Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

Inilah-Makanan-yang-Mendukung-Kecerdasan-Anak.jpg

Nutrisi memegang peranan penting dalam pertumbuhan seorang anak. Pertumbuhan yang normal harus didukung dengan asupan nutrisi dan kondisi kesehatan yang baik. Pertumbuhan yang kurang baik bisa ditandai dari 2 hal, yaitu tinggi badan pendek dibanding usianya dan gagal tumbuh.

Lalu berapakah tinggi badan yang normal untuk seorang anak?

Selain ditentukan oleh genetik, tinggi badan juga ditentukan oleh faktor nutrisi. Pertumbuhan tinggi badan seorang anak dikatakan normal apabila berada pada rentang tinggi badan pada populasi anak secara umum. Biasanya tenaga medis akan menggunakan acuan grafik menurut CDC atau WHO.

Makanan bergizi dan sarapan penting untuk pertumbuhan anak yang optimal. Pada penelitian Kleinman, dkk disebutkan bahwa anak yang tadinya tidak mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi yang memadai setelah mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi baik ternyata mengalami peningkatan kemampuan akademik dan fungsi psikososial dengan teman sebayanya.

Lalu makanan apa sajakah yang dapat mengoptimalkan pertumbuhannya?

Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya.

Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

Berikut pilihan makanan yang dimaksud:

1. Salmon

Ikan berlemak, seperti salmon, merupakan sumber yang baik dari asam lemak omega-3 yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan fungsi otak. Mendapatkan asupan asam lemak yang cukup dari salmon dapat membantu anak dalam meningkatkan keterampilan mental mereka.

2. Telur

Telur adalah sumber protein.Bagian kuning telur memiliki kandungan kolin, yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan memori.

3. Selai Kacang

Peanut butter atau selai kacang merupakan makanan camilan yang kaya akan vitamin E, sebuah antioksidan yang melindungi membran saraf. Selain itu juga mengandung thiamin yang baik untuk otak dan glukosa yang merupakan sumber energi.

4. Biji-bijian

Biji-bijian dan sereal mengandung sumber vitamin B yang baik untuk saraf dan merupakan sumber glukosa, energi bagi otak.

5. Oats / Oatmeal

Seperti yang kita ketahui, oatmeal adalah sumber energi bagi otak. Selain itu, oatmeal mengandung banyak serat, vitamin E dan B kompleks.

6. Buah Berry

Berry dapat membantu meningkatkan memori. Berry banyak mengandung vitamin C serta antioksidan lainnya. Biji dari buah berry mengandung lemak omega-3 yang membantu meningkatkan fungsi otak. Contoh buah berry antara lain stroberi, bluberi, dan ceri.

Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya.

Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

7. Kacang

Kacang- kacangan baik untuk perkembangan otak anak. Kacang memiliki energi dari protein, karbohidrat kompleks, serat, vitamin dan mineral.

8. Sayuran

Sayuran berwarna merupakan sumber antioksidan untuk menjaga kesehatan sel otak. Beberapa sayuran yang baik dimasukkan ke dalam menu makanan anak Anda adalah tomat, ubi jalar, labu, wortel, dan bayam.

9. Susu & Yogurt

Vitamin B diperlukan untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Produk susu merupakan sumber vitamin B, vitamin D, dan calcium yang baik .

10. Produk daging

Daging sapi atau daging tanpa lemak merupakan sumber zat besi yang dapat membantu anak-anak dalam mempertahankan energi dan memfokuskan diri di sekolah. Daging sapi juga merupakan sumber mineral seng, yang dapat membantu mempertahankan memori.

Sumber :

  1. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3005655/
  2. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3275817/

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jangan Sepelekan Mimisan pada Anak

Jangan Sepelekan Mimisan pada Anak

Anak-anak sering mengalami mimisan. Acapkali orangtua menganggap mimisan terjadi karena anak kepanasan atau terlalu lelah bermain. Walaupun kebanyakan penyebab mimisan ini tidak berbahaya, namun mimisan yang berlebihan dapat mengancam nyawa, maka dari itu jangan sepelekan mimisan pada anak. Pastikan Anda mengetahui penyebabnya dan cara penanganan yang tepat.Bagaimana cara mengetahui penyebab mimisan dengan pasti? Tentu saja dengan konsultasi pada dokter. Dokter akan menanyakan kapan dan bagaimana mimisan terjadi, faktor yang memperingan dan memperberat, kondisi kesehatan secara umum, dan penyakit lain yang sedang dialami. Kemudian dokter Anda akan melakukan pemeriksaan fisik, yaitu pemeriksaan secara umum seperti tekanan darah, kebiruan pada bagian tubuh lain, serta pemeriksaan lokal pada hidung. dari pemeriksaan inilah dokter dapat menentukan kemungkinan-kemungkinan penyebab mimisan. Tidak jarang dokter memerlukan pemeriksaan darah untuk menilai fungsi pembekuan darah dan pemeriksaan radiologis seperti rontgen kepala hingga CT Scan untuk menentukan adanya kelainan anatomis. Kerjasama tim dokter diperlukan untuk menentukan penyebab pasti terjadinya mimisan yang berulang. Selanjutn [...]

Siasati Camilan Sehat untuk Anak

Siasati Camilan Sehat untuk Anak

Untuk memenuhi kebutuhan kalori, anak membutuhkan tiga kali makan utama yakni sarapan pagi, makan siang, dan makan malam. Namun sering kali timbul masalah anak susah makan dan untuk memenuhi kebutuhan kalori harian, anak harus memperoleh makanan selingan atau camilan yang dimakan di antara waktu makan utama.Terdapat empat faktor yang harus diperhatikan dalam memberikan camilan untuk anak yaitu kuantitas, kualitas, bentuk, dan waktu. Berikut penjelasannya: Kuantitas. Porsi camilan sekitar 10 persen dari total kebutuhan kalori anak, yakni sekitar 100-200 kalori per hari. Selain itu, camilan harus dalam porsi kecil dan tidak boleh mengenyangkan. Memberikan camilan dalam porsi besar membuat anak merasa kenyang dan saat waktu makan tiba, anak akan sulit makan. Kualitas. Pilih camilan yang mengandung protein, vitamin, mineral, dan juga serat. Hindari camilan yang mengandung zat pewarna, pengawet, penyedap rasa, tinggi gula, tinggi kalori, dan tinggi lemak. Camilan jenis ini dalam jangka panjang berpotensi menimbulkan obesitas, diabetes, dan penyakit jantung pada anak. Bentuk. Pilih camilan yang aman untuk anak. Misalnya, untuk anak di bawah 3 tahun dengan kemampuan menelannya ya [...]

Cara Agar Anak Berani ke Dokter Gigi

Cara Agar Anak Berani ke Dokter Gigi

Merawat kesehatan gigi sangatlah penting untuk dilakukan sejak dini. Apalagi mengingat banyaknya makanan dan minuman manis yang mungkin dikonsumsi oleh Si Kecil, terkadang sikat gigi saja tidaklah cukup. Diperlukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi untuk menjaga agar gigi Si Kecil tetap sehat dan bebas lubang.Namun yang menjadi kendala adalah rasa takut Si Kecil untuk pergi ke dokter gigi. Jangankan melihat kursi ?panas? dan peralatan dokter gigi, kadang melihat jas putih saja Si Kecil sudah menangis.Takut diperiksa oleh dokter gigi merupakan hal yang wajar bagi anak-anak. Meskipun demikian, bukan berarti tidak ada cara untuk memperkenalkan Si Kecil kepada dokter gigi dengan cara yang halus dan menyenangkan. Dengan cara yang tepat, Bunda dapat membuat acara periksa oleh dokter gigi menjadi lebih nyaman bagi Si Kecil.Mulailah sejak diniMenurut para ahli, idealnya Bunda dapat memulai pemeriksaan gigi bagi Si Kecil sejak usia satu tahun. Karena semakin cepat ia diperkenalkan oleh aktivitas pemeriksaan gigi, akan semakin mudah dan cepat ia beradaptasi.Lakukan latihan sebelumnyaBunda dan Si Kecil dapat melakukan latihan kunjungan ke dokter gigi, di mana Bunda menjadi dokternya. Untuk lat [...]

Aktivitas yang Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak

Aktivitas yang Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak

Setiap orangtua pasti menginginkan pertumbuhan dan perkembangan optimal bagi buah hatinya. Nutrisi memang mengambil peran penting dalam pertumbuhan anak, namun bukan merupakan satu-satunya kunci penting untuk mengoptimalkan perkembangan anak.Tumbuh dan kembang memiliki arti yang berbeda. Seringkali kita masih bingung dengan kedua kata ini. Tumbuh dapat diartikan dengan penambahan berat badan dan tinggi badan yang terukur secara angka. Sedangkan kembang dapat diartikan penambahan kemampuan kognitif dan aktivitas fisik sejalan dengan pertambahan usia anak seperti bicara, motorik kasar, dan motorik halus.Perkembangan anak akan semakin baik jika dibantu dengan stimulasi yang tepat oleh lingkungannya. Stimulasi anak tidak harus menggunakan peralatan canggih, namun bisa menggunakan benda-benda yang berada di sekeliling kita. Selain stimulasi, untuk mencapai perkembangan yang optimal, kondisi lingkungan dimana seorang anak dibesarkan juga memerankan fungsi penting perkembangannya.Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya. [...]

Cara Pilih Suplemen Multivitamin yang Aman untuk Anak

Cara Pilih Suplemen Multivitamin yang Aman untuk Anak

Apa yang harus dicermati sebelum memilih suplemen multivitamin untuk anak? Perlu diketahui bahwa berbeda dari obat-obatan yang harus diuji efektivitasnya secara klinis lewat serangkaian prosedur, suplemen tidak memerlukan uji klinis seperti itu.Karenanya, sebelum memberikan suplemen kepada anak, ada beberapa hal yang harus perhatikan. Pastikan Anda mengetahui suplemen yang dibutuhkan oleh anak, dan sebaiknya yang memang khusus diformulasikan untuk anak serta mudah dikonsumsi. Berikut adalah 6 cara memilih suplemen multivitamin yang aman dan tepat: Cari produk yang bersegel resmi. Produk-produk yang disetujui oleh pemerintah, seperti Departemen Kesehatan atau Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), biasanya aman dan memenuhi standar mutu. Hati-hati dengan barang tiruan. Jangan terlalu memedulikan tambahan-tambahan lainnya. Tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk suplemen multivitamin yang bebas alergen bila anak jelas tidak alergi terhadap kandungan tersebut. Beda lagi jika anak mempunyai alergi khusus. Selalu periksa tanggal kedaluwarsa suplemen multivitamin yang dibeli. Usahakan membeli suplemen multivitamin yang masih jauh dari tanggal kedaluwarsa, karena jika sudah h [...]

Apa itu Urtikaria?

Apa itu Urtikaria?

Mungkin sebagian besar dari kita tidak tahu apa itu Urtikaria. Namun bila biduran tentu Anda tahu bukan? Ya, Urtikaria memang sering disebut biduran atau Kaligata oleh masyarakat awam. Urtikaria merupakan kondisi kelainan kulit berupa reaksi vaskular (perubahan) yang disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya oleh reaksi alergi. Reaksi alergi tersebut dapat disebabkan oleh berbagai hal antara lain: Udara Debu Bulu binatang Makanan Hingga obat-obatan tertentu. Urtikaria dihasilkan dari pelepasan histamin (penyebab peradangan) dari jaringan sel mast (sel jaringan ikat yang berfungsi sebagai penampung mediator kimiawi dari respon inflamasi) dan dari sirkulasi basofil. Urtikaria memiliki ciri-ciri berupa bercak pucat dan kemerahan dengan garis tepi yang sangat jelas serta sedikit menonjol (bengkak).Beberapa penyakit kulit lainnya juga memiliki ciri-ciri yang sama dengan Urtikaria misalnya saja Eksim, Dermatitis Kontak dan gigitan serangga. Namun para dokter pastinya dapat membedakan Urtikaria dengan penyakit kulit lainnya dengan mudah karena Urtikaria memiliki ciri-ciri khusus. Urtikaria yang tidak diketahui penyebabnya biasa disebut dengan Urtikaria Idiopatik.Urtikaria bukanlah [...]

Penyebab Bayi Sering Menangis

Penyebab Bayi Sering Menangis

Menangis adalah cara bayi untuk berkomunikasi dengan dunia disekitarnya. Dan tugas kitalah untuk menerjemahkan makna tangis yang ada. Bagi orangtua yang baru memiliki anak, mendengar si kecil menangis dapat membuat risau dan panik.Tangisan bayi bisa menunjukan kondisi bayi saat itu. Bahkan saat bayi baru lahir tangisannya lah yang paling ditunggu-tunggu. Oleh sebab itu perlu dicari penyebabnya dan makna tangis si kecil. Untuk itu berikut ini adalah beberapa hal yang mencetuskan bayi menangis.Beberapa penyebab bayi sering menangis: Beberapa penyebab bayi sering menangis: 1. Bayi lapar/ hausBayi tentunya tidak seperti anak yang lebih besar yang ketika lapar dapat mengatakan ?Mah, aku lapar..? sehingga satu-satunya cara bagi bayi untuk mengutarakan maksudnya adalah dengan menangis. Mungkin saat itu bayi lapar karena belum puas menyusu yang dapat disebabkan oleh posisi bayi yang kurang benar saat menyus [...]

Kapankah Anak Siap dengan Kegiatan Les?

Kapankah Anak Siap dengan Kegiatan Les?

Puluhan tahun yang lalu banyak orang berpendapat bahwa anak-anak yang membutuhkan les tambahan di luar sekolah adalah anak yang bodoh. Tapi justru beberapa tahun terakhir orang tua berlomba-lomba mencari les tambahan untuk anaknya. Karena mereka berpendapat bahwa anak yang tidak ikut les bisa menyebabkan anak menjadi bodoh. Setidaknya itulah anggapan orangtua saat ini.Tidak ada yang salah dengan tempat les anak-anak, malah merekalah yang membantu Anda. Sayangnya orangtua kurang informasi mengenai les apa yang tepat untuk anaknya. Kadang sang anak diikutkan semua les. Les pelajaran, les keterampilan, bahkan les hobi.Yang harus dipahami di awal adalah oran tua harus tahu apa yang harus ditingkatkan bagi anak dan menjadi kebutuhan. Lalu pemilihan jenis les yang sesuai dengan umur. Kadang ada kesalahan orangtua menanyakan ke anak ingin les apa, atau yang lebih fatal lagi orangtua mengikuti orang lain dalam memutuskan mengikuti les.Agar tidak terjebak dalam obsesi orangtua yang akhirnya membuat anak stres, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orangtua dalam menyikapi kebutuhan anak untuk mengikuti kegiatan les atau kursus tambahan, selengkapnya pada halaman selanjutnya: [...]

Bolehkah Anak-anak Menggunakan Parfum?

Bolehkah Anak-anak Menggunakan Parfum?

Jika Anda berkunjung ke swalayan atau pusat perbelanjaan, tentu Anda sering menjumpai parfum yang dijual atau dikhususkan untuk anak-anak. Bahkan terkadang dijual dengan kemasan dan wangi yang menarik perhatian anak-anak.Pada label kemasan parfum juga seringkali mencantumkan tulisan "sudah diuji klinis" atau "hipoalergenik". Namun meskipun begitu, perlukah dan bolehkah anak-anak memakai parfum?Apa saja kandungan parfum?Kebanyakan parfum mengandung setidaknya 78% - 95% ethyl alcohol yang dicampurkan minyak esensial baik yang buatan ataupun alami. Selain itu untuk "mengawetkannya", parfum biasanya juga ditambahkan phtalate dan gliserin.Parfum anak-anak biasanya memiliki kadar alkohol yang rendah ataupun terkadang bebas alkohol. Namun tetap mengandung minyak esensial, phtalate dan gliserin yang sering menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang.Selain itu, bahan kimia yang terdapat di dalam parfum juga dapat menyebabkan reaksi kulit yang sensitif, ruam atau dermatitis. Bahkan hampir 75% penderita asma bisa dicetuskan oleh parfum.Jadi, bolehkah anak menggunakan parfum? Berikut jawabannya: Jadi Intinya, Bolehkah Anak Menggunakan Parfum atau Tidak? Orangtua perlu me [...]

Inilah 5 Penyebab Anak Tidak Nafsu Makan

Inilah 5 Penyebab Anak Tidak Nafsu Makan

Seringkali orangtua bingung sendiri ketika anak mereka sedang susah makan. Meski ini merupakan permasalahan yang banyak dihadapi, jangan sekali-kali menganggapnya sepele. Anda harus mengetahui penyebab utamanya supaya Anda bisa cepat-cepat mengatasinya. Berikut ini berapa penyebab yang mengakibatkan anak tidak mau makan: Mengonsumsi cemilan padat kalori menjelang jam makan, sehingga anak tidak merasa lapar. Contohnya permen, minuman ringan, coklat, dan lain-lain. Akibatnya, ketika jam makan tiba anak sudah kekenyangan. Minum susu terlalu banyak. Setelah anak berusia setahun, kehadiran susu dalam menu sehari-hari bukanlah hal wajib. Secara gizi, susu hanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor saja. Kalsium dan fosfor sendiri mudah kita dapatkan dalam ikan-ikanan, sayur, dan buah. Di atas usia setahun kebutuhan susu hanya 2 gelas sehari. Mulailah melatih anak dengan berbagai jenis makanan. Ubah pola pikir Anda sebagai orangtua. Faktor Penyebab Anak Kurang Nafsu Ma [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *