Jangan Terlalu Lama, Ini Idealnya Pakai High Heels Agar Tidak Radang Sendi

highheels.jpg

Penelitian menunjukkan bahwa memakai high heels terlalu sering bisa meningkatkan risiko terkena radang sendi, atau osteoarthritis. Semakin tinggi hak sepatu, maka efek negatifnya akan semakin dirasakan hingga tumit dan telapak kaki yang tidak proporsional.

Ahli penyakit kaki L. Kelsey Armstrong menjelaskan, high heels tidak baik dikenakan secara terus menerus dan dalam jangka panjang karena konstruksinya membuat kaki tidak berada dalam posisi berdiri yang normal. Tekanan yang terjadi pada ujung kaki juga bisa memicu terjadinya kapalan, tulang retak, kelainan bentuk pada jari-jari kaki, radang pada ibu jari kaki hingga neuroma atau kanker pada jaringan syaraf.

Untuk mengurangi risiko terjadinya gangguan tulang dan fungsi kaki, satu-satunya cara adalah membatasi seminimal mungkin penggunaan high heels dalam aktivitas keseharian Anda. Durasi ‘aman’ memakai high heels pun berbeda-beda, tergantung dari tinggi/rendahnya hak sepatu.

“Batas aman durasi memakai high heels tergantung dari tipe sepatu dan aktivitas yang Anda lakukan saat mengenakannya,” ujar L. Kelsey, seperti dikutip dari Women’s Health USA.

Lalu, berapa jam rata-rata amannya seseorang memakai high heels? Ini uraiannya:

1. Sepatu Hak Rendah (3,8 cm atau lebih rendah)
Sepatu ini cenderung aman dipakai saat Anda berbelanja atau pergi ke pesta dimana Anda harus berdiri lama. Misalnya saat jalan-jalan ke mal, pesta pernikahan model standing party atau belanja ke supermarket. L. Kelsey menyarankan, sepatu jenis ini cukup aman dikenakan hingga empat jam sehari.

2. Sepatu Hak Sedang (3 – 7 cm)
Sebaiknya high heels jenis ini hanya Anda pakai ketika harus tampil sempurna dalam sebuah acara, pesta pernikahan formal, gala dinner atau makan malam romantis bersama pasangan. Kaki Anda mungkin masih ‘aman’ jika mengenakannya maksimal tiga jam. Hindari memakainya lebih dari itu.

3. Sepatu Hak Tinggi (8 cm ke atas)
Sepatu yang sangat riskan untuk dipakai dalam waktu lama dan sebaiknya dihindari pemakaiannya seminimal mungkin. Jika Anda harus memakainya karena alasan profesi atau agar tampil fashionable, pakai tak lebih dari satu jam. Ada pengecualian jika sepatu yang dikenakan model platform, wedges atau yang solnya tebal. Menurut L. Kelsey, Anda bisa lebih lama memakainya. Tapi jangan sekali-kali nekat jika Anda memakai model stiletto, yaitu high heels dengan hak tipis atau runcing.

Setelah melepas sepatu, berikan pijatan ringan pada kaki untuk meminimalisir pembengkakan atau rasa sakit. Anda bisa memutar-mutarkan bola golf pada telapak kaki. Tekstur bola golf yang bergerigi bisa memberi efek refleksi ringan yang membantu menjaga kesehatan kaki.

“Cara ini bisa menggerakkan dan memperkuat otot-otot kecil pada kaki. Hal yang tak mungkin terjadi saat Anda memakai sepatu hak tinggi,” jelasnya.

Selain itu rendamlah kaki Anda pada air hangat yang telah diberi garam mineral atau minyak esensial. Minyak aromaterapi dari ekstrak mint, lemon dan lavender baik untuk menenangkan kaki yang tegang dan lelah akibat pemakaian high heels.

(hst/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Hilangkan Stres, Mewarnai Buku Gambar Jadi Tren di Kalangan Wanita Dewasa

Hilangkan Stres, Mewarnai Buku Gambar Jadi Tren di Kalangan Wanita Dewasa

Mewarnai buku bergambar biasanya dilakukan dan menjadi tugas sekolah anak-anak. Tapi kini muncul tren, tidak hanya anak-anak yang suka mewarnai buku gambar tapi juga orang dewasa khususnya wanita.Buku-buku gambar khusus orang dewasa pun laris manis. Di situs belanja Amazon misalnya, berada di deretan produk paling banyak dibeli dan menjadi populer di Inggris juga Prancis.'The Secret Garden', buku menggambar karya ilustrator Johanna Basford bisa dibilang menjadi pionir munculnya tren mewarnai di kalangan orang dewasa ini. Sejak diluncurkan pada 2013, The Secret Garden telah terjual lebih dari 1,4 juta kopi dan berada di urutan ketujuh sebagai buku terlaris di Amazon.Buku bertitel 'Adult Coloring Book; Stress Relieving Patterns' juga terbilang laris manis dan berada di urutan keempat sebagai buku terlaris. Peran media sosial pun semakin memopulerkan tren ini.Ada sekitar 66 ribuan postingan di Instagram dengan hashtag #colouringbook, yang kebanyakan menampilkan foto hasil karya mereka mewarnai gambar-gambar di buku tersebut. Buku menggambar khusus orang dewasa ini sebenarnya tak berbeda dengan buku gambar anak-anak.Esensi utamanya adalah memberi warna pada ilustrasi gambar hitam-pu [...]

Hati-hati, Awalnya Stroke Ringan, Selanjutnya Stroke

Hati-hati, Awalnya Stroke Ringan, Selanjutnya Stroke

Stroke ringan memiliki durasi serangan yang singkat dan dapat menghilang dalam beberapa menit. Namun meski gejalanya telah pergi, penyakit ini tetap menyimpan bahaya mematikan jika diabaikan, termasuk kematian. Stroke ringan sendiri dalam bahasa medis dinamakan serangan iskemik transien atau transient ischaemic attack (TIA). Penyebab penyakit ini sama dengan stroke, yaitu terhalangnya aliran darah ke otak. Sehingga wajar jika gejala yang muncul mirip dan organ tubuh yang terlibat pun sama. Gejala TIA atau stroke ringan sendiri biasanya mudah dilihat melalui wajah, lengan, dan kemampuan bicara. Stroke ringan dapat menyebabkan kelemahan otot wajah sehingga wajah turun ke salah satu sisi, tidak bisa senyum, mata, atau mulut turun ke bawah. Penderita stroke ringan kemungkinan takkan mampu mengangkat kedua lengan. Hal ini terjadi karena lengan mereka lemas atau mati rasa pada salah satu sisi. Pada orang yang mengalami stroke ringan, kemampuan bicara mereka juga bisa terganggu. Mereka akan cadel, tidak beraturan, atau bahkan tidak mampu bicara sama sekali. Jika salah satu gejala yang telah disebutkan, maka segeralah menghubungi dokter. Perbedaan mendasar antara stroke ringan dengan st [...]

Menghilangkan Kembung

Menghilangkan Kembung

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Kita semua pasti pernah mengalami perasaan kembung yang membuat perut merasa tidak nyaman. Banyak yang merasakan hal ini setelah melaksanakan perayaan makan-makan yang besar namun banyak orang yang sering sekali mengalami kembung dan membuat keadaan dan perasaan menjadi tidak nyaman. Apa ya penyebab kembung? Banyak gas Untuk mengurangi hal ini cobalah untuk mengurangi konsumsi : - kacang - bawang - brokoli - kol - kecambah Konstipasi (susah BAB) Untuk mencegahnya cobalah untuk mengkonsumsi makanan tinggi serat dan minum banyak air putih serta olahraga secara teratur. Walaupun hanya 20 ? 30 menit jalan selama 4x seminggu, ternyata dapat memperbaiki fungsi dari usus kita. Menelan udara (berbicara sambil makan) Usahakan untuk tidak makan sambil berbicara dalam waktu yang sama, cobalah untuk duduk bila sedang makan, kurangi konsumsi minuman bersoda, cobalah untuk berhenti mengkonsumsi permen karet, dan bila sedang mengunyah coba untuk tutup mulut. Intoleransi makanan Bila Anda ada intoleransi terhadap makanan seperti alerhi terhadap gluten atau produk-produk susu, maka hindarilah. Intoleransi makanan dapat b [...]

Jempol Kaki Anda Bengkak? Hati-Hati Gout

Jempol Kaki Anda Bengkak? Hati-Hati Gout

Gout atau sering disebut dengan ?penyakit asam urat?, adalah suatu keadaan dimana asam urat mengendap dan membentuk krsital pada sendi-sendi Anda. Gout adalah penyebab peradangan sendi utama pada pria diatas 30 tahun. Salah satu tempat utama pengendapan asam urat adalah pangkal jempol kaki. Jadi, jika pangkal jempol Anda nyeri dan bengkak, salah satu penyebabnya bisa saja artritis gout. Gout dan ciri-cirinya Gout ditandai dengan serangan nyeri sendi berulang, baik pada sendi kecil dan sendi besar. Sendi yang paling sering terkena adalah pangkal jempol kaki. Sendi ini disebut ?podagra gout? karena merupakan sendi yang khas pada serangan gout. Selain serangan pada sendi, seseorang dengan kadar asam urat yang tinggi dapat mengalami tofus. Tofus adalah adanya endapan kristal urat yang dapat dijumpai pada permukaan kulit berupan benjolan. Selain beberapa keluhan tersebut, seorang pasien juga dapat mengalami endapan kristal urat pada ginjal dan menyebabkan batu ginjal. Bagaimana cara penanganan gout? Pada dasarnya, terdapat beberapa prinsip utama dalam penanganan gout. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan diet rendah purin. Purin adalah bahan mentah yang diubah menja [...]

6 Hal yang Perlu Anda Ketahui Soal Pola Makan Manula

6 Hal yang Perlu Anda Ketahui Soal Pola Makan Manula

Menjadi tua pasti akan dialami oleh semua orang. Perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh seseorang karena proses penuaan otomatis akan berdampak pada perubahan pola hidup terutama pola makan. Perubahan apa saja yang terjadi pada orang lanjut usia atau lansia? Makanan yang diperuntukkan bagi lansia harus mengandung zat gizi dari makanan yang beraneka ragam, yang terdiri dari zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur karena lansia juga membutuhkan asupan gizi seimbang. Porsi makan lansia harus diperhatikan. Jangan terlalu kenyang dalam sekali makan. Porsi makan hendaknya diatur merata dalam satu hari sehingga dapat makan lebih sering dengan porsi yang kecil. Bila terdapat kesulitan mengunyah karena gigi rusak atau gigi palsu kurang baik, maka makanan yang diberikan harus lunak/lembek atau dicincang. Lansia dianjurkan untuk banyak minum dan kurangi garam. Dengan banyak minum dapat memperlancar pengeluaran sisa makanan, dan menghindari makanan yang terlalu asin akan memperingan kerja ginjal serta mencegah kemungkinan terjadinya darah tinggi. Batasi makanan yang manis-manis atau gula, minyak dan makanan yang berlemak seperti santan, mentega dll. Hal [...]

‘Menopause’ Pada Pria

‘Menopause’ Pada Pria

Menopause pada pria atau yang sering kali dikenal dengan andropause, merupakan kondisi penurunan hormon testosteron yang berkaitan seiring terjadinya proses penuaan. Sangat jauh berbeda dengan menopause yang terjadi pada wanita, andropause merupakan situasi yang signifikan berbeda. Jika menopause pada wanita terjadinya karena kondisi ovulasi yang terhenti yang diikuti produksi hormon menurun dalam waktu yang sangat singkat. Lain halnya andropause pada pria. Andropause terjadi karena produksi hormon dan bioavailabilitas testosteron menurun secara bertahap. Dampaknya, seperti terjadinya perubahan fungsi seksual, kemampuan tingkat energi atau bahkan perubahan mood yang seringkali tidak diperhatikan dalam kurun waktu yang lama. Bagaimana gejala awalnya? Berikut penjelasan selengkapnya: Gejala dan tanda penurunan testosteron Hormon testosteron sangat bervariasi pada pria. Penurunan hormon testosteron akan menurun secara perlahan. Setelah pria berusia di atas 30 tahun, hormon testosteron akan menurun sebanyak kira-kira 1% per tahun. Dan pada usia 70 tahun, penurunan kadar hormon testosteron akan mencapai sebanyak 50%. Kadar hormon testosteron yang rendah dapat menim [...]

4 Nutrisi Penting untuk Menambah Berat Badan

4 Nutrisi Penting untuk Menambah Berat Badan

Sebagian besar dari kita pasti ingin menurunkan berat badan. Tetapi di sisi lain, walaupun tidak banyak, ada orang-orang yang sangat ingin menaikkan berat badannya.Mungkin Anda akan berpikir apa sih susahnya menaikkan berat badan. Cukup makan junk food sebanyak-banyaknya dan dalam beberapa bulan berat badan akan bertambah secara drastis. Namun orang yang underweight tidak bisa sembarangan menambah berat badannya.Makanan yang tidak sehat dapat membuat berat bertambah tapi tubuh kekurangan nutrisi. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan nutrisi yang diasup. Beberapa nutrisi di bawah ini sangat penting untuk menambah berat badan dengan cara yang sehat, seperti dikutip dari Boldsky.1. ProteinProtein sangat penting dalam proses penambahan berat badan. Dengan mengonsumsi protein yang cukup, berat akan didapat dari massa otot yang bertambah dan bukan lemak. Anda dapat mengonsumsi makanan laut seperti salmon dan tuna karena kandungan proteinnya sangat tinggi. Disamping itu lengkapi dengan susu skim dan selai kacang.2. Kolesterol BaikTubuh butuh asupan kolesterol untuk menambah berat badan. Pilihlah kolesterol baik yang terkandung dalam ikan bakar dan telur mentah. Telur mengandung b [...]

Ladies, Ini Kunci Agar Hidup Bahagia dari Indy Barends dan Indra Bekti

Ladies, Ini Kunci Agar Hidup Bahagia dari Indy Barends dan Indra Bekti

Semua orang tentu ingin hidup bahagia. Namun yang namanya hidup pasti memiliki lika-liku dalam menjalaninya. Menurut psikolog Personal Growth, Ratih Ibrahim, kebahagiaan mempengaruhi lingkungan sekitar Anda. Oleh karena itu berusaha untuk bahagia setiap hari akan memberikan energi positif terhadap orang-orang tersayang."Kebahagiaan merupakan bentuk emosi kuat yang mempengaruhi kondisi orang sekitar kita. Ini suatu jaringan yang menyebar luas selama kita terus bersikap positif," tutur Ratih saat acara pengenalan program baru 97,9 FeMale Radio dengan nama 'Happy Morning' di Torino Cafe, Gunawarman, Jakarta Selatan (13/5/2014).Agar hidup lebih bahagia, Indy Barends dan Indra Bekti berbagi rahasianya terutama untuk para wanita. Indy mengatakan agar selalu bersikap positif dan menjadi diri sendiri. Bekti menambahkan, tidak lupa menumbuhkan rasa semangat untuk menumbuhkan kebahagiaan dalam diri sendiri kemudian membawa perasaan tersebut ke lingkungan sekitar Anda."Happy bukan namanya Happy Salma saja, happy adalah perasaan posifit yang ada di manusia. Kita harus share our happiness, ini sudah jadi motto aku dalam hidup. Kita harus happy dulu baru kita bisa membahagiakan orang lain," u [...]

Pasangan Hidup Menentukan Kesehatan Jantung

Pasangan Hidup Menentukan Kesehatan Jantung

Menemukan pasangan hidup yang tepat adalah pilihan yang sulit. Pasangan hidup Anda akan menjadi pendamping Anda dalam menjalani aktivitas Anda sehari-hari sampai akhir hayat. Namun, peran pasangan hidup ternyata lebih dari itu. Mengacu pada sebuah penelitian tahap awal, ternyata pasangan yang saling mendukung dapat menurunkan risiko penyakit jantung lho! Apa pengaruh pasangan yang baik terhadap kesehatan Jantung? Pasangan yang baik menurunkan risiko terjadinya penebalan dinding pembuluh darah jantung. Penebalan dinding pembuluh darah jantung adalah kejadian awal yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Penebalan ini terdiri dari kalsifikasi atau penumpukan kalsium pada dinding pembuluh darah. Peningkatan ketebalan dinding pembuluh darah dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung. (Baca: 7 Cara Cegah Sakit Jantung). Bagaimana ciri pasangan yang dapat dikatakan baik? Karakter pasangan yang dipelajari dalam penelitian ini adalah pasangan yang dapat membantu suami atau istrinya dalam menghadapi masalah. Pasangan yang dapat memberikan dukungan ketika melalui waktu sulit. Karakter pasangan yang positif memberikan dampak positif juga terhadap kehidupan pernikahan mereka. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *