Jangan Sembarangan Minum Obat Campuran Herbal dan Kimia!

Obat.jpg

Demi mempercepat penyembuhan, tak jarang kita menggabungkan pemakaian obat entah dua-duanya obat berbahan kimia sintentik atau herbal, atau obat berbahan kimia sintetik digabung dengan obat herbal. Parahnya, tidak semua obat kimia sintetik cocok bila dikombinasi dengan obat herbal.

Demikian disampaikan Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU dr. Soetomo, Surabaya, dr. Arijanto Jonosewoyo, Sp. PD dalam acara ‘The 1st Health Natural Wellnes Symposium’ di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Sabtu (5/4/2014)

“Misalnya saja, ada orang beranggapan bahwa mengonsumsi statin bersamaan dengan obat herbal hasilnya lebih bagus. Tapi, penelitian tidak menyebutkan hal itu,” ujar Arijanto menjelaskan.

Arijanto mengatakan, penelitian menunjukan, konsumsi obat herbal secara bersamaan dengan statin menghasilkan efek yang buruk.

“Justru hasilnya akan lebih baik, jika obat herbal tidak dikonsumsi secara bersamaan dengan statin,” katanya menambahkan.

Mengapa demikian? Karena, di dalam obat herbal, ada tanin yang mengikat zat aktif dari obat-obat statin tersebut, sehingga tidak akan bekerja maksimal.

Maka itu, untuk menyiasatinya, Arijanto menganjurkan, konsumsi obat herbal di pagi hari dan statin di malam hari. Ini dilakukan, agar keduanya tidak saling bertemu. Demikian juga bila digabungkan dengan segelas jus.

Contoh lain, misalnya pada kasus hipertensi. Disarankan agar tidak mengonsumsi amlodipine bersamaan dengan jus jeruk, apel, dan anggur. Demikian juga dengan obat penurun kolesterol seperti statin. Jangan dikombinasi dengan makanan atau obat lain.

“Karena, obat-obatan dan jus ini akan bekerja di reseptor yang sama, sehingga khasiat dari keduanya tidak akan didapat,” kata Arijanto.

Kalau hendak menggunakan bahan alami untuk mengatasi hipertensi seperti misalnya memanfaatkan buah belimbing yang dibuat jus, perhatian satu hal. Tidak semua pasien darah tinggi boleh mengonsumsi. Harus dilihat dulu jenis darah tinggi yang diderita si pasien.

“Kalau darah tingginya tergolong primer, itu tidak akan menjadi masalah. Tapi, kalau darah tinggi tergolong sekunder, justru akan memperberat kerusakan ginjal,” kata Arijanto menerangkan.

Darah tinggi sekunder adalah menaiknya tekanan darah secara tidak normal akibat adanya penyakit lain, yaitu gangguan ginjal.

Maka itu, saat pasien memutuskan untuk menggunakan obat herbal, ada baiknya menanyakannya dulu kepada dokter. Karena dokter akan memberitahu, apa saja jenis obat herbal yang cocok dikonsumsi oleh si pasien.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tambahkan Bubuk Jintan Pada Makanan Saat Diet

Tambahkan Bubuk Jintan Pada Makanan Saat Diet

Satu lagi bahan herbal alami yang bisa membantu Anda suskes diet. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa bubuk jinten dapat membantu penurunan berat badan, mengurangi lemak tubuh, dan meningkatkan kadar kolesterol tidak sehat secara alami.Para peneliti di Shahid Sadoughi University of Medical Sciences, Iran membagi 88 wanita yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas menjadi 2 kelompok. Selama 3 bulan, kedua kelompok tersebut menerima konseling gizi dan penurunan asupan sehari-hari mereka hingga 500 kalori. Tapi satu kelompok diresepkan untuk mengonsumsi kurang dari 1 sendok teh bubuk jintan per hari.Pada akhir percobaan 3 bulan, kelompok yang diberikan resep bubuk jintan kehilangan bobot tubuh hingga 3 kilogram lebih dibandingkan kelompok non-jinten. Yang lebih mengesankan, persentase lemak tubuh kelompok jintan menurun 14,64 persen atau hampir tiga kali lipat dari non jintan.Tak hanya itu, sejumlah lemak darah berbahaya, atau trigliserida juga turun 23 poin, padahal kelompok non jintan hanya turun sekitar 5 poin. Lantas bagaimana kelompok jintan mendapatkan perubahan dramatis seperti itu? peneliti mengungkapkan, jintan kaya pitosterol, bahan kimia tanaman yang dikenal [...]

Mana Lebih Sehat, STMJ atau Susu Jahe?

Mana Lebih Sehat, STMJ atau Susu Jahe?

Bertahun-tahun mungkin kita mengetahui berbagai minuman untuk menambah stamina seperti Susu Telur Madu Jahe (STMJ) atau susu jahe. Tapi tahukah Anda kalau ternyata STMJ mengandung protein yang sulit dicerna tubuh.Seperti disampaikan Pakar Herbal dan Konsultan Herbal sekaligus Bussiness Development Director PT Deltomed Laboratories, Dr Abrijanto SB bahwa yang merusak komponen atau manfaat dalam minuman tradisional seperti STMJ adalah telurnya. Telur mentah yang dikocok bersama susu, madu dan jahe jadi hilang manfaat kesehatannya. "Putih telur itu ada albuminnya. Albumin merupakan sumber protein yang sulit diserap tubuh jika dikonsumsi mentah. Telur itu baiknya dimasak dulu. Sayang sekali kan kalau diminum, manfaat jahe dan lainnya jadi hilang," kata Abrijanto, ditulis Jumat (11/7/2014). Berbeda dengan STMJ, menurut Abrijanto, susu jahe lebih baik dikonsumsi kalau memang Anda butuh stamina dalam beraktivitas. Tapi perlu diperhatikan, jahe sebaiknya tidak dimasak dengan suhu terlalu panas atau air mendidih. Cukup dimasak dengan suhu sekitar 60-80 derajat celsius, minuman jahe bisa menambah stamina, mengurangi mual bagi ibu hamil, dan meringankan radang tenggorokan. [...]

Hati-hati dengan Obat China yang Langsung Cespleng

Hati-hati dengan Obat China yang Langsung Cespleng

Memahami obat tradisional Cina (Traditional Chinese Medicine-TCM) barangkali akan kurang tepat bila kita memakai kacamata medis Barat. Dipahami seperti jamu tradisional Indonesia? Kurang tepat juga karena obat TCM sudah diresepkan di rumah sakit dan ada fakultas kedokteran serta farmakologi yang menyangganya. Dalam kaitan obat palsu, DR.dr. William Adi Teja, Doktor TCM bidang penyakit dalam sangat menaruh perhatian pada pemalsuan yang mengganti kandungan obat dengan bahan kimia sintetis. ?Kalau diganti dengan plasebo masih mending, isinya cuma tepung. Tetapi, kalau diganti obat kimia lain, itu sungguh berbahaya,? katanya. Ia lantas memberikan contoh obat-obat antiradang dan antirematik yang dalam jangka waktu singkat pun telah menyebabkan wajah pasien jadi membengkak, dan dalam jangka panjang mengakibatkan kerusakan ginjal. Ia menyayangkan cara berpikir pedagang yang hanya mau mengambil untung besar tanpa berpikir risiko buruknya bagi pasien. Kebodohan orang pun dimanfaatkan. ?Obat tradisional umumnya tidak cespleng kalau mengobati penyakit kronis, meskipun ada sih obat tradisional untuk penyakit ringan yang dalam dua-tiga jam menyembuhkan. Urusan cespleng inilah yang kemudian [...]

Cengkeh Bisa Lawan Jerawat, Stres, dan Diabetes

Cengkeh Bisa Lawan Jerawat, Stres, dan Diabetes

Cengkeh merupakan rempah-rempah yang umumnya ditambahkan ke masakan di Indonesia. meski bentuknya kecil cengkeh menyimpan nutrisi seperti vitamin dan mineral seperti yodium, kalsium, fosfor, dan besi. Cengkeh bisa memberikan lebih banyak manfaat ke tubuh Anda tak hanya membuat makanan menjadi lebih lezat.Berikut 8 alasan agar Anda menambahkan cengkeh di dalam diet harian Anda seperti dikutip Health.India, Rabu (12/2/2014):1. Menurunkan gula darah dan obat diabetesMenurut sebuah penelitian yang dipimpin Dr Alam Khan pada 2006, cengkeh bisa menurunkan gula darah dan mengontrol diabetes. Cengkeh bisa menginduksi aktivitas insulin, seperti dalam tubuh yang membantu resistensi insulin sehingga meningkatkan kadar gula darah seseorang.Penelitian ini juga menunjukkan, makan cengkeh secara teratur membantu menjaga diabetes normal.Tips: Jika Anda menderita diabetes dan ingin menjaga kadar gula darah Anda di bawah kontrol, cobalah makan cengkeh setiap hari. Atau Anda bisa mencoba mengonsumsi sekitar 10 gram bubuk cengkeh dengan air hangat, pada waktu perut kosong setiap harinya. 2. Membantu memperbaiki pencernaanCengkeh bisa meningkatkan kemampuan Anda mencerna makanan. Ini juga menjadi sala [...]

Indonesia Konsisten Angkat Jamu dalam Sistem Kesehatan Nasional

Indonesia Konsisten Angkat Jamu dalam Sistem Kesehatan Nasional

Menilik hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 sekitar 30,4 persen rumah tangga di Indonesia memanfaatkan pelayanan kesehatan tradisional di antaranya 77,8 persen rumah tangga memanfaatkan jenis pelayanan kesehatan tradisional keterampilan tanpa alat, dan 49,0 persen rumah tangga memanfaatkan ramuan. Pelayanan kesehatan tradisional ramuan juga dikenal luas di Indonesia sebagai Jamu dan secara empiris digunakan dalam upaya promotif, preventif bahkan selanjutnya berkembang ke arah kuratif dan paliatif. "Indonesia secara konsisten mengangkat kesehatan tradisional ke dalam Sistem Kesehatan Nasional.? Dalam meningkatkan pemanfaatan obat tradisional utamanya Jamu, Indonesia telah memiliki berbagai regulasi dan kebijakan mengenai pengobatan tradisional," ujar Kepala Balitbangkes, Prof. Tjandra Yoga Aditama, Sabtu (14/6/2014). Regulasi yang ada juga diperkuat dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Kesehatan No. 003 tahun 2010 tentang Saintifikasi Jamu yang antara lain mengatur penyediaan data dan informasi tentang jamu untuk mendukung Jamu evidence based decision making dalam upaya pengintegrasian Jamu dalam pelayanan kesehatan.Program Saintifikasi Jamu atau Scientific Based Jamu [...]

5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan

5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan

Buah kesemek merupakan salah satu buah berwarna oranye yang kaya akan nutrisi dengan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Namun sayang, buah kesemek bisa didapat hanya saat musim gugur dan musim dingin saja. Berikut ini manfaat yang akan didapat bila rutin mengonsumsi buah kesemek, seperti dikutip Health Me Up, Senin (10/11/2014)1. Lindungi mataKesemek kaya vitamin A, yang membantu melindungi mata. Selain mencegah kerusakan retina, katarak, dan berkaitan dengan usia degenerasi makula, juga dapat membantu memperkuat bagian mata lain.2. Cegah kankerBuah kesemek yang dikemas dengan antioksidan dan fitonutrien membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. 3. Awet mudaKesemek pun memiliki banyak nutrisi yang mengurangi kerusakan sel-sel dalam tubuh, dan memperlambat proses penuaan.4. Tingkatkan kekebalan tubuhMakan buah kesemek membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah penyakit seperti flu, batuk, dan infeksi. Sebab, buah ini sarat dengan sifat anti-inflamasi.5. Menurunkan berat badanKesemek yang merupakan buah rendah kalori dan lemak, juga memiliki banyak serat, sehingga mampu memuaskan rasa lapar dan membuat kita kenyang lebih lama. Individu yang mengonsumsi buah kes [...]

5 Bahan Alami Pengusir Sariawan

5 Bahan Alami Pengusir Sariawan

Tidak nyaman dan menyakitkan sering dirasakan bila sariawan tumbuh pada bagian dalam pipi atau dasar gusi juta. Biasanya, sariawan akan sembuh dengan sendirinya beberapa hari kemudian. Tapi, dengan menggunakan obat alami yang dapat kita racik di rumah, pengobatan untuk sariawan akan berjalan cepat. Berikut bahan-bahan alami untuk menyembuhkan sariawan, seperti dikutip Health Me Up, Minggu (4/5/2014)KelapaUntuk mengurangi peradangan dan rasa nyeri, Anda dapat mengoleskan minyak kelapa tepat di sariawannya, atau mengunyah kelapa kering. Selain itu, Anda juga dapat minum segelas air kelapa untuk mendinginkan tubuh Anda. Daun kemangiDaun kemangi memiliki sifat meedis yang dapat mengobati sariawan pada mulut Anda. Mengunyah beberapa helai daun kemangi dengan air beberapa kali dalam sehari, juga dapat menyembuhkan penyakit maag.Air garamMembilas dengan air garam dapat membantu mensterilkan sariawannya. Ambil sesendok garam dan mencampurnya dengan segelas air hangat. Kemudian, tahan di mulut dan kumur-kumurlah selama beberapa detik, lalu buanglah. Ulangi sebanyak beberapa kali untuk mendapatkan hasil maksimal.EsMengoleskan es ke dalam mulut dapat mengurangi pembengkakan dan juga mematika [...]

5 Herbal yang Bikin Miss V Makin Wangi

5 Herbal yang Bikin Miss V Makin Wangi

Bagi wanita, sangat penting untuk menjaga organ intimnya tetap bersih dan wangi. Caranya bisa bermacam-macam mulai dengan membersihkan organ intim, memberi ratus pewangi atau pengasapan serta mengonsumsi ramuan herbal.Seperti dikatakan Pendiri Totok Perut dan Spa Kesehatan Kamaratih, Ratih Dewanti bahwa masalah yang paling umum terjadi pada organ intim wanita adalah keputihan yang disebabkan oleh jamur akibat kurangnya kebersihan dalam menjaga organ intim. Selain itu, penggunaan celana dalam dan jeans yang terlalu ketat juga bisa jadi pemicunya.Maka itu, kata dia, penting untuk menjaga organ intim Anda sehat dan wangi. Salah satunya dengan mengonsumsi ramuan herbal yang berisi:1. Akar wangi2. Kayumanis3. Sirih4. Pandan5. Daun jerukMenurut Ratih, kelima bahan ini digunakan di kamaratih untuk mengurangi lendir akibat keputihan, mengharumkan vagina dan menghilangkan bau pascamenstruasi. [...]

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Selain sebagai penyegar napas, daun mint juga dikenal sebagai herbal yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Maka itu, jangan bila Anda perhatikan sejumlah produk mengandung mint seperti pasta gigi, permen karet, penyegar nafas, permen dan inhaler. Alasan di balik ini semua sebenarnya karena daun mint bisa membunuh bakteri jahat. Selain itu, daun mint juga memiliki manfaat lain, seperti dikutip Boldsky, Rabu (5/11/2014) berikut ini: 1. Mengatasi alergi Daun mint mengandung antioksidan yang dikenal sebagai asam rosmarinic. Asam ini efektif dalam mengurangi gejala alergi musiman. 2. Mengobati batuk Pada daun mengandung menthol. Menthol adalah dekongestan alami yang membantu untuk memecah dahak dan lendir. Dengan demikian mengonsumsi mint secara rutin dapat membersihkan rongga hidung.3. Mengatasi masalah pencernaan Manfaat kesehatan lain dari daun mint adalah meningkatkan aliran empedu sehingga dapat mengatasi masalah pencernaan.4. Mengatasi Morning Sickness untuk ibu hamil Daun mint sering digunakan untuk meringankan mual ibu hamil di trimester pertama. [...]

Di Inggris, Karyawan yang Sukses Diet Dapat Imbalan

Di Inggris, Karyawan yang Sukses Diet Dapat Imbalan

Demi menuntaskan penderita obesitas, pemerintah Inggris memiliki ketetapan baru. Pegawai atau karyawan swasta yang obesitas dan sukses menjalankan dietnya, akan menerima imbalan berupa uang tunai atau voucher belanja. Kepala eksekutif NHS Inggris Simon Stevens menuturkan, cara ini sebelumnya telah diterapkan di Amerika dan sukses memangkas penderita obesitas diantara pegawai atau karyawan perusahaan."Di banyak negara, cash back diberikan dalam rangka menurunkan angka obesitas. Jadi kami juga menawarkan imbalan menarik bagi yang sukses berdiet seperti uang tunai, voucher belanja dan hadiah lainnya," kata Stevens, seperti dikutip Mirror, Kamis (23/10/2014). Menurut Stevens, ini adalah langkah jangka panjang dalam menjaga berat badan. Untuk besarannya, bisa bervariasi tergantung dari berapa banyak berat badan mereka hilang."Obesitas kini telah menjadi ancaman dan kita perlu melakukan upaya untuk menekan jumlah obesitas mulai dari anak-anak hingga dewasa," jelasnya. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *