Jangan Remehkan Sakit Tenggorokan Anda!

Jangan-Remehkan-Sakit-Tenggorokan-Anda.jpg

Radang tenggorokan memang kebanyakan disebabkan oleh infeksi virus yang umumnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan medis. Namun demikian, yakinkah Anda bahwa radang tenggorokan yang Anda alami disebabkan oleh virus?

Sebagian kecil radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri streptococcus, yang pada umumnya menimbulkan gejala yang lebih berat dibandingkan radang karena virus. Radang karena bakteri tidak dapat diobati hanya dengan terapi suportif, tetapi juga memerlukan pengobatan dengan antibiotik. Antibiotik ini pun harus dikonsumsi dalam dosis dan jumlah tertentu agar bakteri tersebut dapat diberantas sampai tuntas.

Pengobatan yang tidak adekuat dapat berakibat pada tidak sembuhnya penyakit, dan juga meningkatkan risiko timbulnya komplikasi.

Pada umumnya radang streptococcus mengenai anak berusia 5-15 tahun, namun tidak menutup kemungkinan dapat dialami oleh segala usia. Berikut adalah tanda dan gejala radang tenggorokan karena bakteri yang harus Anda waspadai :

  1. Nyeri tenggorokan
  2. Sulit dan nyeri menelan
  3. Amandel bengkak, merah, dan disertai ?kotoran? berwarna putih
  4. Bercak merah di langit-langit mulut
  5. Pembesaran kelenjar getah bening leher
  6. Demam
  7. Sakit kepala
  8. Ruam kemerahan pada kulit
  9. Nyeri perut, mual, dan muntah
  10. Lemas

Halaman selanjutnya menjelaskan apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami gejala-gejala di atas.

Jangan Remehkan Sakit Tenggorokan Anda!

Jika Anda mengalami tanda dan gejala tersebut, segeralah berkonsultasi kepada dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium untuk mengonfirmasi diagnosis. Pemeriksaan laboratorium tersebut dapat berupa pemeriksaan darah maupun kultur usapan tenggorokan.

Jika sudah tegak diagnosis radang tenggorokan karena streptococcus, dokter akan memberikan pengobatan ? termasuk di dalamnya antibiotik. Namun ada kalanya ? dalam persentasi kecil ? walaupun telah mengonsumsi antibiotik, komplikasi tetap bisa muncul.

Komplikasi dapat berupa penyebaran infeksi ke amandel, sinus, kulit, darah, dan telinga. Setelah radang tenggorokan sembuh pun dapat timbul penyakit lain, yaitu demam rheuma dan radang ginjal. Demam rheuma ini dapat mengenai jantung, sendi, saraf, dan kulit.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena bakteri ini sangat menular, menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar sangatlah penting. Streptococcus dapat menyebar melalui udara.

Oleh karena itu, biasakan menutup hidung dan mulut ketika bersin ataupun batuk. Jangan membuang tisue bekas pakai di sembarang tempat. Hindari pula berbagi makanan atau minuman dengan orang lain. Cucilah tangan sebelum makan, setelah ke kamar kecil, memegang barang yang kotor, atau sehabis bepergian. Bersihkan meja kerja, gagang pintu, telepon genggam, tas, dan benda-benda lainnya yang berpotensi menjadi sarang kuman.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Trik Tahan Nafsu Makan Makanan Tinggi Lemak dan Kalori

Trik Tahan Nafsu Makan Makanan Tinggi Lemak dan Kalori

Tidak sedikit wanita yang menjalani program diet ketat demi mendapatkan bentuk tubuh ideal. Beberapa dari mereka mengeluhkan berat badan yang seringkali bertambah karena tidak bisa menahan nafsu makan. Bukan makanan berat yang sulit dikendalikan justru camilan tinggi lemak dan kalori seperti keripik, gorengan, hingga cokelat. Bagi Anda yang sulit mengontrol nafsu untuk mengonsumsi camilan tinggi lemak, berikut tujuh trik untuk mengatasinya.1. Alihkan ke Camilan Rendah LemakAhli diet olahraga di Memorial Hermann Sports Medicine Institute, Houston, Roberta Anding, MS, RD, mengatakan bahwa ketika tubuh tidak mengonsumsi makanan lebih dari lima jam maka gula darah akan turun dan nafsu makan mulai meningkat. Di saat itulah biasanya para wanita mencari camilan yang tinggi lemak dan kalori. Roberta menyarankan agar menggantinya dengan camilan rendah lemak, misalnya buah persik, 15 anggur, popcorn, atau lima biskuit pretzel.2. Mengonsumsi Makanan BerproteinUntuk menghindari 'ngidam' makanan tinggi lemak sebaiknya cari camilan berprotein seperti ikan, telur, atau keju rendah lemak. "Protein dapat membantu mengontrol pola gula darah Anda dan membantu membuat tubuh merasa lebih kenyang den [...]

Ketahui Tanda Awal Penyakit Jantung

Ketahui Tanda Awal Penyakit Jantung

Pada Hari Jantung Sedunia yang jatuh pada 29 September lalu, pakar kesehatan menekankan bahwa 80% angka kematian dini karena penyakit jantung dan pembuluh darah dapat dihindari apabila empat faktor risiko utamanya dapat dikendalikan, antara lain merokok, diet yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, dan konsumsi alkohol (Depkes, 2014). Selain melakukan pengendalian faktor risiko, masyarakat perlu memahami tanda dan gejala awal penyakit jantung agar dapat dilakukan deteksi dan penanganan sejak dini. Tidak seperti gambaran sakit jantung yang banyak diketahui saat ini, penyakit jantung memiliki onset gejala yang lambat, dan sering kali tidak disadari oleh penderitanya. Dan ketika gejala timbul, umumnya kerusakan yang terjadi sudah cukup berat. Berbagai jenis penyakit jantung dapat memberikan gambaran gejala yang serupa. Seperti pada serangan jantung, penyakit jantung koroner, maupun gagal jantung. Walaupun begitu, penanganan masing-masing penyakit berbeda-beda. Orang yang pernah mengalami serangan jantung sebelumnya juga mungkin akan mengalami gejala yang berbeda pada serangan kedua. Tanda awal serangan jantung dapat bermanifestasi sebagai satu gejala atau kombinasi diantaranya. U [...]

Manfaat Minum Teh Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Minum Teh Untuk Kesehatan Tubuh

Minuman yang satu ini merupakan minuman yang banyak dikonsumsi dikalangan masyarakat dengan kombinasi rasa dan kemasan berbagai jenis gaya. Keunikan dari jenis minuman ini dikenal dengan banyak tipe dan kelas sebagai nilai kualitas teh itu sendiri yang tentunya dengan berbagai kelas harga yang ditawarkan. Tidak sedikit masyarakat yang memiliki selera tinggi terhadap jenis teh tersebut hingga mau mengeluarkan uang dengan harga yang tinggi untuk mendapatkan jenis teh tertentu. Namun dilain sisi teh dengan kualitas sederhana tidak sedikit pula yang mengemas jenis minuman ini dengan berbagai fariasi dengan harga yang cukup terjangkau dan sangat praktis. Dengan banyaknya peminat minuman jenis ini baik dari kalangan masyarakat menengah kebawah hingga masyarakat menengah keatas dengan berbagai jenis variasi yang ditawarkan, namun banyak kalangan masyarakat kurang memahami tentang kasiat pada teh tersebut pada kesehatan tubuhnya. Maka dapat sedikit dijabarkan pada artikel ini apa sebenarnya yang ada dibalik kenikmatan dari sepucuk teh untuk kesehatan tubuh. Teh merupakan minuman yang dihasilkan dari zat warna dari daun teh yang dikeringkan. Namun pada kombinasi rasa teh yang bervari [...]

5 Alasan Anda Harus Segera Kurangi Konsumsi Gula

5 Alasan Anda Harus Segera Kurangi Konsumsi Gula

Anda penggemar makanan manis dan tidak bisa menahan godaan untuk mengunyah cake, mousse, brownies atau cokelat? Maka harus berhati-hati karena asupan gula yang terlalu banyak bisa menyebabkan kegemukan, penumpukan lemak dan diabetes. Selain itu masih ada lima dampak negatif lain dari konsumsi gula yang berlebihan. Ini akibatnya, seperti yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.1. Gula Membuat KecanduanGula bersifat adiktif atau menimbulkan kecanduan. Bahkan menurut penelitian yang diadakan NBC News dan The Wallstreet Journal, gula sama adiktifnya dengan kokain atau ganja. Semakin banyak dan sering Anda mengonsumsinya, maka Anda akan semakin menginginkannya. Seperti diketahui, terlalu banyak mengasup gula bisa menyebabkan kegemukan dan berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes dan jantung.2. Membuat Mood Tidak StabilCokelat, cake, permen dan es krim kerap dianggap sebagai makanan penghilang stres. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah karena makanan enak dan manis memang bisa membuat perasaan lebih bahagia. Namun kebahagiaan yang dirasakan itu hanya semu. Nyatanya, gula justru bisa membuat mood Anda naik-turun. Saat melahap makanan manis, kadar gula darah akan naik denga [...]

Harapan Baru Kesuburan Wanita

Harapan Baru Kesuburan Wanita

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Di Amerika sebanyak 6,7 juta wanita menderita infertilitas, 1% diantaranya sulit untuk hamil akibat dari kurangnya kualitas dari telur mereka. Bagi beberapa wanita, ovarium (indung telur) tidak dapat memproduksi estrogen yang dibutuhkan untuk pematangan dari telur setiap bulannya sehiingga dapat memicu menopause dini. Beberapa waktu yang lalu para peneliti dari Stanford University mengembangkan suatu terobosan baru yaitu suatu teknik yang dapat membantu para wanita dalam mengatasi masalah fertilitas. Teknik baru ini dinamakan In Vitro Activation (IVA), yaitu suatu teknik yang dilakukan dengan cara mengambil ovarium atau sebuah jaringan ovarium, dikeluarkan dari tubuh lalu akan disuntikkan dengan protein dan beberapa faktor lain yang secara normal dapat memicu perkembangan dari telur yang tidak matang menjadi matang. Setelah itu jaringan yang telah disiapkan itu akan dimasukkan kembali ke dalam kandung telur wanita tersebut. Sebanyak 27 wanita yang ikut serta dalam penelitian dari Stanford ini, 5 wanita berhasil memproduksi telur sehat, dan beberapa diantaranya dapat melahirkan bayi sehat. Proses ini seperti yang disebutkan dalam jurnal the Proceedings of [...]

Ngorok Menurunkan Produktivitas Kerja

Ngorok Menurunkan Produktivitas Kerja

Seluruh perusahaan di dunia kini memiliki isu baru yang mengancaman penurunan profit tahunannya. Isu bermuara pada sektor penurunan produktivitas kinerja karyawan yang diakibatkan gangguan pola tidur oleh pernapasan (sleep apnea). Hal ini mengemuka pada sebuah presentasi dari program SLEEP 2011, 25thAnnual Meeting of the Associated Professional Sleep Societies, LLC (APSS) yang dilangsungkan di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat, Senin (13/06) lalu. Dimana para penelitian menyarankan kepada perusahaan-perusahaan besar agar bisa menyelamatkan jutaan dolar dalam hal produktivitas yang hilang dengan memperhatikan karyawan yang memiliki risiko terkena sleep apnea. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa perusahaan besar di Florida bisa menghemat sekitar 136 juta dolar dalam produktivitas kerja karyawan. Lebih dari 10 tahun penelitian menyarankan, agar karyawan berisiko sleep apnea untuk mengambil langkah pengobatan dengan Continuous Positive Airway Pressure (SPAP) terapi. Menurut Dr. Clelia Lima, seorang perawat keluarga praktisi di Universitas Nursing Central Florida di Orlando, bahwa definisi kinerja seperti sering mengantuk yang berlebihan, cepat marah, kurang konsentrasi dan vitali [...]

Tanpa Obat, Flu Bisa Cepat Sembuh dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Tanpa Obat, Flu Bisa Cepat Sembuh dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Sakit flu disebabkan oleh virus influenza yang menimbulkan berbagai gejala seperti pilek, demam dan sakit kepala. Flu bukanlah penyakit berbahaya tapi ketika menyerang, bisa membuat stamina tubuh menurun dan sulit beraktivitas karena lemas.Penyakit ini sebenarnya tidak perlu disembuhkan dengan konsumsi obat-obatan apalagi antibiotik. Menurut pakar nutrisi dr. Johannes Chandrawinata, SpKG, flu bisa hilang dengan sendirinya asalkan cukup asupan nutrisinya."Orang yang sakit flu bisa sembuh sendiri asalkan cukup gizi. Daya tahan tubuh yang akan melawan virus tersebut," ujarnya, saat berbincang dengan Wolipop melalui telepon, belum lama ini.Jadi sebelum buru-buru minum obat, sebaiknya jaga dulu asupan makanan Anda. Ada beberapa jenis makanan yang efektif mempercepat penyembuhan dari serangan flu. Ini beberapa di antaranya.1. Bawah PutihBawang putih mengandung antioksidan dan kaya akan selenium yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai bakteri dan virus, termasuk mencegah dan mengobati virus flu. Cara pengolahan bawang putih, kupas bawang, potong dan biarkan 15 hingga 20 menit sebelum dimasak untuk mengaktifkan enzim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.2 [...]

Membina Anak Cerdas Tidak Bisa Instan!

Membina Anak Cerdas Tidak Bisa Instan!

Demikian paparan singkat dr. Ahmad Suryawan. Sp.A(K) pada kesempatan acara Seminar & Workshop; ?Membentuk Anak Berperilaku CERDAS & CERDAS Berperilaku? di Kuningan City Ballroom, Jakarta (23/11) lalu. ?Kegagalan melalui periode kritis perkembangan otak anak dapat berakibat gangguan yang bersifat PERMANEN! Beda ya kalau kita gagal ujian, kita masih bisa coba lagi dan mempersiapkan lebih mantap lagi di lain kesempatan. Tetapi kalau sudah yang namanya membina anak untuk cerdas, kesempatannya cuma satu kali dan hasilnya langsung bersifat permanen sampai dewasa,? jelas dokter humoris yang akrab disapa dokter Wawan ini. Pada acara yang dihadiri sedikitnya 1.200 peserta itu dr. Wawan juga memaparkan bagaimana hal-hal apa saja yang menjadi pembentuk dan penentu masa depan anak di masa kritis perkembangan otak anak. ?Yang paling sederhana, stimulasi pertama yang paling mendasar untuk ke anak adalah memancingnya untuk tersenyum pada masa 1.000 hari pertama. Sementara, pada usia hingga 1 tahun perilaku anak adalah cenderung untuk mencontoh. Jadi senantiasa banyak-banyak tersenyumlah dengan ikhlas kepada anak Anda,? lanjutnya lebih jauh. ?Selanjutnya adalah peran nutrisi. Pastikan pada [...]

Bolehkah Mengonsumsi Sirop Batuk Saat Menyusui?

Bolehkah Mengonsumsi Sirop Batuk Saat Menyusui?

Banyak sekali pantangan untuk ibu menyusui, salah satunya adalah harus membatasi asupan gula, garam, lemak, dan makanan olahan. Namun, apakah hal itu berlaku bagi sirop batuk? Sirop batuk diklasifikasi sebagai antitusif yang dapat mengendurkan lendir dan dahak di tenggorokan maupun paru-paru. Anda dapat membelinya di apotek tanpa resep dokter. Kandungan aktif yang biasa terdapat pada sirop batuk, antara lain codeine, benzonatate, pseudoephedrine atau carbetapentane. Dua substansi lainnya, guaifenesin and dextromethorphan, dinilai aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Lalu, bagaimana dengan kandungan lainnya? Adakah kandungan pada obat batuk yang membahayakan bagi ibu menyusui? Berikut adalah dua kandungan pada obat batuk yang harus dihindari oleh ibu menyusui: Codeine Beberapa sirop batuk mengandung codeine. Codeine dapat dengan mudah dikeluarkan melalui air susu. Sebagian wanita memetabolisme codeine dengan stabil, sehingga hanya sedikit codeine yang mengontaminasi air susu mereka. Namun, beberapa wanita memiliki masalah dalam memetabolisme codeine dan hal tersebut dapat menghasilkan konsentrasi morfin dalam darah yang bisa membahayakan bayi. Benzonatate Benzonatate adalah bent [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *