Jangan Taruh HP Dekat Selangkangan!

jangan-taruh-hp-selangkangan.JPG

Tidak hanya menaruh HP di dekat selangkangan, jika Anda para pria senang menggunakan celana ketat karena mengikuti tren fashion, atau mandi air hangat menjadi kebiasaan sehari-hari yang tidak bisa ditinggalkan, maka mulailah berhati-hati. Karena kebiasaan-kebiasaan tersebut yang meningkatkan suhu sekitar testis Anda dalam waktu lama dapat mengganggu kesuburan!

Testis (zakar) adalah dua buah organ yang berbentuk bulat dan terlindung didalam kantong yang disebut skrotum.

Testis berperan sangat besar dalam kesuburan seorang pria, sebab sperma dihasilkan dalam organ ini. Sperma adalah sel yang mampu membuahi sel telur pada wanita, hingga akhirnya berkembang menjadi janin. Jadi, kesehatan organ ini berkaitan langsung dengan kesuburan Anda.

Jangan Taruh HP Dekat Selangkangan!

Sayangnya, perlu Anda ketahui bahwa peningkatan temperatur dapat mengurangi proses pembentukan sperma didalam testis.

Hal ini terjadi karena rusaknya sebagian besar bakal calon sperma, serta kerusakan tubulus seminiferus, saluran yang ada didalam testis.

Temperatur yang ideal untuk memproduksi sperma adalah temperatur yang berada dibawah suhu normal tubuh, oleh karena itulah lokasi testis yang ?menggantung? di dalam skrotum merupakan posisi yang tepat untuk mewujudkan proses ini.

Testis dijaga agar temperaturnya sekitar 32 derajat Celcius (ada juga sumber yang menyebutkan bahwa suhunya harus dijaga sekitar 3 derajat Celcius dibawah suhu dalam tubuh) dengan posisi alaminya ini.

Testis dijaga tetap ?dingin? dengan sirkulasi udara sekitar skrotum dan dengan pertukaran panas antara pembuluh darah di testis.

Oleh sebab itu, kondisi-kondisi yang menyebabkan peningkatan suhu testis, terutama yang berlangsung dalam waktu lama, berkaitan dengan terjadinya penurunan kesuburan pria.

Misalnya, selengkapnya di halaman selanjutnya:

Jangan Taruh HP Dekat Selangkangan!

Kebiasaan-kebiasaan lainnya yang berisiko menurunkan kesuburan pria:

  • Kebiasaan menggunakan celana ketat,
  • Menaruh HP di dekat selangkangan,
  • Mandi dan berendam air hangat,
  • Bekerja dalam waktu lama di lingkungan yang panas,
  • Menyetir minibus yang memiliki posisi mesin dibawah tempat duduk dalam waktu yang lama,
  • Sauna, dll.

Penurunan jumlah sperma dapat berlangsung sebagian atau seluruhnya, tergantung keparahan kondisi dan lama paparan. Mandi air hangat (43-45 derajat celcius selama 30 menit perhari) juga disebutkan dapat mengurangi jumlah sperma yang dihasilkan, bahkan hingga 90%.

Hal ini terbukti secara nyata pada kasus kriptorkidismus. Kriptorkidismus adalah suatu masalah kesehatan dimana testis tidak turun dari dalam perut pada masa perkembangan dahulu saat masih didalam kandungan. Bisa salah satu atau keduanya tetap berada di perut/ disepanjang rute penurunan. Bila tidak diperbaiki dengan cepat, maka testis yang berada di rongga perut tidak dapat memproduksi sperma akibat paparan suhu tubuh yang terlalu panas. Oleh karena itu dalam kondisi ini, tindakan pembedahan untuk merelokasi testis penting dilakukan sebelum masa pubertas.

Banyak hal yang mempengaruhi sperma normal seorang pria, misalnya makanan, gaya hidup, stres, dll. Bila kita dapat mengurangi faktor-faktor yang dapat mengurangi kualitas sperma, salah satunya dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang menyebabkan peningkatan suhu di sekitar testis maka tentunya kemungkinan kondisi ketidaksuburan semakin kecil.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Regenerasi Sel Otak dari Sel Kulit: Harapan Penderita Stroke

Regenerasi Sel Otak dari Sel Kulit: Harapan Penderita Stroke

Sel-sel kulit telah dikonversi langsung ke dalam sel yang berkembang menjadi komponen utama dari otak, oleh para peneliti mempelajari tikus di California. Percobaan, yang dilaporkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, melewatkan tahap sel induk dalam prosesnya. Para peneliti mengatakan mereka senang dengan pengobatan medis yang potensial ini. Akan tetapi, tes lebih jauh diperlukan sebelum teknik tersebut dapat digunakan pada kulit manusia. Sel induk, yang dapat menjadi semua jenis spesialis sel lainnya dari otak ke tulang, yang diperkirakan memiliki harapan besar dalam berbagai perawatan. Banyak percobaan yang sudah dilakukan, seperti pada pasien stroke atau bentuk-bentuk kebutaan khusus. Salah satu pertanyaan besar untuk merealisasikan percobaan ini di lapangan adalah dimana caranya untuk mendapatkan sel-sel tersebut. Ada keprihatinan etis di sekitar sel induk embrionik dan pasien akan perlu untuk mengambil obat imunosupresan karena setiap jaringan sel induk tidak akan saling cocok dengan sendirinya. Sebuah metode alternatif adalah dengan mengambil sel-sel kulit dan memprogram ulang mereka ke dalam sel batang yang diinduksi. Ini bisa dibuat dari sel pasien sendi [...]

9 Tips Untuk Memperlancar ASI

9 Tips Untuk Memperlancar ASI

Setiap orang tua pastinya hendak memberikan hanya yang terbaik bagi sang buah hati. Untuk itulah memberikan ASI sejak lahir bagi buah hati merupakan pilihan yang tepat. Sayangnya seringkali usaha ini seringkali terhambat dengan ASI yang tidak lancar. Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi produksi ASI, mulai dari makanan dan minuman yang kurang diperhatikan hingga perasaan stres dan kurang percaya diri Ibu untuk dapat menyusui dengan baik sampai selesai. Ada beberapa hal yang dapat membantu Ibu untuk dapat menyusui dengan sukses, yaitu: Ibu Merasa Nyaman Ibu perlu membangun percaya diri dalam merawat bayi, bahwa Ibu akan mampu memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Jika terdapat nyeri atau kecemasan sebaiknya Ibu segera mengkonsultasikannya ke dokter atau tenaga kesehatan lain agar dapat segera ditangani. Pikirkanlah hanya pikiran-pikiran yang menyenangkan dan baik tentang Ibu dan bayi Ibu. (Baca: Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat?) Carilah Tempat Menyusui yang Tenang dan Perhatikanlah Privasi Ibu Dengan menyusui di tempat yang tenang akan membuat Ibu dan bayi menjadi lebih tenang. Jika privasi Ibu terjaga, Ibu juga akan merasa nyaman untuk membiarkan bayi me [...]

Mencegah Kandung Kemih Bocor Pada Penderita Diabetes

Mencegah Kandung Kemih Bocor Pada Penderita Diabetes

Wanita yang memiliki penyakit diabetes, yang memiliki kelebihan berat badan, mungkin dapat mengurangi risiko kebocoran urin jika mereka berhasil mengurangi beberapa pon dari berat badannya, sebuah studi baru menunjukkan. Berat yang berlebih, terutama di perut, dianggap sebagai faktor risiko inkontinensia urin. Dan beberapa studi telah menemukan bahwa ketika wanita yang memiliki kelebihan berat badan dapat mengurangi beratnya, walaupun hanya sedikit, mereka dapat mengurangi risiko inkontinensia. Diabetes tipe 2, penyakit yang biasanya dikarenakan oleh obesitas, juga merupakan faktor risiko kebocoran urin, terlepas dari berat badan. Jadi penurunan berat badan bisa sangat membantu bagi wanita dengan diabetes berat. Dalam studi baru, para peneliti menemukan bahwa wanita diabetes dengan kelebihan berat badan yang kemudian melakukan diet dan olahraga, dapat mengurangi berat badannya rata-rata 17 pound selama setahun. Dan dengan adanya penurunan berat badan, risiko untuk terkena inkontinensia menjadi lebih rendah. "Wanita dengan kegemukan dan obesitas dengan diabetes tipe 2 harus mulai mempertimbangkan penurunan berat badan sebagai cara untuk mengurangi resiko terserang inkontinensia," ka [...]

Usus Buntu Bisa Ditangani Tanpa Operasi?

Usus Buntu Bisa Ditangani Tanpa Operasi?

Pada umumnya penyakit usus buntu ditangani dengan operasi, namun ada penelitian yang menunjukkan bahwa beberapa kasus penyakit ini ternyata dapat ditangani hanya dengan antibiotik. Usus buntu adalah organ berbentuk tabung kecil dan tipis, berukuran 5-10 cm yang terhubung dengan usus besar. Organ ini dapat mengalami peradangan yang disebut dengan penyakit usus buntu atau apendisitis yang berpotensi menyebabkan komplikasi serius. Jika tidak ditangani dengan baik, usus buntu yang radang dapat pecah. Bakteri dari usus kemudian dapat mencemari organ-organ di rongga perut dan mengakibatkan infeksi yang mengancam nyawa. Umumnya kondisi ini ditangani dengan operasi untuk mengangkat usus buntu dan antibiotik dapat digunakan sebagai bagian dari penanganan. Sebelum menjalankan operasi, dokter bisa memberikan antibiotik untuk memerangi bakteri dan mencegah infeksi pada luka setelah operasi. Pada kasus usus buntu yang pecah, juga digunakan antibiotik untuk mencegah infeksi abdominal setelah usus buntu diangkat. Namun terdapat penelitian yang menemukan bahwa penyakit usus buntu kategori tertentu dapat ditangani hanya dengan antibiotik. Berikut ini beberapa pokok dari temuan tersebut. Kapan pe [...]

Sel Punca, Masa Depan Dunia Kedokteran

Sel Punca, Masa Depan Dunia Kedokteran

Oleh dr. Alvin Nursalim Dunia kedokteran terus berkembang, apa yang tidak dapat dilakukan 10 tahun lalu, dapat kita lakukan sekarang dengan mudah. Pemasangan cincin (ring) di pembuluh darah jantung telah dilakukan secara rutin untuk membuka pembuluh darah yang tersumbat. Prosedur ini telah menyelamatkan banyak nyawa. Namun, prosedur seperti ini hanya impian di masa lalu, dimana saat itu penyebab penyakit jantung pun masih menjadi bahan perdebatan. Kini, sebuah jendela pengetahuan baru juga mulai terbuka, yaitu sel punca atau stem cell. Sel Punca atau stem cell adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan sel yang dapat berkembang menjadi berbagai jenis sel. Sel punca merupakan cikal bakal dari semua sel tubuh kita. Jadi kita bisa merangsang dan menumbuhkan sebuah jaringan tubuh tertentu dengan satu sel ini, misal jaringan kulit, otot atau sel darah. Bayangkan jika seorang kerabat anda menderita sakit jantung, namun dapat kembali sehat karena diberikan sel punca yang dapat menggantikan sel jantungnya yang rusak. Sel punca juga dapat menggantikan jaringan kulit yang rusak pada penderita luka bakar yang luas. Bahkan baru-baru ini telah ditemukan di Jerman bagaimana transpl [...]

13 Makanan untuk Awet Muda

13 Makanan untuk Awet Muda

Penuaan dini akhir-akhir ini banyak terpicu dari makin banyaknya pencetus zat radikal bebas yang terdapat dari asupan harian nutrisi kita. Baik makanan, minuman atau bahkan gaya hidup (merokok) menjadi faktor pencetus utama hadirnya zat radikal bebas yang berujung pada penuaan dini atau bahkan lebih mengerikannya lagi yakni munculnya kondisi penyakit degeneratif yang fatal, antara lain seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung koroner, osteoporosis ataupun bahkan dapat menyebabkan juga kondisi kegagalan organ tubuh. Karena diforsir bekerja mencerna asupan yang tidak ideal dan tidak menyehatkan, tak ayal tubuh menjadi lebih tua dari pada usia seharusnya. Tak pelak tidak hanya terlihat pada penampilan diluar, tapi juga kondisi organ didalam yang semakin menurun vitalitasnya. Namun jangan khawatir, Prof. Dr. dr. Askandar Tjokroprawiro, SpPD, K-EMD dalam suatu kesempatan menyampaikan beberapa tips makanan-makanan yang melawan zat radikal bebas, yang dapat mencegah penuaan dini. Berikutnya adalah: 13 Makanan untuk Awet Muda Buncis. Jangan lagi singkirkan warna hijau dari piring Anda, dan mulai konsumsilah buncis. Bawang putih. Bumbu masakan yang baunya kh [...]

4 Makanan Sehat untuk Mengatasi Wasir

4 Makanan Sehat untuk Mengatasi Wasir

Wasir memang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Potensi penyebabnya bermacam-macam di antaranya kehamilan, obesitas, duduk dalam jangka waktu yang lama, masalah pencernaan kronis serta diet rendah serat. Pada umumnya, wasir dapat hilang dengan sendirinya. Selain obat-obatan, perubahan pola makan berpotensi mencegah atau mengurangi gejala. Inilah empat jenis makanan yang dapat mengatasi wasir: 1. Yoghurt dan kefir Menurut penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center, yoghurt dan kefir dapat mencegah dan mengobati wasir. Probiotik yang terkandung di dalam yoghurt juga dapat menjaga kesehatan dinding usus dan membantu fungsi kerja usus. Agar lebih efektif, cobalah mengonsumsi yoghurt yang mengandung kultur aktif seperti lactobacillus bifidus. Berikut jenis makanan lainnya yang dapat membantu solusi wasir Anda: Berikut jenis makanan lainnya yang dapat membantu solusi wasir Anda: 2. Sayur dan buah-buahan Mengonsumsi sayur dan buah-buahan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, meringankan sembelit, mengurangi ketegangan dan rasa sakit saat buang air besar. Pilihlah sayur dan buah-buahan yang berserat tinggi seperti apel, pir, alpukat, k [...]

Sakit Pinggang Sebelah Kanan Muncul Karena Ini

Sakit Pinggang Sebelah Kanan Muncul Karena Ini

Banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mendapat gangguan sakit pinggang sebelah kanan. Agar gangguan tersebut bisa diatasi, ketahuilah penyebabnya. Mengetahui penyebab rasa sakit di bagian tubuh tertentu akan akan memudahkan kita untuk mengatasinya. Ingat, seringan apapun penyakit yang dirasakan tubuh, jika dibiarkan justru akan membuat penyakit tersebut semakin parah. Rasa nyeri pada pinggang bagian kanan bisa disebabkan oleh banyak kemungkinan. Beberapa kondisi yang memungkinkan munculnya sakit pinggang sebelah kanan antara lain; Penyempitan tulang belakang Salah satu yang sering menjadi pemicu rasa sakit di pinggang sebelah kanan adalah penyempitan tulang belakang. Penyebab terjadinya penyempitan pada bagian ini adalah artitis yang terkait dengan kian bertambahnya usia seseorang. Sakit pinggang sebelah kanan yang dirasakan akibat kondisi ini biasanya akan kian menjadi saat beraktivitas. Rasa sakit ini akan reda saat penderitanya beristirahat. Ginjal yang bermasalah Apabila ginjal bermasalah, maka salah satu bagian pinggang akan terasa sakit. Letak ginjal yang berada tepat di pinggang membuat bagian ini takkan bisa bebas dari rasa sakit saat ginjal mengalami infeksi at [...]

Anak-anak Sering Terkena Jenis Penyakit Kulit Ini

Anak-anak Sering Terkena Jenis Penyakit Kulit Ini

Penyakit kulit bisa diderita oleh siapa saja, tidak peduli mereka dewasa atau anak-anak. Ruam dan gatal-gatal yang biasa diderita anak-anak biasanya terkait oleh respons akibat faktor lingkungan dan makanan. Selain itu, anak-anak yang terutama masih bayi atau balita lebih cenderung memiliki penyakit kulit karena kebiasaan sehari-hari mereka memakai popok. Beberapa masalah kulit lainnya berisiko diderita oleh anak-anak karena mereka bersentuhan dengan anak lain yang sudah memiliki gangguan kulit oleh karena kuman tertentu. Tentu saja, ada juga penyakit kulit yang bersifat keturunan dan jenis ini biasanya permanen. Penyakit Kulit yang Umum Diderita Anak-anak Meski kemungkinan jenis penyakit kulit yang diderita anak bisa sama dengan yang diderita orang dewasa, ada sebagian jenis yang kebanyakan mengenai anak-anak. Beberapa penyakit di bawah ini adalah contohnya. Eksim Eksim yang bernama medis dermatitis atopik ini merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan kulit merah dan gatal. Meski sering terjadi pada anak-anak, namun bukan berarti orang dewasa terbebas dari penyakit ini. Eksim adalah jenis penyakit kulit jangka lama (kronik) dan cenderung kambuh secara tiba-tiba, namun kemud [...]

Inilah Cara Medis Menjelaskan Cinta

Inilah Cara Medis Menjelaskan Cinta

Jawabnya; hormon oksitosin. Hormon Inilah yang menjadi biang kerok kenapa Anda bisa memberikan perasaan terbuka, saling mendukung, menerbitkan kasih sayang, dan atribut romantika lainnya. Jika si Cupid, yang disebut-sebut sebagai dewa asmara itu pernah mempelajari dan mengerti neuroscience, figur bayi bersayap dengan panah cintanya pasti akan mengarahkan anak panahnya ke otak ketimbang hati setelah mencelupkan anak panahnya ke oksitosin sebelumnya. Pasalnya penelitian terbaru menunjukkan bahwa hormon oksitosin sangat berperan untuk cinta yang langgeng. Dalam penelitian uji coba terhadap tikus, ditemukan tikus yang memiliki hormon oksitosin lebih tinggi daripada tikus yang hanya memiliki kadar oksitosin rendah lebih setia kepada pasangannya. Padahal tikus dikenal dengan mamalia bergonta-ganti pasangan seperti kelinci. Apakah Oksitosin Bisa Berasal dari Asupan Makanan & Minuman? Profesor psikologi Ruth Feldman di Bar-Ilan University, Israel, menghabiskan bertahun-tahun mempelajari peran oksitosin dalam hubungan ikatan ibu-anak. Belakangan ini beliau menemukan temuan yang memutuskan untuk menelusuri lebih jauh soal si hormon cinta ini. "Kenaikan oksitosin sel [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *