Kandungan Protein Rayap Lebih Tinggi Dibanding Steak

REUTERS-Francois-Lenoir.jpg

Selain memiliki protein tinggi, serangga dalam Paleo diet memiliki kasta lebih tinggi dibandingkan dengan sayur, buah, bunga, dan bahkan kacang.

Berdasarkan buku ‘Edible’, pernyataan S. Boyd Eaton dan Dorothy A. Nelson menyoroti lebih dalam mengenai kandungan kalsium dalam perspektif evolusi serangga. Menurutnya, mengonsumsi serangga itu memang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi manusia masa kini.

“Sama seperti hewan lain, serangga juga salah satu sumber makanan. Nutrisi dalam serangga mencakup protein, zat besi, kalsium terbaik dari semua rantai panjang asam lemak esensial tak jenuh (EFA).

Tentu, S. Boyd Eaton dan Dorothy A. Nelson mengatakan, nutrisi tersebut tidak dapat ditemukan dalam sumber-sumber tanaman lain. Hal ini juga tidak membuat heran ahli paleontologi Lucinda Backwell. Ia mengatakan, rayap memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi dibandingkan steak daging sapi.

“Rayap merupakan sumber protein, lemak, dan asam amino esensial, dalam paleo diet. Sementara steak hanya menghasilkan 322 kalori per 100 gram, ikan 74 gram, rayap menyediakan 560 kalori per 100 gram,” kata Lucinda, seperti dikutip The Week, Selasa (18/3/2014).

Meski begitu, para ahli gizi lain mengaku masih akan mempelajari manfaat mengonsumsi serangga lagi bagi kesehatan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Bahan yang Bikin Salad Jadi Tak Sehat

4 Bahan yang Bikin Salad Jadi Tak Sehat

Salad umumnya mengandung sayur-sayuran dan buah-buahan. Seharusnya makanan ini sehat tapi bisa menjadi lebih buruk dari cheesecake yang kalorinya supertinggi. Situs GeniusBeauty, Kamis (27/3/2014), melaporkan salad menjadi tidak sehat karena mengandung salah satu dari beberapa bahan ini:1. MayonesMembahas bahaya dari mayones saat ini seperti mengkritik si pirang dengan kebodohan dan kekanak-kanakannya. Tapi, penggunaan mayones tak hanya sebagai saus, tapi juga sebagai pengganti universal untuk setiap makanan. Saus itu berarti beberapa sendok teh di pinggir piring. Apabila Anda menggunakan banyak mayones, kalori yang terkandung di dalamnya meningkat sekitar tiga atau empat kali. Bahkan jika Anda hanya menggunakan kubis dan wortel dalam salad Anda.2. KentangKebiasaan menambahkan kentang rebus atau goreng di salad bisa berpengaruh ke kesehatan Anda. Kentang mengandung indeks glikemik yang tinggi.3. KejuAnda bisa memarut keju, memotongnya menjadi dadu, atau mencairkannya dalam saus salad. Anda bisa melakukan apapun yang Anda inginkan tapi ada sesuatu yang harus Anda tahu. 100 Gram keju mengandung 400 kalori. Padahal, orang sering menambahkan keju dalam jumlah besar.Pilih keju rendah le [...]

Ini Dia Istimewanya Buah Kiwi

Ini Dia Istimewanya Buah Kiwi

Kiwi merupakan buah dengan kandungan gizi cukup padat dan sangat dianjurkan untuk rutin dikonsumsi agar daya tahan tubuh senantiasa kuat, apalagi di musim hujan seperti sekarang ini.Agar mendapat manfaat dari buah kiwi, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS, Sp.GK menganjurkan untuk mengonsumsi tergantung dari pola makan kita sehari-hari. Bisa satu atau dua buah setiap hari."Memang, buah tidak hanya kiwi, masih banyak buah yang lain juga. Tapi, kiwi termasuk buah dengan kepadatan gizi yang sangat tinggi," kata Fiastuti di Restoran White Box, Menteng, Jakarta, Selasa (2/12/2014)Lebih lanjut Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mengatakan, selain kepadatan gizi yang tinggi, buah kiwi juga mengandung serat dan vitamin yang tinggi juga. Sehingga, mengonsumsi satu atau dua buah kiwi per hari begitu sangat membantu.Karena kiwi memiliki serat yang cukup tinggi, maka sangat membantu mereka yang kesulitan buang air besar setiap pagi."Pengalaman pribadi saya, kalau saya makan kiwi BAB saya jadi lancar. Sekali saja nggak makan, tidak akan selancar kalau saya makan buah kiwi. Ini pengalaman saya, makan satu atau dua buah di malam hari, maka pagi hari akan [...]

Trik Olla Ramlan Tetap Langsing Meski Gemar Makan Cokelat

Trik Olla Ramlan Tetap Langsing Meski Gemar Makan Cokelat

Siapa yang tidak suka cokelat dan es krim? Kedua makanan ini merupakan pilihan kudapan paling dicari dan disukai oleh hampir semua orang. Masalahnya, kedua jenis makanan mengandung lemak dan gula yang tinggi. Aktris dan presenter Olla Ramlan pun mengaku sangat menyukai kedua jenis makanan ini. Menurut wanita yang mulai berkecimpung sebagai produser eksekutif rekaman ini, ia tidak bisa meninggalkan makan cokelat dan es krim karena keduanya merupakan makanan favoritnya. Lantas, bagaimana Olla menjaga tubuhnya tetap ramping meski suka makanan manis?"Perempuan itu suka banget makan cokelat es krim, tapi gimana ya. Paling nggak, untuk tetap ramping saya juga suka skip makan malam atau siang kalau sudah makan manis. Ya, harus pinter-pinter ngejaga berat badan sih," kata Olla saat ditemui di The Plaza, Kamis (23/1/2014).Walaupun Olla senang makanan manis, ternyata ia juga sering merasa bersalah (feeling guilty) setelah makan. Tapi untuk menyiasatinya, ia mengaku akan memperbanyak makan sayur keesokan harinya dan olahraga."Pastilah ada feeling guilty. Tapi sebagai perempuan, pleasure-nya macam-macam. Shopping banyak juga feeling guilty, sama aja kayak makan es krim. Cuma sudahlah, nikmati [...]

5 Cara Jaga Berat Badan Saat Liburan

5 Cara Jaga Berat Badan Saat Liburan

Libur Lebaran tahun ini memang menyenangkan. Usai bersilahturahmi bersama keluarga masih tersisa beberapa hari yang dapat digunakan untuk berlibur. Tapi waspadai juga efek berlibur karena membuat kita lupa mengontrol asupan makanan yang masuk ke tubuh. Coba lakukan hal berikut saat liburan seperti dilansir WebMD, Selasa (29/30/2014) agar berat badan tak melonjak pascaliburan. 1. Hindari membeli makan berlebihPada saat mendatangi tempat baru dan melakukan wisata kuliner, beragam makanan disantap dan biasanya sampai membuat sangat kenyang. Hal itu dibenarkan oleh Linda H. Clemens EdD, RD dari Consumer Science and Education Department University of Memphis, dimana menemukan fakta bahwa perempuan cenderung membeli makanan berlebih saat di luar rumah dibandingkan hari biasa. Hal ini menyebabkan tubuh kelebihan kalori dan lemak. 2. Perbanyak berjalan kakiNikmati pemandangan di tempat liburan sambil berjalan kaki. Tak hanya sekedar mendapatkan pengalaman lebih jelas dan detil, aktivitas ini pun mampu membakar kalori berlebih saat makan tadi. 3. Perbanyak pesan menu sehatSaat berada di restauran memang akan dihadapkan puluhan menu menggugah selera. Usai memilih makanan yang d [...]

Raih Tubuh Langsing Ideal dengan Rutin Minum Susu Kedelai

Raih Tubuh Langsing Ideal dengan Rutin Minum Susu Kedelai

Susu kedelai yang sarat akan nutrisi merupakan minuman favorit bagi para vegetarian dan individu yang menderita intoleransi laktosa. Jumlah kalori dari susu kedelai yang relatif rendah, juga sangat cocok dikonsumsi bagi individu yang tengah menjalani program penurunan berat badan.Susu kedelai secara alami bebas lemak, dan 100 ml susu kedelai hanya mengandung 54 kalori. Peningkatan kalori baru akan terjadi, bila susu kedelai diberi rasa cokelat atau stroberi.Susu kedelai memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh kita, mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menaikan kadar kolesterol baik (HDL). Secangkir susu kedelai mengandung 7 gram protein, 8 gram karbohidrat dan 1 gram serat sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung kita.Bila susu kedelai yang merupakan sumber terbaik dari vitamin A, vitamin D, dan kalsium dikonsumsi secara rutin, dapat mencegah dan mengobati kanker prostat, dan dapat mengurangi gejala menopause.Dikutip dari Health Me Up, Sabtu (18/10/2014), meski susu kedelai dianggap pengganti paling sehat dari susu jenis lainnya, tidak semua orang dapat mengonsumsinya. [...]

Makan Nasi Itu Boleh Saja, Asal…

Makan Nasi Itu Boleh Saja, Asal…

Pengetahuan yang begitu minim, membuat segelintir orang menghindari untuk mengonsumsi karbohidrat, terlebih bagi mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan atau diet. Takut gemuk adalah alasan utama mereka menghindari karbohidrat.Menurut Ahli Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Rahmi Dwi Hapsari, S. Si. T, S.Gz, karbohidrat merupakan sumber penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama nasi. Bagaimanapun juga, tanpa karbohidrat tubuh tidak akan kuat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. "Yang tidak boleh itu bukan nasi atau sumber karbohidrat lainnya, melainkan penggabungan di antara keduanya. Misalnya, makan nasi `lauk`-nya mie. Atau nasi, mie dicampur kentang. Itu yang nggak boleh," kata Rahmi ditulis Health-Liputan6.com Senin (24/11/2014)Rahmi menyarankan untuk memilih sumber karbohidrat yang masih murni, dan minim proses pengolahan. "Tepung-tepungan yang halus, sudah melewati proses pengolahan cukup panjang, sehingga seratnya sudah sangat sedikit," kata Rahmi.Beras merah, lanjut Rahmi, merupakan sumber karbohidrat yang mengandung tinggi serat, karena minim proses pengolahan. Atau gandum, yang tak kalah sehat dari beras merah.Intinya, Rahmi tidak manyarankan unt [...]

Trik Langsing Usai Melahirkan dari Halley Berry

Trik Langsing Usai Melahirkan dari Halley Berry

Bagi aktris dan model terkenal, Halle Berry, menyusui merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi seorang ibu. Selain untuk memenuhi asupan yang menyehatkan bagi putra bungsunya Maceo Robert Martinez yang lahir pada Oktober 2013, menyusui juga bermanfaat bagi sang ibu sendiri. Menyusui, menurut bintang film Catwoman dapat membantu wanita terutama ibu-ibu yang habis melahirkan menurunkan berat badannya dengan cepat. "Setiap ibu harus menyusui. Ini adalah cara tercepat untuk menurunkan berat badan yang nantinya bisa dibantu dengan makan sehat," kata pemeran Ororo Munroe- Storm di Film X-Men ini, seperti dilansir The Stir, Minggu (6/4/2014). Meski terdengar egois, tapi inspirasi yang memang terbukti secara ilmiah ini banyak ditiru. Berbagai penelitian menyebutkan, selain dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, menyusui juga dapat membantu tumbuh kembang bayi lebih baik saat dewasa. Bagi ibu, menyusui juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara, kanker rahim, serviks serta menangkal diabetes tipe 2 dan osteoporosis. [...]

Makan Buah dan Sayuran Tidak Membuat Anda Kurus!

Makan Buah dan Sayuran Tidak Membuat Anda Kurus!

Anda harus tahu bahwa buah-buahan dan sayuran yang baik bagi tubuh kita tidak dapat mengecilkan ukuran pinggang Anda. Seberapa banyak dan sering Anda mengonsumsinya, akan tetap percuma selama Anda masih mengonsumsi makanan berkalori tinggi.Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi produk yang lebih segar, tidak selalu berujung pada berkurangnya berat badan seseorang. Terutama jika buah-buahan dan sayuran tidak dapat menggantikan makanan berkalori tinggi dalam diet Anda.Para peneliti tidak pernah bosan untuk mengingatkan bahwa buah-buahan dan sayuran akan bermanfaat untuk mengecilkan ukuran pinggan Anda, bila diimbangi dengan aktivitas fisik. Sebab, diet saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan Anda."Dalam konteks dari diet sehat, pengurangan energi adalah cara untuk membantu seseorang menurunkan berat badan, sehingga untuk mengurangi berat badan, Anda harus mengurangi asupan kalori," kata salah satu peneliti Dr Kathryn Kaiser, seperti dikutip Daily Mail pada Kamis (24/7/2014)Diakui Kathryn, selama ini tidak sedikit di antara kita yang berasumsi bahwa makanan dengan serat tinggi seperti buah-buahan dan sayuran atau men [...]

Mau Diet Sukses, Kuncinya Ada di Pikiran

Mau Diet Sukses, Kuncinya Ada di Pikiran

Banyak orang beranggapan, diet itu menyulitkan dan cenderung menyengsarakan. Ada beberapa mitos yang salah sebenarnya dalam menjalani diet. Seperti misalnya diet itu bukan berarti tidak makan. Karena segala keinginan makan yang ditahan itu justru akan menambah berat badan. Seperti disampaikan pakar Hypnoslimming, Tony Cia Cht, CI, GMH, MHRt bahwa sebenarnya pola pikir yang eror lah yang menyebabkan pola kerja tubuh ikut eror. Artinya, kebanyakan masalah berat badan sebenarnya bukan karena apa yang Anda makan tapi karena suasana hati yang mempengaruhi pola pikir sehingga ketika ingin makan ditahan, sampai akhirnya gagal diet. "Prinsipnya kalau ingin langsing nggak boleh menahan makanan apapun. Jangan seperti bola karet yang ditekan dalam air, kita paksa dia terus untuk bertahan dalam air dan Blum! bola itu keluar air. Begitu juga perut kita, kalau kita tahan, nanti makannya jadi lebih banyak. Karena menahan pikiran kita sendiri itu akan buat kita kalah," kata Tony saat ditemui di acara seminar Kamaratih-Totok Perut di DCost, Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (24/5/2014). Nih, yang perlu Anda perhatikan, kata Tony, Anda tidak dibenarkan untuk makan teman makanan yang Anda inginkan. M [...]

Diet Jus Buah Disalahkan Ahli Kesehatan

Diet Jus Buah Disalahkan Ahli Kesehatan

Adanya penelitian terbaru mengenai manfaat segelas jus buah, ternyata banyak membuat perubahan kebiasaan hidup sehat. Contohnya saja, dulu kita mengenal bahwa minum jus buah itu menyehatkan. Tapi sekarang, ahli kesehatan menilai, minum jus tidak boleh dikonsumsi lebih dari satu gelas sehari. Selain karena kandungan gula yang tinggi pada buah, kebiasaan masyarakat Indonesia yang minum jus ditambah gula dapat meningkatakkan risiko diabetes di usia dewasa. Para ahli kesehatan di Inggris bahkan menyebut jus buah yang dikonsumsi saat diet hanyalah sebagai bom waktu yang bisa meledak kapan saja. Dalam arti, jus buah dapat membuat remaja berusia 11-19 tahun mengonsumsi 42 persen gula lebih banyak dari yang direkomendasikan. Sedangkan usia dewasa yang sering mengonsumsi jus, berisiko mengalami diabetes dan stroke. Hasil penelitian tersebut dilakukan oleh National Diet and Nutrition Survey. Ilmuwan menemukan, anak-anak berusia 10 tahun kebawah kebanyakan telah melebihi batas konsumsi harian gula yang direkomendasikan sebesar 34 persen. Sumber utamanya seperti gula, jus buah, minuman ringan, sereal bar, biskuit dan kue. Survei yang melibatkan 4.000 orang dewasa dan anak-anak antara 200 [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *