Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

Inilah-Makanan-yang-Mendukung-Kecerdasan-Anak.jpg

Nutrisi memegang peranan penting dalam pertumbuhan seorang anak. Pertumbuhan yang normal harus didukung dengan asupan nutrisi dan kondisi kesehatan yang baik. Pertumbuhan yang kurang baik bisa ditandai dari 2 hal, yaitu tinggi badan pendek dibanding usianya dan gagal tumbuh.

Lalu berapakah tinggi badan yang normal untuk seorang anak?

Selain ditentukan oleh genetik, tinggi badan juga ditentukan oleh faktor nutrisi. Pertumbuhan tinggi badan seorang anak dikatakan normal apabila berada pada rentang tinggi badan pada populasi anak secara umum. Biasanya tenaga medis akan menggunakan acuan grafik menurut CDC atau WHO.

Makanan bergizi dan sarapan penting untuk pertumbuhan anak yang optimal. Pada penelitian Kleinman, dkk disebutkan bahwa anak yang tadinya tidak mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi yang memadai setelah mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi baik ternyata mengalami peningkatan kemampuan akademik dan fungsi psikososial dengan teman sebayanya.

Lalu makanan apa sajakah yang dapat mengoptimalkan pertumbuhannya?

Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya.

Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

Berikut pilihan makanan yang dimaksud:

1. Salmon

Ikan berlemak, seperti salmon, merupakan sumber yang baik dari asam lemak omega-3 yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan fungsi otak. Mendapatkan asupan asam lemak yang cukup dari salmon dapat membantu anak dalam meningkatkan keterampilan mental mereka.

2. Telur

Telur adalah sumber protein.Bagian kuning telur memiliki kandungan kolin, yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan memori.

3. Selai Kacang

Peanut butter atau selai kacang merupakan makanan camilan yang kaya akan vitamin E, sebuah antioksidan yang melindungi membran saraf. Selain itu juga mengandung thiamin yang baik untuk otak dan glukosa yang merupakan sumber energi.

4. Biji-bijian

Biji-bijian dan sereal mengandung sumber vitamin B yang baik untuk saraf dan merupakan sumber glukosa, energi bagi otak.

5. Oats / Oatmeal

Seperti yang kita ketahui, oatmeal adalah sumber energi bagi otak. Selain itu, oatmeal mengandung banyak serat, vitamin E dan B kompleks.

6. Buah Berry

Berry dapat membantu meningkatkan memori. Berry banyak mengandung vitamin C serta antioksidan lainnya. Biji dari buah berry mengandung lemak omega-3 yang membantu meningkatkan fungsi otak. Contoh buah berry antara lain stroberi, bluberi, dan ceri.

Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya.

Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

7. Kacang

Kacang- kacangan baik untuk perkembangan otak anak. Kacang memiliki energi dari protein, karbohidrat kompleks, serat, vitamin dan mineral.

8. Sayuran

Sayuran berwarna merupakan sumber antioksidan untuk menjaga kesehatan sel otak. Beberapa sayuran yang baik dimasukkan ke dalam menu makanan anak Anda adalah tomat, ubi jalar, labu, wortel, dan bayam.

9. Susu & Yogurt

Vitamin B diperlukan untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Produk susu merupakan sumber vitamin B, vitamin D, dan calcium yang baik .

10. Produk daging

Daging sapi atau daging tanpa lemak merupakan sumber zat besi yang dapat membantu anak-anak dalam mempertahankan energi dan memfokuskan diri di sekolah. Daging sapi juga merupakan sumber mineral seng, yang dapat membantu mempertahankan memori.

Sumber :

  1. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3005655/
  2. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3275817/

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
8 Tips Cegah Eksim Pada Anak

8 Tips Cegah Eksim Pada Anak

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Eksim adalah peradangan hebat yang menyebabkan pembentukan lepuh (vesikel) pada kulit hingga akhirnya pecah dan mengeluarkan cairan. Eksim dapat sulit dihadapi oleh buah hati kita, kulit merah-merah dan gatal tentunya tidak nyaman untuknya. Ikuti tips-tips di bawah ini untuk mencegah mengurangi gatal yang membandel karena eksim pada buah hati Anda. Bila Ibu pikir anak Ibu menderita eksim, pastikan dengan dokter anak Ibu agar mendapat diagnosis dan tata laksana yang tepat. Jangan coba mengobati sendiri. Setiap kasus eksim dapat memerlukan penanganan yang berbeda. Jika kulit menjadi merah dan mulai mengeluarkan cairan, mungkin sudah terjadi infeksi. Segera ke dokter untuk mendapatkan antibiotika. Anak dengan eksim sering mengalami kesulitan untuk tidur karena kulit menjadi terasa lebih panas dan gatal pada malam hari. Jaga kamar tidur sejuk dan gunakan alas tidur dari katun. Berikan pelembab minimal 20 menit sebelum tidur. Rekomendasi saat ini adalah memandikan bayi satu atau dua kali seminggu (wajah, tangan, dan bokong bayi harus dibersihkan setiap hari). Mandikan bayi dalam air hangat, dan gunakan sabun serta shampoo [...]

Seberapa Penting Pemberian Multivitamin  pada Anak?

Seberapa Penting Pemberian Multivitamin pada Anak?

Saat ini, pemberian suplementasi multivitamin tengah menjamur di sekitar kita. Hal itu tidaklah mengherankan, karena pemberian multivitamin sering menjadi ?solusi? cepat untuk menghadapi berbagai keluhan. Misalnya saja kondisi anak yang susah makan. Para ibu juga tidak segan meminta rekomendasi kepada dokter mengenai multivitamin anak yang bagus.Data penelitian di Amerika Serikat menunjukkan, sekitar 21% anak berusia di bawah 2 tahun dan 42% anak berusia 2-8 tahun mengonsumsi multivitamin. Lebih dari sepertiga dari total anak dan bayi di Amerika Serikat dilaporkan menggunakan suplementasi vitamin.Penggunaan suplementasi multivitamin kebanyakan dilatar belakangi beberapa alasan, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah supaya tidak sakit, dan untuk meningkatkan status kesehatan secara umum. Hanya sepertiga yang mengonsumsi suplementasi multivitamin untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral harian.Suplementasi vitamin yang paling sering digunakan adalah vitamin A, vitamin C, vitamin D, kalsium, dan zat besi. Harga yang harus dibayar untuk multivitamin ini sering kali juga tidak murah. Pertanyaannya adalah: Seberapa penting pemberian multivitamin pada anak? Penjelasan sele [...]

Gangguan Otak Bayi Akibat Air Minum

Gangguan Otak Bayi Akibat Air Minum

Ahli penanggulangan gawat darurat pada anak, dr. Jennifer Anders, M.D. mengingatkan bahaya water intoxication atau keracunan air pada bayi usia dibawah 6 bulan. Sebagai direktur Pediactric Emergency Medicine di rumah sakit Johns Hopkins Children?s Center yang aktif memberikan informasi kesehatan dan pelayanan berkualitas tinggi dalam mengatasi perawatan anak, menjelaskan bahwa air minum biasa, minuman berelektrolit, hingga susu formula yang terlalu encer dapat mengganggu aktifitas otak bayi. Gangguan aktifitas otak bayi ini disebabkan oleh belum sempurnanya ginjal bayi yang akan melepaskan natrium apabila kelebihan cairan pada tubuh. Sedangkankan kehilangan natrium otomatis akan memngganggu aktifitas otak. Gangguan ini akan memberikan gejala awal seperti mudah merengek (irritability), mengantuk dan perubahan mental lainnya. Bahkan dapat mengakibatkan gejala penurunan suhu tubuh bayi (hipotermi), pembengkakan disekitar wajah (edema) hingga kejang apabila tidak segera mendapatkan penanganan medis yang tepat. Dr. Anderson juga menjelaskan water intoxication bisa terjadi tidak hanya dikarenakan oleh ginjal bayi, namun juga karena refleks keseluruhan pada bayi yang memicu refleks haus [...]

Waspadai Penyakit Akibat Jajanan Terkontaminasi pada Anak di Sekolah

Waspadai Penyakit Akibat Jajanan Terkontaminasi pada Anak di Sekolah

Salah satu penyakit infeksi yang penting dan marak ditemukan di antara anak sekolah selain infeksi saluran napas, adalah penyakit yang ?ditularkan? lewat makanan (food-borne illness). food-borne illness disebabkan oleh pengonsumsian makanan dan minuman yang telah terkontaminasi oleh kuman. Tak ayal, potensi penularan yang tinggi terjadi pada kondisi makanan yang diragukan kebersihannya, atau jajan sembarangan.Di antara sekian banyak ancaman kuman, terdapat gejala penyakit yang dapat muncul diantaranya, diare (cair, berlendir, hingga berdarah), muntah berulang, nyeri perut, kembung, tidak nafsu makan dan demam.Anak-anak di sekolah cukup berisiko mengalami penyakit yang ?ditularkan? lewat makanan, sebab terkadang anak terpapar makanan yang berada di luar pantauan orangtua (jajanan di sekolah).Memang tidak semua jajanan di sekolah pasti selalu digolongkan berkuman dan tidak bersih, namun adanya risiko penyakit tersebut sebaiknya dihadapi orangtua dengan kewaspadaan dan kehati-hatian. Setiap tahunnya diperkirakan terdapat 76 juta kasus penyakit yang bersumber dari makanan, yang menyebabkan 325.000 perawatan di rumah sakitdan 5000 kematian.Ada beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk me [...]

Cara Mengajari Anak

Cara Mengajari Anak

Mayoritas kurikulum sekolah di Indonesia lebih banyak melakukan pendekatan untuk mengajari bagaimana cara menghafal pelajaran dan tidak menekankan bagaimana proses berpikir. Padahal cara berpikir jauh lebih penting dan berguna bagi anak didik di masa datang. Itu mengapa, indikator yang sering dijadikan ukuran untuk menilai anak didik berkualitas atau tidak lebih berdasarkan kuantitas nilai yang dicapai. Tak ayal, kita terbiasa mengukur perkembangan anak didik berdasarkan nilai lebih gampang dan jelas indikatornya dengan hadirnya rapor, rangking, ijazah dan lain-lainnya. Padahal cara seperti itu sarat dengan subjektivitas pendidik. Namun bukan berarti faktor nilai menjadi suatu hal yang tidak penting, persoalannya hanya pada ukuran kualitas anak didik juga harus diukur berdasarkan bagaimana mereka memiliki pola berpikir. Intelegensi dan kecerdasan antara anak yang satu dengan yang lain hampir sama. Namun yang memiliki peranan penting dalam menentukan hasil akhir manusia dalam menghadapi suatu masalah jelas sekali ialah pola berfikir. Terkait dengan perbedaan yang timbul ketika dihadapi lingkungan, semangat hidup dan kemauan untuk maju. Salah satu sebabnya adalah perbedaan cara be [...]

Perlengkapan Tidur Bayi Yang Sehat

Perlengkapan Tidur Bayi Yang Sehat

Oleh : dr. Puti Naindra Alevia Perlengkapan tidur yang dibutuhkan agar seorang bayi dapat tidur dengan aman dan nyaman. Prinsip pemilihannya tempat tidur yang utama adalah keamanan. Namun, perlu juga diingat, bahwa tidak ada peralatan sehebat apapun yang dapat menggantikan orang tua yang penuh kasih sayang dan responsif. Jika kita menonton film dari negara barat, kita dapat melihat bahwa sejak bayi, anak memiliki kamar sendiri. Hal ini tentunya berbeda dengan budaya di negeri kita, dimana pada umumnya bayi tidur bersama orang tua. Ada sesuatu yang sangat nyaman tentang kebersamaan baik bagi anak yang baru lahir maupun bagi orang tua. Biasanya bayi tidur bersama orang tua pada satu tempat tidur. Ada juga yang menggunakan ayunan, tempat tidur gulung, atau tempat tidur bayi di dekat tempat tidur (co-sleeper). Jika anak Anda tidak terlalu aktif, ayunan atau tempat tidur gulung dapat digunakan selama dua sampai tiga bulan pertama. Pastikan kedua peralatan memiliki alas yang cukup luas sehingga tidak akan roboh. Ketika tiba waktunya memilikih sebuah tempat tidur bayi, maka sisi yang terpenting adalah tempat tidur yang akan menjaga anak dalam keadaan aman. Ada beberapa [...]

Cara Agar Anak Berani ke Dokter Gigi

Cara Agar Anak Berani ke Dokter Gigi

Merawat kesehatan gigi sangatlah penting untuk dilakukan sejak dini. Apalagi mengingat banyaknya makanan dan minuman manis yang mungkin dikonsumsi oleh Si Kecil, terkadang sikat gigi saja tidaklah cukup. Diperlukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi untuk menjaga agar gigi Si Kecil tetap sehat dan bebas lubang.Namun yang menjadi kendala adalah rasa takut Si Kecil untuk pergi ke dokter gigi. Jangankan melihat kursi ?panas? dan peralatan dokter gigi, kadang melihat jas putih saja Si Kecil sudah menangis.Takut diperiksa oleh dokter gigi merupakan hal yang wajar bagi anak-anak. Meskipun demikian, bukan berarti tidak ada cara untuk memperkenalkan Si Kecil kepada dokter gigi dengan cara yang halus dan menyenangkan. Dengan cara yang tepat, Bunda dapat membuat acara periksa oleh dokter gigi menjadi lebih nyaman bagi Si Kecil.Mulailah sejak diniMenurut para ahli, idealnya Bunda dapat memulai pemeriksaan gigi bagi Si Kecil sejak usia satu tahun. Karena semakin cepat ia diperkenalkan oleh aktivitas pemeriksaan gigi, akan semakin mudah dan cepat ia beradaptasi.Lakukan latihan sebelumnyaBunda dan Si Kecil dapat melakukan latihan kunjungan ke dokter gigi, di mana Bunda menjadi dokternya. Untuk lat [...]

Informasi Bagi Orangtua

Informasi Bagi Orangtua

Penting adanya program vaksinasi bagi bagi bayi pada masa perkembangannya. Pastikan bayi Anda sudah menjalani proses vaksinasi tepat pada jadwalnya. Dimana disinilah peran krusiil dari tanggung jawab seorang orangtua. Imunisasi atau vaksinasi yang biasanya diberikan oleh pihak kesehatan yang berkompetensi wajib diberikan mulai dari lahir sampai awal masa kanak-kanak. Imunisasi adalah suatu prosedur rutin yang bertujuan menjaga kesehatan anak anda. Kebanyakan dari imunisasi ini adalah untuk memberi perlindungan menyeluruh terhadap penyakit-penyakit yang berbahaya dan sering terjadi pada tahun-tahun awal kehidupan seorang anak. Walaupun pengalaman sewaktu mendapatkan vaksinasi tidak menyenangkan untuk bayi anda, tapi rasa sakit yang sementara akibat suntikan ini adalah untuk kesehatan anak dalam jangka waktu panjang. Salah satu ancaman terhadap manusia adalah penyakit, terutama penyakit infeksi yang dibawa oleh berbagai macam mikroba seperti virus, bakteri, parasit, jamur. Walau tubuh manusia memiliki sistem imun sendiri untuk mengatasi penyakit sampai batas tertentu, tidak bisa tidak, di awal masa tumbuh kembang manusia tetap memerlukan asupan imun untuk mendukung kesempurnaan kiner [...]

P3K Cedera Anak

P3K Cedera Anak

Seiring bertambahnya usia, terjadi perubahan tumbuh kembang dan psikologis yang pesat pada anak-anak. Semua orangtua pasti akan merasa bahagia melihat anaknya aktif, cerdas, dan selalu ingin tahu. Permainan merupakan sesuatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari anak. Namun kadang-kadang orangtua merasa khawatir melepas anaknya bermain karena takut terjadi cedera pada anak. Berikut ini adalah tips bagi para orangtua untuk mengatasi cedera ringan yang mungkin terjadi pada anak: 1. Kepala terbentur Pertolongan pertama: jika anak sadar dan responsif, kompres kepala dengan es selama 20 menit untuk mengurangi bengkak. Jika anak tidak sadar, segera bawa ke Rumah Sakit terdekat. Selanjutnya: Awasi anak baik-baik dalam 24 jam berikutnya, bawa anak ke dokter jika ditemukan adanya perbedaan ukuran pupil mata, muntah, tidak mau makan, pusing/nyeri kepala. 2. Luka potong atau robek Pertolongan pertama: jika tidak ada perdarahan aktif/banyak, tekan luka dengan kasa/kain bersih. Perdarahan harusnya berhenti dalam 5-10 menit. Jika perdarahan banyak dan tidak berhenti segera hubungi dokter. Selanjutnya: Jika ditemukan benda asing (misalnya potongan kaca), tidak apa-apa untuk men [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *