Inilah Makanan Ideal untuk Penderita Darah Tinggi

104143587_1.jpg

Sepanjang hari, tekanan darah kita bervariasi naik dan turun. Namun, jika tekanan darah seseorang terus menerus tinggi sepanjang waktu, maka perlu yang bersangkutan perlu mewaspadai akan penyakit hipertensi.

Bila keadaan ini terus menerus dibiarkan tidak terkendali, maka dapat menyebabkan komplikasi pada jantung, ginjal dan otak. Perkembangan penyakit hipertensi yang tidak terkendali kerap kali menyebabkan serangan jantung, gagal ginjal dan stroke.

Sekali dinyatakan mengidap hipertensi maka penyakit ini biasanya berlangsung seumur hidup. Yang perlu dilakukan oleh penderita hipertensi adalah mengendalikan tekanan darahnya agar berada dalam batas normal.

Penyakit hipertensi biasanya tidak memberikan gejala dan tanda yang memberikan peringatan pada penderitanya. Pernahkah Anda memeriksakan tekanan darah Anda? Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ada panduan informasi hipertensi di halaman selanjutnya:

Kenali Dulu Kategori Tekanan Darah Tinggi Anda

Berdasarkan American Heart Association (AHA), Hipertensi dibagi menjadi beberapa kategori:

Tekanan Darah (mmHg)

Normal

Pre-Hipertensi

Hipertensi

Sistolik

< 120

120-139

? 140

Diastolik

< 80

80-89

? 90

Apa yang kita makan dapat mempengaruhi tekanan darah kita. Penelitian-penelitian ilmiah telah membuktikan hal tersebut. National Institutes of Health telah meneliti bahwa konsumsi makanan dapat berpengaruh terhadap penurunan maupun peningkatan tekanan darah.

Jauh sebelumnya kita telah mengetahui bahwa diet dengan kadar sodium (garam) yang rendah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Lebih jauh lagi, panduan diet yang menspesifikasikan bahan makanan tertentu telah dianjurkan untuk dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah.

Panduan diet tersebut disebut dengan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension = Panduan Diet Untuk Mengendalikan Hipertensi).

Halaman berikut adalah penjelasan mengenai DASH lebih lengkap lagi:

Menu untuk Diet Hipertensi: DASH

DASH merupakan panduan diet hipertensi yang mencakup makanan-makanan dengan kadar lemak jenuh, kolesterol, dan lemak total yang rendah serta kaya akan magnesium, kalium, kalsium, protein dan serat.

Panduan diet hipertensi DASH menekankan konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan produk olahan susu yang rendah lemak. DASH menganjurkan konsumsi ikan, unggas, produk olahan gandum dan kacang-kacangan.

Makanan-makanan seperti daging merah, makanan manis, dan minuman-minuman yang mengandung gula WAJIB dikurangi.

Dengan mengurangi jumlah asupan sodium (garam) dan menjalankan panduan diet hipertensi DASH diharapkan dapat menurunkan level tekanan darah serta mengontrol perkembangan penyakit hipertensi.

Dalam panduan diet hipertensi DASH, kadar sodium (garam) yang direkomendasikan untuk dikonsumsi per hari adalah 1500-2400 mg atau 4-6 gram atau 2/3 hingga 1 sendok teh setiap hari dari seluruh makanan yang dikonsumsi.

Dengan mengatur pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi, penderita hipertensi dapat menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi dan mengendalikan serta mempertahankan tekanan darah dalam batas normal.

Halaman berikut adalah penjelasan pilihan menu makanan apa saja yang terdapat pada pola diet DASH:

Jenis Kategori Makanan dalam Panduan Diet hipertensi DASH

Jenis Makanan

Contoh Makanan

Manfaat

Gandum dan produk olahan gandum / Biji-bijian

Roti gandum, bagel, sereal, oatmeal, crackers gandum, popcorn tanpa garam.

Sumber Energi dan serat.

Buah-buahan

Pisang, kurma, anggur, jeruk, mangga, melon, persik, nanas, kismis, stroberi, plum, jeruk Bali, jeruk Mandarin.

Sumber kalium, magnesium dan serat.

Sayur-sayuran

Tomat, kentang, wortel, kacang kapri, brokoli, bayam, kacang hijau, ubi, labu, sawi hijau, kol.

Sumber kalium, magnesium dan serat.

Produk Susu Rendah Lemak atau Tanpa Lemak

Susu tanpa lemak atau rendah lemak, keju tanpa lemak atau rendah lemak, yoghurt tanpa lemak atau rendah lemak.

Sumber kalsium dan protein.

Daging Merah, Unggas, Ikan

Daging tanpa lemak, hindari kulit pada daging unggas, proses dengan dipanggang, direbus, dibakar.

Sumber protein dan magnesium.

Kacang-kacangan, polong-polongan, biji-bijian

Almond, kacang tanah, biji bunga matahari, kacang merah, kacang kapri.

Sumber energi, magnesium ,kalium, protein dan serat.

Lemak dan Minyak

Minyak sayur (olive, jagung), mayonais rendah lemak, margarin rendah lemak.

Asupan lemak yang tetap diperlukan oleh tubuh sebagai sumber kalori.

Makanan Manis

Gula, selai, agar-agar, permen, sirup buah.

Dalam jumlah terbatas dan rendah lemak sebagai salah satu sumber kalori yang diperlukan oleh tubuh.

Nah, kita sudah tahu jenis makanannya, lalu apa pilihan makanan-makanannya yang sesuai? Halaman berikut terdapat penjelasan menu untuk penderita darah tinggi:

Panduan Diet hipertensi DASH Untuk Hipertensi

Panduan Diet hipertensi DASH Untuk Hipertensi

Jenis Makanan

Jumlah konsumsi per hari (porsi)

Ukuran per Porsi

1600 kalori/hari

2000 kalori/hari

3100 kalori/hari

Gandum dan produk olahan gandum / Biji-bijian

6

7-8

12-13

1 potong roti

&#2013266109; cangkir beras/sereal/pasta

Buah-buahan

4

4-5

6

1 potong buah

1 &#2013266109; cangkir jus buah

&#2013266108; cangkir buah dikeringkan (kismis)

Sayur-sayuran

3-4

4-5

6

1 cangkir sayuran mentah

&#2013266109; cangkir sayuran dimasak

1 &#2013266109; cangkir jus sayuran

Produk Susu Rendah Lemak atau Tanpa Lemak

2-3

2-3

3-4

&#2013266108; cangkir susu

1 cangkir yoghurt

1 lembar keju

Daging Merah, Unggas, Ikan

1-2

2 atau kurang

2-3

75 gram daging yang dimasak

Kacang-kacangan, polong-polongan, biji-bijian

3 per minggu

4-5 per minggu

1

1/3 cangkir kacang-kacangan

2 sendok makan biji-bijian

Lemak dan Minyak

2

2-3

4

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Studi: Kesepian Bisa Mengganggu Sistem Imun Tubuh

Studi: Kesepian Bisa Mengganggu Sistem Imun Tubuh

Jangan anggap sepele jika Anda kesepian. Menurut studi terbaru, rasa sepi bisa mengganggu sistem daya tahan tubuh dan kesehatan.Sebab, kesepian memacu produksi protein yang menandakan adanya peradangan. Kondisi ini kerap dihubungkan dengan penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, radang sendi, Alzheimer dan mempercepat penuaan."Ini sudah jelas dari penelitian sebelumnya bahwa hubungan asmara yang tidak berjalan dengan baik bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan bahkan kematian yang lebih cepar," ujar Lisa Jaremka, yang memimpin penelitian di Institute for Behavioural Medicine Reseach di Ohio State University, seperti dikutip dari Times of India.Menurut Lisa, penelitian yang dilakukannya sangat penting. Karena kita harus mengerti bagaimana kesepsian dan hubungan asmara memengaruhi kesehatan. "Semakin kita tahu mengenai prosesnya, semakin besar kemungkinan untuk mengatasi efek negatifnya.Hasil penelitian didapat berdasarkan beberapa penelitian yang dikumpulkan dari dua populasi. Yaitu kelompok paruh baya yang kelebihan berat badan dan kelompok survivor kanker payudara.Para peneliti mengukur tingkat kesepian menggunakan Loneliness Scale, kuesioner yang menilai persepsi tenta [...]

Mencegah Gagal Jantung dengan Kebiasaan Keluarga

Mencegah Gagal Jantung dengan Kebiasaan Keluarga

Sehat itu bukan milik pribadi namun adalah hak setiap orang dan seluruh usia serta bermula di dalam keluarga. Jika seseorang hidup dan tinggal di dalam keluarga yang sehat, maka orang tersebut cenderung akan menerapkan pola hidup sehat dan akan kembali membentuk keluarga yang sehat. Bila salah satu anggota keluarga sakit, maka akan menyulitkan seluruh anggota keluarga. Daripada mengobati, mari kita mulai dengan mencegah sakit. Hidup sehat dimulai dari keluarga! Empat Pola Hidup Sehat Berdasarkan penelitian yang dipublikasi oleh American Journal of Epidemiology, didapatkan 4 perilaku sehat yang berpengaruh untuk mencegah kematian, terutama karena penyakit jantung. Penelitian yang dilakukan pada 6299 subyek berusia 444-84 tahun tersebut menunjukkan bahwa mereka yang melakukan pola hidup sehat memiliki risiko kematian 80% lebih rendah dari pada mereka yang tidak melakukan pola hidup sehat. Empat pola hidup sehat tersebut adalah tidak merokok, makan makanan sehat dengan gizi seimbang, melakukan kegiatan fisik rutin setiap hari dan menjaga berat badan ideal dan sehat. Efek dari keempat pola hidup sehat ini saling mempengaruhi. Semakin banyak kebiasaan sehat tersebut yang diterapkan dala [...]

Beginilah Cara-cara HIV Menular

Beginilah Cara-cara HIV Menular

Pasti Anda pernah mendengar tentang virus HIV bukan? HIV merupakan kependekan dari Human Immunodeficiency Virus. Virus ini dapat menyebabkan kelumpuhan sistem imun penderita dan menyebabkan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome). Pasien dengan AIDS rentan terhadap berbagai penyakit, khususnya penyakit infeksi. Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi kesehatan penderita HIV dapat mengalami perburukan dan berakhir pada kematian. Bagaimana cara penularan virus HIV? Mari kita lihat satu per satu. 1. Hubungan seksual bebas Hubungan seksual merupakan salah satu cara penularan virus HIV yang paling umum. Virus HIV dapat masuk melalui celah mukosa vagina saat berhubungan seksual. Hubungan seksual per anal memiliki risiko yang lebih besar untuk terjadi penularan virus HIV. Berhubungan seksual dengan banyak pasangan yang berbeda (seks bebas) juga meningkatkan risiko seorang terkena virus ini. Berikut beberapa cara penularan HIV lainnya: Beberapa Cara Tertularnya HIV 2. Penggunaan jarum suntik Penggunaan jarum suntik merupakan cara lain penularan virus HIV. Pengguna jarum suntik yang menggunakan jarum seacra bersamaan memiliki risiko untuk tertular penyakit HIV. M [...]

Menimbang Kelebihan dan Kekurangan Suntik KB

Menimbang Kelebihan dan Kekurangan Suntik KB

Suntik KB adalah salah satu metode kontrasepsi yang biasa digunakan untuk menunda kehamilan. Namun seperti metode kontrasepsi lainnya, suntik KB memiliki beberapa kekurangan dan tidak disarankan bagi wanita yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Suntik KB adalah kontrasepsi hormonal yang disuntikkan pada bagian tertentu tubuh seperti lengan atas, paha, atau bokong. Setelah disuntikkan, kadar hormon akan meningkat dan kemudian menurun secara bertahap hingga suntikan selanjutnya. Di Indonesia, berdasarkan jangka waktu, terdapat dua jenis suntik KB yang paling umum digunakan, yaitu suntik KB 1 bulan dan suntik KB 3 bulan. Suntikan KB 3 bulan mengandung hormon progestin, sementara suntikan KB 1 bulan mengandung kombinasi hormon progestin dan hormon estrogen, dengan kadar progestin yang lebih rendah. Suntik KB 1 Bulan Sesuai namanya, KB ini disuntikkan tiap 30 hari sekali. Suntik KB ini bekerja dengan menghentikan pelepasan sel-sel telur dari rahim dan juga membuat cairan vagina menebal sehingga mencegah sperma bertemu dengan sel telur. Selain itu suntikan ini juga mempertipis dinding rahim sehingga mempersulit implantasi sel telur. Jika tidak terlambat diberikan, suntikan KB bula [...]

Sunscreen Saja Tak Cukup Cegah Kanker Kulit, Harus Pakai Apalagi?

Sunscreen Saja Tak Cukup Cegah Kanker Kulit, Harus Pakai Apalagi?

Salah satu kebiasaan yang bisa memperlambat penuaan dini pada kulit adalah dengan memakai sunscreen secara rutin. Ketika tengah berada di luar ruangan dan sinar matahari sedang sangat terik, sunscreen dipercaya dapat menangkal sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan gangguan-ganguan seperti kulit cepat keriput, terbakar sampai penyakit kanker seperti melanoma.Beberapa ahli juga menyebutkan bahwa meski cahaya matahari sedang tidak sangat menyengat, sunscreen tetap dibutuhkan karena sinarnya masih bisa membahayakan kulit kita. Produk ini pun menjadi satu-satunya item yang paling diandalkan untuk menangkal bahaya sinar jahat. Namun bagaimana jika ternyata sunscreen saja tak cukup untuk melindungi kulit dari penyakit melanoma?Dikutip dari situs BBC, sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para ilmuwan di University of Manchester, Inggris, menyatakan bahwa krim pelindung sinar matahari saja sepertinya tak bisa sepenuhnya menghalau resiko kanker kulit melanoma. Penelitian ini diujikan pada pada sejumlah tikus yang telah dipaparkan sinar ultraviolet penyebab penyakit yang ditandai oleh munculnya tahi lalat abnormal tersebut.Hasilnya para peneliti menyimpulkan bahwa produk sunscreen t [...]

Keuntungan Makan Wortel Tiap Hari, Jantung Sehat dan Kulit Cantik

Keuntungan Makan Wortel Tiap Hari, Jantung Sehat dan Kulit Cantik

Wortel tidak hanya bermanfaat menjaga kesehatan mata. Sayuran berwarna oranye dengan tekstur renyah ini juga memiliki khasiat yang hebat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mulai dari kecantikan kulit hingga membantu mempercepat penyembuhan luka. Ini berbagai manfaat dengan rajin mengonsumsi wortel, yang dikutip dari Times of India.1. Mencegah PenuaanWortel kaya akan beta-karoten, salah satu jenis antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Beta-karoten juga dapat membuat rona wajah terlihat lebih berkilau dan memancarkan rona oranye yang sehat. Selain itu, wortel juga kaya vitamin A yang berfungsi memeliharan kesehatan kulit, rambut serta kuku.2. Mencegah Penyakit JantungSelain beta-karoten, wortel juga mengandung alpha-karoten dan lutein; tiga antioksidan ini berkhasiat melawan kolesterol jahat penyebab penyakit jantung. Wortel bersifat fibrous, yaitu memiliki serat yang bekerja layaknya spons yang menyerap kelebihan kolesterol dalam tubuh.Baca Juga: 50 Inspirasi Baju Lebaran 2015 3. Menyehatkan GigiRajin mengunyah wortel bisa meningkatkan kesehatan gigi. Tekstur wortel yang renyah, akan membantu gigi membersihkan sendiri sisa-sisa makanan yang tertingg [...]

Albumin Ditemukan Dalam Beras

Albumin Ditemukan Dalam Beras

Sebuah penelitian hasil kerjasama para ilmuwan di Wuhan University, Cina; The National Research Council of Canada; dan University at Albany, New York mampu membuat protein albumin dari beras yang mempunyai bentuk fisik dan susunan kimia yang sama dengan human serum albumin (HSA) dalam darah manusia. Albumin merupakan protein turunan dari darah manusia yang berfungsi dalam mengobati luka bakar, syok traumatik, dan penyakit hati yang biasa dijadikan vaksin ataupun berupa obat. Selama ini pasokan albumin di dunia hanya bergantung dari donor darah manusia dengan kekhawatiran akan potensi penularan penyakit hepatitis dan HIV, sehingga terobosan terbaru akan penemuan albumin dalam beras menjadi sebuah harapan kemudahan memasok albumin yang aman dan tidak mahal. Penemuan ini di publikasikan dalam jurnal sains PNAS, Amerika Serikat, dengan melakukan rekayasa genetika pada benih padi untuk menghasilkan HSA tingkat tinggi kemudian dilakukan proses pemurnian protein albumin dan berhasil mengumpulkan sebanyak 2,75 gram dalam 1 kg beras seperti dilansir oleh Washington AFP (1/11). Meskipun penemuan ini masih termasuk dini, namun hasil lab pada tikus percobaan yang mempunyai riwayat penyakit ha [...]

Sendi Bebas Nyeri Sampai Tua dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

Sendi Bebas Nyeri Sampai Tua dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk beraktivitas dengan optimal pun berkurang. Sakit pada persendian maupun tulang kerap dialami orang yang sudah menginjak usia 30 tahun ke atas, akibat berkurangnya kalsium dan 'cairan pelumas' yang melindungi otot serta sendi.Agar persendian tetap sehat dan memungkinkan Anda tetap beraktivitas dengan normal di usia tua, diet yang sehat perlu dijalani. Ini beberapa makanan dengan kandungan yang bisa memelihara kesehatan sendi serta tulang yang perlu dikonsumsi secara rutin minimal dua hingga tiga kali seminggu.1. SalmonBegitu menginjak usia 30, umumnya orang akan mengalami robekan kecil pada tulang rawan. Jaringan mirip karet yang terdapat pada persendian ini berfungsi membantu Anda bergerak dengan lancar, baik itu berjalan, berolahraga maupun melakukan aktivitas lainnya. Meskipun robekannya sangat kecil, jika dibiarkan bisa menjadi gangguan yang fatal seperti peradangan kronis dan sakit saat sendi digerakkan. Salmon, bisa mencegah atau setidaknya mengurangi peradangan berkat kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Lemak sehat ini berkhasiat sebagai anti peradangan. Selain itu salmon juga mengandung vitamin D yang menjaga kesehata [...]

Lovepink Mimpi Wujudkan Klinik ‘Chemo Party’ untuk Pasien Kanker Payudara

Lovepink Mimpi Wujudkan Klinik ‘Chemo Party’ untuk Pasien Kanker Payudara

Senyum berseri menghiasi wajah Samantha Barbara, Ketua Yayasan Daya Dara Indonesia atau lebih dikenal sebagai Lovepink. Satu lagi impiannya bersama anggota yayasan peduli kanker payudara itu terwujud. Impian tersebut adalah memiliki mobil operasional. Bertempat di Graha Asuransi Astra, Senin (12/10/2015), Lovepink yang diwakili Samantha dan Madelina Mutia serta Shanti Persada selaku pendiri Lovepink menerima bantuan berupa sebuah mobil operasional dari Garda Medika, produk asuransi kesehatan dari Asuransi Astra.Menurut Sam, panggilan akrab Samantha, bantuan ini sangat berarti bagi Lovepink untuk menjalankan misi mulianya. Yayasan yang didirikan pada 2012 silam ini memiliki dua misi utama yakni mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemeriksaan sendiri payudara (sadari) sebagai bentuk pencegahan dini dan memberikan dukungan moral bagi mereka yang telah terdiagnosis kanker payudara."Dampak dari bantuan ini akan sangat besar bagi yayasan kami. Selain untuk kebutuhan kampanye, mobil ini akan kami gunakan untuk konseling atau mengantar anggota kami ke dokter bila kondisinya sangat darurat," ujar Sam itu kepada Wolipop usai acara penyerahan bantuan. Bantuan berupa satu unit Toyota New [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *