Inilah Tanda-tanda Anda Mengalami Intoleransi Gluten

Inilah-Tanda-tanda-Anda-Mengalami-Intoleransi-Gluten.jpg

Intoleransi terhadap gluten dapat didiagnosa di umur berapa saja. Pada orang-orang yang menderita intoleransi gluten, berbagai macam gangguan kesehatan dapat timbul bila mereka mengonsumsi makanan yang mengandung gluten.

Nah, apa sih yang dimaksud dengan gluten? Gluten merupakan sebuah protein yang biasanya ditemukan di gandum, jelai (barley), dan gandum hitam. Pada umumnya, gluten aman dikonsumsi. Namun, ada sebagian orang yang intoleran terhadap gluten dan dapat mengalami gangguan kesehatan bila mengonsumsi gluten atau gandum. Pada orang yang pantang makan makanan gluten, pada prinsipnya dikarenakan 3 jenis intoleransi gluten di halaman berikut ini selengkapnya:

Inilah Tanda-tanda Anda Mengalami Intoleransi Gluten

inilah-tandatanda-anda-mengalami-intoleransi-gluten

  • Alergi Gandum

Jenis intoleransi gluten ini adalah orang yang mengalami alergi terhadap protein gandum. Dimana besar kemungkinan alergi tersebut tidak hanya dipicu oleh protein gluten, namun protein dan kandungan lainnya yang terdapat pada gandum.

Pada alergi terhadap protein gandum, didasari oleh adanya alergi terhadap beberapa jenis protein di dalam gandum, termasuk diantaranya gluten. Selain gejala pencernaan yang menyerupai kedua kelainan lainnya, alergi terhadap gandum dapat menyebabkan kemerahan, hidung tersumbat, iritasi mata, sampai dengan kesulitan bernapas.

  • Non-celiac Gluten Intolerance

Pada jenis intoleransi ini, penderita mengalami sensitif terhadap gluten pada kadar tertentu. Namun demikian kondisi sensitivisasi yagn dialaminya tidak menenggarai menderita penyakit celiac. Pada dasarnya disebabkan intoleransi terhadap gluten dan komponen lain di dalam gandum yang tidak menyebabkan kerusakan permukaan usus. Gejala lainnya selain pencernaan adalah lemas, nyeri sendi, kelainan saraf, dan penurunan tingkat kesadaran.

  • Penyakit celiac

Pada orang yang menderita penyakit celiac, sangat disarankan untuk menghindari gluten sama sekali. Sedangkan pada penyakit celiac, apabila mengkonsumsi gluten akan terjadi kerusakan permukaan usus. Gejala lain yang dapat menyertai adalah kelainan kulit, malnutrisi, anemia defisiensi besi, penurunan berat badan, kerontokan rambut, kelainan saraf, kelainan fungsi hati, nyeri sendi dan karies gigi.

Lalu bagaimana cara membedakannya? Halaman berikut penjelasannya:

Inilah Tanda-tanda Anda Mengalami Intoleransi Gluten

Umumnya, ketiga kondisi ini memiliki gejala awal yang serupa yaitu timbulnya gangguan pecernaan setelah mengonsumsi gluten atau gandum. Gangguan pencernaan dapat berupa kembung, nyeri perut, dan diare. Walaupun gejala awalnya serupa, ketiga kondisi ini sesungguhnya berbeda.

Untuk membedakan ketiganya, diperlukan pemeriksaan lanjutan oleh dokter. Apabila Anda merasakan adanya gangguan setelah mengonsumsi makanan yang mengandung gluten atau gandum, maka ada kemungkinan Anda menderita salah 1 dari ketiga kondisi di atas. Untuk mengetahuinya, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter yang dapat melakukan pemeriksaan khusus untuk mengetahui dengan pasti jenis gangguan yang Anda alami.

Jika memang terbukti, Anda pun dapat menanganinya dengan tepat, misalnya: dengan mengonsumsi diet yang bebas gluten atau gandum . Selain itu, konsumsilah makanan dengan gizi seimbang dan ketahuilah jenis makanan apa saja yang mengandung gluten agar Anda bisa menghindarinya. Selamat mencoba!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Buah Merah, Buah Khas Papua dengan 3 Tingkat Antioksidan

Buah Merah, Buah Khas Papua dengan 3 Tingkat Antioksidan

Papua merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan berbagai jenis tanaman. Ada tak kurang dari 16 ribu spesies tanaman yang tumbuh di Tanah Papua, dan yang kini cukup populer karena khasiatnya adalah Buah Merah.Buah Merah, atau bahasa latinnya Pandanus Conoideus adalah sejenis buah tradisional Papua. Termasuk ke dalam kelompok tanaman pandan-pandanan karena pohon dan daunnya menyerupai pandan, namun memiliki buah berbentuk lonjong dengan kuncup tertutup daun. Saat matang, buah ini akan berwarna merah marun dan karena itulah dinamakan Buah Merah.Pandanus conoideus termasuk dalam kelompok superfruit, yaitu sebutan untuk buah-buahan yang secara alami memiliki kandungan vitamin, mineral dan tinggi antioksidan. Fungsi utamanya adalah melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang merusak sel. Acai Berry, apel, blueberry, cherry, citrus, cranberry dan buah naga merupakan beberapa buah yang masuk dalam kategori ini. "Tanaman ini memproduksi zat-zat yang menjadi semacam senjata untuk membantu tubuh melindungi diri. Ada tiga tingkatan antioksidan di dalam buah ini; primer, sekunder dan tersier," ujar Dr. I Nyoman Artha, peneliti dan kepala Center for Beverages bagian Clus [...]

5 Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

5 Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) sebaiknya tidak dianggap remeh karena bisa menimbulkan komplikasi terutama untuk jantung. Tekanan darah yang tidak normal bisa membuat seseorang berisiko mengalami serangan jantung, stroke dan bahkan disfungsi ereksi. Hal itu kadang tidak diketahui oleh orang tersebut, kecuali jika tekanan darahnya sangat tinggi. Seperti dikutip dari Menshealth, ada cara-cara yang menyenangkan dan mudah untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal, yaitu:1. Mengonsumsi dark chocolatePenelitian di Italia tahun 2008 menemukan orang yang mengonsumsi dark chocolate setiap hari selama 15 hari bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik (angka atas) sebesar 4,5 poin dan diastoliknya sebesar 4,2 poin. Tetapi pilihlan cokelat yang mengandung antioksidan dan 65 persen kakao.2. Melakukan hubungan seksPria yang melakukan hubungan seks dua kali seminggu memiliki risiko 65 persen lebih rendah terkena serangan jantung, dibandingkan yang hanya sekali sebulan. Penelitian yang dilakukan oleh New England Research Institute, menunjukkan tekanan darah yang lebih rendah dan respons pembuluh darah yang lebih baik dalam keadaan stres pada mereka yang rajin melakukan seks [...]

Awas! Stres Dapat Menyebabkan Kolesterol

Awas! Stres Dapat Menyebabkan Kolesterol

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Suatu pernyataan yang baru saja diterbitkan dalam Journal of Public Health tahun 2013 mengatakan bahawa ?Pekerjaan yang penuh dengan stres terbukti dapat meningkatkan kadar kolestrol? pernyataan ini didasari oleh sebuah peneltian di Spanyol yang melihat hubungan antara stres dalam pekerjaan dengan kadar lemak di dalam darah pada 90.000 orang. Penelitian ini menemukan bahwa, orang-orang dengan kesulitan dalam menangani pekerjaan memiliki kadar ?kolestrol jahat? (LDL) yang tinggi dan kadar ?kolestrol baik? (HDL) yang rendah. Kita tahu sendiri bahwa, kadar kolestrol LDL yang tinggi dapat menutup arteri (pembuluh darah) dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung seperti penyakit jantung koroner. Yang dapat mengakibatkan serangan jantung. Penelitian yang mencakup 90,000 orang ternyata memiliki kekurangan bahwa mereka tidak meneliti mengenai diet, dimana diet disebutkan dapat juga mempengaruhi kadar dari kolestrol, dimana diperkirakan bahwa orang yang stres di tempat kerja secara tidak langsung memiliki kecenderungan untuk mengadaptasi pola diet yang buruk yang secara langsung dapat meningkatkan kadar kolestrol selain stress. Dari sekian banyak pesert [...]

Waspada Penyumbatan Pembuluh Darah Bagi Pemudik

Waspada Penyumbatan Pembuluh Darah Bagi Pemudik

Oleh: dr. Tri Rejeki Herdiana Bagi pemudik, antrian panjang kendaraan menyebabkan tres dan perlu diwaspadai penyumbatan pembuluh darah. Sudah terbayangkan lamanya perjalanan saat itu, belum macetnya. Ada salah satu risiko kesehatan yang jarang diketahui oleh mereka yang akan melakukan perjalanan panjang, yaitu suatu kondisi yang disebut Trombosis Vena Dalam. Trombosis Vena Dalam (Deep Vein Thrombosis-DVT) merupakan keadaan yang ditandai dengan ditemukannya bekuan darah di dalam vena dalam sehingga menyebabkan sumbatan. Sumbatan tersebut dapat menimbulkan keluhan pembengkakan dari kaki atau betis, nyeri, panas, dan memerah. Darah di dalam vena tungkai akan mengalir ke jantung lalu ke paru-paru, karena itu emboli yang berasal dari vena tungkai bisa menyumbat satu atau lebih arteri di paru-paru. Komplikasi dari DVT ini disebut emboli paru. Emboli paru yang besar bisa menghalangi seluruh atau hampir seluruh darah yang berasal dari jantung sebelah kanan dan dengan cepat menyebabkan kematian. Faktor risiko menderita DVT adalah riwayat operasi sebelumnya terutama pinggul atau lutut, riwayat bekuan darah di vena sebelumya, riwayat keluarga dengan bekuan vena dalam, dan penyakit pengentala [...]

Awas, Racun Ada di Mana-mana!

Awas, Racun Ada di Mana-mana!

Hampir semua produk perawatan (consumer product) yang tersedia ternyata mengandung bahan kimia dan pengawet. Bagaimana kita harus menyikapinya? Hampir setiap hari kita terpapar oleh risiko dari bahan-bahan kimia yang kita telan, hirup, atau oles di kulit. Hal ini mengundang perhatian para aktivis lingkungan, ilmuwan, hingga orang biasa yang khawatir dengan efek samping bahan pengawet. "Boleh dibilang semua produk perawatan mengandung bahan beracun. Kebanyakan memang dalam jumlah sangat kecil untuk menimbulkan bahaya kesehatan. Tetapi, terkadang paparan dalam jumlah sedikit juga bisa mendatangkan dampak yang besar," kata Alan Greene, MD, guru besar klinis bidang anak dari Stanford University dan penulis buku Raising Baby Green. Ironisnya, karena produk-produk tersebut dianggap aman, penggunaannya pun tak terkendali. "Setiap hari kita terpapar oleh berbagai bentuk bahan kimia, padahal kita belum tahu apa dampaknya bagi kesehatan," kata Rebecca Sutton, PhD, senior ilmuwan dari Environmental Working Group. The Center for Disease Control (CDC), lembaga pengawasan penyakit AS, saat ini tengah memonitor kadar bahan-bahan kosmetik dan produk perawatan lain dalam darah yang dilakukan secara [...]

5 Cara Sederhana Untuk Dapatkan Jantung Sehat

5 Cara Sederhana Untuk Dapatkan Jantung Sehat

Setiap orang tentunya ingin memiliki jantung yang sehat. Namun untuk mendapatkannya tidaklah mudah. Sedari dini, Anda perlu lebih memperhatikan kesehatan, salah satunya dengan lima langkah sederhana ini.Menurut Holly Andersen, direktur pendidikan di rumah sakit NewYork-Presbyterian, ada beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan kesehatan jantung dan tubuh setiap tahunnya. Berikut lima cara sederhana tersebut, seperti yang dikutip dari Times of India.1. Kenali angka AndaAngka disini maksudnya adalah jumlah tekanan darah, kolesterol, tingkat trigliserida. Mengetahui jumlah tersebut merupakan langkah awal yang sangat penting untuk memulai hidup sehat agar mendapatkan jantung kuat.2. Mulailah berjalanBerolahraga merupakan salah satu cara untuk membuat Anda tetap awet muda. Berjalan kaki selama kurang lebih 20 hingga 30 menit setiap minggu, dapat mengurangi kematian dini lebih dari 50 persen.3. Perbanyak tertawaTertawa adalah obat yang paling mujarab. Tertawa 15 menit setara dengan 30 menit latihan aerobik untuk jantung. Tetawa juga sering dikaitkan dengan fungsi sehat pembuluh darah, peningkatan hormon otak yang memperbaiki mood dan pengurangan rasa sakit serta ce [...]

Dua Orang Sembuh HIV-AIDS

Dua Orang Sembuh HIV-AIDS

Oleh: Dewi Ema Anindia Stem-Cell merupakan jenis sel yang terdapat di dalam tubuh seseorang. Sel ini merupakan jenis sel yang dapat berkembang biak dengan sendirinya dan dapat berdiferesiensi menjadi jenis sel lainnya. HIV merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus HIV yang dapat menyerang ke sistem pertahanan tubuh kita yang membuat seseorang rentan terhadap berbagai macam penyakit. Sebuah penemuan terbaru yang diutarakan oleh Timothy Henrich seorang dokter dari Harvard Medical School, di Amerika menyebutkan bahwa 2 pasiennya yang menderita AIDS ternyata sembuh setelah mendapat terapi stem cell untuk penyakit kanker kelenjar getah bening (lymphoma) yang diderita mereka. Kedua pasien yang secara rutin harus mengkonsumsi obat anti-HIV, setelah mendapat terapi stem cell berhenti mengkonsumsi obat anti-HIV selama 15 minggu dan setelah diperiksa, ternyata tidak ditemukannya virus HIV lagi di dalam tubuh mereka. Tidak terdeteksinya virus HIV setelah terapi stem cell juga terjadi pada pasien bernama Ray Brown yang juga dikenal sebagai ?the Berlin Patient? dimana virus HIV juga hilang dari tubuh beliau setelah mendapat terapi transplan sumsum tulang belakang untuk penyakit kank [...]

Kolesterol Turun dengan Kedelai

Kolesterol Turun dengan Kedelai

Kedelai merupakan salah satu jenis tanaman polong-polongan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Terdapat berbagai jenis olahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai seperti susu kedelai, tempe, tahu, kecap, dan yoghurt. (Baca: Kolesterol) Kandungan Nutrisi pada Kedelai Kedelai mengandung tiga makro-nutrien utama yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu protein, karbohidrat, dan lemak. Selain itu juga terdapat kandungan vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, asam folat, dan zat besi. (Baca: Kolesterol) Kedelai memiliki keunggulan dibandingkan dengan nabati lainnya yaitu mengandung semua jenis asam amino esensial/protein yang dibutuhkan tubuh. Kandungan asam amino pada kedelai memiliki kualitas yang hampir sama dengan daging, susu, dan telur. Maka dari itu kedelai disebut sebagai sumber protein nabati utama. (Baca: Kolesterol) Kedelai juga mengandung asam lemak tak jenuh yang tinggi, asam lemak jenuh rendah, tinggi serat, bebas laktosa, bebas kolesterol, omega-3, dan anti-oksidan. Kedelai mengandung beberapa jenis phytoestrogen, salah satunya isoflavon. Isoflavon mengandung banyak anti-oksidan dan memiliki efek yang menyerupai hormon estroge [...]

Ini Makanan Terbaik untuk Redakan Sakit Perut

Ini Makanan Terbaik untuk Redakan Sakit Perut

Apakah sakit perut, mual dan gangguan perut lainnya sering mengganggu aktivitas Anda? Sakit perut karena makanan yang tidak higienis atau akibat perjalanan jauh memang sangat membuat tidak nyaman. Mungkin dokter hanya menyarankan untuk minum obat dan meminta Anda menunggu sampai mual hilang. Tapi ternyata ada cara mudah untuk meredakan sakit perut atau mual, yaitu dengan makanan. Seperti yang dilansir Health Me Up, ada sembilan makanan yang dapat mengatasi masalah ringan pada perut.1. PisangPisang sudah terkenal sebagai buah yang bisa mengatasi sakit perut. ?Pisang mengandung potassium yang Anda butuhkan jika mengalami kekurangan cairan karena muntah atau diare,? ujar Robynne Chutkan, M.D., seorang asisten profesor Gastroenterology di Georgetown University Hospital, Washington, DC. Pisang juga mengandung gula yang bisa menambah energi.2. Nasi atau Makanan BerkarbohidratNasi putih, kentang dan gandum bisa meredakan rasa mual. Makanan berkarbohidrat dapat melancarkan pencernaan dan memiliki efek penenang sakit perut. ?Makanan yang mengandung karbohidrat tidak terpendam dalam jangka waktu yang lama di dalam tubuh dan tidak menyebabkan asam refluks (pengaliran kembali isi lambung ke [...]

Bahaya Cotton Bud Saat Membersihkan Telinga

Bahaya Cotton Bud Saat Membersihkan Telinga

Banyak orang yang memilih membersihkan telinga mereka menggunakan cotton bud. Sayangnya jika tak berhati-hati, hal itu bisa menyebabkan bahaya, seperti telinga berdenging atau kelumpuhan saraf di sekitar wajah.Menurut sebuah penelitian terbaru, lebih dari 50 persen pasien yang datang ke dokter spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) sering memakai cotton bud untuk mengorek kotoran di telinga. Walaupun ujungnya terbuat dari kapas, alat ini tetap berisiko merusak gendang telinga.Seperti dikutip Healthday, gangguan pendengaran yang umum dialami pemakai cotton bud adalah tinnitus atau telinga berdenging. Sementara wajah yang sulit digerakkan adalah gejala kerusakan saraf yang juga dipicu kerusakan gendang telinga.Untungnya, penelitian terbaru yang dilakukan oleh Dr Ilaaf Darrat, spesialis THT dari Henry Ford Hospital, menunjukkan bahwa 97 persen kerusakan gendang telinga bisa sembuh sendiri dalam waktu rata-rata 2 bulan. Operasi hanya dibutuhkan jika berdampak pada kelumpuhan saraf di sekitar wajah.Penelitian yang dipresentasikan dalam Combined Otolaryngological Spring Meeting di Chicago ini melibatkan 1.540 pasien yang mengalami kerusakan gendang telinga antara tahun 2001-20 [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *