Ini Reaksi yang Terjadi pada Tubuh Anda Ketika Patah Hati

love17.jpg

Patah hati karena putus cinta atau cinta ditolak bukan sekadar kiasan. Nyatanya, seseorang bisa merasakan sakit secara fisik karena masalah cinta.

Putus cinta memang berat untuk dihadapi, terutama jika Anda di pihak yang diputuskan. Patah hati umumnya ditandai dengan rasa sakit pada jantung. Seolah-olah seperti ada beban berat yang menekan dada hingga ke jantung.

Ternyata sensasi yang Anda rasakan akibat patah hati ini ada alasannya dan tidak selalu berhubungan dengan kondisi mental. Tapi ada hormon dalam tubuh yang berperan menimbulkan rasa sakit tersebut.

Naomi Eisenberger, PhD dari University of California mengatakan, ketika putus hubungan dengan seseorang, otak sulit mengatasinya sendirian. Akibatnya, otak akan mengirimkan sinyal-sinyal ke tubuh untuk memberitahu bahwa yang Anda alami saat itu adalah rasa sakit.

Seperti dikutip dari Female First, otak Anda memiliki banyak hormon seperti oksitosin dan dopamin, yang merupakan hormon pembangkit rasa bahagia. Ketika seseorang merasa sedih atau marah, otak akan terganggu dan dua hormon tersebut akan pergi. Meninggalkan hormon stres di otak.

Dan ketika stres, otak akan mengirimkan kortisol dan epinephrine, hormon yang menimbulkan reaksi perlawanan dan melarikan diri. Reaksi ini bekerja maksimal jika Anda berada di situasi yang mengancam. Misalnya terjebak di kerusuhan atau bertemu rampok, hormon kortisol akan memicu otot untuk bergerak demi menghindarinya. Tapi saat sakit hati, Anda harus melarikan diri dari siapa? Tidak ada wujud nyatanya.

Oleh karena itu, hormon kortisol akhirnya ‘lari’ ke dada, membuat dada membengkak dan akhirnya timbul rasa sakit dan menekan. Hormon ini juga membuat aliran darah ke perut tidak lancar. Itulah sebabnya orang yang patah hati cenderung tidak enak makan. Tidak hanya itu, patah hati juga menyebabkan tubuh lebih ‘rapuh’ sehingga Anda lebih mudah terkena flu, pilek atau demam.

Efek patah hati bagi kesehatan fisik maupun mental amat merugikan. Tapi bisa diatasi, atau minimal dikurangi agar tidak sampai menurunkan kualitas hidup. Beberapa caranya adalah meditasi dengan menghirup napas dalam-dalam; mengeluarkannya secara perlahan. Dengarkan musik-musik bertempo cepat dan berkumpul dengan banyak teman yang suka berkelakar agar Anda lebih banyak tertawa. Cara ini bisa membantu tubuh melepaskan endorphin, salah satu hormon bahagia.

“Satu hal yang tak boleh Anda lakukan adalah mengunci diri di dalam kamar. Mengasingkan diri sendiri hanya akan membuat semuanya bertambah buruk. Cara apapun yang bisa membuat pikiran lebih ceria akan membantu menyembuhkan tubuh,” ujar Gary Lewandowski, Ph.D, profesor psikologi di Monmouth University, New Jersey.

(hst/kik)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kenali Penyebab lalu Cegah Penyakit Cacingan

Kenali Penyebab lalu Cegah Penyakit Cacingan

Penyakit cacingan tidak hanya berisiko dialami anak-anak, namun juga pada orang dewasa. Kurangnya menjaga kebersihan bisa menjadi salah satu faktor yang dapat mendorong penyebaran infeksi akibat cacing. Gejala-gejala penyakit cacingan kadang tampak samar. Namun jika tidak ditangani dengan benar, penyakit cacingan dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Ada tiga jenis cacing yang paling umum menyebabkan penyakit cacingan, yaitu : Cacing Pita Cacing pita atau Cestodes, dapat dikenali dari bentuknya yang tampak seperti pita yaitu pipih dengan ruas-ruas pada seluruh tubuhnya. Panjang cacing pita dewasa dapat mencapai 4,5 hingga 9 meter. Cacing pita memasuki tubuh manusia ketika tangan yang bersentuhan dengan tinja yang mengandung telur cacing berdekatan dengan mulut ataupun makan makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi. Selain itu, daging babi, sapi ataupun ikan yang mentah juga diketahui dapat menyebabkan masuknya cacing pita pada tubuh manusia. Cacing tersebut kemudian dapat hidup dalam usus. Gejala infeksi cacing pita antara lain sakit perut dan terkadang diikuti dengan muntah dan diare. Namun, bisa saja infeksi cacing pita tidak menimbulkan gejala atau disalahartikan sebag [...]

14 Tips Menjaga Pola Makan Saat Hamil

14 Tips Menjaga Pola Makan Saat Hamil

Hamil bukan berarti Anda bisa makan sepuasnya. Justru Anda perlu memperhatikan setiap asupan yang masuk ke dalam mulut. Kendati Anda harus mengonsumsi 300 kalori lebih banyak, cobalah untuk tetap menjaga pola makan. Ingat: gizi yang baik dan seimbang akan memberikan dampak yang baik juga terhadap janin. Jadi, bagaimana dan apa saja asupan nutrisi yang penting untuk ibu hamil? Berikut ini 14 tips yang dapat berguna untuk mendukung pola makan saat kehamilan Anda: Pilih makanan tinggi serat seperti roti gandum, sereal, pasta dan beras, serta buah-buahan dan sayuran. Pastikan tubuh mendapatkan cukup vitamin dan mineral dalam menu harian. Makan empat porsi produk susu dan makanan yang kaya kalsium untuk mencukupi kebutuhan 1000-1300 mg kalsium dalam menu harian. Konsumsi tiga porsi makanan kaya zat besi, seperti daging tanpa lemak, bayam, kacang-kacangan, dan sereal setiap hari untuk memastikan Anda memperoleh 27 mg zat besi setiap hari. Saat hamil, tubuh memerlukan 250 mikrogram yodium per hari untuk membantu memastikan otak dan sistem saraf perkembangan bayi. Anda bisa mendapatkannya dari keju, yoghurt, kentang panggang, salmon, dan udang. Jangan lupakan vitamin C dari sayur [...]

Inilah 6 Penyebab Utama Jantung Berdebar

Inilah 6 Penyebab Utama Jantung Berdebar

Jantung saya berdegup kencang seperti berlari dan terasa mau copot, jangan-jangan saya sakit jantung! Ya, memang berdebar merupakan salah satu tanda penyakit jantung. Namun, tidak semua berdebar disebabkan oleh kelainan jantung. Berdebar dapat pula disebabkan oleh suatu kondisi psikis atau akibat gaya hidup. Dalam istilah medis berdebar dikenal sebagai palpitasi. Berikut adalah beberapa penyebab berdebar selain gangguan jantung yang perlu Anda ketahui: Serangan Panik Bila Anda merasa jantung Anda seperti mau copot terutama saat menghadapi suatu situasi, bisa saja yang Anda alami adalah serangan panik. Gejala lain yang sering menyertai serangan panik adalah gemetar, berkeringat dingin. Serangan panik tidak membahayakan namun dapat terasa sangat mencekam. Irama jantung yang tidak teratur (aritmia) juga terkadang dapat menyebabkan serangan panik. Oleh sebab itu, sebaiknya tetap periksakan diri ke dokter untuk menyingkirkan kelainan jantung. Serangan panik yang berulang dapat diatasi dengan terapi perilaku dan pengobatan anti cemas. Halaman berikut adalah penyebab lainnya jantung berdebar: Penyebab Lainnya Jantung Berdebar 2. Konsumsi Kafein Kafein dapat menstim [...]

Ini Berbagai Khasiat Minyak Ikan untuk Kesehatan Tubuh

Ini Berbagai Khasiat Minyak Ikan untuk Kesehatan Tubuh

Minyak ikan dianggap sebagai salah satu bahan makanan super karena mengandung asam lemak esensial omega-3 yang memiliki banyak khasiat. Mulai dari menstabilkan tekanan darah, mencegah peradangan, membantu kinerja otot hingga meningkatkan daya tahan tubuh.Tapi seberapa besar manfaat minyak ikan untuk menjaga kesehatan tubuh? Benarkah khasiatnya bisa 'seajaib' itu? Seperti dikutip dari ABC Australia, minyak ikan banyak digunakan untuk merawat berbagai kondisi tubuh tertentu. Kandungan omega-3 yang tinggi dipercaya bisa mencegah penyakit jantung, mengurangi kadar lemak dalam darah, baik untuk diabetes, meringankan radang sendi hingga membantu menyembuhkan asthma.Asam lemak omega-3 bisa didapatkan dari banyak jenis ikan-ikanan. Di antara jenis ikan, ada beberapa yang terhitung paling tinggi omega-3 nya seperti salmon, mackerel, sarden dan tuna. Minyak ikan juga tersedia dalam bentuk sirup dan kapsul yang biasanya bisa didapatkan lewat apotek atau supermarket.Ada sejumlah fakta ilmiah yang membuktikan kalau omega-3 yang berasal dari minyak ikan sangat berdampak positif bagi kesehatan. The Heart Foundation di Australia merekomendasikan orang dewasa untuk mengonsumsi sedikitnya 500 mg [...]

Ini Kebiasaan yang Bisa Merusak Jadwal Tidur

Ini Kebiasaan yang Bisa Merusak Jadwal Tidur

Gangguan tidur sering dialami banyak orang. Sebelum mencoba mengonsumsi obat tidur, ada baiknya memeriksa ulang rutinitas saat malam hari. Beberapa ritual favorit saat malam hari dapat menyebabkan masalah gangguan tidur.Menurut sebuah studi terbaru oleh National Sleep Foundation, diperkirakan 65 persen orang Amerika mengalami masalah tidur beberapa malam setiap minggu. Tidur terlalu sedikit dihubungkan dengan peningkatan risiko obesitas dan depresi.Berikut beberapa kebiasaan sebelum tidur yang dapat menyebabkan gangguan tidur seperti dikutip dari detikhealth.1. Pergi Tidur Lebih CepatBanyak orang mempunyai persepsi bahwa tidur cepat hanya berlaku untuk anak-anak. Lakukan perawatan ekstra untuk mempertahankan jadwal tidur, terutama pada akhir pekan.Tubuh merespon rutinitas. Sehingga jika telah terbiasa tidur larut malam, maka tubuh akan terbiasa. Oleh karena itu, maka perlu dibiasakan untuk tidur lebih cepat.2. Membawa Buku ke Tempat TidurMembaca buku sebelum tidur telah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Masalahnya adalah, tubuh telah beradaptasi dengan kemungkinan bahwa rutinitas tidak akan pergi tidur hingga setelah membaca buku.Tubuh sangat mudah merespon rutinitas. Jika in [...]

Kenaikan Harga Obat Batal, GP Farmasi Himbau Produsen Memakai Harga 2010

Kenaikan Harga Obat Batal, GP Farmasi Himbau Produsen Memakai Harga 2010

Faktor inflasi dan kenaikan upah minimum pekerja telah menyebabkan beberapa industri farmasi menaikkan harga obat pada awal tahun 2011. Hal ini telah membuat masyarakat kurang mampu menjadi khawatir. Untuk itu, Gabungan Pengusaha (GP) Farmasi Indonesia berkomitmen membatalkan rencana kenaikan harga tersebut. Komitmen ini juga didukung oleh perusahaan-perusahaan farmasi nasional anggota GP Farmasi Indonesia. GP Farmasi sebelumnya telah mengimbau 15 perusahaan farmasi yang telanjur menaikkan harga obat segera menurunkan harga obatnya selambat-lambatnya pada tanggal 1 Maret 2011. Jika harga tidak turun, maka volume obat akan menurun dan mengancam penurunan industri obat tahun ini. "Ini merupakan partisipasi asosiasi terhadap kondisi masyarakat saat ini. Tidak tepat menaikkan harga. Kami mengimbau, produsen yang menaikkan harga awal Januari 2011, mengembalikan kembali ke harga 2010," ungkap Ketua Umum GP Farmasi Anthony J Sunarjo. Beliau memaparkan bahwa kenaikan ini hanya berkisar 1-2 persen, dan maksimal kenaikan sebesar 10 persen. Hanya ada tidak sampai 10 persen dari 204 perusahaan anggota GP Farmasi yang menaikkan harga, dan itu berarti sebagian besar dari mereka tidak menaikkan h [...]

Sedot Debu dengan Vacuum Cleaner Bisa Picu Alergi dan Penyakit Berbahaya

Sedot Debu dengan Vacuum Cleaner Bisa Picu Alergi dan Penyakit Berbahaya

Hati-hati! Cara Anda membersihkan rumah justru bisa berdampak negatif terhadap kesehatan. Membersihkan rumah dengan vacuum cleaner bisa memicu alergi karena 'kabut' debu, bakteri dan jamur yang ditimbulkannya. Partikel- partikel yang lebih kecil dari debu akan terangkat dan disemprotkan kembali ke udara oleh vacuum cleaner. Partikel tersebut akan menyebar ke sekeliling ruangan dan bisa terhirup. Sekelompok peneliti di Australia telah memperingatkan bahwa bakteri dan jamur bisa memicu alergi bahkan beberapa jenis bakteri mematikan yang mungkin saja dilepaskan ke udara dari penggunaan vacuum cleaner.Dalam sebuah percobaan di University of Queensland dan Laval University di Quebec, Kanada, sisa-sisa DNA bakteri yang kebal terhadap obat dan DNA dari bakteri beracun ditemukan dalam debu yang tersedot vacuum cleaner. Menurut para peneliti, debu yang terdapat dalam ruangan bisa menjadi 'kendaraan' bagi bakteri jenis infant botulism yang berbahaya dan berpotensi menyebabkan sindrom kematian mendadak. Seperti dikutip dari Daily Mail, mereka menjelaskan bahwa membersihkan karpet dan furnitur berdebu dengan vacuum bisa mengangkat partikel kuman dan jamur yang berpotensi mematikan, kemudian [...]

Gay dan Aids, Berhubungankah?

Gay dan Aids, Berhubungankah?

Adanya hubungan intim sesama jenis telah menjadi rahasia umum, termasuk di Indonesia. Bahkan menurut perkiraan para ahli dan Badan PBB, dengan memperhitungkan jumlah penduduk lelaki dewasa, jumlah lelaki yang berhubungan seks dengan lelaki (LSL) di Indonesia saat ini diperkirakan lebih dari tiga juta orang. Sedangkan berdasarkan perkiraan tahun 2009, angkanya hanya sekitar 800 ribu, di mana 60 hingga 80 ribu di antaranya berada di Jakarta. Koordinator Sekretariat Nasional Jaringan Gay, Waria dan Lelaki yang Berhubungan Seks dengan Lelaki (GWL) INA, Tono Permana Muhamad mengatakan tidak ada angka pasti tentang perilaku lelaki yang berhubungan seks dengan lelaki tersebut. "Di Indonesia, perkiraan jumlah LSL sekitar 800 ribu. Itu perkiraan pada tahun 2009. Ini bukan berarti ada 800 ribu gay atau 800 ribu waria. Gay sama waria jumlah justru kecil. Tetapi terbanyak adalah laki-laki yang berhubungan dengan laki-laki tetapi dia tidak mengidentifikasi dirinya," ujar Tono dalam diskusi ?Inisiatif Penanggulangan Epidemi HIV di Kalangan LSL, Gay, dan Waria di Kota Besar Asia? yang diselenggarakan Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) DKI Jakarta, Kamis (17/3/2011). Lalu benarkah ada hu [...]

Pakai Kacamata Bisa Timbulkan Jerawat, Ini Cara Perawatannya yang Benar

Pakai Kacamata Bisa Timbulkan Jerawat, Ini Cara Perawatannya yang Benar

Sering tumbuh jerawat di dahi, sekitar pipi atau hidung? Jika Anda pengguna kacamata, bisa jadi kacamata Anda penyebabnya. Penyimpanan dan perawatan kacamata yang kurang tepat memang bisa menimbulkan jerawat. Agar terhindar dari masalah kulit akibat pemakaian kacamata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.1. Bersihkan Kacamata Secara BerkalaBingkai kacamata berpotensi menumpuk bakteri dan kotoran yang bisa menyebabkan jerawat, maka penting untuk membersihkannya minimal satu kali sehari. Marni Bessler, dokter mata asal New Jersey menyarankan untuk mengelap kacamata Anda dengan kain halus yang sudah dibasahi campuran air dan sabun. Menggunakan alkohol atau tisu basah juga bisa menjadi alternatif.2. Gunakan Kosmetik Bebas MinyakDermatologis Chynna Steele mengatakan, tekanan dari bingkai kacamata akan menutupi pori-pori kulit dan bisa membuat kosmetik apapun yang Anda kenakan menjadi komedogenik (menyumbat pori-pori).Maka dari itu, selalu gunakan produk yang non-komedogenik yang bebas minyak dan terbuat dari partikel-partikel lebih kecil sehingga tidak mudah menyumbat pori. "Make-up mineral bisa jadi pilihan terbaik karena dia transparan dan ringan," ujar Chynna seperti dikutip [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *