Inilah 6 Vitamin Untuk Kulit Yang Wajib Dimiliki Tubuh

inilah-6-vitamin-untuk-kulit-yang-wajib-dimiliki-tubuh-alodokter.jpg

Dalam bentuk apa pun, manfaat vitamin untuk kulit sangatlah signifikan. Tercukupinya kebutuhan vitamin akan membuat kulit lebih bercahaya, lebih sehat, bahkan terlibat lebih muda.

Kondisi kulit bisa dijadikan sebagai indikator kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika kulit mengalami banyak masalah, kemungkinan kesehatan Anda tidak seprima yang dikira. Hal penting yang harus diperhatikan adalah kecukupan kebutuhan nutrisi Anda.

Kesehatan kulit tidak hanya dipengaruhi oleh kebutuhan vitamin yang dioleskan, namun terutama dari asupan makanan. Berikut ini adalah beberapa vitamin yang memiliki peran penting bagi kondisi kulit.

Vitamin A

Gangguan kulit bisa diderita jika seseorang mengalami kekurangan vitamin A. Kulit kering atau kulit bersisik adalah gangguan yang erat kaitannya dengan terlalu rendahnya kadar vitamin A dalam tubuh. Jika mengalami gangguan ini, Anda dapat menambahkan vitamin A dalam diet. Bagi kulit, vitamin ini berfungsi sebagai pendukung dalam memelihara dan memperbaiki jaringan kulit.

Untuk mendapatkan pasokan vitamin ini, Anda bisa mengonsumsi keju, telur, susu, yoghurt, atau ikan yang mengandung minyak. Sayuran berwarna kuning, merah, dan hijau seperti bayam, wortel, ubi jalar, dan paprika merah juga merupakan sumber vitamin A yang baik. Mangga, pepaya, dan aprikot adalah buah-buahan yang kaya akan vitamin ini juga.

Vitamin B

Salah satu indikasi seseorang mengalami kekurangan vitamin B adalah adalah kondisi kulit kering atau gatal. Vitamin B, terutama antioksidan yang berasal dari vitamin B-6, diprediksi mampu memberikan perlindungan bagi kulit dari kerusakan akibat cahaya matahari dan kondisi kulit keriput ketika dioleskan. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin B yang penting untuk regenerasi sel-sel kulit, antara lain daging ayam, telur, dan produk sereal yang diperkaya vitamin B.

Vitamin C

Vitamin C penting bagi kulit karena berguna untuk melawan efek buruk paparan sinar matahari. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, asap, dan polusi. Tanpa perlawanan antioksidan, radikal bebas dapat leluasa menghancurkan kolagen dan elastin sehingga kulit menjadi cepat keriput hingga mengalami penuaan dini.

Selain dikonsumsi, mengoleskan krim yang mengandung vitamin C dapat membantu produksi kolagen kulit. Krim yang baik juga mengandung asam L-askorbat vitamin C karena hanya zat ini mampu menembus lapisan kulit.

Sumber makanan yang paling terkenal dan terbukti sangat baik sebagai asupan vitamin adalah jeruk atau buah sitrus, apa pun jenisnya. Buah-buahan lain yang juga mengandung vitamin ini adalah pepaya, stroberi, nanas, kiwi, melon, semangka, apel, pir, dan pisang.

Vitamin D

Hampir semua orang tahu mengenai fungsi vitamin D adalah sebagai pendukung proses penyerapan kalsium oleh tulang. Namun ternyata vitamin ini juga memiliki efek positif dalam pengobatan psoriasis.

Vitamin D3, dengan versi buatan manusianya berupa calcitriol, efektif dalam membantu mengobati pasien psoriasis. Calcitriol membantu pasien dengan gangguan autoimun pada kulit dengan cara mengurangi peradangan dan iritasi.

Vitamin D didapatkan melalui reaksi tubuh secara alami di bagian bawah kulit saat terpajan cahaya matahari. Selain itu, vitamin ini bisa juga didapatkan dari daging ikan salmon, daging ikan sarden, makarel, telur, sereal, dan susu bubuk yang diperkaya vitamin D.

Vitamin E

Kandungan antioksidan di dalam vitamin E membantu mengurangi efek berbahaya sinar matahari pada kulit. Antioksidan ini juga penting dalam mengurangi risiko terkena kanker. Selain itu, vitamin ini ikut berperan dalam mengurangi keriput dan membantu kulit terasa halus.

Vitamin ini dapat berbentuk losion, krim, atau serum. Untuk mengoptimalkan fungsi mengurangi kerusakan akibat sinar matahari, lebih baik vitamin E dikombinasikan dengan vitamin C. Yang patut diperhatikan adalah jangan sampai dosisnya melebihi 400 unit tiap hari.

Beberapa sumber vitamin E yang bisa dikonsumsi adalah kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji gandum dalam produk sereal. Selain itu, vitamin ini bisa ditemukan dalam minyak tumbuhan, seperti minyak kedelai, minyak jagung, dan minyak zaitun.

Vitamin K

Pada umumnya, vitamin K dapat diperoleh dari krim kulit. Krim ini biasa diberikan pada pasien yang baru saja menjalani operasi. Tujuannya untuk membantu mempercepat pembekuan darah dan memar.

Krim topikal yang mengandung vitamin K dinilai mampu membantu mengobati iritasi kulit, mulai dari bekas luka, stretch mark, hingga lingkaran hitam di bawah mata. Selain dalam bentuk krim topikal, vitamin K juga bisa ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, seperti brokoli, bayam, minyak nabati, dan biji-bijian sereal.

Kulit yang sehat membutuhkan asupan vitamin-vitamin yang tepat dan seimbang. Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan suplemen atau krim, pastikan produk tersebut aman dan cocok untuk kulit Anda. Cara terbaik memenuhi kebutuhan nutrisi kulit adalah mengonsumsi berbagai macam sayuran dan buah-buahan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Risiko Menopause Dini Bisa Tinggi Karena Ini

Risiko Menopause Dini Bisa Tinggi Karena Ini

Menopause merupakan hal normal pada fase kehidupan seorang wanita. Namun, sebaiknya Anda waspada jika mengalami menopause dini. Menopause merupakan fase ketika seorang wanita berhenti mengalami menstruasi, minimal selama 12 bulan berturut-turut. Umumnya dialami ketika seorang wanita berusia sekitar 51 tahun. Disebut menopause dini jika terjadi pada wanita berusia di bawah 40 tahun. Namun, hal ini harus dipastikan oleh dokter melalui serangkaian tes. Beragam Penyebab dan Faktor Risiko Menopause dini dapat disebabkan beberapa hal berikut ini : Kegagalan ovarium prematur. Pada kondisi ini, ovarium berhenti berfungsi secara normal saat usia seorang wanita belum mencapai 40 tahun. Wanita dengan kegagalan ovarium prematur memiliki kemungkinan mengalami menstruasi, namun umumnya mengalami kesulitan hamil. Genetik. Peneliti meyakini usia menopause seorang wanita terkait dengan genetik. Umumnya seorang anak perempuan akan memulai masa menopause tak jauh berbeda dengan ibunya. Jika seorang ibu mengalami menopause dini, maka anak perempuannya berisiko enam kali lebih tinggi mengalami hal yang sama. Terapi radiasi dan kemoterapi. Pengobatan kanker atau penyakit lain yang menggunakan ke [...]

Telat Haid Tidak Selalu Dikaitkan dengan Kehamilan

Telat Haid Tidak Selalu Dikaitkan dengan Kehamilan

Telat haid bisa mengindikasikan kehamilan,namun masih ada penyebab-penyebab lain selain hamil yang bisa membuat terlambat datang bulan, umumnya adalah faktor hormon. Ketidakteraturan haid bisa merupakan kondisi yang normal bila terjadi pada periode awal mendapat menstruasi atau ketika memasuki periode menopause. Perempuan umumnya mulai menstruasi pada usia 10-15 tahun. Karena baru pertama kali menstruasi, hormon perlu beradaptasi sehingga haid menjadi tidak teratur. Kondisi ini bisa berlangsung selama dua tahun. Demikian halnya ketika baru menopause pada kisaran usia 45-55 tahun. woman honding negative pregnancy test Normalnya, perempuan mendapat haid tiap 21-35 hari. Bila Anda tidak mengalami menstruasi pada rentang waktu tersebut, perhatikan beberapa faktor berikut yang mungkin menjadi penyebabnya. Berat badan tidak normal. Penurunan berat badan secara berlebihan atau berat badan yang rendah dapat menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur. Begitu pula keadaan berat badan terlalu rendah ataupun obesitas. Berat badan dapat dikatakan normal bila indeks masa tubuh (body mass index/BMI) berada di angka 18,5-24,9. BMI didapat dari perhitungan berat badan (kg) tiaptinggi dikuadr [...]

Mengenal Pencegahan Kanker

Mengenal Pencegahan Kanker

Mengenal pencegahan kanker sangatlah tepat dan benar. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Mengurangi risiko pada kanker tertentu mungkin bisa melalui perubahan pada makanan dan gaya hidup. Bagaimana risiko bisa dikurangi tergantung pada spesifikasi kanker. Tembakau yang ada pada rokok yang digunakan secara langsung dihubungkan dengan sepertiga pada semua penyakit kanker. Tidak merokok dan menghindari kontak langsung dengan asap rokok bisa sangat mengurangi risiko pada kanker paru-paru, ginjal, saluran kemih, kepala dan leher. Kanker adalah sel yang telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya, sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak teratur. Kanker bisa terjadi dari berbagai jaringan dalam berbagai organ. Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangbiakannya, sel-sel kanker membentuk suatu masa dari jaringan ganas yang menyusup ke jaringan di dekatnya dan bisa menyebar ke seluruh tubuh. Berdasarkan data yayasan kanker di Amerika, resiko yang terjadi pada kanker terentu dapat dikurangi dengan melakukan perubahan gaya hidup. Ada beberapa cara untuk mengurangi risiko terkena kanker, diantaranya; 1. Menghindari merokok atau terkena asap tembakau Sejumlah faktor lingkungan [...]

Payudara Membengkak & Tanda-tanda Lainnya Saat PMS

Payudara Membengkak & Tanda-tanda Lainnya Saat PMS

Hampir semua wanita mengalami Premenstrual Syndrome atau PMS sebelum menstruasi. Namun yang dinamakan PMS biasa terjadi berturut-turut setiap bulan sebelum haid seperti yang dijelaskan di sini. Beragam gejala dialami oleh para wanita, seperti apa?Saat dikutip dari detikhealth kemarin, dokter dari departemen psikiatri Fakultas Kesehatan Unversitas Indonesia, Sylvia D Elvira, gejala yang terjadi saat masa PMS umumnya ditandai dengan payudara mengencang, kepala pusing, serta merasa kembung. Ada pula faktor psikologis yang timbul ketika PMS, misalnya sedih, putus asa, cemas, tegang, dan mudah tersinggung. Namun, jika Anda merasakan lima gejala psikis tersebut berarti termasuk mengalami PMS yang parah. "Jika perempuan mengalami kelima gejala tersebut maka sudah masuk ke PMS parah yang disebut dengan Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD)," jelas Sylvia.PMDD merupakan gejala berat yang terjadi sebelum 'datang bulan'. Dokter Mary M. Gallenberg, M.D. dari situs Mayo Clinic mengatakan, PMDD juga menimbulkan gejala bisa menyebabkan suasana hati menjadi kacau yang akan membuat pekerjaan berantakan."PMDD membuat suasana hati lebih ekstrim yang dapat mengganggu pekerjaan serta membuat hubung [...]

Glue Ear Kronis Tidak Butuh Operasi Lagi

Glue Ear Kronis Tidak Butuh Operasi Lagi

Penderita kronis otitis media with effusion (OME) atau yang biasa disebut glue ear dapat merasa lega karena sudah ditemukannya cara pengobatan tanpa melalui ruang operasi seperti yang selama ini para dokter spesialis THT lakukan dengan memasangkan alat bantu pendengaran. Para peneliti dari Medical Research Council mengemukakan penemuan mereka akan persistensi obat kanker dalam meredakan gejala peradangan telinga pada tikus yang di publikasikan di PLoS Genetics, memberikan hasil memuaskan akan kemajuan pengobatan radang telinga khususnya penderita kronis OME. OME merupakan peradangan akibat menumpuknya lendir seperti lem pada bagian tengah telinga yang seharusnya dipenuhi oleh udara agar telinga dapat mendengar dengan jelas. Gangguan pendengaran ini umumnya dialami oleh anak-anak dikarenakan ukuran saluran telingamereka yang masih pendek dan kecil sehingga dengan mudah tertutupi oleh lendir. Sebagaimana dilansir oleh eHealthMD, dikatakan bahwa satu dari sepuluh anak didunia pasti akan mengalami gangguan ini, namun apabila tidak segera dilakukan penanganan yang tepat, OME dapat mengakibatkan munculnya masalah baru dan infeksi pada telinga anak sehingga mampu mengakibatkan hilangnya p [...]

5 Gerakan di Pagi Hari Agar Tubuh Tidak Lemas Setelah Bangun Tidur

5 Gerakan di Pagi Hari Agar Tubuh Tidak Lemas Setelah Bangun Tidur

Saat bangun pagi, seringkali tubuh terasa masih lemas, lesu, dan kaku. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Kurang tidur, tidak nyenyak atau posisi yang kurang tepat. Aktivitas di pagi hari pun jadi terhambat karena kondisi ini. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa membuat otot tubuh relaks dan otak lebih jernih sehingga siap menjalani kegiatan seharian. Coba lakukan lima gerakan ini tiap pagi, seperti dikutip dari Total Beauty.1. BernapasGelar matras atau karpet, duduklah di atasnya dengan posisi kaki bersila. Ambil nafas dalam-dalam lewat hidung, tahan beberapa detik dan lepaskan lewat mulut secara perlahan. Ulangi sebanyak tiga kali.2. Putar LeherMasih dalam posisi kaki bersila, putar leher Anda perlahan-lahan ke arah yang sama sebanyak lima kali. Kemudian putar ke arah berlawanan dengan jumlah yang sama.3. BerdiriBerdiri di posisi tegak dengan pinggul dan perut mengarah ke dalam, serta kaki sedikit terbuka. Letakkan kedua tangan di samping tubuh. Lebarkan jarak jari-jari kaki dan rasakan tekstur karpet atau lantai untuk melancarkan peredaran darah. Setelah itu, dekatkan tubuh ke dinding, naikkan satu tangan ke atas kepala dan tekuk sementara tangan lainnya diregangk [...]

Insomnnia dan Parkinson

Insomnnia dan Parkinson

Sebuah studi baru menemukan masalah malam mengganggu atau yang lebih dikenal masalah tidur, termasuk peningkatan gerakan kaki yang sering saat tidur dan kurangnya kualitas tidur pada pasien pengidap penyakit Parkinson. Parkinson atau suatu penyakit degeneratif pada sistem saraf, yang sebagian besar telah mengidapnya selama bertahun-tahun tanpa disadari. Penelitian dari Disorder Society Kongres International tentang penyakit Parkinson?s dan gerakan pada gangguan saraf, menunjukkan bahwa hampir setengah dari pasien pengidap penyakit Parkinson dipengaruhi oleh gangguan perilaku gerakan mata cepat pada saat tidur atau dikenal dengan istilah Rapid Eye Movement (REM), dan sisanya didiagnosis gangguan pernafasan pada saat tidur, seperti sleep apnea. Dalam studi ini, pengidap penyakin Parkinson akan mengalami penurunan kualitas tidur,? ujar Dr. Friederike Sixel Doring, MD, dari Kassel, Jerman pada Rabu, 8 Juni 2011 lalu. Lanjutnya, sebuah studi sebelumnya telah mengemukakan bahwa, pasien dengan penderita Parkinson mengalami peningkatan dalam gerakan kaki yang cepat saat tidur dan rentang waktu tidur. Namun, peningkatan tersebut relatif kecil, kurang dari 40 persen termasuk kedalam pasien [...]

Berapa Kali Seharusnya Anda Memakai Handuk Sebelum Dicuci?

Berapa Kali Seharusnya Anda Memakai Handuk Sebelum Dicuci?

Setelah mengeringkan tubuh sehabis mandi, banyak orang yang membiarkan handuknya tidak dicuci selama berhari-hari bahkan lebih dari satu minggu. Padahal, handuk berpotensi menyimpan ratusan kuman dan bakteri.Seperti diketahui, kuman, bakteri, virus atau jamur senang berhinggap di tempat-tempat lembab. Handuk merupakan salah satu benda di rumah yang mudah lembab karena digunakan untuk mandi setiap harinya, pagi dan sore/malam. Belum lagi jika Anda juga menggunakan handuk untuk mengeringkan bagian intim seperti Miss V atau anus, tempat keluarnya kotoran.Bakteri yang tinggal di handuk bisa menyebabkan berbagai penyakit mulai dari gangguan kulit, flu, batuk hingga pilek. Risiko terkena penyakit menular akan lebih tinggi apabila handuk dipakai secara bersama-sama atau lebih dari satu orang.Untuk menjaga kehigienisan dan kebersihan tubuh, Anda harus rajin-rajin mencuci handuk. Tidak perlu setiap hari, tapi ternyata memang ada jangka waktu tertentu kapan handuk harus dibersihkan. Berapa lama?Keri Petersen, M.D., seorang spesialis penyakit dalam di Lenox Hill Hospital, New York City seperti dikutip Women's Health menyarankan untuk mencuci handuk setiap tiga hingga tiga kali pemakaian. L [...]

Metode Baru Deteksi Kanker Serviks

Metode Baru Deteksi Kanker Serviks

Oleh: Poppy Firzani Arifin Di Indonesia ,kanker serviks,(disebut juga dengan kanker leher rahim) merupakan kanker penyebab kematian nomor satu bagi perempuan dan jumlah penderitanya menempati urutan kedua setelah kanker payudara. Kanker serviks disebabkan oleh Human Papiloma Virus. Kanker ini dapat dicegah dengan melakukan pemeriksaan rutin sehingga .jika ditemui adanya kelainan bisa segera ditangani. Deteksi dini untuk mencegah kanker serviks dikenal dengan pap smear yang biasanya dilakukan tiap 1-2 kali setahun. Seiring dengan kemajuan di bidang kedokteran pemeriksaan papsmear dapat dilakukan hingga 3 tahun sekali. Metode baru ini dikenal dengan Liquid Based Cytologi (LBC); Pemeriksaan Sitologi (Sel) Berbasis Cairan yang dikombinasikan dengan pemeriksaan Human Papilloma Virus (HPV). Pada pap smear yang merupakan pemeriksaan sitologi konvensional, sampel yang berasal dari lendir leher rahim,disapukan secara langsung ke kaca obyek untuk diamati di bawah mikroskop. Sayangnya pada metode ini kemungkinan sel sel yang terbuang sangat besar,karena sebagian sel dapat tertinggal pada sikat yang digunakan pada pengambilan sampel. Sedangkan pada pemeriksaan LBC,sampel dikumpulkan d [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *