Inilah 6 Penyebab Utama Jantung Berdebar

jantung-berdebar-deg-degan.jpg

Jantung saya berdegup kencang seperti berlari dan terasa mau copot, jangan-jangan saya sakit jantung! Ya, memang berdebar merupakan salah satu tanda penyakit jantung. Namun, tidak semua berdebar disebabkan oleh kelainan jantung. Berdebar dapat pula disebabkan oleh suatu kondisi psikis atau akibat gaya hidup. Dalam istilah medis berdebar dikenal sebagai palpitasi. Berikut adalah beberapa penyebab berdebar selain gangguan jantung yang perlu Anda ketahui:

  1. Serangan Panik

Bila Anda merasa jantung Anda seperti mau copot terutama saat menghadapi suatu situasi, bisa saja yang Anda alami adalah serangan panik. Gejala lain yang sering menyertai serangan panik adalah gemetar, berkeringat dingin. Serangan panik tidak membahayakan namun dapat terasa sangat mencekam.

Irama jantung yang tidak teratur (aritmia) juga terkadang dapat menyebabkan serangan panik. Oleh sebab itu, sebaiknya tetap periksakan diri ke dokter untuk menyingkirkan kelainan jantung.

Serangan panik yang berulang dapat diatasi dengan terapi perilaku dan pengobatan anti cemas.

Halaman berikut adalah penyebab lainnya jantung berdebar:

Penyebab Lainnya Jantung Berdebar

2. Konsumsi Kafein

Kafein dapat menstimulasi sistem saraf otonom yang merupakan sistem saraf involunter yang mengontrol salah satunya detak jantung. Sehingga yang dapat dirasakan adalah detak jantung yang lebih cepat.

Perhatikan apakah Anda mengonsumsi minuman yang mengandung kafein sebelum mengalami deg-degan. Meskipun demikian bila deg-degan yang Anda alami bertambah parah disertai dengan pusing atau nyeri dada segera ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan.

3. Dekongestan

Dekongestan atau pelega napas seperti pseudoefedrin, fenilpropanolamin yang sering terdapat dalam obat pilek juga merupakan stimulant. Individu yang sensitive dapat mengalami keluhan deg-degan. Bila Anda memiliki riwayat penyakit jantung sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum mengonsumsi dekongestan.

Halaman berikut adalah penyebab lainnya jantung berdebar:

Penyebab Lainnya Jantung Berdebar

4. Dehidrasi

Kehilangan banyak cairan, kurang minum atau gabungan keduanya dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi berat dapat menyebabkan deg-degan, mulut kering, urin pekat dn berwarna gelap dan keram otot.

Dehidrasi dapat menyebabkan perubahan pada elektrolit tubuh dan juga menurunkantekanan darah , hal tersebut menimbulkan stress pada tubuh yang sebagai hasilnya menimbulkan detak jantung yang tidak normal.

Untuk mencegahya selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh minimal 2 L/hari agar tubuh dapat berfungsi dengan normal.

5. Obat-obatan

Selain dekongestan terdapat beberapa jenis obat-obatan lainnya yang dapat menimbulkan deg-degan seperti obat asma dan penyakit tiroid. Sebelum Anda mengonsumsi suatu obat pastikan Anda bertanya dahulu ke dokter mengenai efek samping yang dapat terjadi sehingga Anda tidak akan panic dan kaget saat mengalaminya. Bila keluhan deg-degan setelah mengonsumsi suatu obat berlangsung terus-menerus dan sangat mengganggu, komunikasikan kondisi tersebut dengan dokter yang menangani Anda.

Halaman berikut adalah penyebab lainnya jantung berdebar:

Penyebab Lainnya Jantung Berdebar

6. Anemia

Sebagian besar anemia disebabkan oleh defisiensi zat besi. Bila Anda mengalami anemia berarti tubuh Anda tidak cukup membuat sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen dan nutrisi ke jaringan. Meskipun tidak selalu menimbukan keluhan deg-degan, individu yang mengalami anemia terutama yang kronis dapat mengeluhkan detakan jantung yang lebih kencang.

Karena pada anemia sel darah merahnya hanya sedikit maka jantung berdetak lebih cepat sebagai upaya untuk meningkatkan hantaran oksigen ke jaringan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Apa Saja Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Probiotik?

Apa Saja Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Probiotik?

Selama ini probiotik dikenal manfaatnya sebagai penetral mikoroorganisme di dalam perut. Tapi nyatanya probiotik memiliki beragam manfaat lain terhadap tubuh. Apa saja?Seperti yang dikutip dari sheknows, probiotik adalah mikroorganisme (termasuk ragi) yang baik dan dapat meningkatkan kesehatan seseorang. Probiotik ditemukan dalam beberapa jenis makanan tertentu, termasuk makanan fermentasi. Dalam tubuh manusia sendiri, terdapat bakteri baik dan buruk, untuk itu diperlukan keseimbangan untuk kesehatan yang optimal. Menambahkan sejumlah probiotik dalam tubuh dan menu makan Anda, akan memberikan banyak manfaat, termasuk meningkatkan fungsi usus dan membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh.Peneliti di International University di Barcelona Spanyol juga berhasil menemukan efek probiotik pada radang gusi, bau mulut dan perkembangan rongga mulut. Probiotik menunjukkan hasil yang positif, untuk meningkatkan kesehatan mulut baik dikonsumsi sendiri atau sebagai bagian dari formula."Orang-orang yang mengonsumsi susu probiotik selama 7 bulan menunjukkan penurunan gigi berlubang. Kami juga telah mengamati ketika probiotik diberikan langsung ke gusi. Hal tersebut memang menunjukkan penur [...]

5 Kiat Ginjal Sehat

5 Kiat Ginjal Sehat

Oleh: dr. Sophia B. Hage Ginjal adalah organ penting dalam tubuh kita. Ginjal berfungsi untuk menjaga keseimbangan kimia darah dan menjaga sirkulasi darah tetap bersih dengan membuang ?sampah? yang terkumpul dalam darah. Setiap hari, ginjal kita memproses atau menyaring kurang lebih 200 liter darah, jumlah yang tidak sedikit tentunya. Akan tetapi, sayangnya kita seringkali tidak ingat untuk memelihara kesehatan ginjal supaya ia dapat berfungsi secara optimal. Dalam acara seminar Hidrasi Sehat saat Berolahraga yang berlangsung di Ritz Carlton tanggal 11 Juni 2013, dr. Bambang Jarwoto, SpPD-KGH mengatakan bahwa sebenarnya ada kiat-kiat mudah untuk menjaga fungsi ginjal kita. Dokter spesialis penyakit dalam lulusan Universitas Gajah Mada Yogyakarta ini menyebutkan 5 hal yang penting dilakukan, yaitu: Gula darah terkendali. Kadar gula darah yang tinggi dapat membuat ginjal bekerja terlalu berat sehingga menggangu fungsi kerjanya secara umum. Hal ini disebabkan karena kadar gula darah yang tinggi membuat ginjal menyaring terlalu banyak darah (volume tinggi). Apabila ginjal bekerja terlalu berat, lama kelamaan performanya akan menurun dan akan terjadi kebocoran dari saringannya. I [...]

Mencermati Anatomi Telinga dan Proses Pendengaran

Mencermati Anatomi Telinga dan Proses Pendengaran

Suara percakapan orang-orang di sekeliling Anda, bunyi musik, serta bisingnya suara kendaraan bermotor sudah menjadi hal yang biasa didengar. Namun ternyata proses pengolahan suara oleh organ telinga tidaklah sesederhana yang kita kira. Selain berperan mengumpulkan dan memproses suara sehingga menjadi sinyal yang sampai ke otak, telinga juga memiliki fungsi menjaga tubuh Anda tetap seimbang. Organ pendengaran ini memastikan Anda tidak akan terjatuh saat membungkuk mengambil barang dari lantai atau berdiri dari posisi jongkok. Mengenali anatomi telinga dapat membuat kita lebih dapat menghargai dan menjaga kesehatan organ pendengaran ini. Tiga Bagian Telinga Telinga terdiri dari tiga bagian besar. Masing-masing terdiri dari struktur yang memegang peranan berbeda dalam proses mengubah gelombang suara untuk mencapai otak. Telinga bagian luar Telinga bagian luar terdiri dari bagian telinga yang nampak secara fisik, yaitu pinna dan lubang telinga. Pinna adalah daun telinga yang dapat terlihat dari luar. Bentuknya menyerupai mangkok yang mengumpulkan gelombang suara dari sekitar dan meneruskannya ke dalam lubang telinga. Telinga bagian luar ini juga terdiri dari saluran telinga tempatny [...]

Rajin Makan Selada Bisa Bantu Cegah Kanker

Rajin Makan Selada Bisa Bantu Cegah Kanker

Suka makan salad? Kalau begitu pastikan selada selalu ada dalam campuran salad Anda. Sayuran hijau yang renyah ini ternyata punya berbagai manfaat bagi kesehatan, salah satunya mencegah kanker.Suka makan salad? Pastikan selada selalu ada dalam campuran salad Anda. Sayuran hijau yang renyah ini ternyata punya berbagai manfaat bagi kesehatan, karena menyimpan banyak nutrisi.Beberapa nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari 'the king of salad' ini di antaranya klorofil, vitamin K, C, A, kalsium, serat, folat dan zat besi. Bukan itu saja, selada juga merupakan sumber vitamin B6, lycopene, potasium dan alkaloid (zat yang menyembuhkan). Jenis selada tertentu, seperti selada merah bahkan punya kandungan anti-oksidan yang bisa menghancurkan radikal bebas (penyebab rusaknya sel tubuh).Masih ada banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dengan rajin mengonsumsi selada. Ini dia enam manfaatnya, seperti dikutip dari Lifemojo.1. Mencegah KankerMenurut American Cancer Institute dan American Cancer Society, vitamin A dan C bisa membantu mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara dan kanker usus. Selada, mengandung banyak dua vitamin tersebut dan direkomendasikan para ahli untuk dikonsu [...]

Masker Madu Murni, Cara Alami untuk Mengatasi Jerawat

Masker Madu Murni, Cara Alami untuk Mengatasi Jerawat

Jika dikonsumsi secara rutin, madu murni bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan menjaga stamina. Ketika dicampur air hangat dan lemon atau jeruk nipis, madu juga diyakini bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh sehingga Anda menjadi jarang sakit.Selain itu, madu ternyata juga bisa digunakan untuk merawat kulit, khususnya untuk kulit berjerawat. Seperti dikutip dari Daily Mail, madu murni memiliki khasiat melembabkan dan bisa sebagai antiseptik alami. Madu juga memiliki beberapa komponen yang bisa memperbaiki kondisi kulit.Karena madu merupakan antibakteri dan antijamur alami, salah satu bahan dapur ini pun bisa digunakan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat pada wajah. Kandungan antibakteri dan antiseptik itu adalah hidrogen peroksida. Di perusahaan kimia, zat ini biasa dimasukkan dalam produk pembasmi jerawat, biasanya dalam persentase kecil (tak lebih dari 0,5 persen). Hidrogen peroksida umumnya hadir dalam bentuk krim totol jerawat atau sabun pembersih wajah.Namun pada beberapa orang, krim atau sabun mengandung hidrogen peroksida ini bisa cukup keras. Pada kulit sensitif, bahan ini bisa menyebabkan iritasi berupa kulit kemerahan, penebalan pada kulit dan gatal-ga [...]

Apa Penyebab Kaki Bengkak Setelah Melahirkan?

Apa Penyebab Kaki Bengkak Setelah Melahirkan?

Anda sudah melahirkan, tapi kedua kaki masih terasa bengkak dan ukuran sepatu tidak kunjung kembali seperti semula? Apakah kondisi ini berbahaya? Kaki bengkak atau edema tungkai ini sebenarnya adalah hal yang normal dan umumnya akan mereda dalam waktu kurang lebih 10 hari. Mengapa Dapat Terjadi Kaki Bengkak? Kaki bengkak disebabkan oleh adanya beberapa perubahan dalam tubuh oleh karena proses kehamilan dan kelahiran, antara lain: Penumpukan cairan di dalam tubuh Pada saat kehamilan, tubuh memproduksi lebih banyak hormone estrogen dan progesteron. Peningkatan hormon ini dapat menyebabkan retensi atau penumpukan cairan di tubuh, termasuk pada tungkai. Rahim yang membesar Rahim yang kian membesar dapat menekan pembuluh vena di kaki sehingga aliran darah balik dari bagian-bagian bawah tubuh menjadi terhambat. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa terjadi penumpukan cairan di tungkai pada saat kehamilan. Setelah melahirkan, rahim mendorong darah ke bagian bawah tubuh. Akibatnya perlu beberapa hari setelah persalinan untuk pembengkakan pada kaki mereda. Cairan infus Selama proses persalinan, terutama jika menjalani caesar, Anda barangkali juga menerima cairan infus sehingga jumla [...]

Angka Kematian Ibu Melahirkan Masih Perlu Perhatian

Angka Kematian Ibu Melahirkan Masih Perlu Perhatian

Angka kematian ibu melahirkan di Indonesia masih tergolong tinggi. Dengan angka 228/100 kelahiran hidup, kematian pada ibu melahirkan di Indonesia disebabkan oleh status kesehatan pada ibu dan juga bayi dalam kandungan. Tingginya angka kematian ibu melahirkan juga dipicu masih rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mendapatkan jaminan untuk hidup dalam proses persalinan, wabil khusus bagi penduduk di pedalaman maupun yang tinggal jauh dari tempat persalinan medis. Lebih lanjut, sebenarnya risiko kematian ibu melahirkan di Tanah Air akan dapat ditekan sekecil mungkin oleh pemerintah dengan memberikan berbagai jaminan kesehatan bagi masyarakat. Dimana salah satu usaha dan agen perubahan dalam khusus isu ini adalah para bidan-bidan di seluruh Indonesia. "Bidan adalah ujung tombak pemeran penekan angka kematian bayi dan ibu melahirkan," tutur Ketua Ikatan Bidan Indonesia, DR. Harni Koesno pada saat akan memberikan penghargaan Srikandi Award 2010, di Balai Kartini (21/12) lalu. "Bidan juga mengambil peran penting dalam suksesi pencapaian target MDGs," tambah beliau. Program penganugerahan penghargaan kepada bidan-bidan terpilih atas prestasi gemilang dari dedikasi [...]

Botox Bisa Hilangkan Kemampuan Berempati

Botox Bisa Hilangkan Kemampuan Berempati

Botox kerap digunakan untuk mencegah keriput di wajah. Tapi berhati-hatilah terhadap efek sampingnya. Menurut sebuah penelitian, botox bisa menghilangkan kemampuan berempati seseorang.Kesimpulan tersebut didapat dari penelitian yang diterbitkan dalam jurnal 'Social Psychology and Personality Science'. Penelitian itu menemukan bahwa botox tidak hanya membuat otot-otot wajah jadi mati rasa, tetapi juga membuat Anda tidak peka terhadap emosi orang lain.Menurut David Neal, profesor psikologi dari University of Southern California, "jika sinyal otot dari wajah ke otak dibasahi, Anda jadi kurang bisa membaca emosi. Kita bisa mengidentifikasi emosi dengan cara meniru ekspresi wajahnya. Jadi ketika kita tidak bisa meniru ekspresi seseorang karena botox, maka ia akan sulit memahami emosi seseorang."Neal dan tim penelitiannya membandingkan efek botox dengan Restylane (trend terbaru dalam bidang operasi plastik yang menggunakan asam hyaluroic dalam tubuh, khususnya jaringan tubuh). Hasil yang ditemukan,"ketika otot-otot wajah basah, Anda buruk terhadap persepsi emosi, dan ketika otot-otot wajah diperkuat, Anda justru lebih baik terhadap persepsi emosi."Penelitian Neal ini tampaknya saling [...]

Ini Makanan yang Dianjurkan dan Harus Dihindari Saat Baru Buka Puasa

Ini Makanan yang Dianjurkan dan Harus Dihindari Saat Baru Buka Puasa

Umumnya asupan makanan saat Ramadhan tidak terkontrol dari hari biasanya karena banyak orang tidak bisa menahan nafsu makan setelah berbuka puasa. Tidak sedikit orang yang kalap menyantap hidangan berbuka untuk 'balas dendam' setelah seharian menahan haus dan lapar.Pakar gizi dan nutrisi, Prof. Hardinsyah, MS, menjelaskan, pola makan saat puasa harus tetap dikontrol demi kesehatan Anda. Perhatikan makanan yang akan dikonsumsi sebelum berbuka puasa. Ia menganjurkan sebaiknya memilih makanan ringan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks ketika baru berbuka."Makanan kecil dulu termasuk air putih, kurma, pepaya, dan segala macam buah," tutur pria yang akrab disapa Hardin itu saat berbincang-bincang dengan wolipop melalui telepon, Kamis (18/7/2013).Buah menjadi hidangan yang baik untuk berbuka puasa. Namun ada beberapa buah yang harus dihindari karena memiliki kandungan asam tinggi. Buah-buahan yang mengandung asam bisa membuat lambung perih sehingga menimbulkan rasa sakit serta perasaan tidak nyaman. Selain buah yang asam, semua buah bisa menjadi pilihan namun tetap pada prinsip tidak makan berlebihan.Usai mengonsumsi makanan kecil, ayah tiga anak ini menyarankan sebaiknya memb [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *