Jangan Takut dengan Kista Ovarium

jangan-takut-dengan-kista-ovarium-alodokter.jpg

Tiap wanita pasti takut jika mendengar penyakit bernama kista ovarium. Penyakit ini menjadi hal yang menakutkan karena kehadirannya di tubuh bisa berkembang menjadi kanker dan bersifat mematikan.

Pada dasarnya kista ovarium tidaklah berbahaya. Yang membuatnya berkembang menjadi ganas adalah ketika kehadirannya tidak ditangani dengan benar.

Deteksi Sedini Mungkin

Kista ovarium adalah benjolan berisi cairan yang berkembang pada indung telur (ovarium) wanita. Kondisi ini tergolong umum dialami oleh wanita. Kebanyakan kista ovarium tidak berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. Hadirnya kista di ovarium memang sulit terdeteksi karena tidak menimbulkan gejala. Kista baru menampakkan gejala ketika telah berkembang.

Kenali gejala-gejala kista ovarium

Pada kebanyakan kasus, biasanya kita tidak akan menyadari kehadiran kista ovarium di tubuh. Karena pada dasarnya kehadiran kista sering kali tidak menimbulkan gejala. Namun Anda akan merasakan gejalanya jika memiliki kista yang telah membesar, pecah, atau menutupi aliran darah ke ovarium. Berikut ini gejala-gejala yang bisa timbul akibat adanya kista:

  • Sering buang air kecil.
  • Nyeri saat buang air besar.
  • Merasa kelelahan dan pusing.
  • Perut kembung.
  • Perubahan siklus menstruasi.
  • Mual, muntah, atau nyeri payudara seperti yang Anda alami selama kehamilan.
  • Gangguan pencernaan atau mudah kenyang padahal Anda hanya makan sedikit.
  • Nyeri panggul saat melakukan hubungan seksual.
  • Nyeri panggul sebelum menstruasi tiba atau sebelum menstruasi berakhir.
  • Nyeri panggul yang menyebar sampai ke punggung bawah dan paha.

Memeriksakan diri ke dokter

Setelah mengetahui gejalanya dan merasakan salah satu darinya, lebih baik segera konsultasikan ke dokter. Dengan periksa ke dokter dapat dipastikan apakah Anda memiliki kista atau tidak. Sebelum ke dokter, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan.

  • Kenali gejala-gejala kehadiran kista ovarium. Jika Anda merasakannya, catat gejala-gejala tersebut. Atau jika Anda mengalami sakit, namun tidak terdapat pada salah satu gejala kehadiran kista, Anda boleh juga mencantumkannya.
  • Siapkan pertanyaan. Persiapkan pertanyaan penting seputar kista untuk diajukan kepada dokter. Misalnya tes apa saja yang harus dijalani untuk mendeteksi kista? Atau apakah kista ovarium bisa hilang dengan sendirinya atau butuh perawatan khusus?
  • Tulis tiap obat-obatan dan suplemen yang Anda minum. Cantumkan juga dosisnya dan seberapa sering Anda mengonsumsinya.
  • Ajak keluarga atau rekan terdekat untuk menemani. Hal ini berguna untuk membantu Anda mengingat semua informasi yang dokter berikan, andai Anda lupa.

Sebelum Anda beranjak dari ruangan dokter, pastikan Anda memahami semua informasi yang telah diberikan. Jangan sungkan untuk bertanya jika ada hal yang masih belum Anda pahami.

Setelah konsultasi dengan dokter, Anda akan menjalani pemeriksaan fisik yaitu pemeriksaan panggul. Pada saat pemeriksaan panggul, dokter akan memeriksa daerah genital, vagina, rongga perut bawah dan juga menggunakan spekulum untuk melihat saluran reproduksi. Jika cukup besar, kista akan terasa saat pemeriksaan ini dilakukan.

Setiap wanita terutama mereka yang telah aktif secara seksual sebaiknya melakukan pemeriksaan Pap smear tiga tahun sekali. Tes ini dilakukan sebagai langkah pencegahan kanker serviks. Sebelum Pap smear dilakukan, dokter umumnya melakukan pemeriksaan panggul dulu. Tidak jarang kista ditemukan secara tidak sengaja saat dokter memeriksa panggul.

Menjalani tes kesehatan

Jika Anda merasakan gejala tertentu dan mengkhususkan diri untuk ke dokter atau saat pemeriksaan panggul terasa ada benjolan, tes medis di bawah ini akan membantu mendeteksi apakah ada kista atau tidak.

Ultrasonografi (USG). Cara ini digunakan untuk mendeteksi kehadiran kista ovarium dan mengetahui ukurannya. Selama pemeriksaan, dokter akan menempatkan alat USG pada perut Anda dan isi rongga perut atau panggul Anda bisa terlihat pada tampilan layar monitor.

Tes darah. Dokter akan menyarankan Anda untuk menjalani tes darah jika hasil USG menunjukkan bahwa kista yang Anda miliki berbentuk padat atau berisiko tinggi terkena kanker ovarium. Melalui tes ini, dokter akan menguji kadar protein yang sering disebut kanker antigen 125 (CA-125) pada darah Anda. Alasannya karena kadar CA-125 bisa meningkat pada wanita yang menderita kanker ovarium. Namun tidak semua peningkatan CA-125 disebabkan oleh kanker ovarium. Terdapat kemungkinan disebabkan oleh penyakit radang panggul, endometriosis, atau fibroid rahim. Oleh karena itu, kesimpulan seseorang menderita kanker ovarium tidak bisa berdasarkan kadar CA-125nya saja.

Laparoskopi. Melalui sebuah sayatan kecil, dokter akan memasukkan alat laparoskop yaitu selang yang ujungnya dilengkapi lampu dan kamera. Sebelum memulai metode pembedahan ini, Anda akan menjalani proses pembiusan. Dengan laparoskopi, dokter bisa melihat langsung rongga panggul dan organ-organ reproduksi serta keabnormalan jika ada.

Tidak semua kista memerlukan penanganan medis. Ada jenis kista yang dikenal sebagai ?kista fungsional?. Kista fungsional berkaitan dengan siklus menstruasi dan umumnya tidak berbahaya. Kista jenis ini dapat hilang dengan sendirinya dalam dua hingga tiga siklus menstruasi. Dengan pemeriksaan yang lengkap, dokter dapat mencari tahu jenis kista yang Anda alami dan risikonya untuk berkembang menjadi kanker ovarium.

Umumnya, kista akan ditindaklanjuti secara medis jika ukurannya besar, menyebabkan gejala pada penderitanya atau jika dokter merasa kista berisiko bersifat kanker.

Faktor Risiko Kanker Ovarium

Pada dasarnya kista ovarium tidak berbahaya terutama jika ditangani pada awal perkembangan. Namun kista berpotensi untuk berubah menjadi kanker ovarium terutama jika penderita:

  • Telah melalui masa menopause.
  • Berusia antara 50-60 tahun
  • Memiliki gen mutasi BRCA1 dan BRCA2.
  • Memiliki keluarga dengan riwayat penyakit kanker ovarium.
  • Menderita kanker payudara.
  • Pernah menjalani terapi hormon setelah menopause.
  • Merokok.
  • Menderita sindrom ovarium polikistik.
  • Pernah mengonsumsi obat untuk meningkatkan kesuburan.
  • Belum pernah hamil.

Jika karena alasan tertentu Anda khawatir akan adanya kista ovarium di dalam tubuh, periksakan ke dokter. Dengan diagnosis yang dini, kista bisa ditangani dengan baik dan risiko komplikasi pun lebih rendah.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mengganti Cairan Tubuh yang Hilang Saat Olahraga

Mengganti Cairan Tubuh yang Hilang Saat Olahraga

Oleh: dr. Sophia B. Hage Air dalam tubuh terdistribusi secara intrasel (terletak di dalam sel) dan ekstrasel (terletak di luar sel). Cairan ekstrasel terbagi atas cairan interstisial (cairan jaringan, antar sel) dan cairan intravaskuler (cairan di dalam pembuluh darah, yaitu plasma darah). Ketika berolahraga cairan yang akan hilang adalah cairan ekstrasel. Cairan ini sifatnya sangat penting bagi tubuh karena beberapa hal, yaitu mempertahankan suhu tubuh, membantu lubrikasi sendi sehingga memungkinkan sendi bergerak dengan bebas, dan fungsi tubuh normal lainnya. Apabila Anda kekurangan cairan atau dehidrasi saat berolahraga, maka gejala yang timbul seringkali berupa rasa haus dan mulut kering. Selain itu Anda juga dapat merasa lemas dan lelah, pusing serta mual, sehingga sulit melakukan kegiatan olahraga dengan optimal. Biasanya sebelum haus, jarang sekali kita merasakan kekurangan cairan (dehidrasi). Padahal ketika timbul rasa haus dan mulut kering, sebenarnya kita sudah dehidrasi. Persen cairan tubuh yang hilang tentunya tergantung oleh berat latihan atau intensitas aktifitas fisik yang dilakukan dan juga oleh durasi latihan/aktifitas fisik. Apabila hanya melakukan aktifitas sehar [...]

Kenapa Bisa Terjadi Keputihan Berwarna Coklat?

Kenapa Bisa Terjadi Keputihan Berwarna Coklat?

Keputihan adalah hal yang wajar untuk dialami oleh perempuan pada segala usia, namun berbeda artinya jika keputihan yang terjadi disertai dengan warna tertentu. Keputihan berwarna coklat, baik coklat muda maupun coklat gelap, bisa menjadi pertanda kepada kondisi tubuh tertentu. Keputihan memegang peranan penting bagi sistem reproduksi wanita sebagai proses pembuangan cairan yang dihasilkan kelenjar di dalam serviks dan vagina. Cairan ini membawa bakteri dan sel mati yang nantinya dapat mencegah infeksi dan membuat vagina tetap bersih. Keputihan berwarna coklat biasanya terjadi pada akhir periode menstruasi atau bisa juga terjadi pada masa kehamilan. Jika keputihan Anda tidak hanya berwarna, tapi juga berbau, disertai gatal, atau gejala lainnya, maka bisa jadi itu merupakan tanda-tanda adanya gangguan kesehatan. Penyebab Keputihan Berwarna Coklat Keputihan bisa disebabkan oleh tanda ovulasi, awal pada masa kehamilan, mendekati menopause, atau sudah memasuki menopause. Keputihan yang terjadi biasanya berwarna coklat muda hingga coklat tua. Keputihan berwarna coklat pekat juga bisa terjadi jika Anda mengalami pendarahan dinding rahim atau endometrium. Biasanya terjadi sebelum menstr [...]

Apa Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri?

Apa Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri?

Sakit dada sebelah kiri kerap dikaitkan dengan serangan jantung yang mengancam jiwa. Akan tetapi, bisa juga disebabkan oleh gangguan lain. Apabila Anda sakit dada kiri oleh karena serangan jantung, Anda memerlukan bantuan medis secepat mungkin. Namun, apabila disebabkan oleh gangguan lain, bisa jadi Anda tidak memerlukan pertolongan darurat. Untuk itu penting mengetahui apa saja penyebab sakit dada sebelah kiri dan apa saja gejala-gejala yang mengiringinya, agar Anda dapat memperoleh penanganan yang tepat. Kenali Penyebab dan Gejalanya Berikut ini beberapa gangguan yang dapat menyebabkan sakit dada sebelah kiri. Serangan jantung Serangan jantung terjadi saat aliran darah ke otot jantung tiba-tiba terhambat. Jika sakit dada sebelah kiri karena serangan jantung, Anda akan merasa dada Anda ditekan, diremas, dan muncul rasa berat dalam rongga dada. Tidak jarang diiringi dengan rasa seperti terbakar. Selain itu, mungkin juga timbul rasa sakit seperti ditusuk-tusuk atau mati rasa pada lengan kiri, yang dapat merambat ke lengan kanan. Lengan dapat terasa lebih lemah atau lebih berat dari biasanya. Saat serangan jantung akan muncul, dapat terjadi gejala sesak napas, rasa lelah yang luar [...]

7 Hal Ringan yang Bisa Memicu Depresi

7 Hal Ringan yang Bisa Memicu Depresi

Depresi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti trauma dan stres. Namun, bukan hanya masalah berat saja yang memicu orang menjadi depresi. Ada juga hal-hal ringan dan sepele yang bisa membuat seseorang menjadi stres berat.Faktor apa sajakah itu? Dilansir dari HealthMeUp, ini dia beberapa hal sederhana yang memicu depresi.CuacaApakah Anda pernah merasa sedih atau putus asa setiap pergantian musim panas ke musim dingin atau hujan? Jangan khawatir, ini bukan kondisi yang parah. Kondisi ini disebut dengan Seasonal Affective Disorsed atau SAD. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi siapa saja, termasuk orang yang memiliki kondisi kesehatan mental normal.MerokokDepresi sering dikaitkan dengan tingkat kecanduan merokok. Sering kali, orang yang ingin berhenti merokok mengalami perubahan suasana hati dan cemas.Kurang TidurKita sering merasa kesal dan cepat marah jika kurang tidur. Jika masalah kurang tidur ini terjadi terus-menerus, lama-lama efeknya bisa membuat seseorang depresi.Penyakit TiroidBanyak penelitian yang menunjukkan bahwa depresi merupakan tanda penyakit tiroid yang tidak diobati. Ketika kelenjar tiroid di leher tidak memproduksi hormon tiroid yang cukup, maka mengarah p [...]

Obat Kumur dan Bau Mulut

Obat Kumur dan Bau Mulut

Apakah obat kumur ampuh melawan bau mulut? Bisa mengurangi, tapi efeknya hanya sementara. Sebaiknya ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan dan jangan berlebihan. Obat kumur digunakan sebagai pelengkap dalam upaya membersihkan gigi dan mulut secara optimal, namun bila digunakan secara berlebihan malah berpotensi untuk mengganggu flora normal dalam mulut. Sebaiknya gunakan setelah menyikat gigi, dan untuk hasil yang lebih baik setelah itu gunakan benang gigi atau dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi yang sulit dibersihkan secara optimal oleh sikat gigi. [...]

Bagaimana Mengetahui Ukuran Payudara yang Tepat?

Bagaimana Mengetahui Ukuran Payudara yang Tepat?

Payudara adalah bagian tubuh dari wanita yang menarik. Sebagian besar payudara terdiri dari lemak, kelenjar dan saluran. Fungsi dari payudara adalah menyusui dan menmpunyai peranan seksual. Namun tahukah Anda berapa ukuran payudara Anda? Sebagian besar wanita tidak benar-benar mengetahui ukuran pasti payudara mereka. Jika Anda memakai bra yang tidak tepat, payudara Anda akan menjadi mengalami perubahan kendur dan kehilangan bentuk dan elastisitasnya.(Baca: Menjaga Penurunan Payudara) Faktor yang menyebabkan perubahan pada bentuk payudara antara lain: Usia. Payudara mempunyai ligament cooper yang berfungsi untuk mempertahankan bentuk payudara. Ligamen tersebut akan melemah seiring dengan bertambahnya usia. Kehamilan. Kehamilan membuat perubahan dalam ukuran payudara. Menstruasi. Pada saat menstruasi, ukuran payudara akan mengalami perubahan, Perubahan ini dipengaruhi oleh hormone progesterone. Olahraga. Olahraga dapat mempengaruhi ukuran payudara, dengan olahraga otot dada mengalami peningkatan massa dan membantu mengencangkan payudara. Keturunan. Merokok. Merokok dapat mempengaruhi elastisitasi kulit, termasuk kulit di payudara. Ukuran bra. Ukuran bra yang tidak te [...]

Apa Dampak Jika Anak Vegetarian?

Apa Dampak Jika Anak Vegetarian?

Oleh: dr. Aditiha Kwee Bila banyak orang dewasa yang beralih menjadi seorang vegetarian, bukan berarti anak-anak tidak bisa menjadi vegetarian. Saat ini anak-anak pun sudah mulai dibiasakan untuk menjadi vegetarian karena menjadi vegetarian terbukti akan memperpanjang angka harapan hidup dan menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit. Anak dengan vegetarian badannya akan lebih kecil dibanding dengan anak yang bukan vegetarian, namun seiring bertambahnya usia si anak, dia akan mencapai ukuran anak-anak seusianya. Karena anak-anak masih dalam proses tumbuh kembang, maka terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan karena menjadi vegetarian berarti akan kekurangan beberapa nutrient yang hanya terdapat pada makanan hewani, seperti zat besi, vitamin D, vitamin B12, dan lemak.. Bayi dengan usia lebih dari 4-6 bulan harus mendapat suplemen zat besi. Suplemen vitamin D dibutuhkan oleh anak usia di bawah 1 tahun. Suplemen vitamin B12 juga akan dibutuhkan si anak. Anak usia di bawah 2 tahun akan membutuhkan ekstra lemak untuk perkembangan otak dan sarafnya, oleh karena itu janganlah memberikan susu rendah lemak kepada si anak. Seorang vegetarian akan mendapatkan banyak asupan serat. Namun, [...]

8 Penyakit yang Bisa Datang Akibat Stres

8 Penyakit yang Bisa Datang Akibat Stres

Tak hanya berpengaruh pada mental, stres juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik. Bahkan ada beberapa penyakit tertentu yang datang ketika seseorang mengalami stres. Apa saja?Banyak yang menganggap bahwa stres tidak perlu diobati, terutama jika hanya disertai dengan keluhan ringan seperti migrain atau perut mulas. Kebanyakan orang berharap penyakit tersebut akan sembuh setelah stresnya hilang. Sayangnya hal itu tidak selamanya benar. Berikut ini beberapa keluhan kesehatan yang sering dialami saat stres melanda, dikutip dari detikhealth.1. Sakit kepala serta migrainDaya tahan tubuh bisa menurun karena stres lalu memicu migrain menurut Todd Schwedt, MD, direktur pusat sakit kepala di Washington University. Untuk menghindarinya, pastikan pola makan dan tidur dalam sepekan selalu terjaga.2. Kram yang sangat sakitKetidakseimbangan hormon saat stres bisa mengakibatkan kram yang sangat menyakitkan, terutama pada wanita. Saat stres, risiko mengalami kram 2 kali lebih besar karena aktivitas syaraf simpatis lebih tinggi. Olahraga secara teratur dapat mencegahnya.3. Sakit di sekitar mulutRahang terasa nyeri merupakan tanda bahwa stres tengah melanda. Tanpa disadari, gigi atas dan bawah sal [...]

Kenali Kelainan Seksual Parafilia untuk Melindungi Diri

Kenali Kelainan Seksual Parafilia untuk Melindungi Diri

Beberapa pengidap kelainan seksual tertentu tidak segan melakukan aksinya di tempat umum dan di tengah keramaian. Sebagian lain tidak terlihat dari luar sehingga bisa jadi tetangga atau teman dekat Anda sendiri. Kenali kecenderungan mereka untuk melindungi diri Anda. Parafilia adalah sekelompok gangguan dorongan dan perilaku seksual yang menyimpang dan muncul secara berulang kali. Disebut menyimpang karena hasrat dan perilaku ini umumnya melibatkan suatu bentuk aktivitas, orang lain, benda, ataupun situasi yang pada orang normal tidak merangsang secara seksual. Mengenali berbagai jenis kelainan seksual parafilia ini dapat membuat Anda lebih waspada, mampu mengantisipasi, dan barangkali membantu pengidapnya untuk sembuh. Berikut beberapa jenis kelainan seksual paraphilia yang umum terjadi di tengah masyarakat. Pedofilia Orang dengan pedofilia memiliki fantasi, ketertarikan, ataupun perilaku seksual menyimpang yang dilakukan terhadap anak kecil kurang lebih 13 tahun atau lebih muda. Perilaku ini meliputi mengajak anak untuk melihat si Pelaku melakukan masturbasi, mengajak anak untuk telanjang, menyentuh organ kelamin anak, atau bahkan melakukan aktivitas seksual kepada anak. Sebag [...]

Bagaimana Seharusnya Aroma Miss V yang Normal?

Bagaimana Seharusnya Aroma Miss V yang Normal?

Salah satu keresahan yang menjadi permasalahan wanita adalah ketidaktahuan mereka tentang aroma yang dihasilkan dari organ kewanitaannya. Maka tak heran banyak yang bertanya-tanya bagaimana seharusnya aroma Miss V yang normal.Di samping itu, banyak juga para wanita yang beranggapan bahwa seharusnya aroma Miss V mengeluarkan wewangian yang harum dan lembut. Lantas, benarkah demikian? Sebenarnya, seperti apakah aroma Miss V yang normal?Ahli kesehatan dr. Sara Gottfried, M.D mengatakan bahwa tidak ada patokan khusus untuk mengetahui apakah aroma yang dihasilkan dari organ intim wanita normal atau tidak. Menurutnya, organ intim wanita tidak seharusnya berbau harum seperti wangi bunga, namun juga tidak berbau amis.Untuk mengetahui apakah aroma Miss V normal atau memiliki gangguan, bisa dilihat dari kadar asam (pH) di cairan vagina. "Selama siklus menstruasi, ada waktu tertentu di mana vagina memiliki perubahan aroma. Banyak wanita yang menyadarinya setelah menstruasi berakhir. Aroma tersebut berkaitan dengan asam di dalam vagina," ujar dr. Sara.Dokter yang berpraktik di The Gottfried Center for Integrative Medicine California menjelaskan, pH di dalam Miss V berkisar di bawah 4.7. Tet [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *