Jangan Sembarangan Mengonsumsi Antibiotik

jangan-sembarangan-mengonsumsi-antibiotik-alodokter.jpg

Kini menggunakan antibiotik tanpa resep dokter sebagai bagian pengobatan sendiri makin banyak dilakukan. Padahal antibiotik merupakan jenis golongan obat resep dan tidak semestinya dapat dibeli secara bebas.

Sangat penting untuk mendapatkan petunjuk dan anjuran dari dokter sebelum mengonsumsi obat antibiotik. Yang perlu diketahui adalah jenis antibiotik bukan hanya ada satu. Perbedaan infeksi membutuhkan jenis dan dosis antibiotik yang berbeda-beda.

Apakah Antibiotik Pengobatan yang Tepat?

Antibiotik sebaiknya tidak digunakan sebagai pengobatan atas inisiatif pribadi karena bisa berdampak buruk pada kesehatan di masa depan. Terdapat banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan jenis pengobatan untuk infeksi yang Anda alami. Oleh karena itu, penggunaan antibiotik yang aman selalu memerlukan petunjuk dari dokter yang telah terlatih secara medis untuk bertahun-tahun.

Sebelum meresepkan antibiotik kepada seorang pasien, perlu dipastikan terlebih dahulu bahwa infeksi itu disebabkan oleh bakteri atau parasit yang memang bisa dimusnahkan oleh antibiotik. Jika infeksi disebabkan oleh virus, maka mengonsumsi antibiotik bukan hanya langkah yang salah dan tidak efektif tapi bisa merugikan tubuh kita.

Salah satu alasan mengapa antibiotik termasuk dalam golongan obat resep dan bukan obat bebas adalah karena hanya dokter yang bisa membedakan infeksi akibat bakteri dari infeksi lain yang tidak bisa ditangani oleh antibiotik.

Berikut ini adalah contoh infeksi akibat bakteri yang cocok ditangani dengan antibiotik:

  • Infeksi sinus yang parah, lebih dari dua minggu.
  • Radang tenggorokan.
  • Infeksi saluran kemih.
  • Sebagian besar luka dan infeksi kulit seperti infeksi staphyloccocus.
  • Sebagian kecil infeksi telinga.

Berikut ini adalah contoh infeksi akibat virus yang tidak mampu ditangani oleh antibiotik:

  • Flu.
  • Bronkitis.
  • Sebagian besar jenis batuk.
  • Sebagian besar sakit tenggorokan.
  • Pilek.
  • Sebagian besar infeksi telinga.
  • Flu perut atau viral gastroenteritis.

Pemilihan Jenis Antibiotik

Pilihan antibiotik tergantung pada infeksi apa yang dialami seseorang dan bakteri atau parasit apa yang dianggap dokter sebagai penyebab infeksi. Karena tiap antibiotik hanya efektif untuk melawan bakteri atau parasit tertentu. Misalnya ketika Anda terkena radang paru-paru atau pneumonia, hanya profesional medis yang akan tahu jenis bakteri yang biasanya menjadi penyebab kondisi tersebut.

Selain menentukan antibiotik mana yang cocok, dokter juga yang tahu pasti mengenai dosis dan frekuensi yang cocok, sesuai dengan kondisi kesehatan pasien. Oleh karena pemberian antibiotik perlu pertimbangan beberapa faktor, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan antibiotik berdasarkan inisiatif sendiri. Tanpa pengetahuan medis yang lengkap, risiko keliru dalam menggunakan antibiotik sangat tinggi.

Mengonsumsi antibiotik yang salah baik dari segi jenis, dosis dan frekuensi,dapat mengakibatkan bakteri menjadi resisten. Resisten berarti bakteri tersebut beradaptasi dan berubah menjadi kebal terhadap antibiotik yang dulu mampu memusnahkannya. Hal ini sering terjadi akibat penyalahgunaan antibiotik.

Tubuh yang terinfeksi oleh bakteri yang resisten terhadap antibiotik lebih sulit pulih dan diobati. Infeksi itu pun lebih mudah berkembang dan menyebabkan berbagai komplikasi.

Interaksi dengan Obat Lain

Setiap obat termasuk antibiotik berpotensi mengganggu kinerja obat lain. Salah satu alasan mengapa penggunaan antibiotik sebaiknya berdasarkan petunjuk dokter adalah supaya kita tetap aman saat mengonsumsi antibiotik dengan obat lain.

Antibiotik jenis tertentu dapat mengganggu kinerja pil kontrasepsi atau pil KB. Jika Anda mengalami diare atau muntah ketika mengonsumsi antibiotik, maka kemungkinan obat lain seperti pil KB tidak terserap dengan baik. Gunakan alat kontrasepsi tambahan. Selalu tanyakan pada dokter sebelum mengonsumsi obat lain atau obat herbal bersamaan dengan antibiotik.

Efek Samping

Tiap antibiotik memiliki efek samping masing-masing, mulai dari yang ringan hingga yang sangat serius. Dengan anjuran dan petunjuk dari dokter, kita bisa menggunakan antibiotik dengan aman dan dengan risiko efek samping yang minimal. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang umumnya terjadi setelah konsumsi antibiotik:

? Infeksi jamur di sekitar mulut, saluran pencernaan atau vagina.

? Diare.

? Muntah.

? Mual.

Selain itu, ada pula efek samping antibiotik yang lebih jarang terjadi:

? Perubahan kepekaan kulit terhadap sinar matahari.

? Pendengaran yang menurun.

? Pembekuan darah terganggu.

? Pembentukan batu ginjal.

? Gangguan darah.

Waspada Reaksi Alergi

Dengan petunjuk dari dokter, kita juga bisa terhindar dari jenis antibiotik yang mungkin tidak bisa ditoleransi oleh tubuh kita. Umumnya, ketika seseorang mempunyai alergi terhadap satu golongan antibiotik, dia bisa saja alergi terhadap semua jenis antibiotik yang termasuk dalam golongan tersebut. Hanya profesional medis yang tahu jelas jenis antibiotik mana yang termasuk dalam golongan mana.

Bimbingan dokter dalam menentukan jenis antibiotik akan berperan sangat penting bagi mereka yang mempunyai alergi. Reaksi alergi terhadap antibiotikbisa berupa ruam, pembengkakan pada wajah dan lidah, hingga kesulitan bernapas yang umum disebut reaksi anafilaksis.

Kondisi anafilaksis tidak boleh disepelekan karena dapat berakibat fatal. Untuk itu, penting untuk memberitahukepada dokter, perawat, atau apoteker jika Anda memiliki reaksi alergi terhadap antibiotik tertentu.

Yang perlu diingat, mengonsumsi antibiotik harus senantiasa melalui konsultasi dan resep dokter. Penggunaan antibiotik yang tidak tepat hanya akan mengakibatkan kerugian seperti efek samping, pengeluaran biaya yang sia-sia dan resistensi yang dapat menyebabkan infeksi parah di kemudian hari.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Pengaruh Gejala Thyroid Terhadap Diet

Pengaruh Gejala Thyroid Terhadap Diet

Apabila Anda mempunyai keluhan rambut rontok dan berat tubuh yang tidak dapat dikontrol meskipun berbagai macam cara telah dilakukan dengan benar, bisa jadi hal tersebut dikarenakan oleh hormon tiroid yang tidak seimbang. Mekanisme tubuh dalam menyeimbangkan hormon thyroid seringkali terganggu atau bahkan memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri yang mengakibatkan munculnya gejala thyroid yang dapat mengganggu dalam kehidupan keseharian kita. Gangguan gejala ini terbagi menjadi dua yaitu hypothyroidism dan hyperthyroidism. Gejala hypothyroid merupakan keadaan dimana kurangnya produksi hormon thyroid yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal tersebut berbanding terbalik dengan gejala hyperthyroid yang mengasilkan hormon thyroid berlebih. Namun keduanya memberikan dampak negatif tersendiri bagi pengidap. Umumya gejala hypothyroid lebih banyak terjadi di masyarakat dengan mengakibatkan seseorang tetap mengalami penambahan berat badan meskipun telah melakukan diet yang benar. Kurangnya hormon thyroid pada tubuh akan mempengaruhi sistem metabolisme dalam membakar energi. Sehingga seringkali juga menyebabkan tubuh mudah lelah, lesu hingga mempengaruhi mood bahkan menjadi depresi. Gangguan thy [...]

4 Aktivitas Pemicu Radang Sendi

4 Aktivitas Pemicu Radang Sendi

Ketika sedang sibuk melakukan suatu aktivitas, sering kali kita tidak menyadari dampaknya bagi kesehatan, hingga tubuh memberikan alarm yang menandakan adanya suatu masalah. Jika dibiarkan terus-menerus, peringatan tersebut dapat berkembang menjadi penyakit. Penyakit yang sering dipicu oleh aktivitas fisik adalah penyakit yang melibatkan anggota gerak, salah satunya arthritis. Berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui: 1. Olahraga yang berlebihan. Olahraga amat bermanfaat untuk tubuh, namun jika dilakukan secara berlebihan dari segi intensitas dan waktu, justru dapat memicu timbulnya penyakit. Ketika sedang berolahraga, selalu dengarkan tubuh Anda, terutama daerah persendian. Bila terdapat nyeri yang bertahan hingga beberapa jam, maka menandakan ada yang salah dengan latihan Anda. Jika Anda memiliki regiment latihan, lakukan secara bertahap sesuai petunjuk, dan jangan terburu-buru menginginkan hasil karena tubuh memerlukan waktu untuk beradaptasi. 2. Olahraga high impact. Terutama bila dilakukan oleh individu berusia paruh baya, kegiatan olahraga yang melibatkan lari atau lompat, dapat memicu kerusakan lutut yang dapat berkembang menjadi osteoarthritis (OA). Oleh karena itu, ind [...]

5 Cara Menjaga Kebersihan Vagina yang Tepat

5 Cara Menjaga Kebersihan Vagina yang Tepat

Menjaga kebersihan vagina sebenarnya mudah dilakukan. Membersihkan organ kewanitaan dapat dilakukan dengan air hangat dan sabun lembut tanpa pewangi. Lebih baik Anda melakukannya pada saat mandi sore hari. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjaga kebersihan organ kewanitaan: 1. Perhatikan Sabun yang Digunakan Bersihkan bagian luar vagina dengan air hangat dan juga sabun lembut tanpa pewangi. Lebih baik lakukan pada saat mandi sore hari. Selain karena air hangat menciptakan efek rileks, air hangat juga dapat meredakan nyeri jika sedang menstruasi. 2. Perhatikan Bahan Celana Dalam yang Dikenakan Kenakan celana dalam katun, jenis tekstil yang terbuat dari serat alami, sehingga kulit tetap dapat bernapas, sirkulasi udara lancar, dan membuat perasaan menjadi lebih segar. Jika sedang mengalami keputihan, gantilah celana dalam 3 kali sehari. Berikut ini adalah hal lainnya untuk membersihkan vagina yang tepat dan sehat: Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Membersihkan Vagina Berikut ini adalah hal lainnya untuk membersihkan vagina yang tepat dan sehat: 4. Penggantian Pembalut Jika sedang mengalami menstruasi, gantilah pembalut setiap 4 jam. 5. Pe [...]

Berbagai Macam Teknik Pijat yang Menyehatkan Tubuh

Berbagai Macam Teknik Pijat yang Menyehatkan Tubuh

Setelah berjibaku dengan pekerjaan, bepergian ke luar negeri dalam waktu lama atau stres karena banyak urusan yang harus diselesaikan, apa yang bisa lebih merelaks-kan tubuh dan pikiran selain pijatan? Pijat merupakan cara tradisional yang efektif untuk menghilangkan rasa lelah, tegang bahkan bisa jadi terapi pengobatan. Beda teknik pijat, beda pula khasiatnya. Ketahui enam teknik pijat paling populer ini dan manfaatnya, seperti dilansir Health Me Up.1. Swedish Massage TherapyMerupakan teknik pijat yang paling umum, dan biasanya bermanfaat membuat seluruh tubuh terasa relaks. Pijatan dilakukan secara perlahan, lembut dan panjang dengan gerakan tangan menekan, meremas dan memutar. Tekanan biasanya mengikuti arah aliran darah menuju jantung. Pijatan ini sangat lembut dan melemaskan otot, cocok bagi Anda yang baru pertama kali mencoba terapi pijat.2. Aromatherapy MassageJenis pijat ini biasanya tersedia di klinik kesehatan atau kecantikan holistik. Aromatherapy massage merupakan terapi pijat yang menggunakan minyak esensial dari tanaman beraroma harum. Setiap jenis minyak esensial memiliki manfaat yang berbeda sesuai yang dibutuhkan. Manfaat pijat aromatherapy biasanya menyeluruh d [...]

Jenis Pakaian yang Bisa Sebabkan Sakit Punggung Pada Wanita

Jenis Pakaian yang Bisa Sebabkan Sakit Punggung Pada Wanita

Sakit punggung biasanya disebabkan karena posisi tidur yang kurang tepat, kebiasaan menundukkan kepala saat main smartphone, postur tubuh kurang sempurna atau posisi duduk di depan komputer. Tapi tak hanya itu saja, sakit punggung yang muncul juga bisa karena busana yang Anda kenakan.Pakaian yang terlalu ketat, terlalu kaku atau kesempitan akan membuat tubuh tidak leluasa bergerak. Akibatnya, tubuh akan mengalami tekanan dan ketegangan khususnya pada bagian punggung, leher, bahu, serta meningkatkan risiko cedera dan rasa sakit saat memakainya.Kenneth Hansraj, M.D., ketua operasi tulang belakang dari New York Spine Surgery & Rehabilitation Medicine menguraikan, pakaian yang paling berisiko menyebabkan cedera dan sakit punggung adalah skinny jeans, rok pensil dan pakaian dalam pembentuk tubuh atau yang dikenal dengan shapewear.Hasil penelitian ini tidak serta merta 'melarang' Anda untuk berhenti mengenakan skinny jeans atau busana ketat. Namun disarankan untuk memilih bahan yang lebih nyaman dikenakan dan memiliki daya lentur tinggi. Pilih juga ukuran yang tidak terlalu sempit. Saat membeli skinny jeans misalnya, Anda bisa memilih satu ukuran lebih besar karena model celana in [...]

Risiko Minum Kopi Selama Kehamilan

Risiko Minum Kopi Selama Kehamilan

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Penelitian terbaru menunjukkan adanya peningkatan risiko bayi dengan berat lahir rendah dari ibu hamil yang mengkonsumsi minuman berkafein. Kafein telah lama dihubungkan dengan berbagai efek samping pada ibu hamil sehingga banyak calon ibu menghindari kopi dan teh selama kehamilan. Namun, terdapat beberapa orang yang kesulitan untuk menghentikan kebiasaan minum kopinya. Semua yang dimakan dan minum oleh ibu hamil berpotensi untuk sampai ke janin melalui plasenta. Karena itu berbagai organisasi kesehatan memberikan rekomendasi pembatasan konsumsi alkohol dan kafein selama saat hamil. Selain pada kopi dan teh, kafein juga terkandung dalam kola, minuman berenergi, dan coklat. Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) merekomendasikan pembatasan konsumsi kafein hingga 300 miligram per hari yang setara dengan kira-kira 3 cangkir kopi ukuran standar. The American College of Obstetricians and Gynecologists pada tahun 2010 menyatakan bahwa ibu hamil dapat mengkonsumsi kafein hingga 200 miligram per hari tanpa meningkatkan risiko keguguran atau kelahiran prematur. Pada penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal BMC Medicine, peneliti men [...]

Mari Kita Telusuri Proses Pembentukan Urine

Mari Kita Telusuri Proses Pembentukan Urine

Proses pembentukan urine di dalam tubuh melibatkan beberapa organ. Kita akan bahas secara terperinci, berikut manfaatnya bagi tubuh juga. Zat-zat sisa atau produk sampingan dari metabolisme butuh dikeluarkan oleh tubuh melalui pengeluaran urine dan tinja. Proses pengeluaran urine dari tubuh disebut urinasi. Urine berbentuk cairan, berasal dari hasil penyaringan darah oleh ginjal dan dikeluarkan tubuh melalui uretra. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa tahap proses pembentukan urine yang sebaiknya Anda ketahui agar paham mengapa minum air begitu penting bagi tubuh Anda. Proses Pembentukan Urine Pada sistem urine terdapat beberapa organ dalam tubuh kita yang berperan yaitu: Ginjal. Ada dua buah ginjal di dalam tubuh, yaitu ginjal kanan dan kiri. Masing-masing berada di setiap sisi tulang belakang. Ginjal memiliki bentuk seperti kacang merah dan memiliki ukuran sebesar kepalan tangan. Di dalam ginjal setidaknya terdapat satu juta nefron yang berfungsi untuk menyaring darah dan membuat limbah hasil penyaringan tersebut. Ureter. Ureter ini berbentuk tabung atau selang yang menghubungkan masing-masing ginjal dengan kedua sisi kandung kemih. Pada orang dewasa, ureter [...]

Cermati 3 Tanda Depresi Pasca Kegagalan Pemilu

Cermati 3 Tanda Depresi Pasca Kegagalan Pemilu

Indonesia kembali mengadakan pesta demokrasi tahun ini, apakah Anda ikut serta menyemarakkan pemilihan legislatif 9 April kemarin? Jika ya bagaimana dengan hasilnya? Calon Anda terpilih? Mungkin Anda mendengar, bahwa seringkali mereka yang gagal jadi caleg lantas mengalami gangguan jiwa, benarkah demikian? Untuk menjadi calon anggota legislatif, seseorang tak mungkin tak melakukan kampanye, biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit, justru sangat mahal! Tidak heran sebagian orang bilang jadi caleg itu nekad kalau tak punya modal besar. Biaya yang dikeluarkan dapat mencapai miliaran rupiah. (Baca: Caleg Rawan Stres) Kegagalan memang mengecewakan, jika kita menanggapi kegagalan dengan rasa sedih itu biasa, tetapi yang menentukan adalah yang terjadi setelahnya, bisakah kita bangkit dari keterpurukan? Atau justru kita berlarut ?larut dalam kesedihan? Depresi adalah salah satu gangguan jiwa yang terbanyak di dunia. Depresi terjadi pada mereka yang tidak bisa mengatasi kegagalannya dengan baik, sehingga terpuruk dalam kesedihan. Bagaimana ciri orang yang mengalami depresi? Kenali 3 tanda depresi berikut ini: Rasa sedih mendalam. Rasa sedih itu wajar, namun jika Anda merasa sedih te [...]

Makanan yang Dapat Mengubah Lemas ke Semangat

Makanan yang Dapat Mengubah Lemas ke Semangat

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu otak menuju kondisi yang prima sehingga membuat Anda kerja lebih baik. Nah, berikut beberapa makanan yang dapat meningkatan produktivitas Anda. Coklat Gelap Sebuah kandungan di dalam kokoa yang dinamakan flavanol dapat meningkatkan aliran darah ke otak, hal ini terutama ditemukan di coklat gelap. Mengkonsumsi hal ini dapat membuat Anda merasa lebih segar dan dapat dengan mudah mengerjakan pekerjaan yang sulit. Buah Sitrus Hanya mencium buah golongan sitrus seperti jeruk, dapat meningkatkan kesadaran. Mengkonsumsi buah golongan ini pun dapat membantu memperbanyak vitamin C. Air Putih Memang air putih bukan jenis makanan, namun tubuh kita dapat menderita dehidrasi termasuk otak kita, dimana keadaan ini dapat menyebabkan tubuh menjadi kurang fokus, dan menghilangkan ingatan jangka pendek. Kopi/ Teh Kopi memiliki kandungan kafein yang dapat meningkatkan energi. Kafein juga dapat meningkatkan performa kerja, konsentrasi dan fokus. [...]

Kegawat Daruratan Gigi

Kegawat Daruratan Gigi

Ada beberapa hal menyangkut kedaruratan gigi yang akan dibahas pada tulisan ini, yaitu: Gigi patah Gigi tanggal Sakit gigi Gigi Patah Jika gigi anda patah, maka pertolongan pertama yang dapat diberikan antara lain: Kompres area gigi yang patah dengan kain yang sudah dibasahi dengan air dingin. Hal ini berguna untuk mengurangi pembengkakan Patahan gigi disimpan, dimasukkan ke dalam wadah yang di dalamnya terdapat susu cair atau bungkus gigi dengan kain basah Segera ke dokter gigi Gigi Tanggal Pertolongan pertama pada gigi yang tanggal dibedakan menurut usia gigi, apakah termasuk gigi susu atau gigi permanen. Pada anak-anak kurang dari 7 tahun (gigi susu), jika terjadi patah gigi dapat dilakukan kompres dengan kain yang sudah dibasahi dengan air dingin pada tempat gigi yang tanggal. Jika anak mau, dapat diberikan es batu untuk dikulum di mulut untuk mengurangi pembengkakan. Pada orang dewasa (gigi permanen), gigi yang tanggal dapat dipasang kembali jika kurang dari 20 menit segera pergi ke dokter gigi. Adapun pertolongan pertamanya antara lain: Pegang gigi yang tanggal pada mahkotanya dan bukan pada akarnya Jangan bersihkan gigi atau menggosoknya de [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *