Kawat Gigi Tidak Menyebabkan Bau Mulut

kawat-gigi-tidak-menyebabkan-bau-mulut-alodokter.jpg

Kawat gigi sering dianggap sebagai penyebab bau mulut, namun sebenarnya yang menjadi penyebab kondisi tersebut adalah kurang terjaganya kebersihan dalam mulut dan gigi.

Tentu tidak ada yang senang ketika disebut memiliki bau mulut atau halitosis. Kondisi ini ditandai dengan aroma tidak sedap dari mulut ketika seseorang berbicara atau membuka mulut. Dapat timbul sesekali atau terus-menerus.

Pentingnya Menjaga Kebersihan

Sebagai alat bantu perawatan gigi, bahan yang digunakan sebagai kawat gigi sendiri tidak menimbulkan bau yang mengganggu.

Sebagian besar kawat gigi terbuat dari bahan logam, plastik, atau keramik yang diperuntukkan khusus bagi orang dewasa. Jelas bahwa bahan-bahan tersebut tidak meninggalkan bau khas.

Yang kemudian membuat kawat gigi berpotensi menjadi pemicu bau mulut adalah akibat proses pembersihan gigi dan mulut yang tidak sempurna. Hal ini membuat makin banyaknya sisa makanan yang tertinggal di bagian kawat gigi yang kemudian menjadi penyebab bau mulut.

Untuk membersihkan sisa makanan tersebut, Anda harus teliti membersihkan seluruh bagian dari kawat gigi dan permukaan gigi. Sebaiknya sikat gigi tiap setelah makan.

Pengguna kawat gigi dapat menggunakan sikat gigi seperti biasa, namun harus ekstra berhati-hati. Memakai sikat gigi elektrik atau sikat gigi listrik bisa menjadi salah satu alternatif bagi para pengguna kawat gigi. Perhatikan kepala sikat mana yang paling aman digunakan. Ganti kepala sikat lebih sering saat tengah menggunakan kawat gigi.

Proses membersihkan gigi saat mengenakan kawat gigi dapat dilengkapi dengan menggunakan benang gigi atau dental floss jika dirasa ada lokasi dalam mulut yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

Perawatan yang Tepat

Jika dilakukan perawatan dan tindakan pencegahan yang tepat, maka tidak perlu khawatir bau mulut saat menggunakan kawat gigi. Hanya saja, Anda harus memerhatikan kondisi gigi dan mulut, serta makanan dan minuman yang dikonsumsi lebih cermat lagi.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah bau mulut selama menggunakan kawat gigi.

  • Bersihkan gigi Anda dengan hati-hati tiap hari. Jangan sampai melewatkan sudut-sudut di antara gigi. Minta saran dokter gigi Anda bagaimana cara menyikat dan membersihkan gigi dengan tepat selama Anda menggunakan kawat gigi.
  • Sikat gigi setelah makan. Upayakan menyikat gigi selama dua menit, minimal dua kali sehari atau setelah makan, menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride. Minta rekomendasi dokter gigi mengenai pasta gigi yang tepat selama menggunakan kawat gigi.
  • Jika perlu, lengkapi dengan obat kumur atau gunakan benang gigi (dental floss) untuk membantu menyegarkan mulut dan membersihkan hingga ke sela-sela gigi.
  • Minum air saat Anda makan juga dapat membantu menyingkirkan sisa makanan, sekaligus menghindarkan mulut kering yang juga dapat menjadi pemicu bau mulut.
  • Bersihkan lidah dengan sikat khusus untuk membantu menghilangkan sisa makanan dari mulut. Anda juga bisa lakukan dengan menyikat permukaan atas lidah dengan sikat gigi biasa. Tapi lakukan dengan perlahan-lahan karena Anda bisa tersedak.
  • Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Hindari konsumsi makanan yang memiliki tekstur keras dan lengket, misalnya kacang-kacangan, ketan, moci, dodol, permen karet, atau cokelat batangan dengan kandungan karamel.

Periksakan diri secara teratur ke dokter gigi selama menggunakan kawat gigi. Umumnya, pemeriksaan dilakukan satu bulan sekali atau jika perlu lebih sering lagi. Tanyakan kepada dokter gigi Anda mengenai jadwal kunjungan selanjutnya pada tiap akhir sesi konsultasi.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
3 Sebab Mengapa Wanita Hamil Tidak Boleh Merokok

3 Sebab Mengapa Wanita Hamil Tidak Boleh Merokok

Salah satu tantangan terbesar bagi seorang wanita hamil adalah menghentikan kebiasaan merokok yang sudah dibawa sejak sebelum hamil, tidak sedikit yang akhirnya menyerah dan tetap melanjutkan merokok dengan segala risiko yang mungkin diterima anak dalam kandungannya. Sebagian wanita malah tidak tahu sama sekali bahaya merokok bagi janinnya, simak bahaya merokok bagi wanita hamil berikut ini, baru kemudian pikirkan lagi apakah Anda ingin melanjutkan merokok? Jangankan pada wanita hamil, pada orang sehat pun merokok bukanlah kebiasaan yang baik karena sifatnya yang merusak, berikut ini adalah secara spesifik dampak negatif rokok bagi kandungan: Sebab 1: Tanggung Jawab 2 Nyawa Ibu yang sedang hamil memiliki tanggung jawab ganda untuk menyuplai nutrisi bukan hanya bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi janinnya. Untuk itulah diciptakan perederan darah khusus bagi ibu dan janin selama kehamilan. Ketika ibu merokok, maka gas kotor yang dihasilkan dari rokok juga ikut masuk ke peredarahan darah janin, sehingga bukannya mendapatkan oksigen, si bayi justru mendapatkan gas yang menyulitkannya bernafas. Dapat kita katakan ibu bagai memberikan racun bagi janinnya. Bahkan [...]

Wanita Lebih Rajin Gosok Gigi Ketimbang Pria

Wanita Lebih Rajin Gosok Gigi Ketimbang Pria

Dalam urusan membersihkan gigi, ternyata wanita lebih rajin dari pria. Survei yang dilakukan di Inggris dan Wales terhadap 13 ribu orang membuktikan hal itu.Seperti dikutip dari Female First, survei itu dibuat oleh Colgate sebagai bagian dari kampanye 'Healthy Smiles'. Dari survei itu terungkap kawasan mana di Inggris yang penduduknya memiliki senyum sehat. Kawasan tersebut adalah daerah bagian timur Inggris.Sementara untuk mereka yang rutin melakukan perawatan gigi tinggal di kawasan South Central, Inggris. Hampir 80% penduduk di daerah tersebut menggosok giginya dua kali sehari.Sedangkan di kawasan North Eastd dan Midland, 1/4 penduduknya menggosok gigi satu kali sehari. 6% penduduk di Yorkshire, menggosok gigi kurang dari satu kali sehari.Saat ini di Inggris memang sedang ada bulan kesehatan gigi dan mulut. Para dokter gigi akan tur ke seluruh wilayah untuk mengkampanyekan kebersihan gigi dan juga memberikan nasihat tentang perawatan gigi secara gratis.(eny/eny) [...]

Purple Day: Pertolongan Pertama pada Kejang Epilepsi

Purple Day: Pertolongan Pertama pada Kejang Epilepsi

Epilepsi adalah sebuah gangguan saraf yang disebabkan adanya gangguan aktivitas listrik di otak. Sel-sel saraf di otak berkomunikasi dengan mengirimkan sinyal-sinyal listrik dalam pola teratur. Pada epilepsi terjadi abnormalitas sinyal-sinyal listrik tersebut yang dapat disebabkan oleh perkembangan sel saraf yang tidak normal, ketidakseimbangan senyawa kimia dalam otak, atau kombinasi keduanya. Epilepsi ditandai dengan adanya kejadian kejang berulang karena setiap kondisi yang menyebabkan gangguan pola normal aktivitas saraf dapat menyebabkan kejang. Walaupun demikian tidak semua kejang dapat dikatakan sebagai epilepsi. Diagnosis epilepsi baru dapat ditegakkan setelah dilakukan wawancara medis lengkap, pemeriksaan EEG dan pemeriksaan penunjang lainnya. Jika menemukan seseorang di sekitar Anda mengalami kejang epilepsi, janganlah panik. Di bawah ini adalah pertolongan pertama yang harus dilakukan bila seseorang mengalami kejang epilepsi. Tetap tenang dan jangan panik. Jauhkan barang-barang berbahaya yang ada di dekat penderita kejang. Beri alas kepala. Longgarkan pakaian agar memudahkan pernafasan. Miringkan badan ke salah satu sisi. Selama penderita mengalami k [...]

5 Keuntungan dari Mandi Malam Hari

5 Keuntungan dari Mandi Malam Hari

Ketika lelah bekerja seharian, tak jarang dari Anda yang memilih tidak mandi dan hanya ganti baju untuk tidur. Sebaiknya Anda mulai mengurangi kebiasaan itu. Mitos yang menyatakan mandi malam dapat menyebabkan penyakit, tampaknya tidak perlu Anda takuti lagi. Karena ternyata, mandi malam hari juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Ini dia beberapa keuntungan dari mandi di malam hari yang dikutip dari Spark Life.1. Menyegarkan dan Membuat SantaiSetelah seharian berkutat dengan urusan kantor yang melelahkan, mandi ketika pulang kantor akan membuat Anda lebih santai dan menyegarkan tubuh. Tidur dalam keadaan tubuh bersih dan segar, tentunya akan membuat tidur Anda lebih nyenyak.2. Waktu Lebih LamaMungkin Anda tidak akan sempat menjalankan ritual membersihkan tubuh, seperti lulur atau masker rambut ketika mandi pagi hari. Berbeda jika Anda mandi di malam hari, Anda punya waktu yang lebih lama sehingga bisa membersihkan tubuh dengan detail. Hasilnya, tentu saja tubuh Anda menjadi lebih bersih dan tak ada bagian tubuh yang terlewat dibersihkan.3. Menurunkan Tekanan DarahMandi di malam hari dapat mempengaruhi tekanan darah Anda. Apalagi jika mandi dengan air hangat. Selain [...]

7 dari 10 Wanita Ingin Tiru Angelina Jolie Operasi Pengangkatan Payudara

7 dari 10 Wanita Ingin Tiru Angelina Jolie Operasi Pengangkatan Payudara

Tindakan berani Angelina Jolie menjalani mastektomi untuk mencegah kanker tumbuh di kedua payudaranya telah mengejutkan banyak orang di berbagai belahan dunia. Membuktikan, bahwa kanker payudara bisa terjadi pada siapa saja, bahkan selebriti.Tak hanya itu, kekasih Brad Pitt ini juga menginspirasi banyak wanita untuk melakukan hal yang sama. Menurut hasil riset terbaru seperti yang dikutip dari Female First, tujuh dari 10 wanita mengatakan akan menjalani mastektomi ganda jika hasil tes mengindikasikan kalau mereka berisiko tinggi terkena kanker payudara.Sementara itu 68 pesen wanita mengatakan rela jaringan payudaranya diangkat dan digantikan dengan implan jika tes genetik menunjukkan ada kemungkinan besar gen mereka mengembangkan kanker payudara. Survei yang dilakukan oleh The YouGov tersebut juga menemukan, tak hanya kanker payudara, tapi responden (pria dan wanita) juga akan melakukan operasi sebagai tindakan preventif jika diketahui mereka berisiko mengidap kanker jenis lain. Jumlah antara pria dan wanita sama, masing-masing 70 persen.Pada Selasa (14/05/2013), Angelina mengumumkan bahwa dia telah menjalani mastektomi ganda. Kepada New York Times, ia mengatakan dokter yang mem [...]

3 Cara Bangun Tidur Tanpa Kopi

3 Cara Bangun Tidur Tanpa Kopi

Di musin penghujan, terkadang keinginan kita untuk bangun tidur sangat susah, udara dingin, rentik-rentik air hujan serta langit yang gelap dapat membuat kita semakin malas untuk bangun tidur. Namun saat Anda harus bangun tidur untuk bekerja, terkadang Anda dapat mengkonsumsi kopi berlebihan. Sebaliknya, ternyata terlalu banyak kopi pun terkadang membuat tubuh menjadi semakin letih. Memang kopi dapat membuat kita melek, namun terlalu banyak konsumsi kopi dapat berakibat menggangu tidur serta kecemasan. Nah, dibawah terdapat beberapa tips yang Anda dapat lakukan untuk menghindari konsumsi kopi berlebihan, terutama bagi Anda yang tergantung pada kopi untuk memulai hari. 3 Cara Bangun Tidur Tanpa Kopi Di musin penghujan, terkadang keinginan kita untuk bangun tidur sangat susah, udara dingin, rentik-rentik air hujan serta langit yang gelap dapat membuat kita semakin malas untuk bangun tidur. Namun saat Anda harus bangun tidur untuk bekerja, terkadang Anda dapat mengkonsumsi kopi berlebihan. Sebaliknya, ternyata terlalu banyak kopi pun terkadang membuat tubuh menjadi semakin letih. Memang kopi dapat membuat kita melek, namun terlalu banyak konsumsi kopi dapat [...]

Kena Sindrom Langka, Wanita Ini Anggap Dirinya Sudah Meninggal

Kena Sindrom Langka, Wanita Ini Anggap Dirinya Sudah Meninggal

Masih hidup, tapi seperti sudah mati? Hal itulah yang dirasakan Esme Weijun Wang. Esme tidak sedang dalam keadaan koma, bahkan secara fisik tubuhnya sehat wal afiat. Namun karena sindrom langka, wanita asal San Fransisco ini sempat merasa dirinya telah meninggal.Kejadian itu berlangsung pada 2013, kala itu Esme memberitahu suaminya bahwa dirinya telah meninggal beberapa bulan lalu. Yakni saat dia berulang kali tak sadarkan diri selama beberapa jam dalam sebuah penerbangan pesawat antar negara.Berminggu-minggu merasa linglung setelah peristiwa tersebut, Esme pun tiba pada sebuah kesimpulan bahwa dirinya sudah meninggal. Kondisinya saat itu dianggapnya sebagai kehidupan setelah ia mati."Saya diyakinkan bahwa saya telah meninggal di penerbangan itu dan saya sudah berada di kehidupan setelah mati. Kala itu saya tidak menyadarinya (bahwa saya masih hidup)," ujar Esme kepada Washington Post, seperti dikutip dari Women's Health.Meskipun 'sadar' dirinya sudah tidak hidup di dunia lagi, anehnya Esme tidak merasa sedih. Ia bahkan menganggap kematiannya bisa membuatnya jadi orang yang lebih baik lagi di kehidupan berikutnya. Selama mengira ia meninggal, Esme juga tidak merasakan emosi. Di [...]

Mengenal Kondisi Air Ketuban yang Tidak Normal

Mengenal Kondisi Air Ketuban yang Tidak Normal

Air ketuban memungkinkan janin mengambang dalam kantong ketuban semasa dalam kandungan sehingga janin dapat bergerak. Cairan yang berwarna jernih kekuningan ini juga memberi ruang untuk tumbuh kembang janin. Saat pemeriksaan kehamilan, volume air ketuban secara rutin akan diperiksa untuk mengetahui apakah masih dalam kadar normal, terlalu banyak, atau terlalu sedikit. Ini karena jumlah air mencerminkan kondisi kesehatan janin. Pemeriksaan dilakukan menggunakan ultrasonografi (USG). Air ketuban atau amnion berguna sebagai bantalan yang melindungi janin dari cedera luar atau gerakan mendadak. Amnion juga berguna menjaga suhu di sekeliling janin agar tetap hangat dan stabil. Fungsi lainnya adalah membantu tulang, otot, sistem pencernaan, dan paru-paru janin untuk dapat tumbuh dengan baik. Ketika kehamilan berusia 8,5 bulan, volume ketuban biasanya berada pada kisaran 800 mililiter (mL). Pada usia kehamilan 10 bulan, volume air ketuban sekitar 600 mL. Berikut beberapa kondisi air ketuban. Air ketuban Terlalu Banyak Secara medis, kondisi ini dinamakan polihidramnion. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, tetapi beberapa faktor risiko berikut berkaitan dengan terjadinya polihidramn [...]

7 Tips Mengatasi Hangover Pasca Pesta di Hari Raya

7 Tips Mengatasi Hangover Pasca Pesta di Hari Raya

Meminum banyak minuman beralkohol saat pesta, kerap kali membuat Anda merasa pusing dan mual keesokan harinya. Inilah yang disebut hangover. Seperti yang dikutip dari Menshealth, berikut tujuh cara untuk mengatasi hangover.1. Minum AirAlkohol merupakan diuretik yang dapat membuat dehidrasi, itulah alasan mengapa Anda seringkali buang air kecil setelah meminum alkohol. Menurut Daniel K. Hall-Flavin, M.D., seorang konsultan psikiatri kecanduan di Mayo Clinic, menyarankan agar meminum setengah liter air sebelum tidur. Selain itu, ia juga merekomendasikan agar Anda memesan segelas air saat meminum bir. Hal ini berguna untuk menggantikan cairan yag hilang akibat alkohol.2. Hindari Minuman Berenergi"Meskipun efek diuretik alkohol dapat menyebabkan tubuh kehilangan elektrolit, tapi tidak harus digantikan dengan segera,"ujar Samir Zakhari, direktur divisi metabolisme dan kesehatan di National Institute. Penelitian juga menunjukkan bahwa minuman penambah energi tidak lebih baik daripada air.3. Minum Air Setelah Meminum KopiBanyak orang yang mengalami hangover dan memilih kopi untuk membuat mereka tetap terjaga di kantor. Walau kopi dapat membantu mengurangi sakit kepala dan migrain, teta [...]

Cegah Dehidrasi Hingga Sembelit, Ini 10 Manfaat Mengonsumsi Timun

Cegah Dehidrasi Hingga Sembelit, Ini 10 Manfaat Mengonsumsi Timun

Timun menjadi salah satu makanan yang kerap kali dikonsumsi sebagai hidangan salad ataupun menjadi pemanis dalam sajian masakan. Tetapi ternyata timun tak hanya berfungsi sebagai pelengkap makanan saja, ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa dirasakan saat mengonsumsi timun. Apa saja? 1. Mencegah DehidrasiSalah satu manfaat mengonsumsi timun adalah untuk mencegah dehidrasi. Timun memiliki 95.2 persen kadar air atau 150 ml air dari 142 gr penyajian. Hal itu berarti sebanyak 26 persen asupan air di dalam tubuh setiap harinya sudah terpenuhi.2. Kesehatan JantungTimun mengandung potassium sebanyak 152gr setiap penyajian yang dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian menunjukkan, mengonsumsi timun dalam porsi yang tepat bisa menurunkan potensi penyakit stroke dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.3. Melindungi OtakSuatu zat bernama fisetin yang terdapat di dalam timun berguna sebagai anti pembengkakan di dalam tubuh. Ternyata, fisetin juga memiliki peranan penting untuk melindungi kesehatan otak karena kemampuannya mengurangi dampak negatif dari penyakit otak yang disebabkan oleh berkurangnya fungsi otak dan masalah usia. Maka dari itu, timun juga bi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *