Jangan Cuma Jadi Taburan Sup, Ini Segudang Manfaat Jika Rutin Makan Seledri

seledri.jpg

Seledri mungkin bukan makanan favorit banyak orang. Sayuran hijau ini juga kurang populer dalam pembahasan tentang makanan sehat karena hanya dianggap sebagai bahan pelengkap atau tambahan dalam makanan. Seledri memang lebih sering digunakan untuk taburan pada makanan berkuah seperti sup, bakso atau soto. Terkadang juga dijadikan campuran dalam salad sayuran.

Banyak yang belum tahu kalau tanaman berbentuk batangan ini ternyata punya manfaat yang hebat bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara rutin. Dijadikan campuran salad, dimakan bersama selai kacang atau dibuat jus, seledri sudah selayaknya masuk dalam menu diet harian Anda. Kenapa? Ini alasannya yang dihimpun Wolipop dari berbagai sumber.

1. Membantu Turunkan Berat Badan
Satu batang penuh seledri hanya mengandung 10 kalori sehingga aman dikonsumsi bersama bahan lainnya. Anda bisa menikmatinya dengan saus mayonnaise, Thousand Islands, selai kacang, minyak zaitun, salsa atau jenis dressing lainnya. Makanan ini bisa jadi pengganti camilan manis atau asin yang mengenyangkan tanpa menambah asupan kalori berlebihan.

2. Mengurangi Kolesterol
Seledri mengandung butylphthalide, zat yang memberi aroma dan rasa yang khas. Sebagian orang tidak suka dengan aromanya yang sedikit langu namun zat ini berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Makan dua batang seledri setiap hari bisa mengurangi tingkat kolesterol hingga tujuh poin. Sebagai informasi, kadar kolesterol normal adalah di bawah 200 mg/dl sementara kadar kolesterol tinggi yang cukup mengkhawatirkan di atas 240 mg/dl.

3. Menurunkan Tingkat Stres
Sayuran yang renyah ini kaya akan magnesium dan asam lemak esensial yang bisa membantu menenangkan pikiran. Konsumsilah 1-2 batang seledri sebelum tidur untuk membantu mengurangi stres sehingga tidur Anda bisa lebih nyenyak.

4. Aman untuk Penderita Hipertensi
Seledri mengandung banyak sodium, tapi jenis yang alami dan lebih sehat ketimbang garam dapur atau garam meja. Orang dengan tekanan darah tinggi disarankan mengurangi konsumsi garam tapi aman jika sodiumnya berasal dari seledri.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata
Seledri kaya akan vitamin A yang bisa membantu mempertajam penglihatan dan menjaga kesehatan mata. Makan seledri secara rutin juga membantu mencegah atau memperlambat mata rabun karena faktor usia.

6. Sumber Energi yang Sehat
Daripada minuman berenergi atau sports drink, lebih baik meminum jus seledri untuk memulihkan sistem tubuh Anda setelah berolahraga. Seledri bisa menggantikan cairan elektrolit yang hilang melalui keringat dan menutrisi tubuh dengan kandungan mineralnya yang kaya. Agar rasanya lebih enak Anda bisa mencampur jus seledri dengan perasan lemon, potongan nanas dan ditambah sedikit madu.

7. Menjaga Fungsi Ginjal
Selain cukup minum air putih, sayuran juga penting untuk menjaga fungsi ginjal. Salah satunya seledri, sayuran ini membantu menyingkirkan racun-racun di dalam tubuh sehingga meningkatkan fungsi ginjal sekaligus mencegah pembentukan batu ginjal.

8. Meningkatkan Kinerja Sistem Pencernaan
Kandungan utama seledri adalah serat dan air. Kedua substansi itu sangat baik untuk menjaga kesehatan dan melancarkan sistem pencernaan. Seledri juga melancarkan buang air besar dan bersifat diuretic (menambah frekuensi buang air kecil) untuk memaksimalkan pembersihan racun serta sisa makanan tak bermanfaat di dalam tubuh, sehingga mencegah terjadinya konstipasi.

(hst/aln)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
8 Tanda Anda Kurang Minum Saat Beraktivitas

8 Tanda Anda Kurang Minum Saat Beraktivitas

Setiap hari tubuh harus terhidrasi agar tidak lemas dan tetap berenergi. Apakah Anda sering pusing atau migrain saat sedang beraktivitas? Hal itu mungkin karena tubuh kurang cairan. Bagaimana mengetahui kalau Anda mengalami sakit kepala akibat kurang minum?Untuk penjelasan lebih lanjut, simaklah delapan tanda-tanda Anda kurang banyak minum air putih, seperti dikutip dari All Women Stalk.1. Mulut Terasa KeringJika mulut kering, kemungkinan besar Anda dehidrasi. Sediakan sebotol air dalam tas Anda bila berpergian. Perlu diingat, kalau obat juga bisa membuat mulut Anda kering. Jadi, jika Anda sedang mengonsumsi obat, mulut kering dapat dikarenakan obat atau keduanya.2. Sakit KepalaBila Anda merasa sakit kepala, itu merupakan gejala lain dari dehidrasi. Tubuh mungkin ingin memberitahu kalau Anda harus minum lebih banyak air. Oleh sebab itu, siapkan satu gelas air mineral atau minuman manis di meja ketika sedang bekerja.3. Urin Berwarna GelapBagi Anda yang mengalami dehidrasi, warna urinnya lebih gelap dari biasanya. Maka dari itu, lihat warna urin saat buang air kecil. Jika memang warnanya gelap, apalagi hingga menuju coklat, Anda perlu meminum banyak air.4. PusingPusing adalah sala [...]

Merokok Meningkatkan Risiko Kematian Mendadak Pada Perempuan

Merokok Meningkatkan Risiko Kematian Mendadak Pada Perempuan

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia ?Satu batang pun terlalu banyak.? KlikDokter.Com - Wahai, perempuan di seluruh dunia, tak cukup kah sejak dulu dijajah pria sehingga sekarang harus dijajah rokok juga? Sebatang, dua batang dihisap, risiko serangan jantung dan mati mendadak pun meningkat dua kali lipat. Risiko ini bahkan lebih tinggi pada perokok berat dan kronis. Kabar baiknya, dengan berhenti merokok risiko kematian tersebut dapat berkurang secara signifikan. Kematian mendadak karena serangan jantung disebabkan oleh hilangnya fungsi jantung. Hal ini merupakan penyebab utama kematian yang berkaitan dengan jantung di Amerika Serikat dan bertanggung jawab terhadap 400,000 kematian setiap tahunnya. Sebuah penelitian di Kanada memaparkan tentang efek negatif ini. ?Kami menemukan bahwa semakin banyak anda merokok, semakin tinggi risiko kematian mendadak yang anda miliki,? ujar Roopinder Sandhu, MD, MPH, salah satu peneliti yang juga merupakan asisten profesor kedokteran di Universitas Alberta, Kanada. ?Namun, yang paling penting adalah fakta bahwa risiko ini dapat dieliminiasi dengan menghentikan kebiasaan merokok.?Dari penelitian tersebut diketahui bahwa berhenti merokok memiliki efek yang [...]

6 Resolusi untuk Tubuh Lebih Sehat di 2012

6 Resolusi untuk Tubuh Lebih Sehat di 2012

Seringkali kita memiliki rencana untuk rajin berolahraga atau menghindari makanan manis sebagai resolusi sehat tahun depan. Namun sering juga rencana itu gagal karena tak tahan dengan godaan untuk makan es krim setiap selesai makan malam, menyantap makanan cepat saji, atau lebih memilih nonton film di bioskop daripada ikut kelas aerobik.Mewujudkan resolusi sehat di tahun baru memang menjadi tantangan berat bagi sebagian besar orang. Satu-satunya cara agar bisa tercapai, adalah membuat resolusi yang realistis. Jika Anda penggemar berat donat atau croissant, jangan bersumpah untuk tidak memakannya segigit pun. Jujurlah pada diri sendiri, sesuaikan gaya hidup sehat dengan kemampuan Anda. Tidak usah membuat resolusi untuk olahraga tujuh kali dalam seminggu jika kenyataannya Anda terlalu sibuk untuk pergi ke gym.Daripada membuat resolusi yang terlalu muluk, lebih baik buat rencana yang lebih mudah dilakukan. Seperti dikutip dari Times of India, berikut ini lima resolusi sehat yang mudah Anda wujudkan di 2012 nanti.1. Kurangi StresStres kronis bisa menyebabkan hipertensi, melemahkan sistem imun tubuh bahkan mempersingkat harapan hidup. Sebisa mungkin, jauhkan pikiran Anda dari stres. [...]

Cara Mengatasi Nyeri Tenggorokan

Cara Mengatasi Nyeri Tenggorokan

Nyeri tenggorokan adalah peradangan pada tenggorokan yang menyebabkan suara serak dan juga nyeri menelan.Nyeri tenggorokan kadang merupakan gejala awal dari munculnya infeksi saluran napas bagian atas yang bisa disebabkan oleh bakteri maupun virus. Apakah Penyebabnya? Virus, 80% sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, dapat menyebabkan demam. Infeksi bakteri (juga dikenal sebagai strep throat atau infeksi virus yang menyebabkan faringitis). Alergi. Alergi dapat menyebabkan iritasi tenggorokan ringan yang bersifat kronis (menetap). Iritasi (misalnya merokok). Kelembapan yang rendah. Kurang asupan cairan. Udara kering. Setiap penyebab, memiliki ciri khas gejala tersendiri, berikut penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya: Cara Mengatasi Nyeri Tenggorokan Setiap penyebab, memiliki ciri khas gejala tersendiri, di antaranya: Jika penyebabnya infeksi virus: Infeksi virus biasanya merupakan penyebab selesma (pilek) dan influenza yang kemudian mengakibatkan terjadinya radang tenggorokan. Selesma biasanya sembuh sendiri sekitar 1 minggu begitu tubuh Anda membentuk antibody melawan virus tersebut. Pengobatan dengan antibiotik tidak akan efektif untuk m [...]

6 Manfaat Menangis untuk Kesehatan

6 Manfaat Menangis untuk Kesehatan

Kelamaan menangis memang bisa membuat mata merah dan bengkak. Namun dibalik itu, menangis atau mengeluarkan air mata ternyata bisa jadi obat mujarab yang berguna bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Apa saja?Dikutip dari Beliefnet, ini dia enam manfaat air mata yang bisa Anda dapatkan setelah menangis atau mengeluarkan air mata.1. Membantu penglihatanAir mata ternyata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.2. Membunuh bakteriTak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.3. Meningkatkan moodSeseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air ma [...]

Pria Bersunat Lebih Digemari Perempuan?

Pria Bersunat Lebih Digemari Perempuan?

Survei yang dilakukan Rakai Health Sciences Program di Kalisizo, Uganda, Afrika Selatan menemukan sebanyak 40% perempuan dengan pasangan pria yang disunat ditemukan mengaku adanya perbaikan dan peningkatan di kehidupan seksualnya. Di dunia medis sunat dikenal dengan istilah sirkumsisi. Sunat pada pria dianjurkan oleh kedokteran sebagai salah satu upaya mencegah penularan virus HIV-AIDS. Selain itu, sunat juga dianjurkan sebagai langkah menekan risiko paparan kanker leher rahim atau kanker serviks pada perempuan. Survei yang dipresentasikan dalam acara the Fifth International AIDS Society Conference on Pathogenesis, Treatment and Prevention of HIV lalu itu menjelaskan; setelah disunat, sedikitnya sebanyak 40% perempuan menyatakan merasa lebih puas. Sisanya sekitar 57% menyatakan tidak mengalami perubahan kepuasan seksual, dan 3% lainnya menyatakan merasa kurang puas setelah pasangan mereka dikhitan. Sedikitnya dari 40% kaum hawa yang mengaku mengalami perbaikan kehidupan seksualnya juga menyampaikan bahwa sunat meningkatkan kebersihan kelamin serta memperpanjang waktu pasangan mencapai orgasme. Ditambah juga ada beberapa testimoni terdapat peningkatan frekuensi keinginan pasanga [...]

Jangan Takut dengan Paranoid Karena Bisa Disembuhkan

Jangan Takut dengan Paranoid Karena Bisa Disembuhkan

Psikoterapi adalah langkah pertama dan utama dalam mengobati gangguan paranoid atau gangguan delusional. Pengobatan ini berupa perawatan psikososial untuk mengatasi masalah perilaku dan psikologis. Dua masalah itulah yang mungkin terpicu karena gangguan paranoid. Selain psikoterapi, gangguan paranoid dapat disembuhkan dengan cara lain, yang terkait dengan obat-obatan. Kondisi orang dengan gangguan paranoid atau gangguan delusional, berbeda-beda. Ada yang terlalu sibuk dengan delusi mereka sendiri, ada juga yang tetap dapat bersosialisasi. Satu hal yang perlu digarisbawahi adalah, gangguan ini merupakan gangguan kesehatan mental yang serius. Gejala Gangguan Paranoid Penderita gangguan paranoid atau delusional senantiasa merasa ada seseorang yang akan menipu, membohongi, mengikuti dari belakang, atau berencana mencelakai dirinya. Sebagai gejala lainnya, seseorang dengan gangguan paranoid cenderung mudah marah, sedih, atau tersinggung. Pasien juga kemungkinan mengalami halusinasi, seperti mendengar suara atau mencium sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Untuk menyembuhkan gangguan [...]

6 Tips Diet Sehat

6 Tips Diet Sehat

oleh: dr. Sophia B. Hage Apabila Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, berhati-hatilah dalam melakukan program diet. Beberapa orang melakukan diet ekstrim dan tak jarang dari mereka yang justru gagal mempertahankan berat badan dengan konsisten sehingga terjadilah diet yoyo, dimana berat badan naik turun seperti yoyo. Berikut ini adalah strategi sehat dan sederhana yang disusun oleh Ashley Koff, penulis Mom Energy. Ia percaya bahwa untuk menurunkan berat badan Anda harus makan jumlah nutrisi yang benar pada setiap waktu makan, yaitu tiga kali porsi makan dan satu kali cemilan sehari. 1. Sarapan! Pastikan Anda mengkonsumsi makanan dalam waktu 45 menit setelah Anda bangun. Hal ini penting karena ketika bangun tidur, tingkat metabolisme tubuh Anda rendah sampai ketika Anda makan. Apabila Anda memasukkan makanan ke dalam tubuh Anda, maka metabolisme Anda meningkat sehingga dapat membakar lemak. Sebagai penutup hari, usahakan makan terakhir paling lambat 3 jam sebelum Anda tidur. Hal ini untuk memastikan bahwa tubuh Anda sudah selesai mencerna makanan sebelum Anda tidur. 2. Makan sering Selama Anda diet, camilan diperbolehkan, tetapi tentunya camilan yang sifatnya sehat dan tinggi [...]

Teliti Tiga Jenis Ulat Bulu

Teliti Tiga Jenis Ulat Bulu

Pergantian cuaca yang ekstrem adalah salah satu faktor pendukung populasi ulat bulu melonjak tajam terjadi. Deputi Kepala Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT Listyani Wijayanti mengatakan bahwa "Secara umum pergantian cuaca itu memang bisa memicu ulat-ulat itu untuk bisa keluar dari tempatnya. Ini menyerang tanaman mangga dan sudah luar biasa.? Namun jika diteliti lebih lanjut ternyata ada 3 spesies ulat bulu yang menyebar dan mengakibatkan wabah yang cukup serius di Indonesia. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sudah menerima sampel ulat bulu dari Jember dan Yogyakarta. Ada tiga spesies yang diterima oleh LIPI yaitu Lymantria marginalis, Arctonis species (belum tahu genusnya), dan Cyana veronata. ''Spesies ulat bulu sementara ada tiga jenis yang kami terima,'' tutur Peneliti Serangga LIPI, Rosichon Ubaidillah. Salah satu spesies yang diterima belum diketahui genusnya karena harus melalui serangkaian pembedahan. Namun dapat dipastikan ancaman bahaya kesehatan yang ada berada ditahap sekunder. Paparan ancaman yang diberikan ulat bulu sebatas gatal-gatal atau inflamasi ringan. Untuk pertolongan pertama jika terkena reaksi inflamasi ringan akibat ulat bulu, ikut [...]

Manfaat Memakan Camilan Sehat Saat di Kantor

Manfaat Memakan Camilan Sehat Saat di Kantor

Memakan camilan di kantor tak selamanya bisa berakibat buruk. Namun pastikan terlebih dulu camilan yang dimakan adalah camilan sehat. Hindari memilih makanan cepat saji seperti mie instan atau snack dalam kemasan yang banyak mengandung kalori, garam, lemak dan gula.Mengonsumsi makanan camilan yang padat nutrisi justru dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral serta meningkatkan produktivitas saat bekerja. Seperti yang dikutip dari Livestrong, berikut manfaat mengonsumsi camilan sehat saat berada di kantor.1. Meningkatkan ProduktivitasDengan memakan camilan sehat berarti Anda mengisi otak dengan bahan bakar secara berkala sehingga meningkatkan konstrasi dan akhirnya berpengaruh pada produktivitas. Karbohidrat kompleks menawarkan energi tambahan untuk sel-sel otak yang memungkinkan seseorang bekerja lebih keras dan efisien. karbohidrat kompleks bisa ditemui di dalam buah-buahan, sayuran, dan makanan mengandung gandum.2. Mengontrol Berat BadanBanyak orang yang berpikir bahwa camilan bisa membuat berat badan naik. Tapi tahukah Anda bahwa 'ngemil' di antara waktu makan siang dan malam justru bisa mengontrol nafsu makan? Memakan makan seperti yoghurt rendah lemak, buah-b [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *