Inilah 6 Penyebab Utama Jantung Berdebar

jantung-berdebar-deg-degan.jpg

Jantung saya berdegup kencang seperti berlari dan terasa mau copot, jangan-jangan saya sakit jantung! Ya, memang berdebar merupakan salah satu tanda penyakit jantung. Namun, tidak semua berdebar disebabkan oleh kelainan jantung. Berdebar dapat pula disebabkan oleh suatu kondisi psikis atau akibat gaya hidup. Dalam istilah medis berdebar dikenal sebagai palpitasi. Berikut adalah beberapa penyebab berdebar selain gangguan jantung yang perlu Anda ketahui:

  1. Serangan Panik

Bila Anda merasa jantung Anda seperti mau copot terutama saat menghadapi suatu situasi, bisa saja yang Anda alami adalah serangan panik. Gejala lain yang sering menyertai serangan panik adalah gemetar, berkeringat dingin. Serangan panik tidak membahayakan namun dapat terasa sangat mencekam.

Irama jantung yang tidak teratur (aritmia) juga terkadang dapat menyebabkan serangan panik. Oleh sebab itu, sebaiknya tetap periksakan diri ke dokter untuk menyingkirkan kelainan jantung.

Serangan panik yang berulang dapat diatasi dengan terapi perilaku dan pengobatan anti cemas.

Halaman berikut adalah penyebab lainnya jantung berdebar:

Penyebab Lainnya Jantung Berdebar

2. Konsumsi Kafein

Kafein dapat menstimulasi sistem saraf otonom yang merupakan sistem saraf involunter yang mengontrol salah satunya detak jantung. Sehingga yang dapat dirasakan adalah detak jantung yang lebih cepat.

Perhatikan apakah Anda mengonsumsi minuman yang mengandung kafein sebelum mengalami deg-degan. Meskipun demikian bila deg-degan yang Anda alami bertambah parah disertai dengan pusing atau nyeri dada segera ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan.

3. Dekongestan

Dekongestan atau pelega napas seperti pseudoefedrin, fenilpropanolamin yang sering terdapat dalam obat pilek juga merupakan stimulant. Individu yang sensitive dapat mengalami keluhan deg-degan. Bila Anda memiliki riwayat penyakit jantung sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum mengonsumsi dekongestan.

Halaman berikut adalah penyebab lainnya jantung berdebar:

Penyebab Lainnya Jantung Berdebar

4. Dehidrasi

Kehilangan banyak cairan, kurang minum atau gabungan keduanya dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi berat dapat menyebabkan deg-degan, mulut kering, urin pekat dn berwarna gelap dan keram otot.

Dehidrasi dapat menyebabkan perubahan pada elektrolit tubuh dan juga menurunkantekanan darah , hal tersebut menimbulkan stress pada tubuh yang sebagai hasilnya menimbulkan detak jantung yang tidak normal.

Untuk mencegahya selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh minimal 2 L/hari agar tubuh dapat berfungsi dengan normal.

5. Obat-obatan

Selain dekongestan terdapat beberapa jenis obat-obatan lainnya yang dapat menimbulkan deg-degan seperti obat asma dan penyakit tiroid. Sebelum Anda mengonsumsi suatu obat pastikan Anda bertanya dahulu ke dokter mengenai efek samping yang dapat terjadi sehingga Anda tidak akan panic dan kaget saat mengalaminya. Bila keluhan deg-degan setelah mengonsumsi suatu obat berlangsung terus-menerus dan sangat mengganggu, komunikasikan kondisi tersebut dengan dokter yang menangani Anda.

Halaman berikut adalah penyebab lainnya jantung berdebar:

Penyebab Lainnya Jantung Berdebar

6. Anemia

Sebagian besar anemia disebabkan oleh defisiensi zat besi. Bila Anda mengalami anemia berarti tubuh Anda tidak cukup membuat sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen dan nutrisi ke jaringan. Meskipun tidak selalu menimbukan keluhan deg-degan, individu yang mengalami anemia terutama yang kronis dapat mengeluhkan detakan jantung yang lebih kencang.

Karena pada anemia sel darah merahnya hanya sedikit maka jantung berdetak lebih cepat sebagai upaya untuk meningkatkan hantaran oksigen ke jaringan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ini Dia Makanan yang Dapat Mengurangi Nyeri Haid

Ini Dia Makanan yang Dapat Mengurangi Nyeri Haid

Setiap kali haid tiba, sebagian besar wanita akan mengalami nyeri haid, yaitu rasa nyeri yang muncul pada hari pertama hingga hari ketiga menstruasi di bagian sekitar perut. Seringkali hal ini mengganggu aktivitas wanita sehari-hari. Untuk mengatasi nyeri haid, obat anti nyeri yang dapat dibeli bebas dapat membantu. Selain itu perubahan pola makan dan olahraga juga ditemukan dapat mencegah terjadinya nyeri haid. Untuk mencegah nyeri haid, ada beberapa makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi: 1. Makanan tinggi kalsium, seperti kacang-kacangan, kacang almond dan sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam. 2. Makanan tinggi antioksidan seperti buah-buahan (buah beri, ceri, dan sayuran seperti paprika). 3. Hindari makanan yang diolah seperti roti putih, pasta dan gula. 4. Lebih banyak mengkonsumsi daging tanpa lemak, tahu (kacang kedelai) atau kacang-kacangan. 5. Gunakan minyak zaitun atau minyak sayuran untuk memasak. 6. Beberapa wanita menemukan bahwa dengan mengkonsumsi susu kedelai dapat mengurangi nyeri haid. 7. Hindari asam lemak trans seperti yang ditemukan pada makanan yang dipanggang (kue, kentang goreng, donat, makanan yang diproses (sosis, salami, dkk), margarin). 8. Hinda [...]

Hati-hati, Liburan Terlalu Lama sebabkan Kemunduran Otak

Hati-hati, Liburan Terlalu Lama sebabkan Kemunduran Otak

Liburan memang selalu menyenangkan, selain dapat menyegarkan otak yang terkadang penat, liburan juga menjadi alternatif keluarga sebagai ajang kumpul-kumpul. Namun menurut hasil survey yang dilakukan The Hartford, sebuah perusahaan asuransi di Connecticut, 1 juta kasus kemunduran otak atau ?short-term disability? terjadi akibat adanya liburan panjang. Di Amerika, ?short-term disability? banyak terjadi pada bulan November dan Desember, setelah mereka mengalami liburan panjang yang menyenangkan. Namun pada bulan januari dan Februari yang dingin, penyakit kemunduran otak sesaat itu mulai diikuti oleh beberapa penyakit seperti depresi, sakit pernapasan dan luka-luka. Dua pertiga dari partisipan diketahui mengalami gejala tersebut. Para pakar menduga penyakit kemunduran otak sesaat itu disebabkan karena jarangnya otak diasah selama masa liburan. Sedangkan mereka yang mempunyai masalah pernapasan mengalami ?short-term disability? lebih banyak, terutama mereka yang menderita pneumonia (paru-paru). Glenn Shapiro, wakil direktur dari The Hartford yang juga seorang konsultasi kesehatan mengemukakan analisisnya. ?Ketika udara dingin, tubuh tidak sehat dan ditambah dengan liburan panjang, sese [...]

Sering Asam Lambung, Awas Bisa Kanker!

Sering Asam Lambung, Awas Bisa Kanker!

Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau heartburn merupakan suatu kondisi dimana asam lambung kembali naik ke esofagus. Penyakit ini seringkali dianggap remeh dan dianggap seperti sakit maag pada umumnya. Padahal GERD dapat menyebabkankan ke kanker esofagus. Di Amerika, kasus kanker esofagus meningkat sampai 600% dalam 35 tahun terakhir, sekitar 85%-nya tidak bisa bertahan hidup. Hal ini menyebabkan negara ini menetapkan April sebagai Esophaegeal Cancer Awareness Month. Pencegahan adalah kunci utamanya. Pengetahuan adalah kekuatan dan deteksi dini dapat menyelamatkan banyak orang. Jika ditemukan masih stadium awal, kanker esofagus dapat disembuhkan dan mudah diobati. Hindari Tidur Persis Setelah Makan Hal yang harus dilakukan adalah mencegah dan mengatasi GERD. Gejala GERD biasanya berupa nyeri dada, rasa terbakar di dada, rasa pahit di mulut yang biasanya terjadi beberapa menit sampai beberapa jam setelah makan. Penyebab tersering GERD atau naiknya asam lambung yaitu rokok, alkohol, soda, kopi, cokelat, makanan pedas, makanan asam, dan makanan berlemak. GERD juga bisa muncul jika kita makan terlalu banyak atau tiduran setelah makan. Maka dari itu sebaiknya tidak langsung [...]

Penyebab Keputihan Berwarna Kuning

Penyebab Keputihan Berwarna Kuning

Keputihan merupakan salah satu kondisi yang banyak dikeluhkan oleh wanita. Keputihan yang mengalami perubahan warna perlu diwaspadai. Jika keputihan berwarna kuning, kita perlu mencari tahu penyebabnya. Cairan vagina yang normal memiliki berwarna jernih, putih ataupun putih kekuningan. Sedangkan teksturnya beragam, mulai dari encer, lengket dan elastis, hingga tampak lebih kental dan rekat. Kondisi yang Harus Diwaspadai Keputihan berwarna kuning, tergolong tidak normal. Kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal, seperti: Gonore. Ditandai dengan keputihan berwarna kuning ataupun keruh. Gonore juga dapat disertai perdarahan di luar siklus menstruasi, nyeri panggul dan inkontinensia urine. Trikomoniasis. Kondisi ini memungkinkan keputihan berwarna kuning, atau berwarna hijau dan berbusa. Biasanya disertai dengan bau tak sedap, serta rasa nyeri dan gatal saat buang air kecil. Bakteri vanginosis Kondisi ini memungkinkan keputihan berwarna kuning, atau putih dan abu-abu yang berbau amis. Penderitanya juga kemungkinan merasa gatal, dan perih di area kemaluan. Juga tampak kemerahan dan membengkak di sekitar vulva atau vagina. Infeksi jamur. Keputihan dalam kondisi tersebut tampak kuning [...]

6 Penyebab Utama Haid Tidak Teratur

6 Penyebab Utama Haid Tidak Teratur

Terlambat datang bulan atau haid tidak teratur kerap dialami wanita. Selain karena kehamilan, penyebab telatnya menstruasi juga bisa bermacam-macam. Ada yang hanya merupakan gangguan hormon ringan ada pula yang patut diwaspadai karena merupakan pertanda adanya penyakit serius.1. Penurunan Berat Badan yang DrastisBerat badan yang turun drastis dalam waktu singkat bisa berakibat pada telatnya menstruasi. Kondisi gangguan pola makan serius seperti anoreksia dan bulimia adalah penyebab utama orang mengalami penurunan berat badan drastis dan terlambat datang bulan.2. StresDokter spesialis kandungan Alyssa Dweck, M.D., seperti dikutip dari Women's Health menjelaskan bahwa hypothalamus, salah saut bagian dari otak sangat terpengaruh oleh stres. Hypothalamus adalah tempat bernaungnya banyak hormon yang mengatur periode haid. Jadi ketika stres mengganggu kinerja hypothalamus maka produksi hormon pun jadi tak seimbang.3. Gangguan Pada Kelenjar TiroidKelenjar tiroid yang terdapat pada leher berfungsi mengatur metabolisme tubuh Anda. Kelenjar ini juga berinteraksi dengan banyak sistem tubuh yang lain agar berjalan dengan semestinya. Tapi ketika terjadi ketidakseimbangan pada tiroid, baik it [...]

Awas Pewarna Makanan!

Awas Pewarna Makanan!

Kita perlu mengkonsumsi makanan yang sehat. Jika makanan kita sehat, kita dapat menghindari sakit dan menjadi lebih produktif. Seringkali karena keterbatasan waktu, kita tidak memperhatikan lagi apa yang kita makan, dari mana asalnya dan bagaimana proses pembuatanya. Makanan segar, buah dan sayur, lebih berguna bagi tubuh, karena mengandung banyak vitamin & mineral, daripada makanan cepat saji yang sangat rendah nutrisi. Selain rendah nutrisi, makanan dan minuman yang diproses (cepat saji/kaleng/beku/berwarna cerah) biasanya ditambahkan zat aditif. Apa itu zat aditif? Zat aditif adalah segala sesuatu yang bersifat artifisial/buatan yang ditambahkan ke dalam makanan, misalkan: pewarna buatan dan penguat rasa. Pewarna Makanan Banyak penelitian telah dilakukan yang menunjukkan bahwa, warna makanan mempengaruhi bagaimana persepsi kita terhadap makanan. Tanpa warna, selera dan persepsi kita akan makanan menjadi kurang baik. Untuk itulah, pada makanan-makanan yang diproses, industri (besar/kecil) pembuat makanan menambahkan pewarna buatan. Pewarna makanan buatan ini sebenarnya memiliki banyak kontroversi, karena bahaya yang dapat ditimbulkan bagi kesehatan kita [...]

6 Tips Diet Sehat

6 Tips Diet Sehat

oleh: dr. Sophia B. Hage Apabila Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, berhati-hatilah dalam melakukan program diet. Beberapa orang melakukan diet ekstrim dan tak jarang dari mereka yang justru gagal mempertahankan berat badan dengan konsisten sehingga terjadilah diet yoyo, dimana berat badan naik turun seperti yoyo. Berikut ini adalah strategi sehat dan sederhana yang disusun oleh Ashley Koff, penulis Mom Energy. Ia percaya bahwa untuk menurunkan berat badan Anda harus makan jumlah nutrisi yang benar pada setiap waktu makan, yaitu tiga kali porsi makan dan satu kali cemilan sehari. 1. Sarapan! Pastikan Anda mengkonsumsi makanan dalam waktu 45 menit setelah Anda bangun. Hal ini penting karena ketika bangun tidur, tingkat metabolisme tubuh Anda rendah sampai ketika Anda makan. Apabila Anda memasukkan makanan ke dalam tubuh Anda, maka metabolisme Anda meningkat sehingga dapat membakar lemak. Sebagai penutup hari, usahakan makan terakhir paling lambat 3 jam sebelum Anda tidur. Hal ini untuk memastikan bahwa tubuh Anda sudah selesai mencerna makanan sebelum Anda tidur. 2. Makan sering Selama Anda diet, camilan diperbolehkan, tetapi tentunya camilan yang sifatnya sehat dan tinggi [...]

Brokoli & Pisang Raja Menyehatkan Usus

Brokoli & Pisang Raja Menyehatkan Usus

- Sebuah penelitian terbaru di Inggris mengemukakan, ternyata sayuran brokoli dan pisang raja memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan usus. Serat dari brokoli dan juga pisang raja telah diteliti dapat meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap infeksi perut, khususnya bagi penderita penyakit Chron. Jika Anda sering merasakan gejala seperti diare dan juga sakit perut, segera cek ke dokter Anda, siapa tahu Anda terkena penyakit radang usus atau Chron?s disease. Penyakit ini diderita oleh 1 dari 1000 orang, diduga penyebabnya adalah karena aspek lingkungan dan juga genetik. Penyakit ini biasanya terjadi di negara maju, di mana diet dilakukan dengan rendah akan serat dan tinggi akan makanan olahan. Ahli gastrologi, Dr. Barry Campbell dari University of Liverpool Para penelliti di University of Liverpool menemukan bahwa serat dari brokoli dan pisang raja memang mempunyai manfaat untuk kesehatan usus. Sedangkan makanan olahan yang melalui proses manufaktur mempunyai efek sebaliknya terhadap usus. Menurut Dr. Barry Campbell dari University of Liverpool, penelitian ini menunjukkan perbedaan dari komponen makanan diet yang mempunyai efek kuat dalam hal p [...]

Waspadai Kebiasaan Anak Tidur Mengorok

Waspadai Kebiasaan Anak Tidur Mengorok

Ada baiknya bila orangtua mulai memerhatikan anak Anda pada saat tidur. Tidur mengorok pada anak anak belum tentu berarti anak tertidur pulas. Justru sebaliknya, hal ini perlu menjadi perhatian khusus karena dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya; Tertutupnya jalan napas, Kelainan di sistem saraf pusat, Karena terdapatnya kelemahan otot-otot pernapasan. Inilah penyebab berbahaya tersering anak mengorok saat tidur. Waspadai Kebiasaan Anak Tidur Mengorok Penyebab tersering mengorok pada anak yaitu tertutupnya jalan napas akibat pembesaran tonsil (amandel). Pada anak-anak dengan tonsillitis kronik, tonsil akan membesar hingga dapat menutupi jalan napas. Hal ini dapat mengakibatkan beberapa hal dari yang ringan seperti tersedak, hingga yang terberatnya yakni kematian. Dampak pada anak yang tidur mengorok: Menurunnya kemampuan berkonsentrasi Anak yang mengalami gangguan tidur, biasanya sering terbangun saat malam hari karena sesak. Terkadang walau tidak sampai terbangun, namun kualitas tidur si kecil tidak maksimal sehingga pada saat siang hari akan terasa mengantuk. Hal ini secara tidak langsung akan berdampak terhadap banyak hal, se [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *