Inilah Bukti Dokter Indonesia Tak Kalah Hebat dengan Singapura

bayi-tabungr-140116b.jpg

Memiliki buah hati merupakan idaman setiap pasangan yang baru menikah. Tidak sedikit pasangan yang rela merogoh kocek lebih dalam demi memiliki keturunan.

Seperti Yosephiene yang telah melakukan program bayi tabung sebanyak 4 kali dan inseminasi 6 kali namun belum mendapatkan hasil.

“Pasien saya yang ini sudah ikut program bayi tabung 4 kali, 2 kali di rumah sakit swasta nomer satu di Singapura namun belum berhasil, 6 kali inseminasi pun belum juga berhasil,” kata Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Subspesialis Fertility dan Hormon Reproduksi Ahli Bedah Laparoskopi, Kiel, Jerman, Dr. Caroline Tirtajasa, Sp.OG(K).

Meski begitu Yosephiene tidak merasa putus asa. Untuk kelima kalinya, wanita usia 38 tahun ini ini memilih mengikuti program bayi tabung yang kelima. Kali ini di Rumah Sakit Omni Hospital Pulomas.

“Kebetulan dia (Yosephiene) baca profil saya dan datang ke sini untuk program bayi tabung yang ke lima kalinya. Puji Tuhan sukses,” kata dr. Caroline saat ditemui Liputan6.com di ruang kerjanya, Kamis (16/1/2014).

Menurut dr. Caroline, awalnya keyakinan untuk berhasil hanya 50 persen namun dirinya tetap mengupayakan semaksimal mungkin.

“Saya cuma bilang di awal dia datang, kita berupaya sebaik mungkin untuk hasilnya. Saat itu yakin ya 50 persen berhasil 50 lagi sepertinya sulit, namun ternyata Puji Tuhan bayinya normal,” kata dr. Caroline.

Sebelum menjalankan terapi program bayi tabung, Yosephiene menjalani pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan.

Akhirnya diketahui kenapa program sebelumnya tidak berhasil. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Yosephine punya masalah perihal kekentalan darah.

“Pasien ini mengalami kekentalan darah dan itu sudah bawaan dia. Kondisi ini yang menghambat proses pembentukan plasentasi dan implantasi sehingga program sebelumnya gagal,” kata Caroline.

Menurut dr. Caroline sebenarnya kualitas dokter di Indonesia tidak kalah dengan luar negeri.

“Jangan apa-apa Singapura apa- apa ke luar negeri. Kualitas dokter di Indonesia itu tidak kalah kok. Terbukti beberapa pasien yang menjalani bayi tabung di luar negeri tidak berhasil. Dan berhasilnya di sini,” kata dr. Caroline.

Sebelum program bayi tabung dijalani, dr. Caroline mempelajari riwayat program bayi tabung yang telah dijalankan Yosephiene sebelumnya.

“Waktu itu mulai program April 2013 kemudian bayi berhasil dilahirkan pada januari 2014 usia kandungan 35 minggu. Sebelumnya saya mempelajari riwayat sebelumnya, obat yang telah dikonsumsi dulu ya diganti,” katanya.

Berbekal pengetahuan dan keyakinannya pada Tuhan dr. Caroline pun berhasil melakukan program bayi tabung pada Yosephiene.

“Puji Tuhan saya yakin, lewat pengetahuan yang saya miliki. Segala upaya kami lakukan dan selama 35 minggu Victoria pun berhasil dilahirkan dengan berat 2.460 kg,” ujar dr. Caroline.

Meski begitu, upaya yang dilakukan Caroline bukannya tanpa kendala.

“Waktu itu air ketuban si ibu sudah diambang batas kritis, dan itu baru usia kandungan 8 bulan belum bisa untuk dilahirkan. Namun kami terus berupaya memberikan obat pematangan paru untuk bayi,” kata dr. Caroline.

Caroline berupaya agar bayi tetap dilahirkan dengan kondisi normal. Yoshepiene pun mesti menjalani perawatan intensif.

“Waktu itu Yoshepiene rutin menjalani USG 3-7 hari sekali. Kami memonitor bayi dan mewaspadai air ketuban yang semakin berkurang. Akhirnya di usia 35 minggu kami pun bergegas untuk melahirkan bayi, karena 85 persen paru sudab terbilang baik. Bayi pun dilahirkan secara cesar,” kata dr. Caroline.

Kelahiram Victoria pun dianggap dr. Caroline sebagai karya Tuhan. Atas kehendakNya, Yosephiene berhasil memiliki keturunan setelah menjalani 10 kali program bantuan reproduksi.

“Karya Tuhan dan atas usaha keras, Victoria lahir di program bayi tabung ke-5. Setelah menjalani 10 kali program bantuan reproduksi bayi tabung dan inseminasi,” kata dr. Caroline.

(Mia/Mel/*)

Baca Juga:

Risiko Kematian Bayi Kembar Siam Lebih Tinggi
Antara Inseminasi dan Bayi Tabung, Beda Banget Lho!
Setahun Menikah Belum Punya Anak? Segera Cek ke Dokter!

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ichthyosis Lamellar: Bersisik Seperti Ikan, Mengelupas Mirip Ular

Ichthyosis Lamellar: Bersisik Seperti Ikan, Mengelupas Mirip Ular

Ichthyosis lamellar adalah penyakit yang membuat manusia bersisik seperti ikan dan mengelupas seperti ular. Penyakit ini merupakan sebuah warisan yang diturunkan oleh keluarga penderita. Sampai saat ini belum ada cara bagaimana memutus warisan tersebut. Ichthyosis Lamellar merupakan penyakit kulit langka yang bisa dibilang `penyakit abadi`. Karena, sampai saat ini juga belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut. Berikut penjelasan tentang penyakit Ichthyosis lamellar seperti dilansir dari Mayo Clinic dan emedicine, seperti ditulis Selasa (30/9/2014): Deskripsi Ichthyosis Lamellar adalah salah satu penyakit kulit yang sangat langka. Penyakit ini merupakan kelainan di mana seorang bayi lahir ditutupi dengan membran yang transparan untuk memperlihatkan bercak-bercak kulit bersisik merah dengan berbagai ukuran di sebagian tubuh atau bahkan sekujur tubuh sang bayi. Penyakit ini adalah kelompok penyakit heterogen genetik akibat kelainan proses protein di jaringan kulit tanduk (keratinisasi) pada kulit resesif autosomal. Kelainan kulit ini juga biasa dikenal dengan red man syndrome, yang membuat sebagian atau sekujur kulit tubuhnya bersisik, mengelupas dan merah. [...]

5 Makanan yang Bikin Cepat Hamil

5 Makanan yang Bikin Cepat Hamil

Siapa bilang masalah ketidaksuburan atau infertilitas hanya masalah wanita. Pria yang merokok, mengonsumsi makanan yang tidak sehat serta peminum alkohol dan stres juga bisa menyebabkan seorang istri sulit hamil. Jika Anda mencoba untuk hamil, mungkin lima makanan ini dapat membantu. Berikut daftar makanan yang memengaruhi kesuburan, seperti dilansir Idiva, Senin (18/8/2014): 1. KuaciKuaci yang merupakan biji semangka kering ternyata menyimpan kandungan zinc yang tinggi. Zinc berperan dalam memengaruhi hormon testosteron dan sperma di tubuh laki-laki. Selain kuaci dari biji semangka, kuaci dari biji labu juga disarankan. 2. GinsengGinseng bisa meningkatkan kinerja seksual pada pria. Selain itu, ginseng juga dapat memelihara keseimbangan dan meningkatkan imunitas. 3. Ginkgo bilobaSuplemen mengandung Gingko biloba juga membantu meningkatkan hasrat seksual pada pria dan wanita. 4. OatsSelain mengenyangkan, oat juga memengaruhi daya seksual bagi pria. 5. Minum air putih Minum air putih merupakan masalah kesehatan di dunia. Air membantu dalam menciptakan folikel yang membantu melancarkan suplai darah yang kuat pada lapisan rahim. [...]

6 Makanan Ini Atasi Sakit Kepala

6 Makanan Ini Atasi Sakit Kepala

Migrain, kepala nyut-nyutan, kepala seperti ditusuk jarum serta aneka rasa sakit kepala lainnya memang tidak menyenangkan. Akibatnya aktivitas yang biasa dilakukan jadi terhambat. Jika Anda sering mengalami rasa sakit kepala, coba konsumsi beberapa makanan yang bisa membantu mengurangi rasa sakit ini. Ahli nutrisi, Jaclyn London, MS, RD, CDN menyarankan untuk rutin mengonsumsi enam makanan berikut seperti dilansir Good Housekeeping, Senin (29/12/2014). 1. Susu rendah lemak Salah satu penyebab sakit kepala ada dehidrasi. Sehingga salah satu cara untuk terhindar dari sakit kepala dengan memastikan tubuh terus terhidrasi. Minum susu tak cuma untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh, tapi juga kaya mineral seperti kalsium dan kalium. Ada pula satu penelitian yang menunjukkan bahwa rendahnya asupan susu terkait dengan lebih sering migrain per minggunya. Disarankan untuk mengonsumsi tiga porsi susu rendah lemak maupun dairy product lain seperti keju dan yoghurt. Keuntungan lainnya adalah dapat meningkatkan tekanan darah serta mengurangir risiko terkena diabetes dan obesitas; 2. Ikan Suka makan salmon dan tuna? Rutinlah mengonsumsi kedua ikan tersebut karena kaya Vitamin B se [...]

Cerita Para Mantan Pecandu Rokok

Cerita Para Mantan Pecandu Rokok

Penghujung bulan Mei dipilih Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Dengan adanya hari `spesial` ini, WHO berharap para perokok aktif mampu menghentikan kebiasaannya dan sadar bahwa merokok akan berdampak buruk pada kesehatannya di masa datang. Sebab, penyakit yang diakibatkan oleh rokok tidak akan dirasakan secara langsung, melainkan nanti, di waktu yang tidak terduga. Parahnya, dampak buruk dari merokok tidak hanya akan dirasakan oleh si perokok aktif saja, termasuk juga mereka yang tergolong perokok pasif.Sadar bahwa merokok membahayakan diri sendiri dan sekitarnya, beberapa orang di bawah ini telah berhasil keluar dari belenggu rokok. Awalnya mereka mengaku susah untuk menghentikannya. Tapi, dengan semangat dan dukungan kuat dari sekitar, mereka kini hidup tanpa tembakau.1. Suprie (27 tahun)Pria berkacamata ini telah mengenal rokok sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tepatnya, saat ia duduk di kelas 2 atau 3 SMP pada tahun 1997/1998. Awal `terjun` sebagai perokok, diakui Suprie karena coba-coba. Saat itu, ia merasa derajat kekerenannya akan naik sekian persen bila merokok.Ia mengaku, dalam sehari mampu menghabiskan 1,5 bungkus ro [...]

Prestasi Dokter Gamal Dapat Apresiasi Positif dari Pemerintah RI

Prestasi Dokter Gamal Dapat Apresiasi Positif dari Pemerintah RI

Sekembalinya dari London, Inggris, dokter Muda Gamal Albinsaid mendapatkan apresiasi positif dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. "Saya sudah pulang, dan bersyukur mendapatkan sambutan positif dari Kemenpora," katanya saat dihubungi Tim Health Liputan6.com, Selasa (11/2/2014).Dikutip dari website kemenpora, terungkaop rasa bangga dan gembira atas penghargaan HRH The Prince of Wales Young Sustainability Entrepreneur dari Pemerintah Inggris yang diterima pemuda Indonesia, Gamal Albinsaid.Dokter muda usia 24 tahun lulusan Universitas Brawijaya Malang Jawa Timur ini berhasil mengembangkan klinik asuransi sampah untuk kesehatan. Hal tersebut dikatakan Deputi II Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Sakhyan Asmara. Tidak hanya ucapan selamat dan rasa bangga, Asisten Deputi Kepeloporan Pemuda Bandingan Daulay, mengatakan, Gamal akan diusulkan sebagai kandidat pemuda pelopor tingkat nasional tanpa seleksi karena ia telah menunjukkan kepeloporannya dan telah mendapat penghargaan dan pengakuan internasional.Tidak hanya Kemenpora, menurut Gamal Kementerian Lingkungan Hidup pun akan memberikan apresiasi positifnya pekan ini. "Saya juga nanti diundang Kementerian lingkungan hidup juga. Bersyuk [...]

Siapa Berani Tegur Anggota Dewan Saat Merokok di DPR?

Siapa Berani Tegur Anggota Dewan Saat Merokok di DPR?

Citra buruk Indonesia karena fenomena baby smooker membuat Pemerintah Indonesia malu. Pemerintah berupaya membuat berbagai macam regulasi untuk mengatasi keadaan ini."Selain regulasi dan sejumlah peraturan, pembinaan pun kita berikan. Tapi di sisi lain, kita secara bersama-sama harus menaatinya. Bila ada yang melanggar, harus ditegur. Berani?," kata Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH di Blitz Megaplex Audiotorium 6, Pacifik Place, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (10/10/2014)Kepada sejumlah wartawan yang menemuinya dalam peluncuran iklan layanan masyarakat 'Berhenti Menikmati Rokok Sebelum Rokok Menikmatimu', Menkes bertanya berapa banyak di antara wartawan yang hadir punya nyali untuk menegur para anggota dewan perwakilan rakyat yang merokok di gedung MPR/DPR. Karena saat ini, asap rokok di gedung parlemen tersebut mengepul kencang."Bau rokok di sana tidak karuan. Berapa dari kalian yang berani menegur? Kalau saya berani menegur," kata Menkes.Menurut Menkes, selama masyarakat permisif (sifat cuek) maka Indonesia tidak akan maju, dan masalah rokok ini masih menjadi permasalahan terbesar."Citra itu memang sengaja diciptakan oleh industri rokok. [...]

Mobil Air Bersih dari IDI Akan Datangi Kalibata dan Kampung Pulo

Mobil Air Bersih dari IDI Akan Datangi Kalibata dan Kampung Pulo

Demi memenuhi ketersediaan air bersih di pengungsian korban banjir, IDI mengirimkan mobil pengelolaan air bersih yang didatangkan langsung dari Bandung, Jawa Barat. Saat ini, daerah yang akan mendapatkan bantuan itu adalah Kalibata dan Kampung Pulo.Demikian disampaikan Komite Tanggap Bencana Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB-IDI), dr. Ardiansyah, dalam acara 'Penyediaan Air Bersih oleh PB-IDI' di Sekretariat PB-IDI, Jakarta, Rabu (22/1/2014). "Tapi, kalau nanti PB-IDI mendapatkan laporan dari tempat lain yang membutuhkan ketersediaan air bersih, maka akan kami survei. Kalau memang membutuhkan, kami akan mengirimkan mobil ini ke tempat itu," kata Ardiansyah. Saat ini, kata Ardiansyah, mobil itu belum diberangkatan dari Bandung. Sebab, mobil akan bergerak setelah mengetahui tempat pastinya, dan tidak boleh berpindah-pindah. "Karena mobil ini harus dekat dengan sumber air dan tempat berhentinya mobil itu harus di tanah yang kokoh," kata Ardiansyah menambahkan. Dipilihnya dua tempat ini, karena di mata PB-IDI jumlah pengungsi di sana sangat banyak, serta memiliki sumber air yang akan diolah, yaitu sungai.Tempat yang kokoh, menurut Ardiansyah diperlukan karena ketika mobil mula [...]

Baby Daycare di Gedung Pertamina Dihentikan Sementara

Baby Daycare di Gedung Pertamina Dihentikan Sementara

Terkait kasus dugaan tindak kekerasan yang terjadi pada bocah berusia 14 bulan berinisial R di tempat penitipan anak, Baby Daycare yang berada di luar Gedung Pertamina, Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, pihak PT Pertamina Tbk menghentikan sementara waktu segala kegiatan di dalamnya."Untuk keperluan penyidikan, dihentikan sementara. Sampai kapannya, belum diketahui," kata Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Niam Sholeh di Gedung Perwira 2 Pertamina, Kamis (4/9/2014)Pernyataan itu dibenarkan Manager Media Pertamina, Adiatma Sardjito. Menurut Adiatma, belum diketahui sampai kapan penutupan itu dilakukan. Sebab, saat ini PT Pertamina Tbk tengah melakukan evaluasi penatalaksanaan tempat penitipan anak yang telah berdiri sejak 2012.Dijelaskan Adiatma, PT Pertamina Tbk memang menyediakan Baby Daycare untuk para karyawan yang memiliki anak, dengan pengelolah yang berasal dari Highreach. Selama ini, tidak ada masalah yang menimbulkan dampak seperti ini.Wajar bila pada akhirnya pihaknya melakukan evaluasi terhadap seluruh sistem, termasuk bagaimana proses prekrutan pengasuh yang bertugas di sana. [...]

Maksimalkan 5 Manfaat Lidah Buaya

Maksimalkan 5 Manfaat Lidah Buaya

Aloe vera atau yang dalam bahasa Indonesia disebut lidah buaya dikenal luas punya banyak manfaat. Selain lezat di lidah, tanaman ini pun punya manfaat lain untuk meredakan luka maupun melembabkan kulit. Dilansir dari Reader Digest, Senin (25/8/2014) ini manfaat yang bisa dilakukan dengan lidah buaya. 1. Atasi gigitan serangga Usai digigit nyamuk jangan digaruk. Gosokkan gel lidah buaya untuk meringankan rasa gatal dan menghindari terjadinya pembengkakan. 2. Redakan kulit memerah Mendapati kulit kemerahan karena kulit kemerahan atau terbakar? Untuk mengatasi hal ini coba oleskan gel lidah buaya yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kilit sehingga membuat penyembuhan berlangsung cepat. 3. Kulit terbakar matahari Terlalu lama bermain di pantai maupun aktivitas di bawah sinar matahari lainnya membuat kulit terbakar. Gel lidah buaya mampu menenangkan luka bakar, memberi kelembaban serta mempercepat penyembuhan. 4. Lembabkan kulit Lidah buaya sudah terkenal luas sebagai pelembab yang bagus untuk kulit tubuh. Termasuk wajah Anda juga lho. Gel lidah buaya tidak akan membuat kulit jadi terasa berminyak. Selain itu, mengoleskan secara rutin memberikan dampak anti-inflamasi y [...]

Alasan Pria Gay Sumbangkan Sperma ke Bank

Alasan Pria Gay Sumbangkan Sperma ke Bank

Menyumbangkan sperma ke Bank Sperma adalah hak semua laki-laki. Tentu, dengan berbagai alasan yang menyertainya. Lalu, kira-kira apa alasan seorang gay menyumbangkan spermanya ke Bank Sperma? Dikutip dari Gay Star News pada Selasa (28/10/2014), ada banyak alasan yang dikemukakan oleh para pria gay ini ketika menyumbangkan spermanya. Secara umum setidaknya ada 3 alasan utama. "Saya dan pasangan juga sedang bekerja pada lembaga donor sel telur, jadi saling membantu," kata Toyin Jegede dari London Sperm Bank mengutip pasangan gay yang pernah ke tempatnya. Selain itu, alasan lain seorang gay mendonorkan spermanya adalah untuk mewariskan gen, sebab mereka tidak mungkin memiliki anak sendiri. Alasan terakhir biasanya berkaitan dengan kebahagiaan orang lain. "Untuk membantu orang yang tidak memiliki anak," kata Toyin. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *