Kedinginan Karena Hujan dan Banjir? Jangan Minum Bir!

bir-alkohol-kedinginan1.jpg

Mitos: minum alkohol menghangatkan tubuh Anda dan dapat digunakan untuk mencegah hipotermia.

Mitos ini mungkin dimulai dari fakta bahwa minum minuman beralkohol akan membuat Anda merasa lebih hangat karena tingkat alkohol dalam darah Anda meningkat. Faktanya malah sebaliknya, minum alkohol ternyata menurunkan suhu inti dari tubuh Anda.

Direktur Farmakologi Klinik di University of Iowa, dr. William Haynes, menyatakan, “Konsumsi alkohol banyak menurunkan fungsi respons dari tubuh manusia, salah satu fungsi yang terganggu adalah fungsi untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat di cuaca dingin.”

Jadi kesimpulannya, minum alkohol justru malah membuat Anda semakin kedinginan. Lho? Terus kenapa kenyataannya justru merasa lebih hangat kalao minum alkohol?

Berikut penjelasannya:

Jadi Dari Mana Datangnya Rasa Hangat di Tubuh Ketika Minum Alkohol di Cuaca Dingin?

Perbedaan vasodilatasi dan vasokonstriksi

Jawabnya adalah karena alkohol adalah vasodilator, yakni bersifat menyebabkan pembuluh darah Anda membesar, terutama kapiler di bawah permukaan kulit Anda.

Dengan demikian, volume darah yang dibawah ke permukaan kulit, membuat Anda merasa hangat.

Sementara itu, sifat alamiah respons tubuh manusia ketika kedinginan untuk melakukan vasokonstriksi, yakni menjuruskan pembuluh darah Anda mengecil. Dimana hal ini berlawanan dari respon tubuh terpapar alkohol, yakni vasodilatasi.

Hal ini normal, tidak lain karena respon alamiah guna mencegah semakin menurunnya suhu tubuh Anda ketika di suhu dingin.

Untuk lebih mudahnya, gambar di sebelah dapat menjelaskan perbedaan vasodilatasi dan vasokonstriksi secara visual.

Lho, jadinya benar dong, alkohol menghangatkan tubuh?

Tidak sepenuhnya benar. Berikut penjelasannya:

Lho, jadinya benar dong, alkohol menghangatkan tubuh? Tidak sepenuhnya benar. Berikut penjelasannya:

Anda merasa hangat habis minum alkohol karena saat vasodilatasi terjadi, pembuluh darah dekat dengan sensor panas.

Nah, hal yang berbahayanya adalah terjadi karena darah yang dibawah untuk menghangatkan tubuh Anda akan kembali turun suhunya mengikuti suhu lingkungan Anda yang dingin.

Pelebaran pembuluh darah permukaan ini bisa dilihat dari bagaimana orang yang mengkonsumsi alkohol wajahnya menjadi kemerahan.

Hal Buruk lain yang terjadi ketika Anda mengkonsumsi alkohol ketika udara dingin ialah, kehilangan mekanisme pertahanan tubuh untuk menggigil, menggigil memiliki fungsi untuk menjaga Anda tetap memproduksi panas secara alami dengan proses mekanis.

Jadi kesimpulannya, Minum minuman alkohol saat udara dingin untuk menghangatkan tubuh Anda adalah hal yang berlawanan dari apa yang seharusnya Anda lakukan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Makan Banyak Tetap Kurus, Waspadai Penyakit ini!

Makan Banyak Tetap Kurus, Waspadai Penyakit ini!

Bagi Anda yang makan dengan porsi cukup banyak tapi tidak kunjung gemuk, tentu hal ini dapat menjadi sebuah permasalahan tersendiri. Namun perlu Anda waspadai berbagai penyebab kurus yang dapat diobati. Kadang orang dengan penyakit tertentu mengalami kesulitan untuk meningkatkan berat badan. Dengan ditangani penyakit yang mendasari, berat badanpun dapat kembali naik. 1. Faktor Genetik Bisa saja seorang yang kurus tidak menderita penyakit apapun. Seorang dengan tipe tubuh ektomorf memiliki kecenderungan untuk tetap kurus terlepas dari pola makan yang banyak. Orang-orang yang banyak makan namun tidak kunjung gemuk bisa saja memiliki tubuh ektomorf. Mereka yang termasuk golongan ini membutuhkan asupan kalori lebih banyak. Komposisi gizi yang disarankan adalah gizi yang kaya protein seperti, telur, daging dan ikan. Tidak lupa olah raga teratur, khususnya olah raga beban untuk meningkatkan massa otot. Jika Anda mengalami keluhan susah naik berat badan, cobalah tingkatkan kalori makanan Anda dan olah raga teratur. Namun jika Anda memiliki berbagai gejala penyakit yang dipaparkan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat. Selain itu berikut ini ada beberapa peny [...]

6 Mitos Populer Selama Kehamilan

6 Mitos Populer Selama Kehamilan

"Awas, kalo hamil jangan nge-cat rambut dulu!" Nah lho? Benar gak sih? Atau Anda pernah mendengar juga anggapan mengenai hal-hal yang dianggap dilarang dilakukan oleh ibu hamil selama menjalani masa kehamilan lainnya? Ada anggapan juga selama masa kehamilan juga dilarang berhubungan seks dengan suami. Wah, apa pasal? Tidak sedikit anggapan salah yang berkembang mitos berlawanan dengan fakta kesehatan sebenarnya. Padahal, beberapa mitos tersebut jika dilakukan malah-malah bisa mendatangkan manfaat tersendiri bagi ibu hamil, lho. Untuk lebih jelasnya, simak pelurusan mitos-mitos yang ada dengan paparan fakta-fakta sebagai berikut: Mitos 1: Hindari Vaksin Flu Justru sebaliknya, para ahli berpendapat bahwa vaksin flu penting bagi ibu hamil dan tidak membahayakan janin. Namun pilihlah vaksin flu yang mengandung virus mati bukan vaksin yang mengandung virus hidup yang dilemahkan. Jika Anda khawatir dengan pengawetnya, maka pilihlah vaksin flu yang bebas thimerosal. (Baca: Vaksinasi Selama Kehamilan) Vaksin apa yang harus saya peroleh selama kehamilan? Berikut adalah jenis-jenis vaksin yang aman untuk diberikan bagi wanita hamil: Hepatitis B: wanita hamil yang beri [...]

Kalap Santap Makanan Saat Buka Puasa, Waspadai Akibat yang Ditimbulkan Ini

Kalap Santap Makanan Saat Buka Puasa, Waspadai Akibat yang Ditimbulkan Ini

Selain sebagai kewajiban beribadah bagi umat Islam, puasa sebulan penuh sebenarnya merupakan salah satu cara detoksifikasi. Tubuh 'diistirahatkan' dari makan berlebihan yang tinggi kalori serta lemak, sehingga sistem pencernaan menjadi lebih baik. Selain untuk kesehatan, puasa juga bisa membantu turunkan berat badan berlebih.Namun kenyataan yang terjadi, justru banyak orang yang berat badannya bertambah bahkan berpotensi mengalami berbagai gangguan kesehatan mulai dari yang ringan hingga serius. Penyebabnya, tidak lain karena pola makan ketika berpuasa cenderung tidak sehat.Umumnya orang Indonesia lebih memilih berbuka dengan gorengan ketimbang buah segar, kolak ketimbang kurma, es campur daripada air putih bahkan sebagian membatalkan puasanya dengan sepiring nasi lengkap dengan lauknya. Belum lagi berbagai jenis es, makanan manis atau makanan dengan kandungan garam dan gula tinggi. Menjelang Hari Raya, pola makan bisa semakin tidak terkontrol. Ketupat, opor ayam, sambal goreng hati, gulai, rendang, semua makanan berlemak dan berkolesterol tinggi yang tersaji di meja. Jarang kita menemukan lalapan, sayur bening atau sajian sayuran lain saat Lebaran. Jangan lewatkan juga kue-kue [...]

Makanan Yang Boleh & Tidak Boleh Dikonsumsi Saat PMS

Makanan Yang Boleh & Tidak Boleh Dikonsumsi Saat PMS

Menjelang menstruasi atau haid, tak sedikit wanita yang mengalami premenstrual syndrome (PMS). Biasanya, PMS disertai dengan gejala seperti payudara membengkak dan nyeri, perut kembung, rasa lelah hingga perubahan suasana hati.Meskipun PMS terjadi secara alami dan disebabkan meningkatnya hormon progesteron, sebenarnya gejala PMS bisa dikurangi. Seperti yang dikutip dari Livestrong, ada beberapa nutrisi pada makanan yang dapat mengurangi gejala PMS. Apa saja?1. Karbohidrat Kompleks, Serat & Rendah LemakMakanan yang mengandung karbohidrat-kompleks seperti biji-bijian, satur dan buah-buahan merupakan beberapa panganan wajib saat PMS. Menurut penelitian 'Obstetrics and Gyneclogy' yang terdapat dalam jurnal yoga, mengonsumsi makanan yang kaya nabati dan rendah lemak dapat bantu mengurangi gejala PMS dengan cara meningkatkan hormon seks yang dapat menstabilkan kadar hormon.Selain itu, biji-bijian dapat membantu meningkatkan hormon peningkat suasana hati yang disebut serotonin dan serat yang terdapat dalam buah serta sayuran. Makanan itu juga dapat menghilangkan kelebihan hormon dalam tubuh Anda.2. MagnesiumBerdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada tahun 1998 di 'Journal of W [...]

Pelukan Tak Hanya Menyamankan, Tapi Juga Memperkuat Otot

Pelukan Tak Hanya Menyamankan, Tapi Juga Memperkuat Otot

Pelukan sebagai bentuk ungkapan rasa sayang tidak hanya bisa membuat perasaan menjadi nyaman. Dengan mendapatkan pelukan dari orang dekat, bisa meningkatkan kesehatan tulang, memperlambat otot yang lemah karena usia yang menua bahkan mencegah obesitas.Saat berpelukan tubuh akan memproduksi hormon oksitosin, yang dilepaskan sebagai respon dari sentuhan fisik. Hormon ini selain menimbulkan perasaan nyaman dan bahagia ternyata juga membantu memperbaiki kerusakan otot.Hormon oksitosin telah lama digunakan untuk proses induksi pada wanita hamil saat akan melahirkan. Tapi studi yang dilakukan oleh University of California menunjukkan bahwa hormon ini juga bermanfaat memperlambat terjadinya kerusakan otot.Oksitosin kerap dihubungkan dengan hormon yang memengaruhi pola pengasuhan ibu, keterikatan sosial, kelahiran bayi dan seks. Hormon ini juga penting untuk menjaga kesehatan serta pemulihan otot pasca cedera atau ketika otot melemah, terutama pada orang lanjut usia (lansia). Level oksitosin cukup tinggi pada anak-anak, namun seiring bertambahnya usia hormon ini akan menurun. Padahal, oksitosin tetap diperlukan sampai tua untuk menjaga jaringan tubuh tetap sehat.Selain terapi hormon, se [...]

Gigi Sensitif Bisa ‘Mati’ Jika Terlalu Lama Diabaikan

Gigi Sensitif Bisa ‘Mati’ Jika Terlalu Lama Diabaikan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran, bekerjasama dengan Pepsodent dan Synovate, 65 persen masyarakat Indonesia memiliki gigi sensitif. Namun banyak yang kurang mempedulikan masalah tersebut karena dianggap tidak berbahaya.Setengah dari responden yang menderita gigi sensitif mengaku tidak melakukan tindakan apapun untuk menanggulangi masalah ini. Hanya sekitar 19 persen orang yang sudah memeriksakan ke dokter gigi dan 6 persen yang cukup peduli untuk menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.Padahal, jika gigi sensitif dibiarkan terus menerus tanpa ada perawatan, akibatnya bisa fatal. "Gigi bisa mati," ucap Drg. Zaura Rini Anggraini MDS., saat acara peluncuran dua varian terbaru Pepsodent Sensitive Expert di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jl. Garnisun Dalam, Semanggi, Jakarta, Rabu (5/06/2013).Gigi sensitif umumnya disebabkan karena dentin (batas antara gigi dan gusi di bawah email) yang terbuka. Ketika dentin terbuka, rangsangan dari makanan/minuman asam, panas, dingin atau manis akan langsung mengenai pulpa (berbentuk seperti ruangan pada gigi, berisi pembuluh darah dan syaraf-syaraf). "Kalau pulpa terus-terusan dirangsang a [...]

Sup ‘Anti Lapar’, Mengandung Karbohidrat yang Kenyangkan Perut Lebih Lama

Sup ‘Anti Lapar’, Mengandung Karbohidrat yang Kenyangkan Perut Lebih Lama

Hanya makan sup, bisakah mengenyangkan perut seharian tanpa menyantap makanan lain? Mungkin terdengar mustahil, tapi hal itu bisa saja terjadi.Sejumlah ilmuwan telah mengembangkan produk sup mengandung sari pati khusus yang perlu waktu lebih lama untuk dicerna. Proses pengolahan di dalam tubuh yang memakan waktu lama, membuat perut juga terasa kenyang lebih lama.Dalam sebuah percobaan, sup tersebut dimakan setiap hari dan terbukti mengurangi jumlah konsumsi makanan lainnya pada responden. Sup istimewa ini dikembangkan sebagai bagian dari Project Satin, sebuah proyek ilmiah di bidang makanan, Satin (Satiety Innovation). Dikutip dari Daily Mail, bahan utama dari sup ini adalah karbohidrat kompleks yang juga dinamakan dengan tahan pati. Karbohidrat tahan pati terkandung di dalam biji-bijian dan lentil seperti kedelai dan polong-polongan. Karbohidrat tahan pati juga banyak terdapat pada kentang, pasta gandum dan nasi yang dimasak dan dibiarkan mendingin sebelum dimakan. Karbohidrat kompleks tidak bisa dicerna sempurna oleh usus kecil, dimana sebagian besar proses pencernaan terjadi. Bahan tahan pati ini akan dicerna begitu mencapai usus besar dan ketika dicerna oleh bakteri di dalam [...]

Keterampilan Perawatan Anak yang Sederhana Dapat Mengurangi Angka Kematian Anak di Indonesia

Keterampilan Perawatan Anak yang Sederhana Dapat Mengurangi Angka Kematian Anak di Indonesia

Menurut statistik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), kurangnya pengetahuan akan perawatan kesehatan yang paling dasar dan kurangnya sistem sanitasi berpengaruh terhadap tingginya angka kematian pada kalangan anak-anak di bawah usia lima tahun di Indonesia. Menurut Countdown 2015, sebuah kolaborasi global untuk mencapai tujuan pembangunan milenium yang berhubungan dengan kesehatan, sebanyak 151,000 anak-anak di Indonesia meninggal sebelum mereka berusia 5 tahun pada tahun 2010. Sekitar 35 kematian dari 1000 kelahiran. Berikut adalah penyebab anak di bawah lima tahun meninggal pada tahun 2010, pneumonia yang menyumbang 14 persen dari kematian, kelahiran prematur menyebabkan 21 persen, luka 6 persen, campak dan diare masing-masing 5 persen, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Badan ini mencatat bahwa 48 persen kematian anak terjadi pada 28 hari kehidupan pertama mereka. ?Gizi buruk dan kurangnya air bersih merupakan kontributor yang esensial pada angka kematian anak di Indonesia,? ujar Isni Ahmad, seorang juru bicara LSM, Plan International, sebuah organisasi internasional pengembangan masyarakat dan kemanusiaan yang berpusat pada anak, di Indonesia. ?Upaya untuk mencegah kematia [...]

Cegah Asthma dengan Banyak Makan Sayur dan Buah

Cegah Asthma dengan Banyak Makan Sayur dan Buah

Sayur dan buah yang kaya serat tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Tapi juga bisa mencegah penyakit asthma. Begitu menurut hasil studi yang dilakukan baru-baru ini.Penelitian yang dilakukan University of Lausanne, Swiss tersebut menggunakan tikus sebagai eksperimen. Tikus percobaan yang diberi diet kaya serat mengalami peradangan pada paru-paru lebih ringan ketika terkena debu dan kutu rumah yang diketahui bisa memicu serangan asthma. Sedangkan tikus yang hanya diberi sedikit makanan kaya serat, peradangan pada parunya lebih besar.Para peneliti mengatakan, penemuan tersebut memiliki relevansi yang cukup kuat pada manusia. Sebab telah ada berbagai bukti bahwa apapun yang manusia konsumsi bisa memengaruhi perkembangan sel-sel imun dalam tubuh.Seperti dikutip dari Daily Mail, hasil studi ini cukup berkaitan dengan penelitian sebelumnya bahwa penyakit asthma dan irritable bowel syndrome (IBS) atau sindrom iritasi usus bisa disebabkan oleh reaksi peradangan yang sama. Orang yang mengalami IBS dua kali besar berisiko menderita gejala asthma. IBS merupakan gangguan pencernaan yang menimbulkan gejala tak nyaman pada perut. Di antaranya kram, kembung, gangguan fungsi usu [...]

Trik Makan Fast Food dengan Cara yang Lebih Sehat

Trik Makan Fast Food dengan Cara yang Lebih Sehat

Siapa yang tidak tergoda dengan lezatnya ayam goreng tepung, french fries, cheeseburger, beefburger atau pizza? Makanan cepat saji memang menggugah selera karena tampilan dan aromanya. Tapi makanan tersebut hanya nikmat di lidah. Ketika sudah masuk tubuh, akan menjadi tumpukan racun yang berbahaya bagi tubuh dan menyebabkan kegemukan apabila dikonsumsi terus menerus.Makanan cepat saji sebaiknya dikonsumsi sebagai rekreasional saja. Alias hanya untuk sesekali, maksimal satu bulan sekali. Tapi jika Anda harus sering memakannya, pilihlah cara yang lebih sehat dalam mengonsumsinya. Jangan tambah 'beban' di tubuh Anda dengan lemak, kalori, gula dan garam berlebih. Ini trik menyiasati konsumsi makanan cepat saji agar tidak berdampak terlalu buruk, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Makan SecukupnyaMakanlah secukupnya dan pastikan nutrisi yang diasup seimbang. Artinya, janga hanya memesan dua potong ayam, nasi dan soda. Atau setangkup cheese burger dengan sedikit acar. Restoran cepat saji biasanya juga menyediakan salad. Beli juga menu salad seperti garden salad, fruit salad atau coleslaw. Untuk minuman, dibandingkan soda, air mineral jauh lebih sehat.2. Pilih yang Lebih SehatKetika [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *