Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

Inilah-Makanan-yang-Mendukung-Kecerdasan-Anak.jpg

Nutrisi memegang peranan penting dalam pertumbuhan seorang anak. Pertumbuhan yang normal harus didukung dengan asupan nutrisi dan kondisi kesehatan yang baik. Pertumbuhan yang kurang baik bisa ditandai dari 2 hal, yaitu tinggi badan pendek dibanding usianya dan gagal tumbuh.

Lalu berapakah tinggi badan yang normal untuk seorang anak?

Selain ditentukan oleh genetik, tinggi badan juga ditentukan oleh faktor nutrisi. Pertumbuhan tinggi badan seorang anak dikatakan normal apabila berada pada rentang tinggi badan pada populasi anak secara umum. Biasanya tenaga medis akan menggunakan acuan grafik menurut CDC atau WHO.

Makanan bergizi dan sarapan penting untuk pertumbuhan anak yang optimal. Pada penelitian Kleinman, dkk disebutkan bahwa anak yang tadinya tidak mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi yang memadai setelah mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi baik ternyata mengalami peningkatan kemampuan akademik dan fungsi psikososial dengan teman sebayanya.

Lalu makanan apa sajakah yang dapat mengoptimalkan pertumbuhannya?

Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya.

Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

Berikut pilihan makanan yang dimaksud:

1. Salmon

Ikan berlemak, seperti salmon, merupakan sumber yang baik dari asam lemak omega-3 yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan fungsi otak. Mendapatkan asupan asam lemak yang cukup dari salmon dapat membantu anak dalam meningkatkan keterampilan mental mereka.

2. Telur

Telur adalah sumber protein.Bagian kuning telur memiliki kandungan kolin, yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan memori.

3. Selai Kacang

Peanut butter atau selai kacang merupakan makanan camilan yang kaya akan vitamin E, sebuah antioksidan yang melindungi membran saraf. Selain itu juga mengandung thiamin yang baik untuk otak dan glukosa yang merupakan sumber energi.

4. Biji-bijian

Biji-bijian dan sereal mengandung sumber vitamin B yang baik untuk saraf dan merupakan sumber glukosa, energi bagi otak.

5. Oats / Oatmeal

Seperti yang kita ketahui, oatmeal adalah sumber energi bagi otak. Selain itu, oatmeal mengandung banyak serat, vitamin E dan B kompleks.

6. Buah Berry

Berry dapat membantu meningkatkan memori. Berry banyak mengandung vitamin C serta antioksidan lainnya. Biji dari buah berry mengandung lemak omega-3 yang membantu meningkatkan fungsi otak. Contoh buah berry antara lain stroberi, bluberi, dan ceri.

Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya.

Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

7. Kacang

Kacang- kacangan baik untuk perkembangan otak anak. Kacang memiliki energi dari protein, karbohidrat kompleks, serat, vitamin dan mineral.

8. Sayuran

Sayuran berwarna merupakan sumber antioksidan untuk menjaga kesehatan sel otak. Beberapa sayuran yang baik dimasukkan ke dalam menu makanan anak Anda adalah tomat, ubi jalar, labu, wortel, dan bayam.

9. Susu & Yogurt

Vitamin B diperlukan untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Produk susu merupakan sumber vitamin B, vitamin D, dan calcium yang baik .

10. Produk daging

Daging sapi atau daging tanpa lemak merupakan sumber zat besi yang dapat membantu anak-anak dalam mempertahankan energi dan memfokuskan diri di sekolah. Daging sapi juga merupakan sumber mineral seng, yang dapat membantu mempertahankan memori.

Sumber :

  1. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3005655/
  2. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3275817/

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Vaksin Penyebab Autisme?

Vaksin Penyebab Autisme?

Autisme merupakan suatu kondisi gangguan otak dimana terdapat kesulitan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.Kebanyakan penyandang autisme mengalami kesulitan dalam menjalin relasi dengan orang lain.Gejala biasanya timbul sebelum anak berusia kurang dari 3 tahun: Terdapat gangguan keterlambatan belajar berbicara atau bahkan tidak bisa berbicara sama sekali Melakukan kegiatan ataupun perilaku yang berulang-ulang (repetitive) dan obsesif. Misalnya: melakukan suatu gerakan tubuh yang berulang dan akan kecewa dan marah jika rutinitas tersebut diubah. Tidak dapat melakukan kontak mata dengan lawan bicara Cenderung menarik diri dan lebih suka bermain sendiri. Mengapa bisa autisme bisa muncul?Silakan klik next untuk melanjutkan. Vaksin Penyebab Autisme? Autisme cenderung bersifat genetik dan diturunkan. Meskipun dasar genetik masih kurang jelas, namun diduga dikarenakan [...]

Seberapa Penting Pemberian Multivitamin  pada Anak?

Seberapa Penting Pemberian Multivitamin pada Anak?

Saat ini, pemberian suplementasi multivitamin tengah menjamur di sekitar kita. Hal itu tidaklah mengherankan, karena pemberian multivitamin sering menjadi ?solusi? cepat untuk menghadapi berbagai keluhan. Misalnya saja kondisi anak yang susah makan. Para ibu juga tidak segan meminta rekomendasi kepada dokter mengenai multivitamin anak yang bagus.Data penelitian di Amerika Serikat menunjukkan, sekitar 21% anak berusia di bawah 2 tahun dan 42% anak berusia 2-8 tahun mengonsumsi multivitamin. Lebih dari sepertiga dari total anak dan bayi di Amerika Serikat dilaporkan menggunakan suplementasi vitamin.Penggunaan suplementasi multivitamin kebanyakan dilatar belakangi beberapa alasan, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah supaya tidak sakit, dan untuk meningkatkan status kesehatan secara umum. Hanya sepertiga yang mengonsumsi suplementasi multivitamin untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral harian.Suplementasi vitamin yang paling sering digunakan adalah vitamin A, vitamin C, vitamin D, kalsium, dan zat besi. Harga yang harus dibayar untuk multivitamin ini sering kali juga tidak murah. Pertanyaannya adalah: Seberapa penting pemberian multivitamin pada anak? Penjelasan sele [...]

Diare pada Anak-anak Berpotensi Menurunkan Kualitas Belajar?

Diare pada Anak-anak Berpotensi Menurunkan Kualitas Belajar?

Anak-anak dalam masa pertumbuhan akan terus menerus belajar dan beraktivitas. Tangan-tangan kecilnya akan terus berusaha meraih segala sesuatu untuk dipelajari. Kaki-kaki kecilnya akan terus berlari ke sana kemari untuk mengetahui berbagai hal baru. Potensi yang ada di dalam seorang anaklah tidak dapat diukur dan masih dapat terus diasah.Namun, untuk dapat belajar secara optimal, seorang anak perlu ada dalam keadaan yang sehat secara fisik dan mental.Diare merupakan penyakit infeksi saluran pencernaan yang sering mengenai anak-anak. Selain menyebabkan gangguanPenelitian yang dimuat dalam Pediatric Infection Diseases dan American Journal of Tropical Medicine melaporkan bahwa dari kedua penelitian tersebut ditemukan bahwa anak-anak yang menderita diare pada saat anak-anak akan mengalami penurunan konsentrasi saat belajar dalam jangka pendek dan jangka panjang.Dalam jangka pendek, konsentrasi anak-anak akan terganggu pada saat sakit sehingga anak tidak akan dapat belajar optimal. Dalam jangka panjang, 2 penelitian tersebut menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak masih terpengaruh bahkan setelah 4 sampai 9 tahun kemudian. Hal ini terutama terjadi pada anak-anak yang mengalami diare [...]

4 Alasan Kenapa Anak Jangan Sampai Melewatkan Sikat Gigi di Malam Hari

4 Alasan Kenapa Anak Jangan Sampai Melewatkan Sikat Gigi di Malam Hari

Kapankah waktu paling baik untuk menyikat gigi paling baik untuk anak? Jawabnya adalah malam hari! Sudah tidak sedikit penelitian yang mengungkapkan bahwa menyikat gigi pada malam hari sangatlah penting. Sampai-sampai jika dibandingkan dari beberapa waktu lainnya untuk menyikat gigi dalam sehari, maka sikat gigi pada malam harilah yang paling dianjurkan. Namun bukan berarti kita jadi meninggalkan sikat gigi di waktu lainnya. Karena pada prinsipnya waktu menyikat gigi anak paling ideal adalah setiap setelah makan dan pada malam sebelum tidur. Lebih jauh, berikut ini adalah 4 alasan utama kenapa kita harus mengajarkan anak untuk senantiasa menyikat gigi di malam hari, antara lain: Karena bakteri berkembang biak dua kali lebih banyak di malam hariFaktanya bakteri perusak gigi yang tidak pernah beristirahat akan semakin aktif dalam keadaan mulut yang kekurangan air liur seperti pada saat tidur malam hari. Jadi ketika Anda membiarkan sang buah hati melewatkan sikat gigi sebelum tidur maka Anda memberikan kesempatan pada bakteri untuk berkembang biak lebih cepat dan meningkatkan resiko terjadinya gigi berlubang. Karena kebiasaan menyikat gigi di waktu mandi soreRise [...]

Apa itu Urtikaria?

Apa itu Urtikaria?

Mungkin sebagian besar dari kita tidak tahu apa itu Urtikaria. Namun bila biduran tentu Anda tahu bukan? Ya, Urtikaria memang sering disebut biduran atau Kaligata oleh masyarakat awam. Urtikaria merupakan kondisi kelainan kulit berupa reaksi vaskular (perubahan) yang disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya oleh reaksi alergi. Reaksi alergi tersebut dapat disebabkan oleh berbagai hal antara lain: Udara Debu Bulu binatang Makanan Hingga obat-obatan tertentu. Urtikaria dihasilkan dari pelepasan histamin (penyebab peradangan) dari jaringan sel mast (sel jaringan ikat yang berfungsi sebagai penampung mediator kimiawi dari respon inflamasi) dan dari sirkulasi basofil. Urtikaria memiliki ciri-ciri berupa bercak pucat dan kemerahan dengan garis tepi yang sangat jelas serta sedikit menonjol (bengkak).Beberapa penyakit kulit lainnya juga memiliki ciri-ciri yang sama dengan Urtikaria misalnya saja Eksim, Dermatitis Kontak dan gigitan serangga. Namun para dokter pastinya dapat membedakan Urtikaria dengan penyakit kulit lainnya dengan mudah karena Urtikaria memiliki ciri-ciri khusus. Urtikaria yang tidak diketahui penyebabnya biasa disebut dengan Urtikaria Idiopatik.Urtikaria bukanlah [...]

Bagaimana Penanganan Rhinitis Alergi Pada Anak?

Bagaimana Penanganan Rhinitis Alergi Pada Anak?

Penanganan rinitis alergi harus dilakukan dengan benar. Pemberian obat secara terus-menerus dan operasi bukanlah jalan terbaik dalam penanganan gangguan, karena cara yang paling ideal adalah menghindari penyebab yang bisa menimbulkan keluhan alergi tersebut. Berikut ini cara-cara penanganan rinitis alergi pada anak yang bisa Anda terapkan: Hindari alergen. Alergen adalah pencetus alergi. Tindakan ini adalah yang paling sederhana dan paling prinsipil dalam penanganan alergi. Medikamentosa. Pengobatan medikamentosa tergantung dari lama dan berat-ringannya gejala. Obat yang biasa digunakan adalah antihistamin H1 generasi I, antihistamin H1 generasi II, dan bila terdapat gejala hidung tersumbat dapat ditambah pseudoefedrin (dekongestan yang berfungsi untuk memperbaiki jalan napas dengan mengurangi hidung tersumbat karena menyebabkan penyempitan pembuluh darah, mengurangi volume darah dan pembengkakkan pada selaput lendir hidung). Pada rinitis alergi persisten, bisa diberikan antihistamin generasi II jangka lama. Bila gejala tidak membaik dapat diberikan kortikosteroid intranasal dengan pengawasan dokter, misalnya mometason atau flutikason. Tindakan bedah. Tindakan bedah hanya dilaku [...]

Inilah 5 Penyebab Anak Tidak Nafsu Makan

Inilah 5 Penyebab Anak Tidak Nafsu Makan

Seringkali orangtua bingung sendiri ketika anak mereka sedang susah makan. Meski ini merupakan permasalahan yang banyak dihadapi, jangan sekali-kali menganggapnya sepele. Anda harus mengetahui penyebab utamanya supaya Anda bisa cepat-cepat mengatasinya. Berikut ini berapa penyebab yang mengakibatkan anak tidak mau makan: Mengonsumsi cemilan padat kalori menjelang jam makan, sehingga anak tidak merasa lapar. Contohnya permen, minuman ringan, coklat, dan lain-lain. Akibatnya, ketika jam makan tiba anak sudah kekenyangan. Minum susu terlalu banyak. Setelah anak berusia setahun, kehadiran susu dalam menu sehari-hari bukanlah hal wajib. Secara gizi, susu hanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor saja. Kalsium dan fosfor sendiri mudah kita dapatkan dalam ikan-ikanan, sayur, dan buah. Di atas usia setahun kebutuhan susu hanya 2 gelas sehari. Mulailah melatih anak dengan berbagai jenis makanan. Ubah pola pikir Anda sebagai orangtua. Faktor Penyebab Anak Kurang Nafsu Ma [...]

Cara Agar Anak Berani ke Dokter Gigi

Cara Agar Anak Berani ke Dokter Gigi

Merawat kesehatan gigi sangatlah penting untuk dilakukan sejak dini. Apalagi mengingat banyaknya makanan dan minuman manis yang mungkin dikonsumsi oleh Si Kecil, terkadang sikat gigi saja tidaklah cukup. Diperlukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi untuk menjaga agar gigi Si Kecil tetap sehat dan bebas lubang.Namun yang menjadi kendala adalah rasa takut Si Kecil untuk pergi ke dokter gigi. Jangankan melihat kursi ?panas? dan peralatan dokter gigi, kadang melihat jas putih saja Si Kecil sudah menangis.Takut diperiksa oleh dokter gigi merupakan hal yang wajar bagi anak-anak. Meskipun demikian, bukan berarti tidak ada cara untuk memperkenalkan Si Kecil kepada dokter gigi dengan cara yang halus dan menyenangkan. Dengan cara yang tepat, Bunda dapat membuat acara periksa oleh dokter gigi menjadi lebih nyaman bagi Si Kecil.Mulailah sejak diniMenurut para ahli, idealnya Bunda dapat memulai pemeriksaan gigi bagi Si Kecil sejak usia satu tahun. Karena semakin cepat ia diperkenalkan oleh aktivitas pemeriksaan gigi, akan semakin mudah dan cepat ia beradaptasi.Lakukan latihan sebelumnyaBunda dan Si Kecil dapat melakukan latihan kunjungan ke dokter gigi, di mana Bunda menjadi dokternya. Untuk lat [...]

3 Cara Agar Anak Bebas Cacingan

3 Cara Agar Anak Bebas Cacingan

Istilah cacingan sudah begitu sering kita dengar. Di Indonesia, walaupun tidak ada data yang pasti, angka kejadian cacingan terutama pada anak cukup tinggi, namun tahukah Anda bagaimana cacing dapat menginfeksi kita? Terdapat banyak sekali cacing dengan cara menginfeksi yang berbeda-beda, sebagian cacing masuk ke tubuh manusia ketika telur cacing tersebut yang ada di tanah tidak sengaja termakan, sebagian lagi langsung masuk ke dalam tubuh kita melalui telapak kaki, jenis yang kedua ini sering mengenai mereka yang bekerja di lahan tanah dengan telanjang kaki seperti petani dan peternak. Penyakit Cacingan sering disebut infeksi cacing, dimana mahluk kecil ini akan menyerang tubuh seseorang dengan cara menempelkan diri (baik di luar maupun di dalam tubuh) dan mengambil nutrisi dari tubuh seseorang. Terkena penyakit cacingan dapat melemahkan tubuh dan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan.Cacingan merupakan hewan tidak bertulang yang berbentuk lonjong dan panjang, berawal dari telur atau larva hingga berubah menjadi bentuk cacing dewasa. Cacing yang masuk dalam tubuh seseorang akan terinfeksi seperti, infeksi kulit, otot, paru-paru, ataupun usus atau saluran pencernaan. Cacing yan [...]

Berapakah Kalori yang Dibutuhkan Anak?

Berapakah Kalori yang Dibutuhkan Anak?

Kalori merupakan satuan ukur -- seperti cm atau kg -- yang mengukur banyaknya energi yang terkandung dalam makanan atau minuman. Energi tersebut dapat berasal dari karbohidrat, lemak, dan protein. Energi yang dibutuhkan anak selama masa pertumbuhan akan dibagi oleh tubuh menjadi dua fungsi: Pertama, energi untuk proses pertumbuhan jaringan dan menjalankan fungsi tubuh; kedua adalah energi yang disimpan di dalam jaringan, dalam bentuk lemak dan protein, yang akan mempengaruhi berat badan anak.Kebutuhan kalori anak bergantung pada tiga hal berikut: usia, jenis kelamin laki-laki atau perempuan, dan aktivitas. Beberapa orang akan membatasi asupan kalori mereka untuk menurunkan berat badan. Namun kebanyakan anak-anak tidak perlu melakukan hal serupa. Anak dapat memperoleh manfaat dari makanan yang sehat, diet seimbang yang mencakup jumlah kalori yang sesuai, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.Bagaimana cara mengetahui kandungan kalori dalam makanan? Secara sederhana, zat makanan penghasil energi terbagi tiga: 1 gram karbohidrat: 4 kalori 1 gram protein: 4 kalori 1 gram lemak: 9 kalori Bila Anda mengetahui takaran masing-masing zat dalam makanan (dalam gram), maka Anda d [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *