Kenapa Susah Hamil? Ini Dia Faktor-faktor Penyebabnya

susah hamil

“Sudah isi belum?”
“Kapan, nih, Mama punya cucu?”
“Sudah setahun menikah, kok, belum hamil juga?”
Kenapa Susah Hamil?

Pernahkah Anda dan suami diberi pertanyaan seperti di atas? Pikiran pasti lebih terbebani dan Anda berdua pun cemas. Biasanya, wanita cenderung merasa lebih bersalah dan sedih bila tak tak kunjung hamil setelah sekian lama menikah. Terutama saat yang dibicarakan adalah anak pertama dari wanita berusia di bawah 35 tahun.

Infertilitas atau ketidaksuburan bisa menjadi kemungkinan terbesar saat suami istri telah berhubungan badan secara teratur selama setahun terakhir tapi kehamilan tidak kunjung terjadi. Faktor yang sama juga terjadi pada wanita yang telah hamil tapi tidak berhasil mempertahankan kehamilan.

Proses kehamilan terjadi melalui proses berikut ini:

  • Tubuh wanita akan melepaskan sel telur dari salah satu indung telur. Proses ini disebut sebagai ovulasi.
  • Sel telur akan berjalan melewati tuba falopi menuju rahim. Dalam perjalanan ini, harus ada sperma pria yang membuahi sel telur agar terjadi kehamilan.
  • Jika sel telur berhasi dibuahi, sel telur ini akan mengalami implantasi di dindin rahim dalam.

Kenapa Susah Hamil?

Infertilitas dapat terjadi bila salah satu proses ini terganggu atau bermasalah. Misalnya, saat ovulasi terganggu, produksi sel telur pun terhambat. Proses ovulasi yang tidak normal biasanya dapat dideteksi dari siklus haid yang tidak teratur atau tidak haid sama sekali (amenorrhea).

Penyebab utama gangguan ovulasi adalah polycystic ovarian syndrome (PCOS) atau ketidakseimbangan hormon. Selain PCOS, kondisi primary ovarian insufficiency (POI) atau indung telur tidak berfungsi hingga usia 40 tahun juga dapat menyebabkan gangguan ovulasi.

Penyebabnya beragam mulai dari penyakit radang panggul, endometriosis, operasi kehamilan ektopik, dan kelainan pada uterus. Penyebab lainnya adalah benjolan jinak yang berisi kumpulan jaringan dan otot di dinding rahim (uterine fibroid).

Kebiasaan merokok, minum alkohol, stres, kurang gizi, aktivitas yang terlalu berat, bobot tubuh terlalu rendah atau terlalu berlebihan, serta penyakit menular seksual juga bisa menyebabkan infertilitas.

Pemeriksaan darah dan ultrasound pada wanita yang tidak kunjung hamil perlu dilakukan dengan dokter spesialis. Hasil tes darah dapat digunakan untuk mengevaluasi proses ovulasi yang meliputi pemeriksaan Thyroid-stimulating Hormone (TSH), Prolaktin, Luteinizing Hormone (LH), Folicle-stimulating Hormone (FSH), dan Progesteron. Pemeriksaan ultrasound yang perlu dilakukan meliputi Hysterosalpingography (HSG) dan Laparoscopy.

Berbagai pemeriksaan ini dapat diperoleh di Laboratorium Klinik Prodia. Meski proses ini terbilang panjang dan melelahkan, tapi bersabarlah sebab pemeriksaan ini bertujuan untuk menemukan dan mengatasi masalah kesehatan secara menyeluruh demi mewujudkan mimpi memiliki momongan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Keputihan Saat Hamil

Keputihan Saat Hamil

Keputihan adalah salah satu hal yang paling sering dialami di masa kehamilan. Pasalnya, saat hamil umumnya dibarengi dengan perubahan kondisi fisik dan hormonal pada setiap wanita. Namun, kenali lebih lanjut, apakah keputihan yang Anda alami normal atau tidak? Terjadinya keputihan di masa kehamilan, karena adanya perubahan hormonal dan aliran darah di daerah rahim serta vagina, yang kemudian mengakibatkan adanya peningkatan sekresi vagina. Pada dasarnya, mengalami keputihan dalam jumlah lebih banyak selama kehamilan termasuk hal yang wajar. Ini dikenal dengan sebutan leucorrhea, keputihan berwarna putih susu yang tidak menyengat baunya dan mulai keluar, bahkan sebelum kehamilan terbentuk sempurna. Nah, keputihan akan semakin banyak di masa kehamilan, karena meningkatnya kadar estrogen dan aliran darah menuju vagina. Cairan keputihan terbentuk dari sisa-sisa pembuangan sel-sel serviks dan vagina, serta flora bakteri normal di dalam vagina. Seiring dengan semakin dekatnya waktu kelahiran, biasanya akan semakin banyak jumlah cairan keputihan yang keluar, bersamaan dengan terlepasnya mucus plug, atau cairan serviks yang memenuhi pintu keluar serviks yang bersifat melindungi. Jika, kep [...]

Fakta vs Mitos Susu Ibu Hamil

Fakta vs Mitos Susu Ibu Hamil

Di seputar kita, masih banyak orang yang meragukan manfaat susu untuk ibu hamil. Dasar keraguan mereka, kadang hanya berasal dari mitos yang belum tentu bisa dipertanggungjawabkan. Sayangnya, kadang yang tidak bisa dipertanggungjawabkan itu, disebarkan, beredar luas, dan berpotensi membingungkan para Ibu. Nah, supaya ibu hamil tidak bingung mana yang mitos dan mana yang fakta mengenai susu ibu hamil, telusuri kebenarannya di sini. 1. Mitos: Susu ibu hamil membuat bayi besarFakta: Tidak benar. Bayi besar karena ibu kelebihan kalori. Kebutuhan kalori ibu hamil 2400kkal per hari. Namun, sering kali Anda mengonsumsi makanan tinggi kalori namun rendah nutrisi, seperti junk food atau kue manis. Itulah yang bikin Anda gemuk dan bayi besar. Jangan berhenti minum susu sebab kandungan nutrisinya penting bagi kehamilan. 2. Mitos: Susu Mama hamil bikin mualFakta: Indera penciuman ibu hamil memang sensitif, terutama di trimester pertama, sehingga bisa mual saat mencium bau susu. Tapi, susu Mama hamil kini tersedia dalam berbagai pilihan rasa, bahkan diberi madu dan jahe untuk atasi mual akibat morning sickness. 3. Mitos: Lebih baik minum susu kedelaiFakta: Tidak benar. Susu sapi lebih baik dari [...]

Melahirkan Normal, Rangsang Secara Alami

Melahirkan Normal, Rangsang Secara Alami

Melahirkannormal atau melahirkan cesar ? Melahirkan adalah proses terakhir dari sebuah penantian panjang selama 9 bulan yang ditunggu-tunggu oleh calon ibu dan ayah. Mendekati waktu melahirkan, Anda dan pasangan bisa saja gelisah bila tanda-tanda melahirkan belum muncul.Kontraksi adalah salah satu tanda-tanda melahirkan. Kontraksi rahim saat akan melahirkan berlangsung secara terus-menerus selama 5 menit dan tidak hilang dalam waktu 1 jam. Hal ini tentu saja berbeda dengan kontraksi palsu yang datang dan hilang secara tiba-tiba. Meski proses melahirkan biasanya terjadi pada usia kehamilan 37 ? 40 minggu, kadang janin masih betah berada di dalam kandungan. Biasanya, di tengah kepanikan karena tak kunjung melahirkan, bisa saja Anda menerima saran untuk memakai obat perangsang kontraksi. Perlu Anda ketahui bahwa obat-obatan pelemas otot, pereda nyeri, dan perangsang kontraksi untuk wanita hamil harus berdasarkan pengawasan dan resep dari dokter. Jadi, Anda tidak bisa sembarangan menggunakan obat-obatan tersebut. Melahirkan normal perlu rangsangan agar kontraksi : Di sisi lain, ada cara lain untuk merangsang kontraksi secara alami sehingga Anda bisa melahirkan normal. Ini tipsnya! [...]

Penyebab Keguguran

Penyebab Keguguran

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab keguguran. Keguguran adalah berakhirnya masa kehamilan sebelum usia 20 minggu. Kelainan kromosom pada janin termasuk kondisi yang paling sering menyebabkan terjadinya keguguran sebelum memasuki usia 13 minggu kehamilan. Kondisi lain yang menyebabkan keguguran, yaitu : Infeksi virus Infeksi TORCH (Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes) Infeksi mulut rahim atau rahim, Infeksi secara umum, misalnya typus Kelainan rahim, misalnya miom Penyakit yang di derita oleh ibu hamil, misalnya diabetes Autoimun pada tubuh ibu hamil, karena darahnya mudah membeku Umumnya, keguguran ditandai dengan rasa mulas dan perdarahan yang terjadi secara bersamaan. Jika perdarahan tidak disertai rasa mulas, kondisi tersebut belum tentu dikatakan dengan keguguran. Adapun faktor lain yang bisa memicu keguguran, misalnya: Usia ibu hamil Sebaiknya Anda mengandung sebelum usia 30 tahun, atau maksimal sebelum usia 35 tahun, karena setelah melewati usia tersebut kandungan Anda akan semakin rawan mengalami keguguran, terutama setelah usia 40 tahun. Gaya hidup tidak sehat Misalnya merokok, konsumsi alkohol maupun penggunaan obat-obatan terlarang. Pekerjaan berisiko M [...]

Atasi Mual Muntah Saat Hamil

Atasi Mual Muntah Saat Hamil

Mual dan muntah merupakan tanda awal dari suatu kehamilan, dan biasanya dimulai sekitar minggu keenam kehamilan. Mual dan muntah yang biasa disebut dengan morning sickness biasa dialami hampir semua ibu hamil. Seperti namanya, ibu hamil sering mengalami mual muntah pada pagi hari. Morning sickness tidak berbahaya bagi Anda dan janin, tetapi jika muntah yang Anda alami berlebihan (semakin parah) sehingga tidak dapat memasukan makanan apapun ke tubuh bisa mempengaruhi perkembangan janin karena kekurangan cairan dan nutrisi. Beberapa ahli mengatakan, penyebab pasti dari morning sickness tidak diketahui secara jelas. Tetapi, mual muntah saat hamil bisa disebabkan oleh perubahan hormon atau gula darah yang rendah pada awal kehamilan. Keadaan stres, emosional, kelelahan, bepergian atau beberapa makanan bisa membuat mual semakin parah. Keadaan seperti ini biasanya hilang setelah tiga atau empat bulan usia kehamilan. Berikut beberapa cara untuk mengurangi mual muntah yang Anda alami selama kehamilan: Hindari makan yang terlalu banyak dalam satu waktu, maksudnya adalah makan sesering mungkin dengan porsi yang sedikit Minum air putih setengah jam sebelum dan setelah makan Konsu [...]

Belajar Proses Melahirkan

Belajar Proses Melahirkan

ProsesMelahirkanadalah proses regenerasi yang alami pada manusia. Ada tiga tahap dari proses melahirkan dan kita akan melihat semuanya dalam artikel kali ini. Proses melahirkan dari setiap wanita sangatlah unik. Pada beberapa kasus, proses melahirkan akan selesai hanya dalam beberapa jam saja, namun pada kasus lainnya, proses melahirkan menguji fisik serta stamina emosional sang ibu. Anda tidak akan tahu bagaimana proses melahirkan akan terjadi hingga saatnya datang. Namun, Anda bisa bersiap-siap menghadapi proses melahirkan dengan cara mengerti urutan-urutan kejadian yang umum. Tahap Pertama Proses Melahirkan Tahap pertama dalam proses melahirkan terjadi ketika serviks membuka dan menjadi tipis yang memampukan bayi untuk mulai bergerak ke jalur lahiran. Tahap ini merupakan tahap yang paling lama dalam proses melahirkan. Sebenarnya tahap ini dibagi menjadi 2 fase berbeda, yaitu proses melahirkan laten dan proses melahirkan aktif. Proses pembukaan Laten Pada saat ini, servik akan mulai membuka dan Anda akan mersakan kontraksi ringan pada saat tahap awal dari proses melahirkan. Biasanya kontraksi ini akan berlangsung antara 30 detik hingga 90 detik dengan jarak yang teratur. Mendekat [...]

Ibu Hamil, Hindari Makanan Ini

Ibu Hamil, Hindari Makanan Ini

Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin dan sang ibu. Selain itu, selama masa kehamilan, ibu hamil juga sebaiknya menghindari makanan tertentu. Karena, janin yang sedang berkembang di dalam rahim cenderung lebih rentan terhadap bakteri. Bukan hanya janin, sistem imun tubuh ibu hamil pun mengalami perubahan, menjadi lebih rentan akan keracunan serta kuman dan bakteri pada makanan. Bila terjadi keluhan pada pencernaan dapat menyebabkan komplikasi, mulai dari dehidrasi sampai risiko keguguran. Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari selama hamil adalah: 1.Telur mentah Telur mentah atau yang tidak dimasak hingga benar-benar matang, bisa jadi terkontaminasi oleh salmonella; infeksi oleh kuman jenis ini dapat menyebabkan timbulnya demam, muntah dan diare. 2.Sushi Sushi atau sashimi yang terbuat dari ikan mentah sebaiknya dihindari selama kehamilan, karena dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit akibat parasit. Jika Anda ingin mengonsumsi sushi, pastikan Anda hanya mengonsumsi sushi yang diolah secara matang. Begitupun, dengan daging. Ketika akan mengonsumsi steak, pastikan tingkat kematangan daging dalam level well done. 3.Jus dan s [...]

9 Pertanda Anda Sedang Hamil

9 Pertanda Anda Sedang Hamil

?Hmm, 2 minggu lalu saya berhubungan dengannya tanpa menggunakan kondom, duhhh? hamil ga yah??, atau ?Ini sudah telat 6 hari, kenapa belum mens juga??, atau ?Saya udah 3 hari ini mual-mual di pagi hari, jangan-jangan saya hamil?. Dan masih banyak lagi ekspresi dan pertanyaan sederhana yang pada intinya menanyakan apakah dirinya hamil atau tidak. Nah, untuk mempermudah mendeteksi apakah Anda hamil atau tidak, berikut dijabarkan 9 tanda dan gejala awal yang bisa jadi merupakan tanda kehamilan (possible signs). Tanda-tanda ini dapat menjadi suatu sarana untuk mengira-ngira saja, tapi yang perlu diingat adalah, semua tanda di bawah ini bukanlah tanda pasti kehamilan. Jadi, tidak menjamin jika Anda mengalami satu atau bahkan beberapa gejala seperti yang tertera di bawah ini, lalu Anda boleh mengambil kesimpulan bahwa telah terjadi kehamilan. Diagnosa pasti kehamilan hanya dapat ditegakkan ketika ditemukan adanya tanda kehidupan dalam rahim si ibu. Beberapa gejala atau tanda kehamilan tersebut diantaranya adalah: Payudara yang membesardan (kadang) nyeri. Anda merasakannya seperti saat mendekati menstruasi. Payudara Anda menjadi lebih besar, kadang nyeri jika disentuh. Beberapa wani [...]

Perkembangan Janin Trimester Pertama

Perkembangan Janin Trimester Pertama

Bagaimana perkembangan janin trimester pertama merupakan hal yang perlu diketahui oleh wanita yang sedang hamil. Kehamilan adalah proses dimana sel sperma membuahi sel telur di dalam rahim. Selama proses kehamilan banyak hal ajaib yang bisa timbul. Berbagai perubahan pun akan datang seiring dengan perkembangan janin di dalam perut sang ibu. Pembuahan terjadi pada saat dua minggu setelah hari pertama Anda mengalami menstruasi. Sel telur pun mulai dilepaskan oleh tubuh dan siap dibuahi oleh sperma. Setiap sel telur yang dilepaskan telah memiliki 46 kromosom yang diperlukan untuk menentukan tinggi badan, warna rambut, dan jenis kelamin. Setelah dibuahi oleh sperma, sel telur menempuh perjalanan turun menuju tuba falopi ke uterus. Dalam waktu 5 hingga 7 hari sel telur yang telah dibuahi akan menempel pada dinding rahim dan berkembang serta membelah diri. Setelah semua ini terbentuk,plasenta dan mulai terbentuk untuk melakukan tugasnya menyalurkan oksigen dan sari makanan untuk janin. Minggu ke-1: Embrio akan banyak mengalami pertumbuhan dengan perkembangan awal seperti otak, sumsum tulang belakang, hati, dan saluran pencernaan. Minggu ke-2&3: Pada minggu ini pertumbuhan tanga [...]

7 Tips Bagi Suami Saat Menemani Persalinan

7 Tips Bagi Suami Saat Menemani Persalinan

Ketika kehamilan memasuki trimester ketiga, tidak hanya ibu hamil saja yang merasa khawatir dan panik dalam mengahadapi persalinan, namun para suami juga akan merasakan yang sama. Biasanya para suami malah terlihat lebih panik daripada ibu hamil yang akan melahirkan. Bahkan, beberapa suami disarankan untuk tidak mendampingi sang istri saat persalinan. Jika suami tidak kuat atau tidak tega melihat proses persalinan, suami bisa pingsan atau trauma berkepanjangan. Proses persalinan seorang ibu adalah waktu dimana seorang wanita bertaruh nyawa mengeluarkan bayi yang sedang dikandungnya. Proses tersebut bisa membuat wanita merasa amat kesakitan dan ketakutan sehingga terlihat kesal, marah, bahkan bisa sangat galak terhadap suami. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan para suami simak saat menemani istri pada proses persalinan: 1. Jangan menunjukan ketidaksabaran atau bosan. Menemani istri yang sedang berjuang melahirkan bayi adalah proses yang tidak bisa diprediksi waktunya. Terkadang persalinan normal bisa sangat cepat bahkan tidak jarang juga yang lama. Jadi bagi para suami yang akan menemani istri melahirkan harus bersabar dan setia mendampingi sampai proses persalinan sel [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *