Kenapa Susah Hamil? Ini Dia Faktor-faktor Penyebabnya

susah hamil

“Sudah isi belum?”
“Kapan, nih, Mama punya cucu?”
“Sudah setahun menikah, kok, belum hamil juga?”
Kenapa Susah Hamil?

Pernahkah Anda dan suami diberi pertanyaan seperti di atas? Pikiran pasti lebih terbebani dan Anda berdua pun cemas. Biasanya, wanita cenderung merasa lebih bersalah dan sedih bila tak tak kunjung hamil setelah sekian lama menikah. Terutama saat yang dibicarakan adalah anak pertama dari wanita berusia di bawah 35 tahun.

Infertilitas atau ketidaksuburan bisa menjadi kemungkinan terbesar saat suami istri telah berhubungan badan secara teratur selama setahun terakhir tapi kehamilan tidak kunjung terjadi. Faktor yang sama juga terjadi pada wanita yang telah hamil tapi tidak berhasil mempertahankan kehamilan.

Proses kehamilan terjadi melalui proses berikut ini:

  • Tubuh wanita akan melepaskan sel telur dari salah satu indung telur. Proses ini disebut sebagai ovulasi.
  • Sel telur akan berjalan melewati tuba falopi menuju rahim. Dalam perjalanan ini, harus ada sperma pria yang membuahi sel telur agar terjadi kehamilan.
  • Jika sel telur berhasi dibuahi, sel telur ini akan mengalami implantasi di dindin rahim dalam.

Kenapa Susah Hamil?

Infertilitas dapat terjadi bila salah satu proses ini terganggu atau bermasalah. Misalnya, saat ovulasi terganggu, produksi sel telur pun terhambat. Proses ovulasi yang tidak normal biasanya dapat dideteksi dari siklus haid yang tidak teratur atau tidak haid sama sekali (amenorrhea).

Penyebab utama gangguan ovulasi adalah polycystic ovarian syndrome (PCOS) atau ketidakseimbangan hormon. Selain PCOS, kondisi primary ovarian insufficiency (POI) atau indung telur tidak berfungsi hingga usia 40 tahun juga dapat menyebabkan gangguan ovulasi.

Penyebabnya beragam mulai dari penyakit radang panggul, endometriosis, operasi kehamilan ektopik, dan kelainan pada uterus. Penyebab lainnya adalah benjolan jinak yang berisi kumpulan jaringan dan otot di dinding rahim (uterine fibroid).

Kebiasaan merokok, minum alkohol, stres, kurang gizi, aktivitas yang terlalu berat, bobot tubuh terlalu rendah atau terlalu berlebihan, serta penyakit menular seksual juga bisa menyebabkan infertilitas.

Pemeriksaan darah dan ultrasound pada wanita yang tidak kunjung hamil perlu dilakukan dengan dokter spesialis. Hasil tes darah dapat digunakan untuk mengevaluasi proses ovulasi yang meliputi pemeriksaan Thyroid-stimulating Hormone (TSH), Prolaktin, Luteinizing Hormone (LH), Folicle-stimulating Hormone (FSH), dan Progesteron. Pemeriksaan ultrasound yang perlu dilakukan meliputi Hysterosalpingography (HSG) dan Laparoscopy.

Berbagai pemeriksaan ini dapat diperoleh di Laboratorium Klinik Prodia. Meski proses ini terbilang panjang dan melelahkan, tapi bersabarlah sebab pemeriksaan ini bertujuan untuk menemukan dan mengatasi masalah kesehatan secara menyeluruh demi mewujudkan mimpi memiliki momongan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Metode In Vitro Dapat Pengaruhi Berat Lahir Bayi

Metode In Vitro Dapat Pengaruhi Berat Lahir Bayi

Ilmu pengetahuan terus berkembang. Penelitian-penelitian terus dilakukan oleh para ahli dari berbagai bidang studi, termasuk bidang in vitro atau bayi tabung. Semua itu adalah upaya untuk terus menciptakan kebaikan bagi umat manusia. Terkadang hasil-hasil penelitian yang dipublikasikan masih perlu studi yang lebih besar dan mendalam, seperti penelitian terbaru bidang fertilisasi in vitro di bawah ini. Meski demikian, jika mau, Anda dapat menggunakannya sebagai bahan pertimbangan untuk memilih yang terbaik bagi calon momongan nantinya. Berapa lama embrio "dikembangkan" selama proses fertilisasi in vitro dapat memengaruhi ukurannya ketika lahir, demikian hasil sebuah penelitian di Finlandia. Embrio yang menghabiskan waktu yang lama tumbuh di laboratorium (sekitar 5-6 hari) sebelum dipindahkan ke rahim ibu, lebih mungkin untuk lahir dengan bobot lebih berat dibandingkan dengan embrio yang menghabiskan waktu yang lebih singkat dalam lab (2,5 hari). Penelitian sebelumnya menunjukkan hasil sebaliknya, bayi yang lahir sebagai hasil dari IVF dinyatakan berisiko lahir prematur dan berat badan lahir rendah. Faktor yang berhubungan dengan perawatan kehamilan, atau teknik IVF-nya sendiri, didu [...]

Morning Sickness, Ini Cara Mengatasinya!

Morning Sickness, Ini Cara Mengatasinya!

Kehamilan merupakan suatu hal yang menyenangkan. Namun , tidak selamanya yang berkaitan dengan kehamilan itu menyenangkan. Pada sebagian orang, masa-masa di awal kehamilan justru dianggap ?menyiksa?. Bahkan, pada beberapa kasus, ada wanita hamil yang harus dirawat di rumah sakit selama beberapa hari karena mual muntah yang hebat sehingga membuat tubuhnya lemah. Mual muntah atau morning sickness merupakan hal yang paling sering dialami oleh wanita hamil. Hal tersebut pun dikatakan oleh dokter kandungan bernama Dr. Marjorie Greenfield yang juga seorang penulis The Working Woman?s Pregnancy Book, ? Sekitar 70 persen wanita hamil mengalami mual pada awal usia kandungannya, dan sekitar 50 persen mengalami muntah?. Morning sickness pun bisa mengakibatkan Anda sulit tidur karena mual yang kerap kali muncul. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut beberapa cara untuk mengatasi morning sickness selama kehamilan: 1.Cium sesuatu yang segar Bau parfum atau bau sesuatu yang menyengat pun bisa menimbulkan rasa mual pada seorang wanita yang sedang hamil. Oleh karena itu, untuk mengatasinya hiruplah wewangian yang segar. Misalnya saja, aroma peppermint atau aroma lain yang Anda suka. Nah, hormon [...]

Inilah Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

Inilah Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

Ibu hamil diwajibkan mengonsumsi makanan sehat dan kaya akan nutrisi agar janin dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Oleh karena itu, nutrisi dan gizi yang dipilih dan dikonsumsi ibu hamil akan sangat membantu.Sayangnya, tidak semua makanan mengandung gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Nah, berikut ini gizi yang harus terkandung dalam makanan ibu hamil: [...]

Mengenali Gejala Hamil

Mengenali Gejala Hamil

Bagi banyak wanita, tidak mudah mengenali tanda-tanda kehamilan. Biasanya yang selalu diperhatikan adalah siklus menstruasi. BIla terlambat datang bulan, maka Anda berpotensi untuk mendapatkan kehamilan.Pertanda awal kehamilan umumnya dapat dikenali sejak minggu pertama kehamilan. Bagi Anda para calon ibu, Anda mungkin mengalami mual, payudara terasa sakit, dan perubahan mood. Mungkinkan Anda sedang hamil saat ini? Untuk membuktikan apakah Anda hamil atau tidak dapat menggunakan tes kehamilan. Gejala Hamil yang Umum Terjadi Sebagai tambahan dari terlambatnya datang bulan, maka tanda awal dan gejala kehamilan yang mungkin terjadi adalah: payudara yang membengkak dan terasa sakit, rasa mual tanpa muntah, frekuensi buang air kecil meningkat, rasa lelah, lapar terus menerus. Pada awal kehamilan maka perubahan hormon dapat menyebabkan payudara terasa sakit, sensitif dan terasa lebih berat serta lebih padat. Morning sickness juga merupakan salah satu gejala hamil yang sering terjadi pada hampir semua wanita hamil. Rasa mual ini bisa dialami baik siang maupun malam hari yang biasanya dimulai pada minggu ketiga kehamilan. Namun sayangnya penyebab mual saat kehamilan hingga saat ini belum d [...]

Mengapa Merokok Mempersulit Hamil?

Mengapa Merokok Mempersulit Hamil?

Merokok akan mendatangkan berbagai masalah kesehatan. Sayangnya, sekalipun bahaya merokok tertera dengan jelas di kemasan rokok, tak sedikit yang mengabaikannya. Bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan, merokok hanya akan memperlambat proses kehamilan sekaligus menurunkan level kesuburan. Berikut ini 4 akibat buruk atau bahaya merokok bagi kesuburan wanita : 1. Ketidaksuburan Tak ada bedanya bila Anda sesekali atau rutin merokok, sebab risiko ketidaksuburan menjadi 60 persen lebih besar. Pasalnya, akan ada sebanyak 4000 bahan kimia berbahaya saat Anda merokok. Sebut saja nikotin, sianida, dan karbon monoksida yang mempercepat penurunan produksi sel telur. Wanita perokok juga setahun hingga empat tahun lebih cepat mengalami menopause. Lantas bagaimana dengan pria? Ternyata sama saja. Pria yang merokok lebih berisiko mengalami penurunan jumlah sperma sekaligus kegesitan sperma dalam memenetrasi sel telur. Sperma pria perokok juga tidak berbentuk normal dan pria juga bisa terkena disfungsi ereksi. 2. Keguguran Merokok memperbesar kemungkinan janin tidak bertahan hingga bulan terakhir kehamilan sebab racun dalam rokok merusak gen dalam sperma dan sel telur. Selain keguguran, mer [...]

Peluang Hamil Bila Haid Tidak Teratur

Peluang Hamil Bila Haid Tidak Teratur

Pada wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur, kesempatan untuk mengalami pembuahan juga secara otomatis menjadi semakin kecil. Sehingga potensi untuk memiliki keturunan juga kian tipis. Sedangkan pada wanita yang memiliki siklus haid teratur, haid biasanya terjadi sebanyak 11 hingga 13 siklus menstruasi dalam setahun. Artinya, maksimal hanya terdapat 13 kesempatan untuk bisa terjadi pembuahan setiap tahunnya. Meski begitu, Anda tidak perlu berkecil hati karena Anda masih memiliki peluang untuk hamil, selama Anda dapat memahami penyebab siklus haid yang tidak teratur, serta melakukan berbagai upaya untuk memperbaikinya. Sebelum Anda berupaya mempebaiki siklus Anda, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui apakah memang benar siklus haid Anda tidak teratur. Siklus haid adalah jumlah hari dari awal menstruasi hingga awal menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi yang normal berlangsung setiap 23 hingga 35 hari, artinya, jika siklus haid terjadi setiap 23 hari hingga setiap 35 hari atau kapanpun di antara periode tersebut dan terus terjadi begitu setiap bulannya, maka Anda termasuk pemilik siklus haid normal. Siklus haid termasuk tidak teratur jika terus-menerus [...]

Atasi Mual Muntah Saat Hamil

Atasi Mual Muntah Saat Hamil

Mual dan muntah merupakan tanda awal dari suatu kehamilan, dan biasanya dimulai sekitar minggu keenam kehamilan. Mual dan muntah yang biasa disebut dengan morning sickness biasa dialami hampir semua ibu hamil. Seperti namanya, ibu hamil sering mengalami mual muntah pada pagi hari. Morning sickness tidak berbahaya bagi Anda dan janin, tetapi jika muntah yang Anda alami berlebihan (semakin parah) sehingga tidak dapat memasukan makanan apapun ke tubuh bisa mempengaruhi perkembangan janin karena kekurangan cairan dan nutrisi. Beberapa ahli mengatakan, penyebab pasti dari morning sickness tidak diketahui secara jelas. Tetapi, mual muntah saat hamil bisa disebabkan oleh perubahan hormon atau gula darah yang rendah pada awal kehamilan. Keadaan stres, emosional, kelelahan, bepergian atau beberapa makanan bisa membuat mual semakin parah. Keadaan seperti ini biasanya hilang setelah tiga atau empat bulan usia kehamilan. Berikut beberapa cara untuk mengurangi mual muntah yang Anda alami selama kehamilan: Hindari makan yang terlalu banyak dalam satu waktu, maksudnya adalah makan sesering mungkin dengan porsi yang sedikit Minum air putih setengah jam sebelum dan setelah makan Konsu [...]

9 Tips Agar Anak Sehat dan Cerdas Sejak Dalam Kandungan

9 Tips Agar Anak Sehat dan Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Setiap ibu pastinya menginginkan anak sehat dan cerdas. Bayi yang sehat bisa diartikan dengan memiliki bentuk fisik yang sempurna, berkulit bersih dan berambut lebat. Untuk mendapatkan bayi yang sehat dan cerdas, fokuskan diet ibu selama hamil dengan mengonsumsi makanan berikut: 1.Suplemen kehamilan dengan asam folat Suplemen kehamilan dengan asam folat harus secara rutin dikonsumsi oleh ibu hamil. Asam folat merupakan nutrisi penting yang membantu membentuk sel otak serta menyediakan nutrisi seperti vitamin B12 yang membantu pembentukan sel darah merah pada bayi. Selain itu, suplemen asam folat juga menyediakan vitamin C yang memproduksi kolagen untuk kecantikan kulit bayi serta vitamin D yang membantu pembentukan tulang. Makanan yang merupakan sumber nutrisi asam folat meliputi sayuran berdaun seperti bayam dan sereal sarapan yang diperkaya dengan zat besi serta asam folat. 2.Makanan yang kaya omega-3 Asam omega-3 merupakan nutrisi penting untuk produksi sel-sel saraf bayi yang nantinya akan mengirimkan impuls elektrik ke otak dan mengirimkan pesan ke organ-organ tubuh lainnya. Dapatkan manfaat omega-3 dari ikan salmon, telur, biji rami giling, walnut, bayam, tahu, kacang-kacanga [...]

Waspada Toksoplasma Saat Hamil

Waspada Toksoplasma Saat Hamil

Toksoplasmosis disebabkan parasit Toxoplasma gondii dari kontak langsung dengan feses kucing atau mengonsumsi maupun menyentuh daging mentah atau setengah matang yang tercemar kista toxoplasma. Gejala yang muncul saat terinfeksi parasit toxoplasma mirip penyakit flu. Misalnya, pembengkakan kelenjar getah bening, pegal, dan sakit yang berlangsung lama. Daya tahan tubuh yang sedang menurun juga mempermudah penularan toksoplasmosis.Misalnya, karena menjalani kemoterapi, menderita HIV/AIDS, baru mendapatkan transplantasi organ, dan terkena penyakit yang menyerang daya tahan tubuh. Dalam kasus ini, parasit toxoplasma yang sudah mengendap di tubuh akan menyebabkan kerusakan mata, sehingga pandangan menjadi kabur, sakit saat ada cahaya terang, mata merah, hingga kerusakan otak dan organ tubuh lainnya. Pada ibu hamil, parasit toxoplasma dapat diturunkan ke janin karena sistem imun bayi yang belum terbentuk sempurna. Akibatnya, bayi berisiko terkena kerusakan mata dan otak, sakit kuning, ruam kulit, hingga kelenjar getah bening yang membesar. Penularan ini dapat langsung terjadi di sepanjang saat kehamilan. Saat ibu terinfeksi pada trimester pertama kehamilan, terdapat kemungkinan 10 ? 15 [...]

Hamil di Usia 35 Tahun Ke Atas, Perhatikan Hal Ini

Hamil di Usia 35 Tahun Ke Atas, Perhatikan Hal Ini

Usia aktif reproduksi wanita berkisar pada usia 20an hingga akhir 30an. Namun memasuki usia kepala 3, kehamilan akan menjadi lebih berisiko daripada di usia-usia awal aktif reproduksi. Meski demikian, bukan berarti kehamilan pada usia lebih dari 30 tahun tidak mungkin terjadi. Banyak wanita yang dapat mengandung dan menjalani kehamilan dengan sukses dan aman, melahirkan bayi yang sehat, bahkan saat usianya sudah di atas 35 tahun sekalipun, asal dengan perawatan kehamilan yang tepat. Kehamilan pada usia 30an, terutama usia 35 tahun ke atas, memang akan lebih berisiko daripada kehamilan pada usia 20an. Beberapa faktor yang mendukung kondisi kehamilan berisiko di usia 35 tahun meliputi: 1.Untuk dapat terjadi kehamilan, diperlukan waktu yang lebih panjang pada para wanita yang berusia di atas 35 tahun. Mencapai usia pertengahan kepala 3, jumlah sel telur akan berkurang secara signifikan dari segi jumlah dan kualitasnya. Sel telur wanita yang lebih menurun kualitasnya tidak akan semudah itu dibuahi. Dibutuhkan waktu lebih lama untuk para wanita yang berusia di atas 35 tahun untuk mengandung. 2.Seiring dengan bertambahnya usia, kehamilan kembar akan semakin mungkin terjadi. Salah satu se [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *