Kecepatan Otak Menurun Setelah Usia 24 Tahun

game.jpg

Apabila Anda sudah berada di usia akhir 20-an atau lebih tua, pikiran Anda tak setajam dulu lagi. Para ilmuwan meyakini otak kita mulai menurun kemampuannya setelah usia 24 tahun.

“Setelah usia 24 tahun, pemain menunjukkan perlambatan dalam kecepatan kognitif yang dikenal penting dalam kinerja,” kata penulis penelitian Joe Thompson, mahasiswa PhD di Simon Fraser University, Kanada.

Peneliti menggunakan game komputer untuk mengukur kinerja motor kognitif para pemain, yakni seberapa cepat otak bereaksi dengan hal-hal yang terjadi di sekitarnya, yang memungkinkan Anda bertindak selama tugas seperti menyetir. Ada 3.300 orang berusia 16-64 tahun yang terlibat dalam permainan pertempuran yang dikenal dengan StarCraft II.

Ini merupakan permainan strategi yang populer. Pemainnya bersaing membentuk tentara dan menaklukkan dunia ilmiah fiksi. Selain itu pemain bsia membeli dan menjual pesawat ruang angkasa, mengupgrade senjata dan berperang sesama pemain.

“Starcraft seperti catur dengan kecepatan tinggi…. Anda hanya membuat gerakan sebanyak mungkin yang Anda mau, secepat yang Anda bisa,” kata Thompson.

Hasilnya, kinerja otak menjadi lambat pada permainan. Mereka yang usianya lebih dari 24 tahun cenderung tampil kurang baik. Penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE seperti dilansir CBC, Rabu (16/4/2014).

Thompson mengatakan, ia begitu terkejut dengan hasilnya yakni begitu cepat kinerja otak menurun dan usia memengaruhinya. “Apabila Anda berusia 39 tahun bersaing dengan 24 tahun dan Anda berdua memiliki keterampilan yang sama,” kata Thompson.

“Pengaruh umur diimbangi dengan banyak belajarnya Anda.”

Menurut Thompson, dengan bermain Starcraft, tuntutan fisik minimal karena permainan menggunakan keyboard dan mouse. “Kecepatan datang dari otak. Mirip dengan situasi di dunia nyata,” katanya.

Meskipun penelitian ini terdengar mengagetkan dan mengkhawatirkan, faktanya menurut Thompson kita tak benar-benar melihat penurunan di usia 20-an dan 30-an. Faktanya, banyak pemain Starcraft yang tua yang mencapai level tinggi. Para pemain lebih tua itu memang kecepatannya lambat tapi mereka lebih baik dalam menggunakan fitur seperti jalan pintas dan menggunakan strategi yang sederhana.

“Saya pikir kita beradaptasi tanpa menyadarinya. Banyak dari kita yang masih mampu mempertahankan keterampilan kita,” katanya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Selain Fisik, Mental Capres-Cawapres pun Harus Dicek

Selain Fisik, Mental Capres-Cawapres pun Harus Dicek

Selain kesehatan fisik, kondisi mental pun tak luput dari pemeriksaan yang dilakukan pasangan capres-cawapres saat melakukan tes kesehatan. Pemeriksaan mental dinilai sangat perlu, karena tak mungkin, negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dipimpin oleh seorang yang memiliki `gangguan mental`.Sekretaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Daeng Muhammad Faqih, MH mengatakan, IDI memang menyarankan agar para seluruh calon pejabat negara untuk melakukan pemeriksaan mental. Semua ini dilakukan, karena kelak pemimpin itu yang akan menentukan kebijakan dan keputusan untuk mengambil sebuah tindakan."Karena tes ini tergolong sulit, maka untuk memeriksakan mereka harus menggunakan Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI). Jangan-jangan, banyak pejabat kita yang psikopat. Jelas dong, ini berbahaya untuk warganya," kata Daeng dalam acara `Konferensi Pers Peluncuran Univadis` di Restoran Seribu Rasa, Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta, Kamis (22/5/2014)Daeng menjelaskan, MMPI sudah banyak digunakan di beberapa negara. Dan hasilnya, sangatlah memuaskan. Maka itu, IDI sangat menyarankan untuk melakukan tes ini demi menciptakan Indonesia yang lebih baik. Seorang psikopa [...]

Kanada Sumbang Vaksin untuk Atasi Ebola

Kanada Sumbang Vaksin untuk Atasi Ebola

Pemerintah Kanada dalam waktu dekat akan menyumbangkan vaksin yang dikembangkan laboratorium setempat untuk menangani ebola.Reuters, Rabu (13/8/2014) melaporkan, keputusan menyumbangkan vaksin untuk Afrika ini didasari dari kecemasan Kanada karena obat ebola belum ada. Sedangkan penyebaran virus ebola semakin cepat dan telah memakan ribuan korban.Menteri Kesehatan Kanada, Rona Ambrose mengungkapkan akan menyumbang 800-1.000 dosis vaksin tergantung penelitian dan uji klinis. Ia juga mengaku telah menawarkan vaksin ini pada Direktur Jenderal WHO, Dr Margaret Chan.Kanada hanya memiliki sekitar 1.500 dosis vaksin hewan, yang ditemukan beberapa tahun yang lalu, dan akan membutuhkan 4-6 bulan untuk membuat jumlah besar, katanya. Vaksin pemerintah adalah terpisah dari pengobatan yang sedang dikembangkan oleh Kanada tekMIRA Pharmaceuticals CorpEpidemi ebola memang sejauh ini merupakan kasus virus terbesar di dunia dan paling mematikan. Sejauh ini, sebanyak 1.013 orang tewas, dan sebagian besar korbannya berada di Guinea, Liberia dan Sierra Leone. [...]

Saat Hari Valentine, 2 Wanita Ini Hadiahi Diri Sendiri

Saat Hari Valentine, 2 Wanita Ini Hadiahi Diri Sendiri

Saling memberi di Hari Kasih Sayang menjadi menjadi suatu yang lazim dilakukan bagi siapa pun yang merayakan. Biasanya, saling memberi ini dilakukan dari diri sendiri untuk orang lain, baik itu pasangan, teman, adik, maupun orangtuanya.Namun, hal seperti itu tidak berlaku bagi dua perempuan cantik ini, Christine Ratri (27) dan Wenny (25). Pasalnya, di beberapa kali perayaan Hari Kasih Sayang, keduanya justru memberikan sesuatu untuk diri sendiri bukan orang lain. Kenapa?"Kalau ditanya kenapanya, aku pun sayang sama diriku sendiri. Punya pacar atau enggak, pas hari Valentine biasanya membeli sesuatu untuk diri sendiri," kata Christine menceritakan kepada Health Liputan6.com ditulis Jumat (14/2/2014)Hadiah yang dipilih untuk diri sendiri, Kitin (begitu perempuan cantik ini disapa) sering memilih cokelat atau es krim. Menurut dia, selain makanan surga itu, dirinya pernah memberikan hadiah buat diri sendiri berupa voucher perawatan rambut di salon."Efeknya samalah seperti menghadiahi cokelat dan es krim, bikin bahagia," kata Kitin sembari ketawa.Meski sering menghadiahi diri sendiri, bukan berarti perempuan asal Yogyakarta ini tidak pernah mendapatkan hadiah dari orang lain. Seperti pe [...]

Ini Alasan Orang Asing Tertarik Budaya Indonesia

Ini Alasan Orang Asing Tertarik Budaya Indonesia

Tingkat keingintahuan warga asing terhadap keunikan budaya Indonesia terbilang tinggi dibandingkan warga negara Indonesia sendiri.Demikian dikatakan Perwakilan dari Indonesia Heritage Society, Yekti Kusmartono saat ditemui usai presentasi Mustika Ratu, Beauty Secrets of Queens From Behind The Solo Palace Wall, ditulis Jumat (21/2/2014).Indonesia Heritage Society atau Yayasan Warisan Indonesia merupakan organisasi sosial yang menawarkan kesempatan untuk mendalami lebih jauh mengenai kekayaan warisan budaya di indonesia."Warga negara asing ingin tahu lebih dalam tentang budaya di Indonesia, terlihat dari member kami hampir semua warga negara asing hampir sekitar 800. Mereka sangat antusias karena kebudayaan Indonesia itu unik dan menarik. Malah pernah warga asing bertanya ke orang Indonesia tentang budaya tetapi tidak bisa menjawab, itu sedih," kata Yekti.Warga New Zealand, Cerol mengaku sangat ingin mengetahui keunikan kebudayaan yang ada di seluruh pelosok Indonesia."Setelah empat tahun saya tinggal di Indonesia, saya sangat tertarik dengan kebudayaan yang ada. Itu hal unik dan saya penasaran ingin tahu lebih dalam, saya mempelajarinya dan berbagi dengan yang lainnya," kata Cerol y [...]

Ilmuwan Sarankan Kerja 4 Hari Seminggu Saja

Ilmuwan Sarankan Kerja 4 Hari Seminggu Saja

Umumnya, di Indonesia dan dunia, seorang pekerja bekerja lima atau enam hari seminggu. Akibatnya, satu hari di akhir pekan tak pernah dilewatkan untuk dipakai istirahat. Untuk itu, ilmuwan menyarankan agar kita habiskan waktu empat hari seminggu saja untuk bekerja sehingga stres terhindarkan. "Bekerja empat hari seminggu dirasa cukup untuk membuat pekerja lebih menikmati kehidupan mereka. Waktu libur bisa digunakan untuk berkumpul bersama keluarga dan berolahraga," ungkap Profesor John Aston, Presiden UK Faculty of Public Health, seperti dikutip Daily Mail, Rabu (2/7/2014). Saran yang diungkapkan Aston tentu beralasan dengan melihat bagaimana pola kerja "gila" yang dilakukan pekerja. "Lihat bagaimana pekerja menjalani kehidupannya sekarang. Pekerja sering merasa tertekan dan stres. Ini jadi masalah kesehatan mental serius yang perlu diperbaiki sistem kerjanya," tutur Aston. Selain kesehatan mental yang kurang baik, tekanan darah tinggi juga jadi salah satu masalah kesehatan yang dialami pekerja. Di Inggris sendiri, 1 dari 3 pekerja menderita tekanan darahnya tinggi. Padahal tekanan darah tinggi bisa jadi "silent killer" hadirnya serangan jantung dan stroke. Serta dapat merusa [...]

5 Makanan Enak Penghalau Flu

5 Makanan Enak Penghalau Flu

Cuaca yang terik tiba-tiba mendung dan hujan sering terjadi beberapa hari di beberapa wilyah Indonesia. Cuaca yang mudah berubah ini membuat sebagian orang mudah terjangkit flu. Meskipun bukan penyakit berbahaya, namun aktivitas sedikit terganggu gara-gara sering bersin dan pilek. Tak perlu mengandalkan suntik flu, dengan makanan pun membantu menurunkan peluang terkena virus penyebab flu terang Rachel Berman. Untungnya ada banyak makanan di sekitar kita yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, beberapa diantaranya pun harganya murah. Ini daftar makanan yang sebaiknya Anda konsumsi untuk cegah flu seperti dilansir dari Women's Health pada Kamis (20/11/2014). 1. TunaIkan yang satu ini sumber baik dari selenium yang membantu sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga kekebalan Anda meningkat. 2. JamurBaik di pasar maupun supermarket mudah menemukan jamur. Jamur mengandung beta glukan yang membantu tubuh melawan infeksi. 3. Ubi jalarUbi jalar yang kerap disebut juga mantang merupakan bahan pangan yang murah dengan kandungan vitamin tak murahan. Vitamin A pada ubi jalar berfungsi melawan radikal bebas yang melemahkan sistem kekebalan tubuh. 4. Teh hijauSecangkir [...]

Imlek ala Orang Korea yang Bernama Seollal

Imlek ala Orang Korea yang Bernama Seollal

Tidak hanya masyarakat keturunan Tionghoa atau yang berada di Asia merasakan sukacitaImlek pada hari ini, Jumat (31/1/2014). Masyarakat Korea pun merayakan hal sama. Hari ini merupakan tahun baru juga untuk mereka.Tahun baru Korea lebih dikenal dengan Seollal yaitu salah satu hari libur kalender tradisional Korea yang sama pentingnya dengan hari Chueseok.Dikutip dari Beyondhallyu, Jumat (31/1/2014) meskipun asal-usulnya tidak jelas, banyak yang mengatakan ritual ini dikenal sejak abad keenam selama periode tiga kerajaan Korea kuno ketika kalender lunar pertama kali diadopsi.Sebelum dan sesudah Seollal, pemerintah Korea menetapkan sebagai hari libur bersama. Makna tahun baru Korea sama dengan China yaitu berkumpul bersama keluarga dan melakukan ritual leluhur. Di pagi hari pertama Seollal, masyarakat Korea bersiap dan berdandan menggunakan Seolbim atau baju baru yang memang disiapkan untuk tahun baru.Beberapa orang pun akan menggunakan hanbok yaitu pakaian tradisional Korea. Setelah keluarga berkumpul lalu mulai melakukan ritual leluhur. Penghormatan kepada nenek moyang dan memberikan beberapa sajian menjadi ritual awal.Menurut kepercayaan Korea, roh para leluhur akan kembali untuk [...]

Makin Tua Usia Orang, Makin Sedikit Jumlah Sel Punca

Makin Tua Usia Orang, Makin Sedikit Jumlah Sel Punca

Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini, minat masyarakat terhadap stem cell (sel punca) mengalami peningkatan. Penyebabnya, potensi yang dimiliki stem cell begitu menjanjikan untuk terapi berbagai jenis penyakit, sehingga menimbulkan harapan baru dalam pengobatan berbagai jenis penyakit.Untuk mendapatkan manfaat dari stem cell itu sendiri, banyak ahli menyarankan untuk menginvestasikan stem cell sedari bayi. Semakin tua usia seseorang, semakin berkurang jumlah stem cell yang ada di dalam tubuhnya."Ibaratnya seperti ketika mengalami patah tangan yang terjadi pada anak-anak atau orang dewasa, yang paling cepat waktu penyembuhannya adalah anak-anak. Sedangkan orangtua tidak," kata Peneliti dari Stemcell and Cancer Institute (SCI) Kalbe Farma, Indra Bachtiar, PhD dalam media workshop bertema 'Stem Cell Technology For a Better Life' di Novotel Bogor, Jawa Barat, ditulis Minggu (9/3/2014)Ketika usia anak-anak, terang Indra, presentase jumlah stem cell-nya adalah 1 per 10.000. Ketika beranjak remaja, maka stem cell dalam tubuhnya berkurang menjadi 1 per 100 ribu,ketika menginjak di usia 30 tahun stem cell menjadi 1 per 250 ribu, sampai ketika ia menginjak usia 80 tahun, maka stem c [...]

10 Bahaya Botol Plastik yang Harus Diwaspadai

10 Bahaya Botol Plastik yang Harus Diwaspadai

Selain memiliki dampak pada lingkungan, penggunaan botol plastik pun berdampak bagi kesehatan kita. Maka itu, kita diminta untuk lebih waspada dalam menggunakan botol plastik di kehidupan sehari-hari.Membawa botol minuman plastik merupakan cara sederhana agar terhindar dari rasa haus ketika sedang di perjalanan. Namun dalam penggunaannya, tidak sedikit dari kita yang menggunakannya berulang kali.Plastik merupakan bahan sintetis yang diproduksi menggunakan segala macam senyawa. Memang, plastik yang berjenis PTE aman untuk digunakan, tapi hanya untuk sekali pakai. Plastik PTE akan menjadi masalah besar ketika didaur ulang dan digunakan kembali.Dari waktu ke waktu, plastik akan melepaskan zat kimia yang disebut dengan Bisphenol A (BPA) ke dalam air. BPA sendiri diketahui memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan kita, seperti dikutip dari Health Me Up, Selasa (23/12/2014);1. Masalah perilaku2. Kekebalan tubuh yang menurun3. Pubertas dini pada anak perempuan4. Masalah kesuburan5. Jumlah sperma yang rendah6. Masalah penerimaan materi bagi seorang anak7. Diabetes8. Obesitas9. Prostat10. Kanker payudaraSelain BPA, botol plastik pun mengandung zat kimia yang disebut phthalates, yang [...]

DPR Setujui RUU Keperawatan dan RUU Tenaga Kesehatan

DPR Setujui RUU Keperawatan dan RUU Tenaga Kesehatan

Rancangan Undang-undang Keperawatan atau Rancangan UU Tenaga Kesehatan (Nakes) akhirnya disetujui Rapat Paripurna DPR. Berbeda RUU Keperawatan yang disetujui semua fraksi, RUU Nakes disahkan dengan catatan dari anggota Fraksi PDI Perjuangan. Dalam acara yang dipimpin Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso Kamis (25/9/2014), setelah mengetok palu tanda persetujuan, muncul interupsi dari anggota fraksi PDIP Rieke Diyah Pitaloka yang meminta pengesahan RUU Nakes ditunda karena ada diskriminasi atas tenaga kesehatan dan disabilitas. "Karena persetujuan Rapat Paripurna sudah diputuskan, maka interupsi Rieke menjadi catatan. Kita putuskan RUU Nakes disetujui dengan minderheidsnota (catatan)," ungkap Priyo yang didampingi Wakil-wakil Ketua DPR Pramono Anung, Sohibul Iman dan Taufik Kurniawan. Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi IX Dinajani H. Mahdi membacakan laporan jalannya pembahasan RUU pada tingkat I bahwa seluruh fraksi dan pemerintah telah menyepakati RUU Nakes untuk dilanjutkan ke Pembicaraan Tingkat II agar dapat disahkan menjadi Undang-undang. Dengan lahirnya UU Nakes ini, dia berharap tenaga kesehatan di Indonesia dapat memadai baik dari segi kualitas, kuantitas maupun penyebaranny [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *