Jenis-jenis Rematik

Menilik-Lebih-Jauh-Tentang-Rematik.jpg

Arthritis atau istilah umumnya rematik merupakan peradangan pada sendi. Peradangan inilah yang menimbulkan rasa sakit pada penderita arthritis. Umumnya penderita arthritis berusia lanjut, namun ada pula jenis arthritis yang menyerang anak-anak. Berikut adalah jenis-jenis arthritis yang penting untuk diketahui:

1. Osteoarthritis

Osteoarthritis disebut juga sebagai penyakit sendi degeneratif yang disebabkan oleh proses penuaan. Arthritis jenis ini biasanya menyerang berbagai sendi seperti pada lutut, pinggul, tulang belakang, kaki, dan pangkal ibu jari. Diyakini faktor mekanik dan genetik cukup berperan dalam munculnya osteoarthritis.

2. Rheumatoid Arthritis

Pada rheumatoid arthritis, sistem kekebalan tubuh menyerang membran sinovial yang mengakibatkan nyeri, pembengkakan, serta kekakuan pada sendi. Diagnosa dini sering kali sulit dilakukan karena gejala awal yang samar dan memburuk secara bertahap.

3. Psoriatic Arthritis

Psoriatic arthritis memiliki banyak kesamaan dengan rheumatoid arthritis, terutama karena keduanya merupakan penyakit autoimun. Kondisi ini sering terjadi pada orang-orang yang menderita psoriasis. Penyakit ditandai dengan peradangan pada sendi, yang diikuti oleh pembengkakan dan nyeri. Jika tidak ditangani dapat menyebabkan sendi menjadi lumpuh.

4. Gout

Gout disebabkan karena gangguan metabolisme asam urat dalam tubuh, sehingga menghasilkan kristal asam urat yang disimpan pada sendi, terutama pada jempol kaki. Akibatnya sendi menjadi bengkak, kemerahan, dan nyeri.

5. Juvenile Arthritis

Juvenile arthritis adalah radang sendi yang memicu peradangan dan kekakuan sendi selama lebih dari 6 minggu, pada anak berusia 16 tahun atau lebih muda. Peradangan dapat menyebabkan kemerahan, bengkak, dan nyeri pada sendi, meskipun banyak anak yang mengalaminya tidak mengeluh nyeri.

6. Septic Arthritis

Septic arthritis disebabkan karena infeksi oleh jamur, virus, atau bakteri. Pada septic arthritis, kuman menyusup ke dalam sendi dan menyebabkan nyeri yang parah disertai pembengkakan. Biasanya kuman hanya menyerang satu sendi. Bakteri paling sering menyerang lutut, meskipun sendi lain juga dapat terkena, termasuk pinggul, pergelangan kaki, siku, dan bahu.

7. Ankylosing Spondylitis

Ankylosing Spondylitis merupakan penyakit kronis yang dapat mengakibatkan peradangan yang cukup parah, terutama pada tulang belakang. Kondisi ini dapat menyebabkan kekakuan pada tulang belakang. Nyeri punggung bawah yang disertai dengan kekakuan yang terus-menerus selama beberapa bulan merupakan gejala yang paling sering muncul.

8. Polymyalgia Rheumatica

Kondisi ini sering menyerang penderita yang berusia di atas 50 tahun. Polymyalgia rheumatica menyebabkan sakit parah dan kekakuan pada bahu, pinggul, dan leher. Karena gejala yang muncul mirip dengan kondisi lain, membuat polymyalgia rheumatica sering kali sulit didiagnosis secara akurat. Namun, jika didiagnosis cukup dini, biasanya responsnya akan baik terhadap pengobatan yang dilakukan.

9. Systemic Lupus Erythematosus

Systemic lupus erythematosus adalah penyakit autoimun yang mempengaruhi seluruh sistem tubuh bersamaan dengan beberapa organ dalam. Kondisi ini biasanya terjadi pada wanita ketika pada masa-masa pengasuhan anak. Systemic lupus erythematosus bisa mengancam jiwa, sehingga penting untuk dilakukan diagnosis secara dini.

10. Fibromyalgia

Jenis arthritis ini mempengaruhi jaringan lunak tubuh dan disebabkan karena kerusakan fungsi neurotransmitter di otak yang ditandai dengan kekakuan, pegal, dan nyeri otot.

Dari sepuluh jenis arthritis di atas, ada satu jenis arthritis yang sangat sering menjadi keluhan pasien yakni rheumatoid arthritis. Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya mengenai rheumatoid arthritis.

Jenis-jenis Rematik

Dari sepuluh jenis arthritis di atas, ada satu jenis arthritis yang sangat sering menjadi keluhan pasien yakni rheumatoid arthritis.

Rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun (penyakit yang terjadi pada saat tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri) yang mengakibatkan peradangan dalam waktu lama pada sendi.

Penyakit ini umumnya menyerang sendi-sendi bagian jari, pergelangan tangan, bahu, lutut, dan kaki. Pada penderita stadium lanjut akan membuat si penderita tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Gejala lainnya yakni demam, nafsu makan menurun, berat badan menurun, lemas, dan kurang darah. Namun kadang kala si penderita tidak merasakan gejalanya. Diperkirakan kasus rheumatoid arthritis diderita pada usia di atas 18 tahun, dan berkisar 0,1% hingga 0,3% dari jumlah penduduk Indonesia.

Rheumatoid arthritis biasanya ditandai dengan adanya beberapa gejala yang berlangsung selama minimal 6 minggu, yaitu:

  • Kekakuan pada dan sekitar sendi yang berlangsung sekitar 30-60 menit di pagi hari.
  • Bengkak pada 3 atau lebih sendi pada saat yang bersamaan.
  • Bengkak dan nyeri umumnya terjadi pada sendi-sendi tangan.
  • Bengkak dan nyeri umumnya terjadi dengan pola yang simetris (nyeri pada sendi yang sama di kedua sisi tubuh) dan umumnya menyerang sendi pergelangan tangan.

Telah dijelaskan di atas bahwa penyebab rheumatoid arthritis adalah kondisi autoimun, yang berarti hal itu disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang dirinya sendiri. Namun, belum diketahui apa yang memicu ini.

Biasanya, sistem kekebalan tubuh Anda membuat antibodi yang dapat menyerang bakteri dan virus. Tetapi jika Anda memiliki rheumatoid arthritis, sistem kekebalan tubuh Anda keliru mengirimkan antibodi pada lapisan sendi Anda, sehingga malah menyerang jaringan di sekitar sendi. Hal ini menyebabkan sinovium atau lapisan tipis sel yang meliputi sendi Anda menjadi sakit dan meradang.

Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terkena rheumatoid arthritis, termasuk:

  • Genetik; ada beberapa bukti bahwa rheumatoid arthritis dapat berjalan dalam keluarga walaupun kecil.
  • Hormon; rheumatoid arthritis lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Terjadi karena efek dari hormon estrogen ditemukan lebih tinggi pada wanita, meskipun ini belum terbukti secara meyakinkan.
  • Merokok; beberapa bukti menunjukkan bahwa orang yang merokok memiliki peningkatan risiko terkena rheumatoid arthritis.
  • Umur; semakin tua umur Anda, risiko terkena akan semakin besar karena daya tahan tubuh Anda juga semakin menurun.
  • Obesitas; kegemukan menyebabkan ausnya tulang rawan karena bergesernya titik tumpu badan, yang pada akhirnya akan menimbulkan gejala nyeri sendi.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jenis-jenis Vitamin yang Wajib Anda Ketahui dan Manfaatnya untuk Tubuh

Jenis-jenis Vitamin yang Wajib Anda Ketahui dan Manfaatnya untuk Tubuh

Vitamin merupakan sekelompok substansi yang penting untuk pertumbuhan, perkembangan fungsi sel, serta pertumbuhan.Vitamin dikelompokan menjadi 2 kategori yaitu : Vitamin yang larut lemak dimana vitamin jenis ini disimpan di bagian tubuh yang mengandung lemak. Ada empat jenis vitamin yang larut lemak yaitu vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K. Vitamin yang larut dengan air, tubuh akan menggunakan vitamin yang larut air segera, sisa dari vitamin-vitamin ini akan dikeluarkan tubuh melalui urin. Ada Sembilan jenis vitamin ini, vitamin B12 hanya satu-satunya vitamin yang larut lemak yang bisa disimpan di hati selama bertahun-tahun. Fungsi dari vitamin-vitamin ini ada berbagai macam, dan memegang peran penting dalam keseimbangan tubuh. Kekurangan vitamin atau defisiensi vitamin adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak memdapati vitamin yang cukup dan bisa menimbulkan beberapa gangguan kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat dari beberapa jenis vitamin yang penting untuk tubuh. Vitamin A Membantu menjaga kesehatan gigi, tulang, jaringan lunak, membran mukosa, dan kulit. Anda bisa mendapatkan jenis vitamin ini dari sayuran yang berwarna gelap, telur, produk susu, h [...]

Cara Mengatur Olahraga Selama di Bulan Puasa

Cara Mengatur Olahraga Selama di Bulan Puasa

Selama bulan Ramadhan, hampir seluruh muslim di dunia akan menjalani puasa. Puasa ini akan berlangsung dari subuh hingga maghrib, dimana selama masa itu tidak akan ada konsumsi minuman atau makanan.Puasa biasanya berlangsung antara 8 hingga 10 jam. Pada normalnya untuk mendapatkan sumber energi tubuh akan membakar gula darah yang berasal dari karbohidrat yang ada di dalam otot dan hati untuk sumber energi, pada saat puasa akan terjadi perubahan dimana tubuh akan merubah gula menjadi lemak dan menjadi sumber energi. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan nutrisi selama puasa terutama ketika Anda ingin berolahraga ketika puasa.Masih bolehkah Anda berolahraga selama puasa? Penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya. Cara Mengatur Olahraga Selama di Bulan Puasa Sebenarnya berolahraga ketika puasa masih boleh dilakukan dan menurut beberapa ahli apabila memang Anda secara rutin m [...]

Pentingkah Minum Multivitamin?

Pentingkah Minum Multivitamin?

Tidak sedikit tulisan yang mengklaim multivitamin dapat meningkatkan energi, mengurangi stres, memperbaiki performa, hingga mengurangi kerutan di wajah. Apakah hal ini benar? Pentingkah multivitamin?Pada peneliti menyebutkan bahwa memang ada peran dari multivitamin di diet kita namun fungsi dari multivitamin hanyalah sebagai penambah atau supplement untuk nutrisi yang kurang. Ingatlah bahwa vitamin bukanlah sebagai pengganti makanan namun hanya sebagai penambahs saja.Saat makanan yang kita konsumsi kurang dan tidak memenuhi nutrisi esensial yang kita butuhkan seperti kalsium, kalium, vitamin D, vitamin B12 dan beberapa jenis vitamin lainnya, Anda boleh mengonsumsi multivitamin. Multivitamin ini bisa Anda konsumsi untuk mengurangi risiko Anda terkena beberapa kondisi penyakit.Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk memutuskan apakah Anda memerlukan vitamin atau tidak. Ingat untuk membeli makanan yang bergizi dan penuh nutrisi yang bervariasi, dari sayuran dan buah yang berwarna hingga susu dan daging. Catatlah makanan yang Anda konsumsi, coba ingat jenis sayuran apa yang sudah Anda konsumsi, atau makanan siang Anda apa hari ni? Nah, dengan mencatat makanan Anda sehari-har [...]

Ini Bahaya Akibat Terlalu Sering Lembur

Ini Bahaya Akibat Terlalu Sering Lembur

Apakah Anda sering bekerja sampai larut malam, lembur, atau memang Anda seorang workaholic (pecandu kerja)? Semangat bekerja melebihi batas jam kerja mungkin bisa menambah pemasukan bulanan Anda, namun bisa berakibat buruk bagi kesehatan Anda.Jam kerja maksimal untuk setiap orang adalah 40 jam per minggu. Jika lebih dari 40 jam maka disebut overtime. Untuk para pekerja dengan sistem gilir (shift), sebaiknya bekerja tidak lebih dari 8 jam per giliran.Jika Anda bekerja lembur atau bekerja gilir lebih dari 8 jam, maka sebaiknya Anda memeriksakan kesehatan secara berkala ke dokter. Saran ini sama sekali tidak berlebihan. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh European Heart Journal, bekerja melebihi batas jam kerja meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke sebanyak 60%. Karena tingginya risiko penyakit jantung koroner, maka para pekerja overtime atau gilir harus lebih peka terhadap gejala-gejala serangan jantung seperti nyeri dada dan risiko penyakit jantung lainnya.Halaman berikut selengkapnya. [...]

Pilek? Karena Virus atau Alergi?

Pilek? Karena Virus atau Alergi?

Anda penderita rinitis alergi, Anda akan bertanya, ?apakah penyakit ini bisa sembuh?? Tentu saja tidak, alergi tidak dapat disembuhkan.?Wah, berarti saya seumur hidup harus mengalami pilek seperti ini??Tentu saja tidak. Alergi memang tidak dapat disembuhkan, tapi alergi dapat di kontrol. Namun perlu di pahami, yang dimaksud terkontrol adalah apabila gejala yang Anda alami tidak mengganggu kualitas hidup Anda.Kualitas hidup yang dimaksud adalah: Kualitas tidur Hubungan sosial Pekerjaan atau sekolah Produktivitas bahkan kehidupan seksual Anda. Demikiannya alergi berat yang mempengaruhi kualitas hidup Anda merupakan hal yang penting untuk ditangani.Bagaimana saya mengatasi gejala alergi yang mengganggu? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya: Pilek? Karena Virus atau Alergi? Bagaimana saya mengatasi gejala alergi yang mengganggu? Perlu diingat bahwa alergi adalah reaksi berlebihan tubuh, yang [...]

10 Kiat Makan Sehat Secara Intuitif

10 Kiat Makan Sehat Secara Intuitif

Kita semua pernah merasakan hal ini: kekenyangan sehabis makan malam, tapi masih memakan makanan penutup atau mengemil sambil melihat televisi. Tapi setelah gigitan terakhir, Anda merasa bersalah dan frustasi karena berat badan bertambah. Perasaan bersalah atau frustasi tidak mengubah apapun. Untuk mengendalikan rasa lapar serta berat badan Anda, Anda musti belajar untuk makan secara intuitif. Apa itu makan secara intuitif? Untuk bisa makan secara intuitif, Anda harus berhenti terobsesi pada makanan dan berikrar tidak melakukan diet karena diet akan menjadikan makanan menjadi ?musuh? yang harus ditaklukan. Anda juga harus belajar memahami waktu lapar dan waktu kenyang. Mayoritas dari kita tidak makan secara intuitif tapi masuk ke dalam 3 kategori berikut: 3 Kategori Makan Intuitif Mayoritas dari kita tidak makan secara intuitif tapi masuk ke dalam 3 kategori berikut: Careful Eaters adalah mere [...]

Sehat Dengan Car Free Day

Sehat Dengan Car Free Day

Car Free Day merupakan budaya baru dikalangan masyarakat sebagai ajang bersosialisasi dengan teman maupun keluarga. Car free day juga sebagai sarana kesehatan jasmani yang bebas dari polusi udara. Kegiatan car free day ini berupaya mengurangi pencemaran udara yang telah dicemari oleh asap kendaraan. Berdasarkan beberapa penelitian ahli lingkungan, menyatakan, terukur setelah kegiatan car free day bahwa gas polutan turun secara signifikan diantaranya CO berkurang 67 persen, Nitrogen Monoksida (NO) berkurang 80 persen dan debu berkurang 34 persen. Kegiatan car free day selain berdampak positif bagi lingkungan ternyata mempunyai tujuan khusus untuk masyarakat sehat karena berolahraga. Efek terbaik yang diberikan dari kegiatan car free day adalah terciptanya sarana masyarakat untuk berekreasi bersama keluarga, berkumpul dengan teman, dan bersosialisasi dengan masyarakat. Hal ini cakupannya sangat luas, semua orang bisa mengikuti, tidak mengenal kaya dan miskin, tidak mengenal usia, dan tidak mengenal status sosialnya. Melihat kegiatan car free day yang banyak diminati oleh seluruh kalangan masyarakat, tua, muda serta anak-anak di Indonesia, car free day juga memberikan banyak manfa [...]

Waspadai Gejala Cepat Lelah dan Jantung Berdebar

Waspadai Gejala Cepat Lelah dan Jantung Berdebar

Pernahkah Anda merasakan jantung Anda berdetak keras, atau berdetak tidak sesuai irama, dan hanya berlangsung beberapa detik hingga menit? Gejala jantung berdebar ini sering kali disertai rasa cepat lelah. Jantung berdebar dan cepat lelah bisa disebabkan oleh gangguan tidur, pola makan yang salah, stres, panik, menstruasi, kehamilan, menopause serta obat.Apabila Anda merasakan hal tersebut, coba cermati bagaimana pola hidup Anda selama ini, apakah Anda sudah cukup tidur? Apakah Anda kekurangan nutrisi? Apakah Anda sudah berolahraga cukup? Serta obat-obatan apa saja yang Anda konsumsi saat ini?Beberapa penyakit ternyata bisa dikaitkan dengan cepat lelah dan jantung berdebar. Penyakit apa sajakah itu? Fungsi kelenjar tiroid yang meningkat. Kekurangan gula darah (hipoglikemia) . Anemia. Beberapa jenis tekanan darah rendah. Peningkatan suhu tubuh (infeksi, peradangan). Dehidrasi . Gangguan jantung. Apabila Anda merasa bahwa jantung semakin berdebar dan rasa lelah menjadi semakin sering muncul, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan. Beberapa pemeriksaan yang akan dilakukan termasuk pemeriksaan darah, pemeriksaan rontgen hingga pemeriksaa [...]

Makan Nasi Bisa Bikin Ngantuk, Mitos atau Fakta?

Makan Nasi Bisa Bikin Ngantuk, Mitos atau Fakta?

Tidak ada yang lebih menyenangkan dibandingkan tidur pulas setalah makan yang banyak. Hal ini bukan menunjukkan bahwa Anda malas, justru hal ini merupakan kondisi biologis tubuh! Mengapa demikian?Mengonsumsi makanan dapat memicu reaksi dalam otak untuk mengeluarkan zat yang mampu meningkatkan aliran darah, serta energi untuk proses pencernaan makanan. Saat proses pencernaan makanan berlangsung, maka akan terjadi metabolisme dan pemecahan nutrisi yang berguna untuk tubuh Anda.Proses tersebut dapat memicu peningkatan gula darah tubuh dan pankreas untuk mengeluarkan insulin. Insulin ini mampu meningkatkan kadar serotonin dan melatonin yang akan membanjiri otak ? kedua substansi ini berkaitan dengan rasa lemas dan mengantuk. Ada beberapa jenis makanan yang dapat membuat Anda mengantuk dibandingkan makanan lainnya, salah satunya adalah nasi putih.Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya. Makan Nasi Bisa Bikin Ngantuk, [...]

Jangan Sepelekan Bahaya Lemak Berlebih

Jangan Sepelekan Bahaya Lemak Berlebih

Tentu Anda sudah mengetahui bahwa lemak berlebih di dalam tubuh dapat menyebabkan obesitas dan berbagai masalah kesehatan serius, seperti diabetes, hipertensi, kanker, dementia, penyakit jantung, dan lain-lain.Penyakit-penyakit tersebut tidak hanya perlu ditangani dalam hitungan bulan, namun seumur hidup. Tak hanya berpengaruh pada kesehatan dan aktivitas Anda sehari-hari, tetapi juga kesehatan dompet Anda karena obat-obatan yang dibutuhkan tentu tidak sedikit.Berdasarkan studi pada The Journal of the American Medical Association tahun 2013 melaporkan bahwa orang yang memiliki kelebihan bobot 15 kg dari berat idealnya, mempunyai risiko kematian lebih tinggi dibandingkan jika orang tersebut berada pada batas berat ideal.Berikut adalah beberapa kiat untuk memiliki tubuh yang sehat, selengkapnya di halaman selanjutnya: Jangan Sepelekan Bahaya Lemak Berlebih Berikut adalah beberapa kiat untuk memiliki tu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *