Jarang Kena Sinar Matahari Bikin Susah Bangun Pagi

womantidur.jpg

Bagi sebagian orang, bangu tidur di pagi hari merupakan hal yang sulit. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika ya, mungkin saja karena Anda jarang terkena sinar matahari.

Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris, banyak orang dewasa ang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan. Mereka juga jarang terkena sinar alami dari matahari terutama di pagi hari.

Hal itu membuat jam biologis tubuh terganggu dan akhirnya memicu perasaan belum ngantuk ketika malam tiba, kebiasaan menunda tidur yang akhirnya membuat rasa lelah dan malas bangun keesokan harinya. Gejala ini umumnya terjadi pada remaja sehingga peneliti menyebutnya sebagai ‘teenage night owl syndrome’.

“Kurang kena sinar matahari akan membuat seseorang tidur lebih larut, tidak cukup tidur dan akhirnya merasa malas,” ujar Dr Mariana Figueiro dari the Rensselaer Polytechnic Institute’s Lighting Research Centre, New York seperti dilansir dari detikhealth.

Figueiro juga menyebutkan, kurang sinar matahari akan membuat performa seseorang menurun. Ia dan rekannya pernah melakukan tes terhadap dua jenis kelompok remaja, yaitu kelompok yang sering kena sinar matahari dan kelompok yang jarang kena matahari.

Hasilnya menunjukkan remaja yang lebih banyak kena sinar matahari menghasilkan skor tes yang lebih baik ketimbang remaja yang jarang kena sinar matahari. “Sinar matahari di pagi hari sangat penting untuk kebutuhan jam biologis seseorang, terutama remaja,” kata Figueiro.

Cahaya matahari akan membantu tubuh melepaskan hormon melatonin, yaitu hormon yang membuat tidur. Kekurangan cahaya, berarti hormon melatonin tidak akan terlepas dari tubuh yang membuat orang jadi ingin tidur terus. Artinya ketika waktunya bangun pagi tubuh seperti dipaksa untuk bangun yang membuat tubuh terasa capek dan berat untuk beraktivitas.

Cahaya biru dengan panjang gelombang pendek adalah cahaya yang paling bagus untuk melepaskan hormon melatonin. Jenis cahaya tersebut umumnya berasal dari cahaya matahari di pagi hari.

“Jika seseorang melewatkan cahaya itu di pagi hari maka hormon melatonin akan terlambat dilepaskan dan akhirnya waktu tidur juga akan mengalami kemunduran,” jelas Figueiro.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal Neuroendocrinology Letters ini menyarankan pentingnya terkena sinar matahari di pagi hari. Peneliti juga menyarankan agar desain bangunan dirancang sedemikian rupa agar sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan meski seseorang berada di dalam ruangan.

(eya/eya)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Gejala Kanker Serviks

5 Gejala Kanker Serviks

Kanker serviks adalah salah satu kanker yang umum dijumpai pada wanita. Kanker serviks disebabkan oleh infeksi Human Papiloma Virus yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel serviks yang tidak terkontrol. Kanker ini memiliki beberapa gejala yang perlu Anda waspadai. Berbagai gejala kanker serviks yang umum ditemui adalah sebagai berikut: 1. Perdarahan post coital Perdarahan post coital merupakan salah satu keluhan khas dari . Perdarahan post coital adalah perdarahan yang terjadi setelah berhubungan seksual. Hal ini disebabkan karena dinding serviks menjadi rapuh dan mudah berdarah terhadap gesekan. Ketika terjadi gesekan dengan penis, maka permukaan serviks dapat berdarah. Hal inilah yang menjadi penyebab perdarahan setelah berhubungan. 2. Nyeri daerah panggul Nyeri daerah panggul merupakan salah satu keluhan dari . Nyeri daerah panggul dapat terjadi karena dapat menyebar dan mengiritasi saraf. Penyebaran sel ke daerah sekitar menyebabkan rasa sakit pada daerah panggul. 3. Perdarahan per vaginam yang tidak teratur Perdarahan per vaginam pada pasien dapat terjadi kapan saja. akan menyebabkan pertumbuhan sel serviks yang tidak normal, rapuh dan mudah berdarah. Oleh karena itu, pendarah [...]

Penelitian Pada Tikus: Puasa Dapat Melemahkan Kanker

Penelitian Pada Tikus: Puasa Dapat Melemahkan Kanker

Para Ilmuwan melaporkan, penelitian awal pada tikus yang memiliki penyakit kanker menunjukkan bahwa berpuasa dapat melemahkan tumor dan membantu kerja kemoterapi menjadi lebih baik. Meskipun masih belum diketahui apakah pendekatan yang sama bisa bekerja pada manusia, atau jika bisa, apakah akan aman. Peneliti mengatakan temuan ini menunjukkan rute baru yang menjanjikan bagi sebuah penelitian untuk meningkatkan respon terhadap pengobatan kanker. Dalam percobaan pada tikus, "kombinasi dari siklus puasa ditambah kemoterapi lebih efektif, baik lebih atau jauh daripada kemoterapi saja," kata penulis senior<, Dr Valter Longo, seorang profesor dari gerontology and biological sciences di University of Southern California (USC). Longo dan rekan sebelumnya menerbitkan temuan pada tahun 2008 yang menunjukkan bagaimana puasa melindungi sel-sel normal terhadap kemoterapi dalam sebuah studi yang terfokus pada satu jenis kanker dan obat kemoterapi tunggal. Penelitian terbaru memperluas penelitian yang menunjukkan bahwa puasa dapat membuat sel kanker menjadi lemah, dan mempengaruhi beberapa jenis kanker pada tikus. Jenis kanker yang dipelajari meliputi kanker payudara, melanoma, glioma dan neur [...]

Dikunyah atau Digosok, Ini 9 Makanan yang Bisa Memutihkan Gigi

Dikunyah atau Digosok, Ini 9 Makanan yang Bisa Memutihkan Gigi

Makanan yang kita makan, selain dapat berpengaruh terhadap kesehatan, juga berpengaruh terhadap keindahan gigi kita. Bagi Anda yang ingin mendapatkan senyum menarik dengan gigi yang putih cemerlang, cobalah untuk mengonsumsi beberapa makanan yang disarankan oleh dr. Aarti Sharma, dari Clove Dental berikut ini seperti dikutip dari Health Me Up.1. StrawberryBuah ini mengandung asam alami yang bisa bantu mencerahkan warna gigi. Cobalah untuk menumbuk strawberry, kemudian menggosokkannya pada gigi Anda. Tunggu 15 menit, kemudian bilaslah dengan air.2. AlmondMengunyah kacang almond dapat melunturkan plak dan noda dari permukaan gigi Anda. Almond mengandung protein, lemak sehat dan mampu membantu Anda mendapatkan senyum putih.3. WortelWortel meningkatkan produksi air liur, yang berfungsi sebagai pembersih mulut. Selain itu, wortel juga dapat memperkuat gusi Anda.4. NanasSama halnya dengan wortel, nanas bertindak sebagai pembersih noda alami dengan meningkatkan produksi air liur yang mampu membersihkan sisa makanan sehingga mulut Anda lebih bersih dan segar.5. PisangMenggosok gigi menggunakan kulit pisang selama dua menit bisa membantu memutihkannya, karena kulit pisang mengandung bebe [...]

7 Makanan Sehat untuk Menu Sarapan Anda

7 Makanan Sehat untuk Menu Sarapan Anda

Sarapan sangat penting untuk memulai hari. Sebab, sarapan bisa memberi Anda energi yang diperlukan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas seharian penuh. Oleh karena itulah mengapa menu sarapan Anda harus sehat. Berikut ini tujuh makanan sehat untuk menu makan pagi Anda, seperti dikutip dari situs Mag for Women.1. Granola BarsGranola bars kaya akan serat sehat dan protein yang diperlukan oleh tubuh. Kebanyakan granola bars terbuat dari kacang-kacangan, gandum, dan buah-buahan. Dengan menyantap dua granola bar di pagi hari dapat memberikan energi vital untuk tubuh. Menu ini juga kaya akan antioksidan yang membantu detoksifikasi.2. Muffin GandumBukankah lebih baik untuk memulai hari Anda dengan muffin yang lezat? Mengonsumsi muffin gandum saat sarapan sangat baik untuk tubuh karena diperkaya dengan serat. Asupan serat di pagi hari membantu membersihkan sistem dan pencernaan menjadi normal.3. TelurTelur bisa menjadi menu sarapan sehat yang kaya protein. Anda bisa membuat telur dadar dengan menambahkan beberapa sayuran seperti wortel, bawang, atau brokoli di dalamnya. Menu tersebut juga dapat memberikan mineral dan vitamin untuk tubuh.4. Smoothies BuahTidak punya banyak waktu buat men [...]

Mitos Seputar Kanker Serviks

Mitos Seputar Kanker Serviks

Memercayai hal-hal yang belum tentu benar dapat membuat Anda lengah dalam mewaspadai bahaya sebenarnya dari kanker serviks. Anda sudah lebih dari tiga tahun menikah atau aktif berhubungan seksual dan belum pernah menjalani pemeriksaan pap smear? Beberapa wanita percaya pada informasi yang belum tentu benar dan menunda memeriksakan diri untuk mendeteksi potensi keberadaan kanker serviks. Berikut ini adalah mitos-mitos yang beredar, sekaligus fakta yang meluruskannya, seputar kanker yang terletak di leher rahim itu. Mitos 1: Kanker serviks tidak dapat dicegah. Fakta: Meski tidak 100 persen melindungi, infeksi virus human papilloma atau HPV dapat dicegah dengan vaksin HPV. Selain itu, dengan menjalani pap smear secara teratur bisa membuat sel-sel abnormal dapat terdeteksi secara dini dan ditangani sebelum menjadi sel kanker. Menghindari tindakan tertentu seperti berhubungan seksual di usia dini atau berganti-ganti pasangan seksual, merokok, serta menghindari diri dari infeksi klamidia dapat mengurangi risiko terkena kanker serviks. Mitos 2: Jika terdeteksi telah terinfeksi HPV, berarti Anda pasti mengidap kanker serviks. Fakta: Belum tentu. Terdapat lebih dari 100 jenis HPV yang ti [...]

Ini Dia Penyebab Anda Sering Lelah

Ini Dia Penyebab Anda Sering Lelah

Sering merasa cepat lelah? Bisa jadi penyebabnya bukan karena terlalu banyak tugas di kantor atau aktivitas harian yang padat.Menurut Neil Shulman, penulis buku 'Your Body's Red Light Warning Signals' seperti dikutip dari women's health, kelelahan bisa saja disebabkan kejenuhan dan tekanan secara psikis.Neil juga menjelaskan, rasa lelah yang tiba-tiba dan berlebihan juga bisa jadi gejala dari suatu penyakit. Ini dia penyebab paling umum terjadinya kelelahan.Kurang Vitamin B12Vitamin B12 bertugas menjaga aktivitas sel darah merah yang mengalirkan oksigen di dalam darah. Kadar vitamin B12 rendah membuat tubuh lunglai dan tak bergairah. Kondisi ini juga menyebabkan perut mulas-mulas. Jika terlalu lama dibiarkan, akan timbul kesemutan di tangan dan kaki, kurang keseimbangan, daya ingat menurut dan kebingungan.Vitamin ini banyak terdapat dalam protein hewani, seperti susu sapi, telur, daging dan ikan. Bagi para vegetarian, jangan takut tidak mendapat asupan B12 cukup, Anda bisa memperolehnya dari susu kedelai.Depresi"Kelelahan adalah salah satu tanda Anda mengalami depresi," ujar David Mischoulon, staf psikiatri dari Rumah Sakit Umum Massachussets, seperti dilansir health. Sekitar 12 [...]

Mandi Air Dingin di Pagi Hari

Mandi Air Dingin di Pagi Hari

Karena dingin, banyak orang lebih memilih untuk mandi air hangat di pagi hari, padahal hal itu justru dapat merugikan tubuh. Mandilah dengan menggunakan air dingin di pagi hari agar lebih sehat. Mandi air hangat boleh sesekali dilakukan jika tubuh terlalu lelah di malam hari, karena mandi air hangat berkhasiat mengendurkan otot, meredakan stres dan mengatasi insomsia. Sedangkan saat Anda membutuhkan semangat untuk memulai aktivitas di pagi hari, sebaiknya mandilah dengan air dingin. Ada beberapa dampak negatif yang terjadi bila orang terbiasa mandi air hangat di pagi hari, antara lain pori-pori membesar dan menurunkan kualitas sperma pada pria. Selain itu, mandi air hangat di pagi hari juga bisa memicu sakit kepala karena perubahan suhu dari dinginnya pagi. Air hangat dapat mengubah tekanan darah tubuh, termasuk di daerah kepala, yang akhirnya memicu rasa sakit kepala dengan puncak rasa tertusuk tajam di dahi sekitar 30-60 detik setelah disiram air. Sementara mandi air dingin terutama pada pagi hari justru dapat memberi manfaat pada kulit dan pembuluh darah. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan bila Anda terbiasa mandi air dingin di pagi hari. Mandi Air Ding [...]

Apa Penyebab Kaki Bengkak Setelah Melahirkan?

Apa Penyebab Kaki Bengkak Setelah Melahirkan?

Anda sudah melahirkan, tapi kedua kaki masih terasa bengkak dan ukuran sepatu tidak kunjung kembali seperti semula? Apakah kondisi ini berbahaya? Kaki bengkak atau edema tungkai ini sebenarnya adalah hal yang normal dan umumnya akan mereda dalam waktu kurang lebih 10 hari. Mengapa Dapat Terjadi Kaki Bengkak? Kaki bengkak disebabkan oleh adanya beberapa perubahan dalam tubuh oleh karena proses kehamilan dan kelahiran, antara lain: Penumpukan cairan di dalam tubuh Pada saat kehamilan, tubuh memproduksi lebih banyak hormone estrogen dan progesteron. Peningkatan hormon ini dapat menyebabkan retensi atau penumpukan cairan di tubuh, termasuk pada tungkai. Rahim yang membesar Rahim yang kian membesar dapat menekan pembuluh vena di kaki sehingga aliran darah balik dari bagian-bagian bawah tubuh menjadi terhambat. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa terjadi penumpukan cairan di tungkai pada saat kehamilan. Setelah melahirkan, rahim mendorong darah ke bagian bawah tubuh. Akibatnya perlu beberapa hari setelah persalinan untuk pembengkakan pada kaki mereda. Cairan infus Selama proses persalinan, terutama jika menjalani caesar, Anda barangkali juga menerima cairan infus sehingga jumla [...]

Tujuh Makanan Bergizi Pencegah Stress

Tujuh Makanan Bergizi Pencegah Stress

Menurut data World Health Organization (WHO), masalah gangguan kesehatan jiwa di seluruh dunia memang sudah menjadi masalah yang sangat serius. WHO (2001) menyataan, palig tidak, ada satu dari empat orang di dunia mengalami masalah mental. WHO memperkirakan ada sekitar 450 juta orang di dunia yang mengalami gangguan kesehatan jiwa. Stress kian meningkat dalam masyarakat di era modern. Hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya perang, konflik, lilitan krisis ekonomi berkepanjangan. Stress yang berkepsanjangan dapat menyebabkan gangguan kejiwaan. Tentunya stress dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, karena pasokanan makanan yang jauh dari sehat dan bergizi hanya akan mengancam seseorang dari resiko obesitas. Menurut pakar nutrisi, David Zinczenko, tubuh meminta pasokan kalori secara alami ketika kita mengalami stress. Pasokan kalori itu sengaja dipersiapkan tubuh untuk menghadapi tekanan yang dialami seseorang. Adapun jenis-jenis makanan sehat dan bergizi yang direkomendasikan Zinczenko untuk mencegah seseorang dari stres: Beberapa Makanan Pencegah Stres: Adapun jenis-jenis makanan sehat dan bergizi yang direkomendasikan Zinczenko untuk [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *