Kapan Kista Jinak Berpotensi Menjadi Ganas?

kapan-kista-jinak-berpotensi-menjadi-ganas-alodokter.jpg

Kebanyakan kista ovarium tidaklah berbahaya. Namun, karena kehadirannya yang sering kali tidak terdeteksi membuat kista ovarium yang tadinya jinak bisa berpotensi menjadi ganas.

Lantas, apa saja ciri-ciri sebuah kista jinak yang berpotensi menjadi ganas?

Kista ovarium adalah sebuah kantung berisi cairan yang tumbuh di indung telur (ovarium). Kebanyakan kista ovarium tidaklah berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. Kehadirannya pun sering tidak disertai gejala.

Gejala baru dirasakan ketika kista telah membesar, pecah atau menutupi suplai darah ke ovarium. Jika sudah memasuki tahap itu, Anda akan merasakan gejala-gejala seperti:

  • Perut kembung
  • Sering buang air kecil
  • Perubahan siklus menstruasi
  • Mual, muntah, atau nyeri payudara seperti saat yang Anda rasakan saat kehamilan
  • Gangguan pencernaan atau mudah kenyang padahal Anda hanya makan sedikit
  • Nyeri sebelum menstruasi tiba atau sebelum menstruasi berakhir
  • Nyeri saat buang air besar
  • Nyeri panggul saat melakukan hubungan seksual

Jenis-jenis Kista Ovarium

Pada umumnya, kebanyakan kista ovarium tidaklah bersifat kanker. Kista yang berkaitan dengan menstruasi disebut kista fungsional dan terdapat pada sekitar 24 persen kasus. Kista fungsional umumnya tidak perlu pengobatan karena akan hilang sendirinya. 70 persen kista ovarium berpotensi menyebabkan penyakit namun jinak. Terakhir, jenis kista ganas. Sekitar 6 persen kista yang ditemukan pada ovarium adalah ganas dan memiliki sel kanker.

Kista fungsional

Kista jenis ini terbagi dua yaitu kista folikel dan kista korpus luteum. Kehadirannya merupakan bagian dari siklus menstruasi penderitanya. Pada umumnya, kista jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit dan akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan kemudian tanpa perawatan khusus.

Kista jinak

Berbeda dengan kista fungsional. Kista jenis ini tidak berhubungan dengan siklus menstruasi. Jenis kista jinak ada banyak diantaranya adalah kista dermoid, kista cystadenoma, kista endometrioma, dan lain sebagainya. Tiap kista jinak berpotensi berkembang menjadi kanker ovarium. Oleh karena itu, umumnya diangkat melalui operasi atau dipantau secara berkala karena ada yang bisa hilang tanpa penanganan medis.

Kista dermoid cenderung terjadi pada wanita muda. Kista ini bisa menghilang dengan sendirinya jika ukurannya masih kecil. Kista jenis ini jarang berkembang menjadi kanker. Berbeda dengan cystadenoma dan endomentrioma. Kedua jenis ini memang tergolong jinak. Namun, keduanya berpotensi memiliki sel kanker.

Kista ganas

Kista ini mengandung sel-sel kanker yang menyebabkan kanker ovarium. Pada umumnya, kista ganas terdiri dari kista jinak yang berubah menjadi ganas karena terlambat untuk diobati.

Bagaimana Mendeteksi Kista Ganas?

Ada tiga cara yang dapat membantu Anda mengetahui apakah kista yang Anda miliki berpotensi menyebabkan kanker atau tidak.

  • Status menopause. Seorang wanita yang telah menopause berpotensi lebih tinggi memiliki kista yang bersifat kanker. Menopause didefinisikan sebagai berhentinya siklus menstruasi seorang wanita. Umumnya hal ini terjadi pada wanita berusia 50 tahunan.
  • Tes darah CA-125. Kadar CA-125 pada seorang penderita kanker ovarium umumnya tinggi. Anda berpotensi memiliki kista yang bersifat kanker jika kadar CA-125 Anda tinggi. Namun, ini tidak bisa menjadi satu-satunya Kadar CA-125 seorang wanita juga bisa meningkat ketika ia menstruasi, hamil, atau memiliki kista jinak.
  • Ultrasonografi atau USG. Cara ini bisa digunakan untuk mendeteksi jenis, ukuran dan letak. Selama pemeriksaan, dokter akan menempatkan alat USG pada perut Anda dan selama itu isi rongga panggul Anda bisa terlihat pada sebuah layar monitor.

Anda tidak bisa memakai satu cara saja untuk mendeteksi apakah kista bersifat kanker atau tidak. Ketiga hal di atas perlu dipertimbangkan secara bersamaan untuk menentukan langkah penanganan yang tepat untuk kista Anda. Lakukan pemeriksaan rutin demi mengetahui perkembangan kista Anda.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Menangis Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan

Menangis Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan

Menangis kerap dikonotasikan negatif dan dianggap cengeng. Namun, keluarnya air mata memiliki dampak kesehatan bagi tubuh. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa air mata dapat mengeluarkan kimiawi negatif pada tubuh. Tidak hanya membuat perasaan menjadi lebih lega, menangis memberikan manfaat lainnya. Dikutip dari Net Doctor, ini dia manfaat menangis. 1. Berpengaruh Terhadap Emosional dan StresMenangis bisa mengeluarkan hormon endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Hormon tersebut yang memicu seseorang menjadi stres. elain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.2. Kesehatan MataAir mata ternyata meningkatkan kesehatan mata. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.3. Meningkatkan Suasana Hati Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.4. Mengeluark [...]

Perut Semakin Besar, Masalah Penyakit Semakin Besar

Perut Semakin Besar, Masalah Penyakit Semakin Besar

? Kecuali ibu hamil, ciri perut membesar khas dengan kegemukan. Obesitas atau kegemukan merupakan keadaan berlebihnya lemak tubuh. Dan salah satu bagian paling mudah bertumpuknya lemak adalah perut. Obesitas adalah sebuah keadaan berlebihnya lemak tubuh. Keadaan ini merupakan sebuah kelainan multifaktor, diantaranya faktor genetik dan lingkungan. Dalam praktik sehari-hari pengukuran obesitas menggunakan pengukuran Indeks Massa Tubuh (IMT) yang berhubungan dengan kadar lamak tubuh. IMT di dapat dengan rumus berat badan dalam kilogram (kg), dibagi kuadrat dari tinggi badan (m2). Untuk wilayah Asia Pasifik, kriteria dan klasifikasi obesitas berdasarkan nilai IMT dapat dilihat pada tabel dibawah ini. Apa bahaya obesitas? Umumnya individu obes memiliki tumpukan lemak sekitar perut atau kita kenal dengan perut buncit. Penumpukan lemak perut ini merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Selain itu individu obes cenderung memiliki berbagai faktor risiko metabolik lain seperti tekanan darah tinggi, kelainan lemak darah dan gangguan gula darah. Semua faktor risiko ini akan meningkatkan risiko seorang pasien untuk menderita berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan pembuluh da [...]

Pola Makan Untuk Penyandang Autisme

Pola Makan Untuk Penyandang Autisme

Autisme adalah suatu gangguan pertumbuhan yang dialami oleh anak-anak yang ditandai dengan ketidakmampuan berkomunikasi dan berinteraksi secara sosial. Untuk mengurangi gejala autisme, orangtua seringkali mencoba pilihan melalui diet khusus, Belakangan ini diet bebas gluten dan kasein mulai diminati. Bagaimana dasar diet bebas gluten & kasein bagi penderita autis? Gluten adalah campuran amorf (bentuk tak beraturan) dari protein yang terkandung bersama pati dalam endosperma (dan juga tepung yang dibuat darinya). Keuntungan diet ini didasari oleh teori dimana penderita autis seringkali alergi atau hipersensitif terhadap makanan-makanan yang mengandung gluten maupun kasein. Penderita autisme memproses peptida dan protein yang dikandung oleh makanan tersebut berbeda dari orang lain. Protein ini diproses otak seperti reaksi kimia yang menyerupai opiat. Ide inilah yang digunakan diet ini untuk mengurangi gejala dan meningkatkan fungsi kognitif dan berbicara. Apa saja makanan-makanan yang mengandung gluten? Seringkali sulit menghindari makanan yang mengandung gluten karena gluten sendiri digunakan untuk memberikan struktur pada produk-produk makanan. Namun belakangan ini dapat dijumpa [...]

6 Kesalahan Pemicu Insomnia yang Sering Dilakukan Sebelum Tidur

6 Kesalahan Pemicu Insomnia yang Sering Dilakukan Sebelum Tidur

Setiap orang butuh tidur yang berkualitas di malam hari, karena tubuh perlu waktu beristirahat agar kesehatannya selalu terjaga dan metabolisme stabil. Namun tak sedikit orang yang mengalami kesulitan tidur bahkan insomnia. Kurang tidur bisa membuat tubuh lesu, lemas, memicu obesitas bahkan bisa membuat berbagai penyakit mudah menyerang. Kenapa seseorang bisa sulit tidur padahal aktivitas di siang harinya cukup padat? Ini beberapa kesalahan yang mungkin sering Anda lakukan sebelum tidur.1. Makan Malam Terlalu BanyakMenyantap makanan yang berlebihan di malam hari akan membuat Anda sulit terlelap, terutama jika menunya banyak mengandung protein. Protein lebih sulit dicerna oleh tubuh ketimbang nutrisi lainnya sehingga membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras semalaman. Perlu diketahui, tubuh manusia tidak diciptakan untuk mencerna makanan saat tidur dan itulah yang menyebabkan seseorang sulit tidur nyenyak. Hindari makanan yang tinggi protein di malam hari, atau Anda bisa menyantapnya minimal tiga jam sebelum jam tidur. Hal ini juga berlaku untuk karbohidrat, usahakan tidak mengonsumsi banyak karbohidrat atau makanan tinggi gula karena bisa membuat otak lebih aktif.2. Minum A [...]

4 Sebab Dokter Anjurkan Kelahiran dengan Operasi Sesar

4 Sebab Dokter Anjurkan Kelahiran dengan Operasi Sesar

Dokter spesialis kebidanan seringkali diberi label komersil oleh pasiennya, pasien menganggap sang dokter dengan mudah memutuskan operasi sesar (seksio sesarea) untuk melahirkan bayi pasien karena honor yang lebih besar, masyarakat awam pun semakin menjadi-jadi membicarakan hal ini, sudah bukan cerita baru memang, namun, benarkah dokter kebidanan meraup keuntungan dengan menipu pasiennya? Sebelum Anda menjadi hakim jadi-jadian, mari simak ulasan berikut ini. Pada sebagian besar proses persalinan, persalinan terjadi secara spontan, artinya si bayi lahir lewat jalan lahir alamiah ibu, lalu muncul di mulut vagina (persalinan spontan pervaginam : persalinan spontan yang terjadi melalui vagina), sementara pada beberapa kasus yang lain, persalinan melalui operasi sesar menjadi pilihan dokter, persalinan ini dikenal dengan persalinan perabdominam (per-abdomen: melalui perut ibu). Kita semua tahu biaya untuk operasi sesar berkali-kali lipat lebih mahal daripada persalinan spontan, hal inilah yang kemudian menjadi bahan pembicaraan yang seringkali merusak citra dokter spesialis kebidanan. Dunia medis punya syarat nya sendiri sehingga seorang ibu diputuskan tidak dapat melahirkan spontan m [...]

5 Menit Berkebun Bisa Bantu Kurangi Stres & Tambah Tenaga

5 Menit Berkebun Bisa Bantu Kurangi Stres & Tambah Tenaga

Selain mempercantik tampilan rumah, berkebun juga punya efek positif untuk kesehatan mental. Psikolog klinis Dr. Kathryn Thirlaway menjelaskan, meluangkan waktu untuk mengurus tanaman di halaman rumah bisa mengurangi tingkat stres dan me-recharge kembali stamina secara mental."Berada di kebun bisa menjadi media untuk relaksasi, memunculkan rasa tenang dan membantu manajemen stres, termasuk mengurangi stres karena pekerjaan," ujar Dr. Kathryn, seperti dikutip dari Female First.Berdasarkan hasil studi dari Cardiff University, ada lima yang manfaat yang didapat hanya dengan berkebun selama lima menit. Apa saja?1. Mengurangi StresTaman atau kebun di sekitar rumah bisa menurunkan tingkat stres kurang dari lima menit. Melihat pemandangan yang dipenuhi bunga dan tanaman hijau akan cepat menimbulkan relaksasi pada otak yang tidak akan kita dapat saat menatap hiruk pikuknya perkotaan.2. Relaks & Tambah TenagaBerkebun mengurangi kelelahan dan menimbulkan efek tubuh lebih bertenaga. Berada di dekat alam, meskipun dalam skala kecil memberi stimulasi pada otak untuk lebih relaks dan mengembalikan kembali daya konsentrasi yang sempat hilang karena stres.3. Meningkatkan Kepercayaan DiriMen [...]

Ini Makanan yang Porsinya Perlu Ditambah Agar Tak Cepat Lapar Saat Puasa

Ini Makanan yang Porsinya Perlu Ditambah Agar Tak Cepat Lapar Saat Puasa

Makan sahur sangat penting agar tubuh tidak lemas dan kuat berpuasa lebih dari 12 jam lamanya. Makanan yang dikonsumsi saat sahur pun haruslah lengkap kandungan nutrisinya, tapi dalam jumlah yang cukup alias tidak berlebihan.Elemen nutrisi harus terpenuhi mulai dari karbohidrat, protein, serat juga vitamin dan dalam jumlah yang seimbang. Dokter gizi Johannes Chandrawinata, SpKG menjelaskan, dalam satu piring berukuran sedang harus terdapat sedikitnya 1/4 karbohidrat dari nasi putih atau nasi merah, 1/4 protein, 2/3 sayur dan satu butir buah.Saat sahur, jumlah protein bisa diperbanyak agar perut terasa kenyang dan energi juga bertahan lebih lama. Misalnya saja Anda sudah makan satu potong dada ayam sebagai lauk, maka bisa menambah protein dengan sebutir telur rebus, bisa juga sepotong tahu atau tempe. Dokter yang berpraktik di Melinda Hospital, Bandung ini mengatakan bahwa protein cenderung lambat dicerna tubuh."Protein membuat kenyang terasa lebih lama dibandingkan karbohidrat. Itu bantu kurangi rasa lapar," ujarnya saat diwawancara Wolipop melalui telepon, Kamis (10/7/2014).Sebagai tambahan energi, dokter Johannes juga menyarankan untuk minum susu sesaat sebelum waktu imsak. Su [...]

Purple Day: Pertolongan Pertama pada Kejang Epilepsi

Purple Day: Pertolongan Pertama pada Kejang Epilepsi

Epilepsi adalah sebuah gangguan saraf yang disebabkan adanya gangguan aktivitas listrik di otak. Sel-sel saraf di otak berkomunikasi dengan mengirimkan sinyal-sinyal listrik dalam pola teratur. Pada epilepsi terjadi abnormalitas sinyal-sinyal listrik tersebut yang dapat disebabkan oleh perkembangan sel saraf yang tidak normal, ketidakseimbangan senyawa kimia dalam otak, atau kombinasi keduanya. Epilepsi ditandai dengan adanya kejadian kejang berulang karena setiap kondisi yang menyebabkan gangguan pola normal aktivitas saraf dapat menyebabkan kejang. Walaupun demikian tidak semua kejang dapat dikatakan sebagai epilepsi. Diagnosis epilepsi baru dapat ditegakkan setelah dilakukan wawancara medis lengkap, pemeriksaan EEG dan pemeriksaan penunjang lainnya. Jika menemukan seseorang di sekitar Anda mengalami kejang epilepsi, janganlah panik. Di bawah ini adalah pertolongan pertama yang harus dilakukan bila seseorang mengalami kejang epilepsi. Tetap tenang dan jangan panik. Jauhkan barang-barang berbahaya yang ada di dekat penderita kejang. Beri alas kepala. Longgarkan pakaian agar memudahkan pernafasan. Miringkan badan ke salah satu sisi. Selama penderita mengalami k [...]

Tips Perjalanan Udara Bersama Bayi

Tips Perjalanan Udara Bersama Bayi

Terdapat beberapa hal perlu diperhatikan bagi Anda yang dalam waktu dekat akan melakukan perjalanan jauh lewat udara dengan membawa buah hatinya, antara lain: Usia bayi tidak mempengaruhi kemampuan bayi untuk mengatasi perjalanan udara. Perubahan tekanan kabin pada penerbangan menyebabkan perubahan tekanan telinga tengah yang bersifat sementara tapi dapat mencetuskan nyeri telinga. Untuk menolong menyeimbangkan tekanan di dalam telinga si buah hati, upayakan agar ia terus menyedot atau menelan dengan memberikan susu atau dot selama pesawat take off atau mendarat. Selama penerbangan, tekanan udara dalam kabin lebih rendah dibandingkan tekanan udara di darat. Walaupun perubahan sementara pada kadar oksigen ini tidak akan menyebabkan masalah pada bayi yang sehat, dokter anak Ibu dapat meremendasikan suplementasi oksigen bila bayi memiliki kondisi tertentu yang berkaitan dengan saluran pernapasannya. Berikut tips lainnya: Cara Aman Perjalanan Udara Bersama Bayi: Lanjutan tips perjalanan udara untuk bayi: Sebagian besar kursi mobil bayi dapat dipergunakan untuk perjalanan udara. Walaupun maskapai penerbangan umumnya mengizinkan bayi untuk dipangk [...]

6 Cara Aneh untuk Tidak Mudah Sakit

6 Cara Aneh untuk Tidak Mudah Sakit

Mungkin Anda sudah familiar dengan fungsi antioksidan seperti vitamin C untuk meningkatkan imunitas tubuh dan tidak mudah sakit. Namun tahukah Anda, ternyata ada cara lain yang cukup aneh untuk meningkatkan imunitas dan agar tidak mudah sakit: Berciuman Ya, berciuman dapat membantu Anda untuk memerangi flu! Dengan bertukar bakteri, Anda akan menstimulasi daya tahan tubuh secara alami dan meningkatkan imunitas tubuh. Tentunya pastikan pasangan Anda sedang tidak flu juga. Bahkan berhubungan seks, jika dilakukan secara rutin seminggu sekali dapat meningkatkan produksi immunoglobulin A (IgA), yaitu suatu protein untuk kekebalan tubuh yang dapat membunuh kuman. Mendengarkan musik Riset menunjukkan bahwa mendengarkan musik seperti jazz atau soft rock saat Anda sedang sakit selama 30 menit, dapat membantu meningkatkan kadar IgA dalam tubuh. Berjalan cepat, namun jangan berlari Jika Anda berjalan cepat selama 45 menit, 4x atau lebih dalam seminggu dapat meningkatkan kadar imunitas tubuh dan dapat terhindar dari sakit. Jangan membuang ingus Ketika Anda sedang flu, hidung Anda akan dipenuhi dengan cairan dan sekret. Hindari untuk membuang ingus, terlebih s [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *