Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

Inilah-Makanan-yang-Mendukung-Kecerdasan-Anak.jpg

Nutrisi memegang peranan penting dalam pertumbuhan seorang anak. Pertumbuhan yang normal harus didukung dengan asupan nutrisi dan kondisi kesehatan yang baik. Pertumbuhan yang kurang baik bisa ditandai dari 2 hal, yaitu tinggi badan pendek dibanding usianya dan gagal tumbuh.

Lalu berapakah tinggi badan yang normal untuk seorang anak?

Selain ditentukan oleh genetik, tinggi badan juga ditentukan oleh faktor nutrisi. Pertumbuhan tinggi badan seorang anak dikatakan normal apabila berada pada rentang tinggi badan pada populasi anak secara umum. Biasanya tenaga medis akan menggunakan acuan grafik menurut CDC atau WHO.

Makanan bergizi dan sarapan penting untuk pertumbuhan anak yang optimal. Pada penelitian Kleinman, dkk disebutkan bahwa anak yang tadinya tidak mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi yang memadai setelah mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi baik ternyata mengalami peningkatan kemampuan akademik dan fungsi psikososial dengan teman sebayanya.

Lalu makanan apa sajakah yang dapat mengoptimalkan pertumbuhannya?

Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya.

Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

Berikut pilihan makanan yang dimaksud:

1. Salmon

Ikan berlemak, seperti salmon, merupakan sumber yang baik dari asam lemak omega-3 yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan fungsi otak. Mendapatkan asupan asam lemak yang cukup dari salmon dapat membantu anak dalam meningkatkan keterampilan mental mereka.

2. Telur

Telur adalah sumber protein.Bagian kuning telur memiliki kandungan kolin, yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan memori.

3. Selai Kacang

Peanut butter atau selai kacang merupakan makanan camilan yang kaya akan vitamin E, sebuah antioksidan yang melindungi membran saraf. Selain itu juga mengandung thiamin yang baik untuk otak dan glukosa yang merupakan sumber energi.

4. Biji-bijian

Biji-bijian dan sereal mengandung sumber vitamin B yang baik untuk saraf dan merupakan sumber glukosa, energi bagi otak.

5. Oats / Oatmeal

Seperti yang kita ketahui, oatmeal adalah sumber energi bagi otak. Selain itu, oatmeal mengandung banyak serat, vitamin E dan B kompleks.

6. Buah Berry

Berry dapat membantu meningkatkan memori. Berry banyak mengandung vitamin C serta antioksidan lainnya. Biji dari buah berry mengandung lemak omega-3 yang membantu meningkatkan fungsi otak. Contoh buah berry antara lain stroberi, bluberi, dan ceri.

Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya.

Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

7. Kacang

Kacang- kacangan baik untuk perkembangan otak anak. Kacang memiliki energi dari protein, karbohidrat kompleks, serat, vitamin dan mineral.

8. Sayuran

Sayuran berwarna merupakan sumber antioksidan untuk menjaga kesehatan sel otak. Beberapa sayuran yang baik dimasukkan ke dalam menu makanan anak Anda adalah tomat, ubi jalar, labu, wortel, dan bayam.

9. Susu & Yogurt

Vitamin B diperlukan untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Produk susu merupakan sumber vitamin B, vitamin D, dan calcium yang baik .

10. Produk daging

Daging sapi atau daging tanpa lemak merupakan sumber zat besi yang dapat membantu anak-anak dalam mempertahankan energi dan memfokuskan diri di sekolah. Daging sapi juga merupakan sumber mineral seng, yang dapat membantu mempertahankan memori.

Sumber :

  1. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3005655/
  2. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3275817/

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Menghibur Bayi

Menghibur Bayi

Menangis merupakan satu-satunya bentuk komunikasi seorang bayi dengan dunia baru. Sebuah tangisan bayi memiliki banyak makna, tidak hanya sekedar sakit dan kesedihan. Ketika bayi tumbuh besar, jika perkembangan mental dan jiwanya terkategori sehat, maka bayi semakin sedikit memiliki alasan untuk menangis dan orangtua semakin mengetahui apa makna dari tangisan sang buah hati. Bagi orangtua baru, tangisan sang buah hati semuanya terdengar sama. Ketika dia sudah mulai menangis keras, acapkali orangtua bingung mengartikan apa yang disampaikan oleh bayi. Apakah dirinya lapar, lelah, sakit, gelisah atau perlu penggantian popok. Masalah meluas ketika arti tangis yang ada bermakna kesedihan, kekecewaan dan ketakutan. Disinilah posisi keluarga sebagai lingkungan pendidikan pertamanya mengambil peran penting membentuk kepribadian dan perkembangan kematangan jiwanya. Sebagaimana manusia dewasa pada umumnya, diperlukan bentuk dukungan yang menghibur untuk pelipur lara sang buah hati. Karena pada dasarnya, hiburan merupakan suatu kebutuhan yang mendasar selayaknya makanan dan keselamatan. Menghibur Bayi yang Ketakutan Pada bayi, ketakutan adalah sebuah naluri. Teriakan-teriakan k [...]

Anak Bisa Lebih Berprestasi dengan Minyak Ikan

Anak Bisa Lebih Berprestasi dengan Minyak Ikan

Sejak dulu minyak ikan sudah terkenal dengan khasiatnya. Minyak ikan memiliki konsentrasi kandungan omega-3 yang lebih tinggi dibanding ikan utuh, sehingga dapat dijadikan pilihan alternatif khususnya bagi anak yang bermasalah untuk makan ikan.Beberapa studi menunjukkan bahwa bayi yang diberi formula yang diperkaya dengan asam lemak omega-3 DHA menunjukkan peningkatan koordinasi tangan-mata, keterampilan sosial, dan skor tes kecerdasan. Selain itu, anak-anak yang lahir dari ibu yang mengonsumsi suplemen omega-3 (DHA dan EPA) selama kehamilan dan selama bulan-bulan pertama menyusui memiliki nilai yang lebih tinggi pada tes kognitif dibandingkan dengan anak-anak yang ibunya tidak mengonsumsi suplemen DHA dan EPA.Minyak ikan juga diketahui dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga mampu melawan terjadinya penyakit seperti flu dan batuk. Anak ADHD? Dikasih Minyak Ikan Saja! Selain itu, minyak ikan m [...]

Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Makanan Ini

Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Makanan Ini

Tahukah Anda bahwa otak berkembang sejak 8-14 minggu setelah terjadi proses pembuahan? Proses perkembangan otak akan terus berlanjut dengan cepat hingga usia kehamilan trimester akhir. Setelah bayi lahir, otak akan terus berkembang hingga usia 3 tahun.Perkembangan dan kematangan otak anak antara yang satu dan yang lainnya berbeda-beda, tergantung dari stimulasi yang ada di lingkungan sekitarnya dan juga nutrisi yang diberikan.Nutrisi dalam makanan tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan dan kesehatan anak, tapi juga bermanfaat untuk menstimulasi otak anak.Seorang anak yang tidak diberikan makanan dengan nutrisi seimbang, maka pertumbuhannya akan terhambat dibandingkan dengan anak seusianya. Selain itu, pemberian nutrisi yang kurang tepat akan menurunkan daya konsentrasi, menurunkan kemampuan anak dalam mempelajari dan menangkap hal-hal baru.Beberapa nutrisi yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan anak di antaranya, selengkapnya di halaman selanjutnya: [...]

Bagaimanakah Mengobati Tulang Keropos?

Bagaimanakah Mengobati Tulang Keropos?

Tulang keropos atau Osteoporosis merupakan penyakit sistemik pada tulang yang ditandai dengan turunnya massa tulang dan kerusakan mikroskopik jaringan tulang, yang menyebabkan tulang menjadi lebih mudah patah.Osteoporosis merupakan kondisi yang sering tidak disadari, padahal osteoporosis demikian fatalnya karena dapat mengakibatkan kerusakan penunjang struktur tubuh manusia, yakni tulang patah. Terjadinya patah tulang bisa dengan cukup karena adanya sedikit benturan, misalnya jatuh. Meski, dapat juga patah tulang tanpa terjadi benturan sama sekali.Di Eropa, setidaknya 620.000 kasus patah tulang panggul, 574.000 kasus patah tulang lengan atas, 250.000 patah tulang humerus, dan 620.000 patah tulang belakang terjadi pada laki-laki dan wanita di atas usia 50 tahun akibat osteoporosis.Osteoporosis akan menyebabkan kecacatan dan berujung pada penurunan kemampuan beraktivitas dan kualitas hidup seseorang. Selain itu, osteoporosis juga meningkatkan angka kematian. Apabila sudah terlanjur terjadi patah tulang, maka proses penyembuhan dan rehabilitasi pun akan berjalan sangat lambat dikarenakan adanya faktor usia.Tulang memiliki massa tulang, yang dimana puncaknya dicapai pada usia 30 tahu [...]

Tips Menghibur Anak yang Alergi

Tips Menghibur Anak yang Alergi

Dalam dekade terakhir, kecenderungan kasus alergi pada anak semakin meningkat. Orangtua yang memiliki anak penderita alergi pun terpaksa melakukan penanganan ekstra supaya gejala alerginya tidak bertambah parah dan kambuh. Salah satu penanganan yang harus diambil oleh orangtua adalah tidak memperbolehkan anak mereka beraktivitas di luar ruangan. Ini artinya mereka tidak bisa bermain dan bersenang-senang selayaknya anak normal. Sudah sebaiknya Anda sebagai orangtua menciptakan suasana yang menyenangkan di dalam rumah supaya ia tidak merasa kesepian. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan di rumah untuk menghibur anak yang sedang sedih terkena alergi: Cara Menghibur Anak Alergi Sudah sebaiknya Anda sebagai orangtua menciptakan suasana yang menyenangkan di dalam rumah supaya ia tidak merasa kesepian. Ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan di rumah: 1. Berburu Harta Karun Berpura-puralah m [...]

Persiapan Perjalanan Anak

Persiapan Perjalanan Anak

Penting adanya untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Bahkan untuk urusan bersantai sekalipun. Salah persiapan bisa-bisa rencana acara menggembirakan bisa berakhir berantakan. Persiapan khusus bagi anak yang akan melakukan perjalanan jarak jauh tentunya dibutuhkan beberapa pengetahuan mendasar dan menyeluruh. Intinya adalah persiapan. Prioritaskan minuman dan makanan. Seperti halnya buah, jus, susu, makanan kecil dan mainan. Kedua, popok dan tissue serta sarana pendukung kebersihan anak lainnya. Urusan berikutnya, kenyamanan, anak lebih banyak butuh waktu istirahat daripada orang dewasa. Jadi jika perjalanan diestimasikan akan memakan waktu lebih dari 2 jam, maka bawalah bantal, guling, selimut, atau boneka yang menjadi kesukaan yang mampu menciptakan suasana yang mendukung untuk anak beristirahat. Tentunya, disamping sudah mempersiapkan baju ganti untuk anak di koper, penting untuk dipersiapkan juga baju ganti di perjalanan yang disimpan pada tempat yang mudah dijangkau. Setelah ketiga syarat tersebut terpenuhi, urusan berikutnya ialah hiburan anak. Bila perlu, bawalah mainan, boneka, buku, dan lain sebagainya. Agar tidak salah bawa, sebaiknya tanyakan dulu ke anak mainan yang he [...]

Menjaga Asupan Gizi Anak Saat Puasa

Menjaga Asupan Gizi Anak Saat Puasa

Berpuasa mungkin hal yang baru bagi anak Anda. Untuk itu, melatih anak berpuasa bisa dilakukan secara bertahap, yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan anak. Apalagi jika Anda sendiri masih tidak ?tega? untuk menyuruh anak berpuasa karena kekhawatiran seputar kesehatannya, misalnya berat badan yang berkurang.Penelitian Fenneni menyebutkan bahwa anak yang belajar berpuasa pada bulan Ramadan untuk pertama kalinya, kemampuan mereka untuk berolahraga otomatis akan berkurang. Namun penelitian yang sama menyebutkan bahwa tidak ada perubahan berat badan antara sebelum, saat dan sesudah menjalankan puasa.Umumnya, konsumsi makanan pada saat berpuasa memang akan berkurang dan pemenuhan kalori sehari-hari menurun sekitar 20-40%. Tapi janganlah khawatir. Pada sebagian orang yang menjalani puasa, penurunan konsumsi makanan diimbangi dengan penurunan aktivitas sehari-hari sehingga keseimbangan kalori yang masuk dan yang terbuang tetap terjaga.Sebagai orangtua, selain ingin mengajari anak berpuasa, tentunya Anda juga tidak ingin berat badannya berkurang saat berpuasa. Lantas, bagaimana untuk menyiasati hal ini? Selengkapnya di halaman selanjutnya. [...]

Aktivitas yang Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak

Aktivitas yang Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak

Setiap orangtua pasti menginginkan pertumbuhan dan perkembangan optimal bagi buah hatinya. Nutrisi memang mengambil peran penting dalam pertumbuhan anak, namun bukan merupakan satu-satunya kunci penting untuk mengoptimalkan perkembangan anak.Tumbuh dan kembang memiliki arti yang berbeda. Seringkali kita masih bingung dengan kedua kata ini. Tumbuh dapat diartikan dengan penambahan berat badan dan tinggi badan yang terukur secara angka. Sedangkan kembang dapat diartikan penambahan kemampuan kognitif dan aktivitas fisik sejalan dengan pertambahan usia anak seperti bicara, motorik kasar, dan motorik halus.Perkembangan anak akan semakin baik jika dibantu dengan stimulasi yang tepat oleh lingkungannya. Stimulasi anak tidak harus menggunakan peralatan canggih, namun bisa menggunakan benda-benda yang berada di sekeliling kita. Selain stimulasi, untuk mencapai perkembangan yang optimal, kondisi lingkungan dimana seorang anak dibesarkan juga memerankan fungsi penting perkembangannya.Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya. [...]

Bagaimana Penanganan Dermatitis Atopik Pada Anak?

Bagaimana Penanganan Dermatitis Atopik Pada Anak?

Menangani dermatitis atopik tidak sulit. Ada beberapa cara yang perlu dilakukan secara rutin untuk anak Anda, yakni: Gunakan sabun bayi atau pembersih yang mengandung pelembab, tidak berwarna dan tidak mengandung pewangi. Mandikan anak selama 15-20 menit 2 kali sehari, jangan gunakan air panas dan jangan menambahkan minyak karena akan memengaruhi penetrasi air. Hindari pemakaian baju iritatif dari wol. Pakaian sebaiknya tipis, ringan, dan mudah menyerap keringat. Hindari anak berkeringat berlebihan karena dapat membuat kulit iritasi. Segera lap keringat dengan mengunakan handuk basah yang bersih. Perhatikan susu formula yang diberikan. Sebaiknya konsumsi susu hidrolisat secara ekstensif (formula terhidrolisasi seluruhnya) dan susu formula berbasis asam amino. Hindari memberikan makanan mengandung telur, makanan laut, dan susu sapi pada anak. Untuk ibu menyusui perhatikan makanan yang dikonsumsi yang berpotensial menimbulkan alergi seperti telur, seafood, ikan, kacang tanah, susu sapi, serta terigu. Identifikasi faktor pencetus dan menghindarinya, termasuk alergen makanan dan inhalan. Pada kasus yang berat, pemberian kortikosteroid lokal secara sistemik dapat diberikan, nam [...]

Tips Mengatasi Anak Sering Pilek

Tips Mengatasi Anak Sering Pilek

Batuk pilek memang merupakan penyakit anak-anak. Hal ini disebabkan karena daya tahan tubuh anak yang memang belum sempurna atau mungkin dikarenakan cara bermain yang kadang tidak memperhatikan aspek higienitas ataupun hingga kemungkinan yang tidak terpikirkan, yakni sering dicium oleh banyak orang?Batuk pilek pada anak tersering diakibatkan oleh virus, merupakan air borne disease, yaitu penyakit yang dapat menular melalui udara pernapasan. Sehingga sangat sulit bagi para orangtua untuk mencegah anak tidak terkena batuk pilek, apalagi tidak mungkin mengawasi anak dalam waktu 24 jam. Karena nyaris mustahil, orangtua memasukan anaknya ke dalam gelembung udara yang tidak terkontaminasi udara luar hanya demi perlindungan dari penyakit.Penyebab tersering pilek adalah virus, infeksi bakterial dan alergi. Untuk mengatasi pilek pada anak, tentu saja harus diketahui penyebabnya terlebih dahulu, kesulitannya pada anak adalah terkadang mereka tidak dapat mengeluhkan apa yang mereka rasakan (kecuali pada anak usia sekolah). Pilek cair, bersin-bersin dan hidung gatal serta mampet yang timbul pada saat tertentu dan membaik beberapa saat kemudian disertai adanya riwayat alergi pada keluarga menga [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *