Ini Reaksi yang Terjadi pada Tubuh Anda Ketika Patah Hati

love17.jpg

Patah hati karena putus cinta atau cinta ditolak bukan sekadar kiasan. Nyatanya, seseorang bisa merasakan sakit secara fisik karena masalah cinta.

Putus cinta memang berat untuk dihadapi, terutama jika Anda di pihak yang diputuskan. Patah hati umumnya ditandai dengan rasa sakit pada jantung. Seolah-olah seperti ada beban berat yang menekan dada hingga ke jantung.

Ternyata sensasi yang Anda rasakan akibat patah hati ini ada alasannya dan tidak selalu berhubungan dengan kondisi mental. Tapi ada hormon dalam tubuh yang berperan menimbulkan rasa sakit tersebut.

Naomi Eisenberger, PhD dari University of California mengatakan, ketika putus hubungan dengan seseorang, otak sulit mengatasinya sendirian. Akibatnya, otak akan mengirimkan sinyal-sinyal ke tubuh untuk memberitahu bahwa yang Anda alami saat itu adalah rasa sakit.

Seperti dikutip dari Female First, otak Anda memiliki banyak hormon seperti oksitosin dan dopamin, yang merupakan hormon pembangkit rasa bahagia. Ketika seseorang merasa sedih atau marah, otak akan terganggu dan dua hormon tersebut akan pergi. Meninggalkan hormon stres di otak.

Dan ketika stres, otak akan mengirimkan kortisol dan epinephrine, hormon yang menimbulkan reaksi perlawanan dan melarikan diri. Reaksi ini bekerja maksimal jika Anda berada di situasi yang mengancam. Misalnya terjebak di kerusuhan atau bertemu rampok, hormon kortisol akan memicu otot untuk bergerak demi menghindarinya. Tapi saat sakit hati, Anda harus melarikan diri dari siapa? Tidak ada wujud nyatanya.

Oleh karena itu, hormon kortisol akhirnya ‘lari’ ke dada, membuat dada membengkak dan akhirnya timbul rasa sakit dan menekan. Hormon ini juga membuat aliran darah ke perut tidak lancar. Itulah sebabnya orang yang patah hati cenderung tidak enak makan. Tidak hanya itu, patah hati juga menyebabkan tubuh lebih ‘rapuh’ sehingga Anda lebih mudah terkena flu, pilek atau demam.

Efek patah hati bagi kesehatan fisik maupun mental amat merugikan. Tapi bisa diatasi, atau minimal dikurangi agar tidak sampai menurunkan kualitas hidup. Beberapa caranya adalah meditasi dengan menghirup napas dalam-dalam; mengeluarkannya secara perlahan. Dengarkan musik-musik bertempo cepat dan berkumpul dengan banyak teman yang suka berkelakar agar Anda lebih banyak tertawa. Cara ini bisa membantu tubuh melepaskan endorphin, salah satu hormon bahagia.

“Satu hal yang tak boleh Anda lakukan adalah mengunci diri di dalam kamar. Mengasingkan diri sendiri hanya akan membuat semuanya bertambah buruk. Cara apapun yang bisa membuat pikiran lebih ceria akan membantu menyembuhkan tubuh,” ujar Gary Lewandowski, Ph.D, profesor psikologi di Monmouth University, New Jersey.

(hst/kik)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Wanita yang Implan Payudara Rentan Bunuh Diri

Wanita yang Implan Payudara Rentan Bunuh Diri

Sepertinya terdapat korelasi antara implan payudara dan keinginan bunuh diri pada seseorang. Menurut penelitian, wanita yang memasang implan payudara, hampir tiga kali lebih mungkin melakukan bunuh diri daripada mereka yang tidak mengenakan payudara palsu.Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Annals of Plastic Surgery memperkuat penelitian lain yang menunjukkan bahwa wanita yang melakukan pembesaran payudara memiliki risiko bunuh diri. Penelitian tersebut dibuktikan oleh para peneliti dari Amerika Serikat.Loren Lipworth dari the Vanderbilt University Medical Center di Tennessee, Amerika bersama rekannya meneliti 3.327 wanita Swedia yang memasang implan payudara antara tahun 1965 dan 1993. Mereka pun meneliti surat kematian dari wanita yang telah melakukan operasi payudara.Hasilnya, hanya 24 wanita yang ingin melakukan bunuh diri setelah 19 tahun memakai implan. Namun sebenarnya, risiko itu tiga kali lebih besar jika dilihat dari jumlah populasi penelitian. Para peneliti menulis, peningkatan risiko bunuh diri tidak terlalu jelas sampai 10 tahun setelah implan.Menurut Lipworth, beberapa wanita yang memasang implan payudara kemungkinan memiliki masalah kejiwaan pada awalnya. [...]

Belum Tua Kok Sudah Beruban?

Belum Tua Kok Sudah Beruban?

Uban atau rambut putih pada kulit berwarna atau rambut abu-abu pada kulit putih memang menimbulkan masalah estetika di segala usia. Uban pada usia lanjut dianggap memang sudah seharusnya terjadi. Namun, terkadang pada usia dewasa muda uban juga ditemukan. Uban atau poliosis atau kanitis adalah perubahan warna rambut menjadi putih. Hal ini disebabkan berkurang atau menghilangnya pigmen melamin di dalam korteks rambut. Secara umum terdapat dia bentuk kanitis, yaitu : 1. Kanitis Bawaan yaitu kanitis yang timbul sejak lahir, biasanya hanya mengenai seikat rambut saja namun juga dapat seluruh rambut. Sering menyertai penderita albino dan vitiligo. 2. Kanitis Didapat Kanitis didapat bisa dibedakan atas : Kanitis senilis : berubahnya warna rambut menjadi putih karena usia lanjut, proses pembentukan melanin menurun sejalan dengan penambahan usia Kanitis prematur : berubahnya warna rambut menjadi putih dimulai pada usia muda, biasanya merupakan penyakit bawaan Kanitis areata : perubahan rambut menjadi uban pada satu daerah saja Penyebab dari kanitis prematur dapat dicetuskan oleh beberapa hal, halaman berikut penjelasannya: Penyebab dari kanitis prematur dapat dice [...]

Terlalu Lama Duduk Berbahaya untuk Kesehatan

Terlalu Lama Duduk Berbahaya untuk Kesehatan

Dalam beberapa dekade terakhir, banyak orang dewasa menghabiskan 70% atau lebih dari waktu aktif mereka hanya untuk duduk. Sejalan dengan perubahan ini, studi telah mengidentifikasi pola hidup tersebut sebagai faktor risiko penyakit kardiovaskular, penyakit metabolik, dan kematian. Kendala yang sering ditemui ada dua, yakni aktivitas fisik yang terlalu sedikit atau terlalu banyak duduk. Waktu duduk banyak dihabiskan tanpa disadari untuk kegiatan menonton TV, bekerja di depan komputer, bermain video game, dan sebagainya. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 8800 orang dewasa di Australia tahun 2011 menunjukkan bahwa setiap jam yang dihabiskan untuk menonton TV meningkatkan risiko kematian sebesar 11%, kematian karena penyakit kardiovaskular sebanyak 18%, dan kematian karena kanker sebanyak 9%. Perubahan teknologi, sosial, dan ekonomi membuat seseorang tidak menggunakan otot tubuhnya seperti dahulu, akibatnya tingkat pengeluaran energi juga terus menyusut. Lalu apa dampak buruknya? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya. Terlalu Lama Duduk Berbahaya untuk Kesehatan Dampak buruk Duduk terlalu lama dapat memberikan beberapa pengaruh terhadap tubuh. Posisi [...]

Konsumsi Vitamin Kini Bisa Dengan Cara Disemprot

Konsumsi Vitamin Kini Bisa Dengan Cara Disemprot

Umumnya, vitamin dikonsumsi lewat cara oral, baik makan maupun diminum. Cara lain untuk memperoleh manfaat vitamin bisa dari mengoleskannya di kulit, yakni dengan penggunaan body lotion. Kini ada cara baru untuk memperoleh manfaat vitamin, yakni disemprotkan.Di Inggris, beberapa produsen vitamin mulai melansir produknya dalam bentuk spray (semprotan). Produk-produk vitamin semprot seperti G-Force Energy Spray, BettterYou DLux, hingga Cellfood Multivitamin Spray mulai populer dikonsumsi. Harganya berkisar dari Rp 70 ribu hingga paling mahal seharga Rp 1,1 juta.Diklaim, produk vitamin yang digunakan dengan cara disemprotkan ini bekerja dengan penyerapan lewat membran mucosal yang ada di dalam mulut, seperti dikutip dari Daily Mail."Karena mereka disemprotkan di bawah lidah, mereka langsung memasuki aliran darah ketimbang harus diproses lewat sistem pencernaan," ujar Andrew Thomas pendiri perusahaan produsen vitamin Better You.Ia juga menganggap konsumsi vitamin semprot ini jauh lebih aman karena tidak terkontaminasi zat lain seperti pembungkus kapsul maupun pengeras adonan yang ada di tablet.Namun tidak semua ahli setuju dengan manfaat vitamin semprot. Ursula Arens, pembicara dari [...]

Cara Atasi Sakit Telinga Saat Naik Pesawat

Cara Atasi Sakit Telinga Saat Naik Pesawat

Sakit telinga ketika naik pesawat pernah Anda alami? Atau pernahkah Anda merasakan nyeri pada telinga, atau merasakan telinga penuh, atau pendengaran berkurang saat sedang naik pesawat? Ketahuilah, meskipun kondisi tersebut tidak nyaman, namun sebetulnya normal. Dalam dunia kedokteran kondisi ini disebut sebagai barotrauma, yaitu cedera telinga akibat perubahan tekanan udara. Gejala tersebut biasanya akan menghilang saat mendarat, ketika tekanan udara kembali ke taraf normal. Dalam istilah kedokteran, kondisi ini dikenal dengan istilah barotrauma, dengan terjemahan harfiah ?baro? dari bahasa latin yang artinya tekanan dan ?trauma? yang artinya (kondisi luka). Cara Atasi Sakit Telinga Saat Naik Pesawat Sakit telinga ketika naik pesawat pernah Anda alami? Atau pernahkah Anda merasakan nyeri pada telinga, atau merasakan telinga penuh, atau pendengaran berkurang saat sedang naik pesawat? Ketahuilah, meskipun kondisi tersebut tidak nyaman, namun sebetulnya normal. Dalam dunia kedokteran kondisi ini disebut sebagai barotrauma, yaitu cedera telinga akibat perubahan tekanan udara. Gejala tersebut biasanya akan menghilang saat mendarat, ketika tekanan udara kemba [...]

7 Penyebab Kenapa Badan Terasa Lemas Terus-terusan

7 Penyebab Kenapa Badan Terasa Lemas Terus-terusan

Anda pernah merasa lemas seharian? Bahkan sampai-sampai Anda tidak ada semangat sekali untuk beraktivitas. Jika demikian, sudah saatnya Anda menyimak artikel ini untuk penjelasan medisnya. Pada umumnya, kondisi lemas dan lelah banyak dikaitkan oleh indikasi dari penyakit-penyakit. Namun sebelum lebih jauh berbicara soal potensi gejala penyakit, sebetulnya ada beberapa faktor lainnya yang bisa menyebabkan kenapa kita bisa lemas dan lelah seharian. Berikut adalah beberapa penyebab kenapa badan kita terasa lemas dan lelah terus-terusan: Penyebab Lemas-lemas #1: Apa Yang Kita Makan Mengkonsumsi kafein dan gula dapat menjadi bumerang bagi kesehatan. Pasalnya kafein dan gula justru dapat membuat Anda semakin lelah dan lemas-lemas. Tak luput pula, terdapat sederet risiko kesehatan lainnya yang ditimbulkan kafein dan gula. Daripada mengkonsumsi gula dan kopi lebih baik Anda mengkonsumsi buah, sayur, dan protein. Dengan mengkonsumsi makanan sehat maka rasa lelah Anda dapat berkurang. Dengan diet yang baik juga, resiko untuk terjadi obesitas berkurang, dimana obesitas menjadi kontributor besar sebagai penyebab kelelahan. Penyebab Lemas-lemas [...]

IQ Dapat Berubah Saat Remaja

IQ Dapat Berubah Saat Remaja

Sebuah studi perkembangan otak yang dipublikasikan pada jurnal online Nature telah memupuskan pendapat mengenai Intelligence Quotient (IQ) yang dianggap selalu stabil seumur hidup. Pengukuran intelektual seseorang dalam standarisasi IQ ternyata dapat berfluktuatif, khususnya pada remaja, sehingga manusia yang otaknya telah berkembang dengan baik tidak selamanya akan semakin lebih baik, bahkan perkembangan yang lambat mampu mengejar ketertinggalan, ungkap Cathy J. Price PhD, salah seorang peneliti seperti dilansir dalam WebMD Health News. Hal ini membawa kembali kesadaran kita akan perkembangan intelektual anak, meskipun banyak diantara para guru sudah menyadari hal ini dan dengan gigih memperjuangkan anak-anak untuk semakin lebih pintar, tak ayal banyak orang tua yang seringkali terjerumus akan hasil IQ anak dengan memaklumi hal tersebut. Sehingga tak jarang terjadi kasus orang tua yang mengasihi anak IQ rendah dengan tidak mengajarkan lebih, begitupun pada kasus anak ber IQ tinggi yang seringkali dibiarkan begitu saja karena sudah dianggap pintar. Bahkan penelitian ini menunjukkan kemampuan yang seimbang antara penurunan maupun kenaikan pada perubahan intelegensi verbal dan non-v [...]

Ini yang Terjadi Bila Sel Telur Bermasalah

Ini yang Terjadi Bila Sel Telur Bermasalah

Sel telur pada setiap wanita berguna untuk meneruskan generasi dan menentukan jenis kelamin generasi selanjutnya. Normalnya sel telur terdiri dari lapisan-lapisan yang nantinya dapat berguna bagi perkembangan janin. Contohnya zona pellucida sebagai lapisan terluar yang berfungsi melindungi sel telur sepanjang perkembangannya, sitoplasma yang merupakan area berprotein sebagai nutrisi bagi sel telur, dan nukleus atau inti sel yang nantinya berfungsi sebagai pembawa pita-pita berisi sifat-sifat individu baru. Namun tidak semua sel telur dapat terbentuk sempurna. Bila sel telur mengalami masalah maka dampaknya dapat mempengaruhi kehamilan dan penciptaan calon generasi berikutnya. Kerusakan pada Sel Telur Salah satu gangguan yang terjadi ketika sel telur bermasalah adalah kelainan kromosom atau pita-pita pembawa sifat yang berada di dalam inti sel. Kerusakan ini mengakibatkan kehamilan tanpa embrio, atau kehamilan tanpa calon janin. Normalnya, ketika seorang wanita hamil, telur yang telah dibuahi akan menempel pada dinding rahim. Pada sekitar awal kehamilan atau usia kandungan sekitar 6 minggu, seharusnya embrio sudah mulai tumbuh bersama dengan kantung kehamilan sebagai tempat berkem [...]

Sup Wortel Bisa Bantu Tingkatkan Sistem Imun

Sup Wortel Bisa Bantu Tingkatkan Sistem Imun

Selama ini sup dikenal sebagai makanan yang bisa bantu meredakan flu. Namun ternyata manfaat sup tak berhenti sampai di situ saja. Misalnya, Anda bisa membuat tulang lebih kuat dan meningkatkan sistem imun hanya dengan semangkuk sup. Seperti yang dikutip dari Daily Mail, berikut berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapat dari sup.1. Sup Kacang LentilSup yang terbuat dari lentil, salah satu jenis kacang dari India, bisa bantu mengurangi kolesterol. Kandungan serat dalam kacang ini dipercaya bisa menurunkan kolesterol yang menyumbat arteri serta baik untuk kesehatan jantung. Selain itu para peneliti juga mengatakan kacang ini merupakan sumber protein dan zat besi.2. Sup Minestrone (Sup Sayuran)Sup minestrone adalah sup khas Italia berisi sayuran, daging dan pasta. Sup yang dihidangkan dengan kuah bening ini mengandung lebih sedikit kalori. Potongan sayuran yang terdapat di dalamnya berfungsi untuk memperlambat pengosongan lambung sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Campuran pasta juga membuat Anda terpuaskan saat merasa lapar, oleh karena itu sup minestrone merupakan makanan tepat yang dapat membantu menurunkan berat badan.3. Sup Wortel & KetumbarAnda bisa mendapat [...]

Teliti Tiga Jenis Ulat Bulu

Teliti Tiga Jenis Ulat Bulu

Pergantian cuaca yang ekstrem adalah salah satu faktor pendukung populasi ulat bulu melonjak tajam terjadi. Deputi Kepala Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT Listyani Wijayanti mengatakan bahwa "Secara umum pergantian cuaca itu memang bisa memicu ulat-ulat itu untuk bisa keluar dari tempatnya. Ini menyerang tanaman mangga dan sudah luar biasa.? Namun jika diteliti lebih lanjut ternyata ada 3 spesies ulat bulu yang menyebar dan mengakibatkan wabah yang cukup serius di Indonesia. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sudah menerima sampel ulat bulu dari Jember dan Yogyakarta. Ada tiga spesies yang diterima oleh LIPI yaitu Lymantria marginalis, Arctonis species (belum tahu genusnya), dan Cyana veronata. ''Spesies ulat bulu sementara ada tiga jenis yang kami terima,'' tutur Peneliti Serangga LIPI, Rosichon Ubaidillah. Salah satu spesies yang diterima belum diketahui genusnya karena harus melalui serangkaian pembedahan. Namun dapat dipastikan ancaman bahaya kesehatan yang ada berada ditahap sekunder. Paparan ancaman yang diberikan ulat bulu sebatas gatal-gatal atau inflamasi ringan. Untuk pertolongan pertama jika terkena reaksi inflamasi ringan akibat ulat bulu, ikut [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *