Jangan Remehkan Sakit Tenggorokan Anda!

Jangan-Remehkan-Sakit-Tenggorokan-Anda.jpg

Radang tenggorokan memang kebanyakan disebabkan oleh infeksi virus yang umumnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan medis. Namun demikian, yakinkah Anda bahwa radang tenggorokan yang Anda alami disebabkan oleh virus?

Sebagian kecil radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri streptococcus, yang pada umumnya menimbulkan gejala yang lebih berat dibandingkan radang karena virus. Radang karena bakteri tidak dapat diobati hanya dengan terapi suportif, tetapi juga memerlukan pengobatan dengan antibiotik. Antibiotik ini pun harus dikonsumsi dalam dosis dan jumlah tertentu agar bakteri tersebut dapat diberantas sampai tuntas.

Pengobatan yang tidak adekuat dapat berakibat pada tidak sembuhnya penyakit, dan juga meningkatkan risiko timbulnya komplikasi.

Pada umumnya radang streptococcus mengenai anak berusia 5-15 tahun, namun tidak menutup kemungkinan dapat dialami oleh segala usia. Berikut adalah tanda dan gejala radang tenggorokan karena bakteri yang harus Anda waspadai :

  1. Nyeri tenggorokan
  2. Sulit dan nyeri menelan
  3. Amandel bengkak, merah, dan disertai ?kotoran? berwarna putih
  4. Bercak merah di langit-langit mulut
  5. Pembesaran kelenjar getah bening leher
  6. Demam
  7. Sakit kepala
  8. Ruam kemerahan pada kulit
  9. Nyeri perut, mual, dan muntah
  10. Lemas

Halaman selanjutnya menjelaskan apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami gejala-gejala di atas.

Jangan Remehkan Sakit Tenggorokan Anda!

Jika Anda mengalami tanda dan gejala tersebut, segeralah berkonsultasi kepada dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium untuk mengonfirmasi diagnosis. Pemeriksaan laboratorium tersebut dapat berupa pemeriksaan darah maupun kultur usapan tenggorokan.

Jika sudah tegak diagnosis radang tenggorokan karena streptococcus, dokter akan memberikan pengobatan ? termasuk di dalamnya antibiotik. Namun ada kalanya ? dalam persentasi kecil ? walaupun telah mengonsumsi antibiotik, komplikasi tetap bisa muncul.

Komplikasi dapat berupa penyebaran infeksi ke amandel, sinus, kulit, darah, dan telinga. Setelah radang tenggorokan sembuh pun dapat timbul penyakit lain, yaitu demam rheuma dan radang ginjal. Demam rheuma ini dapat mengenai jantung, sendi, saraf, dan kulit.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena bakteri ini sangat menular, menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar sangatlah penting. Streptococcus dapat menyebar melalui udara.

Oleh karena itu, biasakan menutup hidung dan mulut ketika bersin ataupun batuk. Jangan membuang tisue bekas pakai di sembarang tempat. Hindari pula berbagi makanan atau minuman dengan orang lain. Cucilah tangan sebelum makan, setelah ke kamar kecil, memegang barang yang kotor, atau sehabis bepergian. Bersihkan meja kerja, gagang pintu, telepon genggam, tas, dan benda-benda lainnya yang berpotensi menjadi sarang kuman.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Perawatan Pasca Melahirkan

Perawatan Pasca Melahirkan

Pada saat pasca kehamilan, ibu akan mengalami perubahan fisik di bagian kulit maupun di bagian alat reproduksi. Untuk itu, ibu memerlukan perawatan pasca melahirkan selama enam minggu atau 40 hari. Perawatan ini bisa dilakukan oleh ibu sesegera mungkin. Adapun beberapa hal yang perlu ibu perhatikan saat berada di masa pasca kehamilan, antara lain: Perawatan Payudara Hindari pembengkakan payudara pada masa pasca kehamilan, caranya adalah memenuhi kebutuhan bayi dengan memberikan ASI sedini mungkin dan sesuai kebutuhan bayi. Usahakan untuk tidak menggunakan bra yang menekan atau sempit. Apabila payudara terasa sakit, pijat ringan bagian payudara yang sakit dengan menggunakan breast oil dan air hangat. Pemijatan menggunakan breast oil ini juga berguna untuk merangsang kelancaran ASI dan merawat payudara ibu. Perhatikan Rahim Penciutan rahim terjadi pada hari pertama sampai hari ke-9 setelah melahirkan. Hal ini dapat diketahui dengan meraba bagian bulat agak keras di bawah pusat. Pada hari ke-10 sampai 14, rahim tidak teraba lagi. Penciutan rahim dibantu oleh oksitosin, yaitu hormon yang mengontraksikan otot-otot rahim yang keluar saat menyusui. Penciutan rahim ini terjadi kar [...]

Kemenkes RI: Klorin di Pembalut Indonesia Tidak Berbahaya

Kemenkes RI: Klorin di Pembalut Indonesia Tidak Berbahaya

Ramai tersebar di media massa mengenai pemberitaan pembalut yang mengandung klorin. Sebagaimana yang dilansir cnnindonesia.com, YLKI mengumumkan hasil penelitian pembalut yang memiliki kadar klorin dianggap berbahaya. Disebutkan sedikitnya 9 pembalut yang dianggap YLKI berbahaya. Sandaran YLKI adalah regulasi FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) yang melarang penggunaan klorin pada pembalut. "Klorin itu terdapat dalam dioksin yang bersifat karsinogenik. Menurut WHO, ada 52 juta berisiko terkena kanker serviks, salah satunya dipicu oleh zat-zat dalam pembalut," jelas Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, demikian yang terlansir dari CNN Indonesia 7 Juli 2015 lalu. Namun pada kenyataannya temuan klorin pada pembalut di Indonesia tidak dianggap berisiko oleh Kementerian Kesehatan RI. Sebagaimana diungkapkan Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Maura Linda Sitanggang yang terlansir pada Kompas.com, Selasa (7/7/2015) lalu, bahwa penggunaan klorin pembalut di Indonesia yang memiliki izin edar masih dalam batas aman. "Yang tidak boleh itu mengandung dioxin dalam pembalut. Dioxin, dalam suhu panas bisa menguap, bisa masuk ke dalam [...]

Membasmi Jamur Mulut dengan Jahe

Membasmi Jamur Mulut dengan Jahe

Penyakit yang disebabkan oleh jamur dalam rongga mulut dinamakan kandidiasis, dimana candida albicans adalah jenis jamur yang menjadi penyebabnya. Selain dalam rongga mulut candida albicans juga ditemukan pada saluran pencernaan dan organ genital. ?Suburnya? jamur ini berkembang di dalam mulut didukung oleh beberapa faktor seperti diantaranya: iritasi pada pemakaian gigi tiruan daya tahan tubuh menurun konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, mulut yang kering karena pemakaian obat-obat karena terapi radiasi pemakaian antibiotik spektrum luas dalam jangka waktu lama. Bagaimana solusi mengatasi penyakit kandidiasis? Membasmi Jamur Mulut dengan Jahe Solusi yang diperlukan dalam penyakit kandidiasis bukan hanya pencegahan dan pengobatan, tetapi juga diperlukan obat alternatif yang lebih murah dan terjangkau, karena obat-obatan yang telah beredar dimasyarakat selain harganya relatif mahal ternyata juga mempunyai beberapa efek samping. Dalam mencari solusinya dari masalah tadi telah dilakukan penelitian terhadap dua jenis jahe sebagai obat anti jamur, yaitu jahe merah dan jahe putih kecil, yang telah terbukti keduanya mempunyai d [...]

3 Cara ‘Sederhana’ yang Bisa Dilakukan Untuk Merasa Bahagia

3 Cara ‘Sederhana’ yang Bisa Dilakukan Untuk Merasa Bahagia

Pertengkaran dengan pasangan, pekerjaan menumpuk atau masalah keuangan sementara seringkali memperburuk mood. Namun setiap hal tentunya memiliki solusi, begitu pula dengan mengatasi perasaan sedih. Seperti yang dikutip dari Canadian Living, ada beberapa cara yang 'mungkin terdengar sederhana namun sulit ketika dilakukan', ketika ingin mengatasi rasa sedih, marah atau kecewa. Berikut tiga cara 'sederhana' yang bisa dilakuakn agar selalu merasa bahagia.1. Fokus pada Hal PositifSaat sedang mengalami hari buruk, sangatlah mudah untuk memikirkan hal negatif yang justru hanya akan memperparah keadaan. Untuk itu, fokuskan pikiran pada hal-hal positif yang terjadi pada hidup. Hal positif dapat membuat perasaan lebih baik dan meningkatkan semangat termasuk hal-hal kecil yang menyenangkan. Misalnya seperti, mengingat prestasi yang pernah diraih, rencana kencan dengan kekasih di akhir pekan, ataupun memikirkan momen menyenangkan dengan keluarga tercinta.2. Beristirahat SejenakRutinitas padat yang melelahkan sangat mungkin menjadi penyebab seseorang merasa stres. Untuk menghindari stres, sesekali istirahatkan diri dari rutinitas harian dengan melakukan kegiatan yang membuat Anda merasa sena [...]

Musik Pada Bayi Dalam Kandungan

Musik Pada Bayi Dalam Kandungan

Semakin bermunculan CD berisi kompilasi musik klasik untuk ibu hamil dan bayi, seringkali membawa pertanyaan akan manfaat dari terapi musik itu sendiri terhadap perkembangan bayi. Sehingga perlu pemahaman lebih dalam akan pengaruh musik terhadap bayi Anda. Meskipun hingga kini belum ada penelitian secara langsung yang membuktikan pengaruh musik, khususnya musik klasik dalam meningkatkan kecerdasan otak, namun ada beberapa penelitian telah mampu menyimpulkan bahwa memberikan musik untuk bayi semenjak didalam kandungan dapat membantu membangun jembatan syaraf dimana pemikiran dan informasi berputar. Bahkan para peneliti mengungkapkan bahwa musik dapat merangsang gelombang alpha pada otak sehingga menciptakan rasa tenang dan menentramkan perasaan bayi seperti dilansir BBC Health News. Irama lembut yang dilantunkan dalam musik klasik, terbukti dapat menenangkan janin yang sedang gelisah menjadi rileks, begitupun pada bayi dan anak-anak. Sehingga beberapa negara maju seperti Amerika Serikat dan Inggris, sudah memasukkan keharusan pemutaran musik klasik pada rumah sakit bersalin, ruang bayi dan ruang anak-anak sebagai upaya menentramkan perasaan selama perawatan. Namun demikian, peneliti [...]

3 Trik Cegah Kehamilan dengan Sistem Kalender

3 Trik Cegah Kehamilan dengan Sistem Kalender

? Kelebihan cara mencegah kehamilan dengan sistem kalender adalah tidak mengganggu kenikmatan bercinta dan juga bersifat alamiah tanpa efek samping. Berbeda dengan alat kontrasepsi umum lainnya yang memiliki efek samping tersendiri, belum lagi bercinta dengan kondom akan mengurangi kenikmatan. Jika Anda hendak mencoba sistem kontrasepsi ini, maka tiga kiat berikut ini akan memudahkan Anda, antara lain: Siklus Teratur 1. Pastikan pasangan dari pihak wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur. Akan sangat riskan menerapkan sistem ini pada wanita yang tidak teratur siklus menstruasinya, karena perkiraan waktu terjadinya ovulasi akan sulit diprediksi. 3 Trik Cegah Kehamilan dengan Sistem Kalender 2. Pantau Kondisi Suhu Sesungguhnya proses ovulasi itu memiliki beberapa indikator yang dapat dipantau, misalnya pada saat ovulasi suhu tubuh wanita cenderung untuk meningkat sekitar 1 sampai 2 derajat celcius, karena itu ada baiknya bagi wanita yang hendak menerapkan metode ini untuk memantau suhu tubuhnya secara rutin dengan termometer digital, sehingga dapat mengetahui kapan terjadinya ovulasi. Selain itu sekarang ini banyak beredar dipasaran alat pemeriksa kesub [...]

Makanan yang Dapat Mengubah Lemas ke Semangat

Makanan yang Dapat Mengubah Lemas ke Semangat

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu otak menuju kondisi yang prima sehingga membuat Anda kerja lebih baik. Nah, berikut beberapa makanan yang dapat meningkatan produktivitas Anda. Coklat Gelap Sebuah kandungan di dalam kokoa yang dinamakan flavanol dapat meningkatkan aliran darah ke otak, hal ini terutama ditemukan di coklat gelap. Mengkonsumsi hal ini dapat membuat Anda merasa lebih segar dan dapat dengan mudah mengerjakan pekerjaan yang sulit. Buah Sitrus Hanya mencium buah golongan sitrus seperti jeruk, dapat meningkatkan kesadaran. Mengkonsumsi buah golongan ini pun dapat membantu memperbanyak vitamin C. Air Putih Memang air putih bukan jenis makanan, namun tubuh kita dapat menderita dehidrasi termasuk otak kita, dimana keadaan ini dapat menyebabkan tubuh menjadi kurang fokus, dan menghilangkan ingatan jangka pendek. Kopi/ Teh Kopi memiliki kandungan kafein yang dapat meningkatkan energi. Kafein juga dapat meningkatkan performa kerja, konsentrasi dan fokus. [...]

9 Penyebab Bintik pada Penis

9 Penyebab Bintik pada Penis

Bukan cuma wanita yang perlu memperhatikan area kewanitaannya. Kaum pria pun perlu memperhatikan kesehatan organ intimnya. Seringkali, para pria menjadi khawatir ketika menemukan terdapat bintik atau bintil yang muncul pada penis. Karena tidak sedikit bintik atau bintil yang muncul merupakan gejala atau tanda dari penyakit dan kondisi yang berbahaya. Jika demikian, tentu akan mengganggu rutinitas kehidupan, diantaranya terganggunya keberlangsungan kesehatan hubungan seksual. Apa saja sebenarnya yang dapat menyebabkan terjadinya bintik atau bintil pada penis? berikut penjelasan penyebab-penyebab kondisi bintik di penis oleh dr. Jessica Florencia disini: 1. Hirsutis Corona Glandis (Pearly Penile Papules) Bagaimana gejala dan tanda bintik di penis yang mengindikasikan kondisi Hirsutis Corona Glandis (Pearly Penile Papules)? Berikut penjelasannya: Hirsutis Corona Glandis (Pearly Penile Papules) biasanya diiring dengan munculnya: bintik-bintik berbentuk kubah atau runcing, diameternya kurang dari 0,5 cm, sewarna kulit atau terlihat keputihan biasanya berlokasi di kepala penis. Biasanya tersusun mengelilingi kepala penis dalam beberapa baris. Bintik-bintik in [...]

Tips Memilih Obat Batuk yang Aman untuk Si Kecil

Tips Memilih Obat Batuk yang Aman untuk Si Kecil

Batuk pilek pada anak pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus yang tidak berbahaya dan tidak memerlukan antibitoik, kecuali pada kondisi tertentu. Sebagai orang tua, Anda dapat memberikan obat yang dapat dibeli bebas tanpa resep dokter yang disebut obat over-the-counter (OTC). Namun akan lebih baik jika Anda memeriksakan anak Anda ke dokter terlebih dahulu sebelum memberikan obat. The Food and Drug Administration (FDA) mengeluarkan pernyataan bahwa OTC aman digunakan untuk anak-anak di atas usia 4 tahun. Untuk anak di bawah 4 tahun pemberian obat batuk harus sesuai resep dokter. FDA mengatakan produk tersebut tidak boleh diberikan untuk anak yang berusia di bawah 4 tahun untuk mencegah adanya risiko dan efek samping yang serius dan membahayakan bagi anak. Berikut ini adalah tips dalam memilih obat batuk untuk anak Anda, selengkapnya di halaman selanjutnya: Tips Memilih Obat Batuk yang Aman untuk Si Kecil Berikut ini adalah tips dalam memilih obat batuk untuk anak Anda: Jangan pernah memberikan obat batuk dewasa untuk anak Anda Anda dapat membeli obat batuk yang dapat dibeli tanpa resep dokter untuk anak di atas usia 4 tahun. Pastikan obat ditutup rapat s [...]

Sering Migrain? Hati-hati Risiko Stroke!

Sering Migrain? Hati-hati Risiko Stroke!

Mungkin Anda pernah mengalami migrain atau sakit kepala sebelah, atau bahkan sering mengalaminya saat sedang banyak pikiran. Walau tidak berlangsung lama, tapi jangan Anda sepelekan. Sebuah penelitian yang dikutip dari Daily Mail menyatakan migrain yang disertai dengan kaburnya pandangan memiliki risiko tinggi terkena serangan jantung dan stroke.Penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Neurology selama 15 tahun itu menunjukkan, dari sampel sebanyak 27.860 wanita, 1.435 diantaranya mengalami migrain yang didului dengan gejala sensorik, atau dikenal juga 'migrain dengan aura'.Ditemukan pula, migrain aura menempati urutan kedua yang berisiko tinggi mengarah pada stroke dan serangan jantung, setelah tekanan darah tinggi."Ini berisiko lebih tinggi dibanding diabetes, perokok, obesitas dan penyakit keturunan," ungkap Dr Tobias Kurth, sebagai peneliti.Apa saja tanda-tandanya? Gangguan sensorik yang mungkin merupakan migrain aura dapat berupa blind spot atau titik buta pada pandangan, kerlipan cahaya, perubahan dalam penglihatan, dan pandangan seakan melihat cahaya melayang-layang. Jika Anda pernah mengalami gejala tersebut, konsultasikan ke dokter adalah solusi terbaik. Lebih [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *