Inilah 6 Vitamin Untuk Kulit Yang Wajib Dimiliki Tubuh

inilah-6-vitamin-untuk-kulit-yang-wajib-dimiliki-tubuh-alodokter.jpg

Dalam bentuk apa pun, manfaat vitamin untuk kulit sangatlah signifikan. Tercukupinya kebutuhan vitamin akan membuat kulit lebih bercahaya, lebih sehat, bahkan terlibat lebih muda.

Kondisi kulit bisa dijadikan sebagai indikator kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika kulit mengalami banyak masalah, kemungkinan kesehatan Anda tidak seprima yang dikira. Hal penting yang harus diperhatikan adalah kecukupan kebutuhan nutrisi Anda.

Kesehatan kulit tidak hanya dipengaruhi oleh kebutuhan vitamin yang dioleskan, namun terutama dari asupan makanan. Berikut ini adalah beberapa vitamin yang memiliki peran penting bagi kondisi kulit.

Vitamin A

Gangguan kulit bisa diderita jika seseorang mengalami kekurangan vitamin A. Kulit kering atau kulit bersisik adalah gangguan yang erat kaitannya dengan terlalu rendahnya kadar vitamin A dalam tubuh. Jika mengalami gangguan ini, Anda dapat menambahkan vitamin A dalam diet. Bagi kulit, vitamin ini berfungsi sebagai pendukung dalam memelihara dan memperbaiki jaringan kulit.

Untuk mendapatkan pasokan vitamin ini, Anda bisa mengonsumsi keju, telur, susu, yoghurt, atau ikan yang mengandung minyak. Sayuran berwarna kuning, merah, dan hijau seperti bayam, wortel, ubi jalar, dan paprika merah juga merupakan sumber vitamin A yang baik. Mangga, pepaya, dan aprikot adalah buah-buahan yang kaya akan vitamin ini juga.

Vitamin B

Salah satu indikasi seseorang mengalami kekurangan vitamin B adalah adalah kondisi kulit kering atau gatal. Vitamin B, terutama antioksidan yang berasal dari vitamin B-6, diprediksi mampu memberikan perlindungan bagi kulit dari kerusakan akibat cahaya matahari dan kondisi kulit keriput ketika dioleskan. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin B yang penting untuk regenerasi sel-sel kulit, antara lain daging ayam, telur, dan produk sereal yang diperkaya vitamin B.

Vitamin C

Vitamin C penting bagi kulit karena berguna untuk melawan efek buruk paparan sinar matahari. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, asap, dan polusi. Tanpa perlawanan antioksidan, radikal bebas dapat leluasa menghancurkan kolagen dan elastin sehingga kulit menjadi cepat keriput hingga mengalami penuaan dini.

Selain dikonsumsi, mengoleskan krim yang mengandung vitamin C dapat membantu produksi kolagen kulit. Krim yang baik juga mengandung asam L-askorbat vitamin C karena hanya zat ini mampu menembus lapisan kulit.

Sumber makanan yang paling terkenal dan terbukti sangat baik sebagai asupan vitamin adalah jeruk atau buah sitrus, apa pun jenisnya. Buah-buahan lain yang juga mengandung vitamin ini adalah pepaya, stroberi, nanas, kiwi, melon, semangka, apel, pir, dan pisang.

Vitamin D

Hampir semua orang tahu mengenai fungsi vitamin D adalah sebagai pendukung proses penyerapan kalsium oleh tulang. Namun ternyata vitamin ini juga memiliki efek positif dalam pengobatan psoriasis.

Vitamin D3, dengan versi buatan manusianya berupa calcitriol, efektif dalam membantu mengobati pasien psoriasis. Calcitriol membantu pasien dengan gangguan autoimun pada kulit dengan cara mengurangi peradangan dan iritasi.

Vitamin D didapatkan melalui reaksi tubuh secara alami di bagian bawah kulit saat terpajan cahaya matahari. Selain itu, vitamin ini bisa juga didapatkan dari daging ikan salmon, daging ikan sarden, makarel, telur, sereal, dan susu bubuk yang diperkaya vitamin D.

Vitamin E

Kandungan antioksidan di dalam vitamin E membantu mengurangi efek berbahaya sinar matahari pada kulit. Antioksidan ini juga penting dalam mengurangi risiko terkena kanker. Selain itu, vitamin ini ikut berperan dalam mengurangi keriput dan membantu kulit terasa halus.

Vitamin ini dapat berbentuk losion, krim, atau serum. Untuk mengoptimalkan fungsi mengurangi kerusakan akibat sinar matahari, lebih baik vitamin E dikombinasikan dengan vitamin C. Yang patut diperhatikan adalah jangan sampai dosisnya melebihi 400 unit tiap hari.

Beberapa sumber vitamin E yang bisa dikonsumsi adalah kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji gandum dalam produk sereal. Selain itu, vitamin ini bisa ditemukan dalam minyak tumbuhan, seperti minyak kedelai, minyak jagung, dan minyak zaitun.

Vitamin K

Pada umumnya, vitamin K dapat diperoleh dari krim kulit. Krim ini biasa diberikan pada pasien yang baru saja menjalani operasi. Tujuannya untuk membantu mempercepat pembekuan darah dan memar.

Krim topikal yang mengandung vitamin K dinilai mampu membantu mengobati iritasi kulit, mulai dari bekas luka, stretch mark, hingga lingkaran hitam di bawah mata. Selain dalam bentuk krim topikal, vitamin K juga bisa ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, seperti brokoli, bayam, minyak nabati, dan biji-bijian sereal.

Kulit yang sehat membutuhkan asupan vitamin-vitamin yang tepat dan seimbang. Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan suplemen atau krim, pastikan produk tersebut aman dan cocok untuk kulit Anda. Cara terbaik memenuhi kebutuhan nutrisi kulit adalah mengonsumsi berbagai macam sayuran dan buah-buahan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Zat dalam Lipstik Turunkan Kecerdasan Anak Saat Ibu Mengandung, Benarkah?

Zat dalam Lipstik Turunkan Kecerdasan Anak Saat Ibu Mengandung, Benarkah?

Saat ini kehadiran produk kecantikan mulai meresahkan para wanita. Sebab mulai banyak berita di media massa yang mengungkapkan jika sejumlah bahan dalam kosmetik bisa membahayakan kesehatan. Sebelumnya, seorang penata rias membeberkan jika dirinya teracuni produk make-up. Make-up artist langganan Miranda Kerr tersebut mengaku sistem imunnya rusak karena sering terpapar produk tata rias wajah. ?Belum lagi, sebuah riset terbaru yang baru-baru ini menunjukkan jika riasan dapat mempercepat menopause.Kini ditemukan lagi fakta terbaru dari penelitian tentang bahaya kosmetik. Pemakaian lipstik diduga bisa memberi dampak negatif pada ibu hamil dan janinnya. Pertama kali, informasi ini dikeluarkan oleh majalah New York Post. Sayangnya, versi online dari artikel tersebut saat ini sudah dicabut. Dalam berita itu disebutkan jika sejumlah material yang terkandung dalam kosmetik seperti lipstik dan cat kuku dapat menurunkan kecerdasan bayi dalam kandungan. ?Informasi tersebut datang dari seb?uah penelitian yang dilakukan oleh Columbia University. Studi menguji hubungan antara eksposur zat phthalates? pada ibu hamil terhadap intelektual sang bayi ketika berusia 7 tahun. Riset tersebut pun mela [...]

Hubungan Softdrink dan Kegemukan

Hubungan Softdrink dan Kegemukan

Kegemukan atau biasa disebut obesitas merupakan masalah yang besar pada abad ini. Jumlah kasus obesitas terus meningkat. Apakah anda tahu jika anda kegemukan maka risiko anda untuk menderita diabetes dan penyakit jantung juga meningkat di masa depan? Berbagai faktor diduga turut menyumbang pada peningkatan angka obesitas di dunia. Selain faktor genetik, pola makan yang kaya kalori dan jarang berolahraga diduga berperan penting dalam peningkatan kasus kegemukan di dunia. Salah satu bentuk minuman yang digemari saat ini adalah soft drink atau minuman ringan. Soft drink merupakan minuman dengan pemanis yang umum ditemui dimana-mana. Salah satu bentuk soft drink yang biasa ditemui adalah minuman bersoda. Sayangnya soft drink memiliki nilai nutrisi yang rendah. Selain itu, soft drink identik dengan makanan cepat saji berkalori tinggi. Keduanya merupakan bentuk makanan yang dapat menambah risiko kegemukan jika dikonsumsi terus menerus. Lalu, apa yang membuat soft drink berbahaya? Hubungan Softdrink dan Kegemukan Apa yang membuat soft drink berbahaya? Semakin banyak bukti yang mendukung hubungan peningkatan konsumsi soft drink dengan berbagai penyakit kronis sepert [...]

FKUI Proudly Presents: Fitness Challenge 2013

FKUI Proudly Presents: Fitness Challenge 2013

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mempersembahkan Fitness Challenge 2013 Yang akan digelar pada 16 Juni 2013 Pk 06.00-10.00. Yang bertempat di Ring Road Pintu Biru Stadion Gelora BUNG KARNO. Contact Person: dr. Saharun Iso ( 0811-9000-721 ) dr. Deddy Z. ( 0813-7330-5515 ) [...]

Seperti Apa Bentuk Pengobatan Hipnoterapi?

Seperti Apa Bentuk Pengobatan Hipnoterapi?

Hipnosis bukanlah hal baru bagi masyarakat Indonesia. Meski awalnya lebih dikenal di dunia hiburan, kini terapi hipnosis atau hipnoterapi digunakan sebagai upaya mengatasi gangguan kesehatan. Terdapat banyak anggapan tentang kegunaan hipnoterapi, meski hingga saat ini belum ada bukti kuat yang dapat mendukung hipnoterapi benar-benar dapat bermanfaat. Sebagian ahli pun berpendapat bahwa hipnoterapi sebagai teknik relaksasi yang menggunakan kekuatan sugesti atau memiliki efek plasebo. Mengurangi Ketegangan Hipnosis dalam hipnoterapi, sebagaimana teknik relaksasi lain, membuat tekanan darah dan detak jantung menjadi lebih rendah, sekaligus mengubah aktivitas gelombang otak tertentu. Kondisi ini yang kemudian dimanfaatkan oleh hipnoterapis untuk memasukkan sugesti. Ada hasil penelitian klinis yang mengemukakan bahwa hipnoterapi mungkin dapat menciptakan relaksasi, menurunkan tingkat stres dan kecemasan, mengurangi rasa sakit, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Sebuah penelitian lain menunjukkan, pasien dengan gangguan gigi yang melalui proses hipnosis lebih mampu menahan rasa sakit dibandingkan yang tidak melakukannya. Ada juga yang menganggap hipnosis mampu mempercepat masa pe [...]

Produk Cokelat Terbaru Ini Mengandung Zat yang Bisa Menyehatkan Jantung

Produk Cokelat Terbaru Ini Mengandung Zat yang Bisa Menyehatkan Jantung

Cokelat kini bukan hanya menjadi penganan yang memanjakan lidah, terutama bagi pencinta rasa manis. Sebuah perusahaan cokelat asal Swiss telah mengembangkan produk terbaru yang tidak hanya enak tapi juga menyehatkan jantung.Perusahaan Barry Callebaut berhasil menciptakan produk cokelat yang mengandung senyawa kimia berasal dari tanaman, yaitu flavanols. Beberapa tes menunjukkan kalau zat tersebut bisa meningkatkan elastisitas pembuluh darah hingga 2 persen, sehingga membuat aliran darah lebih lancar. Hal tersebut dapat mengurangi risiko gangguan kardiovaskular seperti penyakit jantung dan serangan jantung hingga 8 persen. Biji cokelat alami sebenarnya sudah kaya akan flavanols, tapi sebagian besar kandungannya hilang saat proses pembuatan penganan cokelat sehingga khasiatnya tidak lagi didapatkan saat dikonsumsi. Tapi manufaktur cokelat ini telah menemukan teknik untuk memproses cokelat agar kandungan flavanolsnya tetap terjaga.Juru bicara Barry Callebaut, Marijke De Brouwer mengatakan seperti dilansir Daily Mail, "Bukan menambahkan nutrisi buatan atau zat sintetis, tapi mempertahankan zat alami yang sudah ada di dalam cokelat."Kehadiran Acticoa rupanya sudah dinanti-nanti. Konf [...]

Awas, Terlalu Lama Nonton TV Picu Risiko Diabetes

Awas, Terlalu Lama Nonton TV Picu Risiko Diabetes

Menonton televisi menjadi salah satu pilihan untuk melepas lelah setelah seharian beraktivitas. Namun sebaiknya, jangan terlalu lama menontonnya karena riset terbaru menunjukkan bahwa terlalu banyak duduk di depan TV dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.Seseorang yang rutin duduk di depan TV setiap jamnya dapat meningkatkan risiko terkena diabetes sebanyak 3,4 persen. Para peneliti percaya bahwa terlalu banyak duduk dan tidak bergerak dapat membuat berat badan naik. Hal ini adalah salah satu faktor yang dapat memicu munculnya diabetes.Penelitian ini melibatkan 3.234 pria dan wanita berusia di atas 25 tahun yang memiliki kelebihan berat badan. Hal ini dimaksudkan untuk menentukan bagaimana cara mencegah mereka agar tidak terkena diabetes tipe 2.Kemudian para partisipan dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama diberikan obat metformin, yaitu obat untuk penderita diabetes tipe 2, khususnya untuk orang-orang dengan kelebihan berat badan dan fungsi ginjalnya normal. Kelompok lainnya tidak diberikan obat, hanya diharuskan untuk meningkatkan tingkat aktivitas mereka, dan kelompok terakhir diberikan tablet placebo, yaitu tablet dengan kandungan gula dan susu yang mirip denga [...]

Pilih Makanan Agar Tidak Bertambah Melar

Pilih Makanan Agar Tidak Bertambah Melar

Pilih makanan agar tidak bertambah melar tubuh kita sangat baik sekali demi terjaganya kesehatan tubuh. Pilih-pilih makanan adalah salah satu syarat utama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan atau sekedar mempertahankan bobot ideal. Dalam menjaga berat badan ideal dan sehat, sebaiknya hindari jenis-jenis makanan yang memengaruhi gula darah secara negatif dan hanya akan menimbulkan rasa lapar. Ini ada beberapa jenis makanan yang akan membuat tubuh anda bertambah besar dan melar, antara lain; Roti Putih Roti putih ini adalah jenis makanan yang mengandung serat sangat minim sehingga tidak akan membuat anda kenyang tahan lama. Hal yang akan terjadi setelah memakan roti putih adalah gula darah melonjak dengan cepat, dan akan merasa lapar lagi dalam waktu singkat. Makanan Versi Diet Banyak produk kini diberi label rendah lemak, rendah gula, atau khusus diet. Namun, hal yang perlu diingat adalah makanan berlabel ini mengandung zat kimia tambahan pangan seperti, pewarna, penambah rasa, atau gula buatan yang tentu memiliki risiko bagi kesehatan kita. Hal yang perlu diingat adalah, makanan ini akan berisiko membuat gula darah menjadi anjlok sehingga anda cepat merasa lapar. [...]

Mouth Guard, Si Pelindung Mulut

Mouth Guard, Si Pelindung Mulut

Oleh: drg. Martha Mozartha Atlet olahraga yang banyak melibatkan kontak fisik rentan untuk mengalami trauma pada gigi. Sebut saja olahraga tinju, rugby, football, dan olahraga lainnya yang beresiko tinggi untuk terjadi kecelakaan pada wajah, mulut dan sekitarnya. Untuk melindungi gigi dan jaringan lunak jika kecelakaan tak terhindarkan, dibuatlah alat yang disebut mouth guard. Umumnya atlet di cabang olahraga tertentu diharuskan untuk memakai alat ini, dan ada juga sekolah-sekolah yang mewajibkan murid-murid menggunakan mouth guard pada saat pelajaran olahraga tertentu. Selain penggunaan di bidang olahraga, mouth guard juga memiliki kegunaan di bidang medis. Alat ini dapat digunakan sebagai splint pada penderita kelainan sendi rahang (temporomandibular/TMJ disorder) dan bruxism. Bruxism adalah kebiasaan buruk mengerat tidur tanpa sadar terutama saat tidur malam, dan dapat menyebabkan permukaan gigi menjadi aus. Oleh karena itu mouth guard digunakan untuk melindungi gigi. Alat ini umumnya terbuat dari material plastik. Ada beberapa jenis mouth guard yang dapat digunakan: Stock/Ready made mouth guard. Jenis ini sudah dibuat di pabrik dengan berbagai ukuran tapi tidak [...]

Memahami Sisi Kesehatan dari Transgender

Memahami Sisi Kesehatan dari Transgender

Transgender tidak disebut sebagai gangguan mental jika tidak sampai menimbulkan depresi hingga ketidakmampuan melakukan kegiatan sehari-hari. Namun risiko kesehatan fisik tetap dapat mengintai. Gender merujuk pada refleksi manusia terhadap dirinya sendiri, yang terbentuk dari konstruksi peran sosial, aktivitas, tingkah laku, dan lingkungan. Transgender adalah orang-orang yang merasa bahwa identitas gender ataupun orientasi seksualnya tidak sesuai dengan jenis kelaminnya saat lahir. Kaum transgender ini dapat diidentifikasi menjadi banyak jenis seperti heteroseksual, homoseksual, biseksual, aseksual, dan sebagainya. Transgender pada umumnya tidak dikategorikan sebagai gangguan mental. Namun ada kalanya kaum transgender lebih berisiko mengidap gangguan mental karena konflik dalam dirinya sendiri tentang identitas gendernya, juga tekanan sosial. Orang transgender dapat mengalami gangguan identitas gender/ gender identity disorder (GID) jika menjadi transgender membuatnya menjadi tertekan, depresi, atau menjadi tidak mampu beraktivitas sehari-hari seperti bekerja dan membangun hubungan dengan orang lain. Meski demikian, gangguan ini umumnya bersifat sementara dan dapat disembuhkan d [...]

Tak Hanya Wortel, 5 Makanan Ini Juga Bisa Menyehatkan Mata

Tak Hanya Wortel, 5 Makanan Ini Juga Bisa Menyehatkan Mata

Mata merupakan salah satu indera manusia yang memiliki peranan penting. Karena tanpanya, kita tidak bisa melihat apapun. Untuk menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun yang paling mudah adalah dengan mengonsumsi makanan yang diklaim mampu membantu fungsi penglihatan agar tetap bekerja sesuai dengan fungsinya. Apa saja?1. Sayuran HijauSayuran hijau kaya akan lutein, yaitu nutrisi penting yang berguna untuk kesehatan mata terutama lensa dan retina. Lutein juga berfungsi menyerap dan melindungi bahaya sinar ultraviolet. Jenis sayuran hijau yang banyak mengandung lutein adalah bayam kale. Di dalamnya mengandung lutein sebanyak 11.4 miligram per 100 gram. Dengan mengonsumsi sebanyak 80 gram kale, kandungan luteinnya setara dengan 41 buah jeruk dan 71 butir telur. Cara mengonsumsi yang paling baik adalah direbus atau dibuat salad.2. BuahRetina mata memerlukan vitamin A untuk penglihatan di malam hari. Konsumsilah buah-buahan berwarna seperti mangga dan pepaya. Buah-buahan ini merupakan sumber dari betakaroten, yaitu zat gizi di dalam tubuh yang dapat berubah menjadi vitamin A.Vitamin A juga bisa ditemukan di dalam keju, telur, minyak ikan, susu, dan yoghurt. A [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *