Inilah 6 Vitamin Untuk Kulit Yang Wajib Dimiliki Tubuh

inilah-6-vitamin-untuk-kulit-yang-wajib-dimiliki-tubuh-alodokter.jpg

Dalam bentuk apa pun, manfaat vitamin untuk kulit sangatlah signifikan. Tercukupinya kebutuhan vitamin akan membuat kulit lebih bercahaya, lebih sehat, bahkan terlibat lebih muda.

Kondisi kulit bisa dijadikan sebagai indikator kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika kulit mengalami banyak masalah, kemungkinan kesehatan Anda tidak seprima yang dikira. Hal penting yang harus diperhatikan adalah kecukupan kebutuhan nutrisi Anda.

Kesehatan kulit tidak hanya dipengaruhi oleh kebutuhan vitamin yang dioleskan, namun terutama dari asupan makanan. Berikut ini adalah beberapa vitamin yang memiliki peran penting bagi kondisi kulit.

Vitamin A

Gangguan kulit bisa diderita jika seseorang mengalami kekurangan vitamin A. Kulit kering atau kulit bersisik adalah gangguan yang erat kaitannya dengan terlalu rendahnya kadar vitamin A dalam tubuh. Jika mengalami gangguan ini, Anda dapat menambahkan vitamin A dalam diet. Bagi kulit, vitamin ini berfungsi sebagai pendukung dalam memelihara dan memperbaiki jaringan kulit.

Untuk mendapatkan pasokan vitamin ini, Anda bisa mengonsumsi keju, telur, susu, yoghurt, atau ikan yang mengandung minyak. Sayuran berwarna kuning, merah, dan hijau seperti bayam, wortel, ubi jalar, dan paprika merah juga merupakan sumber vitamin A yang baik. Mangga, pepaya, dan aprikot adalah buah-buahan yang kaya akan vitamin ini juga.

Vitamin B

Salah satu indikasi seseorang mengalami kekurangan vitamin B adalah adalah kondisi kulit kering atau gatal. Vitamin B, terutama antioksidan yang berasal dari vitamin B-6, diprediksi mampu memberikan perlindungan bagi kulit dari kerusakan akibat cahaya matahari dan kondisi kulit keriput ketika dioleskan. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin B yang penting untuk regenerasi sel-sel kulit, antara lain daging ayam, telur, dan produk sereal yang diperkaya vitamin B.

Vitamin C

Vitamin C penting bagi kulit karena berguna untuk melawan efek buruk paparan sinar matahari. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, asap, dan polusi. Tanpa perlawanan antioksidan, radikal bebas dapat leluasa menghancurkan kolagen dan elastin sehingga kulit menjadi cepat keriput hingga mengalami penuaan dini.

Selain dikonsumsi, mengoleskan krim yang mengandung vitamin C dapat membantu produksi kolagen kulit. Krim yang baik juga mengandung asam L-askorbat vitamin C karena hanya zat ini mampu menembus lapisan kulit.

Sumber makanan yang paling terkenal dan terbukti sangat baik sebagai asupan vitamin adalah jeruk atau buah sitrus, apa pun jenisnya. Buah-buahan lain yang juga mengandung vitamin ini adalah pepaya, stroberi, nanas, kiwi, melon, semangka, apel, pir, dan pisang.

Vitamin D

Hampir semua orang tahu mengenai fungsi vitamin D adalah sebagai pendukung proses penyerapan kalsium oleh tulang. Namun ternyata vitamin ini juga memiliki efek positif dalam pengobatan psoriasis.

Vitamin D3, dengan versi buatan manusianya berupa calcitriol, efektif dalam membantu mengobati pasien psoriasis. Calcitriol membantu pasien dengan gangguan autoimun pada kulit dengan cara mengurangi peradangan dan iritasi.

Vitamin D didapatkan melalui reaksi tubuh secara alami di bagian bawah kulit saat terpajan cahaya matahari. Selain itu, vitamin ini bisa juga didapatkan dari daging ikan salmon, daging ikan sarden, makarel, telur, sereal, dan susu bubuk yang diperkaya vitamin D.

Vitamin E

Kandungan antioksidan di dalam vitamin E membantu mengurangi efek berbahaya sinar matahari pada kulit. Antioksidan ini juga penting dalam mengurangi risiko terkena kanker. Selain itu, vitamin ini ikut berperan dalam mengurangi keriput dan membantu kulit terasa halus.

Vitamin ini dapat berbentuk losion, krim, atau serum. Untuk mengoptimalkan fungsi mengurangi kerusakan akibat sinar matahari, lebih baik vitamin E dikombinasikan dengan vitamin C. Yang patut diperhatikan adalah jangan sampai dosisnya melebihi 400 unit tiap hari.

Beberapa sumber vitamin E yang bisa dikonsumsi adalah kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji gandum dalam produk sereal. Selain itu, vitamin ini bisa ditemukan dalam minyak tumbuhan, seperti minyak kedelai, minyak jagung, dan minyak zaitun.

Vitamin K

Pada umumnya, vitamin K dapat diperoleh dari krim kulit. Krim ini biasa diberikan pada pasien yang baru saja menjalani operasi. Tujuannya untuk membantu mempercepat pembekuan darah dan memar.

Krim topikal yang mengandung vitamin K dinilai mampu membantu mengobati iritasi kulit, mulai dari bekas luka, stretch mark, hingga lingkaran hitam di bawah mata. Selain dalam bentuk krim topikal, vitamin K juga bisa ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, seperti brokoli, bayam, minyak nabati, dan biji-bijian sereal.

Kulit yang sehat membutuhkan asupan vitamin-vitamin yang tepat dan seimbang. Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan suplemen atau krim, pastikan produk tersebut aman dan cocok untuk kulit Anda. Cara terbaik memenuhi kebutuhan nutrisi kulit adalah mengonsumsi berbagai macam sayuran dan buah-buahan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Wanita Bekerja Lebih Rentan Terkena Diabetes

Wanita Bekerja Lebih Rentan Terkena Diabetes

Oleh: dr. Jessica Florencia Penelitian terbaru yang dilakukan pada 3205 wanita dan 2227 pria usia 35-65 tahun di Stockholm Diabetes Prevention Program menunjukkan bahwa beban pekerjaan yang tinggi dan menyebabkan stres berpengaruh terhadap terjadinya penyakit diabetes melitus tipe 2. Bahkan, risiko terjadinya diabetes tipe 2 meningkat pada wanita lebih tinggi daripada pada pria. Penelitian menggunakan metode pengamatan ke masa depan. Pada pengamatan dalam jangka waktu 8-10 tahun, kelompok wanita ternyata lebih rentan mendapatkan diabetes melitus tipe 2. Lebih jauh lagi penelitian ini menemukan bahwa wanita dengan tuntutan pekerjaan tinggi (tidak adanya kebebasan mengambil keputusan dalam bekerja) 2 kali lebih rentan mengidap diabetes melitus tipe 2 ketimbang wanita yang dapat bekerja dengan kebebasan mengambil keputusan dalam pekerjaan. Stres dalam pekerjaan juga mempengaruhi perkembangan diabetes melitus tipe 2 pada pria, namun tidak sebesar pengaruhnya pada wanita. Bahkan pada pria yang dapat bekerja dengan kebebasan mengambil keputusan, risiko untuk terjadi diabetes melitus tipe 2 menjadi lebih rendah lagi. Penelitian serupa juga pernah dilakukan untuk meneliti pengaruh stres da [...]

Jumlah Garam yang Aman Dikonsumsi Tubuh

Jumlah Garam yang Aman Dikonsumsi Tubuh

Selain berfungsi menambah rasa pada makanan, garam juga berguna untuk memaksimalkan kerja saraf dan otot. Namun, mengonsumsi secara berlebihan juga bisa memberikan dampak buruk. Lalu berapa jumlah garam yang aman dikonsumsi?Seperti yang dikutip Lifemojo, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi garam terlalu banyak berakibat buruk pada kesehatan. Salah satu di antaranya, kadar garam berlebih dapat meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi (hipertensi) dan bagi para penderita osteoporosis dianjurkan untuk lebih sedikit saat mengonsumsi garam.Berdasarkan ukuran rata-rata manusia, orang dewasa membutuhkan paling banyak 4,2 gram dan minimal 1,5 gram per harinya. Sedangkan pemerintah mengimbau agar orang dewasa mengonsumsi 6 gram dan untuk anak-anak, kurang dari 6 gram.Tetapi pada kenyataannya, konsumsi garam rata-rata pada orang dewasa bisa mencapai dua kali lipatnya, 10 hingga 12 gram. Hal ini masih menjadi perdebatan bagi beberapa pihak, menurut organisasi pro-garam setiap tubuh yang sehat akan memproses garam yang dibutuhkan dan sisanya akan dibuang oleh ginjal.Untuk menghindari kelebihan garam dalam tubuh, biasakan untuk menghindari atau paling tidak mengontrol mak [...]

Apakah Kondom Baik untuk Vagina?

Apakah Kondom Baik untuk Vagina?

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Selain mencegah kehamilan yang tidak direncanakan, serta mencegah penularan infeksi penyakit kelamin, ternyata kondom juga memiliki fungsi perlindungan terhadap vagina. Dengan cara apa? Penelitian terbaru yang dipublikasikan di negara Cina menyatakan bahwa kondom dapat memicu perkembangan bakteria (flora) ?baik? atau ?menguntungkan? dalam vagina. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang aktif secara seksual dan menggunakan kondom memiliki flora (bakteri) menguntungkan di dalam vagina lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang memakai jenis kontrasepsi tipe lain. Bakteri yang mereka teliti adalah Lactobacillus. Para peneliti dari Beijing Friendship Hospital meniliti wanita menikah yang berasal dari Cina dengan usia antara 18 ? 45 tahun yang tidak menggunakan kontrasepsi hormonal. Daintara subjek, 72 orang wanita menggunakan kondom, 57 subjek memakai IUD (spiral) dan 35 wanita menggunakan metode tanggalan. Para peneliti mefokuskan penelitian pada bakteri lactobacillus, yaitu sekelompok bakteri yang secara normal berada dalam vagina pada kebanyakan wanita. Bakteri ini memproduksi asam laktat dan hydrogen peroxide, yang membantu memelihara keasaman da [...]

4 Cedera yang Sering Terjadi Saat Liburan

4 Cedera yang Sering Terjadi Saat Liburan

Liburan yang menyenangkan bisa berakhir menjadi bencana jika Anda tidak berhati-hati. Seperti yang dikutip dari MSN, berikut ini lima kasus cedera serta masalah kesehatan paling umum terjadi saat liburan. Apa saja?1. Bahaya Dekorasi Banyak orang yang dilarikan ke UGD (Unit Gawat Darurat) selama liburan karena terjatuh dari atap, tangga, kursi dan permukaan yang mudah goyah lainnya saat sedang mendekorasi rumah mereka. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memperkirakan bahwa ada sebanyak 5.800 orang yang masuk ke UGD selama 1 Desember hingga 31 Januari tiap tahunnya. Rata-rata mereka mengalami memar dan patah tulang. Selain terjatuh dari tangga, banyak juga orang yang terjatuh akibat tersandung pohon dan ornamen Natal.2. Membawa Barang Berat Seperti Santa Klaus Membeli perlengkapan Natal, dan liburan, berburu barang diskon di akhir tahun, membersihkan rumah atau kegiatan lain yang mengharuskan Anda membawa beban berat pada tubuh bisa menimbulkan rasa nyeri pada persendian. Dilaporkan bahwa pengunjung dokter yang menyediakan perawatan chiropractic mengalami peningkatan pasien pada Desember hingga Januari. Chiropractic sendiri, merupakan ilmu pengobatan alternatif ilmia [...]

Penanganan Vertigo secara Mandiri

Penanganan Vertigo secara Mandiri

Secara umum, terdapat panduan penanganan vertigo yang dapat dilakukan di rumah. Setelah memeriksakan diri ke dokter dan mendapatkan pengobatan, Anda tetap perlu menjaga diri untuk mengantisipasi jika mengalami serangan vertigo, maupun untuk mengurangi gejala-gejalanya selama ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi panduan penanganan. Gunakan penerangan yang baik jika Anda bangun dari tempat tidur di malam hari. Segera duduk. Jika tetap berdiri, maka Anda berisiko kehilangan keseimbangan, terjatuh, dan mengalami luka serius. Saat sedang tidur: Hindari berbaring miring bertumpu pada sisi kepala yang mengalami vertigo. Berbaringlah dengan kepala yang lebih tinggi dari tubuh, misalnya dengan menggunakan dua bantal yang ditumpuk. Bergeraklah perlahan-lahan saat bangun di pagi hari. Ambil waktu sejenak sebelum Anda bangkit dan berjalan dari tempat tidur. Hindari berbaring miring bertumpu pada sisi kepala yang mengalami vertigo. Berbaringlah dengan kepala yang lebih tinggi dari tubuh, misalnya dengan menggunakan dua bantal yang ditumpuk. Bergeraklah perlahan-lahan saat bangun di pagi hari. Ambil waktu sejenak sebelum Anda bangkit dan berjalan dari tempat tidur. Sela [...]

Hindari Makanan Ini Jika Anda Alergi Kacang

Hindari Makanan Ini Jika Anda Alergi Kacang

Jika tes alergi menunjukkan bahwa Anda memiliki alergi terhadap kacang tanah dan kacang pohon, dokter akan memberikan panduan mengenai apa yang harus dilakukan. Satu-satunya cara untuk mengatasi alergi kacang adalah dengan menghindarinya. Menghindari kacang berarti tidak hanya dengan tidak mengkonsumsi kacang, tetapi juga tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kacang di dalamnya. Cara terbaik untuk mengetahui makanan yang tidak mengandung kacang adalah dengan membaca label komposisi kandungan makanan tersebut. Berikut adalah contoh dari kidshealth.org mengenai beberapa makanan yang memiliki resiko tinggi bagi seseorang yang memiliki alergi kacang. Kue dan Makanan yang Dipanggang. Meskipun makanan yang dipanggang tidak memiliki kandungan kacang, ada kemungkinan makanan tersebut memiliki kontak dengan kacang melalui kontaminasi silang. Kecuali jika Anda mengetahui dengan pasti apa saja yang terkandung di dalam makanan tersebut, makanan apa saja yang pernah ada di dalam panggangan, dan dimana makanan tersebut dibuat, maka akan lebih baik untuk menghindari makanan yang dipanggang yang terdapat di toko-toko. Permen. Permen yang diproduksi oleh industri kecil atau [...]

Cara Aman Memutihkan Gigi

Cara Aman Memutihkan Gigi

Gigi putih cemerlang menjadi idaman yang membuat seseorang terlihat menarik saat tersenyum sehingga bisa meningkatkan kepercayaan diri. Segala cara dilakukan untuk bikin gigi putih termasuk melakukan pemutihan (bleaching) gigi. Amankan proses bleaching itu?"Proses memutihkan gigi atau bleaching bisa dibilang aman tapi bisa juga dibilang tidak aman, ini tergantung dari bahan dan dosis yang digunakan. Jika menggunakan peroksida umumnya bisa menyebabkan gigi menjadi rusak," ujar drg Armasastra Bahar, PhD, saat dihubungi detikHealth, Rabu (24/3/2010).Bleaching gigi biasanya dilakukan untuk menghilangkan warna gigi yang kuning atau kusam akibat sisa-sisa makanan seperti kopi, coklat, rokok, obat atau ada juga yang warnanya berubah karena terjadi perubahan struktur di dalam gigi.drg Armasastra menuturkan bleaching gigi bisa saja dilakukan jika warnanya memang sudah sangat mengganggu dan dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Tapi menurutnya gigi yang berwarna gading lebih baik dibandingkan dengan gigi putih, karena gigi yang terlalu putih menunjukkan struktur yang kurang kuat."Jika warna gigi berubah akibat sisa-sisa makanan maka bisa dihilangkan dengan perawatan ke dokter gigi [...]

Nia Dinata Jaga Tubuh Tetap Bugar dengan Cara Alami, Seperti Apa?

Nia Dinata Jaga Tubuh Tetap Bugar dengan Cara Alami, Seperti Apa?

Sutradara dan produser Nia Dinata, memiliki jadwal yang padat setiap hari. Meski memiliki segudang aktivitas dalam membuat film, wanita 45 tahun ini mengaku jarang sakit. Ketika sakit pun sutradara Arisan! itu jarang ke dokter karena lebih suka menyembuhkannya dengan cara alami. Apa resep alami yang dimiliki Nia untuk menjaga tubuh agar tetap bugar?Ketika berbincang di Plaza Senayan, Nia menuturkan bahwa resep ampuh agar tubuh selalu segar dan tidak mudah sakit adalah yoga. Sebagai pecinta gaya hidup sehat dia memiliki rutinitas yoga setiap hari minimal setengah jam.Menurutnya yoga bisa menghilangkan beban pikiran serta membuat tubuh lebih rileks. Produser dari film 'Quickie Express' itu pun mengajak anaknya mempraktekkan yoga. Selain yoga, Nia juga menerapkan pola makan sehat serta mengonsumsi bahan-bahan alami untuk mencegah penyakit."Aku ajak anak yoga dan mereka ketawa-tawa saat diajarin yoga. Kalau anak lagi sakit, aku ajarkan gerakan ini, itu (yoga). Baru setelah itu minum air jahe. Aku jarang banget minum obat karena banyak bahan kimianya," tutur Nia pada Wolipop belum lama ini.Ibu dua anak itu menambahkan, saat tubuh butuh asupan vitamin ia tidak pernah mengandalkan supl [...]

Hanya 2,3% Orang Indonesia Sikat Gigi dengan Benar, Anda Salah Satunya?

Hanya 2,3% Orang Indonesia Sikat Gigi dengan Benar, Anda Salah Satunya?

?Hampir semua orang tentu sudah mengerti pentingnya merawat kesehatan mulut dan gigi. Untuk itu, rutinitas membersihkan gigi harus dilakukan setiap hari. Paling tidak, tindakan perawatan paling dasar yakni menyikatnya dengan pasta gigi. Meski tergolong mudah dan umum, ternyata tidak semua orang Indonesia sudah melakukannya dengan benar. Menurut data Riskesda (Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar) di 2013, orang yang sudah menyikat sesuai rekomendasi hanya 2,3% dari 72,3% mereka yang rutin menggosok gigi. Lalu, bagaimana sebenarnya standar menyikat yang disarankan para ahli?Menurut ?Prof. Dr. Drg. Tri Erri Astoeti, Mkes, merawat kesehatan mulut yang benar sebenarnya mudah. Yakni dengan menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Kemudian berkumurlah dengan cairan pembersih mulut minimal dua kali sehari. Hal tersebut memang sederhana namun sering disepelekan orang-orang. Bahkan di Indonesia baru 72,3% masyarakat yang menyikat gigi."?Penyakit gigi masuk enam besar penyakit yang paling sering dikeluhkan orang Indonesia. Penyakit ini juga termasuk penyakit keempat termahal dalam perawatannya. Penyebabnya adalah perilaku," kata Tri di acara konferensi pers 21 ?Hari Tantangan Listeri [...]

Perut Buncit Berisiko Tidak Panjang Umur

Perut Buncit Berisiko Tidak Panjang Umur

Timbunan lemak di perut tidak hanya mengganggu penampilan tetapi juga dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan. Perut buncit dapat terjadi pada siapapun, tidak hanya pada mereka yang memiliki tubuh yang gemuk. Seseorang yang memiliki indeks massa tubuh (IMT) normal dengan bentuk tubuh seperti apel dan lingkar pinggang (waist circumference) yang lebar juga harus berhati-hati. Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of the American College of Cardiology, lebih dari 70% pasien jantung dengan lingkar pinggang yang lebar meninggal pada saat penelitian dibanding pasien dengan lingkar perut yang lebih kecil. Selain itu, lingkar pinggang menjadi prediktor yang lebih kuat dibandingkan indeks massa tubuh dalam menentukan risiko penyakit kardiovaskular. Lemak tubuh terdiri dari dua jenis, yaitu lemak visceral dan subkutan. Lemak subkutan adalah lemak yang terdapat di bawah kulit. Sedangkan lemak visceral terdapat di dalam perut dan mengelilingi organ-organ vital seperti hati, jantung, dan ginjal. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa lemak visceral yang berlebihan (obesitassentral) dapat menyebabkan sindrom metabolik, meningkatkan risiko penyakit diabetes melitus, hipertensi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *