Jangan Cuma Jadi Taburan Sup, Ini Segudang Manfaat Jika Rutin Makan Seledri

seledri.jpg

Seledri mungkin bukan makanan favorit banyak orang. Sayuran hijau ini juga kurang populer dalam pembahasan tentang makanan sehat karena hanya dianggap sebagai bahan pelengkap atau tambahan dalam makanan. Seledri memang lebih sering digunakan untuk taburan pada makanan berkuah seperti sup, bakso atau soto. Terkadang juga dijadikan campuran dalam salad sayuran.

Banyak yang belum tahu kalau tanaman berbentuk batangan ini ternyata punya manfaat yang hebat bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara rutin. Dijadikan campuran salad, dimakan bersama selai kacang atau dibuat jus, seledri sudah selayaknya masuk dalam menu diet harian Anda. Kenapa? Ini alasannya yang dihimpun Wolipop dari berbagai sumber.

1. Membantu Turunkan Berat Badan
Satu batang penuh seledri hanya mengandung 10 kalori sehingga aman dikonsumsi bersama bahan lainnya. Anda bisa menikmatinya dengan saus mayonnaise, Thousand Islands, selai kacang, minyak zaitun, salsa atau jenis dressing lainnya. Makanan ini bisa jadi pengganti camilan manis atau asin yang mengenyangkan tanpa menambah asupan kalori berlebihan.

2. Mengurangi Kolesterol
Seledri mengandung butylphthalide, zat yang memberi aroma dan rasa yang khas. Sebagian orang tidak suka dengan aromanya yang sedikit langu namun zat ini berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Makan dua batang seledri setiap hari bisa mengurangi tingkat kolesterol hingga tujuh poin. Sebagai informasi, kadar kolesterol normal adalah di bawah 200 mg/dl sementara kadar kolesterol tinggi yang cukup mengkhawatirkan di atas 240 mg/dl.

3. Menurunkan Tingkat Stres
Sayuran yang renyah ini kaya akan magnesium dan asam lemak esensial yang bisa membantu menenangkan pikiran. Konsumsilah 1-2 batang seledri sebelum tidur untuk membantu mengurangi stres sehingga tidur Anda bisa lebih nyenyak.

4. Aman untuk Penderita Hipertensi
Seledri mengandung banyak sodium, tapi jenis yang alami dan lebih sehat ketimbang garam dapur atau garam meja. Orang dengan tekanan darah tinggi disarankan mengurangi konsumsi garam tapi aman jika sodiumnya berasal dari seledri.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata
Seledri kaya akan vitamin A yang bisa membantu mempertajam penglihatan dan menjaga kesehatan mata. Makan seledri secara rutin juga membantu mencegah atau memperlambat mata rabun karena faktor usia.

6. Sumber Energi yang Sehat
Daripada minuman berenergi atau sports drink, lebih baik meminum jus seledri untuk memulihkan sistem tubuh Anda setelah berolahraga. Seledri bisa menggantikan cairan elektrolit yang hilang melalui keringat dan menutrisi tubuh dengan kandungan mineralnya yang kaya. Agar rasanya lebih enak Anda bisa mencampur jus seledri dengan perasan lemon, potongan nanas dan ditambah sedikit madu.

7. Menjaga Fungsi Ginjal
Selain cukup minum air putih, sayuran juga penting untuk menjaga fungsi ginjal. Salah satunya seledri, sayuran ini membantu menyingkirkan racun-racun di dalam tubuh sehingga meningkatkan fungsi ginjal sekaligus mencegah pembentukan batu ginjal.

8. Meningkatkan Kinerja Sistem Pencernaan
Kandungan utama seledri adalah serat dan air. Kedua substansi itu sangat baik untuk menjaga kesehatan dan melancarkan sistem pencernaan. Seledri juga melancarkan buang air besar dan bersifat diuretic (menambah frekuensi buang air kecil) untuk memaksimalkan pembersihan racun serta sisa makanan tak bermanfaat di dalam tubuh, sehingga mencegah terjadinya konstipasi.

(hst/aln)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
8 Tanda Anda Kurang Minum Saat Beraktivitas

8 Tanda Anda Kurang Minum Saat Beraktivitas

Setiap hari tubuh harus terhidrasi agar tidak lemas dan tetap berenergi. Apakah Anda sering pusing atau migrain saat sedang beraktivitas? Hal itu mungkin karena tubuh kurang cairan. Bagaimana mengetahui kalau Anda mengalami sakit kepala akibat kurang minum?Untuk penjelasan lebih lanjut, simaklah delapan tanda-tanda Anda kurang banyak minum air putih, seperti dikutip dari All Women Stalk.1. Mulut Terasa KeringJika mulut kering, kemungkinan besar Anda dehidrasi. Sediakan sebotol air dalam tas Anda bila berpergian. Perlu diingat, kalau obat juga bisa membuat mulut Anda kering. Jadi, jika Anda sedang mengonsumsi obat, mulut kering dapat dikarenakan obat atau keduanya.2. Sakit KepalaBila Anda merasa sakit kepala, itu merupakan gejala lain dari dehidrasi. Tubuh mungkin ingin memberitahu kalau Anda harus minum lebih banyak air. Oleh sebab itu, siapkan satu gelas air mineral atau minuman manis di meja ketika sedang bekerja.3. Urin Berwarna GelapBagi Anda yang mengalami dehidrasi, warna urinnya lebih gelap dari biasanya. Maka dari itu, lihat warna urin saat buang air kecil. Jika memang warnanya gelap, apalagi hingga menuju coklat, Anda perlu meminum banyak air.4. PusingPusing adalah sala [...]

Penyebab & Gejala Hormon Wanita Tak Seimbang

Penyebab & Gejala Hormon Wanita Tak Seimbang

Menopause bukanlah satu-satunya penyebab hormon wanita sering naik-turun. Ada banyak hal lain yang ternyata bisa mempengaruhi hormon wanita. Apa saja dan bagaimana gejalanya?"Ketidakseimbangan hormon adalah masalah wanita yang cukup umum," ujar Dr. Brad Douglas, ahli kandungan, seperti yang dikutip dari Sheknows.Umur seringkali menjadi penyebab tidak stabilnya hormon wanita. Tapi bisa juga karena dipengaruhi oleh siklus menstruasi, masalah tiroid dan diabetes. Selain itu, obat-obatan pil KB dan kehamilan juga menyebabkan naik turunnya hormon Anda.Beberapa wanita dilahirkan dengan genetik yang cenderung memiliki ketidakseimbangan hormon, tapi sebenarnya senyawa kimia tubuh bisa dikontrol dengan menjauhi gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya saja, pola tidur yang tidak konsisten, kurangnya olahraga, pola makan yang buruk dan stres.Untuk menghindari tidak stabilnya hormon, ada baiknya mengetahui beberapa gejalanya. Menurut Dr. Brad Douglas, perubahan suasana hati yang ekstrim tiap bulannya merupakan salah satu tanda tidak stabilnya hormon. Ini mencakup sindrom pra-menstruasi atau bahkan gangguan disforia pramenstruasi (PMDD).Gejala tidak stabilnya hormon yang paling sering ditemuka [...]

Merokok Pada Kehamilan dan Rendahnya Kemampuan Membaca Anak

Merokok Pada Kehamilan dan Rendahnya Kemampuan Membaca Anak

Anak-anak yang ibunya merokok satu bungkus atau lebih setiap harinya ketika sedang hamil, memiliki potensi anak dengan kemampuan membaca yang lebih buruk dari anak-anak lainnya. Peneliti menganalisis data dari lebih dari 5.000 anak di Inggris, dan membandingkan skor mereka pada serangkaian tes guna menilai seberapa akurat anak membaca dan memahami apa yang dibacanya. Anak-anak diuji berusia 7 dan 9 tahun. Rata-rata, anak-anak yang ibunya merokok sedikitnya satu bungkus rokok per hari selama kehamilan memiliki skor 21 persen lebih rendah pada tes yang dilakukan terhadap anak-anak yang lahir dari ibu tidak merokok, menurut penelitian yang diterbitkan bulan November dalam Journal of Pediatrics, seperti dilansir dari medicinenet.com Silakan klik next, untuk melanjutkan. Merokok Pada Kehamilan dan Rendahnya Kemampuan Membaca Anak Dalam sebuah kelas yang berisikan 31 siswa dengan latar belakang yang sama dan pendidikan, anak dari ibu yang merokok memiliki rata-rata tujuh peringkat lebih rendah dalam hal akurasi membaca dan kemampuan pemahaman dari pada anak dari ibu yang tidak merokok, menurut kesimpulan dari para peneliti. "Ini bukan perbedaan yang sedikit ? itu a [...]

Sering Gemetar? Waspada Gejala Parkinson

Sering Gemetar? Waspada Gejala Parkinson

Bila Anda mengenal petinju Muhammad Ali, barangkali Anda pernah mendengar penyakit yang dialaminya, yaitu penyakit Parkinson. Gejala yang dialami salah satunya adalah sering gemetar dan langkah kaki menjadi pendek. Perlu diketahui, penyakit ini umum menyerang orang-orang yang telah lanjut usia, karena penyakit ini terkait dengan proses penuaan. Meskipun begitu, bukan berarti kondisi ini tidak dapat ditangani. Marilah kita lebih mengenal penyakit ini. Penyakit Parkinson sendiri disebabkan oleh adanya gangguan kimiawi yang berperan dalam sistem saraf di otak. Akibat adanya gangguan senyawa kimia di otak ini, kerja otak, terutama yang berfungsi dalam memperhalus berbagai gerakan tubuh dan otot akan terganggu. Akibatnya gerakan penderita cenderung kasar dan lambat. Penyakit ini menyebabkan gangguan dalam proses gerak. Dalam kasus petinju, gangguan tersebut disebabkan oleh risiko pekerjaannya yang sering menerima benturan di daerah kepala. Halaman berikut menjelaskan apa saja gejala-gejala awal Parkinson. Gejala Awal Parkinson Namun, pada lansia, tanpa terjadinya kerusakan akibat benturan, telah terjadi proses penuaan sel-sel saraf, yang mengakibatkan gangguan p [...]

Salah Kaprah Migrain

Salah Kaprah Migrain

Banyak orang yang mengatakan bahwa mereka menderita migrain, hanya karena nyeri kepala yang sedang dialami. Padahal migrain bukanlah sakit kepala biasa. Sakit kepala sendiri memiliki banyak sekali penyebab, bisa berupa ada tumor dalam kepala, perdarahan di dalam kepala atau tidak ditemukan kelainan organik apapun. Jika tidak ditemukan kelainan yang nyata, bisa jadi pasien tersebut menderita migrain. Jika begitu, apa itu migrain? Mari kita kenali gejala migrain. Apa saja gejala migrain? Umumnya pasien migrain akan mengeluh sakit kepala yang dirasakan hanya pada satu sisi kepala. 60% penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah dan berdenyut. Disamping sakit kepala, sebagian penderita migrain juga dapat mengalami aura sebelum mengalami serangan sakit kepala, yaitu gejala seperti gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya) atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kaki) beberapa saat sebelum mengalami sakit kepala. Namun, tidak semua penderita migrain mengalami aura sebelum sakit kepala muncul, hanya sekitar 35% migrain yang disertai dengan aura. Penderita migrain biasanya akan mengalami sakit kepala selama 4-72 jam. Sakit kepala [...]

Menelaah Kebenaran Manfaat Suntik Vitamin C

Menelaah Kebenaran Manfaat Suntik Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat merupakan salah satu bagian esensial yang dibutuhkan tubuh. Vitamin C diduga bermanfaat sebagai antioksidan yang bertugas melindungi kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan radikal bebas. Asupan vitamin C ke dalam tubuh bisa melalui konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan vitamin C, suplemen, maupun bisa juga dengan suntik vitamin C. Cairan asam askorbat atau vitamin C yang digunakan untuk penyuntikan berwarna jernih kekuningan. Terdapat beberapa metode penyuntikan vitamin C pada tubuh, yaitu intramuskular atau melalui otot, penyuntikan di bawah kulit atau subkutan, atau penyuntikan melalui pembuluh darah atau intravena. Dosis rata-rata harian asam askorbat yang disuntikkan untuk orang dewasa adalah 70-150 mg. Bagi orang-orang yang kekurangan vitamin C, dianjurkan menggunakan dosis harian sebanyak 300 mg hingga 1 gram. Tapi ada juga orang dewasa yang disuntikkan vitamin C sebanyak 6 gram tanpa mengalami gejala keracunan. Apa pun dosis atau prosedurnya, disarankan untuk melalui pemeriksaan dan pertimbangan dari seorang ahli gizi terlebih dahulu. Manfaat Suntik Vitamin C Sebenarnya, manfaat suntik vitamin C belum terbukti sepenuhnya, sehingga masi [...]

4 Cedera yang Sering Terjadi Saat Liburan

4 Cedera yang Sering Terjadi Saat Liburan

Liburan yang menyenangkan bisa berakhir menjadi bencana jika Anda tidak berhati-hati. Seperti yang dikutip dari MSN, berikut ini lima kasus cedera serta masalah kesehatan paling umum terjadi saat liburan. Apa saja?1. Bahaya Dekorasi Banyak orang yang dilarikan ke UGD (Unit Gawat Darurat) selama liburan karena terjatuh dari atap, tangga, kursi dan permukaan yang mudah goyah lainnya saat sedang mendekorasi rumah mereka. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memperkirakan bahwa ada sebanyak 5.800 orang yang masuk ke UGD selama 1 Desember hingga 31 Januari tiap tahunnya. Rata-rata mereka mengalami memar dan patah tulang. Selain terjatuh dari tangga, banyak juga orang yang terjatuh akibat tersandung pohon dan ornamen Natal.2. Membawa Barang Berat Seperti Santa Klaus Membeli perlengkapan Natal, dan liburan, berburu barang diskon di akhir tahun, membersihkan rumah atau kegiatan lain yang mengharuskan Anda membawa beban berat pada tubuh bisa menimbulkan rasa nyeri pada persendian. Dilaporkan bahwa pengunjung dokter yang menyediakan perawatan chiropractic mengalami peningkatan pasien pada Desember hingga Januari. Chiropractic sendiri, merupakan ilmu pengobatan alternatif ilmia [...]

6 Cara Cepat Hentikan Kebiasaan Mendengkur

6 Cara Cepat Hentikan Kebiasaan Mendengkur

Kebiasaan mendengkur pasangan seringkali membuat tidur tak nyenyak. Jika Anda tak tahan lagi dengan kebiasaan buruknya, simak enam cara cepat atasi kebiasaan mendengkur pasangangan, seperti yang dikutip dari ehow.1. Taruh humidifier (pelembab ruangan yang mengeluarkan uap air) di kamar dan nyalakan pada saat pasangan ingin tidur. Mendengkur kerap kali disebabkan oleh keringnya tenggorokan dan uap air bisa bantu melembabkan tenggorokan yang kering.2. Sarankan pasangan agar mau mengonsumsi beberapa sendok makan madu setiap harinya. Hal tersebut dapat mencegah kekeringan pada tenggorokan saat tidur.3. Tidur di atas beberapa tumpukan bantal bisa membuat seseorang lebih leluasa untuk bernapas. Ketika kepala tetap tinggi, udara di langit-langit mulut tidak akan tersumbat. Sehingga memungkinkan udara bebas bergerak dan mencegah dengkuran keras. Selain itu, gunakan bantal yang agak keras. Bantal terlalu empuk justru mempersempit saluran pernapasan.4. Hindari mengonsumsi makanan, minuman dan obat tertentu. Minuman beralkohol dan obat tidur dapat mengendurkan otot-otot tenggorokan. Produk susu menyebabkan lendir, yang dapat mengganggu pernapasan.5. Hindari makan terlalu banyak karena dapa [...]

Inggris Berencana Batasi Ibu Melahirkan Caesar

Inggris Berencana Batasi Ibu Melahirkan Caesar

Ibu-ibu di Inggris kini tidak bisa dengan gampangnya memilih metode melahirkan melalui operasi caesar. Penyebabnya National Health Service akan membatasinya karena dianggap pemborosan.Seperti dikutip dari Daily Mail, pihak NHS hanya akan mengizinkan wanita melahirkan caesar jika wanita tersebut memiliki risiko kesehatan saat melahirkan normal. Menurut pihak NSH, proses melahirkan caesar yang sekarang ini makin banyak dilakukan membuat jutaan poundsterling uang NSH tersia-siakan setiap tahunnya."Kami harus menyeimbangkan semuanya di masa depan, mulai dari kanker sampai sakit jantung. Soal perawatan, kita juga harus mulai mengurangi pengeluaran, proses caesar itu salah satunya," jelas Pimpinan NHS Allince Dr Michael Dixon.Saat ini pembatasan melahirkan caesar sudah mulai dilakukan di beberapa rumah sakit di Inggris. Rumah sakit tersebut di antaranya Cornwall dan the Isles of Scilly, Herefordshire, Bristol, South Staffordshire, County Durham, Dorset, Derbyshire, dan Bournemouth and Poole.Pembatasan tersebut hanya berlaku pada proses caesar yang direncanakan. Sedangkan wanita yang melahirkan caesar karena alasan darurat tentu tidak ikut dalam pembatasan tersebut.Beberapa pakar keseh [...]

Global Diabetes Forum 2014: Indonesia No.7 Terbanyak Penderita Gula Darah

Global Diabetes Forum 2014: Indonesia No.7 Terbanyak Penderita Gula Darah

Sedikitnya 8,5 juta penduduk Indonesia adalah penderita diabetes. Angka tersebut disampaikan oleh Ketua PERSADIA (Persatuan Diabetes Indonesia) Prof. dr. Sidhartawan Soegondo, PhD., FACE. pada kesempatan jumpa pers Global Diabetes Forum 2014 yang diselenggarakan oleh Kalbe pada Sabtu (18/1) di Kuta, Bali. Hal yang lebih mengkhawatirkannya lagi, 70% dari angka tersebut sebelumnya tidak menyadari kalau dirinya memiliki kadar gula darah yang tinggi. ?Mereka (penderita diabetes ?Red) kebanyakan datang ketika gejala sudah muncul, ya kesemutan, luka susah sembuh, sering pusing, gampang capek, tangan kaki bengkak-bengkak. Dan sedihnya lagi, mereka tidak sadar kalau itu adalah diabetes yang mengancam jiwa,? jelas Prof. Sidhartawan. Hal senada disampaikan oleh dr. Saukhat M. Sadikot, Elected President IDF (International Diabetic Federation) pada kesempatan yang sama, ?Pada dua tahun yang lalu, India merupakan negara dalam urutan nomor pertama terbanyak penderita diabetes di dunia. Namun kini ?prestasi? itu diraih oleh China dan menggeser India ke urutan kedua. Setiap 7 detik satu orang meninggal dunia karena diabetes. Itu baru yang terdeteksi dan terdata, dan saya yakin ada masih banyak kor [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *