Kenapa Susah Hamil? Ini Dia Faktor-faktor Penyebabnya

susah hamil

“Sudah isi belum?”
“Kapan, nih, Mama punya cucu?”
“Sudah setahun menikah, kok, belum hamil juga?”
Kenapa Susah Hamil?

Pernahkah Anda dan suami diberi pertanyaan seperti di atas? Pikiran pasti lebih terbebani dan Anda berdua pun cemas. Biasanya, wanita cenderung merasa lebih bersalah dan sedih bila tak tak kunjung hamil setelah sekian lama menikah. Terutama saat yang dibicarakan adalah anak pertama dari wanita berusia di bawah 35 tahun.

Infertilitas atau ketidaksuburan bisa menjadi kemungkinan terbesar saat suami istri telah berhubungan badan secara teratur selama setahun terakhir tapi kehamilan tidak kunjung terjadi. Faktor yang sama juga terjadi pada wanita yang telah hamil tapi tidak berhasil mempertahankan kehamilan.

Proses kehamilan terjadi melalui proses berikut ini:

  • Tubuh wanita akan melepaskan sel telur dari salah satu indung telur. Proses ini disebut sebagai ovulasi.
  • Sel telur akan berjalan melewati tuba falopi menuju rahim. Dalam perjalanan ini, harus ada sperma pria yang membuahi sel telur agar terjadi kehamilan.
  • Jika sel telur berhasi dibuahi, sel telur ini akan mengalami implantasi di dindin rahim dalam.

Kenapa Susah Hamil?

Infertilitas dapat terjadi bila salah satu proses ini terganggu atau bermasalah. Misalnya, saat ovulasi terganggu, produksi sel telur pun terhambat. Proses ovulasi yang tidak normal biasanya dapat dideteksi dari siklus haid yang tidak teratur atau tidak haid sama sekali (amenorrhea).

Penyebab utama gangguan ovulasi adalah polycystic ovarian syndrome (PCOS) atau ketidakseimbangan hormon. Selain PCOS, kondisi primary ovarian insufficiency (POI) atau indung telur tidak berfungsi hingga usia 40 tahun juga dapat menyebabkan gangguan ovulasi.

Penyebabnya beragam mulai dari penyakit radang panggul, endometriosis, operasi kehamilan ektopik, dan kelainan pada uterus. Penyebab lainnya adalah benjolan jinak yang berisi kumpulan jaringan dan otot di dinding rahim (uterine fibroid).

Kebiasaan merokok, minum alkohol, stres, kurang gizi, aktivitas yang terlalu berat, bobot tubuh terlalu rendah atau terlalu berlebihan, serta penyakit menular seksual juga bisa menyebabkan infertilitas.

Pemeriksaan darah dan ultrasound pada wanita yang tidak kunjung hamil perlu dilakukan dengan dokter spesialis. Hasil tes darah dapat digunakan untuk mengevaluasi proses ovulasi yang meliputi pemeriksaan Thyroid-stimulating Hormone (TSH), Prolaktin, Luteinizing Hormone (LH), Folicle-stimulating Hormone (FSH), dan Progesteron. Pemeriksaan ultrasound yang perlu dilakukan meliputi Hysterosalpingography (HSG) dan Laparoscopy.

Berbagai pemeriksaan ini dapat diperoleh di Laboratorium Klinik Prodia. Meski proses ini terbilang panjang dan melelahkan, tapi bersabarlah sebab pemeriksaan ini bertujuan untuk menemukan dan mengatasi masalah kesehatan secara menyeluruh demi mewujudkan mimpi memiliki momongan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Tanda-Tanda Siap Melahirkan

Tanda-Tanda Siap Melahirkan

Barangkali tak sedikit dari Anda yang belum mengetahui apa saja tanda-tanda persalinan, terutama bagi yang baru pertama kali hamil. Nah, berikut ini beberapa di antaranya: Terasa nyeri di selangkangan Anda akan merasakan nyeri di bagian selangkangan karena ada tekanan sebagai akibat posisi kepala janin sudah turun ke bawah, ke daerah rangka tulang pelvis. Lantaran janin menekan kandung kemih, ibu hamil menjadi sering buang air kecil. Anda juga merasakan sakit pada perut, mulas, sering buang air besar, dan buang angin. Sakit pada panggul dan tulang belakang Anda akan merasakan sakit berlebih pada panggul dan bagian tulang belakang. Rasa sakit ini disebabkan oleh pergeseran dan pergerakan janin yang mulai menekan tulang belakang. Keluar lendir kental bercampur darah Mulai keluar cairan lendir kental sedikit lengket. Lendir ini dapat bercampur darah bila leher rahim dalam proses membuka. Sebaiknya Anda segera berangkat ke rumah sakit dengan membawa perlengkapan menginap yang sudah disiapkan sebelumnya. Pecah ketuban Muncul air ketuban dari vagina, bisa berupa rembesan basah di celana atau mengucur deras sampai ke kaki Anda. Segeralah ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan s [...]

10 Persiapan Menjelang Prosedur Bayi Tabung

10 Persiapan Menjelang Prosedur Bayi Tabung

Kehamilan yang tidak bisa terjadi secara alami kini sudah bisa teratasi dengan adanya bayi tabung, atau teknologi in vitro fertilization (IVF). Mengingat prosedur IVF yang tergolong panjang dan memakan biaya yang tak sedikit, tentunya Anda dan pasangan sangat berharap keberhasilan program ini. Keberhasilan progam IVF sangat tergantung dari kualitas sel telur calon ibu. Karena itu, untuk memperbesar kemungkinan berhasilnya prosedur IVF, Anda sebaiknya melakukan beberapa persiapan berikut ini: 1.Makanlah makanan yang berkualitas tinggi, produk pilihan dengan jenis gandum utuh dan makanan dengan indeks glisemik yang rendah. Hindarilah makanan olahan, minyak terhidrogenasi, gula, dan terlalu banyak alkohol. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berbahan dasar kedelai dan hentikan kebiasaan merokok. 2.Pastikan makanan Anda sehari-hari mengandung lemak yang menyehatkan, dengan minyak murni, dan makanan kaya lemak polyunsaturated seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat dan ikan yang tidak terkontaminasi merkuri, seperti ikan tuna dan salmon yang memiliki kadar merkuri yang lebih rendah. 3.Perbanyaklah kegiatan fisik ringan seperti berjalan kaki atau melakukan yoga empat kali da [...]

Amankah USG Bagi Janin?

Amankah USG Bagi Janin?

USG adalah suatu metode yang digunakan oleh dokter kandungan untuk merekam aktivitas janin di dalam kandungan. USG berfungsi melalui pemantulan gelombang suara dengan frekuensi yang tinggi. Efek samping yang dapat ditimbulkan dari USG ada dua, yaitu: Efek termal Gambar janin yang timbul di layar monitor USG dipantau dengan indeks termal. Efek nontermal Efek yang timbul karena adanya efek mekanis dari tekanan gelombang ultrasonic yang melewati jaringan. Walaupun terdapat efek-efek seperti yang sudah disebutkan tersebut, USG tetap dikategorikan aman bagi janin dalam pemahaman Mekanikal Indeks atau MI. Hal ini juga berlaku untuk USG yang dilakuan secara rutin. Hingga kini belum ada efek buruk dari USG yang dilaksanakan secara teratur kepada janin yang ada di dalam kandungan maupun epada ibu yang mengandung. Telah dilakukan penelitian jangka panjang selama 30 tahun pada ibu mengandung yang sering melakukan USG. Hasil penelitian ini tidak mengindikasikan adanya efek samping buruk bagi perkembangan janin secara fisik maupun intelektual. USG bermanfaat untuk mengetahui jumlah kehamilan, usia kehamilan, letak kehamilan (apaah berada di dalam maupun di luar kandungan), bagaimana p [...]

6 Olahraga Ringan Untuk Ibu Hamil

6 Olahraga Ringan Untuk Ibu Hamil

Beberapa penelitian mengatakan bahwa melakukan olahraga selama kehamilan dapat membuat wanita hamil lebih nyaman dalam menjalani masa-masa kehamilan. Selain itu, olahraga yang dilakukan selama hamil juga dipercaya dapat membuat persalinan semakin lancar. Oleh karena itu, kehamilan bukanlah hal yang menyebabkan Anda harus meninggalkan olahraga. Sebaiknya, dengan berolahraga, kehamilan yang Anda jalani akan semakin lancar. Nah, beberapa jenis olahraga ringan sangat disarankan untuk Anda dalam menyiasati sakit punggung yang biasa dialami oleh ibu hamil. Beberapa keuntungan lain, seperti dapat membuat tidur lebih nyenyak, meningkatkan mood, mencegah kelebihan berat badan saat hamil, serta menghindari terjadinya komplikasi selama kehamilan. Nah, berikut beberapa olahraga ringan untuk wanita hamil. [...]

5 Nutrisi Ibu Hamil

5 Nutrisi Ibu Hamil

Nutrisi ibu hamil adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan selama masa kehamilan. Ibu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat, agar ibu dan juga janin dalam kandungan tetap sehat dan tercukupi kebutuhan nutrisinya. Dengan begitu, janin dapat tumbuh dengan baik. Sayangnya, tak semua makanan mengandung gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Karena itu, ibu hamil perlu lebih selektif memilih makanan apa saja yang dapat memenuhi nutrisi ibu hamil. Selama masa kehamilan, ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk membantu tumbuh kembang janin. Sehingga, setelah lahir nantinya dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. Asupan protein dan kalsium harus cukup untuk membentuk jaringan dan tulang janin. Selain itu, ibu hamil juga membutuhkan asam folat yang berfungsi untuk melindungi bayi dari cacat saraf bawaan. Kebutuhan zat besi juga meningkat selama kehamilan untuk membawa nutrisi dan oksigen ke bayi anda. Nah, berikut adalah makanan sehat untuk ibu hamil: 1.Telur Ahli gizi, Elizabeth Ward mengatakan bahwa telur adalah makanan sehat yang baik sebelum, selama dan setelah kehamilan. Hal itu disebabkan telur kaya akan protein yang sangat dibutuhkan oleh ibu [...]

Perkembangan Janin Trimester Ketiga

Perkembangan Janin Trimester Ketiga

Usia kehamilan sudah memasuki trimester ketiga, itu artinya Anda harus mempersiapkan persalinan. Perasaan campur aduk antara senang menyambut sang buah hati dan khawatir mengenai persalinan mulai muncul. Namun, Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan mengenai persalinan, bersikaplah tenang menghadapi persalinan. Perkembangan janin pada trimester ketiga juga sudah mengalami perkembangan yang pesat dan sudah memasuki tahap penyempurnaan. Berikut perkembangan janin selama trimester ketiga. Minggu ke-27-32: Pada minggu-minggu ini janin mulai berkembang dengan cepat dan mengisi lemak pada tubuh. Tubuh janin juga sudah mencapai sekitar 38-40 cm dan berat sekitar 2 kg pada usia 23 minggu. Paru-paru bayi pun sudah semakin matang sehingga pernafasan yang berirama sudah mulai terjadi. Tulang-tulang bayi sudah mulai terbentuk dengan sempurna walaupun masih sangat lunak. Janin juga terus mengerap zat besi untuk memaksimalkan perkembangan tulang. Pada usia ini bayi pun sudah bisa merespon rangsangan, termasuk suara, nyeri, dan cahaya. Namun, jika Anda mengalami persalinan prematur mungkin Anda akan mengalami persalinan pada minggu-minggu ini. Minggu ke-33-36: Pada minggu ini adalah wa [...]

Agar Cepat Hamil

Agar Cepat Hamil

"Dokter, bagaimana kiatnya agar cepat hamil ?"Secara teori, kehamilan baru bisa terjadi, jika sperma dan sel telur bertemu.Pertemuan tersebut memerlukan sperma yang berkualitas, sel telur yang baik juga saluran yang baik. Bila ada salah satu faktor diatas (sperma, sel telur atau saluran) yang tidak baik, maka kemungkinan terjadinya kehamilan akan kecil. Untuk mengetahui kualitas sperma, bisa dilakukan analisis sperma di laboratorium. Sementara, untuk mengetahui kualitas sel telur dan salurannya, memerlukan pemeriksaan yang lebih banyak, seperti pemeriksaan USG dan pemeriksaan hormonal. Karenanya, pemeriksaan laki-laki dan wanita harus dilakukan secara bersama-sama, tidak bisa hanya salah satu pasangan saja yang diperiksa. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi agar cepat hamil : Gaya hidup Konsumsi makanan yang bergizi, bila perlu konsumsi suplemen multivitamin, menghindari makanan yang dapat meningkatkan kegemukan, melakukan olahraga yang teratur, serta berhenti merokok dan membatasi minum alkohol. Kondisi dan kebersihan organ reproduksi Perhatikan kelembaban daerah reproduksi, terutama bagi wanita. Hindari terlalu sering membersihkan organ intim Anda dengan cairan pembersih. Bagi [...]

Sel Telur Beku Menurunkan Angka Keberhasilan Bayi Tabung

Sel Telur Beku Menurunkan Angka Keberhasilan Bayi Tabung

Bagi yang ingin memiliki anak, bayi tabung adalah cara terakhir bila berbagai upaya tidak membuahkan hasil. Salah satu faktor keberhasilan program bayi tabung adalah kualitas dari sel telur. Hasil dari suatu penelitian yang dimuat di dalam Journal of the American Medical Association mengungkapkan bahwa dibandingkan menggunakan sel telur 'segar', penggunaan sel telur beku dalam proses bayi tabung disinyalir sebagai penyebab rendahnya angka kelahiran hidup. Penggunaan donor sel telur telah meningkat akhir-akhir ini. Pada umumnya, beberapa oosit (sel telur) segar yang diperoleh akan langsung diproses untuk pembuahan dan terbentuklah embrio; embrio yang berkembang tersebut nantinya akan ditanamkan kembali dalam rahim sementara sisa embrio lainnya akan disimpan dengan cara dibekukan. Namun, pada Januari 2013 American Society for Reproductive Medicine (ASRM) menyatakan bahwa teknik pembekuan oosit (sel telur) telah dimungkinkan dan memiliki angka keberhasilan yang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan pembuahan pada oosit segar. ASRM juga menyerukan penyediaan data klinis yang lebih spesifik dan meluas demi keamanan dan keberhasilan penggunaan sel telur yang dibekukan sebelum program do [...]

Bayi Tabung, Ini Risikonya

Bayi Tabung, Ini Risikonya

Bayi tabung atau istilah kedokterannya, in vitro fertilization atau IVF, merupakan prosedur penyatuan sperma dan sel telur di luar rahim dan pemasukan kembali embrio ke dalam rahim untuk kemudian kehamilan pun terjadi seperti biasanya. Meski program bayi tabung sudah mencetak banyak kesuksesan bagi pasangan yang kesulitan mendapatkan keturunan, namun tak sedikit juga yang mengalami kegagalan. Seperti halnya prosedur medis lainnya, bayi tabung pun tetap menyimpan risiko bagi yang menjalaninya. Dan konsekuensi kegagalan ini harus Anda dan pasangan sadari ketika ingin melakukan program bayi tabung. Berikut beberapa risiko dari prosedur bayi tabung, serta berbagai siklus yang harus dilalui oleh para calon orang tua: 1.Risiko kehamilan multiple. Pada prosedur IVF, umumnya akan dilakukan implantasi lebih dari 1 embrio pada rahim. Kehamilan dengan janin lebih dari satu (atau multiple) akan meningkatkan risiko kelahiran prematur dan terjadinya berat bayi lahir rendah dibandingkan pada kehamilan normal. 2.Risiko persalinan prematur. Beberapa studi yang telah dilakukan sebelumnya menunjukkan, adanya kecenderungan persalinan prematur atau kelahiran dengan berat badan lahir rendah pada kehamil [...]

Nyamankan Punggung Saat Hamil

Nyamankan Punggung Saat Hamil

Ketika hamil, berbagai hal pada tubuh Mama mengalami perubahan. Salah satunya adalah titik keseimbangan tubuh. Beratnya kandungan, membuat titik beban di punggung bertambah sehingga punggung jadi sering sakit dan pegal. Atasi dengan: 1.Kontrol Berat Badan (BB) Kenaikan BB berlebih akan menambah tekanan dan beban pada punggung. Jaga kenaikan agar tidak melebihi dua kilogram perbulan. Jika lebih, minta saran dokter untuk perbaikan pola makan. 2.No High Heel Sepatu hak tinggi tidak bisa menyangga berat tubuh dengan baik dan justru menambah berat beban di bagian kaki. Karena otot-otot tubuh saling terhubung satu sama lain, beban otot kaki yang berlebihan akan memengaruhi otot di punggung juga. Hasilnya, sakit punggung bertambah parah. Mama yang sedang hamil dianjurkan untuk memilih sepatu hak lebar bersol datar. Jika Mama ingin pakai sepatu berhak, pilih yang tingginya tidak lebih dari 5 Cm. 3. Posisi duduk harus benar Kursi harus menyangga punggung dan leher, ada sandaran tangan, dilengkapi bantal untuk menahan punggung dan bangku kecil untuk menaikkan kaki agar beban tubuh menyebar rata. Jangan duduk bersilang kaki karena bisa membuat panggul maju dan otot punggung tertarik. Bangun d [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *