Kanker Tulang Mengintai Anak-anak & Remaja

Kanker-Tulang-Mengintai-Anak-anak-Remaja.jpg

Kanker tulang dapat menyerang tulang manapun di dalam tubuh, namun pada umumnya menyerang tulang panjang pada lengan dan tungkai.

Kanker tulang menempati prevalensi terbanyak ketiga di Indonesia (0.9 per 100.000) setelah kanker darah (2,8 per 100.000) kemudian kanker mata (2,4 per 100.000).

Dimana setiap tanggal 11 April 2013 diperingati sebagai Hari Kanker Tulang di Indonesia.

Terdapat beberapa tipe kanker tulang yang dibagi berdasarkan tipe sel dimana kanker tersebut pertama kali menyerang. Tipe-tipe yang paling umum terjadi diantaranya:

  • Osteosarkoma. Berasal dari sel-sel tulang dan umumnya menyerang anak-anak dan remaja.

  • Kondrosarkoma. Berasal dari sel-sel kartilago yang umumnya ditemukan pada ujung tulang. Biasanya menyerang orang dewasa.

  • Ewing’s sarkoma. Hingga saat ini belum ditemukan secara pasti darimana sel-sel penyebab Ewing’s sarkoma berasal. Namun diduga berasal dari jaringan saraf yang berada diantara tulang. Umumnya menyerang anak-anak dan remaja.

Terdapat beberapa faktor resiko yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kanker tulang.

Kanker Tulang Mengintai Anak-anak & Remaja

Penyebab kanker tulang hingga saat ini belum diketahui secara pasti.

Namun, pada kanker tulang terdapat suatu gangguan pada DNA sel.

Gangguan fungsi tersebut memerintahkan sel untuk tumbuh dan membelah secara tidak beraturan.

Sel-sel ini terus hidup, bermutasi dan membentuk suatu massa (tumor) yang dapat menginvasi struktur di sekitarnya ataupun menyebar ke area tubuh lainnya.

Terdapat beberapa faktor resiko yang dapat meningkatkan prevalensi terjadinya kanker tulang, diantaranya:

  • Faktor genetik

  • Paget’s disease. Merupakan suatu kondisi pre-kanker yang dapat menyerang orang dewasa.

  • Terapi radiasi untuk kanker. Paparan tinggi radiasi yang diberikan pada penderita kanker dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker tulang di kemudian hari.

Gejala – gejala kanker tulang diantaranya:

  • Nyeri tulang

  • Bengkak dan nyeri pada tulang

  • Tulang patah

  • Mudah lelah

  • Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.

Dewasa ini, seiring dengan perkembangan zaman, seringkali kita juga terseret pada gaya hidup yang kurang sehat dan berujung pada berbagai macam penyakit, salah satunya menenggarai pencetus kanker.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk tetap bergaya hidup sehat dan rutin melakukan tes dan skrining kesehatan secara berkala agar dapat terhindar dari berbagai macam risiko paparan kanker.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sakit Perut, Pria Ini Ternyata Wanita yang Baru Menstruasi di Usia 40-an

Sakit Perut, Pria Ini Ternyata Wanita yang Baru Menstruasi di Usia 40-an

Seorang pria asal China, sebut saja namanya Chen, selama ini memiliki kehidupan yang normal. Ia punya pekerjaan bagus, dan sudah hidup berumahtangga selama 10 tahun dengan sang istri. Sampai suatu hari, pria berusia 44 tahun ini mengeluhkan sakit pada perutnya dan memeriksakan diri ke dokter. Hidup selama puluhan tahun sebagai pria, Chen harus menerima fakta kalau fisiknya sebenarnya adalah wanita.Kenyataan itu diketahuinya baru-baru ini, ketika Chen merasakan sakit perut dan terdapat darah pada urinnya. Khawatir dengan kondisi tersebut, Chen ditemani istri pun pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan ke dokter dan dianjurkan melakukan CAT scan untuk melihat sumber keluarnya darah pada urinnya. Hasilnya sangat mengejutkan. Dari hasil scan, tubuh Chen ternyata memiliki organ reproduksi wanita yang lengkap dan baru mulai mengalami menstruasi di usianya yang sudah berkepala empat.Seperti dikutip Rocket News dari situs China, Zhejian Online, saat datang ke rumah sakit di Kota Yongkang, Chen diperlakukan layaknya pasien pria. Ia berpakaian layaknya pria, berpotongan rambut pendek dan datang bersama istrinya. Namun setelah menganalisa hasil scan, dokter menemukan adanya uterus dan ovar [...]

8 Fakta Sehat Ikan & Makanan Laut

8 Fakta Sehat Ikan & Makanan Laut

Secara geografis, Indonesia wilayah Indonesia terdiri dari 75% lautan dan 25% daratan. Tidak mengherankan bila kekayaan laut kita sangat beragam sehingga berpotensi untuk pengembangan usaha budidaya ikan. Sayangnya konsumsi ikan atau makanan laut lainnya di Indonesia justru rendah jika dibandingkan dengan negara lain seperti Jepang dan Malaysia. Padahal sulit ditampik, selain Indonesia diakui sebagai negara maritim, ikan sendirii memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jika Anda ingin tahu lebih jauh mengenai manfaat dan kebaikan ikan untuk kesehatan tubuh manusia, maka Anda teruskan melanjutkan membaca Simak tujuh fakta sehat ikan dan makanan laut di bawah ini: Ikan untuk Kesehatan Tubuh Tujuh manfaat kesehatan dari ikan untuk tubuh: 1. Ikan & Seafood = Obat Anti Stres Orang yang makan ikan secara teratur memiliki risiko depresi, serangan jantung, dan strok yang lebih rendah. Selain itu, makan ikan juga dapat menurunkan risiko beberapa kanker serta memperbaiki mood. 2. Ikan Kaya akan Omega-3 Manfaat makan ikan didapat dari kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya. Asam lemak ini membantu sel-sel kita bekerja. Ikan yang kaya omega-3 antara lain salmon, [...]

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Kita semua pasti pernah merasakan perut kembung. Perasaan kembung ini bukan hanya tidak nyaman dirasa tubuh tapi dapat juga sampai merusak mood. Mengapa kembung dapat terjadi? Perasaan kembung merupakan suatu proses natural selama pencernaan, yang dipicu oleh akumulasi dari cairan dan produksi gas di dalam tubuh. Kembung belum tentu selalu disebabkan oleh produksi dari gas yang terlalu banyak namun juga bagaimana tubuh memproses gas itu. Keadaan kembung dapat dikurangi dengan pemilihan makanan yang tepat serta perubahan gaya hidup. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat mencegah kembung. Nasi Beberapa jenis karbohidrat dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan dan beberapa jenis karbohidrat hanya dapat dicerna sebagian. Nah, yang hanya dapat dicerna sebagian inilah yang dapat membuat kembung. Menurut American College of Gastroenterology, jenis karbohidrat berupa nasi dapat dicerna secara penuh di usus halus, sehingga tidak memiliki potensi untuk menimbulkan kembung. Pisang (Kalium) Kembung tidak selalu disebabkan oleh kelebihan gas. Konsumsi garam dalam jumlah yang tinggi dapat menjadi pemicu. Banyak makanan yang sekarang dijual [...]

Perut Buncit Berisiko Tidak Panjang Umur

Perut Buncit Berisiko Tidak Panjang Umur

Timbunan lemak di perut tidak hanya mengganggu penampilan tetapi juga dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan. Perut buncit dapat terjadi pada siapapun, tidak hanya pada mereka yang memiliki tubuh yang gemuk. Seseorang yang memiliki indeks massa tubuh (IMT) normal dengan bentuk tubuh seperti apel dan lingkar pinggang (waist circumference) yang lebar juga harus berhati-hati. Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of the American College of Cardiology, lebih dari 70% pasien jantung dengan lingkar pinggang yang lebar meninggal pada saat penelitian dibanding pasien dengan lingkar perut yang lebih kecil. Selain itu, lingkar pinggang menjadi prediktor yang lebih kuat dibandingkan indeks massa tubuh dalam menentukan risiko penyakit kardiovaskular. Lemak tubuh terdiri dari dua jenis, yaitu lemak visceral dan subkutan. Lemak subkutan adalah lemak yang terdapat di bawah kulit. Sedangkan lemak visceral terdapat di dalam perut dan mengelilingi organ-organ vital seperti hati, jantung, dan ginjal. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa lemak visceral yang berlebihan (obesitassentral) dapat menyebabkan sindrom metabolik, meningkatkan risiko penyakit diabetes melitus, hipertensi [...]

FDA: Waspada Anti-Depresan Celexa

FDA: Waspada Anti-Depresan Celexa

Food and Drug Administration (FDA/BPOM AS) pada Rabu (24/08) lalu telah menerbitkan himbauan dan peringatan mengenai pemakaian anti-depresan citalopram (Celexa) yang dapat mengarahkan fatal untuk aktivitas jantung. FDA memperingatkan bahwa penggunaan Celexa dapat menyebabkan perubahan abnormal pada aktivitas listrik jantung. Keadaan demikian dikenal medis dengan istilah Sindrom QT Panjang (Long QT Syndrome (LQTS)). LQTS adalah gangguan sistem listrik jantung yang ditandai dengan perpanjangan interval QT pada EKG dan kecenderungan untuk takiaritmia ventrikel, yang dapat menyebabkan sinkop, perhentian jantung atau cardiac arrest. Dalam kata lain, kondisi demikian mengantarkan pada keadaan aritmik atau perubahan fatal dalam irama jantung. Lebih khusus pada keadaan pasien yang memiliki kecenderungan mengidap sindroma LQTS yang didasari kadar rendah kalium dan magnesium dalam darah. Semakin tinggi dosis Celexa, semakin besar risiko kepada jantung. Demikian sebagaimana dipaparkan di WebMD.com. FDA melansirkan bahwasanya Celexa seharusnya tidak lagi digunakan pada dosis yang lebih tinggi dari 40 miligram per hari, kendati beberapa pasien memerlukan dosis lebih dari 60mg / hari, dimana sem [...]

Kelebihan Teknik Bedah Laparoskopi

Kelebihan Teknik Bedah Laparoskopi

Laparoskopi atau operasi lubang kunci merupakan langkah medis yang dilakukan ahli bedah untuk mengakses ke bagian dalam rongga perut dan panggul. Tidak seperti teknik bedah pada umumnya, laparoskopi memiliki beberapa kelebihan yang menguntungkan pasien. Apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih teknik bedah laparoskopi? Keuntungan Laparoskopi Dengan teknik laparoskopi, Anda akan dibius total. Setelah itu, ahli bedah akan membuat sayatan kecil sekitar 1-1,5 cm di sekitar tali pusar. Melalui sayatan itu, ahli bedah akan memasukkan alat yang disebut laparoskop, yaitu sebuah tabung kecil yang memiliki kamera dan lampu kecil pada ujungnya. Kamera itu akan memperlihatkan kondisi di dalam rongga perut dan panggul pada sebuah monitor sehingga memudahkan ahli bedah untuk melakukan operasi. Pada saat bersamaan, perut Anda akan diisi oleh gas karbondioksida agar lebih mengembung. Hal ini memudahkan ahli bedah untuk melihat organ-organ Anda secara jelas. Berikut ini adalah alasan yang membuat teknik bedah laparoskopi menguntungkan Anda. Melalui teknik tersebut, ahli bedah tidak perlu membuat sayatan yang besar sehingga bekas luka yang Anda alami lebih sedikit. Rasa sakit juga [...]

Lebih Sedikit Berbohong, Lebih Sehat

Lebih Sedikit Berbohong, Lebih Sehat

Tidak berbohong dapat meningkatkan kadar kesehatan seseorang. Itulah kesimpulan yang didapatkan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Anita Kelly, PhD, seorang professor dari University of Notre Dame. Penelitian ini mengikutsertakan 110 orang usia 18-71 tahun yang dibagi ke dalam 2 kelompok. Kelompok yang pertama diminta untuk tidak berbohong selama 10 minggu sementara kelompok lainnya diminta untuk menghitung berapa sering mereka berbohong dalam kurun waktu yang sama. Dalam kurun waktu tersebut setiap peserta penelitian diberikan pertanyaan mengenai kondisi hubungan antarmanusia yang mereka alami, kesehatan emosi dan kesehatan fisik. Terkait kesehatan fisik, para peserta ditanyakan mengenai keluhan sakit kepala atau sulit tidur.(Baca: 10 Petunjuk Pola Hidup Sehat) Setelah masa penelitian berakhir, maka disimpulkan bahwa kedua kelompok berbohong lebih sedikit dengan kelompok yang diminta untuk tidak berbohong melakukan kebohongan jauh lebih sedikit daripada kelompok lainnya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kelompok yang berbohong lebih sedikit juga ternyata mengalami keluhan kesehatan fisik lebih sedikit. (Baca: 4 Saran Dokter Cara Puasa Ngga Gampang Sakit) Secara med [...]

5 Makanan Penghambat Penuaan

5 Makanan Penghambat Penuaan

Proses penuaan merupakan proses yang tidak dapat dicegah. Setiap orang pasti akan mengalami proses penuaan, entah terlihat dari luar tubuh ataupun proses penuaan yang terjdi di dalam tubuh. Ternayata menurut beberapa penelitian, proses penuaan ini bisa lho kita bantu cegah. Pencegahan penuaan bisa dengan makanan, ataupun dengan cara lain seperti olahraga. Berikut merupakan beberapa jenis makanan yang dibuktikan dapat menghambat proses penuaan. Minyak Zaitun (Olive Oil) Banyak peneliti yang menyebutkan bahwa kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun bertanggung jawab dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Minyak zaitun juga mengandung polyphenols yang merupakan sumber anti-oksidan yang kuat untuk mencegah proses penuaan. Yogurt Yogurt kaya akan kandungan kalsium yang membantu melawan osteoporosis dan mengandung ?bakteri baik? yang membantu menjaga kesehatan usus dan mengurangi peningkatan risiko penyakit usus akibat penuaan. Ikan Ikan merupakan sumber omega-3 yang tinggi yang berguna mencegah gumpalan kolestrol di pembuluh darah serta membantu melindungi jantung terhadao kelainan irama jantung. Kacang Kacang merupakan makanan yang tin [...]

Mau Meredakan Gejala PMS? Bercinta Saja!

Mau Meredakan Gejala PMS? Bercinta Saja!

Gangguan-gangguan yang dialami saat PMS itu bisa berdampak pada gairah wanita. Beberapa penelitian sudah dilakukan untuk melihat pengaruh PMS pada seks.Salah satu penelitian dengan judul Dispelling myths: a study of PMS and relationship satisfaction yang dilakukan Winter EJ dan kawan-kawan misalnya menunjukkan bagaimana PMS mempengaruhi kepuasaan pada hubungan. Penelitian itu melibatkan 26 wanita yang menderita PMS dan 26 wanita yang tidak mengalami PMS. Mereka semua diminta mengisi tiga kuisioner. Hasilnya, wanita yang merasakan PMS tidak merasa puas dengan kehidupan seks dan pernikahannya.Hasil penelitian tersebut sungguh ironis karena sebenarnya dengan bercinta, PMS bisa diredakan. Aktivitas bercinta bisa menstimulasi produksi hormon oksitosin dan endorphins yang bisa menurunkan sensasi rasa sakit saat PMS. Oksitosin tersebut dapat menyembuhkan sakit kepala, kram, susah tidur bahkan stres. Ketika Anda orgasme pun, akan keluar hormon dehydroepiandrosterone atau DHEA yang bisa bertindak sebagai obat anti depresi."Keuntungan dari bercinta ini secara seksual wanita bisa merasa rileks dan nyaman," ujar Dr. Jennie Campbell Leslie, asisten profesor di Oregon Health and Science Unive [...]

Ini Dia Penyebab Cegukan dan Cara Mengatasinya

Ini Dia Penyebab Cegukan dan Cara Mengatasinya

Walau merupakan kondisi umum yang terjadi pada hampir semua orang, cegukan kerap kali mengganggu aktivitas seseorang. Sebenarnya apa yang menjadi penyebab cegukan dan bagaimana cara mengatasinya?Cegukan secara medis dikenal sebagai singultus yakni kondisi diafragma yang mengejang di luar kemauan. Cegukan cenderung terjadi ketika tingkat karbondioksida dalam darah merosot terlalu rendah.Selain itu, makanan pedas dan alkohol juga terkadang menjadi pemicu cegukan. Makanan pedas seperti cabai, lada atau makanan kari bisa menimbulkan cegukan yang berlangsung hingga lebih dari 1 menit. Sedangkan alkohol yang diminum terlalu banyak bisa menyebabkan iritasi pada saraf yang berfungsi mengendalikan diafragma. Saraf ini cenderung mendorong terjadinya kejang di dalam otot yang memicu cegukan.Cegukan juga menjadi cara tubuh memberitahukan bahwa Anda makan atau minum terlalu banyak. Para ilmuwan juga menilai cegukan adalah refleks yang mencegah Anda tersedak makanan atau minuman. Cegukan juga disebabkan oleh iritasi saraf frenikus yang merupakan saraf motor ke diafragma yang membantu mengendalikan proses bernafas.Stres atau emosi yang tinggi juga terkadang memicu cegukan. Bisa juga pertanda d [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *