Kedinginan Karena Hujan dan Banjir? Jangan Minum Bir!

bir-alkohol-kedinginan1.jpg

Mitos: minum alkohol menghangatkan tubuh Anda dan dapat digunakan untuk mencegah hipotermia.

Mitos ini mungkin dimulai dari fakta bahwa minum minuman beralkohol akan membuat Anda merasa lebih hangat karena tingkat alkohol dalam darah Anda meningkat. Faktanya malah sebaliknya, minum alkohol ternyata menurunkan suhu inti dari tubuh Anda.

Direktur Farmakologi Klinik di University of Iowa, dr. William Haynes, menyatakan, “Konsumsi alkohol banyak menurunkan fungsi respons dari tubuh manusia, salah satu fungsi yang terganggu adalah fungsi untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat di cuaca dingin.”

Jadi kesimpulannya, minum alkohol justru malah membuat Anda semakin kedinginan. Lho? Terus kenapa kenyataannya justru merasa lebih hangat kalao minum alkohol?

Berikut penjelasannya:

Jadi Dari Mana Datangnya Rasa Hangat di Tubuh Ketika Minum Alkohol di Cuaca Dingin?

Perbedaan vasodilatasi dan vasokonstriksi

Jawabnya adalah karena alkohol adalah vasodilator, yakni bersifat menyebabkan pembuluh darah Anda membesar, terutama kapiler di bawah permukaan kulit Anda.

Dengan demikian, volume darah yang dibawah ke permukaan kulit, membuat Anda merasa hangat.

Sementara itu, sifat alamiah respons tubuh manusia ketika kedinginan untuk melakukan vasokonstriksi, yakni menjuruskan pembuluh darah Anda mengecil. Dimana hal ini berlawanan dari respon tubuh terpapar alkohol, yakni vasodilatasi.

Hal ini normal, tidak lain karena respon alamiah guna mencegah semakin menurunnya suhu tubuh Anda ketika di suhu dingin.

Untuk lebih mudahnya, gambar di sebelah dapat menjelaskan perbedaan vasodilatasi dan vasokonstriksi secara visual.

Lho, jadinya benar dong, alkohol menghangatkan tubuh?

Tidak sepenuhnya benar. Berikut penjelasannya:

Lho, jadinya benar dong, alkohol menghangatkan tubuh? Tidak sepenuhnya benar. Berikut penjelasannya:

Anda merasa hangat habis minum alkohol karena saat vasodilatasi terjadi, pembuluh darah dekat dengan sensor panas.

Nah, hal yang berbahayanya adalah terjadi karena darah yang dibawah untuk menghangatkan tubuh Anda akan kembali turun suhunya mengikuti suhu lingkungan Anda yang dingin.

Pelebaran pembuluh darah permukaan ini bisa dilihat dari bagaimana orang yang mengkonsumsi alkohol wajahnya menjadi kemerahan.

Hal Buruk lain yang terjadi ketika Anda mengkonsumsi alkohol ketika udara dingin ialah, kehilangan mekanisme pertahanan tubuh untuk menggigil, menggigil memiliki fungsi untuk menjaga Anda tetap memproduksi panas secara alami dengan proses mekanis.

Jadi kesimpulannya, Minum minuman alkohol saat udara dingin untuk menghangatkan tubuh Anda adalah hal yang berlawanan dari apa yang seharusnya Anda lakukan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Bahan Kimia Pada Kemasan Plastik Bisa Picu Obesitas

Bahan Kimia Pada Kemasan Plastik Bisa Picu Obesitas

Makanan cepat saji serta gaya hidup buruk seringkali menjadi 'tersangka utama' pada kasus obesitas. Namun kini ada faktor lain yang bisa meningkatkan risiko terkena obesitas. Apakah itu?Zat kimia yang digunakan dalam membuat kemasan plastik, serngkali dikaitkan dengan risiko kanker dan bahkan diberi label zat beracun di Kanada. Kini zat tersebut juga diketahui juga berkaitan dengan kenaikan berat badan serta diabetes.Zat itu adalah bisphenol A (BPA), bahan kimia yang umum digunakan untuk membuat botol plastik. Seperti dikutip dari detikhealth, BPA merupakan endocrine disruptor yang dapat mempengaruhi aktivitas hormon normal di dalam tubuh. Sebuah laporan yang diterbitkan pekan lalu menunjukkan bahwa BPA bisa 'menipu' tubuh untuk meningkatkan lebih banyak lemak. Selain itu, BPA juga dapat membuat bertambahnya produksi insulin (cara tubuh mengatur lemak dan karbohidrat). Jika terlalu banyak insulin, tubuh menjadi 'kebal' terhadap dampaknya, yaitu kenaikan berat badan dan diabetes tipe 2.Angel Nadal, seorang ahli BPA di Miguel Hernendez University, Spanyol mengatakan," Ketika Anda memakan sesuatu dengan BPA, itu akan memberitahu organ bahwa Anda memakan lebih banyak daripada yang A [...]

Hati-hati Saat Melakukan 5 Perawatan Kecantikan Ini

Hati-hati Saat Melakukan 5 Perawatan Kecantikan Ini

Semua wanita pasti senang mengunjungi salon kecantikan untuk melakukan perawatan tubuh. Tetapi tahukah Anda bahwa salon juga bisa jadi tempat yang membahayakan kesehatan?Seperti yang dikutip dari huffingtonpost, terdapat beberapa perawatan kecantikan yang bisa menyebabkan masalah serius pada kesehatan. Misalnya, infeksi jamur, selulitis --penyebaran infeksi bakteri ke dalam kulit dan jaringan di bawah kulit-- bahkan risiko terkena kanker. Sebelum Anda panik, ketahui dulu lima perawatan yang berbahaya dan cara menghindarinya.1. Ear Candle atau Terapi Lilin untuk TelingaPenumpukan kotoran di telinga yang berlebihan bisa menyebabkan ketidaknyamanan. Itu sebabnya telinga harus rutin dibersihkan. Salah satunya dengan ear candle, yang dianggap bisa membersihkan dan dipercaya bisa meningkatkan pendengaran.Sayangnya, para ahli justru memberi peringatan bahwa ear candle bisa berbahaya dan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Seperti luka bakar, perforasi atau lubang pada gendang telinga dan penyumbatan di saluran telinga.Beberapa ahli kesehatan pun menyarankan agar tidak lagi melakukan ear candle untuk membersihkan telinga. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan cairan peroksida [...]

6 Makanan untuk Mencegah Dehidrasi

6 Makanan untuk Mencegah Dehidrasi

Ketika Anda sedang haus, segelas penuh minuman dingin sangat menggoda. Ternyata, tidak hanya minuman yang bisa jadi alternatif untuk merehidrasi tubuh saat kekurangan cairan, tapi juga makanan.?Buah dan sayuran mengandung 90 persen air. Meskipun tidak cukup besar kadar airnya untuk tubuh kita, tapi menjadi sumber yang baik saat sedang butuh cairan,? ungkap Roberta Anding, seorang juru bicara Akademi Gizi dan Diet, serta direktur nutrisi olahraga di Texas Children's Hospital.Seperti yang dilansir dari The Huffington Post, berikut ini enam makanan dengan kadar air tinggi yang baik untuk membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh.1.SemangkaSemangka mempunyai tingkat hidrasi yang tinggi, sekitar 92 persen air. Selain itu, semangka juga mengandung nutrisi beta karoten (nutrisi yang akan menjadi vitamin A), likopen, dan vitamin C. Buah merah dan segar ini kaya elektrolit natrium dan kalium sehingga dapat dijadikan pengganti cairan tubuh setelah olahraga.2.KetimunSebagian besar kandungan dari ketimun adalah air. Ketimun juga mengandung vitamin C dan dapat membuat kulit lebih cerah. Kandungan serat makanan di dalamnya dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga melancarkan prose [...]

Kurang Tidur? Waspada Kesehatan Jantung!

Kurang Tidur? Waspada Kesehatan Jantung!

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Tidur malam telah lama disebutkan sebagai ?pilar ketiga? dalam mempromosikan kehidupan yang sehat. Tidur malam bersama dengan diet dan olahraga merupakan pilar-pilar kehidupan sehat. Beberapa penelitian baru mendukung bahwa tidur merupakan bentuk dari kehidupan sehat, mereka juga berpendapat bahwa tidur malam juga memiliki positif terhadap kesehatan jantung. Sebuah studi besar yang dilakukan oleh para peneliti dari negara Belanda yang diterbitkan dalam the European Journal of Preventive Cardiology mengungkapkan bahwa kebiasaan tidur malam bersama dengan diet, olahraga, membatasi asupan alkohol dan tidak merokok dapat melindungi tubuh terhadap timbulnya penyakit jantung (kardiovaskular). Melaksanakan pilar-pilar kesehatan seperti yang disebutkan di atas berhubungan langsung dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular sebanyak 57%, dan penurunan kemungkinan terjadinya penyakit kardiovaskular sebanyak 67%. Namun, pada individu yang tidur selama 7 jam dalam sehari ditambah dengan pelaksanaan pilar-pilar kesehatan diatas ternyata lebih baik lagi, hingga dapat mencapai angka 83% dalam pencegahan penyakit jantung. Para peneliti juga menemukan bahwa t [...]

Cara Mengobati Sariawan di Lidah

Cara Mengobati Sariawan di Lidah

Timbulnya sariawan di lidah tentu dapat mengganggu. Sariawan dapat menyebabkan rasa tidak enak, menurunnya kemampuan merasakan, hingga kemungkinan menyebabkan rasa sakit atau perih pada mulut. Kondisi ini kemungkinan akan mengganggu Anda saat makan dan minum. Sariawan merupakan infeksi pada mulut yang disebabkan oleh jamur. Sariawan dapat dikenali dari bentuknya yang tampak seperti luka berselaput keputih-putihan. Tak hanya di lidah, sariawan juga dapat timbul di pipi bagian dalam, gusi, amandel, hingga bagian belakang tenggorokan. Obat Antijamur Tujuan dari pengobatan sariawan di mulut yaitu menghentikan penyebaran jamur. Obat antijamur dapat membantu untuk mengobati sariawan di lidah. Obat tersebut bisa dalam bentuk tablet, obat cair, permen pelega tenggorokan (lozenges), dan lain-lain. Salah satu pilihan obat sariawan di mulut yaitu obat antijamur clomatrizole, dalam bentuk permen pelega tenggorokan yang dibiarkan larut dalam mulut. Selain itu, ada pula obat antijamur nystatin. Obat ini digunakan seperti obat kumur yang dibiarkan di dalam mulut beberapa waktu kemudian ditelan. Jika obat-obatan di atas tidak dapat membantu, dokter dapat memberikan resep obat fluconazole ata [...]

Ketika Kaki Sulit Berhenti Bergerak

Ketika Kaki Sulit Berhenti Bergerak

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Pernahkah Anda merasa sulit menahan keinginan untuk menggerak-gerakkan kaki? Biasanya keadaan ini disebabkan atau didahului oleh adanya rasa tidak nyaman pada kaki, seperti ada sesuatu yang merangkak di bawah kulit. Rasa yang lain dapat berupa nyeri, gatal, dan kram pada tungkai. Rasa tidak nyaman ini hanya muncul saat beristirahat, terutama pada malam hari, saat sedang tidur. Jika ya, Anda tidak sendiri. Satu dari 10 orang dewasa mengalami kondisi yang disebut Restless Leg Syndrome (RLS) ini. Sindrom ini dapat muncul pada usia berapa pun dan umumnya memberat seiring dengan bertambahnya usia. Pada sebagian besar kasus RLS, tidak ada penyebab yang jelas. Beberapa ahli penyakit saraf mengatakan bahwa RLS berhubungan dengan dopamin yang bekerja mengontrol pergerakan otot. Penyakit-penyakit tertentu juga dapat menyebabkan RLS, seperti anemia defisiensi besi atau gagal ginjal. Sekitar satu dari lima ibu hamil akan mengalami gejala RLS pada triwulan ke-3 kehamilan yang akan hilang sendiri setelah melahirkan. Bagaimana mengatasinya? Jika tidak ada penyebab yang jelas, maka penderita RLS perlu melakukan perubahan gaya hidup, seperti: Menghindari konsumsi stim [...]

Balada Obat Generik, Paten, dan Bermerek

Balada Obat Generik, Paten, dan Bermerek

?Saya minta obat yang bagus, nggak mau generik, ya, Dok.? Kalimat ini sering sekali terdengar di ruang praktik. Persepsi masyarakat awam mengenai obat generik, paten, dan bermerek selalu menjadi topik utama ketika memilih obat. Sayangnya, informasi mengenai hal ini memang masih terbatas untuk masyarakat umum. Mari kita bahas satu per satu. Apakah itu obat paten? Obat paten adalah obat yang memiliki hak paten. Hak paten diberikan kepada salah satu industri farmasi yang berhasil menemukan obat baru yang ditemukannya berdasarkan penelitian industri farmasi tersebut melalui berbagai tahapan uji klinis sesuai yang telah ditetapkan secara internasional. Obat paten memiliki masa hak paten sebelum obat dengan kandungan serupa bisa diproduksi perusahaan farmasi lain. Masa hak paten umumnya adalah 20 tahun sesuai UU nomer 14 tahun 2001 pasal 8 tentang paten. Ketika obat paten telah melewati masa hak paten, maka perusahaan industri lain boleh memproduksi obat dengan kandungan serupa. Nah, saat itulah sebuah obat akan dibedakan menjadi obat generik dan obat bermerek. Obat yang namanya sama dengan zat aktif yang dikandungnya dinamakan obat generik. Sedang penamaan obat bermerek tergantung dari [...]

Es Teh Bisa Sebabkan Batu Ginjal!

Es Teh Bisa Sebabkan Batu Ginjal!

Bagaimana bisa? Karena teh hitam mengandung oksalat yang dalam jumlah besar dapat terkonsentrasi di dalam urin dan menyebabkan pembentukan batu ginjal. Kandungan oksalat di dalam teh cukup tinggi, belum lagi jika ditambah dengan konsumsi sayuran hijau seperti bayam yang juga tinggi oksalat maka dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal oksalat meningkat. Dalam sebuah penelitian, dikatakan bahwa sumber oksalat utama pada pasien-pasien dengan batu ginjal adalah kopi dan teh hitam yang diminum secara rutin setiap hari. Beda Teh Hitam, Beda Teh Hijau Berbeda dengan teh hijau yang telah diteliti ternyata mengurangi risiko pembentukan batu ginjal kalsium karena mengurangi mengurangi pengeluaran dan penumpukan kalsium. Kalsium juga merupakan salah satu substansi yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Teh hijau juga mengurangi pengeluaran dan penumpukan oksalat di dalam urin. Antioksidan di dalam teh hijau juga dianggap salah satu faktor yang mencegah pembentukan batu ginjal. Untuk mengatasi penumpukan oksalat di dalam urin dan pembentukan batu oksalat di ginjal, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Halaman berikut penjelasan selengkapnya: Es Teh Bisa Sebabk [...]

5 Alasan Tidak Berolahraga dan Cara Mengatasinya

5 Alasan Tidak Berolahraga dan Cara Mengatasinya

Olahraga merupakan salah satu aspek penting dalam gaya hidup sehat, akan tetapi seringkali kita menunda melakukannya karena berbagai alasan. Berikut adalah beberapa alasan yang paling sering kita utarakan dan bagaimana mengatasinya. 1. Alasan Pertama: ?Saya tidak punya waktu?. Ini adalah alasan yang paling umum dan merupakan masalah klasik bagi kebanyakan orang. Jadwal sehari-hari Anda rasa sudah padat dan penuh sehingga Anda tidak pernah menemukan waktu untuk olahraga. Solusinya? Buatlah waktu untuk olahraga, jangan pernah menunggu waktu ?muncul?, justru Anda yang harus membuat waktu tersebut ada. Anda dapat melakukan hal-hal kecil yang dapat dimasukkan dalam jadwal sibuk Anda dan mengakumulasikannya. Seperti naik tangga ke kantor, berjalan keluar kantor saat makan siang atau saat pergi ke dan pulang dari kantor, melakukan peregangan dan latihan kekuatan otot di kantor atau rumah selama beberapa menit per hari. Jangan lupa gunakan dan optimalisasikan waktu di akhir minggu Anda. Apabila jam tidur Anda di akhir minggu lebih dari 7-8 jam, kurangi waktu tidur sedikit saja, misalnya selama 30-60 menit. Olahraga akan membuat Anda lebih bertenaga dan juga akan membantu Anda tidur lebih [...]

6 Trik Agar Semangat Beraktivitas Setelah Libur Panjang

6 Trik Agar Semangat Beraktivitas Setelah Libur Panjang

Liburan panjang akhirnya selesai, Anda pun harus kembali melakukan kegiatan seperti normal. Tetapi rasa lelah dan tak bersemangat seringkali menghampiri. Seperti yang dikutip dari healthtrick, berikut ini beberapa cara yang buat Anda bersemangat kembali ke kantor seusai liburan panjang.1. Rencanakan Acara dengan TemanKetimbang mengeluh karena harus kembali melakukan aktivitas normal, lebih baik buat acara menyenangkan bersama teman setelah jam kantor. Misalnya dengan mencoba kafe atau restoran baru. Adanya alasan itu, mungkin bisa membuat Anda jadi lebih senang menghadapi hari kerja.2. SarapanMelewatkan waktu sarapan hanya akan membuat Anda lebih cepat merasa lelah di siang hari. Oleh karena itu, sarapan sehat penuh energi sangat dianjurkan agar Anda terhindar dari memakan cemilan saat menunggu waktu makan siang tiba.3. Hindari KafeinSaat bangun dengan perasaan lelah, menghindari kopi mungkin menjadi hal yang paling sulit. Namun kopi merupakan diuretik, yang akan membuat tubuh kehilangan cairan. Minum jus jeruk dan air mineral adalah pilihan yang tepat. Selain itu, campuran air mineral dengan madu atau perasan jeruk lemon dengan jahe juga bisa membatu sirkulasitubuh dan meningka [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *