok gigi dan flossing secara rutin memang bisa mencegah napas tak sedap. Tapi ada juga cara alami, yaitu mengonsumsi probiotik. Probiotik atau bakteri baik bisa mengurangi pembentukan bakteri jahat yang menyebabkan napas tak sedap. Probiotik Streptococcus salivarius K12 bisa ditemuka [...]

Bulan Imunisasi Nasional 2011

Bulan Imunisasi Nasional 2011

Sebagai upaya meningkatkan perlindungan terhadap bayi dan anak dari penyakit polio serta campak, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melaksanakan Bulan Imunisasi Nasional sejak tanggal 18 Oktober ? 18 November 2011. Selama sebulan ini pemerintah melakukan gerakan imunisasi serentak di 17 provinsi di Indonesia dengan dua jenis vaksin yakni vaksin polio yang diberikan secara oral atau diminumkan, dan vaksin campak yang diinjeksikan atau disuntikkan. Meskipun kasus polio tidak pernah muncul kembali setelah 5 tahun ini, namun penggalakan imunisasi nasional tetap menjadi prioritas pemerintah dalam mencegah penyakit yang mudah tertularkan dan dapat menyebabkan kelumpuhan hingga kematian ini. Diharapkan minimal 95% dari target mendapatkan imunisasi secara maksimal yaitu semua anak usia 0-59 bulan sebanyak 15,2 juta anak mendapatkan imunisasi polio dan 9-59 bulan sebanyak 13,1 juta anak mendapatkan imunisasi campak. Tidak dapat dipungkiri bahwa penggalakan imunisasi ini juga sebagai upaya pencegahan munculnya KLB (Kejadian Luar Biasa) seperti KLB Difteri di Jawa Timur yang memerlukan imunisasi massal DPT kembali dan bisa memakan biaya imunisasi ulang berlipat hingga Rp.14 milyar seper [...]

Awas! Merokok Bisa Membuat Puting Lepas

Awas! Merokok Bisa Membuat Puting Lepas

Dr. Anthony Youn, seorang dokter bedah plastik terkenal di Amerika, menyatakan bahwa merokok bisa membuat puting Anda lepas. Praktisi yang berasal dari Detroit, Michigan tersebut, menjelaskan bahwa penelitian itu terjadi pada pasien yang tengah menjalani operasi implan payudara.Menurut Youn, nikotin dan karbon monoksida yang masuk ke dalam tubuh saat sedang merokok dapat mengganggu aliran darah sehingga mengganggu proses penyembuhan setelah operasi. Racun tersebut bertindak sebagai 'virtual tourniquet', yang efektif membunuh bagian tubuh dengan cara menghentikan aliran darah."Saya ngeri setiap kali melihat pasien implan payudara yang merupakan seorang perokok. Saya takut, dia merokok sebelum atau setelah operasi, padahal sudah saya peringatkan. Karena hal tersebut menyebabkan putingnya menghitam dan lepas. Aku pernah melihat itu sebelumnya," ujar Youn, seperti yang dikutip dari CNN Health. Youn juga mengatakan bahwa dirinya pernah mengobati seorang perokok wanita yang putingnya telah berubah warna menjadi ungu. Merokok menyebabkan pembuluh vena di payudara tidak menjalankan fungsinya dengan baik. Jika tidak diobati, puting tersebut bisa berubah hitam dan akhirnya lepas.Oleh kare [...]

Awas! Obat Jerawat Bisa Picu Risiko Infeksi Mata

Awas! Obat Jerawat Bisa Picu Risiko Infeksi Mata

Kehadiran jerawat memang sangat mengganggu penampilan. Oleh karena itu banyak orang yang menggunakan obat-obatan kimia untuk mengatasinya. Namun tahukah Anda bahwa obat jerawat bisa memicu risiko terkena infeksi mata?Menurut sebuah penelitian terbaru, remaja yang biasa menggunakan obat jerawat isotretinoin berdosis tinggi atau dikenal dengan merek Accutane telah mengalami dua kali infeksi mata. Dua penyakit mata itu termasuk, konjungtivitis (mata merah) dan stye (infeksi kelenjar di tepi atau di bawah kelopak mata).Studi tersebut diprakarsai oleh peneliti dari Israel dengan mengumpulkan data dari hampir 15.000 remaja dan orang dewasa yang menggunakan isotretinoin untuk mengobati jerawat. Dalam studi tersebut, peneliti membandingkan kebiasaan mereka dengan koresponden yang tidak menggunakan obat jerawat dan tak memiliki jerawat.Dalam waktu satu tahun sejak awal pengobatan, hampir 14 persen pada mereka yang menggunakan obat jerawat mengalami gejala infeksi mata dan mata kering. Hasil itu dibandingkan dengan hampir 10 persen orang yang berjerawat tapi tidak menggunakan obat dan sekitar 7 persen yang tidak memiliki jerawat sama sekali.Dibandingkan dengan mereka yang bebas jerawat, o [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *