Kapan Kista Jinak Berpotensi Menjadi Ganas?

kapan-kista-jinak-berpotensi-menjadi-ganas-alodokter.jpg

Kebanyakan kista ovarium tidaklah berbahaya. Namun, karena kehadirannya yang sering kali tidak terdeteksi membuat kista ovarium yang tadinya jinak bisa berpotensi menjadi ganas.

Lantas, apa saja ciri-ciri sebuah kista jinak yang berpotensi menjadi ganas?

Kista ovarium adalah sebuah kantung berisi cairan yang tumbuh di indung telur (ovarium). Kebanyakan kista ovarium tidaklah berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. Kehadirannya pun sering tidak disertai gejala.

Gejala baru dirasakan ketika kista telah membesar, pecah atau menutupi suplai darah ke ovarium. Jika sudah memasuki tahap itu, Anda akan merasakan gejala-gejala seperti:

  • Perut kembung
  • Sering buang air kecil
  • Perubahan siklus menstruasi
  • Mual, muntah, atau nyeri payudara seperti saat yang Anda rasakan saat kehamilan
  • Gangguan pencernaan atau mudah kenyang padahal Anda hanya makan sedikit
  • Nyeri sebelum menstruasi tiba atau sebelum menstruasi berakhir
  • Nyeri saat buang air besar
  • Nyeri panggul saat melakukan hubungan seksual

Jenis-jenis Kista Ovarium

Pada umumnya, kebanyakan kista ovarium tidaklah bersifat kanker. Kista yang berkaitan dengan menstruasi disebut kista fungsional dan terdapat pada sekitar 24 persen kasus. Kista fungsional umumnya tidak perlu pengobatan karena akan hilang sendirinya. 70 persen kista ovarium berpotensi menyebabkan penyakit namun jinak. Terakhir, jenis kista ganas. Sekitar 6 persen kista yang ditemukan pada ovarium adalah ganas dan memiliki sel kanker.

Kista fungsional

Kista jenis ini terbagi dua yaitu kista folikel dan kista korpus luteum. Kehadirannya merupakan bagian dari siklus menstruasi penderitanya. Pada umumnya, kista jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit dan akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan kemudian tanpa perawatan khusus.

Kista jinak

Berbeda dengan kista fungsional. Kista jenis ini tidak berhubungan dengan siklus menstruasi. Jenis kista jinak ada banyak diantaranya adalah kista dermoid, kista cystadenoma, kista endometrioma, dan lain sebagainya. Tiap kista jinak berpotensi berkembang menjadi kanker ovarium. Oleh karena itu, umumnya diangkat melalui operasi atau dipantau secara berkala karena ada yang bisa hilang tanpa penanganan medis.

Kista dermoid cenderung terjadi pada wanita muda. Kista ini bisa menghilang dengan sendirinya jika ukurannya masih kecil. Kista jenis ini jarang berkembang menjadi kanker. Berbeda dengan cystadenoma dan endomentrioma. Kedua jenis ini memang tergolong jinak. Namun, keduanya berpotensi memiliki sel kanker.

Kista ganas

Kista ini mengandung sel-sel kanker yang menyebabkan kanker ovarium. Pada umumnya, kista ganas terdiri dari kista jinak yang berubah menjadi ganas karena terlambat untuk diobati.

Bagaimana Mendeteksi Kista Ganas?

Ada tiga cara yang dapat membantu Anda mengetahui apakah kista yang Anda miliki berpotensi menyebabkan kanker atau tidak.

  • Status menopause. Seorang wanita yang telah menopause berpotensi lebih tinggi memiliki kista yang bersifat kanker. Menopause didefinisikan sebagai berhentinya siklus menstruasi seorang wanita. Umumnya hal ini terjadi pada wanita berusia 50 tahunan.
  • Tes darah CA-125. Kadar CA-125 pada seorang penderita kanker ovarium umumnya tinggi. Anda berpotensi memiliki kista yang bersifat kanker jika kadar CA-125 Anda tinggi. Namun, ini tidak bisa menjadi satu-satunya Kadar CA-125 seorang wanita juga bisa meningkat ketika ia menstruasi, hamil, atau memiliki kista jinak.
  • Ultrasonografi atau USG. Cara ini bisa digunakan untuk mendeteksi jenis, ukuran dan letak. Selama pemeriksaan, dokter akan menempatkan alat USG pada perut Anda dan selama itu isi rongga panggul Anda bisa terlihat pada sebuah layar monitor.

Anda tidak bisa memakai satu cara saja untuk mendeteksi apakah kista bersifat kanker atau tidak. Ketiga hal di atas perlu dipertimbangkan secara bersamaan untuk menentukan langkah penanganan yang tepat untuk kista Anda. Lakukan pemeriksaan rutin demi mengetahui perkembangan kista Anda.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
7 Makanan Untuk Kulit Sehat

7 Makanan Untuk Kulit Sehat

Pola makan selalu menjadi faktor penentu status sehat atau tidaknya seseorang. Termasuk diantaranya untuk kesehatan kulit. Kini Anda dapat mendapatkan kulit yang sehat dan cantik, dengan mengendalikan pola makan yang disarankan berikut ini, antara lain: 1. Air Putih Air putih sangat baik untuk kulit karena berfungsi sebagai hidrasi untuk kulit dimana hidrasi ini berfungsi untuk mengurangi garis dan kerutan pada wajah. Air juga membantu sel kulit untuk mengambil lebuh banyak nutrisi dan mengeluarkan racun. Selain itu air putih sangat penting untuk sirkulasi darah di kulit yang dapat membuat wajah semakin cerah. Air menjadi faktor terpenting dalam menjaga kondisi kelembaban kulit. Jika Anda cukup minum air, maka dehidrasi tubuh akan berjalan dengan baik dan kondisi kelembaban kulit menjadi terjaga baik. Hal ini juga menjadi solusi bagi pemilik jenis kulit kering, cukupilah kebutuhan cairan tubuh Anda dengan baik. (Baca: Benarkah Harus Minum 8 Gelas Air Sehari?) 2. Selenium Selenium dan beberapa mineral lain dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu selenium juga berfungsi untuk mencegah kanker kulit. Sumber selenium yang [...]

Agar Tetap Bisa Tidur 8 Jam Setiap Hari Walau Sibuk Bekerja

Agar Tetap Bisa Tidur 8 Jam Setiap Hari Walau Sibuk Bekerja

Tidak sedikit orang bekerja mempunyai tidur yang cukup setiap hari. Padahal kurangnya jam tidur bisa meningkatkan risiko obesitas serta darah tinggi. Sudahkah Anda mendapatkan tidur 8 jam sehari?Sebuah studi menemukan hanya 1 dari 3 orang Amerika yang mendapatkan tidur cukup setiap malam. National Sleep Foundation mengungkapkan, 16% orang dewasa memiliki tidur kurang dari 6 jam saat malam hari sedangkan penelitian menunjukkan agar terhindar dari obesitas, tekanan darah tinggi, serta penyakit lainnya butuh 7 hingga 8 jam tidur per hari.Untuk mengatasi hal itu, ada empat cara yang bisa diterapkan sesuai saran dari Susan Zafarlotfi, PhD, direktur dari Sleep-Wake Disorders di Hackensack University Medical Center, Amerika.1. Matikan Televisi, Komputer, & HandphoneCahaya dari televisi, komputer, dan handphone akan membuat Anda sulit tidur. "Cahaya mencegah pelepasan melatonin (hormon natural yang diproduksi tubuh untuk mengembalikan jam tidur biologis Anda)," ujar Zafarlotfi. Makanya, Anda disarankan untuk mematikan televisi, komputer, serta tidak menggunakan handphone satu jam sebelum terlelap. Tidak lupa mematikan lampu kamar anak Anda serta disarankan menggunakan lampu 60 watt. [...]

Inilah Pengobatan untuk Wasir

Inilah Pengobatan untuk Wasir

Wasir yang sudah hilang bisa muncul lagi karena beberapa alasan. Untuk mengatasinya, ada beberapa pilihan terapi wasir yang bisa dilakukan, termasuk penyuntikan wasir dengan zat sklerosan sehingga menyebabkan pengerasan dasar pembuluh darah dan membuat perdarahan berhenti. Terapi ini hanya berguna pada hemoroid yang masih kecil yaitu derajat I-II yang tidak sembuh dengan terapi konservatif (diet tinggi serat, tidak mengedan, krim hemoroid). Sekitar 77-86% hemoroid akan sembuh total atau tidak kembali seperti semula. Namun terapi ini sudah jarang dilakukan lagi di negara-negara maju karena risiko infeksi dan komplikasi yang dapat menyebabkan kerusakan rektum. Apakah penanganannnya berbeda pada wasir yang berukuran lebih besar? Berikut penjelasannya: Apakah Penanganannya Berbeda untuk Wasir yang Berukuran Lebih Besar? Sementara untuk wasir yang berukuran lebih besar, umumnya dilakukan terapi bedah haemorrhoidectomy di mana dokter bedah akan memotong jaringan wasir menggunaan laser atau skalpel, kemudian menjahit bekas jaringan yang terpotong. Teknik ini membutuhkan rawat inap dan observasi. Pada saat ini terapi non-operatif yang cukup banyak digunakan adalah Ru [...]

4 Bahaya Lemak di Perut Pada Pria

4 Bahaya Lemak di Perut Pada Pria

Apakah itu belly fat dan apakah berbahaya? Tumpukan lemak yang terlokalisir pada perutatau yang lebih populer dikenal dengan sebutan belly fat, tidak hanya terkumpul di bawah kulit namun juga menyelubungi organ-organ di dalam perut Anda. Belly fat sendiri dapat meningkatkan risiko: Penyakit kardiovaskular Diabetes tipe 2 Kanker kolorektal Gangguan tidur Apakah usia dan faktor genetik juga berperan dalam timbulnya belly fat? Berat badan Anda ditentukan oleh keseimbangan apa yang Anda makan dengan energi yang dibakar. Faktor usia dan genetik juga berperan besar dalam hal ini. Saat usia bertambah, Anda akan kehilangan masa otot terutama jika Anda tidak aktif secara fisik. Hilangnya massa otot akan menurunkan kecepatan tubuh dalam menggunakan dan membakar kalori. 4 Bahaya Lemak di Perut Pada Pria Apakah hanya bir yang dapat menyebabkan terbentuknya belly fat atau beer belly? Jawabannya tidak. Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebih, apapun jenisnya (termasuk bir) dapat meningkatkan penumpukan lemak pada area perut. Bagaimana saya dapat mengetahui apakah belly fat saya berlebih? Pada pria, jika ukuran lingkar pinggang lebih dari 102 cm mengindikasik [...]

6 Tips Berpuasa Diabetes

6 Tips Berpuasa Diabetes

Oleh: dr. Nadia Octavia Benarkah penyandang diabetes dapat melakukan puasa? Jawabnya tentu adalah iya. Namun tidak sembarang berpuasa, terdapat beberapa anjuran kondisi yang sebaiknya diikuti. Berikut ini adalah beberapa tips berpuasa khusus bagi penyandang diabetes. Monitor kadar gula darah secara rutin Saat berpuasa, penderita diabetes dianjurkan untuk melakukan pengecekan gula darah beberapa kali dalam sehari terutama bagi penderita diabetes tipe 1 atau diabetes tipe 2 yang menggunakan insulin. Nutrisi Tingkatkan asupan cairan setelah berbuka puasa Hindari konsumsi makanan berlebih yang tinggi karbohidrat dan lemak saat berbuka puasa karena proses pencernaan dan penyerapan makanan lebih lambat saat berpuasa Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks (misalnya: nasi atau roti) saat sahur Makan sahur sebaiknya dilakukan sedekat mungkin dengan waktu imsak Olahraga Aktivitas fisik normal sebaiknya tetap dilakukan saat berpuasa. Namun, olahraga yang berlebih dapat meningkatkan rIsiko hipoglikemia. Sholat tarawih yang dilakukan setelah berbuka puasa juga dapat menjadi bagian dari aktivitas fisik rutin. Berhenti berpuasa jika: Terjadi kondisi hi [...]

Bagi Gigi, Apel Sama Berbahayanya dengan Bir

Bagi Gigi, Apel Sama Berbahayanya dengan Bir

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa apel bisa empat kali berisiko membuat gigi rusak, bila dibandingkan dengan minuman berkarbonasi. Kok bisa?Selama ini minuman seperti wine, bir dan soda dipercaya bisa meningkatkan risiko kerusakan gigi. Namun menurut ketua penelitian, Profesor David Bartlett, kepala prostodontik di King s College London Dental Institute, cara orang memakan makanan juga berikan pengaruh terhadap kesehatan gigi."Hal ini tidak hanya mengenai apa yang kita makan, tapi juga bagaimana kita memakannya. Dokter cukup benar dengan mengatakan bahwa apel adalah makanan yang baik, tetapi jika Anda memakannya secara perlahan, tingkat keasaman apel yang tinggi dapat merusak gigi. Minuman yang paling sering dikaitkan dengan erosi gigi, terutama cola justru tindak menunjukkan adanya peningkatan risiko," ujar David, seperti yang dikutip dari Daily Mail.Mengonsumsi apel biasanya dilakukan karena seseorang ingin berdiet. Namun dengan adanya hasil penelitian terbaru itu, dijelaskan bahwa diet sebaiknya juga memerhatikan tingkat keasaman makanan ketimbang hanya menghindari minuman ringan saja.Penelitian tersebut para peneliti mencari hubungan antara gigi dengan diet pada 1000 pr [...]

Mengapa Pusing Setelah Makan Daging?

Mengapa Pusing Setelah Makan Daging?

Tidak jarang orang merasa pusing setelah makan beberapa jenis daging seperti daging kambing. Mengapa bisa terjadi? Tenyata, hal tersebut disebabkan oleh kandungan zat besi dan tyramin yang ada pada daging.Gejala sakit kepala dan pusing adalah efek dari kurangnya asupan gula ke otak, yang merupakan makanan agar otak bisa bekerja dengan baik. Makan daging yang banyak kandungan proteinnya bisa mengurangi asupan gula ke otak. Tapi penyebab pusing yang paling banyak ditemukan pada seseorang yang makan daging kambing adalah kandungan zat tyramin serta zat besinya.Tubuh sebenarnya membutuhkan zat besi sebagai bahan baku untuk memproduksi protein hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen ke darah. Tapi kelebihan zat besi ternyata bisa jadi racun yang memicu pusing dan sakit kepala.Menurut National Poison Control Center, gejala yang biasa muncul karena kelebihan zat besi adalah pusing, mual, lemah, sakit kepala dan nafas pendek. Kelainan genetik yang disebut hemchromatosis juga bisa menyebabkan tubuh memproduksi zat besi berlebih. Orang yang punya kelainan genetik ini harus melakukan diet daging rendah zat besi, tidak boleh mengonsumsi suplemen zat besi atau melakukan penggantian dara [...]

Lakukan 6 Hal Ini Agar Kembali Bersemangat Kerja Setelah Libur Panjang

Lakukan 6 Hal Ini Agar Kembali Bersemangat Kerja Setelah Libur Panjang

Liburan panjang akhirnya selesai, Anda pun harus kembali melakukan kegiatan seperti biasa. Tetapi rasa lelah dan tak bersemangat seringkali menghampiri di awal minggu. Agar dapat bersemangat kembali ke kantor seusai liburan panjang, berikut tips yang bisa Anda terapkan.1. Rencanakan Acara dengan TemanKetimbang mengeluh karena harus kembali melakukan aktivitas rutin, lebih baik buat acara menyenangkan bersama teman setelah jam kantor. Misalnya dengan mencoba kafe atau restoran baru. Adanya alasan itu, bisa membuat Anda jadi lebih senang menghadapi hari kerja.2. SarapanMelewatkan waktu sarapan hanya akan membuat Anda lebih cepat merasa lelah di siang hari. Oleh karena itu, sarapan sehat penuh energi sangat dianjurkan agar Anda lebih berenergi dan terhindar dari memakan cemilan saat menunggu waktu makan siang tiba.3. Hindari KafeinSaat bangun dengan perasaan lelah, menghindari kopi mungkin menjadi hal yang paling sulit. Namun kopi merupakan diuretik, yang akan membuat tubuh kehilangan cairan. Minum jus jeruk dan air mineral adalah pilihan yang tepat. Selain itu, campuran air mineral dengan madu atau perasan jeruk lemon dengan jahe juga bisa membatu sirkulasi tubuh dan meningkatkan [...]

Waspadai Gatal Pada Vagina

Waspadai Gatal Pada Vagina

Apakah Anda pernah merasakan gatal pada vagina Anda? Waspadai terjadinya vaginosis bakterial pada vagina Anda. Pada vagina terdapat bakteri baik atau disebut sebagai flora normal yang memang hidup pada liang vagina dalam jumlah tertentu yang tidak mengganggu kesehatan vagina. Dalam keadaan normal, vagina memiliki pH yang asam. Flora normal tersebut hidup di liang vagina dalam kondisi pH asam. Namun, keadaan-keadaan tertentu dapat mengubah keadaan pH ini dari asam menjadi basa. Kondisi basa pada liang vagina akan memungkinkan pertumbuhan bakteri jahat pada vagina karena bakteri-bakteri jahat tersebut menghasilkan basa dan menggemari lingkungan hidup yang basa. Akan terjadi ketidakseimbangan jumlah bakteri antara bakteri jahat dan bakteri baik. ke informasi berikutnya. Waspadai Gatal Pada Vagina Hal ini menyebabkan timbulnya iritasi pada vagina, timbul rasa gatal atau terbakar pada vagina, dan lendir vagina menjadi berbau amis, mirip dengan bau ikan sehingga sering disebut fishy odor. Lendir vagina tersebut akan menempel pada dinding vagina. Lendir tersebut berwarna putih keabu-abuan. Timbulnya bau terutama dapat timbul setelah melakukan hubungan seksual, bau [...]

Suntik Botox Bisa Obati Kanker?

Suntik Botox Bisa Obati Kanker?

Penggunaan botox dalam dunia kecantikan memang sudah biasa. Umumnya cairan ini disuntikkan pada bagian wajah yang mengendur dan ingin dikencangkan. Selain itu, botox juga handal dalam mengatasi keringat berlebihan. Namun, tahukah Anda jika botox juga memiliki kemungkinan menyelamatkan nyawa seorang pasien kanker?Penelitian yang baru-baru ini ?dilakukan mengatakan demikian. Dikutip dari BCC, sebuah riset yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa botox dapat membantu menghambat pertumbuhan kanker perut. Studi yang dipublikasi di Science Translational Medicine itu juga menyebutkan botox pun dapat membuat kerja kemoterapi menjadi lebih responsif.Meski begitu, lembaga Cancer Research UK mengatakan bahwa masih terlalu dini untuk menyatakan cairan ijeksi tersebut bisa menyelamatkan nyawa seorang pasien kanker perut. Apalagi botox kerap diduga sebagai pemicu salah satu penyakit kanker lain.?Namun, seorang peneliti bernama Dr Timothy Wang memiliki pendapat yang berbeda. Ia setuju dengan penitian yang menunjukkan bahwa botox memang akan memiliki manfaat jika disuntikan pada kanker atau tumor perut. Walau mungkin tidak benar-benar menyembuhkan, cairan itu akan membantu pasien dalam tahap [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *