Jamur Cordyceps, Mengatasi Gangguan Napas Hingga Impotensi

062782600_1410782876-jamur_reishi.jpg

China sangat dikenal dengan pengobatan herbalnya. Berbagai jenis pengobatan lahir di sana. Salah satu tumbuhan yang bermanfaat untuk pengobatan itu adalah cordyceps. Cordyceps (juga disebut dengan Cordyceps sinensis) merupakan jamur yang tumbuh liar di daerah Barat Daya Cina.

Dalam bahasa China, tumbuhan tersebut dinamakan Dong Chong Yia Cao atau winter warm summer grass, yang berarti herbal musim dingin dengan kehangatan musim panas. Cordyceps merupakan herbal yang sering digunakan pada pengobatan Cina. Tumbuhan tersebut umumnya ditemukan pada ketinggian 10.000 kaki di atas permukaan laut di Cina, Tibet, dan Nepal. Namun, cordyceps liar yang berasal dari Tibet yang disebut-sebut sebagai tumbuhan terbaik.

Mengandung Nukleotida

Secara umum, jamur yang diambil dan dimanfaatkan biasanya dikumpulkan dari jamur liar. Beberapa literatur menunjukkan bahwa cordyceps liar sangat kaya akan beberapa komponen penting. Namun, kandungan aktif tersebut justru berbeda pada cordyceps yang telah dibudidayakan. Karena itu, cordyceps dibiarkan tumbuh secara liar dan tidak dibudidayakan seperti jamur atau tanaman obat lainnya. Karena liar dan jumlah yang sangat jarang serta sulit ditemukan membuat harganya menjadi sangat mahal. Bayangkan saja, untuk setiap 100 gramnya, harga yang harus dibayarkan bisa mencapai 1.000 dolar AS atau sekitar delapan juta rupiah! Meski begitu, tumbuhan ini tetap saja dicari.

Khasiat cordyceps sebenarnya sudah diketahui sejak ratusan tahun lampau. Sekitar 1500 tahun lalu, di padang rumput Pegunungan Himalaya, Tibet, seorang gembala memperhatikan perubahan yang terjadi pada ternaknya. Domba dan sapi yang digembalakannya bertambah kuat dan sehat setelah memakan sejenis “rumput”. Ternyata, tumbuhan yang diduga “rumput” itu hanyalah parasit yang merupakan badan dari jamur tersebut. Dari sinilah tumbuhan yang lantas dikenal dengan nama Cordyceps sinensis ini menjadi tumbuhan berkhasiat sebagai tanaman obat.

Dari berbagai literatur diketahui bahwa cordyceps mengandung hampir semua jenis nukleotida. Nukleotida sendiri merupakan senyawa ribosa atau deoksiribosa dengan basa nitrogen adenin, guanin, sitosin, timin, atau urasil, yang digunakan dalam regenerasi atau perbaikan gen. Dan ini sangat berperan penting dalam metabolisme adenosin tripospate (ATP) dan juga energi.

Untuk Impotensi

Cordyceps semakin dikenal karena efek afrodisiak yang ditimbulkannya. Penelitian yang dilakukan di Beijing Medical University di China dan Jepang memperlihatkan hasil yang menggembirakan. Setidaknya sekitar 64 persen pria yang mengalami impotensi berhasil mengatasi masalah seksualnya tersebut setelah diberi cordyceps. Uji klinis lain yang dilakukan Hunan Medical University menunjukkan bahwa cordyceps sangat luar biasa efektif dalam rileksasi otot halus pada penis. Akibatnya, aliran darah lebih mudah masuk dan membuat pria mampu berereksi selama beberapa waktu.

Selain itu, kandungan yang terdapat pada cordyceps juga berguna sebagai obat penguat, sehingga dapat meningkatkan energi dan vitalitas tubuh. Itu sebabnya, cordyceps juga berguna bagi orang yang mengalami kelelahan. Dengan cordyceps, stamina tubuh akan kembali seperti sedia kala. Kemudian, cordyceps juga diyakini dapat melancarkan aliran darah serta menurunkan kolesterol. Sebuah studi yang melibatkan sembilan rumah sakit dengan 273 pasien setidaknya membuktikan hal tersebut. Setiap hari, selama dua bulan, setiap pasien diberikan 3 gram cordyceps (setara dengan empat kapsul cordyceps).

Hasilnya, kadar kolesterol dan trigliserida pasien turun hingga 17 dan 9 persen, sedangkan kolesterol baik HDL (high density lipoprotein) meningkat hingga 27 persen. Hasil lain yang juga dibuktikan oleh laboratorium adalah bahwa penggunaan suplemen cordyceps selama tujuh hari berturut-turut hingga 80 gram nyatanya tidak memberikan efek negatif pada tubuh. Secara umum, cordyceps merupakan tonik yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta memperbaiki fungsi organ tubuh. Dua organ yang kerap disebut adalah paru-paru dan ginjal. Karena itu, cordyceps sering dilambangkan dengan emas dan air. Emas merupakan lambang dari paru-paru, sedangkan air melambangkan ginjal.

Masalah pernapasan

Sifat cordyceps yang hangat, tapi tidak memberi efek panas, kerap digunakan untuk pengobatan terhadap sistem saluran pernapasan. Cordyceps juga bertindak sebagai penguat paru-paru. Ia dapat meningkatkan kekuatan pernapasan terutama pada mereka yang membutuhkan tenaga ekstra saat melakukan olahraga fisik. Selain itu, hal ini juga berguna bagi orang-orang yang mengalami defisiensi daya paru-paru.

Masalah lain yang berhubungan dengan saluran pernapasan seperti peradangan bronkus, perawatan bronkitis kronis, pneumonia, TB, atau melebarnya gelembung paru juga dapat diatasi dengan cordyceps. Penelitian lain menunjukkan bahwa cordyceps dapat memperbaiki penampilan dan kapabilitas pembentukan otot walaupun tidak mengandung steroid.

Lalu, jamur ini juga bermanfaat terhadap sistem vaskuler terutama dengan memperbaiki sistem sirkulasi, membantu menstabilkan tekanan darah, serta menguatkan otot jantung. Sifat lain yang juga terdapat pada cordyceps adalah adanya antipenuaan serta sebagai antioksidan. Hal ini juga yang membuatnya menjadi herbal yang setara atau bahkan lebih dibandingkan dengan dengan herbal Cina lainnya seperti ginseng ataupun reishi.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Ramuan Alami Atasi Rambut Bercabang

5 Ramuan Alami Atasi Rambut Bercabang

Rambut pecah-pecah di ujung dan bercabang menjadi masalah yang paling umum dihadapi. Perempuan yang mengalaminya rela menghabiskan uang untuk ke salon.Ahli kecantikan mengatakan, rambut bercabang terjadi ketika lapisan luar pelindung kutikula rambut menipis karena stres dari luar. Ini bisa karena polusi udara, sinar matahari, atau styling panas, dan bahan kimia di salon.Apabila struktur internal rambut terkena, ini menjadi lemah, rusak, dan dehidrasi. Salah satu cara untuk mengatasi rambut bercabang ini adalah dengan trim reguler. Tapi, mencoba beberapa obat-obatan alami juga bisa meningkatkan tampilan rambut Anda dan mencegah makin banyak rambut yang bercabang.Obat buatan sendiri tak akan menghambur-hamburkan duit karena Anda lebih mudah menemukan bahannya di dapur Anda. Berikut beberapa cara alami seperti dilansir MedGuru, Kamis (10/4/2014):1. Sampo telurObat rumahan termudah untuk mengakhiri rambut bercabang adalah membuat sampo dengan telur. Yang Anda butuhkan adalah satu ons rosemary segar, setengah liter air panas, dan telur.Mulailah dengan seduhan rosemary dalam air panas selama sekitar 20 menit dan biarkan dingin. Setelah itu didinginkan, kocok telur Anda dan kemudian pijat [...]

Baking Soda Bisa Jadi Obat Jerawat Sampai Bau Badan

Baking Soda Bisa Jadi Obat Jerawat Sampai Bau Badan

Baking soda tidak hanya untuk bahan membuat kue. Lebih dari itu, baking soda juga dapat digunakan untuk merawat tubuh Anda, terlebih para wanita. Caranya?Berikut beberapa cara yang dapat digunakan dalam merawat kecantikan Anda, seperti dikutip Health Me Up, Sabtu (29/3/2014)* Anda dapat mencampur tiga sendok baking soda ke dalam air dan membuatnya menjadi pasta. Setelah itu, oleskan di wajah Anda untuk dijadikan scrub. Campuran ini berguna untuk menghaluskan kulit wajah Anda.* Baking soda juga dapat dijadikan deodoran alami, ketika Anda menggosokkannya di bagian ketiak. Campurkan seperdelapan sendok teh baking soda dan satu sendok makan air. Lalu, oleskan di ketiak untuk menghilangkan keringat pada ketiak.* Baking soda juga bisa digunakan untuk melembutkan kutikula. Tambahkan sedikit baking soda dengan air sampai membetuk pasta. * Selain itu, baking soda juga dapat menyingkirkan jerawat pada bagian wajah Anda. Campurkan beberapa sendok baking soda dengan perasan jeruk lemon dan mengoleskan ke wajah Anda.* Untuk memutihkan gigi, baking soda juga dapat jadi bahan andalan Anda. Celupkan sikat gigi Anda ke dalam campuran baking soda yang Anda racik. [...]

Tambahkan Bubuk Jintan Pada Makanan Saat Diet

Tambahkan Bubuk Jintan Pada Makanan Saat Diet

Satu lagi bahan herbal alami yang bisa membantu Anda suskes diet. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa bubuk jinten dapat membantu penurunan berat badan, mengurangi lemak tubuh, dan meningkatkan kadar kolesterol tidak sehat secara alami.Para peneliti di Shahid Sadoughi University of Medical Sciences, Iran membagi 88 wanita yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas menjadi 2 kelompok. Selama 3 bulan, kedua kelompok tersebut menerima konseling gizi dan penurunan asupan sehari-hari mereka hingga 500 kalori. Tapi satu kelompok diresepkan untuk mengonsumsi kurang dari 1 sendok teh bubuk jintan per hari.Pada akhir percobaan 3 bulan, kelompok yang diberikan resep bubuk jintan kehilangan bobot tubuh hingga 3 kilogram lebih dibandingkan kelompok non-jinten. Yang lebih mengesankan, persentase lemak tubuh kelompok jintan menurun 14,64 persen atau hampir tiga kali lipat dari non jintan.Tak hanya itu, sejumlah lemak darah berbahaya, atau trigliserida juga turun 23 poin, padahal kelompok non jintan hanya turun sekitar 5 poin. Lantas bagaimana kelompok jintan mendapatkan perubahan dramatis seperti itu? peneliti mengungkapkan, jintan kaya pitosterol, bahan kimia tanaman yang dikenal [...]

Cara Mudah Bersihkan Komedo dengan Buah Mangga

Cara Mudah Bersihkan Komedo dengan Buah Mangga

Komedo sulit dihilangkan. Bahkan seseorang rela sakit-sakitan demi menghilangkan bintik-bintik hitam di sekitar hidung ini. Contohnya saja dengan menggunakan alat yang yang mencabut satu per satu komedo. Padahal, ada cara yang terbilang sederhana, tanpa sakit, dan murah dengan menggunakan buah mangga.Caranya cukup campurkan satu sendok teh mangga yang sudah dihaluskan dengan setengah sendok teh susu dan madu. Lalu, oleskan campuran ini pada permukaan hidung yang terdapat komedo dan gosok dengan lembut hingga merata. Biarkan selama 30 menit dan bilaslah dengan air hangat. Dengan begitu, Anda dapat melihat perbedaan yang cukup nyata.Seperti dilansir laman Health Me Up, Senin (26/5/2014), selain untuk membersihkan komedo, buah berwarna kuning kehijauan yang mengandung vitamin A dan C itu berguna juga untuk menunda penuaan dan pigmentasi karena melindungi kulit terhadap radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker kulit.Selain itu, mangga dapat membantu mencegah terjadi jerawat dan pelembab alami untuk kulit, dapat mengencangkan kulit dan meminimalkan munculnya pori-pori besar. [...]

Ingin Awet Muda? Konsumsi Bahan Alami Ini

Ingin Awet Muda? Konsumsi Bahan Alami Ini

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit kencang tanpa kerut? Tidak perlu menyakiti kulit dengan operasi plastik, cukup dengan beberapa bahan alami berikut ini, dikutip Womansday, Senin (3/3/2014).1. OatMealMenu sarapan yang satu ini dilengkapi dengan asam amino dan vitamin E yang menyehatkan kulit. Kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas dapat ditangkal dengan oatmeal.2. KopiKandungan kafein dalam kopi dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan memicu senyawa untuk menyehatkan kulit sehingga dapat menunjang penampilan.3. Keju MozzarellaMakanan tinggi kalsium ini melindungi dan memperkuat enamel gigi, meningkatkan produksi air liur dan membantu melawan bakteri yang membuat gigi menguning.4. Jeruk BaliVitamin C yang ada di jeruk bali ini dapat menimgkatkan pertumbuhan kolagen yang membantu mencegah kulit kendur.5. KenariKacang yang tinggi asam lemak omega 3 ini meningkatkan kadar kelembaban di kulit serta mencegah keriput. [...]

Hidangan Jamu Gantikan Teh Manis dan Kopi di Kantor Menkes

Hidangan Jamu Gantikan Teh Manis dan Kopi di Kantor Menkes

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara perlahan mengganti sajian teh manis dengan jamu tradisional. Menteri Kesehatan, Prof. Dr. dr. Nila F Moeloek, Sp.M(K), mengatakan,"Kami sudah memulai melakukan itu." Ditemui sesudah pengukuhan Dr. dr. Lestari Handayani, M.Med sebagai Profesor Riset ke-11 di Ruang J. Leimena, Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jl. H.R Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Senin (24/11/2014), Menkes menjelaskan bahwa pihaknya telah meminta untuk minuman seperti teh manis dan kopi diganti dengan jamu tradisional. "Saya sudah merasakan manfaat dari minuman jamu tradisional, dan itu cukup hangat di tubuh," kata Menkes. Menkes, menjelaskan, tindakan sederhana dengan manfaat luar biasa ini telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Terlebih pada pekan lalu, telah ditanam 100 lebih jenis tanaman herbal di lantai 4 gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. "Yang membeli bibit dan menanam adalah ibu-ibu dari Persatuan Kementerian Kesehatan," kata Menkes. Tidak hanya mengganti teh manis dan kopi dengan jamu tradisional saja, di Kemenkes juga telah mengganti camilan dengan buah-buahan lokal yang segar. [...]

Arang Kayu Bikin Kulit Muka Mulus dan Bebas Jerawat

Arang Kayu Bikin Kulit Muka Mulus dan Bebas Jerawat

Arang (Charcoal) menjadi bahan alami terbaru di dunia kecantikan. Arang dipuji karena bisa menyelamatkan kulit. Tapi, ini bukan seperti bayangan Anda yang langsung menerapkannya ke wajah Anda. Melainkan penggunaan arang di beberapa produk kecantikan.Arang sempurna untuk pori-pori tersumbat, jerawat, dan kulit yang tak rata. Dengan menggunakan arang bisa menarik keluar kotoran dan minyak dari pori-pori. Tapi bagaimana cara kerja arang?Seperti dilansir Tv3.ie, Kamis (20/3/2014), arang pada dasarnya merupakan pendetoksifikasi yang kuat yang sudah digunakan sejak zaman kuno. Arang aktif yang terbuat dari kayu hangus atau bahan nabati ini sangat efektif membersihkan kulit, sebagai disinfektan, dan penyerap minyak.Arang aktif bisa menyerap 100 sampai 200 kali kotoran yang menyumbat pori-pori, menghilangkan sel-sel mati dari lapisan atas kulit Anda dan membuatnya menjadi halus serta bercahaya.Meskipun terlihat aneh mencuci muka dengan pembersih berwarna hitam, Biore Deep Pore Cleanser Charcoal bisa mencerahkan kulit Anda ketika menambahkan air. Para peneliti di Biore menemukan, pembersih ini bisa menghilangkan kotoran dalam 30 detik bukannya sampai 2 menit seperti yang dilakukan pembersih [...]

8 Makanan Pembersih Racun Tubuh

8 Makanan Pembersih Racun Tubuh

Program detoksifikasi yang sering disingkat detoks kini sedang jadi tren. Para selebriti dan ahli kesehatan sepertinya sedang ramai-ramai menyebarkan virus detoks. Detoks sendiri berfungsi membersihkan racun yang mengendap di dalam tubuh. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk detoks tubuh, namun belum tentu cocok dan sehat untuk tubuh sendiri. Anda tak perlu mengikuti program detoks yang macam-macam karena tubuh sendiri sudah mampu membersihkan tubuh. Namun, Anda bisa membantu kerja organ tubuh membersihkan tubuh lebih baik dengan 8 makanan terbaik berikut ini seperti dikutip dari laman fitnea (30/6). 1. AlpukatTak perlu merasa bersalah untuk menikmati buah yang satu ini meski kandungan lemak nabatinya tinggi. Alpukat mengandung antioksidan yang lengkap termasuk glutathione. Kandungan ini akan membantu mengelurakkan racun berbahaya dari tubuh. 2.CranberiCranberi sangat baik untuk mencegah infeksi saluran kemih juga menyingkirkan racun dalam tubuh. 3. KubisJangan meremehkan manfaat kubis. Kandungan belerang dalam kubis berperan mendorong keluar bahan kimia yang tidak dibutuhkan tubuh. Ada juga kandungan sulfur dalam kubis untuk membersihkan tubuh dari bahan pestisida yang [...]

5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan

5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan

Buah kesemek merupakan salah satu buah berwarna oranye yang kaya akan nutrisi dengan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Namun sayang, buah kesemek bisa didapat hanya saat musim gugur dan musim dingin saja. Berikut ini manfaat yang akan didapat bila rutin mengonsumsi buah kesemek, seperti dikutip Health Me Up, Senin (10/11/2014)1. Lindungi mataKesemek kaya vitamin A, yang membantu melindungi mata. Selain mencegah kerusakan retina, katarak, dan berkaitan dengan usia degenerasi makula, juga dapat membantu memperkuat bagian mata lain.2. Cegah kankerBuah kesemek yang dikemas dengan antioksidan dan fitonutrien membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. 3. Awet mudaKesemek pun memiliki banyak nutrisi yang mengurangi kerusakan sel-sel dalam tubuh, dan memperlambat proses penuaan.4. Tingkatkan kekebalan tubuhMakan buah kesemek membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah penyakit seperti flu, batuk, dan infeksi. Sebab, buah ini sarat dengan sifat anti-inflamasi.5. Menurunkan berat badanKesemek yang merupakan buah rendah kalori dan lemak, juga memiliki banyak serat, sehingga mampu memuaskan rasa lapar dan membuat kita kenyang lebih lama. Individu yang mengonsumsi buah kes [...]

Biji Tomat, Sahabat bagi Jantung Anda

Biji Tomat, Sahabat bagi Jantung Anda

Tak hanya buahnya yang bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung betakaroten yang bisa diubah menjadi vitamin A oleh tubuh manusia, biji tomat yang biasanya dibuang ketika diolah menjadi makanan ternyata mengandung zat penting bagi tubuh. Bagi Anda yang suka membuang biji tomat hendaknya tahu bahwa biji tomat ternyata baik untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh par ilmuwan dari Aberdeen Rowet Institute, Inggris, Senin (22/9/2014) menyebutkan bahwa biji tomat dapat mencegah serangan jantung dan stroke. Lendir yang membungkus biji tomat bisa mengurangi risiko penggumpalan darah. Bahkan khasiat biji tomat ini sama efektif dengan aspirin. Penemuan ini melibatkan 43 orang selama tujuh bulan. Dalam penelitian tersebut, khasiat biji tomat dibandingkan dengan aspirin. ?Kami menemukan jika ektrak biji tomat memiliki khasiat yang sama seperti aspirin. Bahkan tanpa efek samping. Sedangkan aspirin memiliki efek samping seperti pendarahan pada perut,? ucap Stephen Moon dari Prvoxis, produsen yang memproduksi ektrak biji tomat. Jadi, jangan buang biji tomat ya. Lebih baik makan saja, toh tidak pahit bahkan enak. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *