Inilah Kenapa Makanan Pedas Bisa Berbahaya untuk Tubuh Anda

makanan-pedas-sehat-pencernaan.jpg

Sudah tidak jarang kita mendengar cerita orang terkena diare (mencret) akibat makan makanan pedas. Tapi apa membuat orang jera untuk memakannya lagi? Kebanyakan tidak. Justru sebagai orang Indonesia, makanan jika tidak didampingi sambal, akan seperti

Terdapat berbagai macam makanan khas Indonesia yang bercita rasa pedas. Contohnya mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, seperti keripik dan ikan balado. Banyak orang beranggapan bahwa makanan pedas dapat meningkatkan nafsu makan. Namun perlu diketahui, bahwa makan makanan pedas secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Pedas pada makanan bisa didapat dari beberapa hal, yaitu cabai, jahe, dan merica. Cabai merupakan produk yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan cita rasa pedas pada makanan. Dalam cabai terkandung Capsaicin, yang menyebabkan efek pedas pada makanan. Makin kecil ukuran cabai, makin pedas rasanya, karena mengandung makin banyak Capsaicin pada biji dan urat bagian dalamnya.

Lalu apa fungsi dan manfaat capcaisin bagi tubuh? Berikut penjelasannya:

Lalu apa fungsi dan manfaat capcaisin bagi tubuh?

Capsaicin bermanfaat menstimulasi otak untuk memproduksi endorphin, hormone ?feeling so good? yang tidak hanya berguna untuk menghilangkan rasa sakit, tetapi juga mensupport mood yang baik. Selain itu, Capsaicin juga dapat menurunkan gula darah, kolesterol, dan menstimulasi produksi sel mukosa dalam sistem pencernaan.

Dibalik pedasnya cabai terkandung vitamin C dimana tiap 100g cabai mengandung sekitar 143,7 mikrogram vitamin C.Vitamin C adalah antioksidan yang larut dalam air, sangat penting untuk sintesis kolagen, mencegah kulit kasar, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kemampuannya sebagai sumber antioksidan juga patut diakui karena mengandung vitamin A. Cabai juga kaya potassium, manganese, zat besi, dan magnesium. Potassium penting untuk komponen sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol tekanan darah dan denyut jantung. Manganese dan magnesium untukkofaktor enzim. Zat besi untuk pembentukan sel darah merah. Terakhir, cabai juga mengandung vitamin B kompleks.

Rasa pedas bisa juga bermanfaat, namun bisa juga sebaliknya. Berikut ini dampak kesehatan dari makan makanan pedas:

Makanan Pedas: Waspada Bagi Penderita Maag

Rasa pedas bisa juga bermanfaat, namun bisa juga sebaliknya. Rasa pedas pada cabai dapat mengiritasi mukosa tubuh seperti mukosa mata, bibir dan saluran pencernaan. Bagi para penderita maag atau dengan pencernaan yang sensitif, disarankan untuk lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan pedas. Adakah batas bagi tubuh untuk mengkonsumsi makanan pedas? Sebenarnya tidak ada batasan dalam mengkonsumsi makanan pedas, karena ketahanan seseorang dengan orang lain akan berbeda. Misalnya ada yang tahan makan 10 cabai, namun ada juga yg tidak tahan walau makan cabai hanya 2 buah saja.

Pada penderita maag, pedas bisa menjadi musuh dalam selimut. Mereka diwanti-wanti untuk menghindari cabai karena sifatnya yang mengiritasi mukosa pencernaan. Meskipun secara ilmiah Capsaicin pada cabai masih menjadi kontroversi, dalam arti ada yang menyatakan baik bagi pencernaan, tapi ada pula yang berpendapat sebaliknya.

Jadi, Baik atau Buruk Capcaisin dari Cabai?

Penelitian di Jepang menyatakan bahwa Capsaicin pada cabai bisa menurunkan sekresi asam lambung melalui mekanisme blockade nervus vagus. Sementara penelitian di Belanda mengatakan cabai bisa melindungi lambung dari efek buruk aspirin.

Meskipun begitu, pasien dengan penyakit maag disarankan untuk tidak mengkonsumsi cabai secara berlebihan. Ditakutkan bisa mengakibatkan produksi asam lambung meningkat sehingga memicu timbulnya tukak pada lambung.

Akan tetapi, cabai bukanlah penyebab tukak pada lambung. Ada banyak faktor penyebab terjadinya tukak lambung. Bisa karena sekresi asam lambung yang berlebih, penurunan aliran darah lambung, pemakaian obat-obatan anti nyeri, alcohol, merokok, stress, atau infeksi dari kuman H.Pylori. Jadi bukan cabai yang menyebabkan tukak pada lambung, meskipun Capsaicin pada cabai sebaiknya dibatasi atau dihindari pada penderita maag (gastritis).

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mengenal Makanan Bebas Gluten

Mengenal Makanan Bebas Gluten

Gluten merupakan jenis protein yang biasanya ditemukan di gandum, jelai (barley), dan gandum hitam. Secara umum gluten aman dikonsumsi oleh seseorang dalam dietnya, namun tidak dianjurkan kepada mereka yang memiliki kondisi gangguan seperti penyakit celiac dan sensitivitas terhadap gluten. Diet bebas gluten harus dilakukan oleh penderita kondisi-kondisi ini karena konsumsi gluten dapat berakibat fatal untuk kesehatan. Bagi Anda yang menderita salah 1 kondisi di atas, berikut adalah 5 langkah yang dapat Anda lakukan untuk memulai diet bebas gluten. Halaman berikut penjelasan selengkapnya: Mengenal Makanan Bebas Gluten 1. Mengidentifikasi makanan rumahan yang bebas dari gluten Beberapa jenis makanan yang bebas dari kandungan gluten adalah: Sayur dan buah segar Daging ayam dan sapi segar Daging ikan dan seafood segar Telur dan susu segar Kacang-kacangan Nasi putih dan nasi merah Bumbu masak alami (gula, garam, lada, ketumbar, cuka, dan cabai) ?2. Membaca label pada bungkus makanan dan identifikasilah makanan yang mengandung gluten Bacalah label pada bungkus makanan yang hendak dibeli atau yang ingin dikonsumsi. Hindari makanan yang terbuat dari atau meng [...]

8 Makanan Bagi Tulang Wanita

8 Makanan Bagi Tulang Wanita

Tulang wanita menjadi cukup kuat hingga usia 30 tahun. Setelah usia 30 tahun, kepadatan tulang mulai menurun dan semakin menurun lagi ketika wanita tersebut memasuki usia menopause. Namun, selagi bisa, para wanita dapat memaksimalkan usaha untuk menabung kepadatan tulang dengan olahraga yang teratur dan asupan makanan yang tepat. Makanan-makanan yang dapat membantu kepadatan tulang wanita adalah: 1. Kalsium Kalsium adalah sumber utama tulang yang kuat. Orang dewasa hingga usia 50 tahun membutuhkan 1000 miligram kalsium setiap harinya. Memasuki usia 51 tahun, wanita membutuhkan asupan 1200 mg kalsium setiap hari. Sebanyak 237 mL susu mengandung 300 mg kalsium. (Baca: Menabung Kalsium untuk Kesehatan Tulang) 2. Yogurt dan Keju Satu cangkir kecil yogurt atau 28 gram keju mengandung sejumlah kalsium yang sama dengan 237 mL susu. (Baca: Manfaat Yogurt untuk Kesehatan Gigi) 3. Ikan Sarden Sebanyak 85 gram ikan sarden dapat memberikan asupan kalsium yang sedikit lebih banyak daripada secangkir susu. 4. Sayuran hijau Sayuran seperti sawi hijau, bok chiy dan sayuran hijau gelap lainnya juga mengandung banyak kalsium. (Baca: Buah & Sayur Penangkal Risiko Jantung) 5. Suplemen Kalsi [...]

Sehat itu Optimis

Sehat itu Optimis

Optimis atau berpikiran positif akan segala kondisi dan situasi yang kemungkinan berbanding terbalik dengan kenyataan adan keinginan seseorang, ternyata sudah menjadi hal yang natural dilakukan oleh otak manusia. Studi mengenai kinerja otak akan optimisme ini diterbitkan dalam Nature Neuroscience, berdasarkan penelitian yang dipimpin oleh Dr. Tali Sharot, University College London yang mengatakan bahwa 80% manusia merupakan orang-orang optimis, meskipun mereka sendiri tidak menganggap demikian. Penelitian ini dilakukan dengan cara melihat tingkatan optimisme seseorang yang kemudian di uji menggunakan scan otak. Mereka diberikan berbagai macam pertanyaan dan penilaian masing-masing mengenai berbagai macam faktor mengenai kenyataan baik ataupun buruk. Misalkan mereka di berikan kemungkinan terkena kanker sebesar 30%, maka meskipun ada sebagian dari mereka berpikiran resiko mereka menjadi 40%, pada akhir percobaan, mereka akan menurunkan resiko mereka sendiri menjadi 31%. Sedangkan bila sebagian dari mereka sudah berpikiran resiko mereka hanya 10%, maka setelahnya, mereka hanya akan menambah sedikit dari sebelumnya yang sudah dibawah dari perkiraan awal yang telah diinformasikan. Dar [...]

Tips Memilih Alat Kontrasepsi

Tips Memilih Alat Kontrasepsi

Merencanakan keluarga sejahtera dapat dimulai dengan memilih dan menggunakan alat kontrasepsi yang tepat. Kontrasepsi adalah metode atau alat yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Ada berbagai jenis kontrasepsi, masing-masing dengan manfaat dan kekurangannya masing-masing. Mempelajari semua jenisnya membuat Anda dapat menentukan mana yang paling tepat untuk Anda. Kontrasepsi Temporer Kontrasepsi yang bersifat sementara ini bertujuan menunda kehamilan atau mengatur jarak antarkehamilan. Jenis kontrasepsi ini dapat digunakan jika Anda belum ingin memiliki anak dalam jangka waktu tertentu, dan dilepas jika Anda telah siap memiliki anak kembali. Metode ini dapat diterapkan dalam berbagai bentuk, yaitu: Pil Keluarga Berencana (KB) Kontrasepsi berbentuk pil ini bekerja menggunakan hormon progestin dengan atau tanpa hormon estrogen, untuk mencegah ovulasi. Kontrasepsi ini berfungsi dengan efektif jika dikonsumsi secara teratur. Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan pil KB sama sekali tidak berdampak buruk pada kesuburan wanita di masa yang akan datang. Terdapat dua jenis pil KB: Pil kombinasi: Merupakan pil yang mengandung hormon estrogen dan progestero [...]

Riset: Punya Bokong Besar Baik untuk Kesehatan

Riset: Punya Bokong Besar Baik untuk Kesehatan

Tidak sedikit wanita yang benci dengan bentuk bokong besar. Namun menurut penelitian, bokong berukuran besar justru baik untuk kesehatan. Mengapa?Para peneliti di Oxford University menemukan bahwa lemak yang berada pada tubuh bagian bawah dapat memangkas kadar kolesterol buruk (LDL) dan meningkatkan koleksterol baik (HDL) yang melindungi tubuh dari pengerasan pembuluh darah. Namun peneliti menegaskan, area tubuh bagian bawah yang baik menyimpan lemak itu adalah paha dan bokong, bukan pada perut.Hasil penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity, menunjukkan bahwa manfaat dari memiliki bokong berukuran besar bisa mengurangi risiko terkena diabetes. Lemak gluteofemoral, tersimpan di bagian bahwa tubuh dan bertindak sebagai buffer (penyangga), menyapu bersih radang lemak yang bisa menyebabkan efek berbahaya di mana saja.Profesor Jimmy Bell, Kepala Pencitraan Metabolik dan Molekular di Hammersmith Hospital NHS Trust, menjelaskan bahwa lemak bisa datang dalam dua bentuk, yakni yang 'baik' dan 'buruk'. Menurutnya, lemak di bagian bawah tubuh meluruh lebih lambat dari lemak di perut.Orang dengan bokong serta paha besar memiliki tingkat inflamasi senyawa yang diseb [...]

Kontrol Makan Ketika Berbuka

Kontrol Makan Ketika Berbuka

Pada saat berbuka puasa hindarilah makan-makanan yang terlalu manis atau terlalu tinggi kalorinya seperti makan makanan yang bersantan seperti kolak atau terlalu dingin atau panas. Lebih baik makan makanan manis yang ringan seperti es buah yg tidak terlalu dingin atau makan makanan ringan atau makan buah-buahan yang memiliki kandungan gula alami (seperti korma atau pisang dan buah-buahan lainnya). Batasi pola makan ketika berbuka. Hindari pula langsung memakan menu utama pada waktu berbuka puasa. Serta usahakan untuk makan malam tidak terlalu larut malam. Intinya, hindari langsung tidur karena kekenyangan setelah makan malam. Karena justru hanya akan memperbanyak timbunan lemak yang ada. [...]

6 Dampak Buruk Pakai Celana Dalam yang Terlalu Ketat

6 Dampak Buruk Pakai Celana Dalam yang Terlalu Ketat

Mencari pakaian dalam yang nyaman, baik bra maupun panties adalah keinginan setiap wanita. Tetapi tanpa sadar para wanita ini justru mengenakan celana dalam sangat pas di tubuh dengan harapan dapat membentuk lekuk tubuh sehingga terlihat lebih ramping.Sayangnya, banyak yang masih tidak mengetahui bahwa mengenakan celana dalam terlalu ketat dapat membuat tubuh terasa tidak nyaman. Jika terlalu lama mengenakannya, ada banyak dampak yang bisa terjadi. Apa saja?1. Tidak NyamanDr. Keri Peterson, ahli penyakit dalam asal Amerika Serikat mengatakan para wanita sebaiknya memperhatikan pakaian dalam yang dikenakannya dan mengetahui ukurannya secara tepat. Celana dalam yang menempel terlalu ketat pada perut bagian atas atau bawah dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman."Celana dalam yang dikenakan di pinggang apabila terlalu ketat dapat memapatkan perut dan menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan yang berakibat timbul rasa mual serta mulas," ujar dokter yang bekerja di organisasi Share Care seperti dikutip dari Live Strong.2. Mengganggu Peredaran DarahDr. Keri menambahkan, celana dalam yang dipakai di pinggul terlalu ketat juga dapat menurunkan sirkulasi darah di bagian paha a [...]

MRI Dapat Membantu Identifikasi Penyakit

MRI Dapat Membantu Identifikasi Penyakit

Magnetic resonance imaging (MRI) atau pencitraan resonansi magnetik adalah alat pemindai yang memanfaatkan medan magnet dan energi gelombang radio untuk menampilkan gambar struktur dan organ dalam tubuh. MRI dapat memberikan informasi struktur tubuh yang tidak dapat ditemukan pada tes lain, seperti X-ray, ultrasound, atau CT scan. Pada tes MRI, tubuh yang akan dipindai ditempatkan pada sebuah mesin dengan magnet yang kuat. Gambar-gambar yang dihasilkan dari MRI berupa foto digital yang dapat disimpan di komputer untuk dipelajari lebih lanjut. Alasan Dilakukan MRI MRI adalah salah satu cara dokter memeriksa dan menghasilkan gambar organ, jaringan, dan sistem rangka dengan resolusi tinggi. Hal itu nantinya dapat membantu dokter melakukan diagnosis berbagai kondisi. Jantung dan pembuluh darah MRI yang dilakukan pada jantung atau pembuluh darah bertujuan melihat beberapa hal seperti ukuran dan fungsi pada serambi jantung, ketebalan dan gerakan dinding jantung dan tingkat kerusakan akibat serangan jantung. Selain itu dapat juga mendeteksi masalah struktural pada urat nadi, seperti dinding pembuluh darah yang melemah atau sobek, maupun radang dan penyumbatan pada pembuluh darah. Otak d [...]

Memahami Karakteristik Golongan Darah A, B, AB, dan O

Memahami Karakteristik Golongan Darah A, B, AB, dan O

Golongan darah tiap individu tidak sama. Perbedaan golongan darah dikelompokkan kepada tipe A, B, AB, atau O. Status rhesus (Rh) darah pun bisa tergolong negatif atau positif. Perbedaan-perbedaan tersebut perlu diperhatikan dalam penggunaan darah di dunia medis. Baik bagi Anda untuk mengetahui karakteristik tersebut, mengingat darah memiliki peranan penting pada tubuh. Golongan darah seseorang ditentukan berdasarkan ada atau tidaknya zat antigen pada sel darah merah dan plasma darah . Antigen berfungsi seperti tanda pengenalan sel tubuh Anda. Ini supaya tubuh bisa membedakan sel tubuh sendiri dari sel yang berasal dari luar tubuh. Jika sel dengan antigen berlawanan masuk ke dalam tubuh, maka sistem kekebalan tubuh akan mulai perlawanan terhadap sel yang dianggap asing tersebut dan memproduksi antibodi. Ada dua teknik yang kerap dipakai untuk mengelompokkan darah, yaitu menggunakan sistem ABO dan rhesus (Rh). Kedua sistem ini bisa sangat membantu jika Anda ingin melakukan transfusi darah. Melalui sistem ABO, Anda bisa mengetahui golongan darah Anda, apakah A, B, AB atau O. Jika Anda memiliki golongan darah A, maka Anda memiliki antigen A pada sel darah merah dan memproduksi antib [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *