Kawat Gigi Tidak Menyebabkan Bau Mulut

kawat-gigi-tidak-menyebabkan-bau-mulut-alodokter.jpg

Kawat gigi sering dianggap sebagai penyebab bau mulut, namun sebenarnya yang menjadi penyebab kondisi tersebut adalah kurang terjaganya kebersihan dalam mulut dan gigi.

Tentu tidak ada yang senang ketika disebut memiliki bau mulut atau halitosis. Kondisi ini ditandai dengan aroma tidak sedap dari mulut ketika seseorang berbicara atau membuka mulut. Dapat timbul sesekali atau terus-menerus.

Pentingnya Menjaga Kebersihan

Sebagai alat bantu perawatan gigi, bahan yang digunakan sebagai kawat gigi sendiri tidak menimbulkan bau yang mengganggu.

Sebagian besar kawat gigi terbuat dari bahan logam, plastik, atau keramik yang diperuntukkan khusus bagi orang dewasa. Jelas bahwa bahan-bahan tersebut tidak meninggalkan bau khas.

Yang kemudian membuat kawat gigi berpotensi menjadi pemicu bau mulut adalah akibat proses pembersihan gigi dan mulut yang tidak sempurna. Hal ini membuat makin banyaknya sisa makanan yang tertinggal di bagian kawat gigi yang kemudian menjadi penyebab bau mulut.

Untuk membersihkan sisa makanan tersebut, Anda harus teliti membersihkan seluruh bagian dari kawat gigi dan permukaan gigi. Sebaiknya sikat gigi tiap setelah makan.

Pengguna kawat gigi dapat menggunakan sikat gigi seperti biasa, namun harus ekstra berhati-hati. Memakai sikat gigi elektrik atau sikat gigi listrik bisa menjadi salah satu alternatif bagi para pengguna kawat gigi. Perhatikan kepala sikat mana yang paling aman digunakan. Ganti kepala sikat lebih sering saat tengah menggunakan kawat gigi.

Proses membersihkan gigi saat mengenakan kawat gigi dapat dilengkapi dengan menggunakan benang gigi atau dental floss jika dirasa ada lokasi dalam mulut yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

Perawatan yang Tepat

Jika dilakukan perawatan dan tindakan pencegahan yang tepat, maka tidak perlu khawatir bau mulut saat menggunakan kawat gigi. Hanya saja, Anda harus memerhatikan kondisi gigi dan mulut, serta makanan dan minuman yang dikonsumsi lebih cermat lagi.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah bau mulut selama menggunakan kawat gigi.

  • Bersihkan gigi Anda dengan hati-hati tiap hari. Jangan sampai melewatkan sudut-sudut di antara gigi. Minta saran dokter gigi Anda bagaimana cara menyikat dan membersihkan gigi dengan tepat selama Anda menggunakan kawat gigi.
  • Sikat gigi setelah makan. Upayakan menyikat gigi selama dua menit, minimal dua kali sehari atau setelah makan, menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride. Minta rekomendasi dokter gigi mengenai pasta gigi yang tepat selama menggunakan kawat gigi.
  • Jika perlu, lengkapi dengan obat kumur atau gunakan benang gigi (dental floss) untuk membantu menyegarkan mulut dan membersihkan hingga ke sela-sela gigi.
  • Minum air saat Anda makan juga dapat membantu menyingkirkan sisa makanan, sekaligus menghindarkan mulut kering yang juga dapat menjadi pemicu bau mulut.
  • Bersihkan lidah dengan sikat khusus untuk membantu menghilangkan sisa makanan dari mulut. Anda juga bisa lakukan dengan menyikat permukaan atas lidah dengan sikat gigi biasa. Tapi lakukan dengan perlahan-lahan karena Anda bisa tersedak.
  • Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Hindari konsumsi makanan yang memiliki tekstur keras dan lengket, misalnya kacang-kacangan, ketan, moci, dodol, permen karet, atau cokelat batangan dengan kandungan karamel.

Periksakan diri secara teratur ke dokter gigi selama menggunakan kawat gigi. Umumnya, pemeriksaan dilakukan satu bulan sekali atau jika perlu lebih sering lagi. Tanyakan kepada dokter gigi Anda mengenai jadwal kunjungan selanjutnya pada tiap akhir sesi konsultasi.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Meminum Teh Panas dan Kanker Tenggorokan

Meminum Teh Panas dan Kanker Tenggorokan

Hubungan meminum the panas dan kanker tenggorokan menurut hasil riset terbaru yang diperoleh peneliti Iran menunjukkan, bahwa meminum teh dalam keadaan masih panas dapat menyebabkan Kanker Tenggorokan. Pada penelitian terdahulu, dalam British Medical Journal dikemukakan terdapat hubungan antara tembakau dan alkohol sebagai penyebab kanker oesophagus. Selain itu disebutkan pula, minuman panas berpotensi menimbulkan tumor. Meminum teh panas dengan temperatur di atas 70 derajat celcius sama dengan meningkatkan resiko kanker tenggorokan delapan kali lipat lebih besar jika dibandingkan dengan meminumnya dalam keadaan hangat, yaitu di bawah 65 derajat, demikian penjelasan peneliti. Meminum Teh Panas dan Kanker Tenggorokan Bersama timnya, Reza Malekzadehdari Tehran University meneliti, kebiasaan minum 300 orang yang didiagnosa mengidap kanker tenggorokan, sementara 571 orang lainnya dalam keadaan sehat. Mereka semua berasal dari daerah yang sama, di provinsi Golestan, di Iran Utara. Malekzadeh mengatakan, menjadikan daerah ini sebagai sampel penelitian karena Golestan merupakan salah satu daerah dengan tingkat kanker tenggorokan tertinggi di dunia. Namun, sebalikny [...]

Cara Redakan Rasa Nyeri Ketika Haid Hari Pertama

Cara Redakan Rasa Nyeri Ketika Haid Hari Pertama

Sebagian wanita sering merasakan nyeri saat datang 'bulan'. Nyeri tersebut bisa karena reaksi dari menstruasi itu sendiri atau tanda adanya penyakit. Rasa nyeri membuat Anda tidak nyaman bahkan beberapa wanita tak bisa beraktivitas seperti biasa. Untuk meredakan sakit yang sangat mengganggu aktivitas, dokter spesialis kandungan, Kolonel Dr Frits Max Rumintjap, SpOG(K), menyarankan minum obat. "Obat apa saja yang mengandung analgesik atau anti sakit bisa justru harus diminum," ujar dokter Frits kepada wolipop, Rabu (1/5/2013).Hal itu juga disetujui oleh Dr Prima Progestian, SpOG,CH,CHt, dokter kandungan yang berpraktek di Brawijaya Women and Children Hopsital. Ia menuturkan, sebaiknya konsumsi obat anti nyeri jika sakit haid sudah tak tertahankan. Namun bila ada keluhan lain yang mengganggu, pria yang juga membuka praktek di Klinik Permata Bintaro itu menyarankan segera periksa ke dokter."Kalau obat-obatan anti nyeri seperti Feminax, panadol itu nggak masalah. Anti nyeri boleh saja. Tapi kalau ada keluhan lebih baik diperiksakan langsung karena mungkin ada infeksi atau penyakit," ujar Dr Prima saat dihubungi wolipop melalui telepon, Rabu (1/5/2013).Jika tidak mau merasakan nyeri, [...]

5 Kelainan Kelamin Pada Anak yang Sering Terjadi

5 Kelainan Kelamin Pada Anak yang Sering Terjadi

Alat kelamin kadang menjadi salah satu organ tubuh yang sering luput dari perhatian, sehingga banyak orangtua yang tidak menyadari anaknya mengalami kelainan bawaan pada alat kelaminnya. Kelainan bentuk atau deformitas pada bayi sering membuat orangtua khawatir karena takut akan menyebabkan gangguan fungsi seksual di kemudian hari. Padahal banyak dari kelainan tersebut dapat dikoreksi. Untuk itu, ada baiknya Anda menambah pengetahuan seputar kelainan kelamin pada anak yang umum ditemui. Beberapa kelainan alat kelamin yang sering ditemukan, diantaranya: 5 Kelainan Kelamin Anak yang Sering Terjadi Alat kelamin kadang menjadi salah satu organ tubuh yang sering luput dari perhatian, sehingga banyak orangtua yang tidak menyadari anaknya mengalami kelainan bawaan pada alat kelaminnya. Kelainan bentuk atau deformitas pada bayi sering membuat orangtua khawatir karena takut akan menyebabkan gangguan fungsi seksual di kemudian hari. Padahal banyak dari kelainan tersebut dapat dikoreksi. Untuk itu, ada baiknya Anda menambah pengetahuan seputar kelainan kelamin pada anak yang umum ditemui. Beberapa kelainan alat kelamin yang sering ditemukan, diantaranya: [...]

Emosi Naik Turun? Ini Dia 5 Cara Mengaturnya!

Emosi Naik Turun? Ini Dia 5 Cara Mengaturnya!

Pernahkan Anda merasa emosi Anda naik turun? Hidup memang bisa membuat emosi berubah-ubah. Jika tidak bisa mengatasi emosi itu, Andalah yang akan menjadi korban emosi sendiri.Hal-hal positif dan negatif datang silih berganti, sehingga menjadikan emosi seseorang tak menentu. Jika Anda merasa emosi kurang stabil saat ini, cobalah lima strategi cara mengontrol emosi berikut, seperti dikutip dari Health.1. Biarkan KeluarMengeluarkan emosi terkadang harus dilakukan karena menyimpan perasaan sedih atau marah dapat menguras energi dan mengganggu pikiran Anda. Memendam emosi yang tidak baik dapat merusak diri sendiri dan hubungan orang lain.Jika Anda termasuk orang yang sulit mencurahkan perasaan melalui kata-kata, cobalah menuangkannya dengan menulis di buku harian. Anda pun akan merasa lega karena hati Anda sudah tidak disesaki lagi dengan emosi yang mengganjal.2. Berhitung Hingga SepuluhKekuatan emosi sangatlah besar dan dapat muncul kapan saja dan dimana saja. Di tempat kerja, pusat perbelanjaan, ketika bersama teman atau ketika makan malam bersama kekasih.Ketika Anda sedang dalam situasi yang penuh emosi, cobalah berhitung hingga sepuluh sebelum mengatakan sesuatu. Hal itu memungki [...]

7 Buah Paling Baik untuk Jaga Kesehatan Tubuh

7 Buah Paling Baik untuk Jaga Kesehatan Tubuh

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kebiasaan mengonsumsi buah-buahan. Mulai dari efek positif pada kesehatan hingga urusan penampilan tubuh.Memakan buah segar dipercaya jauh lebih baik ketimbang jus. Hal ini karena, jus bisa membuat nutrisi dalam buah menghilang akibat proses pembuatannya. Seperti yang dikutip dari Times of India, ada beberapa buah yang paling baik untuk dikonsumsi. Apa saja?1. KiwiWalau bentuknya kecil, namun manfaat kiwi begitu besar. Kiwi merupakan sumber potasium --mineral yang membantu turunkan tekanan darah dan bermanfaat bagi sistem saraf otonom yang mengontrol detak jantung, mengandung banyak vitamin E, magnesium serta serat. Menariknya, kandungan vitamin C di dalam kiwi dua kali lipat lebih besar daripada jeruk.2. ApelWalau kandungan vitamin C tidak terlalu tinggi, namun apel memiliki kadar antioksidan dan flavonoid yang dapat meningkatkan manfaat vitamin C. Hasilnya, risiko masalah usus, serangan jantung, kanker dan stroke menurun.3. StroberiStoberi memiliki kandungan antioksidan tertinggi daripada buah lainnya. Selain itu, buah yang rasanya sedikit asam ini dapatmelindungi tubuh dari penyebab kanker dan penyumbatan pembuluh darah akibat radikal [...]

7 Hal yang Perlu Anda Ketahui Dalam Membesarkan Anak dengan Penyakit Jantung Bawaan

7 Hal yang Perlu Anda Ketahui Dalam Membesarkan Anak dengan Penyakit Jantung Bawaan

Anak merupakan anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada setiap pasangan. Merawat dan membesarkan anak memang susah-susah gampang namun hal tersebut dapat menjadi pengalaman indah yang tak tergantikan. Penting bagi setiap anak untuk menjalani pemeriksaan kesehatan rutin tak terkecuali pada anak dengan kelainan jantung bawaan. Beberapa hal di bawah ini perlu diperhatikan bagi orang tua dengan anak memiliki kelainan jantung: 1.Rutin Periksakan Anak ke Dokter Spesialis Jantung Anak Sebagian besar anak dengan PJB membutuhkan pemeriksaan periodik jantung. Pada anak yang baru saja terdiagnosis dan menjalani operasi kontrol akan lebih sering (setiap minggu, bulan) lalu bertahap menjadi lebih jarang. Anak dengan kondisi ringan biasanya hanya butuh control setiap 1 hingga 5 tahun. Serangkainan tes berkala dapat dilakukan bergantung dengan kondisi anak Anda. Tes tersebut antara lain rekam jantung (EKG), USG jantung, rontgen dada, MRI/CT scan jantung, stress test, kateterisasi, dan lain sebagainya. 2.Mencegah Infeksi Anak dengan penyakit jantung bawaan (PJB) rentan terkena infeksi. Infeksi yang dapat terjadi dan cukup membahayakan adalah endokarditis infektif, yaitu infeksi pada jaringan [...]

Awas, Gula Darah Tinggi Bisa Buat Wajah Tampak Tua

Awas, Gula Darah Tinggi Bisa Buat Wajah Tampak Tua

Kadar gula darah tinggi tak hanya berpengaruh pada kesehatan saja. Menurut penelitian terbaru, level gula darah yang tinggi bisa mengakibatkan wajah seseorang tampak lebih tua dari usianya.Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Leiden University Medical Centre dan Unilever R&D telah menemukan adanya hubungan antara kadar gula darah manusia dengan dengan usia wajah (facial age). Penelitian ini merupakan inisiatif dari Netherlands Consortium for Healthy Ageing yang bertujuan memahami bagaimana kesehatan dapat dipertahankan saat usia seseorang bertambah.Penelitian yang dilakukan di Belanda ini melibatkan lebih dari 600 pria dan wanita yang melakukan tes terhadap kadar gula darah (tanpa puasa) dan kemudian difoto. 60 orang pengamat lantas diminta memberikan perkiraan mereka terhadap usia para peserta peneliti tersebut berdasarkan foto mereka. Usia yang sebenarnya kemudian dibandingkan dengan hasil pengamatan tadi.Penelitian yang merupakan penelitian pertama kali itu, mengetahui bahwa orang berusia antara 50- 70 tahun dengan kadar gula tinggi tampak lebih tua dari mereka yang berkadar gula darah lebih rendah dengan usia yang sama. Hasil dari penelitian itu memperlihatkan, jika ses [...]

Ramalan Kesehatan Berdasarkan Zodiak (Bagian 2)

Ramalan Kesehatan Berdasarkan Zodiak (Bagian 2)

Tidak hanya soal percintaan, karir dan seks, masalah kesehatan juga bisa dipengaruhi oleh zodiak. Beberapa zodiak seperti Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo dan Virgo telah dibahas di artikel bagian pertama, kali ini giliran zodiak Libra hingga Pisces. Berikut permasalahan kesehatan yang dihadapi dan cara pencegahannya, seperti yang dikutip dari gzstuff.LibraPermasalahan kesehatan yang paling sering dialami oleh orang berzodiak Libra adalah sekitar ginjal dan kandung kemih. Oleh karena itu, ada baiknya jika Libra lebih sering mengonsumsi air mineral tiap harinya. ScorpioZodiak Scorpio memiliki masalah kesehatan yang berhubungan dnegan sistem reproduksi dan pencernaan. Ada baiknya bagi Scorpio untuk rajin memakan makanan berserat dan kaya akan vitamin, sedini mungkin. Secara keseluruhan, Scorpio juga seringkali memendam masalah terlalu lama.SagitariusOrang yang memiliki zodiak ini harus lebih memperhatikan pangkal paha dan saraf sciatic --saraf paling panjang dalam tubuh--, usahakan untuk lebih banyak menggerakan kaki sesering mungkin. Selain itu, hindari duduk dalam jangka waktu lama dan berhentilah merokok.CapricornKesehatan tulang biasanya selalu menjadi masalah bagi Capricorn [...]

Penggunaan Tisu Bisa Sebarkan Virus Flu, Ini Cara Menangkalnya

Penggunaan Tisu Bisa Sebarkan Virus Flu, Ini Cara Menangkalnya

Penggunaan tisu saat flu atau pilek selama ini dianggap sebagai salah satu cara untuk mencegah penularan virus penyebab penyakit tersebut yang lebih baik daripada sapu tangan. Namun jika memakainya dengan cara yang salah atau tisu yang Anda gunakan tidak steril justru dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan.Sejumlah ahli kesehatan mengatakan bahwa tisu merupakan pilihan yang paling higienis karena hanya sekali pemakaian. Namun ternyata ada banyak orang yang menggunakan tisu hingga berulang kali seperti halnya sapu tangan. Kebiasaan buruk ini bisa membuat virus menyebar dan menular pada orang lain, juga membuat penyakit flu bertambah parah.Ketika Anda menempelkan tisu ke hidung lalu mengeluarkan sekresi lendir yang dipenuhi virus penyebab flu, maka virus tersebut juga akan menempel pada tisu. Virus tersebut pun akan bertahan dalam jangka waktu cukup lama. Profesor Ron Eccles, direktur Common Cold Research Centre di Cardiff University Inggris mengatakan, virus pada sapu tangan atau tisu bisa bertahan hidup selama berjam-jam. Ketika tisu bersentuhan dengan tangan, otomatis tangan Anda akan menjadi 'perantara' dalam menyebarkan virus ke orang lain.Dijelaskan Profesor Jack Gwalt [...]

Harapan Baru Pengidap TBC

Harapan Baru Pengidap TBC

Harapan baru bagi pengidap TBC, sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh tim peneliti dari Albert Einstein College of Medicine di New York, AS menemukan bakteri yang sudah dimodifikasi dapat berfungsi sebagai pelindung dari penyakit paru-paru, lebih lanjut diharapkan dapat memberikan anti-bakteri penyebab TBC. Uniknya, bakteri yang telah dimodifikasi tersebut masih memiliki hubungan keluarga dari bakteri penyebab TBC (Mycobacterium Tuberculosis) sendiri. Hasil penelitian yang diterbitkan di laporan Nature Medicine pada tanggal 4 September 2011 lalu itu menyelidiki sekelompok gen yang dinamakan ESX-3, yang terdapat dalam semua varian Mycobacterium dimana gen tersebut memiliki fungsi dalam kinerja bakteri untuk menghindari sistem kekebalan tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh Kari Ann Sweeney, dkk., itu menemukan dalam hubungan kekerabatan bakterinya, Mycobacterium tuberculosis tidak dapat bertahan tanpa ESX-3, namun ?sepupunya?, Mycobacterium Smegmatis, mampu. Para peneliti memodifikasi Mycobacterium Smegmatis dengan menghapus gen ESX-3-nya kemudian menyuntikkan ke tikus sebagai percobaan. Ditemukan dari tindakan tersebut dalam waktu 3 hari tikus telah bersih dari bakteri di paru-p [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *