Kenapa Susah Hamil? Ini Dia Faktor-faktor Penyebabnya

susah hamil

“Sudah isi belum?”
“Kapan, nih, Mama punya cucu?”
“Sudah setahun menikah, kok, belum hamil juga?”
Kenapa Susah Hamil?

Pernahkah Anda dan suami diberi pertanyaan seperti di atas? Pikiran pasti lebih terbebani dan Anda berdua pun cemas. Biasanya, wanita cenderung merasa lebih bersalah dan sedih bila tak tak kunjung hamil setelah sekian lama menikah. Terutama saat yang dibicarakan adalah anak pertama dari wanita berusia di bawah 35 tahun.

Infertilitas atau ketidaksuburan bisa menjadi kemungkinan terbesar saat suami istri telah berhubungan badan secara teratur selama setahun terakhir tapi kehamilan tidak kunjung terjadi. Faktor yang sama juga terjadi pada wanita yang telah hamil tapi tidak berhasil mempertahankan kehamilan.

Proses kehamilan terjadi melalui proses berikut ini:

  • Tubuh wanita akan melepaskan sel telur dari salah satu indung telur. Proses ini disebut sebagai ovulasi.
  • Sel telur akan berjalan melewati tuba falopi menuju rahim. Dalam perjalanan ini, harus ada sperma pria yang membuahi sel telur agar terjadi kehamilan.
  • Jika sel telur berhasi dibuahi, sel telur ini akan mengalami implantasi di dindin rahim dalam.

Kenapa Susah Hamil?

Infertilitas dapat terjadi bila salah satu proses ini terganggu atau bermasalah. Misalnya, saat ovulasi terganggu, produksi sel telur pun terhambat. Proses ovulasi yang tidak normal biasanya dapat dideteksi dari siklus haid yang tidak teratur atau tidak haid sama sekali (amenorrhea).

Penyebab utama gangguan ovulasi adalah polycystic ovarian syndrome (PCOS) atau ketidakseimbangan hormon. Selain PCOS, kondisi primary ovarian insufficiency (POI) atau indung telur tidak berfungsi hingga usia 40 tahun juga dapat menyebabkan gangguan ovulasi.

Penyebabnya beragam mulai dari penyakit radang panggul, endometriosis, operasi kehamilan ektopik, dan kelainan pada uterus. Penyebab lainnya adalah benjolan jinak yang berisi kumpulan jaringan dan otot di dinding rahim (uterine fibroid).

Kebiasaan merokok, minum alkohol, stres, kurang gizi, aktivitas yang terlalu berat, bobot tubuh terlalu rendah atau terlalu berlebihan, serta penyakit menular seksual juga bisa menyebabkan infertilitas.

Pemeriksaan darah dan ultrasound pada wanita yang tidak kunjung hamil perlu dilakukan dengan dokter spesialis. Hasil tes darah dapat digunakan untuk mengevaluasi proses ovulasi yang meliputi pemeriksaan Thyroid-stimulating Hormone (TSH), Prolaktin, Luteinizing Hormone (LH), Folicle-stimulating Hormone (FSH), dan Progesteron. Pemeriksaan ultrasound yang perlu dilakukan meliputi Hysterosalpingography (HSG) dan Laparoscopy.

Berbagai pemeriksaan ini dapat diperoleh di Laboratorium Klinik Prodia. Meski proses ini terbilang panjang dan melelahkan, tapi bersabarlah sebab pemeriksaan ini bertujuan untuk menemukan dan mengatasi masalah kesehatan secara menyeluruh demi mewujudkan mimpi memiliki momongan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tip Memilih Camilan Sehat Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Tip Memilih Camilan Sehat Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Di masa kehamilan dan menyusui, ibu tidak hanya harus menerapkan pola makan yang teratur, namun juga bijak dalam memilih setiap makanan yang akan dikonsumsi. Salah satunya, memperbanyak makanan yang memiliki nutrisi tinggi. Tidak hanya makanan utama, dalam memilih camilan sehari-hari pun, ibu perlu bijak dengan selalu memerhatikan nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Jangan sampai hanya karena ingin memuaskan nafsu ngemil, ibu menutup mata terhadap hal-hal yang tidak baik bagi kesehatan di kemudian hari. Dampak buruknya tidak hanya ibu yang merasakan, tapi juga si kecil, lho. Lalu, produk camilan sehat seperti apa yang dapat dijadikan pilihan oleh Ibu? Saat ini banyak sekali makanan yang kaya akan kandungan lemak, gula dan garam di mana ibu hamil dan menyusui diharuskan untuk mengurangi mengonsumsi makanan yang tinggi dengan unsur tersebut. Tujuannya adalah agar ibu terhindar dari berbagai penyakit, salah satunya adalah hipertensi atau darah tinggi. Selain itu, mengonsumsi camilan tidak sehat tersebut dapat mengakibatkan calon bayi mengambil nutrisi yang dibutuhkan dari tubuh ibu, sehingga merugikan kesehatan ibu. Tak hanya itu, mengonsumsi camilan yang tidak sehat juga dapat b [...]

Lupus yang Ingin Hamil

Lupus yang Ingin Hamil

Beberapa dokter tidak menyarankan kehamilan bagi wanita yang menderita lupus. Kehamilan tanpa adanya latar belakang lupus pun bisa membawa banyak kemungkinan komplikasi. Dengan adanya riwayat lupus, tingkat resiko yang dihadapi akan bertambah skitar dua setengah kali lipat. Walau bukan berarti tidak mungkin bagi penderita lupus untuk menjaga kehamilan. Jika anda memiliki riwayat lupus, ada beberapa hal yang harus anda pahami untuk kemudian dipertimbangkan. Persiapan kehamilan Apabila anda telah memutuskan untuk memulai kehamilan, penting sekali untuk memastikan bahwa lupus yang anda punya terkontrol. Kehamilan bisa member efek tekanan pada kerja ginjal, selain membahayakan ginjal anda, kemudian akan mengakibatkan keguguran. Untuk itu perlu diperhatikan, setidak-tidaknya lupus yang anda miliki berada di bawah pengawasan sekitar enam bulan sebelum memulai kehamilan. Tinjau Cermat Obat-obatan Beberapa obat memang aman-aman saja dikonsumsi selama masa kehamilan, tapi ada beberapa obat yang justru dapat membahayakan kehamilan. Obat-obatan yang perlu dikurangi bahkan dihindari selama kehamilan, antara lain: Methotrexate Cyclophsphosphamide Mycophenolate mofetil Leflunomide War [...]

Diet Ibu Hamil

Diet Ibu Hamil

Ide melakukan diet selama hamil biasanya datang dari wanita yang memang mengalami kelebihan berat badan bahkan sebelum hamil. Bermula dari kekhawatiran terlihat sangat gemuk saat hamil atau memang untuk alasan kesehatan, banyak ibu hamil yang berpikir untuk diet. Kenaikan berat badan pada ibu hamil memang harus menjadi perhatian. Wajarnya, ibu hamil mengalami kenaikan 12-15 kg hingga di akhir kehamilan. Sedangkan pada ibu hamil yang sebelumnya telah mengalami obesitas, kenaikan berat badan di atas 8 kg, harus diwaspadai dan segera dikonsultasikan dengan dokter kandungan. Dikhawatirkan terjadi pre-eklampsia pada ibu hamil. Sebenarnya kenaikan berat badan pada ibu hamil tidak perlu terlalu dirisaukan sepanjang masih dalam tahap wajar. Jadi ibu hamil tak perlu buru-buru diet, karena di dalam tubuh ibu hamil, ada janin yang membutuhkan berbagai gizi dan nutrisi untuk terus tumbuh. Ibu hamil perlu mengkonsumsi 2.500 kalori tiap harinya. Kehamilan membuat fisiologi tubuh berubah, kadar gula dalam darah menjadi rendah dan ibu hamil akan merasa cepat lapar terutama saat masuk trimester ke-3 kehamilan. Diet sembarangan pada ibu hamil dapat menyebabkan bayi mengalami gizi buruk atau dis [...]

Puasa Aman dan Nyaman Kala Hamil

Puasa Aman dan Nyaman Kala Hamil

Banyak sekali pertanyaan yang muncul, apakah boleh ibu hamil ikut berpuasa? Lalu, bagaimana dengan bayi yang masih berada di dalm kandungan, apakah akan berpengaruh atau tidak? Pertanyaan seperti itu sering sekali muncul di saat bulan Ramadha seperti ini. Banyak dari ibu hamil ragu jika tetap berpuasa dan khawatir akan mempengaruhi bayi mereka. Sampai saat ini memang beluma da jawaban yang pasti mengenai hal tersebut. Namun, pada beberapa peneliatian menyebutkan bahwa berpuasa kala hamil diperbolehkan dan aman untuk ibu dan bayinya. Selain itu, bukankah ibu hamil tidak diwajibkan untuk berpuasa dan bagaimana jika Anda tetap ingin berpuasa? Jawabannya diperbolehkan jika Anda merasa kuat dan tak akan mempengaruhi apapun. Kecuali, kehamlan Anda mengalami suatu masalah ataupun diindikasi akan mengalami komplikasi. Nah, jika Anda khawatir dengan hal tersebut, ada baiknya untuk bertanya dan mengkonsultasikan mengenai hal tersebut ke dokter. Jika dokter mengijinkan, maka kehamilan Anda tidak memiliki masalah. Jika Anda merasa berisiko terkena dehidrasi ada baiknya untuk tidak ikut berpuasa dahulu. Selain itu, bagi ibu hamil yang tetap berpuasa pada trimester pertama berisiko memiliki bera [...]

5 Pilihan Sehat Camilan Ibu Hamil

5 Pilihan Sehat Camilan Ibu Hamil

Pada beberapa ibu hamil, makan atau mengonsumsi sesuatu merupakan hal yang sering mereka lakukan. Pasalnya, pada saat kehamilan, seorang ibu hamil akan lebih banyak mengonsumsi makanan daripada ketika mereka tidak hamil. Namun, hal ini justru bisa membuat ibu hamil salah dalam memilih asupan makanan yang bergizi untuknya dan janin. Nah, berikut beberapa camilan bergizi yang bisa Anda konsumsi selama masa kehamilan. Di antaranya: 1.Sereal Hampir semua sereal diperkaya dengan vitamin dan mineral yang kaya akan nutrisi serta baik untuk ibu hamil. Ibu bisa membuat sereal yang dicampur dengan susu dan buah-buahan. Nah, jika ibu inging membeli sereal, ada baiknya memilih yang tinggi serat atau dibuat dari biji-bijian untuk melancarkan pencernaan. Selain itu pilih juga sereal yang banyak vitamin C dan antioksidan. Hindari mengonsumsi camilan yang tinggi lemak, kalori atau gula. 2.Buah dan yogurt Smoothies yang biasa dijual di pasaran biasanya mengandung gula yang tinggi. Nah, untuk menghindari hal tersebut ibu bisa membuatnya sendiri di rumah. Pilihlah yogurt yang rendah lemak dan gunakan buah yang tinggi protein, kalsium, dan nutrisi penting lainnya. Selain itu, Anda pun bisa mengonsumsi [...]

Melahirkan Dengan Bantuan Bidan, Mengapa Tidak?

Melahirkan Dengan Bantuan Bidan, Mengapa Tidak?

Di tengah berbagai kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu kedokteran, proses melahirkan dengan bantuan seorang bidan masih menjadi pilihan, terutama jika calon ibu menginginkan persalinan normal dan tidak ada masalah dalam kehamilannya. Peran bidan Bidan adalah seorang profesional kesehatan dan perawatan, yang memberikan pelayanan kesehatan untuk wanita, mulai dari pemeriksaan ginekologis, konseling mengenai kontrasepsi, serta perawatan pascapersalinan. Perawatan yang diberikan oleh bidan selama persalinan dan setelah kelahiran bayi, adalah hal yang membedakan peran bidan dengan dokter kandungan. Tidak hanya yang berkaitan dengan persalinan dan perawatan setelah persalinan saja, bidan juga dapat membantu perencanaan keluarga, perawatan pra konsepsi, perawatan prenatal, dukungan persalinan, perawatan bayi yang baru lahir, serta manajemen menopause. Pendampingan bidan Bidan juga dapat memberikan penyuluhan mengenai kesuburan, nutrisi, latihan fisik, kontrasepsi, kesehatan kehamilan, menyusui, serta memberikan perawatan pada bayi. Berbagai manfaat menggunakan pendampingan bidan saat kehamilan dan melahirkan, antara lain: 1.Adanya suasana persalinan yang alami karena dapat dilakukan [...]

Sesak Napas Selama Hamil

Sesak Napas Selama Hamil

Sesak napas adalah salah satu keluhan yang sering dirasakan saat kehamilan. Pasalnya, seiiring dengan bertambahnya usia kehamilan, pertumbuhan janin dalam rahim pun semakin berkembang dan semakin berat. Tak jarang, janin yang semakin membesar membuat ibu sesak napas, karena dorongan tubuh janin. Sesak napas ini biasanya mulai dirasakan di trimester kedua, tapi ada pula yang mengalaminya sejak trimester pertama. Tubuh akan beradaptasi semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan oksigen yang meningkat saat hamil, terlebih dengan adanya peningkatan hormon progesteron yang dapat memengaruhi paru-paru serta menstimulasi pusat pernapasan di otak. Seiring dengan berjalannya kehamilan, ukuran rahim dan janin yang semakin besar dan menekan diafragma, akan mempersempit lingkup gerak dada saat bernapas, sehingga bernapas pun akan semakin sulit. Sesak napas saat kehamilan, paling sering terjadi pada kehamilan dengan letak janin yang cenderung tinggi dan kehamilan ganda. Tak hanya itu, jumlah air ketuban yang berlebih pun dapat mendesak pernapasan. Keluhan sesak napas saat kehamilan, umumnya akan membaik saat mendekati hari persalinan. Ketika menjelang persalinan, janin akan mengalami perputar [...]

Aturan Berhubungan Intim Setelah Melahirkan

Aturan Berhubungan Intim Setelah Melahirkan

Kapan kami bisa berhubungan intim lagi? Ini adalah pertanyaan umum pasangan yang baru saja memiliki bayi. Yang dimaksud di sini adalah, kapankah saat yang aman untuk berhubungan seks setelah istri melahirkan. Jawabannya adalah, Mama dan Papa harus menunggu setelah pendarahan pasca-melahirkan selesai atau sekitar tiga minggu setelah bersalin. Pasalnya, dalam masa tiga minggu itu, luka di rahim akibat keluarnya plasenta sedang mengalami proses penyembuhan. Jika Mama dan Papa berhubungan seks sebelum luka itu sembuh maka Mama akan berisiko terkena infeksi. Namun, tidak semua orang langsung berhubungan tiga minggu setelah melahirkan. Ada yang menunggu sampai empat minggu hingga enam minggu, sampai pihak Mama merasa siap. Ada juga yang menunggu lebih lama, terutama jika Mama mengalami proses episiotomi saat proses persalinan. Episiotomi adalah pengguntingan kulit dan otot antara vagina dan anus untuk memperlebar jalan lahir. Tapi kebanyakan pasangan sudah aktif melakukan hubungan intim sebelum tiga bulan pasca-melahirkan. Saat berhubungan, Mama dan Papa sebaiknya mempertimbangkan penggunaan alat kontrasepsi. Meski Mama sedang menyusui dan periode menstruasi belum kembali normal, tapi ke [...]

5 Latihan Sederhana untuk Wanita Hamil

5 Latihan Sederhana untuk Wanita Hamil

Zaman dulu, wanita hamil selalu diminta untuk tidak banyak bergerak dan lebih banyak berbaring. Tapi saat ini keadaan sudah jauh berbeda. Bukan hanya bagus jika wanita hamil aktif bergerak, tetapi juga member efek positif baik untuk ibu dan janin yang dikandung. �Anda perlu tetap aktif secara fisik selama masa kehamilan. Tetap aktif akan memberi keuntungan sehubungan dengan berkurangnya rasa sakit saat persalinan dan setelah persalinan. Tetap aktif akan menghasilkan dampak positif untuk ibu dan bayinya. Dengan tetap aktif bergerak maka mereka akan menjadi lebih bertenaga, memiliki bentuk tubuh yang lebih bagus, berkurang rasa sakit di area punggung, dan setelah melahirkan tubuh akan kembali ke ukuran semula dengan lebih cepat. Tapi jangan khawatir, Anda tidak perlu perlengkapan gym berharga mahal untuk tetap bugar selama dan setelah persalinan.5 gerakan berikut ini dapat dilakukan di rumah dan aman dilakukan pada setiap tri semester kehamilan. Untuk hasil terbaik lakukan setiap hari dan yang paling penting adalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum melakukannya. 1.Berdiri sejajar dengan bagian belakang kursi yang kokoh dengan posisi telapak tangan b [...]

Tips Hamil

Tips Hamil

Bagi pasangan yang mendambakan kehamilan segera hadir, ada beberapa tips hamil yang perlu diketahui. Walaupun kita semua percaya bahwa setiap kehamilan adalah anugerah Tuhan yang akan datang pada saatnya, tapi tidak ada salahnya tips berikut dicoba.Okay, let?s get started! Lupakan semua kontrasepsi. Jika sebelum ini Anda adalah pengguna reguler alat/obat kontrasepsi, maka ini waktunya untuk melupakan hal itu semua. Dan jika Anda merencanakan kehamilan, mungkin Anda perlu sedikit bersabar, karena kadang tubuh kita butuh penyesuaian. Untuk kembali ke siklus subur (ovulasi) yang normal mungkin diperlukan beberapa bulan, jangan panik yah.. Ovulasi = Masa Subur. Banyak banget wanita-wanita yang tidak tahu kapan masa subur mereka. Tidak peduli seberapa sering Anda dan suami berhubungan, jika Anda berdua melewatkan masa subur itu, maka hampir tidak mungkin hamil. Nah itu sebabnya penting untuk tahu kapan sih masa subur Anda. Have Sexsebelum Masa Subur. Penelitian membuktikan bahwa umur sperma bisa bertahan hidup selama 2-3 hari, namun sayangnya umur sel telur hanyalah sekitar maksimal 24 jam. Nah jika Anda berhubungan seksual sebelum masa subur, maka diharapkan sel sperma masih hid [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *