Kecepatan Otak Menurun Setelah Usia 24 Tahun

game.jpg

Apabila Anda sudah berada di usia akhir 20-an atau lebih tua, pikiran Anda tak setajam dulu lagi. Para ilmuwan meyakini otak kita mulai menurun kemampuannya setelah usia 24 tahun.

“Setelah usia 24 tahun, pemain menunjukkan perlambatan dalam kecepatan kognitif yang dikenal penting dalam kinerja,” kata penulis penelitian Joe Thompson, mahasiswa PhD di Simon Fraser University, Kanada.

Peneliti menggunakan game komputer untuk mengukur kinerja motor kognitif para pemain, yakni seberapa cepat otak bereaksi dengan hal-hal yang terjadi di sekitarnya, yang memungkinkan Anda bertindak selama tugas seperti menyetir. Ada 3.300 orang berusia 16-64 tahun yang terlibat dalam permainan pertempuran yang dikenal dengan StarCraft II.

Ini merupakan permainan strategi yang populer. Pemainnya bersaing membentuk tentara dan menaklukkan dunia ilmiah fiksi. Selain itu pemain bsia membeli dan menjual pesawat ruang angkasa, mengupgrade senjata dan berperang sesama pemain.

“Starcraft seperti catur dengan kecepatan tinggi…. Anda hanya membuat gerakan sebanyak mungkin yang Anda mau, secepat yang Anda bisa,” kata Thompson.

Hasilnya, kinerja otak menjadi lambat pada permainan. Mereka yang usianya lebih dari 24 tahun cenderung tampil kurang baik. Penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE seperti dilansir CBC, Rabu (16/4/2014).

Thompson mengatakan, ia begitu terkejut dengan hasilnya yakni begitu cepat kinerja otak menurun dan usia memengaruhinya. “Apabila Anda berusia 39 tahun bersaing dengan 24 tahun dan Anda berdua memiliki keterampilan yang sama,” kata Thompson.

“Pengaruh umur diimbangi dengan banyak belajarnya Anda.”

Menurut Thompson, dengan bermain Starcraft, tuntutan fisik minimal karena permainan menggunakan keyboard dan mouse. “Kecepatan datang dari otak. Mirip dengan situasi di dunia nyata,” katanya.

Meskipun penelitian ini terdengar mengagetkan dan mengkhawatirkan, faktanya menurut Thompson kita tak benar-benar melihat penurunan di usia 20-an dan 30-an. Faktanya, banyak pemain Starcraft yang tua yang mencapai level tinggi. Para pemain lebih tua itu memang kecepatannya lambat tapi mereka lebih baik dalam menggunakan fitur seperti jalan pintas dan menggunakan strategi yang sederhana.

“Saya pikir kita beradaptasi tanpa menyadarinya. Banyak dari kita yang masih mampu mempertahankan keterampilan kita,” katanya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Batuk Lebih dari Dua Minggu, Waspadai TB!

Batuk Lebih dari Dua Minggu, Waspadai TB!

Banyak orang yang masih tidak paham bahwa batuk yang diderita merupakan manifestasi dari penyakit tuberkulosis atau TB yang dideritanya. Sepertiga orang di Indonesia ternyata masih menganggap kalau batuk yang dialaminya batuk biasa. Ini menjadi salah satu tantangan pemerintah dalam penanganan penyakit satu ini. Demikian disampaikan Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama saat peringatan Hari TB Sedunia di Puri Denpasar Hotel, Jakarta, ditulis Senin (24/3/2014). "Tantangan utama pengendalian TB di Indonesia salah satunya adalah masih banyaknya orang yang menganggap batuk lebih dari dua minggu itu batuk biasa. Maka itu penjelasan tentang gejala TB yang batuk berdahak lama itu tetap penting," jelas Tjandra. Selain itu, Tjandra mengatakan, bukan tidak mungkin kalau TB ditemukan secara dini. Karena nanti semakin canggih alat, TB bisa ditemukan lebih cepat. Tapi masih ada hal lain yang menjadi tantangan pengendalian TB menurut Tjandra yaitu: - Mayoritas pemberi layanan swasta belum menerapkan Pedoman Nasional pengendalian TB - Angka putus berobat yang tinggi di RS dan sektor swasta yang terlalu tinggi (20-40 [...]

Maclean Pilih Pijat Ular demi Sembuhkan Cedera Lengan

Maclean Pilih Pijat Ular demi Sembuhkan Cedera Lengan

PeduliSehat.info, Filipina Ketika badan pegal-pegal, orang kerap memilih pijat untuk meredakannya. Tapi, cara yang dipilih pria Skotlandia ini pasti akan membuat banyak orang merinding. Ia adalah Ian Maclean yang memilih pengobatan dengan `pijat` ular.Maclean yang berasal dari Helensburgh, di Argyll and Bute, menggunakan empat piton Burma untuk menyembuhkan cedera lengan yang sudah lama dilakukan orang-orang di Filipina.Pijat ular menjadi tren di Asia. Menurut Maclean, pijat ular itu bisa menyembuhkan penyakitnya. "Empat piton Burma memijat saya. Gerakan mereka merayap dan benar-benar menyenangkan meski jilatan lidah di kulit sedikit tak nyaman," kata Maclean seperti dilansir Mailonline, Senin (21/4/2014).Maclean menjelaskan, ketika empat ular itu ditaruh di atas badannya, dia sendiri tak mungkin bisa bangun tanpa bantuan pawang karena berat keempat ular tersebut mencapai 250 kilogram (kg)."Saya santai saja, berdoa dan meminta pengampunan atas semua dosa-dosa saya," ujarnya.Pijat ular telah dipraktikkan secara luas di Indonesia dan Thailand, serta telah menyebar ke Long Island dan Williamsburg, Brooklyn, di New York. Gerakan ular itu diklaim menciptakan adrenalin akibat rasa takut [...]

Tabungan Buat Anak Jalanan Agar Tak Mengamen Lagi

Tabungan Buat Anak Jalanan Agar Tak Mengamen Lagi

Salah satu upaya Kementerian Sosial Republik Indonesia menekan jumlah anak jalanan yakni dengan memberikan tabungan. Hal tersebut bertujuan agar tidak ada lagi alasan mereka untuk mencari rezeki di jalanan dengan cara mengamen."Anak jalanan itu punya tabungan Rp 1,8 juta setiap tahunnya. Kebijakan ini diberikan agar tidak lagi ada alasan mereka tetap berada di jalan, tabungan bisa digunakan untuk pendidikan atau kebutuhan lainnya," kata Direktur Kesejahteraan Sosial Anak Kemensos, Edi Suharto, Jumat (28/3/2014).Namun Edi mengatakan karena keterbatasan dana maka tidak semua anak jalanan memiliki tabungan. "Dana kami terbatas sehingga baru sekitar 10 persen dari 420.000 anak jalanan yang kami berikan tabungan. Mungkin Rp 1,8 juta belum cukup tetapi kami berharap bisa membantu memenuhi kebutuhan mereka ke depannya lebih baik lagi," kata Edi.Tidak hanya anak jalanan yang diberikan tabungan, keluarga mereka juga mendapatkan bantuan dari program kesejahteraan sosial anak. "Keluarganya juga dapat sebenarnya, kami berikan memang tidak cukup banyak. Tetapi kami berharap tabungan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik," kata Edi. [...]

Ini Dia Ikat Kepala yang Bisa Cegah Sakit Kepala

Ini Dia Ikat Kepala yang Bisa Cegah Sakit Kepala

Sebuah ikat kepala canggih belum lama ini direstui Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) sebagai alat yang dapat memberikan stimulasi listrik pada saraf sehingga dapat mencegah timbulnya sakit kepala migrain. Perangkat buatan Belgia yang dinamai Cefaly ini merupakan alat pertama dengan tenaga baterai yang direstui FDA dan dapat dikenakan langsung di kepala. "Dengan TENS stimulator, alat ini dapat digunakan maksimal 20 menit untuk mencegah sakit kepala," tulis Everydayhealth, Minggu (16/3/2014). FDA menerangkan, pihaknya menyetujui alat ini setelah menguji 67 pasien dewasa yang biasanya sakit kepala dan dalam sebulan menjadi berkurang sakitnya sekitar dua hari. Sebuah analisis responden menunjukkan bahwa 38 persen dari pasien yang menerima stimulasi memiliki setidaknya mengalami pengurangan nyeri hingga 50 persen. Selain itu, FDA mencatat, perusahaan Cefaly yang telah menyurvei kepuasan konsumen pada lebih dari 2.000 pengguna di Eropa melaporkan, hanya sekitar 4 persen pengguna yang menyampaikan efek samping alat. "Keluhan tersebut termasuk tidak suka sensasi kesemutan, mengantuk selama sesi pengobatan dan sakit kepala setelah sesi," kata FDA. Sehingga tidak ada efek s [...]

Fenomena Trance, Hipnosis dan Hipnoterapi

Fenomena Trance, Hipnosis dan Hipnoterapi

?Saya tidak bisa dihipnosis? demikian komentar seorang klien saat pertama kali jumpa saya. ?Saya sudah menjalani hipnoterapi tapi terapisnya tidak berhasil menghipnosis saya. Kata terapisnya saya adalah tipe klien yang tidak bisa dihipnosis? begitu komentar klien lainnya. Banyak orang yang masih salah mengerti mengenai kondisi trance atau hipnosis. Menurut mereka trance adalah suatu kondisi yang diciptakan oleh terapis. Yang benar, klien mengikuti dan merespon sesuai dengan bimbingan terapis sehingga mereka mengalami kembali kondisi kesadaran alamiah yang disebut dengan trance. Trance atau kondisi hipnosis adalah kondisi pikiran yang secara alamiah dialami setiap individu. Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari setiap individu pasti secara alamiah dan berkelanjutan masuk dan keluar kondisi trance. Kedalaman trance yang mereka masuki berbeda antara satu individu dengan yang lain dan juga berbeda dari waktu ke waktu. Semuanya terjadi secara alamiah dan mudah. Berhubung trance adalah sesuatu yang alamiah dan adalah bagian tak terpisahkan dari hidup maka seringkali orang tidak menyadarinya. Akibatnya, mereka sulit mengendalikan kapan mau masuk dan keluar dari trance. Dan yang lebih [...]

Berapa Banyak Vitamin C Mesti Dikonsumsi dalam Sehari?

Berapa Banyak Vitamin C Mesti Dikonsumsi dalam Sehari?

Vitamin C diperlukan oleh tubuh untuk pembentukan jaringan kolagen dan membantu fungsi antioksidan tubuh dalam menetralisir radikal bebas. Tubuh manusia tidak dapat membuat Vitamin C sendiri, sehingga harus didapat dari makanan dan suplemen. Tahukah kamu, berapa rata-rata kebutuhan Vitamin C bagi tubuh setiap harinya?Peneliti dari University of Michigan, Mark Moyad, mengatakan bahwa penting sekali mengetahui kebutuhan vitamin c untuk tubuh."Semakin banyak kita mempelajari vitamin C, semakin baik juga pemahaman tentang melindungi kesehatan kita, mulai jantung, kanker, stroke, kesehatan mata dan kekebalan tubuh dan kulit," ujar Moyad seperti dilansir situs Webmd tentang manfaat Vitamin C.Lanjut Moyad, untuk mendapat hasil yang ideal dibutuhkan 500 mg Vitamin C setiap harinya. Angka tersebut lebih tinggi dari kecukupan gizi yang direkomendasikan RDA di Amerika sebesar 75 - 90 miligram perhari untuk orang dewasa. Selain mengkonsumsi buah dan sayuran, diperlukan juga suplemen makanan untuk mendapatkan manfaat yang lengkap."Kebanyakan orang tidak rutin mengkonsumsi buah dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan Vitamin di tubuhnya. Dengan konsumsi suplemen sehari sekali tentunya akan aman, ef [...]

Pasien Tuna Netra Butuh Buku Braile, Sayang Tak Banyak

Pasien Tuna Netra Butuh Buku Braile, Sayang Tak Banyak

Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) sangat antusias dengan program Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Menurutnya hal ini membawa dampak positif untuk masyarakat sebagai pemenuhan kebutuhan akan informasi dari buku berkualitas."Kami ditunjuk Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) untuk mengelola TBM di RSCM ini. Kami sangat senang menerima tugas ini," kata Ketua dan Pendiri YKAKI, Ira Soelistyo, ditulis Rabu (19/2/2014).Saat diskusi bersama Duta Baca Indonesia, Andi F. Noya dan perwakilan dari Kemendikbud, pihak YKAKI menyampaikan keinginan pemenuhan buku untuk para penyandang tuna netra."Kebetulan pasien kami juga ada yang tunanetra, mereka membutuhkan buku braile. Itu masih sulit sekali didapatkannya, kami berharap hal ini dapat direspons," kata Ira.Keinginan Ira tersebut seperti mendapat angin segar dari Duta Baca. "Di Kick Andy Foundation itu ada program untuk para tunanetra, kami menyediakan buku braile untuk memenuhi kebutuhan mereka. Ada donatur yang mau memenuhi kebutuhan ini. Nanti bisa diupayakan untuk buku braile ini," kata Andy.Walaupun buku braile tidak mudah diproduksi, namun Andy terus berupaya. Hal ini [...]

Pesan Quraish Shihab untuk Perokok

Pesan Quraish Shihab untuk Perokok

Menekan jumlah perokok bukan hal yang mudah, zat adiktif membuat mereka ketagihan. Yang bisa dilakukan kita semua adalah menyetop rokok dari anak dan remaja. Begitu disampaikan Cendekiawan muslim Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab, MA saat diwawancarai Liputan6.com, Jumat (17/10/2014). "Cinta itu ada dua, cinta berdasarkan akal dan cinta karena hati. Kalau ada obat pahit, suka nggak? suka nggak suka pasti diminum. Kalau dibuang maarah gak? marah dong. Kesukaan pada obat yang pahit itu cinta akal. Saya suka, marah, semua karena kita berakal," kata mantan Menteri Agama tersebut. Ahli Alquran itu melanjutkan, kali ini, ada seorang ibu yang memiliki anak sumbing, tidak punya tangan dan kaki, tidak bisa bicara dan mendengar. Tapi apakah dia cinta anaknya? tentu. Itulah cinta hati. "Perokok itu ada yang terbiasa tapi akalnya berkata ini bahaya. Ada yang berkata ini baik dan ini memang tanda kesenangan. Tapi senang saja itu membuat dia cinta hanya berdasarkan akalnya, sebab hatinya berkata itu buruk. Kalau Anda mau merokok yakinlah itu buruk," ujarnya. [...]

Mau Sukses Tangani Diabetes? Indonesia Mesti Contoh Korea

Mau Sukses Tangani Diabetes? Indonesia Mesti Contoh Korea

Indonesia harus mencontoh negara Korea bila ingin sukses dalam pencegahan penyakit diabetes militus (DM). Korea, yang selalu jadi kiblat dalam hal musik dan film, sudah mulai membuat program pengendalian diabetes."Program itu disebut dengan BED, yaitu Behaviour, Exercise, Diet," kata Chairman of the International Diabetes Federation Western Pacific Region, Prof. Nam H. Cho dalam diskusi 'Indonesia Diabetes Leadership Forum' di JW Marriot, Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (13/11/2014)Tampaknya, lanjut Cho, pemerintah Korea begitu serius akan program BED ini. Sebab, prevalensi diabetes militus (DM) di Korea meningkat hingga sekarang mencapai 10 persen.Ada pun contoh pelaksanaan dari program BED adalah mewajibkan setiap apartemen di sana memiliki pusat kebugaran, memiliki banyak taman, dan diet sehat. "Di sana, kebanyakan apartemen sebagai tempat tinggal," kata Cho.Selain itu, mengharuskan setiap warga untuk tidur yang cukup, karena tidur yang cukup akan berpengaruh kepada tindakan lainnya."Jadi masalahnya itu bukan pada orang kota atau tidaknya, melainkan lingkungannya. Lingkungan yang sehat itu berdampak cukup besar," kata dia.Di Jakarta sendiri, Plt Gubernur DKI Jakarta, Ahok, berenca [...]

Video Anak Agar Jaga 4 Bagian Tubuh untuk Hindari Pelecehan Seks

Video Anak Agar Jaga 4 Bagian Tubuh untuk Hindari Pelecehan Seks

Anak-anak rawan menjadi korban pelecehan seksual. Orangtua sebaiknya sejak dini mengajarkan anak-anaknya untuk bisa menjaga dirinya. Orangtua mulai dengan mengingatkan ada empat bagian tubuh yang tak boleh disentuh siapapun, kecuali ibunya.Seperti yang dikutip Liputan6.com dari video Childline di India, Jumat (16/5/2014), anak-anak harus membedakan sentuhan yang membuatnya nyaman serta sentuhan yang berbahaya."Kita mempunyai empat daerah (zona) pribadi di tubuh kita yang tak boleh disentuh orang dan juga tidak boleh sentuh bagian di tubuh orang lain juga," begitu pesan dari Childline.Apa sajakah keempat bagian tersebut?1. Mulut2. Dada3. Bagian di antara kaki (alat kelamin)4. Pantat"Ini semua adalah bagian pribadimu. Hanya orang paling dekat denganmu seperti mamamu yang boleh lihat atau sentuh bagian pribadi kamu."Childline menggambarkan perbedaan sentuhan yang nyaman dan berbahaya. Sentuhan yang terasa nyaman seperti ketika ibu memeluk anak. Sementara, ketika ibu memegang bagian pribadi tersebut ketika mandi dimaksudkan untuk kebersihan. Dan ketika dokter sedang memeriksa bagian pribadi, tapi harus ditemani ibu atau bapak, biasanya untuk kesehatan."Jika orang yang peduli dan sayang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *