Inilah Tanda-tanda Anda Mengalami Intoleransi Gluten

Inilah-Tanda-tanda-Anda-Mengalami-Intoleransi-Gluten.jpg

Intoleransi terhadap gluten dapat didiagnosa di umur berapa saja. Pada orang-orang yang menderita intoleransi gluten, berbagai macam gangguan kesehatan dapat timbul bila mereka mengonsumsi makanan yang mengandung gluten.

Nah, apa sih yang dimaksud dengan gluten? Gluten merupakan sebuah protein yang biasanya ditemukan di gandum, jelai (barley), dan gandum hitam. Pada umumnya, gluten aman dikonsumsi. Namun, ada sebagian orang yang intoleran terhadap gluten dan dapat mengalami gangguan kesehatan bila mengonsumsi gluten atau gandum. Pada orang yang pantang makan makanan gluten, pada prinsipnya dikarenakan 3 jenis intoleransi gluten di halaman berikut ini selengkapnya:

Inilah Tanda-tanda Anda Mengalami Intoleransi Gluten

inilah-tandatanda-anda-mengalami-intoleransi-gluten

  • Alergi Gandum

Jenis intoleransi gluten ini adalah orang yang mengalami alergi terhadap protein gandum. Dimana besar kemungkinan alergi tersebut tidak hanya dipicu oleh protein gluten, namun protein dan kandungan lainnya yang terdapat pada gandum.

Pada alergi terhadap protein gandum, didasari oleh adanya alergi terhadap beberapa jenis protein di dalam gandum, termasuk diantaranya gluten. Selain gejala pencernaan yang menyerupai kedua kelainan lainnya, alergi terhadap gandum dapat menyebabkan kemerahan, hidung tersumbat, iritasi mata, sampai dengan kesulitan bernapas.

  • Non-celiac Gluten Intolerance

Pada jenis intoleransi ini, penderita mengalami sensitif terhadap gluten pada kadar tertentu. Namun demikian kondisi sensitivisasi yagn dialaminya tidak menenggarai menderita penyakit celiac. Pada dasarnya disebabkan intoleransi terhadap gluten dan komponen lain di dalam gandum yang tidak menyebabkan kerusakan permukaan usus. Gejala lainnya selain pencernaan adalah lemas, nyeri sendi, kelainan saraf, dan penurunan tingkat kesadaran.

  • Penyakit celiac

Pada orang yang menderita penyakit celiac, sangat disarankan untuk menghindari gluten sama sekali. Sedangkan pada penyakit celiac, apabila mengkonsumsi gluten akan terjadi kerusakan permukaan usus. Gejala lain yang dapat menyertai adalah kelainan kulit, malnutrisi, anemia defisiensi besi, penurunan berat badan, kerontokan rambut, kelainan saraf, kelainan fungsi hati, nyeri sendi dan karies gigi.

Lalu bagaimana cara membedakannya? Halaman berikut penjelasannya:

Inilah Tanda-tanda Anda Mengalami Intoleransi Gluten

Umumnya, ketiga kondisi ini memiliki gejala awal yang serupa yaitu timbulnya gangguan pecernaan setelah mengonsumsi gluten atau gandum. Gangguan pencernaan dapat berupa kembung, nyeri perut, dan diare. Walaupun gejala awalnya serupa, ketiga kondisi ini sesungguhnya berbeda.

Untuk membedakan ketiganya, diperlukan pemeriksaan lanjutan oleh dokter. Apabila Anda merasakan adanya gangguan setelah mengonsumsi makanan yang mengandung gluten atau gandum, maka ada kemungkinan Anda menderita salah 1 dari ketiga kondisi di atas. Untuk mengetahuinya, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter yang dapat melakukan pemeriksaan khusus untuk mengetahui dengan pasti jenis gangguan yang Anda alami.

Jika memang terbukti, Anda pun dapat menanganinya dengan tepat, misalnya: dengan mengonsumsi diet yang bebas gluten atau gandum . Selain itu, konsumsilah makanan dengan gizi seimbang dan ketahuilah jenis makanan apa saja yang mengandung gluten agar Anda bisa menghindarinya. Selamat mencoba!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tertawa, Cara Sehat yang Murah & Kaya Manfaat

Tertawa, Cara Sehat yang Murah & Kaya Manfaat

Istilah ?Tawa adalah obat yanng mujarab?, bisa jadi ada benarnya. Tertawa adalah kegiatan yang tidak menggunakan biaya namun dapat membuat pikiran menjadi santai dan tidak terbeban dengan masalah. Ternyata kegiatan menyenangkan ini juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya berbagai penyakit lho. Tertawa diyakini memberikan manfaat dua manfaat kesehatan sekaligus bagi manusia. Manfaat sehat yang pertama adalah untuk kesehatan fisik dan mental, dimana secara biologi dan kejiwaan tertawa memberikan kebaikan bagi kesehatan jiwa dan raga. Sementara aspek berikutnya adalah untuk ?kesehatan sosial?. Dengan aktivitas tertawa diyakini memberikan energi positif kepada individu dan proses interaksi sosialnya. Dimana lingkungan akan memiliki nuansa positif diikuti lingkungan yang lebih memiliki kecenderungan positif. Tidak percaya? Nih, simak selanjutnya bagaimana tertawa dapat memberikan manfaat ?obat? kuat fisik dan mental. Tertawa, Cara Sehat yang Murah & Kaya Manfaat Istilah ?Tawa adalah obat yanng mujarab?, bisa jadi ada benarnya. Tertawa adalah kegiatan yang tidak menggunakan biaya namun dapat membuat pikiran menjadi santai dan tidak terbeban dengan masalah [...]

Atasi Depresi

Atasi Depresi

Maraknya persaingan secara global memberikan dampak siknifikan terhadap mental manusia secara keseluruhan. Salah satunya adalah depresi. Untuk beberapa orang, gangguan medis ini seringkali tidak disadari hingga mempengaruhi berbagai macam masalah emosional dan fisik yang mempengaruhi aktifitas keseharian mereka. Depresi sendiri sebenarnya bukan masalah personal yang negatif, melainkan suatu gangguan kesehatan yang dapat diobati dan dialami siapa saja apabila membiarkan keadaan sedih dan pemikiran berkelanjutan. Sehingga tidak jarang mereka yang merasa mengalami gangguan-gangguan kesehatan seringkali tidak menemukan penyebab yang jelas saat memeriksakan diri ke dokter dikarenakan gangguan tersebut berasal dari drepresi. Beberapa gejala fisik yang terjadi saat seseorang mengalami depresi antara lain adalah: Penurunan energi dan kelelahan; Insomnia, khususnya terbangun tengah malam; Tidur berlebihan; Mengalami sakit ataupun nyeri di tempat tertentu secara terus menerus; Sakit kepala, kram dan masalah pencernaan. Gejala-gejala ini yang kerap kali membingungkan, karena apabila dicek secara fisik, mereka tidak mengalami gangguan kesehatan secara langsung, namun lebih dikarenaka [...]

Nyeri Sendi? Makan Brokoli Saja!

Nyeri Sendi? Makan Brokoli Saja!

Brokoli, sayuran hijau yang terkadang dihindari oleh si kecil ini memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa. 100 gram brokoli dapat memenuhi kebutuhan: 150% kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan oleh tubuh, serat, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin A, zat besi, zinc, fosfor dan nutrisi nabati lainnya. Dewasa ini, sebuah group peneliti di Universitas of East Anglia membuktikan dugaan mereka bahwa peningkatan konsumsi brokoli dapat melindungi sendi-sendi tubuh dari kerusakan tulang rawan yang kerap dipicu oleh trauma atau arthritis. Di balik penampilannya yang seperti orang kribo, ternyata brokoli mengandung senyawa bernama ?sulforaphane? yang mampu mengaktifkan 200 gen yang berbeda. Selain itu, masih ada beberapa manfaat kesehatan brokoli lainnya, antara lain: Brokoli dan Manfaat Kesehatannya Beberapa ahli juga menengarai bahwa senyawa ini juga dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah, awal dari rangkaian terjadinya Serangan jantung dan stroke.Tidak hanya itu, senyawa yang sama juga terbukti dapat membunuh sel kanker darah, leukemia dengan cara meningkatkan kerja enzim yang melindungi kerusakan sel oleh molekul kimia penyebab kanker. [...]

Tips Kurangi Rasa Sakit Pasca Pakai Sepatu High Heels

Tips Kurangi Rasa Sakit Pasca Pakai Sepatu High Heels

Bagi wanita yang tidak terbiasa, memakai sepatu high heel bisa sangat menyiksa. Kaki bisa sakit dan pegal berkepanjangan. Bagaimana agar nyaman dan kaki pun tetap sehat?Ahli kesehatan kaki Stephen Strain asal London memberikan beberapa tipsnya soal bagaimana agar wanita tetap bisa memiliki kaki yang sehat meski sering memakai high heels. Sebelum membeberkan tips tersebut, ia lebih dulu menjelaskan kenapa sepatu high heels bisa membuat kaki wanita sangat sakit.Seperti dikutip dari Daily Mail, semakin jarang Anda memakai sepatu jenis tersebut dan makin tinggi hak sepatu itu, semakin sakit juga kaki Anda nantinya. Otot betis berkontraksi saat kaki berjalan dengan sepatu ini. Pergelangan kaki juga jadi berada beberapa inchi di atas tanah, sehingga otot betis jadi harus lebih bekerja keras. Sama seperti olahraga, jika otot kita belum terbiasa, sesudah melakoni aktivitas tersebut tentu badan akan terasa sakit keesokan harinya. Hal serupa berlaku pada sepatu high heels.Strain mengatakan sangat penting memiliki sepatu high heels yang bisa dipakai dengan nyaman dan benar. Sepatu tersebut sebaiknya memiliki tempat untuk ujung kaki bergerak. Kalaupun sepatu itu ujungnya lancip, bagian ters [...]

Ini Nutrisi yang Baik Dikonsumsi Saat Mood Sedang Negatif

Ini Nutrisi yang Baik Dikonsumsi Saat Mood Sedang Negatif

Perubahan suasana hati alias mood sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari, terlebih lagi bagi wanita. Untuk mengatasi perubahan mood itu, makanan dengan nutrisi sehat dan tepat bisa menjadi solusinya.Perubahan suasana hati alias mood sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari, terlebih lagi bagi wanita. Untuk mengatasi perubahan mood itu, makanan dengan nutrisi sehat dan tepat bisa menjadi solusinya. Dilansir dari Sheknows, berikut beberapa nutrisi yang tepat untuk mengatasi suasana hati.1. Nutrisi saat sedang sedihKetika Anda sedang sedih, cobalah mengonsumsi makanan ringan yang rendah protein, rendah lemak tapi tinggi karbohidrat. Alasannya karena ketika makanan tinggi karbohidrat tidak terhambat oleh protein atau lemak, maka asam amino triptophan akan meningkat di otak dan berubah menjadi serotonin, yaitu neurotransmiter yang menstimulasi suasana hati dan membatasi keinginan makan (carving). Anda bisa mengonsumsi, popcorn, havermut polos dengan sedikit susu dan madu, serta bagel (sejenis donat) dengan irisan pisang.2. Nutrisi saat sedang depresiPerasaan tertekan dan depresi bisa diredakan makanan yang kaya dengan omega-3, yang banyak ditemukan dalam lemak sehat yaitu lemak i [...]

Lebih Baik Konsumsi Roti atau Nasi? Ini Dia Jawabannya!

Lebih Baik Konsumsi Roti atau Nasi? Ini Dia Jawabannya!

Banyak perbedaan pendapat dalam mengkonsumsi roti dan nasi. Ada yang mengatakan bahwa nasi bisa membuat Anda gemuk, tapi ada pula yang bilang kalau roti sulit dicerna. Jadi, mana yang lebih baik? Untuk mengetahui jawabannya, simaklah uraian berikut seperti dikutip dari situs Bold Sky.1. KarbohidratKedua makanan ini mempunyai kandungan karbohidrat yang berbeda. Nasi memiliki karbohidrat yang rendah sedangkan roti kaya akan karbohidrat kompleks. Proses enzim dalam tubuh akan memecah karbohidrat kompleks yang menyebabkan asupan kalori lebih banyak. Jadi, jika Anda sedang mengalami sakit perut, lebih baik mengkonsumsi nasi daripada roti karena energi yang dibutuhkan untuk memecah karbohidrat dari nasi lebih rendah.2. Malas dan LesuTidak sedikit dari Anda yang merasa malas atau lesu setelah makan nasi pada siang dan malam hari. Hal itu disebabkan oleh peningkatan kadar gula darah dalam nasi. Untuk mengatasi rasa malas tersebut, ada baiknya Anda mengkonsumsi roti yang tidak mengakibatkan tubuh menjadi lesu.3. LemakNasi lebih banyak mengandung lemak daripada roti. Bagi Anda yang menderita obesitas dianjurkan agar tidak makan nasi yang bisa membuat tubuh semakin gemuk. Namun, jika Anda [...]

Makanan Pencegah Rambut Rontok

Makanan Pencegah Rambut Rontok

Seperti bagian lain dari tubuh, sel dan proses yang menjadi dasar rambut yang kuat tergantung dari diet yang seimbang. Sulitnya, perubahan pada rambut baru terlihat beberapa bulan setelah terjadinya defisiensi nutrisi atau efek pengurangan diet yang bersifat berlebih dalam waktu singkat. Nutrien yang Anda makan membantu memfortifikasi folikel rambut dan kulit kepala yang mengelilinginya. Folikel yang lebih sehat membuat rambut lebih sehat. Memang makanan bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi kesehatan rambut Anda. Kebiasaan merokok, ketidakseimbangan hormon, dan kurangnya tidur dapat mempengaruhi bagaimana rambut terlihat dan terasa. Namun, satu hal yang dapat Anda lakukan adalah mengatur diet Anda menjadi lebih seimbang, bervariasi, dan tinggi protein. Ingin tahu apa saja makanan untuk pencegah rambut rontok? Silakan klik next. Makanan Pencegah Rambut Rontok Berikut adalah 10 jenis makanan yang dapat Anda konsumsi: Salmon Kandungan protein dan vitamin D yang merupakan kunci rambut yang kuat tinggi pada salmon. Selain itu asam lemak omega-3 pada salmon diperlukan oleh tumbuh untuk menumbuhkan rambut. Omega-3 juga ditemukan pada membran sel pada kulit [...]

Agar Kembali Sehat Setelah Makan Banyak Selama Liburan

Agar Kembali Sehat Setelah Makan Banyak Selama Liburan

Lebaran atau libur panjang seringkali membuat pola makan jadi berantakan. Bahkan, hampir setiap hari Anda mengonsumsi makanan berlemak dan mengandung kolesterol. Mengemil makanan sehat adalah salah satu solusi terbaik.Sayangnya, itu bukanlah hal yang mudah. Seperti yang dikutip dari nativeremedies, berikut beberapa cara agar kembali sehat setelah banyak mengonsumsi makanan tak sehat selama liburan.1. Perbanyak Minum AirMenghilangkan racun di tubuh adalah cara terbaik agar tubuh kembali pada 'jalur yang benar'. Meminum banyak cairan dana bantu menghilangkan racun serta menghentikan keinginan untuk 'ngemil' makanan tak sehat. Biasanya keinginan tersebut hanya akan berlangsung selama 4 sampai 12 menit dan kemudian segera hilang seusai Anda meminum segelas air.2. Alihkan PerhatianSelama liburan panjang, tubuh hampir terbiasa dengan pola makan baru. Jika suatu saat Anda menyadari tubuh sedang berjalan menuju tempat penyimpanan kue-kue kering, sebaiknya segera telepon teman untuk berjalan-jalan atau bersepeda keliling komplek rumah. Mengalihkan perhatian terhadap makanan dengan berolahraga dapat bantu Anda mengurangi kelebihan berat badan setelah liburan.3. Kurangi KafeinSaat bangun d [...]

9 Fakta dan Mitos Tentang HIV

9 Fakta dan Mitos Tentang HIV

Human immunodeficiency virus (HIV) merupakan virus yang menyerang sel darah putih (limfosit) dan menyebabkan turunnya kekbalan tubuh manusia. Menurut Centre for Disease Control (CDC) kasus HIV/AIDS mengalami peningkatan setiap tahunnya dan paling banyak ditularkan melalui kontak seksual. Seringkali kita menemukan pasien HIV/AIDS yang dikucilkan dan dijauhi karena takut tertular. Berkembangnya jumlah penderita HIV/AIDS merupakan suatu masalah utama dalam bidang kesehatan. Penyakit yang banyak menyerang usia produktif ini cukup meresahkan karena sampai pada saat ini belum benar-benar ada terapi yang dapat menyembuhkan. Maka pengetahuan masyarakat mengenai HIV dan bagaimana pencegahan penularannyaharus ditingkatkan agar angka penularan infeksi penyakit ini dapat ditekan. Semudah itukah HIV ditularkan? Berikut ini adalah mitos dan fakta tentang HIV yang perlu diketahui: 1. Terkena HIV Sama dengan Terkena AIDS Jawabnya?: Mitos. Hal tersebut tidak benar. HIV berbeda dengan AIDS (acquired immunodeficiency syndrome). Seseorang dapat terkena HIV selama bertahun-tahun tanpa AIDS. AIDS merupakan sekumpulan gejala yang muncul akibat turunnya kekebalan tubuh akibat HIV. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *