Jarang Kena Sinar Matahari Bikin Susah Bangun Pagi

womantidur.jpg

Bagi sebagian orang, bangu tidur di pagi hari merupakan hal yang sulit. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika ya, mungkin saja karena Anda jarang terkena sinar matahari.

Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris, banyak orang dewasa ang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan. Mereka juga jarang terkena sinar alami dari matahari terutama di pagi hari.

Hal itu membuat jam biologis tubuh terganggu dan akhirnya memicu perasaan belum ngantuk ketika malam tiba, kebiasaan menunda tidur yang akhirnya membuat rasa lelah dan malas bangun keesokan harinya. Gejala ini umumnya terjadi pada remaja sehingga peneliti menyebutnya sebagai ‘teenage night owl syndrome’.

“Kurang kena sinar matahari akan membuat seseorang tidur lebih larut, tidak cukup tidur dan akhirnya merasa malas,” ujar Dr Mariana Figueiro dari the Rensselaer Polytechnic Institute’s Lighting Research Centre, New York seperti dilansir dari detikhealth.

Figueiro juga menyebutkan, kurang sinar matahari akan membuat performa seseorang menurun. Ia dan rekannya pernah melakukan tes terhadap dua jenis kelompok remaja, yaitu kelompok yang sering kena sinar matahari dan kelompok yang jarang kena matahari.

Hasilnya menunjukkan remaja yang lebih banyak kena sinar matahari menghasilkan skor tes yang lebih baik ketimbang remaja yang jarang kena sinar matahari. “Sinar matahari di pagi hari sangat penting untuk kebutuhan jam biologis seseorang, terutama remaja,” kata Figueiro.

Cahaya matahari akan membantu tubuh melepaskan hormon melatonin, yaitu hormon yang membuat tidur. Kekurangan cahaya, berarti hormon melatonin tidak akan terlepas dari tubuh yang membuat orang jadi ingin tidur terus. Artinya ketika waktunya bangun pagi tubuh seperti dipaksa untuk bangun yang membuat tubuh terasa capek dan berat untuk beraktivitas.

Cahaya biru dengan panjang gelombang pendek adalah cahaya yang paling bagus untuk melepaskan hormon melatonin. Jenis cahaya tersebut umumnya berasal dari cahaya matahari di pagi hari.

“Jika seseorang melewatkan cahaya itu di pagi hari maka hormon melatonin akan terlambat dilepaskan dan akhirnya waktu tidur juga akan mengalami kemunduran,” jelas Figueiro.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal Neuroendocrinology Letters ini menyarankan pentingnya terkena sinar matahari di pagi hari. Peneliti juga menyarankan agar desain bangunan dirancang sedemikian rupa agar sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan meski seseorang berada di dalam ruangan.

(eya/eya)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Rajin Sikat Gigi untuk Menghindari Gusi Berdarah

Rajin Sikat Gigi untuk Menghindari Gusi Berdarah

Anda pernah mengalami gusi berdarah pada saat sikat gigi atau setelah makan sesuatu? Hal tersebut bisa jadi merupakan tanda adanya masalah dengan gusi Anda. Gusi berdarah bisa menjadi tanda dari adanya penyakit atau masalah dengan gusi Anda. Gusi atau dalam istilah medis disebut dengan gingiva merupakan jaringan lunak yang mengelilingi dan melindungi gigi. Jika Anda sehat, maka gusi akan berwarna merah muda. Tapi jika terjadi sesuatu pada kesehatan gusi Anda, warnanya akan berubah menjadi merah, biru, atau putih dan dapat disertai dengan keluarnya darah. Darah ini biasanya akan keluar ketika Anda menggosok gigi. Penyebab Gusi Berdarah Gusi berdarah umumnya disebabkan oleh adanya plak pada gusi. Plak merupakan campuran antara bakteri mulut Anda dengan ludah dan sisa makanan yang menempel pada gigi Anda. Untuk menghilangkan plak, Anda dapat menyikat gigi Anda secara teratur. Tapi jika Anda tidak teratur dalam menyikat gigi Anda, maka plak ini bisa berubah menjadi karang dan untuk menghilangkannya akan diperlukan bantuan dokter gigi. Plak yang telah berubah menjadi karang dapat memicu gusi berdarah pada saat Anda menyikat gigi. Jika terus dibiarkan maka akan terjadi peradangan pada [...]

Dosis Obat Anak Perlu di Tinjau Ulang

Dosis Obat Anak Perlu di Tinjau Ulang

Selain perdebatan mengenai perlu atau tidaknya penggunaan obat antibiotik pada anak-anak, tim medis dari Inggris mengangkat kembali kekhawatiran mereka akan pemberian dosis obat yang seharusnya di tinjau ulang. Hal ini di kemukakan dalam The British Medical Journal berdasarkan hasil survei mereka yang dilakukan sejak tahun 2009 menunjukkan bahwa berat badan anak semakin meningkat dibandingkan dengan anak-anak diusia yang sama 50 tahun yang lalu. Dengan demikian mereka berpendapat bahwa patokan dosis obat yang diberikan kepada anak-anak yang di cantumkan dalam BMJ tahun 1963, seharusnya direvisi kembali. Sebab dari hasil penelitian mereka, terlihat penambahan ukuran badan beserta berat badan anak-anak yang lahir jaman ini sebanyak 20% dibandingkan dengan rata-rata ukuran badan anak pada tahun 1963. Meskipun mereka tidak menemukan bukti yang dapat membahayakan dari kemungkinan kekurangan dosis obat yang dibutuhkan, namun Dr. Paul Long salah satu peneliti dari King?s College, London mengharapkan bahwa perkembangan kemajuan berbagai macam obat selayaknya disesuaikan dengan jumlah dosis yang relevan juga khususnya dalam pemberian obat antibiotik penicillin pada anak-anak. Karena peninja [...]

Tanpa Diminum, Ini Manfaat Bir Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Tanpa Diminum, Ini Manfaat Bir Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Mengonsumsi minuman beralkohol seperti bir setiap hari memang tidak disarankan karena bisa mengganggu kesehatan. Namun jika tanpa diminum, bir sebenarnya memiliki manfaat bagi kecantikan maupun kesehatan. Minuman yang terbuat dari hasil fermentasi gandum ini diketahui kaya akan vitamin B, protein dan mineral seperti selenium, potassium, zat besi, zinc dan magnesium.Beberapa pakar kecantikan menyarankan untuk menyiramkan bir ke rambut agar lebih bervolume. Aktris Catherine Zeta-Jones bahkan keramas dengan bir agar rambutnya terlihat lebih berkilau. Selain untuk kecantikan, bir juga berkhasiat bagi kesehatan. Ini dia beberapa manfaatnya.1. Mengurangi KarsinogenHasil studi yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkapka bahwa merendam atau menyiramkan bir ke daging sebelum dipanggang bisa mengurangi kandungan karsinogen. Karsinogen merupakan zat penyebab kanker yang biasanya terbentuk saat proses pembakaran atau pemanggangan makanan yang terlalu lama, sehingga menimbulkan partikel-partikel hitam seperti arang.Ketika makanan yang mengandung protein dipanggang, akan melepaskan dua jenis senyawa kimia karsinogen yang disebut heterocyclic amines (HCA) dan poly [...]

Gigi Gingsul, Dipertahankan atau Disingkirkan?

Gigi Gingsul, Dipertahankan atau Disingkirkan?

Memiliki gigi gingsul mungkin membuat Anda dilema. Ada yang mengatakan bahwa senyuman seseorang akan terlihat lebih manis dengan adanya gigi gingsul, tapi ada pula yang beranggapan kondisi tersebut justru merusak penampilan. Jadi, apa yang harus Anda lakukan? Mempertahankan atau menyingkirkannya? Gigi gingsul termasuk salah satu jenis maloklusi gigi. Maloklusi adalah suatu kondisi ketika gigi tidak tumbuh di tempat yang benar dan sejajar. Pada kasus ini, gigi yang mestinya tumbuh di tempatnya harus bergeser karena kondisi rahang yang kecil atau terlalu besarnya gigi tersebut. Tempat untuk gigi yang baru tumbuh terlalu sempit sehingga tumbuh meleset dari tempat seharusnya. Gigi gingsul juga bisa bersifat keturunan. Jika melihatnya dari segi penampilan, tentu jawaban yang didapat akan tergantung pada selera masing-masing individu. Namun jika ingin mengikuti saran medis, gigi yang tidak tumbuh pada tempatnya sebaiknya ditangani. Karena jika dibiarkan, kondisi ini bisa memicu berbagai masalah seperti: Menghambat pertumbuhan gigi atau bahkan membuatnya tidak tumbuh sama sekali atau impaksi. Cedera gusi karena proses mengunyah. Kerusakan gigi karena posisinya membuat sulit dibersihkan [...]

Hargai Kesehatan Gigi dan Mulut Sebagaimana Menghargai Diri Sendiri

Hargai Kesehatan Gigi dan Mulut Sebagaimana Menghargai Diri Sendiri

Rutinitas menggosok gigi, membersihkan rongga mulut menggunakan obat kumur, dan menggunakan benang gigi ternyata belum cukup untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Agar memastikan gigi dan mulut tetap sehat, Anda perlu melakukan gaya hidup sehat terkait pola makan dan disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter gigi secara teratur. Mulut, Awal Kesehatan Seluruh Tubuh Mulut adalah gerbang menuju tubuh bagian dalam yang lain. Oleh karena itu, kesehatan mulut dapat berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Di seluruh bagian tubuh manusia umumnya terdapat banyak bakteri yang sebagian besar tidak berbahaya, begitu pula di dalam mulut. Keadaan mulut dan gigi yang sehat dengan sendirinya efektif dalam mencegah bakteri berkembang secara berlebihan dengan adanya pertahanan alami tubuh yang stabil. Menggosok gigi dan menggunakan benang gigi secara teratur sangat mendukung terciptanya kondisi ini. Keadaan mulut dan gigi yang tidak terawat memberikan bakteri di dalam mulut keleluasaan untuk berkembang biak sehingga memungkinkan terjadinya penyakit gusi dan kerusakan gigi. Selain itu, mengonsumsi obat-obatan antihistamin, pereda nyeri, dan dekongestan turut berkontribusi kepada berkurangnya produk [...]

Indonesia Siaga H7N9

Indonesia Siaga H7N9

Indonesia Siaga H7N9 Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Pemerintah Indonesia sudah siap siaga mencegah peredaran virus flu burung H7N9. Saat ditemui usai membuka Hari Kesehatan Dunia, Minggu, 7 April 2013, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengatakan bahwa koordinasi antara Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian dan pemerintah daerah sudah dilakukan. Menurut beliau, infeksi virus ini lebih mematikan dibandingkan dengan virus yang sudah beredar sebelumnya. Dinas kesehatan daerah telah diinstruksikan untuk waspada bila ada unggas yang mati. Kehebohan ini bermula dari Cina di mana virus ini sudah menginfeksi 18 orang (yang dikonfirmasi dengan pemeriksaan laboratorium), 6 diantaranya meninggal dunia, 10 sakit berat, dan 2 kasus ringan. Delapan dari kasus-kasus tersebut ditemukan di Propinsi Shanghai, enam dari Proponsi Jiangsu, tiga dari Propinsi Zhejiang, dan satu dari Propinsi Ahui. Lebih dari 530 orang yang berkontak dekat dengan pasien-pasien ini dimonitor ketat. Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa hingga tanggal 6 April 2013, terdapat 18 kasus infeksi influenza A H7N9 di Cina yang telah dikonfirmasi dengan pemeriksaan laboratorium, termasuk 6 [...]

Menangis Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan

Menangis Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan

Menangis kerap dikonotasikan negatif dan dianggap cengeng. Namun, keluarnya air mata memiliki dampak kesehatan bagi tubuh. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa air mata dapat mengeluarkan kimiawi negatif pada tubuh. Tidak hanya membuat perasaan menjadi lebih lega, menangis memberikan manfaat lainnya. Dikutip dari Net Doctor, ini dia manfaat menangis. 1. Berpengaruh Terhadap Emosional dan StresMenangis bisa mengeluarkan hormon endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Hormon tersebut yang memicu seseorang menjadi stres. elain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.2. Kesehatan MataAir mata ternyata meningkatkan kesehatan mata. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.3. Meningkatkan Suasana Hati Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.4. Mengeluark [...]

Inilah Tanda Jantung Anda Tidak Sehat

Inilah Tanda Jantung Anda Tidak Sehat

Jantung dan pembuluh darah (sistem kardiovaskular) merupakan sistem yang kompleks. Jika diumpamakan, jantung berperan seperti reservoir dan pompa utama air, dan pembuluh darah berperan seperti pipa-pipa air yang menyalurkan air bersih ke berbagai area yang membutuhkan. Apabila terdapat masalah dengan jantung, maka suplai darah ke berbagai organ tubuh juga ikut terganggu, sehingga dapat menimbulkan gejala baik pada jantung maupun pada bagian tubuh yang menerima aliran darahnya. Indikator kesehatan jantung dapat diketahui dari ada tidaknya gejala terkait, pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan. Selain nyeri dada yang khas, beberapa gejala berikut juga dapat menunjukkan adanya masalah pada jantung: 1. Kelelahan Rasa lelah terus-menerus dapat menandakan gangguan pada jantung. Keluhan ini lebih sering dirasakan oleh wanita. Rasa lelah yang dimaksud terasa amat berat, berbeda dengan rasa lelah sehabis melakukan aktivitas sehari-hari. Keluhan ini dapat berlangsung beberapa hari sebelum terjadi serangan jantung. 2. Keringat yang berlebihan Gangguan jantung juga perlu dicurigai apabila saat beristirahat, sedang duduk santai, cuaca tidak sedang panas, atau tidak melakukan aktivitas [...]

Dokter, Profesi Mulia. Dokter Andra, Pribadi Mulia

Dokter, Profesi Mulia. Dokter Andra, Pribadi Mulia

Dokter, sebuah profesi dengan ikrar komitmen seumur hidup untuk mendedikasikan tenaga, pikiran dan ilmu untuk kesehatan umat manusia. Sebuah profesi yang menjadi sasaran pasien berkeluh kesah sakit sekaligus menuangkan harapan kesembuhan. Tapi juga sebuah profesi yang menjadi sasaran fitnah pemberitaan yang menyudutkan di aneka media pada sebuah negara antah berantah. Profesi dokter adalah pekerjaan bereksistensi penting nan genting. Penting atas nama kemanusiaan. Genting bukan hanya karena tinggi risiko, tapi juga karena kehadiran dokter di Indonesia adalah termasuk langka, merujuk pada angka rasio perbandingan populasi dokter versus populasi masyarakat Indonesia, 1 dokter untuk melayani 4.000 penduduk Indonesia (Depkes, 2014). Dokter, tidak hanya masyarakat perkotaan saja yang membutuhkannya, namun, masyarakat pelosok pun amat sangat membutuhkannya. Demi berjalannya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dokter diutus ke pelosok-pelosok Indonesia, meninggalkan keluarga, orangtua juga sanak saudara demi melakukan tugas mulia, yaitu menyehatkan Indonesia. Demikiannya seorang dr. Andra, begitu sebutan akrabnya. Seorang dokter muda yang rela untuk meninggalkan sanak saudara, kelua [...]

Ketika Bayi Tidak Henti-hentinya Menyusu

Ketika Bayi Tidak Henti-hentinya Menyusu

Jika Anda merasa bayi Anda selalu menyusu, ingin menempel trus dan tidak pernah kenyang janganlah khawatir, mungkin bayi Anda sedang dalam masa Growth Spurt. Growth spurt adalah percepatan pertumbuhan yang merupakan suatu fase dimana pertumbuhan bayi akan mengalami percepatan sehingga membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya. Apakah kondisi ini hanya terjadi pada bayi ASI? Jawabannya tidak. Kondisi ini dapat terjadi pada bayi ASI atau bayi yang minum SUFOR. Waktu ? waktu terjadi growth spurt Bayi baru lahir Bayi berusia 1 minggu, Bayi berusia 3 minggu, Bayi berusia 4- 6 minggu, Bayi berusia 3 bulan - 6 bulan. Lamanya berkisar dua sampai tiga hari. Tanda bayi mengalami growth spurt Bayi lebih sering menyusu sepanjang hari. Setiap 1 jam atau 30 menit Bayi tampak selalu haus dan tidak pernah kenyang Bayi sering bangun di malam hari dan rewel Setelah 2-3 hari bayi akan sering tidur dan tampak tenang Tips untuk ibu yang bayi nya sedang mengalami growth spurt Mengikuti kemauan bayi Ibu makan yang banyak Jangan berpikiran ASI Anda tidak cukup, karena pikiran negative akan mengganggu kerja oksitosin untuk menghasilkan ASI Jika bayi istirahat, A [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *