Inilah Makanan Ideal untuk Penderita Darah Tinggi

104143587_1.jpg

Sepanjang hari, tekanan darah kita bervariasi naik dan turun. Namun, jika tekanan darah seseorang terus menerus tinggi sepanjang waktu, maka perlu yang bersangkutan perlu mewaspadai akan penyakit hipertensi.

Bila keadaan ini terus menerus dibiarkan tidak terkendali, maka dapat menyebabkan komplikasi pada jantung, ginjal dan otak. Perkembangan penyakit hipertensi yang tidak terkendali kerap kali menyebabkan serangan jantung, gagal ginjal dan stroke.

Sekali dinyatakan mengidap hipertensi maka penyakit ini biasanya berlangsung seumur hidup. Yang perlu dilakukan oleh penderita hipertensi adalah mengendalikan tekanan darahnya agar berada dalam batas normal.

Penyakit hipertensi biasanya tidak memberikan gejala dan tanda yang memberikan peringatan pada penderitanya. Pernahkah Anda memeriksakan tekanan darah Anda? Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ada panduan informasi hipertensi di halaman selanjutnya:

Kenali Dulu Kategori Tekanan Darah Tinggi Anda

Berdasarkan American Heart Association (AHA), Hipertensi dibagi menjadi beberapa kategori:

Tekanan Darah (mmHg)

Normal

Pre-Hipertensi

Hipertensi

Sistolik

< 120

120-139

? 140

Diastolik

< 80

80-89

? 90

Apa yang kita makan dapat mempengaruhi tekanan darah kita. Penelitian-penelitian ilmiah telah membuktikan hal tersebut. National Institutes of Health telah meneliti bahwa konsumsi makanan dapat berpengaruh terhadap penurunan maupun peningkatan tekanan darah.

Jauh sebelumnya kita telah mengetahui bahwa diet dengan kadar sodium (garam) yang rendah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Lebih jauh lagi, panduan diet yang menspesifikasikan bahan makanan tertentu telah dianjurkan untuk dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah.

Panduan diet tersebut disebut dengan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension = Panduan Diet Untuk Mengendalikan Hipertensi).

Halaman berikut adalah penjelasan mengenai DASH lebih lengkap lagi:

Menu untuk Diet Hipertensi: DASH

DASH merupakan panduan diet hipertensi yang mencakup makanan-makanan dengan kadar lemak jenuh, kolesterol, dan lemak total yang rendah serta kaya akan magnesium, kalium, kalsium, protein dan serat.

Panduan diet hipertensi DASH menekankan konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan produk olahan susu yang rendah lemak. DASH menganjurkan konsumsi ikan, unggas, produk olahan gandum dan kacang-kacangan.

Makanan-makanan seperti daging merah, makanan manis, dan minuman-minuman yang mengandung gula WAJIB dikurangi.

Dengan mengurangi jumlah asupan sodium (garam) dan menjalankan panduan diet hipertensi DASH diharapkan dapat menurunkan level tekanan darah serta mengontrol perkembangan penyakit hipertensi.

Dalam panduan diet hipertensi DASH, kadar sodium (garam) yang direkomendasikan untuk dikonsumsi per hari adalah 1500-2400 mg atau 4-6 gram atau 2/3 hingga 1 sendok teh setiap hari dari seluruh makanan yang dikonsumsi.

Dengan mengatur pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi, penderita hipertensi dapat menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi dan mengendalikan serta mempertahankan tekanan darah dalam batas normal.

Halaman berikut adalah penjelasan pilihan menu makanan apa saja yang terdapat pada pola diet DASH:

Jenis Kategori Makanan dalam Panduan Diet hipertensi DASH

Jenis Makanan

Contoh Makanan

Manfaat

Gandum dan produk olahan gandum / Biji-bijian

Roti gandum, bagel, sereal, oatmeal, crackers gandum, popcorn tanpa garam.

Sumber Energi dan serat.

Buah-buahan

Pisang, kurma, anggur, jeruk, mangga, melon, persik, nanas, kismis, stroberi, plum, jeruk Bali, jeruk Mandarin.

Sumber kalium, magnesium dan serat.

Sayur-sayuran

Tomat, kentang, wortel, kacang kapri, brokoli, bayam, kacang hijau, ubi, labu, sawi hijau, kol.

Sumber kalium, magnesium dan serat.

Produk Susu Rendah Lemak atau Tanpa Lemak

Susu tanpa lemak atau rendah lemak, keju tanpa lemak atau rendah lemak, yoghurt tanpa lemak atau rendah lemak.

Sumber kalsium dan protein.

Daging Merah, Unggas, Ikan

Daging tanpa lemak, hindari kulit pada daging unggas, proses dengan dipanggang, direbus, dibakar.

Sumber protein dan magnesium.

Kacang-kacangan, polong-polongan, biji-bijian

Almond, kacang tanah, biji bunga matahari, kacang merah, kacang kapri.

Sumber energi, magnesium ,kalium, protein dan serat.

Lemak dan Minyak

Minyak sayur (olive, jagung), mayonais rendah lemak, margarin rendah lemak.

Asupan lemak yang tetap diperlukan oleh tubuh sebagai sumber kalori.

Makanan Manis

Gula, selai, agar-agar, permen, sirup buah.

Dalam jumlah terbatas dan rendah lemak sebagai salah satu sumber kalori yang diperlukan oleh tubuh.

Nah, kita sudah tahu jenis makanannya, lalu apa pilihan makanan-makanannya yang sesuai? Halaman berikut terdapat penjelasan menu untuk penderita darah tinggi:

Panduan Diet hipertensi DASH Untuk Hipertensi

Panduan Diet hipertensi DASH Untuk Hipertensi

Jenis Makanan

Jumlah konsumsi per hari (porsi)

Ukuran per Porsi

1600 kalori/hari

2000 kalori/hari

3100 kalori/hari

Gandum dan produk olahan gandum / Biji-bijian

6

7-8

12-13

1 potong roti

&#2013266109; cangkir beras/sereal/pasta

Buah-buahan

4

4-5

6

1 potong buah

1 &#2013266109; cangkir jus buah

&#2013266108; cangkir buah dikeringkan (kismis)

Sayur-sayuran

3-4

4-5

6

1 cangkir sayuran mentah

&#2013266109; cangkir sayuran dimasak

1 &#2013266109; cangkir jus sayuran

Produk Susu Rendah Lemak atau Tanpa Lemak

2-3

2-3

3-4

&#2013266108; cangkir susu

1 cangkir yoghurt

1 lembar keju

Daging Merah, Unggas, Ikan

1-2

2 atau kurang

2-3

75 gram daging yang dimasak

Kacang-kacangan, polong-polongan, biji-bijian

3 per minggu

4-5 per minggu

1

1/3 cangkir kacang-kacangan

2 sendok makan biji-bijian

Lemak dan Minyak

2

2-3

4

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
3 Kunci Awet Muda

3 Kunci Awet Muda

Awet muda adalah impian banyak orang. Kulit tetap kencang dan stamina terjaga meski usia kian bertambah. Misteri penuaan merupakan misteri yang masih terus diselidiki oleh ilmuwan. Apa yang menyebabkan seorang menjadi lemah, berkeriput dan pada akhirnya meninggal dunia? Itu adalah pertanyaan misteri yang belum terjawab. Proses penuaan bagai proses alami yang mutlak tidak dapat diubah. Namun, kini secercah harapan mulai terlihat dan menguak misteri penuaan pada manusia. Proses yang mendasari penuaan manusia diyakini karena pemendekan dari sebuah untaian tali genetik DNA manusia, bernama Telomer. Sel manusia senantiasa membelah atau berduplikasi untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Nah, setiap sel yang berduplikasi dipercaya mengakibatkan telomer menjadi semakin pendek. Jadi semakin tua seseorang dan semakin banyak duplikasi sel yang terjadi, maka telomer akan semakin pendek. Pemendekan telomer ini akan berujung pada penuaan dan pada akhirnya kematian. 3 Kunci Awet Muda Cara mudah awet muda: Pola hidup sehat Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Ameriksa Serikat, pola hidup sehat ternyata dapat memperpanjang telomer. Seperti yang dijelaskan dia [...]

Studi: Memakai Baju Warna Cerah Bisa Buat Anda Lebih Bahagia

Studi: Memakai Baju Warna Cerah Bisa Buat Anda Lebih Bahagia

Mengenakan pakaian cerah dan berwarna-warni di tempat umum mungkin tak banyak orang yang berani melakukannya. Khawatir jadi pusat perhatian, dinilai 'norak' atau takut terlihat seperti 'badut' menjadi beberapa alasannya. Sebagian besar orang pun lebih memilih 'main aman' dengan busana warna netral atau gelap seperti hitam, cokelat, navy, putih atau abu-abu. Padahal jika sedikit saja punya keberanian untuk tampil beda dengan pakaian warna cerah bisa berdampak positif terhadap kesehatan."Penelitian menunjukkan bahwa ragam warna bisa menimbulkan efek psikologis yang kuat. Ketika kita melihat warna, sistem syaraf pada otak akan merespon dan menyebabkan kelenjar hypothalamus melepaskan hormon-hormon tertentu," ujar Jules Standish, penulis buku 'How Not To Wear Black' seperti dikutip dari Daily Mail.Misalnya saja ketika melihat warna bernuansa hangat dan terang seperti pink, oranye atau kuning, otak akan melepaskan dopamine yang dikenal sebagai 'hormon bahagia'. Hormon ini bisa meningkatkan mood positif, lebih waspada bahkan meningkatkan gairah seksual. Sementara warna-warna sejuk seperti biru dan hijau akan memicu pelepasan hormon oksitosin yang membuat mood lebih tenang.Memadukan pa [...]

Banyak Tertawa Buat Pekerjaaan Anda Lebih Produktif

Banyak Tertawa Buat Pekerjaaan Anda Lebih Produktif

Ingin kerja lebih produktif? Sering-seringlah menonton film, video atau variety show bertema komedi. Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa tertawa bisa membuat seseorang bekerja lebih produktif.Hasil studi yang dipresentasikan dalam konferensi tahunan Experimental Biology tersebut menemukan, ketika orang tertawa, otak mereka akan diaktifkan sama seperti ketika sedang meditasi dengan konsentrasi penuh. Para peneliti di Loma Linda University, California, Amerika Serikat telah memeriksa aktivitas otak dari 31 orang ketika mereka menonton video komedi dan video yang menegangkan. Aktivitas pada sembilan area otak responden kemudian diteliti.Dari hasil scan terlihat bahwa saat responden menonton video komedi, seluruh bagian otaknya menjadi aktif dengan aktivitas gelombang gamma yang tinggi. Semakin tinggi gelombang Gamma, maka semakin besar pula peningkatan hormon dopamine yang berperan menjaga otak agar selalu terjaga dan waspada. Tinggi rendahnya gelombang gamma ini bisa diketahui melalui alat yang disebut electroencephalography (EEG).EEG ini melacak aktivitas elektrik di seluruh permukaan kulit kepala. Pergerakan listrik ini yang kemudian diterjemahkan menjadi aktivitas syaraf o [...]

Cranberry Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Cranberry Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention) berjuta-juta warga dunia terutama wanita menderita infeksi saluran kemih setiap tahunnya. Sebuah studi terbaru membuktikan bahwa cranberry dapat mencegah infeksi saluran kemih. Salah satu studi analisa terbesar saat ini (menganalisa 24 studi dengan pasien lebih dari 4,400 yang dipublikasikan tahun 2012) menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa cranberry mempunyai efek positif terhadap pencegahan infeksi saluran kemih. Meskipun selama ini pendapat mengenai efek dari cranberry untuk infeksi saluran kemih masih misteri, namun menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari McGill University yang dipimpin oleh Profesor Nathalie Tufenkji mencoba menjawabnya. Mereka melakukan penelitian untuk melihat efek dari cranberry terhadap dua kuman yang paling sering menyebabkan infeksi saluran kemih; yaitu Escherichia-coli dan Proteus-mirabilis. Penelitian ini menghasilkan sebuah teori bahwa cranberry tidak dapat membunuh kuman namun membatasi pergerakan dan penyebaran kuman. Seperti yang disebutkan sebelumnya pada Journal of Microbiology bahwa kuman P.mirabilis mengeluarkan flagella (kaki) yang dapat memba [...]

Mau Bebas Kanker Prostat? Sunat!

Mau Bebas Kanker Prostat? Sunat!

Perdebatan mengenai sirkumsisi (sunat) terus berlangsung terutama di negara-negara barat. Prosedur sirkumsisi merupakan suatu prosedur yang pada umumnya dilakukan karena alasan agama, namun pada tahun 2007 WHO (World Health Organization) menyatakan bahwa 1/3 pria di Amerika melakukan sirkumsisi bukan karena alasan agama. ? Mengapa terjadi fenomena ini? Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Jonathan Wright dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Amerika menyebutkan bahwa sirkumsisi melindungi pria dari penyakit kanker prostat. Studi ini menunjukkan bahwa pria yang disirkumsisi sebelum pertama kali melakukan hubungan seksual memiliki resiko terkena kanker prostat lebih kecil sebanyak 15% dibandingkan yang tidak disirkumsisi. ? Apa buktinya? Dokter Wright meneliti 3.399 pria yang terbagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama menderita penyakit dan kelompok kedua tidak menderita penyakit kanker prostat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar subjek dalam kelompok dari kelompok pertama sudah disirkumsisi sebelum melakukan hubungan seksual pertama kalinya. Mau Bebas Kanker Prostat? Sunat! ? Bagaimana prosesnya? Ternyata ada beberapa kuman yang dapat [...]

Sup ‘Anti Lapar’, Mengandung Karbohidrat yang Kenyangkan Perut Lebih Lama

Sup ‘Anti Lapar’, Mengandung Karbohidrat yang Kenyangkan Perut Lebih Lama

Hanya makan sup, bisakah mengenyangkan perut seharian tanpa menyantap makanan lain? Mungkin terdengar mustahil, tapi hal itu bisa saja terjadi.Sejumlah ilmuwan telah mengembangkan produk sup mengandung sari pati khusus yang perlu waktu lebih lama untuk dicerna. Proses pengolahan di dalam tubuh yang memakan waktu lama, membuat perut juga terasa kenyang lebih lama.Dalam sebuah percobaan, sup tersebut dimakan setiap hari dan terbukti mengurangi jumlah konsumsi makanan lainnya pada responden. Sup istimewa ini dikembangkan sebagai bagian dari Project Satin, sebuah proyek ilmiah di bidang makanan, Satin (Satiety Innovation). Dikutip dari Daily Mail, bahan utama dari sup ini adalah karbohidrat kompleks yang juga dinamakan dengan tahan pati. Karbohidrat tahan pati terkandung di dalam biji-bijian dan lentil seperti kedelai dan polong-polongan. Karbohidrat tahan pati juga banyak terdapat pada kentang, pasta gandum dan nasi yang dimasak dan dibiarkan mendingin sebelum dimakan. Karbohidrat kompleks tidak bisa dicerna sempurna oleh usus kecil, dimana sebagian besar proses pencernaan terjadi. Bahan tahan pati ini akan dicerna begitu mencapai usus besar dan ketika dicerna oleh bakteri di dalam [...]

Pria dengan Lubang di Wajah Itu Kini Bisa Mencium Istrinya Setelah 10 Tahun

Pria dengan Lubang di Wajah Itu Kini Bisa Mencium Istrinya Setelah 10 Tahun

Kanker membuat pria ini menghadapi dua pilihan berat, kehilangan mulut, hidung dan pipinya atau nyawanya. Dia pun memilih yang pertama. Kini 10 tahun setelah menjalani pilihannya itu, si pria mendapatkan kebahagiaannya lagi, bica mencium istri tercintanya dengan mulut barunya.Donnie Fritts itulah nama si pria yang sempat mirip monster setelah kehilangan mulut, hidung dan pipinya karena kanker. Pada 2003, dokter melakukan operasi pengangkatan kanker yang sangat langka yaitu ameloblastic carcinoma untuk membuatnya tetap hidup."Saat itu seperti mimpi buruk. Anak-anak akan melihat diriku dengan ketakutan dan lari ke ibunya. Aku seperti monster," ujar Donnie yang tampil dalam tayangan televisi TLC terbaru, 'Body Bizarre'.Donnie awalnya tidak mengetahui dirinya sakit kanker. Pada satu hari di musim panas tahun 2000, istrinya memintanya memeriksakan diri ke dokter gigi setelah dia menderita sakit gigi yang tak kunjung sembuh. Ketika itu dokter gigi mereferensikannya untuk memeriksakan diri ke dokter lain karena rasa sakit yang dialaminya diduga karena infeksi sinus.Pria 55 tahun itu pun kembali memeriksakan diri ke dokter berbeda, namun hasilnya tetap sama. Dia disebut menderita sinus [...]

8 Tips untuk Hidup Sehat

8 Tips untuk Hidup Sehat

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Makan sehat dan diet yang seimbang merupakan proses dalam menjaga kesehatan. Tidak perlu rumit, ikuti saja 8 tips dibawah ini : Pati (karbohidrat) sebagai makanan dasar Makanan jenis karbohidratharus mendasari 1/3 dari jenis makanan yang anda konsumsi. Makanan seperti kentang, sereal, pasta, nasi dan roti. Pilihlah jenis roti gandum, atau bila mengkonsumi kentang, kulit juga dikonsumsi. Makanan golongan ini mengandung serat yang dapat membuat anda kenyang dalam waktu yang lama. Cobalah agar setiap waktu makan anda paling tidak ada 1 jenis karbohidrat. Perbanyak sayur dan buah Direkomendasikan agar mengkonsumsi paling tidak 5 porsi buah atau sayur dengan jenis yang berbeda setiap harinya. Perbanyak ikan Ikan merupakan sumber protein dan juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Cobalah untuk mengkonsumsi paling tidak 2 porsi dalam seminggu. Kurangi lemak yang bersaturasi dan gulaLemak yang bersaturasi seperti keju, kue, biskuit, sosis, mentega dan lainnya meningkatkan risiko terjadinya penyumbatandi jantung. Perbanyak makanan yang mengandung lemaktidak bersaturasi seperti alpukat, minyak ikan, dan minyak nabati. Saat ingin mengkonsum [...]

Berdiri 2 Jam Sehari, Bisa Turunkan Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Berdiri 2 Jam Sehari, Bisa Turunkan Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Mengubah kebiasaan sehari-hari, sekecil apa pun itu ternyata bisa berdampak besar terhadap kesehatan tubuh. Kebiasaan yang diubah tentu saja dari yang buruk menjadi baik. Jika terakhir kali memeriksakan diri ke dokter dan hasil kesehatan Anda adalah gula darah, trigliserida dan kolesterol tinggi, maka sudah saatnya memperbanyak aktivitas berdiri. Kenapa?Studi terbaru yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa lebih banyak berdiri akan jauh lebih sehat ketimbang menghabiskan waktu dengan duduk seharian. Studi melibatkan 800 responden, dan dari pemeriksaan diketahui kalau berdiri bisa meningkatkan kestabilan gula darah, mengurangi lemak dan kolesterol jahat secara signifikan.Seperti dikutip dari Women's Health, menyempatkan berdiri sekitar dua jam sehari akan mengurangi level gula darah sebanyak dua persen. Trigliserida (lemak yang mengalir di dalam darah) sekitar 11 persen, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.Bagaimana caranya agar bisa lebih banyak berdiri dan membuatnya sebagai kebiasaan sehat setiap hari? Anda bisa mengubah posisi duduk jadi berdiri, selama beberapa waktu saat bekerja di kantor. Misalnya mengambil minum ke pantry sendiri atau mendatangi rek [...]

Keistimewaan Sehatnya Yoghurt

Keistimewaan Sehatnya Yoghurt

Apakah Anda termasuk penggemar yoghurt ? Ya, siapa yang tidak mengenal yoghurt. Minuman yang rasanya asam ini sekarang sudah sangat dekat di telinga masyarakat. Minuman yang termasuk produk olahan susu ini mulai banyak dijual dengan berbagai merk dan mudah didapat. Beraneka rasa yang ditawarkan membuat penikmat yoghurt semakin bertambah dari waktu ke waktu. Selain rasanya yang asam dan membuat segar ternyata yoghurt memiliki banyak keistimewaan. Meskipun begitu, ada beberapa kalangan yang tidak menyukai rasa asamnya padahal yoghurt sangat bagus untuk kesehatan. 1. Keistimewaan Kandungan Yoghurt Kita tentu tahu bahwa yoghurt merupakan hasil olahan susu. Berarti dengan mengkonsumsi yoghurt, sama saja kita mengkonsumsi protein hewani, yaitu sekitar 9 gram perotein dalam 6 ons yoghurt. Selain protein, nutrisi lain juga terkandung di dalamnya, seperti kalsium, vitamin B2, vitamin B12, potassium, dan magnesium. 2. Keistimewaan Meningkatkan Pertahanan Tubuh Dan yang tidak bisa kita lupakan adalah adanya kandungan probiotik di dalam yoghurt. Probiotik adalah bakteri baik yang secara normal terdapat dalam sistem saluran cerna manusia. Dengan kita mengonsumsi bakteri baik ini, tentunya da [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *