Inilah Sebabnya Kenapa Minuman Bersoda Tidak Sehat

bersoda-minuman-bahaya.jpg

Sebabnya adalah konsumsi minuman ringan yang mengandung soda dan gula tentunya menambah asupan kalori bagi tubuh. Kalori berlebih pada tubuh akan menjadi timbunan lemak di tubuh. Jika demikian terbiasa minum minuman bersoda, akumulasi lemak akan sering menimbun dan menyebabkan kegemukan (obesitas).

Sebagaimana kita ketahui bersama, obesitas juga merupakan biang kerok masalah kesehatan lebih luas. Dari penyakit jantung, hipertensi, diabetes, stroke dan penyakit degeneratif lainnya.

Apa saja bahayanya minum minuman bersoda? Simak penjelasan poteni penyakit-penyakitnya sebagai berikut.

Diabetes Mellitus

Beberapa jurnal kedokteran menyatakan bahwa pengkonsumsi minuman manis bersoda memiliki potensi dua kali lebih besaruntuk terkena diabetes mellitus tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki kebiasaan ini.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Framingham Heart Study, pria dan wanita yang mengkonsumsi satu atau lebih minuman bersoda setiap hari, akan memiliki peningkatan potensi gangguan metabolisme gula darah sebesar 25% dan sindroma metabolic sebesar 50%.

Penyakit Jantung

Penggemar minuman bersoda cenderung memiliki berat badan berlebih dan mengkonsumsi makanan tidak sehat. Minuman yang dicintai oleh masyarakat ini mampu meningkatkan kadar insulin dalamdarah, sehingga jumlah lemak di dalam perut yang terletak di sekitar organ pun meningkat.

Ketika kadar insulin meningkat setelah konsumsi minuman ini, tubuh biasanya akan terasa lapar dan merangsang otak untuk mengkonsumsi makanan lebih daripada kebutuhan kalori sehari-hari, lalu akan diteruskan dengan konsumsi minuman bersoda lainnya. Hal ini diperburuk dengan kecenderungan pemilihan menu makanan yang tidak sehat bagi penggemar minuman bersoda.

Rangkaian kondisi inilah yang dapat berujung pada peningkatan kadar gula, kolesterol dan protein dalam darah serta berakhir sebagai sindroma metabolik.

Kesehatan Tulang

Minuman bersoda banyak mengandung fospat, yang apabila kandungannya di dalam tubuh melebihi kadar kalsium dapat mengganggu kesehatan tulang. Untuk itulah konsumsi kalsium sangat penting, terutama di masa pertumbuhan.

Bersikaplah bijak dalam memilih menu Andasehari-hari. Apabila Anda memang tidak bisa menahan keinginan untuk mengkonsumsi minuman bersoda, konsumsilah susu, buah, sayuran atau kacang-kacangan sebagai penyeimbang. Kandungan kalsium dan serat yang terkandung dari sumber nutrisi yang disebutkan sebelumnya ini dapat menyeimbangkan kadar insulin dan kalsium dalam darah.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Pentingnya Mencuci Tangan

Pentingnya Mencuci Tangan

Oleh: dr. Nadia Octavia Tentu Anda sudah pasti tahu bahwa mencuci tangan merupakan suatu cara terbaik dalam pencegahan penyakit. Mungkin selama ini Anda sudah rajin mencuci tangan, baik menggunakan sabun dan air maupun menggunakan hand sanitizer. Namun tahukah Anda kapan dan bagaimana mencuci tangan dengan baik? Kapankah harus mencuci tangan? Selalu cucilah tangan sebelum: Menyiapkan makanan Makan Merawat luka, memberikan obat, atau merawat orang sakit Memasang atau melepas lensa kontak Selalu cucilah tangan setelah: Menyiapkan makan, terutama daging mentah atau unggas Menggunakan toilet atau mengganti popok Memegang binatang peliharaan Membuang ingus, batuk, atau bersin menggunakan tangan Merawat luka atau merawat orang sakit Membersihkan sampah, bahan kimia tanaman atau rumah, atau apapun yang mungkin terkontaminasi Bagaimana mencuci tangan yang baik? Mencuci tangan yang terbaik adalah menggunakan air dan sabun. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut: Basahi tangan dengan air mengalir Berikan sabun cair, batang ataupun bubuk Biarkan hingga berbusa Gosok tangan Anda hingga setidaknya 20 detik. Ingatlah selalu untuk menggosok seluruh pe [...]

Ini Menu Sarapan yang Bisa Buat Umur Anda Lebih Panjang

Ini Menu Sarapan yang Bisa Buat Umur Anda Lebih Panjang

Pentingnya mengawali hari dengan sarapan sudah tak diragukan lagi. Selain mencegah kegemukan juga meningkatkan produkitivitas kerja di siang harinya. Kini manfaat sarapan bertambah satu lagi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sarapan semangkuk kecil bubur setiap pagi adalah kunci untuk panjang umur dan hidup sehat.Studi yang dilakukan terhadap lebih dari 100 ribu orang dalam kurun 14 tahun itu menemukan bahwa bubur yang terbuat dari oatmeal atau gandum utuh bisa mengurangi risiko meninggal akibat sakit jantung. Sarapan 28 gram bubur gandum, diyakini bisa mengurangi risiko kematian dini hingga lima persen setiap mangkuknya.Hasil ini didapatkan setelah para peneliti menganalisa pola makan 74.900 responden wanita dan 43 ribu pria, serta pengaruhnya terhadap kesehatan jangka panjang. Dari analisa diketahui bahwa mengonsumsi makanan yang terbuat dari gandum utuh mengurangi risiko kematian karena sakit jantung.Untuk lebih memastikan hasil studi, para peneliti juga memasukkan faktor-faktor lain seperti usia, kebiasaan merokok dan indeks massa tubuh yang mungkin bisa memengaruhi harapan hidup seseorang. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa responden yang rajin makan gandum utuh cender [...]

7 Fakta dan Mitos tentang Batuk

7 Fakta dan Mitos tentang Batuk

Batuk dan pilek merupakan penyebab tersering seseorang berobat ke dokter. Sebagian besar batuk memang tidak berbahaya namun bisa sangat mengganggu. Ada banyak sekali mitos tentang batuk yang beredar di masyarakat, bahkan sering kali menimbulkan kesalahpahaman. Berikut ini adalah beberapa fakta dan mitos tentang batuk yang harus Anda ketahui: 1. Mitos: Semua batuk disebabkan oleh infeksi. Fakta: Tidak semua batuk disebabkan oleh infeksi. Batuk juga bisa disebabkan oleh alergi, adanya benda asing di saluran napas, gastro esophageal reflux disease (GERD), atau gagal jantung. 2. Mitos: Antibiotik membuat batuk lebih cepat sembuh. Fakta: Sebagian besar batuk disebabkan oleh infeksi virus, artinya pemberian antibiotik tidak akan berpengaruh apa pun. Antibiotik hanya diberikan jika batuk memang disebabkan oleh bakteri. Penggunaan antibiotik yang tidak sesuai bisa sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kuman menjadi kebal (resisten). Berikut fakta pelurusan mitos seputar batuk lainnya selengkapnya di halaman selanjutnya. 7 Fakta dan Mitos tentang Batuk 3. Mitos: Batuk lama pasti disebabkan oleh tuberkulosis (TBC). Fakta: Ada banyak penyebab batuk kronis atau batuk [...]

Iklan Underwear David Beckham Picu Pria Lakukan Operasi Pembesaran Mr Happy

Iklan Underwear David Beckham Picu Pria Lakukan Operasi Pembesaran Mr Happy

Menjadi brand ambassador pakaian dalam, David Beckham tidak hanya meningkatkan penjualan produk yang diiklankannya. Tapi juga permintaan operasi pembesaran Mr. Happy, atau disebut juga dengan penoplasty. Sejak Beckham membintangi iklan pakaian dalam Armani dan H&M, sedikitnya ada ratusan orang di Inggris setiap tahunnya yang melakukan operasi untuk menambah ukuran penis menjadi 1-2 inchi lebih besar. Kepada situs The Sun, Dr Roberto Viel mengklaim telah mengoperasi lima pasien dalam seminggu di kliniknya, Harley Street."Di abad ini, memiliki penis besar telah menjadi semacam simbol status. Tapi baru sekarang ini pria bisa melakukan hal tersebut (pembesaran penis). Jika memang ada solusi, kenapa tidak digunakan?" ujar Dr Roberto.Ahli bedah plastik ini mengaku punya banyak klien dari berbagai kalangan dan profesi yang telah membesarkan penisnya. Mulai dari tukang bangunan, ahli mekanik hingga kalangan eksekutif dan politisi dengan rentang usia antara 20 sampai 70 tahun."Klien saya lebih banyak yang berusia 30-40 tahun, tapi ada juga beberapa yang 20 dan 70 tahun yang ingin operasi penoplastyGambar pria yang mengenakan boxer dengan Mr Happy yang 'menyembul' memang sedikit banya [...]

4 Fakta & Mitos Penyebab Kegemukan

4 Fakta & Mitos Penyebab Kegemukan

Kegemukan atau biasa disebut obesitas merupakan masalah yang besar pada abad ini. Jumlah kasus obesitas terus meningkat. Apakah Anda tahu jika terjadi kegemukan maka risiko untuk menderita diabetes dan penyakit jantung juga meningkat di masa depan Anda? Lalu kenapa orang bisa mengalami kegemukan? Selain faktor makan berlebihan dan kurang olahraga, apakah benar memang 'dari sononya' orang bisa gemuk? Atau karena faktor tulangnya besar? Sebelum kita ketahui lebih jauh apa pencetus kegemukan sebenarnya, ada benarnya kita telusuri terlebih dahulu apa itu kegemukan dalam dunia medis. Kegemukan = Obesitas Obesitas adalah keadaan di mana terdapat kelebihan lemak dalam tubuh. Standar definisi dari obesitas dan overweight dilihat berdasarkan indeks massa tubuh (IMT). IMT diukur dengan satuan berat badan dan tinggi badan ((Berat badan/tinggi badan (kg/m2)). Obesitas dapat meningkatkan mortalitas (angka kematian) seseorang dengan penyakit kronis yang mengancam jiwa seperti diabetes melitus tipe 2, penyakit jantung dan pembuluh darah, kantung empedu, sensitifitas hormon dan kanker saluran cerna. Nah, berikut ini adalah paparan-paparan 4 fakta dan mitos penyebab kegemukan lebih jelasnya. [...]

3 Sebab Mengapa Wanita Hamil Tidak Boleh Merokok

3 Sebab Mengapa Wanita Hamil Tidak Boleh Merokok

Salah satu tantangan terbesar bagi seorang wanita hamil adalah menghentikan kebiasaan merokok yang sudah dibawa sejak sebelum hamil, tidak sedikit yang akhirnya menyerah dan tetap melanjutkan merokok dengan segala risiko yang mungkin diterima anak dalam kandungannya. Sebagian wanita malah tidak tahu sama sekali bahaya merokok bagi janinnya, simak bahaya merokok bagi wanita hamil berikut ini, baru kemudian pikirkan lagi apakah Anda ingin melanjutkan merokok? Jangankan pada wanita hamil, pada orang sehat pun merokok bukanlah kebiasaan yang baik karena sifatnya yang merusak, berikut ini adalah secara spesifik dampak negatif rokok bagi kandungan: Sebab 1: Tanggung Jawab 2 Nyawa Ibu yang sedang hamil memiliki tanggung jawab ganda untuk menyuplai nutrisi bukan hanya bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi janinnya. Untuk itulah diciptakan perederan darah khusus bagi ibu dan janin selama kehamilan. Ketika ibu merokok, maka gas kotor yang dihasilkan dari rokok juga ikut masuk ke peredarahan darah janin, sehingga bukannya mendapatkan oksigen, si bayi justru mendapatkan gas yang menyulitkannya bernafas. Dapat kita katakan ibu bagai memberikan racun bagi janinnya. Bahkan [...]

Bumil Terlalu Gemuk Berisiko Melahirkan Prematur

Bumil Terlalu Gemuk Berisiko Melahirkan Prematur

Oleh: dr.Dewi Ema Anindia Risiko kelahiran bayi prematur yaitu kelahiran bayi sebelum usia kehamilan 37 minggu ternyata dapat meningkat bila sang ibu adalah seorang obesitas atau overweight (kelebihan berat badan) seperti yang dikemukakan oleh sebuah studi di Swedia. Sven Cnattingius, MD, PhD yang melakukan studi ini mengatakan ?Risiko dalam kehamilan saat ini lebih sering terjadi pada ibu yang menderita obesitas atau kelebihan berat badan?. Telah lama disebutkan bahwa obesitas pada ibu dapat meningkatkan risiko pre-eklampsia, keguguran, diabetes gestasional, dan kelahiran dengan operasi sesar (sectio caesare), namun penelitian ini menemukan bahwa kelebihan berat badan pada ibu pun diakitkan dengan kelahiran prematur dan berat badan bayi rendah. Penelitian ini menganalisa 1,599,551 kelahiran di Swedia pada tahun 1992 hingga 2010, dan menganalisa IMT (Index Masa Tubuh) pada setiap ibu pada saat visit antenatal. Selanjutnya para peneliti membagi kelahiran ibu-ibu tersebut menjadi 3 kelompok yaitu, extremely premature (usia kehamilan 22?27 minggu), very premature ( usia kehamilan 28?31 minggu) dan premature (usia kehamilan 32?36 minggu). Penelitian ini menemukan bahwa bila dibandingk [...]

Cara Mengatasi Jet Lag

Cara Mengatasi Jet Lag

Jet lagkerap kali sulit dihindari. Terutama jika pada masa liburan telah tiba. Acapkali jet lag malah merusak liburan Anda karena waktu yang ada di daerah tujuan liburan banyak dihabiskan untuk istirahat karena mengalami jet lag. Padahal, jika Anda sekeluarga bepergian, sesampainya di negara tujuan pastinya Anda ingin sesegera mungkin menikmati panorama di negara tersebut. Sebelum kita membahas bagaimana mengantisipasi jet lag, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu bagaimana jet lag bisa terjadi. Cara Mengatasi Jet Lag Jet lagkerap kali sulit dihindari. Terutama jika pada masa liburan telah tiba. Acapkali jet lag malah merusak liburan Anda karena waktu yang ada di daerah tujuan liburan banyak dihabiskan untuk istirahat karena mengalami jet lag. Padahal, jika Anda sekeluarga bepergian, sesampainya di negara tujuan pastinya Anda ingin sesegera mungkin menikmati panorama di negara tersebut. Sebelum kita membahas bagaimana mengantisipasi jet lag, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu bagaimana jet lag bisa terjadi. Apa itu jet lag? Jet lag merupakan suatu kondisi fisiologis yang diakibatkan oleh perubahan siklus ritme sirkadian t [...]

Atasi Fibromyalgia dengan Tidur Teratur dan Olah Raga Rutin

Atasi Fibromyalgia dengan Tidur Teratur dan Olah Raga Rutin

Sebuah penelitian di Norwegia mengemukakan bahwa wanita dengan gangguan tidur akan memiliki resiko terkena gangguan nyeri yang berkelanjutan, fibromyalgia, lebih besar 3 kali lipat dalam 10 tahun kedepan. Meskipun pola tidur tidak teratur yang biasa dialami penderita insomnia ataupun karena keadaan yang membuat tidur tersebut terganggu hanya dianggap sebagai salah satu faktor pemicu munculnya ganguan fibromyalgia, namun hal ini perlu menjadi perhatian tersendiri bagi para kaum hawa untuk menjaga tidur mereka sebaik mungkin. Karena fibromyalgia merupakan suatu sindrom rasa sakit kompleks yang 90% menyerang perempuan segala usia. Gangguan ini dirasakan penderita pada beberapa bagian sendi, otot dan tulang tanpa terdeteksi oleh dokter akibat tidak ditemukannya peradangan pada tempat yang terasa sakit tersebut. Hingga kini, belum ada penelitian yang mampu mengemukakan penyebab utama dari gangguan sakit ini. Bahkan gejala fibromyalgia hampir serupa dengan rheumatoid arthritis, seperti sakit pada tengkuk, pundak, sendi-sendi punggung belakang, siku lengan, leher bagian samping, tulang dada (breast bone), tulang punggung, tulang ekor, pinggul dan lutut bagian dalam. Tidak jarang sakit ya [...]

5 Info Seputar Menyusui

5 Info Seputar Menyusui

Tidak sedikit muncul pertanyaan-pertanyaan seputar menyusui ketika dihadapi oleh topik makanan. Apakah ada makanan yang menjadi pantangan untuk dimakan selama menyusui? Adakah makanan yang sebaiknya dihindari selama menyusui? Apakah ada minuman yang dapat memperbanyak ASI, dan lain sebagainya. Memang tidak dapat dipungkiri, pada prinsipnya makanan dan minuman yang kita asup mempengaruhi status kesehatan seseorang. Termasuk dalam hal ini adalah kesehatan tubuh selama menyusui. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui. Apakah saya membutuhkan kalori tambahan saat menyusui? Ya, Anda perlu makan sedikit lebih banyak yaitu tambahan ekstra 400-500 kalori/hari untuk menjaga stamina dan energi Anda. Untuk mendapatkan kalori tambahan ini, pilihlah makanan yang kaya akan nutrisi seperti selembar roti gandum dengan selai kacang, buah-buahan seperti pisang atau apel, atau yoghurt rendah lemak. Makanan apa yang sebaiknya saya makan saat menyusui? 5 Info Seputar Menyusui Tidak ada aturan pola makan khusus bagi ibu menyusui. Namun yang terpenting adalah fokus dalam pemilihan makanan serta minuman yang sehat untuk membantu produksi ASI. Konsumsilah mak [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *