Jarang Kena Sinar Matahari Bikin Susah Bangun Pagi

womantidur.jpg

Bagi sebagian orang, bangu tidur di pagi hari merupakan hal yang sulit. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika ya, mungkin saja karena Anda jarang terkena sinar matahari.

Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris, banyak orang dewasa ang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan. Mereka juga jarang terkena sinar alami dari matahari terutama di pagi hari.

Hal itu membuat jam biologis tubuh terganggu dan akhirnya memicu perasaan belum ngantuk ketika malam tiba, kebiasaan menunda tidur yang akhirnya membuat rasa lelah dan malas bangun keesokan harinya. Gejala ini umumnya terjadi pada remaja sehingga peneliti menyebutnya sebagai ‘teenage night owl syndrome’.

“Kurang kena sinar matahari akan membuat seseorang tidur lebih larut, tidak cukup tidur dan akhirnya merasa malas,” ujar Dr Mariana Figueiro dari the Rensselaer Polytechnic Institute’s Lighting Research Centre, New York seperti dilansir dari detikhealth.

Figueiro juga menyebutkan, kurang sinar matahari akan membuat performa seseorang menurun. Ia dan rekannya pernah melakukan tes terhadap dua jenis kelompok remaja, yaitu kelompok yang sering kena sinar matahari dan kelompok yang jarang kena matahari.

Hasilnya menunjukkan remaja yang lebih banyak kena sinar matahari menghasilkan skor tes yang lebih baik ketimbang remaja yang jarang kena sinar matahari. “Sinar matahari di pagi hari sangat penting untuk kebutuhan jam biologis seseorang, terutama remaja,” kata Figueiro.

Cahaya matahari akan membantu tubuh melepaskan hormon melatonin, yaitu hormon yang membuat tidur. Kekurangan cahaya, berarti hormon melatonin tidak akan terlepas dari tubuh yang membuat orang jadi ingin tidur terus. Artinya ketika waktunya bangun pagi tubuh seperti dipaksa untuk bangun yang membuat tubuh terasa capek dan berat untuk beraktivitas.

Cahaya biru dengan panjang gelombang pendek adalah cahaya yang paling bagus untuk melepaskan hormon melatonin. Jenis cahaya tersebut umumnya berasal dari cahaya matahari di pagi hari.

“Jika seseorang melewatkan cahaya itu di pagi hari maka hormon melatonin akan terlambat dilepaskan dan akhirnya waktu tidur juga akan mengalami kemunduran,” jelas Figueiro.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal Neuroendocrinology Letters ini menyarankan pentingnya terkena sinar matahari di pagi hari. Peneliti juga menyarankan agar desain bangunan dirancang sedemikian rupa agar sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan meski seseorang berada di dalam ruangan.

(eya/eya)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Dampak Negatif yang Didapat Tubuh Usai Liburan Panjang

Dampak Negatif yang Didapat Tubuh Usai Liburan Panjang

Bagi kebanyakan orang, waktu liburan panjang sangat menyenangkan karena dapat pergi berwisata atau sekedar beristirahat dan melepas penat. Namun ternyata, ada dampak negatif yang didapat oleh tubuh setelah seseorang selesai berlibur. Apakah itu?1. Buat Otak Kurang ProduktifSejak tahun 2004 hingga 2008, The Hartford, sebuah perusahaan asuransi di Connecticut melakukan survei dan menganalisa lebih dari 1 juta kasus kemunduran otak atau short-term disability akibat liburan panjang. Para pakar menduga hal itu disebabkan karena ketika liburan otak jarang diasah.Di Amerika, short-term disability diketahui banyak terjadi pada bulan November dan Desember. Namun pada bulan Januari dan Februari, penyakit kemunduran otak sesaat itu justru diikuti dengan berbagai penyakit seperti depresi, sakit pernapasan dan luka-luka. Sebanyak dua pertiga partisipan diketahui mengalami gejala tersebut.Gejala seperti itu bukan sesuatu yang aneh, karena pada saat itu suhu cuaca rendah akibat musim dingin bisa bantu tingkatkan risiko flu, batuk, gangguan pernapasan, kecelakaan dan depresi. Ketimbang musim panas, masalah pernafasan terjadi dua kali lebih banyak pada musim dingin. Mereka yang punya masalah per [...]

Regenerasi Otak dengan Sel Punca

Regenerasi Otak dengan Sel Punca

Prof. Ole Isacson, MD, Ph.D, ketika mengisi Stem Cells in the Treatment of Spinal Cord Injury di Four Seasons Hotel, Jakarta, Sabtu (13/9) lalu. Indonesia dihadapi ancaman kian banyaknya kasus Alzheimer, di 2013 lalu sendiri penderita Alzheimer sudah mencapai angka kisaran 1 juta penderita. Belum lagi kasus neurodegenerative lainnya macam Parkinson dan Amyotrophic lateral sclerosis (ALS). Berkenaan dengan hal tersebut, PT. Kalbe Farma, Tbk (Kalbe) hari ini menyelenggarakan puncak program edukasi dr. Boenjamin Setiawan Distinguished Lecture Series 2014 di Hotel Four Seasons Jakarta. Dimana penyelenggaraan rutin yang menginjak tahun kedua ini mengambil fokus mengenai update dalam bidang terapi sel dan neuroscience. "Regenerasi otak dengan stem cells sangat menjanjikan dan memberikan harapan baru bagi pasien penderita Parkinson's, Huntington's disease, dementia (kepikunan), Alzheimer, bahkan ALS," buka Prof. Ole Isacson, MD, PhD. dari Harvard Medical School dalam kesempatan kuliah umum "Stem Cells in the Treatment of Spinal Cord Injury" pada program edukasi yang diselenggarakan Kalbe tersebut. ?Sedikitnya 4% dari penduduk AS menderita Alzheimer. Untuk mengatasi ini, sudah jutaan [...]

Khasiat Tomat untuk Kesehatan: Jantung Sehat Sampai Tulang Kuat

Khasiat Tomat untuk Kesehatan: Jantung Sehat Sampai Tulang Kuat

Selama ini, mungkin orang hanya tahu tomat baik untuk kesehatan mata. Ternyata masih banyak manfaat kesehatan yang didapat dengan rajin mengonsumsi tomat. Ini dia tujuh khasiat dari buah oranye kemerahan ini, seperti dikutip dari Times of India.1. AntioksidanTomat kaya akan vitamin A dan C, serta kandungan beta carotene dan lycopene yang tinggi. Kandungan ini berperan sebagai antioksidan aktif yang bekerja menetralisir radikal bebas yang berbahaya di dalam aliran darah. Radikal bebas dalam darah ini dapat dibuang dengan lycopene. Radikal bebas sangat berbahaya karena dapat merusak sel. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membawa sandwich dengan potongan tomat segar atau tomat ceri sebagai camilan dalam bekal makan Anda sehari-hari.2. Menyehatkan MataKarena kandungannya akan vitamin A yang begitu tinggi, tomat adalah makanan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan penglihatan Anda. Tomat akan menjaga mata dari risiko penyakit rabun senja.3. Mencegah KankerBanyak penelitian menunjukkan bahwa kandungan lycopene yang dimiliki tomat dapat mengurangi risiko kanker prostat pada pria, kanker perut dan kanker usus besar) Lycopene dianggap sebagai antioksidan alami yang dapat memban [...]

Inilah Akibatnya Jika Teknik Mencukur Anda Salah

Inilah Akibatnya Jika Teknik Mencukur Anda Salah

Bagi para pria, mencukur seperti tak ubahnya bagian dari rutinitas wajib harian ataupun mingguan. Mencukur, bila dilakukan dengan teknik yang tepat dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan membantu eksfoliasi kulit dengan menghilangkan sel-sel kulit mati. Namun sebaliknya, bila dilakukan dengan cara yang salah dapat menjadi bumerang bagi diri Anda sendiri. Apa yang akan terjadi jika teknik mencukur Anda salah? Mencukur bertujuan untuk membuat wajah Anda tampak lebih bersih dan penampilan lebih prima. Namun bila dilakukan dengan cara yang salah, dapat mengakibatkan berbagai masalah yang menganggu kenyamanan dan merusak penampilan. Razor burn Merupakan suatu kondisi dimana terjadi iritasi pada kulit akibat adanya gesekan langsung antara pisau cukur dengan kulit. Hal ini biasanya terjadi karena tidak menggunakan krim cukur. Untuk mengatasinya, gunakan kompres air dingin dan pelembab non alkohol. Folliculitis Kondisi ini terjadi ketika bakteri staphylococcus aureus masuk ke dalam folikel rambut. Gejala yang timbul biasanya berupa kemerahan, gatal dan tampak adanya benjolan-benjolan kecil berwarna putih. Hal ini pada umumnya akan hilang dengan sendiriny [...]

BPA Pada Kaleng Mempengaruhi Hormon Seksual

BPA Pada Kaleng Mempengaruhi Hormon Seksual

Bisphenol A atau BPA merupakan senyawa kimia organik yang menyerupai hormon dalam tubuh dan telah di anggap berbahaya oleh para ilmuan karena mampu mempengaruhi hormon seksual tubuh yang sudah ada, ?gender bending?, juga memberikan peningkatan dalam penyakit jantung dan kanker. Sebuah penelitian terbaru dari Harvard School of Public Health, Boston, Amerika Serikat menemukan bahwa kandungan BPA dalam kemasan kaleng makanan demi mencegah terjadinya karat, ternyata dapat masuk kedalam tubuh manusia yang mengonsumsi makanan kaleng tersebut sebanyak 1200% BPA hanya dalam 5 hari pada urin mereka dibandingkan dengan mereka yang memakan makanan segar, seperti dilansir dalam Daily Health (23/11). BPA sendiri telah terbukti terdapat juga dalam kemasan minuman yang terbuat dari plastik yang dikeraskan, namun tidak sebesar kandungan dalam kemasan kaleng. Hal ini membawa pertanyaan pada dampak yang diberikan dari banyaknya jumlah kandungan BPA dalam tubuh manusia. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya, tubuh ibu hamil yang terkontaminasi BPA juga dapat mempengaruhi perilaku anak yang dilahirkan hingga usia 3 tahun khususnya anak perempuan karena hormon wanita lebih sensitif terhadap senyawa i [...]

Mengapa Perut Terasa Panas?

Mengapa Perut Terasa Panas?

Pernahkah Anda mengalami perut terasa panas? Kondisi ini bisa menandakan masalah pencernaan. Penyebabnya beragam, ada yang penyebabnya dapat diketahui seperti pada penyakit asam lambung (Gastroesophageal Reflux Disease ? GERD), alergi makanan, maupun gastritis. Selain itu, ada pula sakit perut yang penyebabnya tidak diketahui dengan pasti atau dinamakan dispepsia. Kenali beberapa penyebab dan cara menangani perut yang terasa panas berikut ini. Apa penyebabnya? Secara umum, perut yang terasa panas merupakan gejala gangguan pencernaan yang dipicu oleh banyak faktor. Faktor penyebab terbanyak adalah refluks asam lambung atau naiknya asam lambung ke kerongkongan. Refluks juga dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan, sehingga terasa seperti ada yang mengganjal pada tenggorokan, suara menjadi serak, dan radang tenggorokan. Pola makan dan stres juga dapat memicu gangguan pencernaan dan berujung pada gejala perut yang terasa panas. Ketika stres, kerja pencernaan jadi melambat. Akibatnya, orang yang stres makin berpeluang mengalami refluks asam lambung, sehingga menimbulkan mual dan perut terasa panas. Selain itu, beberapa penyakit yang menimpa pencernaan berikut ini juga dapat membuat [...]

Jadikan Ini Sebagai Pedoman Cemilan Sehat Untuk Anak

Jadikan Ini Sebagai Pedoman Cemilan Sehat Untuk Anak

Banyaknya kegiatan anak, mulai dari bersekolah hingga bercengkerama dengan teman-temannya, menyebabkan ia membutuhkan porsi makanan yang mampu menyediakan asupan energi yang cukup. Untuk itu, selain asupan dari makanan utama, kita juga perlu memberikan cemilan sehat untuk anak. Cemilan sehat untuk anak perlu disiapkan untuk memberikan bahan bakar yang cukup bagi mereka menjalani aktivitas yang padat. Berkat cemilan sehat, tingkat energi dan pikiran bisa tetap terjaga. Umumnya, anak-anak menyukai cemilan yang didominasi oleh kandungan lemak, gula, dan garam. Untuk mengalihkan kegemaran anak dari jenis cemilan semacam itu, orang tua harus melakukannya secara bertahap. Perubahan secara bertahap ini akan memudahkan mereka dan termasuk Anda sendiri dalam mengubah kebiasaan anak. Tujuannya adalah agar anak dapat merasakan perubahan tanpa mereka sadari. Mulailah dengan membatasi asupan cemilan untuk anak, misalnya menjadi hanya dua kali sehari, pagi satu dan sore satu. Jangan lupa untuk mengawasi jumlah makanan ringan yang dikonsumsi. Anak-anak biasanya menyukai cokelat yang sayangnya mengandung banyak lemak dan gula. Oleh sebab itu, usahakan agar mereka tidak terlalu banyak mengonsumsi [...]

4 Makanan Agar Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

4 Makanan Agar Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

Banyak orang mengalami sulit tidur ketika malam, dan penyebabnya bukan hanya sekadar stres atau terlalu lelah. Makanan yang Anda konsumsi juga bisa memengaruhi seberapa baik kualitas tidur.Beberapa makanan yang mengandung melatonin cukup tinggi bisa membantu Anda lebih mudah dan nyenyak tidur. Apa itu melatonin dan makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi beberapa jam menjelang tidur? Ini dia, seperti dikutip dari Female First. 1. SalmonSalmon mengandung unsaturated docosahexaenoic acid (DHA), jenis asam lemak dari 'kerabat' omega-3. Asam lemak ini membantu menstimulasi produksi melatonin dalam tubuh. Melatonin sangat berguna mengatur ritme sirkadian pada manusia, atau istilah lainnya siklus tidur.2. Kacang-kacanganTinggi akan vitamin B dan folic acid, kacang-kacangan seperti polong, kacang panjang, kacang merah dan kacang hijau membantu tubuh mengatur siklus tidur dan produksi serotonin. Hormon serotonin sangat penting dalam pembentukan melatonin sehingga jam tidur jadi lebih teratur dan berkualitas.3. CherryBuah kecil berwarna merah ini dikenal sebagai anti peradangan dan sumber alami melatonin. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistr [...]

Hindari 4 Kebiasaan Ini Kalau Tak Mau Gigi Mudah Patah & Rusak

Hindari 4 Kebiasaan Ini Kalau Tak Mau Gigi Mudah Patah & Rusak

Memiliki gigi yang kuat hingga usia lanjut tentu diinginkan setiap orang. Untuk mewujudkan hal ini, Anda perlu mengurangi atau bahkan menghentikan empat kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat gigi cepat patah karena rapuh dan rusak.Berikut ini empat kebiasaan yang sebaiknya dihindari untuk mendapatkan gigi sehat dan kuat, seperti dipaparkan She Knows:1. Menyikat Gigi Secara BerlebihanSebagian orang menganggap kebersihan gigi berawal dari seberapa sering kita menyikat gigi. Hal itu benar, tapi menyikat gigi yang dilakukan lebih dari dua kali dalam sehari tidak baik untuk kesehatan gigi."Saya sudah bertemu dengan orang-orang yang memiliki kebiasaan sikat gigi 20 kali dalam sehari," kata Dr. Sally Cram, ahli gigi di Washington D.C.Menurut Dr. Sally, terlalu sering menyikat gigi tidak akan membuat gigi Anda bersih lebih lama. Justru akan melukai gusi dan mengikis enamel gigi. Sikatlah gigi dua kali sehari dan sesudah makan. Yang juga penting adalah bagaimana Anda menyikat gigi. Gosoklah dengan gerakan memutar mulai dari bagian depan, samping, dalam dan geraham. Lalu gunakan dental floss untuk membersihkan sisa-sisa makanan di antara celah gigi selama dua menit.2. Pemutihan Gigi Ter [...]

Solusi Rambut Rontok Setelah Kehamilan

Solusi Rambut Rontok Setelah Kehamilan

Oleh dr. Jessica Florencia Rambut Rontok Setelah Persalinan Selama kehamilan, rambut Ibu hamil biasanya menjadi semakin lebat dan berkilau. Hal ini disebabkan karena pengaruh hormon yang mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut sehingga hanya sedikit rambut yang rontok. Hal ini juga biasanya tidak hanya mempengaruhi pertumbuhan rambut di kulit kepala namun juga di kulit tubuh lainnya. Beberapa daerah tubuh yang pertumbuhan rambutnya meningkat pada saat hamil biasanya adalah daerah wajah, lengan, tungkai dan punggung. Pertumbuhan rambut berlebih di daerah-daerah ini biasanya akan kembali normal setelah 6 bulan paska persalinan. Dua sampai empat minggu setelah persalinan, rambut Ibu hamil akan mengalami kerontokan yang cukup berat. Hal ini termasuk wajar dan tidak perlu dikhawatirkan karena hal ini hanya akan berlangsung selama 3-4 bulan dan rambut akan tumbuh kembali dalam 6-15 bulan. Jika kerontokan rambut terjadi hanya di daerah depan dan samping, maka Ibu perlu mengkonsultasikan hal ini dengan dokter karena ini merupakan hal yang tidak lazim. Kuku Rapuh dan Mudah Patah Saat Hamil Pada saat hamil, cukup banyak Ibu hamil yang mengeluhkan kukunya menjadi rapuh dan mudah patah. Namun [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *