Inilah Tanda-tanda Anda Mengalami Intoleransi Gluten

Inilah-Tanda-tanda-Anda-Mengalami-Intoleransi-Gluten.jpg

Intoleransi terhadap gluten dapat didiagnosa di umur berapa saja. Pada orang-orang yang menderita intoleransi gluten, berbagai macam gangguan kesehatan dapat timbul bila mereka mengonsumsi makanan yang mengandung gluten.

Nah, apa sih yang dimaksud dengan gluten? Gluten merupakan sebuah protein yang biasanya ditemukan di gandum, jelai (barley), dan gandum hitam. Pada umumnya, gluten aman dikonsumsi. Namun, ada sebagian orang yang intoleran terhadap gluten dan dapat mengalami gangguan kesehatan bila mengonsumsi gluten atau gandum. Pada orang yang pantang makan makanan gluten, pada prinsipnya dikarenakan 3 jenis intoleransi gluten di halaman berikut ini selengkapnya:

Inilah Tanda-tanda Anda Mengalami Intoleransi Gluten

inilah-tandatanda-anda-mengalami-intoleransi-gluten

  • Alergi Gandum

Jenis intoleransi gluten ini adalah orang yang mengalami alergi terhadap protein gandum. Dimana besar kemungkinan alergi tersebut tidak hanya dipicu oleh protein gluten, namun protein dan kandungan lainnya yang terdapat pada gandum.

Pada alergi terhadap protein gandum, didasari oleh adanya alergi terhadap beberapa jenis protein di dalam gandum, termasuk diantaranya gluten. Selain gejala pencernaan yang menyerupai kedua kelainan lainnya, alergi terhadap gandum dapat menyebabkan kemerahan, hidung tersumbat, iritasi mata, sampai dengan kesulitan bernapas.

  • Non-celiac Gluten Intolerance

Pada jenis intoleransi ini, penderita mengalami sensitif terhadap gluten pada kadar tertentu. Namun demikian kondisi sensitivisasi yagn dialaminya tidak menenggarai menderita penyakit celiac. Pada dasarnya disebabkan intoleransi terhadap gluten dan komponen lain di dalam gandum yang tidak menyebabkan kerusakan permukaan usus. Gejala lainnya selain pencernaan adalah lemas, nyeri sendi, kelainan saraf, dan penurunan tingkat kesadaran.

  • Penyakit celiac

Pada orang yang menderita penyakit celiac, sangat disarankan untuk menghindari gluten sama sekali. Sedangkan pada penyakit celiac, apabila mengkonsumsi gluten akan terjadi kerusakan permukaan usus. Gejala lain yang dapat menyertai adalah kelainan kulit, malnutrisi, anemia defisiensi besi, penurunan berat badan, kerontokan rambut, kelainan saraf, kelainan fungsi hati, nyeri sendi dan karies gigi.

Lalu bagaimana cara membedakannya? Halaman berikut penjelasannya:

Inilah Tanda-tanda Anda Mengalami Intoleransi Gluten

Umumnya, ketiga kondisi ini memiliki gejala awal yang serupa yaitu timbulnya gangguan pecernaan setelah mengonsumsi gluten atau gandum. Gangguan pencernaan dapat berupa kembung, nyeri perut, dan diare. Walaupun gejala awalnya serupa, ketiga kondisi ini sesungguhnya berbeda.

Untuk membedakan ketiganya, diperlukan pemeriksaan lanjutan oleh dokter. Apabila Anda merasakan adanya gangguan setelah mengonsumsi makanan yang mengandung gluten atau gandum, maka ada kemungkinan Anda menderita salah 1 dari ketiga kondisi di atas. Untuk mengetahuinya, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter yang dapat melakukan pemeriksaan khusus untuk mengetahui dengan pasti jenis gangguan yang Anda alami.

Jika memang terbukti, Anda pun dapat menanganinya dengan tepat, misalnya: dengan mengonsumsi diet yang bebas gluten atau gandum . Selain itu, konsumsilah makanan dengan gizi seimbang dan ketahuilah jenis makanan apa saja yang mengandung gluten agar Anda bisa menghindarinya. Selamat mencoba!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Apakah Anda Sudah Tahu Ada Jadwal Imunisasi Anak yang Baru?

Apakah Anda Sudah Tahu Ada Jadwal Imunisasi Anak yang Baru?

Pada tahun 2014, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengeluarkan jadwal imunisasi baru. Jadwal ini memiliki beberapa perubahan dari versi lama. Simak keterangan di bawah ini, agar buah hati mendapatkan perlindungan yang optimal: Hepatitis B: Paling baik diberikan dalam waktu 12 jam setelah lahir dan didahului pemberian vitamin K (untuk mencegah terjadinya perdarahan akibat defisiensi vitamin K). Bila bayi lahir dari ibu HBsAg positif, diberikan juga immunoglobulin hepatitis B (HBIg) pada ekstremitas (tungkai) yang berbeda. Polio: Vaksin polio oral (OPV-0) harus diberikan pada saat lahir atau saat bayi dipulangkan. Vaksin polio selanjutnya (polio-1, polio-2, polio-3, dan polio booster) dapat diberikan dalam bentuk oral (OPV) yang lewat mulut) atau inaktivasi (IPV) yang diberikan secara disuntikkan dalam otot. Namun, sebaiknya paling sedikit diberikan 1 dosis IPV. (Baca: Imunisasi Polio) BCG: Dianjurkan sebelum 3 bulan, optimal usia 2 bulan. Apabila diberikan sesudah umur 3 bulan, diperlukan uji tuberkulin (tes mantoux). DTP: Pertama kali diberikan paling cepat umur 6 minggu. Dapat diberikan vaksin DTwP atau DTaP atau kombinasi dengan vaksin lain. Untuk anak um [...]

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Kita semua pasti pernah merasakan perut kembung. Perasaan kembung ini bukan hanya tidak nyaman dirasa tubuh tapi dapat juga sampai merusak mood. Mengapa kembung dapat terjadi? Perasaan kembung merupakan suatu proses natural selama pencernaan, yang dipicu oleh akumulasi dari cairan dan produksi gas di dalam tubuh. Kembung belum tentu selalu disebabkan oleh produksi dari gas yang terlalu banyak namun juga bagaimana tubuh memproses gas itu. Keadaan kembung dapat dikurangi dengan pemilihan makanan yang tepat serta perubahan gaya hidup. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat mencegah kembung. Nasi Beberapa jenis karbohidrat dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan dan beberapa jenis karbohidrat hanya dapat dicerna sebagian. Nah, yang hanya dapat dicerna sebagian inilah yang dapat membuat kembung. Menurut American College of Gastroenterology, jenis karbohidrat berupa nasi dapat dicerna secara penuh di usus halus, sehingga tidak memiliki potensi untuk menimbulkan kembung. Pisang (Kalium) Kembung tidak selalu disebabkan oleh kelebihan gas. Konsumsi garam dalam jumlah yang tinggi dapat menjadi pemicu. Banyak makanan yang sekarang dijual [...]

Pola Makan Penyebab Kegemukan yang Sering Diajarkan Orangtua ke Anaknya

Pola Makan Penyebab Kegemukan yang Sering Diajarkan Orangtua ke Anaknya

Orangtua adalah panutan anak-anaknya. Saat kecil, segala hal yang orangtuanya lakukan bisa dengan sangat mudah dan cepat ditiru anak. Termasuk juga kebiasaan makan dan cara Anda beraktivitas.Seringkali orangtua menurunkan pola makan tak sehatnya kepada anak secara tidak sadar. Mengonsumsi makanan tidak sehat dan tinggi kalori sejak kecil bisa berakibat kegemukan bahkan obesitas saat dia dewasa nanti. Oleh karena itu, wajib bagi para orangtua untuk mengajarkan kebiasaan makan dan gaya hidup yang sehat terhadap buah hati mereka.Namun sebelumnya, ketahui dulu pola makan tidak sehat yang sering 'diajarkan' orangtua kepada anaknya. Dan temukan solusi bagaimana mengubah kebiasaan itu menjadi lebih baik. Ini ulasannya, seperti dilansir Gal Time.1. Makan dengan Porsi Besar & Harus Dihabiskan'Makan yang banyak dan habiskan biar sehat'. Kalimat itu seringkali diutarakan orangtua kepada anaknya, dengan anggapan semakin banyak makan, makin banyak pula gizi dan nutrisi yang masuk. Namun sebenarnya itu adalah ajaran yang keliru. Faktor kecukupan gizi tidak hanya dipengaruhi oleh banyak-sedikitnya makanan, tapi apa yang Anda dan keluarga makan.Mulai dari sekarang, beri contoh pada anak And [...]

Jangan Pasung Skizofrenia

Jangan Pasung Skizofrenia

Konfrensi Nasional Skizofrenia 2010Fenomena yang memprihatinkan yang ditemukan di Indonesia terhadap penderita skizofrenia atau gangguan jiwa berat adalah pemasungan. Ironisnya, hal pemasungan ini justrudilakukan oleh keluarga terdekat penderita itu sendiri. Tujuannya, untuk menghindari konflik atau beban sosial dari kegagalan interaksi dengan masyarakat sekitar. Di Indonesia, penderita skizofrenia telah mencapai sekitar 2,5 persen dari total penduduk Indonesia. Mirisnya, dari jumlah tersebut hanya 8,3 persen penderita yang melakukan pengobatan, sisanya dilatarbelakangi faktor finansiil dan sikap tertutup dari keluarga penderita yang menganggap skizofrenia adalah momok atau aib yang memalukan yang dimiliki. Hingga mengarah kepada kondisi pemasungan. Hal ini berlawanan dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 1966 tentang Kesehatan Jiwa menyatakan bahwa pasien dengan gangguan jiwa yang terlantar harus mendapatkan perawatan dan pengobatan pada suatu tempat perawatan. Suatu hal esensiil terhadap pertimbangan kebutuhan hak asasi manusia. Masih banyaknya temuan kasus pemasungan di masyarakat menandakan kegagalan otoritas dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak asasi terhadap warganya [...]

Penyebab Kaki Bengkak dan Cara Mudah Mengatasinya

Penyebab Kaki Bengkak dan Cara Mudah Mengatasinya

Pembengkakan pada kaki membuat kita sulit beraktivitas. Ketahui apa saja penyebabnya demi menghindari terganggunya aktifitas Anda. Dalam ilmu medis, kaki bengkak biasanya disebabkan oleh edema atau adanya penumpukan cairan pada tubuh, tepatnya di kaki. Pembengkakan pada kaki dipengaruhi oleh kondisi kesehatan seseorang. Penderita penyakit ginjal dan jantung umumnya akan mengalami pembengkakan kaki. Berikut beberapa hal yang menyebabkan kaki bengkak: Limfedema. Kondisi medis akibat gangguan pada pembuluh getah bening yang menghambat peredaran cairan pada kaki. Akibatnya cairan menumpuk dan membuat kaki bengkak. Cedera. Pembengkakan pada kaki bisa terjadi karena cedera pada kaki dan pergelangan kaki. Ketika pergelangan kaki cedera atau salah melangkah, ligamen (sebuah pita fleksibel yang menghubungkan tulang dengan tulang) akan merenggang melampaui batas normal. Hal tersebut menyebabkan kaki bengkak. Kehamilan. Kaki bengkak pada wanita hamil adalah hal yang normal. Hal ini terjadi karena pembuluh darah besar di pangkal paha menerima tekanan dari bayi dalam kandungan yang tubuhnya kian membesar. Itu sebabnya di bulan-bulan terakhir kehamilan umumnya akan terjadi pembengkakan kaki. N [...]

Cahaya Infra Merah Dalam Pengobatan Kanker

Cahaya Infra Merah Dalam Pengobatan Kanker

Sebuah penelitian di National Cancer Institute, Maryland, Amerika Serikat menemukan cara mengobati penderita kanker dengan membuat obat senyawa antibodi yang mampu menempel hanya pada protein dipermukaan sel kanker menggunakan cahaya infra merah. Hal ini merupakan suatu penemuan baru dimana pengobatan dapat ditargetkan secara langsung tanpa merusak jaringan sehat lain di sekitarnya. Seperti yang ketahui, bahwa semua cara penanganan dan pengobatan kanker saat ini masih memiliki efek samping yang cukup beresiko terhadap kesehatan tubuh lainnya baik itu dengan cara menghancurkan sel kanker menggunakan pemaparan radiasi, operasi pengangkatan tumor kanker, hingga penggunaan obat-obatan dalam membunuh sel kanker dari dalam. Meskipun penelitian menggunakan antibodi dan cahaya infra merah baru berhasil diterapkan pada tikus percobaan di laboratorium, namun penelitian menemukan bahwa ukuran tumor sel kanker dapat mengecil secara signifikan dan mampu mematikan sel kanker yang telah ditentukan. Dengan demikian secara langsung meminimalisir kerusakan pada sel normal. Menjadikan cara ini sebagai salah satu terapan yang sangat berpotensial dalam mengobati kanker. Untuk itu penelitian yang di pub [...]

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Bawang putih merupakan salah satu bahan bumbu masakan yang digunakan di seluruh dunia untuk menambah cita rasa makanan. Bawang putih yang dikenal memiliki bau tajam ini ternyata sering digunakan untuk pengobatan sejak ratusan tahun yang lalu. Pada saat perang dunia ke-1, para prajurit menggunakan bawang putih sebagai antiseptik untuk mencegah infeksi, membersihkan luka sampai mengobati disentri. Beberapa Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh Manusia Berdasarkan hal tersebut maka mulai banyak ilmuwan yang meneliti manfaat dari bawang putih ini. Bawang putih kaya akan vitamin B6, mangan, selenium, vitamin c, dan mineral lainnya. Kandungan Allicin/sulfur dalam bawang putih dipercaya sebagai zat kimia yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, zat ini juga yang menimbulkan bau tajam pada bawang putih. Berikut ini adalah manfaat bawang putih untuk kesehatan: Berikut ini adalah manfaat bawang putih untuk kesehatan: 1, Menurunkan risiko penyakit jantung dan hipertensi Bawang putih merupakan salah satu herbal yang sering disebut untuk mencegah penyakit jantung, hipertensi aterosklerosis. Sebuah penelitian yang dilakukan selama 4 tahun menun [...]

Pelecehan Seksual Pada Anak

Pelecehan Seksual Pada Anak

Apa saja yang bisa disebut sebagai pelecehan seksual? Pelecehan seksual merupakan tindakan-tindakan yang ada unsur menyentuh/meraba dan tidak untuk tujuan kepuasan seksual pelaku. Beberapa contoh tindakan pelecehan seksual yang ada unsur perabaan/menyentuh pada anak adalah : Meraba bagian kemaluan anak atau bagian intim lain untuk kepuasan seksual Menyuruh anak meraba bagian kemaluan orang lain, bermain kegiatan seksual atau melakukan hubungan seksual dengan cara memasukkan tangan/lidah/penis atau barang-barang ke dalam vagina, ke dalam mulut atau anus untuk kepuasaan seksual. Beberapa contoh tindakan pelecehan seksual yang tidak ada unsur perabaan/menyentuh pada anak adalah : Memperlihatkan film porno ke anak Memperlihatkan kelamin orang dewasa ke anak-anak Mengambil foto anak dalam pose seksual Memaksakan anak mendengar atau menonton kegiatan seksual Menonton anak membuka baju di kamar mandi Beberapa gejala/perilaku yang perlu diwaspadai pada anak dan remaja akan kemungkinan sudah terjadi pelecehan seksual (hal-hal ini juga dapat muncul pada keadaan stres, perceraian, atau masalah di rumah dan sekolah): Mimpi buruk / gangguan tidur Menjadi pen [...]

Depresi Dapat  Berisiko Demensia

Depresi Dapat Berisiko Demensia

Peneliti baru menunjukkan, depresi berisiko mengundang demensia di masa depan. Terdapat dua penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurology Amerika menyatakan, demensia dan depresi ditemukan kesamaan angka penderita demensia dari penderita depresi tahun-tahun sebelumnya. Walau demikian belum terungkap penyebabnya secara langsung dua korelasi tersebut, dan masih diperlukan lebih banyak studi lagi untuk mengetahui mengapa dua kondisi yang terkait terjadi. Mereka percaya bahwa faktor bahan kimia dalam makanan dan gaya hidup tidak sehat seperti diet, sangat memegang peran penting terhadap terjadinya depresi. Menurut Dr. Jane Saczynski dari Universitas Massachusetts, meskipun terlihat jelas depresi menyebabkan demensia, ada sejumlah kemungkinan depresi mempengaruhi risiko demensia lebih tinggi lagi. ?Radang jaringan otak yang terjadi ketika seseorang ditekan mungkin berpengaruh terhadap demensia. Protein tertentu yang ditemukan di otak yang meningkatkan depresi juga dapat meningkatkan risiko demensia berkembang,? ujarnya sebagaimana terkutip pada laman BBC Health. Studi yang diikuti 949 orang tua selama 17 tahun, menunjukkan demensia lebih sering mengikuti perkembangan depresi. Pada [...]

Apa Penyebab Kaki Bengkak Setelah Melahirkan?

Apa Penyebab Kaki Bengkak Setelah Melahirkan?

Anda sudah melahirkan, tapi kedua kaki masih terasa bengkak dan ukuran sepatu tidak kunjung kembali seperti semula? Apakah kondisi ini berbahaya? Kaki bengkak atau edema tungkai ini sebenarnya adalah hal yang normal dan umumnya akan mereda dalam waktu kurang lebih 10 hari. Mengapa Dapat Terjadi Kaki Bengkak? Kaki bengkak disebabkan oleh adanya beberapa perubahan dalam tubuh oleh karena proses kehamilan dan kelahiran, antara lain: Penumpukan cairan di dalam tubuh Pada saat kehamilan, tubuh memproduksi lebih banyak hormone estrogen dan progesteron. Peningkatan hormon ini dapat menyebabkan retensi atau penumpukan cairan di tubuh, termasuk pada tungkai. Rahim yang membesar Rahim yang kian membesar dapat menekan pembuluh vena di kaki sehingga aliran darah balik dari bagian-bagian bawah tubuh menjadi terhambat. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa terjadi penumpukan cairan di tungkai pada saat kehamilan. Setelah melahirkan, rahim mendorong darah ke bagian bawah tubuh. Akibatnya perlu beberapa hari setelah persalinan untuk pembengkakan pada kaki mereda. Cairan infus Selama proses persalinan, terutama jika menjalani caesar, Anda barangkali juga menerima cairan infus sehingga jumla [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *