Jangan Sampai Tangan Kering Membuat Malu

jangan-sampai-tangan-kering-membuat-malu.jpg

Saat bertemu orang, menciptakan kesan pertama yang baik merupakan hal yang sangat penting. Salah satunya melalui jabat tangan. Menjabat tangan orang dengan genggaman tegas dapat memberikan kesan baik. Tentu saja, kondisi kulit tangan Anda juga dapat memengaruhi kesan tersebut.

Kulit tangan yang sangat kering, kasar, serta pecah-pecah bukan saja mengganggu penampilan, tapi juga menimbulkan rasa sakit dan nyeri bagi penderitanya. Hal ini terjadi karena kulit kehilangan kelembapannya. Misalnya karena Anda terlalu sering mencuci tangan.Pekerjaan juga bisa menjadi penyebabnya jika selama ini pekerjaan membuat tangan Anda terekspos kepada bahan-bahan kimia yang menyebabkan kulit kering dan bersisik.

Menangani Kulit Tangan Kering

Demi mencegah permukaan kulit tangan yang kering, Anda bisa lakukan beberapa langkah sederhana.

Pelembap

Selalu gunakan pelembap tiap setelah mandi, saat akan beraktivitas keluar rumah, setelah mencuci tangan, dan sebelum tidur. Losion yang kaya dengan kandungan pelembap biasanya mengandung gliserin, ceramides, asam lemak,dan shea butter. Jika kulit tangan Anda pecah-pecah, Cobalah mengoleskan petroleum jelly sebelum tidur dan gunakan sarung tangan dari bahan katun sepanjang malam. Biarkan petroleum jelly bekerja menyembuhkan kulit Anda.

Sarung Tangan

Jika Anda bepergian ke daerah dingin seperti pegunungan atau berada di dalam ruangan yang sangat dingin, sarung tangan bisa membantu mencegah kulit tangan Anda kering. Udara yang terlalu dingin membuat tubuh kehilangan kelembapan lebih cepat dan berakibat pada keringnya kulit. Jika kulit kering Anda disebabkan oleh faktor pekerjaan, pastikan Anda selalu menggunakan sarung tangan karet sebelum menyentuh bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kulit.

Tabir Surya

Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tiap kali Anda beraktivitas di luar rumah. Sinar matahari juga dapat membuat kulit lebih cepat kering.

Gunakan Sabun yang Lembut di Kulit

Tidak seperti wajah yang memproduksi lebih banyak minyak, tangan dan kaki lebih mudah kering. Gunakan sabun cair dan jangan sabun batang karena sabun batang membuat kulit lebih kering. Sebaliknya, sabun cair dapat mempertahankan kelembapan alami tubuh lebih lama. Anda juga bisa menambahkan minyak alami seperti minyak avokad atau almond untuk mengatasi kulit kering dan pecah-pecah. Tambahkan beberapa tetes minyak alami ini ke dalam bak mandi Anda, gunakan air hangat (jangan panas), dan jangan mandi atau berendam terlalu lama.

Jangan Terlalu Sering Mencuci Tangan

Mencuci tangan memang bagus dan dapat menjauhkan Anda dari bakteri atau virus penyebab penyakit. Tapi jika Anda memiliki kulit tangan yang sangat kering, jangan terlalu sering mencuci tangan. Gunakan sarung tangan karet saat mencuci piring atau membersihkan kamar mandi. Hal ini juga berlaku untuk cairan pembersih tangan. Cairan semacam ini biasanya mengandung banyak alkohol yang dapat menghilangkan minyak alami tubuh dan membuat kulit tangan kering dan pecah-pecah.

Pola Makan

Makanan juga dapat memengaruhi kesehatan kulit. Hindari makanan yang terlalu asin, dan pastikan Anda minum banyak air untuk menjaga kadar cairan tubuh. Tingkatkan asupan makanan yang kaya dengan kandungan air seperti sayuran hijau, timun, seledri, tomat, dan stroberi.

Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling sibuk. Kita menggunakan tangan untuk beraktivitas tiap hari. Karena itu, pastikan Anda merawatnya dengan benar. Jika cara-cara di atas tidak dapat membuat kulit bersisik dan pecah-pecah di tangan Anda menghilang, ada baiknya Anda menghubungi dokter kulit untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mau Kurus dengan Teh Pelangsing Harus Tahu Risikonya Dulu

Mau Kurus dengan Teh Pelangsing Harus Tahu Risikonya Dulu

Teh pelangsing makin populer di kalangan masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang mencari cara instan mendapatkan berat tubuh ideal. Berbagai macam produk teh dapat dijumpai di pasaran maupun bisa dibeli via daring. Tapi apakah produk-produk pelangsing ini telah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)? Selain itu, apa saja kandungan dalam teh pelangsing, adakah yang justru mengancam kesehatan? Teh pelangsing yang terbuat dari bahan herba digembar-gemborkan dapat membantu menguruskan badan, namun sering kali produk teh tersebut mengandung berbagai bahan kimia yang tidak tepat dengan dosis yang tidak tepat pula, seperti sibutramine, fluoxetine, serta kafein. Berikut beberapa bahaya produk pelangsing yang mengandung zat-zat tersebut. Sibutramine Zat ini digunakan untuk menekan nafsu makan guna menurunkan berat badan. Namun, pada tahun 2011 obat ini ditarik dari pasaran karena penelitian menunjukkan adanya peningkatan tekanan darah dan denyut jantung. Hal tersebut menyebabkan sibutramine mengundang risiko yang signifikan bila dikonsumsi oleh seseorang dengan kondisi medis tertentu, seperti yang memiliki riwayat penyakit arteri koroner, gagal jantung konges [...]

Penyebab Kantung Mata dan Cara Mencegahnya

Penyebab Kantung Mata dan Cara Mencegahnya

Munculnya kantung mata dapat mengganggu penampilan karena membuat wajah seseorang terlihat lelah dan lebih tua. Kantung mata bisa terjadi karena pembengkakan yang disebabkan oleh penumpukan cairan di sekitar mata, disebut juga dengan edema periorbital. Munculnya kantung mata oleh karena penumpukan cairan bersifat sementara, berbeda dengan yang disebabkan oleh penuaan. Umumnya wanita merasa terganggu jika kantung mata mulai muncul dan rela merogoh kocek lebih dalam untuk menghilangkannya agar penampilan mereka terlihat tetap menarik. Sebenarnya kita dapat mengatasi dan mencegah munculnya kantung mata tanpa biaya yang mahal. Penyebab Kantung Mata Berikut adalah keadaan-keadaan yang dapat menyebabkan adanya katung mata. Kurang tidur. Munculnya kantung mata umumnya dikaitkan dengan kurangnya waktu tidur. Kurang tidur menyebabkan pembuluh darah di bagian bawah mata melebar dan menimbulkan warna gelap. Pola makan yang tidak baik. Mulailah untuk menjaga pola makan dan asupan gizi Anda, serta minum air setidaknya 8 gelas sehari agar kebutuhan cairan dalam tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Kekurangan cairan dan protein tidak hanya dapat memengaruhi kesehatan, tapi juga dapat memengaruhi [...]

Mitos yang Membuat Anda Tidak Berhenti Merokok

Mitos yang Membuat Anda Tidak Berhenti Merokok

Jangan sampai termakan mitos. Menunda berhenti merokok berarti menambah risiko tubuh terkena penyakit serius. Banyak orang yang tidak kunjung berhenti merokok karena berpegangan kepada asumsi-asumsi yang belum tentu benar. Berikut ini adalah beberapa mitos yang barangkali Anda percayai juga. Mitos 1: Berhenti merokok bisa membuat tubuh sakit. Fakta: Orang yang terbiasa merokok dalam jumlah banyak pada jangka waktu panjang umumnya telah mengalami kecanduan nikotin. Ini menyebabkan perokok yang berhenti merokok akan mengalami kondisi tertentu seperti sakit kepala, batuk, konstipasi, kecemasan, atau kelelahan. Kondisi ini merupakan situasi yang umum terjadi dan akan membaik dalam hitungan minggu. Jadi gejala-gejala tersebut bukanlah penyakit, tapi gejala penghentian nikotin yang akan membaik dalam beberapa waktu. Mitos 2: Saya telah merokok sekian lama sehingga terlambat untuk memperbaiki kerusakan yang telah terjadi. Fakta: Tidak pernah terlambat untuk berhenti merokok. Rusaknya kesehatan organ tubuh akibat rokok bersifat akumulatif. Makin lama seseorang merokok, dampak buruk yang ditimbulkan akan makin tinggi. Berdasarkan penelitian, risiko seseorang untuk mengalami kesehatan bu [...]

Cara Memilih dan Merawat Sikat Gigi

Cara Memilih dan Merawat Sikat Gigi

Jangan sampai sikat gigi Anda justru mendatangkan penyakit. Tidak semua sikat gigi tepat untuk digunakan tiap orang. Ada banyak pilihan jenis, bentuk, dan merek di pasaran. Tapi mana yang tepat? Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan Anda ketika memilih sikat gigi yang tepat. Ukuran. Pilih kepala sikat dengan ujung mengecil yang memudahkan pergerakan bulu sikat untuk menjangkau seluruh permukaan gigi hingga ke bagian terujung. Pastikan pegangannya cukup panjang sehingga memudahkan Anda untuk menggerakkannya. Segera ganti jika kepala sikat terasa tidak nyaman atau terlalu besar di dalam mulut Anda. Untuk anak, pilih sikat gigi yang sesuai dengan usia dan ukuran mulutnya. Jenis bulu sikat. Pada label sikat gigi, sering tertulis pilihan soft, medium, atau hard. Pilih yang mana? Tergantung kekuatan Anda menyikat dan kekuatan gigi Anda. Ujung bulu sikat yang terlalu kasar/keras dapat merusak gusi, akar, dan lapisan pelindung gigi, terutama jika Anda menyikat gigi terlalu kencang. Sikat gigi elektrik? Sikat gigi elektrik dapat menjadi solusi untuk orang tertentu seperti pengidap artritis atau keterbatasan/kekakuan pada tangan, lengan, atau pundaknya. Anda juga [...]

Butuh Piknik Jangan Ditunda. Cuti Sekarang!

Butuh Piknik Jangan Ditunda. Cuti Sekarang!

Kerjaan yang menumpuk dan tidak ada habisnya seringkali membuat seseorang jenuh, bahkan hingga kerjaan kantor terbawa ke alam mimpi. Ini adalah pertanda Anda butuh piknik dan kondisi ini tidaklah sehat. Mulai ambil lembar cuti dan berliburlah. Berlibur terkadang menjadi sesuatu yang dikesampingkan, apalagi jika dibandingkan dengan beban tanggung jawab atas pekerjaan kantor. Tidak jarang seseorang akan berusaha tetap masuk meski badan sedang tidak fit, kerja lembur hingga larut, atau membawa pulang pekerjaan agar selesai tepat waktu dan disayang bos. Padahal, berlibur merupakan hal yang penting dan dapat mengurangi risiko beberapa penyakit. Tidak hanya itu, setelah berlibur biasanya pikiran akan lebih fresh, sehingga pikiran dapat lebih jernih ketika menyelesaikan tanggung jawab di kantor. Nah, jika Anda mulai lebih sering marah, menunjukkan gejala stres, terus kepikiran kerjaan ketika hendak tidur, membawa pekerjaan kantor ke mana-mana, atau bahkan lupa kapan terakhir berlibur, mungkin itu tandanya Anda butuh piknik. Segera ambil cuti, karena berlibur akan memberikan banyak manfaat yang tidak terpikirkan sebelumnya. Piknik Memang Perlu, Ini Manfaatnya Mulai pilih tempat tujuan li [...]

Makanan dan Minuman yang Justru Memicu Dehidrasi

Makanan dan Minuman yang Justru Memicu Dehidrasi

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat membuat tubuh sering ingin buang air kecil berisiko menyebabkan dehidrasi. Mengurangi konsumsi air minum agar tidak terlalu sering buang air kecil? Anda salah besar. Kurang mengonsumsi air minum justru akan menyebabkan gangguan pada saluran kemih. Tingginya frekuensi buang air kecil dapat terpicu oleh konsumsi zat atau unsur tertentu di dalam makanan dan minuman. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa membuat tubuh lebih sering buang air kecil: Cokelat. Hindari mengonsumsi cokelat menjelang waktu tidur. Beralih ke cokelat putih lebih dapat mengurangi risiko buang air kecil. Buah-buahan yang bersifat asam, seperti anggur, jeruk, lemon, dan nanas. Buah-buahan yang lain, seperti pisang dan apel juga berpeluang menambah produksi urine. Tomat serta semua makanan dan minuman yang berbahan dasar tomat, seperti jus tomat, sambal tomat, dan saus tomat. Cabai dan semua makanan pedas dapat menyebabkan gangguan pada kandung kemih. Gula dan pemanis buatan yang banyak terkandung dalam makanan serta minuman ringan. Bawang bombai, bawang putih, peterseli, serta daun bawang yang ditumis lebih tidak berisiko dibandingkan bawan [...]

Trik Mengolah Daging Ayam Beku dengan Aman

Trik Mengolah Daging Ayam Beku dengan Aman

Saat ini berbelanja tak hanya dilakukan harian, namun juga mingguan atau bahkan bulanan. Tak hanya sayur dan buah, daging ayam merupakan salah satu bahan makanan yang dibeli beberapa waktu sebelum digunakan. Lalu, daging ayam dibekukan agar tetap awet. Mengolah daging ayam beku dengan aman sangat penting untuk menjamin kelezatan rasa, sekaligus menghindari diri dari risiko keracunan makanan yang berbahaya. Cuci tangan hingga bersih sebelum memegang daging ayam beku yang masih mentah. Demikian juga setelah proses mengolah selesai. Berikut ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk mengolah daging ayam beku secara aman: Cara pertama yang dapat digunakan untuk mencairkan daging ayam beku yaitu mengeluarkan dari freezer dan memindahkannya ke bagian bawah lemari es (refrigerator). Cara ini dianggap sebagai cara yang paling aman. Namun, memiliki kelemahan karena prosesnya paling lama. Potongan daging ayam beku dapat mencair setelah satu malam, sementara ayam utuh membutuhkan waktu lebih lama. Tiap 2,2 kg daging ayam, membutuhkan waktu satu malam. Cara kedua yang bisa lebih cepat dalam mengolah daging ayam beku yaitu merendamnya dengan air dingin. Namun sebelum itu, masukkan ayam ke dalam [...]

Bahaya Merokok Shisha

Bahaya Merokok Shisha

Shisha atau biasa juga disebut hookah merupakan gaya merokok tembakau ala Timur Tengah. Cara merokok shisha berbeda dengan mengisap rokok tembakau pada umumnya. Shisha menggunakan tabung yang berisi air. Di dalam tabung itu, tembakau dipanaskan dengan ditambahkan rasa buah-buahan. Tabung shisha juga dilengkapi dengan selang untuk menghirup asap yang dihasilkannya. Saat ini tren merokok shisha sedang digandrungi masyarakat dan telah menjadi bagian dari pergaulan. Asapnya yang beraroma buah-buahan membuat orang-orang menjadi penasaran untuk mencobanya. Akhirnya merokok ?buah-buahan? ini pun dijadikan pilihan dengan alasan lebih menyehatkan ketimbang merokok tembakau biasa. Mereka pun menganggap asap shisha tidak berbahaya karena semua racun pada tembakau telah diserap oleh air. Tapi ternyata semua anggapan-anggapan itu keliru. Merokok shisha lebih berbahaya dibandingkan merokok tembakau biasa. Menurut World Health Organization (WHO), merokok shisha selama satu jam sama bahayanya seperti mengisap 100 rokok. Apa Saja Kandungan Shisha? Seperti rokok, shisha mengandung tembakau dan kandungan beracun lain seperti nikotin, tar, karbon monoksida, arsenik, dan timah. Meski kandungannya sam [...]

Menikmati Hubungan Seksual Tanpa Rasa Sakit

Menikmati Hubungan Seksual Tanpa Rasa Sakit

Rasa sakit saat berhubungan seksual kerap dirasakan oleh sebagian wanita. Jika tidak ditangani, rasa sakit itu akan kembali datang dan mengganggu aktivitas intim Anda bersama pasangan. Rasa sakit saat berhubungan seksual bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan. Oleh karena itu, cari tahu penyebab rasa sakit yang Anda rasakan agar bisa diatasi secepatnya. Dalam ilmu kedokteran, rasa sakit saat berhubungan seksual disebut dispareunia. Umumnya, rasa sakit yang dirasakan tiap wanita berbeda-beda. Ada yang merasa sakit saat pasangan baru memulai penetrasi. Ada juga yang merasakannya saat sudah dilakukan penetrasi mendalam. Rasa sakit yang muncul pada saat awal penetrasi bisa disebabkan oleh: Kurangnya cairan lubrikasi. Cairan ini diproduksi secara alami oleh vagina ketika wanita terangsang. Penyebab utama kurangnya lubrikasi adalah kurang pemanasan (foreplay). Namun produksi cairan lubrikasi juga akan terganggu pada wanita yang telah menopause. Pertambahan usia membuat lapisan vagina kehilangan kelembapannya sehingga membuatnya kering. Wanita yang baru melahirkan lalu menyusui juga umum mengalami hal yang sama. Faktor lain yang menghambat produksi lubrikasi adalah wanita yang men [...]

Kuman-kuman di Balik Pencemaran Air

Kuman-kuman di Balik Pencemaran Air

Bakteri, virus, bahan kimia, dan pestisida dapat mencemari air minum kita. Adanya kontaminan dalam air dapat mengganggu kesehatan kita, misalnya penyakit saluran pencernaan. Kontaminasi pada pasokan air minum dapat terjadi pada sumber air maupun pada saat pendistribusian air minum ke konsumen. Salah satu hal yang dapat mengontaminasi air adalah mikroorganisme. Berbagai mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit disebut dengan patogen. Beberapa patogen yang menjadi penyebab air tercemar antara lain: Hepatitis A Virus hepatitis A adalah virus yang mudah menular. Apabila seseorang terinfeksi virus ini, organ hati dapat mengalami peradangan. Akibatnya, fungsi hati dapat menurun. Gejala yang mungkin timbul karena terinfeksi virus hepatitis A adalah mata dan kulit berwarna kekuningan, demam, kelelahan, tidak nafsu makan, dan rasa tidak nyaman di perut sebelah kanan (area hati). Gejala ini umumnya tidak langsung muncul sesaat setelah terinfeksi, tapi muncul beberapa minggu setelahnya. Selain meminum air yang terkontaminasi virus, penularan hepatitis A bisa melalui konsumsi makanan mentah yang berasal dari habitat yang tercemar limbah. Dapat pula melalui hubungan seks dengan orang y [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *