Jangan Takut dengan Kista Ovarium

jangan-takut-dengan-kista-ovarium-alodokter.jpg

Tiap wanita pasti takut jika mendengar penyakit bernama kista ovarium. Penyakit ini menjadi hal yang menakutkan karena kehadirannya di tubuh bisa berkembang menjadi kanker dan bersifat mematikan.

Pada dasarnya kista ovarium tidaklah berbahaya. Yang membuatnya berkembang menjadi ganas adalah ketika kehadirannya tidak ditangani dengan benar.

Deteksi Sedini Mungkin

Kista ovarium adalah benjolan berisi cairan yang berkembang pada indung telur (ovarium) wanita. Kondisi ini tergolong umum dialami oleh wanita. Kebanyakan kista ovarium tidak berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. Hadirnya kista di ovarium memang sulit terdeteksi karena tidak menimbulkan gejala. Kista baru menampakkan gejala ketika telah berkembang.

Kenali gejala-gejala kista ovarium

Pada kebanyakan kasus, biasanya kita tidak akan menyadari kehadiran kista ovarium di tubuh. Karena pada dasarnya kehadiran kista sering kali tidak menimbulkan gejala. Namun Anda akan merasakan gejalanya jika memiliki kista yang telah membesar, pecah, atau menutupi aliran darah ke ovarium. Berikut ini gejala-gejala yang bisa timbul akibat adanya kista:

  • Sering buang air kecil.
  • Nyeri saat buang air besar.
  • Merasa kelelahan dan pusing.
  • Perut kembung.
  • Perubahan siklus menstruasi.
  • Mual, muntah, atau nyeri payudara seperti yang Anda alami selama kehamilan.
  • Gangguan pencernaan atau mudah kenyang padahal Anda hanya makan sedikit.
  • Nyeri panggul saat melakukan hubungan seksual.
  • Nyeri panggul sebelum menstruasi tiba atau sebelum menstruasi berakhir.
  • Nyeri panggul yang menyebar sampai ke punggung bawah dan paha.

Memeriksakan diri ke dokter

Setelah mengetahui gejalanya dan merasakan salah satu darinya, lebih baik segera konsultasikan ke dokter. Dengan periksa ke dokter dapat dipastikan apakah Anda memiliki kista atau tidak. Sebelum ke dokter, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan.

  • Kenali gejala-gejala kehadiran kista ovarium. Jika Anda merasakannya, catat gejala-gejala tersebut. Atau jika Anda mengalami sakit, namun tidak terdapat pada salah satu gejala kehadiran kista, Anda boleh juga mencantumkannya.
  • Siapkan pertanyaan. Persiapkan pertanyaan penting seputar kista untuk diajukan kepada dokter. Misalnya tes apa saja yang harus dijalani untuk mendeteksi kista? Atau apakah kista ovarium bisa hilang dengan sendirinya atau butuh perawatan khusus?
  • Tulis tiap obat-obatan dan suplemen yang Anda minum. Cantumkan juga dosisnya dan seberapa sering Anda mengonsumsinya.
  • Ajak keluarga atau rekan terdekat untuk menemani. Hal ini berguna untuk membantu Anda mengingat semua informasi yang dokter berikan, andai Anda lupa.

Sebelum Anda beranjak dari ruangan dokter, pastikan Anda memahami semua informasi yang telah diberikan. Jangan sungkan untuk bertanya jika ada hal yang masih belum Anda pahami.

Setelah konsultasi dengan dokter, Anda akan menjalani pemeriksaan fisik yaitu pemeriksaan panggul. Pada saat pemeriksaan panggul, dokter akan memeriksa daerah genital, vagina, rongga perut bawah dan juga menggunakan spekulum untuk melihat saluran reproduksi. Jika cukup besar, kista akan terasa saat pemeriksaan ini dilakukan.

Setiap wanita terutama mereka yang telah aktif secara seksual sebaiknya melakukan pemeriksaan Pap smear tiga tahun sekali. Tes ini dilakukan sebagai langkah pencegahan kanker serviks. Sebelum Pap smear dilakukan, dokter umumnya melakukan pemeriksaan panggul dulu. Tidak jarang kista ditemukan secara tidak sengaja saat dokter memeriksa panggul.

Menjalani tes kesehatan

Jika Anda merasakan gejala tertentu dan mengkhususkan diri untuk ke dokter atau saat pemeriksaan panggul terasa ada benjolan, tes medis di bawah ini akan membantu mendeteksi apakah ada kista atau tidak.

Ultrasonografi (USG). Cara ini digunakan untuk mendeteksi kehadiran kista ovarium dan mengetahui ukurannya. Selama pemeriksaan, dokter akan menempatkan alat USG pada perut Anda dan isi rongga perut atau panggul Anda bisa terlihat pada tampilan layar monitor.

Tes darah. Dokter akan menyarankan Anda untuk menjalani tes darah jika hasil USG menunjukkan bahwa kista yang Anda miliki berbentuk padat atau berisiko tinggi terkena kanker ovarium. Melalui tes ini, dokter akan menguji kadar protein yang sering disebut kanker antigen 125 (CA-125) pada darah Anda. Alasannya karena kadar CA-125 bisa meningkat pada wanita yang menderita kanker ovarium. Namun tidak semua peningkatan CA-125 disebabkan oleh kanker ovarium. Terdapat kemungkinan disebabkan oleh penyakit radang panggul, endometriosis, atau fibroid rahim. Oleh karena itu, kesimpulan seseorang menderita kanker ovarium tidak bisa berdasarkan kadar CA-125nya saja.

Laparoskopi. Melalui sebuah sayatan kecil, dokter akan memasukkan alat laparoskop yaitu selang yang ujungnya dilengkapi lampu dan kamera. Sebelum memulai metode pembedahan ini, Anda akan menjalani proses pembiusan. Dengan laparoskopi, dokter bisa melihat langsung rongga panggul dan organ-organ reproduksi serta keabnormalan jika ada.

Tidak semua kista memerlukan penanganan medis. Ada jenis kista yang dikenal sebagai ?kista fungsional?. Kista fungsional berkaitan dengan siklus menstruasi dan umumnya tidak berbahaya. Kista jenis ini dapat hilang dengan sendirinya dalam dua hingga tiga siklus menstruasi. Dengan pemeriksaan yang lengkap, dokter dapat mencari tahu jenis kista yang Anda alami dan risikonya untuk berkembang menjadi kanker ovarium.

Umumnya, kista akan ditindaklanjuti secara medis jika ukurannya besar, menyebabkan gejala pada penderitanya atau jika dokter merasa kista berisiko bersifat kanker.

Faktor Risiko Kanker Ovarium

Pada dasarnya kista ovarium tidak berbahaya terutama jika ditangani pada awal perkembangan. Namun kista berpotensi untuk berubah menjadi kanker ovarium terutama jika penderita:

  • Telah melalui masa menopause.
  • Berusia antara 50-60 tahun
  • Memiliki gen mutasi BRCA1 dan BRCA2.
  • Memiliki keluarga dengan riwayat penyakit kanker ovarium.
  • Menderita kanker payudara.
  • Pernah menjalani terapi hormon setelah menopause.
  • Merokok.
  • Menderita sindrom ovarium polikistik.
  • Pernah mengonsumsi obat untuk meningkatkan kesuburan.
  • Belum pernah hamil.

Jika karena alasan tertentu Anda khawatir akan adanya kista ovarium di dalam tubuh, periksakan ke dokter. Dengan diagnosis yang dini, kista bisa ditangani dengan baik dan risiko komplikasi pun lebih rendah.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sulit Tidur Berujung Penyakit, Atasi dengan 4 Cara Ini

Sulit Tidur Berujung Penyakit, Atasi dengan 4 Cara Ini

Kurang tidur yang berkualitas di malam hari bisa mengganggu tak hanya kesehatan fisik tapi juga kehidupan Anda secara keseluruhan. Mulai dari menurunnya performa kerja (karena mengantuk dan tubuh lemas), terganggunya kehidupan seks, berpotensi meningkatkan risiko kegemukan dan penyakit jantung serta menimbulkan stres.Insomnia atau kesulitan tidur di malam hari sebaiknya jangan diabaikan dan dibiarkan berlarut-larut. Jika Anda mengalami masalah sulit tidur, bisa diatasi terlebih dahulu dengan empat cara ini sebelum berobat ke dokter. Berikut ini caranya, seperti dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.1. Jauhkan Diri dari Suara Berisik Suami yang mendengkur, suara kendaraan dari luar dan sebagainya akan terus membuat Anda terjaga. Ganti semua suara yang mengganggu tersebut dengan lagu-lagu yang membuat Anda nyaman. Jika tidur terganggu karena suami yang mendengkur, bicarakan pada suami kalau Anda ingin tidur di kamar terpisah sementara waktu, atau ajak dia pergi ke dokter untuk mengatasi dengkurannya.2. Relaksasi dan MeditasiKetika sudah berada di atas tempat tidur, cobalah teknik relaksasi ini. Gerakkan jari-jari kaki Anda sampai hitungan ketujuh, dan kemudian regangkan. Ulangi k [...]

Normalkah Kentut 20 Kali Dalam Sehari?

Normalkah Kentut 20 Kali Dalam Sehari?

Kentut atau gas atau dalam medis dikenal dengan istilah ?flatus?, serta sendawa serta kembung merupakan hal yang wajar dan tentu pernah kita alami. Gas dihasilkan oleh lambung dan usus kita ketika makanan dipecah sehingga menghasilkan energi. Terjadinya kentut dan sendawa seringkali berbenturan dengan kebiasaan bermasyarakat, acapkali menjadi hal yang memalukan. Kembung merupakan suatu perasaan penuh di perut yang sering menimbulkan perasaan tidak nyaman. Mengubah pola makan dan minum Anda dapat mengurangi gas dan menghilangkan rasa tidak nayman karena terjadi penumpukan gas. Bersendawa merupakan suatu proses dimana kita mengeluarkan udara dari lambung atau kerongkongan melalui mulut. Bersendawa sebanyak 3 hingga 4 kali setelah mengkonsumsi makanan merupakan proses yang wajar sering disebabkan karena kita menelan udara. Beberapa penyebab sendawa lainny adalah keadaan cemas, atau beberapa penyakit seperti adanya luka pada lambung atau ada masalah di kandung emepedu. Semua orang pada normalnya akan kentut, namun ada beberapa orang yang dapat kentut lebih banyak. Pada normalnya Anda dapat kentut sebanyal 6 hingga 20 kali dalam sehari. Beberapa penyebab kentut dan kembung, diantaranya [...]

Ini Dia Dampak dari Minuman Berenergi Berlebihan

Ini Dia Dampak dari Minuman Berenergi Berlebihan

Minuman berenergi sudah dikenal luas di Indonesia. Untuk memperolehnya pun tidak sulit, hingga warung-warung minuman kecil juga menyediakannya untuk para pekerja sebelum atau selagi mereka melakukan aktivitasnya. Promosi yang dilancarkan produsennya cukup gencar, dengan menyasar usia produktif sebagai targetnya. Sayangnya, belum cukup banyak edukasi dan penjelasan mengenai batasan untuk mengonsumsinya. Salah-salah, nyawa bisa melayang! Pahami efek samping konsumsi berlebihan minuman berenergi tersebut dalam penjelasan berikut ini. Tahukah Anda apa kandungan dari sebuah minuman berenergi? Umumnya, minuman berenergi memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Kebanyakan minuman energi mengandung 100-200 mg kafein. Di dalam tubuh, kafein menyebabkan terlepasnya hormon yang memberikan kondisi ?waspada? dan ?terjaga?, serta mempengaruhi pusat kebahagiaan di otak. Dari kafein inilah orang-orang yang mengonsumsi minuman berenergi mendapatkan perasaan awas, segar, dan berstamina. Sayangnya, masalah terbesar penggunaan minuman berenergi yaitu orang-orang seringkali menyalahgunakannya. Tidak jarang minuman ini dikonsumsi dalam jumlah yang besar dalam sekali waktu. Misalnya untuk ?mempersiap [...]

Ingin Anak Laki-laki atau Perempuan?

Ingin Anak Laki-laki atau Perempuan?

Hari-hari ini dunia kedokteran begitu modern, seakan tidak bisa terbendung lagi, saking modernnya dokter kebidanan pun kita bisa menyusun ?program? untuk menentukan jenis kelamin bayi yang dikandung ibu, bagaimana mungkin? Meskipun Indonesia adalah negara yang mengusung program Keluarga Berencana, program ini belum sepenuhnya dijalankan secara merata. Pasalnya, tidak sedikit keluarga di Indonesia yang terus menambah keturunan dengan alasan belum mendapatkan jenis kelamin anak yang didambakan setelah hamil anak ketujuh sekalipun. Pola Makan Menentukan Jenis Kelamin Calon Bayi Dokter kebidanan memang tidak bisa menjanjikan jenis kelamin anak, tetapi ada saja usaha yang bisa dilakukan. Yaitu dengan mengatur pola asupan makanan si ayah, agar sperma yang nantinya membuahi telur adalah sperma yang bisa menghasilkan jenis kelamin yang diinginkan. Perlu Anda pahami bahwa laki-laki memiliki kromosom XY sementara perempuan memiliki kromosom XX. Kromosom bisa kita katakan menjadi identitas inilah yang menentukan jenis kelamin. Pembuahan selalu melibatkan sperma dan sel telur, kromosom yang dibawa sel telur selalu kromosom X, jadi sang sperma lah yang menentukan kromosom X atau Y yang nantin [...]

Kaki Bengkak, Hati-Hati Empat Penyakit Ini

Kaki Bengkak, Hati-Hati Empat Penyakit Ini

Apakah Anda pernah mengeluh kaki terasa bengkak? Kedua kaki menjadi membesar dan kulit terlihat tegang. Kaki bengkak akibat terisi cairan dikenal dengan istilah ?Edema?. Edema dapat disebabkan oleh berbagai penyakit. Apa saja penyakit yang menyebabkan keadaan ini? 1. Gagal jantung Gagal jantung adalah penyakit yang umum ditemui. Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti: tekanan darah tinggi, diabetes, atau adanya kadar lemak yang tinggi. Penyandang gagal jantung akan mengeluhkan adanya sesak nafas, cepat lelah dan kaki bengkak. Kaki akan terasa bengkak khususnya setelah beraktivitas lama. Penderita gagal jantung juga akan mengeluhkan cepat merasa lelah. Kegiatan yang seharusnya tidak melelahkan, akan terasa berat bagi penderita gagal jantung. 2. Sirosis hati Sirosis hati adalah istilah yang menggambarkan adanya pengerasan hati. Pada keadaan sirosis hati, komposisi hati berubah dan menjadi lebih banyak jaringan ikat. Keadaan ini menyebabkan hati tidak dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. Salah satu tanda yang menyertai keadaan sirosis hati adalah berkumpulnya cairan pada rongga perut, atau disebut asites. Pasien akan mengeluh perut terasa membesar dan tegang. [...]

Bernyanyi, Cara Baru Hilangkan Kebiasaan Mendengkur

Bernyanyi, Cara Baru Hilangkan Kebiasaan Mendengkur

Mendengkur ternyata bisa diatasi dengan cara yang mudah dan menyenangkan, yaitu bernyanyi. Latihan vokal ringan setiap hari, bisa menguatkan otot pada tenggorokan dan langit-langit mulut yang lemah, yang kuat diduga jadi penyebab utama kebiasaan mendengkur atau ngorok.Penemuan ini didapat setelah seorang guru vokal mencari cara untuk membantu temannya berhenti mendengkur. Alise Ojay nama guru tersebut. Ia merancang program latihan menyanyi yang ditargetkan pada tenggorokan dan berhasil membuat dengkuran serta sleep apnea temannya itu berhenti.Temuannya itu pun mendorong para peneliti di Exeter University dan Royal Devon & Exeter NHS Foundation Trust untuk melakukan studi lebih lanjut dan dalam skala besar. Penelitian tersebut melibatkan 30 responden yang punya gangguan mendengkur. Mereka diminta latihan vokal selama dua menit setiap hari dalam waktu tiga bulan.Di akhir percobaan, dengkuran responden berkurang secara signifikan, dibandingkan dengan 30 partisipan lainnya yang tidak melakukan terapi bernyanyi. "Alise memberitahu saya sudah ada banyak orang yang merasakan keuntungan dengan mengikuti program latihan menyanyi ini. Latihan yang dia kembangkan membantu memperkuat ot [...]

Meningkatkan Kualitas EQ Bayi dengan Tidur Bersama Ibu

Meningkatkan Kualitas EQ Bayi dengan Tidur Bersama Ibu

Sebuah penelitian terbaru menganjurkan anak untuk tidur bersama ibunya sejak lahir sampai usia 4 tahun. Penelitian yang digawangi oleh Dr Nills Bergman dari University of Cape Town, Afrika Selatan mengungkakpan tentang perkembangan optimal pada otak dan jantung bayi, sehingga mengharuskan bayi yang baru lahir hingga satu minggu awal untuk tidur diatas dada sang ibu. Ia pun menganjurkan setelah seminggu, bayi sebaiknya tetap dekat dengan sang ibu hingga usia 3 bahkan 4 tahun sebagai kunci berkembangnya kecerdasan sosial dan emosional (emotional quotient; EQ) otak bayi secara sempurna. Berdasarkan observasi pada 16 bayi saat mereka tidur, terlihat perbedaan antara mereka yang tidur di tempat tidur bayi sendiri dengan yang tidur bersama sang Ibu. Perbedaan ini menunjukkan bahwa bayi yang tidur sendiri mengalami stres jantung 3 kali lebih besar. Bahkan terlihat pola tidur mereka lebih banyak terganggu saat tidur sendirian, dimana hal ini mempengaruhi perkembangan otak mereka akibat hormon stres. Dr Bergman juga mengungkapkan bahwa dengan tidur sendiri, akan mempengaruhi hubungan yang tidak baik antara ibu dan anak, dimana akan mempengaruhi perilaku yang tidak baik saat beranjak remaja [...]

Sunat untuk Wanita, Benarkah Untuk Dilakukan?

Sunat untuk Wanita, Benarkah Untuk Dilakukan?

Sirkumsisi atau sunat lazim dilakukan pada kaum pria, tindakan memotong sebagian dari kulit yang membungkus kepala penis ini memiliki tujuan yang baik, yaitu agar penis tidak menjadi tempat yang kondusif untuk pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri, virus, maupun jamur. (Baca: 5 Tanda Kelainan Penis) Setiap pria dianjurkan untuk disunat, namun kemudiaan ajaran agama tertentu juga menganjurkan bagi para wanita untuk disunat, bagaimana sudut pandang medis terhadap hal ini? Berbeda dengan pria, tindakan sunat yang dilakukan pada wanita jauh lebih berisiko, mengapa demikian? Halaman selanjutnya penjelasannya: Adakah Konsekuensi Sunat Pada Wanita? Sunat pada wanita dilakukan dengan membuat potongan atau goresan kecil pada klitoris, yang mana seperti kita ketahui klitoris memiliki kedudukan yang sama seperti penis pada pria. Klitoris ini adalah alat orgasme bagi wanita. Yang amat disayangkan, tidak semua orang yang melakukan prosedur sunat pada wanita ini terampil dalam melakukan tugasnya, sehingga tidak jarang terjadi perdarahan hebat pada klitoris yang berujung pada rusaknya klitoris. Klitoris yang rusak ini tentu tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik, a [...]

Hati-hati Saat Melakukan 5 Perawatan Kecantikan Ini

Hati-hati Saat Melakukan 5 Perawatan Kecantikan Ini

Semua wanita pasti senang mengunjungi salon kecantikan untuk melakukan perawatan tubuh. Tetapi tahukah Anda bahwa salon juga bisa jadi tempat yang membahayakan kesehatan?Seperti yang dikutip dari huffingtonpost, terdapat beberapa perawatan kecantikan yang bisa menyebabkan masalah serius pada kesehatan. Misalnya, infeksi jamur, selulitis --penyebaran infeksi bakteri ke dalam kulit dan jaringan di bawah kulit-- bahkan risiko terkena kanker. Sebelum Anda panik, ketahui dulu lima perawatan yang berbahaya dan cara menghindarinya.1. Ear Candle atau Terapi Lilin untuk TelingaPenumpukan kotoran di telinga yang berlebihan bisa menyebabkan ketidaknyamanan. Itu sebabnya telinga harus rutin dibersihkan. Salah satunya dengan ear candle, yang dianggap bisa membersihkan dan dipercaya bisa meningkatkan pendengaran.Sayangnya, para ahli justru memberi peringatan bahwa ear candle bisa berbahaya dan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Seperti luka bakar, perforasi atau lubang pada gendang telinga dan penyumbatan di saluran telinga.Beberapa ahli kesehatan pun menyarankan agar tidak lagi melakukan ear candle untuk membersihkan telinga. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan cairan peroksida [...]

Membina Anak Cerdas Tidak Bisa Instan!

Membina Anak Cerdas Tidak Bisa Instan!

Demikian paparan singkat dr. Ahmad Suryawan. Sp.A(K) pada kesempatan acara Seminar & Workshop; ?Membentuk Anak Berperilaku CERDAS & CERDAS Berperilaku? di Kuningan City Ballroom, Jakarta (23/11) lalu. ?Kegagalan melalui periode kritis perkembangan otak anak dapat berakibat gangguan yang bersifat PERMANEN! Beda ya kalau kita gagal ujian, kita masih bisa coba lagi dan mempersiapkan lebih mantap lagi di lain kesempatan. Tetapi kalau sudah yang namanya membina anak untuk cerdas, kesempatannya cuma satu kali dan hasilnya langsung bersifat permanen sampai dewasa,? jelas dokter humoris yang akrab disapa dokter Wawan ini. Pada acara yang dihadiri sedikitnya 1.200 peserta itu dr. Wawan juga memaparkan bagaimana hal-hal apa saja yang menjadi pembentuk dan penentu masa depan anak di masa kritis perkembangan otak anak. ?Yang paling sederhana, stimulasi pertama yang paling mendasar untuk ke anak adalah memancingnya untuk tersenyum pada masa 1.000 hari pertama. Sementara, pada usia hingga 1 tahun perilaku anak adalah cenderung untuk mencontoh. Jadi senantiasa banyak-banyak tersenyumlah dengan ikhlas kepada anak Anda,? lanjutnya lebih jauh. ?Selanjutnya adalah peran nutrisi. Pastikan pada [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *