Jenis-jenis Rematik

Menilik-Lebih-Jauh-Tentang-Rematik.jpg

Arthritis atau istilah umumnya rematik merupakan peradangan pada sendi. Peradangan inilah yang menimbulkan rasa sakit pada penderita arthritis. Umumnya penderita arthritis berusia lanjut, namun ada pula jenis arthritis yang menyerang anak-anak. Berikut adalah jenis-jenis arthritis yang penting untuk diketahui:

1. Osteoarthritis

Osteoarthritis disebut juga sebagai penyakit sendi degeneratif yang disebabkan oleh proses penuaan. Arthritis jenis ini biasanya menyerang berbagai sendi seperti pada lutut, pinggul, tulang belakang, kaki, dan pangkal ibu jari. Diyakini faktor mekanik dan genetik cukup berperan dalam munculnya osteoarthritis.

2. Rheumatoid Arthritis

Pada rheumatoid arthritis, sistem kekebalan tubuh menyerang membran sinovial yang mengakibatkan nyeri, pembengkakan, serta kekakuan pada sendi. Diagnosa dini sering kali sulit dilakukan karena gejala awal yang samar dan memburuk secara bertahap.

3. Psoriatic Arthritis

Psoriatic arthritis memiliki banyak kesamaan dengan rheumatoid arthritis, terutama karena keduanya merupakan penyakit autoimun. Kondisi ini sering terjadi pada orang-orang yang menderita psoriasis. Penyakit ditandai dengan peradangan pada sendi, yang diikuti oleh pembengkakan dan nyeri. Jika tidak ditangani dapat menyebabkan sendi menjadi lumpuh.

4. Gout

Gout disebabkan karena gangguan metabolisme asam urat dalam tubuh, sehingga menghasilkan kristal asam urat yang disimpan pada sendi, terutama pada jempol kaki. Akibatnya sendi menjadi bengkak, kemerahan, dan nyeri.

5. Juvenile Arthritis

Juvenile arthritis adalah radang sendi yang memicu peradangan dan kekakuan sendi selama lebih dari 6 minggu, pada anak berusia 16 tahun atau lebih muda. Peradangan dapat menyebabkan kemerahan, bengkak, dan nyeri pada sendi, meskipun banyak anak yang mengalaminya tidak mengeluh nyeri.

6. Septic Arthritis

Septic arthritis disebabkan karena infeksi oleh jamur, virus, atau bakteri. Pada septic arthritis, kuman menyusup ke dalam sendi dan menyebabkan nyeri yang parah disertai pembengkakan. Biasanya kuman hanya menyerang satu sendi. Bakteri paling sering menyerang lutut, meskipun sendi lain juga dapat terkena, termasuk pinggul, pergelangan kaki, siku, dan bahu.

7. Ankylosing Spondylitis

Ankylosing Spondylitis merupakan penyakit kronis yang dapat mengakibatkan peradangan yang cukup parah, terutama pada tulang belakang. Kondisi ini dapat menyebabkan kekakuan pada tulang belakang. Nyeri punggung bawah yang disertai dengan kekakuan yang terus-menerus selama beberapa bulan merupakan gejala yang paling sering muncul.

8. Polymyalgia Rheumatica

Kondisi ini sering menyerang penderita yang berusia di atas 50 tahun. Polymyalgia rheumatica menyebabkan sakit parah dan kekakuan pada bahu, pinggul, dan leher. Karena gejala yang muncul mirip dengan kondisi lain, membuat polymyalgia rheumatica sering kali sulit didiagnosis secara akurat. Namun, jika didiagnosis cukup dini, biasanya responsnya akan baik terhadap pengobatan yang dilakukan.

9. Systemic Lupus Erythematosus

Systemic lupus erythematosus adalah penyakit autoimun yang mempengaruhi seluruh sistem tubuh bersamaan dengan beberapa organ dalam. Kondisi ini biasanya terjadi pada wanita ketika pada masa-masa pengasuhan anak. Systemic lupus erythematosus bisa mengancam jiwa, sehingga penting untuk dilakukan diagnosis secara dini.

10. Fibromyalgia

Jenis arthritis ini mempengaruhi jaringan lunak tubuh dan disebabkan karena kerusakan fungsi neurotransmitter di otak yang ditandai dengan kekakuan, pegal, dan nyeri otot.

Dari sepuluh jenis arthritis di atas, ada satu jenis arthritis yang sangat sering menjadi keluhan pasien yakni rheumatoid arthritis. Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya mengenai rheumatoid arthritis.

Jenis-jenis Rematik

Dari sepuluh jenis arthritis di atas, ada satu jenis arthritis yang sangat sering menjadi keluhan pasien yakni rheumatoid arthritis.

Rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun (penyakit yang terjadi pada saat tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri) yang mengakibatkan peradangan dalam waktu lama pada sendi.

Penyakit ini umumnya menyerang sendi-sendi bagian jari, pergelangan tangan, bahu, lutut, dan kaki. Pada penderita stadium lanjut akan membuat si penderita tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Gejala lainnya yakni demam, nafsu makan menurun, berat badan menurun, lemas, dan kurang darah. Namun kadang kala si penderita tidak merasakan gejalanya. Diperkirakan kasus rheumatoid arthritis diderita pada usia di atas 18 tahun, dan berkisar 0,1% hingga 0,3% dari jumlah penduduk Indonesia.

Rheumatoid arthritis biasanya ditandai dengan adanya beberapa gejala yang berlangsung selama minimal 6 minggu, yaitu:

  • Kekakuan pada dan sekitar sendi yang berlangsung sekitar 30-60 menit di pagi hari.
  • Bengkak pada 3 atau lebih sendi pada saat yang bersamaan.
  • Bengkak dan nyeri umumnya terjadi pada sendi-sendi tangan.
  • Bengkak dan nyeri umumnya terjadi dengan pola yang simetris (nyeri pada sendi yang sama di kedua sisi tubuh) dan umumnya menyerang sendi pergelangan tangan.

Telah dijelaskan di atas bahwa penyebab rheumatoid arthritis adalah kondisi autoimun, yang berarti hal itu disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang dirinya sendiri. Namun, belum diketahui apa yang memicu ini.

Biasanya, sistem kekebalan tubuh Anda membuat antibodi yang dapat menyerang bakteri dan virus. Tetapi jika Anda memiliki rheumatoid arthritis, sistem kekebalan tubuh Anda keliru mengirimkan antibodi pada lapisan sendi Anda, sehingga malah menyerang jaringan di sekitar sendi. Hal ini menyebabkan sinovium atau lapisan tipis sel yang meliputi sendi Anda menjadi sakit dan meradang.

Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terkena rheumatoid arthritis, termasuk:

  • Genetik; ada beberapa bukti bahwa rheumatoid arthritis dapat berjalan dalam keluarga walaupun kecil.
  • Hormon; rheumatoid arthritis lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Terjadi karena efek dari hormon estrogen ditemukan lebih tinggi pada wanita, meskipun ini belum terbukti secara meyakinkan.
  • Merokok; beberapa bukti menunjukkan bahwa orang yang merokok memiliki peningkatan risiko terkena rheumatoid arthritis.
  • Umur; semakin tua umur Anda, risiko terkena akan semakin besar karena daya tahan tubuh Anda juga semakin menurun.
  • Obesitas; kegemukan menyebabkan ausnya tulang rawan karena bergesernya titik tumpu badan, yang pada akhirnya akan menimbulkan gejala nyeri sendi.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
8 Alasan Mengapa Berat Badan  Tidak Kunjung Turun

8 Alasan Mengapa Berat Badan Tidak Kunjung Turun

Anda sudah makan lebih sedikit dari biasanya dan sudah rajin berolahraga. Namun mengapa angka timbangan Anda tidak juga mau bergeser ke kiri, bahkan terus saja bergeser ke arah kanan. Apa penyebabnya? Mungkin saja Anda mengalami hal berikut ini: Kurang tidur Ketika Anda kurang beristirahat atau kurang tidur, siklus hormon di dalam tubuh juga akan menjadi terganggu. Perubahan hormonal tersebut bisa berupa meningkatnya rasa lapar dan membuat Anda tidak juga merasa kenyang ketika makan. Akibatnya ketika Anda tidur larut, keinginan Anda untuk mengemil di malam hari menjadi tidak terbendung lagi. Stres Saat Anda sedang mengalami stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol atau hormon stres. Peningkatan hormon kortisol ini juga bisa meningkatkan rasa lapar. Oleh karena itu, Anda mungkin sering kali mencari makanan tinggi kalori untuk membantu Anda ?menenangkan? diri. Obat antidepresi Salah satu efek samping dari obat antidepresi adalah peningkatan berat badan. Oleh karena itu, jika Anda sedang mengonsumsi obat antidepresi dan mengalami peningkatan berat badan, cobalah berkonsultasi dengan dokter Anda. Namun jangan memberhentikan obat tersebut tanpa berkonsultasi lebih dahulu dengan [...]

Mengapa Kita Selalu Mengantuk Setelah Makan?

Mengapa Kita Selalu Mengantuk Setelah Makan?

Sejatinya, mengantuk adalah salah satu panggilan alarm alamiah tubuh ketika tubuh meminta haknya untuk beristirahat. Namun beda keadaannya jika ditemukan kondisi selalu mengantuk setiap setelah makan. Karena kerap kali keadaan tersebut justru menghambat aktivitas sehari-hari. Walau terdapat satu teori yang menyebutkan kondisi mengantuk setiap habis makan adalah dilatarbelakangi oleh kurangnya pasokan oksigen ke otak karena tersitanya oksigen kepada proses pencernaan (semakin banyak yang dicerna / dimakan, semakin banyak kebutuhan oksigen), masih terdapat pendapat yang mengungkapkan keadaan mengantuk setelah makan adalah indikasi dari kekurangan beberapa zat dari kandungan enzim pada makanan atau kondisi kadar gula darah pada tubuh.Seperti dikutip dari Helium dan Steadyhealth, ada tiga alasan yang menyebabkan seseorang mengantuk setelah makan, yaitu: 1. Kekurangan enzim Enzim bisa diibaratkan sebagai [...]

Kenali Lebih Jauh Soal Infeksi Sinus dan Asma

Kenali Lebih Jauh Soal Infeksi Sinus dan Asma

Apakah Anda pernah mengalami infeksi saluran napas atas (ISPA) yang bergejala seperti batuk pilek? Tahukah Anda bahwa 0,5% batuk pilek yang Anda alami dapat menimbulkan komplikasi sinusitis?Sinusitis akut merupakan infeksi kedua yang paling sering dijumpai dokter umum dalam praktik sehari-hari, dan biasanya terjadi pada orang dewasa. Sinusitis akut umumnya disebabkan oleh virus sehingga, dengan kondisi ketahanan tubuh yang baik, dapat sembuh sendiri tanpa pemberian obat. Namun, pada sepertiga kasus dapat disertai infeksi bakteri. Apabila tidak ditangani dengan tepat, sinusitis akut dapat berlanjut menjadi sinusitis kronik.Bagaimanakah gejala sinusitis? Gejala sinusitis bakteri antara lain: Lendir hidung yang berwarna kuning kehijauan. Nyeri wajah satu sisi. Nyeri pada gigi. Keluhan tidak berkurang dengan pemberian obat pelega saluran napas. Lalu bagaimana dengan asma? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya mengenai asma: [...]

Ini Bahaya Akibat Terlalu Sering Lembur

Ini Bahaya Akibat Terlalu Sering Lembur

Apakah Anda sering bekerja sampai larut malam, lembur, atau memang Anda seorang workaholic (pecandu kerja)? Semangat bekerja melebihi batas jam kerja mungkin bisa menambah pemasukan bulanan Anda, namun bisa berakibat buruk bagi kesehatan Anda.Jam kerja maksimal untuk setiap orang adalah 40 jam per minggu. Jika lebih dari 40 jam maka disebut overtime. Untuk para pekerja dengan sistem gilir (shift), sebaiknya bekerja tidak lebih dari 8 jam per giliran.Jika Anda bekerja lembur atau bekerja gilir lebih dari 8 jam, maka sebaiknya Anda memeriksakan kesehatan secara berkala ke dokter. Saran ini sama sekali tidak berlebihan. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh European Heart Journal, bekerja melebihi batas jam kerja meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke sebanyak 60%. Karena tingginya risiko penyakit jantung koroner, maka para pekerja overtime atau gilir harus lebih peka terhadap gejala-gejala serangan jantung seperti nyeri dada dan risiko penyakit jantung lainnya.Halaman berikut selengkapnya. [...]

Benarkah Olahraga yang Benar Harus Sampai Berkeringat?

Benarkah Olahraga yang Benar Harus Sampai Berkeringat?

Seringkali patokan atau acuan masyarakat ketika berolahraga adalah jumlah keringat yang dihasilkan. Tidak jarang setelah selesai berolahraga ada komentar seperti ?Kok tidak berkeringat? Olahraga beneran?? atau justru ?Wah pasti olahraganya serius ya, sampai berkeringat banyak?. Lalu apakah benar kalau kita berolahraga harus selalu berkeringat?Pandangan masyarakat tersebut sebenarnya kurang tepat. Patokan berat ringannya suatu aktivitas atau suatu olahraga bukanlah dari jumlah keringat yang dikeluarkan, akan tetapi dari intensitas aktivitas tersebut. Intensitas aktivitas ini dapat dinilai melalui beberapa cara, yaitu dengan mengukur denyut nadi atau denyut jantung, dengan menggunakan skala persepsi atau tes bicara/talk test.Mengetahui intensitas olahraga yang tepat bagi Anda sangatlah penting, karena hal ini dapat membuat Anda terhindar dari olahraga yang terlampau berat dan juga menjaga supaya Anda tidak melakukan olahraga yang terlalu ringan sehingga tidak ada manfaat kesehatan yang diperoleh.Untuk masyarakat umum yang tidak memiliki gangguan kesehatan atau penyakit khusus, rentang intensitas olahraga yang direkomendasikan adalah 50-85% dari denyut jantung maksimal Anda. Rentang i [...]

Apa Hubungannya Kalori dengan Berat Badan?

Apa Hubungannya Kalori dengan Berat Badan?

Bagi Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, kalori tentu menjadi suatu kata yang teramat istimewa. Semua makanan dan minuman yang Anda konsumsi, Anda tidak pernah ketinggalan untuk memperhatikan atau menghitung jumlah kalorinya. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai kalori serta kaitannya dengan berat badan:Apa itu kalori?Kalori adalah jumlah panas yang dibutuhkan untuk menaikkan 1 kubik sentimeter air sebesar 10C. Kilokalori adalah 1000 kalori, atau panas yang dibutuhkan untuk menaikkan 1 kg air sebesar 10C.Sumber energi tubuh adalah karbohidrat, lemak, dan protein. Di dalam tubuh kita mengubah sumber energi ini menjadi molekul ATP (adenosine trifosfat), yaitu komponen energi yang berfungsi untuk mengontrol pembakaran "bahan bakar" yang kita bakar ? dan kita mengukur energi yang kita butuhkan dalam unit ukuran panas, yakni kalori.Anda selalu mengeluarkan kalori bahkan sewaktu sedang tidur. Energi ini digunakan oleh otot jantung dan pernapasan, metabolisme sel, dan mempertahankan suhu tubuh.Apa hubungan kalori dengan berat badan? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya. [...]

Apakah Gemuk Warisan dari Orangtua?

Apakah Gemuk Warisan dari Orangtua?

Jika Anda memiliki tubuh yang gemuk, janganlah dulu menyalahkan ibu atau ayah Anda karena telah mewariskan bakat gemuk. Ketahui dulu fakta-faktanya di bawah ini:Apakah gemuk itu disebabkan karena faktor genetik?Peran genetik dalam obesitas menjadi suatu topik tersendiri yang menarik. Banyak gen yang berperan dalam menyebabkan obesitas. Peranan genetik dapat menentukan kecepatan metabolisme seseorang, afinitas terhadap makanan tertentu (seperti tinggi lemak, tinggi gula), aktivitas fisik, dan pola penyebaran lemak.Pada kasus di mana obesitas disebabkan murni oleh kelainan genetik, obesitas cenderung terjadi di usia yang dini dan menyebabkan obesitas yang parah. Pada mayoritas kasus, kelainan genetik memang dapat berkontribusi menyebabkan peningkatan berat badan, namun peranan paling besar tetaplah faktor gaya hidup seperti pola makan yang buruk dan kurangnya aktivitas fisik. Jika Anda mempraktikkan pola hidup yang sehat, obesitas tidak akan terjadi meskipun Anda memiliki faktor genetik.Kondisi medis tertentu seperti hipotiroid juga dapat berkontribusi terhadap peningkatan berat badan. Namun jika gaya hidup Anda sehat, Anda dapat mengurangi risiko tersebut.Mengapa wanita yang sudah [...]

Tawas Cara Alami Atasi Bau Badan

Tawas Cara Alami Atasi Bau Badan

Banyak yang mengira bau badan normal dialami oleh banyak manusia, namun untuk mengetahui apa penyebab dari hal tersebut kenapa terjadi pada diri manusia sangatlah dianggap biasa saja oleh banyak kalangan masyarakat. Bayangkan jika seseorang yang sudah berpenampilan rapi dan bersih namun memiliki bau badan yang kurang sedap, maka akan sangat mengganggu penampilan. Mengingat hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan, berikut permasalahan dan penyelesaian masalah bau badan yang sangat mengganggu penampilan bagi siapa saja yang mengalaminya. Kriteria yang dialami oleh seseorang pun juga banyak variasi penyebab dan tingkat ketajaman bau badan tersebut antara lain : 1. Bau badan biasa merupakan bau badan normal yang biasa dialami oleh manusia yang akan hilang atau berkurang frekuensinya jika seseorang tersebut membersihkan diri dengan cara mandi dengan menggunakan sabun yang mengandung pembunuh kuman dan yang mengandung pewangi, meskipun seseorang tersebut tidak dalam keadaan memiliki bau badan yang tinggi disarankan tetap menggunkan parfume dan juga deodorant karena dengan banyaknya aktifitas yang dilakukan tetap akan menimbulkan bau badan yang kurang sedap. 2. Untuk jenis [...]

Bagaimana Mengukur Kesehatan Jiwa Anda?

Bagaimana Mengukur Kesehatan Jiwa Anda?

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan dicari semua orang. Tanpa kesehatan yang baik, kualitas hidup manusia akan menurun dan menimbulkan gangguan dalam melaksaknakan aktivitas sehari-hari. Tahukah Anda apa sebenarnya definisi sehat? Apakah bebas dari penyakit saja bisa disebut sehat?Menurut World Health Organization (WHO), kesehatan merupakan suatu keadaan yang sehat secara fisik, mental, dan sosial serta bukan hanya bebas dari penyakit. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan individu, seperti faktor genetik, lingkungan, pendidikan, ekonomi, gaya hidup, dan sebagainya.Faktor psikologis ternyata berperan penting dalam menentukan status kesehatan manusia.Kesehatan mental menurut WHO merupakan suatu kondisi ketika seorang individu memahami betul kemampuan dan keterbatasan yang dimiliki olehnya, dapat mengatasi masalah/stres, bisa bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi untuk masyarakat.Kesehatan mental sangat fundamental bagi manusia agar mampu berpikir, menunjukkan emosi, berinteraksi dengan sesama, bekerja, serta menikmati hidup.Apa saja tanda-tanda seseorang memiliki mental yang sehat?Halaman berikutnya selengkapnya. [...]

6 Jenis Olahraga yang Baik untuk Penderita Asma

6 Jenis Olahraga yang Baik untuk Penderita Asma

Banyak penderita asma yang beranggapan bahwa berolahraga akan memicu gejala atau serangan asma. Hal itu sama sekali tidak benar. Berolahraga tidak memiliki efek negatif terhadap penderita asma, asalkan mereka dapat memilih olahraga yang tepat atau olahraga yang bisa memperbaiki keadaan paru-paru.Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa penderita asma yang rutin berolahraga mengalami peningkatan kebugaran kardiovaskular. Oleh karena itu, dengan berolahraga secara teratur kualitas hidup penderita asma akan meningkat, begitu juga dengan kesehatan psikologis.Berikut di halaman berikut adalah enam jenis olahraga yang baik untuk penderita asma: 6 Jenis Olahraga yang Baik untuk Penderita Asma Berikut adalah enam jenis olahraga yang baik untuk penderita asma:1. BerenangSalah satu olahraga yang ideal bagi penderita asma adalah berenang. Hal ini dikarenakan saat berenang seseorang menghirup udara yang lembap, [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *