Kabar Gembira dari RS Mount Elizabeth untuk Pasien Parkinson

007615000_1414392366-DBS.jpg

Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura, kembali menawarkan satu pengobatan terkini bagi pasien parkinson stadium tiga, yaitu terapi Deep Brain Stimulation (DBS). Terapi ini merupakan kabar bahagia yang diberikan rumah sakit di bawah naungan Parkway Hospitals Singapore bagi para pasien parkinson.

Memang, gejala awal penyakit yang kerap diderita oleh lansia (orang usia lanjut) ini masih bisa diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun seiring dengan meningkatnya intensitas gejala yang timbul, maka terapi DBS sangat diperlukan, karena obat yang selama ini dikonsumsi berhenti bekerja dan menyebabkan kondisi pasien drop.

“Terapi Deep Brain Stimulation ini sering disebut sebagai batas baru dalam manajemen pengelolaan kondisi otak,” kata Dr John Thomas dalam Mount Elizabeth Hospitals Annual Medical Seminar `Synergy in Action` di Mandarin Orchard Hotel, Orchard Rd, Singapura, ditulisHealth-Liputan6.compada Senin (27/10/2014)

Cara kerja terapi Deep Brain Stimulation adalah dengan memasangkan kabel di otak yang berfungsi sebagai perangkat medis untuk mengirimkan impuls listrik ke bagian tertentu di otak. “Impuls dapat dikalibrasi untuk meringankan gerakan seperti tersentak-sentak dan tidak terkendali, yang berhubungan dengan dengan Parkinson,” kata John menjelaskan.

Meski begitu, satu yang harus diketahui oleh pasien parkinson adalah terapi DBS ini bukanlah untuk menyembuhkan, melainkan untuk membantu para pasien mengelola dampak penyakit yang memengaruhi kondisi pergerakan tubuh dan keseimbangan otot, yang menyebabkan tremor atau gemetar serta berkedut.

“Terapi ini dapat membantu mereka secara signifikan, dan meningkatkan mobilitas dan juga kualitas hidup pasien,” kata John yang merupakan Ahli Bedah Saraf dari Mount Elizabeth Novena, Singapura.

John menceritakan, sejumlah pasien yang telah menjalani terapi yang membutuhkan perencanaan pra-operasi yang cukup besar merasakan efek yang lebih baik. Sebelum diterapi, terlebih dulu dievaluasi otak dengan pemindai (scan otak MRI dan CT-scan) untuk menentukan wilayah yang dituju.

“Akibat perubahan yang cukup signifikan ini, mereka lebih mudah menggerakan tubuhnya, dan juga tidak mengalami kesulitan dalam mengontrol percakapan sendiri,” kata John.

Lebih lanjut pria yang juga menjabat sebagai Medical Director dari Immanuel Centre for Neurosurgery, Mount Elizabeth Medical Centre, menerangkan, parkinson memang bukan penyakit mematikan. Namun parkinson adalah penyakit yang dapat mengubah kehidupan seseorang secara drastis.

“Biasanya, penderita parkinson menggambarkan penyakit ini sebagai satu jebakan dalam tubuh, yang tidak bisa mereka kendalikan. Dengan adanya Deep Brain Stimulation, menawarkan harapan baru bagi pasien, untuk merebut kembali kemerdekaan hidupnya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Survei: Masyarakat Masih Kesulitan dan Antre Daftar BPJS

Survei: Masyarakat Masih Kesulitan dan Antre Daftar BPJS

Sulitnya pendaftaran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ternyata masih banyak dirasakan masyarakat. Begitu pula tentang antrean panjang saat proses pendaftaran. Ini diketahui dari hasil jajak pendapat cepat yang dilakukan Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (PKEKK FKM UI) Seperti disampaikan Ketua PKEKK FKM UI, Prof. Dr. Hasbullah Thabrany, MPH, DrPH, bahwa jajak pendapat ini melibatkan 681 responden di 20 Provinsi dan menilai tingkat kepuasan dan kepercayaan masyarakat pada kinerja Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) selama 2014."Hasil jajak pendapat menunjukkan, tingkat pastisipasi masyarakat terhadap JKN tergolong memuaskan. Namun hampir separuh (48 persen) mengalami antrean panjang saat mendaftar. Sedangkan 35 persen lainnya mengaku kesulitan saat mendaftar," kata Hasbullah saat temu media di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (18/12/2014).Hasbullah mengakui bahwa tingginya partisipasi masyarakat ini mencerminkan tingkat kepercayaan yang baik. Begitu juga BPJS yang telah memperluas titik-titik layanan dan menambah pegawai untuk mengakomodir penambahan peserta. Namun sayangnya, ini belum cukup."Cukup banyak peserta y [...]

Sulit Tidur di Malam Hari? Coba Cermati Warna Cat Dinding Kamar!

Sulit Tidur di Malam Hari? Coba Cermati Warna Cat Dinding Kamar!

Hampir semua orang pernah mengalami sulit tertidur di malam hari. Saat itu Anda tak bisa memejamkan mata Anda tanpa alasan pasti.Bisa jadi ini karena Anda minum kopi di saat jam tidur atau terganggu suara dengkuran pasangan yang memecahkan telinga. Bisa juga tetangga sedang mengadakan pesta dengan suara musik yang mengganggu.Tapi, bagaimana jika penyebab sulit tidur itu memang tak jelas? Sebuah infografis yang dibuat MensHealth mengungkapkan, dekorasi kamar Anda bisa disalahkan. Dan paling sering pemilik rumah yang mengalami sulit tidur karena dekorasi berwarna deep eggplant (ungu terong) atau radiant orchid (ungu anggrek).Seperti dikutip HuffingtonPost, Senin (20/1/2014), dari survei terhadap 2.000 pria dan wanita tentang pengaruh warna kamar tidur mereka dengan tidur diperoleh: Biru rata-rata orang tidur 7 jam 52 menit per malamnya. Kuning rata-rata orang tidur 7 jam 40 menit Hijau rata-rata orang tidur 7 jam 36 menit Warna Siver rata-rata orang tidur7 jam 33 menit Oranye rata-rata orang tidur 7 jam 28 menit Merah rata-rata orang tidur 6 jam 58 menit Emas (gold) rata-rata orang tidur 6 jam 43 menit Abu-abu rata-rata orang tidur 6 jam 12 menit Cokelat rata-rata orang tidur [...]

Tunjukkan Rasa Cinta, Suami Ini Tulis Surat Cinta di Koran

Tunjukkan Rasa Cinta, Suami Ini Tulis Surat Cinta di Koran

Apa yang menurut Anda hal romantis yang telah diberikan pasangan? bunga, kue, kartu ucapan dengan puisi? Jika demikian, mungkin itu sudah biasa. Karena untuk merayakan ulang tahun pernikahan ke 61, Bob Phillips menuliskan surat cinta untuk istrinya Gail melalui koran lokal. Kisah mengharukan ini, seperti dikutip The Frisky, Rabu (16/7/2014) berawal dari rasa bersalah Bop karena tidak melamar istrinya dnegan romantis. "Proposal untuknya sangat tidak romantis. Saya masuk ke rumahnya sebelum dia keluar dari mobil, saat itu saya bilang 'Gail maukah kau menikah denganku?" Itu saja. Apa romantisnya," kata Bop pada media lokal. Meski begitu, kata Bop, Gail tidak pernah marah atau kecewa. Ia selalu menyayangi Bop layaknya kekasih yang baru pertama bertemu. Hingga pada ulang tahun pernikahan mereka ke 61, Bob memutuskan untuk menulis tentang perasaannya pada harian Charlotte Observer. Dear Gail, I look at newspaper pictures of new brides every Sunday. I?m searching. I want to see if there is now or ever will be another bride as lovely as you. Been doing that since June 27, 1953. Actually, I already know the answer. There is not ? and never will be to me ? your equal in loveliness [...]

Jusuf Kalla Rutin Jalan Kaki Agar Terhindar dari Penyakit `Tua`

Jusuf Kalla Rutin Jalan Kaki Agar Terhindar dari Penyakit `Tua`

Sadar akan bahaya penyakit degeneratif yang kerap menimpa orang berusia tua, Jusuf Kalla tak pernah meninggalkan kebiasaan rutin berjalan kaki di pagi hari. Aktivitas fisik ini dipilih JK, sapaan Jusuf Kalla, karena sesuai dengan usianya saat ini 71 tahun."Saya sejak muda sebenarnya hobi lari atau jogging. Tapi, sekarang umur saya kan tidak muda lagi, jadi harus jalan kaki," kata Jusuf Kalla kepada sejumlah wartawan yang menemuinya di kediaman pribadinya yang terletak di Jalan Brawijaya Nomor 6, Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (23/1/2014)Ya, sejak muda, pria yang baru saja didapuk menjadi penasihat internasional World Council for Preventive, Regenerative and Anti-Aging Medicine (WOCPM) mengakui bahwa aktivitas fisik yang rutin dilakukannya adalah lari. Dengan lari, tambah dia, tubuhnya tidak gampang lelah dan senantiasa bugar."Modalnya kan cuma sepatu ket. Gampang, bukan?," kata dia sembari berkelakar.Meski memiliki seabreg kegiatan, JK tak pernah sedikit pun meninggalkan kebiasaannya untuk berjalan kaki. Waktunya sendiri dipilih pria asal Makassar ini sebelum ia mulai bekerja."Saya memilih jalan kaki karena bisa dilakukan setiap pagi sebelum berangkat kerja," ungkap JK.(Adt/Igw)Ba [...]

Bidan di Padang pun Tak Mau Ketinggalan Belajar Teknologi Informasi

Bidan di Padang pun Tak Mau Ketinggalan Belajar Teknologi Informasi

Sejak program Mobile Obstetrical Monitoring (MoM) dimulai di Padang, Sumatera Barat, Para Bidan di 6 Puskesmas telah belajar banyak mengenai aplikasi android di ponsel yang memudahkan mengontrol ibu hamil di daerah terpencil dari jarak jauh. Hal ini disambut baik oleh salah seorang bidan dari Padang, Nilawati yang berkesempatan hadir di acara program Mobile Obstetrical Monitoring (MoM) di Ritz Carlton Hotel, Jakarta, Selasa (11/3/2014). Menurut Nilawati, aplikasi berbasis android yang diterapkan oleh PT Philips Indonesia dan berkolaborasi dengan PT. Bunda Medik ini dirasa memudahkan dirinya untuk mengetahui keadaan ibu hamil di sudut pedesaan sekalipun. "Saya sendiri tidak memiliki kendala. Sebelumnya ada training 2 hari. Tapi setelah itu, semua ini saya anggap tantangan demi menurunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi. Dengan aplikasi ini juga, kita bisa tahu kondisi ibu hamil seperti apa. Karena nggak semua kasus sama di lapangan," kata Nilawati. Nilawati pun menceritakan pengalamannya. "Saya pernah menemui seorang ibu berusia 39 tahun baru 6 bulan menikah, hamil 2 bulan ternyata kembar. Sebagai bidan dulu mungkin baru terdeteksi waktu usia kehamilan 8 bulan atau barangkali saat m [...]

Kenapa Dokter Resepkan Wine untuk Penderita Jantung

Kenapa Dokter Resepkan Wine untuk Penderita Jantung

Jika biasanya kita melihat dokter meresepkan obat untuk pasiennya yang sakit. Pakar jantung terkemuka di Inggris, Dr William McCrea justru meresepkan konsumsi anggur merah yang kaya antioksidan pada pasiennya.Dalam percobaannya, ia melibatkan sekitar 10.000 pasien yang diminta minum anggur merah dua gelas sehari. Menurutnya, minum 125 ml segelas anggur merah setiap pagi dan malam selama 10 tahun dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. "Saya telah memberikan resep ini kepada 10.000 pasien. Jika Anda minum tidak lebih dari dua gelas dan sesuai anjuran, anggur merah memiliki efek yang menguntungkan," kata kata William pada Mirror, Sabtu (21/6/2014).Tak hanya itu, William mengungkapkan, anggur merah juga dapat meningkatkan kolesterol baik HDL dan setara dengan minum lima liter jus buah setiap hari.Dr Willian sendiri memulai percobaan di Rumah Sakit Great Western di Swindon, Wilts, setelah sebuah penelitian mengungkapkan bahwa Prancis memiliki warga yang lebih sedikit terkena jantung meskipun mengonsumsi lemak tinggi. Ia pun akhirnya melihat manfaat anggur merah. [...]

Dexa Group Resmikan Pabrik Obat Kanker

Dexa Group Resmikan Pabrik Obat Kanker

Menjawab kebutuhan obat-obat kanker yang meningkat seiring bertambahnya jumlah penderita kanker, hari ini, Senin (22/09/2014) fasilitas produksi sediaan onkologi PT Fonko International Pharmaceutical milik Dexa Group diresmikan. Peresmian dilakukan oleh Menteri Kesehatan RI Nafsiah Mboi didampingi Pendiri Dexa Group Rudy Soetikno, Pimpinan Dexa Group Ferry Soetikno di lokasi PT Fonko International Pharmaceuticals yang berada di Kawasan Industri Jababeka II Cikarang, Jawa Barat pada Senin (22/9/2014) "Pada umumnya obat kanker masih diimpor dan belum dibuat di Indonesia sehingga harga untuk masyarakat Indonesia masih mahal. Semua itu mendorong kami 2-3 tahun lalu untuk mendirikan perusahaan ini," terang Founder Dexa Group Rudi Soetikno saat memberikan sambutan. Kehadiran fasilitas produksi sediaan onkologi yang dibuat oleh anak negeri ini disambut baik oleh Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi. "Saya atas nama pemerintah memberikan apresiasi luar biasa kepada jajaran farmasi di tanah air yang mengembangkan obat dengan teknologi bagus," terang Mboi dalam sambutannya. Menurut Mboi, penyakit tak menular di Indonesia seperti kanker jumlahnya meningkat. Sehingga, kehadiran Fonko mampu meli [...]

4 Manfaat Olahraga Bareng Binatang Peliharaan

4 Manfaat Olahraga Bareng Binatang Peliharaan

Hewan peliharan merupakan teman manusia yang paling menyenangkan. Tak sekadar itu, hewan peliharaan pun dapat membuat si pemilik sehat dan bugar. Pakar kebugaran asal India, Mickey Mehta, mengatakan, memiliki hewan peliharaan dapat memotivasi dan mendorong kita untuk tetap fit secara fisik, dan tetap aktif secara mental. Sebab, melakukan aktivitas luar ruangan bersama hewan peliharan merupakan latihan terbaik. Apalagi bila kita melakukan sejumlah permainan yang dapat membuat tubuh bergerak, misalnya saja seperti fetch the ball (mengambil bola), merupakan latihan kardio terbaik yang diberikan hewan peliharaan untuk sang pemilik. Seperti dikutip Health Me Up, Senin (29/9/2014), Mickey Mehta menjelaskan sejumlah manfaat melakukan olahraga bersama hewan peliharaan;1. Mampu meningkatkan mood2. Mampu menurunkan tekanan darah3. Menguatkan dan mampu meningkatan ikatan kita dengan hewan peliharaan4. Membantu kita untuk tetap aktif dan rutin melakukan aktivitas fisik.Mehta juga mengingatkan ada sejumlah hal yang harus diingat sebelum melakukan aktivitas olahraga bersama hewan peliharaan;1. Sebelum memulai dengan program latihan dan olahraga, pastikan terlebih dulu kesehatan hewan pelihar [...]

Ingin Pikat Wanita, Pria Taiwan Ubah Rambutnya Seperti Lego

Ingin Pikat Wanita, Pria Taiwan Ubah Rambutnya Seperti Lego

Seorang pria paruh baya, Wu Lei (54) memiliki bentuk rambut aneh agar terlihat lebih muda. Hal ini dilakukannya, untuk memikat wanita yang pernah menolaknya. Dengan mengubah model rambut, Wu Lei mengatakan wajahnya seperti pria berusia 20-30 tahun.Mendapatkan gaya rambut kaku seperti itu, bukan hal yang mudah. Seperti dikutip Mirror, Sabtu (5/7/2014) Wu Lei mengaku, menghabiskan dua kaleng gel dan perlu 2 jam untuk membentuknya. Tapi bukannya mendapat tanggapan positif, wanita yang menolaknya mengatakan, Wu terlalu bodoh dan tidak bertingkah tidak sesuai usianya. Wanita 23 tahun itu mengatakan, Wu harus bertindak sesuai usianya agar tidak dianggap bodoh. "Teman-teman saya memanggil dia bodoh, aku bisa membayangkan dia mungkin telah menemukan seseorang yang punya pekerjaan terhormat sebagai ilmuwan laboratorium medis di Rumah Sakit Universitas Nasional Taiwan Tapi dia harus bertindak usianya," ujar wanita tersebut. Di sisi lain, kondisi Wu, dinilai psikolog harus diperhatikan. Karena pada tingkatan usia tua, kemampuan tubuh dan cara berpikirnya bisa seperti anak muda. Hal inilah yang membuat Wu mungkin begitu stres dan ingin diperhatikan. [...]

Waspadai Risiko Nonton Piala Dunia

Waspadai Risiko Nonton Piala Dunia

Penggila Piala Dunia Brasil 2014 dianjurkan menjaga kesehatan dengan cukup istirahat. Ini karena kebanyakan pertandingan bola berlangsung di malam hari setiap hari di hari-hari kerja. Sementara di pagi hari mereka harus beraktivitas menggunakan kendaraan bermotor. Minimnya istirahat di malam hari akan membahayakan diri, karena dapat mengganggu konsentrasi saat berkendara. Dr Mahesa Paranadipa, M. H (Medicine and Health Sciences), mengatakan, pada 2007, peneliti di London, Inggris, menemukan bagaimana pola tidur berpengaruh pada angka kematian selama dua dekade. Kurang tidur dapat meningkatkan dua kali lipat risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, hipertensi, dan stroke. "Dalam studi tahun 1997, peneliti dari Universitas Pennsylvania melaporkan bahwa orang yang tidur kurang dari 5 jam sehari dalam seminggu, menyebabkan stres, mudah marah, sedih, dan kelelahan mental," kata dia ditulis Health Liputan6.com pada Jumat (27/6/2014). Selain itu, kata dia, kurang tidur dapat menyebabkan gejala depresi yang diperlihatkan dengan gejala insomnia dan tidak nafsu makan. Dosen Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Universitas Islam Syarif Hidayatullah menjelaskan, t [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *