Jerawat Pada Orang Dewasa

jerawat-dewasa-obat-puber.jpg

Adult Acne (AA) merupakan suatu kejadian jerawat yang muncul di usia dewasa. Hal ini tentu tidak lazim karena kebanyakan kasus jerawat muncul pada usia remaja. Pada umumnya, jerawat muncul pada usia 16-19 tahun untuk pria, usia 14-17 tahun untuk wanita, dan masa di mana seseorang berjerawat akan berakhir di rata-rata usia 25 tahun.

Namun ada sekitar 15% kasus di mana jerawat muncul di atas usia 25 tahun, yang kerap diberi nama Adult Acne atau Post Adolescent Acne.

Jerawat sendiri timbul terutama akibat 4 hal yaitu adanya peradangan menahun di kelenjar minyak, aktifitas dari P. acnes, hiperkeratinisasi dan reaksi sistem imunitas di kulit kita. Keempat hal itu merupakan penyebab munculnya jerawat pada tubuh kita.

Apa saja keempat klasifikasi jerawat yang terjadi pada orang dewasa?

Klasifikasi Jerawat Pada Orang Dewasa

Klasifikasi jerawat pada orang dewasa adalah late onset acne, persistent acne, dan acne relapse.

  • Late Onset Acne

Merupakan kasus jerawat yang muncul setelah usia 25 tahun. Kasus jerawat jenis ini bisa dibagi menjadi jerawat yang hanya berada di dagu (chin acne) dan jerawat yang muncul di seluruh tubuh (sporadic).

  • Persistent Acne

Merupakan kasus dimana jerawat timbul terus menerus dan tidak dapat hilang. Penyebab dari kasus ini adalah terapi yang kurang efektif, terapi yang tidak tepat, dan tidak adanya respon terhadap obat yang pernah diberikan.

  • Relapse

Merupakan jenis jerawat yang muncul setelah kesuksesan terapi sebelumnya. Jadi pada kasus ini, seseorang dapat sudah sembuh dari jerawat namun muncul lagi terutama diatas usia 25 tahun. Penyebab dari kasus ini adalah gangguan hormonal, faktor genetik serta faktor eksternal.

Hal yang perlu diperhatikan pada kondisi jerawat yang terjadi pada orang dewasa adalah dampak psikis yang didapat. Jika demikian, bagaimana penanganannya?

Konsekuensi Psikis Jerawat Pada Orang Dewasa

dr. Sjarif M. Wasitaatmadja Sp.KK(K) di Kongres Nasional Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin 2014 di Bandung, Rabu (27/8) lalu.

Jerawat yang muncul di usia dewasa memliki beberapa konsekuensi terutama dari segi psikis seseorang.

Sebagaimana yang disampaikan dr. Sjarif M. Wasitaatmadja Sp.KK(K) pada kesempatan simposium Adult Acne: Multi-Faceted Disorder pada Kongres Nasional Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit & Kelamin, ?Kasus jerawat ini dapat memunculkan efek yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari seperti rasa percaya diri yang kurang hingga menggangu dalam pekerjaan kita sehari-hari.?

Pada program yang didukung oleh DoveMed tersebut, lebih lanjut dr. Sjarif menjelaskan; ?Oleh karena itu, munculnya jerawat di usia dewasa pun harus selalu mendapatkan perhatian dan terapi sama seperti kasus munculnya jerawat di usia remaja.?

Pengobatan jerawat pada orang dewasa sama seperti pengobatan jerawat pada usia remaja, yaitu dapat terdiri dari pemberian antibiotik, retinoin dan obat-obatan lainnya.

Kesimpulannya adalah walaupun usia Anda sudah bukan remaja bukan berarti Anda rentan terhadap munculnya jerawat oleh karena itu sangatlah penting bagi Anda untuk selalu memperhatikan kebersihan wajah, serta menjaga hidup lebih sehat.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Perawatan Kulit Segar

Perawatan Kulit Segar

Perawatan Kulit Segar Berikut tahap-tahap perawatan kulit wajah agar selalu tampak sehat dan segar : Membersihkan wajah bisa dilakukan dengan susu pembersih dan sabun muka.Susu pembersih digunakan untuk membersihkan wajah dari berbagai riasan kosmetik yang menempel. Bersihkan sisa susu pembersih dengan washlap basah, bukan dengan kapas . Lap basah, terutama yang hangat dapat mengangkat sisa susu pembersih sampai ke pori-pori. Setelah sisa susu pembersih terangkat semua, lanjutkan dengan pemberian penyegar menggunakan kapas yang ditepuk-tepuk pada wajah. Sedangkan pembersih dengan sabun muka, sebaiknya dilakukan dua kali sehari, pada pagi dan malam hari. Pilihlah produk yang pH balance, artinya produk tersebut memiliki pH yang seimbang dan sesuai untuk kulit, tidak terlalu asam maupun alkalis. Sabun dengan pH yang terlalu alkalis menyebabkan kulit muka terasa kencang dan kering. Melembabkan wajah dapat dilakukan dengan pemberian krim atau lotion pada kulit wajah agar terlindung dari masalah kekeringan.Pilihlah pelembab wajah yang mengandung loaded liposome, yaitu suatu partikel kecil berbentuk [...]

Solusi Kulit Kering Karena AC

Solusi Kulit Kering Karena AC

Oleh: dr. Nadia Octavia Meskipun nyaman berada di ruangan ber-AC (Air Conditioner). AC yang bermasalah dapat mengundang masalah baru untuk kesehatan kulit, yakni kulit kehilangan kelembabannya dan kulit menjadi kering. Namun tidak usah khawatir, berikut ini adalah kiat-kiatnya untuk menjaga kenyamanan aktivitas tanpa risau akan kulit yang kering akibat paparan AC, antara lain: Suhu Air Mandi Ketika Anda mandi, hindarilah mandi dengan air yang panas. Karena air bersuhu tinggi lebih mudah mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan suhu air yang biasa. Jika Anda senang dan menikmati berendam, usahakan batasi cukup 5 hingga 10 menit saja paling lama. Pelembab Setelah Mandi Gunakan pelembab setelah mandi, karena pelembab akan membantu menahan molekul air yang terpapar setelah mandi dan menguncinya lebih lama. Bahan Baju Juga Penting Hindari mengenakan pakaian yang terbuat dari wol atau serat sintetis lainnya. Karena bahan tersebut mudah menimbulkan iritasi pada kulit kering. Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan katun atau serat alami lainnya. Minum Air Putih Kondisi kelembaban kulit sangat bergantung pad [...]

Kulit Sensitif

Kulit Sensitif

Bisa pula diartikan sebagai kulit yang tipis, mudah iritasi dan kadang kala berwarna kemerahan. Biasanya ditandai dengan mudah memerah atau meradang, sangat mudah berjerawat dan sering terasa gatal atau memerah jika terkena kosmetik atau perawatan kulit. Kulit jenis ini bisa jadi berminyak serta merta juga kering, namun kebanyakan sifatnya berminyak. Perawatan kulit sensitif harus ekstra hati-hati. Sebaiknya selalu memperhatikan label produk kosmetik dan pilihlah produk yang diberi label ?hypoallergenic? atau produk khusus bagi kulit sensitif. Untuk orang yang memiliki kulit sensitif, berkondisikan di mana pembuluh darah (kapiler) dan ujung saraf terletak dekat ke permukaan kulitnya. Hal ini pula yang sering dipakai oleh para ahli untuk menjelaskan perihal musabab orang yang berkulit sensitif. Pun untuk orang yang memiliki kulit sensitif, masalah kulit bisa mudah terpicu dari pola makanan yang dikonsumsi. Seperti halnya ketika mengkonsumsi makanan pedas, kafein, rokok dan Niacin (vitamin B3). Timbulnya gangguan kulit kebanyakan disebabkan oleh asupan konsumsi tersebut memperbanyak aliran darah ke permukaan kulit, sehingga kulit menjadi merah. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya k [...]

4 Hal yang Dapat Anda Lakukan di Valentine untuk Kesehatan Kulit

4 Hal yang Dapat Anda Lakukan di Valentine untuk Kesehatan Kulit

Hari Kasih Sayang menjelang di bulan Februari ini. Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengutarakan kasih sayang Anda kepada anggota keluarga di rumah, beberapa diantaranya adalah menunjukan kepedulian kesehatan kulit dengan senantiasa menyediakan krim untuk kulit di rumah Anda. Dengan krim untuk kulit, banyak hal yang dapat Anda lakukan dalam mewujudkan kasih sayang di hari Valentine ini, antara lain: Bermasker-Krim-Kulit-ria untuk Kesehatan KulitAmbil krim untuk kulit Anda, dan mulailah ratakan krim untuk kulit Anda ke seluruh wajah. Diamkan sejenak selama 10-20 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat dan handuk. Kulit Anda akan terasa lebih kencang, lembab dan kenyal. Terutama jika Anda menggunakan krim yang mengandung Eucerit, glycerol dan Panthenol. Ketiga kandungan ini saling melengkapi kebutuhan nutrisi kulit Anda. Memberikan Pijatan Kasih Sayang dengan Krim untuk KulitJika Anda bersama pasangan, Anda dapat mengajaknya dalam suasana pijatan yang romantis dengan krim untuk kulit. Pilihlah krim untuk kulit yang memiliki aroma lembut dan mengandung Panthenol. Kandungan Panthenol membantu memberikan sensasi kulit yang segar dan sejuk, menambah suasan [...]

Mencegah Ruam Kulit Pada Bayi

Mencegah Ruam Kulit Pada Bayi

Oleh: dr. Jessica Florencia Ruam kulit pada bayi menyebabkan bayi Anda lebih rewel. Belum lagi menyedihkan hati rasanya jika melihat sang buah hati tak berdaya menderita karena gatal-gatal akibat ruam kulit yang di deritanya. Ada beberapa faktor pencetus dan penyebab dari munculnya ruam kulit pada bayi. Antara lain: Popok yang jarang digantiPenyebab paling sering adalah ruam popok. Anda dapat mengantisipasinya dengan lebih sering mengganti popok pada bayi Anda. Dengan demikian kebersihannya terjaga dengan baik dari risiko paparan kotoran-kotoran pencetus ruam pada kulit. Alergi popok atau bahan pakaian lainnyaHindari pemakaian bahan pakaian dari serat sintetis atau wol. Gunakanlah bahan katun alami yang sekiranya lebih nyaman dikenakan bayi Anda. Perhatikan juga jenis popok yang Anda pakaikan pada si kecil. Pilihlah jenis popok yang tidak mengandung bahan pewangi yang dapat mencetuskan alergi. Ukuran popok atau pakaian yang terlalu kecil dan ketatPakaian yang terlalu ketat dapat menimbulkan iritasi dan perlukaan (lecet) pada kulit bayi. Anda dapat menyesuaikan kembali ukuran pakaian yang sepantasnya. Penggunaan produk kulit bayi yang [...]

Masker Wajah

Masker Wajah

Pemakaian masker pada wajah memberikan manfaat tersendiri pada wajah bagi kesehatan kulit. Kulit yang sehat merupakan representatif dari kulit yang cantik. Manfaat masker wajah itu sendiri pada kulit wajah adalah untuk menyegarkan, memperbaiki serta mengencangkan kulit wajah. Disamping melancarkan peredaran darah, merangsang kembali kegiatan sel-sel kulit dalam hal ini proses regenerasi sel serta mengangkat sel tanduk yang telah mati. Hal inilah yang membuat masker merupakan sarana pembersih wajah yang paling efektif. Ada baiknya, pemakaian masker dilakukan secara berkala dengan interval waktu tertentu. Bentuk masker wajah dapat berupa bubuk, cair transparan, serta bentuk lainnya. Apapun bentuk masker itu sendiri, tidak akan memengaruhi proses penyerapan manfaat bagi kulit. Penting adanya untuk menyesuaikan jenis kulit dengan jenis masker yang akan digunakan. Berikut beberapa jenis masker Masker untuk kulit normal Masker yang berbahan dasar sayur atau buah-buahan segar dapat dimanfaatkan utnuk jenis kulit normal, diantaranya seperti buah ketimun, wortel, pepaya, kentang, tomat. Masker untuk kulit kering Untuk kulit kering bisa mengambil pisang, alpukat dan buah-buahan lain yang m [...]

Sering Mandi, Kulit Jadi Happy

Sering Mandi, Kulit Jadi Happy

Kalau kulit dapat berbicara, ia pasti akan mengeluh. Bayangkan, setiap hari kulit Anda terkena panas terik sinar matahari, polusi kendaraan, dan debu kotor. Semua ini memicu kulit menjadi lekas kering dan penuaan dini.Makanya, supaya kulit jadi bersahabat, Anda harus membuatnya senang. Dan caranya gampang kok. Tak perlu repot ke spa, cukup dengan mandi. Kenapa mandi? Karena mandi adalah langkah awal pemeliharaan kulit. Mandi tak hanya membersihkan kulit, tapi juga merawat kelembutannya. Kulit jadi rileks dan tetap cantik.Tapi mandi pun ada aturannya. Berikut adalah yang harus dihindari ketika mandi: Jangan terlalu sering mandi air hangat Setelah hari yang melelahkan, enak banget rasanya mandi pakai air hangat. Badan jadi rileks. Tapi sebenarnya, mandi air hangat terlalu sering dapat membuat kulit jadi kering karena dapat mengurangi kelembapan alami kulit. Air dengan suhu yang terlalu panas akan mengikis lipid pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan air dengan temperatur ruangan, sehingga kulit menjadi lebih kering. Terlalu sering mandi Mandi yang betul itu cukup dua kali sehari. Jadi salah kalau Anda membutuhkan waktu beberapa kali untuk mandi, karena berpotensi membuat kul [...]

Kulit Kering? Jangan Didiamkan Saja!

Kulit Kering? Jangan Didiamkan Saja!

Apakah Anda mengenal jenis kulit Anda? Bagaimana selama ini Anda merawat kulit Anda?Untuk dapat memberikan perawatan yang tepat pada kulit kita, maka sebaiknya kita mengenali jenis kulit kita terlebih dahulu. Spektrum jenis kulit yang ada adalah kulit normal, berminyak, kering, dan sensitif. Beberapa orang juga memiliki jenis kulit kombinasi di beberapa area kulit. Selain itu, jenis kulit juga dapat berubah sesuai dengan usia. Misalnya, orang yang lebih muda lebih cenderung memiliki kulit normal jika dibandingkan dengan orang yang berusia lebih tua.Sebenarnya, secara garis besar, jenis kulit berkaitan dengan beberapa faktor seperti berikut: Kandungan air kulit yang mempengaruhi kenyamanan, elastisitas, dan kelembapan kulit Kandungan minyak yang mempengaruhi kelembapan dan kelembutan kulit Tingkat sensitivitas Di antara spektrum jenis kulit yang ada, kulit kering dan sensitif sering kali membutuhkan perhatian lebih dan khusus karena jenis kulit ini kerap membuat tidak nyaman dan menimbulkan keluhan-keluhan yang mengganggu. Untuk itu perawatannya harus diperhatikan dengan lebih teliti dan hati-hati.Apakah Anda memiliki kulit kering? Cermati beberapa ciri berikut ini d [...]

Awas Penyakit Kulit Karena Sprei Kotor!

Awas Penyakit Kulit Karena Sprei Kotor!

Oleh: dr. Salma Oktaria Mungkin terlihatnya masih bersih, walau sudah 3 pekan sprei Anda tidak dicuci. Tidak beraroma aneh, masih kelihatan tidak bernoda, masih nyaman. Tapi dibawah kemampuan penglihatan kita yang terbatas. Berkeliaranlah kutu dan tungau yang siap menyebabkan infeksi penyakit kulit pada Anda. Salah satu dari sekian banyak penyakit yang mudah muncul dari tempat tidur yang kotor adalah skabies. Skabies adalah suatu bentuk penyakit kulit yang disebabkan oleh sensitisasi terhadap parasit tungau kecil Sarcoptes scabiei var, hominis dan produknya. Jangan tunggu sampai baru muncul gejala-gejala skabies berikut ini: Gatal yang mengganggu pada malam hari Ditemukan bintil berupa lesi (perlukaan) khas berupa seperti jerawat kecil. Muncul bintil ini biasanya di sela jari, pergelangan tangan, sisi lengan bawah bagian dalam, siku bagian luar, lipat ketiak, puting, pusar, bokong, kelamin dan perut bagian bawah. Ditemukan adanya tungau baik dalam bentuk telur, larva ataupun tungau dewasa. Akan semakin berisiko jika Anda melakukan sharing pakaian atau handuk dengan orang lain. Oleh karena itu jagalah tempat istirahat Anda dengan cara melakukan kiat-kiat sehat beriku [...]

4 Alasan Pria Juga Memerlukan Perawatan Kulit

4 Alasan Pria Juga Memerlukan Perawatan Kulit

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Pria juga butuh perawatan kulit? Jawabnya adalah mutlak; iya! Perawatan kulit tidak melulu hanya untuk kaum hawa, tetapi juga kaum pria. Daripada kami membiarkan Anda dalam kebingungan berlama-lama, simaklah berikut 4 alasan utama berikut ini kenapa pria juga membutuhkan perawatan kulit: Perawatan After-ShaveJika setelah bercukur Anda menggunakan produk after-shave yang kerap kali mengundang rasa sensasi perih di rahang Anda, mulailah beralih untuk menggunakan losio after-shave yang menyejukkan diikuti dengan krim pelembab. Pilih krim pelembab yang mengandung panthenol, glycolic acid, atau salycilic acid. Krim tersebut memberikan efek menyejukkan dan melembutkan kulit, mengangkat sel kulit mata dan mencegah sumbatan pada pori-pori. Hal ini terutama penting pada Anda yang memiliki masalah jerawat. Selain dapat membantu dan menjaga kelangsungan proses regenerasi sel, krim untuk kulit juga bermanfaat pada kesehatan kulit wajah. Kelembaban Anda lebih terjaga dengan baik dan terlihat bersih terawat sepanjang hari. Perawatan SikuPada beberapa bagian kulit, baik pada pria maupun perempuan, terdapat area yang lebih tebal dibandingkan bagian [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *