Kenapa Susah Hamil? Ini Dia Faktor-faktor Penyebabnya

susah hamil

“Sudah isi belum?”
“Kapan, nih, Mama punya cucu?”
“Sudah setahun menikah, kok, belum hamil juga?”
Kenapa Susah Hamil?

Pernahkah Anda dan suami diberi pertanyaan seperti di atas? Pikiran pasti lebih terbebani dan Anda berdua pun cemas. Biasanya, wanita cenderung merasa lebih bersalah dan sedih bila tak tak kunjung hamil setelah sekian lama menikah. Terutama saat yang dibicarakan adalah anak pertama dari wanita berusia di bawah 35 tahun.

Infertilitas atau ketidaksuburan bisa menjadi kemungkinan terbesar saat suami istri telah berhubungan badan secara teratur selama setahun terakhir tapi kehamilan tidak kunjung terjadi. Faktor yang sama juga terjadi pada wanita yang telah hamil tapi tidak berhasil mempertahankan kehamilan.

Proses kehamilan terjadi melalui proses berikut ini:

  • Tubuh wanita akan melepaskan sel telur dari salah satu indung telur. Proses ini disebut sebagai ovulasi.
  • Sel telur akan berjalan melewati tuba falopi menuju rahim. Dalam perjalanan ini, harus ada sperma pria yang membuahi sel telur agar terjadi kehamilan.
  • Jika sel telur berhasi dibuahi, sel telur ini akan mengalami implantasi di dindin rahim dalam.

Kenapa Susah Hamil?

Infertilitas dapat terjadi bila salah satu proses ini terganggu atau bermasalah. Misalnya, saat ovulasi terganggu, produksi sel telur pun terhambat. Proses ovulasi yang tidak normal biasanya dapat dideteksi dari siklus haid yang tidak teratur atau tidak haid sama sekali (amenorrhea).

Penyebab utama gangguan ovulasi adalah polycystic ovarian syndrome (PCOS) atau ketidakseimbangan hormon. Selain PCOS, kondisi primary ovarian insufficiency (POI) atau indung telur tidak berfungsi hingga usia 40 tahun juga dapat menyebabkan gangguan ovulasi.

Penyebabnya beragam mulai dari penyakit radang panggul, endometriosis, operasi kehamilan ektopik, dan kelainan pada uterus. Penyebab lainnya adalah benjolan jinak yang berisi kumpulan jaringan dan otot di dinding rahim (uterine fibroid).

Kebiasaan merokok, minum alkohol, stres, kurang gizi, aktivitas yang terlalu berat, bobot tubuh terlalu rendah atau terlalu berlebihan, serta penyakit menular seksual juga bisa menyebabkan infertilitas.

Pemeriksaan darah dan ultrasound pada wanita yang tidak kunjung hamil perlu dilakukan dengan dokter spesialis. Hasil tes darah dapat digunakan untuk mengevaluasi proses ovulasi yang meliputi pemeriksaan Thyroid-stimulating Hormone (TSH), Prolaktin, Luteinizing Hormone (LH), Folicle-stimulating Hormone (FSH), dan Progesteron. Pemeriksaan ultrasound yang perlu dilakukan meliputi Hysterosalpingography (HSG) dan Laparoscopy.

Berbagai pemeriksaan ini dapat diperoleh di Laboratorium Klinik Prodia. Meski proses ini terbilang panjang dan melelahkan, tapi bersabarlah sebab pemeriksaan ini bertujuan untuk menemukan dan mengatasi masalah kesehatan secara menyeluruh demi mewujudkan mimpi memiliki momongan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Tips Cepat Hamil

5 Tips Cepat Hamil

Banyak pasangan yang mencari tips cepat hamil setelah menikah.Bagi beberapa pasangan, mendapatkan momongan adalah suatu anugerah yang sangat dinanti-nantikan. Sebagian memilih untuk menunda, tapi tidak sedikit yang memilih untuk segera cepat hamil. Nah, bagi pasangan yang ingin agar cepat hamil, silakan menyimak artikel berikut ini. Survey membuktikan bahwa rata-rata pasangan akan mendapatkan kehamilan setelah usia pernikahan 1 tahun. Jadi, sebaiknya kita tidak terburu-buru berpikiran negatif akan adanya problem dalam tubuh kita, khususnya para istri. Bagi para pasangan yang dalam waktu dekat akan menikah atau baru saja menikah, ini adalah saat yang tepat untuk memperhatikan tips hamil berikut, agar kehamilan dapat direncanakan dengan baik. 5 Tips cepat hamil, yang sebaiknya dipahami oleh setiap pasangan adalah : Masa Subur. Wanita harus mengetahui dan memahami kapan masa suburnya. Hubungan yang dilakukan di luar masa subur, sudah tentu tidak akan menyebabkan kehamilan. Jadi ini adalah faktor yang paling penting. Nah, sayangnya banyak sekali wanita (dan juga para suami) yang ternyata tidak memahami kapan masa subur terjadi. Baca artikel: Perhitungan Masa Subur untuk mendapatkan d [...]

6 Posisi Duduk Ibu Hamil yang Bekerja

6 Posisi Duduk Ibu Hamil yang Bekerja

Jangan jadikan kehamilan Anda sebagai suatu penghalang atau alasan untuk Anda tetap melakukan aktivitas seperti bekerja. Tentu saja saat hamil Anda harus tetap menjaga posisi tubuh dengan baik, termasuk saat duduk. Mengapa? Sebab posisi duduk atau posisi tubuh ibu hamil saat duduk yang baik dan benar akan berdampak positif terhadap kesehatan tubuh ibu dan janin. Mungkin masalah ini terdengar sepele untuk dilakukan, tapi faktanya posisi duduk yang salah dapat mengganggu kondisi janin dan kehamilan Anda. Untuk menghindari masalah-masalah lain yang dapat menggangu kondisi janin dan kesehatan kehamilan, ikuti enam posisi duduk yang baik dan benar selama masa kehamilan, seperti di bawah ini: Ubahlah posisi duduk Anda dengan posisi yang ideal. Posisi duduk yang baik dan benar atau ideal adalah punggung Anda harus lurus dengan bahu tertarik ke belakang. Duduk dengan posisi tegak dapat menciptakan perasaan jadi lebih baik dan tentu dapat mengurangi risiko terjadinya sakit punggung, sakit pinggang dan nyeri perut selama kehamilan. Sandarkanlah tubuh sepenuhnya di kursi atau sofa. Posisi duduk ini juga merupakan salah satu posisi duduk yang dapat mengurangi risiko terjadinya [...]

Keputihan Saat Hamil

Keputihan Saat Hamil

Keputihan adalah salah satu hal yang paling sering dialami di masa kehamilan. Pasalnya, saat hamil umumnya dibarengi dengan perubahan kondisi fisik dan hormonal pada setiap wanita. Namun, kenali lebih lanjut, apakah keputihan yang Anda alami normal atau tidak? Terjadinya keputihan di masa kehamilan, karena adanya perubahan hormonal dan aliran darah di daerah rahim serta vagina, yang kemudian mengakibatkan adanya peningkatan sekresi vagina. Pada dasarnya, mengalami keputihan dalam jumlah lebih banyak selama kehamilan termasuk hal yang wajar. Ini dikenal dengan sebutan leucorrhea, keputihan berwarna putih susu yang tidak menyengat baunya dan mulai keluar, bahkan sebelum kehamilan terbentuk sempurna. Nah, keputihan akan semakin banyak di masa kehamilan, karena meningkatnya kadar estrogen dan aliran darah menuju vagina. Cairan keputihan terbentuk dari sisa-sisa pembuangan sel-sel serviks dan vagina, serta flora bakteri normal di dalam vagina. Seiring dengan semakin dekatnya waktu kelahiran, biasanya akan semakin banyak jumlah cairan keputihan yang keluar, bersamaan dengan terlepasnya mucus plug, atau cairan serviks yang memenuhi pintu keluar serviks yang bersifat melindungi. Jika, kep [...]

Amankah USG Bagi Janin?

Amankah USG Bagi Janin?

USG adalah suatu metode yang digunakan oleh dokter kandungan untuk merekam aktivitas janin di dalam kandungan. USG berfungsi melalui pemantulan gelombang suara dengan frekuensi yang tinggi. Efek samping yang dapat ditimbulkan dari USG ada dua, yaitu: Efek termal Gambar janin yang timbul di layar monitor USG dipantau dengan indeks termal. Efek nontermal Efek yang timbul karena adanya efek mekanis dari tekanan gelombang ultrasonic yang melewati jaringan. Walaupun terdapat efek-efek seperti yang sudah disebutkan tersebut, USG tetap dikategorikan aman bagi janin dalam pemahaman Mekanikal Indeks atau MI. Hal ini juga berlaku untuk USG yang dilakuan secara rutin. Hingga kini belum ada efek buruk dari USG yang dilaksanakan secara teratur kepada janin yang ada di dalam kandungan maupun epada ibu yang mengandung. Telah dilakukan penelitian jangka panjang selama 30 tahun pada ibu mengandung yang sering melakukan USG. Hasil penelitian ini tidak mengindikasikan adanya efek samping buruk bagi perkembangan janin secara fisik maupun intelektual. USG bermanfaat untuk mengetahui jumlah kehamilan, usia kehamilan, letak kehamilan (apaah berada di dalam maupun di luar kandungan), bagaimana p [...]

9 Tips Agar Anak Sehat dan Cerdas Sejak Dalam Kandungan

9 Tips Agar Anak Sehat dan Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Setiap ibu pastinya menginginkan anak sehat dan cerdas. Bayi yang sehat bisa diartikan dengan memiliki bentuk fisik yang sempurna, berkulit bersih dan berambut lebat. Untuk mendapatkan bayi yang sehat dan cerdas, fokuskan diet ibu selama hamil dengan mengonsumsi makanan berikut: 1.Suplemen kehamilan dengan asam folat Suplemen kehamilan dengan asam folat harus secara rutin dikonsumsi oleh ibu hamil. Asam folat merupakan nutrisi penting yang membantu membentuk sel otak serta menyediakan nutrisi seperti vitamin B12 yang membantu pembentukan sel darah merah pada bayi. Selain itu, suplemen asam folat juga menyediakan vitamin C yang memproduksi kolagen untuk kecantikan kulit bayi serta vitamin D yang membantu pembentukan tulang. Makanan yang merupakan sumber nutrisi asam folat meliputi sayuran berdaun seperti bayam dan sereal sarapan yang diperkaya dengan zat besi serta asam folat. 2.Makanan yang kaya omega-3 Asam omega-3 merupakan nutrisi penting untuk produksi sel-sel saraf bayi yang nantinya akan mengirimkan impuls elektrik ke otak dan mengirimkan pesan ke organ-organ tubuh lainnya. Dapatkan manfaat omega-3 dari ikan salmon, telur, biji rami giling, walnut, bayam, tahu, kacang-kacanga [...]

Persiapan Melahirkan Anak Pertama

Persiapan Melahirkan Anak Pertama

Menyambut kelahiran anak pertama menjadi momen yang sangat membahagiakan. Sebelum melahirkan, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh para calon orangtua. Apalagi ibu dan ayah, belum memiliki pengalaman menjalani proses melahirkan. Salah satu persiapan melahirkan yang perlu dilakukan adalah, mempersiapkan diri bagi para calon ibu agar menghadapi proses melahirkan dengan lebih positif dan bisa mengalihkan rasa sakit. Berikut ini beberapa persiapan melahirkan yang dapat dilakukan oleh para calon orangtua, terutama calon ibu. 1. Bergabunglah dengan kursus bersalin. Terdapat banyak sekali pilihan kursus bersalin yang tersedia, mulai dari kursus yang diawali sejak awal trimester kehamilan, hingga kursus kehamilan yang baru bisa dimulai secara intensif pada trimester kedua kehamilan seperti kursus The Bradley Method yang berlangsung selama 12 minggu. Selain kursus, banyak berkonsultasilah dengan dokter kandungan yang menangani Anda mengenai cara mengatasi rasa sakit bersalin. 2. Persiapkan diri dengan belajar fokus dan menemukan kekuatan dalam diri.Yoga adalah salah satu hal yang bisa dilakukan. Melakukan yoga selama hamil, akan meningkatkan fleksibilitas dan memperkuat tubuh secara [...]

5 Cara Memanjakan Diri Saat Hamil

5 Cara Memanjakan Diri Saat Hamil

Kehamilan merupakan hal yang sangat ditunggu setiap pasangan, terlebih lagi pasangan yang baru saja menikah dan ingin segera memiliki anak. Namun, kehamilan terkadang menimbulkan beberapa gangguan pada sang ibu. Seperti morning sickness, mudah marah, dan beberapa gangguan lainnya. Nah, untuk membuat kehamilan Anda lebih menyenangkan, mungkin Anda bia melakukan beberapa kegiatan yang menyenangkan hati, seperti memanjakan diri sendiri. 1.Spa Melakukan spa saat kehamilan dapat membuat Anda merasa lebih rileks dan nyaman. Anda bisa melakukan perawatan meni-pedi dan sedikit pijat refleksi pada kaki dan leher Anda. Namun pastikan terapi yang memijat Anda biasa memijat ibu hamil dan bersertifikat. 2.Makan makanan ?enak? Sepotong pizza atau burger bisa Anda konsumsi sesekali. Hal tersebut bisa Anda lakukan untuk memanjakan diri,lagi pula hal tersebut tidak dilakukan terlalu sering. Namun, ada baiknya untuk tetap mengonsultasikan hal tersebut pada dokter kandungan Anda. 3.Pergi ke bioskop Nonton film ke bioskop merupakan salah satu cara yang bisa membuat mood Anda menjadi lebih baik. Oleh karena itu, pilihlah film kesukaan Anda. Pasalnya, jika si kecil telah lahir Anda akan cukup sulit men [...]

Sebelum Menjalani Program Bayi Tabung, Jawab Pertanyaan Ini

Sebelum Menjalani Program Bayi Tabung, Jawab Pertanyaan Ini

Di zaman teknologi seperti sekarang ini, kehamilan dapat direncanakan dengan program bayi tabung. Namun, tidak semua pasangan suami istri perlu menjalani bayi tabung. Dan, untuk mengetahui apakah Anda dan pasangan merupakan kandidat yang tepat untuk menjalani program bayi tabung, lakukan pengecekan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut. 1.Berapa lama Anda dan pasangan sudah mencoba untuk punya anak? Jika usia Anda sudah mencapai 34 tahun dan sudah melakukan hubungan suami istri secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi jenis apapun namun tidak kunjung hamil, maka berkonsultasi kepada dokter merupakan langkah yang dianjurkan. Jika usia sudah menyentuh angka 35 tahun dan percobaan untuk hamil sudah dilakukan hingga lebih dari enam bulan, maka sudah saatnya mencari bantuan. 2.Berapa umur Anda? Cek usia Anda saat mencoba mengandung. Hal yang perlu diperhatikan adalah kadar kesuburan pihak wanita yang semakin menurun drastis pada wanita yang usianya sudah di atas 35 tahun dan lebih menurun lagi saat mencapai usia 40 tahun. Pada usia 35 tahun, kesempatan untuk mengandung pada setiap siklus menstruasi berada pada persentase sekitar 20 persen. Pada usia 40 tahun, persentase [...]

Melahirkan Normal, Rangsang Secara Alami

Melahirkan Normal, Rangsang Secara Alami

Melahirkannormal atau melahirkan cesar ? Melahirkan adalah proses terakhir dari sebuah penantian panjang selama 9 bulan yang ditunggu-tunggu oleh calon ibu dan ayah. Mendekati waktu melahirkan, Anda dan pasangan bisa saja gelisah bila tanda-tanda melahirkan belum muncul.Kontraksi adalah salah satu tanda-tanda melahirkan. Kontraksi rahim saat akan melahirkan berlangsung secara terus-menerus selama 5 menit dan tidak hilang dalam waktu 1 jam. Hal ini tentu saja berbeda dengan kontraksi palsu yang datang dan hilang secara tiba-tiba. Meski proses melahirkan biasanya terjadi pada usia kehamilan 37 ? 40 minggu, kadang janin masih betah berada di dalam kandungan. Biasanya, di tengah kepanikan karena tak kunjung melahirkan, bisa saja Anda menerima saran untuk memakai obat perangsang kontraksi. Perlu Anda ketahui bahwa obat-obatan pelemas otot, pereda nyeri, dan perangsang kontraksi untuk wanita hamil harus berdasarkan pengawasan dan resep dari dokter. Jadi, Anda tidak bisa sembarangan menggunakan obat-obatan tersebut. Melahirkan normal perlu rangsangan agar kontraksi : Di sisi lain, ada cara lain untuk merangsang kontraksi secara alami sehingga Anda bisa melahirkan normal. Ini tipsnya! [...]

Bayi Tabung dan Inseminasi Buatan, Apa Bedanya?

Bayi Tabung dan Inseminasi Buatan, Apa Bedanya?

Mungkin Anda sudah melakukan segala cara yang Anda tahu untuk mendapatkan keturunan. Mulai dari yang paling sederhana yaitu mencoba rileks dan berdoa hingga terapi kesuburan dan hormon. Sayangnya, hingga saat ini si buah hati tak kunjung datang. Sampai akhirnya, ada teman menyarankan untuk mengikuti program bayi tabung (pembuahan in vitro) atau inseminasi buatan (artificial insemination). Anda bingung, apa beda keduanya dan apa keuntungan serta kerugian masing-dua cara medis tersebut. Perbedaan Program bayi tabung pada dasarnya adalah prosedur pengambilan sel telur matang dari wanita lalu dipertemukan dengan sperma pasangan agar terjadi pembuahan di luar tubuh. Pertemuan keduanya terjadi di suatu cawan petri. Setelah sel telur dibuahi dan menjadi embrio, embrio ini dimasukkan ke dalam rahim ibu untuk berkembang menjadi bayi yang sempurna di sana. Program bayi tabung lebih kompleks prosedurnya dibanding inseminasi buatan. Sedangkan inseminasi buatan adalah prosedur pemilihan sperma terbaik hasil ejakulasi dengan cara pencucian sperma. Sperma yang sudah terpilih dilepas ke dalam mulut rahim melalui bantuan kateter. Setelah itu, terserah bagaimana cara sperma mencapai sel telur di tub [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *