Inilah Bukti Dokter Indonesia Tak Kalah Hebat dengan Singapura

bayi-tabungr-140116b.jpg

Memiliki buah hati merupakan idaman setiap pasangan yang baru menikah. Tidak sedikit pasangan yang rela merogoh kocek lebih dalam demi memiliki keturunan.

Seperti Yosephiene yang telah melakukan program bayi tabung sebanyak 4 kali dan inseminasi 6 kali namun belum mendapatkan hasil.

“Pasien saya yang ini sudah ikut program bayi tabung 4 kali, 2 kali di rumah sakit swasta nomer satu di Singapura namun belum berhasil, 6 kali inseminasi pun belum juga berhasil,” kata Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Subspesialis Fertility dan Hormon Reproduksi Ahli Bedah Laparoskopi, Kiel, Jerman, Dr. Caroline Tirtajasa, Sp.OG(K).

Meski begitu Yosephiene tidak merasa putus asa. Untuk kelima kalinya, wanita usia 38 tahun ini ini memilih mengikuti program bayi tabung yang kelima. Kali ini di Rumah Sakit Omni Hospital Pulomas.

“Kebetulan dia (Yosephiene) baca profil saya dan datang ke sini untuk program bayi tabung yang ke lima kalinya. Puji Tuhan sukses,” kata dr. Caroline saat ditemui Liputan6.com di ruang kerjanya, Kamis (16/1/2014).

Menurut dr. Caroline, awalnya keyakinan untuk berhasil hanya 50 persen namun dirinya tetap mengupayakan semaksimal mungkin.

“Saya cuma bilang di awal dia datang, kita berupaya sebaik mungkin untuk hasilnya. Saat itu yakin ya 50 persen berhasil 50 lagi sepertinya sulit, namun ternyata Puji Tuhan bayinya normal,” kata dr. Caroline.

Sebelum menjalankan terapi program bayi tabung, Yosephiene menjalani pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan.

Akhirnya diketahui kenapa program sebelumnya tidak berhasil. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Yosephine punya masalah perihal kekentalan darah.

“Pasien ini mengalami kekentalan darah dan itu sudah bawaan dia. Kondisi ini yang menghambat proses pembentukan plasentasi dan implantasi sehingga program sebelumnya gagal,” kata Caroline.

Menurut dr. Caroline sebenarnya kualitas dokter di Indonesia tidak kalah dengan luar negeri.

“Jangan apa-apa Singapura apa- apa ke luar negeri. Kualitas dokter di Indonesia itu tidak kalah kok. Terbukti beberapa pasien yang menjalani bayi tabung di luar negeri tidak berhasil. Dan berhasilnya di sini,” kata dr. Caroline.

Sebelum program bayi tabung dijalani, dr. Caroline mempelajari riwayat program bayi tabung yang telah dijalankan Yosephiene sebelumnya.

“Waktu itu mulai program April 2013 kemudian bayi berhasil dilahirkan pada januari 2014 usia kandungan 35 minggu. Sebelumnya saya mempelajari riwayat sebelumnya, obat yang telah dikonsumsi dulu ya diganti,” katanya.

Berbekal pengetahuan dan keyakinannya pada Tuhan dr. Caroline pun berhasil melakukan program bayi tabung pada Yosephiene.

“Puji Tuhan saya yakin, lewat pengetahuan yang saya miliki. Segala upaya kami lakukan dan selama 35 minggu Victoria pun berhasil dilahirkan dengan berat 2.460 kg,” ujar dr. Caroline.

Meski begitu, upaya yang dilakukan Caroline bukannya tanpa kendala.

“Waktu itu air ketuban si ibu sudah diambang batas kritis, dan itu baru usia kandungan 8 bulan belum bisa untuk dilahirkan. Namun kami terus berupaya memberikan obat pematangan paru untuk bayi,” kata dr. Caroline.

Caroline berupaya agar bayi tetap dilahirkan dengan kondisi normal. Yoshepiene pun mesti menjalani perawatan intensif.

“Waktu itu Yoshepiene rutin menjalani USG 3-7 hari sekali. Kami memonitor bayi dan mewaspadai air ketuban yang semakin berkurang. Akhirnya di usia 35 minggu kami pun bergegas untuk melahirkan bayi, karena 85 persen paru sudab terbilang baik. Bayi pun dilahirkan secara cesar,” kata dr. Caroline.

Kelahiram Victoria pun dianggap dr. Caroline sebagai karya Tuhan. Atas kehendakNya, Yosephiene berhasil memiliki keturunan setelah menjalani 10 kali program bantuan reproduksi.

“Karya Tuhan dan atas usaha keras, Victoria lahir di program bayi tabung ke-5. Setelah menjalani 10 kali program bantuan reproduksi bayi tabung dan inseminasi,” kata dr. Caroline.

(Mia/Mel/*)

Baca Juga:

Risiko Kematian Bayi Kembar Siam Lebih Tinggi
Antara Inseminasi dan Bayi Tabung, Beda Banget Lho!
Setahun Menikah Belum Punya Anak? Segera Cek ke Dokter!

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sampah Styrofoam Sulit Diurai Tapi Bernilai Ekonomi Tinggi

Sampah Styrofoam Sulit Diurai Tapi Bernilai Ekonomi Tinggi

Dari 13 jenis sampah yang ada di pemukiman masyarakat, sampah styrofoamlah yang paling sulit diurai. Bahkan sampah jenis ini tidak dapat dihancurkan, meski berabad-abad lamanya. Untuk itu, jangan pernah membuang sampah styrofoam sembarangan kalau Anda benar-benar mencintai alam ini.Walaupun sampah styrofoam susah dihancurkan, siapa sangka kalau sampah ini memiliki nilai ekonomis bila Anda pintar mengelolanya. Caranya, serahkan sampah jenis ini ke bank sampah, yang nantinya akan diproses menjadi sesuatu yang berguna. "Kita (bank sampah Malaka Sari) menerima sampah jenis ini. Memang, dulu sampah jenis ini tidak ada harganya. Tapi, setelah kami mendapatkan sosialisasi dan diterangkan dengan jelas, ternyata sampah styrofoam memiliki nilai ekonomis," kata Pencetus Bank Sampah Malaka Sari sekaligus Ketua Jakarta Aksi Lingkungan Indah (Jali Two) Jakarta Timur, Prakoso kepada Health Liputan6.com di Jakarta Timur, ditulis Sabtu (22/2/2014)Tapi, sebelum Anda menyerahkan sampah-sampah itu bank sampah yang terletak di Jalan Delima III nomor 190, Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, ada baiknya potong-potong terlebih dulu sampah itu. Baru setelah itu, serahkan kepada Pra [...]

Tak Pacaran dengan Sahabat Hingga Kotoran Telinga Bersuara

Tak Pacaran dengan Sahabat Hingga Kotoran Telinga Bersuara

Hubungan pertemanan yang berubah menjadi asmara tak selalu berjalan mulus. Ada beberapa alasan agar tak menjalin hubungan asmara dengan sahabat. Topik ini menjadi artikel paling ngetop.Tak hanya soal asmara, tentang kanker payudara, kehamilan hingga kotoran kuping juga mendapat perhatian pembaca di kanal Health Liputan6.com. Berikut lima berita teratas paling top edisi , Senin (17/2/2014):1. 6 Alasan Sebaiknya Tak Pacaran Sama SahabatSeseorang berteman untuk persahabatan. Namun, jika berubah menjadi asmara bisa menyebabkan kekacauan. Anda mungkin tak menyadar hal itu di awal-awal, tapi seiring waktu hal tersebut bisa membuat kacau dan membingungkan.2. Cek Tanda Tumor Payudara dengan BercerminKetika wanita bercermin, umumnya yang menjadi fokus perhatian hanya pada bagian kepala dan bagian pinggang, dengan melewati bagian payudara. Padahal, dengan memerhatikan kedua payudara ketika bercermin, wanita dapat mengetahui apakah ada tanda-tanda yang mengacu kepada tumor payudara.3. Kunci Penting Buat Pasangan yang Ingin Cepat HamilMemiliki buah hati memang impian setiap pasangan. Tak jarang, kini banyak pasangan yang menikah di usia muda untuk bisa mendapatkan buah hati di usia yang tidak [...]

24 Juni, Semua Bungkus Rokok Harus Bergambar Seram!

24 Juni, Semua Bungkus Rokok Harus Bergambar Seram!

Perokok seakan-akan tak jera meski rokok sering dikaitkan dengan sejumlah penyakit. Dengan alasan tersebut industri rokok wajib memberikan peringatan kesehatan bergambar. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 109/2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan pasal 15-18 dan Permenkes No 28/2013 Tentang Pencantuman Peringatan Kesehatan dan Informasi Kesehatan pada Kemasan Produk Tembakau, industri rokok wajib memberikan peringatan kesehatan bergambar (pictorial health warning) sejak 24 Juni 2014 . Pernyataan tegas ini disampaikan Ketua Tobacco Control Support Center Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (TCSC-IAKMI) Kartono Muhammad, mengingat adanya isu yang beredar mengenai kesalahpahaman kata `produksi` pada PP 109 tahun 2012. "24 Juni semua gambar rokok harus berubah. Jangan diotak-atik lagi, kalau melanggar kirimi surat, tarik dari peredaran, dan kalau masih melanggar cabut izinnya oleh Badan POM," tegas Kartono pada wartawan di sela-sela acara Indonesia Conference on Tobacco or Health (ICTOH) di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, ditulis Sabtu (31/5/2014). Kartono mengungkapkan, masa pembuatan bungkus rokok juga tidak [...]

Donor Darah di Mal, Asyik Juga Ya!

Donor Darah di Mal, Asyik Juga Ya!

Banyaknya pusat perbelanjaan di ibu kota yang menyediakan tempat untuk mendonorkan darah disambut baik oleh Palang Merah Indonesia (PMI). Itu tandanya, saat ini donor darah sudah menjadi bagian dari gaya hidup.Kepala Bidang Pengadaan Darah Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, dr. Dian Winarti menyebutkan, secara tak langsung apa yang diinginkan oleh Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla terwujud."Pak JK maunya kini donor darah itu sebagai gaya hidup. Makanya, banyaknya mal yang menyediakan booth untuk donor darah disambut baik. Seperti Senayan City dan lain-lain," kata Dian dalam acara `1.000 Kantung Darah = 3.000 Nyawa` yang berlangsung di Gedung Orang Tua (OT) Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (9/1/2013)Memang, saat ini Senayan City merupakan salah satu dari sekian banyak pusat perbelanjaan di Jakarta yang menyediakan fasilitas untuk mendonorkan darah. Selain memiliki Unit Donor Darah (UDD), Senayan City juga kerap melakukan kegiatan donor darah rutin.Lebih lanjut Dian mengatakan, dengan mendonorkan darah itu artinya si pendonor telah membantu tiga nyawa yang membutuhkan.(Adt/Abd)Baca juga:Sekali Donor Bisa untuk Tiga atau Empat NyawaKisah Ahmad Kusaeni, Segar Bugar Be [...]

Resep Menkes Nila Moeloek Tangani Kasus Kematian Ibu Anak

Resep Menkes Nila Moeloek Tangani Kasus Kematian Ibu Anak

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan cara mengurangi angka kematian ibu (AKI) yang masih cukup tinggi di Indonesia adalah dengan memberikan pendidikan mengenai kesehatan reproduksi kepada perempuan. "Kita (perempuan) tentu harus mikir untuk diri kita. Kalau mau punya anak kita harus tahu bagaimana mendidik dan menjaga kesehatan anak. Kita juga harus tahu bagaimana menjaga kesehatan diri sendiri," ujar Menkes usai melakukan serah terima jabatan dengan mantan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (1/11/2014). Sasaran Pembangunan Milenium (MDG) menargetkan angka kematian ibu (AKI) Indonesia pada tahun 2015 sebesar 102 per 100.000 kelahiran hidup namun berdasarkan Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012, AKI mencapai 359 per 100.000 kelahiran hidup, meningkat drastis dari SDKI 2007 sebesar 228 per 100.000 kelahiran hidup. Capaian tersebut jauh dari target yang harus dicapai sehingga pemerintah melakukan beberapa terobosan untuk mengurangi AKI hingga ke tingkat yang diharapkan misalnya dengan menerapkan Jaminan Persalinan (Jampersal) dimana ibu dapat melahirkan secara gratis di layanan kesehat [...]

Mantan Direktur Askes Susah Dapat Obat Gara-gara BPJS?

Mantan Direktur Askes Susah Dapat Obat Gara-gara BPJS?

Mantan Direktur SDM PT Askes Zulfarman sedang dirawat di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) dengan diagnosa batu empedu. Kabarnya, Zulfarman ditelantarkan namun berita itu dianggap keliru oleh pihak rumah sakit dan BPJS Kesehatan.Sebagai peserta BPJS Kesehatan, Zulfarman diketahui masuk RS Senin lalu dan masuk ruang perawatan VIP. Menurut Direktur Yayasan Pemberdayaan Konsumen Kesehatan Indonesia (YPKKI) Marius Widjajarta, Zulfarman yang menggunakan kartu BPJS Kesehatan mengaku kesakitan karena kehabisan obat dan saat itu dokter tidak bisa memberikan resep obat."Dia kesakitan, akhirnya cari obat sendiri. Dan keputusan tindakan baru akan dibicarakan Senin-pekan depan," kata Marius pada Liputan6.com, Jumat (7/2/2014).Sementara itu Kepala Departemen Humas RSCM Irfan Humaedi yang dihubungi di tempat terpisah menyampaikan bahwa kabar tersebut tidak benar. Ia memang menyesalkan ada kekurangan dalam hal layanan kesehatan tapi ia tegas membantah pasien ditelantarkan. "Itu tidak benar. Tidak ada yang ditelantarkan. Hari Senin baru tim medis akan mendiskusikan tindakan selanjutnya pada pasien," kata Irfan mengungkapkan.Menurut Irfan, mengenai ketersediaan obat, ia mengakui sudah menerangkan kepad [...]

Bocah 3 Tahun Meninggal Usai Diberi Obat Bius oleh Dokter Gigi

Bocah 3 Tahun Meninggal Usai Diberi Obat Bius oleh Dokter Gigi

Tak ada yang menyangka kalau seorang gadis cilik berusia tiga tahun ini akhirnya meninggal dunia setelah menerima obat bius dari seorang dokter gigi di Hawai. Seperti dikutip laman Ibtimes, Minggu (5/1/2014) Finley Boyle (3) mengalami kerusakan otak permanen yang menyebabkan ia mengalami kerusakan otak permanen dan serangan jantung setelah diberikan obat bius oleh dokter gigi saat akan melakukan operasi pengangkatan amandel."Setelah sempat kejang dan tidak sadarkan diri, Finley akhirnya dibawa ke rumah sakit pusat untuk diberi pertolongan. Bahkan para dokter menangis saat menunggu anak saya bangun," kata ibu Finley.Sayangnya, upaya ini tidak membuahkan hasil karena Finley akhirnya meninggal dunia. Melihat anaknya meninggal, orangtuanya tidak tinggal diam dan segera pergi ke klinik gigi dan menuduh dokter yang memberi penanganan pada Finley sebelumnya, Dr Lilly Geyer dengan tuduhan kelalaian dan perilaku berbahaya.Dalam tuduhannya, pengacara keluarga Finley mengatakan bahwa tindakan dokter dengan memberi Finley lima campuran obat penenang dan anestesi tidak masuk akal. Apalagi para dokter gigi tidak memperhitungkan bagaimana obat ini akan bereaksi dalam tubuh balita. Ditambah lagi s [...]

Selain Gagal Ginjal, Parasetamol Juga Akibatkan Serangan Jantung

Selain Gagal Ginjal, Parasetamol Juga Akibatkan Serangan Jantung

Kekhawatiran paramedis terhadap obat anti nyeri yang sering diresepkan seperti parasetamol masih terus dibincangkan dan diteliti. Sebuah panel ahli bahkan melaporkan efek samping serius apabila ada pasien yang mengonsumsi parasetamol dosis tinggi secara rutin. Para ahli mencatat sejumlah ancaman penyakit seperti risiko serangan jantung, stroke dan perdarahan gastrointestinal dan masalah ginjal menanti pengguna obat parasetamol. Saking takut akan efek sampingnya, seorang dokter di Inggris yang diwawancara Koran Pulse menegaskan bahwa dirinya tidak akan memberikan parasetamol untuk pasiennya jika tidak dalam kondisi darurat. "Lebih baik saya meminta mereka untuk menahan sakit sambil menggigit sepotong kayu daripada memberikan parasetamol. Percayalah, itu akan lebih baik Anda lakukan," ungkapnya, seperti dikutip Dailymail, Jumat (13/8/2014). Sementara itu, Badan Regulasi Obat dan Produk Kesehatan Inggris (MHRA) sejauh ini masih menilai efektivitas obat penghilang rasa sakit dan mungkin hasilnya akan keluar akhir tahun ini. [...]

5 Kesalahan Sebelum Tidur yang Membuat Kita Sulit Tidur Nyenyak

5 Kesalahan Sebelum Tidur yang Membuat Kita Sulit Tidur Nyenyak

Sejumlah kesalahan sebelum tidur mungkin kerap kita lakukan, sehingga kita mengalami kesulitan untuk tidur malam dalam keadaan nyenyak dan berkualitas. Padahal, penting bagi kita untuk dapat tidur dalam keadaan nyenyak, dengan waktu berkualitas, agar dapat bangun dalam keadaan segar di pagi hari.Berikut ini sejumlah kesalahan yang mungkin kita lakukan sebelum tidur, seperti melansir laman Health Me Up, Kamis (4/12/2014)1. Makan berat pada saat makan malamJika sebelum tidur kita mengonsumsi makanan yang terlalu berat, dengan kandungan tinggi protein, maka kemungkinan untuk tidak bisa tidur semakin besar. Sebab, dibutuhkan waktu yang cukup lama bagi tubuh untuk mencerna protein, sehingga akan mengganggu proses tubuh untuk tidur. 2. Konsumsi alkoholSegelintir orang percaya kalau mengonsumsi alkohol dapat membuat mereka tidur lebih nyenyak. Memang, alkohol dapat membuat kita tertidur lelap, tapi membuat kita menghabiskan tidur tanpa mimpi sama sekali.3. Minum kopiSecangkir kopi mengandung kafein yang cukup tinggi, sedangkan kafein merupakan stimulan yang membuat tubuh kita dalam keadaan waspada selama 12 jam terhitung dari kita mengonsumsinya. Maka itu, hindarilah meminum secangkir [...]

Cara Wanita 70 Tahun Menikmati Hubungan Intim Terbanyak Dibaca

Cara Wanita 70 Tahun Menikmati Hubungan Intim Terbanyak Dibaca

Kehidupan seksual seseorang tak berakhir meski usia tak muda lagi. Ketika wanita sudah berusia di atas 70 tahun juga memiliki cara yang hebat untuk menikmati seks. Topik ini paling banyak dibaca di kanal Health. Liputan6.comSelain itu, tentang kecantikan dan kanker juga menjadi topik terhangat, Senin (10/2/2014):1. Hebatnya Cara Bercinta Wanita Usia 70 TahunSiapa bilang wanita di atas 70 tahun tidak seksi lagi? Wanita 70 tahun punya cara hebat untuk menikmati seks.2. Korban Perkosaan Kok Dikawinkan dengan Pelaku Perkosaan!Proses pemeriksaan terhadap pelaku kasus asusila, pelecehan seksual, dan tindak perkosaan di Indonesia masih dinilai lambat. Bahkan ada kesan polisi hanya menjadi mediator, yang mendamaikan pelaku dan korban.3. 5 Kesalahan Menyisir yang Bikin Rambut RontokMengalami masalah rambut seperti kerontokan, jangan dulu langsung berganti sampo, coba periksa cara menyisirnya.4. Benarkah Benalu Jeruk Bisa Sembuhkan Kanker?Tidak sedikit penderita kanker yang masih percaya dengan pengobatan alternatif. Hal ini yang membuat mereka datang ke pengobatan alternatif meski dengan kanker yang sudah stadium lanjut.5. Ini Tanggapan BPJS Kesehatan dengan Mundurnya 2 RS SwastaDua rumah s [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *