Jangan Remehkan Manfaat Minum Air Putih

jangan-remehkan-manfaat-minum-air-putih-alodokter.jpg

Air putih tenyata tidak sesepele yang banyak orang kira. Di balik kesederhanaan tampilannya, air putih tidak hanya berguna mencegah dehidrasi tubuh, namun juga memiliki berbagai keuntungan lainnya.

Minuman jenis lain, misalnya soft drink, tergolong tinggi gula dan kalori sehingga dapat menambah berat badan Anda. Minuman berenergi yang kerap dipilih sebagai sumber cairan juga harus dipertimbangkan sebab mengandung gula dan kafein. Demikian pula ketika meminum jus buah kemasan, selalu perhatikan label produknya terlebih dahulu.

Pentingnya Air Putih

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja. Selain itu, manfaat minum air putih memiliki beragam fungsi bagi tubuh, antara lain:

  • Menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.
  • Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.
  • Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.
  • Menjaga kesegaran kulit.
  • Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.
  • Air akan membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran.

Berapa Takaran Normal agar Tidak Kekurangan Cairan?

Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Secara rata-rata, untuk wanita dewasa, disarankan untuk minum sekitar delapan gelas berukuran 200 ml per hari atau total 1,6 liter. Sedangkan, pria disarankan untuk minum sekitar 10 gelas berukuran 200 ml atau total 2 liter tiap hari.

Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh sekitar 20 persen. Cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90 persen air..

Yang perlu diketahui, manusia dapat kehilangan cairan tidak hanya saat buang air kecil (BAK), namun juga saat berkeringat, bernapas dan buang air besar.

Beberapa tanda yang dapat membantu Anda mengenali tubuh yang kekurangan cairan, antara lain sakit kepala, merasa kurang berenergi, dan warna urine yang gelap atau tidak sebanyak biasanya.

Perhatikan Kondisi Khusus

Yang tidak kalah penting, perlu diperhatikan beberapa kondisi dan aktifitas khusus yang membuat tubuh jadi membutuhkan lebih banyak asupan air dibandingkan biasanya, antara lain:

  • Berolahraga atau aktif secara fisik.
  • Mengalami demam, diare, atau muntah-muntah.
  • Cuaca yang sangat panas.
  • Hamil dan menyusui. Wanita hamil disarankan mengonsumsi air sekitar 2,3 liter sehari, sedangkan wanita yang menyusui disarankan mengonsumsi air sekitar 3,1 liter per hari.

Jika selama ini Anda kurang menyadari manfaat minum air putih, ada beberapa tips yang dapat dilakukan. Cobalah untuk membiasakan minum air putih tiap waktu makan atau saat mengonsumsi camilan. Selain itu, Anda dapat menaruh gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas yang Anda bawa beraktivitas tiap hari. Dengan demikian, Anda akan teringat untuk mengonsumsinya.

Alternatif lainnya, Anda bisa menambahkan rasa pada air putih agar terasa lebih enak. Salah satunya dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti pada minuman infused water atau dengan membekali jus buah segar tanpa pemanis tambahan.

Kecukupan cairan merupakan hal penting bagi tubuh. Salah satu sumber terbaik berasal dari air putih dengan berbagai manfaat. Minumlah air putih sesuai kebutuhan agar kondisi kesehatan tubuh tetap maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Pilihan Menu Sarapan Sehat Agar Tubuh Berenergi

Pilihan Menu Sarapan Sehat Agar Tubuh Berenergi

Selalu memulai hari tanpa sarapan? Coba ubah kebiasaan lama tersebut. Dengan sarapan, tubuh menjadi lebih berenergi dan siap menghadapi seabrek aktivitas sehari-hari. Namun sebelumnya, pastikan Anda mengisi perut dengan mengonsumsi menu sarapan sehat. Selain membuat tubuh berenergi, mengonsumsi menu sarapan sehat dapat memberikan efek positif lainnya untuk kesehatan, seperti mengontrol berat badan, meningkatkan konsentrasi dan kinerja, serta mencegah meningkatnya kadar kolesterol. Lantas, asupan apa saja yang harus ada dalam menu sarapan sehat? Mungkin beberapa orang beranggapan asupan yang baik dikonsumsi saat sarapan adalah makanan berkarbohidrat seperti sereal batangan yang rendah serat atau roti tawar putih. Namun anggapan itu salah. Kedua jenis makanan tersebut merupakan karbohidrat olahan yang tidak baik untuk kesehatan. Mengonsumsi karbohidrat olahan bisa memicu kadar insulin atau gula darah meningkat. Karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi saat sarapan adalah makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh atau gandum (nasi merah, roti gandum), buah-buahan, dan sayur-sayuran. Selain karbohidrat, hiasi pula piring Anda dengan makanan yang mengandung protein. Asupan tersebut bis [...]

Sekedar Lelah atau Sedang Sakit ?

Sekedar Lelah atau Sedang Sakit ?

Anda sering merasa lelah, padahal sudah cukup istirahat? Hati-hati. Bisa saja menjadi gejala penyakit serius. Merasa letih setelah beraktivitas panjang atau saat tubuh sedang kurang sehat adalah hal yang biasa. Namun ada baiknya untuk memeriksakan diri jika Anda terus-menerus merasa lelah, meski sudah tidur sebanyak delapan jam sehari. Secara medis, kelelahan dapat menjadi pertanda adanya penyakit tertentu di dalam tubuh. Berikut ini adalah 10 penyakit yang salah satu gejalanya adalah keletihan. Depresi Pada beberapa kasus, depresi dan kecemasan bisa meluruhkan semangat dan membuat Anda mengalami keletihan yang tidak tertahankan. Selain lelah, depresi bisa membuat Anda mengalami kurang tidur, merasa tidak berharga, mengalami gangguan pola makan, dan dapat memicu gejala penyakit serius. Anemia Anemia defisiensi besi adalah kondisi saat produksi sel darah merah menurun. Kondisi ini menyebabkan pengidapnya merasa lelah terus-menerus. Anemia dialami oleh sekitar 5% pria dan wanita pascamenopause, tapi lebih banyak dialami oleh wanita yang sedang menstruasi atau hamil. Pengidap anemia akan mudah letih, tidak bertenaga, dan merasa otot-ototnya berat. Penyakit ini dapat dideteksi dengan [...]

Bahaya Badan Terlalu Gemuk

Bahaya Badan Terlalu Gemuk

Selain tidak baik untuk penampilan, badan yang terlalu gemuk juga berisiko mengundang datangnya penyakit berbahaya. Jangan sepelekan masalah berat badan. Selain untuk menunjang penampilan, berat badan yang ideal juga baik bagi kesehatan. Karenanya penting bagi kita untuk menjaga berat badan agar tidak terlalu gemuk, khususnya bagi mereka yang dalam keluarganya memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi/ hipertensi, diabetes, sakit jantung, dan memiliki kadar kolesterol tinggi. Jika ada anggota keluarga yang mengidap penyakit ini, menurunkan berat badan dapat mengurangi risiko terkena penyakit serupa. Badan terlalu gemuk dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan. Risiko-risiko tersebut di antaranya: Menyebabkan gangguan tidur Orang berbadan gemuk cenderung lebih berisiko mengalami gangguan tidur. Sleep apnea, yaitu kondisi saat orang berhenti bernapas beberapa kali saat tidur dan ini merupakan gangguan yang serius. Kondisi ini membuat kadar oksigen turun drastis, sehingga memengaruhi jantung dan pembuluh darah serta meningkatkan risiko diabetes dan stroke. Menyebabkan gangguan pada lutut dan pinggang Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Di samping [...]

Mengolah Manfaat Bayam Menjadi Hidangan Sehari-hari

Mengolah Manfaat Bayam Menjadi Hidangan Sehari-hari

Di dalam dunia fiksi, bayam digambarkan bermanfaat menjadikan tubuh menjadi kuat. Ternyata, manfaat bayam yang satu itu benar adanya. Tidak hanya itu, mengonsumsi bayam juga dapat memberikan manfaat-manfaat lain bagi tubuh. Sayuran yang berasal dari Asia ini memiliki banyak vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh. Vitamin yang banyak terdapat pada bayam antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E. Sedangkan mineral-mineral utama yang dimiliki bayam adalah magnesium, zat besi, kalsium, kalium, dan sodium. Bayam juga mengandung banyak serat dan antioksidan. Selain itu, sayuran hijau yang satu ini juga mengandung sedikit kalori dan lemak. Mengonsumsi bayam dapat membantu hal-hal berikut. Mencegah rematik. Mencegah osteoporosis. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mencegah anemia. Menjaga agar mata tetap sehat. Melawan penyakit jantung. Mengurangi risiko terkena kanker. Menjaga kesehatan kulit. Namun perlu diingat bahwa mengonsumsi bayam saja dapat menangkal semua penyakit di atas. Menjaga kesehatan tubuh berarti bukan saja pola makan yang perlu diperhatikan tapi juga kebiasaan olahraga, pola tidur dan manajemen stres. Tips Me [...]

Rambu-rambu Pemutihan Gigi

Rambu-rambu Pemutihan Gigi

Pemutih gigi sebaiknya hanya diaplikasikan pada orang dengan gigi dan gusi yang sehat. Pemutih gigi bekerja dengan mempercerah warna gigi asli. Perawatan ini dapat dikerjakan oleh dokter gigi profesional, salon kecantikan, atau dilakukan sendiri dengan perangkat yang dijual bebas di pasaran. Namun selain tidak bersifat permanen, terdapat risiko lainnya jika menjalani pemutihan gigi oleh pihak-pihak yang bukan tenaga profesional. Proses Pemutihan Gigi Pemutihan gigi dilakukan dokter dengan dua cara utama: Cetakan gigi Dokter akan membuat cetakan gigi Anda. Cetakan ini dikenakan di rumah bersamaan dengan penggunaan gel pemutih pada gigi. Perawatan yang berlangsung selama kurang lebih sebulan ini mengharuskan Anda berkunjung rutin ke dokter untuk memeriksakan gigi. Beberapa jenis gel pemutih tertentu dapat digunakan hingga delapan jam sehingga periode perawatan dapat menjadi lebih singkat. Laser pemutih Laser disorot ke jajaran gigi yang sudah diolesi produk pemutih. Sorotan yang dilakukan selama sekitar 60 menit ini berguna untuk mengaktifkan pemutih tersebut. Perawatan ini berharga lebih mahal. Berbagai Cara Memutihkan Gigi Selain memutihkan gigi dengan jasa dokter gigi, perawata [...]

Merawat Rambut dengan Sampo yang Tepat

Merawat Rambut dengan Sampo yang Tepat

Pilihan jenis sampo sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan merawat rambut, sekaligus menjaga kesehatan kulit kepala Anda. Sampo yang lebih mahal tidak selalu berarti lebih baik dan lebih tepat untuk Anda. Ketahui kebutuhan rambut Anda dan jangan percaya begitu saja pada iklan sampo. Untuk menemukan sampo yang paling sesuai untuk rambut dan kulit kepala, Anda dapat membaca kandungan pada label dan mencoba beberapa macam merek. Sampo dan Jenis Rambut Pada dasarnya semua sampo mengandung dua jenis bahan: pembersih dan pelembut. Persentase dan bahan kandungan di dalam sejenis sampo disesuaikan dengan jenis rambut dan kulit kepala yang ditargetkan sampo tersebut. Langkah awal mengetahui sampo mana yang tepat untuk merawat rambut Anda adalah dengan mengenali jenis dan masalah rambut. Apakah rambut Anda berminyak? Apakah rambut Anda pernah diwarnai? Sampo berbeda menawarkan kandungan dan manfaat yang berbeda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan rambut. Berikut jenis rambut dan sampo beserta kandungan yang sesuai: Rambut kering Sampo yang tepat untuk rambut jenis ini biasanya mengandung minyak alami yang berfungsi sebagai pelembap. Dalam label kandungan pada kemasan sampo, Anda dapat [...]

Disiplin Olahraga dan Makanan Sehat demi Sixpack

Disiplin Olahraga dan Makanan Sehat demi Sixpack

Anda ingin memiliki tubuh yang terlihat bugar dengan perut yang sixpack? Cobalah untuk melakukan beberapa tips di bawah ini. Mudah dan tidak banyak memakan waktu. Memiliki tubuh yang terlihat bugar dengan perut sixpack merupakan impian seorang pria. Latihan perut dapat membantu mengencangkan otot-otot perut. Tidak perlu khawatir jika tidak memiliki waktu untuk melakukan latihan perut karena Anda cukup meluangkan waktu 10 menit saja dalam sehari untuk membantu upaya mendapatkan otot perut sixpack. Namun, latihan tertentu tidak menjanjikan berkurangnya lemak di area tersebut. Dengan begitu, selain latihan perut untuk mengencangkan otot, Anda perlu melakukan mengombinasikannya dengan latihan cardio, dan nutrisi yang baik. Sebelum melakukan beberapa gerakan di bawah ini, jangan lupa terlebih dahulu melakukan pemanasan minimal selama enam menit. Gerakan pemanasan yang dapat Anda lakukan, seperti jalan di tempat, menahan lutut pada posisi tertentu, dan memutar bagian pundak beberapa kali. Bakar Kalori Perut Anda Untuk mendapatkan otot perut sixpack, Anda perlu melakukan beberapa gerakan yang terfokus pada bagian perut. Berikut ini adalah 8 gerakan yang dapat membantu pembentukan perut [...]

Solusi Wajah Bebas Kilap Meski Kulit Berminyak

Solusi Wajah Bebas Kilap Meski Kulit Berminyak

Kulit yang bersih dan lembap pastilah menjadi dambaan tiap orang. Namun beda cerita bagi pemilik jenis kulit berminyak yang banyak mengeluhkan kulit selalu mengilap dan lengket. Sebenarnya dengan perawatan yang rutin dan tepat, kulit bisa terlihat sehat dan bebas kilap. Pada dasarnya tubuh tiap manusia memproduksi minyak untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit. Namun produksi minyak yang berlebih bisa mengganggu penampilan serta memicu timbulnya jerawat. Penyebab utama seseorang memiliki kulit berminyak adalah faktor genetik masing-masing individu. Selain itu faktor hormon juga menjadi penyebab utama Anda memiliki kulit berminyak, khususnya pada wanita. Hormon wanita diketahui sering berubah-ubah karena mereka mengalami menstruasi, hamil dan menopause. Faktor lain yang menyebabkan kulit Anda berminyak yaitu: Kondisi fisik. Stres. Cuaca. Pola makan. Terlalu kasar saat menggosok atau mencuci wajah. Produk yang Tepat untuk Kulit Berminyak Produk perawatan untuk kulit berminyak tidak sama dengan jenis kulit lainnya. Jadi Anda tidak bisa memakai produk yang sama yang menghasilkan efek positif pada teman Anda yang memiliki jenis kulit normal atau kering. Mulai saat ini beli pro [...]

Yang Didapatkan dari Makanan Cepat Saji

Yang Didapatkan dari Makanan Cepat Saji

Kebanyakan makanan yang disajikan dengan waktu cepat mengandung kalori tinggi, namun rendah kandungan nutrisinya. Oleh karena itu, makanan cepat saji identik dengan makanan tidak bergizi sebab minim konstribusi positif bagi kesehatan. Karena identik dengan kandungan nutrisi yang rendah sementara kalori berlimpah, konsumsi makanan jenis ini secara berlebihan tidak disarankan. Namun karena dikenal murah, cepat, enak, dan mengenyangkan, maka banyak orang yang menyukainya. Bagaimana Dampak Makanan Cepat Saji bagi Kesehatan? Berikut beberapa masalah yang bisa menimpa Anda jika terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji. Obesitas Hitunglah jumlah karbohidrat yang ada dalam makanan cepat saji yang biasa Anda konsumsi. Lalu, kombinasikan dengan lemak tidak sehat yang diperoleh dari proses menggoreng. Tidak cukup hanya di situ, makanan cepat saji juga biasanya kaya akan gula. Bisa dibayangkan bagaimana makanan cepat saji melapangkan jalan Anda menuju kegemukan? Kurang gizi Jika Anda hanya memikirkan bagaimana mengenyangkan tubuh maka makanan cepat saji adalah jawaban yang tepat. Namun jika Anda berpikir kenyang yang disertai dengan menutrisi tubuh, maka makanan cepat saji adalah piliha [...]

Apakah Aman Membersihkan Kotoran Telinga Dengan Ear Candle?

Apakah Aman Membersihkan Kotoran Telinga Dengan Ear Candle?

Kotoran telinga yang jarang dibersihkan akan mengganggu kenyamanan. Ear candle adalah satu pilihan untuk membersihkannya. Tetapi apakah ada efek sampingnya? Akhir-akhir ini ear candle banyak dipilih untuk membersihkan kotoran telinga karena dianggap lebih praktis dan lebih bersih. Para penyedia perawatan telinga ini juga mengklaim penggunaan ear candle dapat memberikan efek relaksasi bahkan diduga dapat menyembuhkan sinusitis, sakit kepala, kanker, dan memperlancar peredaran darah. Sayangnya, belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa hal ini dapat efektif membersihkan kotoran telinga. Bahkan, beberapa artikel kesehatan menyebutkan ear candle justru dapat menyebabkan kotoran telinga masuk lebih dalam dan menimbulkan cedera baik di dalam telinga maupun di luar. Akibat Penggunaan Ear candle Penggunaan ear candle dapat menimbulkan beberapa akibat yang dapat membahayakan. Berikut ini adalah beberapa cedera atau risiko perawatan ear candle: Telinga tersumbat oleh lelehan lilin Infeksi telinga bagian luar Hilangnya pendengaran yang bersifat sementara Kerusakan atau berlubangnya gendang telinga Masuknya abu ke dalam gendang telinga Luka bakar pada gendang telinga, dan telinga bagian d [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *