Ini Reaksi yang Terjadi pada Tubuh Anda Ketika Patah Hati

love17.jpg

Patah hati karena putus cinta atau cinta ditolak bukan sekadar kiasan. Nyatanya, seseorang bisa merasakan sakit secara fisik karena masalah cinta.

Putus cinta memang berat untuk dihadapi, terutama jika Anda di pihak yang diputuskan. Patah hati umumnya ditandai dengan rasa sakit pada jantung. Seolah-olah seperti ada beban berat yang menekan dada hingga ke jantung.

Ternyata sensasi yang Anda rasakan akibat patah hati ini ada alasannya dan tidak selalu berhubungan dengan kondisi mental. Tapi ada hormon dalam tubuh yang berperan menimbulkan rasa sakit tersebut.

Naomi Eisenberger, PhD dari University of California mengatakan, ketika putus hubungan dengan seseorang, otak sulit mengatasinya sendirian. Akibatnya, otak akan mengirimkan sinyal-sinyal ke tubuh untuk memberitahu bahwa yang Anda alami saat itu adalah rasa sakit.

Seperti dikutip dari Female First, otak Anda memiliki banyak hormon seperti oksitosin dan dopamin, yang merupakan hormon pembangkit rasa bahagia. Ketika seseorang merasa sedih atau marah, otak akan terganggu dan dua hormon tersebut akan pergi. Meninggalkan hormon stres di otak.

Dan ketika stres, otak akan mengirimkan kortisol dan epinephrine, hormon yang menimbulkan reaksi perlawanan dan melarikan diri. Reaksi ini bekerja maksimal jika Anda berada di situasi yang mengancam. Misalnya terjebak di kerusuhan atau bertemu rampok, hormon kortisol akan memicu otot untuk bergerak demi menghindarinya. Tapi saat sakit hati, Anda harus melarikan diri dari siapa? Tidak ada wujud nyatanya.

Oleh karena itu, hormon kortisol akhirnya ‘lari’ ke dada, membuat dada membengkak dan akhirnya timbul rasa sakit dan menekan. Hormon ini juga membuat aliran darah ke perut tidak lancar. Itulah sebabnya orang yang patah hati cenderung tidak enak makan. Tidak hanya itu, patah hati juga menyebabkan tubuh lebih ‘rapuh’ sehingga Anda lebih mudah terkena flu, pilek atau demam.

Efek patah hati bagi kesehatan fisik maupun mental amat merugikan. Tapi bisa diatasi, atau minimal dikurangi agar tidak sampai menurunkan kualitas hidup. Beberapa caranya adalah meditasi dengan menghirup napas dalam-dalam; mengeluarkannya secara perlahan. Dengarkan musik-musik bertempo cepat dan berkumpul dengan banyak teman yang suka berkelakar agar Anda lebih banyak tertawa. Cara ini bisa membantu tubuh melepaskan endorphin, salah satu hormon bahagia.

“Satu hal yang tak boleh Anda lakukan adalah mengunci diri di dalam kamar. Mengasingkan diri sendiri hanya akan membuat semuanya bertambah buruk. Cara apapun yang bisa membuat pikiran lebih ceria akan membantu menyembuhkan tubuh,” ujar Gary Lewandowski, Ph.D, profesor psikologi di Monmouth University, New Jersey.

(hst/kik)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Hilangkan Stres dengan 5 Makanan Ini

Hilangkan Stres dengan 5 Makanan Ini

Banyak makanan yang diketahui bisa menghilangkan stres, seperti cokelat atau es krim. Tapi ternyata ada jenis makanan lainnya yang bisa melawan stres dan membuat tubuh tetap sehat. Apa saja?Seperti dikutip dari Shine, ada 5 jenis makanan yang bisa menghilangkan stres. Ini dia lima makanan tersebut.1. BayamMenurut Beth Reardon, RD, pakar nutrisi dari Duke Integrative Medicine in Durham, North Carolina, tiga mangkuk bayam bisa menyuplai 40 persen kebutuhan magnesium, yang merupakan mineral yang bisa mengurangi efek stres di dalam tubuh dengan cara mencegah tekanan darah melonjak. Masukkan bayam dalam omelet atau sandwich jika tidak terlalu suka memakannya terpisah.2. JerukBahkan orang sehat yang sedang stres pun bisa kena sakit, demikian menurut studi yang dilakukan peneliti dari Carnegie Mellon University di Pittsburgh. Tensi darah sangat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Namun hal itu bisa dilawan dengan konsumsi vitamin C rutin yang banyak terdapat dalam jeruk. Vitamin C akan memperbanyak sel-sel imun tubuh dan mengurangi risiko masuknya virus.3. CokelatSudah tidak heran lagi jika cokelat disebut sebagai makanan penghilang stres. "Cokelat akan meningkatkan level zat-zat neur [...]

Ultra Violet Matahari Sebabkan Kanker Mata

Ultra Violet Matahari Sebabkan Kanker Mata

Cahaya silau dari cahaya matahari akibat cuaca global yang tak menentu akhir-akhir ini menyimpan dampak yang berpotensi merusak fungsi mata. Lebih jauh, di belahan dunia lain, London, sebuah studi mengenai bahaya paparan sinar ultra violet bagi mata yang diadakan oleh The Vision Council, justru merekomendasikan anjuran untuk mengenakan kacamata hitam pada anak-anak juga guna melindungi paparan silau cahaya matahari jika berencana beraktivitas diluar ruangan. Studi yang diterbitkan pada 17 Mei lalu itu memaparkan sedikitnya 1 dari 6 orang dewasa beralasan 'silau' sebagai alasan utama untuk mengenakan kacamata hitam ketika cuaca cerah dan beraktivitas diluar. Hasil pooling dari 10.000 orang dewasa tersebut dengan jelas mengemukakan bagaimana sebagian besar orang masih belum sadar akan pentingnya manfaat kesehatan dibalik mengenakan kacamata hitam. Bahkan 20% dari peserta pooling mengemukakan tidak percaya adanya risiko dibalik paparan silau sinar matahari bagi mata. Terdapat beberapa potensi risiko yang dimiliki paparan ultra violet pada matahari, yakni: Pterygium Pterygium adalah pertumbuhan jaringan fibrovaskular berbentuk segitiga yang tumbuh dari arah konjungtiva menuju korne [...]

Dibanding Wanita, Pria Jomblo Lebih Berisiko Mati Muda

Dibanding Wanita, Pria Jomblo Lebih Berisiko Mati Muda

Apakah Anda masih menjomblo? Menurut hasil penelitian terbaru, orang yang terlalu lama jomblo berisiko mati muda.Penelitian tersebut dipublikasikan di American Journal of Epidemiology. Dalam penelitian itu, para peneliti menganalisa data dari 90 studi sebelumnya yang melibatkan 500 juta orang. Data tersebut kemudian dibandingkan dengan risiko kematian kelompok yang berstatus single (tidak pernah menikah) dan kelompok menikah.Dari penelitian tersebut ditemukan mereka yang terus menjomblo, berisiko mati muda. "Sangat menyedihkan hidup mereka yang single," jelas pimpinan penelitian tersebut, David Roelfs, Asisten Profesor Sosiologi di Universitas Louisville, Kentucky, Amerika Serikat, seperti dikutip dari MSNBC.Penelitian itu juga menunjukkan pria jomblo, 32% lebih tinggi risikonya mati muda dibandingkan pria yang menikah. Pada wanita jomblo, risikonya lebih kecil menjadi 23%."Skenario terburuknya, pria single bisa meninggal 8-17 tahun lebih cepat dari teman prianya yang menikah," ujar Roefls. Sedangkan wanita, meski tidak lebih baik, risikonya lebih kecil dibanding pria single. Wanita single berisiko meninggal 7-15 tahun lebih cepat dibandingkan teman wanitanya yang menikah.Para p [...]

Romantisme Ciuman Bibir Berisiko Membawa 8 Penyakit

Romantisme Ciuman Bibir Berisiko Membawa 8 Penyakit

Dalam mulut kita terdapat 700 jenis bakteri berbeda. Penelitian menemukan bahwa satu ciuman bibir selama 10 detik saja dapat menularkan sekitar 80 juta bakteri. Berciuman bibir dengan orang yang disayangi memang mendatangkan banyak manfaat psikologis dan kesehatan, tetapi berciuman bibir dengan orang yang sedang terinfeksi penyakit dapat membuatmu ikut terkena penyakit yang sama. Lewat penelitian, ditemukan bahwa pasangan yang sering berciuman ternyata memiliki tipe bakteri yang sama terkandung di dalam air liurnya. Hasil ini membuktikan bahwa saat berciuman, terjadilah saling transfer bakteri antara kedua orang. Di satu sisi, ada yang menyebut bahwa transfer bakteri ini baik karena justru dapat membantu seseorang membangun sistem kekebalan tubuh. Meski demikian, teori ini belum terbukti secara medis. Faktanya, sebagian jenis penyakit memang dapat lebih mudah menular dibandingkan penyakit lain. Bakteri dan virus dalam darah dan air liur penyebab suatu penyakit dapat menular ke pasangan saat berciuman. Ini dia 8 penyakit yang dapat ditularkan melalui ciuman bibir. Hepatitis B Selain pada darah dan air mani, virus hepatitis B juga terdapat pada air liur. Saat berciuman, virus ini d [...]

7 Tips Anti Berat Badan Naik Ketika Bulan Puasa

7 Tips Anti Berat Badan Naik Ketika Bulan Puasa

Tidak sedikit orang yang mengakui justru mengalami kenaikan berat badan selama bulan puasa. Bagaimana bisa kegiatan pengurangan makan dan minum selama 12 jam ternyata dapatmencetus terjadinya kenaikan berat badan di bulan puasa? Untuk mencegah kenaikan berat badan setelah bulan puasa, Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini: 1. Makan makanan bergizi seimbang dengan jumlah yang wajar. 2. Atur jadwal makan berimbang sebanyak 3 kali pada saat sahur, berbuka dan 5 jam setelah berbuka sesaat sebelum tidur. 3. Menghindari makanan tinggi kalori, tinggi karbohidrat dan tinggi garam (junk food). 7 Tips Anti Berat Badan Naik Ketika Bulan Puasa 4. Konsumsi makanan dengan serat tinggi. 5. Tingkatkan konsumsi buah dan sayuran. 6. Banyak mengkonsumsi cairan. 7. Jangan melewatkan makan sahur, karena hanya makan sekali saja dalam sehari tidak baik untuk kadar lemak dalam darah karena dapat meningkatkan kadar lemak dalam darah. Lebih idealnya, konsultasikan kondisi yang ada dengan dokter sebelum berpuasa. Untuk kemudahan Anda, silakan menggunakan fitur Tanya Dokter untuk konsultasi dengan tim dokter PeduliSehat.info. Mari gunakan bulan puasa ini sebagai bulan untuk semaki [...]

Ditolak Naik Roller Coaster, Wanita Ini Pangkas Berat 44 Kg

Ditolak Naik Roller Coaster, Wanita Ini Pangkas Berat 44 Kg

Wanita ini merasa malu karena saat kencan dengan kekasihnya, ia yang gemuk gagal naik roller coaster. Gara-gara itu ia pun kini sukses menurunkan berat badannya 44,5 kg.Alison Bell itulah nama wanita yang langsung berusaha keras memangkas bobot tubuhnya setelah ditolak naik roller coaster. Saat itu, ia ditolak, karena sabuk pengamanan di roller coaster tersebut tidak mampu mengunci tubuhnya yang terlalu gemuk.Wanita 25 tahun itu pun akhirnya hanya bisa menunggu, sementara pacarnya Andrew bisa naik roller coaster. Keduanya berkencan di Valley Theme Park, North Yorkshire, Inggris.Dikutip dari Daily Mail, Alison yang saat itu memiliki berat badan 107 kg, tidak sanggup lagi menahan malu. Penolakan di arena roller coaster itu langsung membuatnya termotivasi untuk menurunkan berat badannya.Kini, Alison sukses menurunkan berat badannya hingga 44,5 kg. Ia yang dulunya memiliki ukuran 20, kini bisa memakai busana berukuran 10.Wanita asal Lesmahagow, Inggris itu butuh waktu 3,5 tahun itu memangkas 44,5 kg itu. Lebih membahagiakannya lagi, tahun depan kekasihnya akan menikahinya."Aku tahu aku selalu gemuk, tapi insiden roller coaster itu adalah penghinaan terakhir untukku," katanya.Insiden [...]

Kebiasaan Salah Penyebab Nyeri Pinggang

Kebiasaan Salah Penyebab Nyeri Pinggang

Pada usia tua biasanya orang mulai mengeluhkan nyeri pada punggung bawah atau pinggang belakang. Pada istilah kedokteran, keadaan ini disebut dengan low back pain. Nyeri ini dapat disebabkan karena kantung berisi substansi seperti jelly yang terdapat di antara tulang belakang mengalami kebocoran akibat proses penuaan sehingga penyangga tulang belakang tersebut keluar dan menjepit serabut saraf yang berada di sekitar tulang belakang. Banyak sekali aktivitas-aktivitas yang biasa kita lakukan, yang tanpa sadar sejatinya menjadi pencetus nyeri pinggang, antara lain: Beberapa Kebiasaan Salah Penyebab Nyeri Pinggang Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang menyebabkan nyeri pinggang: Membungkuk ketika mengangkat beban berat. Nyeri pinggang ini paling sering terjadi pada dewasa tua usia 40-50 an dan sering terjadi pada orang dengan kebiasaan banyak membungkuk dan mengangkat barang berat. Nyeri yang timbul tergantung pada serabut saraf yang terkena. Biasanya nyerinya akan menjalar dari punggung bawah, menjalar ke bokong, hingga ke belakang lutut. Nyeri yang dirasakan seperti tertusuk jarum dan dapat pula terjadi kekakuan. Aktivitas berlebihan pada pung [...]

Inilah Cara Medis Menjelaskan Cinta

Inilah Cara Medis Menjelaskan Cinta

Jawabnya; hormon oksitosin. Hormon Inilah yang menjadi biang kerok kenapa Anda bisa memberikan perasaan terbuka, saling mendukung, menerbitkan kasih sayang, dan atribut romantika lainnya. Jika si Cupid, yang disebut-sebut sebagai dewa asmara itu pernah mempelajari dan mengerti neuroscience, figur bayi bersayap dengan panah cintanya pasti akan mengarahkan anak panahnya ke otak ketimbang hati setelah mencelupkan anak panahnya ke oksitosin sebelumnya. Pasalnya penelitian terbaru menunjukkan bahwa hormon oksitosin sangat berperan untuk cinta yang langgeng. Dalam penelitian uji coba terhadap tikus, ditemukan tikus yang memiliki hormon oksitosin lebih tinggi daripada tikus yang hanya memiliki kadar oksitosin rendah lebih setia kepada pasangannya. Padahal tikus dikenal dengan mamalia bergonta-ganti pasangan seperti kelinci. Apakah Oksitosin Bisa Berasal dari Asupan Makanan & Minuman? Profesor psikologi Ruth Feldman di Bar-Ilan University, Israel, menghabiskan bertahun-tahun mempelajari peran oksitosin dalam hubungan ikatan ibu-anak. Belakangan ini beliau menemukan temuan yang memutuskan untuk menelusuri lebih jauh soal si hormon cinta ini. "Kenaikan oksitosin sel [...]

Kandung Kemih Babi: Menumbuhkan Organ Tubuh yang Rusak

Kandung Kemih Babi: Menumbuhkan Organ Tubuh yang Rusak

Terobosan Ilmu Kedokteran Meninggalkan Metode Amputasi Bubuk yang mengandung ekstrak kandung kemih babi yang dulunya dipakai untuk menumbuhkan kembali ligmen dari kuda, kini telah terbukti dapat menumbuhkan jaringan yang rusak seperti jari terpotong. Bubuk itu diklaim baik untuk penyembuhan luka dan dapat menumbuhkan organ tubuh yang rusak. Penemuan ini berawal ketika pemilik toko di Cincinnati, AS, yang bernama Lee Spievack mengalami jari tengah terpotong seperempat bagian ketika ingin menunjukkan ke pelanggannya bahwa motor model pesawat yang dijualnya tajam dan berbahaya, namun dikemudian hari ia tidak pernah menyangka bahwa ia akan mengalami misteri medis yang akan berpengaruh besar pada dunia kesehatan. Bukannya mengikuti saran dokter dengan melakukan cangkok kulit untuk menutup bagian atas jarinya setelah amputasi, Spievack mengikuti saran saudara laki-lakinya Alan untuk menaburkan bubuk putih yang merupakan ekstrak kandung kemih babi setiap dua harinya. Selain pernah menjadi ahli bedah Harvard, Alan menjalankan perusahaan bernama ACell Inc. yang membuat ekstrak kandung kemih babi yang dulunya dibuat untuk menumbuhkan kembali ligmen kuda. Dalam waktu empat minggu, jari Spieva [...]

Lovepink Mimpi Wujudkan Klinik ‘Chemo Party’ untuk Pasien Kanker Payudara

Lovepink Mimpi Wujudkan Klinik ‘Chemo Party’ untuk Pasien Kanker Payudara

Senyum berseri menghiasi wajah Samantha Barbara, Ketua Yayasan Daya Dara Indonesia atau lebih dikenal sebagai Lovepink. Satu lagi impiannya bersama anggota yayasan peduli kanker payudara itu terwujud. Impian tersebut adalah memiliki mobil operasional. Bertempat di Graha Asuransi Astra, Senin (12/10/2015), Lovepink yang diwakili Samantha dan Madelina Mutia serta Shanti Persada selaku pendiri Lovepink menerima bantuan berupa sebuah mobil operasional dari Garda Medika, produk asuransi kesehatan dari Asuransi Astra.Menurut Sam, panggilan akrab Samantha, bantuan ini sangat berarti bagi Lovepink untuk menjalankan misi mulianya. Yayasan yang didirikan pada 2012 silam ini memiliki dua misi utama yakni mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemeriksaan sendiri payudara (sadari) sebagai bentuk pencegahan dini dan memberikan dukungan moral bagi mereka yang telah terdiagnosis kanker payudara."Dampak dari bantuan ini akan sangat besar bagi yayasan kami. Selain untuk kebutuhan kampanye, mobil ini akan kami gunakan untuk konseling atau mengantar anggota kami ke dokter bila kondisinya sangat darurat," ujar Sam itu kepada Wolipop usai acara penyerahan bantuan. Bantuan berupa satu unit Toyota New [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *