Jangan Remehkan Manfaat Minum Air Putih

jangan-remehkan-manfaat-minum-air-putih-alodokter.jpg

Air putih tenyata tidak sesepele yang banyak orang kira. Di balik kesederhanaan tampilannya, air putih tidak hanya berguna mencegah dehidrasi tubuh, namun juga memiliki berbagai keuntungan lainnya.

Minuman jenis lain, misalnya soft drink, tergolong tinggi gula dan kalori sehingga dapat menambah berat badan Anda. Minuman berenergi yang kerap dipilih sebagai sumber cairan juga harus dipertimbangkan sebab mengandung gula dan kafein. Demikian pula ketika meminum jus buah kemasan, selalu perhatikan label produknya terlebih dahulu.

Pentingnya Air Putih

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja. Selain itu, manfaat minum air putih memiliki beragam fungsi bagi tubuh, antara lain:

  • Menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.
  • Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.
  • Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.
  • Menjaga kesegaran kulit.
  • Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.
  • Air akan membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran.

Berapa Takaran Normal agar Tidak Kekurangan Cairan?

Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Secara rata-rata, untuk wanita dewasa, disarankan untuk minum sekitar delapan gelas berukuran 200 ml per hari atau total 1,6 liter. Sedangkan, pria disarankan untuk minum sekitar 10 gelas berukuran 200 ml atau total 2 liter tiap hari.

Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh sekitar 20 persen. Cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90 persen air..

Yang perlu diketahui, manusia dapat kehilangan cairan tidak hanya saat buang air kecil (BAK), namun juga saat berkeringat, bernapas dan buang air besar.

Beberapa tanda yang dapat membantu Anda mengenali tubuh yang kekurangan cairan, antara lain sakit kepala, merasa kurang berenergi, dan warna urine yang gelap atau tidak sebanyak biasanya.

Perhatikan Kondisi Khusus

Yang tidak kalah penting, perlu diperhatikan beberapa kondisi dan aktifitas khusus yang membuat tubuh jadi membutuhkan lebih banyak asupan air dibandingkan biasanya, antara lain:

  • Berolahraga atau aktif secara fisik.
  • Mengalami demam, diare, atau muntah-muntah.
  • Cuaca yang sangat panas.
  • Hamil dan menyusui. Wanita hamil disarankan mengonsumsi air sekitar 2,3 liter sehari, sedangkan wanita yang menyusui disarankan mengonsumsi air sekitar 3,1 liter per hari.

Jika selama ini Anda kurang menyadari manfaat minum air putih, ada beberapa tips yang dapat dilakukan. Cobalah untuk membiasakan minum air putih tiap waktu makan atau saat mengonsumsi camilan. Selain itu, Anda dapat menaruh gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas yang Anda bawa beraktivitas tiap hari. Dengan demikian, Anda akan teringat untuk mengonsumsinya.

Alternatif lainnya, Anda bisa menambahkan rasa pada air putih agar terasa lebih enak. Salah satunya dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti pada minuman infused water atau dengan membekali jus buah segar tanpa pemanis tambahan.

Kecukupan cairan merupakan hal penting bagi tubuh. Salah satu sumber terbaik berasal dari air putih dengan berbagai manfaat. Minumlah air putih sesuai kebutuhan agar kondisi kesehatan tubuh tetap maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Klaim Manfaat Kulit Manggis dan Kebenarannya

Klaim Manfaat Kulit Manggis dan Kebenarannya

Kabar tidak menggembirakan untuk para pecinta ekstrak kulit manggis. Ekstrak dari kulit buah ini diklaim berkhasiat dalam menangani berbagai kondisi, tapi sayangnya belum ada bukti ilmiah terpercaya terkait klaim manfaat tersebut. Masih dibutuhkan penelitian ilmiah lebih lanjut, khususnya pada manusia, untuk mengetahui khasiat yang sebenarnya. Saat ini siapa yang tidak mengenal ekstrak kulit manggis? Hampir semua orang tahu karena begitu fenomenalnya iklan ekstrak kulit manggis yang bermunculan di layar kaca dan media massa lainnya. Pada iklan tersebut produsen mengklaim bahwa ekstrak kulit manggis kaya akan zat antioksidan, antimikroba, dan xanthone. Zat-zat tersebut diklaim bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, mencegah pertumbuhan sel-sel kanker, mengatasi permasalahan kulit, dan memperlambat proses penuaan. Selain itu, jenis-jenis kondisi yang konon bisa diatasi oleh ekstrak kulit manggis meliputi: Diare. Gonore. Disentri. Eksim. Jerawat. Tuberkulosis. Osteoartritis. Kesehatan mental Infeksi saluran kemih. Gangguan menstruasi. Ekstrak kulit manggis sendiri bisa Anda temui dalam bentuk kapsul, pil, teh herba, atau losion. Kebenaran Manfaat Kulit Manggis Manfaat kulit m [...]

Rambu-rambu Pemutihan Gigi

Rambu-rambu Pemutihan Gigi

Pemutih gigi sebaiknya hanya diaplikasikan pada orang dengan gigi dan gusi yang sehat. Pemutih gigi bekerja dengan mempercerah warna gigi asli. Perawatan ini dapat dikerjakan oleh dokter gigi profesional, salon kecantikan, atau dilakukan sendiri dengan perangkat yang dijual bebas di pasaran. Namun selain tidak bersifat permanen, terdapat risiko lainnya jika menjalani pemutihan gigi oleh pihak-pihak yang bukan tenaga profesional. Proses Pemutihan Gigi Pemutihan gigi dilakukan dokter dengan dua cara utama: Cetakan gigi Dokter akan membuat cetakan gigi Anda. Cetakan ini dikenakan di rumah bersamaan dengan penggunaan gel pemutih pada gigi. Perawatan yang berlangsung selama kurang lebih sebulan ini mengharuskan Anda berkunjung rutin ke dokter untuk memeriksakan gigi. Beberapa jenis gel pemutih tertentu dapat digunakan hingga delapan jam sehingga periode perawatan dapat menjadi lebih singkat. Laser pemutih Laser disorot ke jajaran gigi yang sudah diolesi produk pemutih. Sorotan yang dilakukan selama sekitar 60 menit ini berguna untuk mengaktifkan pemutih tersebut. Perawatan ini berharga lebih mahal. Berbagai Cara Memutihkan Gigi Selain memutihkan gigi dengan jasa dokter gigi, perawata [...]

Beragam Manfaat Mandi Air Hangat

Beragam Manfaat Mandi Air Hangat

Mandi air hangat tidak hanya bisa mengatasi dinginnya mandi di pagi hari. Mandi atau berendam air hangat dipercaya juga bisa membantu Anda meredakan nyeri, gatal, dan sakit di sekitar panggul atau organ intim. Ketika merasakan bagian perut atau panggul sakit, sebagian orang akan mengompres bagian yang sakit dengan kompres air hangat. Selain dengan kompres air hangat, cobalah untuk mandi atau berendam air hangat karena ternyata mandi air hangat tidak kalah pentingnya dalam memberikan manfaat. Manfaat Mandi Air Hangat Manfaat mandi air hangat dapat memperlancar peredaran darah Anda. Tidak hanya memberikan kehangatan, mandi air hangat juga bisa meredakan rasa gatal atau sakit di sekitar organ intim. Serta dapat menjadi salah satu cara membersihkan daerah perineum (daerah antara vulva (bibir kelamin luar) atau skrotum (kantung pelir) dan lubang anus). Berikut ini adalah kepercayaan banyak orang akan manfaat mandi air hangat lainnya yang perlu Anda ketahui, Sembelit. Kondisi di mana pergerakan usus tidak teratur, sehingga sulit untuk buang air besar dalam jangka waktu yang cukup lama. Sembelit bisa menimbulkan rasa tegang di sekitar perut. Mandi air hangat dipercaya dapat menjadi sa [...]

Benarkah Jatuh Cinta Dipengaruhi Feromon ?

Benarkah Jatuh Cinta Dipengaruhi Feromon ?

Jatuh cinta mungkin tak sesederhana ungkapan dari mata turun ke hati. Feromon yang berasal dari bau yang dikeluarkan tubuh, kemungkinan turut berperan terhadap hal tersebut. Feromon merupakan zat kimia yang dikeluarkan dari tubuh individu, yang dapat memengaruhi respon sosial. Feromon berbeda dengan hormon lain yang biasanya hanya memengaruhi individu itu sendiri. Penelitian yang dilakukan mengungkap, di balik keringat yang mendominasi di bawah lengan manusia, terdapat zat tidak berbau yang mengandung feromon. Mendorong Daya Tarik Seksual Feromon diketahui melatari berbagai perilaku hewan dari spesies yang sama, misalnya untuk mengikuti jejak makanan, menandai daerah yang ditempati, kondisi waspada, hingga daya tarik seksual. Sementara, feromon pada manusia sangat berbeda. Feromon sangat tergantung secara individual dan sering tidak disadari. Hingga kini, masih dilakukan berbagai penelitian feromon pada manusia dan perannya terhadap daya tarik seksual. Salah satu teori yang dikemukakan, yaitu saat seseorang tertarik atau merasa jatuh cinta, kemungkinan hal itu dipengaruhi oleh bau yang dikeluarkan tubuh. Bau tubuh yang dianggap menarik dan menyenangkan akan dipilih tanpa kita s [...]

Tips Hidup Sehat Tulang Kuat

Tips Hidup Sehat Tulang Kuat

Gangguan tulang merupakan salah satu keluhan yang dapat mengganggu, terutama pada masa usia lanjut. Untuk mencegah hal itu terjadi, berikut tips hidup sehat tulang kuat yang dapat dilakukan. Kemungkinan wanita mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis lebih besar dibandingkan pria. Dengan menerapkan pola makan mengandung nutrisi yang sesuai dan olahraga yang tepat dapat mengurangi risiko tersebut. Meski sekilas tampak sebagai organ yang keras dan tetap, namun sebenarnya tulang merupakan jaringan hidup yang dilengkapi pembuluh darah, saraf dan sumsum. Dua Nutrisi Kunci Sebagai jaringan hidup, tulang akan memperbaiki kondisinya secara teratur. Gangguan terhadap proses perbaikan dan pertumbuhan tulang, bahkan yang terkecil, akan memperbesar risiko patah tulang saat menjalani aktivitas sehari-hari. Dua kunci nutrisi yang penting untuk tulang kuat adalah kalsium dan vitamin D. Kalsium akan mendukung struktur tulang dan gigi, sementara vitamin D akan memaksimalkan penyerapan kalsium dan mendukung pertumbuhan tulang. Itulah fungsi pentingnya asupan kedua nutrisi ini sejak dini. Kecukupan nutrisi tersebut akan membantu mencegah terjadinya osteoporosis yang dapat menyebabkan tulang [...]

Lima Kebiasaan yang Dapat Merusak Rambut

Lima Kebiasaan yang Dapat Merusak Rambut

Rambut merupakan mahkota kecantikan bagi seorang wanita. Tapi sayangnya, beberapa kebiasaan yang niatnya untuk menjaga kesehatan dan mempercantik tampilan rambut justru bisa merusak rambut. Menjaga kesehatan dan kecantikan rambut terkadang bukan perkara mudah. Tidak jarang kita harus mengeluarkan lebih banyak biaya untuk kecantikan rambut. Padahal, ternyata kebiasaan sehari-hari yang tujuannya untuk merawat rambut justru bisa membahayakan kesehatan rambut. Akibatnya, rambut justru terlihat kusam, rontok, dan pastinya jauh dari cantik. Duh! Lima Kebiasaan yang Dapat Merusak Rambut Perhatikan beberapa hal di bawah ini. Bisa jadi ada salah satu kebiasaan Anda dalam merawat rambut yang justru merusak keindahannya. Sering keramas. Keramas memang hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan rambut. Tapi, kalau terlalu berlebihan justru bisa merusak rambut dan menyebabkan kulit kepala gatal dan terasa seperti kencang. Tidak hanya itu, terlalu sering keramas juga bisa menghilangkan pelembap alami rambut Anda. Jarang keramas.Jika keseringan keramas bisa membuat kulit kepala terasa gatal dan kencang. Jarang keramas justru bisa menyebabkan munculnya ketombe dan kulit [...]

Penyebab Kegemukan yang Jarang Diketahui

Penyebab Kegemukan yang Jarang Diketahui

Pertambahan berat badan tidak selalu berasal dari apa yang Anda makan. Ada banyak faktor-faktor penyebab kegemukan lainnya yang tidak terduga. Berat badan umumnya bertambah ketika kalori yang dibakar tubuh saat beraktivitas lebih sedikit daripada kalori yang masuk dari makanan yang dikonsumsi. Namun selain makanan, ada banyak faktor yang juga memengaruhi metabolisme dan berat badan tubuh. Kenali faktor-faktor tersebut. Stres Ketika Anda stres, tubuh akan menjadi tegang dan memproduksi hormon yang bernama kortisol. Hormon ini menjadi penyebab utama meningkatnya nafsu makan sehingga membuat Anda dengan mudah menyantap makanan apa pun untuk menenangkan diri. Kurang tidur Ada beberapa hal yang membuat kurangnya waktu tidur berhubungan erat dengan pertambahan berat badan, yaitu: Saat Anda kurang tidur,terjadi peningkatan kadar hormon dalam tubuh yang bisa meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan. Tidur larut malam membuat Anda berpeluang lebih besar untuk mengonsumsi makanan ringan di malam hari sehingga menambah timbunan kalori di dalam tubuh. Kurang tidur membuat Anda cenderung memilih sembarang makanan seperti goreng-gorengan daripada cemilan sehat seperti buah. Mengonsumsi obat [...]

Cara Tidur Nyenyak Ternyata Tidak Sulit

Cara Tidur Nyenyak Ternyata Tidak Sulit

Kualitas tidur malam yang baik akan membuat Anda merasa segar keesokan harinya. Untuk mendapatkan tidur berkualitas, mari cari tahu mengenai bagaimana cara tidur nyenyak. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kekurangan tidur terkait dengan menurunnya daya berpikir dan memproses informasi. Kekurangan tidur juga terkait erat dengan kejadian kecelakaan kerja. Lebih jauh lagi, jika dibiarkan dalam jangka panjang, kurang tidur diasosiasikan dengan meningkatnya risiko serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Setidaknya Ada Empat Penyebab Sulit Tidur Jika Anda mengalami sulit tidur, dianjurkan untuk mengetahui penyebabnya. Tujuannya agar Anda mudah mengantisipasi kondisi ini. Beberapa hal yang terkait dengan kesulitan tidur antara lain: Stres Tidak bisa dimungkiri, permasalahan hidup seperti konflik dalam rumah tangga atau urusan pekerjaan dapat membuat Anda stres. Masalah semacam itu seperti terus-menerus berputar dan menempati ruang di kepala dan membuat Anda terus memikirkannya. Anda dapat menjadi lebih lama terjaga dan menjadi sulit tidur. Usia Memasuki usia 40 tahun, pada umumnya muncul kecenderungan perubahan pola tidur. Jika pada usia sebelumnya dapat tidur n [...]

Merawat Wajah Saat Hamil, Begini Caranya

Merawat Wajah Saat Hamil, Begini Caranya

Merawat wajah pada saat hamil terkadang bukan perkara mudah. Bahan kimia yang terkandung di dalam produk perawatan wajah dikhawatirkan dapat membahayakan janin. Naik turunnya hormon pada masa kehamilan dapat menimbulkan beragam masalah kulit pada wanita, salah satunya wajah. Bagian ini bisa membuat seorang wanita menjadi bingung dalam hal memilih produk kecantikan atau bagaimana merawat wajah pada saat hamil. Untuk menjaga kebersihan wajah dan menghindari cara atau produk yang dapat membahayakan janin, setidaknya Anda perlu lebih berhati-hati dalam memilih produk dan jenis perawatan untuk wanita hamil. Masalah Wajah Saat Hamil dan Perawatannya Merawat wajah saat hamil mungkin susah-gampang, berikut ini adalah beberapa masalah wajah yang dapat menghampiri Anda saat hamil dan cara merawatnya. Jerawat Timbulnya jerawat pada masa kehamilan adalah hal yang wajar terjadi pada sebagian wanita. Jenisnya pun beragam mulai dari jerawat ringan hingga parah. Jerawat pada masa kehamilan terjadi karena hormon androgen meningkat dan memicu kelenjar sebaceous memproduksi sebum atau minyak di wajah dan akhirnya menimbulkan jerawat. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan obat oles sep [...]

Atasi Dehidrasi dengan Minum dari Makanan

Atasi Dehidrasi dengan Minum dari Makanan

Tidak hanya air. Buah, sayur, bahkan daging dapat memenuhi kebutuhan konsumsi cairan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa rehidrasi tubuh bisa lebih efektif dengan mengonsumsi buah dan sayuran dibandingkan dengan meminum air saja. Buah dan sayur tidak hanya mengandung kadar air yang tinggi tapi juga mineral, gula alami, vitamin dan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan-kandungan buah dan sayur inilah yang membuat tubuh menyerap dan menyimpan cairan lebih baik daripada hanya meminum air saja. Kebutuhan 2 liter air sehari tidak hanya dapat dipenuhi dengan mengonsumsi air dan minuman lain. Sekitar 20 persen dari jumlah ini bisa didapatkan dari sayur-sayuran dan buah-buahan yang bisa mengandung 90 persen cairan. Berikut ini adalah beberapa alternatif sumber cairan selain air mineral. Semangka, pepaya dan melon Sekitar 90 persen komposisi ketiga buah ini terdiri dari air. Fakta lain, semangka mengandung likopen, zat pelawan kanker, dalam jumlah lebih banyak dibandingkan tomat. Selain itu, semangka juga merupakan sumber yang baik untuk kalsium, magnesium, sodium dan potasium. Belimbing Buah tropis ini mengandung sekitar 91,4 persen air. Selain dimakan sebagai buah potong, bua [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *