Jerawat Pada Orang Dewasa

jerawat-dewasa-obat-puber.jpg

Adult Acne (AA) merupakan suatu kejadian jerawat yang muncul di usia dewasa. Hal ini tentu tidak lazim karena kebanyakan kasus jerawat muncul pada usia remaja. Pada umumnya, jerawat muncul pada usia 16-19 tahun untuk pria, usia 14-17 tahun untuk wanita, dan masa di mana seseorang berjerawat akan berakhir di rata-rata usia 25 tahun.

Namun ada sekitar 15% kasus di mana jerawat muncul di atas usia 25 tahun, yang kerap diberi nama Adult Acne atau Post Adolescent Acne.

Jerawat sendiri timbul terutama akibat 4 hal yaitu adanya peradangan menahun di kelenjar minyak, aktifitas dari P. acnes, hiperkeratinisasi dan reaksi sistem imunitas di kulit kita. Keempat hal itu merupakan penyebab munculnya jerawat pada tubuh kita.

Apa saja keempat klasifikasi jerawat yang terjadi pada orang dewasa?

Klasifikasi Jerawat Pada Orang Dewasa

Klasifikasi jerawat pada orang dewasa adalah late onset acne, persistent acne, dan acne relapse.

  • Late Onset Acne

Merupakan kasus jerawat yang muncul setelah usia 25 tahun. Kasus jerawat jenis ini bisa dibagi menjadi jerawat yang hanya berada di dagu (chin acne) dan jerawat yang muncul di seluruh tubuh (sporadic).

  • Persistent Acne

Merupakan kasus dimana jerawat timbul terus menerus dan tidak dapat hilang. Penyebab dari kasus ini adalah terapi yang kurang efektif, terapi yang tidak tepat, dan tidak adanya respon terhadap obat yang pernah diberikan.

  • Relapse

Merupakan jenis jerawat yang muncul setelah kesuksesan terapi sebelumnya. Jadi pada kasus ini, seseorang dapat sudah sembuh dari jerawat namun muncul lagi terutama diatas usia 25 tahun. Penyebab dari kasus ini adalah gangguan hormonal, faktor genetik serta faktor eksternal.

Hal yang perlu diperhatikan pada kondisi jerawat yang terjadi pada orang dewasa adalah dampak psikis yang didapat. Jika demikian, bagaimana penanganannya?

Konsekuensi Psikis Jerawat Pada Orang Dewasa

dr. Sjarif M. Wasitaatmadja Sp.KK(K) di Kongres Nasional Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin 2014 di Bandung, Rabu (27/8) lalu.

Jerawat yang muncul di usia dewasa memliki beberapa konsekuensi terutama dari segi psikis seseorang.

Sebagaimana yang disampaikan dr. Sjarif M. Wasitaatmadja Sp.KK(K) pada kesempatan simposium Adult Acne: Multi-Faceted Disorder pada Kongres Nasional Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit & Kelamin, ?Kasus jerawat ini dapat memunculkan efek yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari seperti rasa percaya diri yang kurang hingga menggangu dalam pekerjaan kita sehari-hari.?

Pada program yang didukung oleh DoveMed tersebut, lebih lanjut dr. Sjarif menjelaskan; ?Oleh karena itu, munculnya jerawat di usia dewasa pun harus selalu mendapatkan perhatian dan terapi sama seperti kasus munculnya jerawat di usia remaja.?

Pengobatan jerawat pada orang dewasa sama seperti pengobatan jerawat pada usia remaja, yaitu dapat terdiri dari pemberian antibiotik, retinoin dan obat-obatan lainnya.

Kesimpulannya adalah walaupun usia Anda sudah bukan remaja bukan berarti Anda rentan terhadap munculnya jerawat oleh karena itu sangatlah penting bagi Anda untuk selalu memperhatikan kebersihan wajah, serta menjaga hidup lebih sehat.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Alasan Penting Adanya Krim Untuk Kulit di Rumah

6 Alasan Penting Adanya Krim Untuk Kulit di Rumah

Krim untuk kulit? Bukannya itu hanya untuk urusan perempuan saja? Salah besar. Kebutuhan krim untuk kulit sejatinya dibutuhkan untuk seluruh anggota keluarga, dari anak, bahkan hingga pria dewasa, semua membutuhkan krim untuk kulit. Kok bisa? Berikut ini 6 alasan utama kenapa Anda perlu untuk senantiasa memiliki krim untuk kulit di rumah. Pertolongan Pertama Kulit Gatal karena Kulit KeringKulit gatal paling sering dicetuskan oleh kondisi kulit yang kering. Kulit yang kering membutuhkan perawatan pelembab yang paling baik dan aman untuk kulit. Anda dapat memilih krim untuk kulit yang memiliki kandungan Eucerit, Panthenol dan glycerol. Karena trio kandungan ini dapat aktif lebih baik menjaga kelembaban kulit Anda sepanjang hari. Glycerol membantu kelembaban kulit, didukung dengan Panthenol yang membantu penetrasi ke dalam lapisan kulit yang dalam, sehingga glycerol lebih awet menjaga kelembaban kulit. Eucerit adalah lanolin alkohol yang telah melalui proses pemurnian berkali-kali, yang membuatnya relative aman digunakan semua anggota keluarga. Penanganan Luka BakarLuka bakar ringan dapat Anda atasi dengan penggunaan krim untuk kulit. Dari sundutan rokok, terp [...]

Cegah Komedo Timbul Kembali dengan Cara Ini!

Cegah Komedo Timbul Kembali dengan Cara Ini!

Kita sering mendengar kata-kata komedo. Namun, apa sebenarnya komedo itu? Kulit memiliki pori-pori yang merupakan tempat keluarnya minyak dari kelenjar minyak (sebum). Ketika tubuh memproduksi minyak dan sel-sel kulit mati yang berlebihan, maka pori-pori kulit akan mudah tersumbat. Ditambah lagi dengan debu kotoran yang membuat kulit semakin tersumbat.Pori-pori yang tersumbat ini berarti tersumbatnya saluran keluar kelenjar minyak. Sumbatan inilah yang kemudian kita kenal sebagai komedo. Jika sumbatan tertutup oleh kulit, maka akan tampak seperti bintik putih dan disebut dengan komedo putih (whitehead). Jika komedo tidak tertutup lapisan kulit, maka akan tampak hitam sehingga disebut komedo hitam (blackhead).Jika terdapat bakteri di sekeliling komedo tersebut, maka dapat terjadi peradangan dan munculnya masalah kulit yang kita ketahui sebagai jerawat.Cara penanganan komedo yang paling baik adalah dengan ekstraksi komedo. Frekuensi ekstraksi komedo ini sebenarnya sangat bergantung pada kondisi kulit seseorang. DIrekomendasikan untuk dilakukan ekstraksi komedo satu kali dalam 2-4 minggu. Namun, terdapat rekomendasi terbaru dari sebuah penelitian yang menyarankan untuk melakukan ekstr [...]

Teh Hijau Bisa Mencegah Jerawat & Kanker Kulit

Teh Hijau Bisa Mencegah Jerawat & Kanker Kulit

Telah diakui bahwa teh hijau memiliki banyak manfaat. Hal itu bisa dilihat dari menjamurnya produk kecantikan maupun produk non-kecantikan yang memakai teh hijau sebagai bahan dasar. Namun, apakah teh hijau baik untuk kesehatan kulit wajah? Berikut penjelasannya:Teh hijau banyak dikonsumsi di negara-negara Asia, termasuk India, Jepang, Korea, dan Cina. Seperti teh hitam dan teh oolong, teh hijau berasal dari tanaman Camellia sinensis. Namun, tidak seperti dua varietas lainnya, daun teh hijau tidak difermentasi sebelum dikukus dan pengeringan sehingga tetap segar.Hasan Mukhtar, seorang profesor dermatologi dari Case Western Reserve University di Cleveland, menjelaskan bahwa senyawa antioksidan dalam teh hijau memiliki kekuatan untuk melindungi kulit. "Dari semua antioksidan yang dikenal manusia, komponen teh hijau adalah yang paling ampuh,? ujar Mukhtar. Antioksidan adalah senyawa yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas, yang merupakan agen dan penyebab kerusakan sel maupun jaringan. [...]

Jenis Kulit Apakah Anda?

Jenis Kulit Apakah Anda?

Untuk dapat menentukan perawatan kulit yang tepat, terlebih dahulu kita harus mengenali dengan baik jenis kulit yang dimilki. Karena pada prinsipnya, setiap jenis kulit akan berbeda teknik perawatannya. Pada dasarnya, terdapat 3 klasifikasi jenis kulit pada manusia, ketiga tipe dasar kulit adalah kering, berminyak, dan kombinasi. 1. Kulit BerminyakKulit berminyak memiliki ciri-ciri khusus, yakni mudah terindikasi dengan terlihatnya permukaan kulit yang cenderung mengkilap. Pada jenis kulit macam ini, banyak kasus timbulnya komedo dan jerawat. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan kalenjar minyak (sebum) yang sebetulnya berfungsi membantu mencegah kulit dari kekeringan. Namun akibat lingkungan yang penuh kotoran dan debu yang tidak terlihat, kulit berminyak cenderung lebih mudah ?menangkap? kotoran dan debu yang tidak terlihat tersebut dibangdingkan jenis kulit kering. Tak ayal, kulit berminyak cenderung lebih mudah timbul jerawat pada permukaan kulit. Perawatan Kulit Berminyak: Sesungguhnya kendala ini mudah diatasi dengan mencuci muka dengan sabun khusus muka dan air yang mengalir. Cukup basuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang mene [...]

3+1 Makanan untuk Atasi Kulit Berminyak

3+1 Makanan untuk Atasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak bisa dimiliki oleh semua perempuan dari usia muda hingga lanjut. Aktivitas kelenjar minyak (sebum) yang berlebihan adalah penyebab utamanya. Tak heran kulit berminyak mudah dikenali dengan terlihatnya permukaan kulit yang cenderung mengilap. Mengubah pola asupan nutrisi sehari-hari dapat mengatasi masalah kulit berminyak. Apa saja makanan yang perlu dikonsumsi? Berikut di antaranya:1. Hindari Makanan Rendah LemakMakanan berlemak dan makanan yang digoreng sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak karena dapat meningkatkan produksi minyak di kulit. Konsumsilah makanan segar yang rendah lemak trans dan lemak jenuh. Pilih yoghurt tanpa lemak ketimbang yoghurt manis yang ditambahi susu. Olahan ikan atau unggas tanpa kulit (yang tidak digoreng) juga baik untuk disantap ketimbang ayam goreng.Berikut menu makanan lainnya yang dapat membantu mengatasi kulit berminyak: Makanan Lainnya Pencegah Kulit Berminyak [...]

Alat Kontrasepsi Bawah Kulit (AKBK)

Alat Kontrasepsi Bawah Kulit (AKBK)

Alat kontrasepsi bawah kulit atau dikenal juga dengan istilah implant progestinumumnya berupa kapsul plastik, tipis, fleksibel, yang mengandung 36mg levonorgestrel yang dimasukkan ke dalam kulit lengan wanita. Setelah diberi obat bius, dibuat sayatan dan dengan bantuan jarum dimasukkan kapsul implan. Tidak perlu dilakukan penjahitan. Kapsul ini melepaskan progestin ke dalam aliran darah secara perlahan dan biasanya dipasang selama 5 tahun. Mencegah kehamilan dengan cara menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur), mempertebal lendir mukosa leher rahim, mengganggu pergerakan saluran tuba, dan menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium. Kontrasepsi ini efektif dalam waktu 48 jam setelah diimplan dan efektif selama 5-7 tahun. a. Efektivitas Kehamilan terjadi pada 0,05/100 wanita pada 1 tahun penggunaan pertamab. Keuntungan Sangat efektif, bekerja untuk jangka waktu lamac. Kerugian Membutuhkan prosedur operasi kecil untuk pemakaian dan pelepasan, tidak melindungi dari PMSd. Efek samping Sakit kepala, payudara menjadi keras, peningkatan berat badan, kerontokan rambut, jerawat, perubahan mood, gangguan metabolisme lemak, hirsutisme, gangguan m [...]

3 Fungsi Nivea Creme untuk Ibu Hamil

3 Fungsi Nivea Creme untuk Ibu Hamil

Kehamilan adalah proses alami yang penuh keindahan. Klimaks kebahagiaan seorang wanita menjadi perempuan seutuhnya. Seiring perubahan fisik karena kondisi kehamilan, kulit ibu hamil akan diuji hingga ke batas maksimalnya. Perubahan fisik akan membuat kulit mengalami peregangan setiap harinya. Senti demi senti kulit teregang menyesuaikan bertambahnya volume perut yang kian membesar. Artinya kelenturan dan kekuatan kulit akan mencapai kemampuan regang yang sangat hebat. Tak pelak lagi dari kondisi tersebut muncul kondisi-kondisi alamiah kehamilan lainnya, seperti stretch marks, rasa gatal pada kulit, jerawat dan lainnya. Namun demikian ibu hamil tidak perlu khawatir Nivea Cr�me akan memastikan masa kehamilan Anda berjalan dengan mulus. Simak beberapa fakta fungsi Nivea Cr�me berikut ini untuk menunjang masa kehamilan Anda: 1. Mengurangi potensi munculnya stretch marks Pada trimester pertama masa kehamilan, perut Anda akan mulai perlahan membesar seiring dengan perkembangan janin dalam kandungan. Walau proses peregangan kulit belumlah mencapai batas maksimal, namun proses ini sebaiknya diikuti dengan kiat memelihara kelembapan kulit dengan rutin mengol [...]

Makanan Super untuk Kulit Sehat Bebas Keriput

Makanan Super untuk Kulit Sehat Bebas Keriput

Kulit berperan sebagai pembatas antara lingkungan eksternal dengan internal (tubuh) oleh karena itu berperan penting untuk perlindungan terhadap kerusakan mekanik, kimia, mikroorganisme, maupun kerusakan karena ultraviolet. Bagaimana dengan kesehatan kulit Anda? Apakah Anda mulai menyadari kerutan pada wajah Anda? Apakah Anda mengetahui bahwa konsumsi makanan tertentu dapat membantu mengurangi kulit keriput? Nutrisi memiliki pengaruh penting terhadap kesehatan kulit. Cobalah sertakan beberapa makanan berikut dalam menu harian Anda yang dapat membantu untuk mengurangi kulit keriput berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan: Sayuran Hijau dan Kuning Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi sayuran hijau dan kuning secara signifikan mengurangi keriput pada kulit. Kandungan antioksidan pada sayur-sayuran dapat mengurangi kerusakan kulit karena radikal bebas. Bayam, seledri, dan asparagus merupakan beberapa contoh sayuran yang telah diteliti dapat mengurangi kerutan pada kulit. Ikan Salmon dan ikan lainnya merupakan sumber protein yang penting. Protein diperlukan untuk pembentukan kulit yang sempurna. Selain itu, ikan juga merupakan sumber asam lemak esensial omega-3. Omeg [...]

Kunci Perawatan Kulit Sehari-hari

Kunci Perawatan Kulit Sehari-hari

Perawatan kulit wajah dan tubuh sebetulnya sederhana dan mudah untuk dilakukan. Bergantung pada jenis kulit, perawatan kulit tidak selalu memerlukan perawatan intensif dan berbiaya tinggi. Yang terpenting adalah Anda mengetahui prinsip perawatan kulit, dan menerapkannya secara rutin di rumah atau di manapun Anda berada. Berikut adalah perawatan kulit sehari-hari yang bisa Anda lakukan: Perlakukan kulit dengan lembut Ketika mandi dan mencuci muka, pilihlah sabun berbahan ringan dan lembut, gunakan sabun yang tidak mengandung pewangi, dan yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Ketika melakukan scrubbing, jangan menggosok kulit terlalu keras atau terlalu sering, karena dapat mengiritasi kulit. Hindari mandi terlalu lama, terutama dengan air hangat, agar minyak alami kulit tidak hilang. Selanjutnya keringkan tubuh dengan handuk secara perlahan (jangan menggosok kulit). Kemudian oleskan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Bila akan keluar rumah, gunakan pelembap yang mengandung SPF agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari. Jika Anda akan bercukur, oleskan shaving cream atau pelembap sebelumnya. Pastikan mata pisau cukup tajam dan bersih, kemudian cukur rambut s [...]

Cara Menghilangkan Komedo

Cara Menghilangkan Komedo

Cara Menghilangkan Komedo - Komedo adalah penyumbatan pori-pori pada kulit dan menimbulkan titik hitam atau putih yang biasanya terjadi di wajah, leher, dada atau punggung. Hal ini seringkali dialami oleh remaja yang menginjak masa pubertas.Sebelum kita bisa memahami bagaimana langkah menghilangkan komedo yang benar, ada baiknya kita mengenal dahulu bagaimana serba-serbi komedo terlebih dahulu.Komedo terjadi karena terdapatnya produksi berlebihan dari kelenjar minyak (sebum), kemudiannya karena berlebihan sebum itulah akhirnya menjadi penyumbatan di pori-pori.Terdapat 2 jenis komedo: Komedo terbuka atau yang lebih dikenal dengan blackheads Komedo tertutup atau yang lebih dikenal dengan whiteheads Cara Menghilangkan Komedo: Jenis-jenis Komedo 1. Komedo terbukaKomedo terbuka terjadi ketika produksi minyak atau sebum yang berlebih "membanjiri" pori-pori dan menyumbat pori itu sendiri. Sebum kemudian dapat menjadi "sarang bakteri" dan sel kulit mati yang kemudian bisa menjadi cikal bakal jerawat.Udara dapat masuk ke dalam komedo terbuka, mengoksidasi sebum dan mengubah warnanya dari putih ke hitam (blackheads). 2. Komedo tertutupSama saja pada komedo terbu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *