Inilah 6 Vitamin Untuk Kulit Yang Wajib Dimiliki Tubuh

inilah-6-vitamin-untuk-kulit-yang-wajib-dimiliki-tubuh-alodokter.jpg

Dalam bentuk apa pun, manfaat vitamin untuk kulit sangatlah signifikan. Tercukupinya kebutuhan vitamin akan membuat kulit lebih bercahaya, lebih sehat, bahkan terlibat lebih muda.

Kondisi kulit bisa dijadikan sebagai indikator kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika kulit mengalami banyak masalah, kemungkinan kesehatan Anda tidak seprima yang dikira. Hal penting yang harus diperhatikan adalah kecukupan kebutuhan nutrisi Anda.

Kesehatan kulit tidak hanya dipengaruhi oleh kebutuhan vitamin yang dioleskan, namun terutama dari asupan makanan. Berikut ini adalah beberapa vitamin yang memiliki peran penting bagi kondisi kulit.

Vitamin A

Gangguan kulit bisa diderita jika seseorang mengalami kekurangan vitamin A. Kulit kering atau kulit bersisik adalah gangguan yang erat kaitannya dengan terlalu rendahnya kadar vitamin A dalam tubuh. Jika mengalami gangguan ini, Anda dapat menambahkan vitamin A dalam diet. Bagi kulit, vitamin ini berfungsi sebagai pendukung dalam memelihara dan memperbaiki jaringan kulit.

Untuk mendapatkan pasokan vitamin ini, Anda bisa mengonsumsi keju, telur, susu, yoghurt, atau ikan yang mengandung minyak. Sayuran berwarna kuning, merah, dan hijau seperti bayam, wortel, ubi jalar, dan paprika merah juga merupakan sumber vitamin A yang baik. Mangga, pepaya, dan aprikot adalah buah-buahan yang kaya akan vitamin ini juga.

Vitamin B

Salah satu indikasi seseorang mengalami kekurangan vitamin B adalah adalah kondisi kulit kering atau gatal. Vitamin B, terutama antioksidan yang berasal dari vitamin B-6, diprediksi mampu memberikan perlindungan bagi kulit dari kerusakan akibat cahaya matahari dan kondisi kulit keriput ketika dioleskan. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin B yang penting untuk regenerasi sel-sel kulit, antara lain daging ayam, telur, dan produk sereal yang diperkaya vitamin B.

Vitamin C

Vitamin C penting bagi kulit karena berguna untuk melawan efek buruk paparan sinar matahari. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, asap, dan polusi. Tanpa perlawanan antioksidan, radikal bebas dapat leluasa menghancurkan kolagen dan elastin sehingga kulit menjadi cepat keriput hingga mengalami penuaan dini.

Selain dikonsumsi, mengoleskan krim yang mengandung vitamin C dapat membantu produksi kolagen kulit. Krim yang baik juga mengandung asam L-askorbat vitamin C karena hanya zat ini mampu menembus lapisan kulit.

Sumber makanan yang paling terkenal dan terbukti sangat baik sebagai asupan vitamin adalah jeruk atau buah sitrus, apa pun jenisnya. Buah-buahan lain yang juga mengandung vitamin ini adalah pepaya, stroberi, nanas, kiwi, melon, semangka, apel, pir, dan pisang.

Vitamin D

Hampir semua orang tahu mengenai fungsi vitamin D adalah sebagai pendukung proses penyerapan kalsium oleh tulang. Namun ternyata vitamin ini juga memiliki efek positif dalam pengobatan psoriasis.

Vitamin D3, dengan versi buatan manusianya berupa calcitriol, efektif dalam membantu mengobati pasien psoriasis. Calcitriol membantu pasien dengan gangguan autoimun pada kulit dengan cara mengurangi peradangan dan iritasi.

Vitamin D didapatkan melalui reaksi tubuh secara alami di bagian bawah kulit saat terpajan cahaya matahari. Selain itu, vitamin ini bisa juga didapatkan dari daging ikan salmon, daging ikan sarden, makarel, telur, sereal, dan susu bubuk yang diperkaya vitamin D.

Vitamin E

Kandungan antioksidan di dalam vitamin E membantu mengurangi efek berbahaya sinar matahari pada kulit. Antioksidan ini juga penting dalam mengurangi risiko terkena kanker. Selain itu, vitamin ini ikut berperan dalam mengurangi keriput dan membantu kulit terasa halus.

Vitamin ini dapat berbentuk losion, krim, atau serum. Untuk mengoptimalkan fungsi mengurangi kerusakan akibat sinar matahari, lebih baik vitamin E dikombinasikan dengan vitamin C. Yang patut diperhatikan adalah jangan sampai dosisnya melebihi 400 unit tiap hari.

Beberapa sumber vitamin E yang bisa dikonsumsi adalah kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji gandum dalam produk sereal. Selain itu, vitamin ini bisa ditemukan dalam minyak tumbuhan, seperti minyak kedelai, minyak jagung, dan minyak zaitun.

Vitamin K

Pada umumnya, vitamin K dapat diperoleh dari krim kulit. Krim ini biasa diberikan pada pasien yang baru saja menjalani operasi. Tujuannya untuk membantu mempercepat pembekuan darah dan memar.

Krim topikal yang mengandung vitamin K dinilai mampu membantu mengobati iritasi kulit, mulai dari bekas luka, stretch mark, hingga lingkaran hitam di bawah mata. Selain dalam bentuk krim topikal, vitamin K juga bisa ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, seperti brokoli, bayam, minyak nabati, dan biji-bijian sereal.

Kulit yang sehat membutuhkan asupan vitamin-vitamin yang tepat dan seimbang. Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan suplemen atau krim, pastikan produk tersebut aman dan cocok untuk kulit Anda. Cara terbaik memenuhi kebutuhan nutrisi kulit adalah mengonsumsi berbagai macam sayuran dan buah-buahan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Awas! Sosis Bisa Sebabkan Kanker!

Awas! Sosis Bisa Sebabkan Kanker!

Untuk kesekian kalinya daging olahan seperti sosis, ham, dan bacon disebutkan menjadi salah satu penyebab beberapa penyakit paling sering di dunia. Salah satu studi terbesar yang dipublikasikan oleh BMC Medicine (7/3/2013) menemukan asosiasi positif antara pengkonsumsian daging olahan dengan kematian yang sudah terbukti untuk penyakit jantung namun juga terbukti untuk penyakit kanker. Risiko kematian akibat kanker lebih tinggi sebanyak 43% dan risiko kematian akibat penyakit jantung lebih tinggi 70% pada orang-orang yang mengkonsumsi daging olahan lebih dari 160g/hari dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi 10.0g/hari hingga 19.9 g/hari. Penelitian yang dilaporkan oleh EPIC (European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition) yang dilakukan di 10 negara dengan subjek sebanyak satu setengah juta orang menunjukkan bahwa angka kematian lebih tinggi bila penkonsumsian daging olahan sebanyak 50g/hari. Apa yang menyebabkan? Berikut penjelasannya: Daging Olahan & Kanker Para peneliti menegaskan bahwa daging olahan mengandung lemak tersaturasi, kolestrol dan bahan tambahan lain lebih tinggi dibandingkan jenis daging lain. Kandungan ini diperca [...]

2 Manfaat Sehat Buah  Anggur

2 Manfaat Sehat Buah Anggur

Oleh: dr. Alvin Nursalim Buah anggur mungkin sudah cukup akrab di telinga. Namun anda mungkin belum mengetahui manfaat dari buah kecil yang satu ini. Ternyata mengkonsumsi buah anggur dan blueberry secara rutin dapat memperkuat sistem imun tubuh Anda dan meningkatkan aktivitas dari gen tubuh yang bertugas membunuh bakteri. Anggur meningkatkan gen pembasmi kuman Kesimpulan ini didapat dari sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat. Buah blueberry mengandung senyawa ?pterostilbene?. Senyawa ini dapat meningkatkan aktivitas dari gen cathelicidin antimicrobial peptide (CAMP). Gen CAMP ini dapat memproduksi protein yang membantu membasmi infeksi bakteri. Pada penelitian ini dilakukan pengujian terhadap beberapa senyawa dan dicari hubungannya dengan aktivasi gen CAMP. Dari penelitian ini dijumpai dua senyawa yang meningkatkan aktivitas dari CAMP, yaitu resveratrol dan pterostilbene. Resveratrol banyak terkandung dalam kulit buah anggur, oleh karena itu terdapat juga pada minuman anggur, sedangkan pterostilbene banyak dijumpai pada blueberry dan anggur. Namun sayangnya, penelitian yang dilakukan masih belum dilakukan pada manusia, namun masih dilakukan pada kultur sel di [...]

Terobsesi Higienis, Wanita Ini Bersih-bersih Sepuluh Jam Sehari

Terobsesi Higienis, Wanita Ini Bersih-bersih Sepuluh Jam Sehari

Berada di lingkungan yang bersih dan juga sehat tentunya membuat siapaun yang berada di sekitarnya merasa nyaman. Namun, bagaimana jika ada orang yang sangat mencintai kebersihan dan melakukan kegiatan bersih-bersih 10 jam dalam sehari? Apakah Anda membersihkan keyboard Anda lima kali sehari? Atau mencuci buah-buahan dan menggunakan cairan pembersih untuk membersihkan handphone Anda? Jika ya, Anda tidak sendirian. Pecinta kerapihan yang memiliki kebiasaan melakukan sanitasi yang aneh, tapi terlihat biasa saja bagi orang yang terobsesi akan kebersihan.Alfreta, wanita yang bukan hanya rajin membersihkan kamar mandinya sendiri, namun juga toilet umum, bahkan rumah orang lain yang ia kunjungi. "Saya bebersih sehari sekali, namun saya lakukan sepanjang hari," ujarnya pasa saat One Hour Show yang akan tayang pada Rabu 5 Desember ini.Ia menggunakan setengah botol pembersih setiap kali membersihkan toilet yang ia tuangkan bukan hanya pada dudukan toilet, namun juga ke dalam tangki pembersihannya. Ia juga terobsesi menggunakan cairan pembersih ketika berada di dapur. Ia mengungkapkan bahwa cairan pembersih adalah teman bagi setiap orang.Ia menuangkan satu tutup botol pembersih pada seman [...]

5 Dampak Buruk Televisi untuk Kesehatan

5 Dampak Buruk Televisi untuk Kesehatan

Menonton televisi biasanya menjadi alternatif seseorang untuk melepas penat sehabis pulang kantor atau beraktifitas. Tetapi tanpa disadari, Anda bisa menghabiskan waktu lebih dari empat jam, hal itulah yang berbahaya. Seperti yang dikutip dari lifemojo, ini lima alasan mengapa kebiasaan menonton televisi dapat merugikan kesehatan.1. Meningkatkan risiko penyakit jantungBerdasarkan analisis data yang dikumpulkan selama enam tahun dari 8.800 pria dan wanita Australia (di atas usia 25 dan tidak memiliki riwayat penyakit jantung), peneliti menemukan bahwa menonton televisi dapat meningkatkan risiko kematian seseorang akibat serangan jantung sebesar 18 persen dan kanker sebesar 9 persen. Kesimpulannya, orang yang menonton televisi lebih dari 4 jam memiliki 80 persen peningkatan risiko kematian akibat penyakit jantung dalam kurun waktu enam tahun, bila dibandingkan dengan orang yang menonton hanya dua jam tiap harinya.2. Sebabkan ganguan tidurSinar yang dipancarkan dari televisi memiliki pengaruh buruk dan dapat mengurangi kadar melatonin otak. Inilah yang mempengaruhi ritme alami tubuh sehingga membuat Anda terbangun lebih lama dan sebabkan kelelahan yang ekstrim.3. Meningkatkan risik [...]

9 Penyebab Bintik pada Penis

9 Penyebab Bintik pada Penis

Bukan cuma wanita yang perlu memperhatikan area kewanitaannya. Kaum pria pun perlu memperhatikan kesehatan organ intimnya. Seringkali, para pria menjadi khawatir ketika menemukan terdapat bintik atau bintil yang muncul pada penis. Karena tidak sedikit bintik atau bintil yang muncul merupakan gejala atau tanda dari penyakit dan kondisi yang berbahaya. Jika demikian, tentu akan mengganggu rutinitas kehidupan, diantaranya terganggunya keberlangsungan kesehatan hubungan seksual. Apa saja sebenarnya yang dapat menyebabkan terjadinya bintik atau bintil pada penis? berikut penjelasan penyebab-penyebab kondisi bintik di penis oleh dr. Jessica Florencia disini: 1. Hirsutis Corona Glandis (Pearly Penile Papules) Bagaimana gejala dan tanda bintik di penis yang mengindikasikan kondisi Hirsutis Corona Glandis (Pearly Penile Papules)? Berikut penjelasannya: Hirsutis Corona Glandis (Pearly Penile Papules) biasanya diiring dengan munculnya: bintik-bintik berbentuk kubah atau runcing, diameternya kurang dari 0,5 cm, sewarna kulit atau terlihat keputihan biasanya berlokasi di kepala penis. Biasanya tersusun mengelilingi kepala penis dalam beberapa baris. Bintik-bintik in [...]

Tak Hanya Lindungi Payudara, Ini Daftar Manfaat dari Memakai Bra

Tak Hanya Lindungi Payudara, Ini Daftar Manfaat dari Memakai Bra

Bra sebenarnya sudah diperkenalkan secara tidak langsung sejak masih kecil. Meskipun tidak dalam bentuk bra tapi selalu diberikan pakaian yang menutupi dada. Hal itu karena bra mempunyai berbagai fungsi untuk payudara Anda. Apa saja fungsinya? Simak penjelasan dari Dr Alfiah Amiruddin, MD, MS, selaku ahli bedah payudara di RS Mitra Kemayoran.1. Melindungi PayudaraFungsi pertama dari bra adalah melindungi payudara dan puting Anda dari gesekan yang mungkin terjadi ketika sedang beraktivitas. Bra menjadi penutup yang baik untuk menunjang penampilan Anda sehari-hari.2. Penyangga PayudaraBra tentu memiliki fungsi penopangan untuk menjaga payudara tetap pada tempatnya. Jika wanita lebih sering tidak memakai bra, seiring berjalannya waktu bentuk payudaranya akan tampak berbeda dengan mereka yang rutin pakai bra. "Dari segi penampilan, bentuk, dan modelnya nanti itu akan berpengaruh," tutur dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin itu.3. Menjaga Elastisitas PayudaraFungsi bra lainnya adalah menjaga elastisitas payudara. Pemakaian bra yang tepat sejak dini bisa mempengaruhi keindahan payudara hingga tua nanti. "Menjaga kelenturan payudaranya sendiri ya," ujar wanita 45 t [...]

Makanan Pencegah Rambut Rontok

Makanan Pencegah Rambut Rontok

Seperti bagian lain dari tubuh, sel dan proses yang menjadi dasar rambut yang kuat tergantung dari diet yang seimbang. Sulitnya, perubahan pada rambut baru terlihat beberapa bulan setelah terjadinya defisiensi nutrisi atau efek pengurangan diet yang bersifat berlebih dalam waktu singkat. Nutrien yang Anda makan membantu memfortifikasi folikel rambut dan kulit kepala yang mengelilinginya. Folikel yang lebih sehat membuat rambut lebih sehat. Memang makanan bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi kesehatan rambut Anda. Kebiasaan merokok, ketidakseimbangan hormon, dan kurangnya tidur dapat mempengaruhi bagaimana rambut terlihat dan terasa. Namun, satu hal yang dapat Anda lakukan adalah mengatur diet Anda menjadi lebih seimbang, bervariasi, dan tinggi protein. Ingin tahu apa saja makanan untuk pencegah rambut rontok? Silakan klik next. Makanan Pencegah Rambut Rontok Berikut adalah 10 jenis makanan yang dapat Anda konsumsi: Salmon Kandungan protein dan vitamin D yang merupakan kunci rambut yang kuat tinggi pada salmon. Selain itu asam lemak omega-3 pada salmon diperlukan oleh tumbuh untuk menumbuhkan rambut. Omega-3 juga ditemukan pada membran sel pada kulit [...]

Secangkir Teh Dapat Tingkatkan Kinerja Otak

Secangkir Teh Dapat Tingkatkan Kinerja Otak

Selain menyenangkan untuk diminum saat makan atau santai, teh juga memiliki manfaat untuk tubuh. Salah satunya, teh bermanfaat untuk kinerja otak.Seperti dikutip Daily Mail, terdapat studi yang menyatakan bahwa meminum teh dapat meningkatkan kinerja otak. Pada studi tersebut, peneliti Belanda mencari tahu pengaruh kandungan yang ada di dalam teh dengan kesiapan mental 44 responden. Setelah diteliti terungkap, kandungan dalam teh seperti asam amino atau L-theanine (biasa ditemukan dalam teh hijau) dan kafein, bisa meningkatkan kemampuan berpikir seseorang. Mereka yang meminum teh, setelah menit ke-20 dan ke-70, akurasinya dalam melakukan tugas yang berbeda-beda menjadi lebih baik.Dalam penelitian juga disebutkan bahwa teh yang diminum responden berumur di bawah 40 tahun, dapat mengurangi kelelahan. Hasil studi memperlihatkan bahwa selain meningkatkan kinerja otak, teh juga dapat meningkatkan kewaspadaan seseorang yang rajin mengonsumsinya.(eny/eny) [...]

Beragam Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan

Beragam Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan

Produk makanan atau minuman yang mengandung probiotik makin populer di masyarakat Indonesia. Namun, apakah sebenarnya probiotik dan apa saja manfaat probiotik yang dapat diperoleh tubuh? Berbeda dengan bakteri yang sering disebut sebagai penyebab penyakit, probiotik adalah bakteri atau jamur yang dapat mendukung sistem pencernaan, serta kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebenarnya tubuh manusia dipenuhi beragam jenis bakteri, yang baik dan yang buruk. Bakteri Baik Probiotik dapat memberi manfaat bagi tubuh dengan cara memicu pertumbuhan bakteri baik baru, yang hilang dalam tubuh karena pengobatan antibiotik. Probiotik juga membantu menekan bakteri buruk dalam pencernaan yang dapat menimbulkan gangguan, serta menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan buruk. Berikut ini beberapa kondisi yang dapat dibantu penyembuhannya dengan menggunakan probiotik, misalnya: Membantu meredakan diare yang disebabkan virus, bakteri atau parasit, maupun yang disebabkan hal lain seperti reaksi terhadap antibiotik. Meringankan sindrom iritasi usus (irritable bowel syndrome). Meredakan penyakit radang usus (Inflammatory bowel disease) Mencegah alergi dan pilek. Menjaga kesehatan saluran kemih dan va [...]

Makan Ikan Kurangi Risiko Sakit Jantung Hingga 90%

Makan Ikan Kurangi Risiko Sakit Jantung Hingga 90%

Ikan dipercaya bisa menjaga kesehatan jantung karena mengandung omega-3. Mengonsumsi ikan satu kali seminggu bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke hingga 90 persen.Beberapa temuan terdahulu menyoroti manfaat kesehatan dari asam lemak omega-3 --asam yang ada pada jenis ikan berminyak-- seperti salmon, makarel dan sarden terhadap pria. Namun kini, ikan berminyak dipercaya memiliki lebih banyak manfaat bagi wanita muda untuk meningkatkan tekanan darah, jantung dan fungsi pembuluh darah.Kepala peneliti Dr Marin Strom dari Statens Serum Institut di Copenhagen, Denmark mengatakan, "Penelitian kami menunjukkan bahwa memakan ikan sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan terutama bagi wanita muda."Penelitian yang melibatkan 49.000 wanita di Denmark dengan rentang usia 15 hingga 49 tahun itu melakukan pantauan terhadap kesehatan peserta penelitian selama delapan tahun. Saat diet, gaya hidup dan riwayat keluarga diberi penilaian. Para peneliti juga mencatat 577 aktivitas kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke serta lima kasus kematian.Hasilnya, peneliti menemukan bahwa wanita yang jarang atau hampir tak pernah makan ikan memiliki 90 persen masalah k [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *