Jangan Remehkan Manfaat Minum Air Putih

jangan-remehkan-manfaat-minum-air-putih-alodokter.jpg

Air putih tenyata tidak sesepele yang banyak orang kira. Di balik kesederhanaan tampilannya, air putih tidak hanya berguna mencegah dehidrasi tubuh, namun juga memiliki berbagai keuntungan lainnya.

Minuman jenis lain, misalnya soft drink, tergolong tinggi gula dan kalori sehingga dapat menambah berat badan Anda. Minuman berenergi yang kerap dipilih sebagai sumber cairan juga harus dipertimbangkan sebab mengandung gula dan kafein. Demikian pula ketika meminum jus buah kemasan, selalu perhatikan label produknya terlebih dahulu.

Pentingnya Air Putih

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja. Selain itu, manfaat minum air putih memiliki beragam fungsi bagi tubuh, antara lain:

  • Menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.
  • Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.
  • Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.
  • Menjaga kesegaran kulit.
  • Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.
  • Air akan membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran.

Berapa Takaran Normal agar Tidak Kekurangan Cairan?

Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Secara rata-rata, untuk wanita dewasa, disarankan untuk minum sekitar delapan gelas berukuran 200 ml per hari atau total 1,6 liter. Sedangkan, pria disarankan untuk minum sekitar 10 gelas berukuran 200 ml atau total 2 liter tiap hari.

Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh sekitar 20 persen. Cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90 persen air..

Yang perlu diketahui, manusia dapat kehilangan cairan tidak hanya saat buang air kecil (BAK), namun juga saat berkeringat, bernapas dan buang air besar.

Beberapa tanda yang dapat membantu Anda mengenali tubuh yang kekurangan cairan, antara lain sakit kepala, merasa kurang berenergi, dan warna urine yang gelap atau tidak sebanyak biasanya.

Perhatikan Kondisi Khusus

Yang tidak kalah penting, perlu diperhatikan beberapa kondisi dan aktifitas khusus yang membuat tubuh jadi membutuhkan lebih banyak asupan air dibandingkan biasanya, antara lain:

  • Berolahraga atau aktif secara fisik.
  • Mengalami demam, diare, atau muntah-muntah.
  • Cuaca yang sangat panas.
  • Hamil dan menyusui. Wanita hamil disarankan mengonsumsi air sekitar 2,3 liter sehari, sedangkan wanita yang menyusui disarankan mengonsumsi air sekitar 3,1 liter per hari.

Jika selama ini Anda kurang menyadari manfaat minum air putih, ada beberapa tips yang dapat dilakukan. Cobalah untuk membiasakan minum air putih tiap waktu makan atau saat mengonsumsi camilan. Selain itu, Anda dapat menaruh gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas yang Anda bawa beraktivitas tiap hari. Dengan demikian, Anda akan teringat untuk mengonsumsinya.

Alternatif lainnya, Anda bisa menambahkan rasa pada air putih agar terasa lebih enak. Salah satunya dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti pada minuman infused water atau dengan membekali jus buah segar tanpa pemanis tambahan.

Kecukupan cairan merupakan hal penting bagi tubuh. Salah satu sumber terbaik berasal dari air putih dengan berbagai manfaat. Minumlah air putih sesuai kebutuhan agar kondisi kesehatan tubuh tetap maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Beragam Manfaat Mandi Air Hangat

Beragam Manfaat Mandi Air Hangat

Mandi air hangat tidak hanya bisa mengatasi dinginnya mandi di pagi hari. Mandi atau berendam air hangat dipercaya juga bisa membantu Anda meredakan nyeri, gatal, dan sakit di sekitar panggul atau organ intim. Ketika merasakan bagian perut atau panggul sakit, sebagian orang akan mengompres bagian yang sakit dengan kompres air hangat. Selain dengan kompres air hangat, cobalah untuk mandi atau berendam air hangat karena ternyata mandi air hangat tidak kalah pentingnya dalam memberikan manfaat. Manfaat Mandi Air Hangat Manfaat mandi air hangat dapat memperlancar peredaran darah Anda. Tidak hanya memberikan kehangatan, mandi air hangat juga bisa meredakan rasa gatal atau sakit di sekitar organ intim. Serta dapat menjadi salah satu cara membersihkan daerah perineum (daerah antara vulva (bibir kelamin luar) atau skrotum (kantung pelir) dan lubang anus). Berikut ini adalah kepercayaan banyak orang akan manfaat mandi air hangat lainnya yang perlu Anda ketahui, Sembelit. Kondisi di mana pergerakan usus tidak teratur, sehingga sulit untuk buang air besar dalam jangka waktu yang cukup lama. Sembelit bisa menimbulkan rasa tegang di sekitar perut. Mandi air hangat dipercaya dapat menjadi sa [...]

Menikmati Hubungan Seksual Tanpa Rasa Sakit

Menikmati Hubungan Seksual Tanpa Rasa Sakit

Rasa sakit saat berhubungan seksual kerap dirasakan oleh sebagian wanita. Jika tidak ditangani, rasa sakit itu akan kembali datang dan mengganggu aktivitas intim Anda bersama pasangan. Rasa sakit saat berhubungan seksual bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan. Oleh karena itu, cari tahu penyebab rasa sakit yang Anda rasakan agar bisa diatasi secepatnya. Dalam ilmu kedokteran, rasa sakit saat berhubungan seksual disebut dispareunia. Umumnya, rasa sakit yang dirasakan tiap wanita berbeda-beda. Ada yang merasa sakit saat pasangan baru memulai penetrasi. Ada juga yang merasakannya saat sudah dilakukan penetrasi mendalam. Rasa sakit yang muncul pada saat awal penetrasi bisa disebabkan oleh: Kurangnya cairan lubrikasi. Cairan ini diproduksi secara alami oleh vagina ketika wanita terangsang. Penyebab utama kurangnya lubrikasi adalah kurang pemanasan (foreplay). Namun produksi cairan lubrikasi juga akan terganggu pada wanita yang telah menopause. Pertambahan usia membuat lapisan vagina kehilangan kelembapannya sehingga membuatnya kering. Wanita yang baru melahirkan lalu menyusui juga umum mengalami hal yang sama. Faktor lain yang menghambat produksi lubrikasi adalah wanita yang men [...]

Berbagai Mitos Cara Menghilangkan Jerawat

Berbagai Mitos Cara Menghilangkan Jerawat

Jangan begini, jangan begitu, pakai ini, pakai itu. Berbagai saran cara menghilangkan jerawat beredar di masyarakat. Namun apakah anjuran tersebut benar-benar ampuh ataukah sekedar mitos belaka. Kecil, merah, sakit. Siapa yang tidak kesal jika jerawat datang menghias wajah, leher, dada, atau punggung? Jerawat adalah hal lumrah dialami oleh remaja yang sedang menjalani masa pubertas, tetapi orang dewasa juga bisa dijangkiti si kecil ini. Karena hampir dialami oleh semua orang, jerawat pun menjadi hal umum yang diperbincangkan, terutama tentang cara menghilangkan jerawat. Berbagai versi cara menghilangkan jerawat pun muncul di mana-mana, tapi apakah semuanya benar? Berikut adalah beberapa mitos cara menghilangkan jerawat. Jangan makan cokelat Tidak ada makanan yang bisa menyebabkan jerawat. Jerawat kebanyakan disebabkan oleh hormon dan faktor turunan. Cokelat memang tidak terkait dengan jerawat, namun untuk amannya konsumsilah cokelat hitam (dark chocolate) yang rendah gula dan susu. Makanan yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi dapat memicu peningkatan kadar insulin. Insulin ini mampu meningkatkan jumlah hormon androgen (hormon laki-laki), yaitu hormon yang dapat menyebabkan [...]

Gara-gara Hubungan Jarak Jauh Jadi Putus? Alasan Basi!

Gara-gara Hubungan Jarak Jauh Jadi Putus? Alasan Basi!

Jauh di mata dekat di hati, mungkin itulah yang terjadi saat dua orang menjalani hubungan jarak jauh. Pertanyaannya, bagaimana cara menjaga hubungan semacam ini bisa tetap langgeng? Kemungkinan untuk mendapatkan kebahagiaan bagi orang-orang yang menjalani hubungan jarak jauh alias long distance relationship (LDR) tetap ada. Mereka bisa memiliki hubungan yang sama romantisnya dan bahkan membentuk ikatan yang lebih kuat dibandingkan hubungan jarak dekat. Seperti Apa Hubungan yang Sehat? Hubungan jarak jauh atau LDR pada umumnya berdampak kepada mental salah satu pihak atau bahkan kedua belah pihak. Secara emosional, terutama pada jangka panjang, hubungan jenis ini bisa terasa berat dan menyiksa karena terbukti tidak mudah mengatasi rasa kehilangan seseorang. Sering kali yang muncul adalah rasa kesepian dan merasa tidak diperhatikan. Untuk mengatasi kemungkinan terjadinya gejala-gejala tidak sehat secara emosional, maka diperlukan strategi khusus bagi kalian yang menjalani hubungan jarak jauh. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjadikan LDR tetap terasa sehat dan menyenangkan. Jangan saling menyalahkan Tidak ada seorang pun yang ingin hidup terpisah jauh de [...]

Mie Instan atau Nasi, Mana yang Lebih Cepat Membuat Gemuk?

Mie Instan atau Nasi, Mana yang Lebih Cepat Membuat Gemuk?

Saat malam hari merasa lapar, mengonsumsi mie instan bisa dirasa jadi solusi menghindari nasi yang dianggap bisa menggemukkan. Padahal pemikiran itu belum tentu benar. Kita cari tahu yuk, mana jenis makanan yang lebih bersahabat untuk menjaga berat badan. Mari kita bandingkan kalori yang terdapat pada mie instan dan nasi dengan berat yang sama. Sajian mie instan sebanyak 70 gram atau satu kemasan, terhitung mengandung 370 kalori. Sementara, nasi putih dengan berat yang sama, hanya mengandung 91 kalori. Ternyata kandungan kalori mie instan lebih dari tiga kali lipat nasi. Hal ini membuat kemungkinan mie instan menyebabkan tubuh lebih cepat gemuk, jika dibandingkan nasi. Lalu, bagaimana jika dibandingkan dengan roti putih yang sering menjadi alternatif? Tiap helai roti putih sebesar 25 gram mengandung 67 kalori.. Berarti 4 helai roti tawar (100 gram) total 268 kalori. Nilai kalori ini jauh di bawah satu kemasan mie instan. Meski begitu, roti tawar masih tergolong tinggi dibanding nasi putih yang hanya mengandung sekitar 130 kalori tiap 100 gram. Yang juga perlu diperhatikan, umumnya penyajian mie instan dibarengi dengan telur dan bahan-bahan lain, seperti sosis, kornet, atau keju y [...]

Sudah Tidak Zaman Lagi Bau Kaki

Sudah Tidak Zaman Lagi Bau Kaki

Bau kaki memiliki bahasa medis bromodosis. Hal ini dapat terjadi ketika bakteri pada kulit bertemu dengan keringat yang keluar dari pori-pori. Meski begitu, bukan berarti kondisi ini tidak bisa dicegah. Cara menghilangkan bau kaki yang tepat bisa diaplikasikan dengan dibantu oleh kedisiplinan menjaga kebersihan. Masalah bau kaki dapat membuat seseorang terasa tidak nyaman. Sebenarnya kondisi ini dapat ditangani dengan menjaga kebersihan diri. Pada dasarnya, kelenjar keringat bertugas menjaga kelembapan kulit dan mengatur suhu tubuh ketika cuaca panas maupun ketika Anda sedang berolahraga. Namun, perlu diingat bahwa kelenjar keringat yang ada di kaki lebih banyak dibandingkan di bagian tubuh lainnya. Keringat pada kaki bisa menjadi lebih banyak dari seharusnya jika Anda sedang stres, mengalami hiperhidrosis atau keringat berlebih, atau sebatas karena Anda bersepatu seharian. Kaki bisa dengan mudah berbau kurang sedap jika Anda tidak merawatnya dengan baik. Berikut beberapa kondisi yang bisa mengundang bau kaki. Kurang menjaga kebersihan kaki. Keringat pada kaki dapat menempel di sepatu dan membuat sepatu ikut menimbulkan bau. Kaki bisa makin bau jika Anda menggunakan sepatu yang [...]

Sehat dengan Terapi Pijat yang Tepat

Sehat dengan Terapi Pijat yang Tepat

Terapi pijat dapat menjadi sarana relaksasi yang tepat dalam melepas kepenatan dari aktivitas seharian. Tapi tidak hanya itu, pijat ternyata dapat meredakan gejala penyakit tertentu. Pijat adalah istilah umum untuk kegiatan memberi tekanan pada anggota tubuh terutama otot, tendon, dan ligamen dengan teknik tertentu. Saat ini terapi pijat tersedia mulai dari tempat spa mahal hingga ke jasa tukang pijat tradisional yang dapat dipanggil ke rumah. Bahkan di pusat-pusat perbelanjaan, Anda dapat menikmati layanan pijat dengan alat atau bantuan terapis terapis dengan harga terjangkau. Pijat dapat dilakukan dengan berbagai teknik. Berikut ini adalah beberapa di antaranya. Pijat jaringan dalam. Merupakan perawatan paling tepat dalam menangani nyeri dan kekakuan kronis pada tubuh. Terapis akan melakukan gerakan lambat terfokus pada bagian tertentu. Pijat Shiatsu. Dalam bahasa Jepang, shiatsu berarti ?tekanan jari?. Pemijat akan menggunakan tekanan bervariasi dengan jari pada titik-titik yang disebut titik akupresur. Titik ini dipercaya menjadi bagian-bagian penting energi tubuh. Pijat Thai. Seorang terapis akan menggerakkan tubuh pasien ke berbagai posisi untuk menekan otot tertentu. Refle [...]

Kembali Muda Berkat Suntikan Filler

Kembali Muda Berkat Suntikan Filler

Selain Botox dan operasi plastik, suntik filler dapat ditempuh untuk mengembalikan wajah menjadi bebas keriput. Kenali berbagai jenis, manfaat, serta risikonya. Filler wajah adalah bahan yang dapat digunakan untuk menyamarkan keriput/kerut halus atau bekas luka pada wajah untuk jangka waktu tertentu. Filler terkadang juga digunakan untuk mempertebal bibir. Bahan ini umumnya diberikan dengan cara disuntikkan langsung ke wajah. Enam Jenis Utama Filler Ada berbagai jenis filler yang dapat digunakan. Area wajah yang berbeda memerlukan jenis filler yang berbeda pula. Tiap jenis mengandung bahan yang berbeda dengan tingkat ketahanan yang berbeda. Berikut beberapa jenis filler yang umum tersedia, berikut dengan karakteristiknya. Asam hialuronat Asam hialuronat adalah bagian alami kulit yang umumnya berkurang seiring pertambahan usia. Untuk filler, zat ini tersedia dalam bentuk alami dan sintetik. Berikut karakteristiknya: Jarang ditemukan reaksi alergi pada penggunaan filler tipe ini. Berbentuk gel dengan komposisi sedikit tebal. Dapat digunakan pada area-area terbatas seperti sudut kanan atau kiri mulut, mengisi bibir, dan mengisi cekungan di bawah mata. Jika hasilnya tidak sesuai h [...]

Cara Berteman dengan Kawat Gigi

Cara Berteman dengan Kawat Gigi

Menggunakan kawat gigi dapat membantu memperbaiki posisi gigi dan beragam manfaat lain. Namun, pemakaian kawat gigi kerap dibayangi oleh rasa sakit yang ditimbulkan. Benarkah dan adakah cara mengatasinya? Sering tampak iklan atau tempat pemasangan kawat gigi yang dilakukan bukan oleh dokter gigi profesional. Sebaiknya hindari layanan tersebut. Pemasangan kawat gigi seharusnya dilakukan oleh dokter ortodonti, yaitu dokter spesialis gigi yang sudah memperoleh pelatihan khusus untuk pengencangan dan perataan deretan gigi. Manfaat dari penggunaan kawat gigi tidak bisa dibilang sepele. Mulai dari merapikan letak dan susunan gigi, meratakan posisi gigi atas dan bawah, mengatasi hambatan berbicara, kesulitan mengunyah dan penyakit pada gusi, serta kerusakan gigi. Penggunaan kawat gigi, sebagai bagian dari prosedur ortodonti, akan mengakibatkan rasa sakit terutama pada awal penggunaan. Biasanya lebih terasa pada pengguna kawat gigi permanen, dibandingkan yang dapat dilepas. Meski demikian, tidak perlu khawatir berlebihan ketika dokter ortodonti menyarankan Anda menggunakan kawat gigi. Dengan penanganan dan saran profesional dari dokter ortodonti, rasa sakit akibat penggunaan kawat gigi d [...]

Memilih Sabun Sesuai Kebutuhan Kulit

Memilih Sabun Sesuai Kebutuhan Kulit

Dari sekian banyak jenis dan merek sabun mandi itu, manakah yang paling cocok dengan kebutuhan kita? Beberapa dari antara kita mungkin sudah memiliki produk atau merek favorit, tapi apakah produk tersebut benar-benar cocok untuk keperluan kulit kita? Tiap orang memiliki preferensi sendiri dalam memilih sabun mandi yang ingin digunakannya. Apakah itu sabun batang atau sabun cair, jenis sabun wangi atau jenis sabun yang dipercaya bisa membunuh kuman? Lembut di kulit atau justru membuat kulit terasa kesat saat dibilas? Sebelum memilih, kenali dulu jenis kulit, jenis sabun, serta kegunaannya. Yang terpenting adalah memastikan sabun tersebut bukan hanya sekadar membersihkan kotoran dari tubuh kita, tapi juga bisa membuat kulit menjadi lebih sehat, lembut, dan indah. Kenali Jenis Kulit Anda Kita sering membeli sabun berdasarkan preferensi atau bahkan karena terpengaruh iklan. Padahal yang lebih penting adalah memilih produk berdasarkan jenis kulit. Terutama jika kulit kita cenderung sensitif, kering, atau justru terlalu berminyak. Kulit kering Meski berguna untuk menyingkirkan kotoran dan bakteri, sayangnya kebanyakan sabun juga menghilangkan minyak alami yang diproduksi tubuh. Terutam [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *