Jenis-jenis Rematik

Menilik-Lebih-Jauh-Tentang-Rematik.jpg

Arthritis atau istilah umumnya rematik merupakan peradangan pada sendi. Peradangan inilah yang menimbulkan rasa sakit pada penderita arthritis. Umumnya penderita arthritis berusia lanjut, namun ada pula jenis arthritis yang menyerang anak-anak. Berikut adalah jenis-jenis arthritis yang penting untuk diketahui:

1. Osteoarthritis

Osteoarthritis disebut juga sebagai penyakit sendi degeneratif yang disebabkan oleh proses penuaan. Arthritis jenis ini biasanya menyerang berbagai sendi seperti pada lutut, pinggul, tulang belakang, kaki, dan pangkal ibu jari. Diyakini faktor mekanik dan genetik cukup berperan dalam munculnya osteoarthritis.

2. Rheumatoid Arthritis

Pada rheumatoid arthritis, sistem kekebalan tubuh menyerang membran sinovial yang mengakibatkan nyeri, pembengkakan, serta kekakuan pada sendi. Diagnosa dini sering kali sulit dilakukan karena gejala awal yang samar dan memburuk secara bertahap.

3. Psoriatic Arthritis

Psoriatic arthritis memiliki banyak kesamaan dengan rheumatoid arthritis, terutama karena keduanya merupakan penyakit autoimun. Kondisi ini sering terjadi pada orang-orang yang menderita psoriasis. Penyakit ditandai dengan peradangan pada sendi, yang diikuti oleh pembengkakan dan nyeri. Jika tidak ditangani dapat menyebabkan sendi menjadi lumpuh.

4. Gout

Gout disebabkan karena gangguan metabolisme asam urat dalam tubuh, sehingga menghasilkan kristal asam urat yang disimpan pada sendi, terutama pada jempol kaki. Akibatnya sendi menjadi bengkak, kemerahan, dan nyeri.

5. Juvenile Arthritis

Juvenile arthritis adalah radang sendi yang memicu peradangan dan kekakuan sendi selama lebih dari 6 minggu, pada anak berusia 16 tahun atau lebih muda. Peradangan dapat menyebabkan kemerahan, bengkak, dan nyeri pada sendi, meskipun banyak anak yang mengalaminya tidak mengeluh nyeri.

6. Septic Arthritis

Septic arthritis disebabkan karena infeksi oleh jamur, virus, atau bakteri. Pada septic arthritis, kuman menyusup ke dalam sendi dan menyebabkan nyeri yang parah disertai pembengkakan. Biasanya kuman hanya menyerang satu sendi. Bakteri paling sering menyerang lutut, meskipun sendi lain juga dapat terkena, termasuk pinggul, pergelangan kaki, siku, dan bahu.

7. Ankylosing Spondylitis

Ankylosing Spondylitis merupakan penyakit kronis yang dapat mengakibatkan peradangan yang cukup parah, terutama pada tulang belakang. Kondisi ini dapat menyebabkan kekakuan pada tulang belakang. Nyeri punggung bawah yang disertai dengan kekakuan yang terus-menerus selama beberapa bulan merupakan gejala yang paling sering muncul.

8. Polymyalgia Rheumatica

Kondisi ini sering menyerang penderita yang berusia di atas 50 tahun. Polymyalgia rheumatica menyebabkan sakit parah dan kekakuan pada bahu, pinggul, dan leher. Karena gejala yang muncul mirip dengan kondisi lain, membuat polymyalgia rheumatica sering kali sulit didiagnosis secara akurat. Namun, jika didiagnosis cukup dini, biasanya responsnya akan baik terhadap pengobatan yang dilakukan.

9. Systemic Lupus Erythematosus

Systemic lupus erythematosus adalah penyakit autoimun yang mempengaruhi seluruh sistem tubuh bersamaan dengan beberapa organ dalam. Kondisi ini biasanya terjadi pada wanita ketika pada masa-masa pengasuhan anak. Systemic lupus erythematosus bisa mengancam jiwa, sehingga penting untuk dilakukan diagnosis secara dini.

10. Fibromyalgia

Jenis arthritis ini mempengaruhi jaringan lunak tubuh dan disebabkan karena kerusakan fungsi neurotransmitter di otak yang ditandai dengan kekakuan, pegal, dan nyeri otot.

Dari sepuluh jenis arthritis di atas, ada satu jenis arthritis yang sangat sering menjadi keluhan pasien yakni rheumatoid arthritis. Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya mengenai rheumatoid arthritis.

Jenis-jenis Rematik

Dari sepuluh jenis arthritis di atas, ada satu jenis arthritis yang sangat sering menjadi keluhan pasien yakni rheumatoid arthritis.

Rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun (penyakit yang terjadi pada saat tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri) yang mengakibatkan peradangan dalam waktu lama pada sendi.

Penyakit ini umumnya menyerang sendi-sendi bagian jari, pergelangan tangan, bahu, lutut, dan kaki. Pada penderita stadium lanjut akan membuat si penderita tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Gejala lainnya yakni demam, nafsu makan menurun, berat badan menurun, lemas, dan kurang darah. Namun kadang kala si penderita tidak merasakan gejalanya. Diperkirakan kasus rheumatoid arthritis diderita pada usia di atas 18 tahun, dan berkisar 0,1% hingga 0,3% dari jumlah penduduk Indonesia.

Rheumatoid arthritis biasanya ditandai dengan adanya beberapa gejala yang berlangsung selama minimal 6 minggu, yaitu:

  • Kekakuan pada dan sekitar sendi yang berlangsung sekitar 30-60 menit di pagi hari.
  • Bengkak pada 3 atau lebih sendi pada saat yang bersamaan.
  • Bengkak dan nyeri umumnya terjadi pada sendi-sendi tangan.
  • Bengkak dan nyeri umumnya terjadi dengan pola yang simetris (nyeri pada sendi yang sama di kedua sisi tubuh) dan umumnya menyerang sendi pergelangan tangan.

Telah dijelaskan di atas bahwa penyebab rheumatoid arthritis adalah kondisi autoimun, yang berarti hal itu disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang dirinya sendiri. Namun, belum diketahui apa yang memicu ini.

Biasanya, sistem kekebalan tubuh Anda membuat antibodi yang dapat menyerang bakteri dan virus. Tetapi jika Anda memiliki rheumatoid arthritis, sistem kekebalan tubuh Anda keliru mengirimkan antibodi pada lapisan sendi Anda, sehingga malah menyerang jaringan di sekitar sendi. Hal ini menyebabkan sinovium atau lapisan tipis sel yang meliputi sendi Anda menjadi sakit dan meradang.

Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terkena rheumatoid arthritis, termasuk:

  • Genetik; ada beberapa bukti bahwa rheumatoid arthritis dapat berjalan dalam keluarga walaupun kecil.
  • Hormon; rheumatoid arthritis lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Terjadi karena efek dari hormon estrogen ditemukan lebih tinggi pada wanita, meskipun ini belum terbukti secara meyakinkan.
  • Merokok; beberapa bukti menunjukkan bahwa orang yang merokok memiliki peningkatan risiko terkena rheumatoid arthritis.
  • Umur; semakin tua umur Anda, risiko terkena akan semakin besar karena daya tahan tubuh Anda juga semakin menurun.
  • Obesitas; kegemukan menyebabkan ausnya tulang rawan karena bergesernya titik tumpu badan, yang pada akhirnya akan menimbulkan gejala nyeri sendi.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Nutrisi untuk Menghindari Radang Sendi

Nutrisi untuk Menghindari Radang Sendi

Radang Sendi atau Rheumatoid Arthritis adalah peradangan sendi kronis yang biasanya terjadi pada sendi di kedua sisi tubuh, seperti tangan, pergelangan tangan, atau lutut. Selain mempengaruhi sendi, radang sendi dapat mempengaruhi kulit, mata, paru-paru, jantung, darah, atau saraf. Jika Anda mengalami Radang Sendi, Anda harus lebih memperhatikan pada asupan diet karena tiga alasan di bawah ini: Beberapa pengobatan radang sendi menghalangi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Radang sendi menyebabkan inflamasi kronis pada tubuh. Ini artinya tubuh Anda membutuhkan lebih banyak kalori dan protein dibanding yang tidak memiliki radang sendi. Jika penyakit radang sendi menyebabkan Anda sulit memasak makanan di rumah, Anda bisa membuat makanan tanpa dimasak. Selama makanannya mengandung nutrisi tinggi. 1. Asam Folate Asam folat adalah vitamin B yang meningkatkan kesehatan dan mendukung metabolisme tubuh. Asam folat memiliki peranan penting dalam kehamilan karena mencegah kegagalan lahir. Beberapa obat radang sendi seperti methotrexate (Rheumatrex, Trexall) dan sulfasalazine (Azulfidine) mengganggu fungsi asam folat di t [...]

6 Cara Mengatasi Stres Karena Pekerjaan

6 Cara Mengatasi Stres Karena Pekerjaan

Dalam hubungannya dengan pekerjaan, setiap orang pasti pernah mengalami stres. Datangnya bisa dari deadline yang menumpuk, masalah dengan teman kantor, dan sebagainya. Inilah beberapa cara sederhana untuk mengatasi stres yang melanda:1. Berolahraga secara rutinPenelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan kesehatan seseorang baik secara mental dan fisik. Selain itu, olahraga menyebabkan perubahan kimiawi pada otak yang dapat meningkatkan mood.2. TertawaSeberapa sering Anda tertawa dalam sehari? Dengan tertawa lebih banyak, Anda bisa menenangkan stres, meningkatkan denyut jantung, dan tekanan darah. Tertawa juga memicu pelepasan endorfin dan dopamin di otak, hormon yang membuat orang bahagia.3. Bercerita kepada orang terdekatKetika sedang stres, naluri untuk menyendiri biasanya muncul. Padahal, hal terbaik yang bisa dilakukan untuk mengatasi tekanan adalah dengan tidak memendamnya. Berceritalah mengenai masalah Anda kepada orang yang dipercaya, dengan begitu beban pun akan sedikit terlepas. [...]

Langkah-langkah untuk Berhenti Merokok

Langkah-langkah untuk Berhenti Merokok

Anda sudah memutuskan untuk berhenti merokok? Selamat! Kini, Anda akan melalui tahapan yang mungkin lebih sulit dan menantang: mempertahankannya. Berikut adalah langkah-langkah penting yang perlu diperhatikan sebelum dan setelah berhenti merokok:Persiapan menjelang hari berhenti merokok Tetapkan tanggal untuk berhenti merokok Jika memungkinkan, rencanakan bersama teman untuk berhenti merokok bersama. Jangan pilih tanggal terlalu lama karena akan membuat Anda semakin menunda-nunda. Perhatikan kapan dan mengapa Anda merokok Cobalah untuk menemukan hal-hal dalam kehidupan Anda sehari-hari kapan dan saat sedang apa Anda merokok (misalnya saat minum kopi atau saat sedang menyetir). Ubahlah rutinitas merokok Simpanlah rokok Anda di tempat yang berbeda. Merokoklah dengan tangan yang berbeda. Jangan lakukan hal lain saat Anda sedang merokok. Berpikirlah apa yang Anda rasakan saat sedang merokok. Ketika Anda ingin merokok, tunggu beberapa menit Cobalah berpikir melakukan sesuatu ketimbang merokok. Semisal makan permen karet atau minum segelas air. Belilah 1 bungkus rokok saja satu waktu Gantilah dengan merk rokok yang tidak Anda sukai.Berikut di halaman selanjutnya [...]

Inilah Penyebab Sering Kesemutan dan Cepat Lelah

Inilah Penyebab Sering Kesemutan dan Cepat Lelah

Gejala kesemutan di tangan atau kaki merupakan gejala yang seringkali muncul, dan terkadang kita hiraukan. Rasa kesemutan bisa disebabkan oleh sesuatu yang tidak berbahaya dan hanya sementara. Di sisi lain, rasa lelah merupakan sesuatu yang seringkali dirasakan oleh seseorang. Rasa lelah bisa disebabkan oleh banyak hal, dari kurang tidur hingga bebrapa jenis penyakit.Nah, apa sajakah yang menyebabkan rasa lelah dan kesemutan? Berikut beberapa penyakit penyebab kesemutan: Diabetes Diabetes merupakan penyebab tersering neropati perifer dimana gejala utamanya adalah rasa kesemutan. Pada penyakit neuropati diabetes rasa kesemutan muncul pertama kali di jari-jari dan akan naik ke kaki, terkadang juga muncul di daerah tangan. Sindroma Gangguan Saraf Beberapa penyakit seperti carpal tunnel syndrome, ulnar nerve palsy, dan radial nerve palsy. Penyakit Sistemik Beberapa penyakit seperti gangguan ginjal, gangguan hati, kerusakan pembuluh darah, gangguan keseimbangan hormonal, serta kanker bisa menimbulkan rasa kesemutan. Kekurangan Vitamin Vitamin E, B1, B6, B12 dan niacin merupakan vitamin esensial untuk kesehatan syaraf. Kekurangan vitamin-vitamin ini bisa menyebabkan gangguan syaraf [...]

8 Alasan Mengapa Berat Badan  Tidak Kunjung Turun

8 Alasan Mengapa Berat Badan Tidak Kunjung Turun

Anda sudah makan lebih sedikit dari biasanya dan sudah rajin berolahraga. Namun mengapa angka timbangan Anda tidak juga mau bergeser ke kiri, bahkan terus saja bergeser ke arah kanan. Apa penyebabnya? Mungkin saja Anda mengalami hal berikut ini: Kurang tidur Ketika Anda kurang beristirahat atau kurang tidur, siklus hormon di dalam tubuh juga akan menjadi terganggu. Perubahan hormonal tersebut bisa berupa meningkatnya rasa lapar dan membuat Anda tidak juga merasa kenyang ketika makan. Akibatnya ketika Anda tidur larut, keinginan Anda untuk mengemil di malam hari menjadi tidak terbendung lagi. Stres Saat Anda sedang mengalami stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol atau hormon stres. Peningkatan hormon kortisol ini juga bisa meningkatkan rasa lapar. Oleh karena itu, Anda mungkin sering kali mencari makanan tinggi kalori untuk membantu Anda ?menenangkan? diri. Obat antidepresi Salah satu efek samping dari obat antidepresi adalah peningkatan berat badan. Oleh karena itu, jika Anda sedang mengonsumsi obat antidepresi dan mengalami peningkatan berat badan, cobalah berkonsultasi dengan dokter Anda. Namun jangan memberhentikan obat tersebut tanpa berkonsultasi lebih dahulu dengan [...]

5 Cara Dapatkan Tubuh Langsing Permanen

5 Cara Dapatkan Tubuh Langsing Permanen

Anda yang memiliki masalah dengan kegemukan tentu mempunyai impian untuk memiliki tubuh yang ideal. Dan ketika Anda sudah berhasil menurunkan berat badan, pastinya Anda tidak ingin kembali seperti dulu. Berikut adalah beberapa kiat agar tubuh Anda langsing dan ideal secara permanen:1. Menetapkan tujuanKebanyakan orang berusaha menurunkan berat badan hanya dengan memfokuskan satu tujuan: menurunkan angka timbangan. Proses menurunkan berat badan tentu tidak terlepas dari perubahan pola diet dan olahraga. Jadikan ini sebagai kebiasaan. Tetapkan tujuan yang realistis dan spesifik. Misalnya, jogging dalam 30 menit selama 5 kali per minggu. Selain itu, tanamkan pula pada diri Anda bahwa tujuan Anda untuk menurunkan berat badan adalah karena ingin sehat. Angka timbangan yang bergeser ke kiri hanyalah bonus.2. Mengetahui faktor pencetus Adakah situasi-situasi di mana Anda ingin makan berlebih? Contohnya ketika lembur, bosan atau stres? Cobalah perhatikan, lalu ubah kebiasaan Anda itu. Ketimbang makan, Anda bisa melakukan yoga untuk menenangkan pikiran Anda. Selain itu, singkirkanlah jauh-jauh camilan yang tidak sehat. Jika camilan-camilan tersebut masih ada di sekitar Anda, tentu Anda akan [...]

6 Cara Menjaga Kebugaran di Kantor

6 Cara Menjaga Kebugaran di Kantor

Banyak orang yang merasa malas melakukan olahraga ringan saat di kantor, padahal sedikit pergerakan di kantor akan mengurangi keluhan pegal-pegal. Terlalu lama duduk dan menatap layar komputer dapat membuat tubuh 'menguap'. Akibatnya, tubuh pun terasa lemas dan pegal-pegal. Kondisi bisa bertampah parah dengan asupan makan siang yang menumpuk. Menurut penelitian yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Alberta, Kanada, menjelaskan, mereka yang bekerja di belakang meja mulai pukul delapan pagi sampai lima sore pasti sering mengeluh pegal-pegal pada punggung serta kaku di bagian otot-otot tubuhnya. Keluhan tersebut tidak lain lantaran kebiasaan bekerja duduk terlalu lama yang bisa mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh-pembuluh darah. Untuk mengatasinya harus melakukan gerakan senam ringan yang biasa dilakukan di kantor. Berikut ini ada beberapa latihan atau olahraga ringan yang dapat dilakukan di belakang meja dan mengurangi risiko kesehatan, seperti; [...]

Inilah Arti Dari Gejala Nyeri Dada Anda

Inilah Arti Dari Gejala Nyeri Dada Anda

Pernahkah Anda mengalami nyeri dada? Rasa nyeri pada dada secara umum selalu dikaitkan dengan sakit jantung, padahal tidak semuanya demikian, bagaimana membedakannya? Mari kita telaah lebih jauh.Di dalam rongga dada manusia terdapat jantung, paru-paru, juga otot-otot pernafasan manusia, melalui hal ini kita dapat menyimpulkan nyeri dada dapat timbul sebagai akibat gangguan pada beberapa organ tubuh yang baru saja disebutkan.Setiap nyeri dada yang ditimbulkan akibat organ-organ tersebut biasanya muncul dengan memiliki karakter sendiri-sendiri.Bagaimana caranya menentukan nyeri dada yang diakibatkan gangguan jantung? Apa bedanya nyeri dada yang diakibatkan masalah lambung? Bagaimana nyeri dada yang diakibatkan oleh masalah paru-paru?Berikut ini penjelasannya: Nyeri Dada Karena Gangguan Jantung: Nyeri dada yang menandakan adanya gangguan pada jantung biasanya dirasakan sebagai sensasi tertindih beban [...]

Mengapa Kita Selalu Mengantuk Setelah Makan?

Mengapa Kita Selalu Mengantuk Setelah Makan?

Sejatinya, mengantuk adalah salah satu panggilan alarm alamiah tubuh ketika tubuh meminta haknya untuk beristirahat. Namun beda keadaannya jika ditemukan kondisi selalu mengantuk setiap setelah makan. Karena kerap kali keadaan tersebut justru menghambat aktivitas sehari-hari. Walau terdapat satu teori yang menyebutkan kondisi mengantuk setiap habis makan adalah dilatarbelakangi oleh kurangnya pasokan oksigen ke otak karena tersitanya oksigen kepada proses pencernaan (semakin banyak yang dicerna / dimakan, semakin banyak kebutuhan oksigen), masih terdapat pendapat yang mengungkapkan keadaan mengantuk setelah makan adalah indikasi dari kekurangan beberapa zat dari kandungan enzim pada makanan atau kondisi kadar gula darah pada tubuh.Seperti dikutip dari Helium dan Steadyhealth, ada tiga alasan yang menyebabkan seseorang mengantuk setelah makan, yaitu: 1. Kekurangan enzim Enzim bisa diibaratkan sebagai [...]

Mengisi Kembali Energi dengan 5 Cara Ini

Mengisi Kembali Energi dengan 5 Cara Ini

Kelelahan hingga hilangnya semangat bisa dialami oleh semua orang. Namun bagaimana jika kondisi tersebut terjadi secara rutin? Mungkin ada yang salah dengan pola makan atau gaya hidup Anda selama ini. Jangan khawatir, ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga tingkat energi Anda. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda terapkan: Aktivitas Fisik Berolahraga saat lelah dianggap bisa menambah rasa lelah Anda, padahal hal ini tidak sepenuhnya benar. Para ahli menyebutkan bahwa melakukan jalan sebentar selama 10 menit bisa meningkatkan energi Anda. Nah, mungkin saja penyebab lelah Anda adalah karena kurangnya berolahraga. Itu terjadi karena bila tidak rutin berolahraga, maka kapasitas pengantaran oksigen tidak maksimal dan tubuh akhirnya menjadi cepat lelah. Tidur Siang Penelitian menunjukkan bahwa informasi yang berlebihan serta tindakan yang memforsir otak kita terlalu berat bisa menurunkan energi tubuh kita. Untuk meningkatkan kembali energi tubuh, tidur siang memiliki peran yang sangat penting. Tidur siang selama 10-15 menit memang sebentar, namun efeknya bagus untuk kesehatan fisik serta mental Anda.Berikut kiat lainnya agar Anda dapat bugar kembali dengan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *