Jangan Remehkan Sakit Tenggorokan Anda!

Jangan-Remehkan-Sakit-Tenggorokan-Anda.jpg

Radang tenggorokan memang kebanyakan disebabkan oleh infeksi virus yang umumnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan medis. Namun demikian, yakinkah Anda bahwa radang tenggorokan yang Anda alami disebabkan oleh virus?

Sebagian kecil radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri streptococcus, yang pada umumnya menimbulkan gejala yang lebih berat dibandingkan radang karena virus. Radang karena bakteri tidak dapat diobati hanya dengan terapi suportif, tetapi juga memerlukan pengobatan dengan antibiotik. Antibiotik ini pun harus dikonsumsi dalam dosis dan jumlah tertentu agar bakteri tersebut dapat diberantas sampai tuntas.

Pengobatan yang tidak adekuat dapat berakibat pada tidak sembuhnya penyakit, dan juga meningkatkan risiko timbulnya komplikasi.

Pada umumnya radang streptococcus mengenai anak berusia 5-15 tahun, namun tidak menutup kemungkinan dapat dialami oleh segala usia. Berikut adalah tanda dan gejala radang tenggorokan karena bakteri yang harus Anda waspadai :

  1. Nyeri tenggorokan
  2. Sulit dan nyeri menelan
  3. Amandel bengkak, merah, dan disertai ?kotoran? berwarna putih
  4. Bercak merah di langit-langit mulut
  5. Pembesaran kelenjar getah bening leher
  6. Demam
  7. Sakit kepala
  8. Ruam kemerahan pada kulit
  9. Nyeri perut, mual, dan muntah
  10. Lemas

Halaman selanjutnya menjelaskan apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami gejala-gejala di atas.

Jangan Remehkan Sakit Tenggorokan Anda!

Jika Anda mengalami tanda dan gejala tersebut, segeralah berkonsultasi kepada dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium untuk mengonfirmasi diagnosis. Pemeriksaan laboratorium tersebut dapat berupa pemeriksaan darah maupun kultur usapan tenggorokan.

Jika sudah tegak diagnosis radang tenggorokan karena streptococcus, dokter akan memberikan pengobatan ? termasuk di dalamnya antibiotik. Namun ada kalanya ? dalam persentasi kecil ? walaupun telah mengonsumsi antibiotik, komplikasi tetap bisa muncul.

Komplikasi dapat berupa penyebaran infeksi ke amandel, sinus, kulit, darah, dan telinga. Setelah radang tenggorokan sembuh pun dapat timbul penyakit lain, yaitu demam rheuma dan radang ginjal. Demam rheuma ini dapat mengenai jantung, sendi, saraf, dan kulit.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena bakteri ini sangat menular, menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar sangatlah penting. Streptococcus dapat menyebar melalui udara.

Oleh karena itu, biasakan menutup hidung dan mulut ketika bersin ataupun batuk. Jangan membuang tisue bekas pakai di sembarang tempat. Hindari pula berbagi makanan atau minuman dengan orang lain. Cucilah tangan sebelum makan, setelah ke kamar kecil, memegang barang yang kotor, atau sehabis bepergian. Bersihkan meja kerja, gagang pintu, telepon genggam, tas, dan benda-benda lainnya yang berpotensi menjadi sarang kuman.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Wanita Alkoholik Lebih Cepat Kena Kanker

Wanita Alkoholik Lebih Cepat Kena Kanker

Wanita yang riwayat keluarganya memiliki penyakit kanker payudara sebaiknya menghindari minuman alkohol. Sebuah studi menemukan bahwa wanita peminum alkohol yang keluarganya memiliki riwayat penyakit tersebut, berisiko tinggi mengidap gangguan payudara lebih cepat ketimbang mereka yang tidak minum.Tim peneliti dari Harvard Medical School mengamati 7.000 perempuan berumur 9 hingga 15 dari tahun 1996 hingga 2007. Sebanyak 17% dari mereka memiliki ibu, tante, atau nenek yang memiliki masalah payudara, seperti dikutip dari Daily Mail.Di antara peminum berat-yang telah mulai minum alkohol sejak umur 22 tahun, persentase perkembangan gangguan di payudara meningkat. Pemimpin riset, Catherine Berkley mangatakan bahwa banyak wanita muda yang mulai minum alkohol harus mengetahui latar belakang kesehatan keluarga mereka.Di luar riwayat keluarga, alkohol juga diketahui sebagai salah satu minuman yang harus dijauhi penderita kanker. Sekitar 90% dari benjolan di payudara bukanlah kanker, namun hal tersebut menjadi tanda dari penyakit berbahaya tersebut, dan alkohol adalah pemicu utamanya. (fer/hst) [...]

Satu dari 4 Pria Ingin Pasangan Memiliki Gigi Sempurna

Satu dari 4 Pria Ingin Pasangan Memiliki Gigi Sempurna

Sebuah survei yang dilakukan di London baru-baru ini mengungkapkan betapa pentingnya penampilan seorang wanita di mata pasangannya. Survei ini dilakukan oleh VoucherCodesPro.co.uk dan melibatkan 1.248 pria Inggris. Menurut survei yang dirilis di MailOnline tersebut, meskipun mayoritas peserta survei menyatakan puas dengan penampilan pasangan ternyata 1 dari 4 responden menginginkan pasangannya untuk menjalani pembedahan kosmetik. Di antara responden tersebut, mayoritas pria (57%) menginginkan pasangan menjalani liposuction (sedot lemak), diikuti dengan breast enlargement (pembesaran payudara) dan dental surgery (perawatan gigi). Satu dari 4 Pria Ingin Pasangan Memiliki Gigi Sempurna Dari sejumlah responden yang menginginkan pasangan menjalani pembedahan untuk meningkatkan penampilannya, hanya 12% yang menyatakan bahwa mereka mengungkapkan keinginan tersebut pada pasangannya. Sebanyak 52 % hanya menyimpan keinginan ini dalam hati dengan alasan tidak ingin membuat pasangannya kecewa atau marah, atau dengan alasan menghindari pertengkaran (23%). Tampaknya memang telah terjadi pergeseran trend pada perawatan gigi. Dahulu perawatan di bidang kedokteran gigi lebih [...]

Awas! Mendengkur Bisa Sebabkan Kematian Akibat Kanker

Awas! Mendengkur Bisa Sebabkan Kematian Akibat Kanker

Bagi Anda atau memiliki anggota keluarga yang punya kebiasaan mendengkur, ada baiknya berhati-hati. Menurut penelitian, mendengkur bisa sebabkan kematian akibat kanker.Penelitian menemukan, pendengkur dalam skala ringan lebih beresiko 0,1 kali meninggal karena kanker dibandingkan mereka yang tidak mendengkur. Sedangkan untuk pendengkur skala menengah, lebih beresiko 2 kali meninggal karena kanker, dan 4,8 kali lebih berisiko bagi mereka yang memiliki masalah mendengkur akut.Hasil penelitian tersebut diketahui berdasarkan data dari penelitian yang dilakukan terhadap 1.522 orang selama 22 tahun. Sebelumnya ada penelitian pada tikus yang menunjukkan bahwa kekurangan oksigen yang disebabkan oleh dengkuran dapat memicu pertumbuhan tumor."Bukti yang konsisten diperlihatkan dari penelitian terhadap hewan dan bukti baru terhadap manusia ini sangat menarik. Penelitian ini adalah penelitian pertama yang menunjukkan terdapat hubungan antara pola pernapasan teratur ketika tidur (SDB) dan peningkatan resiko kematian karena kanker berdasarkan sampel dalam populasi, " ujar Dr Javier Nieto, salah satu peneliti di Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat, Wisconsin University.Nieto menambahk [...]

Es Teh Bisa Sebabkan Batu Ginjal!

Es Teh Bisa Sebabkan Batu Ginjal!

Bagaimana bisa? Karena teh hitam mengandung oksalat yang dalam jumlah besar dapat terkonsentrasi di dalam urin dan menyebabkan pembentukan batu ginjal. Kandungan oksalat di dalam teh cukup tinggi, belum lagi jika ditambah dengan konsumsi sayuran hijau seperti bayam yang juga tinggi oksalat maka dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal oksalat meningkat. Dalam sebuah penelitian, dikatakan bahwa sumber oksalat utama pada pasien-pasien dengan batu ginjal adalah kopi dan teh hitam yang diminum secara rutin setiap hari. Beda Teh Hitam, Beda Teh Hijau Berbeda dengan teh hijau yang telah diteliti ternyata mengurangi risiko pembentukan batu ginjal kalsium karena mengurangi mengurangi pengeluaran dan penumpukan kalsium. Kalsium juga merupakan salah satu substansi yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Teh hijau juga mengurangi pengeluaran dan penumpukan oksalat di dalam urin. Antioksidan di dalam teh hijau juga dianggap salah satu faktor yang mencegah pembentukan batu ginjal. Untuk mengatasi penumpukan oksalat di dalam urin dan pembentukan batu oksalat di ginjal, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Halaman berikut penjelasan selengkapnya: Es Teh Bisa Sebabk [...]

Biasa Taruh Laptop di Paha? Awas Kulit Bisa Rusak!

Biasa Taruh Laptop di Paha? Awas Kulit Bisa Rusak!

Anda sering menggunakan laptop sambil meletakkannya di pangkuan? Sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan ini karena Anda dapat mengalami masalah kulit dan pembuluh darah yang dalam dunia medis disebut dengan Erythema ab igne. Seperti terlihat pada gambar disamping, kulit yang terpapar laptop mengalami gangguan Erythema ab igne. Kulit muncul bercak merah-merah, sehingga pada beberapa orang menimbulkan kekhawatiran dan menurunkan rasa percaya diri karena berpengaruhnya pada penampilan. Apakah Erythema ab igne Penyakit Baru? Bukan. Penyakit ini pernah muncul zaman dahulu. Walau pencetusnya bukanlah karena laptop, yang notabene teknologi jaman dahulu belum memungkinkan ada laptop. Jaman dahulu, masalah kulit ini sering terjadi pada mereka yang bekerja dekat dengan api dan sering terpapar panas seperti bekerja di depan kompor atau tungku api. Jaman sekarang ini, kejadian Erythema ab igne lebih sering terjadi pada penggunaan laptop di pangkuan, alat-alat penghangat bahkan ikan pinggang sauna yang sering digunakan untuk menghilangkan lemak di perut. Jadi apa itu Erythema ab igne? Biasa Taruh Laptop di Paha? Awas Kulit Bisa Rusak! Anda sering menggunakan laptop sambi [...]

Bekerja Lebih Dari 11 Jam Bisa Bahayakan Jantung

Bekerja Lebih Dari 11 Jam Bisa Bahayakan Jantung

Apakah Anda temasuk orang yang 'workaholic' dan gemar kerja lembur? Sebaiknya waspada, karena menurut penelitian, hal tersebut bisa berakibat buruk bagi kesehatan jantung Anda.Penelitian terbaru yang dilakukan di University College London menjelaskan bahwa karyawan yang setiap hari bekerja lebih dari 11 jam lebih rentan mengalami serangan jantung. Risikonya sekitar 67 persen lebih tinggi dibandingkan karyawan yang bekerja 7-8 jam/hari.Kesimpulan itu diperoleh setelah para peneliti melakukan pengamatan terhadap 7.000 pegawai negeri sipil di London. Dalam pengamatan yang dilakukan selama 11 tahun tersebut, 192 orang mengalami serangan jantung dan sebagian besar karena bekerja lebih dari 11 jam/hari.Indeks massa tubuh (IMT), usia, tekanan darah dan kadar kolesterol memang mempengaruhi risiko serangan jantung. Namun stres akibat kerja lembur bisa meningkatkan risikonya sebesar lima persen dan diperkirakan memicu serangan jantung pada 6.000 orang/tahun di seluruh dunia."Kami telah melihat bahwa bekerja terlalu lama dapat dikaitkan dengan peningkatan luar biasa mengenai risiko penyakit jantung," ujar Profesor Mika Kivimaki yang memimpin penelitian tersebut, seperti yang dikutip dari T [...]

Ini Kebiasaan yang Bisa Merusak Jadwal Tidur

Ini Kebiasaan yang Bisa Merusak Jadwal Tidur

Gangguan tidur sering dialami banyak orang. Sebelum mencoba mengonsumsi obat tidur, ada baiknya memeriksa ulang rutinitas saat malam hari. Beberapa ritual favorit saat malam hari dapat menyebabkan masalah gangguan tidur.Menurut sebuah studi terbaru oleh National Sleep Foundation, diperkirakan 65 persen orang Amerika mengalami masalah tidur beberapa malam setiap minggu. Tidur terlalu sedikit dihubungkan dengan peningkatan risiko obesitas dan depresi.Berikut beberapa kebiasaan sebelum tidur yang dapat menyebabkan gangguan tidur seperti dikutip dari detikhealth.1. Pergi Tidur Lebih CepatBanyak orang mempunyai persepsi bahwa tidur cepat hanya berlaku untuk anak-anak. Lakukan perawatan ekstra untuk mempertahankan jadwal tidur, terutama pada akhir pekan.Tubuh merespon rutinitas. Sehingga jika telah terbiasa tidur larut malam, maka tubuh akan terbiasa. Oleh karena itu, maka perlu dibiasakan untuk tidur lebih cepat.2. Membawa Buku ke Tempat TidurMembaca buku sebelum tidur telah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Masalahnya adalah, tubuh telah beradaptasi dengan kemungkinan bahwa rutinitas tidak akan pergi tidur hingga setelah membaca buku.Tubuh sangat mudah merespon rutinitas. Jika in [...]

3 Khasiat Air Kelapa untuk Buka Puasa

3 Khasiat Air Kelapa untuk Buka Puasa

Sangatpentingadanya bagi kita untuk segera mengganti cairan tubuh yang hilang ketika berbuka puasa. Karena metabolisme tubuh kita perlu dikembalikan keseimbangannya setelah 14 jam tanpa asupan cairan. Selain dianjurkan untuk mengutamakan cairan dan makanan yang berserat untuk menurunkan rasa lapar, ada beberapa cairan yang dapat direkomendasikan untuk dijadikan pilihan sebagai menu berbuka. Diantaranya adalah air kelapa. Air buah kelapa dapat dikonsumsi sebagai minuman berbuka puasa karena berbagai alasan berikut: Kelapa memiliki kandungan gula sederhana yang dapat mengembalikan kadar gula dalam darah secara cepat. Berbeda dengan minuman bersoda atau minuman energi, dimana kandungan gulanya cenderung membahayakan tubuh dengan ancaman diabetes. Hal yang membuat air kelapa unik berbeda dengan minuman manis lainnya adalah air kelapa memiliki kaya kandungan elektrolit yang juga membantu pemulihan kadar gula tubuh. Air kelapa alami diketahui memiliki sedikit kandungan kalori. Sehingga dapat menurunkan rasa lapar setelah berpuasa, namun tanpa meninggalkan rasa terlalu kenyang sehingga mengganggu makan utama berikutnya. Namun demikian, sekalipun diketahui rendah kalori, yak [...]

5 Gerakan di Pagi Hari Agar Tubuh Tidak Lemas Setelah Bangun Tidur

5 Gerakan di Pagi Hari Agar Tubuh Tidak Lemas Setelah Bangun Tidur

Saat bangun pagi, seringkali tubuh terasa masih lemas, lesu, dan kaku. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Kurang tidur, tidak nyenyak atau posisi yang kurang tepat. Aktivitas di pagi hari pun jadi terhambat karena kondisi ini. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa membuat otot tubuh relaks dan otak lebih jernih sehingga siap menjalani kegiatan seharian. Coba lakukan lima gerakan ini tiap pagi, seperti dikutip dari Total Beauty.1. BernapasGelar matras atau karpet, duduklah di atasnya dengan posisi kaki bersila. Ambil nafas dalam-dalam lewat hidung, tahan beberapa detik dan lepaskan lewat mulut secara perlahan. Ulangi sebanyak tiga kali.2. Putar LeherMasih dalam posisi kaki bersila, putar leher Anda perlahan-lahan ke arah yang sama sebanyak lima kali. Kemudian putar ke arah berlawanan dengan jumlah yang sama.3. BerdiriBerdiri di posisi tegak dengan pinggul dan perut mengarah ke dalam, serta kaki sedikit terbuka. Letakkan kedua tangan di samping tubuh. Lebarkan jarak jari-jari kaki dan rasakan tekstur karpet atau lantai untuk melancarkan peredaran darah. Setelah itu, dekatkan tubuh ke dinding, naikkan satu tangan ke atas kepala dan tekuk sementara tangan lainnya diregangk [...]

Lomba Lari Jadi Tren Gaya Hidup, Jangan Asal Ikut Sebelum Tahu Hal Ini

Lomba Lari Jadi Tren Gaya Hidup, Jangan Asal Ikut Sebelum Tahu Hal Ini

Olahraga lari kini tidak hanya menjadi aktivitas fisik untuk membuat tubuh bugar. Bermula dari didirikannya komunitas IndoRunners pada 2009, lari kini berkembang menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan. Ajang lomba marathon pun kian marak, sedikitnya ada dua hingga tiga perhelatan marathon yang diadakan setiap minggunya. Mulai dari 5K, 10K hingga 42K."Lomba lari kini sudah menjadi semacam bagian dari gaya hidup atau budaya orang Indonesia," tutur Reza Puspo, pendiri Indo Runners saat konferensi pers 'Road To Nutrilite Health Run 2015' di Bloeming Bar & Resto, fX Center, Jakarta Pusat, Kamis (26/3/2015). Lari memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari melangsingkan hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Namun lari merupakan aktivitas fisik berintensitas tinggi yang memerlukan tenaga lebih, ketahanan tubuh yang baik juga meningkatkan detak jantung. Bagi pemula khususnya yang jarang berolahraga, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai ikut lomba lari.Dokter spesialis kesehatan olahraga DR. (med) Dr. Carmen SY Jahja, Sportmed, menjelaskan saat olahraga akan terjadi peningkatan peran dan fungsi seluruh tubuh. Frekuensi detak jantung bertambah, juga terja [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *