Jangan Takut dengan Kista Ovarium

jangan-takut-dengan-kista-ovarium-alodokter.jpg

Tiap wanita pasti takut jika mendengar penyakit bernama kista ovarium. Penyakit ini menjadi hal yang menakutkan karena kehadirannya di tubuh bisa berkembang menjadi kanker dan bersifat mematikan.

Pada dasarnya kista ovarium tidaklah berbahaya. Yang membuatnya berkembang menjadi ganas adalah ketika kehadirannya tidak ditangani dengan benar.

Deteksi Sedini Mungkin

Kista ovarium adalah benjolan berisi cairan yang berkembang pada indung telur (ovarium) wanita. Kondisi ini tergolong umum dialami oleh wanita. Kebanyakan kista ovarium tidak berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. Hadirnya kista di ovarium memang sulit terdeteksi karena tidak menimbulkan gejala. Kista baru menampakkan gejala ketika telah berkembang.

Kenali gejala-gejala kista ovarium

Pada kebanyakan kasus, biasanya kita tidak akan menyadari kehadiran kista ovarium di tubuh. Karena pada dasarnya kehadiran kista sering kali tidak menimbulkan gejala. Namun Anda akan merasakan gejalanya jika memiliki kista yang telah membesar, pecah, atau menutupi aliran darah ke ovarium. Berikut ini gejala-gejala yang bisa timbul akibat adanya kista:

  • Sering buang air kecil.
  • Nyeri saat buang air besar.
  • Merasa kelelahan dan pusing.
  • Perut kembung.
  • Perubahan siklus menstruasi.
  • Mual, muntah, atau nyeri payudara seperti yang Anda alami selama kehamilan.
  • Gangguan pencernaan atau mudah kenyang padahal Anda hanya makan sedikit.
  • Nyeri panggul saat melakukan hubungan seksual.
  • Nyeri panggul sebelum menstruasi tiba atau sebelum menstruasi berakhir.
  • Nyeri panggul yang menyebar sampai ke punggung bawah dan paha.

Memeriksakan diri ke dokter

Setelah mengetahui gejalanya dan merasakan salah satu darinya, lebih baik segera konsultasikan ke dokter. Dengan periksa ke dokter dapat dipastikan apakah Anda memiliki kista atau tidak. Sebelum ke dokter, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan.

  • Kenali gejala-gejala kehadiran kista ovarium. Jika Anda merasakannya, catat gejala-gejala tersebut. Atau jika Anda mengalami sakit, namun tidak terdapat pada salah satu gejala kehadiran kista, Anda boleh juga mencantumkannya.
  • Siapkan pertanyaan. Persiapkan pertanyaan penting seputar kista untuk diajukan kepada dokter. Misalnya tes apa saja yang harus dijalani untuk mendeteksi kista? Atau apakah kista ovarium bisa hilang dengan sendirinya atau butuh perawatan khusus?
  • Tulis tiap obat-obatan dan suplemen yang Anda minum. Cantumkan juga dosisnya dan seberapa sering Anda mengonsumsinya.
  • Ajak keluarga atau rekan terdekat untuk menemani. Hal ini berguna untuk membantu Anda mengingat semua informasi yang dokter berikan, andai Anda lupa.

Sebelum Anda beranjak dari ruangan dokter, pastikan Anda memahami semua informasi yang telah diberikan. Jangan sungkan untuk bertanya jika ada hal yang masih belum Anda pahami.

Setelah konsultasi dengan dokter, Anda akan menjalani pemeriksaan fisik yaitu pemeriksaan panggul. Pada saat pemeriksaan panggul, dokter akan memeriksa daerah genital, vagina, rongga perut bawah dan juga menggunakan spekulum untuk melihat saluran reproduksi. Jika cukup besar, kista akan terasa saat pemeriksaan ini dilakukan.

Setiap wanita terutama mereka yang telah aktif secara seksual sebaiknya melakukan pemeriksaan Pap smear tiga tahun sekali. Tes ini dilakukan sebagai langkah pencegahan kanker serviks. Sebelum Pap smear dilakukan, dokter umumnya melakukan pemeriksaan panggul dulu. Tidak jarang kista ditemukan secara tidak sengaja saat dokter memeriksa panggul.

Menjalani tes kesehatan

Jika Anda merasakan gejala tertentu dan mengkhususkan diri untuk ke dokter atau saat pemeriksaan panggul terasa ada benjolan, tes medis di bawah ini akan membantu mendeteksi apakah ada kista atau tidak.

Ultrasonografi (USG). Cara ini digunakan untuk mendeteksi kehadiran kista ovarium dan mengetahui ukurannya. Selama pemeriksaan, dokter akan menempatkan alat USG pada perut Anda dan isi rongga perut atau panggul Anda bisa terlihat pada tampilan layar monitor.

Tes darah. Dokter akan menyarankan Anda untuk menjalani tes darah jika hasil USG menunjukkan bahwa kista yang Anda miliki berbentuk padat atau berisiko tinggi terkena kanker ovarium. Melalui tes ini, dokter akan menguji kadar protein yang sering disebut kanker antigen 125 (CA-125) pada darah Anda. Alasannya karena kadar CA-125 bisa meningkat pada wanita yang menderita kanker ovarium. Namun tidak semua peningkatan CA-125 disebabkan oleh kanker ovarium. Terdapat kemungkinan disebabkan oleh penyakit radang panggul, endometriosis, atau fibroid rahim. Oleh karena itu, kesimpulan seseorang menderita kanker ovarium tidak bisa berdasarkan kadar CA-125nya saja.

Laparoskopi. Melalui sebuah sayatan kecil, dokter akan memasukkan alat laparoskop yaitu selang yang ujungnya dilengkapi lampu dan kamera. Sebelum memulai metode pembedahan ini, Anda akan menjalani proses pembiusan. Dengan laparoskopi, dokter bisa melihat langsung rongga panggul dan organ-organ reproduksi serta keabnormalan jika ada.

Tidak semua kista memerlukan penanganan medis. Ada jenis kista yang dikenal sebagai ?kista fungsional?. Kista fungsional berkaitan dengan siklus menstruasi dan umumnya tidak berbahaya. Kista jenis ini dapat hilang dengan sendirinya dalam dua hingga tiga siklus menstruasi. Dengan pemeriksaan yang lengkap, dokter dapat mencari tahu jenis kista yang Anda alami dan risikonya untuk berkembang menjadi kanker ovarium.

Umumnya, kista akan ditindaklanjuti secara medis jika ukurannya besar, menyebabkan gejala pada penderitanya atau jika dokter merasa kista berisiko bersifat kanker.

Faktor Risiko Kanker Ovarium

Pada dasarnya kista ovarium tidak berbahaya terutama jika ditangani pada awal perkembangan. Namun kista berpotensi untuk berubah menjadi kanker ovarium terutama jika penderita:

  • Telah melalui masa menopause.
  • Berusia antara 50-60 tahun
  • Memiliki gen mutasi BRCA1 dan BRCA2.
  • Memiliki keluarga dengan riwayat penyakit kanker ovarium.
  • Menderita kanker payudara.
  • Pernah menjalani terapi hormon setelah menopause.
  • Merokok.
  • Menderita sindrom ovarium polikistik.
  • Pernah mengonsumsi obat untuk meningkatkan kesuburan.
  • Belum pernah hamil.

Jika karena alasan tertentu Anda khawatir akan adanya kista ovarium di dalam tubuh, periksakan ke dokter. Dengan diagnosis yang dini, kista bisa ditangani dengan baik dan risiko komplikasi pun lebih rendah.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Konsumsi Strawberry Bisa Bantu Tingkatkan Daya Ingat

Konsumsi Strawberry Bisa Bantu Tingkatkan Daya Ingat

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa strawberry dan buah berry lainnya memiliki kandungan yang bisa meningkatkan daya ingat ketika usia senja nanti. Memakan satu porsi strawberry setiap minggu dapat berpengaruh terhadap daya pikir Anda selama beberapa tahun."Studi epidemiologi ini mengungkapkan tentang asupan berry yang berkaitan dengan penurunan memori pada lansia. Padahal sebelumnya, sedikit peneliti yang telah menyelidiki efek dari buah berry dan flavonoid untuk daya ingat orang dewasa" tutur Dr. Elizabeth Devore, seorang dokter di Bringham dan Women's Hospital serta Harvard Medical School. Devore juga mengatakan bahwa penemuan ini merupakan kabar gembira karena diet yang sehat dan sederhana dapat meningkatkan kinerja otak orang dewasa.Dalam studi yang dipublikasikan oleh Thursday dalam Annals of Neurology, peneliti menggunakan metode survei terhadap lebih dari 16.000 wanita berusia 74 tahun. Dari hasil penelitian itu menunjukkan bahwa wanita yang banyak mengonsumsi buah berry, daya ingatnya lebih tajam daripada yang kurang asupan berry atau strawberry."Jika Anda tidak mengonsumsinya selama enam bulan, dua tahun, atau lebih, bisa mempengaruhi kesehatan Anda," papar Dr. Richar [...]

Bersihkan Sisa Makanan Sebaik-baiknya

Bersihkan Sisa Makanan Sebaik-baiknya

Ranjau-ranjau berbahaya yang dapat menyebabkan bau mulut tak sedap di antaranya adalah sela-sela gigi dan lidah. Sisa makanan yang terjebak di sela gigi dan permukaan lidah lama kelamaan akan membusuk oleh bakteri dan menghasilkan senyawa sulfur, penyebab bau mulut. Sikat gigi saja tidak cukup! Bersihkan juga sela gigi dengan dental floss dan sikat permukaan lidah perlahan setelah sikat gigi, Anda akan terkejut menyadari perbedaannya. Jika kita teledor melewatkan satu kotoran di gigi maka paapran paling dekat adalah Gusi berdarah yang merupakan indikator utama peradangan gusi (gingivitis). Gingivitis terutama disebabkan kebersihan mulut buruk, adanya akumulasi plak di sekitar leher gigi karena kotoran gigi tidak dibersihkan dengan baik, dan karang gigi (dental calculus).Bila tidak dibersihkan, karang gigi dapat merusak jaringan pendukung gigi termasuk gusi dan tulang. Lama-lama gigi menjadi goyang. Segera kunjungi dokter gigi Anda untuk mendapatkan perawatan scaling (pembersihan karang gigi). [...]

4 Cara untuk Dapatkan Tidur yang Berkualitas

4 Cara untuk Dapatkan Tidur yang Berkualitas

Tidur merupakan waktu istirahat untuk organ-organ internal seperti mata dan otak. Tidur yang berkualitas sangatlah penting karena dapat mengembalikan pasokan energi yang telah habis digunakan sehari-hari. Seperti yang dikutip dari Health, simak empat aturan untuk dapatkan waktu tidur yang berkualitas.1. Buat Kamar Tidur Anda GelapTubuh manusia telah diprogram untuk bisa tertidur ketika hari sudah gelap. Adanya cahaya justru bisa menghambat produksi melatonin, hormon yang membuat orang tertidur. Bahkan jika sedang tidur, cahaya pun dapat dideteksi menembus kelopak mata.Menurut Joyce Walsleben, PhD, profesor di New York University School of Medicine, "Otak yang memproduksi melatonin akan bingung antara siang dan malam. Anda butuh kegelapan yang cukup di kamar tidur."Selain itu, penelitian di Amerika membuktikan bahwa paparan cahaya yang terlalu banyak di malam hari bisa membuat seseorang depresi. Menurut Profesor Psikolog dan Neuroscience Randy Nelson, cahaya lampu bisa membuat sel-sel tidak bisa beristirahat dengan baik."Banyak orang sering menggunakan lampu di malam hari, padahal itu bisa meningkatkan energi panas dalam tubuh yang akan membuat sel-sel tubuh yang harusnya beristi [...]

Atasi Emosi dengan Minum Jus Jeruk

Atasi Emosi dengan Minum Jus Jeruk

Biasanya mendengarkan musik atau mearik napas dalam-dalam menjadi solusi untuk meredam emosi atau amarah. Tapi kini ada juga cara yang terbilang unik namun terbukti cukup efektif, yakni minum segelas jeruk manis.Cara ini tidak akan mengubah seseorang menjadi benar-benar sabar dan pemaaf, sebab pada titik tertentu kemarahan itu tetap akan muncul. Namun setidaknya campuran gula dalam perasan jeruk membuat batas-batas kesabaran lebih longgar dari yang seharusnya.Kuncinya memang bukan pada air jeruk melainkan pada glukosa atau gula sederhana dalam minuman tersebut. Di dalam darah, glukosa dikirim juga ke otak sebagai sumber energi yang antara lain berguna untuk mengontrol temperamen dan emosi negatif lainnya.Kurangnya pasokan gula ke otak bisa menyebabkan emosi negatif tidak terkendali, sehingga menjadi lebih agresif dan mudah tersinggung. Itulah sebabnya hingga batas tertentu es jeruk yang dipermanis dengan gula bisa meredam kemarahan yang meledak-ledak.Manfaat minum jeruk manis bukan sekedar dugaan teoritis sebab tim dari Ohio State University telah membuktikannya baru-baru ini. Sebanyak 62 pelajar sekolah menengah dilibatkan dalam eksperimen pembuktian yang dipimpin oleh Prof Bra [...]

Ini Alasan Mengapa Liburan Bermanfaat Bagi Kesehatan

Ini Alasan Mengapa Liburan Bermanfaat Bagi Kesehatan

Di balik sesuatu yang nikmat, biasanya tersimpan risiko yang membahayakan kesehatan. Tidak ada yang salah dengan anggapan ini, namun juga tidak berarti bahwa tidak ada satupun kenikmatan yang menyehatkan. Berlibur, misalnya. Bukan tanpa alasan jika beberapa orang menyebut hari libur sebagai hari kesehatan-mental. Melepaskan diri dari rutinitas pekerjaan, baik melancong maupun tinggal di rumah bisa meredakan stres dan menurunkan tekanan darah serta risiko penyakit jantung.Sebuah studi yang dilakukan di National Heart, Lung & Blood Institute di Bethesda, Maryland. Mereka mengatakan bahwa wanita yang bepergian keluar kota (dua kali atau lebih dalam satu tahun) berkemungkinan mencegah sakit jantung delapan kali lebih kecil daripada mereka yang tidak.Studi lain yang diterbitkan oleh jurnal Psychosomatic Medicine, mengatakan wanita yang sering berekreasi memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil dan indeks masa tubuh yang rendah. Tidak berhenti sampai di sana, studi mengatakan bahwa orang yang sering berlibur memiliki kualitas tidur yang lebih baik.Selain itu, penelitian pada tahun 2005 membuktikan, kebahagiaan yang didapat ternyata bukan ditentukan oleh lamanya waktu berlibur. L [...]

Evita Zoraya, Aromatherapist yang Juga Jadi Teman Curhat Kliennya

Evita Zoraya, Aromatherapist yang Juga Jadi Teman Curhat Kliennya

Pekerjaan aromatherapist tidak terbatas pada menggunakan minyak esensial dan wewangian untuk terapi menghilangkan stres atau penyembuhan saja. Seorang aromatherapist profesional juga perlu mendalami ilmu lain agar sesi terapi yang dijalaninya pada klien bisa maksimal dan memberikan manfaat yang nyata bagi peningkatan kualitas hidup.Seperti Evita Zoraya yang sudah berkecimpung di dunia aromaterapi sejak lima tahun lalu. Tidak hanya pengetahuan tentang berbagai macam jenis minyak esensial saja yang dia miliki, tapi juga kemampuan membantu seseorang menemukan solusi sendiri untuk masalahnya.Selain aromatherapist, Evita juga mendalami profesi sebagai Meta Coach. Bukan seperti psikolog yang memberi konsultasi dan saran, atau psikiater yang memberikan resep obat untuk pasiennya. Meta Coach merupakan seorang coach yang membantu seseorang menemukan solusi sendiri untuk mengatasi problema hidup. Lebih kepada memberi referensi bagaimana menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri."Biasanya yang tahu solusi terbaik (untuk masalah) adalah dirinya sendiri. Tapi seringkali mereka tidak menyadari punya kemampuan itu. Di situlah peran coach. Membantu menyelesaikan problem sendiri," ujar Evita [...]

Apa Saja yang Dapat Mengancam Kesehatan Penis?

Apa Saja yang Dapat Mengancam Kesehatan Penis?

Masalah pada penis sebagai alat vital pada pria, dapat mengganggu aktivitas seksual sekaligus berisiko mengganggu kesehatan tubuh. Untuk itu sangat penting untuk menjaga kondisi kesehatan penis. Rasa segan kerap kali dirasakan pria yang mengalami gangguan pada penis. Tidak perlu ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter ketika Anda mengalami hal tersebut. Permasalahan pada Kondisi Penis Beberapa permasalahan umum yang dapat mengganggu kesehatan penis, yaitu: Gangguan ereksi Misalnya tidak mampu ereksi atau ereksi terlalu singkat. Ada pula ereksi yang tidak disebabkan oleh stimulasi seksual yang menyebabkan rasa sakit, disebut dengan priapismus. Gangguan ejakulasi Beberapa gangguan yang sering dikeluhkan seperti halnya ejakulasi dini, ejakulasi yang terlambat, ejakulasi disertai rasa sakit, hingga ketidakmampuan untuk ejakulasi sama sekali. Infeksi menular seksual Penis dapat terinfeksi oleh penyakit menular seksual, seperti gonore, klamidia , sifilis, kutil kelamin, dan herpes genital. Masalah dengan kulup Salah satu kondisi yang kerap terjadi dikenal dengan fimosis, yaitu kulup pada penis tidak dapat ditarik dari kepala penis. Sebaliknya, ada pula kondisi parafimosis, yai [...]

3 Tanda Anda Mengalami Dehidrasi

3 Tanda Anda Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan cairan, terutama air, melebihi jumlah asupan yang dikonsumsi. Pada kondisi dehidrasi, air keluar dari sel tubuh lebih banyak dibandingkan dengan yang kita minum. Setiap harinya tubuh kita kehilangan air melalui penguapan dari nafas dan pengeluaran pada keringat, urin dan feses. Bersamaan dengan air, sejumlah kecil garam juga ikut hilang. Jika kita kehilangan terlalu banyak air, tubuh akan kehilangan keseimbangan atau dehidrasi. Dehidrasi yang parah bahkan dapat berujung pada kematian. Lalu apa saja sih sebetulnya tanda-tanda Anda mengalami dehidrasi? 3 Tanda Anda Mengalami Dehidrasi Dehidrasi merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan cairan, terutama air, melebihi jumlah asupan yang dikonsumsi. Pada kondisi dehidrasi, air keluar dari sel tubuh lebih banyak dibandingkan dengan yang kita minum. Setiap harinya tubuh kita kehilangan air melalui penguapan dari nafas dan pengeluaran pada keringat, urin dan feses. Bersamaan dengan air, sejumlah kecil garam juga ikut hilang. Jika kita kehilangan terlalu banyak air, tubuh akan kehilangan keseimbangan atau dehidrasi. Dehidrasi yan [...]

Penyebab Wanita Merasakan Nyeri di Payudara & Gampang Marah Saat PMS

Penyebab Wanita Merasakan Nyeri di Payudara & Gampang Marah Saat PMS

Premenstrual Syndrome atau PMS jadi hal yang menghantui wanita setiap bulan. Ketika mengalaminya mood cenderung menjadi kacau. Apakah Anda kerap bertanya-tanya, kenapa wanita harus merasakan PMS yang sebenarnya mengganggu ini? Simak jawabannya di sini.Konsultan seks wolipop dr. Vanda Mustika menjelaskan PMS merupakan gejala fisik dan emosional yang berhubungan dengan siklus menstruasi. PMS biasanya dimulai pada pertengahan siklus atau 14 hari setelah hari pertama menstruasi (pada siklus yang normal) dan hilang 1-2 hari setelah menstruasi berikutnya.Apa yang dirasakan wanita saat PMS, bisa dilihat dari gejala fisik dan psikis. Gejala fisik yang dirasakan wanita saat PMS di antaranya kembung, rasa kencang dan nyeri di payudara, sulit buang air besar atau diare, sakit kepala, sensitif terhadap suara dan sinar, serta rasa ingin makan terus. Adapun gejala yang timbul secara psikis atau emosional seperti rasa bingung, sulit berkonsentrasi, mudah lupa, sedih dan putus asa, tegang ataupun cemas, kehilangan ataupun peningkatan libido, mood yang berubah-ubah, perasaan bersalah atau tidak percaya diri dan gangguan tidur (bisa berlebihan atau sulit tidur).Kenapa wanita harus merasakan PMS y [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *