Kenapa Susah Hamil? Ini Dia Faktor-faktor Penyebabnya

susah hamil

“Sudah isi belum?”
“Kapan, nih, Mama punya cucu?”
“Sudah setahun menikah, kok, belum hamil juga?”
Kenapa Susah Hamil?

Pernahkah Anda dan suami diberi pertanyaan seperti di atas? Pikiran pasti lebih terbebani dan Anda berdua pun cemas. Biasanya, wanita cenderung merasa lebih bersalah dan sedih bila tak tak kunjung hamil setelah sekian lama menikah. Terutama saat yang dibicarakan adalah anak pertama dari wanita berusia di bawah 35 tahun.

Infertilitas atau ketidaksuburan bisa menjadi kemungkinan terbesar saat suami istri telah berhubungan badan secara teratur selama setahun terakhir tapi kehamilan tidak kunjung terjadi. Faktor yang sama juga terjadi pada wanita yang telah hamil tapi tidak berhasil mempertahankan kehamilan.

Proses kehamilan terjadi melalui proses berikut ini:

  • Tubuh wanita akan melepaskan sel telur dari salah satu indung telur. Proses ini disebut sebagai ovulasi.
  • Sel telur akan berjalan melewati tuba falopi menuju rahim. Dalam perjalanan ini, harus ada sperma pria yang membuahi sel telur agar terjadi kehamilan.
  • Jika sel telur berhasi dibuahi, sel telur ini akan mengalami implantasi di dindin rahim dalam.

Kenapa Susah Hamil?

Infertilitas dapat terjadi bila salah satu proses ini terganggu atau bermasalah. Misalnya, saat ovulasi terganggu, produksi sel telur pun terhambat. Proses ovulasi yang tidak normal biasanya dapat dideteksi dari siklus haid yang tidak teratur atau tidak haid sama sekali (amenorrhea).

Penyebab utama gangguan ovulasi adalah polycystic ovarian syndrome (PCOS) atau ketidakseimbangan hormon. Selain PCOS, kondisi primary ovarian insufficiency (POI) atau indung telur tidak berfungsi hingga usia 40 tahun juga dapat menyebabkan gangguan ovulasi.

Penyebabnya beragam mulai dari penyakit radang panggul, endometriosis, operasi kehamilan ektopik, dan kelainan pada uterus. Penyebab lainnya adalah benjolan jinak yang berisi kumpulan jaringan dan otot di dinding rahim (uterine fibroid).

Kebiasaan merokok, minum alkohol, stres, kurang gizi, aktivitas yang terlalu berat, bobot tubuh terlalu rendah atau terlalu berlebihan, serta penyakit menular seksual juga bisa menyebabkan infertilitas.

Pemeriksaan darah dan ultrasound pada wanita yang tidak kunjung hamil perlu dilakukan dengan dokter spesialis. Hasil tes darah dapat digunakan untuk mengevaluasi proses ovulasi yang meliputi pemeriksaan Thyroid-stimulating Hormone (TSH), Prolaktin, Luteinizing Hormone (LH), Folicle-stimulating Hormone (FSH), dan Progesteron. Pemeriksaan ultrasound yang perlu dilakukan meliputi Hysterosalpingography (HSG) dan Laparoscopy.

Berbagai pemeriksaan ini dapat diperoleh di Laboratorium Klinik Prodia. Meski proses ini terbilang panjang dan melelahkan, tapi bersabarlah sebab pemeriksaan ini bertujuan untuk menemukan dan mengatasi masalah kesehatan secara menyeluruh demi mewujudkan mimpi memiliki momongan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Nyamankan Punggung Saat Hamil

Nyamankan Punggung Saat Hamil

Ketika hamil, berbagai hal pada tubuh Mama mengalami perubahan. Salah satunya adalah titik keseimbangan tubuh. Beratnya kandungan, membuat titik beban di punggung bertambah sehingga punggung jadi sering sakit dan pegal. Atasi dengan: 1.Kontrol Berat Badan (BB) Kenaikan BB berlebih akan menambah tekanan dan beban pada punggung. Jaga kenaikan agar tidak melebihi dua kilogram perbulan. Jika lebih, minta saran dokter untuk perbaikan pola makan. 2.No High Heel Sepatu hak tinggi tidak bisa menyangga berat tubuh dengan baik dan justru menambah berat beban di bagian kaki. Karena otot-otot tubuh saling terhubung satu sama lain, beban otot kaki yang berlebihan akan memengaruhi otot di punggung juga. Hasilnya, sakit punggung bertambah parah. Mama yang sedang hamil dianjurkan untuk memilih sepatu hak lebar bersol datar. Jika Mama ingin pakai sepatu berhak, pilih yang tingginya tidak lebih dari 5 Cm. 3. Posisi duduk harus benar Kursi harus menyangga punggung dan leher, ada sandaran tangan, dilengkapi bantal untuk menahan punggung dan bangku kecil untuk menaikkan kaki agar beban tubuh menyebar rata. Jangan duduk bersilang kaki karena bisa membuat panggul maju dan otot punggung tertarik. Bangun d [...]

6 Olahraga Ringan Untuk Ibu Hamil

6 Olahraga Ringan Untuk Ibu Hamil

Beberapa penelitian mengatakan bahwa melakukan olahraga selama kehamilan dapat membuat wanita hamil lebih nyaman dalam menjalani masa-masa kehamilan. Selain itu, olahraga yang dilakukan selama hamil juga dipercaya dapat membuat persalinan semakin lancar. Oleh karena itu, kehamilan bukanlah hal yang menyebabkan Anda harus meninggalkan olahraga. Sebaiknya, dengan berolahraga, kehamilan yang Anda jalani akan semakin lancar. Nah, beberapa jenis olahraga ringan sangat disarankan untuk Anda dalam menyiasati sakit punggung yang biasa dialami oleh ibu hamil. Beberapa keuntungan lain, seperti dapat membuat tidur lebih nyenyak, meningkatkan mood, mencegah kelebihan berat badan saat hamil, serta menghindari terjadinya komplikasi selama kehamilan. Nah, berikut beberapa olahraga ringan untuk wanita hamil. [...]

8 CIRI-CIRI ORANG HAMIL

8 CIRI-CIRI ORANG HAMIL

Bagaimana sihCiri-ciri orang hamil? Dokter, sayaberhubungan dengan pasangan saya tanpa kondom 3 minggu yang lalu, apakah saya hamil ? Dok, saya sudah 1 minggu terlambat dari jadwal menstruasi saya, apakah saya hamil ? Banyak pertanyaan kepada dokter yang menanyakan apakah hamil. Sebaiknya ciri-ciri orang hamil diketahui sedini mungkin, karena apabila seorang wanita sedang hamil maka perlu menjaga kondisi kehamilannya. Kehamilan adalah kondisi wanita yang membawa embrio atau janin di dalam tubuhnya. Masa-masa awal kehamilan sangat menentukan kesehatan janin dan ibunya. Pada awal kehamilan biasanya menunjukkan ciri-ciri spesifik. Beberapa ciri-ciri orang hamil yang dapat diketahui masih merupakan indikasi awal. Sebelum mengulas satu per satu tanda atau ciri-ciri hamil, perlu diingat bahwa ciri-ciri hanya merupakan tanda awal atau yang disebut juga indikasi. Untuk memastikan dengan jelas apakah seorang wanita sedang hamil sebaiknya Anda memakai alat uji kehamilan atau yang sering disebut test pack. Juga dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk pengujian dan pemastian kehamilan yang lebih pasti dan akurat. Berikut 8 ciri-ciri orang hamil : [...]

Obesitas pada Ibu Hamil

Obesitas pada Ibu Hamil

Obesitas adalah kondisi kelebihan massa tubuh. Kegemukan memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan. Risiko yang ada menjadi dua kali lipat jika obesitas terjadi pada ibu hamil. Selain berisiko bagi perkembangan ibu hamil, kondisi kegemukan sendiri membuat usaha untuk hamil menjadi lebih sulit ketimbang pada perempuan yang massa tubuhnya ideal. Mari kita telaah lebih jauh perihal keterkaitan obesitas yang membahayakan kehamilan. Batasan orang bisa dikategorikan memiliki massa tubuh berlebih atau obesitas jika indeks massa tubuhnya lebih dari 30 kg/m2. Adapun cara merumuskan indeks massa tubuh, ialah:Berat badan (dalam satuan kg) dibagi dengan tinggi badan yang dikuadratkan (dalam satuan meter) Contoh: Seorang ibu dengan berat badan 70 kg dan tinggi 150cm, maka indeks massa tubuhnya 70 kg/(1,5m X 1,5m) = 31,1kg/m2 Dikategorikan obesitas jika Indeks Massa Tubuh >30kg/m2 Perempuan yang masuk kategori obesitas dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan semenjak memulai perencanaan kehamilan. Selain membahas perihal segala resiko dan perkembangan kehamilan, dokter kandungan akan memberikan solusi serta memantau kenaikan berat badan dan dampaknya bagi [...]

Fakta vs Mitos Susu Ibu Hamil

Fakta vs Mitos Susu Ibu Hamil

Di seputar kita, masih banyak orang yang meragukan manfaat susu untuk ibu hamil. Dasar keraguan mereka, kadang hanya berasal dari mitos yang belum tentu bisa dipertanggungjawabkan. Sayangnya, kadang yang tidak bisa dipertanggungjawabkan itu, disebarkan, beredar luas, dan berpotensi membingungkan para Ibu. Nah, supaya ibu hamil tidak bingung mana yang mitos dan mana yang fakta mengenai susu ibu hamil, telusuri kebenarannya di sini. 1. Mitos: Susu ibu hamil membuat bayi besarFakta: Tidak benar. Bayi besar karena ibu kelebihan kalori. Kebutuhan kalori ibu hamil 2400kkal per hari. Namun, sering kali Anda mengonsumsi makanan tinggi kalori namun rendah nutrisi, seperti junk food atau kue manis. Itulah yang bikin Anda gemuk dan bayi besar. Jangan berhenti minum susu sebab kandungan nutrisinya penting bagi kehamilan. 2. Mitos: Susu Mama hamil bikin mualFakta: Indera penciuman ibu hamil memang sensitif, terutama di trimester pertama, sehingga bisa mual saat mencium bau susu. Tapi, susu Mama hamil kini tersedia dalam berbagai pilihan rasa, bahkan diberi madu dan jahe untuk atasi mual akibat morning sickness. 3. Mitos: Lebih baik minum susu kedelaiFakta: Tidak benar. Susu sapi lebih baik dari [...]

Atasi Mual Muntah Saat Hamil

Atasi Mual Muntah Saat Hamil

Mual dan muntah merupakan tanda awal dari suatu kehamilan, dan biasanya dimulai sekitar minggu keenam kehamilan. Mual dan muntah yang biasa disebut dengan morning sickness biasa dialami hampir semua ibu hamil. Seperti namanya, ibu hamil sering mengalami mual muntah pada pagi hari. Morning sickness tidak berbahaya bagi Anda dan janin, tetapi jika muntah yang Anda alami berlebihan (semakin parah) sehingga tidak dapat memasukan makanan apapun ke tubuh bisa mempengaruhi perkembangan janin karena kekurangan cairan dan nutrisi. Beberapa ahli mengatakan, penyebab pasti dari morning sickness tidak diketahui secara jelas. Tetapi, mual muntah saat hamil bisa disebabkan oleh perubahan hormon atau gula darah yang rendah pada awal kehamilan. Keadaan stres, emosional, kelelahan, bepergian atau beberapa makanan bisa membuat mual semakin parah. Keadaan seperti ini biasanya hilang setelah tiga atau empat bulan usia kehamilan. Berikut beberapa cara untuk mengurangi mual muntah yang Anda alami selama kehamilan: Hindari makan yang terlalu banyak dalam satu waktu, maksudnya adalah makan sesering mungkin dengan porsi yang sedikit Minum air putih setengah jam sebelum dan setelah makan Konsu [...]

Aturan Berhubungan Intim Setelah Melahirkan

Aturan Berhubungan Intim Setelah Melahirkan

Kapan kami bisa berhubungan intim lagi? Ini adalah pertanyaan umum pasangan yang baru saja memiliki bayi. Yang dimaksud di sini adalah, kapankah saat yang aman untuk berhubungan seks setelah istri melahirkan. Jawabannya adalah, Mama dan Papa harus menunggu setelah pendarahan pasca-melahirkan selesai atau sekitar tiga minggu setelah bersalin. Pasalnya, dalam masa tiga minggu itu, luka di rahim akibat keluarnya plasenta sedang mengalami proses penyembuhan. Jika Mama dan Papa berhubungan seks sebelum luka itu sembuh maka Mama akan berisiko terkena infeksi. Namun, tidak semua orang langsung berhubungan tiga minggu setelah melahirkan. Ada yang menunggu sampai empat minggu hingga enam minggu, sampai pihak Mama merasa siap. Ada juga yang menunggu lebih lama, terutama jika Mama mengalami proses episiotomi saat proses persalinan. Episiotomi adalah pengguntingan kulit dan otot antara vagina dan anus untuk memperlebar jalan lahir. Tapi kebanyakan pasangan sudah aktif melakukan hubungan intim sebelum tiga bulan pasca-melahirkan. Saat berhubungan, Mama dan Papa sebaiknya mempertimbangkan penggunaan alat kontrasepsi. Meski Mama sedang menyusui dan periode menstruasi belum kembali normal, tapi ke [...]

Stres Saat Hamil, Ini Cara Mengatasinya!

Stres Saat Hamil, Ini Cara Mengatasinya!

Stres merupakan suatu istilah yang mengacu pada gabungan tekanan fisik, mental, serta emosional yang terjadi pada seseorang. Stres bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, bisa stres karena jalanan macet, pekerjaan, pasangan atau lainnya. Lalu, bagaimana jika stres dialami oleh ibu hamil? Stres pada ibu hamil tak hanya memengaruhi fisik dan psikologis si ibu tapi juga janin yang di kandung. Sebuah penelitian mengatakan, stres pada ibu hamil dapat mengakibatkan kelahiran prematur dan membahayakan janin. Hal tersebut dikarenakan hormon stres, kortisol, akan melewati plasenta sehingga memengaruhi perkembangan emosional bayi di dalam kandungan. Lalu bagaimana agar kehamilan bebas stres? Berikut beberapa cara untuk mengatasi stres dalam kehamilan: 1.Istirahat dan fokus pada kandungan Anda Beristirahat dan santai sejenak dapat menghilangkan stres saat kehamilan. Anda bisa meluangkan waktu berlibur atau jalan-jalan untuk memperbaiki suasana hati. Selain itu, Anda bisa mengajak calon bayi berbicara tentang banyak hal yang menyenangkan. Hal tersebut dapat menambah keintiman Anda dengan bayi saat lahir nanti. 2.Berbicara tentang hal yang membuat Anda stres Membicarakan atau mencari jalan keluar [...]

Belajar Proses Melahirkan

Belajar Proses Melahirkan

ProsesMelahirkanadalah proses regenerasi yang alami pada manusia. Ada tiga tahap dari proses melahirkan dan kita akan melihat semuanya dalam artikel kali ini. Proses melahirkan dari setiap wanita sangatlah unik. Pada beberapa kasus, proses melahirkan akan selesai hanya dalam beberapa jam saja, namun pada kasus lainnya, proses melahirkan menguji fisik serta stamina emosional sang ibu. Anda tidak akan tahu bagaimana proses melahirkan akan terjadi hingga saatnya datang. Namun, Anda bisa bersiap-siap menghadapi proses melahirkan dengan cara mengerti urutan-urutan kejadian yang umum. Tahap Pertama Proses Melahirkan Tahap pertama dalam proses melahirkan terjadi ketika serviks membuka dan menjadi tipis yang memampukan bayi untuk mulai bergerak ke jalur lahiran. Tahap ini merupakan tahap yang paling lama dalam proses melahirkan. Sebenarnya tahap ini dibagi menjadi 2 fase berbeda, yaitu proses melahirkan laten dan proses melahirkan aktif. Proses pembukaan Laten Pada saat ini, servik akan mulai membuka dan Anda akan mersakan kontraksi ringan pada saat tahap awal dari proses melahirkan. Biasanya kontraksi ini akan berlangsung antara 30 detik hingga 90 detik dengan jarak yang teratur. Mendekat [...]

5 Tips Cepat Hamil

5 Tips Cepat Hamil

Banyak pasangan yang mencari tips cepat hamil setelah menikah.Bagi beberapa pasangan, mendapatkan momongan adalah suatu anugerah yang sangat dinanti-nantikan. Sebagian memilih untuk menunda, tapi tidak sedikit yang memilih untuk segera cepat hamil. Nah, bagi pasangan yang ingin agar cepat hamil, silakan menyimak artikel berikut ini. Survey membuktikan bahwa rata-rata pasangan akan mendapatkan kehamilan setelah usia pernikahan 1 tahun. Jadi, sebaiknya kita tidak terburu-buru berpikiran negatif akan adanya problem dalam tubuh kita, khususnya para istri. Bagi para pasangan yang dalam waktu dekat akan menikah atau baru saja menikah, ini adalah saat yang tepat untuk memperhatikan tips hamil berikut, agar kehamilan dapat direncanakan dengan baik. 5 Tips cepat hamil, yang sebaiknya dipahami oleh setiap pasangan adalah : Masa Subur. Wanita harus mengetahui dan memahami kapan masa suburnya. Hubungan yang dilakukan di luar masa subur, sudah tentu tidak akan menyebabkan kehamilan. Jadi ini adalah faktor yang paling penting. Nah, sayangnya banyak sekali wanita (dan juga para suami) yang ternyata tidak memahami kapan masa subur terjadi. Baca artikel: Perhitungan Masa Subur untuk mendapatkan d [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *