Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

Inilah-Makanan-yang-Mendukung-Kecerdasan-Anak.jpg

Nutrisi memegang peranan penting dalam pertumbuhan seorang anak. Pertumbuhan yang normal harus didukung dengan asupan nutrisi dan kondisi kesehatan yang baik. Pertumbuhan yang kurang baik bisa ditandai dari 2 hal, yaitu tinggi badan pendek dibanding usianya dan gagal tumbuh.

Lalu berapakah tinggi badan yang normal untuk seorang anak?

Selain ditentukan oleh genetik, tinggi badan juga ditentukan oleh faktor nutrisi. Pertumbuhan tinggi badan seorang anak dikatakan normal apabila berada pada rentang tinggi badan pada populasi anak secara umum. Biasanya tenaga medis akan menggunakan acuan grafik menurut CDC atau WHO.

Makanan bergizi dan sarapan penting untuk pertumbuhan anak yang optimal. Pada penelitian Kleinman, dkk disebutkan bahwa anak yang tadinya tidak mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi yang memadai setelah mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi baik ternyata mengalami peningkatan kemampuan akademik dan fungsi psikososial dengan teman sebayanya.

Lalu makanan apa sajakah yang dapat mengoptimalkan pertumbuhannya?

Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya.

Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

Berikut pilihan makanan yang dimaksud:

1. Salmon

Ikan berlemak, seperti salmon, merupakan sumber yang baik dari asam lemak omega-3 yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan fungsi otak. Mendapatkan asupan asam lemak yang cukup dari salmon dapat membantu anak dalam meningkatkan keterampilan mental mereka.

2. Telur

Telur adalah sumber protein.Bagian kuning telur memiliki kandungan kolin, yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan memori.

3. Selai Kacang

Peanut butter atau selai kacang merupakan makanan camilan yang kaya akan vitamin E, sebuah antioksidan yang melindungi membran saraf. Selain itu juga mengandung thiamin yang baik untuk otak dan glukosa yang merupakan sumber energi.

4. Biji-bijian

Biji-bijian dan sereal mengandung sumber vitamin B yang baik untuk saraf dan merupakan sumber glukosa, energi bagi otak.

5. Oats / Oatmeal

Seperti yang kita ketahui, oatmeal adalah sumber energi bagi otak. Selain itu, oatmeal mengandung banyak serat, vitamin E dan B kompleks.

6. Buah Berry

Berry dapat membantu meningkatkan memori. Berry banyak mengandung vitamin C serta antioksidan lainnya. Biji dari buah berry mengandung lemak omega-3 yang membantu meningkatkan fungsi otak. Contoh buah berry antara lain stroberi, bluberi, dan ceri.

Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya.

Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

7. Kacang

Kacang- kacangan baik untuk perkembangan otak anak. Kacang memiliki energi dari protein, karbohidrat kompleks, serat, vitamin dan mineral.

8. Sayuran

Sayuran berwarna merupakan sumber antioksidan untuk menjaga kesehatan sel otak. Beberapa sayuran yang baik dimasukkan ke dalam menu makanan anak Anda adalah tomat, ubi jalar, labu, wortel, dan bayam.

9. Susu & Yogurt

Vitamin B diperlukan untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Produk susu merupakan sumber vitamin B, vitamin D, dan calcium yang baik .

10. Produk daging

Daging sapi atau daging tanpa lemak merupakan sumber zat besi yang dapat membantu anak-anak dalam mempertahankan energi dan memfokuskan diri di sekolah. Daging sapi juga merupakan sumber mineral seng, yang dapat membantu mempertahankan memori.

Sumber :

  1. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3005655/
  2. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3275817/

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Psikologi Perkembangan Anak & Kepribadiannya

Psikologi Perkembangan Anak & Kepribadiannya

Psikologi Perkembangan Anak. Perilaku anak sangat bervariasi, Karena demikian adanya setiap manusia diciptakan unik. Ada yang mudah diatur atau penurut, tapi ada pula yang sangat susah diatasi atau sering rewel. Pun terkait dengan hal tersebut, jelas sekali turut berperan penting ialah pengaruh lingkungan dan pola kehidupan orangtuanya. Menurut ahli psikologi anak Thomas & Chess, tempramen anak terbagi dalam 9 dimensi: Tingkat aktivititas. Keteraturan yang menyangkut pola kehidupan sehari-hari seperti jadwal makan dan tidur. Respon terhadap stimulus baru yang diberikan. Seperti halnya, respon bersikap ketika didekati orang baru, apakah ia mendekat atau malah menjauh. Kemampuan beradaptasi terhadap stimulus baru seperti obyek atau orang baru. Seberapa esar responnya terhadap stimulasi yang diberikan. Ada bayi yang hanya mendengar suara sedikit saja langsung bereaksi, tapi ada juga bayi yang menunjukkan reaksi lambat meski sudah diberi stimulus sedemikian rupa. Intensitas reaksi yang muncul. Suasana hati yang sering ditampilkan, apakah lebih banyak murung, menangis, atau tersenyum. Seberapa mudah perhatiannya beralih. Apakah ia cepat berganti [...]

Cara Membiasakan Makan Sehat Pada Anak

Cara Membiasakan Makan Sehat Pada Anak

Dengan mengajari anak kebiasaan makan yang sehat, Anda dapat membantunya tumbuh dan berkembang secara normal. Selain itu, kebiasaan makan yang teratur sejak dini akan mempengaruhi gaya hidup mereka ketika mereka dewasa.Beberapa aspek yang paling penting dari kebiasaan makan sehat adalah pengontrolan porsi serta lemak yang terkandung. Cara sederhana untuk mengurangi asupan lemak dalam diet anak Anda mencakup: Produk susu rendah lemak atau tanpa lemak Ayam tanpa kulit Roti gandum dan sereal Camilan sehat seperti buah dan sayuran Mengurangi gula dan garam Pendekatan lain yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kebiasaan makan sehat pada anak, di antaranya: Pendekatan lain yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kebiasaan makan sehat pada anak, di antaranya: Membimbing ketimbang mendikte Menyuruh anak terus-menerus untuk mengonsumsi makanan yang sehat tidak akan membuat mereka sadar. Anda harus [...]

Anak Paling Mudah Rusak Gusinya

Anak Paling Mudah Rusak Gusinya

Oleh: drg. Arni Maharani Tidak hanya pada orang dewasa tetapi anak-anak juga mengalami masalah pada gusinya, terlebih lagi anak-anak yang masih kurang cakap dalam menjaga kebersihan rongga mulut dan giginya. Hal yang mengerikannya lagi, salah satu penyebab terjadinya masalah gusi ini adalah kebersihan rongga mulut yang buruk. Masalah gusi yang dapat dijumpai pada anak berupa keradangan gusi, yang hal ini ditandai dengan gusi yang berwarna merah, bengkak dan berdarah pada saat ditekan. Pada keadaan yang lebih parah selain gusi akan menjadi kemerahan, bengkak juga dpat terjadi perdarahan spontan dan terdapat luka. Apa penyebab keradangan gusi pada anak? Karang gigi, kebersihan gigi yang kurang terjaga akan menyebabkan terbentuknya karang gigi. Namun terbentuknya karang gigi pada anak selain disebabkan hal tersebut biasaya disebabkan oleh kebiasaan mengunya satu sisi dimana sisi yang tidak dipakai mengunyah akan terbentuk karang gigi. Plak, sama halnya dengan karang gigi yang terbentuk karena kurang menjaga kebersihan gigi begitu pula dengan plak yang melekat pada permukaan gigi. Sisa Makanan, keadaan susunan gigi atau posisi gigi tertentu seperti gigi berdesakan, celah ant [...]

Pemakaian Popok yang Sehat

Pemakaian Popok yang Sehat

Oleh : dr. Puti Naindra Alevia Perhatikanlah bagian bokong dan paha bagian dalam buah hati Anda. Apakah ada daerah yang memerah? Jika ya, kemungkinan besar lesi kulit tersebut merupakan ruam popok. Meskipun sudah sangat berhati-hati berkaitan dengan popok, tetap saja anak Anda ada kemungkinan mengalami masalah ruam popok. Ruam ini terjadi akibat iritasi air seni serta gesekan antara kulit dan popok. Ruam biasanya lebih parah pada bagian kulit yang bersentuhan dengan air seni. Cara terbaik untuk mencegah dan mengatasi masalah ini adalah dengan sering melakukan pengantian popok dan waktu udara. Jeli petroleum (vaselin dan jenis lain) atau obat salep oksida seng bisa membantu melindungi kulit sehingga tidak terkena iritasi lebih jauh. Obat salep menciptakan sebuah lapisan yang menutupi pantat bayi. Penggunaan bedak juga dapat mengurangi daya gesek antara kulit dan popok. Jika Anda menemukan ruam baru setelah berganti jenis popok baru (sekali pakai), atau setelah menggunakan deterjen atau pelembut pakaian baru, maka ruam mungkin merupakan reaksi iritasi atau alergi yang disebabkan oleh bahan-bahan tersebut. Pada keadaan tersebut, Anda dapat beralih ke popok lama, atau [...]

Menjaga Asupan Gizi Anak Saat Puasa

Menjaga Asupan Gizi Anak Saat Puasa

Berpuasa mungkin hal yang baru bagi anak Anda. Untuk itu, melatih anak berpuasa bisa dilakukan secara bertahap, yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan anak. Apalagi jika Anda sendiri masih tidak ?tega? untuk menyuruh anak berpuasa karena kekhawatiran seputar kesehatannya, misalnya berat badan yang berkurang.Penelitian Fenneni menyebutkan bahwa anak yang belajar berpuasa pada bulan Ramadan untuk pertama kalinya, kemampuan mereka untuk berolahraga otomatis akan berkurang. Namun penelitian yang sama menyebutkan bahwa tidak ada perubahan berat badan antara sebelum, saat dan sesudah menjalankan puasa.Umumnya, konsumsi makanan pada saat berpuasa memang akan berkurang dan pemenuhan kalori sehari-hari menurun sekitar 20-40%. Tapi janganlah khawatir. Pada sebagian orang yang menjalani puasa, penurunan konsumsi makanan diimbangi dengan penurunan aktivitas sehari-hari sehingga keseimbangan kalori yang masuk dan yang terbuang tetap terjaga.Sebagai orangtua, selain ingin mengajari anak berpuasa, tentunya Anda juga tidak ingin berat badannya berkurang saat berpuasa. Lantas, bagaimana untuk menyiasati hal ini? Selengkapnya di halaman selanjutnya. [...]

Solusi Gangguan Belajar Pada Anak

Solusi Gangguan Belajar Pada Anak

Oleh: dr. Nadia Octavia Gangguan belajar merupakan suatu gangguan yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mendapatkan, meraih dan menggunakan kemampuan akademis seperti membaca dan berhitung. Gangguan belajar bukanlah suatu cacat atau gangguan mental dan tidak merefleksikan patokan kecerdasan seorang anak. Berikut adalah jenis-jenis gangguan belajar yang umum ditemui: DisleksiaDisleksia merupakan suatu gangguan belajar yang ditandai dengan kesulitan membaca, mengeja dan mengulang kata-kata. Diskalkulia Diskalkulia merupakan suatu gangguan belajar yang berkaitan dengan konsep matematika ditandai dengan ketidakmampuan menangani masalah matematika sederhana atau mengumpulkan informasi atau suatu kejadian. Penyimpangan belajar non-verbalGangguan belajar ini ditandai dengan kesulitan menangkap signal non-verbal seperti koordinasi dan bahasa tubuh. Apakah yang menyebabkan gangguan belajar? GenetikFaktor gen yang sudah terdapat di DNA penyandang gangguan belajar, dimana didapat dari generasi sebelumnya. Kondisi medisGangguan pertumbuhan saat di dalam kandungan (pertumbuhan janin terhambat), paparan [...]

Gendong Bayi Jangan Diayun-ayun!

Gendong Bayi Jangan Diayun-ayun!

Kita semua tentu ingin menjadi orangtua yang baik dan memiliki anak yang normal dan sehat. Merawat dan membesarkan anak bukanlah sesuatu yang mudah. Dibutuhkan kesabaran dan pengetahuan tentang cara merawat bayi.Seringkali kita melihat para ibu menggendong sambil mengayun bayi agar tidur atau agar mereka berhenti menangis. Bahkan ada pula orang tua yang mengguncang tubuh bayi saat menangis karena merasa kesal. Ingatlah, mengayun atau mengguncang bayi sangat berbahaya! Mengayun, menggoyang, atau mengguncang bayi dapat menyebabkan masalah serius yang disebut shaken baby syndrome. Akibat yang ditimbulkan diantaranya: Kematian Kerusakaan otak atau perdarahan otak dan mata Kebutaan Kelumpuhan Epilepsi/ kejang Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Halaman beikut penjelasannya: Kenapa Hal Tersebut Bisa Terjadi? Ukuran kepala bayi cenderung l [...]

6 Vitamin & Mineral untuk Anak Cemerlang

6 Vitamin & Mineral untuk Anak Cemerlang

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Vitamin dan mineral merupakan nutrien yang penting dalam menyokong pertumbuhan dan perkembangan anak. Apa saja manfaatnya? Vitamin A berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan, perbaikan jaringan dan tulang, serta kesehatan kulit, mata, dan respon imun. Sumber vitamin ini antara lain susu, keju, telur, sayuran berwarna kuning dan oranye seperti wortel. Vitamin B, termasuk B2, B3, B6, dan B12, membantu metabolisme, produksi energi, dan sistem pembuluh darah serta saraf yang sehat. Sumber vitamin ini antara lain daging sapi, ayam, ikan, kacang-kacangan, telur, susu, keju. Vitamin C mendukung kesehatan otot, jaringan ikat, dan kulit. Sumber yang baik termasuk buah-buahan seperti jeruk, strawberry, dan sayur-sayuran tomat dan brokoli. Vitamin D penting untuk pembentukan tulang dan gigi serta membantu tubuh menyerap kalsium. Sumber yang baik adalah susu dan produk susu lain yang sudah difortifikasi dan minyak ikan. Namun, sumber vitamin D terbaik adalah sinar matahari. Kalsium membantu pembentukan tulang yang kuat. Sumbernya antara lain susu, keju, yogurt, tahu, dan jus jeruk yang sudah difortif [...]

Bahaya Utama Jika Anak Malas Cuci Tangan!

Bahaya Utama Jika Anak Malas Cuci Tangan!

Kita hidup bersama-sama dengan berbagai macam bakteri, virus, dan jamur di sekeliling kita. Terkadang kita kurang waspada terhadap bahayanya, karena organisme ini tidak dapat terlihat dengan kasat mata.Padahal, tahukah Anda bahwa 1 sel bakteri dapat memperbanyak dan membelah diri setiap 20 menit? Dan, setiap membelah diri, bakteri langsung ada dalam bentuk dewasa, dan mampu untuk membelah diri kembali dalam 20 menit kemudian? Sehingga, jika ada 2 bakteri dalam 20 menit, maka dalam 40 menit akan ada 4 bakteri, dan dalam 1 jam akan 8 bakteri.Dengan kecepatan ini, maka 1 sel bakteri dapat bertambah jumlah menjadi 1 triliun bakteri dalam 10 jam. Jadi, bayangkan apa yang terjadi jika Anda dan Si Kecil malas cuci tangan? Dalam 7 jam, dari 1 sel bakteri saja, di tangan Si Kecil akan terdapat 2.097.152 bakteri. Dan dalam 1 jam ke depan, jumlahnya akan bertambah menjadi 16.777.216! Bayangkan jika sebelumnya sudah ada 10 sel bakteri di tangan Anda atau si kecil! Apalagi, jika banyak bakteri jahat di antara koloni bakteri tersebut yang akan terus memperbanyak diri dan siap mendatangkan berbagai masalah kesehatan untuk Anda dan keluarga.Jangan juga kita lupakan virus dan jamur. Halaman berikut [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *