Kenapa Susah Hamil? Ini Dia Faktor-faktor Penyebabnya

susah hamil

“Sudah isi belum?”
“Kapan, nih, Mama punya cucu?”
“Sudah setahun menikah, kok, belum hamil juga?”
Kenapa Susah Hamil?

Pernahkah Anda dan suami diberi pertanyaan seperti di atas? Pikiran pasti lebih terbebani dan Anda berdua pun cemas. Biasanya, wanita cenderung merasa lebih bersalah dan sedih bila tak tak kunjung hamil setelah sekian lama menikah. Terutama saat yang dibicarakan adalah anak pertama dari wanita berusia di bawah 35 tahun.

Infertilitas atau ketidaksuburan bisa menjadi kemungkinan terbesar saat suami istri telah berhubungan badan secara teratur selama setahun terakhir tapi kehamilan tidak kunjung terjadi. Faktor yang sama juga terjadi pada wanita yang telah hamil tapi tidak berhasil mempertahankan kehamilan.

Proses kehamilan terjadi melalui proses berikut ini:

  • Tubuh wanita akan melepaskan sel telur dari salah satu indung telur. Proses ini disebut sebagai ovulasi.
  • Sel telur akan berjalan melewati tuba falopi menuju rahim. Dalam perjalanan ini, harus ada sperma pria yang membuahi sel telur agar terjadi kehamilan.
  • Jika sel telur berhasi dibuahi, sel telur ini akan mengalami implantasi di dindin rahim dalam.

Kenapa Susah Hamil?

Infertilitas dapat terjadi bila salah satu proses ini terganggu atau bermasalah. Misalnya, saat ovulasi terganggu, produksi sel telur pun terhambat. Proses ovulasi yang tidak normal biasanya dapat dideteksi dari siklus haid yang tidak teratur atau tidak haid sama sekali (amenorrhea).

Penyebab utama gangguan ovulasi adalah polycystic ovarian syndrome (PCOS) atau ketidakseimbangan hormon. Selain PCOS, kondisi primary ovarian insufficiency (POI) atau indung telur tidak berfungsi hingga usia 40 tahun juga dapat menyebabkan gangguan ovulasi.

Penyebabnya beragam mulai dari penyakit radang panggul, endometriosis, operasi kehamilan ektopik, dan kelainan pada uterus. Penyebab lainnya adalah benjolan jinak yang berisi kumpulan jaringan dan otot di dinding rahim (uterine fibroid).

Kebiasaan merokok, minum alkohol, stres, kurang gizi, aktivitas yang terlalu berat, bobot tubuh terlalu rendah atau terlalu berlebihan, serta penyakit menular seksual juga bisa menyebabkan infertilitas.

Pemeriksaan darah dan ultrasound pada wanita yang tidak kunjung hamil perlu dilakukan dengan dokter spesialis. Hasil tes darah dapat digunakan untuk mengevaluasi proses ovulasi yang meliputi pemeriksaan Thyroid-stimulating Hormone (TSH), Prolaktin, Luteinizing Hormone (LH), Folicle-stimulating Hormone (FSH), dan Progesteron. Pemeriksaan ultrasound yang perlu dilakukan meliputi Hysterosalpingography (HSG) dan Laparoscopy.

Berbagai pemeriksaan ini dapat diperoleh di Laboratorium Klinik Prodia. Meski proses ini terbilang panjang dan melelahkan, tapi bersabarlah sebab pemeriksaan ini bertujuan untuk menemukan dan mengatasi masalah kesehatan secara menyeluruh demi mewujudkan mimpi memiliki momongan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Rokok Tingkatkan Risiko Cacat Jantung Janin Hingga 40 Persen

Rokok Tingkatkan Risiko Cacat Jantung Janin Hingga 40 Persen

Sebuah studi baru menunjukkan, bayi dalam kandungan yang terkena paparan asap rokok berpotensi mengidap Fibrilasi atrium atau AF sesudah lahir. AF adalah aritmia atau masalah dengan kecepatan detak jantung. Gejala AF antara lain adalah nyeri di bagian dada, palpitasi atau jantung berdegup tidak normal, kelelahan, pusing, kurang mampu beraktivitas fisik dan pembengkakan di ekstremitas bawah (organ gerak bagian bawah). Yang lebih parah, AF juga dapat memicu stroke dan gagal jantung. Kita sudah lama tahu bahwa merokok sangat berbahaya bagi jantung. Rokok menyebabkan gangguan pembuluh arteri jantung serta meningkatkan risiko serangan dan gagal jantung. Sayangnya, bahaya rokok tidak tertuju pada si perokok saja tapi juga pada bukan perokok yang terpapar asapnya atau disebut perokok pasif. Risiko gangguan arteri jantung pada perokok pasif lebih tinggi 20-30 persen jika dibandingkan dengan orang yang bebas asap rokok. Ketika tubuh terpapar asap rokok, terjadilah peradangan yang memengaruhi jantung dan pembuluh darah. Kondisi inilah yang akhirnya memicu terjadinya serangan jantung. Selain itu, asap rokok juga mampu menurunkan kemampuan tubuh menerima terapi medis dari dokter. Peradangan da [...]

Posisi Tidur Ibu Hamil

Posisi Tidur Ibu Hamil

Posisi tidur di masa kehamilan seringkali menjadi masalah. Pasalnya, seorang wanita hamil akan mengalami banyak perubahan. Baik dari segi fisik maupun emosional. Dan, seperti yang kita ketahui, perubahan fisiklah yang paling terlihat dari seorang wanita hamil. Jadi, semakin bertambah usia kehamilannya, maka akan semakin besar pula perutnya. Nah, hampir semua wanita hamil pasti mengalami susah tidur. Maksudnya, semakin besar perut, maka tidur pun menjadi suatu hal yang terganggu. Tidak hanya itu, posisi tidur yang salah pada wanita hamil dapat menyebabkan sakit punggung, pinggang, sakit perut, sesak nafas, bahkan insomnia. Berikut posisi tidur yang dapat membuat Anda nyaman selama kehamilan. Menyamping ke kiri Posisi tidur dengan menyamping ke kiri merupakan salah satu posisi tidur terbaik untuk wanita hamil. Caranya adalah dengan berbaring menyamping dengan menekuk lutut Anda ke sebelah kiri. Jangan lupa juga untuk menambahkan bantal di bawah perut, punggung, dan diantara kaki, untuk membuat Anda menjadi lebih nyaman. Banyak para ahli yang menyarankan untuk menggunakan posisi ini saat Anda tidur. Pasalnya, hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah ke plasenta bayi Anda. Selain po [...]

Cara Cepat Hamil? Coba Posisi Ini

Cara Cepat Hamil? Coba Posisi Ini

Banyak pasangan yang mencari cara cepat hamil. Apakah posisi berhubungan seks bersama pasangan juga menentukan seseorang bisa hamil ? Inilahjawabanyang tepat bagi pasangan suami istri yang sedang mencari cara cepathamil. Kehamilan baru bisa terjadi saat sperma dan sel telur bertemu. Pembuahan pun akan optimal bila dilakukan saat sel telur sudah matang sehingga siap dibuahi sperma. Sayangnya, masa hidup sel telur hanya berlangsung selama 12 - 24 jam dalam 1 bulan dan umur sperma bisa bertahan hidup selama 2 - 3 hari. Oleh karena itu, lebih baik berhubungan badan sebelummasa subursupaya sel sperma masih hidup dan bisa bertemu dengan sel telur. Selain itu, para ahli juga menyarankan agar Anda dan pasanganberhubungan badansebanyak 2 - 3 kali dalam seminggu. Cara cepat hamil juga ditentukan oleh posisi berhubungan badan Barangkali Anda pernah mendengar bahwaposisi berhubungan badan tertentu dapat membuat wanita cepat hamil. Misalnya, jika suami berada di atas istri maka pembuahan akan lebih cepat terjadi. Meski belum dibuktikan secara ilmiah, tak ada salahnya Anda dan pasangan mencoba berbagaiposisi berhubungan badansebagai cara cepat hamil. Berikut beberapa posisi seks sebagai salah sa [...]

Perkembangan Janin Trimester Pertama

Perkembangan Janin Trimester Pertama

Bagaimana perkembangan janin trimester pertama merupakan hal yang perlu diketahui oleh wanita yang sedang hamil. Kehamilan adalah proses dimana sel sperma membuahi sel telur di dalam rahim. Selama proses kehamilan banyak hal ajaib yang bisa timbul. Berbagai perubahan pun akan datang seiring dengan perkembangan janin di dalam perut sang ibu. Pembuahan terjadi pada saat dua minggu setelah hari pertama Anda mengalami menstruasi. Sel telur pun mulai dilepaskan oleh tubuh dan siap dibuahi oleh sperma. Setiap sel telur yang dilepaskan telah memiliki 46 kromosom yang diperlukan untuk menentukan tinggi badan, warna rambut, dan jenis kelamin. Setelah dibuahi oleh sperma, sel telur menempuh perjalanan turun menuju tuba falopi ke uterus. Dalam waktu 5 hingga 7 hari sel telur yang telah dibuahi akan menempel pada dinding rahim dan berkembang serta membelah diri. Setelah semua ini terbentuk,plasenta dan mulai terbentuk untuk melakukan tugasnya menyalurkan oksigen dan sari makanan untuk janin. Minggu ke-1: Embrio akan banyak mengalami pertumbuhan dengan perkembangan awal seperti otak, sumsum tulang belakang, hati, dan saluran pencernaan. Minggu ke-2&3: Pada minggu ini pertumbuhan tanga [...]

Nyamankan Punggung Saat Hamil

Nyamankan Punggung Saat Hamil

Ketika hamil, berbagai hal pada tubuh Mama mengalami perubahan. Salah satunya adalah titik keseimbangan tubuh. Beratnya kandungan, membuat titik beban di punggung bertambah sehingga punggung jadi sering sakit dan pegal. Atasi dengan: 1.Kontrol Berat Badan (BB) Kenaikan BB berlebih akan menambah tekanan dan beban pada punggung. Jaga kenaikan agar tidak melebihi dua kilogram perbulan. Jika lebih, minta saran dokter untuk perbaikan pola makan. 2.No High Heel Sepatu hak tinggi tidak bisa menyangga berat tubuh dengan baik dan justru menambah berat beban di bagian kaki. Karena otot-otot tubuh saling terhubung satu sama lain, beban otot kaki yang berlebihan akan memengaruhi otot di punggung juga. Hasilnya, sakit punggung bertambah parah. Mama yang sedang hamil dianjurkan untuk memilih sepatu hak lebar bersol datar. Jika Mama ingin pakai sepatu berhak, pilih yang tingginya tidak lebih dari 5 Cm. 3. Posisi duduk harus benar Kursi harus menyangga punggung dan leher, ada sandaran tangan, dilengkapi bantal untuk menahan punggung dan bangku kecil untuk menaikkan kaki agar beban tubuh menyebar rata. Jangan duduk bersilang kaki karena bisa membuat panggul maju dan otot punggung tertarik. Bangun d [...]

Obesitas pada Ibu Hamil

Obesitas pada Ibu Hamil

Obesitas adalah kondisi kelebihan massa tubuh. Kegemukan memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan. Risiko yang ada menjadi dua kali lipat jika obesitas terjadi pada ibu hamil. Selain berisiko bagi perkembangan ibu hamil, kondisi kegemukan sendiri membuat usaha untuk hamil menjadi lebih sulit ketimbang pada perempuan yang massa tubuhnya ideal. Mari kita telaah lebih jauh perihal keterkaitan obesitas yang membahayakan kehamilan. Batasan orang bisa dikategorikan memiliki massa tubuh berlebih atau obesitas jika indeks massa tubuhnya lebih dari 30 kg/m2. Adapun cara merumuskan indeks massa tubuh, ialah:Berat badan (dalam satuan kg) dibagi dengan tinggi badan yang dikuadratkan (dalam satuan meter) Contoh: Seorang ibu dengan berat badan 70 kg dan tinggi 150cm, maka indeks massa tubuhnya 70 kg/(1,5m X 1,5m) = 31,1kg/m2 Dikategorikan obesitas jika Indeks Massa Tubuh >30kg/m2 Perempuan yang masuk kategori obesitas dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan semenjak memulai perencanaan kehamilan. Selain membahas perihal segala resiko dan perkembangan kehamilan, dokter kandungan akan memberikan solusi serta memantau kenaikan berat badan dan dampaknya bagi [...]

Berulangkali Keguguran, Apa Yang Salah?

Berulangkali Keguguran, Apa Yang Salah?

Keguguran adalah peristiwa yang menakutkan bagi wanita, terlebih jika itu terjadi berulang kali dan berturut-turut dialami dalam beberapa kali kehamilan. Bagi mereka yang mengalami, keguguran dapat menimbulkan perasaan hampa dan depresi. Meski sulit, Anda tidak perlu cemas. Anda tetap bisa mengalami kehamilan yang sehat tanpa keguguran, jika memang hasil pemeriksaan tidak menunjukkan adanya masalah kesehatan. Sebagian besar kasus keguguran berulang tidak diketahui secara pasti penyebabnya. Kabar baiknya, kehamilan tetap dapat terjadi lagi jika memang tidak ada masalah pada kondisi kesehatan reproduksi atau kesehatan secara menyeluruh. Namun, beberapa kasus keguguran berulang di bawah ini, perlu mendapat penanganan segera: 1.Kondisi penggumpalan darah yang abnormal atau antiphospholipid syndrome atau APS. Kondisi ini dikenal juga dengan nama sindrom darah lengket atau sindrom Hughes. 2.Kondisi penggumpalan darah turunan yang disebut thrombophilia. Kondisi ini hampir sama dengan APS namun terjadi lebih karena faktor bawaan sejak lahir. 3.Masalah genetik pada kromosom dari calon ibu atau calon ayah yang tidak terdeteksi hingga diturunkan ke bakal janin. Akibatnya, keguguran berulang [...]

Jangan Percaya 5 Mitos Terapi Kesuburan Ini!

Jangan Percaya 5 Mitos Terapi Kesuburan Ini!

Tigapuluh tujuh tahun lalu bayi tabung pertama dilahirkan. Sekarang, ada sekitar lima juta bayi dilahirkan sebagai hasil teknologi in vitro. Ini adalah gambaran bahwa masalah ketidaksuburan adalah masalah yang besar, setidaknya dari sisi kuantitas. Konsekuensinya, informasi-informasi mengenai terapi kesuburan banyak beredar di mana-mana. Dari sekian banyak informasi tersebut, tahukah Anda mana yang mitos dan mana yang akurat? Mari kita telusuri lima di antaranya di sini. Mitos 1: Akan ada desainer bayi Yang dimaksud di sini bukan desainer baju bayi tapi orang yang berprofesi mengatur rupa anak Anda kelak. Sampai saat ini, metode in vitro tidak dapat menentukan bagaimana wajah dan bentuk tubuh calon bayi. Belum ada teknologi yang mengatur hal artifisial yang demikian, kata Sarah Franklin, peneliti, pengarang dan juru bicara konferensi The Politics of Reproduction di Barnard College. Seleksi genetik dan diagnosa genetik pra-implantasi atau pre-implantation genetic diagnosis (PGD), bukan metode seperti membolak-balik katalog dan memilih gen favorit. Bahkan, gen individu tidak dipilih sama sekali. Yang dipilih adalah embrio. "Satu-satunya yang bisa dirancang adalah jenis kelamin bayi A [...]

Tanda-Tanda Siap Melahirkan

Tanda-Tanda Siap Melahirkan

Barangkali tak sedikit dari Anda yang belum mengetahui apa saja tanda-tanda persalinan, terutama bagi yang baru pertama kali hamil. Nah, berikut ini beberapa di antaranya: Terasa nyeri di selangkangan Anda akan merasakan nyeri di bagian selangkangan karena ada tekanan sebagai akibat posisi kepala janin sudah turun ke bawah, ke daerah rangka tulang pelvis. Lantaran janin menekan kandung kemih, ibu hamil menjadi sering buang air kecil. Anda juga merasakan sakit pada perut, mulas, sering buang air besar, dan buang angin. Sakit pada panggul dan tulang belakang Anda akan merasakan sakit berlebih pada panggul dan bagian tulang belakang. Rasa sakit ini disebabkan oleh pergeseran dan pergerakan janin yang mulai menekan tulang belakang. Keluar lendir kental bercampur darah Mulai keluar cairan lendir kental sedikit lengket. Lendir ini dapat bercampur darah bila leher rahim dalam proses membuka. Sebaiknya Anda segera berangkat ke rumah sakit dengan membawa perlengkapan menginap yang sudah disiapkan sebelumnya. Pecah ketuban Muncul air ketuban dari vagina, bisa berupa rembesan basah di celana atau mengucur deras sampai ke kaki Anda. Segeralah ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan s [...]

5 Nutrisi Ibu Hamil

5 Nutrisi Ibu Hamil

Nutrisi ibu hamil adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan selama masa kehamilan. Ibu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat, agar ibu dan juga janin dalam kandungan tetap sehat dan tercukupi kebutuhan nutrisinya. Dengan begitu, janin dapat tumbuh dengan baik. Sayangnya, tak semua makanan mengandung gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Karena itu, ibu hamil perlu lebih selektif memilih makanan apa saja yang dapat memenuhi nutrisi ibu hamil. Selama masa kehamilan, ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk membantu tumbuh kembang janin. Sehingga, setelah lahir nantinya dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. Asupan protein dan kalsium harus cukup untuk membentuk jaringan dan tulang janin. Selain itu, ibu hamil juga membutuhkan asam folat yang berfungsi untuk melindungi bayi dari cacat saraf bawaan. Kebutuhan zat besi juga meningkat selama kehamilan untuk membawa nutrisi dan oksigen ke bayi anda. Nah, berikut adalah makanan sehat untuk ibu hamil: 1.Telur Ahli gizi, Elizabeth Ward mengatakan bahwa telur adalah makanan sehat yang baik sebelum, selama dan setelah kehamilan. Hal itu disebabkan telur kaya akan protein yang sangat dibutuhkan oleh ibu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *