Inilah Makanan Ideal untuk Penderita Darah Tinggi

104143587_1.jpg

Sepanjang hari, tekanan darah kita bervariasi naik dan turun. Namun, jika tekanan darah seseorang terus menerus tinggi sepanjang waktu, maka perlu yang bersangkutan perlu mewaspadai akan penyakit hipertensi.

Bila keadaan ini terus menerus dibiarkan tidak terkendali, maka dapat menyebabkan komplikasi pada jantung, ginjal dan otak. Perkembangan penyakit hipertensi yang tidak terkendali kerap kali menyebabkan serangan jantung, gagal ginjal dan stroke.

Sekali dinyatakan mengidap hipertensi maka penyakit ini biasanya berlangsung seumur hidup. Yang perlu dilakukan oleh penderita hipertensi adalah mengendalikan tekanan darahnya agar berada dalam batas normal.

Penyakit hipertensi biasanya tidak memberikan gejala dan tanda yang memberikan peringatan pada penderitanya. Pernahkah Anda memeriksakan tekanan darah Anda? Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ada panduan informasi hipertensi di halaman selanjutnya:

Kenali Dulu Kategori Tekanan Darah Tinggi Anda

Berdasarkan American Heart Association (AHA), Hipertensi dibagi menjadi beberapa kategori:

Tekanan Darah (mmHg)

Normal

Pre-Hipertensi

Hipertensi

Sistolik

< 120

120-139

? 140

Diastolik

< 80

80-89

? 90

Apa yang kita makan dapat mempengaruhi tekanan darah kita. Penelitian-penelitian ilmiah telah membuktikan hal tersebut. National Institutes of Health telah meneliti bahwa konsumsi makanan dapat berpengaruh terhadap penurunan maupun peningkatan tekanan darah.

Jauh sebelumnya kita telah mengetahui bahwa diet dengan kadar sodium (garam) yang rendah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Lebih jauh lagi, panduan diet yang menspesifikasikan bahan makanan tertentu telah dianjurkan untuk dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah.

Panduan diet tersebut disebut dengan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension = Panduan Diet Untuk Mengendalikan Hipertensi).

Halaman berikut adalah penjelasan mengenai DASH lebih lengkap lagi:

Menu untuk Diet Hipertensi: DASH

DASH merupakan panduan diet hipertensi yang mencakup makanan-makanan dengan kadar lemak jenuh, kolesterol, dan lemak total yang rendah serta kaya akan magnesium, kalium, kalsium, protein dan serat.

Panduan diet hipertensi DASH menekankan konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan produk olahan susu yang rendah lemak. DASH menganjurkan konsumsi ikan, unggas, produk olahan gandum dan kacang-kacangan.

Makanan-makanan seperti daging merah, makanan manis, dan minuman-minuman yang mengandung gula WAJIB dikurangi.

Dengan mengurangi jumlah asupan sodium (garam) dan menjalankan panduan diet hipertensi DASH diharapkan dapat menurunkan level tekanan darah serta mengontrol perkembangan penyakit hipertensi.

Dalam panduan diet hipertensi DASH, kadar sodium (garam) yang direkomendasikan untuk dikonsumsi per hari adalah 1500-2400 mg atau 4-6 gram atau 2/3 hingga 1 sendok teh setiap hari dari seluruh makanan yang dikonsumsi.

Dengan mengatur pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi, penderita hipertensi dapat menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi dan mengendalikan serta mempertahankan tekanan darah dalam batas normal.

Halaman berikut adalah penjelasan pilihan menu makanan apa saja yang terdapat pada pola diet DASH:

Jenis Kategori Makanan dalam Panduan Diet hipertensi DASH

Jenis Makanan

Contoh Makanan

Manfaat

Gandum dan produk olahan gandum / Biji-bijian

Roti gandum, bagel, sereal, oatmeal, crackers gandum, popcorn tanpa garam.

Sumber Energi dan serat.

Buah-buahan

Pisang, kurma, anggur, jeruk, mangga, melon, persik, nanas, kismis, stroberi, plum, jeruk Bali, jeruk Mandarin.

Sumber kalium, magnesium dan serat.

Sayur-sayuran

Tomat, kentang, wortel, kacang kapri, brokoli, bayam, kacang hijau, ubi, labu, sawi hijau, kol.

Sumber kalium, magnesium dan serat.

Produk Susu Rendah Lemak atau Tanpa Lemak

Susu tanpa lemak atau rendah lemak, keju tanpa lemak atau rendah lemak, yoghurt tanpa lemak atau rendah lemak.

Sumber kalsium dan protein.

Daging Merah, Unggas, Ikan

Daging tanpa lemak, hindari kulit pada daging unggas, proses dengan dipanggang, direbus, dibakar.

Sumber protein dan magnesium.

Kacang-kacangan, polong-polongan, biji-bijian

Almond, kacang tanah, biji bunga matahari, kacang merah, kacang kapri.

Sumber energi, magnesium ,kalium, protein dan serat.

Lemak dan Minyak

Minyak sayur (olive, jagung), mayonais rendah lemak, margarin rendah lemak.

Asupan lemak yang tetap diperlukan oleh tubuh sebagai sumber kalori.

Makanan Manis

Gula, selai, agar-agar, permen, sirup buah.

Dalam jumlah terbatas dan rendah lemak sebagai salah satu sumber kalori yang diperlukan oleh tubuh.

Nah, kita sudah tahu jenis makanannya, lalu apa pilihan makanan-makanannya yang sesuai? Halaman berikut terdapat penjelasan menu untuk penderita darah tinggi:

Panduan Diet hipertensi DASH Untuk Hipertensi

Panduan Diet hipertensi DASH Untuk Hipertensi

Jenis Makanan

Jumlah konsumsi per hari (porsi)

Ukuran per Porsi

1600 kalori/hari

2000 kalori/hari

3100 kalori/hari

Gandum dan produk olahan gandum / Biji-bijian

6

7-8

12-13

1 potong roti

&#2013266109; cangkir beras/sereal/pasta

Buah-buahan

4

4-5

6

1 potong buah

1 &#2013266109; cangkir jus buah

&#2013266108; cangkir buah dikeringkan (kismis)

Sayur-sayuran

3-4

4-5

6

1 cangkir sayuran mentah

&#2013266109; cangkir sayuran dimasak

1 &#2013266109; cangkir jus sayuran

Produk Susu Rendah Lemak atau Tanpa Lemak

2-3

2-3

3-4

&#2013266108; cangkir susu

1 cangkir yoghurt

1 lembar keju

Daging Merah, Unggas, Ikan

1-2

2 atau kurang

2-3

75 gram daging yang dimasak

Kacang-kacangan, polong-polongan, biji-bijian

3 per minggu

4-5 per minggu

1

1/3 cangkir kacang-kacangan

2 sendok makan biji-bijian

Lemak dan Minyak

2

2-3

4

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Langsing Bukan Berarti Sehat!

Langsing Bukan Berarti Sehat!

Pernahkah Anda mendengar istilah: ?Kurus tapi Gemuk? atau ?Langsing tapi Gemuk?? Istilah ini sebenarnya untuk menggambarkan sejumlah orang yang terlihat kurus atau langsing namun sebenarnya memiliki status kesehatan yang kurang baik hingga buruk. Pada dasarnya, berat badan tidak menggambarkan kondisi kesehatan secara keseluruhan. (Baca: 5 Fakta & Mitos Seputar Diet) Kita sering lupa bahwa sebenarnya kesehatan tidak hanya tercermin dari penampilan luar tapi juga menyangkut kondisi tubuh secara keseluruhan. Seorang yang kelihatannya kurus tetap dapat memiliki risiko untuk mengidap: Orang Langsing Juga Punya Penyakit Orang Gemuk: Seorang yang kelihatannya kurus tetap dapat memiliki risiko untuk mengidap: &#2013266103; tekanan darah tinggi (Baca: 5 Dampak dari Hipertensi) &#2013266103; diabetes mellitus tipe 2 (Baca: Mencegah Diabetes dengan Mengenali Gula) &#2013266103; kolesterol tinggi (Baca: Memilih Makanan Rendah Kolesterol) &#2013266103; dan gula darah yang tidak terkontrol. (Baca: Buta Gara-gara Gula Darah) Orang-orang yang terlihat kurus atau langsing seringkali merupakan populasi yang paling harus diwaspadai. Kewaspadaan mereka terhadap [...]

Berbagai Penyebab Perut Kembung, Tak Selalu Maag dan Masuk Angin

Berbagai Penyebab Perut Kembung, Tak Selalu Maag dan Masuk Angin

Perut kembung menimbulkan rasa tidak nyaman dan umumnya terjadi ketika kadar gas di dalam perut berlebih. Penyebab perut kembung bisa bermacam-macam, misalnya karena maag, masuk angin atau adanya reaksi kimia dari makanan tertentu yang dikonsumsi, sehingga merangsang produksi gas berlebih di dalam usus.Kembung juga bisa disebabkan karena gangguan pencernaan lain seperti iritasi atau infeksi usus dan sembelit. Beberapa makanan juga bisa menyebabkan timbulnya gas berlebih seperti sayuran (kol, kubis, brokoli, kembang kol dan kacang polong), makanan yang mengandung serat tinggi, minuman berkarbonasi, makanan yang mengandung sorbitol serta fruktosa.Makanan tersebut bisa menyebabkan gas berlebih karena tidak bisa dipecah oleh enzim pencernaan di dalam usus kecil sehingga ketika mencapai usus besar yang mencerna adalah bakteri. Proses ini bisa menghasilkan lebih banyak gas dibandingkan proses pencernaan yang terjadi di usus kecil.Kelebihan gas di dalam usus dan berdiam diri di dalam saluran pencernaan memicu perut kembung. Padahal harusnya gas-gas ini dikeluarkan sehingga tidak menumpuk di perut. Beberapa orang biasanya akan berusaha menghilangkan gas berlebih dari dalam tubuh dengan [...]

Apa Beda Obat Generik dan Obat Paten?

Apa Beda Obat Generik dan Obat Paten?

Ketika memeriksakan diri ke dokter, tak jarang ada pasien yang meminta untuk diresepkan ?obat paten?. Alasannya karena mereka tidak mempan dengan obat generik, atau karena harga obat generik yang murah sehingga mereka berasumsi bila kualitasnya pun ?semurah? harganya. Pada kenyataannya, semua anggapan tersebut hanyalah salah kaprah yang wajib diluruskan di sini. Di dalam dunia farmasi dan kedokteran, dikenal dua jenis obat yaitu obat paten dan obat generik. Obat generik pun dibagi lagi menjadi obat generik berlogo dan obat generik bermerek. Sebenarnya, apa sih perbedaan ketiganya? Mari kita ulas satu persatu selengkapnya di halaman selanjutnya. Apa Beda Obat Generik dan Obat Paten? Obat Paten Obat paten merupakan obat baru yang diproduksi dan dipasarkan oleh sebuah perusahaan farmasi yang memiliki hak paten untuk membuat obat baru tersebut, yang ditemukan berdasarkan serangkaian uji klinis yang dilakukan oleh perusahaan farmasi tersebut sesuai aturan yang telah ditetapkan secara internasional. Obat yang telah diberi hak paten tidak boleh diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan farmasi lainnya tanpa seizing pemilik hak paten. Di Indonesia, hak paten suatu [...]

Cara Mengubah Kebiasaan Makan Buruk Karena Stres

Cara Mengubah Kebiasaan Makan Buruk Karena Stres

Setiap orang pasti memiliki masalahnya masing-masing. Tidak ada orang yang hidup tanpa masalah. Dan bagaimana cara menghadapi masalah tersebut pun berbeda-beda untuk setiap orang. Masalah yang kita hadapi terkadang membuat kita menjadi stres sehingga membuat kita mencari hal-hal baru yang dapat mengalihkan perhatian kita dari stres tersebut. Ada yang dengan cara jalan-jalan bersama teman, ada yang senang berbelanja, ada pula yang melampiaskannya dengan kebiasaan makan. Kebiasaan makan yang buruk seperti makan makanan yang tidak sehat, makan dengan porsi yang tidak tepat, ataupun makan yang sering terlambat lama kelamaan akan menimbulkan masalah bagi kesehatan. Sudah saatnya bagi Anda yang memiliki kebiasaan makan yang buruk untuk merubah kebiasaan tersebut untuk mencegah memburuknya kesehatan anda di kemudian hari. Cara Pertama: Niat Untuk mengubah sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan tentu tidak mudah. Satu modal utama yang kita butuhkan yaitu niat. Niat untuk berubah. Yakinkan pada diri Anda bahwa sudah saatnya Anda merubah kebiasaan buruk Anda dan ingat-ingatlah dampak yang akan timbul di kemudian hari jika perubahan ini tidak Anda lakukan sesegera mungkin. [...]

8 Arti Tanda Kuku dengan Kesehatan Anda

8 Arti Tanda Kuku dengan Kesehatan Anda

Apakah Anda mengetahui bahwa kelainan pada kuku dapat menunjukkan adanya gangguan pada tubuh? Karena kalau kurang jeli, bisa-bisa gangguan pada tubuh yang terjadi di hati, paru-paru dan jantung terlewat karena menyepelekan tanda-tanda yang muncul di kuku Anda. Apa saja tanda-tandanya? Simak 8 arti tanda kuku Anda berikut ini: Kuku Pucat Kuku yang pucat dapat menunjukkan beberapa penyakit serius seperti Anemia, gagal jantung, penyakit hati dan malnutrisi. Kuku Putih Kalau kuku menunjukkan warna putih dengan ujung kuku yang lebih gelap dapat menunjukkan kelainan pada hati seperti hepatitis. Apa artinya jika kuku berwarna kuning? 8 Arti Tanda Kuku dengan Kesehatan Anda Berikut adalah arti tanda kuku Anda lainnya: Kuku Kuning Infeksi jamur merupakan penyebab paling sering kuku menjadi kuning. Saat infeksi menjadi berat, kuku dapat menebal dan lepas. Pada beberapa kasus perubahan warna kuning pada kuku dapat menunjukkan beberapa penyakit serius seperti gangguan tiroid, penyakit paru-paru, diabetes atau penyakit kulit psoriasis. Kuku Biru Perubahan warna kuku menjadi biru belum tentu selalu menunjukkan bahwa tubuh kekurangan oksigen. Per [...]

Pakai Bra Berkawat, Wanita Ini Selamat dari Peluru Nyasar

Pakai Bra Berkawat, Wanita Ini Selamat dari Peluru Nyasar

Tembakan nyasar bisa terjadi kapan saja, tak terkecuali ketika sedang bersepada santai kala liburan. Peristiwa kurang menyenangkan tersebut pun belum lama ini menimpa seorang wanita asal Jerman. Untungnya, wanita berusia 42 tahun itu berhasil lolos dari kecelakaan tanpa luka yang terlalu parah. Menariknya, ia terselamatkan berkat bra berkawat yang tengah dikenakan.Bra berkawat biasanya digunakan para wanita untuk membuat payudara terlihat lebih kencang bahkan besar. Tak jarang pakaian dalam tersebut diandalkan untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka. Siapa sangka jika kawat-kawat untuk menyangga payudara itu berhasil menyelamatkan nyawa seorang wanita yang tidak diketahui namanya tersebut.Peristiwa itu terjadi ketika korban tengah bersepada dengan sang suami dalam liburan mereka ke daerah Mecklenberg-Western Pomerania dekat Berlin, Jerman. Naasnya, ketika melintasi kota Gadebusch, mereka melewati jalur perburuan. Di situ lah, wanita tersebut tertembak peluru nyasar yang dimaksudkan untuk melemahkan babi hutan."Aku merasakan rasa sakit yang tiba-tiba di dada. Aku melihat ke bawah kawat di braku bengkok," kata korban kepada Dailymail.Tak lama setelah peristiwa tersebut, pelaku [...]

4 Cedera yang Sering Terjadi Saat Liburan

4 Cedera yang Sering Terjadi Saat Liburan

Liburan yang menyenangkan bisa berakhir menjadi bencana jika Anda tidak berhati-hati. Seperti yang dikutip dari MSN, berikut ini lima kasus cedera serta masalah kesehatan paling umum terjadi saat liburan. Apa saja?1. Bahaya Dekorasi Banyak orang yang dilarikan ke UGD (Unit Gawat Darurat) selama liburan karena terjatuh dari atap, tangga, kursi dan permukaan yang mudah goyah lainnya saat sedang mendekorasi rumah mereka. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memperkirakan bahwa ada sebanyak 5.800 orang yang masuk ke UGD selama 1 Desember hingga 31 Januari tiap tahunnya. Rata-rata mereka mengalami memar dan patah tulang. Selain terjatuh dari tangga, banyak juga orang yang terjatuh akibat tersandung pohon dan ornamen Natal.2. Membawa Barang Berat Seperti Santa Klaus Membeli perlengkapan Natal, dan liburan, berburu barang diskon di akhir tahun, membersihkan rumah atau kegiatan lain yang mengharuskan Anda membawa beban berat pada tubuh bisa menimbulkan rasa nyeri pada persendian. Dilaporkan bahwa pengunjung dokter yang menyediakan perawatan chiropractic mengalami peningkatan pasien pada Desember hingga Januari. Chiropractic sendiri, merupakan ilmu pengobatan alternatif ilmia [...]

Operasi Vagina? Ketahui Risikonya!

Operasi Vagina? Ketahui Risikonya!

Operasi Vagina? Ketahui Risikonya! Dengan semakin banyaknya perempuan muda mencari operasi untuk memangkas, memahat dan menyempurnakan wilayah pribadi mereka, tren "desainer vagina" pun semakin diminati. Namun, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Obstetrics and Gynaecology, banyak perempuan melakukannya tanpa sepenuhnya paham akan resiko dari prosedur tersebut. Wanita paling sering mencari labioplasty (pemangkasan kembali labia yang menonjol, yang memakan biaya besar karena mereka beranggapan bahwa penampilan fisik mereka menimbulkan rasa malu dan rasa tidak nyaman di depan pasangan seksual, atau bahwa jaringan yang berlebihan menyebabkan ketidaknyamanan fisik yang dirasakan mereka. Namun, penulis mengatakan, analisis sementara mereka berdasarkan dari 40 artikel penelitian tentang prosedur labioplasty mengungkapkan bahwa kebanyakan pasien melaporkan kepuasan dengan hasil dan hanya sedikit yang mengeluhkan adanya komplikasi. Telah ada sedikit penelitian mengenai efek jangka panjang dari operasi ini, termasuk bagaimana operasi ini dapat mempengaruhi masa depan seksual kepuasan atau apakah operasi ini akan memunculkan komplikasi potensial lainnya pada saat [...]

Vegetarian, Sehatkah?

Vegetarian, Sehatkah?

Oleh: dr. Jessica Florencia Makanan merupakan salah satu faktor penyumbang kesehatan yang utama. Kesehatan kita tercermin dari apa yang kita makan. Dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan, semakin banyak juga berkembang cara-cara untuk makan sehat. Salah satunya adalah vegetarian. Apa yang kita ketahui tentang vegetarian? Sebenarnya ada beberapa tipe vegetarian, yaitu: Lacto-vegetarianLacto-vegetarian tidak mengkonsumsi daging, ikan, daging unggas dan segala makanan yang mengadung bahan-bahan tersebut. Namun, mereka tetap mengkonsumsi susu, keju, yogurt dan butter. Lacto-ovo vegetarianLacto-ovo vegetarian tidak mengkonsumsi daging, ikan dan daging unggas, namun mengkonsumsi produk susu dan telur. Ovo-vegetarianOvo-vegetarian tidak mengkonsumsi daging, daging unggas, makanan laut dan produk susu, namun mengkonsumsi telur. Vegan Vegan tidak mengkonsumsi daging, daging unggas, telur dan produk susu dan segala produk makanan yang mengandung bahan-bahan tersebut. SemivegetarianSemivegetarian mengkonsumsi makanan-makanan dari tumbuhan dan sesekali juga tetap mengkonsumsi daging, produk susu, telur daging unggas dan ikan. A [...]

7 Cara Paling Tepat Mencegah Keracunan Makanan

7 Cara Paling Tepat Mencegah Keracunan Makanan

Keracunan makanan merupakan suatu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh makanan dan minuman yang tidak higienis dan terkontaminasi. Kuman-kuman infeksius seperti bakteri, virus dan parasit merupakan penyebab tersering keracunan makanan. Kontaminasi makanan dapat terjadi mulai dari proses persiapan hingga penyajian makanan. Keracunan makanan dapat membuat individu yang mengalaminya merasa tidak nyaman. Gejala yang paling sering dikeluhkan adalah mual, muntah dan diare yang biasanya dapat terjadi segera hingga beberapa jam setelah mengkonsumsi makanan. Keracunan makanan sangat bervariasi ada yang bersifat ringan hingga menyebabkan dehidrasi dan ancaman kematian. Untuk mencegah keracunan makanan, diperlukan gaya hidup sehat dan bersih. Hal tersebut harus diterapkan tidak hanya di rumah namun juga saat makan di luar rumah. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk mencegah keracunan makanan: Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk mencegah keracunan makanan: Mencuci tangan, peralatan masak dan makanan sebelum dan sesudah memegang dan menyiapkan makanan. Gunakan air hangat dan sabun khusus cuci piring utnuk mencuci peralatasan mas [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *