Ini Penyebab Jerawat di Dagu dan Rahang Tak Juga Hilang

jerawatcvr.jpg

Jerawat di dagu dan rahang tidak juga hilang meskipun sudah diobati dan rajin membersihkan wajah? Bisa jadi penyebabnya tidak hanya karena faktor luar, tapi juga dari dalam tubuh.

Penyebab jerawat di dagu dan rahang umumnya dikarenakan stres dan pola makan yang tidak sehat. Ketika stres, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak hormon androgen yang bisa mengganggu produksi kelenjar minyak di daerah dagu dan sekitarnya. Kelebihan minyak akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori dan kotoran pun lebih mudah menempel di permukaan kulit sehingga menimbulkan jerawat.

Orang yang mengalami stres juga umumnya selalu merasa berada dalam tekanan. Produksi hormon androgen pun terus berlangsung dan akhirnya memperparah timbulnya jerawat.

Amy Wechsler, M.D., dokter spesialis kulit sekaligus psikolog menyarankan untuk menenangkan diri ketika Anda stres. Untuk mengurangi stres, ada teknik pernapasan yang perlu dilakukan dan caranya pun cukup mudah.

“Tariklah napas dalam-dalam melalui hidung dan keluarkan lewat mulut. Fokus dengan cara Anda bernapas bisa menurunkan kecemasan dan detak jantung,” ujar Amy, seperti dikutip dari Women’s Health.

Selain stres, pola makan yang tidak sehat juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat di sekitar dagu dan rahang yang tak kunjung hilang. Coba perhatikan makanan apa saja yang Anda konsumsi setiap harinya. Jika banyak memakan gula dan karbohidrat putih, maka besar kemungkinan itulah faktor penyebab wajah Anda berjerawat.

Makanan bergula dan berkarbohidrat tinggi dengan cepat masuk ke dalam aliran darah dan meningkatkan gula darah yang membuat produksi lemak meningkat. Terlalu banyak lemak dalam aliran darah membuat nutrisi dan oksigen yang mengalir ke sel berjalan lambat. Efeknya, sel tidak dapat oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan. Keadaan ini yang memperparah kondisi jerawat.

Kurangi makanan berkarbohidrat dan bergula tinggi seperti permen, cake, cokelat, nasi putih, mie ayam, roti putih, dan sebagainya. Ganti dengan memperbanyak asupan sayuran serta buah-buahan.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ini Dia Penyebab Cegukan dan Cara Mengatasinya

Ini Dia Penyebab Cegukan dan Cara Mengatasinya

Walau merupakan kondisi umum yang terjadi pada hampir semua orang, cegukan kerap kali mengganggu aktivitas seseorang. Sebenarnya apa yang menjadi penyebab cegukan dan bagaimana cara mengatasinya?Cegukan secara medis dikenal sebagai singultus yakni kondisi diafragma yang mengejang di luar kemauan. Cegukan cenderung terjadi ketika tingkat karbondioksida dalam darah merosot terlalu rendah.Selain itu, makanan pedas dan alkohol juga terkadang menjadi pemicu cegukan. Makanan pedas seperti cabai, lada atau makanan kari bisa menimbulkan cegukan yang berlangsung hingga lebih dari 1 menit. Sedangkan alkohol yang diminum terlalu banyak bisa menyebabkan iritasi pada saraf yang berfungsi mengendalikan diafragma. Saraf ini cenderung mendorong terjadinya kejang di dalam otot yang memicu cegukan.Cegukan juga menjadi cara tubuh memberitahukan bahwa Anda makan atau minum terlalu banyak. Para ilmuwan juga menilai cegukan adalah refleks yang mencegah Anda tersedak makanan atau minuman. Cegukan juga disebabkan oleh iritasi saraf frenikus yang merupakan saraf motor ke diafragma yang membantu mengendalikan proses bernafas.Stres atau emosi yang tinggi juga terkadang memicu cegukan. Bisa juga pertanda d [...]

17 April – WORLD HEMOPHILIA DAY: Anak Mudah Lebam, Hati-Hati Hemofilia

17 April – WORLD HEMOPHILIA DAY: Anak Mudah Lebam, Hati-Hati Hemofilia

Apakah Anda pernah mendengar penyakit ?Hemofilia?? Hemofilia merupakan sebuah penyakit pembekuan darah yang dapat diturunkan. Terdapat beberapa gangguan perdarahan, salah satunya hemofilia. Mari kita kenali apa itu hemofilia, gejala hemofilia dan penanganan awal jika terjadi perdarahan pada kelainan ini. (Baca: Serba-serbi Hemofilia) Apa itu Hemofilia? Hemofilia adalah gangguan pembekuan darah, dimana proses pembekuan darah berjalan ?lebih lambat? dari seharusnya. Tubuh kita memerlukan faktor pembekuan untuk menjaga kestabilan darah. Jika tubuh manusia kekurangan faktor pembekuan darah, seperti dalam kasus hemofilia, maka akan terjadi peningkatan kejadian perdarahan pada tubuh. Terdapat dua tipe hemofilia yaitu hemofilia A (kekurangan faktor pembekuan delapan) dan hemofilia B (kekurangan faktor pembekuan sembilan). Secara epidemiologis, angka kejadian hemofilia A jauh lebih tinggi dibanding hemofilia B. Apa Saja Gejala Hemofilia? Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, hemofilia adalah gangguan pembekuan darah. Karena itu, keluhan yang umumnya timbul adalah keluhan terkait perdarahan. Tanda khas untuk hemofilia adalah hemartrosis. (Baca: Waspadai Gumpalan Darah) Apa itu Hemart [...]

Punya Misi, Wanita Ini Ikut Maraton Tanpa Pakai Pembalut Walau Sedang Haid

Punya Misi, Wanita Ini Ikut Maraton Tanpa Pakai Pembalut Walau Sedang Haid

Kiran Gandhi, musisi wanita yang dikenal sebagai drummer untuk penyanyi M.I.A., mengikuti lomba Maraton di London tanpa memakai pembalut ataupun tampon, meskipun saat itu dia sedang datang bulan. Hal itu dilakukannya untuk suatu misi. Apa misi Kiran?"Aku lari sepanjang maraton dengan membiarkan darah haidku mengalir ke kakiku," demikian ungkap Kiran dalam website miliknya seperti dikutip People.Wanita 26 tahun itu memutuskan untuk mengikuti maraton tanpa mengenakan pembalut setelah malam sebelum lomba dia mendapatkan haid. Dia pun merasa menggunakan tampon akan membuatnya semakin tidak nyaman untuk berlari. Namun alasannya bukan karena hal itu saja.Kiran pun menjelaskan tujuan dari aksinya yang bagi sebagian orang mungkin menjijikkan itu. Dia melakukan hal tersebut untuk menyadarkan para wanita lainnya bahwa masih banyak sesama wanita di belahan bumi yang tidak memiliki akses atau biaya untuk membeli produk kewanitaan seperti pembalut. Sehingga menurut wanita lulusan Harvard Business School itu, wanita tidak perlu merasa malu dengan masa datang bulan yang didapatnya."Ada yang wanita sengaja merahasiakan masa haidnya, meskipun mereka merasakan kesakitan. Aku berlari untuk menyuar [...]

Inilah Arti Warna Tinja Terhadap Kesehatan Anda

Inilah Arti Warna Tinja Terhadap Kesehatan Anda

Jangan mengangap remeh perubahan warna pada buang air besar (tinja) karena bisa jadi merupakan pertanda adanya suatu penyakit, meskipun dapat juga dipengaruhi oleh jenis makanan yang kita makan. Kualitas, kuantitas, dan warna tinja dapat menjadi indikator (tanda status) kesehatan sistem pencernaan. Apa warna tinja yang normal? Normalnya, tinja berwarna kuning kecoklatan karena dipengaruhi oleh bilirubin. Bilirubin terbentuk dari hasil pemecahan hemoglobin (sel darah merah) di hati kemudian dikeluarkan melalui empedu dan dibuang melalu tinja. Klik tombol 'next' untuk menyimak lebih lanjut. Apa Artinya Jika Warna Tinja Hitam? Warna hitam pada tinja menunjukkan adanya perdarahan pada saluran cerna bagian atas, dalam dunia kedokteran dikenal sebagai ?melena?. Warna berubah menjadi hitam karena terjadi perubahan kimiawi di dalam saluran cerna oleh enzim pencernaan. Konsumsi suplemen zat besi, makanan yang kaya zat besi, atau obat yang mengandung bismuth juga dapat membuat tinja berwarna hitam. Apa Artinya Jika Warna Tinja Merah? Menunjukkan adanya darah segar pada tinja, disebut sebagai hematoskezia. Dapat disebabkan oleh perdarahan saluran c [...]

Apa Saja yang Memicu Rematik Asam Urat?

Apa Saja yang Memicu Rematik Asam Urat?

Menghindari faktor pemicu rematik asam urat memang bukan bertujuan mengobati penyakit tersebut, tapi dapat membantu mengontrol serangan. Secara umum, ada beberapa faktor yang dapat menjadi pemicu serangan rematik asam urat. Jika berat badan berlebih, mengurangi berat badan adalah langkah utama dalam menangani asam urat. Selain itu, jika Anda memang telah terdeteksi atau berpotensi mengidap rematik asam urat, ada baiknya untuk membatasi diri dari konsumsi hal-hal berikut ini. Minuman keras seperti bir atau apa pun minuman yang mengandung alkohol kecuali wine dapat memicu tingginya kadar asam urat dan rematik atau gout. Selain itu, minuman jenis ini dapat memicu dehidrasi. Dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, kemampuan ginjal untuk membuang kelebihan asam urat menjadi berkurang. Maka jika Anda kekurangan air minum, Anda berisiko mendapat serangan rematik asam urat. Makanan yang mengandung kadar purin tinggi dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Purin adalah bahan yang terkandung secara alami dalam beberapa makanan dan diproses dalam tubuh menjadi asam urat. Purin umumnya ditemukan dalam makanan berprotein tinggi, seperti daging merah (daging sapi dan kambing), h [...]

Mitos dan Fakta Soal Denyut Jantung

Mitos dan Fakta Soal Denyut Jantung

Denyut jantung merupakan jumlah jantung Anda berdetak per menit. Level aktivitas, kesehatan, ukuran tubuh, emosi dan obat-obatan dapat mempengaruhi denyut jantung Anda. Dalam keadaan normal, denyut jantung yang ?sehat? adalah antara 60-100 kali per menit. Denyut jantung sendiri merupakan salah satu indikator paling penting dari kesehatan jantung Anda. Namun sangat sedikit orang yang mengehahui tentang denyut jantung mereka. Mitos 1: Denyut jantung 50-90x/menit saat beristirahat perlu dikhawatirkan Fakta: Denyut jantung 50-90x/menit saat beristirahat bukan selalu berarti bahwa ada yang salah dalam kondisi jantung Anda atau Anda memiliki jantung yang "lemah". Orang yang berolahraga rutin dan dalam intensitas yang tinggi dapat memiliki denyut jantung <60x/menit. Berikut mitos tentang denyut jantung lainnya yang perlu Anda ketahui: Berikut mitos tentang denyut jantung lainnya yang perlu Anda ketahui: Mitos 2: Denyut jantung yang normal berarti tekanan darah Anda juga normal Fakta: Denyut jantung yang normal tidak selalu berarti tekanan darah Anda normal. Orang yang memiliki denyut nadi normal dapat memiliki tekanan darah yang tinggi. Juga sebaliknya, seseorang [...]

Plastik Ternyata Bisa Berbahaya Pada Kesehatan

Plastik Ternyata Bisa Berbahaya Pada Kesehatan

Plastik? Hampir setiap hari dalam kehidupan kita, kita memakai plastik, bahkan seringkali hidup kita dimudahkan olehnya, bagaimana tidak, kita minum dalam kemasan botol pastik, belanja menggunakan kantong plastik, dimana-mana plastik. (Baca: Arti Kode Angka di Plastik Anda) Artikel ini ditulis supaya plastik yang memudahkan hidup Anda ini, tidak menjadi bumerang dan malah merusak tubuh Anda perlahan tapi pasti, bagaimana mungkin hal itu bisa? Karena ketahuilah, ternyata plastik memiliki potensi risiko bahaya kesehatan. Terdengar berlebihan? Jika masih ragu, maka lanjutkanlah membaca artikel ini seterusnya. Berikut ini adalah penjelasan bahaya plastik pada kesehatan: Bahaya Plastik Pada Kesehatan Plastik yang terpapar dengan panas, akan menghasilkan suatu senyawa yang dikenal dengan nama dioxin (nama lainnya polychlorinated dibenzodioxins) yang sifatnya sangat beracun, dan bahkan bersifat karsinogenik. Bersifat karsinogenik artinya senyawa ini dapat merusak sistem biologis kita, sehingga timbul kerusakan gen yang dapat berakhir menjadi tumor ataupun kanker ganas, mengerikan bukan? (Baca: 8 Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker) Tidak hanya sampai disitu, plas [...]

6 Cara Bikin Rumah Sehat

6 Cara Bikin Rumah Sehat

Anda atau anak Anda sering mengalami alergi atau bersin-bersin? Hati-hati, bisa jadi hal tersebut diakibatkan oleh karena atmosfer udara di dalam rumah Anda kurang bersih dan sehat. Ketahui tips berikut ini: 1. Ganti pakaian Anda dan mandi setiap kali Anda dari bepergian Meskipun Anda tidak merasa kotor, serbuk bunga, bakteri maupun debu dapat menempel pada rambut dan pakaian Anda dan dapat mengiritasi hidung dan mata Anda. Gantilah pakaian Anda dengan pakaian yang bersih dan cucilah selalu tangan dan kaki Anda setiap kali masuk rumah. 2. Jangan menyiram tanaman berlebihan Hal ini berlaku terutama pada tanaman yang ada di dalam rumah. Penyiraman yang berlebihan dapat berkontribusi pada pertumbuhan lumut dan tumpahan air pada lantai juga akan menyebabkan pertumbuhan jamur dan lumut. Letakkan batu-batuan di atas tanah dalam pot untuk mencegah lumut mencemari udara. 3. Cucilah sprei dengan air panas setiap minggu Cara terbaik untuk membunuh debu dan parasit, salah satunya adalah dengan mencuci dan merendam sprei serta sarung bantal Anda dengan air panas. 4. Gunakan keset dari serat sintetis Keset yang terbuat dari serat natural seperti rotan atau bambu dapat menjadi "makanan" dari jam [...]

Benarkah Apel Membuat Anda Sehat?

Benarkah Apel Membuat Anda Sehat?

Tentu Anda pernah dengar perkataan ?An Apple A Day Keeps The Doctors Away?? yang memliki arti bahwa bila Anda mengkonsumsi 1 buah apel setiap harinya maka Anda tidak akan sakit. Kenapa ada perkataan seperti ini? Ternyata buah apel memiliki banyak sekali keuntungan untuk tubuh, apa sajakah keuntungannya? Apel Menurunkan Kadar Kolestrol 1 buah apel mengandung 4 gram serat. Serat itu banyak dalam bentuk pectin. Serat ini telah terbukti dapat menurunkan kadar kolestrol LDL atau kolestrol jahat. (Baca: Buah Alpukat Ternyata Berkolesterol!) Berikut manfaat kesehatan apel lainnya yang perlu Anda ketahui: Beberapa Manfaat Apel untuk Kesehatan Tubuh Lainnya: Apel Membuat Kenyang Apel mengandung serat yang banyak sehingga dapat membuat Anda kenyang tanpa adanya masukan kalori yang banyak, di dalam apel hanya teradapat 95 kalori. Kekenyangan ini terjadi karena dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna serat yang kompleks dibandingkan dengan serat yang tidak kompleks seperti gula. (Baca: 10 Makanan Kaya Serat) Apel Dapat Membuat Kurus Satu kandungan apel yang dinamakan ursolic acid mengandung banyak sekali serat, yang dikaitkan dengan menurunkan risiko obes [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *