Inilah Akibatnya Jika Minum Obat Pelangsing Sembarangan

obat-pelangsing.jpg

Setiap wanita ingin memiliki bentuk tubuh yang langsing dan singset. Namun, seringkali para wanita ingin melakukannya dengan cara yang cepat dan instan.

Tidak salah untuk menginginkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal, namun, praktik cara-cara instan kebanyakan hanya membawa efek buruk bagi tubuh, sebagai contoh adalah konsumsi obat pelangsing.

Obat pelangsing yang beredar di pasaran seringkali menyatakan bahwa obat-obat tersebut mengandung bahan alami yang dapat menurunkan berat badan konsumennya dalam waktu singkat. Namun sayangnya produsen produk-produk ini seringkali tidak menyebutkan dengan jelas bahan, isi dan kandungan produknya sehingga efek yang ditimbulkan terhadap tubuh dan berat badan serta efek sampingnya sulit untuk diprediksi.

Beberapa obat-obat pelangsing dalam bentuk suplemen maupun herbal yang beredar bebas di pasaran biasanya tidak efektif untuk menurunkan berat badan dan efeknya seringkali adalah:

Risiko Kesehatan Minum Obat Langsing Sembarangan

Beberapa obat-obat pelangsing dalam bentuk suplemen maupun herbal yang beredar bebas di pasaran biasanya tidak efektif untuk menurunkan berat badan dan efeknya seringkali adalah:

1. Menyebabkan sering kencing atau sering buang air besar

Cara ini memang dapat membuat skala timbangan berat badan Anda berkurang tapi dapat membahayakan kesehatan karena dapat menyebabkan kekurangan cairan tubuh dan masalah pada ginjal.

2. Menurunkan sampai menghilangkan nafsu makan

Kelihatannya memang dapat membantu, namun tanpa kontrol yang baik, hal ini dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi yang diperlukan, dapat mengganggu keseimbangan hormon dan dapat mengganggu perbaikan sel tubuh. Aktivitas sehari-hari dapat terganggu, apalagi otak yang mengandalkan karbohidrat saja sebagai satu-satunya sumber nutrisi. Selain itu, efek ini malah cenderung menyebabkan efek balik berupa munculnya nafsu makan yang berlebihan setelah obat dihentikan.

3. Mual, muntah, sakit perut

Pada obat herbal maupun suplemen pelangsing yang tidak diketahui isinya seringkali memang tidak mengandung bahan-bahan aktif apapun yang dapat berguna untuk menurunkan berat badan. Kandungan bahan kimia yang tidak diketahui dapat memberikan efek samping yang juga tidak diketahui bagi tubuh. Seringkali mual, muntah dan sakit perut adalah efek yang kerap ditemui.

Lalu bagaimana baiknya jika ingin menurunkan berat badan yang cepat dan gampang? Nah berikut ini penjelasannya:

Menurunkan Berat Badan yang Tepat

Pada kasus-kasus kegemukan yang berat, bantuan obat-obatan memang diperlukan, namun tentu saja harus dalam pengawasan dokter agar dokter dapat memantau efek samping dari obat yang diberikan. Untuk itu, jika Anda berniat menurunkan berat badan, lebih aman Anda melakukannya dengan mengatur pola makan dan olahraga ketimbang mengkonsumsi obat-obatan yang tidak jelas isinya dan efeknya.

Tubuh dengan berat badan yang normal tentunya lebih sehat, untuk itu tidak salah jika Anda ingin mencapai berat badan normal. Namun, pilihlah cara-cara yang aman dan jangan mudah tergoda dengan cara-cara instan yang menyesatkan. Bila membutuhkan bantuan ahli maka Anda dapat mengunjungi dokter untuk panduan makan dan panduan olahraga sehingga Anda dapat menurunkan berat badan dengan tetap sehat dan bugar.

Baca juga:

  • Viagra Dapat Menurunkan Berat Badan, Lho
  • 4 Nutrisi Kebutuhan Kulit Ibu Hamil
  • Makanan Penurun Mood Seks
  • 4 Alasan Tidak Melewatkan Sikat Gigi di Malam Hari

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Bahaya Radiasi Nuklir Bagi Kesehatan

Bahaya Radiasi Nuklir Bagi Kesehatan

Salah satu ahli radiasi, Jacqueline Williams, seorang profesor di Department of Radiation Oncology di University of Rochester, New York, mengatakan bahwa radiasi tingkat tinggi dapat mematikan, karena radiasi dapat mengganggu sel-sel dalam tubuh dan menyebabkan kematian. Paparan zat radiaktif tingkat tinggi itu dapat memicu sejumlah gangguan kesehatan seperti rambut rontok, matinya sel syaraf, kejang dan kematian mendadak, gangguan peredaran darah, penyakit jantung, serta kerusakan sistem reproduksi. Biasanya, radiasi yang terlepaskan memiliki dua komponen besar, yaitu radioaktif iodine dan cesium. Iodine-131 adalah salah satu jenis material radioaktif yang berbahaya, menghirup atau mengonsumsi makanan yang terkontaminasi radioaktif iodine dapat menyebabkan kanker tiroid. Makanan (khususnya produk susu) dapat terkontaminasi dengan debu radioaktif yang mengendap pada tanaman, bahkan pada rumput yang dimakan oleh sapi atau binatang lainnya. Sedangkan radioaktif cesium-137 dapat menyebabkan bahaya dalam jangka panjang dan merupakan ancaman besar bagi kesehatan manusia, termasuk masalah kanker dan paru-paru. Mengantisipasi ancaman radiasi akibat bocornya reaktor nuklir PLTN di Fukushim [...]

4 Nutrisi Penting untuk Menambah Berat Badan

4 Nutrisi Penting untuk Menambah Berat Badan

Sebagian besar dari kita pasti ingin menurunkan berat badan. Tetapi di sisi lain, walaupun tidak banyak, ada orang-orang yang sangat ingin menaikkan berat badannya.Mungkin Anda akan berpikir apa sih susahnya menaikkan berat badan. Cukup makan junk food sebanyak-banyaknya dan dalam beberapa bulan berat badan akan bertambah secara drastis. Namun orang yang underweight tidak bisa sembarangan menambah berat badannya.Makanan yang tidak sehat dapat membuat berat bertambah tapi tubuh kekurangan nutrisi. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan nutrisi yang diasup. Beberapa nutrisi di bawah ini sangat penting untuk menambah berat badan dengan cara yang sehat, seperti dikutip dari Boldsky.1. ProteinProtein sangat penting dalam proses penambahan berat badan. Dengan mengonsumsi protein yang cukup, berat akan didapat dari massa otot yang bertambah dan bukan lemak. Anda dapat mengonsumsi makanan laut seperti salmon dan tuna karena kandungan proteinnya sangat tinggi. Disamping itu lengkapi dengan susu skim dan selai kacang.2. Kolesterol BaikTubuh butuh asupan kolesterol untuk menambah berat badan. Pilihlah kolesterol baik yang terkandung dalam ikan bakar dan telur mentah. Telur mengandung b [...]

10 Kebiasaan yang Memicu Penyakit Jantung

10 Kebiasaan yang Memicu Penyakit Jantung

Agar berumur panjang, jantung merupakan salah satu organ yang wajib dijaga kesehatannya. Salah satu caranya adalah menghindari beberapa kebiasaan buruk yang kerap kali dilakukan. Seperti yang dikutip dari health, berikut 10 kebiasaan yang berpengaruh buruk pada jantung.1. Menonton TVWalau Anda sudah melakukan olahraga teratur, duduk selama berjam-jam dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. "Olahraga tidak bisa mengimbangi berapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk duduk," ujar R. Reynolds HArmony, MD, direktur asosiasi dari Cardiovascular Clinical Research Center New York.Mengapa? Hal ini dikarenakan kurangnya gerakan dapat memengaruhi kadar lemak dan gula. Dr Reynolds menyarankan, jika Anda merasa terlalu banyak duduk saat bekerja di kantor atau menonton TV, usahakan untuk berdiri ketika menerima telepon. Itu akan membantu memperlancar aliran darah.2. Membiarkan StresApakah Anda sering tidak segera menyelesaikan masalah sehingga membuat stres? Jika ya, waspadalah karena hal ini bisa berpengaruh buruk pada jantung Anda. Menurut Dr Reynolds, membiarkan stres berlarut-larut malah membuatnya semakin berbahaya. "Berbicara mengenai masalah Anda dengan seseorang adala [...]

Jangan Mengabaikan Sakit Kepala Sebelah Kiri

Jangan Mengabaikan Sakit Kepala Sebelah Kiri

Sakit kepala sebelah kiri bisa terjadi karena beberapa hal. Waspadai karena meskipun kadang tidak berbahaya, namun ada juga yang serius dan membutuhkan perhatian khusus dalam mengatasinya. Ketika sakit kepala sebelah kiri menyerang, aktivitas sehari-hari Anda pastinya akan terganggu. Agar teratasi dengan sempurna, pertama-tama Anda harus mengetahui penyebabnya. Sakit kepala sebelah kiri biasanya disebabkan oleh: Migrain. Kondisi ini seringkali menyerang satu sisi kepala Anda, termasuk bagian kiri kepala Anda. Anda bisa menderita kepala yang berdenyut-denyut dan sakit yang menusuk disertai mual, muntah atau penglihatan yang kabur. Rasa sakit ini bisa berlangsung selama beberapa jam hingga tiga hari atau lebih. Migrain sendiri belum diketahui pasti penyebabnya tapi diduga akibat gangguan pada aktivitas otak yang mengganggu keseimbangan kimia dan pembuluh darah otak. Kondisi ini bisa jadi dipicu oleh hormon, makanan, cahaya, alkohol, stres, bebauan atau suara. Sinusitis. Kondisi ini kerap disalahartikan menjadi migrain. Anda mengalami sinusitis jika lapisan sinus di kepala mengalami peradangan, alergi atau terinfeksi infeksi. Sakit kepala tegang. Sakit kepala ini bisa disebabkan ol [...]

3 Prinsip Sederhana Menurunkan Berat Badan

3 Prinsip Sederhana Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang ideal bukan hanya memberikan postur tubuh yang menarik dilihat, namun juga baik untuk kesehatan tubuh manusia. Namun banyak orang tidak mengetahui berapa sebenarnya berat badan ideal mereka. Prinsip paling pertama adalah Anda harus mengetahui dahulu target berat badan ideal yang ingin Anda capai. Mari kita cari tahu cara menghitung berat badan ideal dan cara mencapai berat badan ideal. Bagaimana mengetahui berat badan ideal? 3 Prinsip Sederhana Menurunkan Berat Badan Berat badan ideal dapat dihitung dengan perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT). IMT didapat dengan menggunakan rumus kuadrat dari berat badan dalam kilogram dibagi tinggi badan dalam meter. Misalkan berat badan Anda 70 kg dan tinggi badan 1,7 meter maka IMT Anda adalah 70 kg/ (1,7 m)2, yaitu 24,2 kg/m2. IMT yang ideal untuk orang Indonesia adalah 18,5-22,9, untuk IMT dibawah 18,5 berarti berat badan kurang, sedangkan IMT lebih dari 23 maka Anda mengalami obesitas. Atau untuk lebih mudahnya, Anda dapat menggunakan tools Indeks Massa Tubuh PeduliSehat.info dengan klik disini. Prinsip kedua adalah Anda harus mengetahui dan mencamkan baik-baik bahaya dari kondisi obesitas atau [...]

Perhatikan Berbagai Penyakit  Akibat Malnutrisi di Bawah Ini

Perhatikan Berbagai Penyakit Akibat Malnutrisi di Bawah Ini

Busung lapar bukanlah satunya-satunya penyakit yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi atau malnutrisi. Waspadalah ada penyakit-penyakit lain yang disebabkan oleh malnutrisi. Malnutrisi adalah kondisi medis serius pada seseorang akibat tidak mendapatkan semua nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Atau dengan kata lain mengalami gizi buruk. Seseorang bisa kekurangan gizi meski mengonsumsi banyak makanan.. Mengapa? Karena makanan yang dikonsumsi tidak mengandung mikronutrien (vitamin dan mineral) yang cukup guna memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari. Selain itu, malnutrisi juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan tubuh yang tidak dapat menyerap nutrisi, masalah pada kesehatan mental, dan kecanduan narkotika dan alkohol. Malnutrisi membuat orang sulit tumbuh besar, susah melakukan pekerjaan fisik, kemampuan belajar kurang, dan mudah terserang penyakit. Penyakit yang Disebabkan Oleh Malnutrisi Berikut ini beberapa penyakit yang disebabkan oleh malnutrisi: Kwashiorkor Kwashiorkor terjadi karena tidak cukupnya asupan protein dalam makanan yang masuk ke dalam tubuh. Protein diperlukan untuk memperbaiki sel, membuat sel baru, serta penting untuk pertumbuhan selama masa kanak-kanak da [...]

Sup ‘Anti Lapar’, Mengandung Karbohidrat yang Kenyangkan Perut Lebih Lama

Sup ‘Anti Lapar’, Mengandung Karbohidrat yang Kenyangkan Perut Lebih Lama

Hanya makan sup, bisakah mengenyangkan perut seharian tanpa menyantap makanan lain? Mungkin terdengar mustahil, tapi hal itu bisa saja terjadi.Sejumlah ilmuwan telah mengembangkan produk sup mengandung sari pati khusus yang perlu waktu lebih lama untuk dicerna. Proses pengolahan di dalam tubuh yang memakan waktu lama, membuat perut juga terasa kenyang lebih lama.Dalam sebuah percobaan, sup tersebut dimakan setiap hari dan terbukti mengurangi jumlah konsumsi makanan lainnya pada responden. Sup istimewa ini dikembangkan sebagai bagian dari Project Satin, sebuah proyek ilmiah di bidang makanan, Satin (Satiety Innovation). Dikutip dari Daily Mail, bahan utama dari sup ini adalah karbohidrat kompleks yang juga dinamakan dengan tahan pati. Karbohidrat tahan pati terkandung di dalam biji-bijian dan lentil seperti kedelai dan polong-polongan. Karbohidrat tahan pati juga banyak terdapat pada kentang, pasta gandum dan nasi yang dimasak dan dibiarkan mendingin sebelum dimakan. Karbohidrat kompleks tidak bisa dicerna sempurna oleh usus kecil, dimana sebagian besar proses pencernaan terjadi. Bahan tahan pati ini akan dicerna begitu mencapai usus besar dan ketika dicerna oleh bakteri di dalam [...]

Minum Kopi Membuat Mulut Semakin Kering

Minum Kopi Membuat Mulut Semakin Kering

KlikDokter,com - Mulut yang kering mungkin pernah dialami oleh sebagian orang, penyebabnya dapat bermacam-macam dari yang disebabkan oleh efek samping dari terapi obat-obatan, kebiasaan merokok dan suatu penyakit tertentu. Beberapa dampak yang dirasakan ketika mulut kering meliputi mulut berbau tidak sedap, rasa kering dan lengket yang di rasakan dalam mulut sampai ketenggorokan, bibir pecah-pecah serta timbul rasa sakit, gangguan dalam mengunyah dan berbicara. (Baca: Wanita Lebih Rentan Dehidrasi). Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati depresi, nyeri, alergi, diare dan penyakit Parkinson adalah penyebab mulut menjadi kering. Selain itu penyebab lainnya adalah rusaknya kelenjar ludah yang menghasilkan air ludah akibat terapi radiasi atau kemoterapi. Dan masih ada beberapa penyebab dari mulut kering, halaman berikut penjelasannya: Penyebab Mulut Kering Lainnya Selain hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya sebagai penyebab dari keadaan mulut yang kering, makan makanan atau minuman tertentu dapat juga menyebabkan atau memperparah mulut kering. Kurangnya asupan buah-buahan dan biji-bijian cukup berkontribusi pada tingkat keparahan. (Baca: Minum Kopi Meng [...]

Hipnotis Diri Sendiri untuk Hilangkan Stres dalam Waktu 40 Menit

Hipnotis Diri Sendiri untuk Hilangkan Stres dalam Waktu 40 Menit

Aktivitas yang padat, seperti dikejar deadline, hingga menghadapi lalu lintas Jakarta yang tidak bersahabat, sering membuat sebagian besar dari Anda merasa stres. Meski demikian, tetap saja aktivitas tersebut harus Anda jalankan dan selesaikan. Apakah Anda sering mengalami hal ini?Juli Triharto, seorang hypnotherapist, memiliki solusi untuk mengatasi hal tersebut. Ditemui dalam acara Fortune PR Healthcare & Consumers di Oh La La Cafe, Kota Kasablanka, Senin (10/6/2013), Juli mengungkapkan sebuah teknik yang bisa membantu Anda menghilangkan stres dalam waktu 40 menit. Setelah melakukan teknik ini Anda bisa kembali beraktivitas secara produktif.Mindslim Magic Technique (MMT), merupakan cara yang bisa mengatasi stres dalam waktu 40 menit yang dipaparkan Juli. Teknik ini menggunakan mind dan body programming, yang bisa menghipnotis diri sendiri, agar menjadi nyaman dan tenang. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan MMT:Langkah 1:Tepuk tangan kiri Anda, persis di bawah jari manis. Lalu, tarik napas dalam-dalam dan buanglah secara perlahan.Langkah ke 2:Lalu, tatapan mata mengarah ke depan dan rasakan suara yang ada di sekeliling Anda.Langkah ke 3:Setelah itu, bola mata arahka [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *