Kanker Tulang Mengintai Anak-anak & Remaja

Kanker-Tulang-Mengintai-Anak-anak-Remaja.jpg

Kanker tulang dapat menyerang tulang manapun di dalam tubuh, namun pada umumnya menyerang tulang panjang pada lengan dan tungkai.

Kanker tulang menempati prevalensi terbanyak ketiga di Indonesia (0.9 per 100.000) setelah kanker darah (2,8 per 100.000) kemudian kanker mata (2,4 per 100.000).

Dimana setiap tanggal 11 April 2013 diperingati sebagai Hari Kanker Tulang di Indonesia.

Terdapat beberapa tipe kanker tulang yang dibagi berdasarkan tipe sel dimana kanker tersebut pertama kali menyerang. Tipe-tipe yang paling umum terjadi diantaranya:

  • Osteosarkoma. Berasal dari sel-sel tulang dan umumnya menyerang anak-anak dan remaja.

  • Kondrosarkoma. Berasal dari sel-sel kartilago yang umumnya ditemukan pada ujung tulang. Biasanya menyerang orang dewasa.

  • Ewing’s sarkoma. Hingga saat ini belum ditemukan secara pasti darimana sel-sel penyebab Ewing’s sarkoma berasal. Namun diduga berasal dari jaringan saraf yang berada diantara tulang. Umumnya menyerang anak-anak dan remaja.

Terdapat beberapa faktor resiko yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kanker tulang.

Kanker Tulang Mengintai Anak-anak & Remaja

Penyebab kanker tulang hingga saat ini belum diketahui secara pasti.

Namun, pada kanker tulang terdapat suatu gangguan pada DNA sel.

Gangguan fungsi tersebut memerintahkan sel untuk tumbuh dan membelah secara tidak beraturan.

Sel-sel ini terus hidup, bermutasi dan membentuk suatu massa (tumor) yang dapat menginvasi struktur di sekitarnya ataupun menyebar ke area tubuh lainnya.

Terdapat beberapa faktor resiko yang dapat meningkatkan prevalensi terjadinya kanker tulang, diantaranya:

  • Faktor genetik

  • Paget’s disease. Merupakan suatu kondisi pre-kanker yang dapat menyerang orang dewasa.

  • Terapi radiasi untuk kanker. Paparan tinggi radiasi yang diberikan pada penderita kanker dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker tulang di kemudian hari.

Gejala – gejala kanker tulang diantaranya:

  • Nyeri tulang

  • Bengkak dan nyeri pada tulang

  • Tulang patah

  • Mudah lelah

  • Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.

Dewasa ini, seiring dengan perkembangan zaman, seringkali kita juga terseret pada gaya hidup yang kurang sehat dan berujung pada berbagai macam penyakit, salah satunya menenggarai pencetus kanker.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk tetap bergaya hidup sehat dan rutin melakukan tes dan skrining kesehatan secara berkala agar dapat terhindar dari berbagai macam risiko paparan kanker.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tes Awal Kehamilan dengan Testpack

Tes Awal Kehamilan dengan Testpack

Rasa penasaran mengenai kehamilan seseorang bisa diketahui sedini mungkin. Adalah testpack yang memungkinkan seseorang mengetahui hamil atau tidak sejak awal. Testpack adalah alat uji kehamilan berbentuk stik yang dirancang untuk mengetahui apakah urine yang dijadikan sampel mengandung hormon hCG. Hormon ini sendiri diproduksi setelah sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim. Saat hamil, produksi hormone chorionic gonadotropin alias hCG melonjak tajam, meningkat dua kali lipat tiap dua atau tiga hari. Hal ini umumnya terjadi sekitar enam hari setelah pembuahan. Jenis-jenis Tes Kehamilan Terdapat dua jenis testpack yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan, yaitu menggunakan sampel urine dan darah. Tes kehamilan yang memakai sampel urine bisa dilakukan di rumah maupun di klinik. Tidak ada perbedaan sensitivitas pada testpack yang digunakan secara mandiri di rumah maupun di klinik selama dilakukan dengan benar. Sementara itu, tes kehamilan dengan memakai sampel darah hanya bisa dilakukan oleh dokter. Meski tes ini dinilai lebih akurat, namun membutuhkan waktu lebih lama dan biaya lebih mahal. Tes darah dapat memprediksi kadar hCG pada usia kehamilan lebih awal dibandi [...]

Melahirkan Normal Kala Wasir

Melahirkan Normal Kala Wasir

Lazim sekali bagi ibu hamil mengalami wasir. Kebanyakan, wasir akan muncul di kala hamil trimester ketiga. Penyebabnya diduga adalah karena banyak faktor pada saat kehamilan menyebabkan pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus. Perubahan hormon, jumlah dan sirkulasi darah meningkat pesat, dan tekanan langsung pada pembuluh darah karena rahim yang membesar menjadi faktor-faktor yang saling berkaitan satu sama lain menyebabkan timbulnya wasir. Ketika ukuran rahim bertambah besar, tekanan pada daerah perut meningkat sehingga mengganggu aliran pembuluh balik dan menyebabkan pembengkakan pembuluh darah sehingga memicu timbulnya wasir. Wasir tidak membahayakan nyawa penderitanya, namun akan membuat cemas ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal. Proses melahirkan normal dalam kondisi wasir memang berisiko menimbulkan perdarahan tapi masih dapat dilakukan. Dokter akan mengevaluasi kondisi Ibu dan melihat kondisi wasir dan mengevaluasi apakah persalinan normal masih dapat dilakukan atau tidak. Meski begitu, ada baiknya melakukan pencegahan supaya proses persalinan normal berjalan lancar tanpa wasir: Wasir Ketika Hendak Melahirkan Normal Meski begitu, ada baikn [...]

Jangan Abaikan Kaku di Pagi Hari

Jangan Abaikan Kaku di Pagi Hari

Pernahkah Anda bangun di pagi hari dan dilanda nyeri dan kekakuan yang luar biasa? Kekakuan ini biasanya terjadi dalam rentang 30 menit sampai satu jam, kemudian Anda merasa semuanya mulai baik-baik saja? Waspadalah. Kekakuan pada sendi terutama pada pagi hari mengerucutkan kita kepada dua penyakit yang akhir-akhir ini meningkat angka kejadiannya, yakni: Rheumatoid arthritis atau dikenal luas dengan rematik, dan satu lagi adalah; Ankylosing spondylitis. Nah, khusus ankylosing spondylitis sangat jarang diketahui masyarakat luas. Sama seperti rheumatoid arthritis, ankylosing spondylitis juga tak ubahnya adalah penyakit auto-imun yang menyerang persendian, terutama persendian panggul dan tulang belakang. Apa itu Ankylosing Spondylitis? Ankylosing Spondylitis adalah: Apa itu Ankylosing Spondylitis? Ankylosing Spondylitis Adalah: Peradangan pada persendian ini jika berlangsung secara kronik atau jangka panjang seringkali menimbulkan kerusakan yang permanen, yang dikenal dengan bamboo spine, atau tulang belakang yang seperti bambu. Dikatakan demikian karena si penderita tak lagi leluasa dalam menggerakan batang tubuhnya, kaku seperti bambu. Penyakit [...]

Ingin Selalu Senang & Langsing? Bangun Lebih Pagi!

Ingin Selalu Senang & Langsing? Bangun Lebih Pagi!

Bangun pagi tak hanya membuat Anda terhindar dari masalah kemacetan. Menurut penelitian, bangun pagi bisa buat Anda jauh lebih sehat, bahagia serta langsing. Wow!Para peneliti dari Roehampton University menyimpulkan bahwa, mereka yang bisa melawan rasa kantuk dan mau bangun lebih pagi dapat menyelesaikan pekerjaan di pagi hari lebih cepat. Misalnya, menyiapkan sarapan, mengantar anak ke sekolah dan pergi ke kantor.Sementara itu, para peneliti menemukan bahwa orang yang suka bergadang akan berisiko mengalami stres dan depresi. Tak hanya itu, berat badan mereka juga diperkirakan akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan.Kesimpulan tersebut didapat dari hasil jajak pendapat terhadap 1.068 orang dewasa. Mereka diberi pertanyaan seputar kesehatan dan kebiasaan tidur. Dari survei itu ditemukan, 'morning people' rata-rata bangun pada pukul 6.58 pagi, sedangkan 'evening people' baru akan bangun pada pukul 8.45 pagi untuk memulai hari.Pada akhir pekan, kedua kelompok tersebut menikmati tambahan satu jam untuk tidur, dan bangun pada puku 7.47 pagi ('morning people') dan pukul 10.09 pagi ('evening people')."Ada 'morning people' dan 'evening people', dan orang pagi cenderung lebih sehat [...]

Cara Menentukan Masa Subur Wanita

Cara Menentukan Masa Subur Wanita

Untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya pembuahan atau kehamilan, sebaiknya yang mendambakan kehadiran buah hati mengetahui kapan masa subur istri. Masa subur adalah sekitar lima hari sebelum dan dua hari sesudah terjadinya pengeluaran sel telur dari indungnya. Proses ini disebut juga dengan ovulasi dan terjadi kira-kira 14 hari sebelum hari pertama haid berikutnya. Bagaimana cara mengetahui masa subur? Anda dapat menggunakan dua cara yaitu menghitung masa subur serta mengetahui tanda-tanda ovulasi. Menggunakan Rumus Menghitung Masa Subur Ovulasi terjadi kira-kira 14 hari sebelum hari pertama haid berikutnya. Kurangi dan tambahkan dua hari dari hari tersebut karena walaupun sel telur hanya dapat hidup selama 24 jam, sperma dapat bertahan selama 6 hari di dalam tubuh perempuan. Lalu bagaimana caranya untuk mengetahui tanda-tanda ovulasi? Berikut penjelasannya: Mengetahui Tanda-tanda Ovulasi Anda dapat mengidentidikasi beberapa tanda fisik yang mengindikasikan terjadinya ovulasi: Peningkatan sekret vagina yang berubah dari sekret yang berwarna putih dan creamy menjadi bening, kenyal, dan licin. Anda dapat mengetahui kekentalan sekret dengan cara menaruhnya [...]

Gadis Remaja Merokok Beresiko Memiliki Penyakit Tulang

Gadis Remaja Merokok Beresiko Memiliki Penyakit Tulang

Gadis remaja yang merokok memiliki kemungkinan risiko yang lebih besar terkena osteoporosis, menurut sebuah studi baru yang menemukan gadis yang merokok memiliki jumlah pertumbuhan tulang yang lebih sedikit selama periode pertumbuhan yang penting dalam kehidupan mereka. Pada osteoporosis, tulang kehilangan kepadatan mineral dan menjadi rapuh. Orang dengan kondisi - yang jauh lebih sering terjadi pada wanita daripada pria - rentan terhadap patah tulang. Para peneliti meneliti bagaimana merokok, depresi, kecemasan dan alkohol mempengaruhi pertumbuhan tulang pada 262 perempuan mulai usia 11-19 tahun. Selama tiga tahun, gadis-gadis tersebut menjalani uji klinis dan total kandungan mineral tulang dan kepadatan mineral tulang tubuh mereka diukur. Gadis-gadis tersebut juga ditanya apakah mereka punya gejala depresi atau kecemasan, dan juga menyampaikan seberapa sering mereka merokok atau meminum alkohol. Meskipun semua gadis memiliki tentang massa tulang yang sama pada usia 13, terlepas dari berapa banyak mereka merokok, mereka yang lebih sering merokok ditemukan memiliki tingkat pertumbuhan tulang belakang lumbar dan kepadatan mineral tulang pinggul yang lebih rendah ketika mereka mengin [...]

Bahaya Radiasi Ponsel, Mulai Dari Kanker Otak Hingga Bunuh Sperma

Bahaya Radiasi Ponsel, Mulai Dari Kanker Otak Hingga Bunuh Sperma

Dampak penggunaan ponsel masih menyisakan perdebatan panjang hingga saat ini. Ada pihak yang menyakini bahwa radiasi ponsel dapat mengganggu kesehatan. Namun, ada juga yang bersikukuh bahwa ponsel tidak berbahaya.Walau masih dalam perdebatan, tapi tak ada salahnya jika kita lebih bijaksana saat menggunakan ponsel untuk menghindari bahaya radiasinya. Seperti yang dikutip dari detikinet, ada beberapa penyakit yang mungkin bisa disebabkan oleh radiasi telepon genggam. Apa saja?1. Kanker OtakWorld Health Organization (WHO) mengungkapkan radiasi ponsel dapat menyebabkan kanker otak. Radiasi ponsel dikategorikan sama dengan zat karsinogenik berbahaya seperti timbal, asap knalpot, dan kloroform. Penelitian dilakukan oleh tim yang terdiri dari 31 ilmuwan dari 14 negara, termasuk Amerika Serikat, menemukan cukup bukti untuk mengkategorikan radiasi ponsel sebagai sejenis zat berbahaya bagi manusia. Mereka menemukan bukti peningkatan glioma dan peningkatan resiko kanker otak akustik neuroma bagi pengguna ponsel.2. Risiko Pada AnakLaporan dari International EMF (Electromagnetic Field) Collaborative yang ditulis kelompok peneliti internasional pernah mengakui adanya kemungkinan munculnya kan [...]

6 Alasan Kenapa Anda Harus Sarapan Tiap Hari

6 Alasan Kenapa Anda Harus Sarapan Tiap Hari

Banyak pakar gizi yang menyerukan pentingnya makan sehat di pagi hari. Sarapan kaya nutrisi, ternyata memang punya banyak manfaat dan penting bagi kesehatan. Mulai dari bantu turunkan berat badan hingga meningkatkan daya ingat. Apa lagi keuntungan yang akan didapat dari sarapan? Ini ulasannya, seperti yang dikutip dari Huffington Post.1. Lebih LangsingHasil studi kepada 499 responden yang dimuat dalam American Journal of Epidomiology menunjukkan bahwa orang yang sering melewatkan sarapan 4,5 kali berisiko mengalami obesitas ketimbang mereka yang makan pagi tiap hari. Sarapan sehat dan bernutrisi akan mencegah Anda ngemil dan makan berlebihan saat tiba jam makan siang nantinya.2. Lebih SehatAmerican Heart Association mengumumkan bahwa orang yang sarapan setiap hari, kadar gula darahnya cenderung stabil dan lebih mampu mengontrol nafsu makan dibandingkan yang jarang/tidak pernah sarapan. "Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa sarapan adalah jam makan paling penting dalam sehari. Sarapan penting untuk mengurangi risiko diaberes tipe 2 dan penyakit jantung, "ujar Dr. Mark Pereira dari Harvard Medical School, yang memimpin penelitian.3. Lebih BerenergiMakan sarapan yang mengandung [...]

Pertolongan Pertama Keselak & Tersedak

Pertolongan Pertama Keselak & Tersedak

Tersedak atau keselak. hampir semua orang pernah mengalaminya.Memang rasanya tidak nyaman, menggangu, dan mengerikan. KetikaAnda sedang makan atau minum dan tiba-tiba asupan Anda itu masuk ke saluran yang salah. Kenapa hal ini bisa terjadi? Ada berapa saluran di tenggorokan kita? Sebenarnya kemana makanan dan minuman kita pergi? Sebelum kita membahas langkah pertolongan pertama keselak, sangat penting untuk kita mengetahui dahulu bagaimana keselak dan tersedak itu dapat terjadi. Pertolongan Pertama Keselak & Tersedak Tersedak atau keselak. hampir semua orang pernah mengalaminya.Memang rasanya tidak nyaman, menggangu, dan mengerikan. KetikaAnda sedang makan atau minum dan tiba-tiba asupan Anda itu masuk ke saluran yang salah. Kenapa hal ini bisa terjadi? Ada berapa saluran di tenggorokan kita? Sebenarnya kemana makanan dan minuman kita pergi? Sebelum kita membahas langkah pertolongan pertama keselak, sangat penting untuk kita mengetahui dahulu bagaimana keselak dan tersedak itu dapat terjadi. Apa Itu Keselak? Saat makanan masuk ke dalam mulut, banyak otot yang bekerja tanpa Anda sadari. Ketika Anda menelan makanan ada 30 otot yang bekerja. Proses pertama Anda harus mengu [...]

4 Sebab Dokter Anjurkan Kelahiran dengan Operasi Sesar

4 Sebab Dokter Anjurkan Kelahiran dengan Operasi Sesar

Dokter spesialis kebidanan seringkali diberi label komersil oleh pasiennya, pasien menganggap sang dokter dengan mudah memutuskan operasi sesar (seksio sesarea) untuk melahirkan bayi pasien karena honor yang lebih besar, masyarakat awam pun semakin menjadi-jadi membicarakan hal ini, sudah bukan cerita baru memang, namun, benarkah dokter kebidanan meraup keuntungan dengan menipu pasiennya? Sebelum Anda menjadi hakim jadi-jadian, mari simak ulasan berikut ini. Pada sebagian besar proses persalinan, persalinan terjadi secara spontan, artinya si bayi lahir lewat jalan lahir alamiah ibu, lalu muncul di mulut vagina (persalinan spontan pervaginam : persalinan spontan yang terjadi melalui vagina), sementara pada beberapa kasus yang lain, persalinan melalui operasi sesar menjadi pilihan dokter, persalinan ini dikenal dengan persalinan perabdominam (per-abdomen: melalui perut ibu). Kita semua tahu biaya untuk operasi sesar berkali-kali lipat lebih mahal daripada persalinan spontan, hal inilah yang kemudian menjadi bahan pembicaraan yang seringkali merusak citra dokter spesialis kebidanan. Dunia medis punya syarat nya sendiri sehingga seorang ibu diputuskan tidak dapat melahirkan spontan m [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *