Jangan Sampai Tangan Kering Membuat Malu

jangan-sampai-tangan-kering-membuat-malu.jpg

Saat bertemu orang, menciptakan kesan pertama yang baik merupakan hal yang sangat penting. Salah satunya melalui jabat tangan. Menjabat tangan orang dengan genggaman tegas dapat memberikan kesan baik. Tentu saja, kondisi kulit tangan Anda juga dapat memengaruhi kesan tersebut.

Kulit tangan yang sangat kering, kasar, serta pecah-pecah bukan saja mengganggu penampilan, tapi juga menimbulkan rasa sakit dan nyeri bagi penderitanya. Hal ini terjadi karena kulit kehilangan kelembapannya. Misalnya karena Anda terlalu sering mencuci tangan.Pekerjaan juga bisa menjadi penyebabnya jika selama ini pekerjaan membuat tangan Anda terekspos kepada bahan-bahan kimia yang menyebabkan kulit kering dan bersisik.

Menangani Kulit Tangan Kering

Demi mencegah permukaan kulit tangan yang kering, Anda bisa lakukan beberapa langkah sederhana.

Pelembap

Selalu gunakan pelembap tiap setelah mandi, saat akan beraktivitas keluar rumah, setelah mencuci tangan, dan sebelum tidur. Losion yang kaya dengan kandungan pelembap biasanya mengandung gliserin, ceramides, asam lemak,dan shea butter. Jika kulit tangan Anda pecah-pecah, Cobalah mengoleskan petroleum jelly sebelum tidur dan gunakan sarung tangan dari bahan katun sepanjang malam. Biarkan petroleum jelly bekerja menyembuhkan kulit Anda.

Sarung Tangan

Jika Anda bepergian ke daerah dingin seperti pegunungan atau berada di dalam ruangan yang sangat dingin, sarung tangan bisa membantu mencegah kulit tangan Anda kering. Udara yang terlalu dingin membuat tubuh kehilangan kelembapan lebih cepat dan berakibat pada keringnya kulit. Jika kulit kering Anda disebabkan oleh faktor pekerjaan, pastikan Anda selalu menggunakan sarung tangan karet sebelum menyentuh bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kulit.

Tabir Surya

Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tiap kali Anda beraktivitas di luar rumah. Sinar matahari juga dapat membuat kulit lebih cepat kering.

Gunakan Sabun yang Lembut di Kulit

Tidak seperti wajah yang memproduksi lebih banyak minyak, tangan dan kaki lebih mudah kering. Gunakan sabun cair dan jangan sabun batang karena sabun batang membuat kulit lebih kering. Sebaliknya, sabun cair dapat mempertahankan kelembapan alami tubuh lebih lama. Anda juga bisa menambahkan minyak alami seperti minyak avokad atau almond untuk mengatasi kulit kering dan pecah-pecah. Tambahkan beberapa tetes minyak alami ini ke dalam bak mandi Anda, gunakan air hangat (jangan panas), dan jangan mandi atau berendam terlalu lama.

Jangan Terlalu Sering Mencuci Tangan

Mencuci tangan memang bagus dan dapat menjauhkan Anda dari bakteri atau virus penyebab penyakit. Tapi jika Anda memiliki kulit tangan yang sangat kering, jangan terlalu sering mencuci tangan. Gunakan sarung tangan karet saat mencuci piring atau membersihkan kamar mandi. Hal ini juga berlaku untuk cairan pembersih tangan. Cairan semacam ini biasanya mengandung banyak alkohol yang dapat menghilangkan minyak alami tubuh dan membuat kulit tangan kering dan pecah-pecah.

Pola Makan

Makanan juga dapat memengaruhi kesehatan kulit. Hindari makanan yang terlalu asin, dan pastikan Anda minum banyak air untuk menjaga kadar cairan tubuh. Tingkatkan asupan makanan yang kaya dengan kandungan air seperti sayuran hijau, timun, seledri, tomat, dan stroberi.

Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling sibuk. Kita menggunakan tangan untuk beraktivitas tiap hari. Karena itu, pastikan Anda merawatnya dengan benar. Jika cara-cara di atas tidak dapat membuat kulit bersisik dan pecah-pecah di tangan Anda menghilang, ada baiknya Anda menghubungi dokter kulit untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ternyata Permen Karet Punya Manfaat Positif

Ternyata Permen Karet Punya Manfaat Positif

Sebagian anak-anak menyukai permen karet karena strukturnya yang kenyal sehingga bisa dikunyah-kunyah dan bisa dijadikan hiburan menjadi balon. Pada satu sisi yang positif, mengunyah permen jenis ini berpotensi membawa beragam manfaat untuk kesehatan, antara lain bisa memperbaiki memori, menyegarkan bau napas, mendukung upaya mengurangi kebiasaan merokok, dan bahkan membantu mengurangi berat badan. Untuk mendapatkan manfaat itu, kualitas permen karet yang disarankan adalah jenis yang tidak mengandung gula. Pada permen karet jenis ini, rasa manisnya berasal dari pemanis buatan, seperti aspartam, sorbitol, atau xylitol. Pemanis buatan ini cenderung tidak menyebabkan lubang-lubang kecil pada gigi atau kavitas. Selain itu, permen karet jenis bebas gula mengandung kurang dari 5 kalori, sedangkan permen karet biasa yang mengandung gula memiliki 10 kalori. Berikut adalah beberapa kemungkinan manfaat permen karet untuk kesehatan. Membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Perlu diingat bahwa permen karet tetap tidak dapat menggantikan fungsi menyikat gigi. Namun, mengunyah permen karet bebas gula secara rutin sekitar 20 menit tiap setelah makan dapat membantu produksi saliva atau air liu [...]

Inilah Ragam Makanan Sehat Untuk Jantung

Inilah Ragam Makanan Sehat Untuk Jantung

Menjalani pola hidup sehat dapat membuat Anda terhindar dari risiko terkena penyakit jantung dan mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung. Salah satunya adalah dengan cara memulai kebiasaan mengonsumsi makanan sehat untuk jantung. Yang pertama adalah dengan menghindari makanan siap saji dan serba instan karena dapat memperbesar risiko terkena berbagai macam penyakit yang berbahaya, salah satunya adalah penyumbatan saluran darah yang dapat berujung kepada serangan jantung. Selain berkalori tinggi, makanan siap saji umumnya mengandung kadar garam yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan hipertensi. Untuk terhindar dari risiko terkena penyakit jantung, Anda perlu menjalani pola hidup sehat. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan melakukan kebiasaan yang sehat, seperti olah raga teratur, tidak merokok, dan mengonsumsi makanan sehat, dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 82 persen. Selain itu, penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwa orang yang berusia 70-90 tahun yang membiasakan diri hidup sehat, dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 66 persen. Kelompok Makanan yang Sehat Salah satu pola hidup sehat yang dapat Anda jalan [...]

Rambu-rambu Pemutihan Gigi

Rambu-rambu Pemutihan Gigi

Pemutih gigi sebaiknya hanya diaplikasikan pada orang dengan gigi dan gusi yang sehat. Pemutih gigi bekerja dengan mempercerah warna gigi asli. Perawatan ini dapat dikerjakan oleh dokter gigi profesional, salon kecantikan, atau dilakukan sendiri dengan perangkat yang dijual bebas di pasaran. Namun selain tidak bersifat permanen, terdapat risiko lainnya jika menjalani pemutihan gigi oleh pihak-pihak yang bukan tenaga profesional. Proses Pemutihan Gigi Pemutihan gigi dilakukan dokter dengan dua cara utama: Cetakan gigi Dokter akan membuat cetakan gigi Anda. Cetakan ini dikenakan di rumah bersamaan dengan penggunaan gel pemutih pada gigi. Perawatan yang berlangsung selama kurang lebih sebulan ini mengharuskan Anda berkunjung rutin ke dokter untuk memeriksakan gigi. Beberapa jenis gel pemutih tertentu dapat digunakan hingga delapan jam sehingga periode perawatan dapat menjadi lebih singkat. Laser pemutih Laser disorot ke jajaran gigi yang sudah diolesi produk pemutih. Sorotan yang dilakukan selama sekitar 60 menit ini berguna untuk mengaktifkan pemutih tersebut. Perawatan ini berharga lebih mahal. Berbagai Cara Memutihkan Gigi Selain memutihkan gigi dengan jasa dokter gigi, perawata [...]

Radikal Bebas Pemicu Penyakit Kronis

Radikal Bebas Pemicu Penyakit Kronis

Banyak produk yang disebut-sebut dapat membantu memerangi radikal bebas, mulai dari produk makanan hingga kosmetik. Radikal bebas disebut-sebut mendatangkan penyakit dan mengakibatkan penuaan dini. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan radikal bebas? Sebenarnya radikal bebas adalah bagian dari proses alami dalam tubuh. Selain sebagai hasil alami, radikal bebas juga dapat bersumber dari luar tubuh. Kadar radikal bebas yang diimbangi antioksidan tidak akan berbahaya, tapi akan membahayakan jika radikal bebas melampaui kadar yang dapat ditangani tubuh hingga menyebabkan kerusakan. Sumber Radikal Bebas Saat tubuh menggunakan oksigen, sekitar 1-2 persen sel-sel akan menjadi rusak dan berubah menjadi radikal bebas. Radikal bebas adalah sebutan untuk sel-sel rusak yang dapat menyebabkan kondisi negatif tertentu. Disebut ?bebas? karena sel-sel ini kehilangan molekul penting yang membuat mereka dapat mendatangkan kerusakan jika bertemu dengan molekul lain. Tidak hanya merusak sel lain, radikal bebas juga tidak jarang merusak DNA yang menjadi benih tumbuhnya penyakit. Satu sel yang rusak dapat dengan cepat merusak sel lain. Saat DNA berubah, sel tersebut bisa bermutasi dan berkembang se [...]

Estrogen, Hormon Penting dalam Tubuh Wanita

Estrogen, Hormon Penting dalam Tubuh Wanita

Segala tahap dalam kehidupan wanita, mulai dari pubertas, menstruasi, kehamilan, hingga menopause, tidak lepas dari peran hormon estrogen. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan estrogen dan bagaimana hormon ini bekerja? Estrogen adalah sebutan untuk sekelompok hormon yang berperan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan karakteristik seksual wanita serta proses reproduksi. Hormon ini sebenarnya tidak hanya diproduksi dalam tubuh perempuan, tapi juga terdapat dalam tubuh pria dalam kadar yang jauh lebih rendah. Hanya saja peran hormon estrogen dalam tubuh pria belum diketahui secara pasti. Hormon sendiri adalah substansi kimia yang berperan penting dalam tubuh manusia dan mengalir ke seluruh tubuh, umumnya melalui pembuluh darah. Secara umum, hormon berperan dalam: Membawa pesan atau instruksi dari satu kelompok sel ke kelompok sel lain. Memengaruhi fungsi organ dan sel. Mengatur perkembangan dan metabolisme tubuh. Menentukan fungsi seksual dan jaringan reproduksi. Berdampak kepada mood. Mengatur bagaimana tubuh memanfaatkan asupan makanan yang masuk. Mengelola reaksi tubuh terhadap bahaya. Mengenali peran hormon, terutama hormon estrogen dalam tubuh, dapat membuat wanita lebi [...]

Minuman Elektrolit: Apa Manfaatnya untuk Tubuh?

Minuman Elektrolit: Apa Manfaatnya untuk Tubuh?

Pasti Anda sudah sering melihat iklan produk minuman yang mengandung elektrolit di layar kaca. Dalam iklannya, produsen mengklaim minuman mengandung elektrolit bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang. Contohnya kehilangan cairan tubuh akibat kelelahan usai berolahraga. Apa yang dimaksud dengan minuman elektrolit dan apa manfaatnya bagi tubuh? Elektrolit adalah mineral bermuatan listrik yang ada pada tubuh manusia. Elektrolit bisa ditemukan di dalam darah, keringat, air seni, dan cairan tubuh lainnya. Zat-zat yang disebut sebagai elektrolit, antara lain sodium, kalsium, bikarbonat, dan potasium. Kadar elektrolit dalam tubuh bisa berkurang. Hal tersebut bisa terjadi karena tubuh berkeringat secara berlebihan usai berolahraga, atau ketika sedang muntah dan diare. Kondisi ini bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi dan ketidakseimbangan mineral. Dalam kasus tersebut, minum air putih saja tidak cukup mengembalikan kadar elektrolit di dalam tubuh. Diperlukan minuman yang mengandung elektrolit agar tubuh kembali ke kadar air dan mineral yang normal. Ganti Cairan Tubuh dengan Minuman Elektrolit Ketika berolahraga berat, tubuh bisa kehilangan banyak cairan. Menenggak minuman elektrolit, [...]

Kenali Penyebab Bau Mulut dengan Cara Mengatasinya

Kenali Penyebab Bau Mulut dengan Cara Mengatasinya

Meski bukan masalah medis yang gawat, bukan berarti bau mulut bisa diabaikan begitu saja. Perlu dilakukan beberapa cara untuk mengatasi bau mulut. Bau mulut tidak sedap atau halitosis dapat disebabkan oleh beragam hal. Meski beragam, studi menunjukkan bahwa 80 persen bau mulut disebabkan oleh adanya masalah pada kesehatan gigi dan mulut seperti gigi berlubang, atau masalah gusi. Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadi hal yang penting. Penyebab Bau Mulut Bau mulut tidak hanya disebabkan oleh masalah kesehatan gigi, gusi dan makanan yang berbau menyengat. Beberapa kondisi kesehatan lain yang bisa menjadi penyebabnya bau mulut adalah: Xerostomia (mulut kering karena gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut) Gangguan saluran pencernaan seperti infeksi oleh bakteri H.pylori dan penyakit refluk gastro-esofageal. Sinusitis yang menghasilkan post nasal drip (aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan) Diabetes. Gangguan hati. Infeksi saluran pernapasan seperti bronkitis kronis. Selain itu, bau mulut juga bisa disebabkan merokok, kurangnya kebersihan mulut, makanan atau minuman tertentu, dan diet yang berlebihan sehingga kekurangan [...]

Begini Cara Menyuburkan Rambut yang Seharusnya

Begini Cara Menyuburkan Rambut yang Seharusnya

Banyak orang menginginkan rambut yang tampak lebat. Berbagai cara dilakukan mulai dari perawatan rambut hingga mengonsumsi suplemen. Mari simak apa saja yang dapat membantu rambut tubuh subur. Rambut sudah tumbuh sejak janin berusia 22 minggu. Pada tahap ini ada sekitar lima juta folikel dalam tubuh dengan 1 juta di antaranya ada di kepala. Makin bertambah usia seseorang, kepadatan rambut semakin berkurang. Hal ini terjadi karena kulit kepala makin lebar sementara folikel tidak diproduksi lagi. Sementara folikel rambut tidak diproduksi lagi, perilaku kita dalam mengelola rambut sering menyebabkan kian berkurangnya minyak alami penyubur rambut. Pemakaian produk perawatan rambut yang keras dan penataan yang membuat rambut tertarik-tarik merupakan penyebab rambut rontok. Sejatinya, kerontokan rambut dalam skala normal mungkin tidak akan kentara sebab ada sekitar seratus ribu rambut dalam kepala kita. Selain itu, rambut yang telah rontok seharusnya digantikan oleh rambut baru. Sayangnya, pergantian tersebut tidak selamanya terjadi. Rambut yang sehat dan subur tumbuh pada setiap setiap folikel pada kulit kepala yang sehat, sehingga tampak lebat. Selain itu, rambut yang sehat tampak m [...]

Sering Sendawa Bisa Berarti Tidak Sehat

Sering Sendawa Bisa Berarti Tidak Sehat

Sendawa setelah makan adalah hal yang biasa. Lain halnya jika terus-menerus bersendawa karena bisa jadi ini adalah gejala suatu penyakit atau efek samping obat-obatan tertentu. Sendawa adalah salah satu cara tubuh mengeluarkan gas secara alami. Kondisi ini umumnya adalah hal yang baik karena jika tidak dikeluarkan, maka gas dalam perut dapat menyebabkan perut kembung yang kadang disertai dengan sakit perut. Sendawa juga biasa terjadi pada bayi. Hal ini umumnya dapat diartikan sebagai kondisi yang baik bagi bayi karena dengan begitu kelebihan angin di dalam perutnya dapat terbuang. Bayi bersendawa karena pada saat dia menyusu atau mengonsumsi susu formula, udara juga ikut tertelan. Kondisi menelan udara, baik secara sengaja maupun tidak ini disebut dengan aerophagia. Udara yang masuk ke tubuh mengandung gas nitrogen dan oksigen. Gas ini akan didorong ke atas oleh perut menuju kerongkongan dan keluar dari mulut dalam bentuk sendawa. Gas dalam tubuh manusia umumnya terbentuk dari proses pencernaan makanan atau ketika ada udara yang tertelan melalui mulut. Udara dapat masuk ke tubuh jika Anda berbicara sambil makan, mengunyah permen karet, mengisap permen, makan terlalu cepat, atau m [...]

Celana Dalam Ketat Pengaruhi Kesuburan Pria?

Celana Dalam Ketat Pengaruhi Kesuburan Pria?

Apakah Anda sering memakai celana dalam yang ketat? Mulai sekarang coba hentikan kebiasaan itu. Menurut penelitian, ada kemungkinan celana dalam ketat dapat memengaruhi kesuburan Anda. Untuk mendapatkan sperma yang berkualitas, suhu testis harus lebih rendah dari suhu inti tubuh Anda. Itulah sebabnya testis diciptakan di luar tubuh agar suhunya tetap rendah atau dingin. Sayangnya, meski telah berada di luar tubuh, suhu testis bisa meninggi atau memanas karena pemakaian celana dalam ketat. Bagi Anda yang ingin memiliki sperma berkualitas dan mempercepat memiliki keturunan, Anda disarankan untuk memakai celana boxer. Celana ini bisa menjaga suhu testis tetap dingin sekaligus membuatnya leluasa bernapas. Namun sperma berkualitas tidak bisa didapat dalam waktu 1-2 hari setelah pemakaian celana boxer. Sperma yang Anda hasilkan hari ini dibentuk sekitar 3 bulan yang lalu. Tips Agar Suhu Testis Tetap Dingin Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat suhu testis tetap dingin seperti: Gunakan selalu celana boxer. Hindari memakai celana panjang yang ketat, terutama jika aktivitas Anda mengharuskan Anda untuk duduk dalam waktu lama. Hindari pula celana ini saat berolahraga. Ses [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *