Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

Inilah-Makanan-yang-Mendukung-Kecerdasan-Anak.jpg

Nutrisi memegang peranan penting dalam pertumbuhan seorang anak. Pertumbuhan yang normal harus didukung dengan asupan nutrisi dan kondisi kesehatan yang baik. Pertumbuhan yang kurang baik bisa ditandai dari 2 hal, yaitu tinggi badan pendek dibanding usianya dan gagal tumbuh.

Lalu berapakah tinggi badan yang normal untuk seorang anak?

Selain ditentukan oleh genetik, tinggi badan juga ditentukan oleh faktor nutrisi. Pertumbuhan tinggi badan seorang anak dikatakan normal apabila berada pada rentang tinggi badan pada populasi anak secara umum. Biasanya tenaga medis akan menggunakan acuan grafik menurut CDC atau WHO.

Makanan bergizi dan sarapan penting untuk pertumbuhan anak yang optimal. Pada penelitian Kleinman, dkk disebutkan bahwa anak yang tadinya tidak mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi yang memadai setelah mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi baik ternyata mengalami peningkatan kemampuan akademik dan fungsi psikososial dengan teman sebayanya.

Lalu makanan apa sajakah yang dapat mengoptimalkan pertumbuhannya?

Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya.

Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

Berikut pilihan makanan yang dimaksud:

1. Salmon

Ikan berlemak, seperti salmon, merupakan sumber yang baik dari asam lemak omega-3 yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan fungsi otak. Mendapatkan asupan asam lemak yang cukup dari salmon dapat membantu anak dalam meningkatkan keterampilan mental mereka.

2. Telur

Telur adalah sumber protein.Bagian kuning telur memiliki kandungan kolin, yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan memori.

3. Selai Kacang

Peanut butter atau selai kacang merupakan makanan camilan yang kaya akan vitamin E, sebuah antioksidan yang melindungi membran saraf. Selain itu juga mengandung thiamin yang baik untuk otak dan glukosa yang merupakan sumber energi.

4. Biji-bijian

Biji-bijian dan sereal mengandung sumber vitamin B yang baik untuk saraf dan merupakan sumber glukosa, energi bagi otak.

5. Oats / Oatmeal

Seperti yang kita ketahui, oatmeal adalah sumber energi bagi otak. Selain itu, oatmeal mengandung banyak serat, vitamin E dan B kompleks.

6. Buah Berry

Berry dapat membantu meningkatkan memori. Berry banyak mengandung vitamin C serta antioksidan lainnya. Biji dari buah berry mengandung lemak omega-3 yang membantu meningkatkan fungsi otak. Contoh buah berry antara lain stroberi, bluberi, dan ceri.

Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya.

Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

7. Kacang

Kacang- kacangan baik untuk perkembangan otak anak. Kacang memiliki energi dari protein, karbohidrat kompleks, serat, vitamin dan mineral.

8. Sayuran

Sayuran berwarna merupakan sumber antioksidan untuk menjaga kesehatan sel otak. Beberapa sayuran yang baik dimasukkan ke dalam menu makanan anak Anda adalah tomat, ubi jalar, labu, wortel, dan bayam.

9. Susu & Yogurt

Vitamin B diperlukan untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Produk susu merupakan sumber vitamin B, vitamin D, dan calcium yang baik .

10. Produk daging

Daging sapi atau daging tanpa lemak merupakan sumber zat besi yang dapat membantu anak-anak dalam mempertahankan energi dan memfokuskan diri di sekolah. Daging sapi juga merupakan sumber mineral seng, yang dapat membantu mempertahankan memori.

Sumber :

  1. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3005655/
  2. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3275817/

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Membiasakan Makan Sehat Pada Anak

Cara Membiasakan Makan Sehat Pada Anak

Dengan mengajari anak kebiasaan makan yang sehat, Anda dapat membantunya tumbuh dan berkembang secara normal. Selain itu, kebiasaan makan yang teratur sejak dini akan mempengaruhi gaya hidup mereka ketika mereka dewasa.Beberapa aspek yang paling penting dari kebiasaan makan sehat adalah pengontrolan porsi serta lemak yang terkandung. Cara sederhana untuk mengurangi asupan lemak dalam diet anak Anda mencakup: Produk susu rendah lemak atau tanpa lemak Ayam tanpa kulit Roti gandum dan sereal Camilan sehat seperti buah dan sayuran Mengurangi gula dan garam Pendekatan lain yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kebiasaan makan sehat pada anak, di antaranya: Pendekatan lain yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kebiasaan makan sehat pada anak, di antaranya: Membimbing ketimbang mendikte Menyuruh anak terus-menerus untuk mengonsumsi makanan yang sehat tidak akan membuat mereka sadar. Anda harus [...]

Cara Mengajari Anak

Cara Mengajari Anak

Mayoritas kurikulum sekolah di Indonesia lebih banyak melakukan pendekatan untuk mengajari bagaimana cara menghafal pelajaran dan tidak menekankan bagaimana proses berpikir. Padahal cara berpikir jauh lebih penting dan berguna bagi anak didik di masa datang. Itu mengapa, indikator yang sering dijadikan ukuran untuk menilai anak didik berkualitas atau tidak lebih berdasarkan kuantitas nilai yang dicapai. Tak ayal, kita terbiasa mengukur perkembangan anak didik berdasarkan nilai lebih gampang dan jelas indikatornya dengan hadirnya rapor, rangking, ijazah dan lain-lainnya. Padahal cara seperti itu sarat dengan subjektivitas pendidik. Namun bukan berarti faktor nilai menjadi suatu hal yang tidak penting, persoalannya hanya pada ukuran kualitas anak didik juga harus diukur berdasarkan bagaimana mereka memiliki pola berpikir. Intelegensi dan kecerdasan antara anak yang satu dengan yang lain hampir sama. Namun yang memiliki peranan penting dalam menentukan hasil akhir manusia dalam menghadapi suatu masalah jelas sekali ialah pola berfikir. Terkait dengan perbedaan yang timbul ketika dihadapi lingkungan, semangat hidup dan kemauan untuk maju. Salah satu sebabnya adalah perbedaan cara be [...]

Cara Agar Anak Menghabiskan Bekal Kotak Makannya

Cara Agar Anak Menghabiskan Bekal Kotak Makannya

Bekal dapat membantu anak-anak usia sekolah tetap konsentrasi belajar. Pada masa tersebut, anak memerlukan zat gizi yang seimbang dan lengkap, baik protein, karbohidrat, vitamin, mineral, serat dan air untuk memaksimalkan pertumbuhan.Di sekolah, anak-anak cenderung suka jajan. Kebiasaan ini sering kali berdampak buruk terhadap kesehatan. Apalagi terkadang makanan jajan kurang terjaga kebersihannya sehingga anak bisa terkena diare bahkan keracunan. Belum lagi zat kimia seperti pemanis, pengawet, dan lain-lain. Nah, sebelum menyajikan bekal ada baiknya Anda membaca panduan berikut agar bekal tidak hanya menyehatkan, tetapi juga tampak menarik bagi anak:Selengkapnya di halaman berikutnya: Cara Agar Anak Menghabiskan Bekal Kotak Makannya Gunakan tempat makan dan alat makan bergambar tokoh kartun kesayangannya. Jika perlu, biarkan anak memilih sendiri tempat bekalnya. Hal ini dapat membuat anak lebih [...]

4 Cara Paling Sering Anak Terinfeksi Penyakit

4 Cara Paling Sering Anak Terinfeksi Penyakit

Memahami bagaimana bermacam-macam penularan penyakit infeksi yang berbeda dapat berguna bagi orangtua agar Anda dapat mengembangkan langkah-langkah preventif yang dibutuhkan, dengan begitu Anda dapat melindungi kesehatan anak. Kenali 4 rute penyebaran infeksi terbanyak di sekolah berikut ini: Lewat saluran pencernaan Untuk dapat menyebar, kotoran yang mengandung kuman ini harus terbawa hingga ke mulut dan tertelan, bahkan meskipun dalam jumlah yang sangat kecil sehingga kita tidak sama sekali menyadari ada partikel kotoran manusia yang masuk ke dalam makanan kita.Mengajarkan anak untuk membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun secara menyeluruh, dalam jangka waktu yang tepat (minimal 30 detik) adalah salah satu cara terbaik untuk pencegahannya. Lewat saluran pernapasan Beberapa penyakit infeksi disebarkan oleh kuman yang dapat hidup di mata, hidung, mulut, dan paru-paru. Contoh penyakit yang menyebar lewat metode ini adalah pilek, influenza, campak, cacar, tuberkulosis, rubela, dan pertusis. Kuman ini mudah berpindah dari hidung/ mulut seseorang ke tangan, dan tentunya ke objek-objek disekitar penderita.Selain mencuci tangan, ajarkan juga anak-anak untuk menutup bersin/ batuk [...]

6 Cara Membatasi Si Kecil Bermain Game di Gadget

6 Cara Membatasi Si Kecil Bermain Game di Gadget

Si kecil terlalu asik main game di gadget sampai lupa waktu? itu artinya si kecil sudah adiktif. Membelikan gadget untuk si kecil memang menyenangkan. Tapi hati-hati. Anda sebagai orangtua harus perhatikan benar-benar waktu bermainnya. Karena bila terlalu sering, bisa berdampak negatif bagi perkembangan emosionalnya.Padahal pada usianya, si kecil harusnya juga bergerak dan bermain. Selain berguna untk melatih kemampuan motorik kasar anak, bermain dengan teman sebaya akan mengasah kemampuannya berkomunikasi.Nah, sebagai orangtua, kita harus lebih pro-aktif untuk membantunya mengurangi kebiasaan ini. Berikut beberapa saran untuk Anda, klik next. 6 Cara Membatasi Si Kecil Bermain Game di Gadget Batasi waktu bermain gadget Tentukan waktu untuk si kecil main game setiap harinya. Beberapa orangtua bahkan menerapkan larangan main game untuk anaknya pada hari sekolah dan diperbolehkan hanya pada hari l [...]

3 Cara Agar Anak Bebas Cacingan

3 Cara Agar Anak Bebas Cacingan

Istilah cacingan sudah begitu sering kita dengar. Di Indonesia, walaupun tidak ada data yang pasti, angka kejadian cacingan terutama pada anak cukup tinggi, namun tahukah Anda bagaimana cacing dapat menginfeksi kita? Terdapat banyak sekali cacing dengan cara menginfeksi yang berbeda-beda, sebagian cacing masuk ke tubuh manusia ketika telur cacing tersebut yang ada di tanah tidak sengaja termakan, sebagian lagi langsung masuk ke dalam tubuh kita melalui telapak kaki, jenis yang kedua ini sering mengenai mereka yang bekerja di lahan tanah dengan telanjang kaki seperti petani dan peternak. Penyakit Cacingan sering disebut infeksi cacing, dimana mahluk kecil ini akan menyerang tubuh seseorang dengan cara menempelkan diri (baik di luar maupun di dalam tubuh) dan mengambil nutrisi dari tubuh seseorang. Terkena penyakit cacingan dapat melemahkan tubuh dan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan.Cacingan merupakan hewan tidak bertulang yang berbentuk lonjong dan panjang, berawal dari telur atau larva hingga berubah menjadi bentuk cacing dewasa. Cacing yang masuk dalam tubuh seseorang akan terinfeksi seperti, infeksi kulit, otot, paru-paru, ataupun usus atau saluran pencernaan. Cacing yan [...]

Berapakah Kalori yang Dibutuhkan Anak?

Berapakah Kalori yang Dibutuhkan Anak?

Kalori merupakan satuan ukur -- seperti cm atau kg -- yang mengukur banyaknya energi yang terkandung dalam makanan atau minuman. Energi tersebut dapat berasal dari karbohidrat, lemak, dan protein. Energi yang dibutuhkan anak selama masa pertumbuhan akan dibagi oleh tubuh menjadi dua fungsi: Pertama, energi untuk proses pertumbuhan jaringan dan menjalankan fungsi tubuh; kedua adalah energi yang disimpan di dalam jaringan, dalam bentuk lemak dan protein, yang akan mempengaruhi berat badan anak.Kebutuhan kalori anak bergantung pada tiga hal berikut: usia, jenis kelamin laki-laki atau perempuan, dan aktivitas. Beberapa orang akan membatasi asupan kalori mereka untuk menurunkan berat badan. Namun kebanyakan anak-anak tidak perlu melakukan hal serupa. Anak dapat memperoleh manfaat dari makanan yang sehat, diet seimbang yang mencakup jumlah kalori yang sesuai, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.Bagaimana cara mengetahui kandungan kalori dalam makanan? Secara sederhana, zat makanan penghasil energi terbagi tiga: 1 gram karbohidrat: 4 kalori 1 gram protein: 4 kalori 1 gram lemak: 9 kalori Bila Anda mengetahui takaran masing-masing zat dalam makanan (dalam gram), maka Anda d [...]

Psikologi Perkembangan Anak & Kepribadiannya

Psikologi Perkembangan Anak & Kepribadiannya

Psikologi Perkembangan Anak. Perilaku anak sangat bervariasi, Karena demikian adanya setiap manusia diciptakan unik. Ada yang mudah diatur atau penurut, tapi ada pula yang sangat susah diatasi atau sering rewel. Pun terkait dengan hal tersebut, jelas sekali turut berperan penting ialah pengaruh lingkungan dan pola kehidupan orangtuanya. Menurut ahli psikologi anak Thomas & Chess, tempramen anak terbagi dalam 9 dimensi: Tingkat aktivititas. Keteraturan yang menyangkut pola kehidupan sehari-hari seperti jadwal makan dan tidur. Respon terhadap stimulus baru yang diberikan. Seperti halnya, respon bersikap ketika didekati orang baru, apakah ia mendekat atau malah menjauh. Kemampuan beradaptasi terhadap stimulus baru seperti obyek atau orang baru. Seberapa esar responnya terhadap stimulasi yang diberikan. Ada bayi yang hanya mendengar suara sedikit saja langsung bereaksi, tapi ada juga bayi yang menunjukkan reaksi lambat meski sudah diberi stimulus sedemikian rupa. Intensitas reaksi yang muncul. Suasana hati yang sering ditampilkan, apakah lebih banyak murung, menangis, atau tersenyum. Seberapa mudah perhatiannya beralih. Apakah ia cepat berganti [...]

Anak Bisa Lebih Berprestasi dengan Minyak Ikan

Anak Bisa Lebih Berprestasi dengan Minyak Ikan

Sejak dulu minyak ikan sudah terkenal dengan khasiatnya. Minyak ikan memiliki konsentrasi kandungan omega-3 yang lebih tinggi dibanding ikan utuh, sehingga dapat dijadikan pilihan alternatif khususnya bagi anak yang bermasalah untuk makan ikan.Beberapa studi menunjukkan bahwa bayi yang diberi formula yang diperkaya dengan asam lemak omega-3 DHA menunjukkan peningkatan koordinasi tangan-mata, keterampilan sosial, dan skor tes kecerdasan. Selain itu, anak-anak yang lahir dari ibu yang mengonsumsi suplemen omega-3 (DHA dan EPA) selama kehamilan dan selama bulan-bulan pertama menyusui memiliki nilai yang lebih tinggi pada tes kognitif dibandingkan dengan anak-anak yang ibunya tidak mengonsumsi suplemen DHA dan EPA.Minyak ikan juga diketahui dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga mampu melawan terjadinya penyakit seperti flu dan batuk. Anak ADHD? Dikasih Minyak Ikan Saja! Selain itu, minyak ikan m [...]

Anak Paling Mudah Rusak Gusinya

Anak Paling Mudah Rusak Gusinya

Oleh: drg. Arni Maharani Tidak hanya pada orang dewasa tetapi anak-anak juga mengalami masalah pada gusinya, terlebih lagi anak-anak yang masih kurang cakap dalam menjaga kebersihan rongga mulut dan giginya. Hal yang mengerikannya lagi, salah satu penyebab terjadinya masalah gusi ini adalah kebersihan rongga mulut yang buruk. Masalah gusi yang dapat dijumpai pada anak berupa keradangan gusi, yang hal ini ditandai dengan gusi yang berwarna merah, bengkak dan berdarah pada saat ditekan. Pada keadaan yang lebih parah selain gusi akan menjadi kemerahan, bengkak juga dpat terjadi perdarahan spontan dan terdapat luka. Apa penyebab keradangan gusi pada anak? Karang gigi, kebersihan gigi yang kurang terjaga akan menyebabkan terbentuknya karang gigi. Namun terbentuknya karang gigi pada anak selain disebabkan hal tersebut biasaya disebabkan oleh kebiasaan mengunya satu sisi dimana sisi yang tidak dipakai mengunyah akan terbentuk karang gigi. Plak, sama halnya dengan karang gigi yang terbentuk karena kurang menjaga kebersihan gigi begitu pula dengan plak yang melekat pada permukaan gigi. Sisa Makanan, keadaan susunan gigi atau posisi gigi tertentu seperti gigi berdesakan, celah ant [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *