Inilah Makanan Ideal untuk Penderita Darah Tinggi

104143587_1.jpg

Sepanjang hari, tekanan darah kita bervariasi naik dan turun. Namun, jika tekanan darah seseorang terus menerus tinggi sepanjang waktu, maka perlu yang bersangkutan perlu mewaspadai akan penyakit hipertensi.

Bila keadaan ini terus menerus dibiarkan tidak terkendali, maka dapat menyebabkan komplikasi pada jantung, ginjal dan otak. Perkembangan penyakit hipertensi yang tidak terkendali kerap kali menyebabkan serangan jantung, gagal ginjal dan stroke.

Sekali dinyatakan mengidap hipertensi maka penyakit ini biasanya berlangsung seumur hidup. Yang perlu dilakukan oleh penderita hipertensi adalah mengendalikan tekanan darahnya agar berada dalam batas normal.

Penyakit hipertensi biasanya tidak memberikan gejala dan tanda yang memberikan peringatan pada penderitanya. Pernahkah Anda memeriksakan tekanan darah Anda? Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ada panduan informasi hipertensi di halaman selanjutnya:

Kenali Dulu Kategori Tekanan Darah Tinggi Anda

Berdasarkan American Heart Association (AHA), Hipertensi dibagi menjadi beberapa kategori:

Tekanan Darah (mmHg)

Normal

Pre-Hipertensi

Hipertensi

Sistolik

< 120

120-139

? 140

Diastolik

< 80

80-89

? 90

Apa yang kita makan dapat mempengaruhi tekanan darah kita. Penelitian-penelitian ilmiah telah membuktikan hal tersebut. National Institutes of Health telah meneliti bahwa konsumsi makanan dapat berpengaruh terhadap penurunan maupun peningkatan tekanan darah.

Jauh sebelumnya kita telah mengetahui bahwa diet dengan kadar sodium (garam) yang rendah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Lebih jauh lagi, panduan diet yang menspesifikasikan bahan makanan tertentu telah dianjurkan untuk dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah.

Panduan diet tersebut disebut dengan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension = Panduan Diet Untuk Mengendalikan Hipertensi).

Halaman berikut adalah penjelasan mengenai DASH lebih lengkap lagi:

Menu untuk Diet Hipertensi: DASH

DASH merupakan panduan diet hipertensi yang mencakup makanan-makanan dengan kadar lemak jenuh, kolesterol, dan lemak total yang rendah serta kaya akan magnesium, kalium, kalsium, protein dan serat.

Panduan diet hipertensi DASH menekankan konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan produk olahan susu yang rendah lemak. DASH menganjurkan konsumsi ikan, unggas, produk olahan gandum dan kacang-kacangan.

Makanan-makanan seperti daging merah, makanan manis, dan minuman-minuman yang mengandung gula WAJIB dikurangi.

Dengan mengurangi jumlah asupan sodium (garam) dan menjalankan panduan diet hipertensi DASH diharapkan dapat menurunkan level tekanan darah serta mengontrol perkembangan penyakit hipertensi.

Dalam panduan diet hipertensi DASH, kadar sodium (garam) yang direkomendasikan untuk dikonsumsi per hari adalah 1500-2400 mg atau 4-6 gram atau 2/3 hingga 1 sendok teh setiap hari dari seluruh makanan yang dikonsumsi.

Dengan mengatur pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi, penderita hipertensi dapat menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi dan mengendalikan serta mempertahankan tekanan darah dalam batas normal.

Halaman berikut adalah penjelasan pilihan menu makanan apa saja yang terdapat pada pola diet DASH:

Jenis Kategori Makanan dalam Panduan Diet hipertensi DASH

Jenis Makanan

Contoh Makanan

Manfaat

Gandum dan produk olahan gandum / Biji-bijian

Roti gandum, bagel, sereal, oatmeal, crackers gandum, popcorn tanpa garam.

Sumber Energi dan serat.

Buah-buahan

Pisang, kurma, anggur, jeruk, mangga, melon, persik, nanas, kismis, stroberi, plum, jeruk Bali, jeruk Mandarin.

Sumber kalium, magnesium dan serat.

Sayur-sayuran

Tomat, kentang, wortel, kacang kapri, brokoli, bayam, kacang hijau, ubi, labu, sawi hijau, kol.

Sumber kalium, magnesium dan serat.

Produk Susu Rendah Lemak atau Tanpa Lemak

Susu tanpa lemak atau rendah lemak, keju tanpa lemak atau rendah lemak, yoghurt tanpa lemak atau rendah lemak.

Sumber kalsium dan protein.

Daging Merah, Unggas, Ikan

Daging tanpa lemak, hindari kulit pada daging unggas, proses dengan dipanggang, direbus, dibakar.

Sumber protein dan magnesium.

Kacang-kacangan, polong-polongan, biji-bijian

Almond, kacang tanah, biji bunga matahari, kacang merah, kacang kapri.

Sumber energi, magnesium ,kalium, protein dan serat.

Lemak dan Minyak

Minyak sayur (olive, jagung), mayonais rendah lemak, margarin rendah lemak.

Asupan lemak yang tetap diperlukan oleh tubuh sebagai sumber kalori.

Makanan Manis

Gula, selai, agar-agar, permen, sirup buah.

Dalam jumlah terbatas dan rendah lemak sebagai salah satu sumber kalori yang diperlukan oleh tubuh.

Nah, kita sudah tahu jenis makanannya, lalu apa pilihan makanan-makanannya yang sesuai? Halaman berikut terdapat penjelasan menu untuk penderita darah tinggi:

Panduan Diet hipertensi DASH Untuk Hipertensi

Panduan Diet hipertensi DASH Untuk Hipertensi

Jenis Makanan

Jumlah konsumsi per hari (porsi)

Ukuran per Porsi

1600 kalori/hari

2000 kalori/hari

3100 kalori/hari

Gandum dan produk olahan gandum / Biji-bijian

6

7-8

12-13

1 potong roti

&#2013266109; cangkir beras/sereal/pasta

Buah-buahan

4

4-5

6

1 potong buah

1 &#2013266109; cangkir jus buah

&#2013266108; cangkir buah dikeringkan (kismis)

Sayur-sayuran

3-4

4-5

6

1 cangkir sayuran mentah

&#2013266109; cangkir sayuran dimasak

1 &#2013266109; cangkir jus sayuran

Produk Susu Rendah Lemak atau Tanpa Lemak

2-3

2-3

3-4

&#2013266108; cangkir susu

1 cangkir yoghurt

1 lembar keju

Daging Merah, Unggas, Ikan

1-2

2 atau kurang

2-3

75 gram daging yang dimasak

Kacang-kacangan, polong-polongan, biji-bijian

3 per minggu

4-5 per minggu

1

1/3 cangkir kacang-kacangan

2 sendok makan biji-bijian

Lemak dan Minyak

2

2-3

4

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Haid Tidak Teratur Bisa Jadi Tanda Adanya Masalah Kesuburan

Haid Tidak Teratur Bisa Jadi Tanda Adanya Masalah Kesuburan

Wanita yang siklus haidnya tidak teratur kerap merasa khawatir apakah kondisi tersebut bisa mempengaruhi kemungkinan mereka untuk punya anak. Apakah memang haid yang datangnya tak pasti ini mempengarui kesuburan?Konsultan seks wolipop, dr. Vanda Mustika menjelaskan wanita perlu memahami dulu apa yang terjadi di dalam tubuhnya. Pada tubuh wanita normal, dari lahir sudah disertai dengan dua buah indung telur dengan dua juta folikel berisi sel telur yang belum matang. Setelah memasuki masa pubertas yang ditandai dengan adanya menstruasi, maka setiap bulannya akan matang satu buah sel telur yang akan keluar dari indung telur dan siap untuk dibuahi oleh sel sperma.Jika tidak terjadi pertemuan dengan sperma, maka dinding rahim yang sudah menebal untuk siap menerima embrio akan luruh dan keluar dalam bentuk menstruasi. Siklus ini berulang setiap bulannya dalam jangka waktu 20-40 hari. Terjadinya siklus ini, baik keluarnya sel telur dari inding telur ataupun luruhnya dinding rahim yang disertai dengan perdarahan, sangat dipengaruhi oleh keseimbangan hormon di dalam tubuh. Keseimbangan ini terjadi karena ada beberapa hormon yang mempengaruhi, dan sebagian mencapai puncak pada saat-saat t [...]

Medical Check-up Sebelum Nikah, Penting Gak Sih?

Medical Check-up Sebelum Nikah, Penting Gak Sih?

Pernikahan adalah sebuah tahap kehidupan yang penting bagi semua orang. Pernikahan yang sehat harus memperhatikan aspek kesehatan jasmani, psikologis, sosial dan bertujuan membentuk keluarga yang sehat. Langkah awal yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan premarital. Apa itu Premarital medical check up? Pemeriksaan premarital adalah pemeriksaan bagi pasangan yang akan segera menikah untuk mendeteksi berbagai kelainan genetik (Thalassemia), dan beberapa penyakit menular. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan penyakit ini ke pasangan, dan meneruskan penyakit ini ke calon anak. Apa tujuan dilakukan pemeriksaan ini? Pemeriksaan ini dapat menurunkan penyebaran berbagai penyakit seperti Thalasemia, penyakit anemia sickle cell, dan berbagai penyakit menular.Selain itu pemeriksaan ini juga dapat menurunkan beban biaya pada keluarga dan komunitas akibat penyakit yang mungkin timbul. Pemeriksaan ini juga dapat mencegah terjadinya penyakit pada anak dan menghindari beban keluarga di masa depan. Apa saja yang akan diperiksa? Pemeriksaan ini dapat mendeteksi berbagai kelainan darah seperti Thalasemia, dan hemofilia. Selain it [...]

Ini Dia 5 Tanda Anda Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

Ini Dia 5 Tanda Anda Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

Penelitian menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan performa kerja seseorang sepanjang hari. Tetapi terlalu banyak mengonsumsinya bisa berdampak buruk pada kesehatan."Ada banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa kafein dapat meningkatkan katajaman mental dan kinerja seseorang, tapi terlalu banyak kafein dapat berdampak negatif pada suasana hati, energi dan bahkan kesehatan," ujar Erin Palinski, RD, CDE, CPT yang membuka praktek di New Jersey, Amerika, seperti yang dikutip dari Privention International."Beberapa penelitian juga menghubungkan dosis kafein tinggi dengan kemandulan dan risiko patah tulang pinggul pada wanita berusia tua," jelas Keri Gans M., MS, RD, CDN, dan penulis 'The Small Change Diet'. Oleh karena itu, ada baiknya jika membatasi supan kafein dengan mengetahui tanda-tanda bahwa Anda sudah terlalu banyak mengonsumsi kafein. Apa saja?1. Tak Minum Kopi Buat Anda Lemas Tak Berdaya"Jika Anda tak bisa melalui hari dengan tak meminum kopi atau minuman bersoda, Anda mungkin kecanduan kafein," kata David J. Clayton, MD, penulis 'The Healthy Guide to Unhealthy Living'. Meminum beberapa gelas kopi, bisa buat Anda berenergi seketika dan kemudian merasa sangat lelah ketik [...]

6 Gangguan Kesehatan yang Bisa Disembuhkan dengan Cara Alami

6 Gangguan Kesehatan yang Bisa Disembuhkan dengan Cara Alami

Saat mengalami gangguan kesehatan ringan seperti radang tenggorokan atau diare, Anda tak harus langsung lari ke dokter atau minum obat. Ada berbagai cara alami yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama. Ini tipsnya, seperti dikutip dari She Knows.1. JerawatJika jerawat Anda tergolong ringan, atau hanya muncul ketika menjelang haid maka tidak perlu ke dokter kulit atau membeli produk perawatan kecantikan mahal untuk menghilangkannnya. Cukup dengan tea tree oil. Minyak ini mengandung antibakteri dan antiseptik alami yang sama efektifnya dengan benzoyl peroxide --bahan yang sering digunakan untuk pengobatan jerawat. Hanya saja risiko iritasi dari tea tree oil lebih kecil. Carilah produk yang mengandung lima hingga 10 persen tea tree oil di dalamnya. Bisa di toko herbal, organik atau toko kosmetik.2. Napas Tak SedapNapas berbau tak sedap tidak hanya membuat tak percaya diri, tapi juga stres. Menggosok gigi dan flossing secara rutin memang bisa mencegah napas tak sedap. Tapi ada juga cara alami, yaitu mengonsumsi probiotik. Probiotik atau bakteri baik bisa mengurangi pembentukan bakteri jahat yang menyebabkan napas tak sedap. Probiotik Streptococcus salivarius K12 bisa ditemuka [...]

Ini Pentingnya Vaksin Kanker Serviks

Ini Pentingnya Vaksin Kanker Serviks

Kanker serviks salah satu penyakit yang menakutkan. Salah satu cara untuk menekan risiko terkena penyakit tersebut adalah dengan memberikan vaksin kanker serviks. Kanker serviks sebagian besar disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui hubungan seksual yaitu human papillomavirus (HPV). Vaksin kanker serviks merupakan salah satu upaya untuk mencegah penularan virus tersebut. Infeksi HPV pada wanita bisa menyebabkan pertumbuhan sel pada serviks yang abnormal. Pada sebagian wanita, gangguan tersebut kemudian dapat berkembang menjadi kanker serviks. Untuk wanita, pemberian vaksin kanker serviks direkomendasikan sebanyak tiga dosis dalam tiga kali pemakaian. Vaksin pertama diberikan pada masa remaja yaitu 11-12 tahun, kemudian vaksin kedua diberikan satu atau dua bulan setelah vaksin pertama. Lalu, vaksin ketiga diberikan 6 bulan setelah vaksin pertama. Ketiga dosis vaksin tersebut diyakini sebagai perlindungan jangka panjang dari infeksi HPV. Jika saat remaja dosis vaksin belum lengkap, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk melengkapi dosis vaksin. Tidak hanya wanita, pria pun dapat memperoleh manfaat dari vaksin HPV. Bagi kaum pria, virus HPV juga dapat menyebabka [...]

Mengapa Perut Terasa Panas?

Mengapa Perut Terasa Panas?

Pernahkah Anda mengalami perut terasa panas? Kondisi ini bisa menandakan masalah pencernaan. Penyebabnya beragam, ada yang penyebabnya dapat diketahui seperti pada penyakit asam lambung (Gastroesophageal Reflux Disease ? GERD), alergi makanan, maupun gastritis. Selain itu, ada pula sakit perut yang penyebabnya tidak diketahui dengan pasti atau dinamakan dispepsia. Kenali beberapa penyebab dan cara menangani perut yang terasa panas berikut ini. Apa penyebabnya? Secara umum, perut yang terasa panas merupakan gejala gangguan pencernaan yang dipicu oleh banyak faktor. Faktor penyebab terbanyak adalah refluks asam lambung atau naiknya asam lambung ke kerongkongan. Refluks juga dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan, sehingga terasa seperti ada yang mengganjal pada tenggorokan, suara menjadi serak, dan radang tenggorokan. Pola makan dan stres juga dapat memicu gangguan pencernaan dan berujung pada gejala perut yang terasa panas. Ketika stres, kerja pencernaan jadi melambat. Akibatnya, orang yang stres makin berpeluang mengalami refluks asam lambung, sehingga menimbulkan mual dan perut terasa panas. Selain itu, beberapa penyakit yang menimpa pencernaan berikut ini juga dapat membuat [...]

Meringankan Stres

Meringankan Stres

Meringankan stres sangat lebih mungkin daripada menghilangkan stres. Stres sudah menjadi komoditi umum yang selalu dirasakan oleh sebagian orang yang memiliki rutinitas tinggi seperti pekerja. Faktor perasaan dan pikiran seperti, cemas, gelisah dan ketakutan juga faktor penting timbulnya stres. Stres berkepanjangan akan mempengaruhi kesehatan dan mengakibatkan tekanan darah tinggi, obesitas penyakit jantung, dan depresi. Jika sudah stres sulit untuk diobati, namun stres bisa diringankan dengan beberapa cara, antaranya; Pijat Semua orang menyukai pijat. Tapi apakah anda tahu kalau pijat sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu untuk penghilang stres. Secara historis, pijat digunakan Cina untuk membuka saluran energi yang diblokir dalam rangka meningkatkan kesehatan. Pijat dapat mengendurkan otot yang tegang, mengurangi rasa sakit dan mengingkatkan sirkulasi darah, serta menenangkan pikiran dan jiwa. Pijatan sebelum tidur selepas beraktivitas sangat membantu kita untuk tidur dengan tenang dan relax. Batasi penggunaan Internet dan ponsel Batasi penggunaan internet karena akan mempengaruhi kesehatan anda seperti kurangnya tidur. Penelitian dari California mengatakan, pengg [...]

Mengerikan, Waxing Bikini Bisa Picu Herpes

Mengerikan, Waxing Bikini Bisa Picu Herpes

Waxing bikini sudah menjadi bagian dari lifestyle. Tren cukur bulu di area kemaluan ini pun semakin banyak diminati oleh wanita. Apakah Anda salah satunya?Menghilangkan bulu di area sensitif ini biasanya menggunakan lilin atau wax. Proses menghilangkan bulu-bulu yang mengganggu ini pun tak lama, bahkan kurang dari dua jam.Tapi ternyata, seiring dengan meningkatnya pengguna waxing bikini, peningkatan penyakit infeksi kulit pun terus meningkat. Dikutip dari The Sun, baru-baru ini di Amerika Serikat, seorang wanita dilarikan ke rumah sakit karena mengalami infeksi kulit dan demam yang tinggi. Setelah ditelusuri, hal ini terjadi setelah ia melakukan waxing bikini.Tak hanya itu saja, ada beberapa penyakit lainnya yang kemungkinan terjadi setelah melakukan bikini waxing, di antaranya herpes, kurap, serta selulitis. Mengerikan!Herpes merupakan infeksi jangka panjang yang bersifat kronis. Penyakit ini menyebabkan rasa gatal pada alat kelamin. Hati-hatilah, virus herpes bisa masuk ke dalam tubuh Anda melalui luka di kulit yang rusak.Kalau kurap, bentuknya itu seperti cincin. Biasanya menciptakan ruam merah di kulit. Penyakit ini diakibatkan oleh jamur. Bahanya, penyakit ini bisa menular. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *