Inilah Berbagai Macam Cara Aborsi

aborsi-hamil-abortus-gagal.jpg

Anda kenal betul istilah aborsi, sayang tidak semua orang kenal istilah ini mengertinya dengan benar. Terhentinya proses kehamilan yang usianya di bawah 20 minggu oleh sebab apapun disebut dengan abortus.

Abortus ini ada yang sifatnya diprovokasi atau memang terjadi spontan. Tidak semua abortus yang diprovokasi bersiat kriminal, karena beberapa abortus sengaja dilakukan atas dasar tujuan medis yang jelas, demi menyelamatkan nyawa ibu misalnya.

Dewasa ini, kita harus prihatin melihatnya praktik-praktik aborsi bebas yang tidak bertanggung jawab merajarela dimana mana. Dan tidak sedikit antaranya praktik itu digawangi seseorang yang memang berprofesi sebagai dokter, menyedihkan bukan, padahal dalam sumpah kedokteran jelas tertulis seorang dokter harus menghargai kehidupan sejak pembuahan terjadi. Ironis.

Abortus berdasarkan proses terjadinya kembali terbagi-bagi. Berikut beberapa tipe abortus dalam dunia kedokteran:

Beberapa Tipe Aborsi

Abortus berdasarkan proses terjadinya kembali terbagi-bagi. Berikut beberapa tipe abortus dalam dunia kedokteran:

Abortus Iminens

Pertama dikenal dengan nama abortus iminens, atau disebut juga ancaman abortus, artinya kehamilan ini masih dapat diselamatkan dan abortus hanya merupakan ancaman, janin masih hidup di dalam kandungan ibu.

Abortus Insipiens

Sementara abortus iminens yang tidak ditangani segera akan berubah menjadi tipe yang kedua yaitu abortus insipiens, ketika ini terjadi, perdarahan akan keluar semakin banyak dan kehamilan tidak dapat diselamatkan lagi.

Abortus Inkompletus

Jenis ketiga adalah abortus inkompletus (incomplete abortion), sesuai dengan namanya, pada jenis ini janin telah keluar dari kandungan ibu, namun sebagian masih tertinggal di dalam, sehingga harus dibersihkan oleh dokter melalui prosedur yang dikenal dengan nama kuretase (sering disebut sebagai kuret saja).

Abortus Kompletus

Berlawanan dengan jenis ini, abortus kompletus adalah abortus yang telah berhasil mengeluarkan semua bagian janin dari kandungan ibu, sehingga kuret menjadi tidak perlu dilakukan.

Missed Abortion

Tipe yang terakhir adalah missed abortion , yang terjadi pada abortus jenis ini adalah proses aborsi terjadi di dalam rahim ibu tanpa disadari olehnya, sehingga prosedur kuret wajib dilakukan. Mungkin Anda bertanya, bagaimana jika dibiarkan saja? Hal ini akan membahayakan ibu, salah satu yang mungkin terjadi adalah infeksi.

Demikian pemaparan mengenai abortus, apapun yang terjadi, jangan sampai Anda melakukan aborsi dengan sengaja, karena pelaku aborsi sama saja dengan pembunuh.

Baca juga:
Mencegah Kehamilan dengan Metode Ritmik
Mual dan Muntah di Masa Kehamilan
5 Manfaat Mengejutkan dari Kehamilan

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sikap Indonesia Terhadap Ancaman Ebola

Sikap Indonesia Terhadap Ancaman Ebola

Saat ini dunia internasional sedang dihebohkan dengan adanya wabah virus ebola. Berdasarkan data World Health Organization (WHO) sejak Maret 2014 hingga tanggal 1 Agustus 2014 telah tercatat 1603 kasus ebola dengan 887 orang meninggal. WHO menyebutnya sebagai wabah terburuk sepanjang masa. Bank Dunia telah mengalokasikan dana sebesar Rp. 2,3 triliun untuk membantu negara-negara di Afrika barat yang sedang berjuang melawan wabah ebola. Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat (31/7) mengeluarkan peringatan "Level 3" untuk menghindari perjalanan ke negara-negara Afrika Barat- Guinea, Liberia dan Sierra Leone- berkaitan dengan wabah Ebola. Pemerintah Korea Selatan pun telah mengeluarkan larangan berpergian ke wilayah Afrika bagi warganya. Indonesia turut menaruh perhatian terhadap mewabahnya virus ebola. Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi (4/8), mengatakan pemerintah Indonesia telah mengeluarkan peringatan perjalanan bagi orang-orang yang berencana pergi ke kawasan Afrika khususnya Sierra Leone, Liberia, Guinea dan Nigeria terkait wabah virus ebola. (Baca: Ebola Tidak Hanya Menular Lewat Seks) Hingga saat ini belum ada data mengenai warga Indonesia yang terjangkit [...]

Manfaat Air Kelapa untuk Tubuh

Manfaat Air Kelapa untuk Tubuh

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Air kelapa merupakan cairan yang berasal dari kelapa muda. Dalam beberapa tahun ini ada beberapa penelitian yang dilakukan untuk menganalisa efek dari air kelapa. Air kelapa mengandung banyak elektrolit (mineral), yang dapat berguna untuk menghidrasi tubuh manusia. Elektrolit juga berguna dalam menjaga keasaman darah serta berpengaruh terhadap kontraksi otot. Air kelapa memiliki kadar kalium yang tinggi, yang dapat mendukung kesehatan dari jantung dan otot. Berikut beberapa manfaat dari air kelapa yang sudah pernah diteliti sebelumnya : Berolahraga : Air kelapa yang mengandung banyak natrium dapat berguna dalam rehidrasi sehabis olahraga seperti yang disebutkan oleh studi yang dipublikasikan dalam The Southeast Asian Journal of Tropical Medicine and Public Health tahun 2007. Studi ini meneliti 10 laki-laki sehabis berolahraga dimana dibagi menjadi 4 kelompok yaitu kelompok 1 hanya mengkonsumsi air biasa, kelompok 2 mengkonsumsi minuman elektrolit kelompok 3 mengkonsumsi air kelapa saja, dan kelompok 4 mengkonsumsi air kelapa yang mengandung banyak natrium. Setelah dilakukan pemeriksaan 2 jam kemudian terlihat bahwa rehidrasi laing tinggi t [...]

Konsumsi Apel Dapat Mencegah Penyakit!

Konsumsi Apel Dapat Mencegah Penyakit!

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa diet tinggi buah-buahan dan sayur-sayuran dapat menurunkan risiko penyakit kronik, seperti penyakit jantung dan pembuluh darah dan kanker. Kuncinya terletak pada zat-zat fitokimia seperti phenolics, flavonoid dan carotenoids, yang terkandung dalam buah-buahan dan sayur-sayuran yang berperan dalam mengurangi risiko kejadian penyakit kronik. Apel merupakan buah dikonsumsi secara luas dan merupakan buah yang kaya zat fitokimia. Konsumsi buah Apel dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Berbagai penelitian epidemiologi telah menunjukkan bahwa konsumsi buah Apel dapat menurunkan risiko terjadinya beberapa kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah, asma dan diabetes. Apel juga telah diketahui mengandung zat-zat fitokimia seperti quercetin, catechin, phloridzin dan chlorogenic acid yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Hal ini dapat membantu memperlambat proses penuaan. Apa saja manfaat apel bagi kesehatan, berikut penjelasan selengkapnya: Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan #1: Anti-Kanker Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah Apel dapat menurunkan risiko terjadinya kanker, terutama kanke [...]

Tes Awal Kehamilan dengan Testpack

Tes Awal Kehamilan dengan Testpack

Rasa penasaran mengenai kehamilan seseorang bisa diketahui sedini mungkin. Adalah testpack yang memungkinkan seseorang mengetahui hamil atau tidak sejak awal. Testpack adalah alat uji kehamilan berbentuk stik yang dirancang untuk mengetahui apakah urine yang dijadikan sampel mengandung hormon hCG. Hormon ini sendiri diproduksi setelah sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim. Saat hamil, produksi hormone chorionic gonadotropin alias hCG melonjak tajam, meningkat dua kali lipat tiap dua atau tiga hari. Hal ini umumnya terjadi sekitar enam hari setelah pembuahan. Jenis-jenis Tes Kehamilan Terdapat dua jenis testpack yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan, yaitu menggunakan sampel urine dan darah. Tes kehamilan yang memakai sampel urine bisa dilakukan di rumah maupun di klinik. Tidak ada perbedaan sensitivitas pada testpack yang digunakan secara mandiri di rumah maupun di klinik selama dilakukan dengan benar. Sementara itu, tes kehamilan dengan memakai sampel darah hanya bisa dilakukan oleh dokter. Meski tes ini dinilai lebih akurat, namun membutuhkan waktu lebih lama dan biaya lebih mahal. Tes darah dapat memprediksi kadar hCG pada usia kehamilan lebih awal dibandi [...]

4 Tips Puasa Penderita Maag

4 Tips Puasa Penderita Maag

Maag atau sering disebut sebagai gastritis merupakan suatu proses peradangan atau inflamasi pada dinding yang melapisi lambung. Komplikasi dari maag dapat menyebabkan suatu penyakit luka pada lambung yang disebut sebagai Ulkus Gaster. Ulkus gaster ini disebabkan oleh ketidakseimbangan antara produksi asam lambung dengan mekanisme pertahanan dinding lambung. Apabila terjadi maag, maka dapat timbul beberapa gejala seperti perasaan tidak enak pada bagian perut sebelah kiri, mual, kembung, muntah, perasaan penuh dan sesak serta terkadang nyeri perut. Beberapa tindakan dapat menyebabkan peningkatan asam lambung yang berujung pada maag ketika berpuasa, diantaranya seperti langsung tidur tepat setelah sahur, merokok sesaat setelah berbuka puasa atau mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang banyak saat buka puasa. Para individu yang menderita maag diharapkan untuk berbuka puasa dengan jumlah yang sedikit namun sering, seperti mengkonsumsi makanan yang ringan terdahulu saat berbuka puasa. Saat berbukaatau sahur puasa coba hindari minuman yang mengandung kopi dan soda, serta hindari minuman yang terlalu manis sebab akan memicu rasa haus. Bila maag sudah berat, dapat juga konsumsi o [...]

Wanita Bekerja Lebih Rentan Terkena Diabetes

Wanita Bekerja Lebih Rentan Terkena Diabetes

Oleh: dr. Jessica Florencia Penelitian terbaru yang dilakukan pada 3205 wanita dan 2227 pria usia 35-65 tahun di Stockholm Diabetes Prevention Program menunjukkan bahwa beban pekerjaan yang tinggi dan menyebabkan stres berpengaruh terhadap terjadinya penyakit diabetes melitus tipe 2. Bahkan, risiko terjadinya diabetes tipe 2 meningkat pada wanita lebih tinggi daripada pada pria. Penelitian menggunakan metode pengamatan ke masa depan. Pada pengamatan dalam jangka waktu 8-10 tahun, kelompok wanita ternyata lebih rentan mendapatkan diabetes melitus tipe 2. Lebih jauh lagi penelitian ini menemukan bahwa wanita dengan tuntutan pekerjaan tinggi (tidak adanya kebebasan mengambil keputusan dalam bekerja) 2 kali lebih rentan mengidap diabetes melitus tipe 2 ketimbang wanita yang dapat bekerja dengan kebebasan mengambil keputusan dalam pekerjaan. Stres dalam pekerjaan juga mempengaruhi perkembangan diabetes melitus tipe 2 pada pria, namun tidak sebesar pengaruhnya pada wanita. Bahkan pada pria yang dapat bekerja dengan kebebasan mengambil keputusan, risiko untuk terjadi diabetes melitus tipe 2 menjadi lebih rendah lagi. Penelitian serupa juga pernah dilakukan untuk meneliti pengaruh stres da [...]

Kebiasaan Minum Wine yang Membahayakan Otak

Kebiasaan Minum Wine yang Membahayakan Otak

Pada banyak kasus, orang yang minum alkohol dan wine terlalu cepat, cenderung menjadi minum melewati batas yang dapat diterima tubuh mereka.Paul Wallace, profesor di University College London dan pimpinan yayasan rehabilitasi alkohol Drinkware mengatakan, "Semua orang akan memproses alkohol pada tingkat yang berbeda berdasarkan jenis kelamin, umur, bahkan etnis. Tapi pada dasarnya, hati Anda hanya dapat memproses sekitar 1 unit alkohol per jam."Profesor Wallace juga menambahkan, "Minum alkohol 10 gelas atau setara dengan 2-3 gelas besar wine dalam dua jam, berarti Anda masih akan menyimpan 8 unit alkohol dalam tubuh Anda untuk diproses pada jam berikutnya. "Selain memabukkan, hal ini juga dapat menimbulkan keracunan pada diri Anda karena wine & alkohol mengandung etanol. Ketika Anda minum lebih dari 1 unit alkohol dalam 1 jam, etanol akan membanjiri otak Anda dan ini sangat berbahaya.Sebaiknya makananlah makanan kecil terlebih dulu dan minum alkohol dengan perlahan, hal ini dapat memperlambat laju penyerapan etanol ke dalam aliran darah Anda. Selanjutnya, Profesor Wallace juga menyarankan untuk menghindari alkohol dalam jumlah sekecil apapun.Ternyata bukan hanya alkohol yang [...]

Peran Penting Glycemic Index (GI) dalam Diet

Peran Penting Glycemic Index (GI) dalam Diet

Sesuai dengan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada tahun 2005, secara global ada sekitar 1,6 miliar orang dewasa yang kelebihan berat badan atau overweight dan 400 juta di antaranya dikategorikan obesitas. Pada 2015 diprediksi kasus obesitas akan meningkat dua kali lipat dari angka itu. Jangan anggap remeh obesitas, karena menurut studi baru di Universitas Oslo di Norwegia, 21 persen dari 424.500 orang dewasa di Asia, Australia dan Selandia Baru yang memiliki kelebihan berat badan mempunyai resiko meninggal karena kanker dibanding orang dengan berat badan normal. Untuk menghindari obesitas, tentunya diperlukan diet yang sehat. Telah berhasil melaksanakan diet namun tidak bisa memeliharanya? Sebuah studi baru dari Denmark menyarankan agar Anda lebih mengonsumsi protein tinggi dan rendah karbohidrat olahan atau kini lebih dikenal dengan low-glycemic index (GI). Roti gandum adalah contoh makanan low-GI yang paling baik untuk Anda konsumsi Apa itu glycemic index (GI)? Menurut Dr. Thomas Meinert Larsen ?rekan penulis dari studi Denmark ini ?dalam New England Journal of Medicine, glycemic index (GI) adalah sebuah ukuran dari kemampuan karbohidrat untuk meningkatkan gula darah, apa [...]

7 Makanan yang Bisa Menghilangkan Stres

7 Makanan yang Bisa Menghilangkan Stres

Stres tidak selalu membawa pengaruh buruk pada kesehatan tubuh. Ketika stres, tubuh melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang mempercepat metabolisme dan memproduksi energi dengan cepat. Tapi ketika dua hormon tersebut diproduksi berlebihan, akan memicu tubuh untuk mengeluarkan asam amino, porassium, fosfor dan magnesium dari dalam tubuh. Proses ini membuat otot melemah dan bisa mengganggu sistem imun, pencernaan dan reproduksi.Akibatnya berbagai gangguan kesehatan timbul seperti tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, sakit kepala hingga insomnia. Jika stres sudah pada tingkat yang mengkhawatirkan bisa memicu depresi, oleh karena itu harus segera diatasi. Salah satunya dengan menambah produksi hormon serotonin dan endorphin di dalam tubuh. Keduanya merupakan hormon bahagia yang membuat tubuh lebih relaks, bahagia dan cepat tidur nyenyak. Produksi serotonin bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Ini dia tipsnya, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Gandum UtuhJauhi junk food, makanan olahan dan hasil proses dari pabrik. Ganti menu Anda dengan makanan yang lebih sehat seperti oatmeal, roti dan sereal gandum atau bahan makanan lain yang sebagian besar bahan [...]

Pentingnya Punya Me Time Bagi Wanita Agar Jauh dari Stres

Pentingnya Punya Me Time Bagi Wanita Agar Jauh dari Stres

Dalam sehari rata-rata orang hanya punya waktu dua jam untuk memanjakan dirinya sendiri, bahkan bisa kurang dari itu. Hal itu diungkapkan oleh Psikolog Ayoe Sutomo, M.Psi. Menurut Ayoe, waktu yang sesingkat itu hendaknya dimanfaatkan sebisa mungkin untuk menikmati 'me time'.Kenapa 'me time' menjadi hal yang penting bagi peningkatan kualitas hidup? Psikolog lulusan Universitas Tarumanegara ini memberi penjelasannya."Pada dasarnya manusia, meskipun dia bersosialisasi tapi tetap adalah makhluk individual. Butuh waktu buat sendiri. Manusia butuh menyenangkan diri sendiri tanpa harus melibatkan orang lain. Melakukan sesuatu sendiri bikin kita jadi orang yang lebih baik dan menyenangkan," tutur Ayoe, saat acara 'My Bathroom, My Sanctuary' di Kohler Design Center, Jl. Panglima Polim Raya, Jakarta Selatan, Kamis (31/10/2013).'Me time' merupakan momen krusial bagi seseorang untuk beristirahat dari aktivitas sehari-hari dan menyediakan waktu bagi diri sendiri. Bukan untuk suami bahkan anak-anak. Tanpa meluangkan 'me time' seseorang bisa menjadi mudah lelah, bad mood, wajah kusam, bosan hingga merasa tertekan.Aktivitas relaksasi ini pun sebaiknya dilakukan setiap hari dan sesering mungkin, [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *