Inilah Sebabnya Kenapa Minuman Bersoda Tidak Sehat

bersoda-minuman-bahaya.jpg

Sebabnya adalah konsumsi minuman ringan yang mengandung soda dan gula tentunya menambah asupan kalori bagi tubuh. Kalori berlebih pada tubuh akan menjadi timbunan lemak di tubuh. Jika demikian terbiasa minum minuman bersoda, akumulasi lemak akan sering menimbun dan menyebabkan kegemukan (obesitas).

Sebagaimana kita ketahui bersama, obesitas juga merupakan biang kerok masalah kesehatan lebih luas. Dari penyakit jantung, hipertensi, diabetes, stroke dan penyakit degeneratif lainnya.

Apa saja bahayanya minum minuman bersoda? Simak penjelasan poteni penyakit-penyakitnya sebagai berikut.

Diabetes Mellitus

Beberapa jurnal kedokteran menyatakan bahwa pengkonsumsi minuman manis bersoda memiliki potensi dua kali lebih besaruntuk terkena diabetes mellitus tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki kebiasaan ini.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Framingham Heart Study, pria dan wanita yang mengkonsumsi satu atau lebih minuman bersoda setiap hari, akan memiliki peningkatan potensi gangguan metabolisme gula darah sebesar 25% dan sindroma metabolic sebesar 50%.

Penyakit Jantung

Penggemar minuman bersoda cenderung memiliki berat badan berlebih dan mengkonsumsi makanan tidak sehat. Minuman yang dicintai oleh masyarakat ini mampu meningkatkan kadar insulin dalamdarah, sehingga jumlah lemak di dalam perut yang terletak di sekitar organ pun meningkat.

Ketika kadar insulin meningkat setelah konsumsi minuman ini, tubuh biasanya akan terasa lapar dan merangsang otak untuk mengkonsumsi makanan lebih daripada kebutuhan kalori sehari-hari, lalu akan diteruskan dengan konsumsi minuman bersoda lainnya. Hal ini diperburuk dengan kecenderungan pemilihan menu makanan yang tidak sehat bagi penggemar minuman bersoda.

Rangkaian kondisi inilah yang dapat berujung pada peningkatan kadar gula, kolesterol dan protein dalam darah serta berakhir sebagai sindroma metabolik.

Kesehatan Tulang

Minuman bersoda banyak mengandung fospat, yang apabila kandungannya di dalam tubuh melebihi kadar kalsium dapat mengganggu kesehatan tulang. Untuk itulah konsumsi kalsium sangat penting, terutama di masa pertumbuhan.

Bersikaplah bijak dalam memilih menu Andasehari-hari. Apabila Anda memang tidak bisa menahan keinginan untuk mengkonsumsi minuman bersoda, konsumsilah susu, buah, sayuran atau kacang-kacangan sebagai penyeimbang. Kandungan kalsium dan serat yang terkandung dari sumber nutrisi yang disebutkan sebelumnya ini dapat menyeimbangkan kadar insulin dan kalsium dalam darah.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tubuh Kurus Lebih Sulit Hamil Daripada yang Obesitas

Tubuh Kurus Lebih Sulit Hamil Daripada yang Obesitas

Selama ini para wanita yang ingin hamil berusaha menurunkan berat badannya agar terhindar dari bahaya obesitas. Namun menurut penelitian, bertubuh terlalu kurus justru lebih sulit hamil ketimbang mereka yang bertubuh gemuk.Dr.Richard Sehrbahn, ahli fertilitas dari Chicago, AS, mengatakan bahwa selama ini banyak yang orang terlalu fokus untuk menurunkan berat badannya. Padahal, dalam penelitian yang dilakukannya tubuh kurus justru lebih berbahaya terhadap kesuburan dibandingkan dengan orang yang obesitas.Dr Sherbahn, dari Advance Fertility Center di Chicago, telah meneliti hampir 2.500 wanita di kliniknya selama delapan tahun. Ia mengelompokkan para wanita itu menjadi tiga kategori yaitu, kurus, normal, dan gemuk sekali.Dari hasil penelitiannya tersebut diketahui bahwa 50 persen wanita dalam kelompok berat badan normal bisa memiliki bayi. Begitu juga dengan wanita yang masuk dalam kelompok berat badan gemuk, sebanyak 45 persen dapat mempunyai momongan.Namun pada wanita yang tergolong sangat kurus, angka keberhasilan kehamilannya hanya mencapai 34 persen. Wanita yang disebut terlalu kurus dalam kelompok ini adalah wanitan yang indeks massa tubuhnya berkisar antara 14-18.Dr Sherbah [...]

7 Cara Unik Redakan Stres, Makan Seledri Sampai Lepas Sepatu

7 Cara Unik Redakan Stres, Makan Seledri Sampai Lepas Sepatu

Stres bisa membuat seseorang panik, tidak mampu berkata-kata bahkan tidak tahu harus berbuat apa. Apa pun yang dilakukan terasa salah dan terkadang membuat kita bersikap agresif atau mungkin tidak ingin melakukan apa pun. Tubuh sebenarnya didesain untuk kembali ke keadaan normal setelah mengalami stres. Namun yang menjadi masalah, bagi kita yang hidup di era modern ini, seringkali 'serangan' stres hadir setiap waktu dan ketika tubuh mulai pulih dari stres, ada saja pemicu lain yang datang. Kabar baiknya, stres ringan bisa cepat diatasi dengan cara yang terbilang mudah. Ini beberapa teknik unik untuk segera menyingkirkan stres, seperti dikutip dari Daily Mail. 1. Cuci Tangan dengan Air Hangat Stres bisa diatasi dengan berendam air hangat, karena air hangat cukup efektif membuat tubuh dan pikiran lebih relaks. Tapi jika stres melanda saat di kantor, tentunya Anda tidak bisa langsung 'kabur' ke rumah untuk berendam air hangat. Ternyata efek relaksasi dengan air hangat juga bisa dirasakan cukup dengan mencuci tangan. Pergilah ke toilet lalu cuci tangan Anda dengan air hangat. Efeknya cukup bisa menenangkan sementara waktu meskipun tidak seefektif ketika Anda mandi. 2. Bersena [...]

Jangan Sisakan Antibiotik Anda!

Jangan Sisakan Antibiotik Anda!

Antibiotik sebagai salah satu jenis obat umum tidak lagi asing beredar di antara masyarakat. Hanya saja, konsumsi antibiotik sering kali tidak sesuai aturan yang ditetapkan oleh dokter, seperti kelalaian dalam menghabiskannya. Padahal kebiasaan tersebut dapat membahayakan. Yang dimaksud dengan antibiotik adalah obat yang digunakan mengobati infeksi bakteri. Antibiotik mampu membunuh bakteri dan mencegah perkembangannya. Tentu saja, tiap infeksi membutuhkan jenis antiobotik yang berbeda-beda. Selain efektif melawan infeksi bakteri, antibiotik juga digunakan untuk memerangi beberapa jenis infeksi jamur dan parasit. Namun antibiotik tidak dapat digunakan untuk melawan virus. Mengonsumsi antibiotik saat seseorang terkena infeksi virus tidak akan membantu membuat seseorang merasa lebih baik, malah dapat mengarah pada resistensi antibiotik yang menyebabkan kekebalan bakteri. Ketika dokter memutuskan untuk menggunakan antibiotik untuk pengobatan, maka sangat penting untuk mengonsumsinya dengan cara-cara yang telah ditentukan. Cara Mengonsumsi Antibiotik yang Sebenarnya Konsumsi antibiotik umumnya melalui mulut, namun juga dapat digunakan melalui suntikan atau infus, terutama untuk kasus [...]

Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah Belum Tentu Lebih Sehat

Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah Belum Tentu Lebih Sehat

Pada label kemasan makanan, biasanya terdapat keterangan indeks glikemik. Namun, informasi ini ternyata tidak dapat dijadikan satu-satunya acuan untuk menjalankan pola makan sehat. Indeks glikemik (IG) adalah sistem peringkat makanan yang mengandung karbohidrat. Angka ini menjadi indkator seberapa cepat makanan yang dikonsumsi memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Angka indeks glikemik kadang dapat ditemukan pada label kemasan makanan atau dapat dicek pada laman kesehatan di internet. Indeks Glikemik Rendah dan Tinggi Makanan dengan indeks glikemik tinggi adalah makanan karbohidrat yang diproses secara cepat oleh tubuh dan menyebabkan kadar gula darah meningkat dengan cepat. Hal ini dikarenakan karbohidrat tertentu memang lebih mudah dan lebih cepat dicerna tubuh menjadi gula yang digunakan tubuh sebagai sumber energi. Beberapa jenis makanan yang indeks glikemiknya tinggi adalah kentang, nasi putih, gula, roti putih, dan minuman bersoda dan yang manis. Sedangkan makanan dengan indeks glikemik rendah dan sedang adalah makanan yang dicerna tubuh secara perlahan dan menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara bertahap. Contoh makanan tersebut antara lain kacang-kacangan, buah- [...]

Sering Kesulitan Tidur? Mungkin Anda Kekurangan Makanan Ini

Sering Kesulitan Tidur? Mungkin Anda Kekurangan Makanan Ini

Sering kesulitan tidur di malam hari? Coba perhatikan kebiasaan makan Anda, atau makanan yang Anda santap di siang harinya. Penelitian dari University of Pennsylvania mengungkapkan bahwa asupan nutrisi tertentu bisa berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. Entah itu meningkatkan maupun mengurangi.Berdasarkan data dari National Health and Nutrition Examination yang telah dianalisa oleh para peneliti University of Pennsylvania, kesulitan tidur berkaitan erat dengan jumlah asupan kalori, kurangnya mineral seperti selenium, kalsium dan dodecanoic acid. Diet yang kurang bervariasi dan tinggi garam juga disinyalir menjadi penyebab Anda tetap terjaga di malam buta.Nutrisi apa saja yang harus dipenuhi kecukupan kebutuhan per harinya agar tidur jadi lebih nyenyak? Ini rekomendasinya dari USDA Nutrient Database, yang dilansir Huffington Post. 1. LycopeneLycopene merupakan jenis antioksidan yang banyak terdapat dalam buah dan sayur, khususnya yang berwarna merah dan oranye. Sumber lycopene bisa didapatkan dari jambu biji merah, semangka, tomat yang dimasak, pepaya, cabai merah dan kol ungu.2. FolatNama lainnya adalah vitamin B9, penting untuk menjaga fungsi tubuh bekerja dengan semes [...]

Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Oleh: dr. Jessica Florencia Apakah penderita diabetes dapat berpuasa? Ya, penderita diabetes dapat berpuasa. Namun, selama berpuasa, penderita diabetes perlu memperhatikan kondisi kesehatannya, kadar gula dalam darah dan 1-2 bulan sebelumnya telah berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan kesehatan lengkap dan penyesuaian obat. Saat berpuasa ada 2 kondisi yang perlu diperhatikan dan diwaspadai pada penderita diabetes, yaitu: 1. Hipoglikemia Hipoglikemiamerupakan keadaan ketika kadar gula dalam darah sangat rendah (<40 g/dL) sehingga tubuh tidak dapat beraktivitas. Jika tidak segera diatasi, hipoglikemia dapat menyebabkan hilang kesadaran dan kejang. Hal ini dapat terjadi pada penderita diabetes yang mengkonsumsi obat golongan Sulfonil Urea dan insulin. Gejala yang dirasakan: a. Merasa sangat lapar b. Gemetar c. Berkeringat d. Pucat e. Merasa gelisah f. Berdebar-debar g. Kesemutan pada bibir h. Pandangan kabur i. Sulit berkonsentrasi j. Merasa bingung k. Merasa tidak enak badan Jika Anda merasakan gejala-gejala tersebut, segeralah periksakan gula darah Anda. Jika terlalu rendah, Anda perlu segera berbuka dengan yang manis seperti jus buah, atau teh manis untuk seger [...]

Cara Mengatasi Rasa Sakit & Pegal Setelah Berolahraga

Cara Mengatasi Rasa Sakit & Pegal Setelah Berolahraga

Setelah berolahraga, seringkali Anda merasakan nyeri dan pegal-pegal pada beberapa otot tubuh. Hal ini normal terjadi, terutama bagi Anda yang sudah lama tak olahraga atau baru pertama kali.Ketika Anda melakukan latihan yang cukup berat, jaringan otot pun meregang. Inilah yang membuat beberapa area tubuh menjadi sakit. Ketimbang mengabaikan rasa sakitnya, sebaiknya cobalah untuk mengobati oto-otot tersebut dengan hari-hati. Seperti yang dikutip dari Live Strong, berikut beberapa cara mengurangi rasa nyeri setelah berolahraga.Langkah 1Makanlah camilan yang mengandung protein sekitar 15 menit setelah latihan. Mengonsumsi protein akan bantu membangun kembali sel-sel dalam otot, yang akhirnya bisa bentu tubuh memperbaiki otot yang sakit lebih cepat. Makan roti dengan selai kacang atau segenggam kacang almond, bisa menjadi pilihan tepat.Langkah 2Istirahatkan otot Anda. Jika nyeri otot terasa ketika Anda baru saja memulai olahraga, sebaiknya segera berhenti. Bisa jadi hal itu disebabkan oleh otot yang tegang dan keseleo. Jika rasa nyeri datang setelah latihan, hindari kegiatan fisik yang berat sampai rasa sakit mereda.Langkah 3Kompres area tubuh yang nyeri dengan menggunakan es selama [...]

Kiwi, Si Buah Hijau Segar yang Bisa Atasi Masalah Pencernaan

Kiwi, Si Buah Hijau Segar yang Bisa Atasi Masalah Pencernaan

Ingin menjaga kesehatan pencernaan? Rajin-rajinlah makan kiwi. Selain kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit, buah berwarna hijau ini juga baik bagi sistem pencernaan.Berdasarkan penelitian yang dilakukan Zespri, kandungan enzim di dalam kiwi yang bernama actinidin bisa membantu proses pemecahan protein yang sulit dicerna tubuh seperti daging merah, susu dan ikan."Meskipun buah kiwi memang dikenal sebagai obat alami untuk memperbaiki pencernaan, penelitian ini lebih fokus pada manfaatnya dalam memecah protein makanan yang umumnya sulit dicerna ketimbang nutrisi lain," ujar Nele Moorthamers, marketing manager Zespri di Eropa yang memimpin penelitian, seperti dikutip dari Female First.Kiwi kaya akan actinidin, enzim yang mampu memecah protein lebih cepat dan efektif dibandingkan enzim pencernaan (jika bekerja sendiri). Hal ini menjadikan kiwi sebagai pilihan alami yang efektif mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit."Jadi setelah makan daging, Anda sebaiknya makan satu butir kiwi untuk membantu mengurangi kembung dan rasa tidak nyaman karena perut terlalu kenyang," kata Nele.Hasil studi ini mendapat tanggapan dari Dr Lovedeep Kaur dari Massey University, [...]

Benarkah Payudara yang Kecil Tidak Dapat Menyusui?

Benarkah Payudara yang Kecil Tidak Dapat Menyusui?

Banyak wanita yang merasa bahwa ukuran payudara berpengaruh terhadap kesuksesan saat mereka dalam program menyusui anak nantinya. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan, karena ukuran payudara seseorang tidak berhubungan dengan produksi ASI. Proses menyusui dalam istilah medis dikenal dengan proses laktasi yaitu proses produksi, sekresi, pengeluaran ASI sampai proses bayi menghisap dan menelan ASI. Perlu diketahui bahwa ukuran payudara dipengaruhi oleh faktor jaringan lemak didalamnya dimana jaringan lemak ini tidak mempunyai peran sama sekali dalam proses laktasi. Jadi pada intinya, ukuran payudara TIDAK BERPENGARUH pada kelancaran pemberian ASI. Namun demikian, ada beberapa faktor yang memegang peranan penting dalam kelancaran pemberian ASI, diantaranya: Faktor Kelancaran ASI: Berikut faktor yang berperan dalam proses laktasi (menyusui): Anatomi payudara Pada payudara terdapat fungsi untuk duktus laktiferus yang berfungsi untuk mengalirkan ASI, di ujung duktus terdapat tempat untuk memproduksi ASI yang dinamakan alveoli. Alveoli dan duktus dikelilingi oleh jaringan penyangga dan lemak. Hormon Faktor yang paling berperan dalam proses laktasi adalah pengaruh da [...]

Arti Kode Angka di Plastik Anda

Arti Kode Angka di Plastik Anda

Plastik sudah akrab kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari kita. Baik digunakan untuk pembuatan mainan anak, lemari, bahkan untuk wadah makanan serta minuman. Plastik digemari sebagai wadah makanan dan minuman karena plastik berpori-pori sangat kecil sehingga tidak mudah bocor. Selain itu, wadah plastik juga tidak mudah rusak dan mudah dibersihkan. Pemakaian plastik dalam keseharian kita harus diperhatikan pula dampaknya bagi kesehatan kita. Plastik sebenarnya terdiri dari senyawa polimer yang tidak larut dalam makanan atau minuman. Namun menjadi berbahaya jika polimer ini terurai menjadi monomer dalam proses pemanasan atau pencucian wadah plastik tersebut. Polimer yang meleleh akan menghasilkan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker. Bagaimanakah cara memilih wadah plastik yang tepat untuk makanan dan minuman kita ? Cara Memilih Plastik yang Aman untuk Kesehatan Perhatikanlah kode angka yang biasanya tertera pada bagian bawah wadah plastik. Biasanya akan terdapat bentuk segitiga logo daur ulang dengan angka yang tertera pada bagian dalam segitiga tersebut. Berbeda angka, maka berbeda pula jenis plastik yang digunakan. Produk plastik yang beredar di [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *