Jangan Remehkan Manfaat Minum Air Putih

jangan-remehkan-manfaat-minum-air-putih-alodokter.jpg

Air putih tenyata tidak sesepele yang banyak orang kira. Di balik kesederhanaan tampilannya, air putih tidak hanya berguna mencegah dehidrasi tubuh, namun juga memiliki berbagai keuntungan lainnya.

Minuman jenis lain, misalnya soft drink, tergolong tinggi gula dan kalori sehingga dapat menambah berat badan Anda. Minuman berenergi yang kerap dipilih sebagai sumber cairan juga harus dipertimbangkan sebab mengandung gula dan kafein. Demikian pula ketika meminum jus buah kemasan, selalu perhatikan label produknya terlebih dahulu.

Pentingnya Air Putih

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja. Selain itu, manfaat minum air putih memiliki beragam fungsi bagi tubuh, antara lain:

  • Menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.
  • Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.
  • Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.
  • Menjaga kesegaran kulit.
  • Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.
  • Air akan membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran.

Berapa Takaran Normal agar Tidak Kekurangan Cairan?

Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Secara rata-rata, untuk wanita dewasa, disarankan untuk minum sekitar delapan gelas berukuran 200 ml per hari atau total 1,6 liter. Sedangkan, pria disarankan untuk minum sekitar 10 gelas berukuran 200 ml atau total 2 liter tiap hari.

Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh sekitar 20 persen. Cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90 persen air..

Yang perlu diketahui, manusia dapat kehilangan cairan tidak hanya saat buang air kecil (BAK), namun juga saat berkeringat, bernapas dan buang air besar.

Beberapa tanda yang dapat membantu Anda mengenali tubuh yang kekurangan cairan, antara lain sakit kepala, merasa kurang berenergi, dan warna urine yang gelap atau tidak sebanyak biasanya.

Perhatikan Kondisi Khusus

Yang tidak kalah penting, perlu diperhatikan beberapa kondisi dan aktifitas khusus yang membuat tubuh jadi membutuhkan lebih banyak asupan air dibandingkan biasanya, antara lain:

  • Berolahraga atau aktif secara fisik.
  • Mengalami demam, diare, atau muntah-muntah.
  • Cuaca yang sangat panas.
  • Hamil dan menyusui. Wanita hamil disarankan mengonsumsi air sekitar 2,3 liter sehari, sedangkan wanita yang menyusui disarankan mengonsumsi air sekitar 3,1 liter per hari.

Jika selama ini Anda kurang menyadari manfaat minum air putih, ada beberapa tips yang dapat dilakukan. Cobalah untuk membiasakan minum air putih tiap waktu makan atau saat mengonsumsi camilan. Selain itu, Anda dapat menaruh gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas yang Anda bawa beraktivitas tiap hari. Dengan demikian, Anda akan teringat untuk mengonsumsinya.

Alternatif lainnya, Anda bisa menambahkan rasa pada air putih agar terasa lebih enak. Salah satunya dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti pada minuman infused water atau dengan membekali jus buah segar tanpa pemanis tambahan.

Kecukupan cairan merupakan hal penting bagi tubuh. Salah satu sumber terbaik berasal dari air putih dengan berbagai manfaat. Minumlah air putih sesuai kebutuhan agar kondisi kesehatan tubuh tetap maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jangan Asal Memakai Krim Pemutih

Jangan Asal Memakai Krim Pemutih

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit putih? Semua orang, terutama kaum hawa pasti mendambakannya. Salah satu cara mendapatkan kulit putih adalah memakai krim pemutih. Berbagai jenis produk krim pemutih pun akhirnya hadir di pasaran. Sejumlah produsen mengeluarkan produk krim pemutih andalannya yang bisa membuat Anda tergiur ingin mencoba. Sebenarnya bagaimana cara krim pemutih bekerja mencerahkan wajah Anda? Faktor utama yang menentukan warna kulit seseorang adalah melanin. Makin banyak kadar melanin dalam tubuh, maka makin gelap kulit seseorang. Begitu pula sebaliknya. Jumlah melanin pada kulit ditentukan oleh faktor genetik. Selain itu terdapat faktor paparan sinar matahari, penggunaan bahan-bahan kimia pada kulit, hormon, dan kerusakan kulit yang juga bisa memicu produksi melanin. Sebenarnya dalam kasus tertentu, kadar melanin bisa berkurang secara alami. Misalnya Anda pergi berlibur ke pantai dan melakukan berbagai aktivitas di bawah sinar matahari seperti berjemur, berenang, atau bermain voli pantai. Setelahnya, kulit berubah menjadi lebih gelap karena kandungan melanin pada kulit bertambah. Pada kasus ini, Anda bisa mengembalikan warna kulit seperti sedia kala dengan cara [...]

Melihat Lebih Jauh tentang Manfaat Vitamin A

Melihat Lebih Jauh tentang Manfaat Vitamin A

Selama ini masyarakat mengenal manfaat vitamin A sebagai substansi yang banyak memiliki manfaat untuk mata. Namun sebenarnya selain membantu indera penglihatan, vitamin A juga memiliki deretan fungsi lain yang tak kalah penting bagi tubuh. Vitamin A terdiri dari dua jenis yaitu retinoid yang berasal dari produk hewani dan beta karoten yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Selain bermanfaat untuk mata, ternyata substansi ini juga bisa menjaga kekebalan sekaligus pertumbuhan tubuh. Beragam Fungsi Konsumsi vitamin A yang mencukupi akan membantu penglihatan lebih optimal ketika cahaya sedang minim. Selain itu, manfaat vitamin A adalah mendukung sistem imunitas tubuh bekerja lebih optimal dalam menghalau infeksi. Vitamin ini juga menjaga kulit tetap sehat. Salah satu jenis vitamin A, retinoid dikenal sebagai kandungan dari obat yang diresepkan dokter untuk mengatasi jerawat dan gangguan kulit lain, seperti keriput. Obat itu dapat dapat digunakan dengan dioleskan di area tubuh tertentu atau secara oral atau diminum. Vitamin A juga dapat yang diberikan secara oral untuk sakit campak dan mata kering bagi mereka yang kekurangan vitamin A. Sumber Vitamin A Sebagian besar kebutuhan vitamin A i [...]

Memperbaiki Postur Tubuh dengan Pilates

Memperbaiki Postur Tubuh dengan Pilates

Pilates kini makin populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Diambil dari nama penciptanya, Joseph Pilates, olah tubuh ini menawarkan beragam manfaat bagi tubuh. Pada dasarnya, pilates terdiri dari 25 hingga 50 gerakan latihan kekuatan. Gerakan pilates berfokus pada perut, punggung bagian bawah, panggul, dan paha. Metode yang digunakan terdiri dari gerakan ketahanan dan kekuatan otot, serta latihan fleksibilitas yang tergolong low-impact. Memperbaiki Kondisi Tubuh Ketika dilakukan secara teratur, banyak manfaat pilates yang dapat diperoleh tubuh, antara lain: Kesadaran terhadap tubuh secara keseluruhan. Pilates akan melatih pikiran untuk berkoordinasi dan bertindak secara simetris dengan tubuh. Lebih jauh, seseorang akan memiliki lebih banyak kesadaran untuk melakukan gerakan, duduk, atau berdiri dengan tepat berkat latihan pilates. Hal itu akan membantu untuk menghindari dan mengurangi rasa nyeri akibat kebiasaan yang tidak benar sebelumnya. Meningkatkan kemampuan mengendalikan tubuh. Pilates akan membiasakan seseorang untuk menggerakkan tubuh secara sinergis, tidak hanya bertumpu pada kelompok otot-otot utama. Memperkuat perut dan punggung. Pilates tidak hanya memfokuska [...]

Mau Pergi Siang-siang? Yuk ah, Dipakai Kacamata Hitamnya

Mau Pergi Siang-siang? Yuk ah, Dipakai Kacamata Hitamnya

Sebagian orang menganggap kacamata hitam sebagai bagian dari gaya atau fesyen. Padahal, menggunakan kacamata hitam sudah seharusnya menjadi hal yang wajib untuk kesehatan mata kita. Indeks UV (ultraviolet) di Indonesia, khususnya Jakarta sudah semakin tinggi. Jika pada tahun 2010 indeks UV di Jakarta hanya 8, namun kini indeks UV sudah mencapai angka 12. Dan ini bukan hal yang main-main lho. Karena semakin tinggi angka indeks UV, maka semakin banyak bahaya juga bagi tubuh, salah satunya mata. Itulah kenapa Anda tidak boleh lupa mengenakan kacamata hitam saat berpergian. Indeks UV adalah ukuran yang menunjukkan seberapa kuat radiasi sinar UV yang mungkin terjadi dalam jangka waktu dan tempat tertentu. Indeks UV digunakan agar seseorang dapat secara efektif menghindari bahaya radiasi sinar UV. Normalnya, kulit tanpa perlindungan akan terbakar setelah terpapar selama 30 menit oleh index UV 6. Nah, pada indeks UV 12, sudah seharusnya seseorang memberikan perlindungan lebih kepada tubuhnya, terutama mata. Perlindungan terhadap mata dari sinar UV bisa dilakukan dengan menggunakan kacamata hitam. Kenapa Mata Perlu Perlindungan? Perlindungan terhadap mata penting untuk melindungi jaring [...]

Lima Kebiasaan yang Memicu Penuaan Dini Kulit

Lima Kebiasaan yang Memicu Penuaan Dini Kulit

Seiring pertambahan usia, jaringan kolagen dan elastin pada kulit manusia melemah. Hal itu membuat elastisitas kulit berkurang sehingga muncul tanda-tanda penuaan, seperti keriput. Ternyata kondisi ini tidak hanya terjadi pada orang berumur, kalangan muda pun dapat mengalaminya. Lantas, apa yang menyebabkan mereka mengalami penuaan dini? Anda dikatakan mengalami penuaan dini ketika Anda terlihat lebih tua daripada seharusnya di usia Anda. Jika hal itu terjadi, bisa jadi kebiasaan Anda sehari-hari yang mempercepat kemunculan tanda penuaan tersebut. Berikut ini adalah 5 kebiasaan yang dapat mempercepat penuaan pada kulit beserta cara mengatasinya. Terpapar sinar matahari tanpa pelindung Sinar ultraviolet (UV) yang terpancar dari matahari dapat merusak jaringan elastis pada kulit. Hasilnya, kulit menjadi mudah keriput sebelum waktunya. Tidak hanya itu, sering terpajan sinar matahari juga bisa memicu produksi bintik-bintik penuaan berwarna kecokelatan pada wajah, tangan, dan area tubuh lainnya yang sering terkena sinar matahari. Selain penuaan dini, sinar matahari bisa membuat kulit menghitam dan meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Agar terhindar dari bahaya sinar matahari, An [...]

Mau Tindik? Pastikan Dulu Keamanannya

Mau Tindik? Pastikan Dulu Keamanannya

Tindik dilakukan sebagian orang untuk alasan penampilan atau seni. Bagian tubuh yang umum ditindik adalah telinga. Selain itu, sebagian orang menyukai tindik di hidung, mulut, lidah, kelopak mata, puting, bahkan area kelamin. Bagian tubuh yang ditindik membutuhkan waktu untuk pulih dan juga memiliki potensi masalah. Tindik bisa menjadi aman jika Anda memerhatikan segala aspek kebersihan dan kesehatan. Tindik adalah menusukkan jarum untuk membuat lubang kecil pada tubuh agar bisa dipasangi perhiasan. Jika tindik dilakukan dengan peralatan yang tidak steril, Anda berisiko terkena penyakit yang menular melalui darah, seperti HIV maupun hepatitits B dan hepatitis C. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah aman dalam menindik berikut ini. Sebelum memutuskan untuk menindik, pastikan Anda melakukan vaksinasi terlebih dahulu, terutama vaksin tetanus dan hepatitis B. Pilih toko atau tempat untuk menindik yang bersih dan memiliki prosedur keamanan bagi pelanggan. Anda dapat mengetahuinya dari peralatan tindik yang bersih dan disegel. Selain itu, toko yang bagus biasnya memiliki mesin strerilisasi alat tindik atau disebut autoclave. Ketika akan ditindik, bersih [...]

Menu Diet Mayo untuk Meraih Tubuh Sehat dan Ideal

Menu Diet Mayo untuk Meraih Tubuh Sehat dan Ideal

Kini banyak terdapat beragam jenis diet untuk menurunkan berat badan yang beredar di masyarakat. Salah satu yang sedang banyak diperbincangkan adalah diet mayo. Apa sebenarnya yang dimaksud diet mayo dan bagaimanakah cara menerapkan menu diet mayo yang benar? Mari kita telusuri. Diet mayo diambil dari buku yang diterbitkan oleh Mayo Clinic, merupakan diet yang dibuat berdasarkan penelitian dan pengalaman klinis. Diet ini dapat mengubah kebiasaan menjadi lebih sehat serta menekan risiko penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan gangguan tidur. Program Jangka Panjang Perlu diketahui jika diet mayo yang sebenarnya merupakan pengendalian berat badan jangka panjang yang memerhatikan kesehatan secara keseluruhan, jadi tidak sekedar menentukan menu makanan. Diet mayo yang benar menekankan perubahan kebiasaan menjadi lebih sehat. Diet mayo dimulai dengan periode awal yang disebut Lose It! selama dua minggu. Pada masa ini lima kebiasaan tidak sehat diganti dengan yang lebih sehat. Misalnya, kebiasaan makan tidak sehat yaitu asupan gula tambahan, camilan manis, sajian daging dan produk susu yang berlebihan, makan di restoran dengan menu tidak terkendali dan mak [...]

Mencegah Gigi Berlubang pada Gigi si Kecil

Mencegah Gigi Berlubang pada Gigi si Kecil

Sakit gigi membuat anak-anak tidak bisa melakukan sebagian besar aktivitas mereka: makan, bermain, dan belajar. Jangan sampai kondisi ini akhirnya menghambat perkembangan mereka secara keseluruhan. Di usia mereka, anak adalah kelompok usia yang paling rentan terkena infeksi dan gangguan gigi, seperti gigi berlubang, karena kegemaran mereka menyantap makanan dan minuman berkadar gula tinggi. Jika dipadukan dengan pola menjaga kesehatan gigi yang belum teratur, maka risiko ini bisa berbahaya. Membersihkan Gigi Bayi dan Balita Ke-20 gigi susu anak akan tumbuh pada usia enam bulan hingga tiga tahun, kemudian pada usia enam tahun akan tergantikan oleh gigi permanen secara alami. Terutama sejak usia setahun, Anda mungkin perlu mengajak anak untuk memeriksakan diri ke dokter gigi. Dokter akan mengevaluasi kemungkinan risiko lubang pada giginya. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi balita. Saat bayi sudah tumbuh gigi, Anda bisa membersihkannya dengan kain halus atau kain kasa. Sebaiknya batasi penggunaan pasta gigi yang mengandung fluoride karena fluoride dalam kadar tinggi bisa membahayakan mereka. Pada usia 3-4 tahun, biasakan mereka untuk meny [...]

Masker Anda Belum Tentu Bermanfaat

Masker Anda Belum Tentu Bermanfaat

Pemandangan orang memakai masker wajah di tempat kerja atau saat naik kendaraan umum mungkin tidak asing lagi bagi Anda. Pertanyaannya adalah apakah masker tersebut benar-benar mampu melindungi Anda dari polusi? Tujuan utama memakai masker adalah mencegah Anda terkena penyakit, misalnya dari polusi yang dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan Anda. Meski tidak terlihat, ada begitu banyak zat berbahaya di udara. Berbentuk debu halus atau asap, dan gas yang tidak terlihat. Salah satu tempat Anda bisa terekspos zat berbahaya adalah di tempat kerja. Anda mungkin terekspos oleh zat-zat berbahaya yang bisa menimbulkan masalah pernapasan seperti batuk, bersin-bersin, dada sakit, sesak, atau bahkan sulit bernapas. Masker dapat menjadi pelindung terhadap zat-zat berbahaya semacam itu. Meski begitu, Anthony Hedley, Profesor dari University of Hong Kong mengatakan, masker wajah yang terbuat dari kertas sama sekali tidak bermanfaat. Pendapat ini didukung oleh Edward Postlethwait, PhD, dari University of Alabama, Birmingham. Menurut Postlethwait, menggunakan masker yang tidak pas menutup wajah sama sekali tidak akan memberikan perlindungan kepada tubuh. Masker yang khusus dibuat unt [...]

Inilah Manfaat Telur dan Cara Menyimpannya

Inilah Manfaat Telur dan Cara Menyimpannya

Telur dianggap sebagai salah satu sumber protein terbaik. Selain protein, telur juga mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan makanan sehat dan seimbang. Telur merupakan salah satu sumber makanan yang paling populer di tengah masyarakat. Selain manfaat yang berlimpah, rasanya enak dan dapat diolah dengan berbagai cara. Lalu, apakah Anda sudah memahami cara mengelola telur dengan baik agar mendapat manfaat telur secara maksimal? Apa Saja Manfaatnya? Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari telur. Baik untuk diet Dengan kandungan protein tinggi dan kalori yang rendah, telur bisa dijadikan camilan sehat bagi siapa pun yang sedang menjalani program pemeliharaan berat badan. Dengan kandungan 6 gr protein dan hanya 80 kalori dalam tiap telur berukuran besar, sebutir telur rebus cocok dijadikan camilan yang mengenyangkan. Bagian putih telur hanya mengandung 15 kalori per butir telur. Selain bebas kolesterol, putih telur juga bebas lemak jenuh sehingga sangat ramah bahkan bagi pelaku diet ekstrem sekalipun. Menyuplai nutrisi bagi tubuh Ada banyak nutrisi yang diberikan sebutir telur untuk tubuh. Antara lain terdapat vitami [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *