Jamur Cordyceps, Mengatasi Gangguan Napas Hingga Impotensi

062782600_1410782876-jamur_reishi.jpg

China sangat dikenal dengan pengobatan herbalnya. Berbagai jenis pengobatan lahir di sana. Salah satu tumbuhan yang bermanfaat untuk pengobatan itu adalah cordyceps. Cordyceps (juga disebut dengan Cordyceps sinensis) merupakan jamur yang tumbuh liar di daerah Barat Daya Cina.

Dalam bahasa China, tumbuhan tersebut dinamakan Dong Chong Yia Cao atau winter warm summer grass, yang berarti herbal musim dingin dengan kehangatan musim panas. Cordyceps merupakan herbal yang sering digunakan pada pengobatan Cina. Tumbuhan tersebut umumnya ditemukan pada ketinggian 10.000 kaki di atas permukaan laut di Cina, Tibet, dan Nepal. Namun, cordyceps liar yang berasal dari Tibet yang disebut-sebut sebagai tumbuhan terbaik.

Mengandung Nukleotida

Secara umum, jamur yang diambil dan dimanfaatkan biasanya dikumpulkan dari jamur liar. Beberapa literatur menunjukkan bahwa cordyceps liar sangat kaya akan beberapa komponen penting. Namun, kandungan aktif tersebut justru berbeda pada cordyceps yang telah dibudidayakan. Karena itu, cordyceps dibiarkan tumbuh secara liar dan tidak dibudidayakan seperti jamur atau tanaman obat lainnya. Karena liar dan jumlah yang sangat jarang serta sulit ditemukan membuat harganya menjadi sangat mahal. Bayangkan saja, untuk setiap 100 gramnya, harga yang harus dibayarkan bisa mencapai 1.000 dolar AS atau sekitar delapan juta rupiah! Meski begitu, tumbuhan ini tetap saja dicari.

Khasiat cordyceps sebenarnya sudah diketahui sejak ratusan tahun lampau. Sekitar 1500 tahun lalu, di padang rumput Pegunungan Himalaya, Tibet, seorang gembala memperhatikan perubahan yang terjadi pada ternaknya. Domba dan sapi yang digembalakannya bertambah kuat dan sehat setelah memakan sejenis “rumput”. Ternyata, tumbuhan yang diduga “rumput” itu hanyalah parasit yang merupakan badan dari jamur tersebut. Dari sinilah tumbuhan yang lantas dikenal dengan nama Cordyceps sinensis ini menjadi tumbuhan berkhasiat sebagai tanaman obat.

Dari berbagai literatur diketahui bahwa cordyceps mengandung hampir semua jenis nukleotida. Nukleotida sendiri merupakan senyawa ribosa atau deoksiribosa dengan basa nitrogen adenin, guanin, sitosin, timin, atau urasil, yang digunakan dalam regenerasi atau perbaikan gen. Dan ini sangat berperan penting dalam metabolisme adenosin tripospate (ATP) dan juga energi.

Untuk Impotensi

Cordyceps semakin dikenal karena efek afrodisiak yang ditimbulkannya. Penelitian yang dilakukan di Beijing Medical University di China dan Jepang memperlihatkan hasil yang menggembirakan. Setidaknya sekitar 64 persen pria yang mengalami impotensi berhasil mengatasi masalah seksualnya tersebut setelah diberi cordyceps. Uji klinis lain yang dilakukan Hunan Medical University menunjukkan bahwa cordyceps sangat luar biasa efektif dalam rileksasi otot halus pada penis. Akibatnya, aliran darah lebih mudah masuk dan membuat pria mampu berereksi selama beberapa waktu.

Selain itu, kandungan yang terdapat pada cordyceps juga berguna sebagai obat penguat, sehingga dapat meningkatkan energi dan vitalitas tubuh. Itu sebabnya, cordyceps juga berguna bagi orang yang mengalami kelelahan. Dengan cordyceps, stamina tubuh akan kembali seperti sedia kala. Kemudian, cordyceps juga diyakini dapat melancarkan aliran darah serta menurunkan kolesterol. Sebuah studi yang melibatkan sembilan rumah sakit dengan 273 pasien setidaknya membuktikan hal tersebut. Setiap hari, selama dua bulan, setiap pasien diberikan 3 gram cordyceps (setara dengan empat kapsul cordyceps).

Hasilnya, kadar kolesterol dan trigliserida pasien turun hingga 17 dan 9 persen, sedangkan kolesterol baik HDL (high density lipoprotein) meningkat hingga 27 persen. Hasil lain yang juga dibuktikan oleh laboratorium adalah bahwa penggunaan suplemen cordyceps selama tujuh hari berturut-turut hingga 80 gram nyatanya tidak memberikan efek negatif pada tubuh. Secara umum, cordyceps merupakan tonik yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta memperbaiki fungsi organ tubuh. Dua organ yang kerap disebut adalah paru-paru dan ginjal. Karena itu, cordyceps sering dilambangkan dengan emas dan air. Emas merupakan lambang dari paru-paru, sedangkan air melambangkan ginjal.

Masalah pernapasan

Sifat cordyceps yang hangat, tapi tidak memberi efek panas, kerap digunakan untuk pengobatan terhadap sistem saluran pernapasan. Cordyceps juga bertindak sebagai penguat paru-paru. Ia dapat meningkatkan kekuatan pernapasan terutama pada mereka yang membutuhkan tenaga ekstra saat melakukan olahraga fisik. Selain itu, hal ini juga berguna bagi orang-orang yang mengalami defisiensi daya paru-paru.

Masalah lain yang berhubungan dengan saluran pernapasan seperti peradangan bronkus, perawatan bronkitis kronis, pneumonia, TB, atau melebarnya gelembung paru juga dapat diatasi dengan cordyceps. Penelitian lain menunjukkan bahwa cordyceps dapat memperbaiki penampilan dan kapabilitas pembentukan otot walaupun tidak mengandung steroid.

Lalu, jamur ini juga bermanfaat terhadap sistem vaskuler terutama dengan memperbaiki sistem sirkulasi, membantu menstabilkan tekanan darah, serta menguatkan otot jantung. Sifat lain yang juga terdapat pada cordyceps adalah adanya antipenuaan serta sebagai antioksidan. Hal ini juga yang membuatnya menjadi herbal yang setara atau bahkan lebih dibandingkan dengan dengan herbal Cina lainnya seperti ginseng ataupun reishi.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Peneliti Kembangkan Pisang Super yang Mengandung Vitamin A

Peneliti Kembangkan Pisang Super yang Mengandung Vitamin A

Melihat defisiensi vitamin A yang membunuh ribuah anak di dunia dan ratusan di antaranya menderita kebutaan, peneliti pun mengembangkan pisang super yang mengandung alfa dan beta karoten.Pisang yang dibuat oleh Profesor James Dale dan timnya di Australia ini merupakan rekayasa hasil genetika.AFP melaporkan, tubuh yang mencerna pisang super ini akan mengubah alfa dan beta karoten menjadi vitamin A. Setelah lolos uji hewan, saat ini percobaan penelitian akan dilakukan kepada manusia dan pengawasannya dilakukan selama 6 minggu.Penelitian yang didukung oleh Bill dan Melinda Gates Foundation ini juga akan melihat tingkat vitamin A yang dicapai saat dicerna tubuh manusia. "Jika pisang ini mendapat lampu hijau di Uganda, tanaman mikronutrien ini dapat tumbuh di Rwanda, Kenya, dan Tanzania," kata Dale, seperti dikutip Foxnews, Selasa (17/6/2014). [...]

Hati-hati dengan Obat China yang Langsung Cespleng

Hati-hati dengan Obat China yang Langsung Cespleng

Memahami obat tradisional Cina (Traditional Chinese Medicine-TCM) barangkali akan kurang tepat bila kita memakai kacamata medis Barat. Dipahami seperti jamu tradisional Indonesia? Kurang tepat juga karena obat TCM sudah diresepkan di rumah sakit dan ada fakultas kedokteran serta farmakologi yang menyangganya. Dalam kaitan obat palsu, DR.dr. William Adi Teja, Doktor TCM bidang penyakit dalam sangat menaruh perhatian pada pemalsuan yang mengganti kandungan obat dengan bahan kimia sintetis. ?Kalau diganti dengan plasebo masih mending, isinya cuma tepung. Tetapi, kalau diganti obat kimia lain, itu sungguh berbahaya,? katanya. Ia lantas memberikan contoh obat-obat antiradang dan antirematik yang dalam jangka waktu singkat pun telah menyebabkan wajah pasien jadi membengkak, dan dalam jangka panjang mengakibatkan kerusakan ginjal. Ia menyayangkan cara berpikir pedagang yang hanya mau mengambil untung besar tanpa berpikir risiko buruknya bagi pasien. Kebodohan orang pun dimanfaatkan. ?Obat tradisional umumnya tidak cespleng kalau mengobati penyakit kronis, meskipun ada sih obat tradisional untuk penyakit ringan yang dalam dua-tiga jam menyembuhkan. Urusan cespleng inilah yang kemudian [...]

Saus Tomat Bantu Lawan Penyakit Jantung

Saus Tomat Bantu Lawan Penyakit Jantung

Beragam saus dan semacamnya selama ini dianggap buruk buat kesehatan, termasuk saus tomat. Namun, sebenarnya saus tomat baik buat kesehatan.Ahli kesehatan di University of Cambridge dan Cambridge University Hospitals NHS Trust menemukan, mengonsumsi saus tomat bisa meningkatkan kekuatan dan kelenturan pembuluh darah.Para peneliti ini melibatkan 36 pasien yang mengalami penyakit jantung dan 36 pasien yang sehat. Pasien-pasien itu minum pil yang disebut Ateronon, yang mengandung 7 milligram lycopene (bahan yang terkandung di tomat) atau plasebo setiap harinya selama dua bulan. Hasilnya, pada responden yang sakit maka pembuluh darah mereka melebar hingga 53 persen. Ini disebabkan meningkatnya fungsi endothelium, lapisan dinding sel di dalam pembuluh darah.Penyempitan pembuluh darah merupakan salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke karena penyempitan pembuluh darah bisa mengurangi aliran darah. Tapi, pemberian suplemen itu tidak berpengaruh pada tekanan darah, kekakuan arteri atau tingkat lipid.Sementara itu pemberian pil tomat tak berpengaruh pada sukarelawan yang sehat yang pembuluh darahnya sudah normal."Pil tomat bukan menjadi pengganti untuk per [...]

Obat Herbal, Tidak 100 Persen Aman

Obat Herbal, Tidak 100 Persen Aman

Kebanyakan masyarakat menganggap obat herbal dalam bentuk jamu, jamu godokan, atau kapsul racikan bisa mengobati berbagai jenis penyakit. Tak sedikit pula yang menganggap obat herbal lebih aman dibanding obat berbahan kimia sintetik."Tidak benar bila dikatakan obat herbal 100 persen aman. Tapi, `relatif` aman dibanding obat kimia," kata Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU dr. Soetomo, Surabaya, dr. Ariyanto Jonosewojo, Sp.PD dalam acara 'The 1st Health Natural Wellnes Symposium' di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Sabtu (5/4/2014)Maksudnya, khasiatnya tergantung dari jenis obat herbal yang dikonsumsi. "Kalau isolat atau zat aktif dari obat herbal ini diambil, maka efeknya sama seperti obat-obat kimia," kata dia menambahkan.Berbicara soal obat, apa pun jenisnya, sudah pasti semua itu memiliki efek samping. Dan pasien harus ingat, kalau satu jenis obat, ada yang cocok untuk orang tertentu tapi belum tentu cocok untuk pasien lainnya.Misalnya, dalam pemberian metformin pada penyandang diabetes. Memang, metformin merupakan obat diabetes. Hanya, tidak semua cocok untuk mengonsumsinya."Pasien A memang diabetes, maka bisa diberi obat ini. Lalu pasien B, yang terkena diabete [...]

Mana Lebih Sehat, STMJ atau Susu Jahe?

Mana Lebih Sehat, STMJ atau Susu Jahe?

Bertahun-tahun mungkin kita mengetahui berbagai minuman untuk menambah stamina seperti Susu Telur Madu Jahe (STMJ) atau susu jahe. Tapi tahukah Anda kalau ternyata STMJ mengandung protein yang sulit dicerna tubuh.Seperti disampaikan Pakar Herbal dan Konsultan Herbal sekaligus Bussiness Development Director PT Deltomed Laboratories, Dr Abrijanto SB bahwa yang merusak komponen atau manfaat dalam minuman tradisional seperti STMJ adalah telurnya. Telur mentah yang dikocok bersama susu, madu dan jahe jadi hilang manfaat kesehatannya. "Putih telur itu ada albuminnya. Albumin merupakan sumber protein yang sulit diserap tubuh jika dikonsumsi mentah. Telur itu baiknya dimasak dulu. Sayang sekali kan kalau diminum, manfaat jahe dan lainnya jadi hilang," kata Abrijanto, ditulis Jumat (11/7/2014). Berbeda dengan STMJ, menurut Abrijanto, susu jahe lebih baik dikonsumsi kalau memang Anda butuh stamina dalam beraktivitas. Tapi perlu diperhatikan, jahe sebaiknya tidak dimasak dengan suhu terlalu panas atau air mendidih. Cukup dimasak dengan suhu sekitar 60-80 derajat celsius, minuman jahe bisa menambah stamina, mengurangi mual bagi ibu hamil, dan meringankan radang tenggorokan. [...]

Dahsyatnya Kombinasi Madu dan Cuka untuk Obat

Dahsyatnya Kombinasi Madu dan Cuka untuk Obat

Ada peribahasa yang menyebutkan bahwa madu lebih menarik perhatian lalat daripada cuka. Itu cocok untuk metafora tentang bagaimana sikap orang. Meski demikian, peribahasa itu tidak cocok jika dihubungkan dengan healing properties yang sama-sama dimiliki madu dan cuka. Madu dan cuka adalah perangkat dapur yang sangat berguna untuk mengobati banyak penyakit. Dan keduanya juga bisa dipakai untuk mengobati luka. Jadi, jika suatu hari Anda mengalami luka, sebelum mendatangi lemari obat, cobalah cek lemari dapur. Mereka yang biasa menggunakan home remedies suka memakai madu untuk menyem�buhkan luka. Ada beberapa alasan untuk itu. Pertama, madu yang dioleskan di atas luka bertindak sebagai barrier untuk melindungi luka dari dunia luar, mencegah infeksi. Mungkin agak tidak masuk akal, sebab madu melekat di semua benda yang disentuhnya. Kalau diperhatikan, debu dan sebagainya akan melekat di permukaan madu dan tidak mungkin menembus masuk ke luka. Selain itu, madu juga menghilangkan rasa sakit karena sifatnya sebagai antiradang alamiah. Di lain pihak, madu juga membuat luka tetap lembab saat proses penyembuhan, namun tidak menghambat proses tersebut. Simpan juga cukaCuk [...]

5 Bumbu Dapur Pendongkrak Stamina

5 Bumbu Dapur Pendongkrak Stamina

Tak sekadar menyenangkan lidah, bumbu-bumbu yang ada di dapur punya manfaat lebih dari hal tersebut. Berbagai kandungan penting di dalamnya mampu membuat bagian tubuh bekerja lebih baik hingga menangkal aneka penyakit datang sehingga membuat Anda lebih sehat dan panjang umur. Berikut daftar lima bumbu dapur yang bisa membuat tubuh senatiasa sehat dan panjang umur seperti dikutip dari buku Rahasia Terkini Awet Sehat karya dokter Phaidon Toruan M.M. dan dokter Widya Murni, MARS pada Sabtu (25/10/2014). 1. Cabai Bumbu pedas ini kaya kapsaicin yang memiliki sifat vasodilator atau melebarkan pembuluh darah. Lalu, cabai rawit mengandung antioksidan, Vitamin C dan A. Rasa pedas yang ditangkap lidah merangsang otak mengeluarkan endorfin yang mengurangi rasa sakit dan timbul perasaan lebih sehat. 2. Bawang putih Usai makan bawang putih mulut memang bau tajam namun kandungan senyawa aliin berkhasiat menghancurkan pembentukan pembekuan darah dalam arteri, mengurangi gejala diabetes dan tekanan darah. 3. Bawang merah Pelezat makanan yang satu ini jangan ragukan lagi kandungan hebat di dalamnya. Ada kalsium, zat besi, fosfor, Vitamin A dan C, Bahkan, bawang merah mengandung 'antibio [...]

Cara Alami Tuntaskan Sakit Tenggorokan

Cara Alami Tuntaskan Sakit Tenggorokan

Bagi jutaan orang setiap tahun, sakit tenggorokan adalah peringatan bahwa mereka akan segera terkena flu, pilek atau infeksi bakteri seperti radang tenggorokan. Tapi walaupun ada banyak obat sakit tenggorokan, solusi alami sepertinya dapat membantu.Selain murah, bahan alami di rumah bisa mengobati mengurangi rasa sakit dan menghilangkan gejala awal flu. Lebih jelasnya, berikut panduan untuk mengatasi sakit tenggorokan, seperti dikutip Doctoroz, Kamis (16/10/2014).1. Akar manis (licorice)Bahan alami ini telah digunakan dalam pengobatan sakit tenggorokan, membantu menghilangkan dahak atau lendir di hidung, tenggorokan dan paru-paru selama ribuan tahun. Sebuah studi 2009 menemukan bahwa berkumur dengan air mengandung licorice dapat memulihkan pasien yang memiliki masalah tenggorokan. 2. Sup ayam Catat makanan ini dalam daftar makanan pokok ketika menjadi sakit. Penelitian menunjukkan, sup ayam dapat mengurangi gejala flu dan menenangkan tenggorokan.3. Cuka apelCuka apel diduga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan. Keasaman cuka aple dapat meningkatkan sel darah putih sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 4. M [...]

Jus Jambu Merah Ampuh Bagi Penderita DBD?

Jus Jambu Merah Ampuh Bagi Penderita DBD?

Sejumlah orang percaya bahwa memberikan segelas jus jambu merah pada pasien yang menderita demam berdarah dengue (DBD) mampu menggantikan cairan yang keluar dari dalam tubuh selama sakit. Benarkah?"Saya pribadi bukan antiherbal. Tapi memang, mengenai jus jambu merah ini belum ada penelitian pastinya," Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr. dr. Leonard Nainggolan, SpPD-KPTI di Jakarta, Selasa (10/6/2014)Menurut Leonard, dipilihnya jus jambu merah ini karena disinyalir memiliki zat yang mempermudah meningkatkan trombrosit. "Ini masih disinyalir, yah. Soal pastinya, belum," kata dia menambahkan.Jika memang dilakukan para peneliti melakukan penelitian terhadap jambu merah, kemungkinan zat untuk menyembuhkan itu benar ada. Bagaimana pun, tambah Leonard, dirinya percaya kalau pencipta alam semesta ini sudah memberikan penangkal untuk setiap penyakit yang diderita oleh tiap manusia. "Cuma itu masih perlu eksplorasi. Mudah-mudahan nanti kita bisa menemukannya," kata Leonard.Sepanjang pasien mampu mengisi tubuhnya dengan banyak cairan, maka tidak ada salahnya untuk memberikan jus jambu merah. Dengan catatan, minuman yang dikonsumsi oleh pasien, tidak men [...]

Sel Kanker Mati dalam 16 Jam dengan Ramuan Herbal Ini?

Sel Kanker Mati dalam 16 Jam dengan Ramuan Herbal Ini?

Gaya hidup yang tidak sehat memicu penyakit yang mengerikan salah satunya kanker. Selama 150 tahun lalu kanker hampir tidak pernah ditemukan tetapi masuknya makanan olahan dengan daging berkualitas membuat masyarakat terserang sel kanker.Untuk mengobati sel kanker tersebut para dokter dan perusahaan farmasi menganjurkan gaya hidup sehat demi menekan risiko sel kanker berkembang.Dikutip dari Trueactivist, Minggu (26/1/2014) studi baru yang dipublikasikan Life Sciences menunjukan artemisinin ditambah dengan iron dapat membunuh 98 persen sel kanker payudara dalam 16 jam.Ramuan herbal artemisinin diklaim dapat menurunkan 28 persen sel kanker payudara namun ketika dikombinasikan dengan iron atau besi akan lebih berkhasiat. Tapi sayangnya cara ini tidak membantu menangkal tubuh yang sakit, hanya menghambat sifat regeneratif sel kanker. Sistem asam dengan sistem limfatik stagnan (gaya hidup sehat) merupakan cara terbaik menekan perkembangan sel kanker dengan mengonsumsi nabati dan asupan nutrisi yang baik.Para penulis studi optimistis ramuan herbal Cina ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan artemisinin secara aktif dapat menyerang sel-sel buruk penyebab kanker payudara. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *