Jenis-jenis Rematik

Menilik-Lebih-Jauh-Tentang-Rematik.jpg

Arthritis atau istilah umumnya rematik merupakan peradangan pada sendi. Peradangan inilah yang menimbulkan rasa sakit pada penderita arthritis. Umumnya penderita arthritis berusia lanjut, namun ada pula jenis arthritis yang menyerang anak-anak. Berikut adalah jenis-jenis arthritis yang penting untuk diketahui:

1. Osteoarthritis

Osteoarthritis disebut juga sebagai penyakit sendi degeneratif yang disebabkan oleh proses penuaan. Arthritis jenis ini biasanya menyerang berbagai sendi seperti pada lutut, pinggul, tulang belakang, kaki, dan pangkal ibu jari. Diyakini faktor mekanik dan genetik cukup berperan dalam munculnya osteoarthritis.

2. Rheumatoid Arthritis

Pada rheumatoid arthritis, sistem kekebalan tubuh menyerang membran sinovial yang mengakibatkan nyeri, pembengkakan, serta kekakuan pada sendi. Diagnosa dini sering kali sulit dilakukan karena gejala awal yang samar dan memburuk secara bertahap.

3. Psoriatic Arthritis

Psoriatic arthritis memiliki banyak kesamaan dengan rheumatoid arthritis, terutama karena keduanya merupakan penyakit autoimun. Kondisi ini sering terjadi pada orang-orang yang menderita psoriasis. Penyakit ditandai dengan peradangan pada sendi, yang diikuti oleh pembengkakan dan nyeri. Jika tidak ditangani dapat menyebabkan sendi menjadi lumpuh.

4. Gout

Gout disebabkan karena gangguan metabolisme asam urat dalam tubuh, sehingga menghasilkan kristal asam urat yang disimpan pada sendi, terutama pada jempol kaki. Akibatnya sendi menjadi bengkak, kemerahan, dan nyeri.

5. Juvenile Arthritis

Juvenile arthritis adalah radang sendi yang memicu peradangan dan kekakuan sendi selama lebih dari 6 minggu, pada anak berusia 16 tahun atau lebih muda. Peradangan dapat menyebabkan kemerahan, bengkak, dan nyeri pada sendi, meskipun banyak anak yang mengalaminya tidak mengeluh nyeri.

6. Septic Arthritis

Septic arthritis disebabkan karena infeksi oleh jamur, virus, atau bakteri. Pada septic arthritis, kuman menyusup ke dalam sendi dan menyebabkan nyeri yang parah disertai pembengkakan. Biasanya kuman hanya menyerang satu sendi. Bakteri paling sering menyerang lutut, meskipun sendi lain juga dapat terkena, termasuk pinggul, pergelangan kaki, siku, dan bahu.

7. Ankylosing Spondylitis

Ankylosing Spondylitis merupakan penyakit kronis yang dapat mengakibatkan peradangan yang cukup parah, terutama pada tulang belakang. Kondisi ini dapat menyebabkan kekakuan pada tulang belakang. Nyeri punggung bawah yang disertai dengan kekakuan yang terus-menerus selama beberapa bulan merupakan gejala yang paling sering muncul.

8. Polymyalgia Rheumatica

Kondisi ini sering menyerang penderita yang berusia di atas 50 tahun. Polymyalgia rheumatica menyebabkan sakit parah dan kekakuan pada bahu, pinggul, dan leher. Karena gejala yang muncul mirip dengan kondisi lain, membuat polymyalgia rheumatica sering kali sulit didiagnosis secara akurat. Namun, jika didiagnosis cukup dini, biasanya responsnya akan baik terhadap pengobatan yang dilakukan.

9. Systemic Lupus Erythematosus

Systemic lupus erythematosus adalah penyakit autoimun yang mempengaruhi seluruh sistem tubuh bersamaan dengan beberapa organ dalam. Kondisi ini biasanya terjadi pada wanita ketika pada masa-masa pengasuhan anak. Systemic lupus erythematosus bisa mengancam jiwa, sehingga penting untuk dilakukan diagnosis secara dini.

10. Fibromyalgia

Jenis arthritis ini mempengaruhi jaringan lunak tubuh dan disebabkan karena kerusakan fungsi neurotransmitter di otak yang ditandai dengan kekakuan, pegal, dan nyeri otot.

Dari sepuluh jenis arthritis di atas, ada satu jenis arthritis yang sangat sering menjadi keluhan pasien yakni rheumatoid arthritis. Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya mengenai rheumatoid arthritis.

Jenis-jenis Rematik

Dari sepuluh jenis arthritis di atas, ada satu jenis arthritis yang sangat sering menjadi keluhan pasien yakni rheumatoid arthritis.

Rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun (penyakit yang terjadi pada saat tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri) yang mengakibatkan peradangan dalam waktu lama pada sendi.

Penyakit ini umumnya menyerang sendi-sendi bagian jari, pergelangan tangan, bahu, lutut, dan kaki. Pada penderita stadium lanjut akan membuat si penderita tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Gejala lainnya yakni demam, nafsu makan menurun, berat badan menurun, lemas, dan kurang darah. Namun kadang kala si penderita tidak merasakan gejalanya. Diperkirakan kasus rheumatoid arthritis diderita pada usia di atas 18 tahun, dan berkisar 0,1% hingga 0,3% dari jumlah penduduk Indonesia.

Rheumatoid arthritis biasanya ditandai dengan adanya beberapa gejala yang berlangsung selama minimal 6 minggu, yaitu:

  • Kekakuan pada dan sekitar sendi yang berlangsung sekitar 30-60 menit di pagi hari.
  • Bengkak pada 3 atau lebih sendi pada saat yang bersamaan.
  • Bengkak dan nyeri umumnya terjadi pada sendi-sendi tangan.
  • Bengkak dan nyeri umumnya terjadi dengan pola yang simetris (nyeri pada sendi yang sama di kedua sisi tubuh) dan umumnya menyerang sendi pergelangan tangan.

Telah dijelaskan di atas bahwa penyebab rheumatoid arthritis adalah kondisi autoimun, yang berarti hal itu disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang dirinya sendiri. Namun, belum diketahui apa yang memicu ini.

Biasanya, sistem kekebalan tubuh Anda membuat antibodi yang dapat menyerang bakteri dan virus. Tetapi jika Anda memiliki rheumatoid arthritis, sistem kekebalan tubuh Anda keliru mengirimkan antibodi pada lapisan sendi Anda, sehingga malah menyerang jaringan di sekitar sendi. Hal ini menyebabkan sinovium atau lapisan tipis sel yang meliputi sendi Anda menjadi sakit dan meradang.

Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terkena rheumatoid arthritis, termasuk:

  • Genetik; ada beberapa bukti bahwa rheumatoid arthritis dapat berjalan dalam keluarga walaupun kecil.
  • Hormon; rheumatoid arthritis lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Terjadi karena efek dari hormon estrogen ditemukan lebih tinggi pada wanita, meskipun ini belum terbukti secara meyakinkan.
  • Merokok; beberapa bukti menunjukkan bahwa orang yang merokok memiliki peningkatan risiko terkena rheumatoid arthritis.
  • Umur; semakin tua umur Anda, risiko terkena akan semakin besar karena daya tahan tubuh Anda juga semakin menurun.
  • Obesitas; kegemukan menyebabkan ausnya tulang rawan karena bergesernya titik tumpu badan, yang pada akhirnya akan menimbulkan gejala nyeri sendi.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Benarkah Suplemen Vitamin Bisa Membuat Kecanduan?

Benarkah Suplemen Vitamin Bisa Membuat Kecanduan?

Vitamin adalah zat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Banyak orang mengonsumsi vitamin tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mendapatkan nutrisi yang tidak bisa mereka peroleh dari makanan sehari-hari. Namun, beberapa orang menolak mengonsumsi vitamin tambahan karena dianggap dapat membuat kecanduan. Benarkah demikian?Suplementasi vitamin bukanlah pengganti makanan, karena sebenarnya tidak ada yang dapat menggantikan nutrisi dari makanan utuh.?Vitamin dapat mengisi kesenjangan gizi pada menu Anda, tetapi kekuatan utama tetaplah ada pada piring Anda dan bukan pil,? ujar Roberta Anding, MS, RD dari American Dietetic Association.Oleh sebab itu, jika nutrisi-nutrisi Anda tidak terpenuhi lewat makanan, suplementasi vitamin dapat membantu kekurangan gizi tersebut.Sejumlah penelitian menunjukkan efektifnya suplementasi vitamin untuk tubuh. Sebagai contoh: A National Institutes of Health (NIH) menemukan peningkatan kepadatan tulang pada perempuan usia lanjut yang mengonsumsi kalsium dan vitamin D tambahan.Jika Anda berhenti mengonsumsi vitamin dan merasa lemas, itu tidak berarti Anda kecanduan. Yang sebenarnya terjadi adalah kebutuhan nutrisi Anda tidak mencukupi sehingga [...]

9 Langkah Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

9 Langkah Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

Berbagai jenis diet yang bermunculan untuk menurunkan berat badan mungkin membuat Anda bingung. Apakah diet ini bagus atau malah berdampak buruk? Karena ada beberapa diet yang kurang tepat dan justru menyebabkan metabolisme tubuh menurun. Nah, berikut adalah sembilan cara untuk mendapatkan tubuh ideal tanpa diet: Mengatur waktu makan Pasang timer selama 15 menit dan makanlah secara perlahan. Mengunyah makanan sedikit demi sedikit dapat membuat Anda lebih cepat kenyang dan mengurangi porsi makan Anda. Makan terlalu cepat, tidak akan memberikan kesempatan bagi lambung Anda untuk memberikan sinyal ke otak bahwa Anda sudah kenyang. Makan sayuran dan buah lebih banyak Memperbanyak porsi sayuran dan buah Anda dalam sehari merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat dan air yang tinggi dapat membuat Anda lebih cepat kenyang dengan kalori yang sedikit. Namun perhatikan juga cara pengolahannya. Hindari mengolahnya dengan cara menggoreng untuk mengurangi kalori tambahan dari lemak.Berikut 7 kiat lainnya untuk menurunkan berat badan selengkapnya di halaman selanjutnya: [...]

Apa Yang Menyebabkan Kesemutan

Apa Yang Menyebabkan Kesemutan

Rasa kesemutan di tangan atau kaki merupakan gejala yang sering muncul dan merupakan gejala yang cukup menggangu.Pada beberapa kasus rasa kesemutan ini bisa berlangsung sebentar misalnya disebabkan oleh tekanan di tangan saat kita menimpa tangan atau pada beberapa kasus bisa menyebabkan rasa kesemutan yang berat dan kronis.Apa sajakah penyebab rasa kesemutan ini? Bisa Jadi Diabetes Penyakit ini merupakan penyebab paling sering neuropathy perifer atau rasa kesemutan. Pada kasus neuropathy diabetes rasa kesemutan biasnaya dimulai di telapak kaki dan menyebar ke atas. Hal ini biasanya terjadi karena ada kerusakan syaraf, pada beberapa kasus rasa kesemutan bisa menjadi pertanda awal diabetes. Kemungkinan Penyakit Sistemik Beberapa penyakit sistemik seperti gangguan ginjal, gangguan fungsi hati, penyakit pembuluh darah, penyakit jaringan ikat, ketidakseimbangan hormon, kanker dan beberapa jenis tumor bisa menyebabkan penekanan pada saraf. Gejala Kurang Vitamin Vitamin E, B1, B6, B12 dan niasin merupakan vitamin esensial yang penting untuk fungsi saraf. Misalnya pada kondisi kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan anemua pernisiosa yang menjadi salah satu penyebab neurop [...]

6 Strategi untuk Menurunkan Berat Badan dengan Sukses

6 Strategi untuk Menurunkan Berat Badan dengan Sukses

Terdapat ratusan jenis diet, program penurunan berat badan, obat pelangsing yang terlihat menjanjikan untuk menurunkan berat badan.Namun, dasar untuk penurunan berat badan yang ideal sebetulnya adalah diet rendah kalori yang sehat dan dikombinasikan dengan olahraga.Untuk hasil jangka panjang, Anda perlu membuat perubahan permanen pada gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Bagaimana caranya?Berikut ini adalah kiat jitu yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan. 6 Strategi untuk Menurunkan Berat Badan dengan Sukses 1. Buatlah KomitmenMenurunkan berat badan yang permanen memang membutuhkan waktu dan usaha, dan tentu saja yang tak kalah penting adalah komitmen jangka panjang. Pastikan Anda siap untuk menerima perubahan yang permanen dalam pola hidup Anda. Supaya bisa lebih berkomitmen menjaga berat badan, Anda harus tetap fokus. Dibutuhkan mental dan fisik yang prima untuk mengubah pola hidup An [...]

Waspadalah Jika Anda Sering Merasa Lemas dan Letih

Waspadalah Jika Anda Sering Merasa Lemas dan Letih

Rasa lemas dan letih yang berlebihan bisa diakibatkan oleh banyak hal. Namun tiga pemicu utamanya adalah makanan yang Anda konsumsi, seberapa cukup Anda tidur, dan seberapa sering Anda berolahraga. Selain itu, rasa lemas dan letih juga bisa disebabkan oleh beberapa jenis penyakit, seperti anemia, defisiensi nutrisi, diabetes, depresi, kelainan jantung, dll.Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan rasa lemas dan letih berlebihan ini, yakni: Makanan dan Minuman Konsumsi air putih yang cukup. Hati-hati dengan kafein (1-2 gelas minuman dengan kafein boleh Anda konsumsi, namun lebih dari itu bisa membuat Anda cemas dan gugup) Jangan pernah melewatkan sarapan. Makan yang teratur. Jangan diet yang berlebihan. Diet rendah karbohidrat bisa membuat tubuh kekurangan energi. Lakukan diet yang sehat. Tingkatkan konsumsi sayur, buah, gandum, dan produk susu rendah lemak. Kurangi konsumsi makanan yang tinggi akan lemak, tinggi gula, dan tinggi garam. Jangan makan terlalu banyak. Konsumsi makanan yang mengandung zat besi yang tinggi. Silakan klik next untuk melanjutkan. [...]

Ngantuk dan Lemas Setelah Bangun Bagi? Ini Mungkin Masalahnya

Ngantuk dan Lemas Setelah Bangun Bagi? Ini Mungkin Masalahnya

Bangun pagi sudah tepat waktu, tapi kok masih merasa ngantuk dan lemas? Keadaan semacam itu pasti sering Anda alami dan sering kali mengganggu mood di awal hari. Ada banyak penyebab mengapa hal itu terjadi. Berikut di antaranya:1. Kurang Tidur atau Kebanyakan TidurSatu jam sebelum tidur, sebaiknya Anda menghindari penggunaan alat-alat elektronik seperti ponsel dan TV. Stimulasi-stimulasi digital seperti itu akan membuat seseorang sulit terlelap, sehingga ia akan kekurangan tidur.Sebaliknya, terlalu banyak tidur juga berdampak lelah ketika bangun tidur. 2. StresKondisi stres sering kali mengganggu tidur seseorang. Tak heran bila setelah bangun, orang yang berada di bawah tekanan akan merasa lesu dan tidak bertenaga.3. Penggunaan pil tidurPil tidur mungkin dapat membuat Anda terlelap, namun kadang tidak akan membuat tidur Anda nyenyak. Yang artinya, Anda bisa bangun dengan perasaan lelah dan kurang segar.4. Mengonsumsi minuman beralkoholAlkohol membantu orang tertidur lebih cepat, namun mengakibatkan gangguan tidur yang menyebabkan kualitas tidur buruk. Untuk itu, orang tidak boleh tergantung alkohol untuk bisa tertidur.5. Kadar gula darah yang tidak menentuHindari makan-makanan mani [...]

Pilek? Karena Virus atau Alergi?

Pilek? Karena Virus atau Alergi?

Anda penderita rinitis alergi, Anda akan bertanya, ?apakah penyakit ini bisa sembuh?? Tentu saja tidak, alergi tidak dapat disembuhkan.?Wah, berarti saya seumur hidup harus mengalami pilek seperti ini??Tentu saja tidak. Alergi memang tidak dapat disembuhkan, tapi alergi dapat di kontrol. Namun perlu di pahami, yang dimaksud terkontrol adalah apabila gejala yang Anda alami tidak mengganggu kualitas hidup Anda.Kualitas hidup yang dimaksud adalah: Kualitas tidur Hubungan sosial Pekerjaan atau sekolah Produktivitas bahkan kehidupan seksual Anda. Demikiannya alergi berat yang mempengaruhi kualitas hidup Anda merupakan hal yang penting untuk ditangani.Bagaimana saya mengatasi gejala alergi yang mengganggu? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya: Pilek? Karena Virus atau Alergi? Bagaimana saya mengatasi gejala alergi yang mengganggu? Perlu diingat bahwa alergi adalah reaksi berlebihan tubuh, yang [...]

6 Cara Menjaga Kebugaran di Kantor

6 Cara Menjaga Kebugaran di Kantor

Banyak orang yang merasa malas melakukan olahraga ringan saat di kantor, padahal sedikit pergerakan di kantor akan mengurangi keluhan pegal-pegal. Terlalu lama duduk dan menatap layar komputer dapat membuat tubuh 'menguap'. Akibatnya, tubuh pun terasa lemas dan pegal-pegal. Kondisi bisa bertampah parah dengan asupan makan siang yang menumpuk. Menurut penelitian yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Alberta, Kanada, menjelaskan, mereka yang bekerja di belakang meja mulai pukul delapan pagi sampai lima sore pasti sering mengeluh pegal-pegal pada punggung serta kaku di bagian otot-otot tubuhnya. Keluhan tersebut tidak lain lantaran kebiasaan bekerja duduk terlalu lama yang bisa mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh-pembuluh darah. Untuk mengatasinya harus melakukan gerakan senam ringan yang biasa dilakukan di kantor. Berikut ini ada beberapa latihan atau olahraga ringan yang dapat dilakukan di belakang meja dan mengurangi risiko kesehatan, seperti; [...]

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kekurangan Nutrisi dan Vitamin

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kekurangan Nutrisi dan Vitamin

Setiap 6 detik ada 1 anak yang meninggal karena kondisi kekurangan nutrisi (malnutrisi) menurut the World Food Program USA. Hal ini sangat sering terjadi di negara yang berkembang.Malnutrisi bukan hanya berarti kekurangan berat badan namun pada orang-orang yang berat badan berlebih pun masih bisa terjadi malnutrisi apabila makanan yang Anda konsumsi mengandung vitamin dan mineral.Tidak mengkonsumsi nutrisi yang cukup pun bisa mempengaruhi tubuh Anda, tidak tergantung dari berat badan Anda. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang dapat muncul apabila Anda kekurangan nutrisi dan vitamin. Fungsi Fisik dan Mental Tujuan mengonsumsi makanan adalah untuk menyediakan nutrisi bagi tubuh untuk melakukan fungsi. Tidak mengonsumsi makanan yang cukup atau mengonsumsi makanan yang terlalu banyak namun dengan kalori kosong bisa mempengaruhi fungsi mental dan fisik. Misalnya kurangnya konsumsi zat besi bisa menimbulkan gejala lemas, lelah dan bisa mempengaruhi kegiatan kita. Kekurangan vitamin B12 juga bisa menimbulkan beberapa keluhan seperti gangguan memori dan perubahan kepribadian. Berkurangnya Imunitas Sayuran dan buah termasuk tomat, sayuran hijau, kacang merupakan sumber an [...]

Jadikan Puasa Sebagai Momen untuk Menurunkan Berat Badan

Jadikan Puasa Sebagai Momen untuk Menurunkan Berat Badan

Puasa selama bulan Ramadhan dapat menjadi waktu yang baik bagi Anda yang berencana untuk menurunkan berat badan. Nah, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengurangi berat badan Anda selama berpuasa : Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh (Hidrasi) Hidrasi atau mengonsumsi cairan secukupnya ketika puasa merupakan hal yang penting untuk mengurangi berat badan Anda selama berpuasa. Mengonsumsi air putih secukupnya dapat membantu menjaga hidrasi Anda sehingga membantu Anda untuk mengurangi keinginan mengonsumsi gula saat Anda buka puasa. Sebaiknya Anda mengonsumsi 2 liter atau 8 gelas air putih dalam sehari selama Anda puasa. Anda dapat mengonsumsi 2 gelas saat sahur, 4 gelas antara buka dan sahur, dan 2 gelas air putih saat sahur. Hindari juga minuman yang mengandung kafein tinggi seperti kopi dan teh. Berikut kiat lainnya untuk membantu mencapai berat badan yang ideal selama bulan puasa. Selengkapnya di halaman selanjutnya. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *