Kabar Gembira dari RS Mount Elizabeth untuk Pasien Parkinson

007615000_1414392366-DBS.jpg

Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura, kembali menawarkan satu pengobatan terkini bagi pasien parkinson stadium tiga, yaitu terapi Deep Brain Stimulation (DBS). Terapi ini merupakan kabar bahagia yang diberikan rumah sakit di bawah naungan Parkway Hospitals Singapore bagi para pasien parkinson.

Memang, gejala awal penyakit yang kerap diderita oleh lansia (orang usia lanjut) ini masih bisa diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun seiring dengan meningkatnya intensitas gejala yang timbul, maka terapi DBS sangat diperlukan, karena obat yang selama ini dikonsumsi berhenti bekerja dan menyebabkan kondisi pasien drop.

“Terapi Deep Brain Stimulation ini sering disebut sebagai batas baru dalam manajemen pengelolaan kondisi otak,” kata Dr John Thomas dalam Mount Elizabeth Hospitals Annual Medical Seminar `Synergy in Action` di Mandarin Orchard Hotel, Orchard Rd, Singapura, ditulisHealth-Liputan6.compada Senin (27/10/2014)

Cara kerja terapi Deep Brain Stimulation adalah dengan memasangkan kabel di otak yang berfungsi sebagai perangkat medis untuk mengirimkan impuls listrik ke bagian tertentu di otak. “Impuls dapat dikalibrasi untuk meringankan gerakan seperti tersentak-sentak dan tidak terkendali, yang berhubungan dengan dengan Parkinson,” kata John menjelaskan.

Meski begitu, satu yang harus diketahui oleh pasien parkinson adalah terapi DBS ini bukanlah untuk menyembuhkan, melainkan untuk membantu para pasien mengelola dampak penyakit yang memengaruhi kondisi pergerakan tubuh dan keseimbangan otot, yang menyebabkan tremor atau gemetar serta berkedut.

“Terapi ini dapat membantu mereka secara signifikan, dan meningkatkan mobilitas dan juga kualitas hidup pasien,” kata John yang merupakan Ahli Bedah Saraf dari Mount Elizabeth Novena, Singapura.

John menceritakan, sejumlah pasien yang telah menjalani terapi yang membutuhkan perencanaan pra-operasi yang cukup besar merasakan efek yang lebih baik. Sebelum diterapi, terlebih dulu dievaluasi otak dengan pemindai (scan otak MRI dan CT-scan) untuk menentukan wilayah yang dituju.

“Akibat perubahan yang cukup signifikan ini, mereka lebih mudah menggerakan tubuhnya, dan juga tidak mengalami kesulitan dalam mengontrol percakapan sendiri,” kata John.

Lebih lanjut pria yang juga menjabat sebagai Medical Director dari Immanuel Centre for Neurosurgery, Mount Elizabeth Medical Centre, menerangkan, parkinson memang bukan penyakit mematikan. Namun parkinson adalah penyakit yang dapat mengubah kehidupan seseorang secara drastis.

“Biasanya, penderita parkinson menggambarkan penyakit ini sebagai satu jebakan dalam tubuh, yang tidak bisa mereka kendalikan. Dengan adanya Deep Brain Stimulation, menawarkan harapan baru bagi pasien, untuk merebut kembali kemerdekaan hidupnya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Usai Diresmikan, RSU Anutapura Palu Siap Beroperasi

Usai Diresmikan, RSU Anutapura Palu Siap Beroperasi

Gedung fasilitas kesehatan pusat pelayanan medis Rumah Sakit Umum (RSU) Anutapura Palu, Sulawesi Tengah, akhirnya selesai dibangun dan diresmikan oleh Wakil Gubernur Sulteng, Sudarto, Sabtu 27 September 2014. Gedung yang menghabiskan dana sebesar Rp 58 miliar untuk pembangunannya ini, rencananya segera difungsikan. "Insya Allah November nanti mulai kita fungsikan rumah sakit umum itu," aku Direktur RSU Anutapura Palu, Dr Reny Lamadjido, kepada Liputan6.com di Palu, Senin (29/9/2014). Menurut dia, gedung baru Rumah Sakit Umum Anutapura berdiri di atas lahan 13.600 meter persegi yang dibangun dengan lima lantai berkapasitas 156 tempat tidur. Gedung ini nantinya dilengkapi dengan pelbagai peralatan medis modern."Nanti digedung baru kita sudah bisa digunakan untuk cuci darah bagi pasien yang mau karena peralatannya ada. Selain itu, bisa juga untuk pusat pelayanan poliklinik, bedah, apotek dan ruang perawatan VVIP, VIP, serta kelas I dan II," terang Reny.Dengan adanya fasilitas kesehatan gedung baru ini, RSU Anutapura juga akan mulai menerapkan sistem pembayaran secara online yang akan bekerjasama dengan salah satu bank."Jadi sistemnya itu berupa Electronik Data Capture (EDC) yang pemba [...]

Militer Mesir Klaim Temukan Alat Deteksi HIV dan Hepatitis C

Militer Mesir Klaim Temukan Alat Deteksi HIV dan Hepatitis C

PeduliSehat.info, Kairo Pada Februari 2014, pihak militer Mesir mengklaim telah menemukan cara untuk mendeteksi HIV dan hepatitis C tanpa mengambil sampel darah si pasien. Meski berita itu memicu kemarahan masyarakat luas karena dianggap sebagai taktik politik. Mayor Jenderal Ibrahim Abdel-Atti mengaku bahwa teknologi tersebut mampu bekerja maksimal untuk mendeteksi dan menyembuhkan dua penyakit tersebut. "Mematikan virus adalah proses yang sangat mudah. Tapi, Tuhan memberikan hikmat kepada siapa pun yang dia inginkan," kata Kepala Pengobatan Kanker dari Pusat Skrining Mesir kepada The New York Times. Abdel-Atti menjuluki alat itu dengan `Complete Cure Device` dan bekerja dengan cara menarik darah pasien, menghancurkan penyakit, kemudian menyuntikkan kembali ke dalam tubuh darah yang telah dimurnikan.Namun sayang, para ilmuwan tidak mendukung penemuan itu, justru mencomooh bahwa apa yang ditemukan itu berdampak buruk bagi masyarakat, dan dianggap sebagai bualan semata.Saat itu, Abdel-Atti mengatakan, akan memperkenalkan secara langsung perangkat tersebut kepada masyarakat luas pada Senin (30/6/2014). Nyatanya, sampai detik ini kabar membahagiakan itu belum juga dipublikasikan.Dikut [...]

Dirut RSCM Bertekad Nol Komplain untuk RSCM

Dirut RSCM Bertekad Nol Komplain untuk RSCM

Direktur Utama Rumas Sakit Umum Pusat nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) Dr.dr. Czeresna Heriawan Soejono, SpPD-KGer mengatakan 90 persen target yang ditetapkan untuk rumah sakit ini sudah tercapai.Sayangnya meski 90 persen target sudah tercapai, masih ada komplain dari pasien yang bisa membuat nama RSCM negatif. Komplain ini seperti lubang yang harus segera ditutup dengan cara pembenahan dan perbaikan.Di bawah kepemimpinannya, Dr Heriawan bertekad makin membuat RSCM inovatif, makin peduli ke pasien sehingga bisa mencapai zero complaint.Seperti apa visi dan misi Dr Heriawan yang baru diangkat menjadi dirut RSCM pada Februari 2013 ini, berikut wawancara khusus liputan6.com: [...]

Parade Kirab Kebangsaan Peringati Hari Pahlawan

Parade Kirab Kebangsaan Peringati Hari Pahlawan

Tahun ini, rangkaian acara memperingati Hari Pahlawan 10 November salah satunya diisi dengan menggelar parade kirab kebangsaan mulai dari JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat hingga TMPN Kalibata, Jakarta Selatan.?Parade kirab kebangsaan merupakan kegiatan yang digagas atas inisiatif elemen masyarakat untuk memeringati Hari Pahlawan 10 November,? kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat melepas parade kirab kebangsaan di Kemayoran, Jakarta, Minggu (9/11/2014).Selain itu, kegiatan parade sebagai hasil kerja sama dari berbagai kementerian/lembaga, TNI/Polri, organisasi kepemudaan, organisasi sosial, dan perkumpulan otomotif.?Tidak kurang dari 236 organisasi/perkumpulan yang berpartisipasi dalam acara kirab kebangsaan tersebut,? ucapnya.Melalui parade kirab kebangsaan, diharapkan mampu membangkitkan semangat kejuangan dan rasa cinta tanah air kembali dikumandangkan bersama seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali.?Inisiatif bersama dari acara parade, dinamakan Parade Kebangsaan Kerukunan Indonesia (PKKI),? tandasnya.Kegiatan parade kirab kebangsaan dilanjutkan dengan penyampaian Pidato Kebangsaan dan diakhiri doa bersama di Tugu Lima Pilar TMPNU Kalibata, yang dipimpin oleh pa [...]

Seduh Teh Cukup 1 Kali, Bila Ingin Dapatkan Manfaatnya

Seduh Teh Cukup 1 Kali, Bila Ingin Dapatkan Manfaatnya

Meminum secangkir atau segelas teh sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Teh memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh bila dikonsumsi dengan benar. Sayang, tak sedikit peminum teh yang salah dalam menyajikannya, termasuk dalam proses penyeduhannya.Kebanyakan orang menyeduh teh lebih dari satu kali. Alasannya, dirasa sayang bila baru diseduh satu kali lalu teh dibuang begitu saja. Padahal, ketika seseorang meminum teh yang sudah melewati satu penyeduhan, tidak akan mendapatkan manfaat apa-apa untuk tubuhnya.Emilia E. Achmadi MS., RD selaku Clinical Dietician menjelaskan bahwa teh yang sudah melewati proses penyeduhan lebih dari satu kali, maka rasa dari teh itu akan hilang. Selain itu, kandungan teh yang sebenarnya berguna untuk tubuh, juga hilang begitu saja."Setelah seduhan pertama, antioksidan dari katekin yang ada di dalam teh akan hilang dan tubuh tidak akan mendapatkan manfaat dari katiken tersebut," kata Emilia dalam acara `Ichi Ocha, Minuman Teh Hijau Dalam Kemasan Pertama dengan 1 Kali Proses Penyeduhan`, The Only One Club, FX Lifestyle X?enter, Jakarta, ditulis Kamis (6/2/2014)Kebiasaan buruk dalam meracik teh ini karena masyarakat terbiasa hemat. Hanya saja, [...]

Cantiknya Pagoda dari Lampu Minyak di Kelenteng Toa Se Bio

Cantiknya Pagoda dari Lampu Minyak di Kelenteng Toa Se Bio

Suasana Imlek sangat terasa di kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat. Masyarakat keturunan Tionghoa yang tinggal di sekitaran Glodok mulai berdatangan ke vihara atau kelenteng salah satunya kelenteng Toa Se Bio.Sejak satu minggu lalu menurut Pengurus Harian kelenteng Toa Se Bio, Hartanto Widjaja sudah mulai melakukan persiapan untuk menyambut tahun kuda kayu."Sudah mulai dari seminggu yang lalu membersihkan semuanya, mulai dari mengecat, bersih-bersih sampai mencuci semua patung dewa. Beberapa masyarakat pun sudah mulai sembahyang dan mengutarakan harapan dan doanya," kata Hartanto.Di salah satu pojok kelenteng terdapat pagoda cantik yang terbentuk dari susunan lampu minyak. "Ini semua seperti lentera, setiap lampu minyak ada tulisan namanya. Mereka berharap, hidup akan terus bersinar seperti lentera," kata Hartanto.Kelenteng yang lebih dikenal masyarakat sekitar dengan nama Vihara Dharma Jaya ini, saat malam Sincia (Imlek) menurut Hartanto selalu ramai dikunjungi masyarakat."Yang datang itu dari mana saja, banyak tidak dari Jakarta. Biasanya karena mereka ingin sembahyang di kelenteng yang sudah berumur tua, dan ini umurnya sudah tua sekali. Makanya banyak yang datang ke s [...]

5 Jurus Kurangi Nyeri Punggung

5 Jurus Kurangi Nyeri Punggung

Sakit punggung? Sepertinya hampir setiap orang pernah merasakan sakit tersebut. Menurut Grant Cooper MD dari Klinik Princeton Spine and Joint Center, LLC, Amerika Serikat lebih dari 31 juta orang Amerika menderita sakit punggung. Dan yang mengalami sakit ini kebanyakan adalah orang dewasa dengan rasa sakit pada satu titik. Kalau sakit punggung sudah terasa, maka Anda akan merasa serba salah setiap melakukan gerakan. Nah bagi Anda yang kerap mengalami sakit punggung atau yang berusaha mencegah punggung Anda menjadi sengsara, cobalah mengikuti 5 cara singkat untuk meredakan rasa sakit tersebut. 1. Perbaiki postur tubuh Anda. Usahakan agar dalam berbagai posisi, tubuh Anda tegap dengan meluruskan tulang belakang Anda dan perut masuk ke dalam. Bila sedang duduk, jaga agar posisi lutut sedikit di atas pangkal paha. 2. Pastikan Anda mengangkat barang dengan benar. Caranya, saat mengangkat barang dari lantai, tekuklah lutut Anda dan bukan pinggang! Mintalah bantuan bila barang yang hendak diangkat cukup berat. Jangan memaksakan diri. 3. Jangan terlalu banyak istirahat! Saat punggung terasa sakit, pastikan Anda tetap bergerak meskipun hanya untuk beberapa menit atau jam saja. 4. [...]

Risiko Melahirkan Bayi Kembar Bisa Mematikan

Risiko Melahirkan Bayi Kembar Bisa Mematikan

Memiliki anak kembar memang sangat lucu. Tapi ingat, tak semua janin kembar bisa lahir sempurna karena risiko komplikasi kehamilan kerap terjadi. Seperti disampaikan ahli kesuburan dan IVF dari Klinik Teratai RS Gading Pluit, dr Indra NC Anwar, hamil anak kembar sebenarnya bukan berita baik bagi tenaga medis karena membawa banyak risiko bagi si ibu. "Banyak orang mungkin senang punya anak kembar, tapi kami tenaga medis justru khawatir karena ini kehamilan berisiko. Belum tentu dua-duanya sehat dan bisa tumbuh dengan baik," kata Indra saat seminar bayi tabung, seperti ditulis Senin (28/4/2014). Menurut Indra, komplikasi yang terjadi akibat kehamilan ganda (multiple pregnancy) bisa prematur, cerebral palsy (kelumpuhan otak), hingga kematian dalam kandungan. "Risiko bayi kembar dua untuk lahir prematur 4 kali lipat dan kembar tiga 8 kali lipat. Risiko cerebral palsy pada anak kembar dua 4 kali lipat dan kembar tiga 16 kali lipat. Sedangkan kematian berisiko bagi kembar dua hingga 6 kali lipat dan kembar tiga 16 kali lipat," ungkapnya. [...]

Wanita Gemuk Bugil demi Tunjukkan Kecantikan Sebenarnya

Wanita Gemuk Bugil demi Tunjukkan Kecantikan Sebenarnya

Kaum Hawa cintailah tubuh Anda tak peduli seberapa besar tubuh Anda. Itulah yang ingin ditunjukkan Denise Jolly dengan berfoto bugil di Brooklyn.Jolly berpose layaknya Madonna pada buku Sex di tahun 1992. Dalam sebuah gambar ada dua foto hitam putih yang berdampingan. Foto sebelah kiri merupakan Madonna yang telanjang yang diambil fotografer Steven Meisel.Madonna dalam foto tersebut terlihat bertubuh kecil tanpa mengenakan apapun dan mengenakan high heels. Ada tas hitam tergantung di tangan kirinya. Sementara lengan kanannya dibentangkan layaknya mencari tumpangan. Jari dikepalkan sedangkan ibu jari dikeluarkan. Madonna terlihat berambut pirang sebahu dan sedikit keriting.Madonna berdiri di sebuah jalan aspal di jalur lalu lintas. Ada pohon dan rumput di trotoar, dua mobil yang melaju di belakangnya.Sementara di foto sebelah kanan adalah Denise Jolly yang telanjang yang diambil Shameless Photography. Jolly merupakan wanita kulit putih berbadan besar, memakai sepatu hak tinggi berwarna hitam dengan ujung terbuka. Ada tas hitam tergantung di tangan krinya dan lengan kanannya membentang.Rambut Jolly berwarna hitam melebihi bahunya. Kepalanya dimiringkan sedikit ke atas dan ke kanan. I [...]

Awas, Bahaya Menggunakan Maskara, Bisa Bikin Buta

Awas, Bahaya Menggunakan Maskara, Bisa Bikin Buta

Memiliki bulu mata cantik dengan tambahan maskara mungkin sedang tren. Tapi awas, Anda harus tahu masa kedaluwarsa maskara yang hanya 4 bulan. Jika digunakan lebih dari itu, maskara bisa berisiko sebabkan infeksi mata hingga kebutaan.Begitu disampaikan Ahli bedah mata Anna Maino. Ia mengatakan, banyak wanita tidak paham dan tetap menggunakan maskara meski pelentik bulu mata itu telah jauh dari masa kedaluwarsa."Kami mendesak semua wanita untuk memeriksa tas make-up mereka. Kemudian mereka menyingkirkan apapun yang lewat kedaluwarsa. Terutama jika baunya aneh," kata Anna, seperti dikutip Dailymail, Selasa (23/9/2014).Menurut Anna, hampir semua kosmetik biasanya mengandung pengawet untuk membantu mencegah pertumbuhan bakteri, tetapi menyimpannya di tempat yang panas akan membuat bakteri mudah berkembang biak. Maka itu ia menyarankan beberapa langkah ini:1. Memperhatikan tanggal kedaluwarsa kosmetik2. Membersihkan secara rutin maskara atau make up pada malam hari sebelum tidur3. Tidak menggunakan maskara dan eyeliner tidak lebih dari 4 bulan. 4. Buang Foundation cair dan eye shadow setelah enam bulan. (Eye shadow bubuk lebih tahan lama hingga 12 bulan)5. Pensil eyeliner, lip liner, pe [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *