Kenapa Susah Hamil? Ini Dia Faktor-faktor Penyebabnya

susah hamil

“Sudah isi belum?”
“Kapan, nih, Mama punya cucu?”
“Sudah setahun menikah, kok, belum hamil juga?”
Kenapa Susah Hamil?

Pernahkah Anda dan suami diberi pertanyaan seperti di atas? Pikiran pasti lebih terbebani dan Anda berdua pun cemas. Biasanya, wanita cenderung merasa lebih bersalah dan sedih bila tak tak kunjung hamil setelah sekian lama menikah. Terutama saat yang dibicarakan adalah anak pertama dari wanita berusia di bawah 35 tahun.

Infertilitas atau ketidaksuburan bisa menjadi kemungkinan terbesar saat suami istri telah berhubungan badan secara teratur selama setahun terakhir tapi kehamilan tidak kunjung terjadi. Faktor yang sama juga terjadi pada wanita yang telah hamil tapi tidak berhasil mempertahankan kehamilan.

Proses kehamilan terjadi melalui proses berikut ini:

  • Tubuh wanita akan melepaskan sel telur dari salah satu indung telur. Proses ini disebut sebagai ovulasi.
  • Sel telur akan berjalan melewati tuba falopi menuju rahim. Dalam perjalanan ini, harus ada sperma pria yang membuahi sel telur agar terjadi kehamilan.
  • Jika sel telur berhasi dibuahi, sel telur ini akan mengalami implantasi di dindin rahim dalam.

Kenapa Susah Hamil?

Infertilitas dapat terjadi bila salah satu proses ini terganggu atau bermasalah. Misalnya, saat ovulasi terganggu, produksi sel telur pun terhambat. Proses ovulasi yang tidak normal biasanya dapat dideteksi dari siklus haid yang tidak teratur atau tidak haid sama sekali (amenorrhea).

Penyebab utama gangguan ovulasi adalah polycystic ovarian syndrome (PCOS) atau ketidakseimbangan hormon. Selain PCOS, kondisi primary ovarian insufficiency (POI) atau indung telur tidak berfungsi hingga usia 40 tahun juga dapat menyebabkan gangguan ovulasi.

Penyebabnya beragam mulai dari penyakit radang panggul, endometriosis, operasi kehamilan ektopik, dan kelainan pada uterus. Penyebab lainnya adalah benjolan jinak yang berisi kumpulan jaringan dan otot di dinding rahim (uterine fibroid).

Kebiasaan merokok, minum alkohol, stres, kurang gizi, aktivitas yang terlalu berat, bobot tubuh terlalu rendah atau terlalu berlebihan, serta penyakit menular seksual juga bisa menyebabkan infertilitas.

Pemeriksaan darah dan ultrasound pada wanita yang tidak kunjung hamil perlu dilakukan dengan dokter spesialis. Hasil tes darah dapat digunakan untuk mengevaluasi proses ovulasi yang meliputi pemeriksaan Thyroid-stimulating Hormone (TSH), Prolaktin, Luteinizing Hormone (LH), Folicle-stimulating Hormone (FSH), dan Progesteron. Pemeriksaan ultrasound yang perlu dilakukan meliputi Hysterosalpingography (HSG) dan Laparoscopy.

Berbagai pemeriksaan ini dapat diperoleh di Laboratorium Klinik Prodia. Meski proses ini terbilang panjang dan melelahkan, tapi bersabarlah sebab pemeriksaan ini bertujuan untuk menemukan dan mengatasi masalah kesehatan secara menyeluruh demi mewujudkan mimpi memiliki momongan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Yang Aman dan Tidak Bagi Ibu Hamil

Yang Aman dan Tidak Bagi Ibu Hamil

Terkadang, sulit bagi ibu hamil untuk memilah antara apa yang baik dan aman bagi kehamilan dan kesehatan. Dan apa yang sebaiknya dihindari karena berisiko membahayakan kondisi ibu dan janinnya. Memang, ada hal-hal yang jelas harus dihindari seperti merokok, obat-obatan terlarang, makanan mentah serta membatasi konsumsi kafein. Namun, tanpa diketahui, terdapat pula hal-hal yang dikira aman namun sebenarnya menyimpan bahaya, dan begitu pun sebaliknya. Beberapa hal yang sebenarnya aman dan tidak aman bagi para ibu yang sudah mengandung meliputi: Pemeriksaan medis Jenis pemeriksaan medis yang tergolong aman bagi kehamilan meliputi X-Ray. Radiasi X-Ray terbukti tidak akan mencederai janin jika ibu hamil menjalaninya. Radiasi yang dapat mengenai ibu dan janinnya jumlahnya sangat kecil sehingga tidak mungkin sampai mencederai fetus. Meski demikian, tetap ikuti saran dokter dalam hal pemeriksaan tubuh dengan X-Ray. Olaharga Olahraga yang aman dilakukan oleh ibu hamil meliputi sit up di trimester pertama kehamilan saja. Seiring dengan pertumbuhan janin, sit up tidak lagi dapat dilakukan karena dapat menghambat kelancaran aliran darah pada janin. Selain sit up, latihan angkat beban secukupny [...]

8 CIRI-CIRI ORANG HAMIL

8 CIRI-CIRI ORANG HAMIL

Bagaimana sihCiri-ciri orang hamil? Dokter, sayaberhubungan dengan pasangan saya tanpa kondom 3 minggu yang lalu, apakah saya hamil ? Dok, saya sudah 1 minggu terlambat dari jadwal menstruasi saya, apakah saya hamil ? Banyak pertanyaan kepada dokter yang menanyakan apakah hamil. Sebaiknya ciri-ciri orang hamil diketahui sedini mungkin, karena apabila seorang wanita sedang hamil maka perlu menjaga kondisi kehamilannya. Kehamilan adalah kondisi wanita yang membawa embrio atau janin di dalam tubuhnya. Masa-masa awal kehamilan sangat menentukan kesehatan janin dan ibunya. Pada awal kehamilan biasanya menunjukkan ciri-ciri spesifik. Beberapa ciri-ciri orang hamil yang dapat diketahui masih merupakan indikasi awal. Sebelum mengulas satu per satu tanda atau ciri-ciri hamil, perlu diingat bahwa ciri-ciri hanya merupakan tanda awal atau yang disebut juga indikasi. Untuk memastikan dengan jelas apakah seorang wanita sedang hamil sebaiknya Anda memakai alat uji kehamilan atau yang sering disebut test pack. Juga dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk pengujian dan pemastian kehamilan yang lebih pasti dan akurat. Berikut 8 ciri-ciri orang hamil : [...]

7 Cara Cepat Hamil

7 Cara Cepat Hamil

"Dok, bagaimana cara agar cepat hamil padahal saya dan pasangan sudah rutin melakukan hubungan intim?" Pertanyaan ini cukup sering diajukan pasangan terutama oleh pasangan muda yang baru menikah. Saat Anda dan pasangan sudah stabil secara finansial dan emosional, langkah selanjutnya adalah memiliki keturunan. Namun, bagi beberapa pasangan, hal ini tidak lantas terjadi dengan cepat dan mudah. Barangkali Anda dan pasangan belum melakukan 7 cara cepat hamil berikut ini: [...]

10 Persiapan Menjelang Prosedur Bayi Tabung

10 Persiapan Menjelang Prosedur Bayi Tabung

Kehamilan yang tidak bisa terjadi secara alami kini sudah bisa teratasi dengan adanya bayi tabung, atau teknologi in vitro fertilization (IVF). Mengingat prosedur IVF yang tergolong panjang dan memakan biaya yang tak sedikit, tentunya Anda dan pasangan sangat berharap keberhasilan program ini. Keberhasilan progam IVF sangat tergantung dari kualitas sel telur calon ibu. Karena itu, untuk memperbesar kemungkinan berhasilnya prosedur IVF, Anda sebaiknya melakukan beberapa persiapan berikut ini: 1.Makanlah makanan yang berkualitas tinggi, produk pilihan dengan jenis gandum utuh dan makanan dengan indeks glisemik yang rendah. Hindarilah makanan olahan, minyak terhidrogenasi, gula, dan terlalu banyak alkohol. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berbahan dasar kedelai dan hentikan kebiasaan merokok. 2.Pastikan makanan Anda sehari-hari mengandung lemak yang menyehatkan, dengan minyak murni, dan makanan kaya lemak polyunsaturated seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat dan ikan yang tidak terkontaminasi merkuri, seperti ikan tuna dan salmon yang memiliki kadar merkuri yang lebih rendah. 3.Perbanyaklah kegiatan fisik ringan seperti berjalan kaki atau melakukan yoga empat kali da [...]

Rahasia Cantik Wanita Hamil

Rahasia Cantik Wanita Hamil

Kehamilan adalah masa-masa yang membahagiakan bagi wanita, terutama bagi Anda yang telah lama menantikan momongan. Memasuki bulan-bulan pertama, kebahagiaan biasanya terganggu dengan datangnya keluhan-keluhan khas wanita hamil, yaitu morning sickness. Maklumlah di bulan-bulan pertama, biasanya tubuh sedang beradaptasi dengan kehamilan. Setelah fase adaptasi lewat, biasanya Anda mulai bisa menikmati kehamilan. Saat menjalani kehamilan, terkadang kondisi fisik dan mental serta emosional dapat mengalami kelelahan yang berpengaruh langsung pada penampilan. Para ibu yang sedang mengandung biasanya akan cenderung kehilangan rasa percaya diri, seiring dengan terjadinya perubahan bentuk tubuh, munculnya stretch marks, perut yang mengembang serta garis pinggang ramping yang digantikan dengan perut yang berisi janin. Turunnya rasa percaya diri ini tidak jarang pula menyebabkan munculnya pregnancy blues, atau rasa sedih akibat kehamilan. Anda jadi mudah mellow dan galau. Terkadang merasa tidak lagi dicintai oleh suami. Terkadang, kondisi kesedihan dan rasa tidak percaya diri datang dari pikiran awal bahwa berat badan kini bertambah dan tubuh akan melar dan tidak mungkin dikembalikan ke bentuk [...]

Tanda-tanda Kehamilan Palsu

Tanda-tanda Kehamilan Palsu

Tanda-tanda kehamilan palsu perlu diketahui untuk mencegah kekecewaan pada pasangan yang ingin segera memiliki anak.Kehamilan adalah hal yang paling dinantikan oleh setiap pasangan, terlebih bagi mereka yang sangat mendambakan kehadiran seorang anak. Sayangnya, kehamilan tak selalu datang secepat yang diharapkan. Bahkan, ada pasangan yang baru mendapat keturunan setelah sepuluh tahun menikah. Uniknya, ada beberapa wanita yang meyakini bahwa dirinya sedang hamil tetapi kenyataannya tidak. Mereka umumnya mengalami beberapa keluhan seperti layaknya wanita hamil, misal: kenaikan berat badan, mual, dan sakit punggung. Namun, saat dilakukan pemeriksaan oleh dokter, tidak ada janin di dalam kandungan. Kondisi ini, seringkali disebut sebagai kehamilan palsu atau pseudocyesis dalam istilah medisnya. Lalu, apakah penyebab kehamilan palsu? Hingga saat ini, penyebab pasti dari pseudocyesis masih belum diketahui, namun diduga faktor psikologis memegang peranan utama dalam hal ini. Awalnya, ketika seorang wanita memiliki keinginan kuat untuk hamil, tubuhnya akan memunculkan beberapa tanda kehamilan, seperti pembengkakan perut, pembesaran payudara, dan bahkan merasakan sensasi gerakan janin.Selan [...]

Sesak Napas Selama Hamil

Sesak Napas Selama Hamil

Sesak napas adalah salah satu keluhan yang sering dirasakan saat kehamilan. Pasalnya, seiiring dengan bertambahnya usia kehamilan, pertumbuhan janin dalam rahim pun semakin berkembang dan semakin berat. Tak jarang, janin yang semakin membesar membuat ibu sesak napas, karena dorongan tubuh janin. Sesak napas ini biasanya mulai dirasakan di trimester kedua, tapi ada pula yang mengalaminya sejak trimester pertama. Tubuh akan beradaptasi semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan oksigen yang meningkat saat hamil, terlebih dengan adanya peningkatan hormon progesteron yang dapat memengaruhi paru-paru serta menstimulasi pusat pernapasan di otak. Seiring dengan berjalannya kehamilan, ukuran rahim dan janin yang semakin besar dan menekan diafragma, akan mempersempit lingkup gerak dada saat bernapas, sehingga bernapas pun akan semakin sulit. Sesak napas saat kehamilan, paling sering terjadi pada kehamilan dengan letak janin yang cenderung tinggi dan kehamilan ganda. Tak hanya itu, jumlah air ketuban yang berlebih pun dapat mendesak pernapasan. Keluhan sesak napas saat kehamilan, umumnya akan membaik saat mendekati hari persalinan. Ketika menjelang persalinan, janin akan mengalami perputar [...]

Diet Ibu Hamil

Diet Ibu Hamil

Ide melakukan diet selama hamil biasanya datang dari wanita yang memang mengalami kelebihan berat badan bahkan sebelum hamil. Bermula dari kekhawatiran terlihat sangat gemuk saat hamil atau memang untuk alasan kesehatan, banyak ibu hamil yang berpikir untuk diet. Kenaikan berat badan pada ibu hamil memang harus menjadi perhatian. Wajarnya, ibu hamil mengalami kenaikan 12-15 kg hingga di akhir kehamilan. Sedangkan pada ibu hamil yang sebelumnya telah mengalami obesitas, kenaikan berat badan di atas 8 kg, harus diwaspadai dan segera dikonsultasikan dengan dokter kandungan. Dikhawatirkan terjadi pre-eklampsia pada ibu hamil. Sebenarnya kenaikan berat badan pada ibu hamil tidak perlu terlalu dirisaukan sepanjang masih dalam tahap wajar. Jadi ibu hamil tak perlu buru-buru diet, karena di dalam tubuh ibu hamil, ada janin yang membutuhkan berbagai gizi dan nutrisi untuk terus tumbuh. Ibu hamil perlu mengkonsumsi 2.500 kalori tiap harinya. Kehamilan membuat fisiologi tubuh berubah, kadar gula dalam darah menjadi rendah dan ibu hamil akan merasa cepat lapar terutama saat masuk trimester ke-3 kehamilan. Diet sembarangan pada ibu hamil dapat menyebabkan bayi mengalami gizi buruk atau dis [...]

In Vitro Fertilization untuk Mendapatkan Keturunan

In Vitro Fertilization untuk Mendapatkan Keturunan

In Vitro Fertilization, atau biasa disingkat IVF, adalah pemakaian laboratorium untuk menyatukan sperma dan sel telur dalam tabung yang kemudian diletakkan kembali ke dalam rahim untuk berkembang. Pembuahan yang terjadi di luar rahim ini sudah menjadi praktik yang sangat populer di Amerika Serikat. IVF menjadi pilihan jalan bagi para orangtua yang tidak kunjung memiliki anak akibat adanya masalah dengan kesuburan. Masalah kesuburan yang dapat membuat IVF menjadi pilihan untuk memperoleh anak ada bermacam-macam, beberapa di antaranya adalah: Adanya kondisi endometriosis Jumlah sperma yang sedikit Adanya masalah dengan rahim maupun dengan fallopian tubes pada pihak wanita Adanya masalah ovulasi Adanya masalah antibodi yang mempengaruhi kondisi sperma maupun sel telur Sperma yang tidak mempunyai kemampuan untuk penetrasi dan bertahan dalam lendir serviks yang menghantarkan sperma ke rahim Masalah ketidaksuburan yang tidak lazim IVF selalu berada dalam urutan terkahir dalam usaha untuk memiliki anak bagi pasangan yang ingin memiliki anak karena biayanya yang sangat mahal. Jika memang IVF adalah satu-satunya metode yang tersisa, sebaiknya pasangan yang mempertimbangkan melak [...]

Sebelum Menjalani Program Bayi Tabung, Jawab Pertanyaan Ini

Sebelum Menjalani Program Bayi Tabung, Jawab Pertanyaan Ini

Di zaman teknologi seperti sekarang ini, kehamilan dapat direncanakan dengan program bayi tabung. Namun, tidak semua pasangan suami istri perlu menjalani bayi tabung. Dan, untuk mengetahui apakah Anda dan pasangan merupakan kandidat yang tepat untuk menjalani program bayi tabung, lakukan pengecekan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut. 1.Berapa lama Anda dan pasangan sudah mencoba untuk punya anak? Jika usia Anda sudah mencapai 34 tahun dan sudah melakukan hubungan suami istri secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi jenis apapun namun tidak kunjung hamil, maka berkonsultasi kepada dokter merupakan langkah yang dianjurkan. Jika usia sudah menyentuh angka 35 tahun dan percobaan untuk hamil sudah dilakukan hingga lebih dari enam bulan, maka sudah saatnya mencari bantuan. 2.Berapa umur Anda? Cek usia Anda saat mencoba mengandung. Hal yang perlu diperhatikan adalah kadar kesuburan pihak wanita yang semakin menurun drastis pada wanita yang usianya sudah di atas 35 tahun dan lebih menurun lagi saat mencapai usia 40 tahun. Pada usia 35 tahun, kesempatan untuk mengandung pada setiap siklus menstruasi berada pada persentase sekitar 20 persen. Pada usia 40 tahun, persentase [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *