Jangan Sampai Tangan Kering Membuat Malu

jangan-sampai-tangan-kering-membuat-malu.jpg

Saat bertemu orang, menciptakan kesan pertama yang baik merupakan hal yang sangat penting. Salah satunya melalui jabat tangan. Menjabat tangan orang dengan genggaman tegas dapat memberikan kesan baik. Tentu saja, kondisi kulit tangan Anda juga dapat memengaruhi kesan tersebut.

Kulit tangan yang sangat kering, kasar, serta pecah-pecah bukan saja mengganggu penampilan, tapi juga menimbulkan rasa sakit dan nyeri bagi penderitanya. Hal ini terjadi karena kulit kehilangan kelembapannya. Misalnya karena Anda terlalu sering mencuci tangan.Pekerjaan juga bisa menjadi penyebabnya jika selama ini pekerjaan membuat tangan Anda terekspos kepada bahan-bahan kimia yang menyebabkan kulit kering dan bersisik.

Menangani Kulit Tangan Kering

Demi mencegah permukaan kulit tangan yang kering, Anda bisa lakukan beberapa langkah sederhana.

Pelembap

Selalu gunakan pelembap tiap setelah mandi, saat akan beraktivitas keluar rumah, setelah mencuci tangan, dan sebelum tidur. Losion yang kaya dengan kandungan pelembap biasanya mengandung gliserin, ceramides, asam lemak,dan shea butter. Jika kulit tangan Anda pecah-pecah, Cobalah mengoleskan petroleum jelly sebelum tidur dan gunakan sarung tangan dari bahan katun sepanjang malam. Biarkan petroleum jelly bekerja menyembuhkan kulit Anda.

Sarung Tangan

Jika Anda bepergian ke daerah dingin seperti pegunungan atau berada di dalam ruangan yang sangat dingin, sarung tangan bisa membantu mencegah kulit tangan Anda kering. Udara yang terlalu dingin membuat tubuh kehilangan kelembapan lebih cepat dan berakibat pada keringnya kulit. Jika kulit kering Anda disebabkan oleh faktor pekerjaan, pastikan Anda selalu menggunakan sarung tangan karet sebelum menyentuh bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kulit.

Tabir Surya

Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tiap kali Anda beraktivitas di luar rumah. Sinar matahari juga dapat membuat kulit lebih cepat kering.

Gunakan Sabun yang Lembut di Kulit

Tidak seperti wajah yang memproduksi lebih banyak minyak, tangan dan kaki lebih mudah kering. Gunakan sabun cair dan jangan sabun batang karena sabun batang membuat kulit lebih kering. Sebaliknya, sabun cair dapat mempertahankan kelembapan alami tubuh lebih lama. Anda juga bisa menambahkan minyak alami seperti minyak avokad atau almond untuk mengatasi kulit kering dan pecah-pecah. Tambahkan beberapa tetes minyak alami ini ke dalam bak mandi Anda, gunakan air hangat (jangan panas), dan jangan mandi atau berendam terlalu lama.

Jangan Terlalu Sering Mencuci Tangan

Mencuci tangan memang bagus dan dapat menjauhkan Anda dari bakteri atau virus penyebab penyakit. Tapi jika Anda memiliki kulit tangan yang sangat kering, jangan terlalu sering mencuci tangan. Gunakan sarung tangan karet saat mencuci piring atau membersihkan kamar mandi. Hal ini juga berlaku untuk cairan pembersih tangan. Cairan semacam ini biasanya mengandung banyak alkohol yang dapat menghilangkan minyak alami tubuh dan membuat kulit tangan kering dan pecah-pecah.

Pola Makan

Makanan juga dapat memengaruhi kesehatan kulit. Hindari makanan yang terlalu asin, dan pastikan Anda minum banyak air untuk menjaga kadar cairan tubuh. Tingkatkan asupan makanan yang kaya dengan kandungan air seperti sayuran hijau, timun, seledri, tomat, dan stroberi.

Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling sibuk. Kita menggunakan tangan untuk beraktivitas tiap hari. Karena itu, pastikan Anda merawatnya dengan benar. Jika cara-cara di atas tidak dapat membuat kulit bersisik dan pecah-pecah di tangan Anda menghilang, ada baiknya Anda menghubungi dokter kulit untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ambil Sejumlah Manfaat Wortel dari Resep Ini

Ambil Sejumlah Manfaat Wortel dari Resep Ini

Wortel, sayuran berwarna oranye ini banyak digemari, baik karena rasanya yang manis maupun manfaatnya yang melimpah. Wortel diketahui kaya akan antioksidan yang berperan penting mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Bahkan, pada awalnya wortel dibudidayakan sebagai tanaman obat. Mau tahu apa saja hal-hal positif yang terkandung di dalamnya? Berikut adalah beberapa manfaat wortel bagi kesehatan tubuh. Pencegah Kanker Kandungan karotenoid dalam wortel merupakan antioksidan yang berfungsi mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas dipercaya dapat memicu beberapa penyakit kronis seperti kanker, serta mempercepat penuaan dini. Sebuah penelitian menemukan bahwa diet yang kaya akan beta-karoten, yaitu salah satu jenis karotenoid, untuk lelaki muda dapat membantu mencegah sel kanker prostat. Selain itu, konsumsi wortel juga dikaitkan dengan proteksi terhadap terjadinya kanker usus besar. Sebuah studi mengungkapkan bahwa perokok yang tidak mengonsumsi wortel memiliki risiko kanker paru-paru tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang rutin mengonsumsi wortel, setidaknya sekali dalam seminggu. Namun demikian, bila Anda adalah perokok, mengonsumsi wortel [...]

Stamina Prima Berkat Makanan Mengandung Zat Besi

Stamina Prima Berkat Makanan Mengandung Zat Besi

Iklan suplemen zat besi sering kali tampil di berbagai media. Memang zat besi merupakan mineral yang penting agar stamina tubuh maksimal setiap hari, meskipun suplemen harus dikonsumsi secara hati-hati. Sebenarnya ada banyak pilihan makanan mengandung zat besi yang mampu mencukupi kebutuhan tersebut. Salah satu guna utama zat besi adalah memproduksi sel darah merah yang akan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan seseorang merasa lemah, letih dan lebih sensitif karena tubuh mengalami kekurangan oksigen akibat dari penurunan produksi sel darah merah. Sumber-sumber Makanan yang Dapat Menjadi Pilihan Makanan yang dikonsumsi sehari-hari dapat mencukupi kebutuhan zat besi harian Anda. Hanya saja, ada beberapa pilihan yang diketahui kaya akan zat besi dibanding makanan lain. Anda dapat mengonsumsi makanan mengandung zat besi, seperti beragam jenis biji-bijian, kacang-kacangan, kismis, beras merah, tepung dari kedelai, sayur-sayuran berwarna hijau gelap serta sereal yang sudah difortifikasi dengan zat besi. Daging juga kaya kandungan zat besi. Selain itu, hati merupakan sumber makanan yang banyak mengandung zat besi. Namun, ibu hamil sebaiknya berhati- [...]

Jangan Lupa Diri Menikmati Gorengan

Jangan Lupa Diri Menikmati Gorengan

Makanan yang digoreng dapat ditemukan mulai dari sajian utama hingga camilan. Rasa gurih dan renyah kadang-kadang dapat membuat penikmatnya lupa diri. Padahal ada risiko di baliknya. Menggoreng merupakan salah satu proses memasak yang paling umum. Ketika makanan digoreng, terjadi perubahan kandungan nutrisi. Makanan yang digoreng dapat kehilangan kandungan air, meningkatkan kandungan lemak, dan kandungan energi. Selain mengubah kandungan nutrisi, proses ini juga memengaruhi minyak yang digunakan. Terutama pada minyak yang dipergunakan kembali, terjadi proses oksidasi dan hidrogenasi yang mengakibatkan hilangnya lemak tidak jenuh dan terjadi peningkatan lemak trans. Pada akhirnya, makanan yang digoreng akan menyerap penurunan kualitas dari minyak yang digunakan. Namun pada saat yang sama, proses menggoreng dapat meningkatkan kelezatan dengan membuat makanan menjadi renyah. Risiko Apa Saja yang Ditimbulkan? Mengonsumsi makanan gorengan dalam porsi besar kerap dihubungkan dengan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan obesitas. Sebuah penelitian yang dipimpin Leah Cahill dari Department of Nutrition, Harvard School of Public Health (HSPH) bersama deng [...]

Mengingatkan Kembali kepada Manfaat Karbohidrat

Mengingatkan Kembali kepada Manfaat Karbohidrat

Glukosa atau gula yang terdapat pada karbohidrat berfungsi sebagai bahan bakar yang akan digunakan oleh tubuh seperti sel otot dan otak. Dari nutrisi yang didapatkan melalui manfaat karbohidrat yang ideal, Anda bisa mencukupi energi yang dibutuhkan tubuh tiap harinya. Sumber karbohidrat alami mudah ditemukan, yaitu ada pada makanan padi-padian, biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, dan susu. Jenis-jenis Karbohidrat Ada tiga makronutrien, yaitu nutrisi yang sama-sama terdapat pada sebagian makanan yang kita konsumsi. Salah satu dari ketiga makronutrien adalah karbohidrat. Dua makronutrien lainnya adalah lemak dan protein. Karbohidrat sendiri terdiri tiga jenis, yaitu: Pati Pati adalah karbohidrat yang terdapat pada makanan yang berasal dari tanaman. Contohnya, biji-bijian, sayuran, dan kacang-kacangan. Makanan bertepung, seperti pasta dan roti, juga termasuk pati. Serat Serat juga terdapat pada makanan yang berasal dari tanaman. Roti gandum, kacang-kacangan, dan sebagian sayuran yang dimakan bersama kulitnya adalah sumber serat yang baik. Gula Tidak semua karbohidrat adalah gula, tetapi semua gula adalah karbohidrat. Gula bisa didapat secara alami dari berbagai ma [...]

Tips Memakai Sepatu High Heels yang Nyaman

Tips Memakai Sepatu High Heels yang Nyaman

Tak semua wanita dianugerahi kaki yang jenjang. Hingga kemudian banyak yang memilih menggunakan sepatu high heels atau hak tinggi untuk menunjang penampilannya. Yang tergolong sepatu high heels yaitu yang memiliki hak sepatu mulai dari 5 ? 12 cm atau lebih. Ada beragam jenis sepatu high heels yang ada di pasaran, seperti stiletto, pump, wedge, dan lain-lain. Sayangnya, sepatu high heels kerap membuat penggunanya merasa terganggu saat memakainya. Berikut beberapa tips menggunakan sepatu high heels yang nyaman : Pastikan ukuran sepatu sesuai. Mengukur kaki, sebaiknya tidak hanya panjangnya saja. Lebar kaki juga sebaiknya diperhatikan. Pengukuran sebaiknya dilakukan menjelang malam hari dengan posisi berdiri. Ukuran yang tidak pas, hanya akan menambah beban dan nyeri pada kaki. Pilih sepatu dengan heel atau hak yang tebal. Sepatu jenis ini akan mencegah tumpuan tertuju pada ujung atau bantalan depan telapak kaki saja. Kaki juga akan lebih stabil dan peregangan jaringan dan otot kaki tidak terlalu besar jika dibandingkan stileto yang memiliki hak berbentuk kecil dan tajam. Sepatu jenis ini juga dapat meminimalisir gangguan tendon Achilles pada kaki. Ujung sepatu yang lebar. Se [...]

6 Benda yang Kita Genggam Ini, Lebih Kotor dari Dudukan Toilet

6 Benda yang Kita Genggam Ini, Lebih Kotor dari Dudukan Toilet

Dudukan toilet sering dicap sebagai benda yang paling kotor. Padahal sebenarnya banyak benda di sekitar kita yang lebih kotor, bahkan beberapa di antaranya sangat dekat dengan kita lho. Memang banyak jenis virus yang dapat menghuni di sekitar toilet, terutama yang digunakan untuk umum. Mulai dari virus penyebab flu, hepatitis sampai dengan bakteri streptococus dan lain-lain. Tapi, dengan sistem imunitas kita maka virus-virus itu tidak akan mampu masuk lebih jauh lagi ke dalam tubuh. Penyakit-penyakit kelamin yang dikhawatirkan menular lewat toilet umum seperti gonore atau klamidia, juga tidak umum terjadi. Jika dudukan toilet sering membuat jijik, sebaiknya waspada dengan benda-benda ini yang justru tak kalah dekat dengan kita sehari-hari : 1. Jari tangan. Seorang ahli mengatakan jari-jari mudah sekali membawa kuman, lalu memindahkannya ke bagian tubuh lain atau permukaan-permukaan lain. Mata, mulut atau hidung yang terkena kuman bisa membuat kita sakit. Untuk itu perlu mencuci tangan dengan air dan sabun, termasuk setelah dari kamar mandi. Lamanya mencuci tangan sebaiknya setara dengan panjang setengah lagu ?burung kakak tua? . Penelitian membuktikan, pria lebih sedikit yang me [...]

Membedakan Jenis dan Manfaat Gandum

Membedakan Jenis dan Manfaat Gandum

Gandum sering disebut sebagai bahan makanan yang perlu ada dalam pola makan sehat dan program penurunan berat badan. Benarkah bahan makanan ini kaya akan manfaat? Gandum adalah biji tumbuhan rumput-rumputan yang dibudidayakan untuk dikonsumsi. Bahan makanan ini terdiri dari dedak, endosperma, dan benih. Bahan makanan ini menjadi bahan dasar utama pembuat berbagai makanan, seperti biskuit, bubur, roti, cake, donat, dan banyak lagi. Warna biji gandum sendiri bermacam-macam. Ada yang berwarna merah, putih, dan kuning. Warna cokelat kemerahan adalah hasil dari adanya senyawa fenolik di dalam dedak. Sementara biji gandum putih memiliki kandungan rendah fenolat dan enzim kecokelatan. Ada lagi yang berwarna kekuningan, yaitu gandum durum yang menghasilkan tepung semolina. Warna ini didapat dari pigmen karotenoid yang disebut lutein. Terdapat berbagai jenis gandum yang semuanya dapat menjadi sumber karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral yang baik karena mengandung tingkat lemak yang rendah. Sementara jenis gandum utuh adalah gandum yang disebut dapat memberikan manfaat terbaik. Berbagai Manfaat Gandum Gandum, terutama gandum utuh, merupakan sumber serat yang baik. Pada tiap takaran [...]

Cara Memilih dan Merawat Sikat Gigi

Cara Memilih dan Merawat Sikat Gigi

Jangan sampai sikat gigi Anda justru mendatangkan penyakit. Tidak semua sikat gigi tepat untuk digunakan tiap orang. Ada banyak pilihan jenis, bentuk, dan merek di pasaran. Tapi mana yang tepat? Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan Anda ketika memilih sikat gigi yang tepat. Ukuran. Pilih kepala sikat dengan ujung mengecil yang memudahkan pergerakan bulu sikat untuk menjangkau seluruh permukaan gigi hingga ke bagian terujung. Pastikan pegangannya cukup panjang sehingga memudahkan Anda untuk menggerakkannya. Segera ganti jika kepala sikat terasa tidak nyaman atau terlalu besar di dalam mulut Anda. Untuk anak, pilih sikat gigi yang sesuai dengan usia dan ukuran mulutnya. Jenis bulu sikat. Pada label sikat gigi, sering tertulis pilihan soft, medium, atau hard. Pilih yang mana? Tergantung kekuatan Anda menyikat dan kekuatan gigi Anda. Ujung bulu sikat yang terlalu kasar/keras dapat merusak gusi, akar, dan lapisan pelindung gigi, terutama jika Anda menyikat gigi terlalu kencang. Sikat gigi elektrik? Sikat gigi elektrik dapat menjadi solusi untuk orang tertentu seperti pengidap artritis atau keterbatasan/kekakuan pada tangan, lengan, atau pundaknya. Anda juga [...]

Berikan Kemewahan untuk Kulit dengan Mandi Susu

Berikan Kemewahan untuk Kulit dengan Mandi Susu

Bagi Anda yang menaruh perhatian khusus kepada kulit, mandi susu bisa menjadi alternatif yang menarik. Mandi susu dipercaya dapat mengangkat sel-sel kulit yang telah mati dan melembapkan kulit yang kering. Kabarnya, ratu-ratu zaman Mesir kuno sudah menggunakan susu untuk mempercantik kulit mereka. Hingga saat ini, masyarakat meyakini bahwa susu tidak hanya baik untuk kecantikan, tetapi juga untuk kesehatan kulit. Manfaat Susu Selain diminum secara langsung, manfaat susu juga dapat diperoleh dengan cara dioleskan langsung ke kulit. Manfaat-manfaat susu untuk kulit, antara lain: Mengecilkan pori-pori Produk-produk yang mengandung susu diduga dapat mengecilkan pori-pori, sehingga kulit tampak lebih cantik. Membuat wajah lebih bersinar Susu biasa digunakan sebagai penyegar wajah. Mengoleskan susu ke wajah sebagai penyegar di malam hari dipercaya akan membuat wajah Anda tampak lebih bersinar. Membuat kulit lebih halus Masker tidak hanya dapat digunakan untuk wajah, tetapi juga untuk seluruh tubuh. Pemakaian masker secara rutin dipercaya dapat membuat kulit tampak segar dan halus. Mengangkat sel kulit mati Susu dapat dijadikan scrub yang mungkin berguna untuk mengangkat sel kulit yang [...]

Memperbaiki Postur Tubuh dengan Pilates

Memperbaiki Postur Tubuh dengan Pilates

Pilates kini makin populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Diambil dari nama penciptanya, Joseph Pilates, olah tubuh ini menawarkan beragam manfaat bagi tubuh. Pada dasarnya, pilates terdiri dari 25 hingga 50 gerakan latihan kekuatan. Gerakan pilates berfokus pada perut, punggung bagian bawah, panggul, dan paha. Metode yang digunakan terdiri dari gerakan ketahanan dan kekuatan otot, serta latihan fleksibilitas yang tergolong low-impact. Memperbaiki Kondisi Tubuh Ketika dilakukan secara teratur, banyak manfaat pilates yang dapat diperoleh tubuh, antara lain: Kesadaran terhadap tubuh secara keseluruhan. Pilates akan melatih pikiran untuk berkoordinasi dan bertindak secara simetris dengan tubuh. Lebih jauh, seseorang akan memiliki lebih banyak kesadaran untuk melakukan gerakan, duduk, atau berdiri dengan tepat berkat latihan pilates. Hal itu akan membantu untuk menghindari dan mengurangi rasa nyeri akibat kebiasaan yang tidak benar sebelumnya. Meningkatkan kemampuan mengendalikan tubuh. Pilates akan membiasakan seseorang untuk menggerakkan tubuh secara sinergis, tidak hanya bertumpu pada kelompok otot-otot utama. Memperkuat perut dan punggung. Pilates tidak hanya memfokuska [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *