Jangan Remehkan Manfaat Minum Air Putih

jangan-remehkan-manfaat-minum-air-putih-alodokter.jpg

Air putih tenyata tidak sesepele yang banyak orang kira. Di balik kesederhanaan tampilannya, air putih tidak hanya berguna mencegah dehidrasi tubuh, namun juga memiliki berbagai keuntungan lainnya.

Minuman jenis lain, misalnya soft drink, tergolong tinggi gula dan kalori sehingga dapat menambah berat badan Anda. Minuman berenergi yang kerap dipilih sebagai sumber cairan juga harus dipertimbangkan sebab mengandung gula dan kafein. Demikian pula ketika meminum jus buah kemasan, selalu perhatikan label produknya terlebih dahulu.

Pentingnya Air Putih

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja. Selain itu, manfaat minum air putih memiliki beragam fungsi bagi tubuh, antara lain:

  • Menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.
  • Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.
  • Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.
  • Menjaga kesegaran kulit.
  • Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.
  • Air akan membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran.

Berapa Takaran Normal agar Tidak Kekurangan Cairan?

Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Secara rata-rata, untuk wanita dewasa, disarankan untuk minum sekitar delapan gelas berukuran 200 ml per hari atau total 1,6 liter. Sedangkan, pria disarankan untuk minum sekitar 10 gelas berukuran 200 ml atau total 2 liter tiap hari.

Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh sekitar 20 persen. Cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90 persen air..

Yang perlu diketahui, manusia dapat kehilangan cairan tidak hanya saat buang air kecil (BAK), namun juga saat berkeringat, bernapas dan buang air besar.

Beberapa tanda yang dapat membantu Anda mengenali tubuh yang kekurangan cairan, antara lain sakit kepala, merasa kurang berenergi, dan warna urine yang gelap atau tidak sebanyak biasanya.

Perhatikan Kondisi Khusus

Yang tidak kalah penting, perlu diperhatikan beberapa kondisi dan aktifitas khusus yang membuat tubuh jadi membutuhkan lebih banyak asupan air dibandingkan biasanya, antara lain:

  • Berolahraga atau aktif secara fisik.
  • Mengalami demam, diare, atau muntah-muntah.
  • Cuaca yang sangat panas.
  • Hamil dan menyusui. Wanita hamil disarankan mengonsumsi air sekitar 2,3 liter sehari, sedangkan wanita yang menyusui disarankan mengonsumsi air sekitar 3,1 liter per hari.

Jika selama ini Anda kurang menyadari manfaat minum air putih, ada beberapa tips yang dapat dilakukan. Cobalah untuk membiasakan minum air putih tiap waktu makan atau saat mengonsumsi camilan. Selain itu, Anda dapat menaruh gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas yang Anda bawa beraktivitas tiap hari. Dengan demikian, Anda akan teringat untuk mengonsumsinya.

Alternatif lainnya, Anda bisa menambahkan rasa pada air putih agar terasa lebih enak. Salah satunya dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti pada minuman infused water atau dengan membekali jus buah segar tanpa pemanis tambahan.

Kecukupan cairan merupakan hal penting bagi tubuh. Salah satu sumber terbaik berasal dari air putih dengan berbagai manfaat. Minumlah air putih sesuai kebutuhan agar kondisi kesehatan tubuh tetap maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Memilih Sabun Sesuai Kebutuhan Kulit

Memilih Sabun Sesuai Kebutuhan Kulit

Dari sekian banyak jenis dan merek sabun mandi itu, manakah yang paling cocok dengan kebutuhan kita? Beberapa dari antara kita mungkin sudah memiliki produk atau merek favorit, tapi apakah produk tersebut benar-benar cocok untuk keperluan kulit kita? Tiap orang memiliki preferensi sendiri dalam memilih sabun mandi yang ingin digunakannya. Apakah itu sabun batang atau sabun cair, jenis sabun wangi atau jenis sabun yang dipercaya bisa membunuh kuman? Lembut di kulit atau justru membuat kulit terasa kesat saat dibilas? Sebelum memilih, kenali dulu jenis kulit, jenis sabun, serta kegunaannya. Yang terpenting adalah memastikan sabun tersebut bukan hanya sekadar membersihkan kotoran dari tubuh kita, tapi juga bisa membuat kulit menjadi lebih sehat, lembut, dan indah. Kenali Jenis Kulit Anda Kita sering membeli sabun berdasarkan preferensi atau bahkan karena terpengaruh iklan. Padahal yang lebih penting adalah memilih produk berdasarkan jenis kulit. Terutama jika kulit kita cenderung sensitif, kering, atau justru terlalu berminyak. Kulit kering Meski berguna untuk menyingkirkan kotoran dan bakteri, sayangnya kebanyakan sabun juga menghilangkan minyak alami yang diproduksi tubuh. Terutam [...]

Penyebab Kegemukan yang Jarang Diketahui

Penyebab Kegemukan yang Jarang Diketahui

Pertambahan berat badan tidak selalu berasal dari apa yang Anda makan. Ada banyak faktor-faktor penyebab kegemukan lainnya yang tidak terduga. Berat badan umumnya bertambah ketika kalori yang dibakar tubuh saat beraktivitas lebih sedikit daripada kalori yang masuk dari makanan yang dikonsumsi. Namun selain makanan, ada banyak faktor yang juga memengaruhi metabolisme dan berat badan tubuh. Kenali faktor-faktor tersebut. Stres Ketika Anda stres, tubuh akan menjadi tegang dan memproduksi hormon yang bernama kortisol. Hormon ini menjadi penyebab utama meningkatnya nafsu makan sehingga membuat Anda dengan mudah menyantap makanan apa pun untuk menenangkan diri. Kurang tidur Ada beberapa hal yang membuat kurangnya waktu tidur berhubungan erat dengan pertambahan berat badan, yaitu: Saat Anda kurang tidur,terjadi peningkatan kadar hormon dalam tubuh yang bisa meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan. Tidur larut malam membuat Anda berpeluang lebih besar untuk mengonsumsi makanan ringan di malam hari sehingga menambah timbunan kalori di dalam tubuh. Kurang tidur membuat Anda cenderung memilih sembarang makanan seperti goreng-gorengan daripada cemilan sehat seperti buah. Mengonsumsi obat [...]

Tertarik Melakukan Tanam Benang? Baca Dulu Infonya di sini!

Tertarik Melakukan Tanam Benang? Baca Dulu Infonya di sini!

Saat ini, dunia kecantikan sedang dihebohkan dengan metode tanam benang. Ini merupakan metode peremajaan kulit wajah tanpa operasi. Metode ini melibatkan proses penanaman benang pada jaringan di bawah kulit Anda. Tanam benang kerap dipakai untuk membuat wajah terlihat lebih muda, seperti mengencangkan kulit dan menghilangkan keriput.Tidak seperti operasi plastik, meremajakan kulit dengan tanam benang tidak membutuhkan banyak tindakan pada jaringan kulit (kurang invasif). Selain itu, proses pengerjaan dan waktu pemulihannya lebih cepat, prosedurnya tidak menyakitkan serta harganya tidak menguras kantong. Seperti Apa Prosedurnya? Sebelum menjalani tanam benang, dokter akan menyuntik obat bius lokal di area wajah yang ingin diproses. Setelah itu, dokter mulai memasukkan benang khusus ke bawah kulit. Benang yang tertanam di bawah kulit wajah berguna untuk menciptakan efek yang bisa mengangkat kulit dan mengencangkan jaringan lunak wajah. Benang yang dipakai adalah jenis yang dapat diserap oleh kulit. Prosedurnya ini biasanya memakan waktu sekitar 30-40 menit. Usai melakukan tanam benang, Anda sudah bisa meninggalkan rumah sakit atau klinik kecantikan. Dalam sehari atau dua hari, And [...]

Kafein Bisa Menjadi Sahabat Sehat

Kafein Bisa Menjadi Sahabat Sehat

Apakah Anda termasuk orang yang memulai aktivitas dengan secangkir kopi? Anda tidak sendiri. Banyak orang yang membutuhkan kopi yang sarat kafein sebagai stimulan pada pagi hari. Alasan kopi dapat membuat Anda bersemangat adalah efek kafein kepada otak. Tidak hanya sebagai stimulan, kafein juga dapat menghambat reseptor adenosin. Dampaknya dapat membuat Anda lebih berenergi serta merasa lebih bersemangat. Meski begitu, kafein tidak hanya berasal dari kopi. Secangkir teh atau sebatang cokelat favorit Anda ternyata memiliki kandungan kafein. Kafein juga banyak digunakan dalam obat-obatan tertentu. Namun di balik itu, Anda ingin tahu apa manfaat kafein dan apa risiko kesehatan yang dapat ditimbulkannya? Sisi Positif Kafein Beragam penelitian dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kafein. Sebagaimana dua sisi mata uang, kafein memiliki manfaat dan risiko yang bisa ditimbulkan. Berikut beberapa sisi positif dari kafein, antara lain: Menekan risiko sakit jantung dan diabetes Mengonsumsi kopi dengan kandungan kafein yang tidak berlebihan, sering dikaitkan dengan kemampuan menekan kemungkinan penyakit jantung dan diabetes. Hal ini berhubungan dengan kandungan asam klorogenat [...]

Inilah Manfaat Telur dan Cara Menyimpannya

Inilah Manfaat Telur dan Cara Menyimpannya

Telur dianggap sebagai salah satu sumber protein terbaik. Selain protein, telur juga mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan makanan sehat dan seimbang. Telur merupakan salah satu sumber makanan yang paling populer di tengah masyarakat. Selain manfaat yang berlimpah, rasanya enak dan dapat diolah dengan berbagai cara. Lalu, apakah Anda sudah memahami cara mengelola telur dengan baik agar mendapat manfaat telur secara maksimal? Apa Saja Manfaatnya? Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari telur. Baik untuk diet Dengan kandungan protein tinggi dan kalori yang rendah, telur bisa dijadikan camilan sehat bagi siapa pun yang sedang menjalani program pemeliharaan berat badan. Dengan kandungan 6 gr protein dan hanya 80 kalori dalam tiap telur berukuran besar, sebutir telur rebus cocok dijadikan camilan yang mengenyangkan. Bagian putih telur hanya mengandung 15 kalori per butir telur. Selain bebas kolesterol, putih telur juga bebas lemak jenuh sehingga sangat ramah bahkan bagi pelaku diet ekstrem sekalipun. Menyuplai nutrisi bagi tubuh Ada banyak nutrisi yang diberikan sebutir telur untuk tubuh. Antara lain terdapat vitami [...]

Menguap Belum Tentu Mengantuk

Menguap Belum Tentu Mengantuk

Semua orang pasti pernah menguap, baik tua maupun muda. Namun pernahkah terlintas pada pikiran Anda mengenai alasan manusia menguap? Sebagai orang awam, kita hanya tahu bahwa menguap merupakan tanda seseorang kurang tidur atau mengantuk. Atau bukan? Sampai sekarang pun alasan kita menguap masih belum jelas. Banyak ahli yang masih memperdebatkan hingga melahirkan teori yang berbeda-beda berkaitan dengan alasan manusia menguap. Apakah Manusia Menguap Karena Mengantuk? Tidak bisa dipungkiri, menguap sangat erat kaitannya dengan mengantuk atau kelelahan. Anda sendiri pun pasti pernah merasakannya. Menurut beberapa penelitian, menguap bisa menjadi tanda mengantuk, kelelahan, atau gangguan tidur. Robert Provine, seorang ahli syaraf dari Universitas Maryland, Amerika Serikat, yang sudah meneliti tentang menguap selama 30 tahun, mengatakan bahwa seseorang menguap sebagai tanda kelelahan. Menurutnya, orang akan menguap ketika mendekati jam tidur atau setelah bangun tidur. Selain itu, menguap juga ada kaitannya dengan kebosanan. Dia juga melakukan percobaan terkait apakah menguap berhubungan dengan kebosanan dengan cara membagi dua kelompok remaja. Kelompok pertama diberi tontonan tentang [...]

Manisnya Nutrisi di Dalam Manfaat Ubi Jalar

Manisnya Nutrisi di Dalam Manfaat Ubi Jalar

Ubi jalar atau dikenal juga dengan ketela rambatternyata mengandung nutrisi yang dapat membantu untuk melawan beberapa penyakit. Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ubi jalar dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Masih banyak manfaat lain dari ubi jalar, terutama yang berkaitan dengan penambahan energi pada tubuh, peningkatan imunitas tubuh, dan penurunan berat badan. Ubi jalar dapat diolah dengan cara direbus, dipanggang, atau dimakan dengan cara dihaluskan. Makanan ini sudah terasa manis alami, sehingga dapat disantap tanpa penambahan gula. Kandungan Nutrisi pada Ubi Jalar Seharusnya setiap orang memasukkan makanan ini dalam daftar makanan sehat yang dikonsumsi sehari-hari. Sebab, makanan ini mengandung banyak vitamin A yang tinggi, sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Selain itu juga mengandung 37 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C. Ubi jalar ukuran sedang yang sudah dipanggang hanya memiliki 105 kalori, sehingga cocok bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Kandungan nutrisi penting lainnya pada ubi jalar yaitu 28 persen mangan, 16 persen vitamin B-6, dan 15 persen potasium. Selain itu, ubi ja [...]

Pakaian Dalam yang Sehat

Pakaian Dalam yang Sehat

Banyak wanita menaruh perhatian khusus dalam memilih pakaian dalam mereka. Meski tidak dilihat banyak orang, pakaian dalam memang berpengaruh besar terhadap rasa nyaman dan kepercayaan diri penggunanya. Saat memilih pakaian dalam, khususnya celana dalam, ada banyak hal yang menjadi pertimbangan kita. Selain bagaimana pakaian dalam tersebut terlihat di tubuh Anda, hal lain yang perlu Anda pertimbangkan adalah apakah pakaian dalam tersebut berisiko menimbulkan masalah kesehatan atau tidak. Kenapa Anda Perlu Mengenakan Pakaian Dalam Apa pun jenis dan bahan pakaian dalam yang Anda pilih, mengenakan pakaian dalam selalu lebih baik dibandingkan tidak mengenakannya. Celana dalam berguna sebagai pelindung organ intim Anda agar tidak mudah terkena infeksi. Tipe Celana Dalam yang Sehat Membicarakan tipe, celana dalam standar berbahan katun mungkin adalah pilihan terbaik, baik dari segi kenyamanan maupun kesehatan. Meski dari segi penampilan, celana dalam jenis ini memang terlihat lebih ketinggalan zaman, tapi celana dalam ini dapat mengurangi risiko terjadinya masalah kesehatan seperti ruam kulit sampai infeksi jamur. Bagaimanapun juga, jika Anda menginginkan variasi, berikut ini adalah [...]

Memperkuat Otot Inti melalui Senam Lantai

Memperkuat Otot Inti melalui Senam Lantai

Saat masih duduk di bangku sekolah, Anda pasti pernah diajari beberapa gerakan senam lantai. Kini gerakan-gerakan tersebut bisa Anda terapkan kembali untuk memperkuat otot inti Anda. Senam lantai sendiri merupakan salah satu bagian dari rumpun senam. Sesuai namanya, semua gerakan senam ini dilakukan di atas lantai dengan hanya beralaskan matras. Otot inti pada tubuh ada tiga, yaitu otot perut, otot punggung, dan otot di sekitar panggul. Sangat penting untuk memiliki otot inti yang kuat karena otot-otot ini menunjang tubuh melakukan berbagai kegiatan fisik. Selain itu, dengan otot-otot inti yang kuat, tubuh bisa memiliki keseimbangan dan stabilitas yang baik. Untuk melatih otot-otot inti, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang fantastis. Cukup persiapkan matras di lantai, Anda sudah bisa berlatih memperkuat otot inti. Gerakan Senam Lantai yang Bisa Dicoba Anda disarankan untuk mengambil napas dalam-dalam selama melakukan gerakan demi gerakan. Ulangi tiap gerakan sebanyak lima kali. Anda bisa meningkatkannya menjadi 10-15 kali jika Anda merasa kekuatan otot inti Anda telah meningkat. Gerakan pertama: sit-up perut Untuk melakukannya, Anda bisa berbaring telentang di atas matras. [...]

Latihan Fisik ini Bisa Mengecilkan Paha Anda

Latihan Fisik ini Bisa Mengecilkan Paha Anda

Bagi sebagian wanita, paha merupakan bagian tubuh yang sulit untuk dikecilkan. Namun jika Anda tahu kuncinya, ukuran paha idaman mungkin saja Anda miliki. Mau tahu cara mengecilkan paha? Ada beberapa latihan fisik yang dapat Anda lakukan. Usaha untuk mengecilkan paha dengan cara latihan fisik dan nutrisi yang baik dapat menjadi sia-sia, terutama karena kombinasi keduanya tidak selalu mengurangi lemak di tempat yang Anda inginkan. Bentuk paha yang besar diwariskan dari orangtua dan latihan fisik tidak dapat mengubah DNA, pengatur karakteristik Anda. Namun, latihan fisik dan diet akan mengurangi lemak di seluruh tubuh dan membantu untuk mengencangkan otot-otot tubuh, termasuk paha. Beberapa latihan fisik tertentu juga dapat dikonsentrasikan untuk membantu mengencangkan otot paha. Otot paha yang kencang akan membuat bentuk paha yang bagus dan sedikit lebih ramping. Untuk mendapatkan paha idaman, lakukan latihan fisik yang menitikberatkan pada bagian bawah tubuh. Selain paha, latihan fisik ini juga berdampak positif pada pinggul Anda. Latihan fisik 1 Berbaringlah di atas matras dengan posisi telapak tangan menyentuh matras. Lalu angkat seluruh tungkai kiri Anda ke atas (posisi jari k [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *