Jangan Remehkan Manfaat Minum Air Putih

jangan-remehkan-manfaat-minum-air-putih-alodokter.jpg

Air putih tenyata tidak sesepele yang banyak orang kira. Di balik kesederhanaan tampilannya, air putih tidak hanya berguna mencegah dehidrasi tubuh, namun juga memiliki berbagai keuntungan lainnya.

Minuman jenis lain, misalnya soft drink, tergolong tinggi gula dan kalori sehingga dapat menambah berat badan Anda. Minuman berenergi yang kerap dipilih sebagai sumber cairan juga harus dipertimbangkan sebab mengandung gula dan kafein. Demikian pula ketika meminum jus buah kemasan, selalu perhatikan label produknya terlebih dahulu.

Pentingnya Air Putih

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja. Selain itu, manfaat minum air putih memiliki beragam fungsi bagi tubuh, antara lain:

  • Menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.
  • Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.
  • Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.
  • Menjaga kesegaran kulit.
  • Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.
  • Air akan membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran.

Berapa Takaran Normal agar Tidak Kekurangan Cairan?

Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Secara rata-rata, untuk wanita dewasa, disarankan untuk minum sekitar delapan gelas berukuran 200 ml per hari atau total 1,6 liter. Sedangkan, pria disarankan untuk minum sekitar 10 gelas berukuran 200 ml atau total 2 liter tiap hari.

Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh sekitar 20 persen. Cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90 persen air..

Yang perlu diketahui, manusia dapat kehilangan cairan tidak hanya saat buang air kecil (BAK), namun juga saat berkeringat, bernapas dan buang air besar.

Beberapa tanda yang dapat membantu Anda mengenali tubuh yang kekurangan cairan, antara lain sakit kepala, merasa kurang berenergi, dan warna urine yang gelap atau tidak sebanyak biasanya.

Perhatikan Kondisi Khusus

Yang tidak kalah penting, perlu diperhatikan beberapa kondisi dan aktifitas khusus yang membuat tubuh jadi membutuhkan lebih banyak asupan air dibandingkan biasanya, antara lain:

  • Berolahraga atau aktif secara fisik.
  • Mengalami demam, diare, atau muntah-muntah.
  • Cuaca yang sangat panas.
  • Hamil dan menyusui. Wanita hamil disarankan mengonsumsi air sekitar 2,3 liter sehari, sedangkan wanita yang menyusui disarankan mengonsumsi air sekitar 3,1 liter per hari.

Jika selama ini Anda kurang menyadari manfaat minum air putih, ada beberapa tips yang dapat dilakukan. Cobalah untuk membiasakan minum air putih tiap waktu makan atau saat mengonsumsi camilan. Selain itu, Anda dapat menaruh gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas yang Anda bawa beraktivitas tiap hari. Dengan demikian, Anda akan teringat untuk mengonsumsinya.

Alternatif lainnya, Anda bisa menambahkan rasa pada air putih agar terasa lebih enak. Salah satunya dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti pada minuman infused water atau dengan membekali jus buah segar tanpa pemanis tambahan.

Kecukupan cairan merupakan hal penting bagi tubuh. Salah satu sumber terbaik berasal dari air putih dengan berbagai manfaat. Minumlah air putih sesuai kebutuhan agar kondisi kesehatan tubuh tetap maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Delapan Fakta tentang Payudara

Delapan Fakta tentang Payudara

Seorang wanita wajib mengetahui bagaimana cara merawat payudaranya. Mari kita telah beberapa fakta terkait payudara untuk kepentingan kesehatan Anda. Payudara wanita merupakan kelenjar susu yang berfungsi memproduksi susu yang nantinya akan menjadi makanan untuk bayi. selain fakta mengenai fungsi dan anatomi payudara, ada beberapa fakta tentang payudara yang perlu Anda ketahui. Fakta tentang payudara Berikut ini adalah 8 fakta tentang payudara. Tumbuhnya payudara Tidak banyak yang tahu apa yang menyebabkan payudara pada wanita bisa tumbuh dan bagaimana payudara bisa tumbuh pada masa pubertas. Tumbuhnya payudara sebenarnya dipicu oleh rangkaian hormon pertumbuhan yang bertemu hormon estrogen yang sedang mengalami peningkatan. Hal ini menyebabkan berkembangnya payudara. Ukuran berbeda Payudara wanita memiliki dua ukuran yang sedikit berbeda. Payudara sebelah kiri biasanya umumnya sedikit lebih besar dibandingkan dengan payudara sisi kanan. Perbedaannya bisa hingga sekitar 20 persen. Hal ini disebabkan pada fase pertumbuhan payudara (thelarche), kecepatan perkembangan payudara kanan dan kiri berbeda. Namun, jika ukuran payudara di rasa sangat berbeda dan Anda merasa khawatir, cobal [...]

Jatuh Terduduk, Tulang Ekor Sakit? Bisa Bahaya

Jatuh Terduduk, Tulang Ekor Sakit? Bisa Bahaya

Sebagian orang pernah mengalami jatuh terduduk yang menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman pada tulang ekor. Coccyx atau tulang ekor terletak pada pangkal bawah tulang punggung. Pada tulang ekor, terpaut beberapa otot dasar panggul, tendon, serta ligamen. Fungsi tulang ekor adalah mendukung dan menjaga kestabilan seseorang saat dalam posisi duduk. Oleh karena itu, jangan anggap sepele cedera pada tulang ekor. Ketika kita terjatuh dalam posisi terduduk, tulang ekor bisa mengalami retak, bergeser, atau memar. Selain jatuh, benturan keras secara langsung pada tulang ekor, misalnya benturan saat olahraga, juga bisa menyakiti coccyx. Nyeri pada tulang ekor bisa berlangsung dalam jangka waktu yang berbeda-beda, mulai dari hanya sesaat hingga bisa lebih dari dua bulan. Biasanya kita merasakan sakit ketika mau duduk, sedang duduk, sedang berdiri, atau ketika sedang berjalan. Nyeri pada tulang ekor bisa disertai oleh gejala-gejala lain, seperti nyeri pada bokong yang menyebar ke paha dan kaki, memar atau bengkak pada area tulang ekor atau punggung bagian bawah, rasa nyeri saat buang air besar, membungkuk, mengangkat barang, atau saat berhubungan seks. Cedera ini bisa juga menimbulkan gej [...]

Cara Minum Air Putih Seperti Ini Bisa Turunkan Berat Badan

Cara Minum Air Putih Seperti Ini Bisa Turunkan Berat Badan

Kamu mencoba mengukur berat badan dan merasakan jarum timbangan semakin bergerak ke arah kanan? Hal itu berarti berat badan kamu semakin bertambah. Jangan uring-uringan, bisa kok mencegah hal itu terus terjadi. Hanya dengan minum air putih dengan cara berbeda. Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris mengungkap cara minum air putih yang diduga dapat menurunkan berat badan. Air putih diminum sebanyak 500 ml atau sekitar dua gelas sekitar 30 menit sebelum makan. Ingat untuk menghindari air berkarbonasi atau air putih dengan campuran lain. Hasilnya, kebiasaan itu diduga mampu menurunkan badan rata-rata 4,3 kg per hari jika dilakukan 3 kali dalam sehari. Atau, jika dilakukan satu kali dalam sehari, dapat memangkas berat badan sekitar 0,8 kg per hari. Penelitian yang dilakukan di Inggris itu melibatkan 84 orang yang tergolong obesitas. Kemudian dibagi dalam dua kelompok. Jika kelompok pertama diminta minum air sebelum makan, maka kelompok kedua hanya diminta membayangkan dirinya sudah kenyang. Kelompok pertama mengalami penurunan berat badan lebih banyak sekitar 1,3 kg dibanding kelompok kedua. Bukti ilmiah lain yang dilakukan peneliti asal Jerman membuktikan, konsumsi air putih dap [...]

Preferensi Tepat Menghilangkan Jerawat

Preferensi Tepat Menghilangkan Jerawat

Selain menimbulkan nyeri, jerawat juga bisa menurunkan rasa percaya diri pada sebagian orang. Itulah kenapa banyak orang rela merogoh kantong cukup dalam untuk mengobatinya. Namun tahukah Anda bahwa untuk menghilangkannya tidak boleh dilakukan sembarangan. Mari telusuri cara mengobati jerawat yang tepat. Jerawat sebenarnya berasal dari pengeluaran sebum atau minyak dari kelenjar yang dimiliki kulit secara alami. Hanya saja ketika terjadi perubahan hormon akan memicu produksi sebum terlalu banyak sehingga bisa menyumbat pori-pori kulit. Sumbatan yang bercampur dengan sel kulit mati akan membentuk komedo. Ditambah dengan bakteri di permukaan kulit akan terbentuk jerawat. Jenis Pengobatan Beberapa jenis jerawat antara lain komedo berwarna hitam dan putih, pustula yaitu bintik menonjol yang terdapat nanah di dalamnya, serta nodul berupa benjolan yang keras dan terasa sakit. Pengobatan terbaik untuk jerawat adalah yang mengurangi produksi minyak kulit, menghambat pertumbuhan bakteri serta membantu membuka sumbatan sel kulit pada pori-pori. Secara umum, terdapat dua jenis pengobatan jerawat yaitu : Penggunaan produk bebas Dapat dilakukan dengan membersihkan wajah dengan sabun atau pr [...]

Cara Memilih Daging dan Seafood Segar

Cara Memilih Daging dan Seafood Segar

Apakah Anda bosan dengan ayam sebagai sumber protein? Jangan khawatir, ada beragam jenis daging dan seafood atau makanan laut yang bisa Anda coba. Kandungan nutrisinya pun sangat bermanfaat untuk tubuh Anda. Hanya saja untuk memilih daging dan seafood ini tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar terhindar dari produk yang dapat berisiko untuk kesehatan. Cermat Melihat Ciri Daging Segar Kelompok makanan daging tidak hanya sapi dan ayam, tapi juga termasuk berbagai jenis unggas lain dan seafood. Daging memiliki beragam kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, seperti protein, vitamin, dan mineral. Sebaiknya pilih daging dengan lemak yang paling sedikit. Lemak dapat dilihat seperti garis putih pada daging. Untuk mengenali daging segar, ada baiknya Anda mengetahui lebih lanjut indikator kualitas daging secara keseluruhan, antara lain: Bau Daging yang segar dari jenis hewan manapun hampir tidak berbau. Ketika dilakukan pengemasan, kemungkinan akan timbul sedikit bau yang berasal dari kelembapan daging dari kemasan. Oleh sebab itu, daging yang tidak segar ditandai dengan bau tidak sedap karena penurunan kualitas protein. Bau yang hampir seperti amonia merup [...]

Dampak Radiasi Handphone pada Kesehatan

Dampak Radiasi Handphone pada Kesehatan

Perkembangan teknologi seperti handphone bisa mempermudah kita menjalani kegiatan sehari-hari. Tapi di sisi lain, ada kekhawatiran mengenai efek radiasi handphone pada kesehatan. Radiasi gelombang radio yang diterima dan dikirimkan oleh handphone dapat menyebar ke segala arah, termasuk tubuh. Radiasi handphone tidak sama dengan radiasi sinar X. Radiasi sinar X sudah dipastikan berbahaya, sementara radiasi handphone belum diketahui secara pasti efeknya pada kesehatan. Namun para ahli telah membeberkan beberapa kemungkinkan yang dapat terjadi ketika radiasi handphone bersentuhan dengan tubuh. Berikut beberapa kemungkinan efek yang ditimbulkan dari radiasi handphone: Menelepon menggunakan hands-free mungkin bisa berdampak pada kesuburan pria. Mengapa demikian? Pria yang menggunakan hands-free saat menelepon cenderung menaruh handphone pada saku celana atau menyelipkannya pada ikat pinggang. Karena letaknya yang berdekatan dengan organ intim, kemungkinan radiasi yang dikeluarkan handphone dapat memengaruhi sperma. Sperma yang terekspos radiasi mungkin dapat mengalami kerusakan, kemampuan bergerak lebih rendah, daya tahan hidup sperma sebentar, dan stres oksidatif. Dianjurkan untuk b [...]

Bahaya Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

Bahaya Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

Kondisi perut buncit dapat mengganggu penampilan seseorang dan menyebabkan rasa kurang percaya diri. Sayangnya, bukan perkara mudah untuk mengecilkan perut buncit. Perut buncit disebut juga obesitas perut atau obesitas sentral. Penyebab perut buncit disebabkan penumpukan lemak pada bagian perut. Lemak di bagian perut ini terdiri dari dua macam, yaitu lemak subkutan dan lemak viseral. Lemak subkutan adalah lemak yang berada di bawah kulit. Lemak ini dapat dicubit dan terlihat. Sedangkan lemak viseral berada di sekitar organ dalam tubuh sehingga tidak terlihat. Lemak viseral inilah yang sering dihubungkan dengan kondisi obesitas di perut. Selain sangat berbahaya karena dapat meningkatkan risiko penyakit lain, lemak viseral sangat sulit untuk dihilangkan. Apa yang menyebabkan perut buncit? Seperti halnya obesitas pada tubuh, perut buncit timbul oleh karena asupan makanan yang melebihi energi yang diperlukan untuk aktifitas fisik. Apabila Anda makan terlalu banyak dan kurang berolahraga, Anda akan mengalami penumpukan lemak pada tubuh, termasuk lemak di perut. Riwayat obesitas pada keluarga, kebiasaan merokok, dan stres yang tinggi juga berpengaruh terhadap timbulnya perut buncit. Us [...]

Butuh Piknik Jangan Ditunda. Cuti Sekarang!

Butuh Piknik Jangan Ditunda. Cuti Sekarang!

Kerjaan yang menumpuk dan tidak ada habisnya seringkali membuat seseorang jenuh, bahkan hingga kerjaan kantor terbawa ke alam mimpi. Ini adalah pertanda Anda butuh piknik dan kondisi ini tidaklah sehat. Mulai ambil lembar cuti dan berliburlah. Berlibur terkadang menjadi sesuatu yang dikesampingkan, apalagi jika dibandingkan dengan beban tanggung jawab atas pekerjaan kantor. Tidak jarang seseorang akan berusaha tetap masuk meski badan sedang tidak fit, kerja lembur hingga larut, atau membawa pulang pekerjaan agar selesai tepat waktu dan disayang bos. Padahal, berlibur merupakan hal yang penting dan dapat mengurangi risiko beberapa penyakit. Tidak hanya itu, setelah berlibur biasanya pikiran akan lebih fresh, sehingga pikiran dapat lebih jernih ketika menyelesaikan tanggung jawab di kantor. Nah, jika Anda mulai lebih sering marah, menunjukkan gejala stres, terus kepikiran kerjaan ketika hendak tidur, membawa pekerjaan kantor ke mana-mana, atau bahkan lupa kapan terakhir berlibur, mungkin itu tandanya Anda butuh piknik. Segera ambil cuti, karena berlibur akan memberikan banyak manfaat yang tidak terpikirkan sebelumnya. Piknik Memang Perlu, Ini Manfaatnya Mulai pilih tempat tujuan li [...]

Beberapa Manfaat Yogurt yang Bisa Didapat

Beberapa Manfaat Yogurt yang Bisa Didapat

Sebagai sebuah produk yang dibuat dari proses fermentasi susu oleh bakteri, yogurt amat populer di masyarakat. Manfaat yogurt sendiri merupakan salah satu alasan kepopuleran minuman ini. Yogurt sendiri digolongkan sebagai minuman probiotik. Probiotik sendiri diartikan sebagai organisme hidup yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai akan memberikan manfaat kesehatan atau disebut ?bakteri yang baik? untuk pencernaan. Karena yogurt berasal dari bakteri dan juga susu, maka manfaatnya diprediksi kian berlipat. Mengacu pada hal tersebut, siapa pun yang mengonsumsi yogurt akan mendapatkan dosis protein hewani, sekitar 1,5 gram protein per ons yogurt. Selain itu, terdapat juga beberapa mineral yang akrab dalam produk susu seperti kalsium, vitamin B2, B12, kalium, dan magnesium. Seperti Apa Manfaat Yogurt Bagi Tubuh? Bakteri ?baik? sebenarnya telah eksis dalam sistem pencernaan manusia. Tapi yogurt menyediakan bakteri baik dari luar guna membantu mengoptimalkan yang sudah ada dalam pencernaan. Mengingat hal tersebut, apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari minuman ini? Mencegah osteoporosis Salah satu manfaat yang mungkin didapat dari mengonsumsi yogurt adalah menjauhkan seseoran [...]

Petik Manfaat Protein dari Sumber-sumber Ini

Petik Manfaat Protein dari Sumber-sumber Ini

Ada beragam manfaat protein yang penting dan vital bagi tubuh, mulai dari membantu sistem kekebalan tubuh, hingga mengontrol kegiatan tubuh. Untuk itu, mengetahui sumber protein yang tepat membantu kita memanfaatkan protein dengan benar. Protein adalah makronutrien yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang besar. Protein terdiri dari 20 asam amino yang diperlukan agar tubuh dan sel-selnya berfungsi dengan baik. Lebih dari setengah asam amino (11) disebut sebagai asam amino nonesensial karena dapat dibuat sendiri oleh tubuh sedangkan, sedangkan sisanya (9) dinamakan asam amino esensial karena harus didapat dari makanan. Manfaat protein Protein merupakan komponen penting dari setiap sel dalam tubuh. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ada begitu banyak manfaat protein bagi tubuh: Diperlukan dalam pembentukan tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah. Membangun, memperkuat, dan memperbaiki atau mengganti jaringan. Contohnya, keratin yang memperkuat rambut, serta kolagen dan elastin yang menunjang jaringan ikat. Membuat hormon yang berfungsi membantu sel mengirim pesan dan mengoordinasikan kegiatan tubuh. Membuat antibodi untuk sistem kekebalan tubuh. Penting untuk pertumbuhan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *