Inilah Kenapa Makanan Pedas Bisa Berbahaya untuk Tubuh Anda

makanan-pedas-sehat-pencernaan.jpg

Sudah tidak jarang kita mendengar cerita orang terkena diare (mencret) akibat makan makanan pedas. Tapi apa membuat orang jera untuk memakannya lagi? Kebanyakan tidak. Justru sebagai orang Indonesia, makanan jika tidak didampingi sambal, akan seperti

Terdapat berbagai macam makanan khas Indonesia yang bercita rasa pedas. Contohnya mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, seperti keripik dan ikan balado. Banyak orang beranggapan bahwa makanan pedas dapat meningkatkan nafsu makan. Namun perlu diketahui, bahwa makan makanan pedas secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Pedas pada makanan bisa didapat dari beberapa hal, yaitu cabai, jahe, dan merica. Cabai merupakan produk yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan cita rasa pedas pada makanan. Dalam cabai terkandung Capsaicin, yang menyebabkan efek pedas pada makanan. Makin kecil ukuran cabai, makin pedas rasanya, karena mengandung makin banyak Capsaicin pada biji dan urat bagian dalamnya.

Lalu apa fungsi dan manfaat capcaisin bagi tubuh? Berikut penjelasannya:

Lalu apa fungsi dan manfaat capcaisin bagi tubuh?

Capsaicin bermanfaat menstimulasi otak untuk memproduksi endorphin, hormone ?feeling so good? yang tidak hanya berguna untuk menghilangkan rasa sakit, tetapi juga mensupport mood yang baik. Selain itu, Capsaicin juga dapat menurunkan gula darah, kolesterol, dan menstimulasi produksi sel mukosa dalam sistem pencernaan.

Dibalik pedasnya cabai terkandung vitamin C dimana tiap 100g cabai mengandung sekitar 143,7 mikrogram vitamin C.Vitamin C adalah antioksidan yang larut dalam air, sangat penting untuk sintesis kolagen, mencegah kulit kasar, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kemampuannya sebagai sumber antioksidan juga patut diakui karena mengandung vitamin A. Cabai juga kaya potassium, manganese, zat besi, dan magnesium. Potassium penting untuk komponen sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol tekanan darah dan denyut jantung. Manganese dan magnesium untukkofaktor enzim. Zat besi untuk pembentukan sel darah merah. Terakhir, cabai juga mengandung vitamin B kompleks.

Rasa pedas bisa juga bermanfaat, namun bisa juga sebaliknya. Berikut ini dampak kesehatan dari makan makanan pedas:

Makanan Pedas: Waspada Bagi Penderita Maag

Rasa pedas bisa juga bermanfaat, namun bisa juga sebaliknya. Rasa pedas pada cabai dapat mengiritasi mukosa tubuh seperti mukosa mata, bibir dan saluran pencernaan. Bagi para penderita maag atau dengan pencernaan yang sensitif, disarankan untuk lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan pedas. Adakah batas bagi tubuh untuk mengkonsumsi makanan pedas? Sebenarnya tidak ada batasan dalam mengkonsumsi makanan pedas, karena ketahanan seseorang dengan orang lain akan berbeda. Misalnya ada yang tahan makan 10 cabai, namun ada juga yg tidak tahan walau makan cabai hanya 2 buah saja.

Pada penderita maag, pedas bisa menjadi musuh dalam selimut. Mereka diwanti-wanti untuk menghindari cabai karena sifatnya yang mengiritasi mukosa pencernaan. Meskipun secara ilmiah Capsaicin pada cabai masih menjadi kontroversi, dalam arti ada yang menyatakan baik bagi pencernaan, tapi ada pula yang berpendapat sebaliknya.

Jadi, Baik atau Buruk Capcaisin dari Cabai?

Penelitian di Jepang menyatakan bahwa Capsaicin pada cabai bisa menurunkan sekresi asam lambung melalui mekanisme blockade nervus vagus. Sementara penelitian di Belanda mengatakan cabai bisa melindungi lambung dari efek buruk aspirin.

Meskipun begitu, pasien dengan penyakit maag disarankan untuk tidak mengkonsumsi cabai secara berlebihan. Ditakutkan bisa mengakibatkan produksi asam lambung meningkat sehingga memicu timbulnya tukak pada lambung.

Akan tetapi, cabai bukanlah penyebab tukak pada lambung. Ada banyak faktor penyebab terjadinya tukak lambung. Bisa karena sekresi asam lambung yang berlebih, penurunan aliran darah lambung, pemakaian obat-obatan anti nyeri, alcohol, merokok, stress, atau infeksi dari kuman H.Pylori. Jadi bukan cabai yang menyebabkan tukak pada lambung, meskipun Capsaicin pada cabai sebaiknya dibatasi atau dihindari pada penderita maag (gastritis).

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
PMS Bukan Mitos, 85% Wanita Usia Melahirkan Mengalaminya!

PMS Bukan Mitos, 85% Wanita Usia Melahirkan Mengalaminya!

Premenstrual syndrome atau PMS bisa membuat wanita yang mengalaminya merasakan berbagai hal mulai dari kembung hingga mudah marah. Sebenarnya PMS ini benar-benar ada atau hanya perasaan wanita saja?"PMS itu bukanlah mitos, memang terbukti terjadi pada wanita," ujar konsultan seks wolipop, dr. Vanda Mustika saat diwawancara wolipop Jumat (11/1/2013).Dokter kelahiran 11 November 1978 ini menjelaskan, hampir sekitar 85% wanita usia melahirkan mengaku pernah mengalami gejala fisik yang terkait dengan siklus menstruasi. Sebagian besar wanita mengeluhakan gejala yang ringan saja sedangkan sekitar 20-30% mengalami gejala yang sedang hingga berat.Bagi yang tidak tahu, PMS ini bisa dianggap sebagai mitos belaka karena sebabnya yang tidak jelas. Apalagi banyak faktor yang memengaruhi terjadinya PMS ini mulai dari pertambahan usia hingga stres emosional."Sehingga seringkali wanita yang mengeluhkan PMS ini dianggap terlalu membesar-besarkan keluhannya," tukas dr. Vanda lagi.Oleh karena itu bagi Anda yang merasa tidak yakin apakah memang mengalami PMS atau tidak, dr. Vanda menyarankan cara terbaik adalah dengan berkonsultasi ke dokter. Dokter akan melakukan wawancara medis yang dilanjutkan d [...]

Diabetes Mengancam

Diabetes Mengancam

Apabila sebelumnya badan kesehatan dunia, WHO, memprediksikan kasus diabetes akan meningkat hingga mencapai 438 juta manusia seluruh dunia di tahun 2030 pada the World Diabetes Atlas 2009, kini kemungkinan itu meningkat menjadi 522 juta sesuai data terbaru dari The International Diabetes Federation. Bahkan dikatakan bahwa 1 dari 10 orang merupakan penderita diabetes baik itu diabetes tipe 1 maupun 2. Bahkan WHO memprediksikan 21,3 juta penduduk Indonesia terancam terserang diabetes mellitus pada tahun 2030 seperti dilansir dalam Jawa Pos minggu kemarin (13/11). Hal ini memberikan kekhawatiran tersendiri bagi Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2-PL) Kemenkes Tjandra Yoga Aditama, karena membawa Indonesia menduduki rangking 4 dunia dalam tingginya kasus diabetes setelah Amerika Serikat, Tiongkok dan India. Hal ini perlu menjadi perhatian publik akan perlunya mencegah prediksi tersebut dengan mengubah pola hidup dan pola makan yang sehat. Meskipun diabetes merupakan salah satu penyakit turunan, namun penyakit ini semakin berkembang dan banyak diderita orang banyak akibat semakin maraknya makanan dan minuman siap saji dengan penggunaan gula maupun pemanis buatan. [...]

Pegagan Khasiat Alaminya Bisa Menghilangkan Jerawat Loo..

Pegagan Khasiat Alaminya Bisa Menghilangkan Jerawat Loo..

Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang sering dihadapi oleh hampir setiap orang. Selain rasa yang kurang nyama, terkadang juga menimbulkan rasa sakit. Selain itu tentunya juga sangat menggangu penampilan. Dengan berbagai macam latar belakang yang mendukung timbulnya jerawat, penyembuhannya pun juga sangat bervariasi. Banyak kalangan remaja hingga dewasa mengalami tumbuhnya jerawat pada kulit. Terutama pada kulit wajah. Jerawat yang timbul disebabkan dari berbagai pemicu yang berbeda-beda. Ada yang mengalami tumbuhnya jerawat pada kulit karena kulit berminyak sehingga berpotensi untuk tumbuhnya jerawat, karena pola makan yang kurang sehat juga dapat menyebabkan jerawat, makanan yang biasanya menyebabkan timbulnya jerawat adalah bahan makanan yang mengandung lemak tinggi seperti daging ayam, kacang-kacangan, susu, telur dan sabagainya. Hal lain yang dapat memicu timbulnya jerawat adalah dengan perawatan kulit yang kurang bersih. Selain itu juga dapat dipengaruhi oleh hormon yang terdapat pada diri seseorang dengan tingakatan yang berbeda-beda. Penyembuhan tidak dapat dilakukan dengan mudah memang.. Banyak yang melakukan perawatan menggunakan dokter kecantikan dengan [...]

Aturan Makan Malam Saat Puasa Agar Tetap Sehat dan Berat Badan Tak Naik

Aturan Makan Malam Saat Puasa Agar Tetap Sehat dan Berat Badan Tak Naik

Tidak sedikit orang yang justru mengalami kenaikan berat badan saat puasa. Hal ini terjadi karena pola makan salah yang cenderung kalap terutama saat berbuka. Agar tetap sehat dan tidak makin gemuk, Anda bisa mencoba metode food combining.Food combining mengenal padu-padan yang cocok atau tidak cocok untuk setiap unsur makanan. Bagaimana menjalaninya saat Ramadan? Anda bisa membaca ulasannya di sini.Asyiknya food combining ini, tidak seperti metode penurunan berat badan lainnya, Anda bisa makan apapun hingga kenyang. Namun untuk makannya, Anda harus sesuai aturan dari food combining tersebut. Sama seperti orang pada umumnya, pelaku food combining juga tetap makan malam saat puasa. Dijelaskan praktisi yoga dan food combining Erikar Lebang dalam bukunya Food Combining di Bulan Ramadan, waktu makan malam paling ideal saat Ramadan adalah sebelum salat Isya atau setelah Tarawih.Waktu yang tersedia untuk makan malam ini tidaklah panjang. Setelah salat Magrib hingga menjelang Isya, Anda hanya punya waktu sekitar 30-45 menit. Sedangkan jika makan setelah Tarawih, waktu yang Anda punya juga tidak terlalu berbeda. Oleh karena sempitnya waktu makan ini, Erikar pun menyarankan untuk menyede [...]

Terapi Ear Candle, Amankah?

Terapi Ear Candle, Amankah?

Terapi Ear Candle atau terapi lilin cukup marak diperbincangkan karena terapi ini diklaim dapat mengangkat kotoran telinga dan mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terapi Ear Candle merupakan terapi yang menggunakan lilin berbentuk tabung kecil yang sudah direndam di dalam paraffin atau beeswax atau campurkan keduanya. Lilin berbentuk tabung ini diletakkan di liang telinga dengan posisi orang berbaring miring ke satu sisi. Kemudian, ujung lilin dinyalakan api dan dibiarkan terbakar sampai beberapa menit. Terapi Ear Candle, Amankah? Terapi Ear Candle atau terapi lilin cukup marak diperbincangkan karena terapi ini diklaim dapat mengangkat kotoran telinga dan mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terapi Ear Candle merupakan terapi yang menggunakan lilin berbentuk tabung kecil yang sudah direndam di dalam paraffin atau beeswax atau campurkan keduanya. Lilin berbentuk tabung ini diletakkan di liang telinga dengan posisi orang berbaring miring ke satu sisi. Kemudian, ujung lilin dinyalakan api dan dibiarkan terbakar sampai beberapa menit. Apakah Terapi Ear Candle Bermanfaat? Terapi Ear Candle banyak diklaim dapat mengangkat kotoran telinga [...]

Hentikan 10 Kebiasaan Buruk Ini Agar Selalu Sehat

Hentikan 10 Kebiasaan Buruk Ini Agar Selalu Sehat

Tanpa disadari, beberapa kebiasaan sehari-hari yang Anda lakukan justru membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Seperti melewatkan sarapan, atau terlalu sering menonton televisi. Sebelum Anda jatuh sakit, lebih baik hentikan kebiasaan buruk yang dikutip dari Health Me Up berikut, dan mulailah hidup lebih sehat.1. Melewatkan SarapanSarapan sangat penting untuk memulai hari. Namun karena aktivitas yang begitu padat, seringkali Anda justru melewatkannya. Padahal jika Anda melewatkan waktu sarapan, Anda akan cenderung untuk makan lebih banyak pada waktu lain dan ini dapat menyebabkan penambahan berat badan. Selain buruk untuk diet Anda, proses metabolisme pun akan terganggu. Untuk itu, selalu usahakan sarapan sebelum memulai aktivitas dengan menu protein, lemak, dan karbohidrat yang seimbang.2. BegadangMungkin Anda pernah begadang hingga larut malam untuk mengerjakan tugas atau kerjaan kantor yang belum selesai. Satu atau dua kali mungkin tidak apa-apa, tapi kalau sudah menjadi kebiasaan, itu akan merusak tubuh Anda. Jika Anda tidur kurang dari 6-8 jam tiap malamnya, imun dan metabolisme tubuh pun akan terganggu. Sehingga tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Untuk itu, tidur [...]

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Tempat Tidur

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Tempat Tidur

Tidur merupakan waktu istirahat untuk organ-organ internal seperti, mata dan otak. Tidur yang berkualitas sangatlah penting karena dapat mengembalikan pasokan energi yang telah habis digunakan sehari-hari. Agar hal tersebut tidak terjadi, simak lima hal yang harus dihindari ketika ingin tidur, seperti yang dikutip dari ivillage.1. Tidur dengan Perut KekenyanganMenurut Dr. Gerard Lombardo, pakar kebiasaan tidur, makan berat sebelum tidur akan memicu gangguan Refluks Gastroesofagus (RGE), dimana asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan yang menyebabkan rasa mual. Hal ini jelas dapat membuat tidur tidak nyaman. Jika Anda ingin memakan camilan sebelum tidur, semangkuk sereal, roti gandum dengan selai kacang, biskuit dan keju adalah pilhan tepat."Protein berkontribusi terhadap meningkatkan kadar triptofan dan karbohidrat kompleks bantu membuat triptofan selalu ada saat tidur," ujar Dr. Lombardo.2. Menonton TV Agar NgantukTidak sedikit orang yang berpikir bahwa menonton televisi dapat mempercepat rasa ngantuk. Namun yang terjadi malah sebaliknya, kebiasaan menonton acara favorit sebelum tidur benar-benar dapat mengganggu tidur Anda. Tontonan kekerasan, siaran berita dan tontonan [...]

Cokelat Lebih Sehat Ketimbang Jus Buah

Cokelat Lebih Sehat Ketimbang Jus Buah

Siapa bilang cokelat tidak terlalu bermanfaat bagi kesehatan maupun penampilan? Nyatanya, sebuah studi mengungkapkan bahwa cokelat ternyata lebih sehat ketimbang jus buah.Penelitian dari Hershey Centre for Health & Nutrition di Amerika mengungkapkan bahwa dark chocolate dalam bentuk bubuk mengandung lebih banyak anti-oksidan dan polifenol, yang dipercaya dapat melindungi tubuh dari kanker dan serangan jantung. Berdasarkan laporan dari jurnal Chemistry Central, cokelat juga dapat mecegah kerusakan sel-sel sehat.Dalam studi tesebut, peneliti melakukan percobaan dengan membandingkan satu porsi dark chocolate, biji cokelat dengan jus buah yang dipercaya kaya akan kandungan oksigennya seperti acai berry, cranberry dan buah pome. Hasilnya, dark chocolate dan biji cokelat memiliki kandungan anti-oksidan dan flavanol yang lebih tinggi dari pada jus buah tersebut.Anti oksidan yang terkandung di biji cokelat dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah penyakit-penyakit seperti kanker dan sakit jantung koroner. Senyawa tersebut juga bisa mencegah penuaan. Sedangkan flavanol, meningkatkan fungsi arteri dan mengurangi stres pada jantung.Dengan adanya hasil peneltian ini, bukan berarti [...]

Vulva, Gerbang Pertama Organ Intim Wanita

Vulva, Gerbang Pertama Organ Intim Wanita

Sama dengan organ intim laki-laki, organ intim wanita memiliki beberapa bagian. Vulva merupakan bagian paling luar dari keseluruhan sistem reproduksi wanita. Organ intim wanita yang umumnya disebut vagina, sebenarnya merupakan saluran otot tertutup. Di luar vagina adalah vulva. Fungsi Vulva sebagai Organ Seksual Vulva terdiri dari beberapa struktur utama yaitu mons pubis, labium mayor dan labium minor, klitoris, saluran uretra, saluran vagina dan himen atau selaput dara. Sebagai organ intim, vulva memiliki fungsi penting dalam aktivitas seksual. Vulva terdiri banyak sensor saraf dan stimulasi yang sesuai dapat menghasilkan kepuasan seksual. Ketika seorang wanita terangsang saat melakukan aktivitas seksual, vulva akan tampak membesar karena meningkatnya aliran darah dari dalam dinding vagina. Sementara di bagian dalam, bagian atas vagina akan mengembang. Selama penetrasi, rambut yang tumbuh pada vulva akan berfungsi sebagai pelindung yang akan menahan benturan. Rambut ini juga berfungsi melindungi kelenjar skene dan bartholin dari cairan vagina, keringat dan iritasi. Sayangnya, kini banyak wanita yang mencukur rambut di sekitar vulva tersebut. Risiko Penyakit Beberapa gangguan [...]

4 Makanan ‘Pelipur Lara’ yang Sehat nan Lezat

4 Makanan ‘Pelipur Lara’ yang Sehat nan Lezat

Saat sedih, kesal, patah hati atau kecewa orang cenderung melampiaskannya dengan mengonsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi. Sebut saja es krim, permen cokelat, cookies cokelat, french fries atau keripik kentang. Makanan-makanan tersebut memang memberi kenikmatan dan membuat Anda lupa dari masalah, tapi sifatnya hanya sementara dan tidak lama. Setelah makanan 'pelipur lara' itu habis, rasa sedih dan stres kembali datang dan justru mendatangkan masalah baru; kalori berlebihan dan potensi kegemukan. Sebenarnya ada makanan pereda stres yang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Makanan ini memiliki komponen-komponen yang efektif membuat hati dan pikiran jadi lebih tenang. Apa saja?1. AlpukatBuah dengan tekstur lembut dan rasa creamy ini kaya akan vitamin B, yang terbukti bisa mengurangi stres. Alpukat juga mengandung lemak sehat (lemak tak jenuh tunggal) dan serat yang membuat perut terasa penuh sehingga keinginan untuk makan berlebihan bisa lebih dikontrol. Anda bisa memakan alpukat langsung tanpa diolah terlebih dahulu karena rasa aslinya sudah cukup lezat. Tapi jika ingin citarasa yang berbeda, bisa membelah alpukat jadi dua bagian, berikan perasan lemon di atasnya lalu m [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *