Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

Inilah-Makanan-yang-Mendukung-Kecerdasan-Anak.jpg

Nutrisi memegang peranan penting dalam pertumbuhan seorang anak. Pertumbuhan yang normal harus didukung dengan asupan nutrisi dan kondisi kesehatan yang baik. Pertumbuhan yang kurang baik bisa ditandai dari 2 hal, yaitu tinggi badan pendek dibanding usianya dan gagal tumbuh.

Lalu berapakah tinggi badan yang normal untuk seorang anak?

Selain ditentukan oleh genetik, tinggi badan juga ditentukan oleh faktor nutrisi. Pertumbuhan tinggi badan seorang anak dikatakan normal apabila berada pada rentang tinggi badan pada populasi anak secara umum. Biasanya tenaga medis akan menggunakan acuan grafik menurut CDC atau WHO.

Makanan bergizi dan sarapan penting untuk pertumbuhan anak yang optimal. Pada penelitian Kleinman, dkk disebutkan bahwa anak yang tadinya tidak mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi yang memadai setelah mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi baik ternyata mengalami peningkatan kemampuan akademik dan fungsi psikososial dengan teman sebayanya.

Lalu makanan apa sajakah yang dapat mengoptimalkan pertumbuhannya?

Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya.

Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

Berikut pilihan makanan yang dimaksud:

1. Salmon

Ikan berlemak, seperti salmon, merupakan sumber yang baik dari asam lemak omega-3 yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan fungsi otak. Mendapatkan asupan asam lemak yang cukup dari salmon dapat membantu anak dalam meningkatkan keterampilan mental mereka.

2. Telur

Telur adalah sumber protein.Bagian kuning telur memiliki kandungan kolin, yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan memori.

3. Selai Kacang

Peanut butter atau selai kacang merupakan makanan camilan yang kaya akan vitamin E, sebuah antioksidan yang melindungi membran saraf. Selain itu juga mengandung thiamin yang baik untuk otak dan glukosa yang merupakan sumber energi.

4. Biji-bijian

Biji-bijian dan sereal mengandung sumber vitamin B yang baik untuk saraf dan merupakan sumber glukosa, energi bagi otak.

5. Oats / Oatmeal

Seperti yang kita ketahui, oatmeal adalah sumber energi bagi otak. Selain itu, oatmeal mengandung banyak serat, vitamin E dan B kompleks.

6. Buah Berry

Berry dapat membantu meningkatkan memori. Berry banyak mengandung vitamin C serta antioksidan lainnya. Biji dari buah berry mengandung lemak omega-3 yang membantu meningkatkan fungsi otak. Contoh buah berry antara lain stroberi, bluberi, dan ceri.

Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya.

Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

7. Kacang

Kacang- kacangan baik untuk perkembangan otak anak. Kacang memiliki energi dari protein, karbohidrat kompleks, serat, vitamin dan mineral.

8. Sayuran

Sayuran berwarna merupakan sumber antioksidan untuk menjaga kesehatan sel otak. Beberapa sayuran yang baik dimasukkan ke dalam menu makanan anak Anda adalah tomat, ubi jalar, labu, wortel, dan bayam.

9. Susu & Yogurt

Vitamin B diperlukan untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Produk susu merupakan sumber vitamin B, vitamin D, dan calcium yang baik .

10. Produk daging

Daging sapi atau daging tanpa lemak merupakan sumber zat besi yang dapat membantu anak-anak dalam mempertahankan energi dan memfokuskan diri di sekolah. Daging sapi juga merupakan sumber mineral seng, yang dapat membantu mempertahankan memori.

Sumber :

  1. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3005655/
  2. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3275817/

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Perlengkapan Tidur Bayi Yang Sehat

Perlengkapan Tidur Bayi Yang Sehat

Oleh : dr. Puti Naindra Alevia Perlengkapan tidur yang dibutuhkan agar seorang bayi dapat tidur dengan aman dan nyaman. Prinsip pemilihannya tempat tidur yang utama adalah keamanan. Namun, perlu juga diingat, bahwa tidak ada peralatan sehebat apapun yang dapat menggantikan orang tua yang penuh kasih sayang dan responsif. Jika kita menonton film dari negara barat, kita dapat melihat bahwa sejak bayi, anak memiliki kamar sendiri. Hal ini tentunya berbeda dengan budaya di negeri kita, dimana pada umumnya bayi tidur bersama orang tua. Ada sesuatu yang sangat nyaman tentang kebersamaan baik bagi anak yang baru lahir maupun bagi orang tua. Biasanya bayi tidur bersama orang tua pada satu tempat tidur. Ada juga yang menggunakan ayunan, tempat tidur gulung, atau tempat tidur bayi di dekat tempat tidur (co-sleeper). Jika anak Anda tidak terlalu aktif, ayunan atau tempat tidur gulung dapat digunakan selama dua sampai tiga bulan pertama. Pastikan kedua peralatan memiliki alas yang cukup luas sehingga tidak akan roboh. Ketika tiba waktunya memilikih sebuah tempat tidur bayi, maka sisi yang terpenting adalah tempat tidur yang akan menjaga anak dalam keadaan aman. Ada beberapa [...]

Gejala & Tanda Urtikaria

Gejala & Tanda Urtikaria

Urtikaria atau Kaligata sangat dikenal dengan sebutan biduran oleh masyarakat awam. Penyakit ini termasuk salah satu gejala yang paling sering terlihat di UGD di berbagai rumah sakit. Urtikaria biasanya dapat terjadi karena berbagai macam sebab, salah salah satu penyebab yang paling sering adalah alergi.Urtikaria memiliki ciri-ciri sebagai berikut: Kulit pucat dan kemerahan dengan sedikit bengkak (edema) yang meradang. Daerah kulit yang terkena Urtikaria ini bervariasi dan dapat muncul di manapun. Bagian yang terkena Urtikaria pun terasa lebih panas dibanding permukaan kulit lainnya serta terasa gatal. Ketika bagian kulit yang terkena Urtikaria di garuk, maka biasanya bengkak akan semakin menyebar. Pada awalnya penderita akan merasa gatal pada bagian tertentu di kulit, kemudian akan muncul kulit kemerahan dan sedikit penonjolan pada kulit setelah itu barulah rasa nyeri (seperti tersengat atau tertusuk) datang. Beberapa penderita Urtikaria Akut biasanya mengalami masalah pernafasan atau asma, kesulitan menelan dan masalah pencernaan. Gejala Urtikaria muncul dengan cepat dan menghilang secara perlahan. Sedangkan bagi penderita Urtikaria Kronis biasanya membutuhkan waktu lama [...]

Tips Mengatasi Anak Sering Pilek

Tips Mengatasi Anak Sering Pilek

Batuk pilek memang merupakan penyakit anak-anak. Hal ini disebabkan karena daya tahan tubuh anak yang memang belum sempurna atau mungkin dikarenakan cara bermain yang kadang tidak memperhatikan aspek higienitas ataupun hingga kemungkinan yang tidak terpikirkan, yakni sering dicium oleh banyak orang?Batuk pilek pada anak tersering diakibatkan oleh virus, merupakan air borne disease, yaitu penyakit yang dapat menular melalui udara pernapasan. Sehingga sangat sulit bagi para orangtua untuk mencegah anak tidak terkena batuk pilek, apalagi tidak mungkin mengawasi anak dalam waktu 24 jam. Karena nyaris mustahil, orangtua memasukan anaknya ke dalam gelembung udara yang tidak terkontaminasi udara luar hanya demi perlindungan dari penyakit.Penyebab tersering pilek adalah virus, infeksi bakterial dan alergi. Untuk mengatasi pilek pada anak, tentu saja harus diketahui penyebabnya terlebih dahulu, kesulitannya pada anak adalah terkadang mereka tidak dapat mengeluhkan apa yang mereka rasakan (kecuali pada anak usia sekolah). Pilek cair, bersin-bersin dan hidung gatal serta mampet yang timbul pada saat tertentu dan membaik beberapa saat kemudian disertai adanya riwayat alergi pada keluarga menga [...]

Menghibur Bayi

Menghibur Bayi

Menangis merupakan satu-satunya bentuk komunikasi seorang bayi dengan dunia baru. Sebuah tangisan bayi memiliki banyak makna, tidak hanya sekedar sakit dan kesedihan. Ketika bayi tumbuh besar, jika perkembangan mental dan jiwanya terkategori sehat, maka bayi semakin sedikit memiliki alasan untuk menangis dan orangtua semakin mengetahui apa makna dari tangisan sang buah hati. Bagi orangtua baru, tangisan sang buah hati semuanya terdengar sama. Ketika dia sudah mulai menangis keras, acapkali orangtua bingung mengartikan apa yang disampaikan oleh bayi. Apakah dirinya lapar, lelah, sakit, gelisah atau perlu penggantian popok. Masalah meluas ketika arti tangis yang ada bermakna kesedihan, kekecewaan dan ketakutan. Disinilah posisi keluarga sebagai lingkungan pendidikan pertamanya mengambil peran penting membentuk kepribadian dan perkembangan kematangan jiwanya. Sebagaimana manusia dewasa pada umumnya, diperlukan bentuk dukungan yang menghibur untuk pelipur lara sang buah hati. Karena pada dasarnya, hiburan merupakan suatu kebutuhan yang mendasar selayaknya makanan dan keselamatan. Menghibur Bayi yang Ketakutan Pada bayi, ketakutan adalah sebuah naluri. Teriakan-teriakan k [...]

Bolehkah Anak-anak Menggunakan Parfum?

Bolehkah Anak-anak Menggunakan Parfum?

Jika Anda berkunjung ke swalayan atau pusat perbelanjaan, tentu Anda sering menjumpai parfum yang dijual atau dikhususkan untuk anak-anak. Bahkan terkadang dijual dengan kemasan dan wangi yang menarik perhatian anak-anak.Pada label kemasan parfum juga seringkali mencantumkan tulisan "sudah diuji klinis" atau "hipoalergenik". Namun meskipun begitu, perlukah dan bolehkah anak-anak memakai parfum?Apa saja kandungan parfum?Kebanyakan parfum mengandung setidaknya 78% - 95% ethyl alcohol yang dicampurkan minyak esensial baik yang buatan ataupun alami. Selain itu untuk "mengawetkannya", parfum biasanya juga ditambahkan phtalate dan gliserin.Parfum anak-anak biasanya memiliki kadar alkohol yang rendah ataupun terkadang bebas alkohol. Namun tetap mengandung minyak esensial, phtalate dan gliserin yang sering menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang.Selain itu, bahan kimia yang terdapat di dalam parfum juga dapat menyebabkan reaksi kulit yang sensitif, ruam atau dermatitis. Bahkan hampir 75% penderita asma bisa dicetuskan oleh parfum.Jadi, bolehkah anak menggunakan parfum? Berikut jawabannya: Jadi Intinya, Bolehkah Anak Menggunakan Parfum atau Tidak? Orangtua perlu me [...]

Kenali Gejala Diare Akut pada Anak

Kenali Gejala Diare Akut pada Anak

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mendefinisikan diare sebagai keadaan yang membuat anak buang air besar dengan frekuensi lebih sering dan konsistensi tinja yang lebih encer dari biasanya. Jika kejadian diare terjadi dalam beberapa hari maka disebut dengan diare akut. Gejala lain yang mungkin dapat timbul bersama dengan diare adalah demam dan sakit perut.Gejala ini begitu menonjol sehingga kondisi anak dapat menurun dengan cepat. Pada saat diare, tubuh anak akan kehilangan cairan dan elektrolit dengan cepat. Padahal tubuh anak terdiri dari cairan dalam jumlah yang besar. Hal ini dapat membuat dehidrasi terjadi lebih cepat pada anak-anak.Semakin kecil usia anak, maka dehidrasi lebih rentan terjadi.Untuk itu, selain mengenali gejala diare, penting bagi orang tua untuk segera mengenali gejala-gejala dehidrasi: Anak terlihat haus dan lemas Sedikit buang air kecil Bibir kering Mata terlihat cekung Kekenyalan kulit menurun Tanda dan gejala di atas menunjukkan dehidrasi ringan-sedang dan juga membutuhkan pertolongan medis di rumah sakit. Sedangkan jika terdapat gejala-gejala lebih lanjut seperti berikut ini, selengkapnya pada halaman selanjutnya: [...]

Penyebab Bayi Sering Menangis

Penyebab Bayi Sering Menangis

Menangis adalah cara bayi untuk berkomunikasi dengan dunia disekitarnya. Dan tugas kitalah untuk menerjemahkan makna tangis yang ada. Bagi orangtua yang baru memiliki anak, mendengar si kecil menangis dapat membuat risau dan panik.Tangisan bayi bisa menunjukan kondisi bayi saat itu. Bahkan saat bayi baru lahir tangisannya lah yang paling ditunggu-tunggu. Oleh sebab itu perlu dicari penyebabnya dan makna tangis si kecil. Untuk itu berikut ini adalah beberapa hal yang mencetuskan bayi menangis.Beberapa penyebab bayi sering menangis: Beberapa penyebab bayi sering menangis: 1. Bayi lapar/ hausBayi tentunya tidak seperti anak yang lebih besar yang ketika lapar dapat mengatakan ?Mah, aku lapar..? sehingga satu-satunya cara bagi bayi untuk mengutarakan maksudnya adalah dengan menangis. Mungkin saat itu bayi lapar karena belum puas menyusu yang dapat disebabkan oleh posisi bayi yang kurang benar saat menyus [...]

Imunisasi Polio

Imunisasi Polio

Penyakit Polio ini disebabkan oleh virus polio yang termasuk kelompok enterovirus, famili picornaviridae. Saat ini dikenal ada 3 subtipe yaitu P1, P2 & P3. Virus ini tidak aktif bila kena panas, formaldehid, chlorine & sinar UV. Penyakit ini menyebar dari orang satu ke orang lain melalui jalur oral-fecal, virus sangat menular pada kontak dalam rumah tangga jika anggota keluarga tersebut tidak mendapatkan imunisasi. Penderita polio akan tetap jadi sumber penularan antara 7-10 hari sebelum dan sesudah timbul gejala, namun virus masih dapat ditemukan pada feses sampai 3 hingga 6 minggu. Kerusakan yang ditimbulkan dari virus ini biasanya terjadi pada sumsum tulang dan batang otak yang berakibat kelumpuhan. Implikasi yang ditumbulkan oleh virus polio adalah lumpuh layuh, maksudnya lumpuh dan lemah. Karena sudah menimbulkan wabah di seluruh dunia maka pada pada tahun 1988 dilakukan eradikasi polio (ERAPO) secara global. Dimana pemberantasan polio diambil dengan sistem program imunisasi rutin. Berkaitan dengan hal tersebut, ada juga Pekan Imunisasi Nasional (PIN). Dimana tujuan PIN adalah untuk memberikan vaksin polio secara serentak dalam waktu bersamaan sehingg [...]

Menjaga Asupan Gizi Anak Saat Puasa

Menjaga Asupan Gizi Anak Saat Puasa

Berpuasa mungkin hal yang baru bagi anak Anda. Untuk itu, melatih anak berpuasa bisa dilakukan secara bertahap, yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan anak. Apalagi jika Anda sendiri masih tidak ?tega? untuk menyuruh anak berpuasa karena kekhawatiran seputar kesehatannya, misalnya berat badan yang berkurang.Penelitian Fenneni menyebutkan bahwa anak yang belajar berpuasa pada bulan Ramadan untuk pertama kalinya, kemampuan mereka untuk berolahraga otomatis akan berkurang. Namun penelitian yang sama menyebutkan bahwa tidak ada perubahan berat badan antara sebelum, saat dan sesudah menjalankan puasa.Umumnya, konsumsi makanan pada saat berpuasa memang akan berkurang dan pemenuhan kalori sehari-hari menurun sekitar 20-40%. Tapi janganlah khawatir. Pada sebagian orang yang menjalani puasa, penurunan konsumsi makanan diimbangi dengan penurunan aktivitas sehari-hari sehingga keseimbangan kalori yang masuk dan yang terbuang tetap terjaga.Sebagai orangtua, selain ingin mengajari anak berpuasa, tentunya Anda juga tidak ingin berat badannya berkurang saat berpuasa. Lantas, bagaimana untuk menyiasati hal ini? Selengkapnya di halaman selanjutnya. [...]

Jangan Berikan Minuman Berenergi untuk Anak-anak!

Jangan Berikan Minuman Berenergi untuk Anak-anak!

Anda mungkin sudah sering mendengar bahaya kesehatan dari minuman berenergi. Sebagian besar target pemasaran minuman berenergi adalah untuk orang dewasa dan remaja. Sebagian besar minuman berenergi tersebut tinggi kafein dan biasanya dikonsumsi untuk menghilangkan rasa kantuk dan membuat tubuh lebih segar.Meskpun target pasarannya adalah dewasa dan remaja, pusat keracunan di Amerika Serikat melaporkan terdapat lebih dari 40% kasus keracunan dalam 3 tahun melibatkan anak-anak di bawah usia 6 tahun. Lebih dari setengahnya disebabkan oleh keracunan minuman berenergi.Biasanya anak-anak menemukan minuman tersebut di dalam kulkas kemudian meminumnya. Gejala keracunan yang berbahaya berupa kejang dan gangguan jantung. Karena bahaya dari minuman berenergi, American Academy of Pediatrics mengatakan bahwa sangat dianjurkan minuman berenergi TIDAK diberikan pada anak-anak.Bahaya apa yang ditimbulkan minuman energi? Halaman berikut penjelasannya. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *