Inilah Berbagai Macam Cara Aborsi

aborsi-hamil-abortus-gagal.jpg

Anda kenal betul istilah aborsi, sayang tidak semua orang kenal istilah ini mengertinya dengan benar. Terhentinya proses kehamilan yang usianya di bawah 20 minggu oleh sebab apapun disebut dengan abortus.

Abortus ini ada yang sifatnya diprovokasi atau memang terjadi spontan. Tidak semua abortus yang diprovokasi bersiat kriminal, karena beberapa abortus sengaja dilakukan atas dasar tujuan medis yang jelas, demi menyelamatkan nyawa ibu misalnya.

Dewasa ini, kita harus prihatin melihatnya praktik-praktik aborsi bebas yang tidak bertanggung jawab merajarela dimana mana. Dan tidak sedikit antaranya praktik itu digawangi seseorang yang memang berprofesi sebagai dokter, menyedihkan bukan, padahal dalam sumpah kedokteran jelas tertulis seorang dokter harus menghargai kehidupan sejak pembuahan terjadi. Ironis.

Abortus berdasarkan proses terjadinya kembali terbagi-bagi. Berikut beberapa tipe abortus dalam dunia kedokteran:

Beberapa Tipe Aborsi

Abortus berdasarkan proses terjadinya kembali terbagi-bagi. Berikut beberapa tipe abortus dalam dunia kedokteran:

Abortus Iminens

Pertama dikenal dengan nama abortus iminens, atau disebut juga ancaman abortus, artinya kehamilan ini masih dapat diselamatkan dan abortus hanya merupakan ancaman, janin masih hidup di dalam kandungan ibu.

Abortus Insipiens

Sementara abortus iminens yang tidak ditangani segera akan berubah menjadi tipe yang kedua yaitu abortus insipiens, ketika ini terjadi, perdarahan akan keluar semakin banyak dan kehamilan tidak dapat diselamatkan lagi.

Abortus Inkompletus

Jenis ketiga adalah abortus inkompletus (incomplete abortion), sesuai dengan namanya, pada jenis ini janin telah keluar dari kandungan ibu, namun sebagian masih tertinggal di dalam, sehingga harus dibersihkan oleh dokter melalui prosedur yang dikenal dengan nama kuretase (sering disebut sebagai kuret saja).

Abortus Kompletus

Berlawanan dengan jenis ini, abortus kompletus adalah abortus yang telah berhasil mengeluarkan semua bagian janin dari kandungan ibu, sehingga kuret menjadi tidak perlu dilakukan.

Missed Abortion

Tipe yang terakhir adalah missed abortion , yang terjadi pada abortus jenis ini adalah proses aborsi terjadi di dalam rahim ibu tanpa disadari olehnya, sehingga prosedur kuret wajib dilakukan. Mungkin Anda bertanya, bagaimana jika dibiarkan saja? Hal ini akan membahayakan ibu, salah satu yang mungkin terjadi adalah infeksi.

Demikian pemaparan mengenai abortus, apapun yang terjadi, jangan sampai Anda melakukan aborsi dengan sengaja, karena pelaku aborsi sama saja dengan pembunuh.

Baca juga:
Mencegah Kehamilan dengan Metode Ritmik
Mual dan Muntah di Masa Kehamilan
5 Manfaat Mengejutkan dari Kehamilan

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Stres di Masa Kecil Bisa Sebabkan Kanker Kulit Saat Dewasa?

Stres di Masa Kecil Bisa Sebabkan Kanker Kulit Saat Dewasa?

Bisakah hal yang Anda alami dan rasakan saat masih kecil dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh serta kemampuan melawan kanker ketika dewasa? Menurut peneliti, bisa!Ada anggapan yang mengatakan bahwa anak-anak seperti spons, karena mereka dapat menyerap apa saja yang terjadi di lingkungannya. Dan tampaknya, hal itu benar adanya.Menurut penelitian, anak yang mengalami perlakuan buruk, seperti ditelantarkan, diketahui mengalami penurunan kekebalan tubuh ketika dewasa. Dalam sebuah laporan, tubuh mereka mengalami kesulitan melawan kanker kulit.Para ilmuwan di The Ohio State University Wexner Medical Center menerbitkan hasil penelitiannya dalam Archives of General Psychiatry. Penelitian tersebut fokus pada basal cell carcinoma (BCC), bentuk yang cukup jinak dari kanker kulit dan salah satu yang paling umum.Tumor sel basal seringkali berhasil dikalahkan oleh sistem imum dalam tubuh seseorang. Namun penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengalami stres pada awal kehidupannya mengalami penurunan respon kekebalan tubuh terhadap jenis kanker."Ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa pengalaman pertama orang tua bermasalah dan dikombinasikan denganperistiwa hidup yang t [...]

Konsumsi Aspirin Tiap Hari Bisa Rusak Penglihatan

Konsumsi Aspirin Tiap Hari Bisa Rusak Penglihatan

Berhati-hatilah bagi Anda yang suka mengonsumsi aspirin. Menurut penelitian di Eropa, penggunaan obat pereda nyeri setiap hari bagi orang lanjut usia bisa mengganggu penglihatan.Seperti yang dikutip dari Reuters, data penelitian tidak menunjukkan bahwa aspirin bisa membuat seseorang kehilangan penglihatannya. Namun temuan yang diterbitkan dalam jurnal Oftalmologi memperlihatkan adanya pengaruh antara aspirin dengan gangguan mata."Bagi orang yang memiliki usia melebihi 65 tahun dengan risiko degenerasi makula, sepertinya tidak bijaksana untuk menyarankan mereka meminum obat pereda nyeri," kata William Christen dari Brigham dan Rumah Sakit Wanita di Boston, dikutip dari Reuters.Penelitian yang dipimpin oleh Paulus de Jong di Belanda Institute for Neuroscience dan Academic Medical Center, telah mengumpulkan informasi kesehatan dan gaya hidup dari hampir 4.700 orang di atas usia 65 tahun. Selain dilakukan di Amerika, penelitian ini juga dilakukan di Norwegia, Estonia, Inggris, Perancis, Italia, Yunani dan Spanyol.Hasilnya, dari 839 orang yang mengonsumsi aspirin setiap hari, terdapat 36 orang yang memiliki bentuk lanjutan dari penyakit ini yang disebut degenerasi makula jenis basah. [...]

Malas Periksa, Kanker Serviks Mengintai

Malas Periksa, Kanker Serviks Mengintai

Oleh: dr. Virgi Saputra Tina (karyawati, 35 tahun) termangu menghadapi kenyataan dirinya menderita kanker serviks. Kata-kata dokter kandungan terngiang-ngiang di telinganya bahwa ia menderita kanker serviks stadium 2. Bulan lalu ia mendapati adanya bercak darah di celana dalamnya. Padahal seingatnya haid berikutnya harusnya masih 1 minggu lagi. Hal ini sudah kali kedua terjadi, dan selalu pasca berhubungan badan dengan suami malam sebelumnya. Mengingat-ingat masa lalunya rasanya tak percaya dirinya bisa terkena penyakit mematikan ini. Kehidupannya baik-baik saja. Tidak ada yang menderita kanker di keluarganya. Ia tamat kuliah tepat waktu, bekerja sebagai karyawan di suatu perusahaan swasta. Bertemu dengan pria yang 2 tahun kemudian menikahinya. Tinggal di lingkungan perumahan yang bersih. Ia juga rajin mengganti pembalut. Pokoknya hygiene, pribadinya juga bersih. Hanya satu yang disesalinya, sudah lama ia tidak melakukan pap smear. Terakhir 4 tahun yang lalu, hasilnya normal. Tahun lalu dokter kandungannya telah menawarkannya melakukan pap smear lagi, namun ia tidak mau karena takut, malu, dan enggan. Baru sekarang, setelah terkena penyakit ini, ia rajin browsing mencari informasi [...]

Penanganan Terkini untuk Jerawat Meradang

Penanganan Terkini untuk Jerawat Meradang

Kongres Nasional Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit & Kelamin 2014 Acne vulgaris merupakan suatu jenis jerawat yang ditandai dengan peradangan kronis dari kelenjar minyak. Acne vulgaris juga muncul akibat kerja dari bakteri P. acnes yang meningkat, penyumbatan dari saluran akar rambut, produksi minyak yang berlebihan serta reaksi sistem kekebalan tubuh kita (imunitas). Untuk mengobati jerawat terdapat beberapa jenis obat yang sering digunakan seperti antibitoik, asam retinoid, benzoyl peroxide, serta asam salysilat. Namun terkadang setelah pengobatan yang lama dan berganti-ganti obat, hasil yang ditunjukkan tidak maksimal terutama untuk beberapa kasus jerawat yang sangat berat dan terkadang pun tidak sembuh. ?Terapi imun yang sedang diteliti merupakan suatu jenis vaksin, yaitu vaksin untuk bakteri P. acnes. Vaksin ini memiliki beberapa target yaitu membubuh bakteri P.acnes serta mengobati kasus-kasus jerawat yang resistant terhadap obat-obatan lainnya,? jelas Prof. dr. Hari Sukanto, Sp.KK(K) ketika ditemui PeduliSehat.info pada kesempatan ketika mengisi simposium Imunoterapi untuk Acne Vulgaris diKongres Nasional Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di Bandun [...]

5 Dampak Negatif AC Terhadap Kesehatan Tubuh

5 Dampak Negatif AC Terhadap Kesehatan Tubuh

Di iklim tropis seperti Indonesia, pendingin udara atau Air Conditioner (AC) dirasa penting bagi sebagian besar orang. Bahkan AC hampir digunakan setiap saat, baik di rumah dan di kantor.Tetapi tahukan Anda bahwa ternyata AC punya dampak negatif terhadap kesehatan tubuh. Seperti yang dikutip dari globaltvedmonton, berikut lima dampak negatif AC terhadap kesehatan tubuh.1. Terkena Penyakit & Kelelahan RutinPenelitian menunjukkan bahwa orang yang selalu bekerja dalam ruangan ber-AC memiliki kemungkinan untuk mengalami sakit kepala kronis dan rasa lelah yang terus menerus terjadi. Mereka yang bekerja di dalam gedung terus menerus terkena udara dingin sehingga mungkin alami iritasi membran mukosa dan kesulitan bernapas. Hal itu membuat Anda lebih rentan terhadap pilek, flu dan penyakit lainnya.2. Kulit KeringBerjam-jam menghabiskan waktu di lingkungan ber-AC dapat menyebabkan kulit Anda kehilangan kelembaban. Apalagi jika Anda tidak membantu kelembaban kulit dengan mengaplikasikan lotion. Beberapa kasus kulit kering yang parah bisa mengakibatkan eksim atau penyakit kulit lainnya.3. Membuat Kondisi Penyakit Semakin ParahPendingin udara dengan sistem sentral diketahui dapat membua [...]

5 Manfaat Sehat Tertawa

5 Manfaat Sehat Tertawa

Apakah Anda tertawa setiap hari? Berapa sering Anda tertawa dalam sehari? Apakah Anda tahu efek tertawa bagi kesehatan? Pada saat kita tertawa, banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh kita yang dapat mendukung kesehatan kita. Pada saat tertawa, otot-otot wajah dan tubuh berkontraksi, tekanan darah dan denyut jantung meningkat, dan kita bernapas lebih cepat. Kesemua ini merupakan mekanisme tubuh yang baik untuk menyalurkan oksigen dalam tubuh kita. Namun bukan itu saja yang terjadi, saat tertawa, terjadi banyak hal menarik terjadi dalam tubuh, berikut diantaranya: Tertawa dan Kesehatan Tubuh Namun bukan itu saja yang terjadi, saat tertawa, terjadi banyak hal menarik terjadi dalam tubuh, berikut diantaranya: Aliran darah yang lebih baik. Efek menonton film komedi dibanding film drama pada tubuh yang diteliti ternyata menunjukkan bahwa penonton film komedi memilliki aliran darah yang lebih baik ketimbang mereka yang menonton film drama. Sistem pertahanan tubuh (imunitas) yang lebih baik. Tertawa juga telah diteliti dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh sehingga dapat lebih mudah melawan infeksi. Kadar gula darah yang lebih rendah. Pada suatu penelitian [...]

Hanya 2,3% Orang Indonesia Sikat Gigi dengan Benar, Anda Salah Satunya?

Hanya 2,3% Orang Indonesia Sikat Gigi dengan Benar, Anda Salah Satunya?

?Hampir semua orang tentu sudah mengerti pentingnya merawat kesehatan mulut dan gigi. Untuk itu, rutinitas membersihkan gigi harus dilakukan setiap hari. Paling tidak, tindakan perawatan paling dasar yakni menyikatnya dengan pasta gigi. Meski tergolong mudah dan umum, ternyata tidak semua orang Indonesia sudah melakukannya dengan benar. Menurut data Riskesda (Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar) di 2013, orang yang sudah menyikat sesuai rekomendasi hanya 2,3% dari 72,3% mereka yang rutin menggosok gigi. Lalu, bagaimana sebenarnya standar menyikat yang disarankan para ahli?Menurut ?Prof. Dr. Drg. Tri Erri Astoeti, Mkes, merawat kesehatan mulut yang benar sebenarnya mudah. Yakni dengan menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Kemudian berkumurlah dengan cairan pembersih mulut minimal dua kali sehari. Hal tersebut memang sederhana namun sering disepelekan orang-orang. Bahkan di Indonesia baru 72,3% masyarakat yang menyikat gigi."?Penyakit gigi masuk enam besar penyakit yang paling sering dikeluhkan orang Indonesia. Penyakit ini juga termasuk penyakit keempat termahal dalam perawatannya. Penyebabnya adalah perilaku," kata Tri di acara konferensi pers 21 ?Hari Tantangan Listeri [...]

Hati-hati!  Bikini Waxing Bisa Berbahaya

Hati-hati! Bikini Waxing Bisa Berbahaya

Bikini waxing merupakan cara menghilangkan bulu dengan menggunakan lilin atau wax pada area bikini line. Proses bikini wax tidaklah lama, kurang dari dua jam Anda sudah bisa menghilangkan bulu-bulu yang dirasa mengganggu.Sayangnya, bikini waxing memiliki efek negatif. Seperti yang dikutip dari womenshealthmag, baru-baru ini kota New Jersey melarang adanya bikini wax setelah dua wanita dilaporkan masuk rumah sakit karenanya. Dan pada 2007, seorang wanita Australia yang mengidap diabetes 1, dilaporkan hampir meninggal akibat infeksi bakteri yang ia dapatkan setelah melakukan bikini waxing."Bulu kemaluan ada untuk sebuah alasan, melindungi kulit sensitif dan selaput lendir di daerah kelamin. Mencabut bulu dengan lilin dapat mengangkat lapisan perlindungan tersebut," ujar Linda K. Franks, asisten klinis profesor dermatologi di New York University School of Medicine.Selain itu, waxing juga dapat menarik potongan-potongan kecil lapisan kulit terluar, dan menciptakan sebuah portal yang dapat membuat bakteri masuk ke dalam tubuh. Terlebih lagi, proses ini juga menimbulkan peradangan, yang membuat bakteri terperangkan di bawah kulit. Bikini waxing dapat menciptakan risiko infeksi kulit, [...]

4 Tipe Bau dari Badan yang Sering Muncul

4 Tipe Bau dari Badan yang Sering Muncul

Apabila Anda mendengar kata ?Bau Badan?, apakah yang akan Anda pikirkan? Umumnya banyak orang akan menghubungkan bau badan dengan bau yang ada di lipatan ketiak. Tahukah Anda terdapat banyak tipe bau badan yang lain. Apa saja jenis bau badan yang lain? Sedikitnya terdapat 4 jenis bau badan yang datangnya dari tubuh manusia, diantaranya adalah: 1. Bau mulut (Halitosis) 2. Bau badan karena keringat berlebihan (hiperhidrosis) 3. Bau kentut (flatus) 4. Bau badan karena masa puber. Halaman berikut penjelasan selengkapnya dari masing-masing poin diatas dan bagaimana cara mengatasinya: 1. Halithosis atau Bau Mulut Halithosis adalah jenis bau badan yang paling umum ditemui. Hal ini dapat terjadi ketika banyak bakteri yang tumbuh di dalam mulut Anda. Bakteri dapat tumbuh pada lidah atau sela-sela gigi. Hal ini dapat menyebabkan bau nafas yang tidak sedap. Hal lain yang juga dapat menyebabkan bau napas yang tidak sedap adalah lubang pada gigi. Gigi yang berlubang dapat menjadi sarang kuman yang memproduksi bau yang tidak sedap. Ada beberapa kiat untuk atasi bau mulut yang membandel, Anda dapat baca selengkapnya oleh drg. Martha Mozartha disini, Cara Mengatasi Bau Mulut [...]

7 Cara Cepat Menghilangkan Stres

7 Cara Cepat Menghilangkan Stres

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Stres dalam kesehatan dikenal sebagai pencetus sederet penyakit-penyakit degeneratif. Tidak sedikit bagaimana beragam penelitian mengemukakan terdapat hubungan erat antara stres dengan kolesterol, hipertensi, pola tidur, pola makan yang mengakibatkan diabetes dan lainnya. Oleh karena itu penting sekali bagi kita untuk menjaga diri guna senantiasa terjauh dari stres. Simaklah beberapa 7 tips bebas stres berikut ini: 1. Meditasi Meditasi merupakan cara yang sangat baik untuk menghilangkan stres. Ada 3 cara cepat untuk memulai meditasi yaitu: Pergilah ke tempat yang tenang dan sepi, Tutup mata Tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan pikiran Anda dari tubuh. Dalam meditasi Anda, Anda dapat secara bebas memikirikan atau membayangkan segala pikiran yang nyaman termasuk yang bukan realita. Tidak ada kecemasan disini, tidak ada deadline, tidak ada tekanan atau kesakitan. Selama proses relaksasi, Anda dapat menarik harapan baru dan melepaskan segala kecemasan dan rasa takut Anda. 2. Berolahraga Olahraga memegang peran penting dalam segala elemen dalam tubuh, dari meningkatkan sirkulasi tubuh hingga memperkuat jantung. Namun olahraga juga merupakan penghilang s [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *