Jangan Taruh HP Dekat Selangkangan!

jangan-taruh-hp-selangkangan.JPG

Tidak hanya menaruh HP di dekat selangkangan, jika Anda para pria senang menggunakan celana ketat karena mengikuti tren fashion, atau mandi air hangat menjadi kebiasaan sehari-hari yang tidak bisa ditinggalkan, maka mulailah berhati-hati. Karena kebiasaan-kebiasaan tersebut yang meningkatkan suhu sekitar testis Anda dalam waktu lama dapat mengganggu kesuburan!

Testis (zakar) adalah dua buah organ yang berbentuk bulat dan terlindung didalam kantong yang disebut skrotum.

Testis berperan sangat besar dalam kesuburan seorang pria, sebab sperma dihasilkan dalam organ ini. Sperma adalah sel yang mampu membuahi sel telur pada wanita, hingga akhirnya berkembang menjadi janin. Jadi, kesehatan organ ini berkaitan langsung dengan kesuburan Anda.

Jangan Taruh HP Dekat Selangkangan!

Sayangnya, perlu Anda ketahui bahwa peningkatan temperatur dapat mengurangi proses pembentukan sperma didalam testis.

Hal ini terjadi karena rusaknya sebagian besar bakal calon sperma, serta kerusakan tubulus seminiferus, saluran yang ada didalam testis.

Temperatur yang ideal untuk memproduksi sperma adalah temperatur yang berada dibawah suhu normal tubuh, oleh karena itulah lokasi testis yang ?menggantung? di dalam skrotum merupakan posisi yang tepat untuk mewujudkan proses ini.

Testis dijaga agar temperaturnya sekitar 32 derajat Celcius (ada juga sumber yang menyebutkan bahwa suhunya harus dijaga sekitar 3 derajat Celcius dibawah suhu dalam tubuh) dengan posisi alaminya ini.

Testis dijaga tetap ?dingin? dengan sirkulasi udara sekitar skrotum dan dengan pertukaran panas antara pembuluh darah di testis.

Oleh sebab itu, kondisi-kondisi yang menyebabkan peningkatan suhu testis, terutama yang berlangsung dalam waktu lama, berkaitan dengan terjadinya penurunan kesuburan pria.

Misalnya, selengkapnya di halaman selanjutnya:

Jangan Taruh HP Dekat Selangkangan!

Kebiasaan-kebiasaan lainnya yang berisiko menurunkan kesuburan pria:

  • Kebiasaan menggunakan celana ketat,
  • Menaruh HP di dekat selangkangan,
  • Mandi dan berendam air hangat,
  • Bekerja dalam waktu lama di lingkungan yang panas,
  • Menyetir minibus yang memiliki posisi mesin dibawah tempat duduk dalam waktu yang lama,
  • Sauna, dll.

Penurunan jumlah sperma dapat berlangsung sebagian atau seluruhnya, tergantung keparahan kondisi dan lama paparan. Mandi air hangat (43-45 derajat celcius selama 30 menit perhari) juga disebutkan dapat mengurangi jumlah sperma yang dihasilkan, bahkan hingga 90%.

Hal ini terbukti secara nyata pada kasus kriptorkidismus. Kriptorkidismus adalah suatu masalah kesehatan dimana testis tidak turun dari dalam perut pada masa perkembangan dahulu saat masih didalam kandungan. Bisa salah satu atau keduanya tetap berada di perut/ disepanjang rute penurunan. Bila tidak diperbaiki dengan cepat, maka testis yang berada di rongga perut tidak dapat memproduksi sperma akibat paparan suhu tubuh yang terlalu panas. Oleh karena itu dalam kondisi ini, tindakan pembedahan untuk merelokasi testis penting dilakukan sebelum masa pubertas.

Banyak hal yang mempengaruhi sperma normal seorang pria, misalnya makanan, gaya hidup, stres, dll. Bila kita dapat mengurangi faktor-faktor yang dapat mengurangi kualitas sperma, salah satunya dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang menyebabkan peningkatan suhu di sekitar testis maka tentunya kemungkinan kondisi ketidaksuburan semakin kecil.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Celana Jins dapat Mengganggu Kesehatan Pria

Celana Jins dapat Mengganggu Kesehatan Pria

Apakah Anda senang memakai celana jins ketat? Para pria mungkin ingin mempertimbangkan kembali hal ini. Bukan hanya memberikan konsekuensi kesehatan jangka pendek seperti rasa tidak nyaman hingga sakit, namun juga dapat menyebabkan efek jangka panjang pada kesehatan. (Baca: 4 Penyakit Akibat Pakaian Dalam Ketat) Pada sebuah survey pada 2000 pria di Inggris yang dilakukan oleh dr. Hilary Jones untuk TENA Men, ditemukan bahwa 1 dari 10 orang pria yang memakai celana jins ketat mengalami konsekuensi kesehatan yang tidak nyaman. Mengapa begitu? Adakah dampak medisnya? Celana Jins dapat Mengganggu Kesehatan Pria Secara medis, menggunakan celana jins ketat dan juga pakaian dalam yang terlalu ketat pada pria dapat memicu terjadinya: infeksi saluran kemih, overactive bladder (kandung kemih yang terlalu aktif, sehingga terlalu sering berkemih), menurunnya jumlah produksi sperma dan infeksi jamur di daerah selangkangan. Proses pembentukan sperma sangat sensitif terhadap suhu. Dibutuhkan suhu optimal sekitar 34-35 derajat Celcius, sesuai dengan suhu tubuh manusia, untuk terjadinya pembentukan sperma yang baik. Adanya masalah jumlah sperma dan pembentuka [...]

Makanan Manis Buat Tubuh Ditumbuhi Banyak Bulu

Makanan Manis Buat Tubuh Ditumbuhi Banyak Bulu

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi makanan manis seperti kue dan biskuit, tampaknya perlu berhati-hati. Menurut pakar kesehatan, kebiasaan tersebut bisa membuat tubuh ditumbuhi oleh bulu.Sebuah survei yang dilakukan oleh perusahaan riset, Mintel, menemukan bahwa bulu dan rambut yang berlebihan pada tubuh merupakan faktor kedua yang membuat orang tak menyukai diri mereka. Faktor pertama ditempati oleh berat badan berlebih.Dalam survei yang melibatkan 2000 wanita itu mengungkapkan, satu dari sepuluh wanita mengalami pertumbuhan rambut yang berlebihan. Menurut Dr Dina Davinson, seorang endokrinologi dari Whipps Cross University Hospital di London, Inggris, masalah ras dan keturunan adalah penyebab yang paling banyak ditemukan."Ras dan keturunan keluarga sering menjadi penyebab, bukan masalah medis. Orang yang berasal dari Asia Selatan atau Mediterania cenderung memiliki rambut atau bulu lebih banyak ketimbang orang Barat atau orang berkulit hitam. Ini juga memungkinkan untuk memiliki 'keluarga berbulu' diluar faktor ras," terang Davinson.Namun ternyata tak hanya faktor ras atau keturunan yang bisa menyebabkan seseorang memiliki bulu tubuh yang lebat. Makanan juga jadi salah satu peny [...]

Menikmati Hidup Bebas Wasir

Menikmati Hidup Bebas Wasir

Penyakit wasir adalah keadaan di mana ada pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah pada anus. Ciri-cirinya ada benjol dan pendarahan di sekitar anus diiringi rasa nyeri ketika BAB. Penyakit ini umum diderita oleh masyarakat. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari susah BAB, hipertensi, obesitas, jarang makan yang berserat, serta kurang minum air putih. Ibu hamil pun berisiko mengalami wasir. Bagi yang menderita, rasanya tidak nyaman dan mengurangi rasa percaya diri. Dan wasir tidak bisa didiamkan. Karena bila tidak diambil tindakan, benjolan akan semakin membesar dan pendarahan semakin banyak. Bila sudah dalam tahap ini, biasanya harus segara dilakukan tindakan operasi untuk menyembuhkannya. Jangan khawatir. Wasir termasuk penyakit yang mudah disembuhkan. Ada banyak cara tradisional dan alami untuk mengobatinya. Tapi paling mudah adalah meminum obat herbal. Salah satunya, rutin mengonsumsi kapsul Hemorid yang mengandung bahan-bahan herbal alami, sehingga aman untuk dikonsumsi jangka panjang. Menikmati Hidup Bebas Wasir Penyakit wasir adalah keadaan di mana ada pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah pada anus. Ciri-cirinya ada benjol dan pendarahan di seki [...]

Saran Dokter Menu Sahur & Buka Puasa yang Sehat

Saran Dokter Menu Sahur & Buka Puasa yang Sehat

Selama bulan Ramadan, keluarga muslim biasanya akan berkumpul untuk bersantap sahur ataupun berbuka puasa. Menentukan makanan yang tepat saat sahur dan berbuka sangatlah penting saat berpuasa. Makanan apakah yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur? Selain karena memang disunahkan, bersantap sahur sangatlah penting sebagai cadangan energi selama berpuasa. Makanan saat sahur sebaiknya terdiri dari: Klik 'next' untuk selanjutnya Saran Dokter Menu Sahur & Buka Puasa yang Sehat Selama bulan Ramadan, keluarga muslim biasanya akan berkumpul untuk bersantap sahur ataupun berbuka puasa. Menentukan makanan yang tepat saat sahur dan berbuka sangatlah penting saat berpuasa. Makanan apakah yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur? Selain karena memang disunahkan, bersantap sahur sangatlah penting sebagai cadangan energi selama berpuasa. Makanan saat sahur sebaiknya terdiri dari: Klik 'next' untuk selanjutnya Makanan Apakah yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Sahur? Berikut ini adalah makanan yang direkomendasikan untuk menu sahur Anda, antara lain Buah dan sayuran Makanan yang kaya akan serat seperti buah dan sayur penting karena dapat meningkatkan perasaa [...]

Wanita Alkoholik Lebih Cepat Kena Kanker

Wanita Alkoholik Lebih Cepat Kena Kanker

Wanita yang riwayat keluarganya memiliki penyakit kanker payudara sebaiknya menghindari minuman alkohol. Sebuah studi menemukan bahwa wanita peminum alkohol yang keluarganya memiliki riwayat penyakit tersebut, berisiko tinggi mengidap gangguan payudara lebih cepat ketimbang mereka yang tidak minum.Tim peneliti dari Harvard Medical School mengamati 7.000 perempuan berumur 9 hingga 15 dari tahun 1996 hingga 2007. Sebanyak 17% dari mereka memiliki ibu, tante, atau nenek yang memiliki masalah payudara, seperti dikutip dari Daily Mail.Di antara peminum berat-yang telah mulai minum alkohol sejak umur 22 tahun, persentase perkembangan gangguan di payudara meningkat. Pemimpin riset, Catherine Berkley mangatakan bahwa banyak wanita muda yang mulai minum alkohol harus mengetahui latar belakang kesehatan keluarga mereka.Di luar riwayat keluarga, alkohol juga diketahui sebagai salah satu minuman yang harus dijauhi penderita kanker. Sekitar 90% dari benjolan di payudara bukanlah kanker, namun hal tersebut menjadi tanda dari penyakit berbahaya tersebut, dan alkohol adalah pemicu utamanya. (fer/hst) [...]

Regenerasi Otak dengan Sel Punca

Regenerasi Otak dengan Sel Punca

Prof. Ole Isacson, MD, Ph.D, ketika mengisi Stem Cells in the Treatment of Spinal Cord Injury di Four Seasons Hotel, Jakarta, Sabtu (13/9) lalu. Indonesia dihadapi ancaman kian banyaknya kasus Alzheimer, di 2013 lalu sendiri penderita Alzheimer sudah mencapai angka kisaran 1 juta penderita. Belum lagi kasus neurodegenerative lainnya macam Parkinson dan Amyotrophic lateral sclerosis (ALS). Berkenaan dengan hal tersebut, PT. Kalbe Farma, Tbk (Kalbe) hari ini menyelenggarakan puncak program edukasi dr. Boenjamin Setiawan Distinguished Lecture Series 2014 di Hotel Four Seasons Jakarta. Dimana penyelenggaraan rutin yang menginjak tahun kedua ini mengambil fokus mengenai update dalam bidang terapi sel dan neuroscience. "Regenerasi otak dengan stem cells sangat menjanjikan dan memberikan harapan baru bagi pasien penderita Parkinson's, Huntington's disease, dementia (kepikunan), Alzheimer, bahkan ALS," buka Prof. Ole Isacson, MD, PhD. dari Harvard Medical School dalam kesempatan kuliah umum "Stem Cells in the Treatment of Spinal Cord Injury" pada program edukasi yang diselenggarakan Kalbe tersebut. ?Sedikitnya 4% dari penduduk AS menderita Alzheimer. Untuk mengatasi ini, sudah jutaan [...]

Menghalau Flu dengan Makanan Sederhana

Menghalau Flu dengan Makanan Sederhana

Sakit flu sering kali menyebabkan penderitanya menjadi tidak berselera makan. Tapi sebenarnya ada cara jitu untuk menghadapinya. Melalui asupan makanan dan minuman yang tepat, gejala flu dapat lebih mudah diatasi. Saat flu, tubuh makin membutuhkan nutrisi yang lengkap dan seimbang, termasuk vitamin dan mineral. Sebab tubuh membutuhkan energi yang banyak untuk menciptakan sel imunitas dalam jumlah besar demi melawan virus yang masuk ke tubuh. Memanfaatkan Asupan Nutrisi Meski selera makan Anda terganggu, pastikan asupan nutrisi dan cairan tubuh tetap terjaga. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan makan lebih sering, namun dalam porsi yang lebih kecil. Beberapa jenis makanan yang dapat memberikan tubuh energi ekstra guna meringankan gejala-gejala flu, antara lain: Minum air putih secukupnya untuk menjaga hidrasi tubuh. Selain itu, Anda dapat mengonsumsi jus buah. Minum perlahan-lahan dan sedikit demi sedikit. Teh hangat yang ditambahkan dengan madu dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman pada tenggorokan, sekaligus melegakan saluran pernapasan yang tersumbat. Minuman yang terbuat dari jahe dapat membantu mencegah tubuh dari dehidrasi, sekaligus meredakan mual serta [...]

5 Tanda Tubuh Anda Menua Sebelum Waktunya

5 Tanda Tubuh Anda Menua Sebelum Waktunya

Saat mendengar kata 'penuaan', biasanya orang akan langsung tertuju pada kulit yang kendur, kerutan atau flek kecokelatan. Tapi penuaan tidak hanya terjadi pada kulit yang ada di permukaan. Tubuh juga bisa mengalami penuaan dari dalam dan menurunkan fungsi tubuh. Jika mengalami salah satu dari lima tanda yang dikutip dari Oprah.com ini, waspadalah dan periksakan ke dokter. Bisa jadi merupakan sinyal Anda menua terlalu cepat.1. Mulut KeringKondisi ini sering disebut dengan cotton mouth. Kekeringan pada mulut setiap bangun pagi bisa jadi tanda Anda mengalami sleep apnea (terjadi ketika saluran nafas tertutup sehingga tidak ada udara yang mencapai paru-paru). Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang berbahaya karena adanya jeda nafas saat tidur (nafas berhenti selama beberapa waktu). Gangguan tidur ini biasanya terjadi pada pria/wanita paruh baya. Jika Anda mengalaminya di usia yang masih muda, ada baiknya konsultasikan ke dokter.2. Mata MerahMata sering memerah tanpa sebab? Kemungkinan Anda menderita radang sendi atau kaku otot. Menurut Dr. Mehmet Oz, Gangguan sel yang menyebabkan peradangan pada otot juga bisa mengakibatkan radang di mata, membuatnya jadi merah. Sejumlah studi m [...]

Penyebab Keputihan Berwarna Kuning

Penyebab Keputihan Berwarna Kuning

Keputihan merupakan salah satu kondisi yang banyak dikeluhkan oleh wanita. Keputihan yang mengalami perubahan warna perlu diwaspadai. Jika keputihan berwarna kuning, kita perlu mencari tahu penyebabnya. Cairan vagina yang normal memiliki berwarna jernih, putih ataupun putih kekuningan. Sedangkan teksturnya beragam, mulai dari encer, lengket dan elastis, hingga tampak lebih kental dan rekat. Kondisi yang Harus Diwaspadai Keputihan berwarna kuning, tergolong tidak normal. Kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal, seperti: Gonore. Ditandai dengan keputihan berwarna kuning ataupun keruh. Gonore juga dapat disertai perdarahan di luar siklus menstruasi, nyeri panggul dan inkontinensia urine. Trikomoniasis. Kondisi ini memungkinkan keputihan berwarna kuning, atau berwarna hijau dan berbusa. Biasanya disertai dengan bau tak sedap, serta rasa nyeri dan gatal saat buang air kecil. Bakteri vanginosis Kondisi ini memungkinkan keputihan berwarna kuning, atau putih dan abu-abu yang berbau amis. Penderitanya juga kemungkinan merasa gatal, dan perih di area kemaluan. Juga tampak kemerahan dan membengkak di sekitar vulva atau vagina. Infeksi jamur. Keputihan dalam kondisi tersebut tampak kuning [...]

Nyeri Sendi? Makan Brokoli Saja!

Nyeri Sendi? Makan Brokoli Saja!

Brokoli, sayuran hijau yang terkadang dihindari oleh si kecil ini memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa. 100 gram brokoli dapat memenuhi kebutuhan: 150% kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan oleh tubuh, serat, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin A, zat besi, zinc, fosfor dan nutrisi nabati lainnya. Dewasa ini, sebuah group peneliti di Universitas of East Anglia membuktikan dugaan mereka bahwa peningkatan konsumsi brokoli dapat melindungi sendi-sendi tubuh dari kerusakan tulang rawan yang kerap dipicu oleh trauma atau arthritis. Di balik penampilannya yang seperti orang kribo, ternyata brokoli mengandung senyawa bernama ?sulforaphane? yang mampu mengaktifkan 200 gen yang berbeda. Selain itu, masih ada beberapa manfaat kesehatan brokoli lainnya, antara lain: Brokoli dan Manfaat Kesehatannya Beberapa ahli juga menengarai bahwa senyawa ini juga dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah, awal dari rangkaian terjadinya Serangan jantung dan stroke.Tidak hanya itu, senyawa yang sama juga terbukti dapat membunuh sel kanker darah, leukemia dengan cara meningkatkan kerja enzim yang melindungi kerusakan sel oleh molekul kimia penyebab kanker. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *