Jangan Terlalu Lama, Ini Idealnya Pakai High Heels Agar Tidak Radang Sendi

highheels.jpg

Penelitian menunjukkan bahwa memakai high heels terlalu sering bisa meningkatkan risiko terkena radang sendi, atau osteoarthritis. Semakin tinggi hak sepatu, maka efek negatifnya akan semakin dirasakan hingga tumit dan telapak kaki yang tidak proporsional.

Ahli penyakit kaki L. Kelsey Armstrong menjelaskan, high heels tidak baik dikenakan secara terus menerus dan dalam jangka panjang karena konstruksinya membuat kaki tidak berada dalam posisi berdiri yang normal. Tekanan yang terjadi pada ujung kaki juga bisa memicu terjadinya kapalan, tulang retak, kelainan bentuk pada jari-jari kaki, radang pada ibu jari kaki hingga neuroma atau kanker pada jaringan syaraf.

Untuk mengurangi risiko terjadinya gangguan tulang dan fungsi kaki, satu-satunya cara adalah membatasi seminimal mungkin penggunaan high heels dalam aktivitas keseharian Anda. Durasi ‘aman’ memakai high heels pun berbeda-beda, tergantung dari tinggi/rendahnya hak sepatu.

“Batas aman durasi memakai high heels tergantung dari tipe sepatu dan aktivitas yang Anda lakukan saat mengenakannya,” ujar L. Kelsey, seperti dikutip dari Women’s Health USA.

Lalu, berapa jam rata-rata amannya seseorang memakai high heels? Ini uraiannya:

1. Sepatu Hak Rendah (3,8 cm atau lebih rendah)
Sepatu ini cenderung aman dipakai saat Anda berbelanja atau pergi ke pesta dimana Anda harus berdiri lama. Misalnya saat jalan-jalan ke mal, pesta pernikahan model standing party atau belanja ke supermarket. L. Kelsey menyarankan, sepatu jenis ini cukup aman dikenakan hingga empat jam sehari.

2. Sepatu Hak Sedang (3 – 7 cm)
Sebaiknya high heels jenis ini hanya Anda pakai ketika harus tampil sempurna dalam sebuah acara, pesta pernikahan formal, gala dinner atau makan malam romantis bersama pasangan. Kaki Anda mungkin masih ‘aman’ jika mengenakannya maksimal tiga jam. Hindari memakainya lebih dari itu.

3. Sepatu Hak Tinggi (8 cm ke atas)
Sepatu yang sangat riskan untuk dipakai dalam waktu lama dan sebaiknya dihindari pemakaiannya seminimal mungkin. Jika Anda harus memakainya karena alasan profesi atau agar tampil fashionable, pakai tak lebih dari satu jam. Ada pengecualian jika sepatu yang dikenakan model platform, wedges atau yang solnya tebal. Menurut L. Kelsey, Anda bisa lebih lama memakainya. Tapi jangan sekali-kali nekat jika Anda memakai model stiletto, yaitu high heels dengan hak tipis atau runcing.

Setelah melepas sepatu, berikan pijatan ringan pada kaki untuk meminimalisir pembengkakan atau rasa sakit. Anda bisa memutar-mutarkan bola golf pada telapak kaki. Tekstur bola golf yang bergerigi bisa memberi efek refleksi ringan yang membantu menjaga kesehatan kaki.

“Cara ini bisa menggerakkan dan memperkuat otot-otot kecil pada kaki. Hal yang tak mungkin terjadi saat Anda memakai sepatu hak tinggi,” jelasnya.

Selain itu rendamlah kaki Anda pada air hangat yang telah diberi garam mineral atau minyak esensial. Minyak aromaterapi dari ekstrak mint, lemon dan lavender baik untuk menenangkan kaki yang tegang dan lelah akibat pemakaian high heels.

(hst/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Bayi Bisa Mati Mendadak Jika Tidur Salah Posisi

Bayi Bisa Mati Mendadak Jika Tidur Salah Posisi

Bayi yang berusia kurang dari satu tahun membutuhkan perhatian khusus, tidak hanya tumbuh kembangnya, namun juga keamanan. Dengan hadirnya si kecil, maka penting bagi Anda untuk memastikan lingkungan rumah aman, termasuk memperhatikan posisi tidur bayi. Apa hubungannya posisi tidur bayi dengan keselamatan bayi? Posisi tidur yang salah dapat menyebabkan kematian mendadak pada bayi, yang disebut sudden infant death syndrome (SIDS). SIDS biasanya terjadi pada bayi berusia kurang dari 1 tahun dan dapat terjadi tanpa peringatan, sekali pun pada bayi sehat. Penyebab tersering SIDS adalah bayi tidur dalam posisi tengkurap. Bayi yang tidur tengkurap menyebabkan tekanan pada rahang bayi sehingga membuat jalan napas lebih pendek, menghambat saluran napas, kadar oksigen berkurang sehingga menyebabkan kematian. Faktor risiko SIDS lainnya adalah: Ibu yang merokok atau minum alkohol saat hamil Bayi prematur atau berat badan lahir rendah Ibu berusia kurang dari 20 tahun saat hamil Berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya SIDS pada bayi: Pastikan bayi selalu tidur dengan posisi terlentang Berikan ranjang terpisah untuk bayi, jangan berb [...]

Jempol Kaki Anda Bengkak? Hati-Hati Gout

Jempol Kaki Anda Bengkak? Hati-Hati Gout

Gout atau sering disebut dengan ?penyakit asam urat?, adalah suatu keadaan dimana asam urat mengendap dan membentuk krsital pada sendi-sendi Anda. Gout adalah penyebab peradangan sendi utama pada pria diatas 30 tahun. Salah satu tempat utama pengendapan asam urat adalah pangkal jempol kaki. Jadi, jika pangkal jempol Anda nyeri dan bengkak, salah satu penyebabnya bisa saja artritis gout. Gout dan ciri-cirinya Gout ditandai dengan serangan nyeri sendi berulang, baik pada sendi kecil dan sendi besar. Sendi yang paling sering terkena adalah pangkal jempol kaki. Sendi ini disebut ?podagra gout? karena merupakan sendi yang khas pada serangan gout. Selain serangan pada sendi, seseorang dengan kadar asam urat yang tinggi dapat mengalami tofus. Tofus adalah adanya endapan kristal urat yang dapat dijumpai pada permukaan kulit berupan benjolan. Selain beberapa keluhan tersebut, seorang pasien juga dapat mengalami endapan kristal urat pada ginjal dan menyebabkan batu ginjal. Bagaimana cara penanganan gout? Pada dasarnya, terdapat beberapa prinsip utama dalam penanganan gout. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan diet rendah purin. Purin adalah bahan mentah yang diubah menja [...]

Benarkah Faktor Cuaca Mempengaruhi Kesehatan Tubuh?

Benarkah Faktor Cuaca Mempengaruhi Kesehatan Tubuh?

Adakah diantara Anda yang pernah mendengar kalimat tersebut atau bahkan mengatakannya? Sakit tenggorokan merupakan salah satu gejala dari peradangan pada tenggorokan. Radang tenggorokan dapat disebabkan diantaranya oleh bakteri dan virus. Seringkali cuaca, musim, dan iklim menjadi alasan apabila tubuh kita sakit. Apakah benar, suhu udara, cuaca, musim, dan iklim dapat menyebabkan timbulnya penyakit? Memang tidak dapat dipungkiri, faktor iklim seperti suhu udara dan kelembaban udara memegang peranan penting dalam fisiologi manusia. Sebagai contoh, metabolisme tubuh manusia di Antartika dengan suhu udara yang sangat dingin terbentuk sedemikian rupa dengan jalan meningkatkan metabolisme basal untuk mengkompensasi suhu udara yang sangan dingin tersebut. Cuaca juga memerankan komponen penting bagi tubuh manusia. Sebagai contoh, pertumbuhan tulang dan penyerapan kalsium membutuhkan sinar UV matahari yang membantu kulit membentuk vitamin D yang diperlukan dalam proses metabolisme tulang tersebut. Jadi pertanyaannya, adakah andil perubahan cuaca memengaruhi kesehatan tubuh? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya. Benarkah Faktor Cuaca Mempengaruhi Kesehatan Tubuh? [...]

Muncul Suara dan Sosok Misterius Akibat Halusinasi

Muncul Suara dan Sosok Misterius Akibat Halusinasi

Halusinasi membuat orang mendengar, merasa, melihat sesuatu yang kenyataannya tidak ada. Pada keadaan tertentu, halusinasi dapat mengakibatkan ancaman pada diri sendiri dan orang lain. Kata ?halusinasi? merupakan turunan dari bahasa Latin, alucinari, yang bermakna berkelana dalam pikiran. Seseorang disebut berhalusinasi ketika dia melihat, mendengar, merasa, atau mencium suatu aroma yang sebenarnya tidak ada. Hal-hal ini hanya ada di dalam pikiran mereka. Halusinasi berbeda dengan aktivitas membayangkan karena membayangkan adalah tindakan dalam kendali dan dilakukan dengan kemauan sendiri. Halusinasi dapat muncul akibat beberapa situasi. Berikut adalah beberapa latar belakang yang paling umum. Gangguan kejiwaan, seperti skizofrenia, demensia, dan depresi dengan gejala psikosis. Juga gangguan-gangguan yang menyebabkan psikosis. Psikosis adalah kumpulan gejala gangguan jiwa di mana seseorang merasa terpisah dari kenyataan yang sebenarnya, ditandai dengan gangguan emosional dan pikiran. Gangguan saraf kronis, seperti Parkinson dan Alzheimer. Kehilangan penglihatan karena sindrom Charles Bonnet. Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras dan obat-obatan terlarang. Demam pada anak keci [...]

Ini Sebabnya Para Peminum Alkohol Punya Perut Buncit

Ini Sebabnya Para Peminum Alkohol Punya Perut Buncit

Perut yang buncit sering disebut dengan beer belly. Selain karena lemak berlebih yang menumpuk di area abdominal ini, ada alasan kenapa perut buncit lebih dikenal dengan istilah tersebut.Penyebab utamanya tentu saja karena memang kebiasaan minum bir. Bir merupakan minuman dengan kalori cukup tinggi, sekitar 150 kalori per gelas. Kalori pada bir setara dengan tujuh keping biskuit susu atau es serut dengan topping susu dan kacang merah. Belum lagi camilan yang biasa dikonsumsi untuk menemani minum bir, mulai dari keripik kentang hingga kacang yang semakin menambah asupan kalori ke dalam tubuh.Jadi bisa dibayangkan berapa banyak kalori yang masuk hanya dengan segelas bir beserta 'teman-temannya' itu. Lalu, kenapa lemak cenderung berkumpul di perut? Penyebabnya ada dua faktor, yaitu gender dan usia. Seperti dikutip dari BBC, beer belly umumnya lebih banyak dimiliki kaum pria karena secara metabolisme, tubuh pria akan menyimpan kelebihan lemak di perut. Saat usia di atas 35 tahun, metabolisme tubuh akan melambat dan tidak bisa lagi mengolah lemak serta kalori menjadi energi dengan maksimal.Sementara pada wanita, lemak lebih banyak disimpan di bagian punggung dan pinggul. Maka tak her [...]

Gigi Sensitif Bisa ‘Mati’ Jika Terlalu Lama Diabaikan

Gigi Sensitif Bisa ‘Mati’ Jika Terlalu Lama Diabaikan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran, bekerjasama dengan Pepsodent dan Synovate, 65 persen masyarakat Indonesia memiliki gigi sensitif. Namun banyak yang kurang mempedulikan masalah tersebut karena dianggap tidak berbahaya.Setengah dari responden yang menderita gigi sensitif mengaku tidak melakukan tindakan apapun untuk menanggulangi masalah ini. Hanya sekitar 19 persen orang yang sudah memeriksakan ke dokter gigi dan 6 persen yang cukup peduli untuk menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.Padahal, jika gigi sensitif dibiarkan terus menerus tanpa ada perawatan, akibatnya bisa fatal. "Gigi bisa mati," ucap Drg. Zaura Rini Anggraini MDS., saat acara peluncuran dua varian terbaru Pepsodent Sensitive Expert di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jl. Garnisun Dalam, Semanggi, Jakarta, Rabu (5/06/2013).Gigi sensitif umumnya disebabkan karena dentin (batas antara gigi dan gusi di bawah email) yang terbuka. Ketika dentin terbuka, rangsangan dari makanan/minuman asam, panas, dingin atau manis akan langsung mengenai pulpa (berbentuk seperti ruangan pada gigi, berisi pembuluh darah dan syaraf-syaraf). "Kalau pulpa terus-terusan dirangsang a [...]

Kena Penyakit Langka, Wanita Ini Tidak Makan Selama 2 Tahun

Kena Penyakit Langka, Wanita Ini Tidak Makan Selama 2 Tahun

Sara Gebert menderita penyakit yang cukup langka. Akibat penyakitnya itu, wanita asal New Jersey tersebut tidak makan dan minum apapun selama dua tahun terakhir ini. Kalau makan, dia bisa memuntahkannya lagi.Media lokal situs NJ memberitakan Sara menderita penyakit Chronic Intestinal Pseudo Obstruction. Ada kata 'pseudo' atau palsu pada penyakitnya itu karena menurut dokter, pada dasarnya tidak ada hal apapun yang menghalangi ususnya, hanya saja tubuhnya bereaksi seolah-olah penghalang itu ada. Tidak semua orang mempercayai penyakit yang dialami oleh Sara. Ada dokter yang mengira penyakitnya itu sebenarnya hanya ada di kepalanya. "Suatu kali dokter mengatakan padaku dia ada untuk membantuku mengatasi masalah kepura-puraan," ujarnya.Apa yang menghalangi Sara untuk makan dan minum itu bisa jadi memang tidak ada. Namun menurutnya, rasa sakit yang dialaminya sangat nyata. "Mereka seharusnya mendengarkan aku dan keluargaku sejak awal. Kalau saja mereka percaya betapa buruknya hal ini, mereka bisa membuatnya menjadi lebih baik sejak awal," kata wanita berusia 19 tahun itu.Gejala awal yang dialami Sara adalah dia merasa sakit perut yang teramat sangat. Sakit perut itu kemudian menyebab [...]

Sedihnya Jadi Orang Kegemukan, Dipermalukan Setidaknya 1 Kali Seminggu

Sedihnya Jadi Orang Kegemukan, Dipermalukan Setidaknya 1 Kali Seminggu

Overweight atau kegemukan bukan hanya bisa menyebabkan masalah kesehatan. Berat badan yang berlebih juga dapat menyebabkan menurunnya kepercayaan diri. Riset terbaru mengungkapkan menurut orang-orang dengan tubuh kegemukan mereka setidaknya mengalami penghinaan satu kali dalam seminggu.Penelitian tersebut dilakukan terhadap 2.573 mantan orang overweight. Seperti dikutip Female First, para responden yang dulunya gemuk ini sudah berhasil menurunkan berat badannya. Seseorang dikatakan mengalami kegemukan jika indeks masa tubuhnya antara 25 sampai 30.Ribuan responden yang pernah gemuk ini ditanya apakah mereka pernah dihina atau dipermalukan karena bentuk tubuh mereka. Dan menurut hasil riset ada dua dari lima responden yang mengaku mengalami penghinaan setidkanya satu kali seminggu. Penghinaan ini paling sering datang dari penjaga toko baju, teman, orang yang lewat dekat mereka, lawan jenis dan anak remaja yang sengaja memotret mereka.Menyikapi hasil survei tersebut, Profesor James Stubss ketua dari jurusan perubahan perilaku dan manajemen berat badan di Universitas Derby dan peneliti senior di Slimming World, meminta agar masyarakat lebih bersimpati pada orang-orang overweight. Pe [...]

Waspadai 6 Dampak Buruk Smartphone Pada Kesehatan (Bag.1)

Waspadai 6 Dampak Buruk Smartphone Pada Kesehatan (Bag.1)

Secara tidak sadar kehidupan manusia kini sangat bergantung dengan smartphone. Alat komunikasi canggih itu hampir tidak pernah terlepas dari tangan. Bahkan tidak sedikit dari Anda yang dapat melihatnya lebih dari 150 kali dalam sehari. Namun tahukah Anda jika smartphone dapat mempengaruhi kesehatan tubuh mulai dari mata hingga tulang belakang? Inilah bagian pertama dari enam dampak buruk smartphone yang perlu diwaspadai seperti dikutip dari Daily Mail.1. Merusak mataApakah Anda pernah merasakan mata kering setelah memakai smartphone? Hal itu disebabkan karena Anda terlalu lama fokus pada benda kecil dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika terus dibiarkan bisa berdampak pada peradangan dan infeksi mata.Sebaiknya smartphone juga dijauhkan dari anak-anak karena menurut Allon Barsam, konsultan bedah mata di Luton & Dunstable University Hospital, Inggris, gadget tersebut dapat meningkatkan potensi terkena mata rabun. Psikolog Dr. Aric Sigman juga menyarankan untuk tidak memperbolehkan anak berusia 3-7 tahun bermain game dengan layar kecil selama lebih dari setengah jam sehari.Selain itu menurut penelitian, penggunaan smartphone juga dapat menyebabkan Presbyopia yaitu ketidakmamp [...]

Kenapa Bisa Ada Flek Coklat Sebelum Haid

Kenapa Bisa Ada Flek Coklat Sebelum Haid

Pernah melihat ada flek kecoklatan di celana dalam sebelum haid tiba? Jika benar, maka Anda tidak perlu khawatir karena hampir tiap wanita pernah mendapat flek coklat sebelum haid. Flek coklat atau bercak darah (setetes atau dua tetes darah) ini biasanya berlangsung selama satu atau dua hari. Pada kebanyakan kasus, flek coklat yang muncul sebelum haid merupakan hal yang normal dan tidak berbahaya. Namun Anda harus memastikan bahwa darah tersebut keluar dari vagina dan bukan dari saluran urine atau anus. Anda mungkin akan merasa kram atau sedikit nyeri ketika mengalami kondisi ini karena bercak darah tersebut bisa jadi tanda bahwa Anda akan mendapat haid atau sedang memasuki masa premenstrual syndrome (PMS). Selain terjadi beberapa saat sebelum haid, flek coklat juga bisa muncul pada pertengahan siklus bulanan Anda. Bagi Anda yang ingin cepat hamil, kehadiran bercak darah dapat Anda manfaatkan untuk berhubungan intim karena ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang mengalami ovulasi. Kehadiran flek coklat sebelum menstruasi juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami beberapa kondisi di bawah ini. Stres dan kelelahan. Kondisi ini bisa menyebabkan otak untuk tidak memulai s [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *