Jangan Remehkan Manfaat Minum Air Putih

jangan-remehkan-manfaat-minum-air-putih-alodokter.jpg

Air putih tenyata tidak sesepele yang banyak orang kira. Di balik kesederhanaan tampilannya, air putih tidak hanya berguna mencegah dehidrasi tubuh, namun juga memiliki berbagai keuntungan lainnya.

Minuman jenis lain, misalnya soft drink, tergolong tinggi gula dan kalori sehingga dapat menambah berat badan Anda. Minuman berenergi yang kerap dipilih sebagai sumber cairan juga harus dipertimbangkan sebab mengandung gula dan kafein. Demikian pula ketika meminum jus buah kemasan, selalu perhatikan label produknya terlebih dahulu.

Pentingnya Air Putih

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja. Selain itu, manfaat minum air putih memiliki beragam fungsi bagi tubuh, antara lain:

  • Menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.
  • Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.
  • Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.
  • Menjaga kesegaran kulit.
  • Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.
  • Air akan membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran.

Berapa Takaran Normal agar Tidak Kekurangan Cairan?

Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Secara rata-rata, untuk wanita dewasa, disarankan untuk minum sekitar delapan gelas berukuran 200 ml per hari atau total 1,6 liter. Sedangkan, pria disarankan untuk minum sekitar 10 gelas berukuran 200 ml atau total 2 liter tiap hari.

Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh sekitar 20 persen. Cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90 persen air..

Yang perlu diketahui, manusia dapat kehilangan cairan tidak hanya saat buang air kecil (BAK), namun juga saat berkeringat, bernapas dan buang air besar.

Beberapa tanda yang dapat membantu Anda mengenali tubuh yang kekurangan cairan, antara lain sakit kepala, merasa kurang berenergi, dan warna urine yang gelap atau tidak sebanyak biasanya.

Perhatikan Kondisi Khusus

Yang tidak kalah penting, perlu diperhatikan beberapa kondisi dan aktifitas khusus yang membuat tubuh jadi membutuhkan lebih banyak asupan air dibandingkan biasanya, antara lain:

  • Berolahraga atau aktif secara fisik.
  • Mengalami demam, diare, atau muntah-muntah.
  • Cuaca yang sangat panas.
  • Hamil dan menyusui. Wanita hamil disarankan mengonsumsi air sekitar 2,3 liter sehari, sedangkan wanita yang menyusui disarankan mengonsumsi air sekitar 3,1 liter per hari.

Jika selama ini Anda kurang menyadari manfaat minum air putih, ada beberapa tips yang dapat dilakukan. Cobalah untuk membiasakan minum air putih tiap waktu makan atau saat mengonsumsi camilan. Selain itu, Anda dapat menaruh gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas yang Anda bawa beraktivitas tiap hari. Dengan demikian, Anda akan teringat untuk mengonsumsinya.

Alternatif lainnya, Anda bisa menambahkan rasa pada air putih agar terasa lebih enak. Salah satunya dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti pada minuman infused water atau dengan membekali jus buah segar tanpa pemanis tambahan.

Kecukupan cairan merupakan hal penting bagi tubuh. Salah satu sumber terbaik berasal dari air putih dengan berbagai manfaat. Minumlah air putih sesuai kebutuhan agar kondisi kesehatan tubuh tetap maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Fakta tentang Manfaat Sirsak untuk Kanker

Fakta tentang Manfaat Sirsak untuk Kanker

Di Indonesia, sirsak merupakan salah satu buah yang mudah ditemui. Dengan rasanya yang manis dan keharuman yang khas untuk diolah sebagai jus, sirop, dodol, dan banyak variasi lainnya. Sirsak juga diklaim dapat mengobati kanker. Benarkah demikian? Terdapat beragam artikel di dunia maya yang menyatakan bahwa sirsak mampu memperlambat penyebaran sel kanker. Meski begitu belum ada yang dapat menyajikan bukti penelitian medis terhadap hal tersebut. Bukti Ilmiah Sejak dilakukan studi mengenai sirsak pada tahun 1997, buah tersebut kemudian banyak disebut sebagai obat antikanker. Hasil satu studi itu mengungkap, efek kemoterapi dalam menghancurkan sel kanker payudara lebih rendah dibandingkan senyawa sirsak. Namun, tanpa uji klinis yang sah, hal ini masih belum bisa dibuktikan. Hingga saat ini, belum ada studi yang menguji kebenaran klaim ini pada manusia secara langsung dan dalam skala yang cukup besar. Dengan klaim mengobati kanker, kini banyak suplemen sirsak yang dapat dibeli secara bebas dengan harga terjangkau di Indonesia. Namun, belum ada bukti ilmiah yang menguatkan hal tersebut, sehingga belum diketahui keamanan dan efektivitasnya. Untuk itu, penting tetap mengutamakan pengob [...]

Jadikan Kulit Putih dan Berseri di Rumah

Jadikan Kulit Putih dan Berseri di Rumah

Memiliki kulit putih berseri adalah dambaan tiap wanita. Mereka pun tidak ragu menghabiskan uang untuk membeli produk pemutih kulit atau melakukan perawatan mahal di salon dan klinik kecantikan. Namun ada cara-cara alami yang tidak mahal. Memutihkan kulit bisa dilakukan di rumah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Siapkan saja bahan-bahan alami untuk menjadikan kulit putih sehat dan berseri. Beberapa produsen kerap menambahkan bahan-bahan alami yang dipercaya mampu mencerahkan kulit. Daripada Anda memakai produk tersebut, yang mengandung bahan kimia juga di dalamnya, lebih baik Anda langsung mengaplikasikan bahan-bahan alami ke kulit. Meski begitu, Anda harus sedikit bersabar. Khasiat dari bahan-bahan ini tidak seketika. Butuh proses untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lalu apa saja bahan-bahan alami yang bisa membantu mencerahkan kulit? Lemon Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Di dalamnya juga mengandung alpha-hydroxy acids (AHA) yang bisa membantu pengelupasan kulit secara alami. Beberapa komponen keasaman pada lemon juga bisa mencerahkan kulit. Tidak heran jika banyak produk pemutih yang menyertakan lemon di dalamnya. Pada dasarnya lemon aman untuk digunakan. [...]

Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat minyak kelapa cukup beragam, baik untuk keperluan memasak maupun keperluan perawatan tubuh. Manfaat minyak kelapa secara medis hingga kini masih diteliti. Meski, klaim tentang manfaat minyak kelapa hingga kini belum terbukti 100 persen, tapi penggunaannya kian populer di masyarakat. Minyak kelapa menurut beberapa penelitian diperkirakan dapat berguna bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut ini beberapa kemungkinan manfaat yang bisa didapat dari minyak kelapa. Untuk Kesehatan Minyak kelapa yang baik adalah yang murni atau virgin coconut oil (VCO), bukan minyak olahan. VCO diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa menggunakan tambahan bahan kimia dan tanpa suhu tinggi. Hal ini bertujuan agar kandungan alaminya, seperti senyawa phenolic, tidak rusak. Oleh karena itu, minyak kelapa murni berpotensi sebagai antioksidan. Selain itu, senyawa dalam minyak kelapa seperti asam laurat, kaprilat dan kaprat dapat menjadi pemicu pertumbuhan probiotik di dalam pencernaan dan berfungsi melawan bakteri jahat. Berikut beberapa kemungkinan manfaat minyak kelapa bagi kesehatan. Untuk diet. Anda dapat menggunakan VCO sebagai minyak ketika memasak atau dimasukkan ke dalam salad. Kandungan d [...]

Atasi Stres Kerja dengan Kecerdasan Emosional

Atasi Stres Kerja dengan Kecerdasan Emosional

Makin meningkatnya tuntutan kerja dapat membuat siapa pun menjadi stres. Tapi dengan melatih kecerdasan emosional untuk diterapkan di tempat kerja, stres dapat diredam. Printer atau mesin fotokopi yang tidak berfungsi, koneksi internet yang lambat, atau konflik dengan bos atau rekan kerja bisa memicu stres di tempat kerja. Belum lagi dengan adanya beban kerja yang kian menumpuk dengan disertai hasil kerja yang tidak memuaskan. Ketika stres di tempat kerja melanda, Anda bisa menjadi kurang produktif dan efektif. Pekerjaan yang Anda lakukan pun tampak tidak memuaskan. Selain mengganggu kinerja dan pekerjaan, stres juga dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik dan emosional yang lebih besar jika dibiarkan terus berlanjut. Stres kerja dapat diatasi dengan kecerdasan emosional. Tapi sebelum kita membahasnya, ada baiknya kita mengetahui apa saja gejala-gejala stres di tempat kerja dan apa itu kecerdasan emosional. Gejala dan Faktor Stres Kerja Tanda dan gejala stres meliputi rasa cemas, tidak nafsu makan atau makan terlalu banyak, mudah gelisah, frustrasi, murung, rendah diri, mudah marah, tertekan, apatis (tidak peduli), pesimis, kehilangan minat dalam pekerjaan, ganggua tidur, kelel [...]

Tips Mudah Cara Mengentalkan Sperma

Tips Mudah Cara Mengentalkan Sperma

Tak hanya wanita, pria juga kerap sensitif terhadap kesuburannya. Salah satunya adalah air mani mengandung sperma yang tampak terlalu encer. Beberapa perubahan pola hidup dapat dilakukan sebagai cara mengentalkan sperma dan meningkatkan kesuburan. Air mani yang kurang dari jumlah normal bisa menimbulkan gangguan kesuburan, sementara air mani yang lebih dari volume normal dapat membuatnya tampak encer dan jumlah sperma tampak sedikit. Volume air mani yang normal yaitu sekitar 2-5 mililiter, dengan kandungan sperma 20 juta atau lebih per milimeter. Air mani seharusnya cukup kental pada saat ejakulasi dan berubah menjadi encer setelah 10-15 menit kemudian. Cara mengentalkan sperma sekaligus memperbaiki kesuburan pria dapat dilakukan dengan melakukan perubahan-perubahan sebagai berikut: Memperbaiki Pola Konsumsi Menjaga berat badan tetap ideal merupakan salah satu cara efektif menjaga keseimbangan hormonal yang akan memengaruhi produksi sperma. Mulai kurangi makanan diproses. Terapkan pola makan rendah lemak, tinggi protein dengan banyak porsi sayur dan biji-bijian. Jangan lupakan penuhi kebutuhan air tubuh dengan cukup. Makanan kaya kandungan vitamin C dan antioksidan secara khusus [...]

Jangan Salah, Kandungan dan Manfaat Buah Nanas Ada Banyak

Jangan Salah, Kandungan dan Manfaat Buah Nanas Ada Banyak

Buah nanas ternyata mengandung banyak zat yang dapat berguna untuk tubuh. Salah satunya adalah bromelain, yang diduga bersifat antiinflamasi atau anti pembengkakan, dan beberapa nutrisi lain. Bromelain dipercaya turun temurun untuk meredakan pembengkakan sinus dan saluran pencernaan, sebagai pembersih luka bakar, pencegah penyakit paru-paru basah, membuat tubuh langsing, bahkan mencegah kanker. Apakah semua pendapat diatas benar? Bagaimana penelitian membuktikan kandungan dan manfaat nanas? Ada baiknya kita mengetahui hal-hal ini agar tidak salah kaprah. Kandungan Nutrisi di Dalam Sebuah Nanas Buah tropical ini banyak mengandung vitamin C. Dalam 3,5 ons buah nanas terdapat 47,8 mg vitamin C. Selain itu juga mengandung vitamin B, berbagai mineral seperti mangan, dan serat. Buah nanas adalah satu-satunya sumber bromelain, yaitu enzim proteolitik yang banyak digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Sampai saat ini, tidak ada satu pun penelitian ilmiah yang dapat memastikan apakah bromelain benar-benar berguna sebagai pengobatan. Nanas dapat dijadikan jus, di mana 200 ml jus nanas mengandung sekitar 25 mg vitamin C. Ini cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C p [...]

Sudah Tidak Zaman Lagi Bau Kaki

Sudah Tidak Zaman Lagi Bau Kaki

Bau kaki memiliki bahasa medis bromodosis. Hal ini dapat terjadi ketika bakteri pada kulit bertemu dengan keringat yang keluar dari pori-pori. Meski begitu, bukan berarti kondisi ini tidak bisa dicegah. Cara menghilangkan bau kaki yang tepat bisa diaplikasikan dengan dibantu oleh kedisiplinan menjaga kebersihan. Masalah bau kaki dapat membuat seseorang terasa tidak nyaman. Sebenarnya kondisi ini dapat ditangani dengan menjaga kebersihan diri. Pada dasarnya, kelenjar keringat bertugas menjaga kelembapan kulit dan mengatur suhu tubuh ketika cuaca panas maupun ketika Anda sedang berolahraga. Namun, perlu diingat bahwa kelenjar keringat yang ada di kaki lebih banyak dibandingkan di bagian tubuh lainnya. Keringat pada kaki bisa menjadi lebih banyak dari seharusnya jika Anda sedang stres, mengalami hiperhidrosis atau keringat berlebih, atau sebatas karena Anda bersepatu seharian. Kaki bisa dengan mudah berbau kurang sedap jika Anda tidak merawatnya dengan baik. Berikut beberapa kondisi yang bisa mengundang bau kaki. Kurang menjaga kebersihan kaki. Keringat pada kaki dapat menempel di sepatu dan membuat sepatu ikut menimbulkan bau. Kaki bisa makin bau jika Anda menggunakan sepatu yang [...]

Tidak Perlu Bertubuh Lentur untuk Ikut Yoga

Tidak Perlu Bertubuh Lentur untuk Ikut Yoga

Ketika lelah dengan rutinitas harian yang membuat stres, Anda merasa butuh sebuah olah tubuh rutin yang tidak hanya menyehatkan, tapi juga membuat Anda lebih rileks. Yoga adalah jawabannya. Yoga adalah aktivitas olah tubuh dan pikiran yang berfokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik pelakunya. Postur atau rangkaian gerakan dan pernapasan adalah dua komponen utama yoga. Olah tubuh ini telah dipraktikkan sejak 5000 tahun lalu di India dan telah diadaptasi ke dalam berbagai variasi. Sejuta Manfaat Yoga untuk Tubuh Tidak sekadar menjadi olah tubuh, yoga ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan. Jika masih merasa enggan mempraktikkan yoga, mungkin daftar manfaat berikut ini dapat membuat Anda berubah pikiran. Sarana relaksasi. Berlatih yoga berarti membiasakan memfokuskan perhatian dan pernapasan. Sebagai hasilnya, sejumlah penelitian membuktikan bahwa yoga dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres, menjadikan mood lebih stabil. Yoga pun dapat membuat pelakunya mempersepsikan diri dengan lebih baik. Membangun fleksibilitas dan kekuatan tubuh. Gerakan-gerakan yoga dilakukan dengan meregangkan otot-otot, sehingga memudahkan pel [...]

Polusi Udara di Dalam Mobil?

Polusi Udara di Dalam Mobil?

Berada di dalam mobil, Anda mungkin merasa diri Anda aman dari asap knalpot serta polusi yang beterbangan di luar mobil. Benarkah demikian? Environmental Protection Agency (EPA) menyatakan bahwa polusi di dalam ruangan 2-5 kali lebih tinggi dibandingkan polusi di luar ruangan, salah satunya adalah polusi yang tidak Anda sadari saat sedang berada di dalam mobil. Pada umumnya kita menghabiskan 2 jam atau lebih di dalam mobil tiap hari. Hasil penelitian yang diterbitkan jurnal Science of the Total Environment juga menyatakan bahwa paparan partikular berbahaya dan karbon hitam yang diderita pengendara mobil pribadi juga lebih tinggi dibandingkan pengendara sepeda, pengguna kereta, dan bus. Penelitian juga menyebutkan bahwa tingkat polusi di tengah jalan bisa lebih tinggi dibandingkan di pinggir jalan atau di trotoar. Saat Anda berada di dalam mobil, Anda cenderung menghirup polusi dari asap knalpot kendaraan di depan Anda. Terutama jika kendaraan Anda dalam kondisi tertutup dan tidak memiliki pengaturan aliran pembuangan udara yang baik. Menurut International Center for Technology Assessment atau ICTA, konsentrasi karbonmonoksida dari asap knalpot ini dapat menyebabkan sakit kepala, [...]

Operasi Kelopak Mata untuk Mempercantik Diri

Operasi Kelopak Mata untuk Mempercantik Diri

Ada pepatah mengatakan, ?mata adalah jendela hati? atau ?kecantikan wanita dilihat dari sorotan matanya?. Di antara masyarakat, wanita yang dianggap memiliki mata ideal adalah mereka yang bermata besar dan memiliki lipatan kelopak mata. Anggapan itu menyurutkan rasa percaya diri beberapa wanita yang memiliki mata sipit. Namun, pemilik mata sipit tidak perlu rendah diri karena ada teknik operasi kelopak mata yang bisa mempercantik tampilan Anda. Istilah medis untuk operasi kelopak mata adalah blepharoplasty atau biasa juga disebut eye lift. Operasi ini bisa membuat mata terlihat lebih besar dan menonjolkan lipatan kelopak mata Anda. Tidak hanya itu, operasi kelopak mata juga bisa membuat Anda terlihat muda karena makin bertambah usia, jaringan di kelopak mata akan melemah dan kehilangan elastisitasnya. Hal ini menyebabkan penumpukan jaringan kulit seperti pada otot dan lemak di kelopak mata bagian atas dan bawah. Tidak hanya faktor usia, kulit kelopak mata yang mengendur juga disebabkan oleh faktor keturunan. Selain itu, eye lift juga bisa memperbaiki jaringan kulit kendur pada bagian bawah mata Anda atau menghilangkan kantong mata. Proses Operasi Kelopak Mata Sebelum operasi pemb [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *