Jarang Kena Sinar Matahari Bikin Susah Bangun Pagi

womantidur.jpg

Bagi sebagian orang, bangu tidur di pagi hari merupakan hal yang sulit. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika ya, mungkin saja karena Anda jarang terkena sinar matahari.

Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris, banyak orang dewasa ang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan. Mereka juga jarang terkena sinar alami dari matahari terutama di pagi hari.

Hal itu membuat jam biologis tubuh terganggu dan akhirnya memicu perasaan belum ngantuk ketika malam tiba, kebiasaan menunda tidur yang akhirnya membuat rasa lelah dan malas bangun keesokan harinya. Gejala ini umumnya terjadi pada remaja sehingga peneliti menyebutnya sebagai ‘teenage night owl syndrome’.

“Kurang kena sinar matahari akan membuat seseorang tidur lebih larut, tidak cukup tidur dan akhirnya merasa malas,” ujar Dr Mariana Figueiro dari the Rensselaer Polytechnic Institute’s Lighting Research Centre, New York seperti dilansir dari detikhealth.

Figueiro juga menyebutkan, kurang sinar matahari akan membuat performa seseorang menurun. Ia dan rekannya pernah melakukan tes terhadap dua jenis kelompok remaja, yaitu kelompok yang sering kena sinar matahari dan kelompok yang jarang kena matahari.

Hasilnya menunjukkan remaja yang lebih banyak kena sinar matahari menghasilkan skor tes yang lebih baik ketimbang remaja yang jarang kena sinar matahari. “Sinar matahari di pagi hari sangat penting untuk kebutuhan jam biologis seseorang, terutama remaja,” kata Figueiro.

Cahaya matahari akan membantu tubuh melepaskan hormon melatonin, yaitu hormon yang membuat tidur. Kekurangan cahaya, berarti hormon melatonin tidak akan terlepas dari tubuh yang membuat orang jadi ingin tidur terus. Artinya ketika waktunya bangun pagi tubuh seperti dipaksa untuk bangun yang membuat tubuh terasa capek dan berat untuk beraktivitas.

Cahaya biru dengan panjang gelombang pendek adalah cahaya yang paling bagus untuk melepaskan hormon melatonin. Jenis cahaya tersebut umumnya berasal dari cahaya matahari di pagi hari.

“Jika seseorang melewatkan cahaya itu di pagi hari maka hormon melatonin akan terlambat dilepaskan dan akhirnya waktu tidur juga akan mengalami kemunduran,” jelas Figueiro.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal Neuroendocrinology Letters ini menyarankan pentingnya terkena sinar matahari di pagi hari. Peneliti juga menyarankan agar desain bangunan dirancang sedemikian rupa agar sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan meski seseorang berada di dalam ruangan.

(eya/eya)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Headphone Berpotensi Merusak Pendengaran

Headphone Berpotensi Merusak Pendengaran

Paparan suara secara frontal ke indera pendengaran kita dengan jangka waktu tertentu berpotensi merusak pendengaran. Seiring dengan perkembangan jaman, akhir-akhir ini banyak data mengenai meningkatnya kerusakan pendengaran pada anak muda yang diduga karena pemakaian sarana MP3 Player melalui earphone secara terus menerus. Penyebab yang ditemui adalah karena seringnya kontak langsung dengan volume bersuara keras dalam waktu lama, sehingga dapat mengakibatkan kerusakan pendengaran yang permanen. Kerusakan pendengaran akibat bunyi atau suara keras tidak sama dengan berkurangnya pendengaran karena usia lanjut tapi akibatnya hampir sama. Bunyi normal yang dapat ditoleransi oleh telinga manusia berkisar sekitar 65 decibel (dB). 85 dB dianggap sudah merugikan telinga anda. 114 dB selama 1 menit sudah bisa menyebabkan kerusakan pendengaran. Model lama MP3-player bisa memproduksi suara sampai 135 dB! Di Eropa sendiri, ditetapkan bahwa bunyi atau kebisingan tidak boleh diatas 100 DB. Jangan mengabaikan masalah ini sampai membawa kondisi pada usia muda anda sudah harus menggunakan alat bantu pendengaran. Renungkan bahwa pendengaran mungkin adalah panca indera yang [...]

Olahraga 38 Menit Setiap Hari Bisa Kurangi Risiko Terkena Kanker Rahim

Olahraga 38 Menit Setiap Hari Bisa Kurangi Risiko Terkena Kanker Rahim

Ada alasan kuat kenapa Anda disarankan rajin berolahraga atau aktif bergerak untuk menjaga kesehatan. Penelitian terbaru menemukan satu lagi manfaat olahraga, yaitu bisa mengurangi risiko terkena kanker rahim.Cukup dengan berolahraga atau fitnes selama 38 menit sehari, dikombinasikan dengan menjaga berat badan tetap ideal, risiko kanker rahim bisa berkurang hingga 44 persen. The World Cancer Research Fund menemukan ada bukti kuat bahwa 3.700 penyakit kanker rahim bisa dicegah setiap tahunnya.Kanker rahim umumnya menyerang wanita di atas usia 60, tapi tidak menutup kemungkinan bisa juga terjadi di bawah usia tersebut. Jenis kanker yang paling banyak terjadi adalah edometrial yang menyerang dinding rahim.Doktor Elisa Bandera, profesor Epidemiology di Rutgers Cancer Institute, Amerika Serikat mengatakan, "Kanker endometrial ada salah satu jenis kanker yang paling banyak menyerang wanita, tapi kasusnya bisa dicegah setiap tahun dengan menjaga berat badan dan aktif secara fisik."Para peneliti di Imterial College London telah membandingkan dan meninjau semua penelitian ilmiah tentang hubungan antara kanker rahim, pola diet, aktivitas fisik dan berat badan sejak 2007. Para ahli dan ilm [...]

Kenali 4 Jenis Sakit Kepala dan Penyebabnya

Kenali 4 Jenis Sakit Kepala dan Penyebabnya

Anda mungkin pernah mengalami sakit kepala, baik yang ringan sampai nyeri yang luar biasa. Tapi tahukah Anda kalau sakit kepala sendiri memiliki beragam jenis? Tentu saja cara menghadapinya pun berbeda. Jangan sampai Anda salah mengenali sehingga sakit bertambah parah. Untuk itu, kenali jenis sakit kepala dan juga penyebabnya yang dilansir dari Health berikut ini.1. Sakit karena Ketegangan di Kepala (Tension)Sakit kepala jenis ini paling umum dialami. Umumnya disebabkan ketegangan otot di bagian kepala, bahu dan belakang leher. Untuk gejalanya, diawali dengan rasa sakit yang akut pada otot di area leher dan pundak. Ketegangan otot ini bisa disebabkan oleh posisi tubuh yang kurang nyaman, stres dan kelelahan.Untuk mengatasinya, Anda bisa konsumsi obat penghilang nyeri yang dijual bebas dipasaran, tentunya dengan dosis yang dianjurkan. Atau mulailah melakukan meditasi, gerakan yoga ringan, dan banyak istirahat agar otot lebih relaks dan kendur.2. Sakit Kepala MigrainSakit kepala migren sering digambarkan sebagai sakit kepala yang hebat, berdenyut dan menyerang kepala pada satu sisi. Migrain adalah kondisi neurologis yang disebabkan oleh gangguan pembuluh darah karena adanya peruba [...]

Studi: Junk Food Bikin Anda Jadi Malas, Hindari Mengonsumsinya Pagi Hari

Studi: Junk Food Bikin Anda Jadi Malas, Hindari Mengonsumsinya Pagi Hari

Selain tidak bergizi dan bisa menimbulkan berbagai penyakit jika dikonsumsi setiap hari, junk food juga membuat orang menjadi malas. Menurut studi terbaru, makanan cepat saji seperti hamburger, sosis instan, nugget, ayam tepung, dapat membuat Anda tidak bersemangat dan hanya ingin bersantai.Studi juga menunjukkan bahwa sekelompok orang yang makan junk food memiliki asupan gula yang tinggi serta rendah nutrisi daripada kelompok lain yang hanya diet sayuran serta ikan. Kelompok pemakan junk food juga sering merasa kelelahan, malas, dan kurang bersemangat.Peneliti dari University of Los Angeles juga meneliti dengan seekor tikus betina yang diberikan asupan junk food selama enam bulan kemudian makanan bergizi sekitar sembilan hari tetap tidak mempengaruhi berat badan mereka. Pada manusia tidak hanya berat badan yang sulit berkurang tapi juga tingkat kemalasannya cukup tinggi.Oleh karena itu, hindari mengonsumis junk food pagi hari sebelum beraktivitas karena bisa membuat hari Anda kurang bersemangat. Sebaiknya sarapan dengan asupan yang bergizi seperti buah, sayur, ikan, dan biji-bijian. Menurut pakar diet Emilia E. Achmadi MS. RD., sarapan itu penting karena saat tidur metabolisme [...]

Meningkatkan Kepuasan Hidup? Ini Tipsnya

Meningkatkan Kepuasan Hidup? Ini Tipsnya

Meningkatkan kepuasaan hidup itu susah-susah gampang. Kepuasan hidup itu ukurannya subjektif, ini berbeda dengan kebahagiaan. Kepuasaan hidup mencerminkan pengalaman hidup atau bagaimana seseorang merasakan tentang kehidupan secara keseluruhan, lebih ke jangka panjang daripada sekarang. Sementara itu mendapatkan kepuasaan hidup tidak mudah dan tidak sulit sebenarnya. Biasa yang kita temui, jika seseorang ditanya atau dinilai kepuasan hidupnya, hampir menjawabnya dengan jawaban yang negatif. Maka kita harus merubahnya dengan, bagaimana saya dapat meningkatkan kepuasan hidup?. Penelitian juga menganjurkan untuk seseorang memiliki kepuasan hidup yang positif karena akan berpengaruh pada kesehatan tubuh secara jangka panjang. Ada beberapa tips meningkatkan kepuasaan hidup, diantaranya: Perubahan Pekerjaan Kebanyakan pria bekerja dan sebagian besar orang-orang bergantung pada pekerjaan mereka sebagai sumber utama pendapatan. Tapi berkarir juga ada dalam cara lain. Banyak dari kita dan di jaman ini, pekerjaan adalah segalanya, karena dengan bekerja mengidentifikasikan sebagai sumber utama dan status sosial sebagai manusia. Jadi semakin anda puas dalam pekerjaan, maka kepuasan hid [...]

Ini Kelebihan Orang yang Punya Kamar Berantakan

Ini Kelebihan Orang yang Punya Kamar Berantakan

Memiliki kamar dan lemari yang berantakan tidak selalu berarti menandakan 'penghuninya' orang malas atau tidak suka kerapihan. Menurut penelitian, kamar berantakan menandakan kalau pemiliknya mungkin orang yang kreatif dan berani menghadapi tantangan.Para ilmuwan dari University of Minnesota ingin meneliti apakah bekerja di tengah ruangan yang berantakan menimbulkan dampak positif terhadap performa kerja seseorang. Mereka pun merancang tahapan eksperimen untuk memeriksa efek suasana lingkungan dengan perilaku manusia.Penelitian melibatkan sekelompok mahasiswa yang dibagi menjadi dua grup. Grup pertama masuk ke dalam ruangan yang tertata rapi, sementara grup kedua di tempat yang berantakan. Semua responden kemudian diminta memikirkan cara baru dan kreatif menggunakan bola ping-pong.Grup yang berada di ruangan rapi dan berantakan sama-sama menyumbangkan banyak ide baru, namun kelompok kedua jauh lebih kreatif. Sebagai contoh, responden dari grup di ruangan yang berantakan menyarankan untuk menjadikan bola ping-pong sebagai pencetak es batu atau bantalan pada kaki-kaki kursi agar tidak terjadi gesekan yang membuat lantai lecet ketika kursi digerakkan. Sementara responden di kelompo [...]

Gejala dan Potensi Penyakit pada Vagina

Gejala dan Potensi Penyakit pada Vagina

Gangguan pada vagina dapat memengaruhi hasrat untuk berhubungan seksual, tingkat kesuburan, dan kondisi kesehatan wanita secara keseluruhan. Kenali dan waspadai gejalanya melalui perbedaan dari kondisi vagina yang normal. Selain membersihkannya dengan teratur, menjaga agar vagina tetap sehat dapat dilakukan dengan mengenali gejala-gejala yang dapat merujuk pada risiko penyakit tertentu. Berbagai faktor dapat memengaruhi kesehatan vagina. Namun beberapa gejala lain sebenarnya adalah hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Kenali gejala-gejala berikut ini beserta penyebab dan potensi penyakitnya. Nyeri saat berhubungan seksual Gangguan saat berhubungan seksual seperti nyeri pada saat dan setelah bersenggama (dispareunia) dapat diakibatkan karena beberapa hal seperti: Otot dinding vagina mengalami kontraksi yang tidak terduga (vaginismus). Depresi, kecemasan, dan trauma dapat menurunkan hasrat untuk berhubungan seksual sehingga menyebabkan nyeri dan ketidaknyamanan saat melakukan senggama. Dalam kasus yang jarang terjadi, penyebab lain seperti kista pada vagina dapat menyebabkan nyeri saat berhubungan seksual. Perubahan kadar hormon seperti turunnya produksi estrogen setela [...]

Misteri Sirsak untuk Anti Kanker

Misteri Sirsak untuk Anti Kanker

Sempat marak di beberapa milis lokal menyebutkan bahwa fakta buah sirsak yang memiliki khasiat anti-kanker tengah ditutup-tutupin oleh perusahaan farmasi skala dunia dengan motif profit. Kenyataannya, justru sekarang banyak farmasi yang berlomba-lomba yang tengah meneliti zat yang dimiliki buah sirsak. Buah sirsak sebenarnya sudah diteliti oleh Health Sciences Institute, AS. Pada tahun 2000 ditemukan bahwa buah yang dalam Spanyol disebut graviola tersebut memiliki kemampuan sebagai pembunuh alami sel kanker, bahkan hingga 10 ribu kali lebih kuat dari kemoterapi yang menggunakan zat kimia. Benarkah demikian, berikut penjelasannya: Sirsak dan Kanker? Sebuah studi yang dilakukan oleh Catholic University di Korea Selatan yang sudah dipublikasikan dalam the Journal of Natural Products menyatakan bahwa salah satu unsur kimia yang dimiliki buah sirsak bernama annonaceous acetogenin memiliki kemampuan memilih, membedakan, dan membunuh sel kanker yang berkembang di usus besar. Di Indonesia sendiri sirsak sudah diaplikasikan herbal secara swadaya oleh masyarakat awam dengan cara merebus 10 helai daun sirsak yang telah hijau tua dengan 3 gelas air (600 cc) hingga dibiark [...]

Waspada Tekanan Darah Tinggi di Masa Kehamilan

Waspada Tekanan Darah Tinggi di Masa Kehamilan

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Pre-eklampsia adalah suatu kondisi yang dapat terjadi pada wanita hamil biasanya saat trimester kedua kehamilan (sekitar minggu ke 20) atau sesaat setelah kelahiran bayi namun pada banyak kasus terjadi pada trimester ketiga (dari minggu ke 27 hingga kelahiran bayi). Wanita dengan pre-eklampsia memiliki gejala berupa tekanan darah yang tinggi, retensi cairan (edema) yang bisa ditemukan di kaki atau tangan dan protein di urin (proteinuria). Bila tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi yang serius. Untuk bayi yang belum lahir, pre-eklampsia dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan. Wanita dengan pre-eklampsia biasanya tidak menyadari bahwa mereka menderita pre-eklampsia hingga saat pemeriksa. Apa yang menyebabkan pre-eklampsia? Hingga saat ini tidak ditemukan jawaban, namun ada yang menyebutkan akibat plasenta yang tidak berfungsi dengan baik, para peneliti ada yang berkata akibat nutrisi yang kurang baik, tingginya lemak dalam tubuh, atau aliran darah yang kurang ke rahim, beberapa menyebutkan pengaruh dari genetis namun sampai detik ini belum ada penjelasan pasti. Sebanyak 10% kasus pre-eklampsia ringan ditemukan pada kehamilan pertama. Kasus pre-eklamps [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *